Review Sony Xperia L: Wajib Berjuang Sebelum Menikmati

Dua belas tahun lalu, kuku seorang penjual ponsel di Surabaya nyaris patah saat mengeluarkan selot kartu SIM Ericsson T65. Selot kartu yang terletak di bagian atas ponsel itu awalnya memang amat sulit dibuka. Setelah dibuka tutup berkali-kali, barulah selot kartu SIM tersebut relatif mudah dikeluarkan.

Setelah Ericsson bermetamorfosa menjadi Sony Ericsson, lalu kini Sony Mobile, peluang bernostalgia terbuka lebar. Tidak seekstrem di T65, tetapi tetap membutuhkan usaha ekstra. Sony Xperia L menjadi sarana untuk melakukan hal itu.

Xperia L-1

Sebelum menikmati Xperia L, pengguna wajib berjuang membuka cover belakang alias penutup baterai ponsel itu dulu. Congkel dengan kuku, selipkan kuku atau benda pipih keras, kemudian gerakkan melingkar berlawanan arah dengan jarum jam. Setelah sekitar sepertiga penutup baterai terbuka, dorong penutup baterai ke arah pengguna. Kali pertama pasti tak mudah. Namun, setelah beberapa kali mencobanya sendiri, pengguna ponsel yang dibanderol Rp 2,999 juta itu akan terbiasa.

Xperia L hadir dengan layar sentuh empat inci beresolusi 854 x 480 piksel. Di bawah layar terdapat lampu notifikasi yang akan menyala saat, misalnya, ada email masuk. Spesifikasi lain ponsel itu, antara lain, prosesor dua inti (dual core) Qualcomm MSM8230 1 GHz, baterai lithium polymer 1.700 mAh, GPS, dan radio FM.

Konektivitas Xperia L tergolong komplet. Tersedia bluetooth, Wi-Fi, dan NFC. Ponsel itu juga mendukung layanan HSPA dengan kecepatan unduh sampai 21 Mbps. Memorinya terdiri atas RAM 1 GB, ROM 8 GB, dan selot memori eksternal yang siap dipadukan dengan kartu microSD.

Tak seperti aneka ponsel Sony keluaran 2013 yang telah penulis uji pakai, ruang penyimpanan alias storage Xperia L masih dibagi dalam dua partisi. Pertama, device memory berkapasitas total 1,57 GB. Saat ponsel kali pertama diaktifkan, sebanyak 1,32 GB di antaranya berstatus kosong. Kedua, internal storage yang berdaya tampung 4,01 GB.

Xperia L-2

Sepasang kamera dibenamkan ke ponsel berdimensi fisik 65 x 128,7 x 9,7 mm dan berat 137 gram itu. Kamera belakang dilengkapi fokus otomatis dan lampu kilat. Kamera dengan sensor Exmor RS dan fitur HDR itu mampu memproduksi foto beresolusi delapan megapiksel dan klip video HD 720p. Sementara itu, kamera depan hanya sanggup menghasilkan foto dan klip video beresolusi VGA.

Bodi yang ergonomis sehingga nyaman digenggam maupun dikantongi menjadi kelebihan fisik Xperia L. Ponsel Android 4.1.2 Jelly Bean itu terbukti sukses pula menghasilkan foto yang sedap dipandang mata. Tak memalukan saat dipajang di media sosial deh. Hendak dicetak di lembaran kertas foto pun memadai.

Kinerja kamera yang di satu sisi menjadi nilai plus, di sisi lain justru menjadi nilai minus Xperia L. Sebab, proses focusing kamera terintegrasi itu tergolong lama. Pengguna akan sangat sering kehilangan momen bila ingin memotret objek yang bergerak.

Satu hal tidak menarik lain telah dipaparkan di bagian awal tulisan ini: penutup baterainya sulit dilepaskan. Awalnya pengguna harus berjuang, mulai membiasakan diri, baru kemudian terbiasa. Umpama boleh memberikan usulan harga, menurut penulis, Xperia L idealnya dijual di kisaran harga maksimal Rp 2,699 juta.

124 thoughts to “Review Sony Xperia L: Wajib Berjuang Sebelum Menikmati”

  1. sepertinya trade mark sony mobile yg bakalan terus ada di seri xperia adalah power button nya ya pak.
    Dan lokasinya pun sama, disamping body.

    1. Pak Sony Djuana,

      Iya. Tombol power yang kini terbuat dar logam dan diletakkan di kanan bodi, menurut saya, terlihat lebih cantik sekaligus lebih mudah ditekan. Kalau tombol power di atas bodi, tangan pengguna akan lebih susah dalam menjangkaunya.

  2. Sony sukanya bikin galau ya Pak, rentang harga 2,xx – 3,3x ada banyak varian yg kalo dilihat speknya hampir mirip semua, namum dengan kekhasan tertentu πŸ˜€

    untuk harga yang diusulkan Pak Herry setuju kalau harganya Rp2,6xx juta aja, hehehe

    1. Pak Kuat WJ,

      Benar sekali, Pak. Kadang sampai bingung apa sih bedanya. Spesifikasi mirip, bentuk juga mirip.

    1. Pak Iink,

      Xperia SP lho, Pak. Bukan Experia SP. πŸ™‚

      Saya belum pernah mencoba One S sehingga tidak mengetahui layak dibeli atau tidak.

  3. Wah..terimakasih ya pak atas reviewnya
    Btw harganya masih diatas perkiraan juga..hehehe

    Masih belum mengerti di bagian “storage Xperia L masih dibagi dalam dua partisi. Pertama, device memory berkapasitas total 1,57 GB. Saat ponsel kali pertama diaktifkan, sebanyak 1,32 GB di antaranya berstatus kosong. Kedua, internal storage yang berdaya tampung 4,01 GB” jadi acang ini punya total daya tampung kurang lebih 6 GB?

    1. Pak Mankomank,

      Storage yang dibagi dalam dua partisi itu mudahnya bayangkan saja ada sebuah harddisk komputer. Dia dibagi dalam dua partisi: drive C dan D. Drive C untuk dipakai untuk instalasi aplikasi dan menyimpan data dari, misalnya, email dan SMS. Sedangkan drive D digunakan untuk menyimpan koleksi file multimedia.

      Di satu sisi hal itu menguntungkan. Sebab, ketika pengguna suatu saat memutuskan melakukan factory data reset, lalu menginstalasikan ulang aplikasi satu per satu, kumpulan file foto dan video tidak ikutan hilang. Namun, di sisi lain, storage yang dibagi dalam dua partisi itu kurang menguntungkan buat pengguna yang gemar menginstalasikan aplikasi tambahan. Sebab, jatah tempatnya jadi lebih kecil.

      Benar, ruang kosong yang bisa dimanfaatkan total mendekati 6 GB. Lebih tepatnya sekitar 5,3 GB.

  4. Wah..terima kasih penjelasannya pak. Jadi tambah pengetahuan πŸ™‚
    Oya pak, dengan harga kurang lebih seperti diatas apa ada acang yg lebih bapak sarankan? Atau Xperia L sudah cukup. Terimakasih pak πŸ™‚

  5. pak herry,

    mau tanya:
    1. kamera gampang banget blur (goyang dikit aja sudah blur) ga kaya xperia ray yang notabene versi lama,bagaimana mengatasinya?
    2. apakah update firmware yang terbaru bisa memperbaiki keluhan di atas?

    1. Pak Almacca,

      1. Kamera Xperia ray, menurut saya, memang lebih bagus daripada Xperia L. Saya merasa kamera Xperia L cenderung lambat dalam melakukan focusing. Kecepatan jepretannya juga kurang kencang. Akibatnya, bila tangan goyang, hasilnya jadi kabur.

      2. Sampai hari terakhir saya memakai Xperia L, belum ada update firmware. Entah kalau hari ini.

  6. Pak Mankomank,

    Selain Xperia L, pilihan yang boleh dipertimbangkan (saya urutkan abjad) Acer Liquid E2, Lenovo P770, Lenovo S890, dan LG Optimus L9.

  7. sekedar berbagi,

    di xperia ray ada kasus yg hampir serupa,yaitu blur pd kamera bila pakai 8mpx,namun bila pake 5mpx blur ada namun sgt normal dan gambar jadi lebih gurih dan renyah…selamat mencoba!

    1. Pak Almacca,

      Kalau yang dulu saya rasakan saat memakai Xperia ray, kompresi file fotonya terasa terlalu besar. Hal yang waktu itu saya lakukan, kalau memotret pada resolusi tertinggi, saya memakai aplikasi buatan pihak ketiga. Bila tak salah ingat, dulu saya memakai Picsay. Modenya saya atur mode normal.

  8. pak Herry.
    bila membandingkan harga dan spek serta desain antara xperia L dan xperia M.mana yg bapak pilih untuk dibeli.trims

    1. Pak Suheri Nugroho,

      Ada rencana sih. Tapi, belum tahu kapan dan sepertinya saya lebih condong ke mencoba XPeria M dual.

  9. Pak Henry, saya ingin bertanya. Apakah kamera Xperia L tidak ada Bravia Engine? Padahal, saya lihat di website Sony ada Bravia Engine-nya.

    1. Bu Anisa,

      Bravia Engine itu tidak berhubungan dengan kamera lho. Bravia Engine itu berhubungan dengan layar ponsel. Xperia L setahu saya tidak mengadopsi Bravia Engine.

  10. Bapak Herry, apa fungsi Sony Bravia Engine pada layar Xperia?
    Ohya, saya bingung nih antara memilih xperia L dgn xperia M. Lebih baik pilih mana? Fitur keduanya tidak jauh berbeda. Hehehe πŸ˜€ Terima kasih

    1. Bu Vira,

      Dengan Bravia Engine, tampilan gambar dan video di layar Xperia menjadi lebih mantap.

      Saya belum pernah mencoba Xperia M. Karena itu, kalau ditanya lebih baik pilih Xperia L atau Xperia M, saya belum bisa menjawabnya.

  11. klo melihat beberapa review di gsmarena, dari keluarga xperia sekarang ini kualitas suara speaker xperia L ini yg terbaik. aslinya gmna pak?? apakah kencang dan nyaring kaya era ponsel walkman dulu??

    1. Pak/Bu Kawaimyr,

      Xperia M dual sudah beredar di pasar. Harga ritel yang disarankan Rp 2,749 juta. Sementara itu, Xperia M yang bukan dual dijual Rp 2,599 juta.

      Dua harga yang saya sebutkan adalah harga ritel yang disarankan ya. Harga pasar biasanya di bawah itu.

  12. Ada rencana review xperia m pak? Sepertinya spesifikasinya menarik. Oh iya, saya jarang tertarik pada produk Samsung, namun kali ini saya cukup tertarik dengan galaxy core melihat harga dan spesifikasi yang cukup masuk akal. Apa pak herry tertarik juga?

    1. Bu Melisa,

      Yup, ada rencana review Xperia M. Entah yang single SIM atau dual SIM.

      Saya tidak tertarik Galaxy Core. Saya lebih tertarik mencoba Galaxy Infinite. Masalahnya, sudah dua minggu coba mencari, masih belum menemukan penjual yang tepat. Di kebanyakan toko ponsel itu tak tersedia. Di segelintir toko, Galaxy Infinite tersedia, tetapi harganya di atas harga ritel yang disarankan.

    1. Pak Deka,

      Maaf baru bisa menjawab pertanyaan lagi. Karena padatnya aktivitas, sampai minggu pertama Desember 2013 saya akan lambat dalam merespons pertanyaan.

      Beberapa hari lagi saya baru mulai mencoba Xperia M yang single. Sabar dulu ya.

    1. Bu Listiyani,

      Boleh diperjelas tidak bisanya seperti apa? Pesan error apakah yang muncul? Sebab, Xperia L seharusnya bisa digunakan untuk ber-BBM.

  13. pak herry,
    saya siswi SMA yg berencana membeli smartphone merek XperiaL. Bagaimana kualitas foto yg dihasilkan XL? Apa xperia L bisa instal Bravia Engine, mengingat XL tak tersedia BE. Mohon respon nya ya pak πŸ™‚

    1. Mbak Nadia,

      Hasil jepretan kamera Xperia L cukup bagus.

      Terkait Bravia Engine, ia bukan sekadar software atau aplikasi. Jadi, Anda tak bisa menginstalasikan Bravia Engine.

  14. Halo Pak Herry,
    Setelah lama nunggu Moto G, saya nyerah dan pengin beralih ke Xperia L.
    Menurut bapak yang paling bagus warna apa pak?..
    Trus katanya klo yg warna hitam, harga jual bebas bisa lebih tinggi dari wrn lain. Trims πŸ˜€

    1. Pak Hayat,

      Merahnya keren. Btw, untuk ukuran saat ini, Xperia L sebenarnya sudah kurang menarik lho.

      Saya asumsikan anggaran Anda Rp 3 juta ya. Lenovo P780 8 GB atau LG G Pro Lite tampaknya lebih tepat dilirik. Kalau harus Sony, coba lihat-lihat Sony Xperia SP.

    1. Pak Hayat,

      Oh, kalau anggaran Rp 2,7 juta, belum cukup buat beli Moto G lho. Dengan anggaran segitu, Anda boleh melirik Sony Xperia M (ada single maupun dual) dan Lenovo S920.

  15. Pak awalnya sony xperia L saya bisa menggunakan aplikasi bbm tp sekarang setelah saya update lagi bbm nya ko jadi gabisa, setiap kali saya mau buka bbm langsung muncul pesan “sayang,bbm sudah berhenti ”
    Selalu muncul pesan seperti itu lalu saya diminta mengirimkan sarana
    Itu maksudnya apa ya?apa bisa diperbaiki?

  16. Pak Herry, kalo device memory kepenuhan dan sy berencana untuk mereset device memory, kira2 waktu yg dibutuhkan untuk proses resetnya berapa lama ya? Dan apakah ada kemungkinan untuk gagal dan rusak xperia L nya?

    1. Pak Ciel,

      Kurang dari 15 menit. Nyaris selalu sekitar lima menit saja.

      Kemungkinan ponsel rusak karena proses reset tidak sempurna tentu ada. Namun, kemungkinannya sangat kecil. Sekadar gambaran, saya sudah ratusan kali melakukan reset terhadap ratusan ponsel. Hasilnya, sejauh ini belum pernah membuat ponsel rusak. Semoga saja tak pernah ya. *ketuk-ketuk meja tiga kali*

  17. Mau tanya kenapa sonny xperia l saya sering hang, tidak bisa bergerak touch screennya, sehingga klo ada tel masuk tidak dapat dijawab. Trims

    1. Pak/Bu Ade,

      Langsung pakai jurus pamungkas saja ya. Coba lakukan factory data reset. Kalau masih bermasalah, silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi Sony.

    1. Pak Ringga,

      Saya tak berani memastikannya. Sebab, di daftar kompatibilitas Sony Smartwatch 2, nama Xperia L tidak tercantum.

  18. Bpk nanya.aplikasi bbm di xperia L saya cuman tanda sign loading#lingkaran muter2# ga mau sign in.sudah saya hapus dan coba install ulang hasilnya tetap sama.mohon solusinya.

    1. Pak Hakim,

      Saya kok curiga internet operator yang Anda gunakan kurang prima. Coba pakai koneksi Wi-Fi yang lumayan kencang dulu sampai berhasil masuk.

  19. .mau tanya gan kenapa xperia L saya pembelian baru 2 bulan layar touch screennya ada garis garis bergoyang terus lama lama hp saya mati
    Terima kasih ditunggu jawabannya

  20. Pak sony xperia l saya kok muncul memori penuh terus. Kalo buat download di playstore gak bisa, selalu muncul ruang penyimpanan tidak mencukupi….
    Gimana ngatasinya ya pak…?

    1. Pak Adib,

      Device memory (bukan internal storage) Xperia L Anda tampaknya penuh atau nyaris penuh. Silakan menghapus file atau aplikasi yang tidak diperlukan lagi.

  21. Pak sony xperia l saya kok muncul memori penuh terus. Kalo buat download di playstore gak bisa, selalu muncul ruang penyimpanan tidak mencukupi dan ada gambar disk plus tanda (!) di dasbor atas….
    Gimana ngatasinya ya pak…?

  22. saya sdikit kecewa sama conter sony experia yang ada di Surabaya
    Saya bermaksud membetulkan led flash sony Xperia L saya dan di suruh menunggu sampai 2minggu di suruh mbayar 50 ribu rupiah
    Dan apa yang terjadi
    Hp saya tidak menjadi bagus led flashnya tetap tidak bisa dan lebih parahnya lagi camera yang aslinya 8mp saya bandingkan dengan camera 5mp jauh lebih bagusan yang 5mp

    1. Pak Embree,

      Apakah ini maksudnya setelah keluar dari service center, kamera di ponsel Anda jadi lebih buruk?

  23. Pak, sony xperia l saya jg muncul memori penuh terus. selalu muncul ruang penyimpanan tidak mencukupi dan ada gambar disk plus tanda (!) di dasbor atas….sy cek di penyimpanan internal pakai kabel data lwt laptop, di file DCIM>.thumbnail>ada 2 file, tp bukan file foto dg memori lbh dr 1 giga. Sdh sy coba hapus, tp blm juga sehari filex muncul lg. Kalo sdh gt, gambar disk plus tanda (!) pasti muncul lg.. Apa itu virus??
    Gimana ngatasinya ya pak…?

    1. Bu Galuh Arsanti,

      Saya menduga bukan virus, melainkan lantaran device memory Anda hampir penuh.

      Memori internal Xperia L dibagi dua: device memory dan internal storage. Biarpun internal storage masih sangat banyak, kalau device memory tinggal sedikit, bakal muncul peringatan seperti yang Anda sebutkan. Solusinya, hapuslah sebagian aplikasi atau pindahkan sebagian file.

  24. hp xperia L saya sering tiba-tiba restart sendiri, bahkan sesekali mati total. lalu sd card seringkali ke-remove sendiri, bagaimana cara memperbaikinya? apa dengan back up & restart akan membantu?

    1. Pak Dipo,

      Cara memperbaikinya dengan membawa ponsel itu ke pusat perbaikan resmi Sony.

      Restart seharusnya takkan membantu. Kalau masih mau coba sendiri, coba lakukan factory reset.

  25. Pak penyimpanan internal sya penuh 100%..trus klo mau menghapus takutnya keliru data yg dihapus dan terjadi kesalahan,, cara yg benar nya gimana pk. Mohon ininfonya,,

    1. Bu Ayu Wulandari,

      Paling enak sih sambungkan ponsel ke laptop/PC. Buka via Windows Explorer, kemudian telusuri satu per satu folder yang ada. Pindahkan file yang diperlukan. Hapuslah yang tidak dibutuhkan.

  26. Pak mau tanya, device sony xperia L saya sudah penuh dan selalu muncul peringatan storage full. sementara internal memory saya masih free 2gb lebih. diatas saya sempat baca bapak bilang pindahkan saja datanya. caranya bagaimana ya pak? krn semua aplikasi yg bisa dipindahkan ke internal sudah saya pindahkan dan tersisa aplikasi yg benar2 penting utk saya dan saya masih ingin mendownload bbrp aplikasi lagi.
    terima kasih sebelumnya atas kesediaannya membalas pertanyaan saya

    1. Bu Irin,

      Paling enak begini:
      1. Hubungkan ponsel dengan PC/laptop via kabel data. Pindahkan file-file multimedia ke kartu microSD. Aplikasi idealnya tetap berada di device memory.

      2. Sudah? Sekarang ada dua pilihan untuk membersihkan “file sampah”. Pertama, lakukan factory reset. Ponsel akan kembali segar, tetapi Anda harus mengunduh dan menginstalasikan ulang aplikasi. Kedua, unduh aplikasi Clean Master dari Play Store dan jalankan. Anda tidak perlu menginstalasikan ulang aplikasi. Namun, ponsel tidak “sesegar” kalau Anda melakukan langkah pertama.

      Satu hal yang perlu disadari, kapasitas memori Xperia L memang terbatas. Untuk ukuran masa kini sudah tergolong kecil. Jadi, instalasikan aplikasi tambahan yang benar-benar diperlukan saja.

  27. apakah saya harus ganti kamera jika kamera experia L saya selalu “galat “kamera tidak tersedia”
    padahal sudah saya reset

    saya juga sempat dapat info kalo kamera experia-L selalu bermasalah

    mohon petunjuk nya bapak

    1. Pak Dody,

      Kalau membaca cerita Anda, kemungkinan modul kamera ponsel Anda rusak. Jadi, yang rusak hardware-nya. Untuk memastikannya, silakan membawa ponsel itu ke pusat perbaikan resmi Sony.

  28. Sony xperia L saya selalu bermasalah, sekarang ini suaranya ampun kecil banget, sebelumnya sudah pernah seperti itu, saya factory reset, besar lagi, cuma tahan sekian hari, habis itu kecil lagi..duh, ni hp bermasalah terus..kalau dijual berapa ya harga nya? Hp apa yg recomended ya di bujet setingkat xperia L?

    1. Bu/Pak Maisah,

      Perkiraan saya Xperia L itu bisa dijual di kisaran harga Rp 700 ribu.

      Di kisaran harga Rp 700 ribuan, yang boleh dilirik Acer Liquid Z205. Harga resminya Rp 799 ribu.

  29. Kalo Xperia L suaranya tiba-tiba mengecil itu kenapa? Saya khawatir sma ponsel saya. Terimakasih

    1. Pak/Bu Jihan Maulidina,

      Maaf, lain kali pertanyaan yang sama cukup dikirimkan satu kali. Kali ini masuk dua kali lho.

      Penyebab pastinya tak bisa saya pastikan. Lebih baik Anda membawa ponsel tersebut ke pusat perbaikan resmi. Teknisi di sana dapat mengeceknya.

  30. Kalo Xperia L itu suaranya tiba-tiba mengecil itu kenapa? Sata khawatir sama ponsel saya. Terimakssih

  31. pak gimana cara mengatasi flash kamera tidak mau nyala dan kamera depannya gelap ??? makasihhhh sebelumnya

    1. Pak Ichul,

      Lakukan factory reset dulu, kemudian bawalah ponsel Anda ke pusat perbaikan resmi Sony. Kalau factory reset ternyata sudah menyelesaikan masalah, Anda tak perlu ke service center.

  32. Mas, katanya sony XL kameranya kameranya bagus. Tapi punya saya kok jelek baanget ya mas? terus memori internalnya selalu penuh (picture) sudah saya sambungkan ke pc terus saya hapus tuhumbnaiilnya kadang bisa langsing free tapi beberapa menit keemudian sudah penuh lagi terus saya coba pqsabg lagi di pc tapi file thumbnailsnya tidak ada.

    1. Bu Fitrining,

      Sony XL? Itu tipe ponsel ya? *bingung*

      Lho, yang dihapus jangan thumbnail-nya saja. Pindahkan foto-fotonya ke laptop/PC, kemudian hapuslah foto-foto di ponsel. Kalau yang dihapus cuma thumbnail-nya, ya sebentar saja bakal penuh lagi.

  33. Mas, ada caranya ga supaya device memory-nya yang 1,5gb itu dilapangkan? Soalnya mau instal app lain jadi tidak muat, padahal aku cuma instal beberapa app doang

    1. Pak Keke,

      Standarnya device memory yang 1,5 GB itu tak bisa diutak-atik. Secara berkala hapuslah file dan aplikasi yang tidak dibutuhkan.

      Alternatif lain, mencari jalan untuk menggabungkan dua partisi memori di ponsel itu. Pasti dibutuhkan kemampuan teknis yang memadai untuk melakukannya. Anda juga harus siap dengan risiko ponsel mati total. Saya sendiri tak mengetahui langkah-langkah detailnya.

  34. Maaf pak herry xperia L saya tiba tiba mati walupun bisa dihidupkan lagi jadi ribet harus menghidupkan berulang ulang. Saat men charger baterai tak terisi penuh, hanya 81%. Mohon solusinya.

    1. Bu Listiyani,

      Coba buka penutup baterai ponsel Anda. Perhatikan posisi baterai saat terpasang di ponsel. Goyang-goyangkan ponsel. Apakah baterai terlihat bergerak? Kalau iya, mungkin Anda perlu memberikan pengganjal di sela-sela baterai dan penutup baterai.

      Seandainya sudah diganjal, tetapi ponsel tetap tiba-tiba mati, berarti Anda perlu membawa ponsel itu ke pusat perbaikan resmi Sony atau tempat servis independen.

  35. masalah di xperia L adalah muncul x file pada direktori sdcard0/DCIM/.thumbnails/.thumbdata3–bla bla bla (file ini)
    file (.thumbdata3–bla bla bla) ini jumlah nya bisa bertambah setiap hari (file yang aku miliki 1.6 GB) seiring dengan dibukanya aplikasi kamera, foto, video dan aplikasi pembuka multimedia yg lain.
    sudah beberapa kali menghapusnya namun file akan kembali lagi, mohon kasih solusinya pak, karena file dengan ukuran segitu cukup menguras memori internal
    terimakasih.

    1. Pak Yaya,

      Aktivitas tersebut memang akan meng-generate thumbnail. Solusinya, kalau enggan rajin menghapus thumbnail, pindahkan file multimedia yang jarang diakses ke laptop/PC.

      Wow… ukuran file thumbnail-nya kok besar sekali? Apakah file multimedia Anda ada banyak?

  36. pak herry sama mau nnya apakah untuk mengisi beterai sony xperia L harus menggunakan charger bawaan supaya bisa terisi penuh?
    soalnya saat pakai charger hp merk lain stop di angka 30% pak, padahal udah nge-cas seharian.
    dan masalah output charger nya yg beda apakah ada pengaruh pak?
    di baterai hp sony tertulis masukan 4.2 Volt, sedangkan charger yg saya pakai keluaran nya 5.0 Volt pak.
    apakah ada efek pada baterai untuk jangka panjang pak??
    mohon pencerahan nya

    1. Pak Jhonson,

      Boleh memakai charger lain kok. Gunakan charger berkualitas bagus dan memiliki output 1A.

      Yang perlu Anda lihat adalah voltase charger, bukan yang tertulis di baterai. Charger ponsel biasanya 5 atau 5,1 volt. Asalkan charger yang dipakai berkualitas bagus, biarpun bukan charger bawaan, takkan berdampak negatif terhadap ponsel.

  37. Malam. Hp sony xperia l saya selalu penuh internal storage nya. Disitu terlihat penuh karena photo dan video yg mencapai 3,68GB, padahal photo sudah saya pindah ke sd card dan sebagian saya hapus tapi tidak berkurang datanya

    1. Bu Tyas,

      Mungkinkah ada data tambahan lain dari aplikasi yang Anda gunakan? Kalau mau dibersihkan tuntas, lakukan factory reset saja deh.

  38. Pak Herry SW.
    saya mau nanya pak, kalau Kamera belakang Sony Xperia L keluar tulisan “Sayangnya kamera telah Berhenti” itu kenapa ya Pak?
    Sudah di reset dan di flash jg ttp saja keluar tulisan seperti itu.
    Kira” problemnya apakah pada Hardware? Dan apakah itu masih bisa Diperbaiki?
    Mohon responnya.
    Terima Kasih.

    1. Bang Bro,

      Kalau sudah di-reset dan di-flash, tetapi kamera tetap ngadat, amat mungkin modul kameranya rusak. Bisa diperbaiki dengan cara mengganti modul kameranya di pusat perbaikan resmi.

  39. Pak Herry SW

    kamera belakang saya nggak ke deteksi, kalo buka kamera langsung ke kamera depan tidak ada navigasi untuk pindah ke kamera depan. udah diflash tapi tetep nggk ada kamera belakangnya. kira” masalahnya apa pak?
    mohon bantuannya.
    terima kasib

    1. Pak Ichsan,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di ujung kanan blog, pada 21-24 Maret 2016 saya berada di luar kota dan tak sempat menjawab pertanyaan/komentar masuk.

      Silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi.

  40. Pak hery , maaf saya mw tanya kalo xperia L itu lemot gk ia ?? Soalnya saya bingung antara samsung j1 ace sama xperia L Bagus mana ?

    1. Pak Irwan,

      Untuk ukuran saat ini sih tergolong lemot.

      Hmm… sama-sama nggak bagus sih. Boleh tahu anggaran Anda berapa dan kebutuhan utamanya apa saja?

  41. Pa knpa ya xperia L saya bluetooth sama wifi nya ga jalan padahal posisi stockrom nah kalau diperbarui system malah ngeblank

  42. saya mau tanya pak. Xperia L saya kalo terima tlp harus pake loadspeker, muter musik tdk ada suara nya, tp kalo nada dering dan alarm bunyi pak. itu yg bermasalah apa nya ya pak?. dan solusi nya bgai mana?.

    1. Pak Mabruri,

      Hmmm… coba lakukan factory reset deh. Kalau masalah serupa tetap muncul, bawalah ponsel itu ke tempat servis. Kemungkinan ada masalah hardware.

  43. pak,xperia L saya kalo ngecas dari 0-90 tu 1-2 jam an ,kalo 95-100 bisa 1 jam lebih tu kenapa ya , sama kalo ngecas sammbil buat on data paasti langsung 100% ,kalo dicopot balik ke indikator normal lagi.. mohon balasanya

    1. Pak Ridhwan Noanarki,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Saya langsung ke poin kedua ya. Jadi, bila ponsel di-charge dalam kondisi menyala, indikator baterai langsung lompat ke 100%? Kalau iya, sepertinya baterai ponsel Anda sudah mulai rusak.

      Sedikit informasi tambahan nih. Anggaplah daya baterai ponsel tinggal sepuluh persen. Ponsel lalu Anda matikan dan hubungkan dengan charger. Awalnya proses pengisian ulang baterai akan cepat. Semakin banyak daya yang sudah masuk ke baterai, semakin lambat pula kecepatan proses charging.

      Bayangkan saja begini. Ketika daya baterai kurang dari 30 persen, proses charging berlangsung dengan kecepatan 100 km/jam. Saat daya baterai terisi 60 persen, proses charging tidak ngebut lagi. Kecepatannya turun jadi 50 km/jam. Berikutnya, kala daya baterai sudah terisi 90 persen, kecepatan proses charging semakin turun menjadi 15 km/jam saja.

  44. oalah begitu to pak ini kemaren barusan daoet batre ori 30 ribu masih baru.,hehe ada orang butuh duit,batre awet 2 hari n kalo d cas saambil on uda gak loncat 100% ,tapi soap charging yg 95-100 ttep butuh waktu 45 menit an lah hehe ,makasih ya pak

    1. Pak Ridhwan,

      Baterai orisinal Rp 30 ribu? Biarpun pemiliknya butuh duit, saya kok ragu itu benar-benar orisinal ya.

      1. Bener asli kok pak.. Sudah saya cek ,itu emang orangnya punya xperia L ,tpi udah d jual ,sama sodaranya d kasi ,tapi ho udah laku.. Akkhire d tawari d grup online 50 rbu dapet ori sony n abal2 ,akhirnya saya tawar 25 ,nett dapet 30 hehe..

          1. Hia pak ,katanya drpda gak kepake ,hape juga gapunya ,mending d jual saja , hehe , thanks atas respon nya ,sukses slalu pak .. Kapan2 maen ke rumah saya d magelang hehe (Y)

    1. Pak Akhmad,

      Anda menggunakan menu berbahasa Indonesia? “Galat kamera tidak tersedia” dapat dimaknakan sebagai ponsel tidak mengenali adanya kamera di ponsel itu. Jadi, kemungkinan telah terjadi kerusakan hardware.

      Kalau mau untung-untungan, toh Anda sebaiknya juga melakukan hal ini saat akan membawa ponsel itu ke tempat servis, coba lakukan factory reset.

  45. untuk semua, jangan pernahh beli sony xperia L ini, krna bakal menyesal. dengan trouble2 yang ada di DALAMNYA

  46. oya saya mau nnyak ne gan.
    pngaturan signal hp sony xperia sya, klw di gnti wcdma kok malah gk dpat signal ny, padahal uda pkek paket internet yg bagus, ud di coba k hp yg lain signal ny lncar bget kok. tpi giliran d msukkn pket internet k hp sony sya, cma dpt jringan edge.
    gmna solusi ny y.

    1. Pak Ihsan,

      Kita nantikan jawaban dari Gan ya. Namun, setahu saya, di sini tidak ada Gan. Pertanyaan yang disingkat-singkat biasanya juga tidak dijawab.

  47. ternyata masalah di HP Sony Xperia L penuh memory… tapi sampai saat ini saya masih bangga dengan HP Sony Xperia L ini wlaupun sudah jalan 3thun dan memory always full..hahaha… tp saya masih bingung dan takut jika factory resetnya ada kesalahan…apa ada dampaknya jika kesalahan gitu? mohon dijawab…terimakasih.. πŸ™‚

    1. Pak Ferdin Lukkdiawan,

      Tampilan layar saat pengguna akan melakukan factory reset sangat jelas. Jadi, seharusnya takkan terjadi kesalahan. Kalaupun ada kesalahan, paling-paling ponsel gagal di-factory reset. Itu saja sih.

  48. mas, xperia L memang susah ya kalau utk foto mode makro / fokus dekat. Punya saya selalu rabun dekat jika ingin fokus dekat. apa ada pengaturan tertentu?

  49. Pak, saya mau tanya , kamera sony xperia L saya kalau sedang keadaan recording di posisi gelap selalu kedip kedip terang gelap dan patah patah untuk solusinya bagaimana ya ? terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *