Review Sony Xperia E dual: Tampilkan Dua Sinyal dong!

Reputasi Sony dalam industri game, hiburan, dan elektronik tak perlu disangsikan lagi. Kiprah mereka dalam dunia perponselan juga pantang dilihat sebelah mata. Meski demikian, kalau berbincang spesifik tentang ponsel dual SIM dual standby yang lazim disebut dual on GSM-GSM, mereka memang masih baru. Ibarat bayi yang baru belajar merangkak.

Sony Xperia E dual merupakan ponsel dual on GSM-GSM kedua yang mereka tawarkan. Tahun lalu, pabrikan asal Jepang itu menghadirkan Sony Xperia tipo dual yang tidak bisa dikategorikan buruk, namun juga belum istimewa.

Xperia E dual-1

Pengguna yang telah puas dengan Xperia tipo dual seharusnya semakin puas saat mencicipi Xperia E dual. Sementara itu, pengguna Xperia tipo dual yang kurang puas, kini mungkin akan dipuaskan oleh Xperia E dual. Sebab, aneka pengembangan dan perbaikan bisa dirasakan di Xperia E dual.

Dulu, Xperia tipo dual hadir dengan layar sentuh 3,2 inci yang buat sebagian orang dinilai terlalu kecil. Sekarang, Xperia E dual memanfaatkan layar sentuh 3,5 inci. Lebih memanjakan jari dan mata, sekaligus masih nyaman digenggam maupun dimasukkan ke dalam saku. Layar beresolusi 320 x 480 piksel di Xperia E dual mampu menyajikan sampai 262 ribu warna.

Kalau Xperia tipo dual memakai prosesor Qualcomm Snapdragon MSM7225AA, Xperia E dual naik kelas. Ia menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon MSM7227A 1 GHz. Bila dulu penulis berkali-kali merasakan ponsel bengong sejenak kala menguji pakai Xperia tipo dual, hal itu tak penulis temukan ketika mengetes Xperia E dual.

Dua nomor GSM dapat siaga bersamaan di Xperia E dual. Pengguna bebas menentukan nomor mana yang diizinkan mengakses jaringan 3G. Untuk mengubah nomor default dari satu nomor ke nomor lain, pengguna bisa mendayagunakan widget atau cukup menyentuh ikon kartu di bar notifikasi. Alternatif lain, menekan dan menahan tombol power selama beberapa detik sampai muncul suatu daftar pilihan. Asal tahu, tombol power Xperia E dual mengingatkan penulis dengan keypad dan tombol kamera ponsel Sony Ericsson K810i keluaran tujuh tahun silam.

Xperia E dual-2

Kamera 3,2 megapiksel tanpa fokus otomatis maupun lampu kilat, perekam video VGA, baterai 1.500 mAh, radio FM, dan mendukung layanan HSDPA merupakan sebagian spesifikasi lain Xperia E dual. Ada pula Office Suite untuk membaca dokumen, RAM 512 MB, selot microSD, Wi-Fi, bluetooth, dan GPS.

Ruang penyimpanan di ponsel bersistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich itu dibagi dua, phone memory dan internal storage. Saat ponsel masih segar, 555 MB di antara 738 MB phone memory berstatus kosong. Sedangkan 2 GB di antara 2,01 GB internal storage-nya siap dioptimalkan pengguna.

Secara umum, menurut penulis, Xperia E dual yang dibanderol Rp 1,899 juta cukup menarik. Ponsel berdimensi fisik 113,5 x 61,8 x 11 mm dan berat 115,7 gram tersebut senantiasa responsif. Sisi minusnya, selain kinerja kamera yang kurang bagus, ponsel itu terasa kurang prima dalam menangkap sinyal 3G. Bila PIN kartu SIM yang diselipkan aktif, layar ponsel sesekali masih menampilkan status emergency calls only. SIM card locked. Padahal, nomor itu sebenarnya sudah lancar dipakai berkomunikasi.

Catatan lain dari penulis, di situs Sony Mobile kamera Xperia E dual disebutkan memiliki fokus otomatis. Kenyataannya, kamera ponsel itu tanpa fokus otomatis.

Terakhir, sama dengan saat dulu Xperia tipo dual diperkenalkan, foto Xperia E dual yang dipajang di situs Sony Mobile hanya memperlihatkan satu indikator sinyal. Hal itu membuat sebagian orang menyangka Xperia E dual bukan ponsel dual on GSM-GSM. Ayo Sony, tampilkan foto ponsel dengan dua sinyal dong!

68 thoughts on “Review Sony Xperia E dual: Tampilkan Dua Sinyal dong!

  1. Ko HSW, kalo ponsel dual on GSM-GSM semacam Xperia E ini, bisa tidak menggunakan aplikasi chatting seperti We Chat, WhatsApp, LINE (yang berbasis no. handphone) ?
    kan ponsel ini punya 2 sim.
    terima kasih

  2. Pak CazChuz,

    WhatsApp konfirm bisa. Saya sudah mencobanya sendiri selama berhari-hari. We Chat dan Line tak pernah coba.

  3. Pagi pak Herry
    sebelum ada lenovo s560 saya tertarik xperia e..tapi jadi terbagi pandangan saya dengan s560..mana yg terbaik secara keseluruhan pak herry..terima kasih

  4. Pak herry bila diadu dengan jajaran lenovo semisal P700 atau S880… kira2 mana yang lebih recomended.. dari sisi price to performance

  5. Pak Dhino,

    Kalau harus memilih Xperia E dual atau S560, saya lebih memilih Xperia E dual. Memang sih layarnya tidak sebesar dan sehalus S560. Namun, Xperia E dual terasa lebih nyaman dipakai untuk pemakaian sehari-hari.

    Bila yang ditanyakan Xperia E dual atau P700i, nah… saya lebih memilih P700i. Alasan utamanya, baterai tahan lebih lama.

    Hal lain, siaran radio FM di P700i bisa didengarkan tanpa perlu menancapkan handsfree berkabel. Performa kamera juga lebih bagus. Dua poin ini sebenarnya bisa dijumpai pula di S560. Bedanya, layar ponsel itu nggak secemerlang P700i, baterai kalah awet, dan bodi belakangnya mudah tergores.

  6. Pak Ucheman,

    Ketiganya sama-sama menarik. Cara termurah untuk menentukan pilihan:

    * Kalau ingin yang sangat nyaman digenggam dan bersedia memaklumi kamera yang kurang bagus, ambil Xperia E dual.

    * Kalau ingin yang nyaman digenggam dan baterainya tahan lama, ambil P700i.

    * Kalau ingin yang berlayar lebar, ambil S880.

  7. Pak Ucheman,

    Maaf, ada kesalah ketik pada jawaban saya di atas. Yang saya maksud, “cara termudah”, bukan “cara termurah”.

  8. Pak Miftah,

    Lenovo S820 itu yang mana ya, Pak? *bingung*

    Perasaan tidak ada tipe tersebut yang beredar di sini.

  9. tambahan pak cazChuz..

    Line bisa di hp dual on GSM..
    Tinggal di daftarkan saja salah satu nomer GSM..

    *Defy Mini XT231 User*

  10. pak Herry,

    Kamera Xperia Tipo sama Xperia E hasilnya bagusan mana?

    Situs Sony tidak seperti situs Sony Ericsson dulu yg super lengkap informasinya.. Situs Sony sekarang dbuat ala kadarnya saja..

  11. Pak Ari,

    Terima kasih atas informasinya. Pak CazChuz, satu pertanyaan berarti sudah terjawab lagi ya.

    Hasil jepretan Xperia tipo dual relatif sama dengan Xperia E dual. Iya, perasaan lebih komplet zaman Sony Ericsson dulu.

  12. Kalo soal sinyal, perasaan Sony / SonEr jagonya bengong deh Pak. Dulu di rumah pernah punya Samsung GalMin dan Xperia Mini Pro. Dua2nya pake kartu yang sama, si GalMin masih lancar internetan eeee si Mini Pro udah bengong aja. Faktor sinyal ini yang membuat saya ragu untuk beli produk Sony lagi.

  13. itu keluaran terbaru lenovo pak yaitu”lenovo s820 dan s920″
    mungkin belum masuk pasar indonesia kali pak,.. rumor nya sih”mau masuk” pak

  14. kalo baca review p herry sepertinya penyakitnya sama dgn tipo dual yg pernah saya pakai, utk menangkap sinyal 3g kurang dan sering bengong. dan sy pernah kecewa dgn layanan xperia customer service yg pernah saya ceritakan sblumnya dan sdh saya lupakan…saat ini saya lg tertarik dgn lenovo p700i dan memang kinerjanya menyenangkan (pernah pinjam punya teman sy)…jd saat ini lg “jatuh hati” ke p700i pak…

  15. Pak Priyo,

    Mungkin bergantung tipe juga ya. Saat ini saya sedang memakai Sony Xperia Z. Penangkapan sinyalnya baik-baik saja. Demikian pula dengan Sony Ericsson Xperia ray, Xperia tipo dual, dan K800i yang pernah saya pakai berbulan-bulan. Ericsson T39m juga tak ada masalah dalam hal penangkapan sinyal.

  16. Pak Sandi,

    Saya kebetulan pernah memakai dua unit Xperia tipo dual yang berbeda. Penangkapan sinyal 3G baik-baik saja sih. Dulu, saya merasa kecepatan respons Xperia tipo dual masih dalam batas toleransi. Begitu mencicipi Xperia E dual, Xperia tipo dual jadi terasa lambat. ?

    He… he… selamat keracunan P700i deh.

  17. Pak Heri,
    Apakah waktu melakukan tes pada Xperia tipo dual, sinyalnya suka hilang? Karena saya kadang mengalami hal tsb. Mau upgrade ke Xperia E dual takut mengalami hal yg sama

  18. Pak Hutomo,

    Saya tidak mengalami hal tersebut di Xperia tipo dual. Kalau di Xperia E dual, di jaringan 2G sih tak ada masalah. Sedangkan di jaringan 3G, ponsel terasa kurang peka. Di kamar saya, misalnya, pakai ponsel lain masih bisa dapat sinyal 3G satu bar. Nah, kalau pakai Xperia E dual, cukup sering gagal dapat sinyal 3G.

  19. Pak Ferry,

    Ketika sinyal hilang, apakah Anda sempat coba memindahkan kartu ke ponsel lain dan ternyata dapat sinyal? Saran saya, bawalah Xperia E dual itu ke pusat perbaikan resmi Sony.

    Selama menguji pakai Xperia E dual, saya tak pernah mengalami hal itu. Yang sempat saya rasakan, penangkapan sinyal 3G ponsel tersebut tidak seandal ponsel lain. Sedangkan untuk sinyal 2G-nya tak ada masalah.

  20. Pak Herry,

    Cara merubah default storage ke external memory (sd card) xperia e ini gimana ya? makasih infonya…

  21. pak Herry,
    hape dual sim (tanpa melihat gsm+gsm / gsm+cdma), android, camera bagus, range harga 1 – 1,7 juta yang bisa pak Herry sarankan kira2 apa?
    terima kasih.

  22. Pak Yopie,

    Hmm… kriteria kamera bagus ini yang susah. Yang paling mendekati sih Lenovo S560. Harga resmi Rp 1,699 juta, harga pasar mendekati Rp 1,6 juta.

  23. pak Herry, terima kasih atas infonya,
    setelah sempat berpikir antara lenovo a690, andromax i, axioo picopad 4 gdk, sony tipo dual, andromax u yang selalu tidak ada barangnya, lenovo a800, lenovo s560, akhirnya beli lenovo s560 dengan harga 1,580 jt, semoga awet.

  24. saya pake xperia E, saat media musik on, knp sinyal mati? ga bs sms dan terima sms, tlp jg ga bs masuk? apa sy slh setting dmn ya?. tlg dibantu pak.thx

  25. Bu Yuni,

    Seharusnya hal itu tak terjadi. Tak ada pengaturan khusus yang harus dilakukan. Selama memutar musik, ponsel tetap siaga dan siap menerima SMS maupun telepon masuk.

    Kalau mau mencoba, silakan melakukan factory reset terhadap ponsel. Sebelumnya, pastikan data penting sudah di-backup.

  26. pak herry saya tertarik dg xperia e dual ini, pertanyaan saya apakah ketika kita memakai 2 sim, kedua sim tersebut dpt menerima sms secara bersamaan?
    berbeda dengan tipo dual yg hanya dapat aktif pada satu sim saja. trims

  27. Pak Panji,

    Kalau masuk pada detik yang benar-benar bersamaan pasti tidak bisa. Namun, kalau masuk dengan perbedaan waktu sepersekian detik (kurang dari satu detik), hal itu bisa.

    Xperia tipo dual bisa aktif dua SIM kok, Pak. Saya sudah pernah mencobanya.

  28. emm kalo misalkan pada sim 1 sedang menerima telpon, apakah sim 2 dapat menerima sms pada saat yg sama pak?
    maaf tanya2 trs soalnya saya tertarik tp msih ragu beli hp ini, hehe
    trimakasih bnyak

    1. Pak Panji,

      Saat Anda bertelepon memakai SIM1, maka SIM2 dianggap padam. Telepon dan SMS takkan bisa masuk. Usai bertelepon memakai SIM1, barulah SMS untuk SIM2 bakal berdatangan.

      Kondisi tersebut tidak hanya berlaku di Xperia tipo dual dan Xperia E dual. Aneka ponsel dual SIM merek global lain, baik Nokia, LG, atau Samsung, menganut prinsip serupa.

    1. Pak Edwin,

      Xperia E dual boleh dilirik. Xperia Miro, Lenovo P700i (kalau bisa menemukan toko yang punya stok lama), dan Oppo Find Piano boleh pula dilirik. Sebenarnya ada beberapa ponsel LG yang sesuai kriteria itu. Namun, saya belum pernah mencobanya sehingga tak berani memberikan rekomendasi.

  29. Pak Herry
    Saya pengen beli ponsel ini, tapi mo nanya dulu: Kalo salah satu sim digunakan internetan, terus sim satunya apa masih bisa terima telepon atau sms?

  30. pak,Hp saya Sony Xperia E dual,
    semula lancar2 saja, sdh 2 bulanan ini kalw buat kirim sms sering gagal,
    sinyal sering hilang, pada SIM 1 saja pak.
    kira2 pengaruh pengaturan apanya ya pak ?

    1. Pak Adi Nova,

      Kalau tak keberatan, coba lakukan percobaan singkat ini:
      * Pindahkan kartu SIM yang terpasang di selot kartu SIM1 ke selot kartu SIM2. Demikian sebaliknya.
      * Alternatif lain, gantilah kartu SIM1 satu dengan kartu SIM dari ponsel lain atau kartu SIM yang benar-benar baru. Sebaiknya dari operator yang berbeda dan termasuk dalam tiga besar (Telkomsel, Indosat, atau XL).

      Bila sinyal masih sering hilang, silakan membawa ponsel Anda ke pusat perbaikan resmi Sony.
      Bila sinyal ternyata stabil, kunjungi kantor layanan operator GSM yang Anda gunakan. Tukarkan kartu SIM Anda yang lama dengan kartu SIM baru. Tenang, nomor ponsel tak berubah kok.

    1. Pak Idris,

      Kalau Anda yakin berada di jaringan 3G/HSDPA, silakan masuk ke menu setting, kemudian lakukan penguncian jaringan di WCDMA only.

    1. Pak Azat,

      Sudah coba ganti kartu SIM lain, baik operator sama maupun operator berbeda? Bila sudah ganti kartu dan tetap tak dapat sinyal, silakan mampir ke pusat perbaikan resmi Sony untuk dicek.

  31. Saya bru beli sony E3 1bln aq pake sim1 sim2 gk aq pakai,,iseng” aq beli kartu untuk sim2 micro jga,,pi kenapa kok gk bisa muncul n aktif ya pak,,di seting dual sim sim 2 jga gk muncul…tlong kasih solusiny ya pak??

    1. Bu Nana,

      Apakah tulisan yang tersaji di layar?
      * Nama operator di SIM1 dan SIM2, atau
      * nama operator di SIM1 dan insert SIM card (atau yang bermakna sama)

      Kalau yang pertama, cobalah melakukan pencarian jaringan secara manual.

      Kalau yang kedua, berarti kartu SIM belum terbaca oleh ponsel. Coba keluarkan dan pasangkan lagi dengan benar. Seandainya masih mengalami hal yang sama, silakan membawa ponsel itu ke pusat perbaikan resmi Sony. Mungkin selot SIM2 bermasalah.

  32. Pada layar hanya muncul signal sim1,,aq coba tuker kartu di sim 1 ke sim 2 sebaliknx!!!signal cma muncul sim 1 aj di layar!!!sim 2 gk muncul sama sekali cuma di dekat indikator sim 1 muncul gmbar kakayak huruf N tumpuk 2

    1. Bu Nana,

      Lain kali mohon tidak menggunakan banyak singkatan. Hindari pula penggunaan tanda !!! karena di internet hal itu bisa dimaknakan Anda sedang berteriak atau marah.

      Kalau membaca paparan Anda, saya menduga selot SIM2 gagal membaca kartu SIM yang diselipkan. Silakan membawa ponsel itu ke pusat perbaikan resmi Sony untuk dicek.

  33. Maaf pak Herry
    Saya pengunjung setia ponselmu.com
    Terima kasih atas review-reviewnya sangat membantu saya

    Mau tanya pak
    Jika dibandingkan speaker sony e, e dual, dan sony w300i, lebih oke yang mana?
    Karena kebetulan punya w300i

    Terima kasih

    1. Pak Ridwan Priyanto,

      Terima kasih atas apresiasinya.

      Ehmm… ini maksudnya W300i yang berbentuk lipatan dan masih bermerek Sony Ericsson ya? Saya sudah lupa suara ponsel itu seperti apa. Kalau tak salah ingat, treble-nya dominan banget ya.

    1. Pak Ridwan Priyanto,

      Saya sudah tidak ingat persis suara dua ponsel itu. Sepertinya lebih cring suara W300i.

  34. Bassnya lebih terasa atau bagaimana?
    Karena ingin cari gawai dengan speaker lumayan dengan harga terjangkau hehehe

    1. Pak Ridwan Priyanto,

      Oh, kalau bass-nya lebih terasa Xperia E1. Itu pun nggak sampai dam dum dam dum banget ya.

  35. mau tanya, hp sony xperia saya kan habis di reset data factory. terus setelah selesai tiba2 sim card saya nggak terbaca ada tanda sim card disilang merah disebelah kiri sinyal. udah tak coba ganti kartu tetap begitu. Kira2 apa yang salah ya? mohon pencerahnnya

    1. Pak Shofi Al Ghozi,

      Seharusnya tidak ada hubungan antara factory reset dan kartu SIM tak bisa terdeteksi. Karena Anda sudah coba memasangkan kartu SIM lain, tetapi tetap gagal terdeteksi, mau tak mau Anda mesti mampir ke pusat perbaikan resmi Sony.

  36. Pak sony E dual saya gak bisa pake jaringan 3G,kalau jaringan 3G nya di aktfkan psti emergency call,ada solusinya gak pak..?
    Terima kasih..
    .

    1. Pak Rahul,

      Ketika gagal mendapatkan sinyal 3G, apakah ponsel tidak otomatis turun ke 2G? Anda sudah mencoba memadukan ponsel itu dengan operator apa saja? Bila telah dicoba dengan minimal dua nomor operator GSM dan hasilnya sama saja, silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi Sony.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *