Review Sony Xperia E4 Dual: Penampung Migran Feature Phone dan Lanjut Usia

Di deretan ponsel terbaru Sony, Xperia E4 Dual merupakan ponsel dengan spesifikasi terendah. Pantang mengadunya dengan Xperia M4 Aqua, Xperia C4, apalagi Xperia Z3+. Embel-embel E di nama lengkap Xperia E4 Dual seolah bermakna entry level. Ponsel untuk pemula.

Meskipun terendah, belum tentu ponsel itu terasa hambar dan tidak menarik. Spesifikasi yang tak menggiurkan kadang justru menjadi nilai plus bagi segmen pengguna tertentu. Aneh? Iya sih, tetapi nyata lho.

Xperia E4 Dual-1

Mari kita memulainya dari ukuran dan resolusi layar. Sebagian pengguna ponsel minim fitur (feature phone) sampai sekarang masih enggan bermigrasi ke ponsel pintar (smartphone). Bukan karena tak punya uang, melainkan lantaran tidak mau berurusan dengan tampilan keypad virtual yang dinilai terlalu kecil.

Hal serupa berlaku untuk pengguna lanjut usia yang belajar mencicipi ponsel pintar berlayar sentuh. Keluhan mereka biasanya senada. “Aduh, tulisannya kok kecil-kecil ya. Aku susah melihatnya,” kata mereka.

Xperia E4 Dual yang memanfaatkan layar IPS lima inci beresolusi 960 x 540 piksel seolah menjadi berkah bagi dua kelompok pengguna di atas. Kombinasi layar besar dengan resolusi rendah menghasilkan tampilan ikon dan huruf yang relatif bongsor. Proses belajar memakai ponsel berlayar sentuh pun menjadi lebih singkat.

Ponsel Android 4.4.4 KitKat berdimensi 137 x 74,6 x 10,5 milimeter dan berat 144 gram itu dibekali dua selot kartu micro SIM. Sepasang nomor yang diselipkan dapat siaga bersamaan. Pengguna bebas menentukan nomor mana yang akan dipakai berinternet dan masuk ke jaringan 3G.

Selama berkendara atau beristirahat, pengguna berpotensi melewatkan panggilan telepon masuk. Aktifkan saja fitur mesin penjawab telepon alias answering machine. Salam pribadi yang sebelumnya sudah direkam pengguna akan menyapa penelepon. Penelepon selanjutnya dapat meninggalkan pesan suara.

Ketika sudah senggang, pengguna bisa mendengarkan satu per satu pesan masuk yang ditinggalkan penelepon. Berbeda dengan mengakses voice mailbox ala operator seluler, aktivitas memutar pesan suara di mesin penjawab telepon Xperia E4 Dual seratus persen gratis.

Prosesor empat inti (quad core) MediaTek MT6582 1,3 GHz, Wi-Fi, bluetooth, GPS, RAM 1 GB, dan ROM 8 GB merupakan sebagian spesifikasi lain Xperia E4 Dual. Memori internal ponsel itu digabungkan dalam satu partisi. Saat ponsel belum diutak-atik, ruang kosong yang leluasa dioptimalkan pengguna mencapai 4,44 GB. Tersedia pula selot memori eksternal yang siap dipadukan dengan kartu microSD berkapasitas sampai 32 GB.

Xperia E4 Dual-2

Ponsel dengan radio FM dan baterai tanam 2.300 mAh itu mempunyai sepasang kamera. Kamera utamanya dilengkapi fokus otomatis dan lampu kilat. Ia sanggup menghasilkan foto beresolusi maksimal lima megapiksel dan klip video full HD 1080p. Sedangkan kamera di sisi muka dapat memproduksi foto beresolusi dua megapiksel dan klip video HD 720p.

Bagaimana kesimpulan akhirnya? Menurut penulis, Xperia E4 Dual bukanlah ponsel untuk pengguna yang haus spesifikasi. Ponsel itu juga tidak pantas dilirik oleh pengguna yang mengidamkan ponsel ekstragegas. Sebab, ia lumayan sering terasa tersendat. Kalau Anda memiliki dana Rp 2 juta dan sebelumnya telah berencana membeli Xiaomi Redmi 2, Acer Liquid Z500, atau Acer Liquid Jade, silakan melanjutkan niat tersebut. Jangan berpindah ke lain hati.

Xperia E4 Dual lebih cocok dipinang oleh para migran feature phone yang ingin memiliki ponsel berlayar sentuh dengan layar lega dan tampilan besar. Ponsel itu juga layak dibeli oleh para lansia yang penasaran mencicipi ponsel Android. Dua kelompok konsumen tersebut biasanya lebih memedulikan ukuran ikon dan huruf ketimbang kecepatan respons.

Saat ini Xperia E4 Dual dibanderol Rp 1,999 juta. Ponsel itu tersedia dalam dua pilihan warna, hitam dan putih. Xperia E4 yang beredar resmi di Indonesia hanya versi dual SIM. Karena itu, kepada penjaga toko ponsel, Anda tak harus menyebutkan nama lengkap ponsel tersebut. Cukup katakan Xperia E4. Unit yang disodorkan pasti Xperia E4 Dual.

Dengan memperhatikan lesunya pasar dan pergerakan harga ponsel merek lain, menurut penulis, Sony sebaiknya segera merevisi harga ritel resmi Xperia E4 Dual. Menjadi berapa? Idealnya Rp 1,499 juta. Namun, mestinya Sony takkan berani melakukan koreksi harga seekstrem itu. Kita lihat saja deh.

***

Inilah foto-foto yang dihasilkan Xperia E4 Dual.

Xperia E4 Dual-3

Xperia E4 Dual-4

Xperia E4 Dual-5

Xperia E4 Dual-6

Xperia E4 Dual-7

Xperia E4 Dual-8

Xperia E4 Dual-9

Xperia E4 Dual-10

Xperia E4 Dual-11

Satu foto di bawah ini dijepret menggunakan kamera depan. Kali ini bukan menampilkan wajah penulis, melainkan menyajikan sebagian gawai harian penulis.

Xperia E4 Dual-12

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

Xperia E4 Dual-13

Xperia E4 Dual-14

Xperia E4 Dual-15

116 thoughts on “Review Sony Xperia E4 Dual: Penampung Migran Feature Phone dan Lanjut Usia

  1. Selamat sore pak
    Kapan review xiaomi mi 4i dan lenovo p90 bisa keluar ? Hehehehe
    Tidak sabar dan bingung antara dua handphone itu

    1. Pak John Kristianto,

      Review Mi 4i baru muncul setelah review Acer Liquid Z410 mengudara. Sedangkan review Lenovo P90 baru nongol pascamunculnya review Mi 4i.

  2. Waah, *pertamax om hsw, hehe, efek langganan email πŸ˜€
    Dari speknya memang pas buat yang baru “belajar” pakai smartphone ya om, pantas reviewnya gk sepanjang biasanya πŸ˜€

  3. Oke juga mas, tp satu yg saya mash kurang senang, yaitu batere tanamnya. Sederhana, tp manfaat, khususnya kategori yg mas sebutkan.
    Harga jg jual mahal sama seperti samsung.
    Setuju, rencana xiaomi redmi 2 mash saya pegang. Tp mas, waktu erafone promo, jg di BEC bandung, acer z500 di kasi harga 1,5jt-an, tp waktu saya mainkn kebetulan kameranya kyk merah gitu, tp salesnya krn kelamaan ngecharge krn pas di pajang.
    Makanya Acer Z500 saya coret.

    1. Pak Anggiat,

      Kamera Liquid Z500 tidak merah kok. Mungkin unit yang waktu itu dipajang agak bermasalah.

  4. wekekeke miskin sensor

    tapi saya tertarik sama answering machine bawaannya, ada ga pak herry android lain yang punya fungsi voicemail gratisan seperti e4 ini?

    atau kalau harus install dari play store apa ya nama aplikasi nya?

    1. Pak Izak,

      Sony Xperia banyak yang dilengkapi fitur itu kok. Saya tidak hafal satu per satu tipe. Seingat saya, tipe mulai Xperia Z1 biasanya dibekali fitur tersebut.

      Kalau yang harus install dari Play Store, saya malahan tak tahu. Tak pernah coba-coba mencari aplikasi semacam itu.

  5. Fiturnya lumayan bagus untuk entry level, tapi masih overprice. Btw untuk yang versi E4g ada kabar mau masuk pasar Indonesia gak pak? Suwun πŸ™‚

  6. Untuk hasil foto, apakah kualitas setara dgn 5mp nya samsung om?
    Dgn budget maksimal 2 juta, android terbaik untuk foto2 apa aja om?
    Terimakasih..

    1. Pak Radi,

      Samsung tipe apa nih yang dimaksud?

      Dengan anggaran maksimal Rp 2 juta dan memprioritaskan kamera, pilihan terbaik saat ini adalah Acer Liquid Jade. Kalau cari yang lebih murah, Xiaomi Redmi 2.

  7. Dear Ko HSW
    mohon saran untuk gawai harga 3 juta ke bawah, bisa android atau ios. pemakaian normal dan game, baterai tahan lama dan ram min 1 Gb. makasih banyak pak

    1. Pak Adhank,

      Karena ada kriteria “baterai tahan lama”, berarti pilihannya Lenovo P70 atau Xiaomi Redmi Note dual bergaransi resmi.

      Tipe kedua yang saya sebutkan kini sudah semakin sulit ditemukan di pasar.

    1. Pak Amaris,

      Oh, itu ceritanya saya sedang ke apotek membelikan obat untuk mama. Di dekat kasir ada brosur benda tersebut. Kok unik ya. Trus, saya foto deh.

  8. dear ko herry

    terima kasih atas reviewnya, cuma saran dan masukan
    apakah bisa diberi referensi/ perbandingan untuk angka hasil antutu bechmark?
    karena sebagai salah 1 orang awam, saya bingung dengan angka antutu benchmark, apakah angka itu bagus, biasa, atau jelek
    kalau bisa di beri perbandingan misalnya kalau HP x hasil antutunya 12345 dan HP Y hasil antutunya 543321, jadi kurang lebih orang awam spt saya bisa mengerti hasil bechmarknya itu di kelas apa

    thanks

    1. Pak Raha,

      Terima kasih atas masukannya.

      Pencantuman hasil Antutu itu sebenarnya saya lakukan untuk memenuhi permintaan cukup banyak pembaca blog ini. Saya pribadi menyarankan Anda tidak berpatokan pada skor benchmark saat memilih suatu ponsel. Ponsel dengan skor benchmark tinggi belum tentu enak dipakai, demikian sebaliknya.

  9. Pak herry..saya mau tanya apa benar sony xperia e1 sulit mendapatkan sinyal/ada gangguan dlm penerimaan sinyalnya.sebab di forum kaskus seperti itu katanya,saya jd ragu beli xperia e1.

    1. Pak Lucky,

      Selama memakai Xperia E1, dulu saya tak mengalami masalah sinyal. Untuk ukuran saat ini, Xperia E1 sudah kurang menarik lho.

  10. memurut saya buat lansia masih cocok dengan hp dual band karena kemampuan ketahanan baterai.
    sayang motorola v3 dan teman temannya sdh tidak ada dipasaran, menurut saya itu paling cocok karena layar dan keypad cukup besar.

    1. Pak Yuwono,

      Maaf, kalau boleh tahu, apakah hubungan dual band dengan lansia? Dual band itu kan terkait dengan frekuensi.

  11. Ko herry apa bener xperia Z3+ alias z4 adlh smartphone terakhir sony. Kalau iya aku sgt kecewa krn aku sony lovers. Thx

    1. Pak Widi,

      He.. he.. iya, saya masih pakai laptop Acer. Bukan karena bagus, tetapi karena belum ganti. Dulu laptop Acer itu saya beli dalam kondisi 100 persen baru. Baru dipakai beberapa bulan, engselnya sudah bermasalah. Sekitar setahun kemudian, giliran ada masalah dengan board sehingga laptop harus dirawat inap. Kini kalau tombol power ditekan, layar kadang tidak mau langsung menyala. Harus dimatikan paksa dulu, baru kemudian dinyalakan lagi.

  12. koh herry, saya mau minta saran. Temen saya (cew) rencana mau beli android tapi dgn hrga dibawah 2jt, cm dia g mau yg merk cina/lokal. pilihan ya antara smsung, lg, sony. cuma msh bingung tipe apa yg paling wothed utk dibeli.
    sementara yg msuk kriteria Sony Xperia E3, LG Leon.
    kebutuhan standar utk bbm,social media,foto2.
    kira2 apa yg lumayan ya koh, klo bisa ksh 2-3 pilihan lain buat pertimbangan.
    makasih sebelumnya…

  13. Dear pak, Dual band di sini maksudnya HP yg bisa sms dan telp saja memang tidak persis cocok sih penyebutannya

  14. malam om, mumpung bahas hp untuk orang tua, sy mo tanya apakah ada feature/smartphone lain yg direkomendasikan untuk orang tua? yg icon/font besar. kalo ukuran layar apakah harus diatas 5 inch?

    1. Pak Mules,

      Kalau feature phone, ukuran layar tak perlu sampai lima inci. Rentang 2,5 inci hingga 2,8 inci sudah sangat memadai.
      Kalau smartphone, saya cenderung menyarankan minimal 4,7 inci dan maksimal 5,5 inci. Jangan lebih besar karena kurang nyaman saat digenggam maupun dikantongi.

      Sebaiknya ponsel apa nih? Untuk feature phone, silakan melirik Nokia 225. Untuk smartphone, selain Xperia E4 Dual, Anda boleh mempertimbangkan Xiaomi Redmi 2 dan Acer Liquid Z500.

  15. lambang dual sim yg dipojok kanan atas layar itu apa bisa dikelupas sprti sticker biasa? ato sama kyk logo tulisan sony g bisa dihilangkan?

  16. Wah kameranya Xperia E4 ini lumayan juga… Btw OOT, Pak HSW suka permen gambar kapal juga ya πŸ˜€

    1. Pak Tuxlin,

      Iya. Saya biasanya beli yang bungkus putih atau kuning kecokelatan. Gantian dua macam itu saja deh.

  17. Dear pak Herry,
    Saya baca di beberapa forum katanya touchscreen Xperia E4 tidak terlalu responsif sama sentuhan halus ya? Jadi harus agak ditekan sedikit gitu. Xperia E4 punya anda sendiri bagaimana touchscreennya? Soalnya saya coba unit di er***ne touchscreennya memang agak ngaco dan harus sedikit ditekan. Tapi saya pikir mungkin karena unit ini kelamaan dicharge oleh er***ne

    1. Pak Dicky Dewantara,

      Layar sentuhnya merespons sentuhan halus kok. Namun, kinerja ponsel secara keseluruhan memang tidak ekstragegas.

    1. Pak Mulya DI,

      Mestinya bulan ini. Namun, saya belum sempat cek di toko-toko sudah tersedia atau belum.

  18. Segitu lambatkah performanya pak? Kalau dipakai hanya untuk social media, sedikit browsing dan mendengarkan musik apakah masih lambat? Dan juga bagaimana performa baterainya dalam pemakaian diatas?

    1. Pak Dicky Dewantara,

      Tidak sampai superlemot sih. Namun, juga jangan berharap akan superngebut.

      Dulu saya pakai untuk Twitter, email, WhatsApp, dan browsing sih masih cukup nyaman. Baterai sih minimal cukup sampai petang.

  19. Pak herry, apakah xperia e4 mendukung usb otg? Kalau tidak, ada rekomendasi handphone (android atau windows 8.1 terserah) dengan batre hemat dan mendukung usb otg dengan budget 2 juta pas? Terimakasih pak herry

    1. Pak Emiradi Achmad,

      Tidak mendukung USB OTG.

      Hmmm… tak ada nih. Yang baterai hemat harganya lebih dari Rp 2 juta. Langkah kompromi yang bisa dilakukan:
      * Beli satu unit Redmi 2 Rp 1,5 juta.
      * Beli satu buah baterai orisinal dan EBC orisinal untuk Redmi 1S. Bisa dipakai untuk Redmi 2 kok. Harga sekitar Rp 300 ribu.

      Jadi, total Rp 1,8 juta dan Anda sehari-hari sudah didampingi dengan dua baterai.

  20. Menurut mas herry dari skala 1-10, performa E4 dual ini pak herry kasih nilai berapa? Dan juga kasil penilaian buat M2 aqua ya (skala 1-10 juga). Galau merek sony nih

  21. Permisi pak Herry. Saya sekarang adalah user Galaxy Ace Plus yang ingin ganti ke layar yang lebih besar dan sepertinya Xperia E4 cocok untuk saya. Spesifikasi besar besaran tidak saya butuhkan karena saya hanya menggunakannya untuk baca berita, facebook dan bbman dengan teman saja. Saya dengar didalam paket penjualannya dapat bonus hardcase dan anti gores ya pak Herry?

    Dan saya adalah tipikal orang yang mengetiknya cepat. Apakah hp ini bisa merespon ketikan cepat?

    1. Pak Leo,

      Anda menuliskan rutin ber-BBM. Apakah Anda memiliki banyak grup BBM? Kalau tidak, Xperia E4 Dual masih boleh dilirik. Namun, kalau Anda aktif di banyak grup BBM, saran saya, carilah ponsel dengan RAM minimal 2 GB.

      Ya, memang sempat ada promo bonus hard case dan pelindung layar. Seperti ini bentuknya:
      http://postimg.org/image/sc9qnws6h/

      Kalau sudah terpasang, penampakannya kayak begini:
      http://postimg.org/image/tfygdm27d/

      Namun, setahu saya promo itu sudah berakhir.

      Seberapa cepat Anda dalam mengetik? Saya tergolong lumayan cepat dan Xperia E4 Dual masih mampu melayani.

  22. Om Herry, menurut om bagusan mana ya antara Sony E4, Lenovo A7000 sama G2 Mini? Kalo saya mentingin kamera, musik, sama gak ngelagnya. Saya cuma buat foto2, liatin video 1D, musik sama socmed aja sih. Kebetulan grup bbm, wa sama line saya rame. Kalo ngegame udah ada ipad 2

    1. Bu Fransisca,

      Saya belum pernah mencoba A7000.

      Sampai pada kriteria ini “Kalo saya mentingin kamera, musik, sama gak ngelagnya. Saya cuma buat foto2, liatin video 1D, musik”, LG G2 Mini mampu memenuhi kebutuhan Anda.

      Masalahnya, kemudian Anda menuliskan “Kebetulan grup bbm, wa sama line saya rame.” Nah, dengan kebutuhan seperti itu, saya sangat merekomendasikan Anda membeli ponsel Android dengan RAM minimal 2 GB. Khusus merek Samsung, carilah yang RAM-nya 3 GB.

      Berarti, Xperia E4 Dual dan G2 Mini sama-sama harus dicoret nih. Saya perlu mencarikan alternatif ponsel lain. Kalau boleh tahu, anggaran Anda maksimal berapa?

      1. Maaf Pak Herry & Bu Fransisca ijin nimbrung,
        Minta penjelasannya Pak Herry, kebetulan saya juga sedang mencari ponsel dg kriteria yg dicari Bu Fransisca, ” Nah, dengan kebutuhan seperti itu, saya sangat merekomendasikan Anda membeli ponsel Android dengan RAM minimal 2 GB. Khusus merek Samsung, carilah yang RAM-nya 3 GB.”
        Saya tertarik dg kutipan “Khusus merk Samsung, carilah yang RAM-nya 3 GB.” ada apa dg Samsung Pak?

        Sebelumnya, Terima Kasih Pak Herry, Blog & semua artikelnya mantap2 banget…. 4 jempol buat njenengan… ????

        1. Pak Arfidd,

          Saya sarankan begitu karena tampilan antarmuka Samsung lebih rakus RAM.

          Terima kasih atas apresiasinya.

          1. Terimakasih respon pencerahannya Pak Herry,
            berarti bener yg dialami kawan saya yg pegang Samsung J5, setelah sebelumnya dia pegang Xperia M2 Dual,komentarnya masih gegasan Xperia M2 tsbt,padahal secara RAM masih tinggi Samsung J5,

  23. Oiya kelupaan. Sama xiaomi redmi 2 juga nih om, saya lupa masukkin list hehe. Hp saya sebelumnya galaxy chat dan sekarang udah ngelag banget dipake social media saya yang banyak. Ngomong2 ulasannya bagus. Semangat nulisnya ya

    1. Bu Fransisca,

      Oh, Redmi 2 juga dijadikan kandidat ya. Ponsel itu sebenarnya layak beli. Masalahnya, Anda kan bilang banyak grup BBM dan Line. Dengan kondisi seperti itu, Redmi 2 yang memiliki RAM 1 GB kurang cocok. Carilah ponsel Android dengan RAM minimal 2 GB.

      Wuiks… untuk aktivitas seperti itu Anda memakai Galaxy Chat? Kesabaran Anda pasti sangat luar biasa. πŸ™‚

      Terima kasih atas pujiannya.

  24. Budget saya cuma mentok 2 juta nih om πŸ™ iya hehe, waktu beli galaxy chat saya tergiur sama harga yang murah dan ada keyboardnya kayak blackberry (sebelum make chat saya pake bb torch tapi fleksibelnya udah rusak), juga merek samsungnya. Jujur waktu itu saya buta sama spek spek gituan. Apa yang bagus apa yang tidak. Ngikutin trend oranglah, kalo lagi trendnya samsung ya pake samsung. Beli iphone duitnya gaada hehe. Baru pas 2 bulanan ini saya udah mulai ngerti dikit. Harus ram yang 2 gb ya? Kalo saya cari tadi sih nemunya lenovo a7000, a6000 plus, sama zenfone 5 yang dibawah 2 juta. Dari ketiga hp itu bagusan mana ya om dengan kebutuhan diatas tadi? Atau ada pilihan lain yang om rekomendasiin ke saya?

    1. Bu Fransisca,

      Dengan anggaran segitu, saya hanya bisa merekomendasikan Acer Liquid Jade (bergaransi resmi dan baru) atau Xiaomi Redmi Note (bergaransi resmi dan bekas).

      Saya belum pernah coba A7000 dan A6000 Plus. Ponsel merek Asus mending dilupakan dulu deh.

  25. Pak Herry,
    Wah pak, kalau grup bbm saya cuman punya 2 grup. Grup keluarga dan reunian teman sma. Jadi hp ini layak saya ambil ya pak πŸ™‚ terimakasih

  26. Pak Herry, saya sesang mencari ponsel dengan kamera bagus, ram minimal 2gbyte, internal 16giga, layar resolusi tinggi dan budget max 4.5 juta. Sedang galau xperia c4. Tolong saran nya

    1. Pak Jeffrey,

      Maaf, baru pagi ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Karena sesuatu hal, selama berhari-hari saya menghilang dari dunia maya.

      Saya belum pernah mencoba Xperia C4. Sejauh ini, yang bisa saya sarankan adalah Acer Liquid Jade. RAM 2 GB, ROM/memori internal 16 GB, dan harga Rp 1,999 juta. Alternatif lain, carilah ponsel Vivo Xshot bekas. Mestinya bisa didapat dengan harga kurang dari Rp 4 juta.

  27. Terimakasih Pak herry atas jawaban nya.
    untuk hal kamera antara acer liquid jade dengan xiaomi 4i manakah yang lebih baik?
    terimakasih sekali lagi

    1. Pak Rama,

      Saya sama sekali tak pernah mencoba menghubungkan USB OTG dengan printer. Jadi, maaf, saya tidak mengetahui jawabannya.

  28. Pak apakah C4 bisa diisi dengan 4G smartfren ya pak? kalo tidak salah ketersediaan frekuensi C4 salah satunya LTE 850 Mhz dan LTE-TDD 2300 Mhz , atau sama dengan smartfren.
    terimakasih pak.

  29. pa mau nanya nih kalau e4 ini ngelag ngganya waktu main game hd/3d terus saat pemutaran video berformat mkv,mp4 dan flv kebaca tidaknya terus saat pemutarannya apakah ada subtitlenya? makasih maaf banyak nanya pa.

    1. Pak Wardana,

      Saya lupa dulu mencoba main game apa saja di Xperia E4. Seingat saya cuma sempat main game yang ukuran file installer-nya tak sampai 100 MB.

      Untuk video, saya tak pernah mencoba format file yang Anda sebutkan.

  30. Iya benar sekali Pak Herry SW reviewnya,saya sudah beli SONY E4 pemakaian 6 bulan dan sekarang mau jual,
    rencana saya mau beli Xiaomi, dilihat dari Refiewnya pak Herry SW saya agak jatuh hati sama Xiaomi Redmi note tapi banyak yg lain bagus2,
    kira2 rekomendasi pak herry HP dual sim,kemera kurang lebih 10MP harga mentok 3jt apa ya?

    1. Bu Ariani,

      Redmi Note memang bagus, tetapi yang bergaransi resmi sudah tidak tersedia lagi.

      Silakan melirik Hisense Pureshot. Harga barunya Rp 2,699 juta. Yang pernah saya coba Hisense Pureshot+. Ponsel itu bagus dan layak beli. Namun, karena harganya Rp 3,199 juta alias melebihi anggaran Anda, maka saya merekomendasikan Hisense Pureshot.

      Perbedaan utama Pureshot+ dengan Pureshot hanya di ukuran layar dan kapasitas baterai.

  31. Saya punya bayangan mau beli xiaomi Pak Herry SW.yah cari bagus+murah
    saya butuh kamera bagus buat foto2,sosmed,jaringan ok,baterai tahan lama dan kalau bisa jangan baterai tanam nanti klo rusak repot
    saya googling Xiaomi redmi note, mi4i, mi3,mi note,redmi note2 prime mana yg patut di beli?kalau Pak Herry SW ada rekomendasi lain baiknya hp apa?
    dan di toko mana yg sudah ada garansi resmi (surabaya)

    1. Bu Ariani,

      Redmi Note bergaransi resmi sudah tidak ada. Berarti, coret ya.
      Mi 4i dicoret karena pakai baterai tanam.
      Mi3, Mi Note, dan Redmi Note 2 Prime saya belum pernah coba.

      Untuk sementara, menurut saya, beli Redmi 2 Prime dulu saja plus satu baterai cadangan atau power bank. Ponsel itu baru dijual online. Di WTC dan Marina sudah ada yang jual sih. Namun, pasti di atas harga resmi karena pemilik toko biasanya kulakan dari penjualan online.

  32. Pak herry sw makasih masukannya pak,
    Xiaomi redmi 2 prime kamera 8 pak kurang padang.
    Hisense ini cocok pak, kalau sy mau beli hisense pureshot dimana pak di surabaya(toko offline)?
    Btw sy juga baca ulasan bapak xiomi mi4i tidak panas tapi juga pas dingin itu klo gak salah judulnya.itu radak mengugah hati untuk beli. perawatan batrey tanam itu sebaiknya gimana pak?dan sebagian hp skrang tanam semua,susah.
    Ehmmm klo gitu lupakan soal baterei, Yg rekomended ok menurut bapak apa? Entah xiomi lenovo,lumia,asus,sony mana rekomended budget 3jt max

    Makasih sebelumnya

    1. Bu Ariani,

      Kurang padang alias kurang terang bagaimana? Resolusi kamera bukan menentukan bagus tidaknya foto lho. Ponsel A dengan kamera delapan megapiksel bukan mustahil sanggup menghasilkan foto yang lebih bagus dibandingkan ponsel B yang berkamera 13 megapiksel.

      Hisense Pureshot+ layak beli. Review-nya barusan saya unggah. Kalau di Surabaya, paling gampang ke Galeri Smartfren di WTC.

      Xiomi atau Xiaomi nih? πŸ™‚ Ambil Pureshot+ saja deh. Ponsel itu lebih fleksibel dan menarik. Kalau ingin yang layar lebih kecil, ya berarti Pureshot.

  33. Pak herry sw makasih masukannya pak,
    Xiaomi redmi 2 prime kamera 8 pak kurang padang.
    Hisense ini cocok pak, kalau sy mau beli hisense pureshot dimana pak di surabaya(toko offline)?
    Btw sy juga baca ulasan bapak xiomi mi4i tidak panas tapi juga pas dingin itu klo gak salah judulnya.itu radak mengugah hati sy,ehmmmm perawatan batrey tanam itu sebaiknya gimana pak?dan sebagian hp skrang tanam semua,pusing
    Ehmmm klo gitu lupakan soal baterei, Yg rekomended ok menurut bapak apa? Entah xiomi lenovo,lumia,asus,sony mana rekomended budget 3jt max

    Makasih sebelumnya

  34. Pak Herry SW
    Bener pak herry saya kmrin sore jalan2 ke marina cari Redmi note memang gak ada garansi resmi,nanti sore rencana jalan2 ke WTC lihat Hisense rekomendasi bapak,
    ehmmm mau tanya lagi pak,antara Xiaomi redmi 2 prime dan Xiaomi mi4i bagus mana menurut bapak?

    1. Bu Ariani,

      Ok. Selamat berburu Hisense.

      Spesifikasi lebih bagus Mi 4i. Namun, kalau kita bicara kesepadanan harga, spesifikasi, dan kinerja, Redmi 2 Prime lebih menarik.

  35. Pak Herry SW
    kemarin sudah jalan pak, lihat ada Hisense, infinix,walah malah pusing
    Xioami yang bergaransi resmi adanya cm Redmi 2 prime. Redmi 2 dan Mi4i
    tapi akirnya saya beli Xiaomi mi4i pak di Garuda Teknik 2789.000.
    btw Sony Xperia E4 saya laku 1450.000 pemakaian 6 bulan,harga segitu terlau murah ato memang sudah harganya ya pak herry

    1. Bu Ariani,

      Lho, di toko mana sudah ada Redmi 2 Prime bergaransi resmi?

      Wah, kalau Xperia E4 laku Rp 1,45 juta, itu sudah tergolong tinggi banget. Anda jual ke pedagang atau pemakai akhir?

  36. Iya di garuda teknik pak herry
    Saya jual olx.co.id lalu cod ketemu an sm pembeli,
    Ini ada yg aneh dengan xiaomi mi4i bari saya, masak kameranya bunyi crek crek,
    Perlu di bawa ke tam gak ya pak

    1. Bu Ariani,

      Terima kasih informasinya soal Redmi 2 Prime bergaransi resmi di Garuda Teknik.

      Crek-crek gimana ya? Kalau Anda khawatir, tak ada salahnya diperiksakan.

  37. Pak Herry SW
    saya minta pencerahan pak, cara menghilangkan file sarbaneka di Xiaomi bagaimana ya? atau pakai aplikasi apa?
    karena aplikasi bawaan dari Xiaomi hanya membersihkan file Chace,
    tolong pencerahannya ya pak

    1. Bu Ariani,

      File sarbaneka? Mungkin yang Anda maksud Misc ya? Itu tak bisa dihapus karena ada kaitannya dengan sistem dan aplikasi yang Anda tambahkan. Yang bisa dihapus hanya Cache.

      Bila Anda merasa ukuran file Misc sudah terlalu besar dan mengganggu, lakukan factory reset. Selanjutnya Anda perlu melakukan pengaturan ulang dari awal.

  38. pak herry
    LG magna sama sony e4 dual ini kualitasnya bagusan mana? dari segi kamera depan belakang maupun dari semua segi bagusan mana?

    1. Pak Bachtiar,

      Saran saya, coret keduanya dan ambil Xiaomi Redmi 2 Prime saja. Namun, bila saya harus memilih Magna atau Xperia E4 Dual, saya lebih memilih Magna.

    1. Pak Anam,

      He… he… he… karena tak mengetahui usia masing-masing penanya, berdasarkan nama yang diketikkan saya memakai dua kata sapaan saja: Pak atau Bu. Kalau nama yang tertulis bisa pria atau wanita sehingga saya ragu, saya menuliskannya Pak/Bu

  39. pak herry.
    saya bingung pak mau beli hp apa dana 1.800.000 saya pengen yg kualitas kamera depan belakangnya kualitas fotonya bagus. nggk hanya bagus di atas kertas aja di tulis 8mp tapi kanyataan jelek. oh ya kata pak herry xiaomi redmi bagus tpi maaf saya kurang percaya sama pabrikan dari tiongkok soalnya biasanya spesifikasi di atas kertas nggk sesuai dengan kinerjanya langsung atau nggk sesuai dengan kenyataan . dari segi kualitasnya jg saya takut cepet rusak atau terjadi error . mohon pencerahannya ya pak πŸ™‚

    1. Pak Bachtiar,

      Saat membaca kalimat awal Anda, saya langsung berencana menyodorkan Xiaomi Redmi 2 Prime.

      Xiaomi memang ponsel merek Tiongkok. Namun, ponsel dari sana tidak selalu jelek dan tidak jujur lho. Xiaomi termasuk yang bagus dan jujur.

      Seandainya Anda tetap tak mau Xiaomi Redmi 2 Prime, silakan melirik Acer Liquid E3. Kamera belakangnya tergolong sangat bagus, sedangkan kamera depannya biasa-biasa saja.

    1. Bu Ariani,

      Tekan dan tahan tombol menu sampai muncul daftar aplikasi yang aktif. Di bawahnya ada keterangan sisa RAM.

  40. ko herry begini gue kan punya dua hp xiaomi redmi 2 dan sony xperia e4 . dan gue unboxing bersamaan dan kedua gadget tersebut gue langsung download game gta san andreas setelah itu gue uji coba . Dan hasilnya xiaomi redmi 2 lag berat tapi kalau sony xperia e4 malah gak ada lag sedikitpun kenapa ini bisa terjadi kan diatas kertas xiaomi redmi 2 pemenangnya . bagaimna pendapat ko herry ??/

    1. Pak Amar,

      Bisa jadi karena perbedaan optimasi firmware maupun hardware. Soal layar, misalnya, biarpun layarnya lebih kecil, resolusi layar Redmi 2 justru lebih tinggi daripada Xperia E4 lho.

    1. Bu Sari,

      Cukup kukuh. Namun, jangan Anda bandingkan dengan rugged phone ya. Pasti kalah kukuh.

      Bunyi crek? Nggak ada deh.

  41. Pak, AkhirΒ² ini hasil jepretan kamera sony e4ku kok gabisa fokus ya. Apalagi kalo di tulisan, benerΒ² gabisa kebaca tulisannya. AwalΒ² beli masih bisa kok, tp skrg gatau knapa. Trus kamera depanku juga kayak ngezoom banget, pdhl ga ada mode zoomnya. Tolong bantuannya??

    1. Pak Jeje,

      * Lain kali harap mengirimkan pertanyaan yang sama satu kali saja. Jangan dobel-dobel. Kali ini masuk tiga kali lho. Dua yang lain sudah saya hapus.

      * Coba di-reset dulu. Kalau kameranya tetap bermasalah, terpaksa Anda harus mampir ke pusat perbaikan resmi Sony.

  42. soalnya di gsmarena banyak yg ngeluh, seperti baterai yang cepat habis dan touchscreen yg kurang responsif , kira kira pernah ngalamin gak om nih hp? ( umur saya masih 13 tahun)

    1. Pak Topan,

      Baterai tidak cepat habis. Layar sentuh memang tak seenak ponsel mahal. Namun, untuk kelas Xperia E4 Dual, layar sentuhnya baik-baik saja kok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *