Review SocBlue A860: Empat Kartu plus Power Bank

Sebagian pengguna ponsel di Indonesia dikenal rakus nomor. Mereka juga memakai acang yang rakus baterai. Buat mereka, SocBlue A810 mungkin kurang tepat. Alternatif pilihannya, cobalah melirik SocBlue A860.

Bodi A860 berukuran 115 x 56 x 13,7 mm. Untuk memperkirakan ukuran aslinya, carilah teman yang memakai iPhone 4. Pinjamlah sebentar. Kira-kira segitu deh. Ketika baterai belum dipasangkan, A860 berbobot 60 gram. Saat baterai terpasang, berat peranti itu melonjak menjadi 126 gram. Peningkatannya signifikan karena baterai bawaan A860 berkapasitas 5.000 mAh. Ya, lima ribu!

A860-1

Hal menarik dari A860, ia sanggup menyiagakan empat nomor GSM tambahan sekaligus. Ia dibekali pula dengan lampu senter dan pembaca kartu microSD. Konektor charger-nya berwujud micro USB yang merupakan konektor acang paling populer pada saat ini.

A860-3

Asyiknya lagi, peranti yang dijual Rp 1,375 juta itu dapat difungsikan sebagai power bank untuk mengisi ulang baterai acang lain. Tersedia dua konektor USB. Satu memiliki output 1 Ampere, satu lagi menghasilkan output 2,1 Ampere.

Persyaratan pemakaian A860 sama persis dengan A810. Tampilan menunya pun nyaris sama. Bedanya, layar ponsel yang dipasangkan dengan A860 menyajikan empat sinyal dan empat tombol telepon. Bukan dua seperti di A810.

A860-2

A860 juga memiliki keterbatasan dalam fungsi USSD, STK, dan tampilan SMS. Supaya bisa memanfaatkan GPRS/EDGE via A860, acang Android yang dipakai wajib di-root.

Soal kualitas suara, menurut penulis, A860 setingkat lebih rendah daripada A810. Kalau A810 sebelumnya penulis berikan skor 8 dari maksimal 10, A860 hanya meraup nilai 7. Skor itu merujuk pada performa A860 ketika penulis padukan dengan Sony Xperia Z dan LG Optimus G.

Entah mengapa, saat penulis memasangkannya dengan Samsung Galaxy Y Pro Duos, suara yang terdengar jauh lebih buruk. Berderau (seperti gemuruh hujan dibawa angin) dan kresek-kresek. Bila dinilai, A860 ketika itu cuma pantas diberi skor maksimal 4.

11 thoughts to “Review SocBlue A860: Empat Kartu plus Power Bank”

  1. Woww, benaran ada yang kayk gini, dulu pas sekitar tahun 2008 saya pernah pakai yg kyk gni untuk jadikan hp dua kartu, bentunya itu mirip T ujungnya — bisa u/ selipkan 2 sim GSM ujung I berbentuk sim u/ di selipkan ke hp, tapi sayangnya signal yg di tampilakan hanya 1 dan jika di lakukan panggilan yg muncul private number, saya test di nokia 1100

    1. Pak Robby Irawan,

      SocBlue A860 yang pernah saya coba hanya bisa GSM. Tak bisa CDMA.

      Barusan saya melihat tautan yang Anda berikan. Di sana disebutkan bisa CDMA. Bingung juga saya. Mungkinkah mereka salah ketik?

  2. Maaf pak kalau boleh tau alat ini kan support slot micro sd?
    Pertanyaannya sdcard disini berfungsi untuk apa dan bagaimana cara penggunaannya?
    Trimakasih untuk jawaban di atas dan saya tunggu jawaban yg ini.
    Karena saya minat dengan alat ini…
    Thanks…

    1. Pak Robby Irawan,

      Fungsinya untuk microSD card reader. Cara penggunaannya dihubungkan ke laptop/PC via kabel data.

  3. Untuk fungsi power bank, kegunaannya via kabel atau via apa? Apakah bisa digunakan ke iphone dan blackberry?

    1. Pak Robert Tan,

      Untuk memanfaatkan fitur power bank tentu diperlukan kabel penghubung, Pak. Saya tak pernah coba memakainya untuk mengisi ulang baterai iPhone dan BlackBerry. Mestinya sih bisa. Anda tinggal memanfaatkan kabel bawaan acang tersebut.

  4. Maaf pak saya mau bertanya…
    saya akirnya sudah membeli alat ini dan saya menggunakan galaxy note 2 yg sudah saya root.
    tetapi ketika saya mau menggunakan internet dari alat ini selalu gagal.
    ketika membuka seting gprs selalu keluar “open gprs failed”
    padahal alat sudah request akses superuser dan sukses.
    tapi tetap saja open gprs failed.
    adakah tutor cara menggunakan koneksi internet melalui a860?
    jika ada tolong saya dibantu.
    trimakasih…

    1. Pak Robby Irawan,

      Maaf, saya sudah lupa dengan struktur menu detail A860. Karena itu, saya tak bisa memberikan tutorial langkah demi langkah. Coba meminta bantuan penjual A860 itu, Pak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *