Review Sony Xperia M2 Aqua: Ponsel Tahan Air Sekaligus LTE Termurah

Kata aqua berarti air atau yang berhubungan dengan cairan. Misalnya, akuarium. Ada pula air minum dalam kemasan yang mayoritas menyelipkan kata aqua sebagai merek. Salah satu cat pelapis antibocor terkemuka juga bernama Aquaproof. Lagi-lagi mengandung kata aqua.

Kalau kemudian ada ponsel bernama lengkap Sony Xperia M2 Aqua, bakal sangat janggal bila ponsel itu ternyata takut air. Untunglah kenyataannya tidak demikian. Xperia M2 Aqua adalah ponsel tahan air. Ia juga kompatibel dengan layanan LTE aneka operator GSM di Indonesia.

M2 Aqua-1

Xperia M2 Aqua telah memenuhi standar IP68. Ponsel dengan rating seperti itu berarti tahan terhadap debu maupun air. Ia boleh direndam air dengan kedalaman 1,5 meter selama maksimal 30 menit. Dalam aktivitas sehari-hari, sertifikasi IP68 setidaknya membuat penulis tak khawatir memakai ponsel itu dalam kondisi basah. Bodi kotor? Ya tinggal dicuci. Hujan? Cuek saja. Tak perlu bingung mencari kantong plastik.

Sebelum membiarkan Xperia M2 Aqua bercengkerama dengan air, penulis tentu harus memastikan semua penutup konektor ponsel telah terpasang sempurna. Perhatikan konektor micro USB di sisi kiri ponsel, konektor handsfree berkabel di atas, dan selot micro SD maupun selot micro SIM di sisi kanan. Sebab, satu saja kurang rapat, peluang air menerobos masuk ke dalam bodi akan terbuka lebar.

Kompatibilitas dengan layanan LTE operator GSM di Indonesia menjadi nilai jual tambahan Xperia M2 Aqua. Ponsel itu mendukung layanan LTE di frekuensi 900 dan 1.800 MHz. Hal tersebut bermakna ia siap dipakai menikmati layanan LTE Telkomsel, XL, Indosat, dan kelak Tri.

Selama menguji pakai Xperia M2 Aqua, penulis sempat memasangkan kartu USIM Telkomsel dan XL. Hasilnya, sinyal LTE sukses muncul di layar. Penulis pun berhasil berinternet dengan kecepatan sampai 20-an Mbps. Di atas kertas, Xperia M2 Aqua sebenarnya siap menemani pengguna mengebut hingga 150 Mbps. Namun, operator LTE di sini yang belum siap.

M2 Aqua-17

Bagaimana bila sedang berada di luar area layanan LTE? Ponsel otomatis akan beralih ke jaringan yang lebih rendah, baik 3G maupun 2G. Pengguna selanjutnya dapat berinternet via layanan HSPA, EDGE, maupun GPRS.

Ponsel berukuran 140 x 72 x 8,6 milimeter dan berat 149 gram itu memanfaatkan layar IPS 4,8 inci. Resolusinya 540 x 960 piksel. Bila tidak diukur, pengguna amat mungkin menduga Xperia M2 Aqua berlayar lima inci. Sebab, sensasi menggenggam ponsel tersebut serasa memegang ponsel berlayar lima inci.

Kamera utama ponsel dilengkapi fokus otomatis dan lampu kilat. Kemampuan maksimalnya menghasilkan foto delapan megapiksel dan klip video full HD 1080p. Sedangkan kamera depan Xperia M2 Aqua hanya sanggup memproduksi foto dan video beresolusi masing-masing VGA.

Spesifikasi lain ponsel single SIM itu, di antaranya, prosesor empat inti (quad core) Qualcomm Snapdragon 400 MSM8926-2 dengan kecepatan 1,2 GHz, Wi-Fi, bluetooth, GPS, dan NFC. Ada pula radio FM dan mesin penjawab panggilan telepon (answering machine). Sumber tenaga ponsel berasal dari baterai tanam berkapasitas 2.330 mAh.

M2 Aqua-2

Memori Xperia M2 meliputi RAM 1 GB dan ROM 8 GB. Memori internal ponsel hanya terdiri atas satu partisi. Saat ponsel kali pertama diaktifkan, sisa memori internal sebesar 4,4 GB. Kala kapasitas memori internal dirasa kurang besar, pengguna tinggal menyelipkan kartu microSD ke selot yang tersedia. Kemampuan USB On-The-Go ponsel bersistem operasi Android 4.4.2 KitKat itu juga boleh dioptimalkan.

Saat ini Xperia M2 Aqua dibanderol Rp 3,499 juta. Kalau Anda mencari ponsel tahan air sekaligus ponsel LTE, ponsel itu boleh Anda pilih. Ia merupakan pilihan termurah yang sekarang tersedia di pasar.

Namun, bila Anda mengidamkan ponsel tahan air dengan performa kamera jempolan, melirik ponsel lain tampaknya lebih bijak. Apalagi, bila Anda termasuk penggemar selfie. Silakan memilih Sony Xperia tipe lain. Misalnya, sisa-sisa stok Xperia Z LTE, Xperia Z1, dan Xperia Z1 Compact. Anda juga boleh mempertimbangkan Samsung Galaxy S5. Tentu Anda harus menyiapkan anggaran tambahan.

***

Contoh foto yang dihasilkan kamera Xperia M2 Aqua.

M2 Aqua-3

M2 Aqua-4

M2 Aqua-5

M2 Aqua-6

M2 Aqua-7

M2 Aqua-8

M2 Aqua-9

M2 Aqua-10

M2 Aqua-11

M2 Aqua-12

M2 Aqua-13

M2 Aqua-14

M2 Aqua-15

Satu foto berikut ini dijepret menggunakan kamera depan.

M2 Aqua-16

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

M2 Aqua-18

M2 Aqua-19

M2 Aqua-20

 

90 thoughts to “Review Sony Xperia M2 Aqua: Ponsel Tahan Air Sekaligus LTE Termurah”

  1. Foto yang dihasilkan sepertinya jauh lebih bagus ya dari m2 biasa ya ko herry r terutama warna yg dihasilkan

    1. Pak Qashmal,

      M2 biasa itu yang mana ya? Kalau dibandingkan dengan Xperia M2 dual, menurut saya, hasil foto Xperia M2 Aqua relatif sama deh.

    1. Pak @halloarie,

      Saya memang sengaja tidak memotretnya. Lha kurang elok. Masak mau menampilkan foto bak mandi dan isi bak mandi. 🙂

  2. Kayaknya nanggung banget klo skrg ambil M2 Aqua, sebentar lg kan mau hadir M4 Aqua dgn spesifikasi yg lbh baik. Tapi tentunya hrganya pasti diatas M2 Aqua… wkwwkwkwkwk

  3. Siapa tau kayak dulu, kan dulu pernah nyoba tes hape nya dicemplungin aquarium. Atau foto waktu M2 aqua nya lagi dibilas di wastafel, hehehe…

    1. Pak @halloarie,

      Oh yang dulu itu pinjam akuariumnya teman. Wah, di wastafel mestinya boleh juga ya. Masalahnya, sekarang saya sudah berpisah dengan M2 Aqua.

  4. Maaf koh oot…mau nanya tempat dmana bisa beli hp xiaomi redmi note yg garansi resmi di surabaya dimana yaa….saya baru masuk surabaya sudah keliling-keliling seputaran wtc,itc, tapi kok katanya sudah tidak ada yg jual, kalau ada mohon info dan contact personnya…..terima kasih

    1. Pak/Bu Yusmin,

      Saya belum pernah iseng keluar masuk toko di WTC mulai dari lantai 1 hingga 5. Beberapa toko yang sempat saya lihat punya stok Redmi Note bergaransi resmi, terakhir sudah mengaku kehabisan stok. Entah toko lain.

      Kalau ITC saya sangat jarang ke sana. Terakhir kira-kira dua tahun lalu deh.

      Coba berburu dengan lebih rajin di WTC dan Plasa Marina.

  5. Maaf koh oot. Mau nanya tempat atau toko yg menjual hp xiaomi redmi note di kota surabaya dimana yaa ? Saya sudah keliling-keliling di pusat-pusat penjualan hp tapi hasilnya nihil, kalau ad mohon lokasu atau contact personnya….terima kasih

    1. Pak/Bu Yusmin,

      Lho… kok ada pertanyaan yang sama lagi. Lain kali Anda cukup mengirimkan pertanyaan satu kali. Tak usah diulang-ulang ya.

  6. Maaf koh oot. Mau nanya tempat atau toko yg menjual hp xiaomi redmi note di kota surabaya dimana yaa ? Saya sudah keliling-keliling di pusat-pusat penjualan hp tapi hasilnya nihil, kalau ad mohon lokasu atau contact personnya….terima kasih

  7. Pak Herry,

    sayangnya status tahan air M2 Aqua masih ada syaratnya ya pak, penutup micro usb dkk harus terpasang rapat.
    Padahal untuk yang sering digunakan semacam micro usb atau handsfree bisa jadi lama kelamaan penutup tidak lagi terpasang rapat (atau malah copot)

    1. Pak Aditia,

      Ya, konektor harus tertutup rapat. Kalau di seri Z, konektor audio/handsfree sudah boleh dibiarkan terbuka.

      Di ponsel generasi berikutnya, seingat saya Xperia M4 Aqua, konektor handsfree dan micro USB konon sudah boleh dibiarkan terbuka.

  8. ya koh herry sttus M4 aqua udah minthip2 kyk bisul mau pecah… hehehehe. klo liat di situs dirjenpostel sttus trakhir M4 aqua udah udah SP2, mestinya ga bakalan lama lg bisa pre-order/launching. yg saya suka ya M4 aqua skrg udah ga pake flap penutup utk port USB-nya, jdi lbh aman dan ga resiko jadi kiwir2 (halah bosoe opo iki… wkwkwk) penutupnya klo keseringan buka pasang pas cas.

    1. Pak Amaris,

      Xperia M2 Aqua itu ponsel tahan sekaligus LTE termurah. Kalau LTE termurah saja, ada Polytron Zap 5 yang harga barunya Rp 1,099 juta.

  9. Pak herry itu di hasil foto kamera ada hp lenovo, kira2 lenovo apa tuh? klo dilihat dari tampangnya mirip lenovo P70 ya, apa mau di review?

    1. Pak Rudi Ismayadi,

      Oh, penampakan fisiknya mirip Lenovo P70 ya. Itu memang P70 kok. 🙂 Ya, kelak saya akan me-review-nya.

  10. Om HSW, Maaf OOT, om lenovo P70nya beli dimana?
    Saya coba cari di WTC blm ada yang jual
    Kapan Om HSW review Lenovo P70 nya? (Kapan om Lenovonya P70 di jual?)
    Memikat hati karena bye bye Powerbank dan Stopkontak listrik 🙂

    1. Pak JW, SH,

      Lenovo P70 seharusnya baru akan tersedia di pasar pada minggu ketiga atau minggu keempat April 2015. Semoga saja tidak molor lagi.

      P70 yang saya coba bukan barang dari Indonesia, melainkan dari luar negeri. Di Malaysia dan beberapa negara lain sudah beredar kok. Kapan di-review? Masih antre.

  11. Pak Herry,

    Maaf OOT, untuk budget 2jt kebawah apa ada rekomendasi? terutama dari kemampuan install banyak aplikasi socmed (wa/line/bbm/dll) dan juga dari kemampuan kamera depannya, sekalian beli onlinenya yg rekomended dmn ya pak?

    Satu lagi, untuk xiaomi mi4 & oneplus one, menurut pak herry bagus mana ya? selain 2 hp itu apa ada hp lain dg kemampuan overall yg sama/lebih di budget 5jt kbawah, dan juga tempat beli onlinenya hehe

    Trims pak Herry

    1. Pak Wisnu,

      * Jawaban pertanyaan 1: dengan kriteria seperti itu, saya tak berani memberikan rekomendasi ponsel apa pun. Idealnya Anda meminang ponsel yang tergolong high end/flagship. Namun, anggaran tentu harus ditambah.

      * Jawaban pertanyaan 2: Saya belum pernah coba OnePlus One. Jadi, belum tahu lebih bagus mana. Alternatif lain adalah LG G2 dan Nexus 5. Coba cari di Erafone.com.

      Lenovo P70 mestinya juga boleh dipertimbangkan. Namun, di Indonesia ponsel itu masih dalam tahap pre-order.

  12. Berarti keunggulannya cuma kemampuan tahan airnya dan LTE ya pak… Kamera standar 😀 Saya nunggu review P70 saja, spesifikasi gahar dengan harga yang lebih murah… Barang kali kameranya juga mantap 😀

  13. Pak Herry, apa M2 Aqua ini mempunyai penyakit yang sama dengan Z serie? penyakit suka mencet2 sendiri kalo tangannya basah sedikit. Tq

    1. Pak Adit,

      Saat tangan saya berkeringat, layar sentuh masih bisa dioperasikan dengan baik.

      Kalau tangan saya basah kuyup, anggaplah usai cuci tangan dan belum dilap, saya tak pernah mencobanya.

  14. Pak herry maaf OOT. mau tanya tentang sony xperia E4. apa pak herry pernah melihat dan megang hp tersebut, apa menurut bapak hp tersebut recomend untuk dibeli?

  15. Pak Herry,maaf jadi pengen nanya tentang lenovo p70-nya (meskipun diluar topik) 🙂
    Lenovo p70 itu kalo lihat band-nya tidak ada yg 900 MHz (speknya 800 MHz), berarti tidak bisa dipake utk menikmati lte 900 MHz-nya telkomsel donk ya? Thx

    1. Pak Fahmi,

      Benar, P70 tidak mendukung LTE 900. Anda saat ini tidak bisa memadukannya dengan layanan LTE Telkomsel. Kalau kelak proses penataan ulang frekuensi 1800 sudah selesai, Anda baru berpeluang merasakan LTE Telkomsel via P70.

  16. Oh begitu ya.. menurut bapak gimana kesan2ny memegang sony xperia dari fisik, tampilan layar terus kegegasnya apa cukup baik?

    1. Pak Rudi Ismayadi,

      Ini maksudnya Xperia E4 kan? Fisik enak digenggam. Tampilan layar nggak terlalu halus karena resolusi rendah di layar besar. Kegegasan cukup baik.

  17. iya bener Xperia E4 hehehe…
    makasih pak atas jawabannya,, jadi dilema nih milih antara Lenovo A6000, Xiaomi Redmi 2 sama Sony Xperia E4 menurut bapak dari ketiga hp tersebut mana nih yg lebih ok? apa bapak punya rekomendasi hp lain dari kisaran harga 2juta pas?

    1. Pak Rudi Ismayadi,

      Saya belum pernah menguji pakai Lenovo A6000 dan Sony Xperia E4 (ini baru towel-towel). Jadi, belum tahu mana yang lebih oke.

      Kalau Redmi 2 saya hampir tuntas menguji pakai. Ponsel itu layak beli.

  18. Pak heri yang baik…boleh minta saran? Sy sedang mencari hp dengan spesifikasi layar 4,3-4,8 inchi.kamera depan 2 mp.boleh minta saran kira2 hp apa yg bagus? Condong ke merek samsung,sony atau oppo ,thanks

  19. Pak mau minta saran. Sy lagi nyari hp yg tahan air. no idea sy mesti beli yg mana. Yg penting tahan air, tahan banting, layarnya nyari yg dibawah 5 inch. Sy ga mau samsung, ga suka. Sy kepikirannya antara sony z1 compact sama z3 compact. Yg series aqua, sy ga nemu m2 aqua. sy cari ditoko disini cuma ada m4 aqua, dengan harga yg sama kayak z1c tp kyknya layar sama kameranya bagusan z1c, sy belum ngepoin m4 aqua sih. Menurut bapak gimana ya? Sy kepo di gsm arena dan malah bingung z1c atau z3c.
    Budget masih bisa kompromi sih.

    Terima kasih banyak pak ????

    1. Bu Hanny,

      Definisi tahan banting di pertanyaan Anda itu seperti apa ya? Kalau boleh dilempar-lempar, berarti Sony Xperia Z1 Compact, Xperia Z3 Compact, maupun Xperia M4 Aqua belum memenuhi syarat.

      Anggaplah kriterianya saat ini tahan air dan ukuran layar kurang dari lima inci ya? Trus, pilihannya Xperia Z1 Compact, Xperia Z3 Compact, Xperia M2 Aqua, dan Xperia M4 Aqua.

      Pilih yang mana? Khusus Xperia M4 Aqua saya belum bisa berkomentar. Lha sekadar menyentuh pun belum pernah. Tersisa tiga tipe ponsel. Tanpa melihat harga, saya akan memilih Xperia Z3 Compact. Sebab, kameranya lebih bagus, daya tahan baterai juga lebih mantap.

  20. Pak maaf dopost. Sy baru ngepoin m4 aqua. Kok keren ya? Jadi galau antara z3c, z1c, atau m4aqua. Lumayan bedanya 120€ soalnya, hehe.
    kemarin pas nyoba di tokonya sy ignore m4aqua karena internalnya cuma 8GB, tp pas diliat speknya, sepertinya menjanjikan juga.
    Di indo kapan ya pak release dan direview sama bapak? Mau nunggu perbandingannya sama z3c.
    disini m4 aqua udah available dari minggu kemarin sepertinya, lupa. semoga di indonesia segera keluar dan segera direview sama bapak ????

    1. Bu Hanny,

      Saya sekarang jadi penasaran. Anda di negara mana tho?

      Xperia M4 Aqua belum tersedia di Indonesia. Peminat masih harus bersabar minimal satu bulan lagi. Saya belum tahu ponsel itu layak beli atau tidak. Lha belum pernah uji pakai.

  21. Haha aduh maaf kalo gak jelas pak. hmmm yg gak gampang ngehang ato rusak pas kebanting sih. Kmren 5s tmn sy padahal cuma jatoh pas mau masukin ke kantong dalam posisi lurus dan layarnya di pojok kiri bawah langsung retak gitu. Serem aja kan kalo beli mahal2 tapi fragile gitu.

    Sy di jerman pak. Di saturn sama mediamarkt m4 aqua udah available. Sy jadi galau antara m4 aqua dan z3c.

    1. Bu Hanny,

      Oh Anda di Jerman tho. Kalau untuk jatuh-jatuhan, saya menduga M4 Aqua lebih kuat. Namun, ingat ya, ponsel itu sebenarnya bukan dirancang buat dibanting-banting.

  22. Mau tanya om, kalo dilihat dari spek mendingan pilih asus zenfone 2 32GB atau sony experia M4 aqua (perkiraan harga sama rp. 4 jutaan)? Nuhun…

    1. Pak Rahmat,

      He… he… tidak tahu. Lha saya belum pernah coba. Xperia M4 Aqua malahan belum beredar di sini, baik resmi atau non-resmi.

  23. kecewa..padahal saya bertanya kpd penjualnya katanya sdh mendukung LTE…trims pak Herry atas infonya…

  24. belum pak…baru rencana meski belum ada jaringan LTE d daerah saya pak…menurut bapak smartphone apa yang bagus dengan kemampuan LTE dgn budget hampir sama dengan samsung galaxy A3?

    1. Pak Adam,

      Kalau saat ini, mending beli Redmi 2 bergaransi resmi dengan harga Rp 1,6 juta. Sisanya bisa ditabung untuk kebutuhan lain.

    1. Pak Mpie,

      Saya belum pernah menguji pakai G3 Beat.

      Kalau Xperia M2 Aqua versus G3 Stylus, saya lebih memilih Xperia M2 Aqua.

  25. Dear pak Herry,
    Xperia M2 Aqua bisa mindahin apps ke SD Card tanpa di root gak? Calon buyer nih 😀 Apalagi sekarang udah diharga 2.8 juta + Upgradable to Lollipop 5.1

    1. Pak Dicky Dewantara,

      Saya tidak mencoba memindahkan aplikasi ke kartu microSD. Seharusnya tidak bisa. Aplikasi tambahan idealnya disimpan di memori internal.

  26. Ah tidak apa-apalah, mengingat free space yang 4GBan masih cukup buat install socmed apps. Dan bagaimana keluaran audionya jika dibandingkan dengan Zenfone 2 yang pernah anda review? Soalnya ponsel saya sekarang adalah Zenfone 2 16/2GB 🙂

    1. Pak Dicky Dewantara,

      Suara yang dikeluarkan Zenfone 2, seingat saya, lebih keras daripada Xperia M2 Aqua.

  27. Pak maaf kalo mungkin pertanyaan di ulang lg
    Apakah ketahanan tutup port nya kuat pak ? Misal kalo dipake buka tutup charger gitu apa ndak pengaruh nanti kalo misal masuk air

    1. Pak Wikan,

      Asalkan dibuka tutup dengan tidak kasar, mestinya tahan. Entah kalau sudah 1,5 tahun atau 2 tahun ya. Saya belum pernah coba selama itu.

      Btw, konektor charger Sony Xperia Z3+ tidak lagi dibekali penutup. Konektor itu terbuka, tetapi mampu menghadang air.

  28. Pak herry, gimana dengan daya tahan batre m2 aqua ya? Apakah awet?

    Dan juga bisa rekomendasikan smartphone 2.5 juta kebawah? Saya mementingkan audionya nih. Soalnya saya suka dengerin musik. Yang audionya mantap ya pak hehe. Makasih

    1. Bu Shelina,

      Bagaimanakah definisi awet versi Anda? Kalau tahan mulai pagi hingga petang atau malam, amat mungkin masih bisa. Namun, kalau Anda menganggap awet itu berarti baterainya tahan dua hari, Xperia M2 Aqua tidak memenuhi syarat.

      Yang audionya bagus? Hmm… apa ya. Saya bukan pengguna bertelinga emas. Khawatirnya “telinga” saya tidak sesuai dengan standar Anda.

  29. Saya sih make buat ngampus dari jam 8 pagi dan biasa pulangnya jam 9 malam buat kerja paruh waktu. Sehari saja cukup lah hehe. Itu pemakaian yang awet sampai malam itu buat make apa aja pak?

    Kalo menurut anda pribadi handphone dengan keluaran audio yang bagus dgn budget 2.5 juta kebawah apa pak? Saya skrg pakai redmi 1s tapi layarnya pecah karena jatuh. Keluaran audionya bagus dan baterenya cukup hemat. Makasih ya pak ditunggu jawabannya

    1. Bu Shelina,

      Selama rentang waktu tersebut, ponsel biasanya Anda gunakan untuk apa saja? Kalau Anda sangat intensif chatting dan media sosial, ada kemungkinan baterai Xperia M2 Aqua tak bisa selama itu. Kalau hanya untuk email dan chatting ringan, mestinya lebih dari cukup.

      Ok. Kalau Anda pernah menggunakan Redmi 1S dan puas, berarti kini silakan membeli Redmi 2. Pastikan yang bergaransi resmi ya.

    1. Bu Shelina,

      Saya kan tidak mengetahui usia pengirim pertanyaan. Jadi, saya pakai kata sapaan baku Pak dan Bu. Itu pun kadang saya masih salah. Saya pikir cowok, eh ternyata cewek. Demikian sebaliknya.

  30. Malam pak herry (wah nama kita hampir sama, cuma beda huruf doang wkwk). Saya calon buyer antara M2 Aqua dan Lenovo P70. Saya mau tanya2 nih sama pak herry. Dijawab ya

    1. Xperia M2 Aqua mendukung usb otg tidak? Soalnya fitur ini sangat penting buat saya
    2. Kalau dibandingkan antara M2 Aqua dan P70 lebih enakan ambil mana pak? Ya saya tau P70 speknya jauh diatas M2 Aqua. Tapi yang saya khawatirkan apakah produk seperti ini gampang rusak? Dan service centernya juga bagaimana? Kalau setau saya sih keduanya sudah garansi tam. Apakah itu proses pengerjaan servisnya sama pada semua merek? Jika saya mementingkan kedua point diatas, mana yang sebaiknya saya pilih?

    Segitu saja pak herry. Makasih 🙂

    1. Pak Heri Sitepu,

      1. Saya lupa pastinya. Seingat saya bisa.

      2. Saya lebih suka P70. Kinerja umumnya lebih nendang daripada Xperia M2 Aqua. Service center dua merek itu, Sony dan Lenovo, sama-sama mengerikan. Kalau harus memilih, saya lebih memilih berurusan dengan service center resmi Sony daripada Lenovo.

      Garansi TAM nggak selalu bagus lho. Hal lain, TAM tidak selalu terlibat dalam layanan purna jual.

  31. Wah kedua service center itu sama2 ga bagus pak? Kirain udah beres karena garansi tam. Apa garansi tam itu lebih baik dari garansi sony atau lenovo?
    Nah jadi menurut bapak handphone 3 juta kebawah dengan spesifikasi oke (paling gak mirip M2 Aqua lah) dan juga pelayanan service center yang baik, bagusnya ambil apa ya? Selain samsung (dari jaman galaxy ace 1 sampai galaxy s4 saya make samsung terus. Bosan). Mungkin bisa jadi pertimbangan

    1. Pak Heri Sitepu,

      Ya, pusat perbaikan resmi Sony dan Lenovo sama-sama kurang bagus. Seandainya harus memilih, saya lebih memilih berurusan dengan pusat perbaikan resmi Sony.

      Garansi TAM apakah lebih baik daripada garansi Sony atau Lenovo? Temukan jawabannya di:
      http://ponselmu.com/jangan-lagi-mendewakan-stiker-tam-atau-garansi-tam/

      Kalau bicara service center bagus, berarti untuk sementara hanya bisa melirik LG, Samsung, dan Acer. Anggaran tak bisa ditambah ya? Kalau bisa ditambah jadi Rp 3,5 juta, silakan membeli LG G2. Sedangkan bila anggaran tidak dapat ditambah, silakan melirik Acer Liquid Jade. harga barunya Rp 1,999 juta.

      Wah, bagus deh kalau Anda sudah move on dari Samsung.

    1. Pak Heri Sitepu,

      Untuk ukuran sekarang sudah bisa dikategorikan mulai ketinggalan. Namun, masih ada poin tertentu yang membuat ponsel itu menarik.

      * LG G2 Mini: kalau cari ponsel berukuran cukup kecil yang kameranya bagus. Trus, ponsel itu bisa difungsikan sebagai remote control TV.

      * Moto G: kalau ingin cari ponsel yang nggak pasaran dan pergerakan menunya smooth. Kameranya sih kurang mantap.

  32. permisi, Pak.. jadi kesimpulannya m2 aqua worth it kan??.. dg harga segitu dan spek yg udh oke sekali.. trims.

    1. Pak Faisal,

      Kalau Anda mengejar kemampuan tahan airnya, jawabannya iya.

      Sebaliknya, bila Anda tidak mengutamakan kemampuan tahan air, masih banyak ponsel lain yang lebih menarik untuk dibeli.

  33. pak herry kalau xperia m4 aqua sama galaxy A5 lebih bagus mana ya?
    lagi bingung soalnya mau beli m4 atau A5, harganya pun hampir sama

  34. Pak herry maaf mau tanya,
    Kalau sticker bawah penutup speaker M2 aqua hilang, masih tahan air gak ya…?
    Makasih sebelumnya…

    1. Pak Dhito,

      Memangnya di bagian bawah M2 Aqua ada stikernya? Barusan saya coba cek foto M2 Aqua yang pernah saya coba. Tidak ada stikernya tuh.

    1. Pak Dhito,

      Ehmm… ada penutupnya ya. Saya lupa. Coba diintip atau, kalau bisa, mampir ke pusat perbaikan resmi Sony deh, Pak. Sekadar untuk melihat unit pembanding. Dari situ bisa disimpulkan kira-kira masih tahan air atau tidak.

  35. Halo Pak Herry, mau tanya nih, antara M2 Aqua dan M4 Aqua mending mana ya? kalau yang diincar adalah memori yang cukup, kualitas kamera yang bagus, dan tahan banting (tahan air khususnya). sebelumnya saya pakai oppo neo 3 yang (sayangnya) insufficient storage terus dan kameranya tidak autofocus. penggunaan hp saya biasanya berkisar di foto, aktivitas online (social media, messenger, dan email), dan penggunaan aplikasi lain yang supportive. saya jarang main game dan mendengarkan musik di handphone.

    atau mungkin dari pak herry ada saran lain? budget saya kira-kira sekitar 2 sampai 3 juta saja. mohon pencerahannya pak, thanks! 😀

    1. Bu Dita,

      Saya belum pernah mencoba Xperia M4 Aqua. Ponsel itu mestinya lebih bagus daripada Xperia M4 Aqua. Namun, kalau anggaran Anda Rp 3 juta, ya belum bisa membeli Xperia M4 Aqua. Sebab, harga ponsel tersebut Rp 3,699 juta.

      Dengan anggaran yang Anda sebutkan, silakan melirik Hisense Pureshot. Harga baru Rp 2.699.000. Ponsel itu mendukung layanan LTE semua operator di Indonesia.

  36. maaf pak henry saya mau tanya,hp apa yg bagus antara lg g4 stylus,htc desire 620 atau m2 aqua…saya lebih srg gunain hp buat nonton video, dengerin musik n sosmed.saya cari hp yg tahan lama n jrg hang…sya pake xperiA tipo sering sekali hang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *