Review Smartfren Andromax R2: Dukung VoLTE, Senyaman Pureshot

Memasuki 2016, Smartfren belum menurunkan gigi persneling. Operator yang identik dengan warna merah itu masih gencar menggaet pengguna baru 4G LTE. Salah satu caranya dengan meluncurkan ponsel Andromax R2 yang telah mendukung layanan VoLTE.

Tampilan fisik Andromax R2 terlihat elegan dan tidak murahan. Bingkai logam di sekeliling bodi membuatnya tampak lebih mewah. Saat kali pertama dikeluarkan dari kardus, layar dan sisi belakang ponsel telah dilapisi dengan selembar plastik transparan. Dengan demikian, pengguna tak perlu lagi mengeluarkan dana tambahan untuk membeli pelindung ekstra.

Andromax R2-2

Di sisi atas ponsel terdapat lubang untuk menancapkan handsfree berkabel. Selot kartu microSD dan tombol volume diletakkan di sisi kiri. Sementara itu, di samping kanan terdapat selot untuk menampung dua micro SIM. Satu nomor Smartfren dan satu nomor GSM. Ada pula tombol power. Konektor micro USB akan dijumpai di bagian bawah ponsel.

Andromax R2 hadir dengan layar IPS lima inci beresolusi HD 1.280 x 720 piksel. Layar yang mengadopsi Dragontrail Glass itu mampu menyajikan gambar dan huruf dengan relatif tajam. Dalam operasional sehari-hari, layar tersebut terbukti responsif dan peka terhadap sentuhan.

Saat ponsel siaga, pengguna cukup mengetuk permukaan layar dua kali untuk menyalakan layar. Untuk memadamkan sekaligus mengunci layar, pengguna tidak harus menekan tombol power di sisi kanan ponsel. Terdapat aneka alternatif cara yang bebas dipilih pengguna. HSW memilih cara ini: tekan tombol home dua kali. Tuk… tuk… dan layar pun spontan padam. Praktis.

Andromax R2-1

Dua nomor dapat siaga bersamaan di Andromax R2. Keduanya memakai kartu berukuran mikro dan satu di antaranya wajib nomor Smartfren. Nomor Smartfren yang siaga leluasa masuk ke jaringan LTE, EvDO, maupun CDMA 1x. Sedangkan nomor GSM cuma bisa berkutat di jaringan 2G.

Mungkinkah berinternet memakai nomor GSM? Sangat mungkin. Namun, pengguna hanya dapat menikmati layanan akses data berbasis GPRS/EDGE. Kecepatan rata-rata yang diperoleh tentu saja jauh di bawah LTE Smartfren.

Terkait LTE, ada satu kemampuan yang layak dicoba oleh pengguna Andromax R2. Ponsel dan nomor bawaan ponsel tersebut telah mendukung VoLTE. Itu adalah kependekan dari voice over LTE. Ya, mudahnya VoLTE merupakan layanan suara yang menggunakan jaringan LTE. Sekarang pengguna Andromax R2 baru bisa ber-VoLTE dengan sesama pengguna Andromax R2 dan Andromax E2. Kelak layanan itu juga bisa dinikmati pengguna ponsel lain.

Selama menguji pakai Andromax R2, HSW berkali-kali melakukan panggilan suara (voice call) maupun panggilan video (video call) dengan sesama pengguna Andromax R2. Dibandingkan sambungan telepon konvensional, proses panggilan via VoLTE terasa lebih cepat. Suara yang terdengar lebih jernih pula. Ibarat usai mendengarkan siaran radio AM, kemudian beralih ke radio FM.

Kala melakukan panggilan video, asalkan lawan bicara tidak bergerak cepat, wajahnya terlihat relatif jelas di Andromax R2 yang HSW gunakan. Jauh lebih nyaman daripada ber-video call lewat jaringan 3G.

Mengacu kepada pengalaman uji pakai VoLTE, hanya ada satu hal yang patut diperhatikan saat mencoba VoLTE. Pastikan sinyal LTE penelepon dan penerima telepon sama-sama cukup bagus. Indikator sinyalnya minimal setengah penuh. Sebab, bila kondisi sinyal LTE salah satu partisipan kurang bagus, suara takkan terdengar jernih. Lebih mirip suara robot.

Sepasang kamera tersedia di Andromax R2. Kamera di sisi belakang dilengkapi fokus otomatis dan lampu kilat ganda. Kemampuan maksimalnya menghasilkan foto beresolusi 13 megapiksel dan klip video full HD 1080p.

Sementara itu, kamera di sisi muka ponsel tanpa fokus otomatis, tetapi dibekali lampu kilat. Ia sanggup memproduksi foto beresolusi lima megapiksel dan klip video HD 720p.

Ketika akan melakukan swafoto alias selfie memakai kamera mana pun, pengguna bisa memerintahkan kamera menjepret tanpa menekan tombol shutter. Caranya, arahkan telapak tangan ke kamera, lalu katupkan tangan. Timer langsung mulai menghitung mundur. 3… 2… 1… jepret.

Andromax R2-3

Spesifikasi lain Andromax R2, prosesor delapan inti (octa core) Qualcomm Snapdragon 415 MSM8929 yang terdiri atas empat inti berkecepatan 1,36 GHz dan empat inti 1 GHz. Ada pula Wi-Fi, bluetooth, GPS, radio FM yang siarannya bisa direkam, dan penyaring panggilan telepon (black list). Memorinya terdiri atas RAM 2 GB, ROM 16 GB, dan selot microSD. Saat ponsel belum diutak-atik, sisa memori internal mencapai 10,66 GB.

Tersedianya Dolby Digital Plus memungkinkan pengguna mendengarkan musik dan menonton video dengan lebih mengesankan. Syaratnya, lakukan aktivitas itu dengan mengenakan handsfree berkabel atau earphone. Tanpa memakai aksesori tersebut sensasi Dolby takkan terasa. Di lokasi yang agak gaduh, suara yang keluar lewat speaker internal bakal terasa kurang lantang.

Ponsel bersistem operasi Android 5.1.1 Lollipop itu dibekali baterai tanam 2.320 mAh. Dengan perilaku pemakaian ala HSW, daya tahan baterai minimal menembus sepuluh jam. Selama rentang waktu tersebut, dua nomor selalu siaga. Nomor Smartfren dibiarkan berada di jaringan LTE.

Bila dirangkum, ada dua hal yang tidak HSW sukai dari Andromax R2. Pertama, posisi tombol volume kurang nyaman dijangkau. Tombol volume ponsel itu diletakkan di sisi kiri ponsel, sedangkan tombol power di kanan ponsel. Bagi penulis yang tidak bertangan kidal, idealnya tombol power dan volume sama-sama diletakkan di kanan.

Kedua, aplikasi bawaan yang berhubungan langsung maupun tidak langsung dengan Smartfren terlalu banyak. Berikut daftarnya: My Smartfren, Uangku, Bank Sinarmas, Excite Point, Genflix, Innovate GO, dan SmartCloud. Belum lagi UrbanIndo, Sale Stock, Baidu Browser, Bukalapak, Clean Master, Smartfren Appstore, dan SmartBOX.

Ada pula Smart Music, Smart Play, SmartCall, Smart Face Call, SmartShield, Smart World, Top Games!, dan A+ Smart English. Total terdapat 22 judul aplikasi. Buat HSW, hanya aplikasi My Smartfren yang berguna. Lainnya lebih baik ditiadakan. Untunglah nyaris semua aplikasi bawaan itu dapat dihapus (uninstall). Hanya Uangku dan Bank Sinarmas yang tak bisa dihapus, tetapi bisa dinonaktifkan (disable).

Beralih ke hal yang HSW sukai. Enak digenggam maupun dikantongi, gegas, dan berkamera bagus menjadi sederet kelebihan Andromax R2. Tersedianya fitur ketuk-ketuk jari untuk mengaktifkan maupun memadamkan layar menjadi pemikat tambahan. Tentu saja kemampuan LTE juga menjadi daya tarik ponsel yang diproduksi oleh Hisense itu.

Menurut HSW, pengalaman menguji pakai Andromax R2 sama asyiknya dengan mengoperasikan Hisense Pureshot dan Pureshot+. Andromax R2 ibarat saudara kembar tidak identik dengan Pureshot. Selain tampilan fisiknya, ada dua perbedaan yang dapat ditemukan di ponsel itu.

Pertama, Pureshot bebas dipadukan dengan operator LTE apa pun, sedangkan Andromax R2 salah satu selot kartunya wajib dipasangkan dengan nomor Smartfren. Kedua, Pureshot tidak mendukung fitur USB On-the-Go (USB OTG), sedangkan Andromax R2 memiliki kemampuan USB OTG.

Saat ini Andromax R2 dijual dengan harga ritel Rp 1,699 juta. Kalau sehari-hari Anda menggunakan layanan Smartfren dan membutuhkan USB OTG, berarti Anda pantas membeli satu unit Andromax R2. Sebaliknya, bila USB OTG bukan menjadi kebutuhan mutlak, tambahkan anggaran Rp 300 ribu untuk meminang Hisense Pureshot.

***

Contoh foto yang dihasilkan Andromax R2.

Andromax R2-4

Andromax R2-5

Andromax R2-6

Andromax R2-7

Andromax R2-8

Andromax R2-9

Andromax R2-10

Andromax R2-11

Andromax R2-12

Mencoba lampu kilat di kamera belakang Andromax R2.

Pemotretan tanpa lampu kilat.

Andromax R2-13

Kini lampu kilat diaktifkan.

Andromax R2-14

Sekarang menjajal kamera depan.

Andromax R2-15

Berswafoto di lokasi remang-remang dan tanpa lampu kilat.

Andromax R2-16

Kalau lampu kilat diaktifkan, inilah hasilnya.

Andromax R2-17

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

Andromax R2-18

Andromax R2-19

Andromax R2-20

438 thoughts to “Review Smartfren Andromax R2: Dukung VoLTE, Senyaman Pureshot”

  1. “Saat ini Andromax R2 dijual dengan harga ritel Rp 1,699 juta. Kalau sehari-hari Anda menggunakan layanan Smartfren dan tidak membutuhkan USB OTG, berarti Anda pantas membeli satu unit Andromax R2. Sebaliknya, bila USB OTG menjadi kebutuhan mutlak, tambahkan anggaran Rp 300 ribu untuk meminang Hisense Pureshot.”

    Kayaknya kebalik deh pak. Pureshot kan ga mendukung otg sedangkan andromax r2 support otg hahaha. Btw sensor2nya lengkap banget untuk harga segitu. Ada gyro dan compass lagi. Performa gaming gimana nih pak?

    1. Pak Ginan,

      Waks… iya terbalik. Salah ketik. Kini sudah saya perbaiki. Terima kasih atas koreksinya, Pak.

      Saya sempat pakai untuk main game Asphalt 7: Heat dan Need For Speed Most Wanted sih lancar.

      1. Sip sip rencana mau ganti hp ini nih. Pureshot saya kasih adik, magna saya ganti max r2. Kesal sekali pak dengan lg magna, masa tidak bisa dipakai bermain coc? Padahal dari spek harusnya bisa. Teman saya yang punya oppo joy yang spek dibawah saya aja bisa -_-

          1. saya bisa kok di lg magna…lancar..emang gitu dari play store sejak ada update coc…tidak kompatibel di bilang..coba refresh play store dan play games..

      2. Kelupaan (lagi) -_- apakah R2 memikiki fitur gesture shortcut? Misalkan dalam keadaan layar mati tinggal gambar huruf c buat buka kamera dan sebagainya. Di E2 ada tuh pak

        1. Pak Ginan,

          Ada.
          * O untuk unlock
          * S untuk mengakses kamera.
          * ^ masuk ke phone dialer.
          * z masuk ke mode getar.
          * M memutar musik.
          * < atau > untuk memajumundurkan musik.
          * Ada pula V dan W yang bebas dipersonalisasi.

          Wah, Anda sudah pakai Andromax E2 ya? Baguskah?

          1. Siap pak. Lusa saya mau ke mall beli Andromax R2 🙂 setelah membaca review bapak saya jadi makin mantap untuk meminang R2. Gambar O untuk unlock? Bukannya sudah ada double tap to wake ya pak?

            Bukan saya pak tapi teman saya. Overall lumayan sih pak kinerjanya, yang bikin saya lumayan kaget itu kan ini processornya downgrade dari snapdragon 410 di Ec ke snapdragon 212 di E2. Namun di E2 performanya dalam opini saya malah lebih gegas dari Ec saya dulu yang seringkali lag

          2. Pak Ginan,

            Kalau O layar yang awalnya padam akan menyala sekaligus ter-unlock. Kalau double tap to wake, layar akan menyala, tetapi masih terkunci.

            Saya pribadi lebih memilih double tap to wakeup, lalu meng-unlock secara manual. Alasannya, total waktu yang dibutuhkan justru lebih singkat daripada menuliskan O.

            Oh ok.

  2. Menarik juga ya pak HP ini, harga dibawah 2jt sayangnya kapasitas baterai msh kurang mumpuni. Dibanding Lenovo A6000+ atau Alcatel one flash 2 Gmana pak…

    1. Pak Jaya,

      Kalau A6000 Plus saya tak tahu. Lha belum pernah coba.

      Kalau versus Flash 2, daya tahan baterai lebih unggul Flash 2. Lain-lainnya sih saya lebih suka Andromax R2.

    2. Sedikit membantu untuk A6000+. Mending Andromax E2 deh. Hp itu dirasa masih kurang gegas, kamera dibawah Redmi 2, sensor kurang lengkap dan usb otg juga tidak mendukung. Abang saya ex user A6000+ dan karena problem diatas tadi dia akhirnya jual dan ganti infinix note 2

  3. dear pak Herry,
    sepertinya ada statement yang berkebalikan :

    Kedua, Pureshot tidak mendukung fitur USB On-the-Go (USB OTG), sedangkan Andromax R2 memiliki kemampuan USB OTG……Kalau sehari-hari Anda menggunakan layanan Smartfren dan tidak membutuhkan USB OTG, berarti Anda pantas membeli satu unit Andromax R2. Sebaliknya, bila USB OTG menjadi kebutuhan mutlak, tambahkan anggaran Rp 300 ribu untuk meminang Hisense Pureshot.

    1. Pak Anton,

      Iya, tadi salah ketik. Kini sudah saya perbaiki. Gara-gara segera ingin makan siang nih. 🙂

      Terima kasih.

        1. Pak Leo,

          Pureshot kan tidak ada mode manual. Oh, maksudnya pilihan scene-nya ya. Ada otomatis, aneka effect (mono, sepia, solarize, dll), dan panorama. ISO, exposure, dan white balance bisa diatur manual.

  4. Pak HSW, alinea terakhir dan kedua terakhir bertolakbelakang informasinya. Jadi R2 tidak mendukung USB To Go?
    Terima kasih.

  5. Pak Herry,

    maaf sebelumnya, sepertinya ada beberapa kesalahan penulisan. seperti di bawah ini:

    1. Spesifikasi lain Andromax R2, prosesor delapan inti (octa core) Qualcomm Snapdragon 415 MSM8929 yang terdiri atas empat inti berkecepatan 1,36 MHz dan empat inti 1 GHz.

    2. Kedua, Pureshot tidak mendukung fitur USB On-the-Go (USB OTG), sedangkan Andromax R2 memiliki kemampuan USB OTG.
    Saat ini Andromax R2 dijual dengan harga ritel Rp 1,699 juta. Kalau sehari-hari Anda menggunakan layanan Smartfren dan tidak membutuhkan USB OTG, berarti Anda pantas membeli satu unit Andromax R2. Sebaliknya, bila USB OTG menjadi kebutuhan mutlak, tambahkan anggaran Rp 300 ribu untuk meminang Hisense Pureshot.

    mungkin bisa di-cek kembali ya pak Herry.

    OOT, dulu saya juga punya panci MORINO KUMASAN lho…

    Kalo menurut pak Herry, secara performa mending R2 atau Pureshot? terima kasih.

    1. Pak Erik,

      Terima kasih atas koreksinya. Kesalahan ketik sudah saya perbaikan.

      Panci Morino Kumasan itu yang ada di foto ya? Saya malahan tak tahu mereknya.

      Performa sebenarnya sama. Namun, karena saya suka mencoba layanan LTE aneka operator, saya condong ke Pureshot.

  6. Koh, apakah gyroscope nya berjalan dengan baik? Bagaimana jika dibandingkan dengan gyro gawai premium. Apakah pengalaman VR bisa sama? (diluar ketajaman layar)

  7. Koh Herry, Ini ada kalimat yg kontradiktip, saling bertentangan. Berikut kutipannya :
    Kedua, Pureshot tidak mendukung fitur USB On-the-Go (USB OTG), sedangkan Andromax R2 memiliki kemampuan USB OTG. Di alinea lain berbunyi sbb:
    Kalau sehari-hari Anda menggunakan layanan Smartfren dan tidak membutuhkan USB OTG, berarti Anda pantas membeli satu unit Andromax R2. Sebaliknya, bila USB OTG menjadi kebutuhan mutlak, tambahkan anggaran Rp 300 ribu untuk meminang Hisense Pureshot.

    1. Pak Hengky Fanggian,

      Tadi saya memang sempat salah ketik, tetapi sudah saya perbaiki. Saat Bapak baca apakah masih terbalik?

  8. Waaah udah rilis aja nih R2. Punyaku masih Andromax R nih 🙁

    Kayanya bagus ya koh? Kameranya 13mp lagi. Andromax R ku kok cepat panas dan suka lag ya pak? Padahal cm install app socmed aj. Terus case Andromax R2 udah dijual belum pak? Mksih ya.

    1. Pak Triana,

      Iya, Andromax R2 bagus.

      Saya tak pernah menguji pakai Andromax R. Beberapa teman yang memakai ponsel itu memiliki keluhan sama dengan Anda.

      Sampai saat ini saya belum menemukan penjual case Andromax R2.

      1. Di Andromax R2 ga bakal gampang lemot kayak R kan koh? Iya nih aneh. Padahal sisa memori masih 3 giga lebih 🙁 pengen ganti R2 jadinya

        1. Pak Triana,

          Saya tak pernah mencoba Andromax R. Jadi, tak tahu seberapa lemot.

          Andromax R2 sih, menurut saya, tidak lemot.

          1. Lah saya cewe lho koh masa dipanggil pak 🙁

            Coba deh pinjem bentar max r temennya kokoh buat ngerasain segimana lag nya. Kalo di saya serasa balik lagi ke hp galaxy mini yang single core padahal max r ini udah quad core koh

          2. Ups… maaf Bu Triana.

            Teman saya sudah berpisah dengan Andromax R semua karena nggak tahan nih. Jadi, nggak bisa pinjam lagi.

  9. Sore Ko Herry… Mau menambahkan, barangkali ada satu perbedaan lagi yang terlewat… Setahu saya, Andromax R2 itu masih menggunakan 2D Glass saja, sedangkan Hisense Pureshot+ sudah menggunakan 2.5D Glass… Jadi berasa lebih natural kalo swipe dari ujung kiri atau kanan ke tengah layar…

    1. Pak Bernardus Leonardo,

      Ya, lengkungan kacanya berbeda. Namun, dalam pemakaian sehari-hari, hal itu relatif tidak terasa kok. Kecuali, pengguna menyapukan jari benar-benar dari tepi ke tepi.

  10. Pak herry HSW
    apakah benar hasil kameranya sama persis dengan pureshot pak? Selain itu, apakah andromax r2 juga punya design layar 2,5 D,?

    1. Pak Qashmal,

      Saya tidak berani menyatakan 100% sama persis karena tidak melakukan pemotretan dengan objek yang sama dan dengan kondisi yang sama memakai Pureshot maupun Andromax R2. Namun, dari foto-foto yang dihasilkan, kualitas hasil jepretan Andromax R2 sangat pantas dibilang sama dan setara dengan Pureshot.

      Andromax R2 layarnya 2D, bukan 2,5D. Hal itu tidak terasa, kecuali Anda sengaja menyapukan jari benar-benar mulai dari tepi layar.

  11. Pak Hery

    Andromax R2 ini menggunakan produk Hisense atau Haier ya

    Sebenarnya saya juga kepengin tahu ulasan Pak Hery mengenai android tiongkok lain, seperti Advan yg berani menjadi official partner Barcelona FC

    Mengingat Pak Hery sekarang lebih cenderung mengulas merk merk global (jepang & korea)

    🙂

    1. Pak Joko,

      Andromax R2 itu buatan Hisense. Sudah saya sebutkan di naskah lho. 🙂

      Advan itu bukan ponsel Android Tiongkok, melainkan merek lokal. Buat saya sih, daripada membeli Advan, ya mending beli merek Tiongkok dan merek global yang kualitasnya telah teruji.

  12. pak herry.,bpk prnh belanja HP di mataharimall[dot]com.?

    situs online mn saja yg prnah bapak belanja (yg review bagus).?

    mksi pak

    1. Pak Deko,

      Saya belum pernah belanja di Mataharimall karena saat saya perhatikan harga yang ditawarkan tidak menarik.

      Hmmm… Erafone.com, Blibli.com, dan Wellcommshop.com.

  13. Pak Herry, katanya cuma akan me-review salah satu diantara LG G5 dan Samsung Galaxy S7 (atau yg versi lengkung). Kalau gk ikutan preorder flagship-nya Samsung berarti bakal review yg LG G5 ya pak? Selain ponsel ter-ponselmu (tahun 2015) ponselnya LG kelas atas juga semakin menarik lho pak. LG and friendsssssss (s-nya tujuh utk nyindir Samsung)

    1. Pak Adit,

      Kuncinya sederhana:
      * Kalau kamera harus bagus, silakan ambil Andromax R2.
      * Kalau kamera boleh tidak terlalu bagus, pilihlah Infinix Note 2.

  14. bung HSW

    sekedar usulan saja
    apabila mengirim comment lebih dari satu dengan nama atau orang yang sama lebih baik di’abaikan’ saja atau di blokir bila perlu
    karena cuma bikin panjang laman saja
    bung HSW tentu lelah menanggapi-nya
    contoh-nya ginan & triana macam orang kepo plus rEsE kayaknya
    trima kasih

    1. Pak Yoobee,

      Terima kasih atas usulannya.

      Komentar yang dobel kadang memang saya abaikan. Namun, kadang sengaja saya loloskan dengan diberikan catatan. Tujuannya untuk sekaligus mengingatkan pembaca lain.

  15. saya pake andromax Es (duitnya cuman cukup buat beli itu :mrgreen:) asik juga ya… yang paling suka gpsnya cepet ngelock dan ada promo trueunlimited sebulan cuman 75 rebu… :mrgreen:

  16. Bung herry, untuk soal GPS bagaimana kinerja Andromax R2 ini? Apakah lock GPS cepat? Saya berminat untuk mengganti Smartfren Andromax i saya yang sudah lemot dan agak susah lock GPS ke Andromax R2

  17. Pagi pak Herry. Setelah lama jadi silent reader akhirnya saya komen untuk pertama kali disini.

    Mau tanya pak, untuk urusan gaming seperti coc, kritika, get rich dsb apakah andromax r2 ngangkat pak? Dan apa app bisa dipindahkan ke external? Bagaimana dengan indikator baterai, apa bisa disematkan di notification bar?

    Oiya satu lagi pak. Saya lagi banding bandingin R2 sama Huawei P8 Lite. Bapak udah pernah megang P8 Lite belum? Kalau sudah, gimana kesannya?

    1. Pak Ferry,

      Saya bukan gamer. Jadi, kalau Anda tanya soal CoC dll, terus terang nggak pernah coba. Judul game Kritika saja saya malahan baru dengar.

      Waktu menguji pakai Andromax R2, saya hanya sempat mencoba memainkan Asphalt 7: Heat dan NFS Most Wanted. Keduanya dapat dijalankan dengan baik.

      Indikator persentase baterai bisa ditampilkan di sudut kanan atas layar.

      Karena saya belum pernah mencoba P8 Lite, saya tak bisa membandingkannya dengan Andromax R2.

  18. Oya lupa. Untuk tes usb on the go nya, bisa tidak andromax R2 dihubungkan dengan hardisk eksternal 1TB? Kalau bisa, asyik tuh buat nonton film

  19. Mas Herry, kalau saya boleh kasih saran, coba untuk review” selanjutnya dikasih screenshot battery lifetime dan juga screen on time nya 🙂 soalnya sekarang ini orang suka rewel nanyain “hp ini screen on time nya berapa jam?” gitu, (termasuk saya) hehe. Oh ya, untuk penggunaan mas Herry sendiri untuk Andromax R2, screen on time bisa nembus berapa jam nih dari jangka waktu 12 jamnya mas? Makasih

    1. Bu Selly Agusriani,

      Terima kasih atas sarannya. Saya sengaja tidak mau memberikan screen capture dua poin tersebut karena sifatnya sangat relatif. Katakanlah saya sering memakai ponsel untuk tethering. Screen on time-nya pasti rendah banget dong. Lain waktu, ponsel cuma saya pakai untuk melihat foto tanpa terkoneksi ke internet. Screen on time bakal tinggi sekali.

      Intinya, untuk pemakaian ponsel ala saya, dalam sehari saya biasanya menyalakan layar ponsel selama sekitar tiga jam. Kadang kurang sedikit, kadang lebih sedikit.

  20. Koh Herry.
    Mau tanya soal paket connex evo.
    Jika diisi pulsa 60rb makan akan langsung jadi quota 2gb dan internet malam 12gb
    Dan jika diisi pulsa 100rb makan akan langsung jadi quota 5gb dan internet malam 12gb.
    Yang ingin saya tanyakan jika saya ingin
    Membeli pulsa via atm/banking pilihan yang tersedia Ada 50rb,75rb,100rb
    Saya ingin membeli yang 60rb saja koh.
    Tapi tidak ada pilihan 60rb di atm/i-banking.
    Jika saya membeli 75rb apakah akan
    Masuk paket connex 60rb?
    Mengingat 100rb agak kemahalan untuk saya om.
    Terimakasih.

    1. Pak Yatss,

      Saya tidak berani memastikannya. Kemungkinan dari Rp 75 ribu itu, Rp 60 ribu di antaranya akan dikonversi menjadi Connex Evo Rp 60 ribu (2 + 12 GB). Yang masih misterius, Rp 15 ribu sisanya akan dianggap sebagai Rp 5 ribu + Rp 10 ribu atau pecahan lain.

      Apakah Anda memiliki kartu kredit? Kalau ada, silakan membeli pulsa via https://my.smartfren.com/ dan memilih top up menggunakan kartu kredit. Di sana ada pilihan pulsa Rp 60 ribu.

      1. Pak Joko,

        Nomor Smartfren Pak Yatss saat ini dalam posisi Connex Evo. Jadi, mau diisi pulsa berapa rupiah pun, pulsa itu akan langsung dikonversi otomatis menjadi kuota internet.

  21. entah mengapa sekarang saya udah antipati sama produk smartfren andromax.
    hape smartfren udah ada 3 biji mulai dari keluaran pertama dulu sampe tab keluaran smartfren, semuanya sering mati mendadak. rata rata pemakian 7-8 bulan. alhasil sampe sekarang tu hape plus tab semuanya ada di lemari pajangan.
    sayang seribu sayang, padahal jaringan lumayan di daerah saya.

    apakah andromax R2 ini sama kayak pendahulunya atau udah diperbaiki kualitasnya Pak Herry.

    kemaren pureshot keluar lumayan jadi incaran karena bisa memadupadankan semua operator.
    tapi masih nunggu smartphone yang kira kira pas di kantonglah.

    1. Pak Agung,

      Kebetulan saya tidak pernah memakai satu unit ponsel Andromax selama lebih dari setengah tahun. Jadi, saya belum mengetahui seandainya pemakaian saya teruskan, saya akan bernasib sama seperti Anda atau tidak.

      Menurut saya, Andromax R2 ini bagus sih. Ponsel itu ibarat Hisense Pureshot yang di-lock untuk Smartfren.

      1. bukankah pemakaian 7-8 bulan masih bisa diurus karena ada garansi 1 tahun
        memang agak memakan waktu karena harus datang langsung ke galery dan antrean cukup panjang
        🙂

        1. Pak Joko,

          Kalau membaca cerita awal Pak Agung, setelah dipakai 7-8 bulan dan rusak, ponsel itu cuma dibiarkan tergeletak sampai melebihi satu tahun. Akibatnya, kini tak bisa klaim garansi lagi.

          Andaikata dulu langsung diklaimkan, Anda benar. Mestinya segera digaransikan.

  22. di situs smartfren jaringan andromax r2 suport wcdma 2100. berati untuk gsm bisa sampai 3g.. apakah memang bener bgt.. mohon infonya.

  23. Saya baru aja membeli hisense pureshot. Saya saya mau tanya apa kah hp pureshot ini mendukung volte pak? Nyaman bgt hp ini berkat review bapak saya gak salah beli pak

  24. maaf kalau hp ini support wcdma 2100 gak(3g gsm ) soalnya ditulis CDMA 1x EVDO Rev A 850 MHz, GSM 900/1800/1900, WCDMA 2100, LTE TDD B40 FDD B5/B26 di wwebsite smartfren??

    1. Pak Zaki,

      Konfirm tidak. Nomor GSM yang terpasang hanya bisa masuk ke jaringan 2G.

      Bisa jadi secara hardware sebenarnya mendukung 3G. Namun, karena dilabeli Andromax dan Smartfren tentu ingin konsumen memakai layanan datanya, maka kemampuan 3G GSM-nya sengaja dinonaktifkan.

  25. Maaf oot koh, klo xiaomi note 2 itu masuk resmi ga sih koh..
    Klo dibanding dg r2 ini gimana koh performa & kamera nya. Saya ditawari masih segelan mi note 2 Rp.1.760.000

    1. Pak Lekpujo,

      Tidak ada ponsel bernama Xiaomi Note 2 atau Mi Note 2. Apakah yang Anda maksud Xiaomi Redmi Note 2? Kalau benar, ponsel itu belum beredar resmi di sini. Saya juga belum pernah mencobanya. Jadi, saya tak mengetahui bagus tidaknya.

  26. Lte nya kategori brp koh, klo jd beli rencana mau diunlock soalnya untuk smartfren tempat saya g ada sinyal sama sekali

      1. Bisa di unlock koh,smua kartu bisa masuk 😀 , udah pake marsmallow malahan…kamera jadi lebih bagus, lebih smootht , volte lebih baik lagi, kalibrasi batre,batre jadi awet banget 2 hari baru ngecharge,dipakai anak buat ngegame..

        1. pak lekpujo bagi jamunya… alamat toko obatnya juga boleh… sempat coba2 barang display, tertarik sama volte, sepintas tes kamera pilihan manualnya juga lebih banyak dari pureshot, good looking cuma minus di tmbol volume sama dilock

  27. Wah, kayaknya layak pinang ya koh untuk menggantikan infinix hot 2 saya, salah satu hal yg bkn ga bs move on dr infinix ya baterainya, tp kalau dilihat dr kapasitasnya si Andromax R2 kayaknya sih diatas dikit ya

    1. Bu Diana,

      Namun ingat, Hot 2 masih 3G sedangkan Andromax R2 sudah LTE lho. Konsumsi baterai di jaringan LTE untuk saat ini lebih boros.

  28. pak herry,
    sy mw tanya apakah andromax R2 bisa dipakai menelpon sekaligus download pd saat bersamaan ga? misal kartu smart sedang dipakai download trus ada telpon masuk di kartu gsm kemudian telpon itu diterima (on call), apakah proses downloadnya terpending atau bisa terus berjalan pak herry. mohon dicoba kalo blm. makasih

    1. Pak Joko Prasetio,

      Kalau sedang download, lalu ada telepon masuk ke nomor GSM dan Anda menerimanya, maka proses unduh akan terhenti sementara.

  29. Dear Pak Herry

    Saya ada baca comment bapak tentang gesture ini di R2:
    Ada.
    * O untuk unlock
    * S untuk mengakses kamera.
    * ^ masuk ke phone dialer.
    * z masuk ke mode getar.
    * M memutar musik.
    * untuk memajumundurkan musik.
    * Ada pula V dan W yang bebas dipersonalisasi.

    Apakah ini juga berlaku sama di pureshot? dan Pureshot apakah juga ada double tap to wake? Karena kebiasaan juga pake fitur tersebut, kesulitan kalau ga ada

    Terima Kasih

    1. Pak Charles,

      Yang gesture O, S, dst saya tak ingat tersedia di Pureshot atau tidak.

      Kalau double tap to wake konfirm ada.

  30. ===quote===
    Pak Ginan,

    Kalau O layar yang awalnya padam akan menyala sekaligus ter-unlock. Kalau double tap to wake, layar akan menyala, tetapi masih terkunci.
    ===end====

    Punya saya pureshot+, saya pakai pattern lock, kalau pakai gesture O tetap nggak ter-unlock, masih masuk ke pattern locknya.

    1. Pak JeeYoung,

      Oh, berarti di Pureshot+ (mestinya juga Pureshot) konfirm ada gesture O dan aneka huruf lainnya ya. Thanks infonya. Berarti, ini dapat menjawab pertanyaan lain dari pembaca blog ini.

      Ya, kalau pakai selain swipe, pasti perlu satu langkah tambahan.

  31. maaf OOT,

    Infinix Zero 3 VS Xiao Mi Redmi Note 3 Pro, Secara Spesifikasi Om herry pilih mana? dan alasannya

    mohon masukannya, thanks

    1. Pak Hendra,

      Kebiasaan saya tidak memberikan pilihan berdasarkan spesifikasi di atas kertas, melainkan berdasarkan pengalaman nyata memakainya. Karena belum pernah memakai dua ponsel itu, otomatis saya belum bisa menentukan mana yang lebih oke.

    1. Pak M Syawal,

      Nomor GSM-nya tidak bisa 3G. Wajar sih. Namanya saja ponsel Smartfren Andromax, kemampuan GSM-nya pasti dibatasi.

  32. Emang ga bisa di ganti jaringannya sim 2 dengan 3G, masa sim dua cuma bisa pakai jaringan edge, di balas dong

    1. Pak M Syawal,

      Lain kali harap sabar ya. Saya bukan layanan hotline 24 jam. Pertanyaan Anda akan saya jawab kok.

  33. Salam Pa Hery,

    Mo tanya perihal double tuk utk screen off.. Saya cari settingan nya gak ketemu. Ada dimana yah setting nya.

    Saya coba double tuk nya di R2 say blom bisa.

    Thx

    1. Pak Yan,

      Silakan masuk ke settings, buttons, home button, double tap action, lalu pilih turn screen off.

      Nah, kini untuk memadamkan layar, Anda tinggal mengetuk/menyentuh home button sebanyak dua kali. Tuk… tuk….

  34. Pak Hery
    Mohon nanya, di promo Smartfren R2 ini, di bilang : 4G Phone Dual On
    maksud nya apa ya, Apakah ke dua nomor di HP bisa keduanya internetan dan 4G.
    Makasih sebelumnya.

    1. Pak Bambang,

      Maksudnya dua nomor, satu Smartfren dan satu GSM, bisa siaga bersamaan. Kalau berinternet via Smartfren, jaringannya bisa sampai 4G LTE. Sedangkan kalau pakai nomor GSM, cuma GPRS/EDGE.

  35. Salam Pak Herry…mau tanya apakah sudah pernah mencoba Smartphone Meizu M2? Dan Apakah R2 sebanding atau malah lebih baik dengan Smartphone Meizu M2 Pak Herry? Thanks 🙂

  36. Maaf pak herry, mau tanya kalo bezel ato pinggiran andromax r2 ini beneran logam ato hanya plastik beraksen metal ya seperti pureshot? Soalnya kalo di brosur sih ditulis ‘stylish design with premium metal frame’. Dan kalo bapak pernah dengar barangkali, bagaimana layanan purna jual terhadap ponsel yang satu ini?

    1. Pak Tyan,

      Logam.

      Karena di belakang Andromax R2 itu ada Hisense, saya sih lebih tenang daripada bila berurusan dengan pemasok lain Andromax. Misalnya, Haier.

  37. Terimakasih atas masukannya Pak Herry…cuman Andro R2 keluarnya setelah Saya beli M2 Pak…dan Sudah Saya baca reviewnya Pak…setelah memakai Meizu beberapa minggu sedikit Saya mau kasih inputan di thread Meizu M2 yaa Pak…thanks sekali lagi atas masukannya 🙂

  38. cuman sedikit tambahan,
    kemaren saya sudah beli andromax R2, setelah saya cek firmware ternyata ada update terbaru untuk meningkatkan kualitas camera, VOLTE,
    dan itu Berfungsi,
    setelah saya test untuk gaming seperti COC, tidak sampai 30 menit, LCD cepet Panas,
    dan waktu saya test USB OTG dan ternyata tidak berfungsi, sedangkan di hp lain bisa,
    pertanya saya, apa pak heri ada solusi untuk lcd nya tidak cepat panas pada saat main game,
    sama untuk USB OTG nya, kenapa tidak berfungsi, apakah ada settingan untuk aktifkan usb otg nya, terima kasih untuk sebelumnya.

    1. Pak Dayat,

      Saya tak pernah main COC. Setahu saya, dengan mengacu kepada pengalaman pengguna rutin COC, game itu dikenal rakus baterai dan bikin ponsel panas.

      Saya pernah memadukan Andromax R2 dengan dua flashdisk yang berbeda via OTG. Hasilnya, lancar jaya. Tidak ada pengaturan tertentu yang harus dilakukan dulu. Sudah sempat coba USB OTG lain?

      1. Pak Herry,

        Untuk Kabel OTG yg pak Herry gunakan merk apa ya pak?
        Soalnya saya tempo hari punya hp andromax r2 dan sempat beli kabel OTG dan hasilnya pun tidak bisa connect.

        1. Pak Awandri Alamin,

          Tak ada mereknya nih. Zaman dulu beli waktu harganya masih puluhan ribu rupiah (atau malahan tembus Rp 100 ribu ya). Lupa deh.

  39. Pak Herry, menurut bapak lebih baik membeli Zenfone 2 laser yg 4G LTE atau Andromax R2 ya pak? atau mungkin ada yg recomended lg pak (range <2,5jt)? mohon penjelasannya pak 🙂

  40. Pak Herry, jika diminta memilih, Bapak lebih cenderung andromax R2 atau pureshot? Alasannya apa? Suwun.

    1. Bu Anna,

      Saya memilih Pureshot. Kinerja umum sih sama. Namun, Pureshot kan bebas dipadukan dengan layanan 4G LTE aneka operator. Kalau Andromax R2 hanya bisa merasakan 4G LTE Smartfren.

    1. Pak Dharma Fajri Utama,

      Paket penjualan Andromax R2 termasuk kartu Smartfren. Jadi, kartu itu statusnya bukan bonus, melainkan memang termasuk dalam paket penjualan. Konsumen harus mendapatkannya.

  41. koh, apakah Hisense Pureshot bekas cukup worth untuk saya beli? apakah kualitas ponsel hisense itu cukup prima?

  42. koh, apakah Hisense Pureshot bekas cukup worth untuk saya yang butuh ponsel 4g dengan budget max di 1.5 jt? apakah kualitas ponsel hisense itu cukup prima? jika iya berapa harga bekasnya. (jujur saya tidak sreg dengan ponsel merk Xiaomi, juga saya tak ingin ambil resiko dengan ponsel Meizu yang berkutu)

    1. Pak Markus,

      Kalau Anda bisa dapat Pureshot bekas di harga Rp 1,5 juta sih silakan dibeli. Murah banget. Harga pasaran bekasnya saat ini Rp 1,7 juta. Ya, cukup prima dan layak beli.

  43. Siang koh, saya juga pakai andromax R2, belum ada satu bulan, sjauh ini puas sih cuma kalo saya aktifin kamera, handphonenya jadi panas gitu koh, itu kenapa ya? Apa emang begitu koh? Atau saya harus ke SC?

    1. Bu Suci,

      Lho kok aneh. Seharusnya tidak begitu. Apakah kamera Anda biarkan aktif dalam jangka waktu lama?

      1. Nggak kok koh, bener bener cuma aktifin kamera buat foto kalo ada moment, Terus langsung panas gitu koh. Duh gimana ya koh baiknya?

        1. Bu Suci,

          Wah asli aneh deh. Kalau mau, coba lakukan factory reset dulu. Bila masalah serupa masih muncul, silakan mampir ke Galeri Smartfren deh.

          1. Bu Suci,

            Ponsel biasanya memiliki mekanisme perlindungan tersendiri. Misalnya, bila suhu terlalu panas, maka kamera akan otomatis berhenti bekerja, bahkan ponsel padam. Namun, kalau dibiarkan saja kan ya mengganggu.

  44. siang pak herry

    saya mau tanya untuk casing andromax r2 bisa saya dapat dimana ya pak?
    Susah sekali nyarinya

    1. Pak Sandi,

      Ini maksudnya casing pengganti casing asli atau case tambahan (jelly case, hard case, dsb)?

      Kalau casing pengganti casing asli, silakan coba menanyakan ke pusat perbaikan resmi Hisense.

      Kalau jelly case, silicon case, atau hard case, sampai saat ini saya belum pernah menemukannya. Bila terpaksa, silakan beli jelly case Hisense Pureshot, lalu potonglah bagian bawahnya. Jadi, sisi atas, kiri-kanan, dan belakang Andromax R2 terlindung. Namun, sisi bawah terbuka.

  45. Tanpa melihat kemampuan multi kartu yg dimiliki Pureshot, karena saya suka 4g Smartfren.
    Lebih baik ambil yg mana pak?

    1. Pak Herdy,

      Kalau rutin memakai 4G LTE Smartfren, berarti silakan ambil Andromax R2. Lumayan, berhemat Rp 300 ribu.

  46. R2 ini tidak mendukung touch focus ya di perekam videonya? ketika merekam video & layarnya disentuh, bukannya focus malah ambil gambar….sayang banget padahal videonya bisa full hd & bisa merekam sampai 120fps…

    1. Pak Kamura,

      Soal touch focus, saya tidak memperhatikan. Saya cuma menggerakkan kamera selama proses perekaman video berlangsung. Kamera otomatis melakukan pemfokusan.

      120 FPS? Bagaimana caranya? Hasil rekaman video saya hanya 30 FPS.

      1. ada di penganturan video…tapi kalau resolusi full hd gak bisa…saya coba resolusi vga baru bisa… selain itu ada pilihan buat slow motion jg… sayangnya gak bisa touch focus (manual focus) videonya…

        1. Pak Kamura,

          Oh ok. Mungkin memang sengaja dibuat begitu. Sebab, kalau full HD dengan 120 FPS, ukuran filenya akan sangat besar.

  47. Mengapa ya kok speaker andromax R2 hanya berfungsi sebelah, cuma speaker sebelah kiri aja ? Trus speaker kanannya untuk apa? Bisa tolong bantu jawab

    1. Klo saya tes.lubang speaker sebelah kanan itu sebenernya lubang mic ya pak Hery.coba deh pas rekam suara kalau bicara dekatkan yang kiri lalu ganti yg kanan nanti hasilnya akan berbeda.

      1. Pak Pras,

        Mohon maaf atas keterlambatan respons karena saya baru pulang dari luar kota.

        Oh ya? Hmm… nggak bisa ngetes karena sudah berpisah dengan Andromax R2.

  48. pak mau tnya. knp kok andromax r2 saya tidak bsa mnerima pnggilan msuk ataupun untuk menelpon operator.
    saat ada pnggilan masuk saat saya angkat dia lngsung mati sndri. trus sya cba tlpn operator tetepi tidak bsa

    1. Pak Adi,

      Hal itu terjadi di nomor Smartfren atau GSM? Kalau nomor Smartfren, coba cek pengaturan jaringannya. Jangan dikunci di jaringan LTE.

    1. Pak Guntur,

      Kalau boleh mengusulkan ponsel lain, silakan membeli Hisense Pureshot yang memadukan kelebihan Andromax R2 dan Redmi 2 Prime. Namun, bila tetap harus memilih salah satu, saya lebih condong ke Redmi 2 Prime dengan alasan bisa lebih bebas memilih operator 4G LTE.

    1. Pak Hidan,

      Hingga saya berpisah dengan ponsel itu, belum tersedia update ke Marshmallow. Kondisi terkini saya kurang tahu.

  49. saya mau tanya
    apakah hp ini sudah ada di mall pgc (pusat grosir cililitan), lebih baik beli lewat via online atau ke toko , kalau baterry r2 kan non removable kalau rusak servis hp yg ada di counter – counter apakah bisa ?
    #ty

    1. Pak Adi,

      Mestinya sudah ada. Cari saja toko yang terlihat menjual produk Smartfren.

      Penggantian baterai seharusnya dapat dilakukan di pusat perbaikan resmi. Saya tak tahu gerai-gerai biasa memiliki suku cadang yang cocok atau tidak.

  50. ok koh herry tmksh . koh herry waktu beli hp andromax r2 lewat aplikasi jual beli buka lapak,lazada,
    sekarang koh herry masih menggunakan andromax r2 ?

  51. Mau tanya nie,, apa speaker R2 yg aktif sebelah kiri aja ?? Kan padalah ada 2 speaker yaitu kanan dan kiri,, mohon penjelasanya..

    1. Pak/Bu Pipi,

      Ya, yang bunyi memang satu sisi saja. Satu sisi lainnya tetap diberi lubang supaya simetris.

  52. Pak heri
    Saya mau nanya memori sistem saya kok bisa sampe 0,89gb ram. Cara nguranginnya gimana ya ?
    Saya dari dulu gak bisa nguranginnya

    1. Pak Evan,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di ujung kanan blog, pada 21-24 Maret 2016 saya berada di luar kota dan tak sempat menjawab pertanyaan/komentar masuk.

      Lha namanya saja ponsel dipakai. Wajar deh pemakaian seperti itu. Kalau nggak mau berkurang, ya ponsel dimatikan saja. 🙂

  53. Pak, saya telah menggunakan ponsel andromax R2 sekitar 2 mingguan, pada saat saya menyalakan wifi untuk mendownload, setelah 2 jam, tiba2 sisi bagian belakang menggelembung, saya panik, dan setelah 2 hari ini saya mengrangi pemakaian Hp, tapi tetap saja sisi bagian belakang menggelembung, apa yg harus saya lakukan pak? terimakasih sebelumnya

    1. Pak/Bu Pinasti,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di ujung kanan blog, pada 21-24 Maret 2016 saya berada di luar kota dan tak sempat menjawab pertanyaan/komentar masuk.

      Dugaan saya, baterai ponsel Anda menggembung lalu mendorong permukaan belakang ponsel. Coba diperiksakan ke Galeri Smartfren atau pusat perbaikan resmi Hisense deh.

    1. Pak Mujahidin,

      Andromax R2 hanya bisa dipakai untuk menikmati layanan LTE Smartfren. Kalau Zenfone 2 Laser dapat digunakan untuk mencicipi LTE Telkomsel, Indosat, dan XL.

  54. Pak, sy sdh beli tpi yg ze 550kg krn yg500kl habis…mskipun blum 4g tpi sudah bisa gyro dan kapasitas baterainya cukup besar.

  55. Tambah lagi
    Daerah sy blum support 4g jdi tdk masalah
    “Sry commentnya di sini krn di review zen 2 laser comentnya sdh bnyk skali

  56. izin bertanya pak herry,,
    kalau uninstall bloatwarenya cuman tinggal drag aja atau bagaimana?
    terus kalau sudah di uninstall pengen di install ulang gimana caranya?

    apakah bloatware di uninstall ga ngaruh pada sistem atau apa gitu?

    Terima Kasih.

    1. Pak Toni,

      Yang di Andromax R2 ya? Mayoritas tinggal di-drag lalu dihapus. Ada dua aplikasi (saya lupa apa judulnya) yang tidak bisa dihapus. Solusinya, di-disable-kan saja.

      Mau install lagi? Ya tinggal unduh ulang. Namun, kalau semua aplikasi yang sudah dihapus itu mau diinstalasikan ulang, menurut saya, ada cara yang lebih praktis. Lakukan factory reset saja deh. Semua aplikasi akan kembali lagi. Langkah itu lebih praktis dan cepat daripada harus mengunduh ulang 20-an judul aplikasi.

      Nggak pengaruh kok. Baik-baik saja.

  57. Selamat Siang Pak,

    Minta tolong di infokan Perbedaan Andromax R2 dan hisense pureshot, dari berbagai sisi, melihat diatas kertas spek.nya sama. Tapi berbeda harga, dan menurut Pak Herry lebih pilih mana? Terima kasih

    1. Pak Lukman,

      1. Beda di tampilan fisik. Andromax R2 terlihat lebih keren.

      2. Beda di jenis dan kapasitas baterai. Andromax R2 memakai baterai tanam 2.320 mAh, sedangkan Pureshot baterai removable 2.200 mAh.

      3. Beda di kompatibilitas LTE. Andromax R2 hanya bisa dipadukan dengan 4G LTE Smartfren, sedangkan Pureshot siap dipasangkan dengan LTE Smartfren, Telkomsel, XL, Indosat, dan Tri.

      Saya sih lebih memilih Pureshot. Alasannya, lebih leluasa mencoba layanan 4G LTE aneka operator.

  58. Mohon bantuannya saya mau bertanya gimana mengaktifkan lampu led pada r2 dan knp saat video call pake line selalu ada peringatan gagal katanya micropon tdk aktif.. mohon bantuannya terima kasih…

    1. Pak Fajar Hardiman,

      Seingat saya tak ada pengaturan LED di Andromax R2 deh. CMIIW.

      Maaf, soal video call via Line, saya tak tahu. Kebetulan saya tidak menggunakan aplikasi itu.

  59. Pak, bisa mohon info shortcut button di R2 nggak? contohnya buat reboot, screen capt, dll..

    Thanks. .

    1. Pak Mimotz,

      Reboot ya tinggal tekan tombol power, kemudian pilih restart.

      Screen capture: tekan + tahan tombol power dan volume ke bawah secara bersamaan.

  60. terima kasih untuk info screen captnya pak,

    nah itu untuk fungsi normalnya pak, jika sedang stuck bagaimana pak? ada tipsnya gak pak? secara yang kita tahu r2 batrenya sudah tertanam di dalamnya, jadi tidak bisa lepas batre dan pasang lagi.. thx

  61. Pa Herry, saya baru pakai andr r2 udah saya cek berulang2 untuk speknya bikin ngilerr akhirnya baru kebeli, hhe
    Tapi pas dipegang belakang hp nya berasa ada yg menonjol sedikit pas di bagian bawah belakang apa itu memang model blakangnya bgitu atau sebernya tidak ada bagian blakang yg menonjol.
    Ditunggu jawabannya, trimakasih hhe -dian

    1. Pak/Bu Dian,

      Saat memakai Andromax R2, saya tidak pernah spesifik meraba-raba bagian belakangnya. Perasaan tak ada yang aneh selama menggunakan ponsel itu deh.

  62. Pa Herry Maaf OOT minta rekomen merk/tipe Modem WIFI 4G gsm semua operator (tdk dibundling) yg bagus murah sktr 600rb/kurang kalo ada. terimakasih

    1. Pak Sonny,

      Silakan mencari Huawei E8278. Modem itu sudah sulit ditemukan, tetapi masih saja ada 1-2 penjual yang mempunyai stok. Harga sekitar Rp 675 ribu.

  63. salam ko herry…
    ko saya mau nnya, apakah kamera depan dan belakang andromax r2 jernih seperti hp 13mp & 5mp lainnya. jujur saya suka selfie, jadi apakah hasil selfie andromax r2 layak dikatakan bagus dan ngak malu maluin. mohon infonya ko herry, trims.

    1. Pak Fhariz Ismail,

      Silakan lihat contoh hasil jepretan kamera yang sudah saya unggah di atas deh. Tidak memalukan, bukan?

    1. Pak Fhariz Ismail,

      Silakah melihat contoh foto yang dihasilkan kamera depan di bagian atas halaman ini. Menurut saya, cukup tajam sih.

      1. Maaf ikut nimbrung pa Fhariz & Pa Herry, saya pemakai R2, IMO hasil kamera dpn termasuk bersih dan tajam bahkan waktu malam di indoor, tp buat selfie mania saya rasa R2 ini kurang cocok krn tdk ada fitur beautify-nya. Tapi kalo kita pengguna photoshop/sejenisnya saya kira ga masalah pake R2 ini krn hasil foto awal sudah cukup layak sebelum diedit lg.

        1. Pak Sonny,

          Selera tiap orang kadang berbeda. Saat berfoto memakai kamera depan, saya justru tak suka menggunakan fitur beautify. Sebab, hal itu membuat tampilan wajah saya tidak natural. 🙂

  64. Iya pa Herry, maksudnya.. Saat r2 dipegang bagian belakang menurut bpa terasa datar seperti bagian depannya atau terasa ada seperti menonjol sedikit ? -dian

    1. Pak/Bu Dian,

      Secara umum saya merasa datar, meskipun tidak selicin dan semulus bagian depan. Hal itu saya rasakan di tiga unit Andromax R2 yang berbeda.

  65. Pak heri mo mastiin nih

    masih bingung nih mau ngambil pureshot karna fitur jaringannya lengkap tapi masalah dgn otg.
    Utk pureshotnya supaya bisa otg menggunakan adapter otg?kira kira gimana

    1. Pak Meliyanto,

      Pureshot memang tidak mendukung USB OTG. Jadi, biarpun Anda membeli adapter OTG berharga jual (ekstremnya nih) Rp 1 juta pun, tetap takkan bisa dikenali oleh Pureshot.

  66. Dear Pak Herry

    Ada 2 lubang Speaker / Buzzer Phone di Andromax R

    setelah saya test dengan menutupnya masing masing, ternyata yang tersumbat suaranya hanya pada buzzer speaker sebelah kiri, sedangkan yang kanan tidak tersumbat.

    Pertanyaannya.
    1. )apakah hanya 1 speaker yang menyala saja dan kondisi speaker sebelahnya mati.
    atau
    2. )Speaker memang hanya 1 dan lubang yang lainnya cuman Dummy Buzzer / Speaker Hole

    1. Pak Gega Gusti,

      Saya tak pernah menguji pakai Andromax R. Di sebagian ponsel, biarpun lubang speaker ada di kiri dan kanan, bukan mustahil yang berbunyi hanya salah satu. Satu sisi lainnya tetap dilubangi supaya terlihat simetris. Hal itu pernah saya temukan di, misalnya, Andromax R2 dan Lenovo P70.

    2. Di Andromax R2 saya juga sama, jika posisi R2 menghadap kita maka lubang speaker di sebelah kiri saja yang bersuara. Sepertinya memang sebelah kanan cuma sengaja dilubangi agar simetris.

  67. Dear Pak Herry

    Maksud saya R2. maaf typo
    ohh ternyata R2 juga Dummy Hole saja yaa, saya kira memang rusak. hehe
    untung belom sempet complain ke CS nya hahaha

  68. Pak heri

    pureshot plus sudah di genggaman saya nih.cuma saya bingung utk ngeshoot,klo mau bikin blur pada backgroundnya itu gmana settingnya?

    1. Pak Meliyanto,

      Tak ada cara khusus. Tipnya sederhana:
      * Jarak antara ponsel dan objek yang difoto sedekat mungkin, sedangkan
      * jarak antara ponsel dengan latar belakang pemotretan sejauh mungkin. Makin berwarna-warni makin baik.

  69. Pak mau nanya
    .knp kamera depan kok gak bisa di pake di aplikasi line ya?? Bisa bantu gak setting hp ug di gunakan smartfren r2,,soalnya temen pada pake aplikasi line..mohon di bantu atas problem hp nya

    1. Pak Eprialdina,

      Cek saja kondisi sinyal gimana. Kalau tidak stabil bikin ponsel bekerja lebih keras.

      Cek pula aplikasi apa saja yang berjalan. Adakah aplikasi yang dikenal berat?

      Hal-hal di atas, selain perilaku pemakaian Anda, bisa mempengaruhi panas tidaknya suatu ponsel.

  70. Saya belum sebulan pake r2 tp kok tiba2 cepet panas gitu ya? Pdahal cuma fb aja yg dibuka itupun pakai yg lite. Apa sinyalny? Tp masih baik2 aja kok. Beberapa wktu lalu dipakai 2jam gak panas, ini baru dibuka satu app mulai panas dia. Kenapa ya?? Mohon solusiny

    1. Pak Novels,

      Dengan asumsi sinyal tak ada perubahan dibandingkan sebelumnya, adakah aplikasi tambahan yang belakangan ini rutin Anda gunakan?

    1. Pak Novels,

      Mestinya tidak berat. YouTube saja yang berpotensi memicu ponsel panas bila Anda menonton video streaming dalam jangka waktu lama.

    1. Pak Rivai,

      Yang mengeluarkan suara memang hanya satu sisi kok. Satu sisi lainnya tetap dilubangi supaya terlihat simetris.

  71. Maaf klo salah…! saya pake’ andromax R, sedangkan adik saya pake’ andromax R2, untuk sinyal 4Gnya kok mlh bagusan andromax R nya ya Pak…!

    1. Pak Teddy,

      Maaf, soal ini saya tak bisa berkomentar. Sebab, saya belum pernah mencoba Andromax R.

  72. Pak saya mau nanya. Kalo casing/pelindung iphone yg 4,7 inchi muat gak ya ke andromax r2?

    1. Bu Vira Ariani,

      Tak tahu. Belum pernah coba. Btw, bukankah di pasaran sudah tersedia jelly case yang memang didesain untuk Andromax R2?

  73. Salam pak, mantaps R2 ny, tpi yg pnya bapak R2 ny klo d goyang ada suara kya kecrekan gk? Tepatny d camerany kya yg longgar, jdi klo rekam video ada bunyi kcrek2 dan klo goyang dikit d tangan kya yg main kecrekan haha, dan tombol volume ny renggang gtu gk? Salam hormat dri pemakai R2 yg bru 3 hari.

    1. Pak Windy,

      Memang ada kayak suara kecrekan. Namun, suara itu seharusnya tidak muncul di hasil rekaman video. Saat merekam video ponsel kan tidak Anda goyang-goyangkan dengan keras.

      Soal tombol volume renggang, saya tidak mengalaminya.

    1. Pak Kukuh,

      Mestinya bisa. Bacalah buku panduan headset bluetooth yang Anda miliki. Cermati bagian yang menjelaskan tentang cara pairing.

  74. Permisi Pak
    Saya berencana membeli Andromax R2, sudah jadi target beberapa bulan ini. Membaca reviewnya, saya semakin yakin. Namun karena Andromax R2 rilis bulan Februari lalu dan sekarang sudah bulan Mei, kemungkinan sudah ada beberapa merek yang bersaing dengan rentang harga yang sama dengan Andromax R2.

    Jika penggunaan utama saya adalah kamera dan juga multitasking tanpa menghiraukan operator , kira-kira smartphone apa yang bersaing dengan Andromax R2 ini dengan kisaran harga yang sama 1,7jutaaan? Atau tetap R2 ini yang jadi saran untuk kisaran harga tersebut? Terima kasih

    1. Pak Fadly Indrawijaya,

      Di kisaran harga sama, pilihan terbaik masih Andromax R2. Kalau anggaran bisa ditambah Rp 100 ribu, silakan melirik Xiaomi Redmi 2 Prime.

  75. Saya telah membaca review Pak Herry tentang Xiaomi Redmi 2, ternyata kameranya masih 8MP, dan skor antutu masih lebih unggul R2 yah.

    1. Pak Fadly Indrawijaya,

      Ya, kameranya delapan megapiksel. Jangan terlalu peduli dengan skor Antutu. Ponsel dengan skor tinggi belum tentu nyaman dipakai. Demikian sebaliknya.

  76. pak saya pengguna r2, mau tanya.. kalo batre kan sudah tertanam, dan apakah misal batre menggelembung atau sudah cepat boros karena pmakaian yg menggebu (misal saat charger hp sambil buat internet dan game) apa batre bisa diperbaiki?? terimakasih sebelumnya..

    1. Bu Jeni Awira,

      Kalau diperbaiki tidak bisa. Yang bisa diganti dengan baterai baru di pusat perbaikan resmi Hisense.

  77. pagi pak, saya pengguna r2, mau tanya.. kalo batre kan sudah tertanam, dan apakah misal batre menggelembung atau sudah cepat boros karena pmakaian yg menggebu (misal saat charger hp sambil buat internet dan game) apa batre bisa diperbaiki?? terimakasih sebelumnya…hehehe

    1. Bu Jeni Awira,

      Pertanyaan yang sama lain kali harap dikirimkan satu kali saja. Kali ini masuk tiga kali lho. Sebagian sudah saya hapus.

  78. Pak, saya memiliki R2 masalah yg suka timbul adalah error masalah pada mikrofon. Dikala saya mau bervideo call ataupun melakukan pembicaraan telepon dengan loudspeaker. Letak permasalahan ada dimana ya pak? Mohon infonya terima kasih

    1. Pak Mardani,

      Error gimana ya? Suara Anda tak bisa didengar oleh lawan bicara? Kalau sering begitu, coba diperiksakan ke pusat perbaikan resmi Hisense atau Galeri Smartfren terdekat.

  79. Pak saya pengguna R2. Masalah yg suka timbul adalah masalah pada mikrofon. Error119 kalo tidak salah. Terjadi saat saya melakukan percakapan dengan loudspeaker dan Videocall. Bagaimana solusinya? Dan apa penyebabnya? Terima kasih pak

    1. Pak Mardani Ikhsan,

      Saya tak tahu “error119” itu bermakna apa. Langsung bawa ponsel Anda ke pusat perbaikan resmi Hisense atau Galeri Smartfren deh.

  80. Sy mau tanya gan usb otg itu maksudnya apa ? Bisa baca flasdisk atau bagaimana ? Mohon pencerahan ini ane mau beli r2 tapi gak ngerti usb otg

    1. Pak Andri,

      Maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Kita nantikan jawaban dari Pak Gan ya.

  81. Dear Pak Hery.
    Boleh minta bantuannya nih Pak, cara agar andromax r2 bisa untum m-bca caranya bagaimana ya pak hery! Apakah harus di JB dulu, soalnya saya coba referensi pencarian di google harus instal seting ex dan shortcut maker tapi tetap aja tidak bisa karena andromax r2 belum di jb, apakah pak hery punya solusi lain? Sebelumnya terima kasih untuk bantuannya!

    1. Pak Andi,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Saya dulu rutin memakai m-BCA di Andromax R2 dan lancar-lancar saja kok. Kalau yang Anda maksud ternyata aplikasi Android m-BCA, maaf, saya belum pernah mencobanya.

    1. Bu Peppy,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Kita nantikan jawaban dari Pak Gan.

  82. Selamat pagi pak Hery SW.

    Saya mohon bantuannya, untuk cara seting andromax r2 agar default sms nya ke no gsm (slot ke2 gsm), soalnya saya mau memakai aplikasi mbca, dimana saya sudah instal setting ex dan shortcut maker, masih aja belum bisa! Katanya harud di root/jb dulu baru bisa! Apakah aman kalau di root/jb untuk aktivitas mbca? Kalau saya sendiri tidak ingin meroot/jb. Apakah pak Hery punya solusi dan cara lain agar andromax r2 saya bisa melakukan aktivitas mbca?
    Soalnya saya sudah mentog cara-cara yang ada di google.

    1. Pak Andika,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Oh, ini ceritanya Anda mau mengaktifkan aplikasi Android BCA Mobile ya. Maaf, saya belum pernah memakai aplikasi itu. Jadi, tak tahu deh.

  83. permisi pak, saya inguin beli hp antara xiaomi redmi 2 prime dengan smartfren R2 dan xiaomi redmi 3. diantara ke 3 hp tersebut. lebih baik mana kinerja dan kameranya baik depan maupun belakang.. trima kasih ?

    1. Pak Aldio,

      Saya belum pernah mencoba Redmi 3 karena belum ada yang bergaransi resmi.

      Kalau Anda memang berencana menggunakan 4G LTE Smartfren, silakan beli Andromax R2 saja.

  84. Menjawab pertanyaan pak Andri, USB OTG itu salah satu layanan dimana handphone bisa langsung membaca USB seperti flashdisk sehingga pemindahan file bisa langsung colok flashdisk di hape (tapi tentunya menggunakan adaptor OTG). Semoga bisa membantu

  85. Permisi pak.. saya mau minta pendapat,saya bingung ingin beli hp xiaomi Redmi 3, smartfren R2 dan xiaomi redmi 2 prime. Mana menurut pak Herry yg bagus dari kamera depan dan belakang, kinerjanya dan spesifikasinya? Mohon pendapatnya pak.. terima kasih

    1. Pak Aldio,

      Silakan cek jawaban saya di tempat Anda pertama kali mengirimkan pertanyaan. Lain kali pertanyaan yang sama harap dikirimkan satu kali saja. Jangan dobel-dobel.

  86. pak mau tanya usb otg saya ko ga kebaca y pak? saya sudah beli adapter otg tiga berbeda2 merek.lalu cba flasdish berbeda2 wktu di colok ko ga bisa kebaca y pak? kenapa ini..apa perlu setting mengaktivkan usb otg nya?

    1. Pak/Bu Icg,

      Anda menggunakan Pureshot kan? Hmm… saya ikutan bingung kalau sudah mencoba tidak adapter USB OTG, tetapi masih gagal dibaca. Seharusnya tak perlu pengaturan khusus. Setelah Anda memasangkan USB OTG + flashdisk, coba masuk ke settings, lalu storage. Apakah keberadaan USB flashdisk tidak dikenali?

  87. dear pak HSW,

    saya bingung mau beli Max R2 / LG G Prolite / LG G2 Mini , saya butuh ponsel yg ram nya besar, tdk cepat panas dan mendukung OTG . namun tetap bisa menggunakan jaringan smartfren.

    ponsel LG yang saya inginkan apa bisa CDMA pak? karena setelah baca comment diatas banyak pengguna R2 yang komplain ttg batre gembung dan panas, saya jadi ragu beli R2

    ditunggu saran nya

    1. Mbak Nana,

      Mengacu kepada kriteria Anda, yang paling cocok ya Andromax R2 (bukan Max R2).

      LG G2 Mini tidak mendukung layanan CDMA.

  88. MIN saya mau nanya kok di brosur Andromax R2 ad gambar bisa Screen On Button ?? ap emng bner bisa klo bisa tolong kasih tau caranya dong

  89. Permisi pak, saya mau tanya lagi.

    Waktu itu jawaban bapak jika saya ingin mencoba 4g dari smartfren pilih smartfren saja, tapi jika dari kinerja dan kamera lebih baik mana antara smartfren R2 dengan xiaomi redmi 2 prime?

    Terima kasih

  90. R2 emang joss, tp syngnya btreinya kurang besar kpasitasnya. Oh ya pak, kira2 bs g klo btreinya d ganti, trus kira2 btrei apa yg cocok ya. Mksh.. colek pak herry.

    1. Pak Irfan,

      Maksudnya diganti kalau baterai bawaannya sudah rusak ya? Bisa. Tinggal mampir ke pusat perbaikan resmi Hisense.

  91. Pak hery saya mau tanya ,kok r2 saya paketin yg 60rb unlimited , lola abis yaa ,saya mau paketin yg 4g kok ga ada bisa tolong dijelaskan dan dikasih saran untuk paketnya 4g?
    Terimakasih pak

    1. Pak Ahmad,

      Ya wajar banget kalau paket unlimited terasa lola abis. Lha kecepatan aksesnya secara teori maksimal cuma 1 Mbps kok. Realitanya bisa di bawah itu. Setelah pemakaian Anda lebih dari 500 MB, kecepatan akses akan diturunkan lagi menjadi maksimal 64 kbps.

      Untuk membeli paket 4G, langkah termudah adalah menginstalasikan aplikasi My Smartfren ke Andromax R2, lalu belilah lewat aplikasi itu. Masuklah ke menu Beli Paket. Sebaiknya beli paket yang apa? Saya merekomendasikan paket My Smartplan.

  92. apa benar nyala speker saat mendengarkan musik itu cuma 1 .? kan ini ada lobang speker 2 kok yg nyala 1 apa emang desainya gitu .

  93. Pak Herry, fitur VoLTE di Andromax R2 apakah selalu dalam keadaan “siaga”, maksud saya, tidak perlu lagi melakukan pengaturan khusus untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya? Jika VoLTE-nya selalu dalam keadaan “siaga”, sudah pasti moda jaringannya dalam kondisi “LTE only”, pertanyaan saya: 1.apa yang terjadi jika nomer Smartfrennya ditelepon dan di-sms dari ponsel non 4G? 2.sebaliknya, apa yang terjadi jika digunakan untuk menelepon atau berkirim sms ke ponsel non 4G?

    1. Pak Doubleyoueyedee,

      Fitur VoLTE perlu diaktifkan manual. Caranya, tarik notification bar, lalu tekan ikon VoLTE. Kalau di baris teratas layar sudah muncul tulisan VoLTE berwarna putih tebal, berarti layanan VoLTE sudah aktif dan siap pakai. Pengaturan jaringan di ponsel tak perlu dikunci 4G/LTE only.

      1. Tetap bisa menerima panggilan telepon masuk dan SMS. Saya lupa saat itu indikator sinyal di ponsel berubah menjadi non-LTE atau tetap di LTE.

      2. Aktivitas bertelepon dan SMS tetap bisa dilakukan dengan lancar.

  94. Pak jika saya perlu layanan Smartfren untuk telepon apakah Smartfren masih menggunakan frekuensi 850? Karena di rumah orang tua saya jaringan yg bagus utk telpon hanya Smartfren, tapi pesawat lama yg belum bisa untuk internetan. Untuk andromax terbaru apakah fungsi telepon menggunakan jaringan 850 atau 2300? Jika menggunakan Samsung J1 2016 atau J2 apakah bisa telepon melalui jaringan Smartfren biasa, bukan VoLTE?

    1. Pak Liat2aja,

      Mudahnya begini:
      * Kalau tetap ingin menggunakan layanan telepon, silakan belikan ponsel Andromax. Bebas tipe yang mana.
      * Ponsel Samsung tanpa VoLTE takkan bisa dipakai bertelepon via Smartfren.

    1. Pak Acht,

      Kuncinya sederhana. Apakah Anda akan selalu menggunakan 4G LTE Smartfren? Kalau iya, silakan ambil Andromax R2. Kalau tidak, ambil Hot 3.

      1. performa(baterai dan menjalankan aplikasi berat macam game) bagus mana Pak?

        gawai ini termasuk low-end atau mid-end pak?

  95. Kalau pemakaian andromax R2 Normal dengan charge normal dan masih garansi karena baru beli bulan januari 2016, tapi sekarang gak dipakai apa apa tiba tiba baterai habis sendiri itu masih bisa di garansikan atau diperbaiki ?

    1. Bu Riyanti,

      Beli Januari 2016? Nggak salah nih? Andromax R2 baru diluncurkan pada Februari lho.

      Silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi untuk diperiksa. Kalau memang ditemukan kerusakan, bisa diklaimkan garansi.

  96. mengenai speaker yang hanya sebelah menyala, saya juga mendapati hal yg sama,. apakah benar tidak ada masalah, hnya dengan speker kiri bawah saja yg menyala? #MohonPencerahannya

    1. Pak Benediktus,

      Tidak masalah karena desainnya memang begitu. Biarpun Anda membeli seratus unit Andromax R2, semua bakal seperti itu.

        1. Pak Rizki,

          Tolong diperhatikan, pertanyaan yang sama harap dikirimkan satu kali saja. Jangan dobel-dobel.

          Silakan cek jawaban saya di bawah pertanyaan pertama yang Anda kirimkan.

    1. Pak Rizki,

      Tak boleh tanya. He… he… bercanda.

      Jawaban pertanyaan Anda sebenarnya sudah ada pada naskah di atas. Saya sudah melampirkan screen capture daftar sensor yang tersedia di ponsel itu.

  97. bagaimana kualitas sinyal smartfren ketika ada diluar jakarta misalnya kuningan jawabarat?bagus/tidak?soalnya saya kalo ada didaerah tersebut ko tidak ada sinyal sama sekali ya-_-

    1. Bu Harum,

      Kalau di Kuningan, Jabar, saya tak tahu. Sebab, saya belum pernah ke sana. Saya sempat memakai Smartfren di Semarang, Jogja, dan perjalanan darat Surabaya-Jogja. Baik-baik saja sih.

  98. Salam mas

    Saya baru saja beli Andrpmax R2 ini.
    Nah, kan nilai pulsa dalam kartu ini NOL, jadi apabila saya mengisi pulsa, apakah langsung terkonversi menjadi kuota?

    Karena saya ingin membeli Smartplan Limitless.

    Mohon jawabannya ya mas.

    Salam

    1. Pak Eka,

      Kartu yang terpasang adalah kartu bawaan Andromax R2 kan? Kalau iya, tidak otomatis dikonversi menjadi kuota.

  99. Pak Herry mending pilih mana Andromax R2 atau Asus Padfone S? Dari segi spec nya bagusan mana?dengar2 Asus Padfone S yg hitam banyak bermasalah ya?

    1. Pak Robert,

      Mending Andromax R2 deh. Padfone S hitam banyak bermasalah? Saya malahan baru dengar. Bermasalah bagaimana?

  100. Pakkata teman sih begitu Pak, yg hitam tdk bisa konek dengan wireless charging, kalo yg putih ngga ada masalah

    1. Pak Robert,

      Oh ok. Kalau yang saya tahu, Padfone S warna hitam tidak langsung siap dipakai menikmati LTE 900, sedangkan Padfone S putih langsung siap pakai. Yang hitam perlu di-update dulu di pusat perbaikan resmi terdekat.

      Dulu hal itu menjadi sedikit masalah. Sebab, pada masa itu layanan 4G LTE Indosat dan Telkomsel hanya mengudara di frekuensi 900. Kalau sekarang sih layanan 4G LTE mereka telah aktif di 1800 MHz.

  101. Pak herry, terima kasih atas review andromax r2-nya. Berkat review dari pak herry, akhirnya saya berani memutuskan untuk membeli andromax r2.
    Dan memang smartphone tersebut sesuai seperti apa yang sudah pak herry review. Tinggal dilihat daya tahannya, semoga saja awet.

    Oh iya, sekalian saya mau minta saran. Kalo dengan budjet sekitar 2jt, menurut pak herry smartphone mana ya yang pantas dibeli?

    Terima kasih banyak ya pak herry.

  102. halo pak, saya bru beli R2 nih, waktu coba kamera depannya kok nggak mirror mode ya? apa emang nggak bisa??

    1. Bu Prisilia,

      Saya tidak terlalu memperhatikan mirror mode. Kalau tak ada menunya, ya berarti memang tidak bisa.

  103. Pak saya ingin tanya kenapa VoLTE saya tidak ada di notifikasi(tidak muncul) Padahal sudah saya aktifkan mohon pencerahannya terimakasih

    1. Pak Rizky Ramdani,

      Agar VoLTE aktif dan benar-benar bisa dipakai, ada tiga faktor yang wajib dipenuhi. Satu saja tidak terpenuhi, bakal gagal. Apa saja?

      1. Kartu yang dipakai sudah mendukung VoLTE.
      2. Layanan VoLTE di kartu itu sudah diaktifkan.
      3. Ponsel mendukung layanan VoLTE, entah dengan firmware bawaan atau menginstalasikan aplikasi tambahan lebih dulu.

  104. Salam Pak. Saya pengguna andromax R2. Mau nanya apakah di hp ini ada LED Notifikasinya? Kalo ada caranya gimana yah pak? Terimakasih

    1. Pak Yoshi Saputra,

      Terus terang saya lupa dan tidak memperhatikan ada tidaknya lampu itu. Saya tak memedulikannya karena toh sehari-hari pengguna di Indonesia sering sekali mengecek ponsel.

  105. pak apakah andromax R2 tidak bisa pakai jaringan evdo/g3 soal nya jaringan 4g jelek di daerah saya

    1. Pak Jeka,

      Silakan mampir ke Galeri Smartfren untuk dicek deh. Mungkin ada pengaturan ponsel yang kurang tepat.

    1. Pak Jeka,

      Sesuai jawaban saya sebelumnya, silakan mampir ke Galeri Smartfren. Mintalah petugas di sana membantu memeriksa pengaturan ponsel Anda.

  106. Pak Hery terima kasih review nya sekarang saya pakai andromax R2,saya mau tanya gimana car menghasilkan foto bokeh yang ada di gambar pak Hery,Terima Kasih.

    1. Pak Arya,

      Caranya sederhana:
      * Jarak antara ponsel dan objek yang difoto harus sedekat mungkin.
      * Jarak antara objek yang difoto dan latar belakang harus sejauh mungkin.

      Itu saja sih.

  107. Ada yg tau ga, knp andromax r2 saya kalau volte tdk aktif, tidak bisa terima panggilan masuk dan kluar. Untuk panggilan k *999# aja juga ga bisa. Apa masalah dari kartu apa hp nya?

    1. Pak/Bu Nuti Akbar,

      Kalau membaca deskripsi Anda, dugaan saya cuma satu. Yakni, pengaturan jaringan SIM1 di ponsel tersebut saat ini “4G only” alias “LTE only”. Ubahlah itu menjadi global atau automatic (saya lupa ponsel itu pakai istilah yang mana).

  108. mau tanya saya pny andromax r2 baru 3 bulan ad gendala di layar yang bergerak sendiri tdk beraturan,saya kesal sudah saya klaim di garansi udah di perbiki penyakite sama aj ,ap disana ndak serius servisnya ,saya kecewa dengan produk andromax r2..saya kapok mengunakan produk andromax.

    1. Pak Yohanes,

      Apakah Anda pernah membawanya sendiri ke pusat perbaikan resmi Hisense? Bukan ke Galeri Smartfren ya. Apakah jawaban petugas di pusat perbaikan resmi Hisense itu? Kerusakan di layar sepert itu kemungkinan besar harus menjalani penggantian suku cadang, bukan sekadar perbaikan.

    1. Pak Andika,

      Teman Anda sudah coba komplain? Apa hasilnya?

      Saya yakin sudah menjalani uji kelayakan sebelum diproduksi masal.

    1. Pak Andika,

      Boleh tahu komentar mana yang dihapus? Saya hanya menghapus orang numpang iklan atau komentar yang dobel-dobel dari orang yang sama.

  109. Dear Pak Herry,
    Saya pengguna Andromax R2 baru beberapa hari,
    Mau tanya tentang opsi data seluler GSM nya kok ga sampe 4G ya? padahal kartu GSM (kartu XL) sudah support 4G. Saya coba utak atik jg di Setelan Acces Point nya tapi masih tertulis E/G di jaringan GSM nya.
    Adakah tips/solusinya dari pengalaman bapak selama menggunakan R2 ini?
    Sy tunggu jawabannya. Terimakasih 🙂

    1. Pak Joe,

      Ponsel Andromax kan memang begitu. Kalau ponsel Andromax-nya mendukung 4G LTE, yang bisa ber-4G hanya nomor Smartfren. Nomor GSM yang terpasang maksimal hanya bisa berinternet via GPRS dan EDGE.

  110. Sya mau nanya knp smpai skrang jaringannya sya kurang bgus, pdhal sya udh bawah k galerinya tuk sovwer, tp masih bgtu juga, ap da solusi lain..

    1. Pak Mulyono,

      Di lokasi Anda beraktivitas sinyal Smartfren secara umum gimana lho. Kalau memang kurang bagus, biarpun Anda software seribu kali ya tetap takkan bagus.

    1. Pak Anggi,

      Andromex R2 atau Andromax R2 nih? Kalau Andromax R2, nomor di selot kedua tak bisa 3G maupun 4G.

  111. Salam pak Herry,
    Mau nanya pak. Diantara Andromax R2 dan Pureshot, mana yg ada lampu LED notification?. Seandainya keduanya tidak ada, boleh tolong diinfo hp merk & type apa yg mendukung kartu Smartfren 4G/Volte yg ada lampu LED notificationnya? Sekian dan terima kasih.

    1. Pak Yoego,

      Terus terang saya tidak memperhatikan ketersediaan lampu notifikasi di ponsel. Alasannya sederhana, pengguna ponsel di sini kan memang sangat rutin melirik ponselnya. Jadi, tak perlu lampu-lampuan lagi deh.

  112. maaf mu nanya andromax R2 sama kaya pendahulunya yg R , yg suka stuck dilogo soal takutd kaya pendahulunya,

  113. Sukses buat ko hery.. berkat review beliau tahun lalu saya berhasil meminang j5.. oya ko mau tnya ni j5 stlah pembaruan perangkat lunak ko : system 4% bebas. Itu maksudnya gimana ya ko.. saya ceknya pake link2sd. Di info penyimpanan. Mohon maaf ko agak keluar jalur ni pertanyaannya.. sukses slalu

    1. Pak Zul,

      Saya juga nggak paham kalau tidak melihat ponselnya. Mungkinkah sisa memori ponsel Anda tinggal empat persen?

  114. maap pak mau nanya Kenapa hasil kamera selfie R2 kebalik kiri jadi kanan/ kanan jadi kiri.sudah dicoba cari pengaturan kamera ga ketemu miror/ lain nya supaya normal…kalo pakai apk lain normal…mohon solusi nya.trims

  115. Andromax R update suport lte keren ..tanpa lemot tanpa panas awet batrai …murah meruah cerdas di sandingkan andromax A VOLTE LANCAR JAYA

  116. Pak Herry untuk andromax R2 support antvr atau tidak,dan untuk sensor apakah selengkap itu? karena yang saya baca di beberapa situs tidak selengkap yg pak Herry ulas.

    1. Pak Aldy,

      Tak tahu. Saya tak pernah memadukannya dengan ANTVR.

      Saya menginstalasikan aplikasi Sensor Box for Android di Andromax R2, lalu menjalankan dan menjepretnya. Jadi, daftar sensor itu bukan berdasarkan khayalan saya.

  117. Desainya sebagus galaxy a3 2016
    Apakah build qualtynya sebagus a3 2016
    Dan hasil kameranya lebih bagus mna
    Tanpa melihat merk dan harga
    Secara keseluruhan lebih bagus mna

    1. Pak Ari,

      Silakan ketikkan ulang dulu dengan menambahkan tanda baca yang tepat sesuai kebutuhan. Sebab, mana yang pernyataan dan mana yang pertanyaan kurang jelas nih.

    1. Pak Ari,

      Haduh… Anda ini bisa diberitahu atau tidak sih. Pertanyaan yang sama jangan dikirimkan berkali-kali.

  118. Permisi numpang tanya pak andromax r2 apa bisa buat layanan data yg GSM, misal pakai telkomsel dll , bukan smartfren apa bisa pak?

  119. Hp apalagi ya kalau untuk harga 1.5-1.7 juta selain andromax R2?
    Hp tersebut batrenya non removable / removable?
    Saya baru tau dari web ini kalau R2 batrenya non removable.
    Rencana mo ganti 4G tapi masih bingung R2 atau yang lain.

    Terima kasih.

  120. Pak HSW ysh, terimakasih review r2 nya, sepertinya reviewer kurang mereview perihal kemampuan virtual realitynya, tp asalkan udah ada gyroscope dan accelerometer hape R2 ini lumayan juga ya pak, saya mau nanya ini lapisan dragontraill glass didepan R2 ini emang bener anti gores enggak ya pak? Apa harus dikasih antigores lagi? Trims

    1. Pak Ariestu,

      Tidak pernah sengaja saya gores-gores sih, Pak. Tak peduli pakai Gorilla Glass, Dragontrail, atau apa pun namanya, lebih baik pasangkan pelindung layar tambahan.

  121. Ko Herry, kalau Andromax R2 ada slot memory externalnya kah? Infinix Hot 3 ada juga gak?
    Kalau Infinix Hot 3 X553 garansi & importir resmi namanya apa? Supaya tidak salah beli
    Kalau Elevenia dan Tokopedia masih aman gak? Maksudnya bermasalah seperti Bibli / Lazada

    Terima kasih atas reply-nya.

    1. Bu Nining,

      Ada. Ada juga.

      Bintang Cemerlang.

      Kalau saya sih lebih pilih Blibli daripada Elevenia dan Tokopedia. Minimal kalau ada masalah, CS-nya lebih sigap membantu. Lazada sih buang jauh-jauh.

  122. ko minta saran hape yg kameranya bagus di rentang harga 2 juta kebawah, kalo zenfone 2 laser(ze500kg dan ze500kl) atau andromax r2 bagusan yg mana ko,
    Thank sebelumnya.

    1. Pak Achmad Edwar,

      Untuk harga di bawah Rp 2 juta, dua ponsel itu kameranya sama-sama bagus sih. Namun, Andromax R2 hanya bisa dipadukan dengan 4G LTE Smartfren.

      Saran saya, beli Zenfone 2 Laser yang ZE500KL saja.

  123. Saya mau tanya, di andromax r2 saya ko gak bisa buat video call ya.. kayak video call di line gak bisa. Apa mungkin ada pengaturan lain khusus untuk video call y? Mohon bantuannya..
    Terima kasih

  124. beli hp andromax dmna sih jdi pengen beli aku tpi gk tau tempat jualnya dmna yg tau kash tau dong,bantu plis

  125. Koh Herry nanya dong,

    – Kalo andromax smartfren yg udah 4G apakah gadget tsb bisa disebut bukan cdma ? Nah, sedangkan abangnya R2 (pureshoot) apakah bisa disebut hp gsm ?
    – katakan kedua hp tsb msuk tipe ho cdma, hp apa yg spek nya setara/memper dgn kedua hp tsb ? Bujet max 1,9jt layar 5 max 5,5 (di pikiran saya terlintas infinix hot/note 3 sih, barangkali koh Herry ada saran lain dgn skala Prioritas utama : 1. Performa 2. Kamera 3. Batre. 4. Fisik 5. Merk

    Saya sangat berminat dgn hisense tipe diatas, namun kerjaan saya tdk memperbolehkan pakai hp cdma karena masalah imei tdk bisa terdeteksi server tempat saya bekerja.
    Mohon penjelasannya ya koh Herry.

    Kamsia

    1. Pak Om Wisnu,

      Maaf karena respons saya lama. Kebetulan saya baru pulang dari luar kota.

      1. Tergantung ponsel Andromax 4G-nya yang tipe apa dulu nih. Kalau Andromax A, dia lebih cocok disebut sebagai ponsel LTE dan GSM. Kalau selain Andromax A, ponsel itu bisa disebut sebagai ponsel CDMA, LTE, sekaligus GSM. Hal serupa berlaku untuk Pureshot.

      2. Saya urutkan dari prioritas utama ya: Asus Zenfone 2 Laser, Infinix Note 2, dan Infinix Hot 3.

      3. Andromax dan Pureshot ada nomor IMEI-nya kok.

  126. Ma’af neh, mau tanya om.
    kalo andromax R2 di goyang-goyangkan ada sesuatu yg berbunyi di bagian atas dekat lubang headset itu kenapah y om,.!
    Pada hal hp baru beli semingu dan g pernah terjatuh, tolong info’y om.

    1. Pak Taufiq,

      Di bagian atas kan? Memang begitu kok. Entah itu suara dari komponen apa. Saya sudah mengeceknya di lebih dari dua unit Andromax R2 pada waktu yang berbeda-beda.

  127. saya masih rutin menggunakan nomor smartfren untuk telp dan sms saja pak, jadi saya kepikiran untuk membeli yang native volte, kalau smartfren andromax r2 ini dibandingkan dengan lenovo k5 plus mana kah yang lebih unggul pak?
    kebutuan utama hanya kamera lumayan dan batre yang setidaknya malam hari baru perlu mencari charger dengan kapasitas saya meggunakan hp sangat jarang sekali.

    dan saya mau menanyakan pak apakah kalau sudah native volte untuk menggunakan bertelpon dan sms harus tetap tersambung dengan internet pak? karena jujur saja saya hanya butuh di telpon dan sms.

    yang berikutnya ingin saya tanyakan adalah saya mendapat promo tukar gadget dari smartfren dengan potongan harga, melihat pengalaman beberapa orang sepertinya tidak bisa begitu datang langsung mendapatkan produk yang diharapkan ya pak jadi seperti menunggu di waiting list.

    sebenarnya saya lebih tertarik dengan lenono k4 note pak, tapi karena tidak native volte saya juga jadi ragu. karena bahkan di review aplikasi smart volte di google play pengguna smartfren andromax A dan hisense pureshot pun mengalami kendala.
    tapi kalau semisal saya memilih lenovo k4 note apakah mungkin ada toko” yang menjualnya tanpa antvr dan seharusnya bisa saya beli dengan harga berapa kalau tanpa antvr pak?

    terimakasih pak.
    sukses selalu.

    1. Bu Meia,

      Dengan kriteria seperti itu, Andromax R2 lebih cocok.

      Iya. VoLTE kan pakai akses data.

      Kalau stok barang yang diinginkan sedang kosong, memang harus inden dulu.

      Paket penjualan Vibe K4 Note termasuk ANTVR. Jadi, kalau beli ya otomatis dapat.

  128. Bro R2 saya kalau posisi screen lock waktu sedang update aplikasi kok instalnya nga jalan yah ? Apakah semua andromax r2 begitu ?

    1. Pak Han,

      Nah… ini yang saya tak tahu. Sebab, saat proses update, saya sengaja memantau layar ponsel. Jadi, layar dalam kondisi tidak terkunci.

  129. kameranya 13 mp ea om
    apakah kualitasnya setara kamera samsung
    yg memiliki resolusi 13mp jg
    atau lebih bagus dari mi4i

    1. Pak Jutawan,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Ponsel Samsung tipe apa?

      Kamera Mi 4i lebih bagus daripada Andromax R2.

    1. Pak Marson,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Lokasi tepatnya saya sudah lupa. Silakan utak-atik di menu pengaturan jaringan.

    1. Pak Yoseph,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Tak tahu. Saya belum pernah mencoba Redmi 3s Prime. Ponsel itu pasti tanpa garansi resmi lho.

  130. iya pureshot pak…mau nanya lg..kl Asus Zenfone 3 Max ZC520TL gimana..apakah bisa menjalankan smartfren…makasih lagi pak…

    LTE band 1(2100), 2(1900), 3(1800), 4(1700/2100), 5(850), 7(2600), 8(900), 18(800), 19(800), 26(850), 28(700), 38(2600), 41(2500) – Taiwan
    LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 40(2300) – India

  131. Maaf semua nya minta saran nya dong aku bru beli hp andromax R2 sekitar 1 minggu yang lalu trus aku bru tau ada masalah pada camera daat minfai code batang . muncul pemberitahuan. Maaf, camera pada android anda, mengalami masalah anda mesti perlu merestat perangkat. Trus gk cuma itu buat vidio call juga gk bisa pokonya yg berhubungan fengan camera gk bisa semua. Tpi camera bawaan atau motret langsung itu bisa.. Maklukm bru megang hp ini masih awam . mohon info nya d tunggu terimakasih..

    1. Pak Adit Aje,

      Coba mampir ke Galeri Smartfren atau pusat perbaikan resmi Hisense deh. Seharusnya bisa dipakai memindai bar code dan ber-video call kok.

    1. Pak Ilham Prayoga,

      Ehmm… maksudnya modem USB Anda hubungkan ke ponsel via adapter USB OTG? Saya tak pernah berpikir untuk mencoba kombinasi tersebut. Sebab, ponsel itu kan sudah mendukung koneksi internet.

      1. Iya sih pak,,,tapi di daerah saya kadang sinyal smartfren 4G nya lemah pak,, jadi saya mau coba pake oprator lain jikalau smartfren nya lagi down…oia gpp pak,,terima Kasih atas balasan nya pak… 🙂

  132. Pak HSW untuk R Plus dengan R2 apakah sama? Karena di salah satu distributor resmi sedang ada promo murah…

    1. Pak/Bu Kania Setiyawan,

      Saya belum pernah coba Andromax R Plus. Mestinya beda dengan Andromax R2 deh. Promo jadi harga berapa?

  133. kang r2 ane neh gmna ia ng hank lg mainin musik tiba2 mati.dah tu dnyalain idup.tp tombol hanx gk bza di gimanA manain.mU d matiin jg gk bisa…
    tolong infonya gan.d cas jg jd gk bisa

    1. Pak Mikdar,

      Tolong ketikkan ulang pertanyaan Anda dengan kata demi kata yang dituliskan lengkap dulu. Saya bingung membaca pertanyaan yang penuh singkatan. Satu lagi, di blog ini mohon tidak menggunakan kata sapaan gan. Terima kasih.

  134. saya puas pakai andromax R2, tidak seperti andromax R yang lemot sampai saya banting hancur saking jengkelnya..tetapi sekarang 4G nya smartfren jadi pelan ngga sekencang dulu ketika baru muncul andromax R,dulu didalam kamar saya pakai andromax R kecepatan rata2x bisa 20-30 MB/S, sekarang paling cuma 2 MB/S

    1. Pak Masmat,

      Oh Andromax R lemot ya. Saya kebetulan tak pernah menguji pakai ponsel itu.

      Betul, performa 4G LTE Smartfren telah turun cukup signifikan dibandingkan saat dulu barusan diluncurkan.

  135. Selamat siang ,
    Mw tanya nich..Kebetulan Saya bru pakai max r2 d kasih ma sodara,tapi kartu smartfen nya blm punya…lalu saya pasang sim gsm nya aja,stlah sya nyalakan hp nya ko g k detek ya sim gsm nya…bingung cmpur pusing apa masalah nya y…? mohon ijin pencerahan nya
    trm kasih

    1. Pak Risky,

      Redmi 3 pasti tanpa garansi resmi. Jadi, langsung dicoret.

      Andromax R2 untuk ukuran saat ini sudah kurang menarik deh.

        1. Pak Risky,

          Ya karena performa keseluruhannya sudah mulai tertinggal. Misalnya, kameranya untuk ukuran saat ini sudah tergolong biasa, bukan bagus lagi. Kegegasannya juga mulai masuk ke kategori kurang mantap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *