Review Samsung Galaxy S4: Punya Aneka Kemampuan Unik

Samsung Galaxy S4 yang bersistem operasi Android 4.2.2 Jelly Bean mempunyai aneka kemampuan yang tergolong unik. Sebagian baru, sebagian telah tersedia di ponsel merek lain. Sebagian bermanfaat, sebagian lagi lebih cocok disebut cuma biar kelihatan keren. Apa saja?

Smart pause. Ketika video sedang diputar, lalu pengguna mengalihkan pandangan, video spontan berhenti. Video bakal berlanjut otomatis saat pengguna kembali menatap layar ponsel.

Smart scroll. Keren, tetapi aneh. Saat browsing internet, misalnya, halaman situs yang dibaca akan bergerak ke atas-bawah secara otomatis mengikuti gerakan kepala atau ponsel.

S4 dual shot

Dual shot. Kamera depan dan belakang di Galaxy S4 bisa dipakai bersamaan untuk memotret atau merekam video. LG Optimus G Pro yang diperkenalkan lebih dulu daripada Galaxy S4 telah mempunyai fitur serupa. Namun, seingat penulis, hanya untuk perekaman video. Fitur ini bakal mempersempit ruang gerak seseorang yang gemar berdusta. Mengaku sedang menemui klien, padahal… ups!

Sound & shot. Sebuah foto dapat diperkaya dengan suara berdurasi maksimal sembilan detik. Mengacu pada uji coba yang dilakukan penulis, bila foto itu kemudian dikirimkan via email, penerima hanya akan melihat foto. Tak ada suara.

S4 drama shot

Drama shot. Menurut penulis, drama shot adalah modus kamera paling menarik di Galaxy S4. Anggaplah pengguna ingin memotret teman yang terjun ke kolam renang. Kronologis sejak mengambil kuda-kuda, melompat, melayang, sampai menyentuh air dapat diabadikan dalam satu foto. Namun, praktik tak seindah teori. Di situs Samsung atau klip video iklan, menghasilkan foto cantik memakai drama shot terlihat semudah membalikkan telapak tangan. Praktiknya, pengguna mungkin harus mencoba puluhan kali demi menghasilkan satu foto drama yang lumayan.

Eraser. Sudah berpose terbaik dengan latar belakang pemandangan yang cantik, eh… ada orang lewat. Hapus saja orang tersebut. Fitur serupa sebelumnya tersedia di Nokia Lumia 920 dengan nama Smart Shoot.

S4 watch on

WatchON. Fungsikan Galaxy S4 sebagai remote control. Misalnya, pengguna sedang di ruang tunggu praktik dokter dan muak dengan televisi yang menayangkan sinetron kejar tayang. Gampang deh. Tekan layar ponsel untuk mengganti saluran televisi.

Air gesture. Saat melihat koleksi foto di galeri, pengguna cukup melambaikan tangan di atas ponsel untuk berpindah dari satu foto ke foto lain. Lakukan hal sama untuk menerima panggilan telepon masuk. Tangan pengguna tak perlu menyentuh layar.

17 thoughts to “Review Samsung Galaxy S4: Punya Aneka Kemampuan Unik”

  1. sharing aplikasi, cobain dhe aplikasi Handy Photo dari ADVASOFT, lumayan keren, fitur ReTouch bisa menghilangkan object2 tak dikehendaki dengan relatif smooth dan fitur MoveMe bisa pindahin object foto ke posisi lain, hasilnya mungkin harus diperhalus dengan Cloning Stamp jika background nya tidak memungkinkan hehehe… cocok buat S4 biar makin keren hehehe

  2. Pak Herry, apakan WatchOn ini bisa digunakan untuk semua merk TV ya ? Apa tidak hanya untuk TV merk Samsung saja ?

    1. Pak Rianto,

      Saya tak hafal bisa untuk televisi merek apa saja. Yang pasti, bukan khusus buat Samsung. Saya pernah coba padukan dengan televisi merek LG di rumah. Hasilnya, sukses.

    1. Pak Dhan, saya lupa mana yang tepat. Tapi, pasti salah satu di antara dua pilihan ini:
      * Tombol di bawah layar ditekan bersamaan dengan tombol power. Tahan.
      * Tombol di bawah layar ditekan bersamaan dengan tombol volume ke bawah. Tahan.

  3. Pak, untuk S4 apakah hasil foto bisa sebagus Samsung Galaxy Camera? di SGC ada fitur slow motion u/ memfoto misal cipratan air apa jg ada di S4? Di iklan SGC bisa foto objek di background pantai gelap tp objek tetap terang apa jg bisa di S4? Tq

  4. malam pak herry..
    saya mau nanya dikit..klo samsung s4 di adu sama xperia z..kira2 lebih bagusan mana dari fitur maupun tampilan fisiknya? secara kedua gadget itu mempunyai harga yg relatif sama…trus kira2 selain kedua gadget itu ada gak merk global lain yang mempunyai fitur dan spesifikasi yang mirip???
    sekian dlu ya pak…terima kasih

  5. Pak Ery,

    Fitur lebih kaya S4. Namun, sebagian di antara fitur di ponsel itu sebenarnya tergolong gimmick. Cuma kelihatan keren, tetapi tidak nyaman dipakai. Misalnya, menggerakkan kepala untuk scroll halaman saat browsing.

    Kalau tampilan fisik, Xperia Z jelas menang mutlak. Penampakan S4, apalagi yang berwarna putih, kan plastik banget. Tak seperti ponsel Rp 7 jutaan.

    HTC One secara spesifikasi bisa disandingkan dengan Xperia Z dan S4. Namun, saya belum pernah mencobanya.

  6. hai koh harry sw..mo nanya ni kalo dibandingkan scara aspek keseluruhan nilainya bagusan mana s4 ma sony z1?lagi butuh pencerahan.bingung milihnya ni.hhe..terima kasih..

  7. pak herry, saya mau tanya kenapa samsung galaxy s4 itu selalu panas sekali ? tapi saya bandingkan dengan samsung galaxy s4 punya saudara saya tidak sepanas punya saya, mohon di buat review mengenai penyebab panasnya handphone galaxy s4. tq

    1. Pak Rainaldo,

      Saya kebetulan pernah memakai Galaxy S4 dan tak pernah terasa panas, apalagi sampai panas sekali.

      Apakah saat Anda menggunakan ponsel itu terjadi satu atau lebih dari satu kondisi di bawah ini?
      * Sinyal kembang kempis cenderung lemah.
      * Digunakan untuk tethering via Wi-Fi.
      * Dipakai untuk bermain game yang tergolong berat dan dalam jangka waktu lama.

      Bila iya, ponsel memang berpotensi panas, tetapi tak sampai panas sekali.

      Kalau ternyata Anda tidak melakukan aktivitas-aktivitas yang saya sebutkan di atas, berarti Galaxy S4 Anda patut dicurigai tidak normal. Silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi Samsung untuk dicek.

      Btw, kalau suka dengan ponsel Android, sesekali coba melirik LG, Pak. Biarpun sama-sama merek Korea, LG memang kalah populer dibandingkan Samsung. Padahal, soal kinerja keseluruhan, LG tidak kalah lho. Bahkan, bukan mustahil lebih bagus daripada Samsung.

  8. iya pak saya sudah pernah bawa handphone galaxy s4 ini ke service center disana , saya di tolak dengan alasan hape ini normal, pada di test dengan cpu-z handphone panasnya bisa mencapai 40derajat bisa jadi lebih.
    saya pun tidak pernah menyalahkan thetering hostpot sama sekali.
    kebetulan saya bermain permainan clash of clan yang tergolong berat tapi saya sudah bersihkan / di tutup permainan itu ,setelah bermain aplikasi itu. handphone normal tapi ketika saya tinggal 10 menit kemudian itu panas pak.

    dan saya juga ada rencana melirik LG G3 :).

    1. Pak Rainaldo,

      Suhu 40 derajat, menurut saya, masih dalam batas toleransi, meskipun sudah tergolong cenderung panas. Kalau sampai jauh di atas itu baru layak dibilang tidak normal.

      Di kota Anda apakah hanya ada satu service center Samsung? Kalau lebih dari satu, coba dibawa ke pusat perbaikan resmi Samsung yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *