Review Smartfren Andromax V: Spesifikasi Tertinggi, Kinerja Layak Dipuji

Di antara aneka ponsel “bermerek” Smartfren, harga jual Andromax V adalah yang termahal. Ponsel Android dual on CDMA-GSM itu dibanderol Rp 2,3 juta. Padahal, selot CDMA ponsel tersebut dikunci sehingga hanya bisa dipadukan dengan nomor Smartfren. Pantaskah dijual setinggi itu?

Di atas kertas, spesifikasi Andromax V merupakan yang tertinggi dibandingkan seluruh ponsel CDMA dan dual on CDMA-GSM yang beredar resmi di Indonesia. Ia memanfaatkan prosesor empat inti (quad core) Mediatek MT6589E 1,2 GHz dan layar sentuh IPS lima inci beresolusi 1.280 x 720 piksel. Sebagian spesifikasi lainnya, Android 4.2 Jelly Bean, RAM 1 GB, ROM 4 GB, selot microSD, baterai 2.300 mAh, Wi-Fi, bluetooth, dan GPS.

Andromax V-1

Satu nomor CDMA dan satu nomor GSM dapat siaga bersamaan di Andromax V. Silakan memakainya untuk bertelepon dan ber-SMS. Nomor CDMA di ponsel itu bisa pula mengakses layanan internet berbasis EvDO rev A dengan kecepatan unduh sampai 3,1 Mbps. Sedangkan nomor GSM yang terpasang hanya sanggup berinternet via layanan GPRS/EDGE.

Andromax V juga memiliki kemampuan wireless display. Jadi, bila dipadukan dengan televisi yang kompatibel atau LCD projector plus dongle Miracast, tampilan layar ponsel dapat dicerminkan di layar lebar secara nirkabel. Saat berceramah, misalnya, pengguna Andromax V bisa mengendalikan materi presentasinya sambil menghampiri peserta. Praktis, keren, dan canggih.

Kamera utama Andromax V dilengkapi fokus otomatis dan lampu kilat. Ia mampu menghasilkan foto beresolusi delapan megapiksel dan klip video full HD 1080p. Sementara itu, kamera depan ponsel tersebut dapat memproduksi foto beresolusi 1,23 megapiksel yang biasanya dibulatkan menjadi 1,3 megapiksel. Bila difungsikan sebagai perekam video, ia cuma dapat menghasilkan klip video VGA.

Bagaimana kinerja nyata Andromax V? Ponsel bernama asli ZTE N986 tersebut bukan sekadar memiliki spesifikasi tinggi. Performanya secara umum layak dipuji. Tampilan layar yang prima, baterai yang siap menemani pengguna beraktivitas mulai pagi sampai mendekati tengah malam, dan kamera yang mampu mengabadikan objek dengan baik merupakan deretan nilai plus Andromax V. Saat dihadang kegelapan, pengguna tinggal mendayagunakan lampu kilat kamera sebagai lampu senter. Cahaya yang dipancarkan amat terang.

Andromax V-2

Ketika salah satu nomor sedang dipakai bertelepon, lalu ada panggilan masuk ke nomor lain, pengguna akan mendengar nada sela. Kalau mau, pengguna Andromax V bisa menerima panggilan baru itu. Di seberang sana, penelepon akan mendengarkan nada sambung, bukan pemberitahuan kalau nomor yang dihubungi sedang tidak aktif.

Ruang penyimpanan ponsel dibagi dua, internal storage dan internal virtual SD card. Saat ponsel berstatus baru, sebanyak 1,1 GB di antara 1,25 GB internal storage masih kosong. Sedangkan kapasitas internal virtual SD card yang 1,25 GB sama sekali belum terpakai.

Betapa pun, Andromax V tak luput dari kekurangan. Sisi minus yang paling terasa, tombol back-nya kurang responsif. Pengguna harus memberikan tekanan lebih keras daripada saat menyentuh tombol lain. Ketika ponsel diletakkan di meja atau bidang datar lain, tombol back itu malahan sering tidak berfungsi. Jurus ala penulis, kala menekan tombol back, pengguna sebaiknya tidak menyentuh tepat di simbol panah melengkung. Tekanlah sekitar setengah milimeter di atas ikon itu. Lebih baik lagi bila pengguna memegang ponsel dengan tingkat kemiringan sekitar 45 derajat.

Hal lain, Andromax V dibekali aplikasi Bluetooth Proximity untuk mendeteksi peranti bluetooth di sekitarnya. Praktiknya, pencarian memakai aplikasi tersebut selalu kalah efektif dibandingkan bila pengguna mencari peranti bluetooth lewat menu settings.

Update: Imbas dari melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, harga ritel resmi Andromax V saat ini naik menjadi Rp 2,53 juta.

72 thoughts to “Review Smartfren Andromax V: Spesifikasi Tertinggi, Kinerja Layak Dipuji”

  1. Pak Herry,

    Review yg objektif dan proporsional.
    Btw, kalo android dual gsm-gsm selevel dengan andromax v di atas dari segi harga dan performa, apa rekomendasinya ?

    Terima kasih sebelumnya.

    1. Pak Yusuf,

      Kalau yang prosesornya quad core, saat ini belum ada. Lenovo P780 yang dijadwalkan keluar bulan depan akan menjadi kandidat. Entah kinerjanya seperti apa. Saya belum pernah mencobaya.

      Kalau yang sekarang sudah beredar, tetapi memakai prosesor dual core, ada Lenovo S890. Harga resmi Rp 2,699 juta, sedangkan harga pasar Rp 2,6 juta. Beda sedikit dengan Andromax V yang harga resminya kini Rp 2,53 juta.

    1. Mas Bim,

      Kalau yang quad core, coba menanti Lenovo P780. Kinerja belum diketahui karena barang memang belum beredar.

      Kalau yang dual core dan barangnya sudah beredar, ada Lenovo S890.

  2. Akhirny keluar jg review nih Pak…

    Utk gps lockny gmn pak?

    Lalu klo dbanding dg Acer E2, pak Herry prefer mana?

    Thanks

    1. Pak Punkky,

      GPS biasa-biasa saja. Tidak ekstracepat, tidak pula superlambat.

      Saya lebih memilih Acer Liquid E2. Bukan karena Smartfren Andromax V lebih jelek, melainkan karena saya lebih memilih memakai dua nomor GSM daripada satu GSM dan satu CDMA.

  3. Pak Henry pernah denger HP Advan S5F ? Harga 2,1 juta
    saya beli, udah pake 2 mingguan lumayan lah
    Speknya:
    Jaringan: Quadband GSM/WCDMA 2100 MHz & Dual SIM
    Layar: 5.7 inci, TFT Capacitive touchscreen 1280×720 piksel, 5 poin multi-touch, IPS Panel (~320 dpi)
    Operating System: Android 4.2.1 Jelly Bean
    Prosesor: MTK 6589 Cortex A7 Quad-core 1.2GHz
    RAM: 1GB
    GPU: PowerVR SGX544 286MHz
    Memori Internal: 4GB
    Memori eksternal: microSD up to 32GB
    Data: HSDPA, EDGE, GPRS
    Camera: 13MP
    Front Camera: 3MP
    Konektivitas: WiFi 802.11 b/g/n, Bluetooth, kabel data USB, audio jack 3.5mm
    Browser: HTML
    Fitur lain: Google Play Store, Gmail, YouTube, Hangout, Skype, GPS, Google Maps, audio/video player, radio FM, Calendar, calculator, alarm, clock, game
    Sensor: Accelerometer, Light, Orientation, Proximity, Sound, Magnetic (Compass)
    Baterai: Lithium 2500 mAh

    ayo donk dicoba pak henry 🙂 biar bisa direview gitu hehehe

    1. Pak/Bu Danti,

      Pak Henry siapa ya? Saya Herry. Bolehkah ikut menjawab? 🙂

      Lho, kok bisa dapat Rp 2,1 juta? Setahu saya, harga ritel resmi Advan S5F Rp 2,999 juta. Apa sudah turun ya?

  4. Pak Herry,

    Tolong di review juga Smartfren Andromax U Limited Edition ya pak. Saya ingin tahu lbh bagus mana dengan Andromax V ini.

    1. Pak Iwan,

      Kalau ada unit yang bisa saya coba, saya akan me-review-nya. Bila tidak, saya takkan me-review-nya. Anggaran belanja sudah disiapkan untuk acang lain yang saya anggap lebih menarik dinanti.

  5. Ternyata Pak Herry masih alergi dgn merk2 lokal hehehe hanya saja dinyatakan dgn bahasa yg santun.
    Lenovo P780 ya pak? Ditunggu review nya yaaa.

  6. Lho kok bisa dapat jelly case padahal hp nya belum beredar.. biasanya hp beredar duluan baru kemudian asesorisnya menyusul

    1. Pak Yusuf,

      He… he… kebetulan saja, Pak. Jelly case Lenovo S920 malahan lebih dulu muncul daripada jelly case P780. Padahal, saat itu ponselnya juga belum beredar di sini.

  7. Menurut pak heri pantaskah harga andromax v di harga 2,3 jt,di lhat dri spek dan fitur2nya ??? Apa Merek ZTE Sudah sejajar dgn merek global??? Kapan nih pak heri siaran di radio lagi,???Mksih jwbannya.

    1. Pak Arif,

      Menurut saya, harga segitu masuk akal.

      Biarpun berasal dari China, ZTE sudah layak disebut sebagai merek global. Namun, umpama harus memilih ZTE atau Huawei, terus terang saya lebih condong ke Huawei. Merujuk pada pengalaman mencoba aneka tipe produk dua merek itu, produk Huawei terasa lebih andal daripada ZTE.

      He… he… belum tahu kapan akan siaran di radio lagi.

  8. ko herry , met kenal…..

    Aku jg beli Advan S5F harganya dapet 2 juta passs loh
    tadinya pengen beli ZTE andromax V tapi akhirnya pilih advan karena butuh yg Dual GSM , Nunggu Lenovo P780 lama banget gak muncul2.. akhirnya beli advan deh.
    layarnya mantep gedeeee cocok buat aku baca2 ebook dan buka internet
    batere lumayan awet.
    pengen tau juga nih pendapatnya ko herry
    aku tunggu review dari ko herry yaaaaaa thanks

  9. Bu Wina,

    Iya, ternyata harga Advan S5-F sudah turun. Dua hari lalu saya melihat di WTC Surabaya ada yang menjual Rp 2,05 juta. Penurunannya berarti cepat tuh. Satu bulan turun Rp 1 juta. Kalau dipersentasekan, dalam sebulan turun 33,33 persen.

    Ayo S5-F-nya di-review di sini, Bu. 🙂

  10. pak Herry…P780 udah mau launching…sampai hari ini saya blm dpt P770 baik dari pengecer atau trikomsel…bisa nganggur nih softcase P770….

    1. Pak Suheri Nugroho,

      Coba cari P770 di Global Teleshop atau Oke Shop, Pak. Minggu lalu saya masih melihatnya.

      Toko biasa yang punya stok belakangan ini saya lihat berani mematok harga jual di atas harga resmi. Mereka menawarkannya Rp 2,6 juta dengan alasan dolar AS naik.

  11. harganya memang gak pernah 2,99 koq… soalnya temen aku beli 1,5 bulan yg lalu juga dapet harga 2,1 juta… aneh juga sih liat iklan dikompas harga resminya 2,99. aku aja beli karena temen udah beli murah 2 jutaan udah quadcore + layar IPS 5.7 inch

    aku gak bisa kalo disuru review… makanya minta tolong Ko Herry aja deh wkwkwkwkwk

    1. Bu Wina,

      Silakan melihat tautan ini http://ponselmu.com/cermat-baca-spesifikasi-merek-lokal/

      Yang kardusnya saya jepret itu Advan S5-F. Saat itu harganya Rp 2,999 juta. Kini harganya memang sudah turun tajam.

      Kalau kondisi 1,5 bulan lalu, benarkah yang dibeli teman Anda adalah S5-F? Apakah bukan S5? Kalau benar S5-F, teman Anda sangat beruntung.

      He.. he.. gimana bisa review kalau saya belum pernah menguji pakai S5-F. Ayo diceritakan singkat saja deh. Apa yang Anda suka dan tidak suka dari ponsel itu.

  12. pak Herry, saya udah indent di global teleshop palembang dan pengecer lain.sampai sekarang belum ada kabar………perkiraan harga P780 berapa pak.dan apa kelebihan yang signifikan selain quad-core,battery, ketajaman dan lebar layar dibanding P770.ada rencana review kan pak.trims

    1. Pak Suheri Nugroho,

      Oh, Bapak ternyata di Palembang tho. Apakah distribusi ke luar Pulau Jawa kebetulan kurang lancar ya.

      Rencana awalnya, P780 dibanderol Rp 2,999 juta. Entah harga itu akan dinaikkan atau tidak, mengingat nilai tukar rupiah terhadap dolar AS belakangan ini telah melemah signifikan.

      Saya lihat perbedaan utama di layar, prosesor, dan kapasitas baterai. Ya, saya berencana review. Bahkan, saya sudah membeli jelly case untuk P780. 🙂 Namun, kelak saya mesti melihat juga harga finalnya berapa.

  13. Om Herry, tertarik dengan fitur Wireless Display-nya Andro-V. Kalo boleh, bisa sharing sedikit soal hal tsb, khususnya tentang penggunaan untuk dihubungkan dengan Projector sehingga bisa dikontrol dari Handset. Tks

    1. Pak Leonardo,

      Kalau LCD projector-nya sudah mendukung Miracast, dari Andromax V bisa langsung dikoneksikan ke sana. Saya kurang tahu sudah ada LCD projector dengan built-in Miracast atau belum.

      Yang pernah saya lihat demonya, ada dongle Miracast yang dihubungkan dengan LCD projector. Lalu, Andromax V dikoneksikan ke sana.

    1. Mas Bim,

      He… he… ponsel eks-review ada yang dikembalikan kepada pemiliknya, ada pula yang dijual. Biasanya saya posting di Ubaya.com.

  14. Pak herry,
    Saya pakai andromax v, secara umum saya cukup puas, namun saat saya download beberapa app compass, semua tidak mau jalan karena katanya magnetic sensor nya tidak jalan/kompatibel, mohon review nya thd app compass, nuhun.

    1. Pak Indra Budianto,

      Saya lupa Andromax V dibekali magnetic sensor atau tidak. Bila tidak ada, kompas otomatis tak bisa berjalan.

    1. Pak Haryo,

      Selama saya pakai, baterai Andromax V rata-rata mampu bertahan mulai pagi sampai mendekati tengah malam. Cukup memadai deh.

    1. Pak Cok,

      Struktur menu detailnya saya tak ingat. Intinya, kalau ingin berinternet pakai nomor GSM, ada menu “pakai akses data GSM” yang perlu dicentang dulu. Namun, karena kecepatannya hanya GPRS/EDGE, biasanya sih relatif tidak nyaman.

  15. ErAdvan s5F resolusi gambarnya masih kurang bagus, meskipun sudah ips tp ga maksimal dibanding andromax V jauh lebih baik..kamera advan 13Mp tp sperti 5Mp, kurang max dibanding dengan andromax V yg 8Mp tp hampir mendekati murni..

  16. salam pak herry sw. ini pak herry dari bandung yah yang dulu sering modif palm treo 650?

    saya dapat temuan baru yang rada aneh dengan andromax V.

    SF andromax V disinyalir memiliki cacat produksi. Coba kirim email dengan attachment (misal 1-2 foto) menggunakan gmail. Bila koneksi internet menggunakan EVDO, dipastikan koneksi EVDO akan kacau dan internet putus. Saya sudah komplain, service 3x, ganti 1x, semuanya tetap bermasalah dengan email.

    Tidak semua unit cacat. Pada SF Andromax V sebelum Agustus, jarang ditemukan cacat begini. Dari 40 unit, hanya 8 unit yang memiliki cacat ini (termasuk 2 unit milik saya). Untuk Andromax V yang baru (yang sudah ada stiker BBM Ready, merah, di sisi kiri bawah), lebih parah. Dari 13 unit, ditemukan 11 unit yang memiliki cacat demikian.

    Saya sudah mengalami 3x service di galeri DP Mall Semarang untuk kasus 2 unit milik saya, hasilnya masih sama. Bahkan saya sudah dapat POP (penggantian unit baru, 2 buah) 14 Desember 2013 lalu, begitu buka segel di depan galeri, langsung muncul cacat ini. Sekarang keempat andromax V itu ditarik, diservice, entah kapan selesai. Belum ada solusi pasti, entah diganti uang sesuai nota, atau mungkin mau buka semua stok unit andromax V sampai saya menemukan 2 unit yang tidak cacat.

    1. Pak Iwan Prasetyo,

      Saya bukan Herry yang Anda ceritakan. Sehari-hari saya di Surabaya kok.

      Terima kasih atas informasi mengenai Andromax V tersebut. Hmmm… ngeri juga ya. Unit yang dulu saya coba kemungkinan termasuk dalam kloteran awal. Saya mulai memakainya pada pertengahan bulan puasa tahun lalu. Saya sempat mengirimkan email dengan attachment dan tak ada masalah. Masalah terparah yang saya temukan adalah tombol back tidak sensitif.

      Btw, apakah Anda memiliki toko ponsel? Penasaran saja sih. Sebab, sepertinya Anda sudah mencoba banyak sekali unit Andromax V. Terima kasih.

  17. o iya maaf saya lupa. udah lama sekali sejak di milis id-palm pak harry yang dari surabaya. yg bandung satu master palm lagi :~p

    saya bukan toko hp pak 🙂 cuma kebetulan pegang kandang ayam. jadi ts yang keliling melakukan pencatatan dengan aplikasi android. ho dan cabang langsung tau bila ada problem di lapangan. masih sama fungsinya dengan aplikasi saya dulu saat palmos, treo 650 cdma, cuma sekarang aplikasinya jadi realtime karena pake android. gak pake hotsync lagi di cabang tiap sore:~p

    kebetulan ts pake andromax v, jadi langsung tau kendalanya. yang staf dapet andromax z, yang jaga kandang malah dapet tab 7 dan 8 🙂

    salam 🙂

  18. pa herry, cara aktifkan telp/sms nya ke/dari GSM gmn caranya yah?
    di dual sim management, pilihan gsmnya disable.
    thx pa.

    1. Pak Dsurya,

      Pastikan di selot CDMA telah terpasang kartu RUIM Smartfren. Bila belum ada kartu Smartfren yang diselipkan, pilihan GSM memang akan selalu disable. Bila kartu Smartfren sudah terpasang sempurna, ikon GSM di dual SIM management tinggal digeser ke enable.

  19. Pak Herry,

    Smartfren andromax v saya sebelumnya tidak bermasalah sama sekali. TIba-tiba kemarin malam suaranya mendadak hilang, baik ringtone incoming call, sms, notifikasi email/bbm/dll, suara musik / video, suara tap saat layar disentuh, dan suara unlock screen juga menghilang total.
    Saat saya coba dengan headset, semua suara tersebut bisa terdengar kembali.

    Mohon sarannya terkait dengan problem tersebut. Terima kasih. 🙂

    1. Bu Marissa,

      Usai membaca deskripsi Anda, saya curiga speaker Andromax V Anda bermasalah. Coba lakukan factory data reset. Bila hal itu tak menyelesaikan masalah, bawalah ponsel Anda ke Galeri Smartfren.

  20. Jadi cenderung dari system-nya dan bukan dari perangkat hardware-nya yg perlu di-service ya, Pak.
    Terima kasih atas sarannya, Pak. Akan saya coba.

    1. Bu Marissa Yessicha,

      Bukan seperti itu. Saya cenderung curiga ada masalah di hardware. Namun, karena saat masuk ke pusat perbaikan resmi pun ponsel biasanya akan di-reset, saya menyarankan Anda melakukan factory data reset. Siapa tahu masalahnya ternyata kebetulan hanya di software.

  21. pak mau nanya, kok andromax v saya ga bisa nerima sms ya? terus nerima sms dengan icon aneh gitu, itu kenapa ya?

    1. Pak Abdul Khaled,

      Untuk nomor CDMA-nya, SMS hanya bisa diterima kalau pengaturan mode jaringan di 1x atau hybrid. Kalau ternyata nomor CDMA maupun GSM tak dapat menerima SMS, coba periksa sisa memori internal. Idealnya jangan kurang dari 100 MB. Kalau kepepet, minimal sekitar 50 MB deh.

      Soal SMS ikon aneh, maksudnya aneh gimana, Pak? Kalau simbol-simbol, jangan-jangan si pengirim memakai aneka ikon yang lazim digunakan di BlackBerry.

    1. Pak Bagus Gilang,

      Coba lakukan factory data reset. Bila kamera tetap tak bisa difungsikan, mungkin ada kerusakan di perangkat keras. Silakan membawanya ke Galeri Smartfren.

  22. saya baru beli andromax V ini tapi yg seken Pak dgn kondisi bening dan harga miring…puas banget deh sesuai review Pak Herry…sayangnya sekennya bukan yg new andromax V cuma beda di internal 8 GB dan ada sensor magnetic nya sih 🙂

  23. Andomx V saya batrenya drop dan layarnya terkunci. Hanya bisa emergency call. Yg tampil cuma keypadnya saja. Layarnya jg kosong yg ada hanya foto walpaper. Mohon petunjuk unlocknya. Terima kasih.

  24. minta saran Pak Herry nih…btw max V saya sdh 2x bootloop sendiri walapun bisa diatasi dgn hard reset. cuma dr grup pengguna max V banyak sekali kasus. keluhan bootloop dan ada yg Encription Unsuccessfull (EU). yg EU jelas tidak bisa diperbaiki lagi. menurut Pak Herry apakah saya lebih baik menjual HP ini krn saya khawatir kejadian seperti rekan2 pengguna max V bisa terjadi tanpa diduga. trm ksh Pak.

    1. Pak Rizal,

      Kalau memang ingin melakukan peremajaan ponsel, ya silakan menjual Andromax V-nya.

      Kasus “penyakit” tanpa obat juga pernah terjadi di Samsung Galaxy Note 2. Tiada asap tiada angin, ponsel mendadak mati total. Kalau masih garansi sih tinggal klaim. Lha kalau kejadiannya saat masa garansi sudah habis, bisa pening kepala deh.

  25. trm ksh Pak Herry

    itulah masalahnya Pak..max V saya Nopember ini sdh habis masa garansinya hehe…dengar dr user max V di grup kalau semisal kena EU masa garansi gratis ganti mesin. kalau sdh habis garansi katanya mesti bayar 1,3 juta hehe jangan sampai deh

    1. Pak Ajay,

      Coba lakukan factory reset. Kalau hal itu tak menyelesaikan masalah, berarti Anda perlu membawanya ke pusat perbaikan resmi.

  26. maaf sya mw tanya.. andromax v kalo buat tlp layarnya emang mati apa pak.. kan jadinya kalo tlp mw dimatiin ga bisa pak.. sempet browsing katanya sensor proximity diapain gtu.. mohon solusinya pak

    1. Bu Winaa,

      Saya tak ingat di Andromax V seperti apa. Di ponsel-ponsel terkini sih biasanya begini:
      * Saat pengguna menekan nomor telepon, layar menyala.
      * Ketika pengguna mendekatkan ponsel ke telinga untuk berhalo-halo, layar padam.
      * Kala pengguna menjauhkan ponsel dari telinga, layar kembali menyala.

      Kondisi itu ada kaitannya dengan proximity sensor.

      Andromax V Anda layarnya tak mau menyala saat Anda usai bertelepon ya? Apakah Anda memasangkan pelindung layar yang buram atau tebal ke ponsel itu? Kadang itu bisa menjadi pemicu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *