Review Samsung Galaxy Note 5: Berikan Sensasi Berbeda

Di antara belasan, bahkan mungkin puluhan, tipe ponsel Samsung yang setiap tahun digelontorkan ke pasar, biasanya hanya ada dua seri yang menarik. Yakni, seri Galaxy S dan Galaxy Note. Keduanya menyasar kelompok konsumen yang berbeda, meskipun di Indonesia seringkali menjadi tumpang tindih.

Kalau sebelumnya penulis melewatkan Galaxy S6 edge karena satu alasan, warna hijau tak kunjung tersedia, kini penulis menjajal Galaxy Note 5. Satu unit Galaxy Note 5 buatan Indonesia, tetapi tanpa kardus, diserahterimakan saat penulis singgah ke Jakarta.

Note 5-1

Buatan Indonesia? Benar! Galaxy Note 5 yang dibanderol Rp 9.999.000 atau mudahnya sepuluh juta rupiah itu dibuat di Indonesia. Memang belum diproduksi mulai nol di sini. Namun, setidaknya ada rangkaian proses produksi yang dilakukan di Cikarang, Bekasi. Galaxy S6 dan Galaxy S6 edge juga dibuat di lokasi yang sama.

Penulis tak mengetahui Galaxy Note 5 buatan Indonesia dipasarkan pula ke luar negeri atau tidak. Sebelumnya, Galaxy S6 dan Galaxy S6 edge buatan Indonesia khusus dijual di pasar lokal. Tak ada yang diekspor ke negara tetangga.

Penampakan fisik Galaxy Note 5 sungguh cantik, elegan, dan mewah. Permukaan depan dan belakang ponsel terbuat dari kaca, sedangkan sisi sampingnya memanfaatkan alumunium. Bagian tepi bodi belakang sengaja dibuat melengkung. Sehingga, pengguna lebih nyaman saat menggenggam ponsel itu.

Ada satu hal yang patut diwaspadai pengguna. Kalau dibiarkan telanjang, permukaan Galaxy Note 5 ternyata lumayan licin. Kemungkinan ponsel terpeleset lalu terjatuh terbuka lebar. Karena itu, saran penulis, pengguna sebaiknya membeli case tambahan. Varian transparan lebih direkomendasikan lantaran bakal melindungi ponsel tanpa menutupi kecantikan ponsel premium tersebut.

Note 5-2

Galaxy Note 5 dibekali layar Super AMOLED 5,7 inci beresolusi Quad HD 2.560 x 1.440 piksel. Tampilan layar dengan Corning Gorilla Glass 4 itu patut diacungi jempol. Tajam, halus, dan cemerlang. Di bawah sinar matahari pun, pengguna bisa melihat tulisan maupun gambar di layar secara mudah.

Sama dengan aneka ponsel Samsung lain, di bawah layar Galaxy Note 5 terdapat sebuah tombol fisik. Tombol home di ponsel itu dilengkapi sensor sidik jari. Kalau mau, pengguna dapat memanfaatkan sidik jari sebagai password untuk membuka layar yang terkunci. Pengguna tetap harus menekan tombol home atau tombol power. Setelah layar menyala, tetapi masih terkunci, barulah pengguna menyentuhkan jarinya ke sensor sidik jari. Bila cocok, layar akan terbuka.

Sebatang S-Pen yang menjadi ciri khas Galaxy Note terselip di bagian bawah ponsel. Berbeda dengan S-Pen generasi sebelumnya, kepala stylus sakti itu sekarang dilengkapi tombol berpegas. Jurus termudah untuk membayangkannya, perhatikan pena yang sehari-hari Anda gunakan. Cetek… cetek… cetek… begitulah bunyinya.

Di satu sisi, desain baru S-Pen terlihat lebih indah. Namun, bagi penulis, S-Pen gaya baru tersebut justru kurang praktis. Untuk mengeluarkan S-Pen yang terselip di bodi Galaxy Note 5, penulis harus menekan kepalanya dulu. Ceklik. Mengingat jari penulis tak layak disebut kecil, aktivitas itu biasanya sedikit melibatkan ujung kuku. Setelah kepala S-Pen menyembul keluar, barulah penulis menarik S-Pen sampai terlepas dari bodi Galaxy Note 5.

Rancang bangun S-Pen model lama lebih menyenangkan penulis. Saat memakai Galaxy Note 4, misalnya, penulis tinggal mencongkel dan menarik S-Pen. Cukup sekali jalan. Bukan dua kali jalan ala S-Pen Galaxy Note 5. Kemungkinan terbalik memasukkan S-Pen di Galaxy Note 4 juga bisa dibilang mustahil. Di Galaxy Note 5, S-Pen yang salah arah (kepala bertukar posisi dengan ekor/ujung pena) tetap bisa didorong ke dalam. Ujung-ujungnya sensor pendeteksi keberadaan S-Pen akan rusak.

Kendati demikian, sebetulnya ada satu fungsi di Galaxy Note 5 yang sangat menarik. Namanya, screen off memo. Fitur itu memungkinkan pengguna membuat catatan singkat di layar dengan cepat. Saat ponsel siaga dalam kondisi layar padam, pengguna cukup mengeluarkan S-Pen dari tempat penyimpanan, kemudian langsung mencoret-coret layar. Coretan itu akan otomatis disimpan. Sepintas layar tetap padam alias screen off. Padahal, sebenarnya layar Galaxy Note 5 menyala, tetapi berwarna hitam legam.

Note 5-3

Dua kamera disematkan ke ponsel bersistem operasi Android 5.1.1 Lollipop itu. Kamera di sisi belakang dilengkapi lampu kilat dan fokus otomatis. Ia sanggup menghasilkan foto beresolusi sampai 16 megapiksel dan klip video UHD 3.840 x 2.160 piksel. Tersedia mode pro yang memungkinkan pengguna mengatur parameter pemotretan secara manual.

Sementara itu, kamera di sisi depan memiliki kemampuan maksimal memproduksi foto beresolusi lima megapiksel dan klip video QHD 2.560 x 1.440 piksel. Pengguna yang gemar selfie layak mengeksplorasi mode wide selfie dan video collage.

Kala membaca testimoni yang bertebaran di internet, awalnya penulis menyangka hasil jepretan kamera Galaxy Note 5 mampu mengalahkan LG G4. Realitanya ternyata bertolak belakang. Kinerja kamera Galaxy Note 5 belum segahar G4. Jangankan mengungguli, sekadar mengimbangi pun belum sanggup.

Masih berhubungan dengan kamera, ada satu fitur ala seri Galaxy Note yang tak penulis temukan lagi di Galaxy Note 5. Entah apa istilah bakunya. Gambaran pemakaiannya begini: penulis melihat brosur sebuah seminar yang menarik. Di bagian bawah brosur itu tercantum nomor telepon penyelenggara. Untuk menelepon nomor tersebut, penulis tak perlu mengetikkannya secara manual di menu phone dialer. Ketika tahun lalu menggunakan Galaxy Note 4, penulis tinggal memotret brosur itu, memilih nomor yang tertera, dan langsung melakukan panggilan keluar.

Fitur lain yang menghilang dari Galaxy Note 5 adalah pengendali jarak jauh alias remote control perangkat elektronik. Ponsel itu tidak lagi dibekali dengan IR blaster. Jadi, pengguna tidak dapat meneruskan tradisi lamanya, mengendalikan televisi via ponsel.

Note 5-4

Prosesor 64-bit delapan inti (octa core) Exynos 7420 yang terdiri atas empat inti 2,1 GHz dan empat inti 1,5 GHz menjadi “mesin penggerak” Galaxy Note 5. Ya, sama dengan yang dulu dipakai Galaxy S6 dan Galaxy S6 edge.

Spesifikasi lainnya, GPS, RAM 4 GB, dan ROM 32 GB. Memori internal ponsel digabungkan dalam satu partisi. Saat ponsel belum diutak-atik, ruang kosong yang tersisa sebesar 24,65 GB. Berbeda dengan Galaxy Note keluaran sebelumnya, Galaxy Note 5 tidak dilengkapi selot memori eksternal.

Asal tahu, Galaxy Note 5 merupakan ponsel Android kedua dengan RAM 4 GB yang penulis uji pakai. Sebelumnya penulis telah menjajal Asus Zenfone 2. Berapakah sisa RAM saat ponsel usai di-factory reset dan untuk kali pertama diaktifkan? Di Galaxy Note 5, sisa RAM sebesar 2 GB, sedangkan di Zenfone 2 mencapai 2,5 GB.

Sebagai ponsel flagship, sangat wajar bila Galaxy Note 5 dibekali konektivitas lengkap. Tersedia Wi-Fi, bluetooth, dan NFC. Khusus Wi-Fi, penulis memiliki satu catatan. Penangkapan sinyal Wi-Fi ponsel itu awalnya tergolong lemah. Kala LG Magna dan Samsung Galaxy J5 sukses menangkap sinyal suatu hotspot, Galaxy Note 5 gagal mendeteksinya. Masalah tersebut baru sembuh setelah penulis memperbarui firmware Galaxy Note 5.

Note 5-5

Inilah hal yang, menurut penulis, paling menarik dari Galaxy Note 5. Tidak seperti Galaxy Note tempo dulu yang beredar resmi di Indonesia, Galaxy Note 5 dibekali kemampuan dual SIM. Sepasang kartu nano SIM dapat diselipkan dan siaga bersamaan di ponsel berdimensi fisik 76,1 x 153,2 x 7,6 milimeter dan berat 171 gram tersebut. Pengguna bebas menentukan kartu SIM mana yang diizinkan masuk ke jaringan 2G, 3G, dan 4G LTE. Galaxy Note 5 kompatibel dengan LTE band 3 (1800), 8 (900), dan 40 (2300).

Sumber tenaga ponsel itu berasal dari baterai tanam berkapasitas 3.000 mAh. Dikomparasikan dengan Galaxy Note 4 yang dibekali baterai 3.220 mAh, daya tahan baterai Galaxy Note 5 minimal dua jam lebih lama. Sekali diisi ulang sampai penuh, baterai itu setidaknya bisa bertahan sepuluh jam. Kadang-kadang menembus 14 jam. Selama rentang waktu tersebut, penulis terutama memanfaatkan ponsel untuk aktivitas email, browsing ringan, dan WhatsApp.

Di tangan pengguna dengan intensitas pemakaian lebih tinggi, contohnya, aktif ber-BBM dengan banyak grup dan sering bertelepon, daya tahan baterai akan lebih singkat. Pengguna dengan perilaku seperti itu wajib membawa charger atau power bank saat pagi hari meninggalkan rumah.

Kabar gembiranya, karena telah mengadopsi fast charging, proses pengisian ulang baterai tergolong cepat. Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi baterai Galaxy Note 5 sampai penuh tak pernah menyentuh angka dua jam. Pengisian seringkali tuntas di kisaran 1,5 jam saja.

Apakah Galaxy Note 5 lancar dipakai melakukan beragam aktivitas? Biarpun bahu penulis tidak dicengkeram, penulis akan menjawab, “Yes, highly.” Ponsel itu terbilang sangat gegas dan mampu melakukan berbagai hal dengan baik. Kondisi tersendat atau lag jarang sekali terjadi.

Namun, ada kondisi mengesalkan yang berkali-kali penulis alami. Ponsel mendadak freeze. Beku. Layar sama sekali tidak merespons sentuhan. Ponsel juga tetap diam membisu saat tombol home ditekan. Hal itu rutin terjadi 3-4 kali sehari. Rekornya, dua kali dalam satu jam. Bila kondisi tersebut muncul, langkah paling bijak adalah bersabar dan membiarkan ponsel beristirahat sejenak. Pilihan lain, mematikan Galaxy Note 5 secara paksa.

Kesimpulan versi penulis, sebagai produk flagship keluaran terbaru, Galaxy Note 5 terlihat berusaha meredefinisikan makna praktis. Dual SIM, baterai tanam, tanpa memori eksternal, dan fast charging. Penulis sangat setuju dengan poin pertama, tetapi tidak sepakat dengan poin-poin berikutnya.

Perubahan yang dilakukan Samsung terhadap Galaxy Note 5 membuatnya seolah kehilangan jati diri. Produk jagoan Samsung itu justru terlihat semakin merapat ke ponsel pintar buatan Apple. Di mata penulis, Galaxy Note 5 sukses memberikan sensasi yang berbeda. Sensasi yang lebih banyak kurang menarik daripada menarik. Semoga tahun depan Samsung mengembalikan Galaxy Note 6 ke khitah seri Galaxy Note.

***

Foto-foto yang dihasilkan Galaxy Note 5.

Note 5-6

Note 5-7

Note 5-8

Note 5-9

Note 5-10

Note 5-11

Note 5-12

Note 5-13

Note 5-14

Note 5-15

Mencoba kamera depan Galaxy Note 5.

Note 5-16

Masih memakai kamera depan. Kali ini menggunakan mode wide selfie.

Note 5-17

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

Note 5-18

Note 5-19

Note 5-20

Note 5-21

186 thoughts to “Review Samsung Galaxy Note 5: Berikan Sensasi Berbeda”

  1. Pa mgkin hardware kamera yg d produksi lokal brbeda dgn yg d buat d luar y pak…g sanggup deh hargany,ad rencana d jadikan hadiah sayembara lgi pak kya wiko πŸ™‚ ?

    1. Pak Danar,

      Wah, saya kurang tahu soal perbedaan hardware versi Indonesia dan luar negeri.

      Galaxy Note 5-nya sudah saya jual Rp 7,6 juta, Pak.

  2. dear pak herry,

    melihat sisa RAM dari screenshot running app yang masih tersisa 2 gb, banyak banget ya;
    agak kontradiktif sama beberapa review dan video review di youtube yang menyoroti lemahnya multitask di note 5…

    selama periode uji, apa pak herry merasakan seringnya reload app akibat di kill oleh manajemen ram yang agresif? minimal buka bbm – whatsapp – chrome – path bersamaan, apa bisa?

    1. Pak Ragil Sunyota,

      RAM tersisa 2 GB itu saat ponsel barusan dinyalakan. Belum ada aplikasi tambahan yang diinstalasikan. Saya juga belum menjalankan aplikasi bawaan, misalnya, Gmail dan Play Store.

      Kebetulan saya tidak memakai BBM dan Path. Saya tidak terlalu merasakan soal di-kill. Yang saya rasakan dan sangat mengganggu, ponsel mendadak freeze. Beku. Tidak saya sebut hang karena bila hang kan terus menerus macet. Ini freeze. Setelah diam membisu beberapa saat, ponsel kembali berjalan.

  3. pak herry,
    kalo menurut saya smartphone yg berhak menyandang gelar the real smartphone cuma note 4.
    note 5,saya rasa menang didesain dan ram 4gb saja,selebih nya note 4 lebih unggul.
    bapak pasti setuju dgn pendapat saya kan?

    1. Pak Fariz,

      Saya lebih setuju kalau ada ponsel ala Galaxy Note 5, tetapi menggunakan baterai removable dan dilengkapi selot microSD. Trus, S-Pen-nya menganut desain ala Galaxy Note 4. πŸ™‚

  4. Sore Koh Herry,

    Mau tanya, kualitas kamera Note5 kalau dibanding dengan S6 bagaimana ? setahu saya keduanya memiliki sensor yang sama. Thank you

    1. Pak Steven,

      Karena saya belum pernah menguji pakai Galaxy S6 dalam jangka waktu memadai, saya belum bisa menjawab pertanyaan Anda.

  5. Mungkin maksud Pak Herry, teknologi yg digunakan untuk mendeteksi tulisan (huruf dan angka) di suatu gambar, itu sebutannya OCR (optical character recognition). Semoga bisa bantu Pak Herry

    1. Bu Sarah,

      Benar, istilah yang lazim dipakai adalah OCR. Namun, fitur yang saya maksud sebenarnya OCR plus. Maksud saya, dia bukan cuma mengonversi foto menjadi teks. Teksitu juga bisa ditekan untuk ditelepon atau disimpan. Seingat saya, dulu Samsung mengistilahkannya extract apa gitu lho.

  6. Ko Herry,

    Kenapa tidak setuju dengan fast charging? Apakah ada problem tersendiri dengan fast charging?
    Banyak teman pakai galaxy note tapi saya perhatikan jarang sekali yang memakai s-pen nya, apa tidak sayang ya hehehe

    Ko apa tidak ada rencana review produk apple? Kalau tidak kenapa? πŸ™‚ thx

    1. Pak Herry,

      Saya bukan tidak setuju dengan fast charging, melainkan tidak setuju dengan langkah Samsung yang membuat Galaxy Note 5 memakai baterai tanam, tanpa selot microSD, dan mengubah desain S-Pen. Hal itu membuat daya tarik seri Galaxy Note selama ini justru sirna.

      Tidak ada rencana me-review produk Apple. Alasannya sederhana, ketika baru saja diluncurkan, harganya ngeri. Kalau menanti yang bergaransi resmi, bakal sudah basi.

  7. selamat sore pak… usul donk bagaimana kalau diadakan “camera blind test” nanti di pollng ama pembaca sini, antara kamera Note5 melawan G4… penasaran banget soalnya pak Herry bilang kamera Note5 belum bisa mengimbangi G4.. atau mungkin ada foto foto head to head antara kedua ponsel ini. terima kasih πŸ™‚

    1. Pak Enwui,

      Terima kasih atas usulannya. Sayang, usulan itu tidak dapat saya realisasikan. Sebab, dua ponsel itu tidak pernah saya gunakan pada saat bersamaan. Ketika sedang memakai G4, saya belum memegang Galaxy Note 5. Sedangkan ketika menggunakan Galaxy Note 5, saya sudah berpisah dengan G4.

  8. buat eksekutif kayaknya oke ya om pake note 5…

    kameranya ga terlalu wah ya om dibandingin g4 untuk harga 999 saat itu….

    1. Pak Yuda,

      Nggak hanya buat eksekutif sih. Galaxy Note 5 juga cocok buat pengguna yang rutin membuat sketsa. Cocok pula untuk pengguna yang ingin selalu terlihat mengikuti tren terbaru.

      Iya, hasil jepretan kameranya agak di bawah dugaan saya semula.

  9. Sepertinya semakin tahun semakin penurunan kualitas maupun fitur andalan yaa pak..

    Produsen sepertinya Ikutan trend.. dan kadang malah saling tiru & ahlhasil beda produsen tp khas suatu Produk gak terlihat atau menonjol

    1. Pak Wandy,

      Iya. “Penyakit” Nokia zaman dulu mulai menular ke Samsung. Tinggal menanti Samsung tergusur dari posisi market leader nih.

    1. Pak Jaz,

      Smartwatch tanpa merek. Di kardusnya hanya ada tulisan smartwatch. Sedangkan di bodi smartwatch-nya sama sekali tidak tercantum merek.

    1. Pak Yudha,

      Untuk ukuran Samsung, harga perdana Galaxy Note 5 saya nilai lebih rasional daripada harga perdana Galaxy S6.

      Andaikan tersedia dana nganggur, saya sih takkan memakainya untuk membeli Galaxy Note 5.

  10. Buatan Indonesia yah? Selamat buat bangsaku, meskipun tidak ada kesempurnaan atas suatu ciptaan. karena kesempurnaan hanyalah milik Tuhan YME.
    ulasan yang bagus, simpel dan obyektif. maju terus PONSELMU.COM.

  11. Om.. Masalah sembuhnya lemahnya penangkapan sinyal wifi dgn memperbarui firmware, cara detailnya bgmna sih? Maklum saya masuk kategori gaptek. Hehe
    Satu lagi om, tanpa melihat harga, kalau disuruh pilih antara note 5 & G4 secara keseluruhan?

    1. Pak Saeful,

      Cara detailnya: masuk ke menu software update di ponsel, unduh dan jalankan update, kemudian nikmati hasil pembaruan yang dilakukan.

      Saya memilih LG G4.

  12. wah bakalan disikat sama LG V10 ini,

    Pak Herry ada bocoran kapan v10 masuk indo?
    dan kira2 bakal dikisaran harga berapa?

    oya v10 ini penerusnya seri G Pro bukan ya? atau bakal ada G4 Pro seperti yang diisukan?

    Maap OOT

    1. Pak Rido,

      Belum ada bocoran yang bisa dibocorkan nih. πŸ™‚

      Saya belum tahu pasti positioning-nya bagaimana.

  13. Maaf melenceng pak herry..
    Samsung sudah mulai terusik oleh brand brand smartphone baru… Dulu mainset WNI bahwa samsung itu apik dan budget 1jt pun bisa dapet samsung… Sekarang sirna… Mainset WNI mayoritas berubah… Brand baru dengan uang pas pasan dapet smartphone lebih bagus.. Spek lebih tinggi.. Performa tak kalah pula… Untuk ponsel entry level.. Kalo saya cocoknya gitu… Brand China yang dulu terkesan ecek ecek pun sekarang berbanding terbalik… Brand china dapat mengungguli dan tidak kalah dengan brand yang Mentereng sejak jaman dahulu kala… Wkwkwk… Harga lebih murah bukan berarti lebih jelek yaa.. Ingat itu.. TINGGAL KITA SAJA SEBAGAI KONSUMEN HARUS PILAH PILIH SMARTPHONE SESUAI KOCEK YANG DIMILIKI… bijaklah dalam memilih.. Jangan terburu buru nafsu dengan gadget keluaran terbaru dengan harga selangit..see you

    1. Pak Arif Gunawan,

      Mayoritas konsumen di Indonesia saya lihat masih Samsung minded. Mereka mengganggap Samsung pasti bagus, awet, dll. Padahal, di harga Rp 1 jutaan, ponsel Samsung sungguh tidak asyik dipakai.

      Yang saya lihat sudah mulai meninggalkan Samsung adalah kelompok konsumen yang rutin mencari informasi ponsel via internet. Nah, mereka ini perlahan mulai melirik merek lain.

      1. Ya… Setuju… Harga 1 juta di samsung cuma dapet ram 512 atau 728 MB doank… Kalo di brand china malah sudah dapet RAM 2 GB..

          1. Pak Farid,

            Kalau dipaksakan sebenarnya ada produk merek lokal, Evercoss. Namun, jangan beli ponsel Evercoss selain seri Android One deh. Mengerikan. πŸ™‚

          2. Evercoss winner y ultra kalau ga salah cuma 999rb deh om….

            Eh salah dink, evercoss kan merk lokal

          3. Pak Yuda,

            Merek lokal kalau bagus nggak apa-apa sih. Kalau mengerikan, jangan deh. Lebih baik tidak membeli ponsel Evercoss.

          4. Evercoss Winner Y Ultra A75A,RAM 2GB Termurah
            harganya cuma 1jt.. boleh di cek di google kalo pengen tau lebih speknya . recommended enggaknya belum tau saya… coba pak HerrySW kasih review tentang HP murah lokal ini..

          5. Pak Arif Gunawan,

            He.. he.. Evercoss mending langsung dicoret deh. Sama halnya dengan Mito dan Advan. Kecuali, Anda ingin cepat ganti ponsel lain lagi. πŸ™‚ *semoga paham maksud saya*

  14. Pak Herry

    Ternyata bukan hanya saya yang merasa samsung sudah mulai sedikit kehilangan arah semenjak S6 dirilis. Saya juga sependapat dengan bapak, kalo samsung sudah memasuki daerah kekuasaan apple dengan main di desain, namun mengorbankan ciri khas samsung yang sangat berguna yaitu baterai lepas dan slot micro SD.

    Untuk S5 juga samsung masuk ke teritori sony yaitu tahan air, namun menurut saya masih sebuah improvement yang baik dari seri S generasi sebelumnya, mengingat S5 masih menggunakan baterai lepas dan kartu microSD.

    Menurut saya alangkah lebih baiknya samsung tetap mempertahankan sisi fungsional seri S terdahulu, mamun di satu sisi tetap meningkatkan desain agar terlihat cantik dan menarik. Saya tau agak bertolak belakang memang, antara sisi desain dengan sisi fungsionalitas, namun saya rasa perusahaan sebesar samsung pasti mampu melakukannya…

  15. wah ini toh pak smartphone mahal yang dijual anjlok itu..??
    saya merasa kasihan kepada penggemar samsung pak, apalagi yang terpaksa beli j1 ngomel melulu di grup karena bbmnya hilang..
    saran saranin pake ponsel cina malah marah. malah menyangka saya sales pocin.

    oh ya pak meizu m2 sudah mendarat belum?? saya suka banget baca review posel 2jt kebawah soalnya (nyesuain ekonomi)

    1. Pak Arief,

      Iya….

      Tadi saya bertemu seorang pemilik toko. Dia memutuskan tidak menjual Galaxy J1 Ace (bukan Galaxy J1 biasa) lagi. Sebab, unit yang dijualnya banyak bermasalah. Konsumen datang ke tokonya untuk komplain. Ada tiga unit ponsel tipe sama yang mendadak mati sendiri saat dibiarkan siaga.

      Meizu M2 sudah mendarat, tetapi belum dicoba.

      1. Wah serius pak J1 ace banyak rusak2 gitu ? Padahal biasanya samsung lowend kuat2 biarpun spek kurang memadai … Untung ga jd beli J1 ace πŸ™

        1. Pak Rahadian Masaliha,

          Itu cerita dari seorang pemilik toko. Saya mendengarnya dari sumbernya langsung, bukan dari pihak ketiga.

          Ha… ha… sama. Sehari sebelumnya saya mau iseng beli.

  16. Bung herry,saya mau beli batere lenovo A369i yang ori di service center Jl.Raya Ngagel, ternyata barangnya kosong dan harus inden kurang lebih 14 hari, padahal batere saya sudah melembung dan casing tidak bisa di tutup. Barangkali bung herry punya solusi,batere yang OEM atau batere tidak ori tapi kualitasnya bagus,mungkin merknya apa dan belinya dimana. Trim’s

  17. Pak, kalau service center terbaik merk apa saja ya?
    Kalau bisa di klasifikasikan seperti kelas a apa saja, kelas b apa saja, kelas c apa saja, kelas d apa saja

    Terima kasih

  18. Bapak herry tidak review sony xperia m4 aqua ??

    Kalo acer liquid Z410 vs asus zenfone 4 dalam hal kamera menang siapa pak ???

    Menurut bapak kamera (tidak pandang harga) yg paling bagus apa ????

    Ternyata ada yg namanya kayak saya :v

    1. Pak Rama,

      Awalnya saya berencana review Xperia M4 Aqua. Namun, ketika saya menyentuh ponselnya pun belum, sudah muncul tipe baru yang ekornya angka 5. Jadi, Xperia M4 Aqua sepertinya bakal saya lewati.

      Lebih bagus kamera Zenfone 4.

      Ponsel berkamera terbaik dan tanpa pandang harga? LG G4.

      Oh, ada dua Rama ya?

  19. “Dual SIM, baterai tanam, tanpa memori eksternal, dan fast charging. Penulis sangat setuju dengan poin pertama, tetapi tidak sepakat dengan poin-poin berikutnya.”

    alasannya kenapa om? kok tidak setuju dengan baterai tanam dan fast charging?

    salam

    1. Bu Eva Tam,

      Saya bukan tidak setuju dengan baterai tanam dan fast charging. Yang saya tidak setuju, Samsung menerapkan poin-poin di atas di Galaxy Note 5. Padahal, seri Galaxy Note biasanya penuh fleksibilitas. Karena kini Galaxy Note 5 mengadopsi baterai tanam dan tanpa selot microSD, ponsel itu jadi tak fleksibel lagi deh. Sudah keluar dari tradisi Note.

  20. Pak Herry,

    Maaf diluar topik, boleh minta rekomendasi feature phone yg layak merk apa pak? Fungsi utama untuk telp dan sms, merk tidak pengaruh alias monggo kerso, penting awet HPnya, awet batreinya, nyaman keypadnya, & Suaranya jernih. Kalau bisa disertakan harga pasarannya y pak. Maaf merepotkan dan terima kasih sebelumnya.

      1. Pak Herry,

        Saya pernah pakai samsung e1195 dan sangat puas, baik batrei, keypad dan suaranya. Tapi Hapenya sudah hilang. Pingin beli lagi tapi mau cari yg dual SIM. Kalau LG a190 bagaimana pak? Barusan browsing sepertinya modelnya menarik. Mungkin anda pernah pegang? Atau teman pernah pakai? Sebagai referensi saja, soalnya kalau Pak Herry tidak pernah pakai pasti jawabannya tidak tahu nanti, hehehehe…

        1. Pak Lukman,

          LG A190 sudah lama banget tidak diproduksi lagi. Jangankan mencari yang baru, mencari unit bekasnya pun sulit sekali.

          Kalau tipe baru yang masih mudah ditemukan di pasar, coba pertimbangkan Nokia 215 Dual SIM.

  21. Samsung kehilangan ciri khas.konsumen kayaknya bakal pindah ke LG.apalagi LG V10 yg desainnnya ciamik bener.bisa bongkar pasang batre lg.pasar desain mewah tetap milik iphone.

  22. Pak menurut bapak yg kamera 5 mp yg cukup bagus yg pernah bapak review apa aja , setahu saya acer liquid Z410 , asus zenfone 4 , smartfren andromax qi yg pernah bapak review atau ada yg lain , coba bapak urutkan dari yg terbagus kusus kamera bekalang 5 mp

    iya pak nama saya ada 2 biar gak bingung saya tambahin aja :v

    1. Pak Rama ds,

      Di antara tiga ponsel itu, yang kameranya terbaik Zenfone 4. Namun, Zenfone 4 juga meraih predikat baterai paling boros.

  23. Pak Herry, maaf OOT. Saya membutuhkan saran Pam Herry utk upgrade dari Lenovo S920 yg sudah setia hampir 2thn. Saya butuh layar lebar sekitar 6″, LTE, RAM 2 (or more) dan octa core. Adakah yg budget 3-4 juta? Terimakasih banyak

  24. Saya pengguna note 4.
    Setelah membaca review bapak. Saya berharap bapak memberikan saya saran.
    Apakah perlu mengupgrade note 4 saya ke note 5?

    1. Pak Adnin,

      Kalau Anda perlu dual SIM, silakan upgrade. Kalau belum perlu dual SIM, lebih baik bertahan dengan Note 4 dulu.

  25. Aduh saya nyesel keburu nafsu upgrade ke note 5 engga nunggu review dari pak Herry, padahal biasanya saya nunggu review dulu. Dan yang paling bikin kecewa dari Note 5 ini cepet panasnya itu… . oya oot dikit, kira2 nanti BB Priv bakal bisa bikin CLBK ga ya ?

  26. Terimaasih infonya Pak Herry. Saya sudah baca lho review bapak yg Huawei ascend mate7 itu dan langsung jatuh cinta sama goldnya. Tapi di akhir tulisan, harganya bikin patah hati. Semoga beneran turun ya pak. saya rela deh nungguin. Tadinya saya mau nunggu Lenovo Phab Plus keluar, tapi kelebihannya kok ya cuma 6,8 inch nya itu saja menurut saya. Spesifikasi lain nanggung, malah bagusan Vibeshot..

  27. Sama Pak. Baik sepertinya saya masih harus setia dengan Lenovo S920 untuk beberapa saat, setidaknya sampai ada kabar baru dari Huawei Ascend Mate7 dan Lenovo Phab Plus. Saya juga nunggu review Phab Plus dari Pak Herry kelak. Terimakasih banyak Pak. Btw, saya “Bu”.. Hehehe..

  28. Pak herry kalau huawei ascend mate 7,lumia 1520 sama xperia z ultra mending milih yang mana. Soalnya lagi cari smartphone ukuran jumbo minimal 6 inchi. kalau pakai smartphone under 6 inchi kurang nyaman.jari2 saya segede pisang ambon

    1. Pak Werkudoro,

      Saya belum pernah menguji pakai Lumia 1520. Cuma pernah towel-towel.

      Xperia Z Ultra untuk ukuran sekarang sudah tidak menarik.

      Awal November saya berencana mencoba Lenovo Phab Plus yang berlayar 6,8 inci. Mungkin Anda mau menunggu hasil uji pakai saya dulu?

  29. Selamat siang Pak Hery…
    Kalo menurut Bapak, lbh nyaman mana Note 5 atau Note 4?
    Sebaiknya beli Note 5 atau Note 4 saja Pak?

  30. Entah mengapa saya berpendapat Kamera Note 5 lebih bagus daripada G4 , dari segi ketajaman emang G4 boleh berbangga, tapi untuk tone warna lebih baik Note 5 saya rasa, Selain itu, Note 5 punya saya tidak pernah freeze atau apapun , padahal BBM , Path dan semua sosmed saya tumplek dan kinerjanya responsif kok, mungkin Pak Herry SW dapet yang cacat softwarenya

    1. Pak Fariz Khristy,

      Saya malahan tidak menggunakan BBM dan Path.

      Wah… masak saya dapat barang cacat lagi. πŸ™‚

    1. Pak You,

      Benar, Galaxy Note 5 bergaransi resmi sudah dual SIM. Ponsel itu dibuat di Indoesia. Galaxy Note 5 yang diproduksi di sini tidak dijual ke negara lain.

  31. halo met siang Pak Herry..

    saya mau tanya ya…kl mau Samsung Note 5 dan LG G4 apa beli keduanya ato pilih salah satu?
    ya skrg Note 5 malah bukan ciri khas note sebelumnya..bahkan note 4 lbh bagus..tapi saya harap note 6 bisa kembali semula dan tambah tokcer..
    Menurutku kl Note 5 yg S-pen jarang dipake kan percuma..paling fungsinya hampir sama dgn hp merek lain2nya…
    kalau HP merk Meizu ama One Plus One 2 skrg mana lebih bagus,unggul,win????tolong sebutkan kelebihan dan kekurangan keduanya merk hp itu ya..
    Kl Asus zenfone 2 jg bagus tapi standart kan?kalau padfone S jg bagus tapi ribet kan??

    thanks

    Henry

    1. Pak Henry Eka,

      Wah, pertanyaan Anda banyak sekali. Saya jawab di bawah setiap paragraf ya.

      saya mau tanya ya…kl mau Samsung Note 5 dan LG G4 apa beli keduanya ato pilih salah satu?
      *** Kalau anggaran tersedia, boleh-boleh saja membeli keduanya sekaligus. Namun, bila ingin membeli satu saja, saya cenderung ke LG G4. Harga barunya saat ini Rp 7.499.000.

      Menurutku kl Note 5 yg S-pen jarang dipake kan percuma..paling fungsinya hampir sama dgn hp merek lain2nya…
      *** Betul. S-Pen itu yang menjadi diferensiasi utama seri Note.

      kalau HP merk Meizu ama One Plus One 2 skrg mana lebih bagus,unggul,win????tolong sebutkan kelebihan dan kekurangan keduanya merk hp itu ya..
      *** Tak tahu. Saya belum pernah coba.

      Kl Asus zenfone 2 jg bagus tapi standart kan?kalau padfone S jg bagus tapi ribet kan??
      *** Saya sih lebih memilih Padfone S daripada Zenfone 2.

  32. saya mau tanya ya…kl mau Samsung Note 5 dan LG G4 apa beli keduanya ato pilih salah satu?
    ya skrg Note 5 malah bukan ciri khas note sebelumnya..bahkan note 4 lbh bagus..tapi saya harap note 6 bisa kembali semula dan tambah tokcer..
    Menurutku kl Note 5 yg S-pen jarang dipake kan percuma..paling fungsinya hampir sama dgn hp merek lain2nya…
    kalau HP merk Meizu ama One Plus One 2 skrg mana lebih bagus,unggul,win????tolong sebutkan kelebihan dan kekurangan keduanya merk hp itu ya..
    Kl Asus zenfone 2 jg bagus tapi standart kan?kalau padfone S jg bagus tapi ribet kan??
    terima kasih

    1. Pak Hendry,

      Hmm… beberapa hari lalu saya rasanya sudah pernah menjawab pertanyaan serupa. Namun, entah pengirimnya Anda atau bukan.

      Kalau dana tersedia, silakan beli keduanya. Sebaliknya, bila Anda ingin berhemat, saya cenderung menyarankan Anda membeli LG G4. Bila Anda di Jakarta, di Jakarta Convention Center sampai 1 November 2015 ada pameran Indocomtech. Ada beragam promo menarik, termasuk LG G4. Dengan kartu kredit BRI, Bank Mandiri, dan Citibank, harga bersih G4 menjadi Rp 6,5 juta. Umpama Anda memiliki 500 Telkomsel Poin, harga didiskon lagi Rp 500 ribu.

      Benar, kalau jarang menggunakan stylus, sayang beli seri Note.

      Saya belum pernah menguji pakai Meizu maupun OnePlus One 2. Dua tipe Asus yang Anda sebutkan tentu kalah mantap kalau dibandingkan G4 dan Note 5.

  33. kalau Pak Herry sudah coba pakai Meizu, One Plus one/two, Xiaomi Mi 4,Note Pro tolong kabari saya ya..kalau ketiganya merk HP itu vs Asus Padfone S mana lebih unggul,bagus,cepat,menang,terbaik??
    Saya dengar kl Xiaomi spek tinggi,cepat,lebih unggul dari semua merk HP..bentuknya seperti Apple kan?tapi services kurang, gak ada memori eksternal….
    aplikasi S-Pen pada Note 5 itu sepertinya fungsinya hampir sama ada di dalam HP ato merk hp lainnya…misalnya mau tulis situs web,tanggal,tugas memo, alamat,no.telp itu bisa pake aplikasi standard kok pake ketik2..kl pen kan lebih praktis,bergaya,cepat,futuristik itu kelebihan khas seri Note,,,itu cocok bagi hobby gambar,sketsa,bisnis,kuliah,pekerjaan…kl gak/jarang dipake s-pen kan sayang,percuma soale harga jg mahal…
    Layar IPS Quad HD dan Super Amoled mana lebih enak dilihat,lbh bagus??
    Bagaimana LG Stylus?bagus kan tapi sayang memori kecil…
    mohon penjelasan ya..
    terima kasih

    Henry

    1. Pak Hendry,

      Ok. Saat ini kebetulan saya belum mencoba semua ponsel tersebut.

      Servis Xiaomi kurang? Apakah yang dimaksud adalah layanan pusat perbaikan resmi? Kalau iya, menurut saya, layanannya justru lebih baik daripada Meizu. Namun, kalau diadu dengan layanan pusat perbaikan resmi LG, Samsung, dan Acer, harus diakui layanan pusat perbaikan resmi Xiaomi masih kalah bagus.

      Betul. Kalau beli seri Note, tetapi jarang pakai stylus-nya, ya sayang banget.

      Soal layar, tergantung tipe ponselnya juga sih. Jenis layar bisa sama, tetapi komponennya kan belum tentu sama persis.

      LG G3 Stylus atau G4 Stylus? G3 Stylus tidak layak beli. Kalau G4 Stylus masih boleh dilirik.

      Xiaomi tidak ada selot memori eksternal? Tipe apa? Redmi 1S, Redmi Note, Redmi 2, dan Redmi 2 Prime ada selot memori eksternalnya kok.

  34. Pak Herry, apa yg pak Herry bilang ke saya menjadi nyata. Jadi Huawei Ascend Mate7 ada turun harga. Dari 6,5 didiskon 1jt sehingga menjadi 5,5jt. Tapi iyu yg RAM 2GB dan int memory 16GB. Yg RAM 3GB kata yg punya toko ga masuk Indonesia. Benarkah demikian? Sy posisi malang dan di beberapa toko mmg sulit caru Huawei Ascend Mate7.
    Semenara Lenovo Phab Plus masih dijual online di blibli.com dg harga 3,1. Di toko offline blm ada. Kesimpulannya, saya masih setia nunggu review Pak Herry dulu soal Lenovo Phab Plus

    1. Bu Rossy,

      Oh, kalau harga Ascend Mate7 jadi Rp 5,5 juta, itu berarti belum turun sesuai rencana semula. Seharusnya jauh di bawah angka itu.

      Yang RAM 3 GB sudah ada di gudang distributor, tetapi sepertinya sengaja ditahan dulu.

      Wajar. Jarang ada yang berani stok Ascend Mate7 karena ponsel itu tidak laku di pasaran.

      He.. he.. harga Phab Plus menggiurkan ya.

  35. kalau skrg tablet yg paling bagus apa?kl ukuran 10 ya si IPAD, Samsung tab s2, tab note 10 versi 2015…iphone, dan Ipad mutu bagus tapi mahal harganya…aku gak suka IOSnya….ribet deh…
    kalau ukuran 8 dan 7 kayake bagus si Samsung dan Asus kan?asus ada zenpad, fonepad, padfone mini dan S….
    kalau tablet spek kurang garang ama smartphone kan?tablet itu besar,berat cocok buat anak2 main game ae kan?
    ada Laptop 2 in 1 maksudnya laptop bisa berubah jd tablet…itu enak gak?
    kalau menurut Pak Herry, kalau mau beli smartphone harga 3 jutaan yg direcommend merk apa?type apa????gimana si Samsung galaxy J5/7???apa beli hp asus padfone S tanpa docking??apa belii xiaomi,meizu???kl LG ada bagus hrg 3 jt an gak???
    mohon penjelasan ya..thanks Pak Herry

    salam dari,

    Henry…

    1. Pak Henry Eka,

      Terima kasih atas komentarnya soal tablet.

      Laptop 2-in-1 maksudnya bisa difungsikan sebagai tablet, bisa pula digunakan sebagai laptop.

      Rp 3 jutaan? Saya asumsikan hanya lebih sedikit dari Rp 3 juta ya. Sebab, Rp 3,999 juta pun sebenarnya masih termasuk Rp 3 jutaan. Silakan melirik Hisense Pureshot+. Harga barunya Rp 3,199 juta. Review sudah saya unggah ke blog ini.

      Oh, jangan ambil Galaxy J5. Mereknya memang terkenal. Namun, banyak ponsel lain yang kinerjanya lebih baik daripada Galaxy J5. Dengan harga relatif sama dengan ponsel itu, mending beli Hisense Pureshot (bukan Pureshot+).

  36. kalau tablet 7,8,dan 10inch merk apa yg recommend,best to buy???
    tablet cocok buat anak2 main game,spek kalah ama smartphone kan??
    bagaimana si Ipad air, Iphone 6,6 plus dan HTC One M9??
    laptop 2 in 1 itu enak gak??mending laptop ato laptop 2 in 1??
    kalo harga 3 jt an coba pilih Hisense Pureshot, Asus padfone S tanpa docking, Xiaomi mi…, Meizu bagaimana?mana yg lbh recommend????
    Hisense buatan mana?ada garansi?service bagus gak??
    thanks

    Henry

    1. Pak Henry Eka,

      * Silakan melirik Galaxy Tab S.
      * Belum pernah coba.
      * Ya bergantung kebutuhan.
      * Silakan ambil Hisense Pureshot+
      * Saya sedang menguji pakai Meizu M2 dan menilai ponsel itu tidak layak beli. Ada aneka bug yang mengesalkan. Detailnya tunggu review keluar pada minggu depan.
      * Hisense buatan Tiongkok. Ada garansi resmi. Layanan pusat perbaikan resmi belum diketahui bagus tidaknya.

  37. pak Herry, please review-nya tentang Alcatel Flash Plus dan Alcatel Flash2…
    1) apakah kedua gadget tsb layak dibeli ?
    2) bagaimana kualitas kameranya ?
    3) bagaimana daya tahan baterenya ?
    Terima kasih

    1. Pak Ignatius Tanoto,

      Flash Plus jangan dibeli. Saya pernah membelinya. Baru dipakai satu hari, saya sudah tidak tahan dan langsung menjualnya tanpa meneruskannya untuk kepentingan review. Penerimaan sinyalnya buruk banget. Di antara aneka ponsel yang saya coba sejak Januari 2015, Flash Plus masih memegang rekor smartphone terburuk tahun ini.

      Flash 2 masih dalam daftar antrean review. Saya belum menguji pakai ponsel itu sehingga belum mengetahui bagus tidaknya.

  38. Terima kasih Pak Herry atas jawabannya… really appreciate and helpfull πŸ™‚

    btw, kemaren di indocomtech sy beli acer liquid jade s55 (Rp 1799rb) dan terus terang sy kecewa sekali dng kamera dan daya tahan baterenya.

    oiya, sy beli acer jade ini semata2 karena pertimbangan harga dan desainnya yg menurut sy sangat cantik, namun tidak menyangka performa batere dan kameranya ternyata mengecewakan.
    bahkan untuk kamera masih lebih bagus advan s5x+ .

    thanks once again Pak Herry

    1. Pak Ignatius Tanoto,

      Daya tahan baterai Liquid Jade memang tidak istimewa. Namun, kinerja kameranya seharusnya tergolong bagus.

      Boleh tahu Anda membeli di stan apa? Barang dalam kondisi baru kan? Sebab, di Indocomtech ada beberapa stan yang menjual barang bekas pajangan toko dan bekas servis.

  39. Selamat malam jelang subuh Pak Herry,

    Yah, bagus tidaknya kamera liquid jade mungkin relative ya. Tapi kalo sy bandingkan dng advan s5x+, koq rasanya masih lebih bagus s5x+ ya.

    1. Pak Ignatius Tanoto,

      Nah… itu dia. Soal kamera memang relatif. Namun, kalau sampai kalah dengan kamera Advan, saya kok curiga ada yang salah dengan kamera Liquid Jade milik Anda. He… he… he….

  40. Maaf terpotong.
    Kamera liquid jade terlalu banyak noise, terutama untuk di low light.
    Sy belinya di booth erafone. Sy beli barang baru. Sy lihat masih terbungkus rapi dan disegel. Handset secara fisik tidak terlihat cacat. Entah kalo sy dibohongi. Harga yg sy bayar Rp 1,799jt.
    Fyi, untuk liquid jade yg clearance sale Rp 1,299jt.

    Mungkinkah sy dapat barang yg software kamera atau fisik kameranya cacat ?
    Kalau sy bandingkan hasil foto sy dengan gambar yg Pak Herry posting, beda sekali. Lebih bagus yg Pak Herry posting.

    Oiya, sy juga pakai Samsung Note5. Overall lumayan puas. Cuma memang untuk bidang warna putih agak pink kelihatannya.

  41. Punten Pak Herry, mau tanya juga :
    1) apakah Lenovo S60 support flashdisk OTG ?
    2) kalau tidak bisa, apakah ada caranya supaya bisa ?
    Terima kasih

  42. kalau tablet 7,8,dan 10 inch pilih merk apa yg recommend,best to buy???
    Bagaimana si tablet Ipad air, Iphone 6 dan 6 plus dan HTC One M9??kalau Iphone 6s< LG G4 dan Note 5 mana lebih unggul,bagus,terbaik??
    Bagaimana kalau budget 3 juta an pilih si Meizu dan Xiaomi Mi4 i??kelebihan dan kekurangan mereka apa ya??

    thanks
    Henry

    Henry

    1. Pak Henry Eka,

      Rasanya saya sudah beberapa kali menerima pertanyaan ini dan sudah saya jawab. Silakan cek jawaban terdahulu deh.

  43. Thanks advise-nya Pak Herry πŸ™‚
    Iya nih, tampaknya harus diperiksa.
    Tapi secara overall sy cukup puas dng Liquid Jade ini. Terutama designnya ini lho. Istilahnya : “untuk harga segini, mau apalagi sih…” hahaha
    Memang, jangan dibandingkan dengan Note5 sih… hehehe

  44. Pak Herry, kalau boleh sy request untuk review Samsung Galaxy A8 dan Motorola Nexus 6.
    Yang manakah Pak Herry akan pilih dari antara kedua gadget tsb.? (seandainya pilihannya hanya 2 itu)
    Terima kasih

    1. Pak Ignatius Tanoto,

      Saya tidak berencana me-review dua ponsel itu.

      Umpama harus memilih tanpa mengetahui kinerjanya dulu, saya akan pilih Galaxy A8. Dicoba-coba sebentar, dijual, lalu dibelikan Nexus 6. πŸ™‚ Kalau awalnya beli Nexus 6, setelah dicoba dan dijual, uangnya takkan cukup buat beli Galaxy A8.

  45. oh… I see… dengan begitu jadi bisa coba dua2nya ya Pak πŸ™‚
    Tapi dari jawaban Pak Herry di atas, feeling sy, lebih bagus Nexus 6. Kira2 begitu ya Pack ?
    Tapi memang sih, lihat di gsmarena, Nexus 6 sudah ada feature OIS. A8 tidak ada.

    Oiya Pak, sebenarnya lebih baik mana, feature OIS atau feature Laser Autofocus ?

  46. Untuk Samsung Galaxy Note5, sy pernah geber (pakai nyaris terus menerus) selama 6 jam lebih.
    Baterenya dari 100% sampai kira2 sisa 10%.
    Selama 6 jam lebih itu sy pakai nyaris terus menerus untuk : whatsapp (WA), browsing kemana-mana, online stock trading, dan lihat video musik sekali-kali. Tidak pakai BBM, tidak main game, dan tidak pakai facebook.
    Kesemua aktivitas itu tidak dilakukan secara multitasking, namun bergantian. Sesekali saja multitasking, misalnya sambil WA sambil mendengarkan musik.
    Pertanyaan sy, dengan tipikal pemakaian seperti itu, bagus / wajarkah performance batere Galaxy Note5 sy ?
    Terima kasih Pak Herry

  47. Pak Herry,
    oh..wajar ya… syukurlah, sy kira dapat barang cacat. nah, kalau bisa sampai 10 atau 14 jam bagaimana caranya pak ? jarang dipakai ?
    apalagi di gsmarena. katanya bisa sampai 85 jam..

    1. Pak Ignatius Tanoto,

      Pakainya tidak terus menerus. Ada jeda, pakai, jeda lagi, dst.

      Jangan pakai patokan daya tahan baterai di situs resmi maupun GSM Arena. Pasti nggak cocok dengan realita di sini.

  48. kalau harga 3 juta an,mana lebih recommend to buy antara Asus zenfone 2 ram 4gb, Meizu, LG G4 Stylus, One Plus Two, Xiaomi Redmi Note 2, Samsung galaxy J7????
    Katanya lebih bagus si Xiaomi Redmi Note 2 kan???
    asus zenfone 2 ram 4 gb nomer 2…ram jg besar….LG G4 stylus bagus tp sayang ram kecil…
    kabarnya mau diluncurkan asus zenfone 3???
    Xiaomi redmi note 2 ada 4G LTE dan memori eksternal gak??kelebihan dan kekurangan apa saja?
    terima kasih

    1. Pak Henry Eka,

      Redmi Note 2 dan OnePlus Two belum beredar resmi. Jadi, ya jangan dibahas dulu.

      Zenfone 2 RAM 4 GB silakan dicoret. Meizu M2 nggak sip karena mengandung bug fatal. G4 Stylus oke, tetapi RAM memang hanya 1 GB. Galaxy J7 belum pernah coba.

      Menurut saya, di kisaran harga itu, saat ini ada Hisense Pureshot+ yang boleh dilirik.

      Zenfone 3? Ya tinggal dilihat kebenarannya.

  49. DI Surabaya sudah masuk redmi note 2 kok…one plus one sdh ada tapi one plus two belum masuk ke indo…
    tablet bagus si asus padfones dan samsung tab S2…

    1. Pak Henry Eka,

      Redmi Note 2 yang sudah beredar adalah barang tanpa garansi resmi.

      OnePlus 2 tanpa garansi resmi juga sudah muncul.

  50. Dari review yg pak herry simpulkan jdinya saya sedikin down yg awalnya sgt bernafsu membeli note 5, pak herry tolong berikan review enakan mana beli ip6s 16gb atau note 5 ?
    Atau pak herry punya recommend lain tanpa harus menghiraukan harga ?
    Sebelumnya saya pake samsung jg namun krna sudah 3thunan hpnya mulai lag dan hank gitu
    tolong rekomend nya pak, terimakasih

    1. Pak Tegeh Koriadi,

      Karena belum pernah memakai iPhone 6S, saya tak tahu lebih bagus mana dibandingkan Galaxy Note 5.

      Saya pribadi daripada Galaxy Note 5 akan lebih memilih LG G4.

  51. Sebetulnya saya jg tertarik sama spec nya Lg g4 Entah ini perasaan saya aj ato gmn, kok saya kurang suka sama designya, munkin relative, kalo disandingkan dengan sony z5 menang mana tuh ip6s dan note 6 ? Menurut informasi spec yg beredar

    1. Pak Tegeh Koriadi,

      Seperti sudah saya sebutkan, saya belum pernah pakai iPhone 6S. Jadi, tak tahu bagus atau tidak. Note 6? Kan belum keluar.

  52. lha LG G4 vs Xperia Z5 dual lebih recommended yg mana??
    asus zenfone 2 ram 4 gb napa dicoret??
    ya memang skrg xiaomi redmi note 2 blm ada garansi…
    kabarnya mau luncurkan note 2 pro dan mi5….kita akan tunggu kabar lihat spek kayak apa???
    trims
    henry

    1. Pak Henry Eka,

      Belum tahu. Sebab, Xperia Z5 Dual masih dalam proses uji pakai.

      Soal Zenfone 2, temukan jawabannya di naskah review Zenfone 2 di blog ini.

  53. saya kepingin cari s6 edge+ aja karena perbedaannya dengan note 5 layar lengkungnya.

    menurut bapak apa layar lengkung edge lebih menarik dari yg biasa? πŸ™‚

    1. Pak Amunes,

      Saya belum pernah menggenggam Galaxy S6 Edge+. Yang pernah saya genggam (bukan uji pakai) Galaxy S6 Edge dan Galaxy Note Edge.

      Menurut saya, Galaxy S6 Edge kurang nyaman digenggam. Dugaan saya hal serupa terjadi dengan Galaxy S6 Edge+. Sedangkan Galaxy Note Edge yang lengkungannya hanya di satu sisi justru lebih enak.

      Buat keren-keren-an, layar melengkung memang lebih menarik dipandang mata. Namun, cari pelindung layarnya susah.

  54. Dear Pak Herry,
    Apakah ada saran untuk penggunaan 2 smartphone android (1 tipe flagship dan 1 tipe entry level), yang mana akan digunakan untuk chat (bbm, whatsapp, facebook) dan yang mana digunakan untuk “produktivitas” (evernote, maps, sports tracking, photo editing, etc)?
    Karena selama ini saya menggunakan 1smartphone selalu terasa lambat.
    Dan apakah ada saran untuk smartphone entry level yang cukup baik? (2gb RAM dan layar kecil jika memungkinkan).
    Thanks in advance.

    1. Pak Rio,

      Dengan kebutuhan seperti itu, Anda tak bisa memakai ponsel entry level deh. Pilihan yang lebih tepat:
      * Satu ponsel flagship dan satu kelas menengah, atau
      * dua ponsel kelas menengah semua.

      Usulan alternatif yang hemat biaya:
      1. Beli dua unit Xiaomi Redmi 2 Prime, atau
      2. Beli satu unit Xiaomi Redmi 2 Prime dan satu unit Infinix Hot Note.

  55. Dear Pak Herry,
    Thanks for your prompt reply.
    Saya ada 1 pertanyaan lagi, apakah Acer Liquid Z320 cukup gegas apabila digunakan hanya untuk chat? (semua bloatware akan saya hapus terlebih dahulu).
    Thanks.

    1. Pak Rio,

      Untuk ukuran ponsel berharga jual Rp 1.099.000 masih bisa dikategorikan gegas. Namun, kalau Anda memiliki anggaran ekstra, lebih baik melirik ponsel lain. Misalnya, Infinix Hot 2 Rp 1.299.000 dan Xiaomi Redmi 2 Rp 1.499.000.

  56. pa dengan harga segitu , milih beli note 5 atau beli motor bekas ?
    hehehe
    harganya mahal banget ya . hampir setara dengan harga motor bekas πŸ˜€

    1. Pak Pardo,

      Nah… itu dia. Tiga hari lalu Huawei malahan meluncurkan ponsel baru di Indonesia dengan harga Rp 9,399 juta. Huawei lho, bukan Samsung atau Sony.

  57. Selamat Sore Pak Herry,
    Saya sangat suka dgn ulasan Note 5 yg sebelumnya saya baca review LG G4, hasilnya saya makin bingung mau ambil yg mana hahaha…

    Kebutuhan saya hanya di Kamera & Video. Secara kasat mata dilihat langsung dari Hp disejajarkan menurut saya Note 5 lebih unggul dr pd LG G4, tapi sesudah membaca review ini Bpk katakan kamera G4 lebih bagus dr pd Note 5, menyamakannya juga tidak. Suerrr makin jadi bingung saya kok bisa? Mohon bantuan Bpk Herry sekaligus bantuan Doanya. Amin πŸ˜€

    1. Pak Daniel,

      Tak usah bingung. Silakan ambil LG G4.

      Saya menyatakan kamera G4 lebih bagus daripada Note 5. Kok bisa? Hasil uji pakai yang saya lakukan menunjukkan hal itu. Anda sudah membaca review Note 5 kan. Sekarang silakan melihat tulisan tentang G4 di tautan berikut ini http://ponselmu.com/tag/lg-g4/

  58. Dear Pak Herry,

    Ternyata kamera Note 5 menang di siang bolong atau, tapi keadaan low light, kamera LG G4 jauh sekali lebih baik dari Note 5 mendekati pun tidak seperti Bpk bilang. Makasih untuk masukannya.

    Daniel

  59. pak Herry SW mau beli mana kalau mau punya 2 hp dari antaranya HP Xiaomi Redmi Note 3, LG G4 dan Samsung Galaxy Note 4??

    terima kasih

    Henry

    1. Pak Henry,

      Karena belum pernah mencoba Redmi Note 3, saya tak bisa mengomentari ponsel itu.

      Dua ponsel yang lain boleh dilirik. Menurut saya, asalkan tidak perlu dual SIM, Galaxy Note 4 justru lebih oke daripada Galaxy Note 5.

  60. Menurut bapak untuk kamera bagusan mana antara samsung s6 , lg g4 atau soni xperia z5 dual?
    Soalnya lagi bingung mau milih ponsel yang kameranya bagus

    1. Pak Anwar,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Soni atau Sony nih? πŸ™‚

      Untuk mode otomatis, warna yang dihasilkan Xperia Z5 Dual lebih natural (mendekati warna aslinya). Sedangkan untuk pengguna yang gemar melakukan eksperimen, termasuk menggunakan mode manual, G4 lebih cocok dipilih.

  61. anyway om HSW ..
    ini note5 bener2 ga ada slot untuk microSD? kalo tambah gmna ya? slot kartu gsm gabisa jadi slot microSD?
    kalo OTG pasti bisa kan??

  62. Pak Herry SW,
    maaf sedikit melenceng, tapi masih di konteks merk Samsung juga.
    Kemarin saya baca di twitternya Pak Herry ada foto yg tulisannya “Pray For Samsung Dealer Indonesia”. Menurut Pak Herry apakah arti gambar ini? Koq kesan saya sebagai orang awam kayaknya bakalan banyak ponsel samsung – terutama yg high end – yg harganya terjun bebas karena mengikuti harga Samsung S7 yg bakalan launching? Bagaimana komentar Pak Herry?
    (lebih suka tanya disini, karena di twitter suka capek dg batasan karakternya :D)
    thanks sebelumnya

    1. Pak Dharma Sugandhi,

      Ternyata ada hak-hak diler Samsung yang belum diberikan oleh Samsung Electronics Indonesia. Nilainya secara rupiah lumayan banget.

  63. Ko Harry saya mau beli smartphone. Pilihan saya I phone 6, Samsung note 5, dan Xperia z5 dual. Saya tdk melihat harga dan saya minta yg kamera dan audio nya memukau krn saya hobby foto dan dengar kan music. jadi mana yg harus saya pilih menurut ko Harry?

  64. Ko Herry, kalau suruh milih mending S6 atau Note 5 yah? alasannya apa ? makasih banyak responnya πŸ™‚

    1. Pak Taufiq,

      Kalau saya sih nggak memilih keduanya. Bila tetap harus memilih, saya lebih memilih Note 5 dengan alasan sudah dual SIM.

    1. Pak Cucung,

      Saya belum pernah mencoba S6 edge Plus. Kalau disuruh memilih kucing dalam karung, saya berspekulasi memilih S6 edge Plus. Alasannya, saya pernah menguji pakai Galaxy Note 5 dan ternyata kurang memuaskan.

  65. Pak HSW,…
    mohon review tentang Samsung A 7. LG G3 saya mengalami rusak lcd displaynya. ini kerusakan ketiga setelah kabel charger rusak dan musti ditebus dengan 250rb, dilanjut dengan charger yang juga rusak yang saya tolak ditebus dengan 250rb. lcd warna titan tidak tersedia baru ada kira2 2 minggu lagi dengan tebusan 1,8jt.

    saya mempertimbangkan ganti samsung seri A tapi grogi sama baterai tanamnya.
    Terima kasih.

    1. Pak Indra,

      Saya belum pernah mencoba Galaxy A7 sehingga tak bisa me-review-nya.

      Kabel charger rusak dan mesti bayar Rp 250 ribu? Boleh tahu di mana itu, Pak?

      Ponsel Samsung yang bagus sih biasanya cuma seri S dan Note.

  66. pak herrySW, mau nanya nih .. untuk seri ini, bisa ga sih di lock hanya di LTE saja? soalnya kadang cuma H+ aja nih . jd ga bisa terpakai deh LTE untuk paket data nya .
    terima kasih sebelumnya..

      1. Pak, nambahin aja… kalo mau lock 4G di Samsung Note 5, download 4G Switcher dr Mobi.
        Bisa lock 4G kok, tp harus di sim 1, n sim 1 jd ngga bs buat nelpon.

  67. Ko, apakah ada review tentang Samsung Note Edge?
    Jika dibandingkan dengan Samsung Note 5, lebih bagus mana secara umum ?

  68. Halo Pak Herry,
    Mau tanya untuk kamera baik itu kamera utama atau kamera depan, lebih bagus mana antara GNote 5 & Iphone 6S ?
    Terima kasih

    1. Pak Marsunu,

      Hmm… tak ada ponsel bernama GNote 5 deh. Kalau iPhone 6S saya belum pernah coba.

  69. Pak Herry saya membaca review Bapak krn saya berniat meminang Gal Note 5 setelah ada promo di Erafone, utk 32 GB jadi 6 juta dan 64 GB 6,5 juta. Pertanyaan saya apakah di tahun 2017 ini Note 5 masih layak dimiliki? Terakhir update di Nougat dan apakah kemungkinan bisa mendapatkan Update ke Android O? Mengingat Note 5 rilis di 2015. Pada range harga 6 jutaan ada juga pilihan Asus Zenfone Zoom S. Sebaiknya saya pilih Note 5 atau Zoom S? Terima kasih mohon masukan Bapak.

    1. Pak Handito,

      Buat saya sih sejak dulu Galaxy Note 5 memang lebih baik tidak dibeli. Saya pernah me-review-nya dan hasil akhirnya kurang memuaskan. Ponsel kadang bisa freeze. Diam membisu.

      Tak yakin bisa dapat Android O.

      Zenfone Zoom S sih boleh dilirik. Harga ritel resmi memang Rp 5,999 juta, tetapi harga pasarnya lebih rendah sekitar Rp 400 ribu.

  70. Mohon bantuannya Pak Herry.
    Saat ini saya sedang mempertimbangkan untuk membeli HP second dan kandidatnya adalah :
    LG G5 SE , Note 5, Huawei P9.

    Mana yang lebih layak di tahun 2017 ini (dengan pertimbangan kualitas kamera, baterai, dan performa) terimakasih Pak Herry SW.

    1. Pak Sandi,

      Note 5 coret dulu ya.

      Tersisa dua ponsel yang karakteristiknya mirip. Kamera bagus (P9 lebih oke daripada G5 SE), tetapi baterai sama-sama kurang tahan lama. Performa keseluruhan masih lebih bagus G5 SE.

      1. Terimakasih jawabannya Pak Herry SW.

        Setelah menulis pertanyaan terkait P9 dan G5 SE (yang saat komentar ini ditulis berada di kisaran 4-5jt) saya tidak sengaja (awalnya) jadi Stalking Twitter Pak Herry SW, dan hampir setiap hari begitu. Hasilnya :
        “Ada bocoran bahwa bulan September akan ada banyak Gawai baru yang menarik yang di luncurkan”

        Pertanyaannya:
        Untuk di kisaran 4-5jutaan, apakah masih menarik langsung memilih G5 SE (sesuai saran Pak Herry tempo hari) atau mending nunggu sampai bulan September? (karena mungkin ada gawai baru yang patut dipertimbangkan).

        Catatan:
        1. Pertimbangan tetap pada kualitas kamera, baterai dan Performa.
        2. Daily driver saat ini Asus ZE520KL, dan pertanyaan ini ditulis semata-mata untuk tujuan upgrade dari ZE520KL

        Terimakasih Pak Herry SW, semoga Bapak dan Keluarga diberikan kemudahan dalam setiap urusannya.

        1. Pak Sandi,

          Harga G5 SE saat ini Rp 3,999 juta lho. Kamera dan performa keseluruhan G5 SE tergolong bagus, tetapi baterainya kurang awet. Kalau sekarang Anda sudah memakai ZE520KL, saran saya, bertahan di ponsel itu dulu saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *