Review Sony Xperia C: Suara Pemandu untuk Penyuka Selfie

Munculnya Xperia C mengakhiri penantian panjang penggemar Sony atas ponsel dual SIM berlayar lebar. Ponsel itu hadir dengan layar sentuh lima inci beresolusi 960 x 540 piksel. Bila casing belakang ponsel dilepas, bakal terlihat dua selot kartu micro SIM, satu selot microSD, dan baterai tanam berkapasitas 2.330 mAh.

Sampai detik ini, terus terang penulis masih penasaran mengapa Sony memutuskan memakai baterai tanam di Xperia C. Padahal, casing belakang ponsel itu dapat dibuka. Kalau dicermati, ruang kosong yang tersedia pun memadai untuk penggunaan baterai removable yang bisa dilepas pasang.

Xperia C-1

Dua nomor GSM bisa siaga bersamaan di Xperia C. Nomor yang terpasang di selot SIM pertama dapat mengakses jaringan 3G. Jadi, asalkan ditunjang oleh layanan operator GSM yang dipakai, pengguna bisa menikmati akses internet HSPA+ dengan kecepatan unduh sampai 42 Mbps.

Sepasang kamera tersedia di ponsel berukuran 141,5 x 74,15 x 8,88 mm dan berat 153 gram itu. Kamera belakang dilengkapi fokus otomatis dan lampu kilat. Ia mampu menghasilkan foto beresolusi maksimal delapan megapiksel. Kalau difungsikan sebagai perekam video, kamera utama tersebut bisa memproduksi klip video full HD 1080p.

Sementara itu, kamera di sisi muka Xperia C memiliki spesifikasi terbatas. Resolusi foto dan video yang mampu diproduksi hanya VGA. Sama dengan kamera depan di ponsel lain, kamera itu tanpa fokus otomatis dan tentu tidak dilengkapi lampu kilat.

Ada kabar gembira buat penyuka selfie alias senang memotret diri sendiri. Xperia C memiliki fitur self-portrait voice guide. Intinya, fitur itu siap memandu pengguna memotret diri sendiri memakai kamera belakang yang performanya jauh lebih bagus daripada kamera depan.

Untuk memastikan pengguna mendapatkan hasil foto dengan komposisi terbaik, Xperia C akan memperdengarkan suara pemandu. Bila menu ponsel diaktifkan dalam bahasa Inggris, ponsel bakal berbicara dalam bahasa Inggris. Sedangkan bila menu ponsel diatur dalam bahasa Indonesia, suara pemandu juga berbahasa Indonesia.

Kala wajah pengguna belum tertangkap oleh kamera, Xperia C akan bersuara, “Ayo… biar kelihatan. Jangan malu-malu.” Ketika akhirnya wajah pengguna telah terdeteksi dan komposisi foto dianggap sudah bagus, ponsel bakal berkata, “Sempurna. Satu… dua… tiga… senyum!” Berbeda dengan fitur serupa di ponsel Nokia tipe tertentu, suara pemandu di Xperia C tak dapat memberikan instruksi kurang ke kiri-kanan atau atas-bawah.

Bagaimana bila menu ponsel yang aktif di Xperia C kebetulan bahasa Jawa atau Sunda? Suara pemandu otomatis akan berbicara dalam bahasa Inggris. Andaikan ponsel bisa bersuara dalam bahasa Jawa, lalu marah karena wajah pengguna tak kunjung terlihat, mestinya seru juga ya. Bayangkan saja Xperia C bersuara, “Cepet ndang metu. Sakjane niat foto opo ora?” (Indonesia: Ayo cepat muncul. Sebenarnya berniat berfoto atau tidak?).

Xperia C-2

Spesifikasi lain Xperia C, antara lain, prosesor empat inti (quad core) MediaTek MT6589 1,2 Ghz, RAM 1 GB, ROM 4 GB, selot microSD, Wi-Fi, bluetooth, dan GPS. Memori internal ponsel dibagi dua, device memory dan internal storage. Saat ponsel kali pertama diaktifkan, sebanyak 0,75 GB di antara 0,98 GB device memory berstatus kosong. Sedangkan internal storage yang masih tersedia sebesar 1,11 GB dari kapasitas total 1,2 GB.

Ketika dipakai untuk bertelepon, SMS, email, browsing, dan media sosial, Xperia C terasa gegas. Namun, saat digunakan untuk memainkan game tertentu, pergerakan game kadang tersendat. Contohnya, kala menjalankan Minion Rush, aktivitas lari dan melompat si Minion berkali-kali “membeku” sepersekian detik. Akibatnya, tokoh berbentuk seperti kapsul berwarna kuning itu bukan mustahil menabrak rintangan.

Xperia C ditawarkan dalam tiga pilihan warna, yaitu hitam, putih, dan ungu. Kalau ingin terlihat berbeda, pilihlah warna ungu. Xperia C ungu tidak sampai terkesan norak dan cocok bagi pengguna pria maupun wanita.

Saat tulisan ini dibuat, harga ritel resmi Xperia C dipatok Rp 3,499 juta. Pemilik toko ponsel seringkali menjualnya lebih murah, mulai Rp 3,28 juta sampai Rp 3,35 juta. Dengan memperhatikan spesifikasi dan harga jual, pemasaran Xperia C dibayang-bayangi oleh Samsung Galaxy Grand Duos, LG G Pro Lite, dan Lenovo S920.

Pilih mana? Pilihlah Xperia C kalau Anda mencari ponsel keluaran terbaru. Belilah Galaxy Grand Duos kalau Anda cinta mati dengan Samsung atau mencari ponsel dengan ukuran huruf ekstrabesar.

Sementara itu, G Pro Lite tepat dipilih untuk konsumen yang ingin praktis, cukup mengetuk ponsel untuk menyalakan dan memadamkan layar. Ponsel tersebut cocok pula dipinang oleh pengguna yang rutin menyimpan rahasia di ponsel. Khusus S920, penulis belum bisa berkomentar karena baru mulai mencoba ponsel itu. Sabar dulu ya.

***

Berikut beberapa contoh foto yang dihasilkan Xperia C. Seluruh pemotretan dilakukan memakai pengaturan otomatis dan tanpa lampu kilat. Foto yang diunggah telah di-resize sehingga sisi terpanjangnya berukuran 640 piksel, lalu ditambahkanΒ watermark.Β Agar ukuran file tidak terlalu besar, semua foto dikompresi menjadi 80 persen.

Xperia C-3

Xperia C-4

Xperia C-5

Foto di bawah ini dijepret di kamar sebuah hotel. Lampu kekuningan mendominasi pencahayaan.

Xperia C-6

Nah, yang ini hasil jepretan kamera depan. Cukup bagus kalau digunakan di luar ruangan dan berantakan bila dipakai di dalam ruangan.

Xperia C-7

121 thoughts to “Review Sony Xperia C: Suara Pemandu untuk Penyuka Selfie”

    1. Pak Fauzi,

      Saya tidak menguji pakai memakai earphone. Suara musik kala diperdengarkan via speaker internal biasa-biasa saja.

      Kekuatan baterai juga sama dengan kebanyakan ponsel Android, yaitu pagi sampai malam deh.

  1. “Sampai detik ini, terus terang penulis masih penasaran mengapa Sony memutuskan memakai baterai tanam di Xperia C” Lha nggak pernah ditemui sama petinggi-petinggi sony tah pak ?

  2. wah henpon bermerk papan atas sudah pakai cip mediatek buat solusi dual sim nya ya sekarang. kamera sendiri belum pake sensor sony seperti yg dipake di xperia lain ya pak

    1. Pak Amen,

      Xperia C adalah ponsel pertama Sony yang menggunakan MediaTek. Tahun depan kabarnya Samsung juga akan pakai.

    1. Pak Fauzi,

      Dalam berbagai hal, menurut saya, lebih unggul Xperia C. Andromax U hanya unggul tipis di kecepatan focusing kamera.

  3. model mirip xperia M, cuma dimensi gedean dikit.. hape yg saya incar dulunya, tapi dah terlanjur beli xperia SP

    oh iya pak herry,,, menurut aku Oppo N1 yg kamera bisa diputar mrupakan teknologi lama,, dulu dah ada yg lebih keren yakni nokia N90 dan N 93 yg mirip handycam, begitu juga motorola dan philips saya lupa typenya.

    1. Pak Gusteg,

      Selain dua tipe Nokia yang Anda sebutkan, masih ada tipe Nokia lain. Ada yang kamera putarnya di bawah bodi, ada pula yang di kiri atas. Yang kamera putarnya di bawah bodi itu Nokia 5700 dan 3250. Sedangkan yang kamera putarnya di kiri atas saya lupa tipenya.

      Samsung juga pernah punya. Lagi-lagi saya lupa tipenya.

  4. dear ko herry

    tolong tanya, dengan kapasitas memory device segitu apakah bisa diinstal aplikasi banya?

    denger” nya xperia C dapat meninstall aplikasi di micro SD, apakah itu benar? kalau bisa, apakah seluruh instalasi disimpan di microsd atau hanya datanya saja sedangkan file” sistem aplikasi tetap di memory device ? (karena xperia Tipo bs dpindah ke internal memory tapi hanya datanya saja, sistemnya tetap di device memory dan membuat Hp menjadi lebih lemot karena memory devicenya penuh)

    thanks

    1. Pak Raha,

      Dengan ROM hanya 4 GB dan dibagi dalam dua partisi, tak banyak aplikasi tambahan yang bisa diinstalasikan. File utama aplikasi akan tersimpan di partisi pertama (device memory) yang kondisinya awalnya hanya kosong 750 MB.

  5. Pak herry,saya ingin membeli xperia c ini,tapi setelah dpet info.ternyata batery yang digunakan tidak bisa dilepas..
    misal batery udah lemah,apakah bisa diganti dengan yang baru oleh pihak ss sony y pak??
    thanks

    1. Pak Buds,

      Ya, Anda dapat melakukan penggantian baterai tanam Xperia C di pusat perbaikan resmi Sony. Selama masa garansi seharusnya gratis. Setelah masa garansi berakhir, penggantian tentu dikenakan biaya. Berapa? Maaf, saya tak tahu harganya.

  6. maaf pak Herry SW mau nanya OOT, saya lagi nyari android yg resolusi layarnya tinggi biar jernih dan enak diliat, kameranya oke dan tentu saja kualitasnya bagus biar ga gampang rusak.
    android apa yg cocok ya untuk budget maksimal 3,5juta.?
    Terima kasih sekali.

    1. Bu/Pak Dwi,

      Hmm… tadi sebelum membaca pertanyaan Anda sampai ke bagian anggaran, saya sudah membayangkan bakal menyodorkan LG G2. Layarnya enak dipandang mata, kamera bagus, dan kualitasnya secara umum pantas diacungi jempol. Masalahnya, harga pasar masih sekitar Rp 6,1 juta.

      Dengan anggaran maksimal Rp 3,5 juta, Lenovo S820 sepertinya menjadi pilihan terbaik. Harga pasar sekitar Rp 2,8 juta. Review ponsel itu bisa dicari di blog ini. Ketikkan Lenovo S820 pada baris pencarian di kanan atas.

  7. Saya laki-laki pak Herry SW, ya saya sudah baca reviewnya. Tapi bagaimana kalau Lenovo S820 dengan P780.? Terima kasih sekali.

    1. Ups… maaf, Pak Dwi.

      Saya belum pernah mencoba P780 sehingga belum berani memberikan rekomendasi. Kalau sekadar towel-towel P780 sih pernah. Sepintas tampilan layarnya lebih mantap S820. Namun, soal baterai, P780 jelas menang mutlak.

  8. Pak herry,, menurut bapak antara Xperia C & LG G Pro lite yg lebih pantas untuk d beli yg mana??
    Minta info harga G pro lite ny pak..
    Terima kasih..

    1. Pak Daniel,

      Dengan kondisi sekarang, di mana harga pasar (bukan harga resmi) G Pro Lite sudah jadi Rp 3,3 jutaan, tanpa ragu saya memilih G Pro Lite.

      Sebelumnya, tanpa melihat harga, saya memilih G Pro Lite. Namun, harga jualnya saya anggap masih terlalu tinggi.

  9. Pak henry, maaf kalau keluar dr bahasan..
    mau tanya utk harga optimus g dan optimus g pro harga barunya disby skrg brp ya?
    Soalnya bingung mw milih p780, optimus g dan optimus g pro

    Kalau menurut pak henry gmna?

    Thanks before pak

    1. Pak Ipul,

      Saya, Herry, lagi-lagi mencoba menjawab ya. Hi… hi… hi….

      Saya kurang update dengan harga terkini Optimus G. Kalau Optimus G Pro, harga barunya Rp 4,6 juta sampai Rp 4,9 juta. Ya, rentang harga jualnya sangat lebar.

      Kalau harus memilih P780, Optimus G, atau Optimus G Pro, di atas kertas sih Optimus G bisa langsung dicoret. Tersisa dua ponsel yang kebetulan keduanya belum pernah saya coba.

    1. Pak Ipul,

      Sebab, untuk ukuran saat ini, daya pikat Optimus G sudah kalah kuat dibandingkan P780 dan Optimus G Pro.

    1. Pak Daus,

      Bila harga turut diikutsertakan dalam komponen penilaian, menurut saya, Acer Liquid E2 lebih menarik untuk dibeli.

      Kalau harga tidak ikut dalam pertimbangan, Xperia C lebih menarik.

    1. Pak Rizal,

      Penentunya sederhana saja. Apakah Anda memerlukan dual SIM? Kalau tidak, ambillah Xperia SP. Kalau perlu dual SIM, pilihlah Xperia C atau (yang buat saya lebih menarik) LG G Pro Lite. Anda juga boleh mempertimbangkan Lenovo S820.

  10. Pak, kalo dibandingkan dengan galaxy grand, bagus yg mana pak? apa perbedaan kamera depan xperia c yg masih vga dengan grand yg udah 2mp itu keliatan jelas perbedaan hasil fotonya pak? terimakasih.

    1. Pak/Bu Misra,

      Ya, sangat terlihat berbeda. Hasil kamera depan Galaxy Grand lebih bagus daripada Xperia C. Hal itu terjadi bukan karena perbedaan resolusi di antara keduanya, melainkan karena performa kamera depan Galaxy Grand memang lebih prima.

  11. Berarti lebih bagus grand dibandingkan xperia c ya pak?
    soalnya saya bingung mau beli grand atau xperia c krn hrganya tdk trlalu jauh beda.

  12. Bu Misra,

    Ya, kamera depan lebih bagus Galaxy Grand. Hal lain-lainnya, termasuk kamera belakang, lebih menarik Xperia C.

  13. pak xperia c saya koq tidak bisa konek internet?
    padahal sinyal di atas sudah HSDPA
    tapi untuk ke google, playstore & aplikasi yg berhubungan dengan internet tidak bisa

    terima kasih

    1. Pak Dika,

      Silakan memastikan hal-hal di bawah ini dulu. Bila sudah terpenuhi, tetapi tetap tak bisa berinternet, silakan berkunjung ke kantor layanan operator GSM atau pusat perbaikan resmi Sony.

      1. Pastikan paket data di nomor yang Anda selipkan ke Xperia C masih aktif. Bila Anda tidak tak mau berlangganan paket data, pastikan masih tersedia pulsa dalam jumlah yang memadai.

      2. Pastikan bahwa pengaturan internet di ponsel sudah benar. Di antaranya, APN sudah dipilih dengan tepat dan pilihan mobile data sudah dicentang.

  14. Pak Herry, saya mau tanya, sayakan baru beli hp xperia ini baru 1 bulan, tapi, karna aplikasi saya buka gakeluar gambarnya semua. Jadi saya matiin, siapa tau langsung bener lagi. Ternyata saya coba nyalain gabisa nyala2. Tapi kalau di ces lampu led nya nyala. Kira2 itu kenapa ya pak? πŸ™

    terima kasih

    1. Bu Lala,

      Dengan kondisi seperti itu, satu-satunya hal yang bisa saya sarankan adalah membawa ponsel tersebut ke pusat perbaikan resmi Sony.

  15. pak mohon pertimbangan mana yang lebih bagus antara xperia sp, xperia C, xperia V dan xperia acro s..
    trima kasih pak…

    1. Pak Imam,

      Karena belum pernah mencoba Xperia V, ponsel itu saya singkirkan dulu ya.

      Tersisa Xperia SP, Xperia C, dan Xperia acro S. Yang terbaik di antara ketiganya adalah Xperia acro S. Dibandingkan dua ponsel lainnya, ia hanya kalah di daya tahan baterai.

  16. Pak Herry,

    apakah kita bisa menginstall aplikasi pada memory eksternal di Xperia C ini? mengingat memori internal hanya berkapasitas 1,11 GB

  17. hp sony xperia c saya kalau aplikasinya di pindah ke memori sd dimatikan aplikasinya hialng gmn solusinya om…???

    1. Pak Micko,

      Mungkin aplikasi tersebut memang tak boleh dipindahkan ke microSD. Saya pribadi membiasakan diri menyimpan aplikasi di memori internal. Namun, ketika memori internal ponsel yang digunakan relatif kecil, hal itu memang kadang menyusahkan.

  18. Pak Herry menurut anda diantara Sony Xperia M dual, Sony Xperia L, dan Sony Xperia C lebih bagus yg mana? Dari segi harga, kualitas barang dan kenyamanan penggunaan. Trims sebelumnya

  19. Ok trims Pak Herry, saya senang membaca review anda sehingga dapat menambah wawasan saya tentang teknologi terbaru dr sebuah smartphone. O ya sekedar info kapan hari saya sempat memiliki acang merk Oppo Clover dan sewaktu saya jual kembali dengan masa pemakaian 1 bln hampir semua counter hp di kota saya menawar dengan harga 2 jt. Tapi untungnya ada satu counter yg mau dengan harga Rp 2.250.000 sehingga langsung saya lepas. Demikian sedikit info dari saya Trims

    1. Pak Han,

      Wah, beruntung deh Find Clover bekas masih bisa terjual Rp 2,25 juta. Ya, harga pasar yang benar Rp 2 juta itu.

  20. Pak numpang nanya…
    Saya masih bingung untuk membeli antara SONY Xperia C dengan L. Karna dari spek nya walaupun XC sudah pk quadcore mediatek, msh bagus yg XL (dual qualcom), karena XC pk procesor dari cina. Apa itu benar pak? Lantas lebih bgs procesor mana y. Mengingat baterai XC juga unibody.

    Mohon pencerahannya pak πŸ˜‰

    1. Pak Hayat,

      MediaTek kini sudah berkembang pesat lho. Mau dari Cina atau kasarnya nih, Mojokerto, asalkan enak dipakai buat saya tak masalah. Nah, kalau pilihannya Xperia C atau Xperia L, saya pribadi akan memilih Xperia C.

  21. Pak mau nanya kalo hasil foto kamera sony c am grand duos mana yg lebih bagus…
    Trus hasil foto sony c ama galaxy mega maba yg lebih bagus.. Tolong pencerahannya…

    1. Pak Dafiq,

      Seluruhnya sih hanya pantas dikategorikan cukup bagus. Kalau diperhatikan dengan ekstracermat, beda-beda tipis tergantung kondisi pemotretan deh.

      Bila harus dipaparkan dengan lebih rinci, kamera belakang secara umum lebih bagus Xperia C. Sedangkan kamera depan lebih bagus Galaxy Grand. Sementara itu, kinerja kamera Galaxy Mega boleh dianggap sama dengan Galaxy Grand.

  22. Pa hery,, xperia c yang asli made in japan kan, tapi kenapa yang saya beli dngan harga 3 juta an,, tapi terpampang dikotak hape’y,, made in china???

    1. Pak Rahman,

      Meskipun Sony adalah merek dari Jepang, bukan berarti seluruh ponselnya made in Japan. Saya lupa Xperia C tepatnya dibuat di mana. Pasti bukan Jepang. Sepertinya memang made in China.

  23. Pak hery, saya mohon d berikan gambaran sampai seberapa berantakannya kamera depan sony xperia c apabila digunakan di dalam ruangan.. apakah hasilnya menjadi gelap dan banyak noise atau bagaimana ya pak? karena saat ini saya berminat untuk membeli sony xperia c.. terima kasih..

  24. om minta rekomenya antara lg g pro lite,xperia c sama lenovo s920 mana yang bagus?
    dari segi kenyamana,performa,kualitas?kalo soal harga ndak masalah.

    1. Pak Bambang,

      Xperia C dicoret dulu ya. Dari segini kenyamanan dan layanan purna jual, LG G Pro Lite lebih unggul daripada Lenovo S920. Namun, dalam hal performa, S920 mengalahkan G Pro Lite.

  25. Pak saya mau minta pendapat, kalau disuruh pilih Lenovo S820 , LG G Pro Lite sama Samsung Galaxy Grand, kira2 enak ambil yang mana? Terima Kasih

    1. Pak Yongky,

      Galaxy Grand silakan dicoret dulu.

      Pilih S820 kalau ingin yang nyaman digenggam tangan maupun dikantongi. Pilih G Pro Lite kalau ingin yang layar lebar, bisa dijadikan remote control TV, dan layanan pusat perbaikan resmi bagus.

  26. Pak saya mau tnya nii
    Lebih baik pilih Xperia c atau LG pro lite?
    Xperia C sudah quadcore , klo LG pro lite masih Dual Core pak
    Lbh baik mana?

    1. Pak Steven,

      Kebetulan saya pernah mencoba keduanya. Di atas kertas, spesifikasi Xperia C lebih menggiurkan. Namun, kalau kita berbicara tentang kenyamanan pemakaian sehari-hari, G Pro Lite jauh lebih menarik.

  27. pak herry
    xc sy kog ga bisa buat poto sendiri ya, suara pemandunya ga ada n gambar bayang2nya jg ga ada, kira2 nyetingnya gmn?

    1. Pak Ipin,

      Untuk pemotretan diri sendiri dengan suara pemandu, saya sudah lupa detail menunya gimana. Intinya jalankan kamera belakang, pilih mode normal, lalu silakan mencari fitur self-portrait voice guide.

    1. Pak Ronni,

      Wajar terjadi seperti itu. Sebab, zoom di nyaris semua kamera ponsel adalah perbesaran digital (digital zoom), bukan optical zoom.

  28. sudah sy seting begitu pak tapi suara pemandunya tetap tidak ada, atau karena memorinya yg sdh penuh ya pak, krn masih pake memori internal

    1. Pak Ipin,

      Hmm… idealnya saya harus cek ponselnya langsung. Mestinya bukan karena memori penuh. Kalau pas jalan-jalan ke pusat penjualan ponsel, coba mampir ke pusat perbaikan resmi Xperia atau Sony Information Center deh.

  29. Maaf pak, saya mau tanya.
    Menurut Bapak lebih baik membeli XPERIA C atau Lenovo Vibe X ( dengan mempertimbangkan segala aspek )
    Atau mungkin anda memiliki saran HP tipe lain yang harganya berkisar antara 3-4,5 juta
    Terima kasih

    1. Pak Wahyu,

      Mohon maaf karena saya baru bisa merespons pertanyaan pada saat ini. Beberapa hari terakhir saya terkena sinusitis sehingga kesulitan berlama-lama menatap layar laptop atau ponsel.

      Kalau pilihannya Xperia C atau Vibe X, saya lebih memilih Vibe X. Dengan anggaran yang Anda sebutkan dan kalau tidak keberatan membeli ponsel bekas, LG Nexus 5 dan Samsung Galaxy Note 2 juga boleh dilirik.

  30. Tidak apa-apa pak Herry, semoga cepat sembuh
    Kalau menurut bapak, dari tipe-tipe ponsel yang bapak sebutkan di atas yang baterainya paling awet yang mana ? Soalnya saya sering bekerja ke luar kota dan malas membawa power bank
    Terima kasih pak atas jawabanya

    1. Pak Wahyu,

      Hmm… kalau Anda mengejar baterai yang awet, berarti pilihannya perlu diubah menjadi Lenovo P780 8 GB atau LG G Pro Lite.

  31. pak saya mau tanya xperia c sama lenovo k900 bagusan mana??mau beli xperia, brand udah terkenal sedangkan kalo mau beli lenovo brand dr china,jd bgung….

    1. Pak Dimas,

      Kalau terpaksa harus memilih, ya mending Xperia C. Namun, kalau saya boleh memberikan saran yang lebih bijak, silakan mencoret dua ponsel itu. Dengan anggaran sampai Rp 3,3 juta, lebih baik Anda membeli LG G Pro Lite (Rp 2,8 juta) atau Lenovo P780 8 GB (Rp 3 juta).

  32. pak,tolong dikasih saran…
    Saya pengen beli sony xperia c,tp msh ragu…
    Dg anggaran 3,5juta bagusan beli apa pak?
    Kalau dibandingin antara sony xperia c,samsung galaxy grand sama LG G Pro lite, bagusan beli yg mana pak?alasannya kenapa?

  33. terimakasih untuk jawabannya pak…
    kalau antara LG G Pro Lite sama Lenovo P780 8Gb bagusan mana pak?

    1. Bu Ramagita,

      Plus minus sih.

      Ambil G Pro Lite kalau ingin layar yang lebih lebar, bisa difungsikan sebagai remote control, baterai bisa dilepas, dan layanan pusat perbaikan resmi yang prima.

      Pilih P780 kalau ingin yang lebih enak digenggam, baterai lebih tahan lama, respons lebih gegas, dan bisa difungsikan sebagai power bank.

  34. Mohon petunjuknya.. Saya bingung menentukan antara xperia c / xperia m dual. Dr segala aspek saya pilih yg mn ya ? Terima kasih

    1. Pak/Bu Aan,

      Anda hanya pantas melirik Xperia C kalau ingin yang berlayar lebar. Selain satu faktor itu, Xperia M dual lebih menarik dilirik.

  35. bagaimana dengan samsung pak?
    saya lihat samsung juga sudah mengeluarkan galaxy grand neo…
    mana yang lebih baik samsung grand atau LG G Pro Lite pak?
    saya takut salah pilih πŸ˜€

    1. Pak/Bu Ramagita,

      Untuk ukuran saat ini, Galaxy Grand Neo, Grand Duos, Xperia C, dan G Pro Lite sepertinya sudah patut mulai dilupakan. Terus terang saya menduga LG G2 Mini dan LG L90 Dual lebih menarik dibandingkan empat tipe ponsel di atas. Saya sengaja menuliskannya “menduga” karena belum menguji pakai sendiri ponsel itu.

      Khusus L90 Dual, saya sempat towel-towel sebentar di sebuah toko. Kesan pertama yang saya dapatkan, ponsel itu tampaknya sangat pantas dicoba lebih dalam.

  36. Pak Herry,

    Setelah saya baca ulasan/saran Pak Herry dr awal, itu sangat membantu saya. Awalnya sy tertarik dengan Experia C, tp sepertinya G Pro Lite lebih unggul. Tapi skr ada lagi keluaran baru LG G2 Mini. Makin bingung jadinya πŸ™‚ Mohon Pak Herry memberikan pilihan antara LG G Pro Lite / LG G2 Mini / Lenovo S920. Meskipun ulasannya sudah ditulis diatas, sy ingin tahu Pak Herry pribadi memilih yg mana.

    Terima Kasih

    1. Pak Handi,

      Maaf baru balas. Saya usai “dikunjungi” sakit perut plus masuk angin. Sekarang pun baru pulih sekitar 60 persen.

      Seiring munculnya LG G2 Mini dan LG L90, LG G Pro Lite sudah tidak menarik. Silakan coret dulu.

      Mending G2 Mini atau S920? Saya belum bisa menjawabnya sekarang. Mungkin akhir minggu depan saya baru bisa menjawabnya.

  37. Pak Herry, terima kasih atas tanggapannya & semoga cepat pulih dari sakitnya. Untuk smartphone kelas middle ini pilihannya memang membuat bingung, serba nanggung istilahnya πŸ™‚

  38. Ko Herry mau tanya Xperia C dengan XPERIA M2 yg baru keluar bagus mana? kalo di lihat spk nya sama utk kamera juga sama. ni lagi bingung mau pilih yg mana???? Trimakasih

    1. Pak Nouval,

      Saya belum pernah mencoba Xperia M2. Rencananya minggu depan saya akan mulai mencicipi ponsel itu.

  39. Pak hery mau nanyak cara setingg lampu led bawah kalok ada tlf, sms, bbm muncul gimana? soalnya xc ku sdh gk nyala lampu led bawahnya makasih

  40. Permisi pak harry mau nanyak awalnya lampu led bawh xperia C ku bisa kalok ada sms,bbm, tlf nyala tp skrng sdh gk nyala πŸ™ cara setingganya di mana ya pak tlg infonya πŸ™‚ makasih

    1. Pak Bagus,

      Pak Harry sedang pergi entah ke mana. Saya Herry. Bolehkah menjawab? πŸ™‚

      Saya sudah lupa pengaturan notification light ada di sebelah mana. Coba Anda cari-cari di settings – display.

    1. Pak Bagus,

      Lho, kok Harry lagi? Saya ngambek tak mau menjawab deh.

      Hi… hi… hi…

      Wah, maaf, kalau tak ada, saya tidak tahu lagi. Sudah benar-benar lupa menu pengaturannya ada di sebelah mana.

  41. Lah terus saya pangill siapa dong pak πŸ˜€
    Oh ya layar saya sebelah kiri pojok agak.gosong itu knps ya pak πŸ˜€ tp lekbtak tes barner warna merah biru kuning hijau gtu gpp ;(

  42. Hehe,maff pak effek liat bola ngantuk wkwkw πŸ˜€ lah gimana foto.e pak gk ada hp lg πŸ™ ,udh tak bawa ke sony center katanya gpp.,pak kalok misalnya software ulang ke sony center masih garansi, software nya bayar apa gk?

    1. Pak Bagus,

      Karena ngantuk, Herry jadi Harry ya. πŸ™‚

      Oh, tak ada kamera atau ponsel berkamera lain. Ok, tak perlu difoto deh.

      Kalau belum ada perubahan kebijakan, bayar Rp 50 ribu.

  43. Saya pake Xperia C,sejauh ini mantab saya puas makenya
    Hanya sayangnya boatloadernya gakbisa diunlock,jadi susah kalau mau custom room,,
    Ada gak ya cara unlock boatloader-nya Xperia C,,?

    1. Pak Tegar,

      Maaf, saya tidak bisa membantu. Kebetulan saya mencoba ponsel sesuai kondisi standar. Tak pernah nge-root atau membuka bootloader.

  44. Bagusan mana Pak antara xperia c3,c3 dual sama T3? Klo blh mnt saran.,hp yg bagus kisaran 3-4 hp apa Pak? Mksh

    1. Pak Wildan Taufik,

      Xperia C3 dan Xperia C3 Dual intinya hampir sama kok. Xperia C3 single SIM dan mendukung LTE. Sedangkan Xperia C3 Dual itu dual SIM, tetapi belum mendukung LTE.

      Saya belum pernah mencoba Xperia T3.

      Di kisaran harga yang Anda sebutkan, Anda boleh melirik Xperia C3 Dual atau LG Nexus 5.

  45. pak Herry saya ulul, saya pake sonny xperia c3 single sim, menggunakan kamera belakang 8mp tetapi kenapa hasil gambranya buram dan tidak jelas seperti memakai kamera 360. hasil fotonya tidak jernih.
    mohon solusinya pak Herry, terima kasih.

    1. Pak Ulul,

      * Jawaban tidak serius: lha Anda memakai Sonny Xperia C3 sih. Seandainya pakai Sony Xperia C3, hasil jepretan kamera akan tajam.

      * Jawaban serius: perhatikan apakah ada kotoran atau lapisan yang menutupi lensa kamera belakang Xperia C3 tersebut. Kalau ada, bersihkan dulu lensanya. Masih buram? Kemungkinan ada masalah di hardware. Namun, tak ada salahnya Anda coba melakukan reset satu kali. Bila masalah yang sama masih muncul, silakan mampir ke pusat perbaikan resmi Sony.

  46. Xperia c3 punya istri saya tidak muat dijejali bermcm2 Aplikasi..baru saya pasang.WatsApp.Mesenger.FB.BBM..doang..dtmbh camera 360. Sdh tdk bisa lgi nmbh aplikask..pdhl Andromx u2 saya yg hargany dibawah muat belasan aplikasi..gmn solusiny..

    1. Pak Drajat,

      Hal itu terjadi karena memori internal di Xperia C3 dibagi menjadi dua partisi. Partisi device memory yang digunakan untuk instalasi aplikasi tambahan tidak sebesar satu partisi lainnya. Secara default tak ada solusi lain selain menghapus sebagian aplikasi.

  47. Mau tanya cara instal aplikasi camera bawasn.sony.xperia.c.gmana ya,punya saya hilang,mohon bantuannya para suhu

    1. Pak Yanuar,

      Maaf, baru pagi ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Karena sesuatu hal, selama berhari-hari saya menghilang dari dunia maya.

      Pertanyaan Anda masuk dua kali lho. Saya sudah menjawabnya di bawah pertanyaan pertama.

  48. Mau tanya cara instal aplikasi camera bawasn.sony.xperia.c.gmana ya,punya saya hilang,mohon bantuannya para suhu

    1. Pak Yanuar,

      Maaf, baru pagi ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Karena sesuatu hal, selama berhari-hari saya menghilang dari dunia maya.

      Kamera bawaan Sony Xperia C seharusnya tidak bisa hilang maupun sengaja dihapus. Coba Anda cek di settings, apps, lalu all. Kalau tidak ada, coba cari di settings, apps, lalu disable. Pastikan statusnya diubah menjadi enable.

      Seandainya dua cara di atas belum manjur, silakan menempuh cara pamungkas: lakukan factory reset.

  49. maaf, mau bertanya. xperia c2305 saya tidak bisa menyala. sudah ditekan tombol restart didekat sim card, setelah itu loading terus dan tidak bisa kebuka seperti biasa. itu kenapa ya?dan harus diapain?apa perlu dibawa ke tempat service hp? mohon bantuannya

    1. Pak Deny,

      Maaf, baru pagi ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Karena sesuatu hal, selama berhari-hari saya menghilang dari dunia maya.

      Ya, silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi Sony.

    1. Pak Faiz,

      Kamera lebih bagus Redmi 2. Kalau baterai, saya lupa dulu baterai Xperia C bisa bertahan berapa lama. Sepertinya sedikit lebih lama daripada Redmi 2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *