Review Sony SmartBand Talk SWR30: Gelang Pintar Nyaris Aluguda

Meskipun tampilan fisiknya menyerupai arloji berukuran ramping, Sony memposisikan SmartBand Talk SWR30 sebagai smartband alias gelang pintar. Produsen asal Jepang itu tampaknya masih menganggap smartwatch atau jam pintar mesti berbentuk bujur sangkar dengan bentang layar yang lebih lebar.

Dari namanya, smartband talk, calon pengguna sebenarnya mudah meraba-raba fungsi SWR30. Smartband dapat dimaknakan sebagai gelang pintar yang bisa dihubungkan dengan ponsel. Sedangkan talk berarti berbicara. Hmmm… berarti SWR30 dapat dipakai bertelepon ya? Betul!

Sony SWR30-1

Dengan tampilan fisik yang relatif ramping dan berbobot 24 gram saja, SWR30 nyaman digunakan oleh pemilik lengan berukuran kecil maupun besar. Layar gelang pintar itu melengkung. Layarnya bukan memanfaatkan LCD, melainkan e-ink.

Asal tahu, e-ink adalah singkatan dari electrophoretic ink atau electronic ink. Bila kata demi kata langsung diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, e-ink akan menjadi tinta elektronik. Padahal, ia sebenarnya lebih tepat disebut sebagai kertas elektronik. Mudahnya e-ink meniru penampakan tinta saat diteteskan atau dicetak di atas selembar kertas.

Sony SWR30-10

Berbeda dengan LCD, layar e-ink tidak dilengkapi backlight. Ia memantulkan cahaya dari lingkungan di sekitarnya. Dalam kasus ini, semakin tinggi intensitas cahaya di sekitar SWR30, tampilan layar bakal semakin terang. Di satu sisi hal itu menguntungkan pengguna. Sebab, di bawah terik matahari pun tampilan gelang pintar tersebut masih terbaca jelas. Namun, di sisi lain, kondisi tersebut merugikan. Di lokasi yang gelap gulita, pengguna pasti kesulitan melihat huruf dan angka di layar SWR30.

Seandainya masih bingung memperkirakan tampilan layar SWR30, ada cara mudah untuk membayangkannya. Ambillah selembar kertas yang diterima mesin faksimile. Alternatif lain, carilah struk yang didapatkan usai mengambil uang tunai di ATM atau berbelanja di minimarket. Nah, tampilan nyata layar SWR30 mirip dengan itu.

Gara-gara menyerupai tampilan kertas, selama memakai SWR30 penulis berkali-kali membuat orang lain kecele. Awalnya mereka menyangka penulis mengenakan jam tangan mainan. Pernah 1-2 kali ada orang yang terlihat memperhatikan SWR30 dengan seksama. Ketika penunjuk waktu berubah, mereka spontan berkata, “Lho, ternyata itu jam beneran ya?” Ha… ha… ha….

Sama dengan arloji digital konvensional, ketika sedang siaga, layar SWR30 selalu menyala dan menampilkan waktu terkini. Terdapat dua pilihan tampilan layar: latar belakang hitam dengan tulisan putih dan sebaliknya.

Sony SWR30-3

Sony SWR30-2

Berbekal aplikasi SmartBand Talk yang diinstalasikan di ponsel Android, pengguna dapat mengubah “wajah” jam tangan (watchface) itu. Tersedia berbagai pilihan tampilan penunjuk waktu, baik analog maupun digital. Prediksi cuaca atau tulisan sesuai keinginan pengguna juga dapat disajikan di layar SWR30.

Sony SWR30-4

Sony SWR30-5

Sony SWR30-6

Sebagai gelang pintar, SWR30 bukan hanya dapat menyajikan waktu. Kala ada panggilan masuk, peranti itu bakal bergetar dan menampilkan nomor/nama penelepon. Pengguna selanjutnya dapat menerima, menolak, atau membiarkan panggilan telepon tersebut.

Sony SWR30-7

Kalau mau, pengguna bisa langsung bercakap-cakap via speaker phone terintegrasi di SWR30. Jarak antara mulut dan gelang pintar sebaiknya tidak lebih dari 20 sentimeter. Aktivitas bertelepon seperti itu idealnya hanya dilakukan di lokasi yang relatif sunyi. Bila pengguna melakukannya di tempat yang gaduh, suara lawan bicara akan sulit didengar.

Sony SWR30-9

SWR30 juga mampu memberikan beragam notifikasi ketika ada pesan SMS, WhatsApp, BBM, atau email baru yang masuk ke ponsel. Pengguna leluasa mengatur aplikasi mana saja yang diharapkan memicu notifikasi di gelang pintar tersebut.

Sony SWR30-8

Alarm dan activity logging merupakan fitur bawaan lain SWR30. Activity logging yang dimaksud di sini adalah pencatatan aktivitas sehari-hari pengguna, baik aktivitas fisik maupun pemakaian ponsel. Di antaranya, total kalori yang dibakar, jumlah langkah kaki, durasi tidur, dan frekuensi bertelepon serta penggunaan kamera.

Pengguna dimungkinkan menginstalasikan aplikasi untuk menambahkan fitur SWR30. Dengan aplikasi Smart Camera, misalnya, SWR30 akan berfungsi sebagai tombol penjepret nirkabel. Pernah tahu tomsis alias tombol narsis? Seperti itulah cara kerjanya. Pengguna bebas mengarahkan kamera ponsel ke objek yang diinginkan. Untuk menjepret, pengguna cukup mengetukkan jari ke layar SWR30.

Sony SWR30-11

Ketika SWR30 telah terkoneksi via bluetooth dengan ponsel, sepasang peranti itu bisa saling mencari. Umpama pengguna lupa di mana telah meletakkan si gelang pintar, pengguna cukup menekan tombol locate smartband di layar ponsel. SWR30 bakal berbunyi sekaligus bergetar.

Sebaliknya, kalau pengguna ingin mencari ponsel yang terselip, pengguna tinggal mengakses ikon Find Phone di SWR30. Ketuklah layar satu kali. Ponsel akan spontan berdering, meskipun sebenarnya sedang berada di mode silent atau vibrate.

Lain waktu, pengguna yang telah mengenakan SWR30 mungkin terburu-buru meninggalkan rumah atau kantor. Ia lupa membawa ponsel. Dalam jarak sekitar sepuluh meter, gelang pintar itu akan bergetar. Di layar muncul simbol tanda seru. Seolah SWR30 berteriak, “Hoi… ponselmu ketinggalan!”

Saat ini SWR30 dijual di kisaran harga Rp 1,399 juta. Ia ditawarkan dalam dua pilihan warna, hitam dan putih. Walaupun bermerek Sony, gelang pintar itu bisa dipadukan dengan aneka ponsel merek lain. Syaratnya, ponsel tersebut bersistem operasi Android minimal 4.4 KitKat.

Pairing pertama antara ponsel dan SWR30 dapat memanfatkan koneksi NFC maupun bluetooth. Selanjutnya, dua peranti itu “bercakap-cakap” secara nirkabel via bluetooth. Untuk menikmati fitur lengkap SWR30, pengguna perlu menginstalasikan aplikasi SmartBand Talk dan Lifelog yang dapat diunduh di Play Store.

Berapa lamakah daya tahan baterai SWR30? Dengan perilaku pemakaian ala penulis, baterai gelang pintar itu rata-rata mampu bertahan 2,5 hari. Selama rentang waktu tersebut, SWR30 tak pernah dipadamkan. Bila daya baterai melemah, pengguna tinggal menancapkan charger ke konektor micro USB di bodi SWR30.

SWR30 telah memenuhi standar IP68. Karena itu, penulis sengaja tetap memakainya saat mandi, mencuci tangan, maupun menerjang hujan. Penulis tidak menguji kemampuannya di kolam renang. Bukan takut rusak, melainkan lantaran penulis tak bisa berenang. Seorang teman mengaku rutin mengajak SWR30-nya berenang. Hasilnya, sampai sekarang gelang pintar tersebut masih berfungsi normal.

Kesimpulan singkat versi penulis, SWR30 adalah produk gelang pintar yang multifungsi dan menarik dilirik. Fiturnya nyaris aluguda. Apa yang lu mau, gua ada. Kekurangannya praktis hanya di layar yang tanpa backlight sehingga amat susah dilihat di tempat gelap.

Lebih layak beli mana dibandingkan Huawei TalkBand B1 dan Acer Liquid Leap? Kalau diadu dengan TalkBand B1 yang dibanderol Rp 1,499 juta, menurut penulis, SWR30 lebih unggul di berbagai sisi. Sedangkan bila dikomparasikan dengan Liquid Leap, dua peranti itu sebenarnya bukan lawan seimbang. Lha harga keduanya berbeda signifikan, yaitu Rp 999 ribu versus Rp 1,399 juta. Betapa pun, Liquid Leap pantas dilirik oleh calon pengguna yang tak membutuhkan fungsi telepon.

Sony SWR30-12

Sony SWR30-13

Sony SWR30-14

Sony SWR30-15

Sony SWR30-16

Sony SWR30-17

Sony SWR30-19

Sony SWR30-18

 

258 thoughts to “Review Sony SmartBand Talk SWR30: Gelang Pintar Nyaris Aluguda”

  1. Miss AA, wkwkwk….. bisa aja om HSW, btw produk keren nih tapi kapan ya harganya tinggal 500 ribu? ^_^

      1. selamat siang,

        mhon info dan bantuan layar pada swr30 sya tiba menjadi putih display time pada layar sudah tidak terlihat lagi,awalnya saya kira mungkin baterai lobet,tp setelah dicharge tetap seperti itu..mhon info utk mengatasinya

        1. Pak Akbar,

          Hmm… kalau garansi sudah habis, tampaknya harus direlakan untuk dibuang/masuk ke lemari deh, Pak.

  2. Asli SWR30 keren banget, pak, … tapi yang bikin lebih keren lagi pak Herry kok bisa-bisanya bikin SWR30 itu nampilin Miss AA yang lagi nge-WhatsApp, nelepon, bahkan kirim pesan SMS “tarifnya” … hahahahahahaha 😀

    1. Pak Doubleyoueyedee,

      Caranya sederhana saja. Cukup pakai satu ponsel lain. Nomor telepon saya masukkan dan simpan ke daftar kontak sebagai “Miss AA”. 😀

  3. Karena udah dibikin ngakak duluan sama Miss AA, … hahaha, ada yang lebih penting mau saya katakan malah kelupaan … hehehe. Setahu saya akronim yang lazim dipakai dalam percakapan sehari-hari untuk menyingkat “apa lu mau gua ada” adalah “alugada” (gabungan dari dua kata yang artinya nyaris sama yaitu alat untuk “menumbuk”, alu+gada) atau “alamugada” (ala = secara, mugada = mau? gua ada!). Kalau akronim ala pak Herry “aluguda”, baru denger saya.

    1. Pak Doubleyoueyedee,

      Oh, mestinya alugada ya? Saya malahan baru tahu. Kebetulan dulu saya pernah melihat barang tertentu di http://www.aluguda.com. Nah, itu kepanjangannya apa lu mau gua ada. Saya perhatikan, cocok juga sih, aluguda = Apa LU mau GUa aDA

  4. Oom HSW,
    1. Kalo terima SMS panjang, bisa menampilkan berapa baris di layar?
    2. Kalo di Samsung ada SHealth, disini pakai aplikasi apa ya?
    Makasih.

    1. Pak Budhi Astiyadi,

      1. Total empat baris. Satu baris pertama menampilkan nama pengirim dengan ukuran huruf lebih besar daripada baris yang lain. Trus, isi SMS-nya bisa tiga baris.

      2. Lifelog.

  5. harus pakai kitkat ya pak? kalau connect dengan xperia m yang masih jelly bean 4.3 berarti ngga ada harapan ya?

    1. Bu Ica,

      Iya, minimal KitKat. Pernah saya coba padukan dengan ponsel Jelly Bean 4.2.2 dan 4.3 tidak bisa nyambung.

  6. fiturnya cukup menarik dan harganya jg murah untuk ‘merk’ sony coba harga segitu layar lcd pasti lebih menarik haha..
    tnpa backlight saat gelap gulita itu berarti cuma susah di lihat atau sama sekali gak keliatan pak? di bioskop atau pas mati lampu contohnya?

    1. Bu Miss JD,

      Susah dilihat. Bergantung kondisi sekitar sih.

      Di dalam bioskop yang sedang memutar film masih bisa dilihat, meski agak susah. Kan ada pantulan cahaya dari layar.

      Pas mati lampu, kalau ruangannya gelap gulita, takkan dapat dilihat.

  7. Menarik, Om. Jadi pengen….

    Kalo di kantor, kita punya istilah “Pengamat Palu Gada”. Nyindir Pengamat yang bisa ngomentarin apa aja mulai dari politik, olahraga, sampe gadget. aPA LU mau Gua ADA…. Sama2 alat menumbuk, mukul, ‘nimpe’ kepala orang.

    Salam

    1. Pak Yogi Ardhi,

      Ha… ha… iya. Ada orang yang bisa jadi pengamat segala hal, bahkan lintas bidang banget ya.

  8. Pak HSW dimana ya yg Masih punya stok SWR30 dengan harga segitu? Saya cek blibli dan bhinneka rata2 sudah diatas harga tsb bahkan mendekati 2 juta. Bulan lalu memang sempat 1.4 juta di blibli tapi saya ragu karena sudah lama tidak pakai jam tangan takutnya ga dipake sama saya

    1. Pak Liat2aja,

      Beberapa gerai penjual Sony di Surabaya sih saya lihat menjualnya Rp 1,399 juta. Biasanya mereka bulatkan menjadi Rp 1,4 juta.

  9. Pak Herry, kalau saya perhatikan, ini fungsinya mirip seperti pebble, yang dihilangkan backlight nya tapi ditambah speaker + mic buat telepon

    apakah selanjutnya ada rencana review wearable lain kah?

    1. Pak Ragil Sunyoto,

      Kebetulan saya belum pernah mencoba Pebble. Dulu waktu harganya sempat turun jadi Rp 1,3 jutaan, saya sempat ingin beli. Namun, saya terlalu lama galau sehingga harga terlanjur naik lagi. Batal deh.

      Secara berkala saya akan menguji pakai wearable device, tablet, dan aksesori lain. Yang diutamakan sih tetap ponsel.

  10. Cuma bantu miss AA, kalo ada yg cari harga 1.399 jt, ada Dinomarket.com bisa cicilan 0% juga pakai KK, aku puas pakai smartband swr30 ini puas banget, sayang tdk ada yg jual pelindung kacanya…

  11. Dear pak HSW

    saya pemula di masalah smart watch ataupun smart”gelang”
    produk sony swr30 ini masuknya ke smart “gelang”ya pak?

    kebetulan baru mau mencari smartwatch ataupun smart”gelang” yang bisa di padu padakan dengan Samsul saya..

    kalau batasan harga tidak menjadikan halangan untuk membeli jam pintar ataupun gelang pintar tersebut, rekomendasi yang diberikan bapak apakah masih sony swr20? atau samsung gear2? atau samsung gear lainnya?sekiranya bisa memberikan masukan ke saya pak?

    wasapp bbm bisa dikoneksikan.
    apakah viber dan skype juga bisa masuk pak? kebetulan kami di kantor wajib pakai viber dan skype always on.. karena tidak ada jaringan telefon di tempat kerja kami.. semua menggunakan data satelit dan wifi.

    lalu apakah notifikasi email perusahaan, gmail, yahoomail bisa diakses juga?
    kebetulan saya membutuhkan notifikasi email masuk.
    dan apakah bisa notifikasi socmed lainnya seperti instagram? path?

    Terimaksih Pak,

    Salam,
    Mike- East Timor

    1. Pak Mike,

      Ya, silakan membeli Sony SmartBand Talk SWR30. SWR30 lho ya, bukan SWR20.

      Saya cenderung menyarankan Anda jangan membeli Samsung Galaxy Gear. Sebab, kalau suatu saat Anda berganti ke ponsel yang bukan bermerek Samsung, Anda bakal kesulitan mengoneksikan Galaxy Gear tersebut.

      Saya tak pernah pakai Viber dan Skype.

      Gmail dan Yahoo bisa. Untuk email perusahaan, bergantung email itu Anda akses di ponsel melalui aplikasi apa.

      Soal Instagram dan Path, saya tidak memakainya.

  12. bila saya amati 3 gambar terakhir menggunakan hp yg berbeda ya pak? bila hp disambungkan dengan ini konsumsi battry nya boros ndak pak?

    1. Pak Danang Wahyu,

      Benar, tiga screen capture terakhir “dijepret” memakai ponsel lain.

      Konsumsi baterai ponsel tidak berbeda signifikan kok. Beda sedikit deh.

  13. Ahh… akirnya gelang yg bikin saya galau dan akirnya urung beli ini direview juga… Dan skrg saya galau lagi, beli apa tidak hehehe…
    Sblmnya saya sdh memiliki Sony SW2 Pak, trnyt saya merasa SW2 tdk ada bedanya dgn Gelang Cerdas yg hny bs terima notifkasi.
    Utk SWR30 ini, Pak Herry menyebutkan bisa digunakan utk capture foto. Saya mau tanyakan, aplikasi kamera yg digunakan adl aplikasi kamera bawaan atau aplikasi punya “Sony” Pak? Soalnya SW2 jg bisa utk capture foto tp tampilan kameranya bukan kamera bawaan HP saya tp berubah spt aplikasi kamera HP Sony…
    Kemudian, saya melihat di bbrp tampilan layar SWR30 di atas, misalnya utk angka jam, blkgnya nampak spt ada bayang2 angka lainnya, apa itu efek dr e-ink Pak?

    1. Pak Edwin,

      Jadi, dalam aplikasi SmartBand Talk yang diinstalasikan ke ponsel Android, terdapat menu My Apps. Nah, pengguna tinggal memilih Add Apps, kemudian menambahkan aplikasi Smart Camera.

      Benar, soal bayang-bayang, itu karakteristik e-ink. Bayang-bayang biasanya terlihat kalau tampilan layar barusan berubah.

  14. Pak Herry,

    terimakasih untuk ulasannya, sangat berguna.
    Menurut saya alat ini akan makin ciamik kalo bisa ukur heart rate (heart rate monitor).

    Pertanyaan saya:
    1. apakah alat ini bisa mengukur ketinggian? jadi seperti misalnya kita sudah naik anak tangga setinggi berapa meter gitu… Jadi ini kombinasi antara pedometer dan altimeter.
    2. Berarti alat ini harus connect via bluetooth terus menerus ya pak? Menurut Pak Herry untuk wearable yang terhubung via bluetooth terus menerus apakah tidak menguras baterai handphone nya? sementara saya masih pakai LG G pro lite, untuk ganti masih menunggu dan berharap LG G4 di review dulu oleh Pak Herry.

    1. Pak Yo,

      1. Tidak bisa.

      2. Ya, idealnya senantiasa terhubung via bluetooth. Hal itu tentu berpengaruh terhadap konsumsi baterai ponsel. Namun, perbedaannya tidak signifikan kok. Beda sedikit sekali.

  15. Terima kasih ulasannya Pak. Mau membantu menambahkan saja, saya pengguna SWR30 juga. Ada satu hal yg sepertinya belum Pak Herry singgung, mengenai kondisi layarnya yg mudah tergores. Karena saya baru pakai sehari, dan terkena goresan kecil, akhirnya saya memaksakan membuat screen guard sendiri. 🙂

    Jika ada yg menanyakan membeli SWR30 dimana, sekedar info, untuk aksesoris resmi Sony dijual di gerai ‘Toko Selamat Datang’. Dan untuk SWR30 harganya masih Rp. 1,399jt.

    Hampir semua notifikasi bisa ditampilkan tanpa perlu install aplikasi tambahan di ponsel seperti jika menggunakan SmartWatch 2. Path, BBM, bisa menerima notifikasi.

    Terima kasih dan sukses selalu buat Pak Herry…

    1. Pak Irwansyah C Nugraha,

      Saat melihat tampilan layar SWR30, saya memang curiga layar itu lumayan mudah tergores. Namun, saya tak berani iseng menggoresnya. Kebetulan saya sudah menggunakan gelang pintar tersebut selama lebih dari satu bulan dan layar tetap mulus.

      Boleh tahu screen guard yang Anda buat sendiri itu berbahan apa? Bagaimana caranya memotong supaya ukurannya presisi? Saya ingin mencobanya.

      Terima kasih atas tambahan informasinya seputar notifikasi.

    2. Pak Irwansyah,

      Tadi saya lupa merespons satu hal. Di beberapa gerai “Toko Selamat Datang” stok SWR30 sudah kosong. Dengar-dengar setelah ini gerai tersebut bukan lagi menjadi distributor eksklusif aksesori Sony. Selain “Toko Selamat Datang”, aksesori Sony akan tersedia di diler ponsel Sony.

  16. Benar Pak… Di 3 toko Selamet Datang di Sby uda tdk tersedia brgnya.
    Mengenai harga, katanya tgl 14 kmrn uda kembali ke harga Normal, kalo tdk salah Rp. 2.280.000, tp sih kata pegawainya akan diperpanjang promo harganya (Tetap Rp. 1.399.000)… semoga benar adanya hehe…

    1. Pak Edwin,

      Saat ini status harga Rp 1.399.000 tersebut bukan harga promo kok. Harga normalnya memang sudah segitu.

  17. Thanks pak Herry atas reviewnya, saat ini saya pakai Sony SW2 dan dari review pak Herry fungsinya sama dengan swr30, kalo layarnya pakai e ink berarti kayak ebook reader Sony dulu ya, ini jd pertanyaan maksudnya apa ya? kalo ebook karena biar mata tidak cepat lelah tp kalo untuk jam tangan kayaknya kurang cocok karena harus selalu ada cahaya, btw..modelnya cukup bagus ya

  18. Pak Herry,

    Kalo tidak terhubung bluetooth terus menerus, misal 3 hari tidak connect, apakah setelah connect smartwatch masih menyimpan lifelog kita selama masa 3 hari itu?

    Trims pak..

    1. Pak Jaz,

      Wah, kalau sampai tiga hari, saya tak tahu. Nggak pernah terpikir mencobaya.

      Kalau tidak terkoneksinya selama berjam-jam, masih bisa nyimpan.

  19. Pak HSW bisa di infokan apakah swr30 harus selalu berada dekat hp untuk penggunaan dan rekam data lifelog? misal suatu saat hp tidak di bawa pergi apakah fungsi lifelog dan jamnya tetap berfungsi dan terekam? terima kasih sebelumnya.

    1. Pak Ariz,

      Tidak harus berada di dekat ponsel. Biarpun terpisah berjam-jam, masih terekam kok. Jamnya juga tetap berfungsi.

  20. Pak Herry, pertanyaan pak ariz diatas mirip dengan maksud saya.. Hehe.

    Karena batere droid saya kurang kuat jadi klo bisa tracking tanpa konek setiap saat itu lebih baik..

    1. Pak Jaz,

      Kalau hanya terpisah berjam-jam (yang terlama, saya pernah memisahkan keduanya hampir 12 jam) tetap tercatat. Namun, kalau sampai terpisah tiga hari, seperti yang ditanyakan seorang rekan, saya tak mengetahuinya. Belum pernah coba.

  21. Pak Herry, proses charging SWR30 ini kira2 berapa lama untuk full? Kalau di Surabaya bisa di dapat di toko2 mana? Trims sebelumnya

    1. Pak Dharma Sugandhi,

      Saya tak pernah mengukur dengan detail. Cepat kok. Kira-kira satu jam saja.

      Kalau di WTC, coba cari di Garuda Teknik lantai 1 dan 2. Kalau di Marina, Cellular Outlet di lantai 2 mestinya masih ada stok.

  22. Koh herry…
    ini touchscreen atau bukan sih??

    kok layarnya ngajak ribut ya…

    harus sentuh/diketok dengan keras baru mau geser/pindah…
    apa memang semua unit sony swr30 gitu…
    atau cuma unit saya saja ya??

    1. Pak Herry Widnyana,

      Bukan layar sentuh.

      Untuk mengetuknya, jurus yang saya lakukan:
      * Bagian jari yang mengetuk bukan hanya ujung jari, tetapi hampir satu ruas jari. Ehmm… bayangkan mau cap jari di KTP atau paspor gitu deh.
      * Ketukannya justru jangan sangat keras. Sekadar cukup keras, tetapi menghentak.

  23. Pak Herry SW,
    Saya pengguna moto 360 yg lg nyari secondary smartwatch. Pilihan saya jatuh diantara Pebble Classic dan Smartband talk ini (ceritanya ingin nyari smartwatch yg batrenya sedikit lbh awet drpd moto saya yg hampir tiap hari minta di charge).
    Kalau Pak Herry akan milih yg mana diantara 2 produk diatas dg melupakan selisih harga dan genre device yg ada, dg pertimbangan daya tahan batre dan fungsi?
    Terima kasih sebelumnya

    1. Pak Irul,

      Maaf baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada hari ini. Sesuai pengumuman yang saya tuliskan di blog, jawaban atas pertanyaan yang masuk pada 24-30 Mei 2015 akan mengalami penundaan. Pada rentang waktu tersebut saya sedang berada di Beijing, Tiongkok, untuk mengikuti Lenovo Tech World.

      Karena saya belum pernah mencoba Pebble Classic, saya tak bisa menjawab pertanyaan Anda.

  24. Selamat siang Pak Herry… Akhirnya kebeli juga nih gelang, stlh sekian lama inden dr toko WC hehe…
    Saya mau tny bbrp hal Pak :
    1. Knp kok layar SWR saya terkadang spt ngedip/ngeblink sndr gt ya Pak? Kmrn wkt saya charge malah frekuensi ngedipnya lbh bnyk ;
    2. Saya bgg dgn Smartband pada umumnya, SWR ini khususnya, yg disebutkan bhw mrk bisa memantau waktu tdr kita, bgmn cara kerjanya Pak? Bgmn mrk tau kalo kita sedang tdr? Pdhl mgkn kita hny rebahan sambil main HP di tmpt tdr ;
    3. Penggunaan ketika mandi, apakah tdk apa2 kalo kena sabun/sampo?
    4. Bila ada notifikasi BBM/SMS/pesan lainnya, qta hny bs membaca 3 baris saja ya Pak? Tdk bs membaca keseluruhan isi pesan yg panjag2 gitu….

    Utk sementara itu dulu ya Pak Herry hehe… Terima kasih Pak…

    1. Pak Edwin,

      1. Memang sesekali akan berkedip. Kondisi itu sudah disebutkan di sebuah dokumen (semacam user guide yang saya lupa dulu membacanya di mana) dan dinyatakan normal.

      2. Detail cara kerjanya saya tak tahu. Namun, saya lihat SWR30 cukup sulit untuk ditipu. Ia seringkali bisa membedakan tidur beneran dan pura-pura tidur. Yang seringkali masih dapat ditipu, naik sepeda motor dianggap sama dengan naik mobil.

      3. Tidak apa-apa. Saya sudah berbulan-bulan melakukan hal itu. SWR30 saya tetap baik-baik saja.

      4. Seingat saya empat baris, Pak.

  25. Pak herry, knapa saya ga bsa angkat telp dengan swr30 saya ? Awalnya bisa, trus ntah knapa jd ga bsa.. stiap saya tekan function key nya swr30nya malah balik ke layar jam bukannya mengaktifkan speakernya.. tolong d bantu pak herry..

    Thanks

    1. Pak Chandra,

      Daripada pusing-pusing mencari sumber masalah, lakukan reset saja deh. Matikan dulu SWR30-nya. Berikutnya, tekan dan tahan tiga tombol sekaligus: volume ke atas, volume ke bawah, dan function key. Tahan terus sampai SWR30 bergetar satu kali, disusul beberapa getaran beruntun. Sekarang lakukan pairing ulang.

      1. Pak herry,

        Thanks buat infonya.. kmrn ud saya coba hard reset dan sudah bsa untuk mengangkat telp.. skr malah sms masuk yg ga bsa d baca.. hahahahhaa
        Bbm, whatsapp dan email smua bsa d baca cuman sms doank.. ntar saya coba reset aja lagi d pak herry..
        Sekali lg thanks buat smua info pak herry.. berguna sekali buat para pengguna swr30..

        Sukses selalu pak..

          1. Pak herry,

            Saat diketuk malah cuma muncul tulisan “new message”
            Makanya saya aneh.. dan juga naik sepeda motor dikategorikan cycling kalo pnya saya pak..
            Dan 1 lg pak, bagusnya di charge pas battery levelnya sisa brapa pak ?

          2. Pak Chandra,

            Oh, kalau cuma tulisan “new message”, mungkin yang masuk terlanjur lebih dari satu SMS.

            Saya biasanya nge-charge ketika sisa baterai belasan persen.

          3. Pak herryy,

            Sudah saya pastikan cuma 1 sms saja yg masuk pak.. nnti coba saya reset lg dan liat sprti apa perubahannya dan akan saya share dsini biar smua user swr30 bsa tau pak..
            Thanks buat smua info pak herry..

  26. Bener sih Pak, SWR30 ini memantau jam tdr saya cukup akurat… Hebat bener ini hahaha…. cm yg lain mnrt saya krg akurat Pak, spt langkah kaki, ketika SWR bergetar, langkahnya mnjd bertambah dlm jumlah banyak Pak…
    Kemudian ada bbrp pertanyaan lg nih Pak :
    1. Kok di Setring SWR30 saya tdk trdpt XPeria Smart Alarm spt yg tertampil di sceeen shoot Pak Herry ya? Saya memang tdk menggunakan HP Sony sih…
    2. Kmrn saya iseng2 mencoba utk mengaktifkan Smart Alarm dgn Alarm Window 0 menit. Sehingga alarm yg tercantum adalah 6.25-6.25. Tp stiap 10 menit skali, alarmnya nyala kembali Pak. Apa kira2 Pak Herry tau penyebabnya?

    Makasih bantuannya Pam Herry hehehe

    1. Pak Edwin,

      1. Maksudnya Xperia phone alarm ya? Menu itu memang hanya muncul bila SWR30 dipadukan dengan ponsel Sony Xperia.

      2. Lho memangnya bisa ya diatur 06.25-06.25? He.. he.. saya tak tahu penyebabnya.

  27. O iya Pak Herry, mau tny lagi… Ketika SWR ini terkoneksi dgn HP, apakah kondisi HP jg hrs selalu terkoneksi dgn internet?
    Krn kebiasaan saya, setiap tdr malam, saya sll mengaktifkan airplane mode tp krn skrg saya menggunakan SWR ini jadi ya Airplane Mode tetap aktif hny saja Bluetooth jg aktif….
    Sorry Pak nanya satu2, soalnya kalo uda kekirim pertanyaannya br kemudian muncul pertanyaan2 lain hehe

  28. Iya Pak, mksd saya Xperia Phone Alarm hehe…
    Utk alarm bisa diset 6.25-6.25 Pak, caranya Alarm Window dibuat mjd 0 minute, nnt ditampilan Smart Wake Up Alarmnya tertera 6.25-6.25.
    Lalu utk pertanyaan saya soal “Setiap 10 menit alarm bergetar”, kelihatannya saya tau penyebabnya Pak…
    Ketika Function Button dipencet sekali, itu artinya “Snooze”, sdgkn jika ingin mematikan alarm, maka Function Button hrs dipencet + ditahan Pak….
    Ngmg2, saya td jg mengalami permasalahan yg serupa dgn Pak Chandra, yaitu SWR tdk bs menerima panggilan dan kembali ke tampilan awal. Lalu saya ikut sarannya Pak Herry utk mlkkn Reset, stlh Reset kedua kali baru berfungsi normal lagi Pak….

    Utk sementara itu dulu info yg bisa saya berikan Pak, nnt jika ada pertanyaan lagi, saya akan menghubungi Pak Herry. Jangan kapok ya Pak hehehehe….
    Terima Kasih utk jawaban2nya Pak….

    1. Pak Edwin,

      Barusan saya coba. Di tempat saya hasil akhirnya cuma 06:25, bukan 06:25-06:25.

      Terima kasih atas sharing informasinya.

  29. Selamat malam Pak Herry…. Mau curcol + berbagi sdkt info nih Pak…
    SWR30 saya mengalami kejadian spt milik Pak Chandra, yaitu sering tidak bisa menerima panggilan, ketika Function Button ditekan, tampilannya kembali ke tampilan awal. Harus direset terlebih dahulu baru bisa, tetapi tidak lama kemudian penyakitnya kambuh lagi… Punya Pak Herry tidak mengalami hal serupa ya? Selalu bisa menerima panggilan gitu…
    Lalu sdkt infonya Pak, punya saya uda saya kasi “pelindung” layar… Minta tolong buatin di X-Fone WTC sana Pak… Jd mungkin kalo Pak Herry masi menggunakan SWR30 dan sering ke WTC, bole tuh mampir lagi ke sana Pak hehehe

    1. Pak Edwin,

      Saya tidak terlalu sering menerima telepon masuk via SWR30. Sebab, kalau sedang di tepi jalan, suara dari speaker mungil SWR30 pasti terasa kurang keras. Sesekali saja saya menerima telepon lewat SWR30 dan kebetulan selalu berhasil.

      Oh, di X-Fone bisa pesan pelindung layar SWR30 ya. Terima kasih atas informasinya.

  30. Pak edwin,

    Saya malahan cuma sekali doank resert ud ga prna ad mslah soal menerima telp.. cuman masalah saya tetap ga bsa baca sms hahaha…

    Pak herry,
    Skr saya menggunakan os lollipop.. dan sudah ada notification software update.. apakah setelah update masih ga ad masalah dengan swr30 nya pak ? Soalnya saya pernah baca bnyak yg crash pas baru upgrade dari kitkat pak

    1. Pak Chandra,

      Saya sempat padukan SWR30 dengan LG G4 dan Xiaomi Mi 4i yang pakai Lollipop. Hasilnya, baik-baik saja sih.

      1. Pak herry,
        Skr saya lg pake lollipop jg ga ad masalah.. tp di ponsel saya uda bsa update software lg.. nah di atas lollipop apa ad masalah pak ?

        1. Pak Chandra,

          Bukankah saat ini yang sudah beredar komersial baru sampai Lollipop? Android M belum meluncur komersial kan. CMIIW.

          1. Pak herry,

            Justru itu tp kok saya dapat notification software update lg padahal saya menggunakan lollipop.. saya cuma takut ntar malah eror pula..

  31. Nahh itu Pak Chandra, td malam saya baru saja mereset mgkn utk yg kelima kalinya, abis reset bisa dipake utk terima telpon dan pagi ini saya coba utk terima telpon sudah tidak bisa lagi. Emosi juga ini hahahaha… Kayaknya terpaksa flash software ulang di Sony Centre deh…
    Soal update software itu, mgkn hny update minor saja Pak…

    Pak Herry, kmrn saya ke X-Fone, lgsg dibikinin sih Pak, nunggu 10 menit aja, ga perlu pesan hehehe… Cuma hasilnya, tampilan jd sedikit lbh silau sebab saya kasi pelindung glossy hehe…

  32. Pak Chandra,

    Saya memadukan SWR30 ini dengan LG G4. Tapi ketika menerima panggilan telepon kok tidak berfungsi ya? ID caller muncul di smartband tapi ketika saya tekan function buttonnya yg ada malah caller idnya hilang. Tapi tidak mengangkat telepon. Dan di hpnya masih ada caller idnya. Ada solusikah?

    Terima Kasih.

    1. Pak Arya,

      Sambil menantikan jawaban dari Pak Chandra, saya yang pernah memakai SWR30 dan G4 hanya bisa memberikan saran: lakukan reset. Saya sendiri tak mengalami masalah kala SWR30 saya padukan dengan G4.

  33. Pak arya,

    Saya rasa reset adalah solusi terbaik pak…

    Tapi pak herry,
    Masalah sms saya juga masih tetap begitu.. saya pun bingung hrus gmna lg, jd saya biarin aja

  34. Sorry Pak, berhubung Pak Arya komen soal hal demikian, saya ikut nimbrung lagi gapapa kan Pak… hehehe

    Pak Arya, permasalahan yg anda alami sama dengan yg saya alami juga Pak. Ketika direset, menerima panggilan masuk bisa berfungsi kembali dgn normal tetapi (tidak tahu tepatnya brp lama), esoknya ketika saya mencoba kembali, permasalahan tsb muncul kembali. Saya sudah mlkkn reset sekitar 5x dan selalu terulang hal yg sama.
    Iseng2 saya bawa ke Sony Service Center, jawabnnya sungguh mengeceweakan “Untuk accesoris harus dikirim ke Jakarta, paling cepat 1 bulan dan paling lama bisa 5 bulan.”
    Itu kan ga bener…
    Akhirnya saya coba bawa ke Wellcomm, mereka menyarankan 2 hal :
    1. Reinstall apps SWR30 + Lifelog di HP
    2. Kirim ke Jkt dgn jgk waktu paling cepat 3 minggu dan paling lama 1 bulan.
    Saya sudah mencoba solusi pertama, tetapi permasalahn masih terulang kembali (menerima panggilan bisa berfungsi setelah direset tetapi malfungsi lagi setelah bbrp saat). Saat ini saya sedang mempertimbangkan solusi kedua sih…. walaupun berat hati juga hehe

    1. Pak Edwin,

      Ada satu lagi yang perlu dicoba. Padukan SWR30 itu dengan ponsel lain. Kalau tetap bermasalah, SWR30-nya patut dicurigai deh.

  35. Benar Pak Herry, saya sempat terpikir hal tsb, tetapi sebatas terpikir saja, krn selalu lupa utk merealisasikannya hehehe…

  36. Permisi , tanya nih.
    Di Review Xiaomi Redmi 2 disebutkan bahwa Redmi sering dikonekkan dengan SWR30 ini.
    Nah apa semua fitur SWR30 berjalan lancar di Redmi 2 ?
    Kalau ada yang tidak lancar apa saja ituu ?
    Apa aplikasi Lifelog berjalan sebagaimana mestinya di Redmi 2 ?

    Thanks

    1. Pak Putra,

      Lancar kok. Untuk Lifelog, saya tidak memperhatikannya dengan superteliti. Kebetulan saya lebih memerlukan fungsi notifikasi via SWR30 daripada Lifelog. Saya merasa tak ada kejanggalan di Lifelog.

  37. Maaf.. saya mau tanya..
    saya baru beli SWR30.. trus install smartband talk dan life loq..
    tapi saya tdk bisa add aplication notification tambahan seperti bbm, message (standart), dll.. Cuma yg ke add setelah instalasi..
    Info saja, saya pakai Samsung S4.
    Mohon bantuannya..
    Terima kasih..

    1. Pak Eriawan,

      Kebetulan saya tak pernah memadukan SWR30 dengan S4. Di halaman aplikasi Smartband Talk, fitur menambahkan notifikasi hilang atau bagaimana nih, Pak?

  38. Pak herry..salam kenal.sebelumnya..

    Saya baru beli kurng lebih minggu lalu tanggal 28 Juni 2015 kemaren…saya pake samsung note 3… dan istri saya pun juga pake note 2…
    Awalnya smua sih baik baik and berjalan sperti biasa..lancar dan tidak ada masalah…
    namun sejak tanggal 1 juli 2015, dari software “smartband talk” nya…ada update software terbaru…akhirnya saya Update deh….software smartbandtalk nya di HP saya dan istri saya…

    Hasil update yg terbaru, fiturnya pun bertambah…
    bisa reply message, bisa tampilkan Foto profil, makin keren sih….
    TAPIII…..kenapa setelah update software , kok jadi ga berfungsi dengan baik…
    Terkadang vibrate muncul..trkadand tidak..
    Terkadang notif nya langsung tampil di screen watch nya…terkadang tidak..
    dan bahkan, wkt notification masuk..wa atau bbm masuk, pas saya tap di layar smartbandnya, tidak bisa terbuka…dan bahkan di layar HP samsung saya tiba tiba kluar, “application smartbannd closed”…….
    ada apakah gerangan????
    Apakah di karenakan update software yg terbaru ini belum stabil?? Atau apakah karena setting-an??
    saya dan istri sama sama pake swr 30 , dan awalnya sama sama bagus…dnan lancar…tapi skrg sejak update..jadi sama sama error…
    Toolong pencerahannya pak…thanks…

    1. Pak Yohanes,

      Silakan coba melakukan pengaturan ulang dari awal. Seolah Anda baru membeli SWR30 itu.

      Hapuskan pairing di ponsel dulu. Hapus pula aplikasi pendukung SWR30 yang sudah diinstalasikan ke ponsel. Berikutnya, ulangi semua dari awal.

  39. hi,ada masalah sedikit. swr30 saya kok ga bs notification sms ya? kl telepon bisa. mohon pencerahannya. mkasih.

    1. Pak Yopil,

      Coba masuk ke aplikasi SmartBand Talk di ponsel. Pastikan tombol di samping tulisan Notifications sudah On (berwarna biru).

  40. Pak Herry, saya mau tanya.
    Apakah swr30 memiliki jam sendiri di perangkatnya atau bergantung kepada bluetooth hp? Karena saya memiliki headset Sony SBH50. Kebetulan SBH50 memiliki jam yang selalu bergantung pada bluetooth hp saya. Mohon penjelasannya…

    1. Pak Mesakh,

      Maaf, baru pagi ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Karena sesuatu hal, selama berhari-hari saya menghilang dari dunia maya.

      Penunjuk waktu di SWR30 akan merujuk kepada waktu di ponsel. Kalau SWR30 sudah terhubung dengan ponsel, kemudian koneksi Anda putuskan, jam yang tersaji di SWR30 akan terus berubah layaknya sebuah arloji biasa.

  41. Pak saya akhirnya beli SWR30 ini via web blibli.com mumpung ada promo discount 10% dan bisa cicilan 12 bulan yg artinya saya bayar sekitar 100-an ribu lebih sedikit untuk smartwatch ini. Tapi saya lupa mengecek kompatibilitasnya dengan Lollipop 5.1.1 di S6 Edge saya, mudah2an bisa.

    Sekarang tinggal menunggu pesanan dikirim karena mereka masih libur, tapi berhubung promo cuma sampe besok (19 Juli) jadi saya tetap pesan hari ini.

    1. Pak Liat2aja,

      Maaf, baru pagi ini saya bisa merespons komentar Anda. Karena sesuatu hal, selama berhari-hari saya menghilang dari dunia maya.

      Jadi, total harga SWR30 itu berapa, Pak?

      Saya pernah memadukan SWR30 dengan LG G4 yang pakai Lollipop. Lancar sih. Entah kalau dengan Galaxy S6 Edge. Saya belum pernah menguji pakai ponsel itu.

  42. Pak Herry saya mau nanya dikit utk fungsi sleeping SWR30 biar bisa aktif, harus kita pakai juga waktu kita tidur ato bisa di lepas saja? Kmd utk baca notif tidak ada masalah hanya saja setelah baca wa atau bbm nya di bawahnya ada icon reply, apa memang ada fungsi SWR30 yg bisa reply wa ato bbm itu?
    Terima kasih sebelumnya

    1. Pak Albert,

      Maaf, baru pagi ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Karena sesuatu hal, selama berhari-hari saya menghilang dari dunia maya.

      SWR30-nya tentu harus digunakan selama tidur.

      Saya tidak menggunakan BBM. Setelah ada update terbaru, SWR30 memang bisa membalas pesan WhatsApp. Namun, Anda hanya dapat memilih dari template yang tersedia. Tak bisa mengetikkan pesan baru.

  43. Selamat malam Pak Herry..

    1. Apakah notifikasi atau telpon yg masuk ga selalu aktif di smartbandnya ya Pak? Saya malah mendengarkan deringan telpon di HP, pas cek ke smartbandnya tidak bergetar, namun stlh saya tekan tombol yg di sebelah kanan bawah smartbandnya baru bergetar.. Notifikasi jg kadang masuk, kadang tidak.. Masalah yg saya alami hampir sama dengan yg dialami pak Yohanes, namun saya belum pernah update sama sekali.. Saya baru membeli smartband ini tgl 16 Juli 2015.. Dari awal beli sudah seperti itu..
    2. Jam yg ditampilkan dilayar jg tidak berubah dengan sendirinya, harus ditekan tombol kanan bawah dahulu baru jamnya berubah, apakah memang seperti itu ya Pak?
    3. Saya masih belum bisa mengetuk smartband saya.. Saya jg sdh mencoba saran Bapak yg dijelaskan dicomment2 sebelumnya, tp masih belum bisa.. Bagaimana cara mudahnya ya Pak?
    4. Apakah saat mencharge smartband harus dalam keadaan mati atau tetap hidup?

    Mohon pencerahan dari Pak Herry..
    Terima kasih..

    1. Pak/Bu Willya,

      1. Seharusnya selalu aktif. Coba masuk ke aplikasi SmartBand Talk di ponsel Anda. Pilih settings, lalu perhatikan baris notifications dan incoming calls. Pastikan keduanya sudah aktif (tombol bundar berada di sisi kanan). Anda sebaiknya juga melakukan update.

      2. Tidak. Waktu yang tersaji di layar SWR30 seharusnya otomatis berubah, layaknya jam tangan biasa.

      3. Nah… ini saya bingung menjelaskannya. Lha satu-satunya cara memang dengan mengetuk layar.

      4. Bebas. Biarpun awalnya mati, saat di-charge, SWR30 akan kembali menyala.

  44. Pak HSW,

    Harga asli Rp 1.399.000 diskon 10% jadi Rp 1.259.100 dan cicilan 12 bulan jadi per bulan bayar sekitar Rp 105 ribu rupiah.

    Produk belum dikirim asumsi libur lebaran paling cepat akhir minggu ini atau minggu depan baru mulai dikirim

    Ngeri amat cerita ibu/bpk Wilya diatas, jadinya bukan smartband lagi tapi jadi dumbband.

  45. Pak/bu willya

    Udah dicoba reset bu ?

    Pak herry,
    ada software apa yg bsa d update.. belakangan lg ga dipake swr30 saya.. soalnya koki saya lg mudik jd saya yg harus masak 🙁 jd ketinggalan nih

    1. Pak Chandra,

      Lakukan update aplikasi SmartBand Talk SWR30 di Play Store. Berikutnya, hubungkan ponsel dengan SWR30. Ada aneka perubahan yang bisa dirasakan. Di antaranya, pengguna bisa menampilkan foto di layar SWR30. Notifikasi juga bisa ditampilkan sejajar dengan jam, bukan lalu menyamping.

  46. Sy baru menggunakan swr30 ini sekitar sebulan dan lancar-lancar saja. Yang mau saya tanyakan berkaitan dengan gelang ini ketika kita menggunakannya berarti kita harus connect via Bluetooth secara terus menerus dan simultan, apakah radiasi Bluetooth berbahaya bagi tubuh pengguna? Trims.

    1. Pak Ronald,

      Kalau berbicara dari sisi kesehatan, idealnya pakar kesehatan yang memberikan penjelasan. Sebab, mereka memiliki kompetensi lebih di bidang itu.

      Kalau dari sisi saya, pendapat saya begini:
      * Bluetooth yang dipakai peranti seperti SWR30 adalah low power.
      * SWR30 juga dijual di Eropa yang dikenal memiliki standar keamanan tinggi. Nah, kalau SWR30 diizinkan dijual di sana, berarti ditilik dari berbagai aspek, termasuk kesehatan, mestinya peranti itu tidak melebihi ambang batas maksimal yang diizinkan.

  47. Hadeehh,, sudah lama pengen beli…tambah makin pengen ja liat comentnya.
    Tapi tak tau belinya di mana..?? Ud keliling..tak ada yg jual. Nasib tinggal di Jambi..

    1. Pak/bu due,

      Beli online aja.. coba cari di tokopedia, tapi setahu saya sih selalu ga ada stock nya..

  48. Weiss beneran ad di wellcommshop ~_~
    Hahahaha.. Coba dr kmrn2 tanya,, ud matching pas liburan seharusnya..
    Btw,, klo talinya yg merah taw biru itu emang g ad ya…
    Mauliate infonya ya… ? ? ?

    1. Pak/Bu Due,

      Iya, Wellcommshop jualan kok.

      Paket penjualan standar hanya ada dua macam:
      * Bodi jam hitam, tali hitam.
      * Bodi jam putih, tali putih.

      Kalau ingin tali berwarna lain, harus beli terpisah. Paket penjualannya ada dua macam:
      * Hijau muda dan merah muda.
      * Biru dan oranye.

    2. Pak/bu due,

      Saya sih beli di tokopedia karena kan melibatkan pihak ketiga.. jadi aman sih.. begitu barang smpai ditempat kita, tapi ternyata tidak sesuai kita bisa refund di tokopedia kok

  49. Wahh klo beli online sih sering Pak chandra,, tp biasa beli pakaian tau seprai aj..itupun yg ud langganan ?
    Klo elektronik,, g berani..byk resiko ? takut dpt yg rusak atau KW, ud gitu biasanya lama dan ribet ? Pak chandra.. ? ? ?

  50. Wah Bpk Due juga lokasi di Jambi seperti saya. Dapat harga berapa SWR30 nya di Wellcommshop pak? Beli di Jamtos ya?

    Kalau saya nunggu kiriman dari blibli.com, pas lebaran kemarin ada program SWR30 nya bisa dapat potong diskon 10% dari harga Rp. 1.399.000,-. Tapi sampai sekarang barang belum dikirim 🙁

  51. Nah itu dia Pak liat2aja, blibli itu milik PT.djarum tapi pelanggan byk yg komplen drpd yg puas..krn pengiriman lama,, udah gitu kadang tak sesuai harapan..trus klo refund proses’a jg lambat krn berhubungan dengan pihak ketiga. Tapi semoga aja liat2aja dpt yg memuaskan deh, krn nasib kan beda2..Heheeeehe
    Iyaa..saya di Jambi, hampir jg beli online tp liat byk yg komplen lgsg batal.. Eits wkt tnya Pak Herry SW..dpt solusi beli di wellcommshop kebetulan di Jambi lokasinya di Jamtos, harga 1,399jt dpt bonus flashdisk 4Gb dan voucher blnj kembali 70rb, dan alhamdulillah sangat memuaskan…

    Makasih banget Pak Herry SW, memang ALuGAda deh..siiip!!!! Kebetulan talinya lg kosong Pak,, iya klo beli talinya aj satu paket dpt dua warna..

    1. Pak/Bu Due,

      Wah, akhirnya sudah beli ya. Oh, dapat bonus flashdisk 4 GB dan voucher belanja Rp 70 ribu ya. Bagus deh. Selamat menikmati.

      Benar, talinya dijual satu paket berisi dua warna. Ada paket biru + oranye dan merah muda + hijau muda.

    1. Bu Due,

      Karena sebelumnya saya tak tahu Anda perempuan atau laki-laki, makanya saya tulis Pak/Bu. 🙂

  52. Selamat siang Pak Herry, talinya beli dimana ya? Karena saya beberapa kali ke Wollcomm tp tdk pernah menemukan mereka menjual talinya SWR30 dan kalo tdk salah ingat, mereka bilang belum tersedia di Wellcomm sih…

    1. Pak Edwin,

      Oh, di Wellcommshop sedang kosong ya? Tersedia dua alternatif:
      * Mencari di gerai Sony atau pusat penjualan ponsel di kota Anda. Ya, Anda mungkin harus rajin keluar masuk toko.
      * Membeli secara online. Barusan saya lihat, di Tokopedia.com ada yang jual.

  53. Tambahan, ada aplikasi yg berbayar seperti toggle smart band, clocki dan smart dialer di playstore yg bisa didapat gratis. Jika berminat email saya gratis.

    1. Pak Eko,

      Ini ceritanya Anda akan membagikan aplikasi yang seharusnya berbayar, bukan? Kalau iya, apakah itu berarti aplikasi bajakan? Jika iya, maaf, tindakan tersebut dilarang keras dilakukan di blog ini. Dukunglah para pengembang aplikasi dengan membeli aplikasi berbayar yang dirasakan bermanfaat untuk Anda.

  54. sy lg tertarik pake smartwatch sblmnya pake pebble yg bisa di ios dan andro
    menarik ni…tp cuman bisa di andro ya?

  55. Saya tgl sekota sm Pak Herry kok, cukup sering “mampir” WTC juga Pak hehe…
    Iya, saya cek Tokopedia ada 1 yg jual, tp saya masi ragu beli OL, itu alternatif terakir sih Pak hehe…
    Apa kira2 Bapak tau toko yg menjual strapnya di Sby?
    Terima kasih infinya Pak… Selamat Malam….

    1. Pak Edwin,

      Oh, Anda di Surabaya tho. Kalau begitu, beli di gerai Sony di WTC lantai 1 atau Plasa Marina lantai 3 saja. Harga Rp 375 ribu.

  56. Iya Pak, saya ke gerai Sony di pojok itu… Klo tdk salah tgl 20 minggu kemairn Pak…
    Apakah skrg sudah ada brgnya Pak? Hehe

  57. Selamat malam Pak Herry…
    Akirnya tadi pagi saya di SMS (krn sblmnya saya inden) dr pihak Sony WTC. Sorenya saya sempatkan mampir kesana, sayangnya ukuran yg ada hanya M/L, stlh saya coba, masi agak kedodoran di tgn saya yg imut2 ini…
    Alhasil saya minta maaf krn saya ga jadi beli Pak….
    Yg jual di Tokopedia jg sedang kosong stoknya.
    Nampaknya masi blm jodoh sm strapnya Pak hehehe…

  58. Ada Pak… Kalo bawaannya kan dpt 2 pasang Pak :
    1. Strap Pendek ukurannya S + M
    2. Strap panjang ukurannya M + L
    Saya pake M/M gitu Pak hehe

  59. pak herry, saya mau tanya nih, saya baru pake smartband talk baru 3 hari, smua akurat , tapi kenapa ya musik dan buku tidak terdeteksi sama life log?, padahal saya sering denger musik sama baca buku , d tunggu ya pak

    1. Pak Ramdhan,

      Maaf, saya tak tahu jawabannya. Kebetulan saya jarang melakukan dua aktivitas tersebut. Saya juga jarang sekali memperhatikan detail Life Log. Terakhir aplikasi itu malahan saya hapus dari ponsel. Sebab, fitur utama SWR30 yang saya perlukan adalah notifikasi.

  60. Asli galau om milih smartband pendamping gawai haha
    Antara ini atau acer leap, secara tampilan SWR30 memang menawan hati, cuma faktor harga yg lumayan tinggi dan no backlight yg bikin agak ragu meminangnya
    Acer leap harga terjangkau tapi tidak selengkap SWR30 secara fitur dan musti ketuk2 dulu kalau sekedar mau lihat jam, secara tampilan display juga berasa kurang elegan, dan tampilannya miring nan sedikit barisnya, oh bagian ini saya kurang jelas sih sebenarnya om, tampilan notif WA/bbm dll di acer leap apa ada isi pesannya juga? dan berapa banyak? (fitur telp tidak diperhitungkan, kemungkinan besar tidak saya pakai)

    Untuk saat ini masih pake miband, cukup terbantu dengan notifnya meski cm getar dan warna LED aja. Om Herry ga mau review? Saya pinjemin deh nanti kalau meminang yg baru hahaha

    1. Pak Daniel Vincent,

      BBM saya tak tahu karena nggak ber-BBM. Kalau WhatsApp isi pesan bisa terbaca, tetapi hanya satu baris. Kalau isi pesannya panjang, sebagian di antaranya takkan terbaca.

      Karena tidak dilengkapi layar, saya tidak berminat mengulas Mi Band.

  61. sya bru pake swr30, puas bnget apalagi notif’y biar ndak bntar2 liat hape… hehehehehe…
    buat pelindung layar’y sya pake selotip, jadi dr prtama beli tempelan’y yg awal saya tempelin di selotip trus di gunting bru di tempelin…
    soal’y sya cari pelindung layr’y ndak ada semua, bru tau kalo di wtc ada yg mau buatin… 😀

  62. Permisi mas herry ..
    Saya tertarik pengen beli smartband SW30 tapi galau nih,, takut ponsel android saya tidak mendukung,,, saya pakai XIAOMI3 kira2 bisa pake ga yahh,,
    Karna klu pake smartband semerek nya, saya ga minat karna fitur nya yg sedikit
    Terimakasih 🙂

    1. Bu Julie,

      Tidak ada ponsel bernama Xiaomi3. Mungkin yang Anda maksud adalah Xiaomi Mi3. Saya belum pernah mencoba ponsel itu. Jadi, otomatis juga belum pernah coba memadukannya dengan SWR30.

  63. Wah cakep om HSW

    Sayang kalo malem susah liatnya

    Nunggu swr40 ah..kali uda ada backlight ny

    Matur nuhun om HSW

    1. Pak Yatss,

      Apakah yang dimaksud Smart Bluetooth Speaker BSP60? Kalau iya, pinjam dong. Saya nggak berani beli karena harganya kalau dirupiahkan bisa mencapai hampir RP 5 juta.

  64. Pak akhirnya setelah baca2 blog pak HSW dan membandingkan dengan smartband/watch lain saya ambil Sony ini sekitar sebulan lalu. Sekarang tiap hari memakai dan sudah merasakan nyamannya. Rasanya aneh juga setelah sekitar 6 tahun saya tidak pakai jam tangan, tapi sekarang sangat terbantu dengan notifikasi via smartband. Jadi ga perlu susah2 keluarkan hp setiap ada msg masuk. Kelemahannya saat dapat sms spam saya tetap kena notifikasi, sangat mengganggu saat kondisi badan kurang sehat dan butuh tidur siang.

    Pak untuk set text orientationnya kenapa tidak ada di setting saya ya? Ga terlalu penting sih karena saya lebih cenderung mau melihat siapa pengirim pesan, bukan isinya.

    Lalu minggu lalu saya mengalami terus2 smartband dan hp disconnected, di luar itu lokasi agak jauh pun tidak ada kendala. Saya kurang tahu apa masalahnya.

    Semalam baru sadar setelah pemakaian sebulan ada baret2 halus. Akhirnya “terpaksa” kreatif cari2 screen protector di “gudang gadget” saya dan ketemu screen protector bekas Galaxy Ace (android pertama saya) dan saya gunting, tempelkan di smartband ini. Mudah2an bisa mengurangi baret2nya.

    Sekian OOT saya..

    1. Pak Liat2aja,

      Text orientation memang tak ada setting-nya. Dulu waktu software-nya masih yang lama, tampilan teks akan melintang. Jadi, kalau mau membaca mesti menyamping. Seperti ini deh. http://ponselmu.com/wordpress/wp-content/uploads/2015/05/Sony-SWR30-8.jpg

      Setelah ada update software, text orientation berubah menjadi mendatar seperti kebanyakan jam tangan.

      Soal yang suka disconnect, Anda memadukan SWR30 dengan ponsel apa?

      Tentang screen protector, bisa pula pakai isolasi bening. Namun, jadi kurang cantik. Screen protector tak bisa mengurangi baret yang terlanjur ada, tetapi ia mampu meminimalkan kemungkinan timbulnya goresan tambahan.

  65. Dear Ko herry

    ko.akhirnya acer liquid leap saya jadi almarhum.alias gak bisa di pakai .karena ketika saya tekan layar kayak biasa .seperti biasa akan muncul angka jam dan tanggal.tetapi ketika mau liat notifikasi bbm dengan menslide layar tetapi layar tetap tidak reaksi..dan kayak garis terputus di layar..
    ko ada rencana untuk menjual sony smartbandnya gak??

    1. Pak Benny,

      Turut berduka cita atas wafatnya Liquid Leap.

      He… he… saya sudah lebih dari satu bulan berpisah dengan gelang pintar itu.

    1. Pak Benny,

      Saya kok yakin tak bisa diperbaiki ya. Sebab, kerusakan layar biasanya dianggap sebagai kesalahan pengguna. Kalau pun bisa dilayani, total biayanya akan sama atau minimal mendekati dengan membeli baru.

    1. Pak Benny,

      Mohon maaf karena saya baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada pagi ini. Sesuai pengumuman di blog, pada 8-11 September 2015 saya libur merespons pertanyaan. Sebab, saya sedang berada di Jakarta dan Belitung. Selama di sana, jadwal aktivitas saya tergolong padat.

      Yang SWR30? Ukuran M/L. Yang ukuran S/M pun sebenarnya cukup kok, tetapi ngepres.

      Tanpa lihat harga, lebih enak SWR30 daripada Liquid Leap.

  66. Selamat siang, numpang nimbrung saya ada masalah sama sony srw 30 nih, kok kalau di cari gk nemu ya prangkatnya?? Saya coba di xiaomi note 1 lte udah upgrade ke kitkat juga gk bisa, gmana ya solusinya?? Atau cara pairingnya yang salah yah?? Mohon bantuannya hehehehe

    1. Pak Sabar,

      SRW30 atau SWR30 nih? Pastikan SWR30-nya sudah dalam mode pairing. Berikutnya, aktifkan bluetooth di ponsel dan lakukan pencarian.

  67. Pak, kok sony swr30 saya tidak terdeteksi bluetooth perangkat saya ya?? Saya pake xiaomi note 1 lte upgrade ke miui 6 (kitkat) ini bagaimana ya?? Tapi di perangkat lain juga tidak terdetekso apa sonybandnya yg rusak ya?? Atau cara hubunglan bluetoothnya ada cara2 khusus??

    1. Pak Sabar,

      Pertanyaan yang sama harap dikirimkan satu kali saja. Pertanyaan Anda sudah saya jawab di bawah pertanyaan pertama yang tadi Anda kirimkan.

  68. Malem ko.
    Koko pernah memadu padankan sony swr30 dgn lenovo p70?hasil gmn??compatible gak?sering disconect gak.thx buat jawaban nya

    1. Pak Benny,

      Saya tak ingat pernah memadukan SWR30 dengan ponsel apa saja. Lha ada banyak. Sepertinya pernah dengan P70. Baik-baik saja sih.

  69. malem ko..

    Akhirnya hari ini saya meminang sony swr30…
    Tetapi agak bingung jg seh.dgn fiturnya.lebih gampang acer liquid leap menurut saya.
    Yang jadi pertanyaan:
    1.cara memakai smart dialer gmn?
    Kalau mau melakukan panggilan dgn swr30 caranya gmn ko??
    2.untk masuk ke menu setting di swr 30 caranya gmn ko
    3.untk masuk ke menu pesan di swr30 gmn ya?kalau di liquid leap kalau di geser ke kanan ada gumbar buble/pesan.kalau di swr 30 bagaimana??
    Thn buat jamaban nya

    1. Pak Benny,

      Jawaban atas tiga pertanyaan Anda intinya satu: unduh dulu aplikasi SWR30 dari Play Store, lalu lakukan eksplorasi di sana.

  70. Pagi ko
    Udah saya unduh aplikasi
    1.smartband talk
    2.life blog
    3.smart connect

    Smartband swr30 saya udah bisa melakukan panggilan ko.
    Sekarang yang jadi pertanyaan bgmaina melihat pesan yang belum sempat saya bc seperti di acer liquid leap.tengkiu ko buat jawabnya.

  71. siang ko.

    Ketika saya cek.udah hilang pesan yang tidak sempat saya baca.

    Oh ya ko.cara supaya pesan tampilan nya jadi horisontal gmn ko.thx

    1. Pak Benny,

      Coba utak-atik lagi deh aplikasinya.

      Horizontal yang dimaksud di sini apakah memanjang mengikuti sisi terpanjang SWR30? Kalau iya, sejak ada update, tampilannya akan selalu memanjang mengikuti sisi yang pendek.

    1. Pak Benny,

      Oh, sejak ada update firmware baru, tampilannya tak bisa begitu. Tampilannya mendatar ke sisi terpendek supaya pengguna tak perlu memiringkan kepala lagi kalau ingin membaca tulisan di layar.

  72. pagi ko

    oh a kalau di buat telpon swr 30 kok suaranya kecil banget ya ..hampir gak terdengar.apa swr 30 saya trouble ya..terus kalau ngecharge 1,5 harii..

    1. Pak Benny,

      Suaranya memang tak terlalu keras. Fitur itu bermanfaat kala pengguna berada di tempat yang sunyi. Kalau di tempat ramai, apalagi di luar ruangan, suara yang keluar bakal tidak terdengar.

      Nge-charge-nya selama 1,5 hari? Lho kok lama banget. Sudah coba pakai charger lain?

  73. siang ko

    swr 30 saya kok suaranya kecil bgt ya..hampir tidak terdengar..kenpa ya??terus swr 30 saya 1,5 hari baru charge,bukan 3 hari kayak punya ko herry.apa berarti baterai nya rusakk?thx ko

  74. sore ko

    maksud saya kalo sekali charge saya bisa pakai jam nya cuma 1,5 hari…..kalau katanya koko kan bisa sampai 3 hari

  75. Boss, tanya dong, apakah Sonw SWR 30 ini compatible dengan blackberry Q10? selain bisa connected apakah bisa juga semua fitur bekerja maksimal? thank you info dan jawabannya

    1. Pak Alfian Malik,

      Lebih baru SmartBand 2.

      SWR30 dilengkapi layar, tetapi tanpa sensor detak jantung. Kalau SmartBand 2 tanpa layar, tetapi dilengkapi sensor detak jantung.

  76. Dear pak Herry,
    Bisa dijelaskan perbedaan smartband talk dengan smartband2?
    Mengapa harga smartband2 lebih tinggi dari smartband talk di pasar online sekarang, terimakasih

    1. Pak Yudhy,

      Silakan baca ini untuk mengetahui perbedaannya: http://ponselmu.com/review-sony-smartband-2-gelang-kesehatan-pemberi-notifikasi/

      Beda yang paling utama:
      * SWR30 dibekali layar dan bisa dipakai bertelepon. SmartBand 2 tanpa layar dan tak bisa dipakai bertelepon.
      * SmartBand 2 dilengkapi sensor denyut nadi, sedangkan SWR30 tidak.

      SWR30 sebenarnya sudah diskontinyu. Harga saat ini adalah harga cuci gudang. Sementara itu, SmartBand 2 belum lama beredar di pasar. “Biaya” sensor denyut nadi juga tidak murah. Itulah yang membuat SmartBand 2 lebih mahal.

    1. Pak Yudhy,

      Wah, saya belum pernah menemukan ada smartband yang bisa bergetar kala tidur pengguna dianggap sudah cukup.

  77. Permisii..saya mau tanya,
    SWR30 ini klo buat xperia E3 bisa compatible ga ya..
    mohon bantuannya….
    Terimakasih ” Aluguda “…

    1. Pak Abdul,

      Mohon maaf karena pada 14-17 Januari 2016 saya libur merespons komentar dan membalas pertanyaan yang masuk ke blog ini. Selain sedang padat aktivitas, kebetulan mata saya bengkak sehingga tak nyaman melihat layar terlalu lama.

      Saya tak pernah mencoba Xperia E3. Asalkan ponsel itu bersistem operasi Android 4.4 KitKat atau yang lebih baru, mestinya bisa dipadukan dengan SWR30.

    1. Pak Abdul,

      Saya tak pernah mencoba Xperia E3. Asalkan sistem operasinya minimal Android 4.4 KitKat, mestinya bisa dipadukan dengan SWR30.

  78. Pak HSW, sy baru pakai tuh SWR stlh lihat review disini, thanks udh bantu hapus galau sy atas produk tsb ya haha.

    Harga per 7 hr lalu 1,28 jt, nyaman juga pakainya cm aja layarnya bikin repot kalau gelap. Fiturnya masih ckp akomodinir keperluan sy juga sayang masih e-ink. Kl lcd kan lbh ok.
    Cm dr sekian utak atik sy blm temu 1 hal,….

    Pak sy mau tanya gimana cara seting pesan masuk jd landscape ya pak? Sy coba2 ttp aja kluarnya portrait aja? Mohon pencerahannya pak, thanks

    1. Pak Randy,

      Wah, berarti harga barunya relatif stabil ya. Cuma turun sedikit banget.

      Sejak ada pembaruan firmware, tampilan pesan memang hanya portrait. Tidak bisa lansekap. Jadi, kondisinya berbeda dengan dulu yang hanya lansekap dan tidak bisa portrait.

  79. Iya pak, cm seremnya kl tuh gelangnya longgar alamat susah cari dimana2. Pdhl sy plg stgh mati cari jam cocok.

    Oh ya sekedar tambahan review itu bagian layarnya memang harus dipasang anti gores GUSERI ( GUnting ukuran SEndiRI) haha mengingat layarnya memang tahan air dan debu, tp kalau di lap sih terlihat baret2 nya.

    Overall nice look and memang aluguda pak.

    1. Pak Randy,

      Beli tali jamnya saja kan ada. Tinggal buka Google dan carilah dengan kata kunci “jual SWR310”.

      Ha… ha… iya, harus guseri.

  80. Malem ko,
    Mau tanya, setiap kali ada panggilan kenapa swr30 ane cuma ada gambar telpon berdering n jam tanpa ada nama si pemanggil atau nomor telpon.Nah apakah itu normal ko? N kalo nggak bagi solusinya. Makasih

    1. Pak Beni,

      Tidak normal. Seharusnya muncul dan tak ada pengaturan khusus. Coba SWR30-nya Anda reset kemudian di-pairing-kan ulang deh.

  81. saya ada pertanyaan sederhana nih pak, lebar Smartband SWR30 ini berapa CM y pak ?
    seukuran ibu jari atau gimana ? kl panjang kan bisa diatur y…
    rencana mau beli online, tp y takutnya ini gelang kelebaran di tangan,

    kl liat di foto” nya kadang terlihat slim kadang jg terlihat cukup besar…

  82. Dear Agan,

    Mohon pencerahan dunk, Saya barusan beli Sony SmartBand 2 (SWR12). Dan diminta download update. Tetapi setiap kali saya update pasti terjadi koneksi terpusuh dan disuruh untuk reconnect kembali. Padahal saya sudah dekatkan HP & Band bersebelahan.

    Kira-Kira penyakitnya kenapa ya?

    Thanks atas pencerahannya…

    1. Pak Eka,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Maaf, saya tak pernah coba memadukan SWR30 dengan M8.

  83. Dear Pak HSW,
    Mau nanya aja pak bagaimana pengaturannya biar teks yang muncul pada layar jam itu landscape seperti gambar yang bapak tampilkan. Terimakasih

  84. mau tanya pak herry, saya pakai smartband talk ini sudah 3 bulan. kenapa layar nya makin lama makin redup ya? ada solusi kah? terima kasih sebelum nya

    1. Pak Jackjohn,

      Apakah Anda sering berada di tempat yang gelap?

      SWR30 pernah saya gunakan lebih dari tiga bulan dan layarnya baik-baik saja.

      Silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi Sony.

      1. penggunaan di saat gelap hanya ketika tidur, karena butuh info ttg kualitas tidur maka nya dipake tidur juga.

        apakah itu berpengaruh ya?

        yg redup layar sebelah kiri saja, lama kelamaan seperti takan menghilang. kebetulan saya beli online, karena harga yg lumayan murah ketimbang beli di toko

        1. Pak Jackjohn,

          Setelah bangun tidur tidak di tempat gelap kan? Berarti, seharusnya layar Anda tidak begitu.

          Bawa ke pusat perbaikan resmi deh. Coba klaimkan garansinya.

          1. Pak Herry,
            Swr30 saya juga sama, jika latar belakang hitam bagian kiri bawah malah putih (seperti luntur). Sebaiknya bagaimana ya?
            Swr30 saya sudah tak bergaransi.

          2. Pak Budi,

            Wah… kalau masa garansi resmi sudah habis, terus terang terpaksa direlakan seperti itu. Pilihannya cuma dipakai dalam kondisi apa adanya atau beli smartband/smartwatch baru.

  85. Malam pak herry, saya baru beli tapi tidak bisa kedetek bluethoot dengan xiaomi mi 4i, mohon pencerahannya ya pak, terima kasih

    1. Pak Erwan,

      Kalau dengan ponsel lain bagaimana? Apakah sukses? Pastikan SWR30-nya sudah masuk ke dalam mode pairing.

  86. Saya baru beli SWR30 dan saya coba pakai d galaxy a5 tetapi tdk bisa connect, bluethoot sdh d nyalakan tapi tdk terdeteksi. Mungkin ada yg bisa menjelaskan..

    Trimaksih..

  87. Selamat malam pak HSW saya mau bertanya.
    1.Menurut bapak smartband ini dibandingkan dingan garmin vivosmart / vitbit atau smartband garmin tipe lainya lebih baik dari yang mana ya pak?
    Fitur yg saya butuhkan adalah akurasi dari monitoring stepnya/ jarak tempuh dikarenakan saya sangat membutuhkan untuk fitnes dan kegiatan outdoor lainnya
    2. Atau bapak punya saran yg lebih baik di banding merk ini dengan vivosmart? Dengan asumsi harga tidak lebih dari 2jt
    Terimakasih sebelumnya pak

    1. Pak Rizki Kurniawan,

      Jawaban atas dua pertanyaan Anda: maaf, saya tak tahu. Saya belum pernah menocba peranti Garmin dan Fitbit (bukan Vitbit) yang Anda sebutkan.

    1. Pak Haohao,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Barang apakah yang Anda lihat di gerai Sony sebelah Sogo? Kalau SWR30, harga segitu superduper terlalu mahal. Lha pertengahan tahun lalu saja harganya sudah Rp 1,299 juta.

  88. Selamat malam pak HSW 🙂
    saya pengguna SWR30 seperti yang bapak telah ulas.
    sebelumnya saya “kawinkan” dengan XperiaZ3, namun setelah saya tidak gunakan Z3 (beralih ke Z3+dual) di SWR30 ga mw “kawin”.
    kira-kira ada masalah apa ya? atau apa memang tidak bisa ke Z3+ ya?
    mohon pencerahan, terimakasih sebelumnya 🙂

  89. Pak HSW,
    Swr 30 saya nikahkan dgn redmi 2 prime (kit kat) notifikasi lancar. Tp kenapa setelah update system redmi 2 prime jd lollipop, notifikasi tidak mau muncul. Padahal sdh connect. Ada solusi pak? Terima kasih

      1. Ponsel sdh saya kembalikan ke setelan pabrik. Dan sesuai rekomendasi bapak, saya download lagi aplikasi satu per satu. Swr30 sudah berkali-kali saya reset (pencet tahan 3 tombol). Tapi sampai sekarang notifikasi tetap tidak bisa muncul

        1. Pak Budi,

          Hmm… kalau sudah begitu, berarti Anda perlu mampir ke service center Sony deh. Biar dibantu cek.

  90. saya minta saran neeh mboss sony swr 30 saya kok lama lama angkanya jadi samar seperti jam hampir habis batrenya kalau mau di service ke sony diman aya di jakarta thanks

    1. Pak Harry Dung Dung Preet,

      Saya tak hafal alamat pusat perbaikan resmi Sony di Jakarta. Silakan cek di kartu garansinya.

  91. Hi Pak Herry,

    Saya baru kepingin beli smartband swr30 ini. Setelah liat review2 dan commentnya jadi makin tertarik. Saya pengguna sony xperia z3, harusnya ga ada masalah ya kalo di “kawinkan” dengan swr30.
    Oiya, untuk info aja, di tokopedia harga swr30 sudah turun jadi 1.049rb ?

  92. Berbagi pengalaman aja nih.
    penyakit sony swr30 ini lama kelamaan layarnya menjadi tidak jelas
    saya korbannya, baru pakai 2 minggu langsung layarnya menjadi putih sebagian.
    lalu saya klaim garansi di singapura, hasilnya saya dapat unit yang baru, karena gelang ini apabila mengalami kerusakan apapun tidak bisa bongkar pasang spare part.
    setelah saya gunakan lagi unit yang baru, 1 bulan kemudian muncul lagi penyakitnya yg sama.
    alhasil sekarang jadi tidak terpakai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *