Review Sony Xperia J: Dipermanis Lengkungan Seksi

Sudut samping ponsel Sony Xperia yang nama tipenya terdiri atas satu huruf biasanya cenderung mengotak. Agak kaku. Lihat saja Xperia S, Xperia P, maupun Xperia U.

Kondisi serupa tidak terjadi pada Xperia J. Bagian samping ponsel tersebut tampak manis dengan lengkungan yang sekaligus menciptakan kesan seksi dan tipis. Lengkungan semacam itu kali pertama dijumpai di Sony Ericsson Xperia arc.

Xperia J-1

Sony memposisikan Xperia J sebagai ponsel pintar Android yang stylish dan siap memberikan hiburan di layar lebar. Ia menggunakan sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich. Faktor stylish diwujudkan dengan bodi seksi yang telah penulis ceritakan di atas. Plus, supaya lebih sedap dipandang mata, di bagian bawah bodi terdapat lampu mungil berwarna biru.

Bagaimana dengan “hiburan di layar lebar”? Xperia J memanfaatkan layar sentuh kapasitif empat inci dengan resolusi 480 x 854 piksel. Layar 16,7 juta warna itu mampu menyajikan huruf dan gambar dengan tajam sekaligus cemerlang. Karena telah mengadopsi Gorilla Glass, layar Xperia J relatif lebih tahan terhadap goresan.

Ponsel berdimensi fisik 124,3 x 61,2 x 9,2 mm dan berat 124 gram itu sanggup memainkan musik dengan relatif prima. Manfaatkan menu Walkman yang tersedia di ponsel. Jangan lupa memberikan tanda centang pada pilihan xLOUD di dalam menu settings, lalu sound, untuk memaksimalkan kemampuan speaker.

Xperia J-2

Xperia J dibekali dua kamera. Kamera utama di sisi belakang dilengkapi autofocus dan lampu kilat. Ia mampu menghasilkan foto beresolusi lima megapiksel dan klip video VGA. Satu kamera lain berada di sisi muka, tanpa autofocus maupun lampu kilat. Resolusi foto dan video yang sanggup diproduksinya maksimal hanya VGA.

Dengan harga ritel yang disarankan Rp 2,499 juta, calon konsumen mungkin menyangka Xperia J telah digerakkan oleh prosesor dual core. Padahal, ponsel itu sebenarnya masih memanfaatkan prosesor single core Qualcomm MSM7227A 1 GHz. Spesifikasi lainnya, antara lain, baterai 1.700 mAh yang mudah dilepas pasang, Wi-Fi, GPS, bluetooth, selot microSD, dan RAM 512 MB.

Xperia J mendukung layanan HSDPA 7,2 Mbps dan Wi-Fi tethering. Saat ponsel belum diutak-atik, sebanyak 572 MB di antara 754 MB phone memory masih kosong. Sedangkan kapasitas internal storage yang siap dioptimalkan mencapai 2,01 GB.

Konsumen yang lebih mementingkan kemampuan hiburan ketimbang spesifikasi prosesor boleh melirik Xperia J. Kalau calon pembeli ingin mencari ponsel Android Sony dengan prosesor dual core, silakan “naik kelas” ke Sony Xperia sola atau Xperia go. Tentu mereka perlu mengeluarkan sedikit dana tambahan.

371 thoughts to “Review Sony Xperia J: Dipermanis Lengkungan Seksi”

  1. Dear Pak Herry,

    Mungkin Xperia J ini bisa dilelang buat saya pak?
    Ini sedang anda pakai saat ini bukan?

    Thanks
    Regards,
    Felix S.Kom

  2. Pak Nino,

    Saya belum pernah me-review Desire V. Namun, yang jelas keduanya ada perbedaan signifikan. Desire V dual SIM (dual on GSM-GSM), sedangkan Xperia J bukan.

  3. Pak Herry saya mau tanya,, kan saya barusan beli Xperia Go, tapi kok waktu dipake foto, hasilny kurang memuaskan,, apa itu salah satu kelemahan dari Xperia Go ya? jadi kecewa deh udah beli yg type ini,,
    Mungkin utk Kelebihan nya bisa di share ke saya pak?
    terima kasih ats Jawabannya

  4. Pak Surya,

    Hasil kamera Xperia go memang tidak istimewa. Tetapi, belum bisa dikategorikan jelek sih.

    Pada pengaturan standar, titik fokus biasanya hanya ada satu kan. Nah, ubahlah pengaturan menjadi multifocus.

  5. Pak Fat,

    Ada Sony Xperia tipo, Xperia tipo dual, LG Optimus L3, dan Optimus L3 dual. Tipikal Android murah, tampilan layar kurang tajam dan cemerlang.

    Kalau Bapak bisa menambah dana sampai Rp 1,9 jutaan, mendingan beli Lenovo P700i (kalau ingin baterai tahan lama) atau S880 (kalau ingin yang berlayar lebar).

  6. Pak Aditya,

    Untuk pemakaian sehari-hari relatif tidak lemot, Pak.

    Btw, saya sempat sengaja menghujani Xperia J dengan 700-an email per hari. Memasuki hari ketiga, ponsel kadang terasa “berpikir sejenak”.

  7. Untuk Kualitas Musik Sony Xperia J Dengan Headset itu keren kayak Hp Walkman versi terdahulu atau biasa2 saja???

  8. wallpaper nyata (live wallpaper) itu lho yang gambarnya bisa gerak umpama kyak wallpaper aquarium yang ikannya bisa gerak sendiri (animasi) kyak di hp sony Ericsson X10 mini Pro, ada gak?

  9. Pak Aditya,

    Oh, wallpaper nyata itu maksudnya live wallpaper tho. Baru tahu saya.

    Terus terang saya sudah lupa ada live wallpaper-nya atau tidak.

  10. dgn perbedaan prosesor antara xperia J (1Ghz) dgn Miro (800Mhz), apakah performanya terutama saat melakukan multitasking jauh berbeda pak ?
    di banding miro, kualitas kamera bagusan mana ?

  11. Pak Fn,

    Terutama kenyamanan terkait fisiknya. Xperia J nggak licin saat digenggam. Kalau Xperia neo L agak licin. Kesan keseluruhannya, Xperia J lebih cantik/imut. Kalau Xperia neo L agak kaku dan finishing-nya agak “murah”.

  12. Pak Fat,

    Spesifikasi dasar Xperia tipo dan Xperia tipo dual itu sama. Yang membedakan, Xperia tipo single SIM, sedangkan Xperia tipo dual termasuk dual SIM.

    Kalau saya lebih memilih Xperia tipo dual. Sebab, perbedaan harga jual di antara keduanya cuma Rp 50 ribu.

  13. kalau experia J sama samsung galaxy ace 2 mending mana pak? dari segi hasil jepretan kamera? dan secara keseluruhan mending yang mana?

  14. pak saya punya xperia j tp kenapa jika dipasang kartu sim suka lemot sendiri,padahal kartu sim aman aman saja jika dipakai di hp lain
    aplikasi jga sudah saya pindah
    tolong dijawab ya

  15. Pak Irfan,

    Ini jadi Xperia J-nya belum diapa-apain sudah langsung lemot ya? Aneh banget. Coba langsung mampir ke pusat perbaikan resmi deh, Pak.

  16. Untuk yang suka foto2 disarankan jangan memilih Hp ini,mengecewakan!!! walau sdh 5 MP tetapi Auto Focusnya lamban,dan banyak menghasilkan Blur Pic.walau posisi tidak bergerak hasilnya payah!! Kalau design sih oke banget.

  17. Pak Hendra,

    Hasil kamera Xperia J memang tidak istimewa. Namun, mestinya nggak sampai sering menghasilkan foto yang blur. Mode fokusnya coba dipindah menjadi yang multipoint. Biasanya membantu.

    Setuju, desainnya cantik.

  18. Permisi, Pak Herry.
    Menurut Pak Herry, lebih baik pake Xperia J ini atau Leny S880 ya (compatible aplikasi, speed kerjanya, kamera, kualitas suara, masalah-masalah pernah dialami) ? Secara tampilan (default, tanpa aplikasi themes) juga lebih bagus mana ya ?

    Iseng tanya sekalian tapi OOT. Kalo smartphone dengan prosesor dual-core 1Ghz, dibanding ama singlecore yang 1,2 Ghz itu lebih cepat & battery lebih tahan yang mana ya ?

    Makasih.

  19. Pak Rianto,

    Saya lebih pilih Lenovo S880. Kalau bentuk fisiknya sih lebih cantik Sony Xperia J.

    Soal mana yang lebih cepat dan baterainya lebih tahan lama, dual core 1 GHz atau single core 1,2 GHz, saya tak perlu mencatat secara rinci. Selain prosesor, ada beragam hal lain yang turut mempengaruhi, Pak. Misalnya, firmware-nya.

  20. Mas herry aku mau nanya Sony Yg di pasarkan di Indonesia ini di rakitnya diaman? di boxkan dimana? Di segel dimana?

    Sore tadi saya di minta teman buat temani beli Sony Xperia J, nah sampai di rumah itu namanya hape baru kan langsung di utak atik, gak sengaja buka folder di internal memori DCIM -> Thumbnail

    di dalamnya itu terdapat 7-10 foto SPG Sony yang lagi perfose di depan gerai sony dan meja.

    Padahal pas di beli masih tersegel rapi di okeshop.

  21. Pak Rifqi,

    Dirakitnya pasti di luar negeri. Dimasukkan ke dalam kotaknya saya kurang tahu di mana. Kemungkinan di luar negeri juga.

    Disegel di mana? Nah, ini bisa dilakukan di gudang/kantor distributor, mungkin pula dilakukan di toko untuk pengecekan. Jadi, ketika barang diantarkan ke toko yang kulakan, stiker segel belum dipasang. Pengirim dan petugas toko bersama-sama melakukan pengecekan kelengkapan. Setelah diketahui lengkap, stiker segel baru dilekatkan.

    Dalam kasus Anda, kemungkinan ponsel itu pernah dipakai. Dengan bukti thumbnail itu, kalau Anda tidak sreg, minta ganti baru saja, Pak.

  22. pak henry…tolong pencerahannya. . .
    skedar pembanding kcepatan kinerja aja…antara Xperia J(dual core 1GHz) vs Galaxy W(single core 1,4GHz)…
    mana yg lbih cepat mkirnya??. . .

  23. Pak Gege,

    Selain prosesor, perilaku pemakaian (jumlah aplikasi yang dijalankan bersamaan, dll) dan optimasi firmware dari produsen turut menentukan.

    Kalau rutin menjalankan aneka aplikasi, menurut saya, dual core 1 GHz berpeluang lebih nyaman. Btw, saya belum pernah mencoba Galaxy W.

  24. kalo xperia J ini di banding lenovo S880 ,
    1. gimana perbandingan layarnya ? bagus / jernih mana ?
    2. kalo di benchmark unggul mana ?

    kalau dengan budget 2-3 jt, kira2 apa yang paling bagus ya ? lebih mementingkan kamera, layar dan aplikasi game gitu.

    terima kasih atas sarannya…

  25. Pak Danil,

    1. Layar lebih bagus Xperia J.
    2. Kurang tahu, Pak. Btw, jangan selalu berpatokan pada hasil benchmark. Yang lebih penting adalah kenyamanan nyata dalam pemakaian sehari-hari.

    Dengan memperhatikan anggaran dan fitur yang dipentingkan, coba cari Sony Xperia Arc S atau Xperia S bekas saja, Pak.

  26. trims atas jawabannya yang diatas.

    kalo diantara Xperia J, Xperia Sola dan Xperia U, bagusan mana ya ? kamera, layar dan aplikasi game nya.

    trims.

  27. Pak Danil,

    Saya belum pernah mencoba Xperia U. Kalau disuruh memilih Xperia J atau Xperia Sola, dengan memperhatikan kriteria Anda, saya lebih memilih Xperia Sola.

  28. Salam. Mohon penjelasan. Saya menggunakan xperia j nelpon tp kemudian tiba2 suara saya tdk terdengar teman bicara saya kemudian hp bergetR (kadang berhenti sendiri ) sendiri dan lampu warna biru yg letaknya di bagian bawah menyala . Bagaimana cara menonaktifkan keduanya (getar dan lampu tsb) .
    Apa fungsi dari blast yg selalu muncul pojok di kiri hp xperia j n bagaimana menghilangkannya

  29. Maaf. Xperia j di produksi di mana. Kenapa xperia yg saya terdapat infomasi made in china di batteainya dan di tempat pemasangan batterainya. Mohon penjelasan

  30. Pak Zakaria,

    * Itu ponselnya bergetar sendiri kemudian padam atau tetap bisa dipakai bertelepon? Kalau curiga ponsel bermasalah, coba lakukan reset satu kali. BIla masih mengalami hal sama, silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi Sony. Lampu biru itu merupakan lampu notifikasi untuk Facebook dll. Bisa dinonaktifkan dari dalam masing-masing menu.

    * Yang dimaksud dengan blast itu apa ya?

    * Saya tak hafal Xperia J dibuat di negara mana. Cobalah melihatnya di stiker yang melekat di kardus. Alternatif lain, cermati stiker yang berada di bagian belakang bodi. Baterainya tentu harus dilepas dulu.

    * Kalau di baterai ada tulisan made in China, berarti baterai itu dibuat di China. Hal itu tergolong sangat wajar. Ada banyak pabrikan merek global yang memiliki pabrik di China.

  31. Sony xperia j punya ku bermasalah, layarx tidak respon dan susah utk di pakai nulis sms atau aktifitas lain misalnya ingin memindahkan / mendelet apk, padahal baru sebulan di pakai.
    -Apa kira2 penyebabx?
    -Bagamana mengatasix?
    Mhn penjelasan…
    Trmksh 🙂

  32. Pak Royan Khair,

    Maaf, lain kali kalau menuliskan pertanyaan jangan disingkat-singkat ya. Ini bukan SMS lho. SMS pun sangat tak nyaman kalau banyak singkatan. 🙂

    Hmm… problemnya tergolong kompleks dan saya curiga ada masalah di hardware. Solusinya, silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi Sony terdekat. Xperia J belum berumur satu tahun. Jadi, seharusnya ponsel Bapak masih bergaransi.

  33. PAk
    apakah kualitas Sinyal Sony Xperia J itu kurang Bagus? ?
    Apakah Touchscreen nya Sering gangguan? ?

    Minta saran Hp yang bagus kualitas musiknya untuk harga 2-3 jt??

  34. Pak Aditya,

    Selama mencoba Xperia J, penerimaan sinyal dan layar sentuh ponsel itu baik-baik saja kok.

    Di rentang harga Rp 2 juta sampai Rp 3 juta, mencari Sony Ericsson Xperia arc S bekas sepertinya menarik. Kalau baru, ya berarti Sony Xperia J.

  35. Pak Aditya,

    Saya belum pernah mencoba Galaxy S III mini. Jadi, belum bisa menjawab pertanyaan Bapak.

    Kalau kita memperhatikan spesifikasi dan harga ponsel itu, harga S III mini terasa terlalu mahal.

  36. Maaf bertanya.jadi solusinya kalau Hp Xperia J lelet padahal sudah ga ada isinya apa-apa dan udah dimatiin semingguan dengan cabut baterai.udah diganti kartunya.kalau dinyalakan, nggak lama jadi lelet lagi.itu yang rusak apanya??

  37. Bu Nurfanani,

    Coba lakukan langkah pamungkas. Formatlah alias restore to factory settings. Kalau masih lemot, bawalah ke pusat perbaikan resmi Sony.

  38. Ikut bertanya pak,

    secara penggunaan umum sony xperia J ini dengan smartfren andromax U lebih baik mana?
    kualitas kamera dan responsivitas nya lebih baik mana?
    terimakasih.

  39. Pak/Bu Adel,

    Selain layar sentuh dan kemampuan memainkan musik, menurut saya, Andromax U mengungguli Xperia J.

  40. mau tanya, saya pake Neo L baru 1bulan..waktu saya browsing, download2 pake Opera Mini trus buka aplikasi lain semisal whatsapp, kok opera mininya stop sendiri ya..itu terjadi sering banget..
    mohon pencerahannya..
    terima kasih

  41. Pak Jimmy,

    Ini yang dimaksud Opera Mini-nya menutup sendiri atau aktivitas di Opera Mini itu berhenti sementara?

    Kalau Opera Mini menutup sendiri, seharusnya tidak demikian, kecuali bila aktivitas yang berjalan di background sudah terlalu banyak. Coba lakukan eksperimen dengan menutup semua aplikasi yang berjalan di background dulu. Kemudian, jalan Opera Mini dan WhatsApp saja. Apakah Opera Mini masih menutup sendiri?

    Bila yang dimaksud adalah aktivitas Opera Mini terhenti sementara, setahu saya, memang demikian.

  42. misiii…mau share aja,dan sapa tau bisa membantu…hp xperia J kok klo buat ketik huruf A keluarnya malah huruf f, trus kalo touchscreennya di geser agak lemot, trus kalo lagi ketik sms/wa/line/dll ketika mau delete,agak lama proses deletenya dan setelah itu malah ketik sendiri..kenapa ya kira2?

  43. Bu Nova,

    Ehmm… ini lebih tepatnya bertanya, bukan share (berbagi) informasi.

    Kalau yang ditekan huruf A, tetapi keluarnya huruf F, berarti layar sentuhnya mabuk berat tuh. Posisi huruf A dan F kan lumayan jauh. Ada beda dua huruf (S dan D). Silakan segera dibawa ke pusat perbaikan resmi Sony saja deh.

  44. pak, mohon informasinya hp apa ya yg kameranya bagus, ada radio dgn budget 2-2,5 jt.an. terima kasih 🙂

  45. Pak Riza,

    Kalau bersedia kameranya tanpa lampu kilat, tetapi hasil fotonya tergolong bagus, ambil Lenovo P700i saja. Harga resmi Rp 1,999 juta, sedangkan harga pasar sekitar Rp 1,875 juta.

  46. pak herry
    xperia j saya punya kenapa gak bisa browsing dan download y??

    sedangkan untuk buka facebook saja yang bisa
    paket nya aja masih banyak kouta nya

    ada solusi a gax dari bapak??

  47. siang pak HSW , saya mempunyai budget 1,9jt dan tertarik dengan xperia. yg saya tanyakan apakah xperia miro dengan spesifikasinya tergolong bagus? jika dibandingkan dengan xperia J lebih bagus mana? denga budget tersebut ada kah rekomendesi hp lain?

    tnx before

    1. Pak Wisnu,

      Kalau pilihannya Xperia miro atau Xperia J, lebih menarik melirik Xperia J. Masalahnya, harga jualnya kan lebih dari anggaran Anda yang Rp 1,9 juta. Bila mau merek lain dan sesuai anggaran, silakan mempertimbangkan Lenovo P700i.

  48. saya lebih tertarik dengan sony karena desainnya yg cantik..
    tetapi setelah baca-baca artikel lain dan kebanyakan komentar diatas, xperia J sering lag dan sering terdapat masalah” aneh lainnya, setelah saya lihat review anda lainya ternyata miro sedikit lebih baik ketika menerima email, tetapi layarnya yg kurang lebar.. hmm sony membuat saya galau..

    satu lagi pak kalau anda tau, kapan smartfren andormax u tersedia di pasaran? kapan hari saya ke plaza marina ternyata sudah 2 bulan kosong

    tnx

    1. Pak Wisnu,

      Xperia J justru lebih menarik dibeli daripada Xperia miro lho, Pak.

      Belum tahu kapan pasokan Andromax U akan normal kembali. Kalau dengan kondisi sekarang, harga Andromax U saya nilai sudah tidak rasional lagi. Terlalu tinggi.

  49. ada yg aneh dgn xperia J. saya mo pindahin seluruh phone book dari Soner Cedar via bluetooth..ke dua nya dah konek tapi begitu di transfer ga isa….Xperia J nya ga mau trima kiriman….napa ya ???

  50. Selamat pagi Pak Hery,
    Pak saya mau tanya, antara Xperia J dan Neo L secara peforma keseluruhan pak hery pilih yang mana?
    Harganya beda tipis pak, saya bingung mau beli yang mana.
    untuk anggaran 2,5jt adakah saran yang lebih baik dari dua xperia itu pak?

    Terimakasih Pak

  51. Pak Gun,

    Untuk memindahkan kontak, gunakan aplikasi Sony PC Companion yang diinstalasikan ke laptop/PC. Jangan langsung via bluetooth.

  52. Pak Huda,

    Saya lebih memilih Xperia J. Kalau suka dengan seri Xperia Neo, lebih baik Bapak memilih Xperia Neo V, bukan Xperia Neo L.

    Oh ya, harga ritel yang disarankan untuk Xperia J telah turun jadi Rp 2,299 juta.

  53. Terimakasih pak herry jawabannya.

    Xperia j di semarang masih tinggi pak kayaknya.
    kalau xperia j sama samsung galaxy ace 2 menurut pak herry pilih mana?
    harganya gak jauh beda pak.
    dan dengar2 sekarang galaxy ace 2 udah bisa di update jelly bean. jadi bingung 😀

  54. Pak Huda,

    Apakah maksudnya harga Xperia J di Semarang masih lebih dari Rp 2,299 juta? Coba bilang ke penjualnya kalau harga resminya sudah turun. Siapa tahu mereka nggak update. 🙂

    Saya belum pernah mencoba Galaxy Ace 2. Jadi, nggak bisa membandingkannya dengan Xperia J.

    Btw, harga Xperia Sola terakhir sudah turun di sekitar Rp 2,5 juta. Ponsel itu juga cukup menarik.

  55. iya lebih dari Rp. 2,299 jt pak 😀 .
    ..
    .bukane ndak update pak, tapi pura2 kagak tau mungkin mereka 😀 .

    .Okay pak Herry terimakasih sarannya ^_^ .

    Kapan review S890 nya pak?
    Menurut Pak Herry S890 bagaimana?
    Saya penasaran dengan lenovo itu pak.hehe.

    yang A820 juga dengar2 rumornya juga mantap..hehe

  56. Pak Huda,

    Oh, jadi sebenarnya tahu, tapi pura-pura nggak tahu kalau harga sudah turun tho.

    Semoga pada 7 atau 8 Mei 2013 saya sudah bisa mengunggah naskah review S890. Tunggu tanggal mainnya ya.

    Wah, kalau A820 saya tidak tahu.

  57. pak saya mau beli hp dengan budget sekitar 2 – 2.4 jutaan, kira-kira hp yang kameranya hasilnya bagus apa ya dengan ranger harga segitu. Soalnya kalau baca komen di atas xperia J hasil kameranya tidak terlalu istimewa 🙁

  58. Bu Ines Saraswati,

    Iya, hasil kamera Xperia J memang tidak terlalu istimewa. Kalau bersedia melirik merek lain, Lenovo P700i dan P770 boleh dipertimbangkan.

    Harga resmi P700i baru Rp 1,999 juta. Harga pasar sekitar Rp 1,85 juta.

    Harga resmi P770 baru Rp 2,499 juta. Harga pasar sempat menyentuh Rp 2,375 juta. Stok di pasaran saat ini sedang kosong. Sekitar seminggu mendatang mestinya sudah mulai masuk lagi.

    Kalau mereknya harus Sony, coba cari stok lama Xperia Neo V (bukan Neo L).

  59. Pak Herry,anda baik sekali dengan sabar melayani semua pertanyaan.Jadi ingin ikutan nanya ni pak.Saya ingin membeli HP Sony Xperia. Bila saya ingin layar 4 inchi,internetnya kencang,tempat instal aplikasi besar dan batery tahan lama,dengan budjet kisaran 2.5 juta (kamera, game dll tidak begitu masalah bagi saya). Saya kepikir XJ,tapi maaf dibeberapa situs banyak yang post soal keluhan. Mohon saran pak Herry.Saya ucapkan terima kasih.

  60. Bu Rara,

    Saya sekadar coba membantu menjawab pertanyaan dari pengguna ponsel. Mumpung saya kebetulan agak tahu.

    Terkait ponsel yang Anda cari, perlu saya tegaskan dulu bahwa kecepatan internet sangat dipengaruhi oleh operator seluler yang Anda gunakan. Spesifikasi ponsel memang berpengaruh, tetapi peranannya jauh lebih kecil.

    Dengan merujuk pada kriteria yang Anda sebutkan, bila harus merek Sony, Xperia J tampaknya merupakan ponsel yang paling memenuhi persyaratan.

    Bila Anda tak keberatan dengan layar 3,7 inci, menurut saya, Xperia sola menjadi pilihan yang lebih menarik daripada Xperia J. Sebab, kapasitas memori internalnya sekitar dua kali lipat lebih besar.

    Sementara itu, kalau Anda tidak keberatan dengan merek lain, Lenovo P770 boleh pula dipertimbangkan. Kapasitas memorinya sama dengan Xperia J. Namun, kapasitas baterainya jauh lebih besar. Baterai P770 berkapasitas 3.500 mAh. Bandingkan dengan baterai Xperia J yang “cuma” 1.700 mAh.

    Harga resmi P770 Rp 2,499 juta. Tetapi, karena pasokan sedang tidak sebanding dengan permintaan, Anda mungkin harus bersabar sekitar dua minggu untuk mendapatkannnya.

  61. Ya pak,saya sudah lebih 5 tahun memakai HP sony tanpa masalah,sehingga saya cukup mempercayai merek ini.Layar 4 inchi terasa ideal bagi saya.Walaupun kalau sekedar internet berlayar besar, ada tablet yang berharga 1,5jutaan yang juga bisa berfungsi telepon.Namun tentunya kenyamanan dan kepraktisan yang saya cari.Kapasitas memory XJ rasanya cukup bagi saya.Tapi kapasitas batery Leonovo yang bapak sarankan jadi pertimbangan saya.Sekali lagi terima kasih pak Herry.

  62. Maaf mau tanya, kalau dengan budget 2.5 jutaan, hp merk sony yang bagus dengan kriteria kamera, game, dan musik itu apa ya?

    terimakasih pak

  63. Bu Celia,

    Boleh ponsel bekas nggak? Kalau boleh, silakan mencari Xperia arc atau Xperia arc S bekas.

    Kalau harus baru, hanya bisa dapat Xperia sola atau Xperia J yang kameranya lumayan. Namun, belum bisa dibilang memiliki kamera menggetarkan jiwa.

  64. Mau Tanya pak.kenapa Xperia saya yg type j tidak bisa loudspeaker ya,padahal sebelumnya bisa..says baru beli 2 mingguan..biasanya kan tinggal copotin handsfree saja tapi ini ga bisa..oh ya fyi.musicnya Japan terus tapi ga loudspeaker..mohon infonya terimakasih

  65. Pak Mahar,

    Ini maksudnya speaker Xperia J tak bisa mengeluarkan suara saat memainkan musk ya? Coba lakukan langkah-langkah berikut:

    1. Cermati layar ponsel itu. Apakah masih ada ikon/simbol headphone/handsfree di layar? Kalau ada, berarti ponsel menganggap masih ada handsfree terpasang. Padahal, sebenarnya aksesori itu sudah dilepas. Silakan menancapkan handsfree lagi sebenarnya, kemudian lepaskan. Pastikan ikon handsdfree menghilang dari layar.

    2. Bila ternyata tak ada ikon handsfree di layar, tetapi speaker tetap membisu, silakan melakukan reset.

    3. Kalau langkah nomor 2 tidak menyelesaikan masalah, berarti Xperia J itu perlu dibawa ke pusat perbaikan resmi Sony.

  66. Terima kasih jawabannya pak, saya mau tanya lagi. kalo kamera untuk Sony Xperia J sama Samsung Galaxy Ace Plus lebih bagus mana ya?

  67. pak saya mau tanya …
    kalau sony xperia j ini memang buatan cina atau gimana
    tolong penjelasannya……

  68. Pak Supriyadi,

    Saya tak hafal Xperia J buatan mana. Keterangan itu ada di kardus dan stiker di belakang bodi.

    Buatan China tidak selalu jelek lho. Apple iPhone pun dibuat di China. Nah, saat ini kan kita berbincang soal merek global. Jadi, meskipun dibuat di China, mestinya tak perlu dirisaukan karena produsen merek global telah memiliki standar kualitas yang bukan ala kadarnya.

  69. Mohon pencerahannya Pak. melihat komentar2 yang saya dapat mengenai Xperia J ini banyak yang mengeluhkan touchscreennya yang tidak responsif.
    saya pengguna setia sony karena produk ini tahan banting, tapi saat dulu masih bergabung dengan ericsson. setelah berubah menjadi SONY saya belum mencoba produk ini.
    kali ini saya ingin mencoba SONY yang tanpa embel2 erricson, saya minta pendapat Pak Herry tipe SONY apa yang sekira nya bagus tanpa banyak trouble?

  70. Bu Celia,

    Karena salah satu yang diprioritaskan adalah kamera, saya kok cenderung menyarankan Anda membeli:
    * Sony Ericsson Xperia ray –> barang baru, tapi stok lama
    * Sony Ericsson Xperia arc atau Xperia arc S –> bekas. Sebab, barunya sudah tidak ada.

    Saya menyarankan demikian karena ponsel Sony keluaran terbaru dengan harga Rp 2,5 jutaan kameranya tidak istimewa.

  71. minta rekomendasi andro sony/samsung budget 2,5 juta, yang kameranya bagus,jelly bean+dual core.

    trus lenovo itu apa andro keluaran china? bagaimana kualitasnya dibanding samsung & sony? thanks 😀

  72. Bu Eliza,

    Tidak ada yang memenuhi kriteria di kisaran harga tersebut.

    Lenovo itu memang berasal dari China. Namun, ia sudah termasuk kategori merek global. Kalau kita bicara kesepadanan antara harga dan fitur, lebih bagus Lenovo daripada Samsung.

  73. oh, begitu pak. oiya pak, pernah mendengar xperia T ? kira2 harganya berapa ya? saya sudah browsing tapi gak ketemu tuh 😮

  74. pak mau tanya
    dari keseluruhan antara lenovo s880 dengan xperia J lebih bagus mana ? awetan mana ? minta pencerahannya
    makasih

  75. Bu Diella,

    Ini sebenarnya masalah selera. Kalau suka yang berlayar lebar dan perlu dual SIM, ambil S880. Kalau suka yang bodinya enak digenggam dan seksi, ambil Xperia J.

    Lebih awet mana? Nah, ini nggak bisa saya jawab. Sebab, hal itu dipengaruhi banyak hal, termasuk perilaku pemakaian. Yang pasti, Lenovo dan Sony sama-sama bermerek global.

  76. Pak. Saya mau tanya..
    Misalx stlh kita download game di komputer.
    Apa data gamex bisa dicopy d micro sd? Apa hrs d intrnalnya?

    1. Pak Runrun,

      Ini maksudnya game untuk ponsel Android ya? File installer aplikasi untuk Android berekstensi APK. Nah, file APK itu bisa Anda copy-kan dari komputer ke microSD. Lalu, saat microSD terpasang di ponsel, silakan jalankan file installer tersebut. Aplikasi biasanya tetap akan terinstalasi di memori internal ponsel.

  77. pak herry mo tanya nih kalau perbandingan sony xperia j dengan smartfren andromax u lebih matap ,mnh yh pak

    ok thks d tunggu jwbn,y 🙂

    1. Pak Aditya,

      Kecuali soal layar sentuhnya yang “kurang cerdas”, Andromax U lebih menarik daripada Xperia J.

      Btw, beberapa hari lalu Smartfren memperkenalkan Andromax U Limited Edition yang dijual hanya Rp 100 ribu lebih mahal daripada Andromax U generasi pertama. Mending sekalian ambil itu karena upgrade-nya lumayan. Prosesor jadi quad core dan RAM jadi 1 GB.

  78. salam super pak herry
    saya mau tanya ni pak tentang android. apakah smartphone android yang hanya dibekali ram 512mb dan membenamkan ICS didalamnya sering terjadi lag dalam pengoprasian? karena menurut hasil surfing ke forum2,user yg mengeluh hp suka ngelag rata2 yg punya spek seperti yg saya sebutkan. mohon penjelasannya pak karena saya jadi ragu untuk membeli xperia j or lenovo a800. trims. salam super

    1. Pak Fuad,

      Ponsel Android dengan RAM 512 MB dan sistem operasi Android 4.0 ICS tidak selalu lancar, sebaliknya juga tidak selalu lag. Ada faktor-faktor lain yang turut mempengaruhi, mulai dari prosesor, firmware, dan perilaku pengguna. Asalkan hanya menjalankan 2-3 aplikasi pada saat bersamaan, apalagi di ponsel merek global, biasanya tak sampai terjadi lag yang parah.

      Xperia J yang pernah saya coba tetap berjalan lancar saat menjalankan beberapa aplikasi. Sedangkan di A800, lag biasanya terjadi saat hendak kembali ke home screen. Launcher bawaan di A800 yang diduga menjadi penyebab lag. Ketika diganti dengan launcher lain, misalnya Apex launcher, ponsel terasa lebih gegas.

    1. Pak Juni, maaf, dilarang keras beriklan di blog ini. Ini peringatan pertama sekaligus terakhir untuk Anda.

  79. cara dapetin apex launcher dimana pak? maklum, newbie masalah andro hehehe. apakah perbedaannya terasa sangat berbeda?

  80. salam pak herry,

    Saya mau tanya Sony j sama Sony Ericsson Xperia arc S cara kinerjanya dan bagus yang mana.

  81. pak herry sw

    saya mau tanya kalu sony xperia sola barang sudah discontinue tidak ??
    soanya saya denger barang sudah discontinue . bener atau tidak ??
    terima kasih

    1. Pak Guse,

      Xperia Sola benar sudah diskontinyu. Namun, sampai dua minggu lalu saya melihat ada toko di Surabaya yang masih punya stok. Kondisi terkini saya kurang tahu. Sejak minggu lalu belum sempat keliling ke pusat penjualan ponsel lagi.

  82. salam pak herry.
    saya mau bertanya, kira2 menurut bapak diantara xperia J, lenovo a800 dan lenovo p770 mana yg kira2 patut dan layak untuk dipinang? kalau xperia J pertimbangannya dia adalah produk sony yg ternama dan punya kredibilitas yg cukup baik namun fitur dan kemampuan yg ditawarkan standart. sedangkan untuk lenovo adalah pemula dlm smartphone yg kredibilitasnya perlu dipertanyakan,namun menawarkan spek dan fitur yg melimpah.
    terimakasih

    1. Pak Fuad,

      Di antara tiga pilihan itu, saya paling melirik Lenovo P770. Sebab, spesifikasi dan kinerjanya paling oke. Ponsel merek Lenovo memang belum sepopuler Sony. Namun, saya berani “berspekulasi” karena Lenovo merupakan merek global. Distributornya di sini, Trikomsel, juga bukan pemain kemarin sore.

  83. terimakasih atas sarannya pak herry, berhubung sangat susahnya mencari p770 di pasaran saya alihkan antara xperia j dan galaxy ace 2 kira2 mana ya pak yg lbh layak? trus menurut pak herry kira2 hp 2nd apa yg patut dipinang dikisaran 2,5jt kebawah. sebagai info saya tidak mementingkan game, tapi saya sangat mementingkan layar yg jernih dan smooth dlm pengoprasian serta jaringan data cepat. klo masalah kamera saya ga begitu pentingkan karena saya laki2 ga suka narsis hehehe hanya saja kamera harus bisa dinonaktifkan flash n bunyinya sudah cukup hehehe

    nb: kenapa ya pak herry di forum ini tidak ada waktu kapan komentar ditulis, alangkah baiknya ada penanda waktu kapan komentar itu ditulis jd lebih enak hehehe piss pak herry saya banyak nulis OOT

  84. Pak Fuad,

    Iya, sampai detik ini Lenovo P770 belum tersedia lagi di pasar. Padahal, saudara kandungnya, S890, sudah muncul lagi.

    Saya belum pernah mencoba Samsung Galaxy Ace 2. Jadi, saya tak tahu ponsel itu layak beli atau tidak. Kalau Xperia J pernah coba dan lumayan.

    Untuk ponsel bekas dengan harga kurang dari Rp 2,5 juta, Anda boleh melirik Sony Xperia arc atau Xperia S bekas, Pak. Soal jaringan data yang cepat, hal itu lebih ditentukan oleh operator yang Anda gunakan.

    Tentang waktu yang tidak muncul di blog, saya tak menemukan pengaturan untuk memunculkannya nih, Pak.

  85. halo pak Herry,

    saya pengguna XJ dari sebulan yang lalu, nah baru beberapa hari kemarin kamera depan XJ saya tiba-tiba tidak berfungsi. Biasanya ada pilihan secondary camera, namun tiba-tiba hilang. Saya kurang paham, apakah karna software atau hardwarenya bermasalah. Padahal selama ini baik-baik saja dan tidak ada masalah fisik (jatuh,terbentur,dsb)
    Kira-kira ada dimana ya pak masalahnya.
    Mohon bantuannya pak.

    Terima Kasih,

    1. Bu Ila,

      Coba lakukan factory data reset dulu. Kalau kamera depan tetap belum bisa digunakan, berarti terpaksa Anda harus berkunjung ke pusat perbaikan resmi Sony.

  86. saya baru sekitar 3 minggu menggunakan sony xperia J. saya mau tanya kenapa sering delay sistemnya ??? ada solusi gak ??

    1. Pak Anton,

      Sistem delay bagaimana nih? Apakah maksudnya ponsel terasa lemot? Kalau iya, coba cek sisa phone memory-nya. Saat ponsel masih segar, sisa kapasitas phone memory sekitar 619 MB. Sebaiknya Anda menjaganya supaya minimal tersisa sekitar 100 MB.

  87. Hallo Pak Hery.. salam kenal… saya baru 2 minggu pakai Sony Xperi J. Pada bagian atas kan ada lampu indikator yg kasih tau kalau ada sms masuk atau email atau pemberitahuan yg lainnya masuk biasanya lampu indikator berkedip.
    (biru untuk sms, merah untuk pemberitahuan email dan lainnya).

    Tapi hari ini saya tidak melihat ada lampu indikator menyala pada saat ada email 1 sms yang masuk,,,kira2 kenapa ya pak? mohon bantuannya.

    1. Bu Dian,

      Salam kenal juga. Seingat saya, di bagian atas Xperia J tidak ada lampu indikator berwarna-warni. Apakah yang dimaksud benar Xperia J?

  88. salam pak herry,
    setelah sekian lama mencari review yang banyak dari sana sini akhirnya samsung galaxy s3 mini yg menjadi pilihan pertama saya telah dihancurkan oleh nokia 603 pak. bagaimana menurut bapak herry tentang nokia 603?saya melihat review di youtube sungguh mengesankan. geser2 slide no lag n very smooth. rencana saya akan membeli barang itu via online karena di tempat saya susah mencari barunya. mohon tanggapan bapak herry tentang nokia 603 sebelum saya melangkah. terimakasih pak 🙂

    1. Pak Fuad,

      Saya belum pernah me-review Nokia 603. Namun, dulu pernah towel-towel sebentar dan memang lumayan. Ketika benar-benar aktif dipakai, tingkat respons layarnya sebenarnya kalah dengan ponsel menengah keluaran terkini.

      Nokia 603 memang sudah sangat sulit dicari. Jangankan di kota kecil, di kota besar seperti Jakarta dan Surabaya pun telah langka sekali.

  89. Bu Ria,

    Maksudnya lampu iluminasi di bagian bawah bodi itu ya? Warnanya bisa diatur kok. Tapi, saya lupa caranya bagaimana. Yang pasti, cara pengaturan warnanya beda dengan di Xperia SP.

  90. mau tanya pak..
    kalo hp android yang tiba tiba mengeluarkan suara aneh ketika menelpon itu kenapa yah?

    padahal saya tidak pakai aplikasi efect suara..
    jenis suara nya seperti bebek yang gremesek/rusak yang terdengar di hp lain..

    mohon solisinya. .
    thanks..

  91. permisi pa Herry yg baik sabar menjawab semua pertanyaan ini, izin bertanya nih, bagaimana caranya agar sony xperia J ini hemat baterai nya, apakah dengan aplikasi penghemat batrai, atau otak atik system/settingnya

    trimakasih

  92. Bu Reviana R.,

    Jurusnya standar saja sih.
    * Aturlah durasi backlight ke posisi rendah, misalnya, 15 detik.
    * Aturlah tingkat pencahayaan layar ke posisi rendah atau sedang, jangan yang tinggi/ekstraterang.
    * Matikan bluetooth, GPS, dan Wi-Fi saat tidak diperlukan.
    * Kalau tak harus selalu online dan memantau email, fitur autosync sebaiknya dinonaktifkan.

  93. om… dan tante…
    mohon bantu saya ya… 😀
    saya baru bli xperia j.. dan saya punya masalah pada camera belakang.. jika saya gunakan flash light untk mengambil gambar ditempat yg redup cahaya… maka hasil fotonya menjadi kemerahan… apa kamera xperia j kaya gitu ya? tolong pencerahannya…

  94. Pak Fadly,

    Selama ini Xperia J tersebut dibiarkan “telanjang” atau memakai case tambahan? Kalau menggunakan case tambahan, coba dilepas dulu.

    Bila dalam kondisi ponsel “telanjang” hasil fotonya tetap kemerahan, silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi Sony.

  95. Bu Reviana R.,

    Pengaturan autosync ada di dalam menu settings, lalu account.

    Xperia J saat Anda pakai bisa bertahan tiga hari sebelum minta di-charge lagi? Wah, kalau segitu sih sudah superduper hemat. Saya sangat heran kok bisa selama itu.

    Kebanyakan baterai ponsel Android bila terkoneksi internet hanya bertahan maksimal satu hari. Malahan, ada yang dalam hitungan jam sudah minta di-charge lagi.

  96. hallo, saya winda dan sudah 3 bulan menggunakan XJ. saya cuma mau bertanya, beberapa haru lalu saya baru saja upgrade os ke jelly bean, tapi kok game yg terinstal gak bs dijalankan ya ? selalu kembali ke tampilan awal, padahal aplikasi nya sedikit, dan aplikasi berjalan nya cuma sedikit..

    kira-kira kalo saya jual maksimal harga second nya XJ ini berapa yah? terus kalo saya ganti Xperia L kira-kira bagus gak yah? terima kasih.

  97. Bu Winda,

    Lho, update ke Jelly Bean sudah muncul ya? Thanks infonya.

    Aplikasi yang gagal jalan coba dihapus dulu, lalu install ulang.

    Dengan asumsi mulus, komplet, dan berfungsi normal, kira-kira Rp 1,7 juta. Saya belum pernah mencoba Xperia L sehingga belum bisa memberikan komentar.

  98. salam kenal pak..

    saya baru saja beli X J belum ada sebulan kira2. tapi sekarang sering bermasalah di ;
    1. Camera sering ndak kedetek (waktu mau dipake kameranya tiba2 ndak bisa diakses / muncul error sehingga tidak bisa pake kameranya.baru bisa lagi setelah direstrat?
    2. koneksi WIFInya XJ sering ilang2. (jadi kalo pas ilang kurestart ja wifinya baru mau kembali tapi berulang-ulang.

    kira-kira kenapa ya pak? mohon masukannya.

  99. Pak Abu Deehya,

    Kalau membaca deskripsi ketidaknormalan Xperia J Anda, saya kok curiga ada masalah di hardware. Silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi Sony untuk pengecekan lebih lanjut.

  100. saya juga mengalami yg dialami dgn pak abu sampai memori eksternal saya rusak. hehehe.

    oh iya masalah di Xperia J saya sudah tuntas ternyata aplikasi nya hanya perlu diperbaharui

  101. Bu Winda,

    Aplikasi apa yang perlu diperbarui? Apakah maksudnya update firmware di pusat perbaikan resmi Sony?

  102. Bu Nindy,

    Ini maksudnya mau menampilkan seluruh widget dan shortcut yang ada di home screen ya? Mestinya bisa muncul dengan cara mencubit layar.

    Kalau tak bisa muncul, apakah Anda menginstalasikan launcher tambahan? Hal tersebut bisa menjadi penyebab.

  103. Bu Nindy,

    Wah, kalau sudah di-factory reset tetap tak bisa, saya mengibarkan bendera putih deh. Silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi Sony.

    Btw, sebelumnya bisa kan?

  104. Saya baru beli kemarin. Dan sudah tidak bisa dari awal. Lupa waktu di tokonya tidak cek home screen yg itu. Sekarang saya mau ke Sony. Mohon doanya Pak 🙂

    1. Bu Nindy,

      Sejak awal/baru sudah tak bisa? Coba cermati versi sistem operasi Android yang dipakai. Saya lama-lama kok jadi curiga, jangan-jangan Xperia J Anda sudah memakai Jelly Bean. Kalau sudah ber-Jelly Bean, memang tak bisa menampilkan seluruh widget dengan cara dicubit.

      Saya pribadi sudah lama mencoba Xperia J. Kira-kira Desember tahun lalu. Saat itu sistem operasinya masih Android 4.0 ICS.

  105. Pak, ternyata Xperia J yg Jelly Bean memang seperti itu. Bukan hanya home screen yg tidak bisa dicubit, namun wallpaper dr tema Sony yang harusnya bergerak, jadi diam. Jadi bukan madslah.:-)

  106. permisi pak..
    saya punya masalah sama xperia j.
    1. touchscreennya suka bermasalah. kadang telat respon bahkan suka gak merespon sama sekali.
    2. gallerynya error. kadang suka gak ngebaca, bahkan pernah isinya ratusan foto tapi gk tau itu foto apa dan fotonya jg gk nampil.
    nah semua itu kenapa ya? FYI, saya baru update firmware di laptop

    1. Bu Dinna,

      Terutama karena ada masalah di poin nomor 1, saran saya, Anda sebaiknya membawa Xperia J itu ke pusat perbaikan resmi Sony.

  107. pak herry, mau tanya.. untuk sony kisaran 2,3 jt dengan layar lebar, internet cepat, multitasking oke, dan tanpa lemot pilihannya apa ya?

    banyak yang bilang Xperia J lemot dan multitasking keteteran..

    1. Bu Tika,

      Di kisaran harga segitu, belum ada ponsel Sony yang layarnya lebar dan lega. Ada Xperia J, tetapi layarnya kan belum bisa dibilang lebar.

      Xperia J bila multitasking-nya hanya beberapa aplikasi sih masih cukup nyaman. Tapi, kalau banyak, tentu kurang nyaman. Ponsel itu masih memakai prosesor single core dan RAM 512 MB.

    1. Pak Suryadi Yap,

      Saya coba jawab satu per satu ya.

      Suka hang itu biasanya dipicu oleh kapasitas memori internal yang tinggal sangat sedikit. Ponsel sebenarnya belum hang, melainkan bengong lama. Karena lama, pengguna tak sabar dan menyangka ponsel hang. Solusinya, bersihkan memori internal dari file-file yang tidak diperlukan. Hapuslah aplikasi yang tidak diperlukan. Pindahkan file multimedia ke kartu microSD.

      Soal download gagal, bisa karena kapasitas memori internal hampir habis, bisa pula karena layanan internet operator yang digunakan tidak berjalan optimal. Solusi untuk penyebab pertama sama dengan kasus pertama. Sedangkan solusi untuk penyebab kedua adalah berganti operator atau memanfaatkan Wi-Fi.

  108. Pak tanya. Ini saya baru beli xperia j, pas buka whatsapp pertama kali ada tulisan adjust time and date.padahal waktu dan tanggal udah bener. Itu enaknya diapain ya? Makasi..

  109. pak. saya mau tanya. kadang xperia j saya suka lemot untuk back atau ke home. diam dlu baru tiba2 keluar dengan lambat juga applikasi nongol di home. itu masalahnya dimana yah? mohon pencerahan

  110. Semua sudah sesuai. Tapi tetap disuruh adjust time and date. Udah dicoba atur secara manual juga, otomatis juga iya

    1. Pak/Bu Fafa,

      Asli kasus aneh nih. Kalau masih mau coba:
      * Hapuslah WhatsApp, lalu instalasikan ulang.
      * Seandainya belum sukses juga, terpaksa coba lakukan factory reset, kemudian install ulang WhatsApp.
      * Masih belum bisa lagi? Terus terang saya menyerah.

    1. Pak Wawan,

      Layar sentuh yang mengacau itu apakah hanya terjadi bila ponsel di-charge dalam kondisi menyala, lalu Anda mengoperasikan ponsel? Kalau saat tidak di-charge pun tetap “mabuk”, lebih baik Anda langsung membawanya ke pusat perbaikan resmi Sony.

  111. Salam Pak Herry .

    awalnya ponsel xperia j saya berbasis ICS , kemudian terdapat pemberitahuan untuk mengupgrade xperia j saya , setelah saya upgrade ternyata versinya berubah menjadi Jelly Bean .
    Permasalahannya xperia saya menjadi sangat lambat dalam kinerjanya ( dalam menjalankan aps , game dll ) dan sulit menangkap sinyal wi-fi .
    Kira-kira apa penyebab permasalahan xperia J saya pak ?

    Terimakasih

    1. Pak Chairul Anwar,

      Soal jadi lambat, mungkin Jelly Bean terlalu berat untuk Xperia J. Kalau terkait sulit menangkap sinyal Wi-Fi, mestinya hal itu tak terjadi. Silakan coba mampir ke pusat perbaikan resmi Sony untuk dilakukan pengecekan, Pak.

    1. Pak Eko,

      Yang dimaksud dengan “malah munculnya lain” itu bagaimana ya?

      Percobaan pemecahan masalah yang bisa dilakukan dulu, lakukan factory data reset.

    1. Pak Ekha,

      Saya tak memperhatikan di Xperia J ada bahasa Mandarin atau tidak. Mestinya ada dan bisa diubah dari menu setting, lalu language.

  112. mau tanya, kok kamera sony xperia j saya eror ya, gambrnya jadi hijau hijau gtu, trkadang pink pink, pdahal kamera depan baik saja, itu knp?

    1. Pak Mada,

      Coba lakukan factory data reset dulu. Bila tak menyelesaikan masalah, kemungkinan ada masalah hardware sehingga Anda sebaiknya membawa ponsel itu ke pusat perbaikan resmi Sony.

  113. pak herry kenapa ya xperia J saya tampilan menu nya suka kedap kedip, seperti menu di kamera, menu di saat memutar video, lalu walkmannya pun sering berhenti ketika, saya membuka aplikasi lain.

    1. Pak Reza,

      Penyebabnya bisa hardware, bisa pula software/firmware. Saya tak bisa memastikan yang mana. Saran saya, coba lakukan factory data reset dulu. Kalau masalah yang sama tetap muncul, silakan membawa ponsel itu ke pusat perbaikan resmi Sony.

  114. pak herry kenapa ya xperia J saya tampilan menu nya suka kedap kedip, menu di kamera, menu di saat memutar video, lalu walkmannya pun sering berhenti ketika, saya membuka aplikasi lain.

  115. pagi pak herry, mau tanya dong..
    saya pengguna hp soner experia mini, yang jadi pertanyaan saya:
    memori internal saya dari total 420mb masih tersisa 29.46mb
    memori eksternal masih sisa 2.13gb
    saya ingin mendownload aplikasi yang besarnya 1.04mb..tapi kenapa tidak bisa ya pak??
    ada pemberitahuan insufficient storage available..
    kenapa begitu ya pak??
    mohon penjelasannya..trima kasih

    1. Pak Yohanes,

      Instalasi aplikasi akan dilakukan di memori internal.

      Mengapa tak bisa? Padahal, sisa memori internal masih lebih besar daripada ukuran file instalasi. Setelah diinstalasikan, file aplikasi biasanya akan lebih besar daripada ukuran file installer-nya.

      Jadi, silakan coba memindahkan sebagian file dari memori internal ke memori eksternal. Hapuslah pula file-file yang tidak diperlukan. Sisa memori internal sebaiknya dijaga supaya sisanya tidak hanya puluhan MB.

    1. Pak Syahrul,

      Wah, saya malahan tidak memperhatikan buatan negara mana, Pak. Dulu, waktu masih zaman Sony Ericsson, produksi global memang akan dilakukan di China. Namun, saya kurang tahu perkembangannya bagaimana.

      Kalau berbicara merek global, apalagi sekaliber Sony, meskipun dibuat di China mestinya tak masalah. Sebab, mereka memiliki standar pengendalian kualitas yang tinggi.

    1. Pak Rizki,

      Ya tinggal diatur volume suaranya. Itu sudah keras banget kok. Kalau Anda merasa kurang keras, terus terang saya yang bingung harus memberikan saran bagaimana lagi.

  116. salam bpk herry.sy pake sony X peria neo L.player musicnya kok gk ada pengaturan via headset bloetoothnya ya.hedset blototh hanya bisa buat call aja.jadi gk bisa putar musik via hedset blototh.mhn pencerahan/solusinya.apa ada App yg harus di downloud?.. padahal sy punya hedset blotooth SONY,

    1. Pak Zaman,

      Maaf, saya tak pernah coba menghubungkan Xperia neo L dengan headset bluetooth. Asalkan bluetooth-nya mendukung A2DP sih seharusnya bisa ya.

  117. Pak herry

    Hp xperia kisaran harga 2,5juta yang recomended apa ya? Kalo pun harus second apa pak? Recomended toko di marina atau wtc yang menjual hp second yang bagus

    1. Pak Samid,

      Harus Sony Xperia ya? Ada Xperia J yang harga resminya Rp 2,199 juta. Harga pasar di bawah itu. Sebenarnya ada pula Xperia M yang harga resminya Rp 2,599 juta, tetapi saya belum pernah mencobanya sehingga tak tahu bagus atau tidak.

  118. Pak Samid,

    Anggaran Rp 2,5 juta kan? Anda bisa pula mempertimbangkan Lenovo P770 (sekitar Rp 2,2 juta) dan Acer Liquid E2 (sekitar Rp 2,4 juta).

  119. Hallo selamat sore
    Pak saya pake experia j.mau nnya nih,knpa ya experia saya ketika dicabut krtu kmdian dipakai lagi untuk bbmn tidk bisa?hrs dipancing dlu menggunakan wifi
    Tolong dijawab ya

    1. Pak Ery,

      Setelah kartu dipasangkan, biasanya nomor itu tidak langsung tersambung dengan internet. Perlu waktu 1-2 menit dulu.

  120. pak heri
    xperia j saya mulai ada masalah dengan sinyal yang sering drop/tak bisa masuk ke play store
    kira-kira masalah terdapat di hape atau SIM provider ya?

    1. Pak Andhika,

      Coba padukan Xperia J itu dengan kartu SIM operator lain. Bila sinyal masih sering hilang, kemungkinan masalah terletak di ponsel. Sebaliknya, bila sinyal ternyata stabil penuh, berarti operator seluler Anda yang lama sedang bermasalah.

  121. maaf pak mau nanya,
    kalo buka Album, thumbnail foto2nya kok sering reload ya?
    apalagi kalau sy pakai kamera dgn resolusi 5 MP malah kadang ngehang..
    apa ini berkaitan dengan memory?

    1. Bu Wanda,

      Bila isi album foto Anda ada banyak, hal itu memang bisa terjadi. Ponsel butuh waktu dulu untuk memunculkan thumbnail.

  122. pagi pak….sy punya experia J ,tapi klo suara orang yang nelpon ko kecil banget ya…?? padahal setting volume sdh maximal…

    1. Pak Tfaryd,

      Apakah sebelumnya suara speaker normal? Kalau iya, coba lakukan factory data reset dulu. Bila langkah tersebut tidak menuntaskan masalah, berarti Anda perlu membawa ponsel itu ke pusat perbaikan resmi Sony.

  123. Salam Pak Herry SW,
    Saya beli Miro kira2 7bln yll, kemudian tombol lock/unlock tdk fungsi & respon touchscreennya lambat+meleset. Sentuh a munculnya huruf lain. Sblmnya baik2 saja.
    Saya telp CIC Sony Xperia dianjurkan utk restore to factory setting-sdh dilakukan tapi tetap saja tombol lock unlock gak fungsi.
    Bgmn solusinya ya Pak? Terimakasih

    1. Bu Jasmine,

      Kalau membaca cerita Anda, saya menduga ada masalah dari sisi hardware, bukan software. Melakukan factory data reset takkan menyelesaikan masalah. Jadi, langkah paling baik adalah membawa ponsel itu ke pusat perbaikan resmi Sony.

  124. Pengen beli XJ tp kok banyak bgt user yang mengeluhkan touchscreen’y sm ng’lag .jd ragu buat ambil XJ.
    Ada masukan g pak, untuk budget 1,8-2,1 kira” Hp apa yg paling cocok antara samsung sm sony. saya cari yg layar’y sudah 4 inch dan camera lumayan yg pasti ga ng lag

    1. Bu Lea,

      Dengan kriteria tersebut dan karena Anda tak mau Xperia J, bolehkah saya menyarankan merek lain? Lenovo P770 tampaknya lebih tepat Anda pilih. Harga ritel resmi Rp 1,999 juta, sedangkan harga pasar Rp 1,87 juta sampai Rp 1,9 juta.

  125. Pak mau tanya hp saya xperia J saya download gambar bergerak terus disimpan galeri saat dibuka jadi foto biasa kenapa ya pak.

    1. Bu Dina,

      Mohon maklum karena saya baru bisa merespons pertanyaan pada malam ini. Kebetulan beberapa hari terakhir sedang sibuk pindahan ke rumah kontrakan baru.

      Gambar bergeraknya berformat apa? Bisa jadi format file tersebut tidak kompatibel.

  126. pak, saya pake xperia j udah 1 tahunan. kmren baru saya upgrade k JB. tp knpa wifinya kadang suka ada tanda seru (limited conection). padahal d HP lain normal saja. mohon pencerahan

    1. Pak Arul,

      Coba lakukan factory data reset dulu. Bila masih belum beres, bawalah ponsel itu ke pusat perbaikan resmi Sony.

  127. Iya pak tidak apa2. Berformat gif pak. Apa memang tidak bisa ya pak kl xperia j ini menyimpan gif. Sdh saya coba berulang-ulang. Bapak kn dl pernah mempunyai Xperia j. Apakah mengalami jg?terima kasih

  128. saya baru beli sony xperia j ST26i, tapi kenapa ya saya tidak pernah dapat sinyal .. saya udh coba ganti sim berbeda tapi tetep aja idak pernah dapat sinyal
    kira” masalahnya ada dimananya ya?
    mohon solusinya

    1. Pak Stevie,

      Kartu berbeda yang Anda pasangkan apakah juga berbeda operator? Kalau iya, menurut saya, kemungkinannya tinggal dua:
      * Ponsel itu tak sengaja masuk ke flight mode alias airplane mode.
      * Ponsel itu memang bermasalah.

      Karena baru beli, tak ada salahnya membawa ponsel itu kembali ke toko tempat Anda melakukan pembelian.

  129. Pak..saya pengguna XJ saya mau menanyakan gimana caranya memindahkan aplikasi dari memori internal ke SD card karena tidak ada kata move dalam XJ?

    1. Bu Yanti,

      XJ ini maksudnya Xperia J ya? Bila tidak ada pilihan move, ya berarti aplikasi tersebut standarnya memang tak dapat dipindahkan ke kartu microSD.

  130. Xperia J saya suaranya keciiiiiiiiillll gak memuaskan, pdhl Xloudnya dah diaktifin. Malah lebih keren suara nexian abal2. gimana donk caranya biar bisa nikmati musik dr walkman nya dgn suara memuaskan??? kasi info dunk.

    1. Bu Evi,

      Kalau Anda yakin suara Xperia J itu jauh lebih kecil daripada batas normal, silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi Sony untuk dicek.

  131. Terima kasih atas jawabannya..
    ada 1 lagi yang mau q tanyakan, kenapa hp xperia J q setiap di buka selalu muncul “matikan otomatis selesai, 117 M terbebas”

    1. Bu Yanti,

      Apakah Anda menginstalasikan aplikasi sejenis Memory Cleaner di ponsel itu? Sebab, notifikasinya kok condong ke arah sana.

  132. Mau nanya pak.. cara mematikan aplikasi yang berjalan dibelakang bagaimana ya..?? Trus kalo ada saran aplikasi apa yang bagus buat mematikan aplikasi yang berjalan dibelakang.. saya memakai xperia J.. trim’s..

    1. Pak Ahmad,

      Untuk mematikan aplikasi yang berjalan di belakang:
      1. Tekan dan tahan tombol paling kanan selama beberapa detik, lalu pilih aplikasi yang ingin dimatikan.
      2. Alternatif lain, masuk ke settings, apps, dan running.

      Kalau mau pakai aplikasi tambahan, silakan mencari di Play Store dengan kata kunci “task killer”.

  133. Iya q doawnload aplikasi clean master..apakah aplikasi itu berbahaya dan apa efek yang di timbulkan??dan antivirus apa yang bagus di pakai untuk xperia J?

    1. Bu Yanti,

      Aplikasi Clean Master tidak berbahaya. Silakan mengecek pengaturan aplikasi itu. Tampaknya Anda telah mengaktifkan fitur yang intinya melonggarkan memori setiap kali ponsel diaktifkan. Kalau gagal menemukannya, langkah termudah ya silakan menghapus aplikasi itu.

      Sampai saat ini, menurut saya, tak perlu menginstalasikan aplikasi antivirus di Xperia J tersebut.

  134. Malam pak, saya pengguna Xperia J hampir 1 tahun. Masalah yang akhir2 ini sering terjadi adalah back dan home button nggak bisa ditekan dan tidak memberikan respon pak. Itu kenapa ya? Terimakasih 🙂

    1. Bu Firra,

      Diduga ada masalah dengan perangkat keras (hardware). Pindahkan data yang penting dulu, kemudian lakukan factory data reset. Bila belum menuntaskan masalah, bawalah ponsel itu ke pusat perbaikan resmi Sony.

    1. Pak Yuda,

      Coba di-reset, Pak. Bila tetap tak sebagus dulu, silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi Sony untuk dicek.

  135. pak, saya pengguna xperia j kurang lebih sudah setahun. tapi lima bulan yang lalu hingga sekarang XJ saya ini bermasalah. aplikasi yg sudah di download tidak bisa dipindahkan ke memori eksternal, jadi memori telfon dan internal saya full. gak bisa dipakai untuk mendownload aplikasi, download lagu/gambar, bahkan menggunakan kamera pun gak bisa. padahal aplikasi yang saya punya jg dihapus semua, tapi tetap full memori nya. bagaimana ya pak untuk mengatasinya? terimakasih

    1. Bu Imel,

      Memang tidak semua aplikasi dapat dipindahkan ke kartu microSD.

      Solusi atas masalah yang Anda paparkan, buat cadangan (backup) atau pindahkan dulu data-data yang penting, lalu lakukan factory data reset.

  136. om.. maaf ngeganggu, aku mau tanya. itu kan aku download2 aplikasi ya, tapi ga kesimpen di MicroSd. penuh di telepon sama di Internal. itu kenapa ya? Micro Sd nya masih Kosong.. terus buat Simcard nya Xperia J harus di potong atau tidak ? Pas aku beli aku lupa beli kartu baru nya jd masang dirumah..

    1. Bu Nilasari Cahya,

      Aplikasi memang akan tersimpan di memori internal ponsel, bukan microSD. Fungsi kartu microSD lebih untuk penyimpanan file multimedia, baik foto, lagu, maupun video.

      Xperia J memakai kartu mini SIM. Jadi, kartu Anda tak perlu dipotong.

  137. om. mau nanya lagi. kemaren aku lepas micro SD lepas batere sama lepas kartu kan ya, terus pas dipasang foto ku ilang semua. terus aku blutut lagi dr hape ku yang 1 lagi , tulisannya sukses tp ga ada di album gitu kesimpennya dimana ya om
    terimakasi 🙂

    1. Bu Nilasari Cahya,

      Coba masuk ke Settings, Apps, All, Album, lalu tekan Clear data. Tenang, foto Anda takkan dihapus kok.

  138. aku udah searching juga yaa caranya sama kaya yang om kasih tau, tapi tetep aja ga ada juga foto2 ku.. terus udah coba copot pasang batere lagi. tetep juga ga bisa, selain itu gimana lagi caranya ?

    1. Bu Nilasari Cahya,

      Coba hubungkan ponsel dengan PC/laptop via kabel data sampai ponsel dianggap sebagai mass storage (seperti USB flashdisk). Lalu, dengan memakai Windows Explorer, telusuri satu per satu foldernya.

    1. Pak Adib,

      Coba masuk ke settings, apps, all, lalu gallery. Pilih clear cache dan clear data. Lakukan hal serupa untuk musik. Bedanya, di pilihan yang terakhir bukan gallery, melainkan music atau music player (bergantung mana yang ada di ponsel Anda).

    1. Pak Ardy,

      1. Coba cek apakah ponsel Anda berada di dalam mode airplane atau flight mode.
      2. Bila ponsel tidak berada dalam mode airplane, coba lakukan factory data reset.
      3. Kalau usai di-factory data reset masih belum bisa dapat sinyal, silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi Sony.

  139. Saya mau tanya,saya pake experia j,gambar batre 100% tp klo abis gk turun dari 100% knp y pak trus klo pake bbm sehari lancar tp esok’a klo ng’bbm sula gambar merah(jam) .thx

    1. Pak Ary,

      Soal indikator baterai, sejak penuh sampai ponsel kehabisan daya jadi selalu 100 persen terus ya? Hmm… aneh. Coba lakukan factory data reset.

      Terkait BBM, kalau membaca paparan Anda, bisa jadi layanan operator atau server BBM yang menjadi pemicu masalah.

  140. selamat pagi pak
    mau bertanya pak, saya pengguna Xperia J, ada sedikit masalah dengan layarnya. di pojok kanan kiri atas layar itu redup pak, brightnessnya berbeda dengan layar dibagian tengah maupun bawah. setting pencahayaan layar sudah saya setting yang paling terang pun masih tetap begitu pak. ini agak sedikit menganggu karena tampilan jam dan batere yg terletak di samping kanan atas ponsel tidak terlihat.
    menurut bapak langkah pertama apa yang bisa saya lakukan untuk mengatasi masalah ini pak?
    sekedar share kalo untuk performa sehari-hari ponsel Xperia J lumayan baik kok, audionya juga baik. terima kasih pak atas jawabannya

    1. Pak/Bu Ruri,

      Hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya hanya dengan membawa ponsel itu ke pusat perbaikan resmi Sony.

  141. mas saya pke experia j ada 2 permasalahan
    1. pas buka kamera aman tapi pas pencet tombol potret tiba2 ada pemberitahuan ( sayangnya kamera terhenti tiba tiba) dan hanya ada pilihan “ok” dan langsung keluar dari menu kamera?
    2. saya sudah menyimpan kontak tapi di menu kontak tidak terdeteksi/tdk ada, saya cba di pilihan import yg ada3 sudah saya coba smua tapi tdtap tdk muncul?
    mohon bantuanya mas

    1. Pak Hammam,

      1. Lakukan factory data reset. Bila hal itu tak menyelesaikan masalah, bawalah ponsel Anda ke pusat perbaikan resmi Sony.

      2. Di manakah Anda melakukan penyimpanan kontak? Di akun Gmail atau kartu SIM?

    1. Pak Imam,

      Apakah Anda memasangkan case tambahan di Xperia J itu? Kalau iya, coba dilepaskan dulu sementara.

      Bila pemotretan telah dilakukan tanpa case tambahan, tetapi hasilnya tetap buram, silakan membawa ponsel itu ke pusat perbaikan resmi Sony.

    1. Pak Imam,

      Putihnya kayak gimana nih?

      Kalau kayak benda yang disorot lampu senter warna putih, hal itu wajar. Namun, bila seperti berkabut atau ada semacam asap, kondisi tersebut tidak wajar.

    1. Pak Imam,

      Saya rekap dulu ya. Jadi, kondisi Xperia J Anda sebagai berikut:
      * Ponsel tidak menggunakan case tambahan.
      * Pemotretan dilakukan dengan lampu kilat.
      * Muncul seperti asap putih.

      Benar begitu? Kalau iya, silakan membawa ponsel Anda ke pusat perbaikan resmi Sony. Menurut saya, kondisi itu tidak seharusnya terjadi.

  142. saya sudah sekitar 9 bulan menggunakan sony experia j, saya beli sony karena setahu saya merek sony bagus, namun saya kecewa banyak kekurangan pada sony experia j ini, kamera sering tiba” no responding, kamera jg kurang bagus, sering banget lemot bahkan buka contac saja butuh waktu lama, tidak ada fitur utk memindahkan foto”, music ke memory external padahal hp sy dulu nokia dan samsung jadul meiliki fitur utk memindahkan ke memory external,jd setiap x ingin memindahkan foto ato musik harus melalui komputer.ketika menelepon memakai headset suara penelepon bgt besar membuat telinga saya sakit padahal saya sudah mengecilkan volumenya tp ttp saja besar alhasil saya tidak bs memakai headset ketika menelepon. wifi sering bermasalah, sering sekali saya harus menonaktifkannya terlebih dahulu setiap x ingin internetan dgn menggunakan wifi, nyebelin banget kan. hal” kecil lainnya sep pengiriman contac person ke temen mereka selalu blg tidak terbaca atau tidak bs dibuka. sekian dr saya

    1. Bu Vivi,

      Mohon maaf karena saya baru bisa merespons pertanyaan pada saat ini. Beberapa hari terakhir saya terkena sinusitis sehingga kesulitan berlama-lama menatap layar laptop atau ponsel.

      Turut prihatin atas kejadian yang dialami. Apakah Anda sudah pernah coba membawanya ke pusat perbaikan resmi Sony?

  143. Pak, handphone dengan harga 2 juta kebawah yang awet dan tidak mudah rusak apa ya pak? saya mencari yang kameranya bagus, minimal 5 mp. lalu menurut bapak apakah lenovo dan andromax itu awet? kalau saya mencari yang awet dengan kamera bagus lebih baik saya beli handphone merk apa ya pak?
    terima kasih sebelumnya

    1. Pak Jay,

      Batasan awet itu sangat relatif. Perilaku pemakaian juga berpengaruh. Dengan kriteria seperti yang Anda sebutkan, tipe termurah yang menarik dilirik adalah Smartfren Andromax i2. Harga barunya Rp 1,449 juta. Pilihan lain adalah Lenovo P770 yang kini dijual Rp 1,8 juta.

    1. Pak Jay,

      Saya tidak pernah menguji pakai A706. Merujuk pada pengalaman pribadi memakai P770 dan pengalaman teman menggunakan A706, saya lebih merekomendasikan P770. Spesifikasi memang di bawah A706, tetapi daya tahannya lebih bagus.

  144. pak kenp xperia j aku gk bisa tmpilin isi gallery dan mp3 klw hbs du matikan bisa tmpilin tp gak semua .gk lama kemudian hilang semua.padahal di total comander mash ada

    1. Pak Gleen,

      Sudah coba melakukan clear data dan clear cache? Bila masalah belum tuntas, silakan minta bantuan petugas di pusat perbaikan resmi Sony.

  145. kalu clear data belum.takut data ny pada hilang coz pernah bapak ky kontak BBM pada ilang .dan kaya yg lain .pernah di coba clear cace…kadang berhasil kemudian beberapa wkt lg kembali seperti seblmny ….trim bapak atas sarannya …

  146. Mau Nanya Mas, Semalam Sony Experia M saya masih saya pakai nonton video rekaman anak saya. Esok harinya, fungsi speaker tidak berfungsi lagi, tidak ada nada dering, tidak bisa mengeluarkan suara lagu dan video. kalo gunakan headseat berfungsi tapi kalau headset dilepas kembali bisu lagi. mohon solusinya

    1. Pak Andra,

      Coba lakukan factory data reset. Bila hal itu tidak menyelesaikan masalah, mungkin ada kerusakan di hardware alias perangkat keras. Silakan membawa ponsel tersebut ke pusat perbaikan resmi Sony.

  147. Selamat siang pak , saya mau menanyakan kenapa gambar berformat GIF di Xperia Miro tidak bisa bergerak . Apa perlu aplikasi khusus untuk menjalankannya ? Terima kasih.

    1. Bu Shienny,

      Saya tak ingat pastinya bisa atau tidak. Kalau ternyata tak bisa, instalasikan aplikasi QuickPic saja. Tersedia di Play Store kok.

  148. mau tanya mas.puny saya xperia j.kmrin g sengaja mencet2 tmb0l p0wer.v0lume up n down eh tiba2 lampu flashligtx nyala…..trus saya c0ba lagi k0k g bsa lg…..!sbarnya bgmana cra mghidupkan flashlight lwt ketiga t0mb0l tsb….trimakasih sebelumx mas

    1. Pak Tomi,

      Saya malahan baru mengetahui ada kombinasi tombol seperti itu untuk mengaktifkan lampu senter.

  149. Mau tanya, sya px sony xperia c… tp tombol u pd papan quwerty g bs dtekan.. trus layar touch screenx jg kurang senstif..kl nekan sesuatu sprti hrus dtekan.. kira2 knp y?

    1. Pak Januar,

      Apakah saat ini di ponsel Anda terpasang screen protector yang cukup tebal? Meskipun tingkat kemungkinannya kecil, pemasangan screen protector yang tebal kadang bisa memicu hal tersebut.

      Saran saya, bila tak ada screen protector tebal yang sedang terpasang, lakukan factory data reset dulu saja. Seandainya masalah yang sama masih terjadi, terpaksa Anda harus membawa ponsel itu ke pusat perbaikan resmi Sony.

  150. pak maaf mau tanya saya pake hp xperia L c2105, kenapa klau mau pke camera suka ada warning galat camera..trus album suka ngblank ga da fotonya,pdhl banyak fotonya tp gak ada muncul..mohon solusinya..makasih pak..

    1. Pak Mumun,

      Warning galat? Boleh tolong diketikkan pesan lengkapnya?

      Soal album yang tak ada fotonya, padahal sebenarnya ada banyak foto, silakan coba masuk ke settings, apps, all, lalu pilih Album. Tekan clear data. Tenang, clear data takkan menghapus foto kok.

  151. Pak mau tanya ni. Hp saya sony experia j. Kok sekarang ada mslh ya. Foto di album saya dan musik hilang semua. Tp kalo foto masih ada di file commander.:( tlg infonya pak.. Mkasih..

    1. Pak/Bu Yuli,

      1. Untuk foto, coba lakukan langkah ini:
      * Masuk ke Settings, pilih Apps, All, lalu pilih Album.
      * Tekan clear data. Abaikan peringatan yang muncul. Tekan ok. Foto-foto Anda takkan dihapus kok.
      * Matikan ponsel, lalu nyalakan lagi.

      2. Untuk musik, saya tak pernah mengalami. Mungkin Anda boleh mencoba cara ini:
      * Masuk ke Settings, pilih Apps, All, lalu pilih Media Storage.
      * Tekan clear data. Abaikan peringatan yang muncul. Tekan ok. Foto-foto Anda takkan dihapus kok.
      * Matikan ponsel, lalu nyalakan lagi.

    1. Pak/Bu Sela,

      Manakah yang dimaksud?

      1. Aplikasi Album hilang dari ponsel, atau
      2. Album ada dan bisa dibuka. Namun, tidak ada foto yang tersaji. Padahal, di memori ponsel jelas-jelas tersimpan banyak foto.

      Kalau nomor 1, terus terang saya juga bingung kok bisa begitu. Coba lakukan factory data reset.
      Kalau nomor 2, coba masuk ke Settings, Apps, All, lalu cari Album. Tekan Clear Data dan abaikan peringatan apa pun yang muncul. Terakhir, tekan Ok.

  152. pak saya mau tanya; lampu indikator pemberitahuan dikiri atas itu bisa diatur tidak ya ?

    atau harus pake aplikasi apa ?

    1. Pak Bagus,

      Saya lupa bisa diatur atau tidak. Sepertinya tidak bisa. Saya sendiri kebetulan tak terlalu memerlukan indikator tersebut.

  153. Permisi Pak,
    Saya baru menggunakan Sony Xperia M, namun setelah 4 hari ada masalah pada kamera depan yang tidak bisa dioperasikan baik pada aplikasi kamera, face unlock, cermin atau yang lain.
    Saya sudah coba clear data
    format. Hasilnya bisa, namun hari berikutnya error lagi hingga hari ini sudah seminggu
    Mohon bantuannya..

    1. Pak Indra,

      Setelah membaca kronologis dan tindakan yang telah Anda lakukan, kini satu-satunya solusi adalah membawa ponsel itu ke pusat perbaikan resmi Sony.

  154. pak mau nanya saya skrg bawa xperia j, tapi entah kenapa saya pasangkan memori external 4gb sandisk *dulu pernah saya bawa ke spiro dan ke galaxy young skrg saya bawa ke xperia malah tidak terlacak. ada solusi? trims

  155. selamat malam pak. saya ingin bertanya, saya beli xperia J sekitar bulan september tahun lalu. sebelumnya ga ada masalah sama sekali sama XJ saya, tapi 2 minggu yang lalu entah kenapa tombol virtual (back, home, setting) XJ saya tidak berfungsi. padahal selain 3 itu layarnya berfungsi normal. saya sudah bawa XJ saya ke service center sony. katanya cukup di software, memang setelah itu ketiga tombol tersebut berfungsi lagi. tetapi kemarin sore XJ saya seperti itu lagi. ketiga tombol virtualnya tak berfungsi. tolong solusinya pak. terima kasih

  156. selamat sore. saya mau tanya kenapa di album foto dan musik saya kosong sudah beberapa hari. saya lihat dipengaturan penyimpanan semua keterangannya menghitung terus. di aplikasi file commander kartu memory terbaca semua data ada. tapi di album dan musik tetap kosong. bagaimana cara mengatasinya? saya pengguna sony XJ. terimakasih sebelumnya pak.

  157. selamat malam. saya sudah coba saran pak herry alhamdulilah berhasil terimakasih:) saya ingin menanyakan kenapa masalah tidak ada file dialbum dan musik bisa terjadi? apa nanti bisa terulang lagi tidak ada datanya?

  158. di album filenya sudah ada tetapi pas saya keluar di app album, beberapa menit saya lihat album lagi filenya kosong dan tidak ada item lagi. bagaimana pak? apa cuma sementara bisa ada filenya?

    1. Bu Hesty Utama,

      Wah, kumat lagi ya. Lakukan cara yang sama dengan sebelumnya. Bila memang sering terjadi, saran saya, periksakan ponsel Anda ke pusat perbaikan resmi Sony.

    1. Pak Ilmannafian,

      Keduanya memiliki plus minus tersendiri. Hasil akhirnya sih imbang.

      Btw, dua ponsel itu sudah lama tidak diproduksi lain. Dengan memperhatikan aneka perkembangan, termasuk semakin murahnya ponsel Android keluaran terkini, saran saya, mending mencari ponsel tipe lain.

  159. Pak mau nanya, saya punya Xperia M. Saat dgunakan fitur kameranya, flashlightnya tidak nyala meskipun sudah d set fill flash. Kira-kira solusinya seperti apa ya? Terima kasih banyak.

    1. Pak Aninditya Pimas,

      Saya curiga ada kerusakan hardware. Coba lakukan factory reset. Bila tetap tak mau nyala, bawalah ke pusat perbaikan resmi Sony.

  160. Pak saya mau beli back cover.xperian L C2105 Original. adanya dimana Ya..kebanyakan adanya di Web Luar indonesia klo beli di toko langsung nggak ada….mohon informasinya,,,makasih

  161. Selamat siang Pak Herry… Saya baru membeli Xperia C3. Beberapa waktu lalu saya bisa mengunggah foto ke fb via Xperia album dan bgtu tampil di beranda tertulis bila bila via Xperia smartphone. Tapi barusan saya mencoba upload lagi kok loadingnya luaaamaaa ya… Sedang kalo upload tdk via album Xperia bisa cepat. Mohon penjelasannya. Terimakasih

    1. Bu Dwi,

      Anda menyebutkan “Tapi barusan saya mencoba upload lagi kok loadingnya luaaamaaa ya… Sedang kalo upload tdk via album Xperia bisa cepat”. Nah, yang bisa cepat itu kalau upload pakai apa?

      Kegagalan upload biasanya dipengaruhi oleh:
      * Koneksi internet yang dipakai. Kalau sedang lemot, upload bakal sering gagal.
      * Ukuran foto yang diunggah. Semakin besar, potensi gagal semakin besar.

  162. Selamat pagii.. Mau tanya pakk.. Kenapa ya kalau sedang menelfon tibatiba terdengar suara aneh seperti nada sms.. ??? Trimakasi pak mohon pnjelasannya.

    1. Pak Adhi,

      Apakah selalu begitu? Sudah coba mengganti kartu SIM yang terpasang dengan kartu lain?

      Kejadian seperti itu biasanya karena operator “mabuk”. Bila pengguna memutuskan sambungan telepon, lalu melakukan panggilan ulang, seringkali sudah tak terdengar suara aneh serupa.

  163. Terkadang sihh terdengarnya.. Ini saya baru ganti kartu pak.. Kartu baru belii.. Sebelumnya gapernah trjadi hal sperti itu, cmen dri 3 hari yg sepertinya mulai mndengar hal seperti itu kalau menelfon.. Risih kan kalo misalnya kita sedang nelfon seseorang dan orng trsebut mndengar suara sms.. Dikira sya mmpunyai 2 hp.. lawan bicara saya yg mendengar hal seperti itu tetapi sya tidak mendengarnya pak..
    Bagaimana solusinya pak?
    Trimakasi pak..

    1. Pak Adhi,

      Kalau mau coba, meskipun saya tak yakin berhasil, lakukan factory reset terhadap ponsel Anda dan ganti kartu sekali lagi. Ganti kartunya untuk sementara saja.

  164. Pak hery saya mau tanya hp sony xperia j saya tidak mau menyala sat dicharge hanya kedip kedip lampu merah ,kalau kemarin bisa sampai tulisan sony saja? Apa yang hrs dilakukan? Apa harus direset ulang? To pakai pc atau gimna? Mohon blsannya

    1. Bu Yunita Damayanti,

      Karena tak bisa menyala, berarti Anda tidak bisa mengakses menu factory reset, bukan? Jadi, silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi Sony saja.

  165. Maaf, saya mau tanya tentang loudspeaker sony xperia J yang tak berfungsi. Saya coba factory reset masih tidak bisa, apakah harus saya service? kalau memang harus, kena harga berapa ya kira-kira?

    1. Pak Andi,

      Kalau membaca cerita Anda, berarti kerusakan di hardware. Bila Anda menginginkan ponsel normal kembali, ya berarti harus diservis. Saya kurang tahu biayanya berapa.

  166. saya mau tanya pak, kenapa sony xpera J saya setiap kali free calls, melalui app Line/bbm suara saya tidak terdengar oleh lawan bicara, tapi saya bisa mendengar suara mereka? saya sudah install ulang aplikasi tst, tapi ttp seperti itu..mohon solusinya y Pak. trims

  167. Pak. Numpang tanya.. Xperia J saya tak pasang hansfre selain yg alsi qok gak bisa masuk za suarane. Mohon petunjuk..

    1. Pak Adi,

      Setelah bepergian ke dua kota sejak 17 Maret 2015, baru pagi ini (21 Maret 2015) saya kembali menjawab pertanyaan yang masuk ke blog Ponselmu.com.

      Coba perhatikan handsfree bawaan. Perhatikan ada berapa garis. Handsfree berkabel lain yang Anda tancapkan harus memiliki jumlah garis yang sama. Jarak antargaris juga tak boleh berbeda.

  168. Pagi..

    Saya mau tanya pak herry..

    Saya memakai XJ…untuk paket internet saya memakai IM3 yg 11GB namun paketan saya masih bnyak tetapi tidak bisa di pakai dan hanya bisa memakai WIFI saja..solusinya gimana pak krn saya sudah hapus proxy dan port…tetapi masih belum bisa memakai data selular.mohon solusinya pak…terima kasih

    1. Pak Ainun,

      Setelah bepergian ke dua kota sejak 17 Maret 2015, baru pagi ini (21 Maret 2015) saya kembali menjawab pertanyaan yang masuk ke blog Ponselmu.com.

      Coba cek pengaturan APN-nya. Pastikan APN-nya sudah benar indosatgprs. Parameter pengaturan lain harus kosong. Bila masih ada masalah, silakan mampir ke Galeri Indosat terdekat.

    1. Pak Arifien,

      Pertanyaan Anda sederhana, tetapi membuat saya sangat penasaran. Apakah ada Xperia J palsu? Saya belum pernah mendengar di sini ada yang menjual Xperia J palsu sih.

      Kalau ternyata ada, saya penasaran melihat dan mengetahui perbedaannya dibandingkan yang asli.

  169. mau nanya om, kok kadang experia j ku kl hbs di lock atau di logoff gamau hdup lg ya. layarnya mati total, tapi lampu bawah hdup, volume jg hidup. Terkadang saya diamkan 2-3 hari, nanti normal lg. Kmudian seperti itu lg. Software atau lcd ya ? mohon bimbingannya om, terimakasih.

    1. Bu Chindy,

      Logoff? Menu itu ada di sebelah mana? *bingung*

      Saya tak berani memastikan penyebabnya. Silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi Sony.

  170. sya mau tnnya, sya pngguna Xj st26i.. sya udh ganti” kartu klu bbm’n knpa ko klu nympe lama bgt 1-4 hari baru nympe.. pdahal udh gnti kartu simpati sinyal ttp full bbm lambat trs, udh gitu lemot bgt

    1. Bu Yuliani,

      1. Lain kali harap menuliskan pertanyaan, termasuk tipe ponsel, dengan lengkap. Jangan disingkat-singkat.

      2. Bisa jadi performa internet simPATI Anda memang sedang buruk sekali.

  171. aku pake sony xperia j tapi selalu ada penyimpanan ponsel tinggal sedikit itu kenapa yah?
    trs dialbum hape selalu tidaj ada iten atau foto tidak terlihat, padahal sehaeusnya ada fotonya, solysinya bagaimana ya?

    1. Bu Chalista,

      Ya berarti sisa memori internal ponsel Anda tinggal sedikit. Hapuslah aplikasi yang tidak diperlukan, pindahkan file multimedia ke kartu memori, dan bersihkan cache.

      Soal album foto, masuk ke settings, all, apps, album, lalu clear data. Berikutnya, matikan ponsel dan nyalakan lagi.

  172. Maaf pak ini saya mau tanya. ini kok Xperia J saya enggak bisa download Video mp4? tapi kalau 3gp bisa.

    1. Pak Dimas Wahyu Utomo,

      Kebetulan saya jarang memakai ponsel untuk mengunduh video. Jadi, saya tak terlalu memperhatikan format file video yang diunduh. Anda mengunduh video itu dari YouTube atau situs apa? Notifikasi error apa yang muncul?

  173. pak ini saya mau tanya , apa penyebabab kerusakan power button ? power button saya tidak berfungsi setelah perbaikan slot sim , setelah saya kembalikan , yg nyervice gak bisa mbenerin tombol powernya .
    makasih

    1. Pak Rendy,

      Ada dua kemungkinan nih:
      1. Tombol power memang sudah aus karena pemakaian. Kebetulan saja rusaknya usai ponsel menjalani perbaikan selot kartu SIM.

      2. Teknisi yang memperbaiki selot SIM tak sengaja menyenggol sesuatu yang membuat tombol power bermasalah.

      Boleh tahu rusaknya gimana? Tak bisa ditekan?

  174. pak saya sudah lama beli sony xperia j ,
    keluhan saya knpa kalau dpkek wifi kok

    cuma disambungkan , kok gak bisa terhubung
    tolong bantuannya pak

    1. Pak Hayi,

      Statusnya bisa berubah menjadi “connected” atau tidak? Sudah coba menghubungkan ponsel itu dengan hotspot lain?

  175. saya mau tanya pak. kenapa touhscren pada sony experia j sering macet atau error, apalgi saat tangan basah, padahal bawaannya kan sudah pakai gorilas.mohon bantuannya

    1. Pak Mahesa,

      Kalau jari tangan basah atau berkeringat, layar sentuh di mayoritas ponsel memang takkan merespons sempurna. Hal itu sangat normal.

      Tak ada hubungan antara jari basah dan Gorilla Glass.

  176. saya mau tanya pak, di sistem pembaruan sony Xperia J ada software yg harus di unduh dan di instal. tapi setelah saya unduh pas mau di instal gagal terus. mohon solusi nya pak..
    terimakasih

    1. Bu Nisa,

      Boleh tolong sebutkan notifikasi kegagalan yang muncul? Saya sementara menduga kalau sisa memori ponsel Anda terlalu kecil.

  177. saya mohon pencerahannya dong sony xperia j saya mengalami masalah, album foto tidak bisa mendeteksi foto”nya trus musik” nya juga tidak bisa. saya sudah coba mereset juga tp ttap tidak bisa. jika di konekin ke pc folder” jjuga tidak bisa terdeteksi. mohon bantuannya?

    1. Bu Nala,

      * Album foto
      Masuklah ke settings, apps, all, album, lalu tekan clear data. Matikan ponsel sebentar, kemudian nyalakan lagi.

      * Musik
      Masuk ke settings, apps, all, media storage, lalu tekan clear data. Matikan ponsel sebentar, kemudian nyalakan lagi.

  178. siang om…
    maaf mengganggu…
    saya baru beli sony x.j baru nrapa minggu,banyk yng ingin saya tanyaka…
    1. gmna caranya mengurami beban ram ,aplikasi jaln terus,jadi ngebebani k ram…
    2. kensapa d layar pojok atas n bawah afa hitam/abu nya,apkh hal biasa,tapi saya cek d gogle layar nya ngga sprti itu..
    3. gmna cara agar aplikasi yng ngga k pake,ngga nyedot k pakey data…
    sekian dulu om,mnta pncerahan nya…

    1. Pak Randy,

      Maaf, baru pagi ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Karena sesuatu hal, selama berhari-hari saya menghilang dari dunia maya.

      1. Aplikasi yang berjalan tentu akan mengonsumsi RAM. Solusinya, matikan aplikasi yang tidak diperlukan. Bila perlu, aplikasi tertentu yang takkan Anda pakai silakan dihapus atau di-disable.

      2. Tidak normal. Seharusnya kondisi layar di seluruh bagian berwarna sama. Tak ada semacam noda hitam atau abu-abu.

      3. Ya aplikasi itu jangan dijalankan. Bila perlu, hapus sekalian deh.

  179. pak saya mau tanya
    melihat isi dari memori eksternal di sony xperia j dmn ya. kok saya cari di file manager kok gk ada

  180. Pak saya mau nanya dmana letak tampilan micro sd atau memory eksternal di tampilan kok gak ada?

    Biasanya ada kayak penyimpanan file

  181. saya mau tanya pak,experia go saya tiba2 layarnya nya menjadi putih,trus saya coba misscall tidak terhubung,,padahal kalo yang kena lcd seharus nya di telepon masih bisa,,kira2 apa penyebabnya pak?
    trimakasih

    1. Pak Christ,

      Tak ada ponsel bernama Experia Go. Apakah yang Anda maksud adalah Sony Xperia Go?

      Kalau Anda menanyakan penyebab, ya saya tidak tahu. Lha saya kan tidak melihat ponsel itu. Silakan Anda periksakan ke pusat perbaikan resmi Sony atau tempat servis independen.

  182. Xperia j memang tidak ada file comandernya ya pak. Bgaimna cara pindahin foto dr internal storage ke eksternal storage pak. ?

  183. xperia j tidak saya kasih memory tidak lemot aman aman saja pak. daya isi pake memory 2gb kok lemot banget. apa nk di isi pake memory 8gb hanya apa lebih aman pak tidak lemot. mohon infonya. saya agak bingung

    1. Pak Adib Khairul,

      Kalimat Anda terus terang membingungkan. Saya coba menjawab berdasarkan interpretasi saya atas kalimat yang Anda tuliskan.

      Mungkinkah Anda memakai kartu microSD 2 GB yang kualitasnya kurang bagus? Coba pinjam microSD milik teman Anda dulu deh. Pasangkan, operasikan ponsel seperti biasa, kemudian bandingkan dengan sebelumnya.

  184. pak, bagaimana merubah bahasa di xperia j, tiba2 aja wkt di charge hpnya berubah ke awal trus bahasa nya pun jd berubah, jd gk ngerti bahasanya, please bantuannya

    1. Bu Rani,

      Normalnya sih masuk ke settings, language & input, lalu language. Masalahnya, saat ini ponsel Anda kan sudah berubah ke bahasa yang tidak Anda kuasai. Jadi, Anda harus agak meraba-raba berdasarkan tampilan ikon. Ini langkahnya:
      * Dari home screen masuklah ke apps drawer. Posisi tombol tepat di atas tombol home.
      * Sekarang cari ikon obeng dan kunci Inggris. Sentuh itu untuk masuk ke settings.
      * Kini cari ikon yang sepintas seperti papan ketik alias keyboard. Sentuh itu untuk masuk ke language & input.
      * Sudah? Sekarang sentuh baris teratas, lalu pilihlah bahasa yang diinginkan.
      * Selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *