Review Smartfren Andromax Qi: Bisa LTE Only, Bisa Berinternet via GSM

Permintaan review Smartfren Andromax R sangat sering penulis terima. Namun, kali ini penulis belum bisa meluluskan permintaan mereka. Dengan mempertimbangkan beberapa hal, penulis memilih menguji pakai ponsel yang berada di tengah-tengah: Andromax Qi.

Di tengah-tengah? Ya. Penjelasannya begini. Pada saat bersamaan Smartfren meluncurkan lima ponsel LTE. Yaitu, Andromax R sebagai tipe teratas, Andromax Q dan Andromax Qi di kelas menengah, serta Andromax Ec dan Andromax Es di tingkat terendah.

Andromax Qi-1

Andromax Qi hadir dengan layar TFT 4,5 inci beresolusi 854 x 480 piksel. Ia dibekali tiga selot kartu. Selot kartu pertama wajib diisi dengan kartu mini RUIM Smartfren. Selot kartu kedua siap dipadukan dengan kartu mini SIM atau mini USIM operator GSM apa pun di Indonesia. Sedangkan selot kartu ketiga disediakan untuk keping kartu microSD.

Nomor yang terpasang di selot kartu pertama leluasa berpindah-pindah dari jaringan CDMA 2000 1x, EvDO rev A, maupun 4G LTE. Kalau mau, pengguna dapat mengunci mode jaringan ke LTE only. Dengan demikian, ponsel takkan berpindah ke jaringan yang lebih rendah. Hanya ada dua kemungkinan, mendapatkan sinyal 4G LTE atau sama sekali tak mendapatkan sinyal.

Pengaturan seperti di atas menguntungkan pengguna yang sehari-hari berada di area layanan 4G LTE Smartfren. Sebab, berinternet di jaringan 4G LTE biasanya jauh lebih nyaman daripada di jaringan EvDO. Aktivitas mengunduh dan mengunggah data bisa dilakukan dengan lebih nyaman dan hemat waktu.

Dapatkah berinternet memakai nomor GSM? Pertanyaan ini rutin ditanyakan saat penulis menguji pakai ponsel Andromax. Kali ini penulis menjawab bisa. Pengguna Andromax Qi diperkenankan berinternet menggunakan nomor GSM. Namun, pengguna hanya dapat memanfaatkan layanan GPRS/EDGE.

Prosesor empat inti (quad core) Qualcomm Snapdragon 410 MSM8916 1,2 GHz, Wi-Fi, bluetooth, GPS, RAM 1 GB, dan ROM 8 GB merupakan sebagian spesifikasi teknis lain Andromax Qi. Memori internal di ponsel buatan Hisense itu digabungkan dalam satu partisi. Saat ponsel kali pertama diaktifkan, tersedia ruang kosong sebesar 4,09 GB.

Berbincang soal responsivitas ponsel, layar Andromax Qi relatif peka terhadap sentuhan. Kecepatan penulis mengetikkan rangkaian huruf via papan ketik qwerty virtual sanggup diimbangi oleh ponsel itu. Perpindahan dari satu menu ke menu lain awalnya cukup gegas pula. Ponsel baru mulai terasa tersendat kala dipakai menjalankan 4-5 aplikasi sekaligus.

Andromax Qi-2

Dua kamera dibenamkan ke ponsel bersistem operasi Android 5.0.2 Lollipop itu. Kamera belakang yang dilengkapi fokus otomatis dan lampu kilat sanggup menghasilkan foto beresolusi maksimal lima megapiksel. Sedangkan kamera di sisi depan siap memproduksi foto beresolusi dua megapiksel. Kalau difungsikan sebagai perekam video, masing-masing kamera tersebut mampu menghasilkan klip video HD 720p.

Performa kamera Andromax Qi, menurut penulis, kurang memuaskan. Ketika diajak memotret di luar ruangan dengan intensitas cahaya yang memadai, foto yang dihasilkan masih tergolong cukup bagus. Namun, bila kamera itu dipakai mengabadikan objek di dalam ruangan, foto yang diproduksi kurang memuaskan. Padahal, pemotretan dilakukan di tempat yang relatif terang. Misalnya, di atrium sebuah pusat perbelanjaan dan ruang kantor.

Ponsel dengan Dolby Audio dan radio FM tersebut mendapatkan sumber daya dari baterai berkapasitas 1.900 mAh yang mudah dilepas pasang. Mengacu kepada uji pakai yang dilakukan penulis, bila aktif dipakai di jaringan 4G LTE, daya tahan baterai Andromax Qi tak lebih dari delapan jam. Selama rentang waktu tersebut, ponsel digunakan untuk browsing, email, WhatsApp, dan berkali-kali menjalankan pengukuran kecepatan akses data (speed data). Kalau penulis juga mengaktifkan fitur tethering, ponsel bakal semakin cepat kehabisan daya.

Saat ini Andromax Qi dijual dengan harga ritel Rp 1.299.000. Paket penjualan termasuk kartu perdana LTE Smartfren dan bonus paket data 2 + 6 GB bermasa aktif tujuh hari. Sebanyak dua GB paket data bisa dipakai kapan saja, sedangkan enam GB lainnya hanya dapat digunakan pada pukul 01.00-06.59 WIB.

***

Inilah contoh hasil jepretan kamera Andromax Qi.

Andromax Qi-3

Andromax Qi-4

Andromax Qi-5

Andromax Qi-6

Andromax Qi-7

Andromax Qi-8

Andromax Qi-9

Andromax Qi-10

Andromax Qi-11

Andromax Qi-12

Andromax Qi-13

Andromax Qi-14

Andromax Qi-15

Satu foto berikut ini dijepret menggunakan kamera depan.

Andromax Qi-16

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

Andromax Qi-17

Andromax Qi-18

Andromax Qi-19

164 thoughts to “Review Smartfren Andromax Qi: Bisa LTE Only, Bisa Berinternet via GSM”

    1. Pak Solehoptikcokro,

      Q buatan Haier dan pakai Cyanogen. Kalau Qi buatan Hisense dan pakai Android biasa.

      Kalau perlu fungsi telepon, Andromax Qi boleh dibeli. Kalau yang dibutuhkan koneksi internetnya, mending beli mifi LTE. Harganya jauh lebih murah.

  1. Selamat pagi Pak Herry
    Salah satu contoh foto ada foto Huawei Honor 4C yg dilepas backdoornya,apakah Bapak akan mereviewnya?ditunggu ya Pak hasil reviewnya Honor 4C..salam.

    1. Pak Erwin,

      Saya tidak akan me-review Honor 4C. Saya cuma sempat towel-towel ponsel itu dan hasil kameranya ternyata tidak sebagus yang saya perkirakan.

    1. Bu De Nature,

      Maaf, harap tidak menggunakan kata sapaan “gan” di blog ini.

      Harga sudah saya sebutkan di paragraf terakhir. Silakan dilihat sendiri ya.

  2. Gue bingung..hp sekelas entry level,mid level ataupun flagship,lokal maupun global kameranya bisa bening,jernih banget klo di review ama om herry..

    1. Pak Alex,

      Ah Anda bisa saja. Saya asal jepret lho. Lha wong saya bukan fotografer. Hasil jepretan Andromax Qi nggak layak disebut bening dan jernih deh.

  3. Kalau untuk fungsi internet kata bapak mending beli Mifi, memangnya berapa besar perbedaannya dibanding berinternet pakai handnsetnya selain memang dari harga selisihnya lumayan banyak? Apakah kecepatannya dan umur baterainya juga mempengaruhi?

    1. Pak Sunarto,

      Dalam hal kemampuan berinternet, pakai mifi maupun ponsel sebenarnya sama. Karena itu, saya menyarankan lebih baik beli mifi saja. Harga mifi LTE Smartfren Rp 399.000, sedangkan harga Andromax Qi Rp 1.299.000. Kan beda jauh banget.

      Hal lain, karena tidak dibekali layar, mifi lebih hemat baterai daripada ponsel yang fitur tethering-nya diaktifkan.

    1. Pak Solehoptikcokro,

      Saya pribadi belum pernah mencoba Cyanogen. Intinya, Cyanogen yang digunakan di Andromax Q itu ibarat Android yang sudah dipersonalisasi supaya lebih mantap. Bloatware (aplikasi bawaan yang mengganggu) diminimalkan. Kalau pun ada, bisa di-uninstall.

      Trus, fitur pengamanannya juga lebih mantap. Katakanlah pengguna mengaktifkan password 1234 untuk membuka pengunci layar. Biasanya, susunan angka 1234 selalu sama kan. 123 di baris pertama, lalu angka 4 di baris kedua. Nah, di Cyanogen tampilannya diacak. Jadi, kalau ada yang mau coba-coba mengintip password, bakal lebih sulit deh.

  4. Kaya nya baru kali ini saya nemui pengujian kekuatan batre di 4G LTE ya om? Klo bisa sih dibandingkan om,klo 3G vs 4G nya jadi kita bisa tau serapa rakusnya,om.

    1. Pak Alex,

      Bukan kali ini saja kok. Waktu saya me-review G4 dan Xperia Z3+, salah satu SIM yang dipakai kan berada di jaringan 4G LTE.

      Saat menguji pakai Andromax Qi saya juga sengaja mengarahkan nomor Smartfren ke LTE terus. Sebab, kalau masuk ke EvDO, terasa lemot. Jadi, maaf, tidak ada perbandingan konsumsi baterai di 4G LTE dan EvDO.

    1. Pak/Bu Fauziyah,

      Nah… ini yang susah. Bagus, murah, dan berkapasitas besar tidak bisa berjalan bersamaan. Maksimal hanya ada dua poin yang bisa dipilih. Mau bagus dan berkapasitas besar, tetapi tidak murah; ingin bagus dan murah, tetapi kapasitasnya tidak besar; atau bagaimana nih?

      Untuk merek global, cobalah melirik power bank merek Xiaomi, MiLi, dan Asus. Sebagian di antaranya agak mendekati kriteria Anda. Sedangkan untuk merek lokal, silakan melihat deretan produk power bank Delcell.

      Pesan saya, hati-hati dengan power bank Samsung. Banyak banget yang palsu.

  5. Nah,ketahuan deh om Herry habis ini ngereview apa. Apa lagi kalau bukan Huawei Honor 4C ??? ???

    Andromax 4G kalau untuk performa multitasking dan gaming sepertinya sama semua ya pak, kan SD410 dan RAM 1GB semua.

    Yang jelas andromax ini oke banget ya. Mengisi 3 Lini hape murah (1jt,1,3jt,1,6jt)

    (Y)

    1. Pak SobatDroid,

      Tebakan Anda kebetulan kurang tepat. Saya takkan me-review Honor 4C.

      Ya, spesifikasi dasar lima tipe Andromax 4G LTE itu mirip.

    1. Pak Indra,

      Saya belum pernah mencoba HP Slate 7 VoiceTab. Yang pernah saya coba HP Slate6 VoiceTab dan HP 7 Voice Tab.

    1. Pak Liat2aja,

      Kalau perlu fungsi telepon, silakan ambil Andromax Qi. Sedangkan kalau hanya memerlukan koneksi internetnya, lebih baik membeli mifi yang harga jual barunya jauh lebih murah.

      Beda, Pak. Andromax Qi belum mendukung LTE-A. Saran saya, LTE-A tak usah terlalu dipedulikan dulu. Lha LTE yang tanpa A saja masih belum optimal kok.

  6. Pak Herry Ada rencana review infinix zero 2 kah, Kok tampaknya murah tapi spek tinggi. Kalau beli infinix apa kelak tidak susah service nya pak kalau ada masalah. Kalau dengan harga 2,5 juta seperti infinix ZERO 2 Pak Herry rekomendasikan apa ya?

    1. Pak Sofy,

      Ya, kelak saya memang berencana menguji pakai Infinix Zero 2.

      Kualitas layanan pusat perbaikan resmi Infinix sampai sekarang belum diketahui.

      Hmmm… paling saya menyarankan tambahkan anggaran sedikit lagi untuk membeli Lenovo P70 atau Xiaomi Mi 4i.

    1. Pak Ahmad,

      Saya belum pernah menguji pakai Huawei Batik. Saya cuma pernah towel-towel ponsel itu pada dua kesempatan yang berbeda. Menurut saya, ponsel itu kurang menarik.

  7. Pak Herry.. mau tanya.. apakah Evercoss Winner Y Octacore 8GB layak beli.?
    atau bpk bs rekomendasikan android d bwh 1jt dgn kamera yg lumayan dan ram 1Gb..

    1. Pak Dekl Andre,

      Silakan membaca review Winner Y di http://ponselmu.com/review-evercoss-winner-y-a76-ponsel-octa-core-dari-pemimpin-pasar-smartphone-merek-lokal/

      Kalau boleh menyarankan, lebih baik Anda menghindari membeli ponsel bermerek Evercoss, Mito, Imo, Advan, dll. Pilihlah yang bermerek global atau merek Tiongkok buatan Tiongkok. Bukannya saya tidak cinta dengan produk Indonesia, tetapi setidaknya sampai sekarang saya belum menemukan lagi ponsel lokal yang benar-benar andal dan harganya kompetitif.

      Android di bawah Rp 1 juta, RAM 1 GB, dan kamera lumayan? Ada Acer Liquid Z205 dan AccessGo 4E. Review-nya bisa dibaca di:
      http://ponselmu.com/review-acer-liquid-z205-laris-manis-walau-hadir-diam-diam/
      http://ponselmu.com/review-accessgo-4e-android-dual-sim-quad-core-dan-nfc-hanya-sejuta/

  8. pak herry apakah Evercoss Winner Y 8GB layak beli..?

    kl android d bwh 1jt yg kamera lumayan bagus dan ram 1GB apa saran bpk..? mks

    1. Pak Deko Andre,

      Lain kali pertanyaan yang sama harap dikirimkan satu kali saja. Pertanyaan ini saya terima tiga kali lho. Sebagian sudah saya hapus.

  9. Meizu m2 note masuk antrian untk di review tidak pak? kartu smartfren Lte dipasang di andromax Lte misal ga dapat 4g berarti berpindah ke eVdo ya pak? Nah misal hp Lte non andromax di pasang kartu smartfren 4g bisa dapat 4g misalkan pas tidak dpt jaringan 4g akan berpindah ke jaringan apa pak?

    1. Pak Wijayy,

      1. Meizu M2 Note belum masuk dalam antrean.

      2. Ya. Bila tidak mendapatkan sinyal LTE, nomor 4G LTE Smartfren yang terpasang di ponsel Andromax LTE akan turun ke jaringan EvDO.

      3. Kalau ponsel itu tidak mendukung EvDO, ya bakal SOS alias kehilangan sinyal.

  10. pak, mau minta rekomendasi nih hp android atau windows phone juga gpp tapi yang layarnya 3.5-4.7 inch aja pak sekarang hp pada lebar” susah cari yg ukuran nya enak di genggam dan di kantongi bisa buat chat dengan nyaman hahha thx a lot pak

  11. Ko herry mau minta saranya nihh,saya pengguna lenovo a7000,berniat ganti hape lagi antara xiaomi mi4i atau LG G2..menurut ko herry mending yang mana??..hatur nuhun sebelumnya

    1. Pak Fandhye,

      Untuk kinerja secara keseluruhan, saya lebih memilih G2. Ponsel itu memang keluaran lebih lama. Namun, ia memberikan kenyamanan ekstra kepada pengguna. Misalnya, untuk menyalakan dan memadamkan layar, pengguna hanya perlu mengetuk layar. Ada pula fitur remote control televisi. Daya tahan baterai G2 juga lebih bagus daripada Mi 4i.

  12. Kurang memuaskan ya pak, fotonya kurang detail, warnanya juga kurang keluar hehehehe… Btw ada rencana untuk review Andromax Q nggak pak? Penasaran sama Cyanogen šŸ˜€

    1. Pak Tuxlin,

      Iya, kameranya kurang nendang.

      Saya tidak berencana me-review Andromax Q. Waktu itu pilihannya adalah mencoba Andromax Q atau Andromax Qi. Setelah melihat wujud nyata dua ponsel itu, saya lebih memilih Andromax Qi.

  13. Pak Herry, kl acer liquid z520 kamera dan multitasking nya oke gak ? skrg hrg nya 1,2 jt ya Pak? hp acer itu pelayanan service dan harga jual kembali stabil apa tdk? trimakasih Pak Herry

    1. Bu Nita,

      Tak tahu. Saya belum pernah menguji pakai Liquid Z520. Di atas kertas, spesifikasinya lebih rendah daripada Liquid Z500 yang lebih dulu keluar.

      Benar, harga baru saat ini Rp 1,2 juta.

      Layanan pusat perbaikan resmi ponsel Acer tergolong bagus. Versi saya, berada di urutan ketiga setelah LG dan Samsung.

      Harga jual kembali ponsel Acer tidak sebagus merek lain yang lebih terkenal.

  14. saya penasaran dgn android Acer.. pak Herry bbrp kali agak mengunggulkan merek tsb..
    saya mau tanya.. ada bbrp Acer yg saya lihat dgn harga d bwah 1jt smpe hampir 1,5jt..

    mgkin bs bpk ks sedikit review dan saran ttg Liquid M220, Liquid Z220 dan Liquid Z520..

    apa keistimewaan msg2 tipe tsb pak Herry.. mksi..

    1. Pak Deko Andre,

      * Liquid M220 bukan bersistem operasi Android. Jadi, dicoret dulu ya. Anda kan mencari yang Android.

      * Pada masanya, daya tarik Liquid Z220 adalah murah. Ketika ponsel Android merek global lain masih dibanderol termurah Rp 800 ribuan, Liquid Z220 yang memiliki spesifikasi setara ditawarkan Rp 600 ribuan (nyaris Rp 700 ribu).

      * Saya belum pernah mencoba Liquid Z520. Di atas kertas, spesifikasinya lebih rendah daripada Liquid Z500 yang lebih dulu beredar.

    2. Pak Deko Andre,

      Sore ini, ketika membaca pertanyaan dari seseorang, saya baru sadar kalau kemarin salah sambung saat menjawab pertanyaan Anda.

      * Saya belum pernah menguji pakai Liquid Z220.

      * Yang kemarin saya paparkan itu Liquid Z200, bukan Liquid Z220.

  15. z500.? sy dlu bimbang antara z500 dan redmi 2.. tp gak tau knp sy ambil redmi 2 (krn lebih murah dikit)..

    apa bpk ada saran untuk situs online beli HP.? yg bpk recomended..
    soalnya kl d Lazada sy hanya berani beli yg d jual lgsg lazada (flash sale kl g salah istilahnya).. kl d jual oleh partner lazada sy hanya berani beli barang lain yg harga ratusan ribu..

    1. Pak Deko Andre,

      Termudah sih beli di pemain besar ponsel yang mulai merambah online. Boleh pula beli di situs resmi produsen.

      Misalnya:
      * Untuk Xiaomi, belanja online di mi.com/id
      * Erafone.com
      * Oke.com
      * Globalteleshop.com
      * Poinbuy.com

  16. apakah d situs resmi harganya menyesuaikan pak.? mksd saya yg keluaran udh bbrp bulan harga juga turun dikit..

    oy 1 lg pak.. apakah z500 msh cocok bersaing d saat sekarang dgn android keluaran terbaru.. brp kira2 harga skrg.? (dulu 2jt kurang 1rb kl g salah)..
    apa ada merek dan tipe HP keluaran baru yg harga dan spec setara dgn z500.?

    1. Pak Deko Andre,

      Ya, harga di situs resmi produsen akan diperbarui berdasarkan harga ritel yang disarankan (SRP, suggested retail price) terbaru.

      Kalau ngejar RAM 2 GB, Liquid Z500 masih boleh dilirik. Harga saat ini Rp 1.599.000.

      Ada Infinix Hot Note.

  17. Pak saya pengguna andromax R.. Terus terang kecewa dgn performanya.. Kapan bpk akan mereview andromax R. Jadi saya tau apa punya saya yg deffect atau memang cuma segitu aja performanya.
    Trims.

    1. Pak Jhony be good,

      Saya tidak berencana menguji pakai Andromax R. Boleh tahu hal apa saja yang membuat Anda kecewa dengan Andromax R?

    1. Pak Elvinpras,

      Wah, nggak ingat aplikasi apa saja, Pak. Biasanya sih nggak jauh-jauh dari browser, Gmail, WhatsApp, Twitter, dan My Smartfren. Kadang-kadang baru mainan game.

    1. Pak Saeful,

      LTE Smartfren berjalan di frekuensi 850 dan 2.300 MHz. Kalau LTE operator yang sebelumnya dikenal sebagai operator GSM mengudara di 900 dan 1.800 MHz.

  18. Pak Herry,

    Kalau smartphone LTE diluar seri Andromax yang sudah mendukung jaringan 4G LTE punya Smartfren ada di smartphone apa saja yah? Saya ada smartphone 4G: Sony Xperia Z LTE C6603, LG G Pro (1) E988, LG G Pro 2 D838, dan Oneplus One, apakah salah satunya ada yang sudah support untuk spektrum 4G LTE-nya Smartfren?

    Lalu untuk pindah dari nomor Smartfren CDMA yang saya punya sekarang apakah ada prosedur seperti harus ganti kartu dulu, atau bagaimana Pak?

    Terima kasih sebelumnya, Pak..

    1. Pak Ronni Sukandar,

      Ada beberapa tipe ponsel yang sudah mendukung LTE 850 atau 2.300 MHz. Namun, karena saya belum pernah membuktikannya sendiri bisa berjalan dengan LTE Smartfren, saya tak berani menyarankannya. Sebab, mengacu kepada pengalaman pribadi, Polytron Zap 5 yang di atas kertas cocok, praktiknya ternyata gagal saya padukan dengan Smartfren.

      Ya, kalau sebelumnya Anda menggunakan kartu RUIM non-LTE, Anda perlu menukarkan kartu Smartfren Anda dulu di Galeri Smartfren. Biayanya Rp 15.000.

    1. Pak Erwin Pratama,

      Alasannya subjektif banget sih. Bodi Andromax Qi lebih nyaman digenggam daripada Andromax Q. Tombol power-nya juga lebih ergonomis.

      Hal lain, mencari aksesori ponsel Hisense biasanya lebih mudah daripada ponsel Haier.

  19. Mau nanya pak
    Saya ada butuh menggunakan andromax untuk pemakaian data voice dan sms, apakah pakai andromax Q cukup? Rencana sih ambil andromax R, cuma ya masih kepikiran, cuma unggul di display aja menurut saya, merk sama hisense juga ya?
    Tertarik pakai mi4i SG, cuma voice sms pasti gak jalan, dan di daerah yang non LTE SF bisa di pastikan no service, jadi galau

    1. Pak Yanuar Santoso,

      Kalau hanya untuk voice dan SMS, Andromax Q sudah cukup deh. Bahkan, tipe yang lebih rendah pun mestinya cukup.

      Ya, Andromax R buatan Hisense.

  20. Yg utama saya rasakan semua aplikasi berjalan tersendat (lag) bahkan untuk transisi sistem antar mukanya saja juga trasa berat.

    Aplikasi yg saya install jg tdk bnyk.. Masih ada sekitar 1.4Gb yg kosong. Dan saya jg bukan gamer, jd aplikasi nya cuma sekitar socmed, email dan browser saja..

    Rasanya lebih lancar waktu saya masih pake andromax i3s hehehe..

    Kelebihannya ada di sektor kamera yg cukup baik.

    Trims.

  21. Mau tanya om heri,kebetulan hp saya juga asus zenfone 2 ram 4gb dan kebetulan ada semua jenis frequensi lte termasuk lte 850mhz dan 2300mhz,yang mau saya tanyakan ma om heri ketika saya membeli perdana khusus lte smatfren apa bisa ada signal bakal tertangkap di hp saya karena bukan cdma,sedangkan waktu saya test kartu bolt bisa dapat di hp asus saya signal lte nya.secara bolt gsm juga jadi masuk akal jika asus zenfone dua bisa menangkap signal bolt lte nya.

    1. Pak Fakirilmi,

      Saya tak berani memastikan karena belum pernah mencobanya sendiri. Kalau Bolt bisa, seharusnya Smartfren juga bisa.

  22. Om herry, Ada kawan mau beli baru, adakah android dual sim, LTE, ram 2 GB, ada external memory, quad core, kamera minimal 8mp, baterai lepasan, layar hd maksimal 4,7″, harga dibawah 3 juta, yang sudah dipasarkan resmi di indonesia. Redmi 2 prime paling sesuai, tapi belum ada disini.
    Apa memang harus nunggu redmi 2 prime kali ya?

    1. Pak Radi,

      Hmm… dengan kriteria seperti itu, saat ini belum ada yang memenuhi syarat. Ya, paling nunggu Redmi 2 varian RAM 2 GB.

  23. Huawei Batik ada 2 tipe: Y3 dan Y5 (Honor Bee). Y5 sebagai varian termahal touchscreen kurang sensitif dan baterai nampaknya terlalu kecil. Agak kecewa, meskipun indoor GPS locking hanya dengan sinyal wifi bisa di bawah 10 detik.

  24. Om herry mau nanya kalo untuk smartphone dengan budget maksimum 500rb sebaiknya milih apa ya? Yg penting bisa bbm dan baterai lumayan awet

    1. Pak Pandu Suhilman,

      Maaf, dengan kriteria seperti itu, terus terang saya tak berani memberikan rekomendasi. Sebab, Anda harus berurusan dengan ponsel merek lokal yang kualitasnya mengerikan.

  25. Pak Herry SW, maaf oot. Mau nanya, untuk hp dengan layar 5.5 ” dengan harga 3-4 jt, rekomend bapak apa ya? Sudah liat Xiomi Mi 4i tapi belum sreg soal layarnya.. Makasih Pak

  26. pak herry , kalo mifi smartfren kita padukan dengan hp android yg tdk suport Lte ato masih 3G (utk GSM) apakah bisa mendapatkan sinyal 4G? trims.

    1. Pak Sandi,

      Di layar ponsel Android Anda tetap takkan muncul sinyal 4G. Namun, ponsel itu terkoneksi ke mifi LTE dan memanfaatkan sambungan internet dari sana, bukan? Nah… sambungan internetnya itu 4G LTE.

  27. Mohon infonya om. Apa smartfren4G bisa digunakan di ponsel Lenovo A7000 ? Kalau memang bisa gimana cara settingnya ? Makasih sebelumnya ?

    1. Pak Angga Mongkau,

      Saya belum pernah menguji pakai A7000. Di atas kertas, ponsel itu mendukung LTE 2300 sehingga dapat dipadukan dengan Smartfren. Namun, realitanya saya tak berani memastikan. Lha belum pernah coba.

  28. misi pak…klo untuk anrdomax qi untuk kekuatan sinyalnnya gmana ya? dmisalkan sprti andromax g2 ga ya oz untuk produk smartfren trdahulu klo q nilai untuk max g2 kekuatan sinyalnya lemah ga sprti seri andromax yg lain?

  29. Tanya lagi pak Herry,

    Agar GSM nya aktif, apakah Smartfrennya harus selalu dapat sinyal? Ada info mengenai hal tsb tidak pak?
    Terima kasih.

    1. Pak Ari Nurcahyo,

      Nah… itu yang saya tak bisa jawab. Kebetulan di area saya beraktivitas selalu ada sinyal Smartfren. Waktu itu saya tidak terpikir untuk mencoba pura-pura tak dapat sinyal Smartfren.

      1. misi pak, mungkin maksud pak ari diatas, jika kartu smartfren-nya tidak dipakai di sim1(dikosongkan), kira2 gsm-nya masih bisa jalan atau tidak? maaf ikut campur tp saya jg agk penasaran dg ini

        1. Pak Hei,

          Saya tak pernah coba melepaskan kartu Smartfren dari ponsel. Jadi, saya tidak mengetahui GSM-nya bisa dapat sinyal atau tidak seandainya kartu Smartfren dilepas.

  30. klo andromax r apa bisa sim 1 di ganti milik gsm seperti hisense pureshot.. setahu saya andromax r di dukung frek 1800. misal harus unlock bagaimana caranya om… mksh

    1. Pak Saxty,

      Karena sedang ada acara di luar kota dan jadwal aktivitas di sana relatif padat, baru sore ini saya bisa mulai merespons pertanyaan dan komentar yang dikirimkan ke blog ini. Mohon maklum.

      Saya belum pernah mencoba Andromax R sehingga tak bisa memastikan jawaban pertanyaan Anda. Dugaan saya sih tidak bisa. Selot SIM1 di ponsel itu sepertinya dikunci Smartfren.

  31. misi pak, max qi ini bloatware/app-bawaannya bisa dihapus tidk? terus itu ram yg di screenshot itu sesudah bloatware-nya dihapus atau sebelum(masih fresh dr baru dibuka)?

    1. Pak Hei,

      Max Qi itu apa ya? Andromax Qi-kah? Biasakan menuliskan nama tipe dengan lengkap dengan benar. Aplikasi bawaan mayoritas bisa dihapus. Sebagian lagi hanya bisa di-disable.

      Screen capture kondisi awal RAM selalu saya lakukan saat ponsel baru dinyalakan dalam kondisi segar. Aplikasi bawaan belum diutak-atik. Pengaturan ponsel juga belum diutak-atik.

  32. pak, diutlis di atas kalau andromax Qi slot kedua untuk sim gsm dan bisa terkoneksi dengan edge/3g, apa itu andromax qi yg lama atau yg baru?

  33. Mau nanya pak
    Aq beli andromax qi sama temen,tp kartu bawaan dari hp udah ga ada.sedangkan di doosbooknya kan udah ada nomer bawaan.bisakan diganti dgn kartu baru sendiri/harus ke galeri smartfren.mksh

  34. Pak, dikota saya tepatnya bagi pengguna Smartfren sedang ada promo Harga Hp dan MiFi. HP Smartfren Q dibandrol dg harga 550 ribu sedangkan MiFi harus membeli pulsa seharga 100 ribu. Teman saya sudah pernah membeli MiFi. Yang saya tanyakan disini apakah kualitas tersebut sama dengan yang baru? Terutama pada handphone nya?

      1. Galeri Smartfren. Jadi kualitas sama dengan yang baru ya, tidak ada perbedaan atau apa? soalnya harga dipotong 50% lebih.
        dan satu lagi, recommended kah beli spt itu?

        1. Bu Fera,

          Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

          Tingkat kebaruan tidak berbeda. Coba tanyakan ke petugas di Galeri Smartfren apakah ada perbedaan lain yang mungkin belum disebutkan di SMS. Kalau semua sama, ya beli saja paket diskon kayak gitu.

    1. ambil ae gpp mbak Fera, q juga ambil kok. dg harg 499 malah. cuma nyerahin copy KTP 3 lembar & nunjukin SMS dr smartfren yg anda terima.

  35. Terima kasih pak untuk reviewnya, kebetulan saya pake Andromax Qi, mau tanya dong pak kalo misalnya mau root ga bisa ya di andromax Qi? soalnya saya mau pindahin aplikasi2 di memori internal ke memori external, mohon pencerahannya. Terima kasih

    1. Pak Noel,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Maaf, saya tak pernah nge-root. Dalam uji pakai saya selalu membiarkan ponsel dalam kondisi standar pabrikan. Tanpa root maupun custom ROM.

  36. Malem om, mau nanya nih andromax Q kalo mau nelpon kok gk ada tombol ijo (logo telpon) ya. Musti d save nomor dulu baru bisa telpon, apa ada pengaturannya sendiri?

  37. Gk ada ikon telpon nya om, jadi agak bingung kalo mau buru2 tlpon… Hehehe
    O iya kadang2 ni hp reboot sendiri knapa ya om. Mungkin sampean tau pnyebabnya, dari aplikasi sendiri sih saya rasa gk terlalu banyak , tp kok terasa agak berat jalannya…kadang keyboard juga cuman kluar separoh aja,.d restart sembuh tp ntar jarak mungkin seharian biasanya (kadang2) kumat lagi…padahal pake dari barunya belum genap sebulan..mohon pencerahannya…

    1. Pak Didik,

      Wah kok aneh ya. Kebetulan saya belum pernah menguji pakai Andromax Q. Jadi, saya tak mengetahui problem-problem yang potensial terjadi di sana.

  38. Maaf pak,saya boleh nanya tidak? Saya kan orang awam ini,belum lama saya beli andtomax Qi,tidak tau kenapa stlh bbrp minggu kok kamera hp saya gak bisa dipakai y pak? Tolong dibantu
    Terimakasih

    1. Pak Eko Prasetya,

      Tidak boleh. He… he… bercanda.

      Kamera tidak bisa dipakainya gimana? Ada pesan error apa yang muncul? Bawalah ke pusat perbaikan resmi Hisense atau Galeri Smartfren terdekat untuk dicek.

  39. Pak mau tanya.. Kalau kartu 4g aslinya dari hp, terus diganti dengan kartu 4g dari hp lain itu kok tidak mau keluar 4g ya.. Yg keluar hanya 3g
    Sudah saya ubah2 pengaturanya kok teyep g bisa
    Mohon infonya

    1. Pak/Bu Rotibul Haqi,

      Boleh tolong diperjelas dulu kartu 4G LTE milik operator apa? Sebelumnya dipasangkan di ponsel apa, lalu dipindahkan ke ponsel apa?

  40. Maaf nih pak saya mau tanya kira kira hp saya andromax Qi bisa menggunakan kartu 4g lain gak srlain smartfrent?

  41. Om Herry, saya mau tanya
    1. Apakah layar dari Andromax Qi ini memiliki performa yang bisa dikatakan lumayan, baik dari respon maupun lapisan kaca

    2. Tingkah kegegasannya bila dibanding ponsel entry level yang pernah direview oleh om?

    3. Apakah cocok untuk saya yang sekarang merupakan pengguna HP 7 Voicetab Bali Edition, karena saya merasa saya membutuhkan perangkat yang relatif kecil namun setidaknya memiliki performa yang sebaik tablet saya dan kamera yang lebih baik. budget saya adalah hasil penjualan HP 7 Voicetab Bali Smartfren Andromax C2.

    Terima Kasih

    1. Pak Riyanto,

      1. Ya, bisa dikatakan lumayan.

      2. Relatif imbang.

      3. Apakah Anda bergantung kepada nomor Smartfren? Kalau iya, boleh saja meneruskan niat membeli Andromax Qi. Kalau tidak bergantung kepada nomor Smartfren, mending cari Xiaomi Redmi 2 bekas.

  42. Pa sya pke andromax q tpi setiap kali kartu gsm dipasang malah gak bisa dipke internetan smatfrennya ,gmna yah gak settingnya???

  43. Pak saya mau tanya, saya pakai andromax Qi gimana cara mengaktifkan kartu gsm nya biar bisa internetan, terima kasih

    1. Pak Munif,

      Kalau tidak sedang memegang ponselnya, saya tak hafal urutan langkah detailnya. Intinya, silakan utak-atik menu di dalam menu settings.

    1. Pak Alifi,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di ujung kanan blog, pada 21-24 Maret 2016 saya berada di luar kota dan tak sempat menjawab pertanyaan/komentar masuk.

      Silakan mengubahnya via menu settings. Kalau saya tak salah ingat, silakan masuk ke settings, SIM cards, lalu preferred SIM for cellular data. Arahkan ke nomor GSM.

  44. Saya pengguna andromax 4GLTE Haier
    Tpi saat nelpon ingin menggunakan handshet gak bisa dengar…masalahx ada dimana ?
    Mohon dijelaskan

    1. Pak Elias Johan,

      Bertelepon menggunakan handset (ponsel) atau headset (handsfree berkabel)?

      Kalau yang dimaksud handset, apakah hal itu juga terjadi kala Anda bertelepon menggunakan speaker phone?

      Kalau yang dimaksud headset, saat handsfree berkabel dipasangkan, di layar ponsel apakah muncul simbol headphone? Bila tidak muncul, periksakan ponsel Anda ke Galeri Smartfren. Bila muncul, tetapi Anda tetap tak bisa bertelepon memakai handsfree berkabel, cobalah menggunakan handsfree berkabel lain. Mungkin handsfree berkabel Anda rusak.

  45. Pak, saya mau tanya, kok di hp Smartfren Andromax Qi saya, tidak bisa membeli aplikasi pakai pulsa ? Mohon solusinya pak

  46. Kalau andromax qi ITU GSM nya bisa 4g ?
    Soalnya waktu di counter ngomongnya bisa tapi kalo di sini disebutin GPRS/EDGE ? Jadinya bingung

    1. Pak Jr,

      Dijamin tidak bisa. Kalau Anda ingin berinternet memakai nomor GSM yang terpasang di Andromax Qi, maksimal Anda menikmati layanan GPRS/EDGE saja.

  47. pak herry saya mau nanya knpa ya sinyal evdo saya di andromax r tidak bisa di pakai? dan klo mau internetan harus pake 4g itu knp masalahnya ya pak dan apa solusinya padahal kartu baru, apakah sinyal 4g betul cepat menghabiskan kuota dan baterai, tolong kasih pencerahannya ya pak??
    sebelumnya saya ucapkan trimakasih

    1. Pak Alif,

      Pengaturan jaringan di ponsel Anda dalam mode auto atau apa nih, Pak?

      Sekadar informasi, berinternet di jaringan 4G LTE justru lebih nyaman daripada EvDO lho. Konsumsi baterai untuk saat ini tidak berbeda signifikan. Sedangkan soal kuota cepat habis, sebenarnya sama saja. Bedanya, karena internetan pakai 4G LTE lebih nyaman dan cepat, pengguna jadi tak sadar telah memakai internet lebih banyak.

      Contoh:
      * Saat memakai EvDO, selama sepuluh menit pengguna cuma berhasil memutar satu klip video dengan ukuran file 15 MB. Sebab, selama proses memutar video via YouTube, ponsel berkali-kali mengalami buffering.

      * Kini dengan 4G LTE, selama sepuluh menit pengguna berhasil memutar dua klip video dengan ukuran file masing-masing 15 MB. Jadi, total 30 MB. Wajar dong kalau kuota menjadi lebih cepat habis. Lha yang dikonsumsi memang lebih banyak.

    1. Pak Iwan,

      Kabar baik.

      Lama tidak ada ulasan lagi? Lha kemarin saya baru mengunggah satu naskah baru kok.

  48. Kok hasil kamera belakang nya gak sebagus itu ya pak ? Punyaku hasil fotonya gak jelas itu gmana ya

  49. Minta infonya dong !

    soalnya di ANDROMAX Q jelas gak bisa meskipun harga sama tapi gak ada GYROnya

    coba test bisa main POKEMON GO dengan mode AR atau tidak, kan yang “Qi” ada sensor gyronya tuh, gimana lancar gak, mode AR di POKEMON GOnya.

    1. Pak Yahya Purnama,

      * Harap tidak asal tulis dan mencomot alamat email Ponselmu.

      * Jangan asal memakai tanda ! saat mengajukan pertanyaan.

      * Saya tak bisa membantu mencobanya. Lha saya sudah berpisah dengan Andromax Qi.

  50. Pak, hp andromax Q1 4G LTE saya sebelumnya kan saya carge (dalam keadaan turn off) lalu saya cabut setelah penuh. dan setelah saya turn on kok tidak bisa ke menu awal ya pak, hanya stuck dengan tulisan “andomax 4GLTE”, sudah saya cabut battery dan sim cardnya juga tetap saja seperti itu, mohon saran dan jawabannya pak, trims.

    1. Bu Putri Pratiwi,

      Silakan mampir ke Galeri Smartfren deh. Untuk problem seperti itu, perbaikannya mestinya bisa ditunggu.

    1. Pak Saipuddin,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Asalkan baterainya kompatibel dan bukan berkualitas abal-abal sih boleh saja.

    1. Pak Ahmad Sofyan,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Saya tak ingat bisa USB OTG atau tidak. Sepertinya sih tak bisa.

    1. Pak Ahmad Sofyan,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Tak tahu. Saya belum pernah mencoba Andromax C2.

  51. Cara aktifin internet gsmnya gimana ya om? Soalnya pas saya konekin kartu gsmnya trus udah di ubah juga settingnya, tetep ga bisa dinyalain koneksi datanya..

    1. Bu Alicia,

      Saya sudah berpisah dengan Andromax Qi sehingga tak bisa memberikan panduan langkah demi langkah. Intinya:
      * Ubah pilihan internet ke GSM.
      * Lakukan pengaturan APN secara manual.

      Itu saja sih.

  52. Pak heri mau nanya. Klu Qi ini buat multitasking sama buat game HD nya ngeleg ga
    Secara baru 1.2ghz
    Di tunggu balesan secepat nya
    Mksih

    1. Pak Arief,

      Saya bukan penggemar game. Kalau dibuat main game Asphalt yang ukuran file installer-nya 1,x GB sih lancar.

    1. Pak Dio Naufal,

      Nggak ada cara khusus. Lha aslinya memang sudah autofocus kok.

      Untuk membuat latar belakang kabur, jurusnya sederhana. Jarak antara kamera dan objek yang difoto harus sedekat mungkin, sedangkan jarak antara objek foto dan latar belakang harus sejauh mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *