Review Sony Xperia SP: Lampu Iluminasi Sebagai Penanda

Kalau Anda mampir ke rumah makan, lalu menjumpai embel-embel “sp” di belakang nama hidangan, hal itu merupakan singkatan dari “spesial”. Nasi goreng sp bermakna nasi goreng spesial. Biasanya karena ada tambahan telur mata sapi atau telur dadar. Di depot langganan penulis, mie kuah sp berarti mie kuah biasa yang “di-upgrade” dengan tambahan potongan bakso.

Bagaimana dengan SP di ponsel Sony Xperia SP (C3502)? Yang pasti, kali ini SP bukan berarti membeli ponsel mendapatkan bonus telur dadar atau ekstrabakso. Hasil uji pakai ala penulis memperbolehkan Anda mengasosiasikan SP sebagai spesial dan layak beli.

Xperia SP-1

Terdapat beragam hal yang penulis suka dari Xperia SP. Rangka aluminium dengan pengerjaan akhir bodi yang prima membuat ponsel itu terlihat cantik, elegan, dan mewah. Saat digenggam, ponsel dengan harga pasar Rp 3,915 juta sampai Rp 4 juta itu sama sekali tidak terasa licin.

Layar sentuh 4,6 inci beresolusi 1.280 x 720 piksel di Xperia SP mampu menyajikan gambar dan tulisan dengan tajam. Layar dengan kaca Corning Gorilla di ponsel itu, menurut penulis, lebih enak dipandang mata dibandingkan ponsel lain yang lebih mahal. Contohnya, bila dikomparasikan dengan layar Xperia Z yang harga jual resminya lebih tinggi Rp 3 juta.

Sony mengklaim, meskipun pengguna Xperia SP memakai sarung tangan, layar dengan Mobile BRAVIA Engine 2 tersebut tetap bisa dioperasikan. Kebetulan penulis sehari-hari tidak mengenakan sarung tangan. Demi membuktikan klaim produsen, penulis memasukkan tangan ke dalam kaos kaki yang dianggap sebagai sarung tangan. Ternyata benar. Meskipun disarungi kaos kaki, sapuan jari penulis di layar Xperia SP senantiasa direspons.

Hal lain yang penulis gemari dari ponsel itu, di bawah layar terdapat lampu iluminasi yang dapat memancarkan cahaya putih, biru muda kehijauan (turquoise), kuning, hijau, merah, biru, dan ungu. Masing-masing warna bebas diatur sebagai penanda aktivitas tertentu. Misalnya, putih untuk SMS yang belum dibaca, kuning untuk panggilan telepon tak terjawab, dan biru untuk alarm.

Lampu iluminasi yang kala padam terlihat semitransparan itu juga bakal bercahaya kala pengguna memutar musik atau melihat album foto. Warna dan ritme lampu otomatis menyesuaikan dengan album art serta hentakan lagu yang sedang dimainkan. Lain waktu, ketika pengguna melihat kumpulan foto, cahaya yang berpendar mengikuti warna dominan foto.

Xperia SP-2

Ada hal-hal yang penulis suka, ada pula yang penulis kurang suka. Xperia SP yang berdimensi fisik 67,1 x 130,6 x 9,98 mm dan berat 155 gram dibekali sepasang kamera. Kamera di sisi belakang dilengkapi fokus otomatis dan lampu kilat. Kamera dengan sensor Exmor RS itu mampu menghasilkan foto beresolusi delapan megapiksel dan klip video full HD 1080p.

Menurut penulis, foto yang diproduksi kamera utama Xperia SP itu sebenarnya tajam. Namun, cenderung kurang cahaya satu tingkat. Meminjam istilah fotografi, foto yang dihasilkan seringkali underexpose satu stop. Karena hal tersebut mestinya bisa diatasi dengan modifikasi firmware, penulis berharap Sony akan memperbaikinya di firmware keluaran mendatang. Untuk sementara, pengguna Xperia SP dapat menyiasatinya dengan memanfaatkan fitur exposure compensation (EV).

Satu kamera lain Xperia SP berada di sisi muka. Ia hanya mampu menghasilkan foto dan klip video beresolusi VGA. Kinerjanya jauh dari memuaskan. Pemakaian baterai 2.370 mAH yang ditanamkan merupakan hal lain yang kurang penulis sukai.

Prosesor dua inti (dual core) Qualcomm MSM8960Pro 1,7 GHz, Wi-Fi, bluetooth, NFC, GPS, RAM 1 GB, dan ROM 8 GB merupakan sebagian spesifikasi lain Xperia SP. Saat ponsel Android 4.1.2 Jelly Bean itu kali pertama diaktifkan, sebanyak 4,8 GB di antara 5,37 GB penyimpanan internal berstatus kosong.

Ponsel dengan kartu micro SIM tersebut dibekali pula dengan selot microSD, radio FM, dan aplikasi Office Suite untuk membaca dokumen. Asalkan didukung oleh layanan operator, pengguna Xperia SP bisa menikmati layanan HSPA 42 Mbps.

216 thoughts to “Review Sony Xperia SP: Lampu Iluminasi Sebagai Penanda”

  1. Pak herry, dengan harga yang hampir sama dengan Galaxy Grand, mana yang menurut bapak lebih layak untun dibeli??
    Terima kasih.

    1. Pak Daniel,

      Harga Galaxy Grand Duos sudah turun lho. Kini harga ritel yang disarankan Rp 3,499 juta. Jadi, kalau dibandingkan Xperia SP, beda harganya Rp 500 ribu.

      Bila perlu dual SIM, berarti Galaxy Grand Duos silakan diambil. Kalau nggak perlu dual SIM, Xperia SP lebih menarik. Layar lebih tajam, bentuk fisik juga lebih elegan.

    1. Pak RahmadiGresik,

      Memangnya ada Xperia SP yang dual SIM, Pak? Terus terang saya baru tahu.

      Setahu saya, ponsel dual SIM Sony yang jadwal edarnya di sini paling dekat adalah Xperia M dual. Itu pun bukan dalam hitungan hari lho.

    1. Pak Alvian,

      Benar, ponsel lain juga ada yang seperti itu. Namun, iluminasi di Xperia SP ini terasa menarik karena:
      * Saat padam bagian tersebut semitransparan.
      * Pilihan warnanya ada beragam.
      * Bisa dipersonalisasi dan pengaturannya relatif mudah.

      Yang masih membuat saya penasaran adalah iluminasi di LG Optimus G Pro. Kalau melihat foto yang beredar di internet, bagian yang menyala di tombol fisik home-nya ya.

  2. saya sangat tertarik dgn ponsel ini, terimakasih sdh direview ko hary ada bbrp yg saya ingin tanyakan:
    1. Diartikel diatas ko hary menuliskan kurang suka dgn baterex yg 2370 mAh knp?
    2. Aduh kok pake micro sim ya?? Apa ada alat supaya micro sim bisa jadi sim card biasa lagi? Soalnya sy punya 2 hp lain yg memakai sim card biasa (spy diantar semua hp sy tetap bisa saling bertukar sim card). Thks berat ko hary…

    1. Pak Santoso,

      1. Saya kurang suka karena baterainya ditanamkan, bukan model yang mudah dilepas pasang seperti di kebanyakan ponsel.

      2. Yup, pakai micro SIM. Sebagian ponsel keluaran terbaru memang sudah beralih ke micro SIM. Adakah alat supaya micro SIM jadi kartu SIM biasa lagi? Ada.

      Pak Santoso, kalau saat ini Bapak memakai kartu SIM biasa (mini SIM), lalu menggunakan ponsel dengan micro SIM, kartu SIM Anda kan perlu dipotong. Nah, rangka hasil pemotongan itu jangan dibuang. Lain waktu, bila memakai ponsel dengan mini SIM, micro SIM yang dimiliki tinggal dipasangkan lagi ke rangka tersebut.

      Bagaimana bila rangka tersebut hilang? Ada dua alternatif. Pertama, membeli adapter micro SIM ke mini SIM. Kedua, meminta penggantian kartu SIM ke kantor layanan operator. Saya sih memilih langkah kedua karena lebih murah dan lebih tuntas. Ongkos penggantian kartu SIM hanya sekitar Rp 2.000. Kalau nomor pascabayar seringkali malahan digratiskan.

  3. Betul pak..di g pro iluminasinya di tombol fisik tengah yg berfungsi sebagai home…

    Warnanya bisa diatur dari program/apps yg dipakai..

  4. Siang pak Henry,

    1. Bagaimanakah ketahanan baterainya Xperia SP ini? Mengingat dalam review ini, tidak dirinci bagaimana ketahanan baterainya….bisakah tahan seharian?

    2. Mengingat adanya Stamina Mode yang kurang begitu saya mengerti fiturnya….semisal Stamina Mode bisakah mengatur hanya apps Whatsapp saja yang berjalan dengan paket data, lainnya tidak menyedot paket data sehingga hemat baterai?

    Maaf kalau pertanyaanku panjang. Thanks

    1. Pak Roy,

      1. Bergantung perilaku pemakaian sih. Dengan gaya pemakaian ala saya, rata-rata bisa bertahan sampai 14 jam.

      2. Stamina Mode-nya bisa diatur begini Pak:
      * Saat layar ponsel padam, layanan data hanya berjalan untuk WhatsApp.
      * Ketika layar menyala, layanan data aktif untuk aneka aplikasi. Baik WhatsApp, email, Facebook, Twitter, maupun aplikasi lain.

  5. Mas Herry,
    Maaf OOT nih, saya berencana beli Samsung Galaxy S3 Mini. Layak nggak dibeli? Atau saya harus tunggu Galaxy S4 Mini? Ada rekomendasi lain ponsel Jelly Bean dikisaran 3 juta (lebih dikit boleh, lah)?

    1. Pak Sakti,

      Dengan harga yang sekarang, Rp 2,999 juta, bolehlah Anda mempertimbangkan melirik Galaxy S3 Mini. Di harga sama, coba pula melihat Sony Xperia L.

  6. om HSW, ada teman saya menawarkan Xperia ZR, apakah memang hp itu sudah beredar di Indonesia?karena harganya setali tiga uang dengan Xperia ZL yang pernah om HSW bahas tapi dia mempunyai kemampuan anti air setara Xperia Z tetapi layarnya lebih kecil

  7. Pak Alvian,

    Xperia ZR akan beredar resmi ke Indonesia, tetapi saat ini belum tersedia. Mungkin itu barang BM ya?

    Ayo dibeli, Pak. Saya nggak nolak lho kalau dipinjami. 🙂

  8. ikut nanya ahh

    Ko Herry, di android sony mobile skrg, apakah ada delivery report sms macam nokia symbian jadul yang saat ini ada hampir mirip di android touch wiz nya samsung, kadang perlu fitur itu untuk tau sms yang kita kirim kapan nyampe nya 🙂

    kekurangan di ponsel android samsung memang nggak ada lampu kelap kelip iluminasi spt sony mobile atau ala blackberry , tapi karena saya pakai note 1 yang ketutup full depannya oleh filpcase, jadi rada nggak guna juga fitur tsb kalo ada di note. hehehe

    1. Pak Wisnu Wijayanto,

      Delivery report ada, tetapi beda dengan di kebanyakan ponsel Nokia. Delivery report-nya berupa pop up notification saja. Jadi, kalau nggak memperhatikan, ya takkan tahu sudah sampai atau belum.

      He.. he.. meskipun kecil, kadang lampu iluminasi bermanfaat juga.

  9. Pak Herry, kabarnya xperia sp ini memiliki masalah hardware di touchscreen nya. Dari yang saya baca, apabila xperia sp digeletakkan di atas meja misalnya, touchscreen nya not responding. Apakah sempat mengalami?

    1. Pak Alvian,

      Saya belum pernah mencoba Xperia ZR dan Xperia V. Kalau suka memotret di bawah air, dengan mengacu pada spesifikasi, Xperia ZR sih paling menarik. Ada tombol fisik kameranya segala.

  10. Pak Eko Susanto,

    Saya justru sering sekali meletakkan Xperia SP di meja, lalu mengoperasikannya untuk membaca email. Ponsel tetap berfungsi dengan baik.

  11. Pak Herry,

    Untuk xperia SP apa nyaman bila membuat note menggunakan stylus? Saya inginnya sih bisa seperti galaxy note. Katanya xperia SP akan ada unit yg dibundling dengan stick playstation dual shock 3, apa benar pak Herry?

  12. Pak Erfan,

    Xperia SP tidak dilengkapi stylus. Kalau ingin pakai stylus, Bapak harus membeli stylus untuk layar kapasitif. Tak bisa memakai stylus yang bertahun-tahun silam digunakan untuk PDA atau PDA phone.

    Saya sih yakin Xperia SP + stylus takkan senyaman Galaxy Note + S-Pen.

    Saya tak tahu apakah akan ada penjualan Xperia SP yang dibundel dengan stik PlayStation. Informasi yang saya dapat, ponsel itu memang bisa dipadukan dengan stik PlayStation. Namun, karena saya tak mempunya aksesori tersebut, saya tak bisa mencobanya.

  13. Pak Erfan,

    Kebetulan saya belum pernah khusus membeli stylus kapasitif yang bagus. Saya cuma sempat iseng beli stylus kapasitif yang harganya murah meriah. Hasilnya, sangat tidak nyaman digunakan.

    Beberapa kenalan yang memang serius mencari stylus kapasitif saya lihat sering merekomendasikan Adonit Jot Pro http://adonit.net/jot/pro/

  14. Pak Herry,

    Setelah saya browsing, stylus adonit sepertinya bagus. Untuk daerah surabaya bisa dibeli dimana ya? Thx infonya pak Herry..

    1. Pak Erfan,

      Saya tak tahu pasti siapa penjual Adonit di Surabaya. Cobalah mencarinya di gerai penjual aksesori yang rutin menjual barang premium. Contoh:
      * WTC: Centro lantai 3, gerai Apple (saya lupa namanya) di lantai 1 dekat California Fried Chicken, dan My Rasch lantai 1.

      * Plasa Marina: Phone Shop lantai 2, Cititech lantai 2.

      * Gerai Pazia di Plaza Tunjungan dan Sutos.

  15. Pak Herry, apakah Xperia Ion adalah produk gagal? soalnya barang barunya sudah tidak ada (kata penjual di counter) padahal baru setahun sejak dilaunching, dan saya pernah mencoba menu2 nya terasa sangat lambat, padahal processor nya 1,5 Ghz dual core, ram 1 GB, dan harga baru nya pun tidak murah, 4jt an, namun kalah responsif dibandingkan ponsel berharga di bawah 2jt.

    1. Pak Yopie,

      Xperia ion bukan termasuk produk gagal. Mengapa sudah menghilang dari pasar ketika umurnya baru setahun? Sebab, sudah ada produk yang segmennya bersinggungan. Di antaranya, Xperia V dan Xperia TX. Xperia ZL pun bisa dianggap sebagai penerus Xperia ion.

      Saya pernah mencoba dua unit Xperia ion yang berbeda dan respons menunya tidak sangat lambat.

  16. Pak Herry,
    Saya pernah punya Xperia Ion yang cuma seminggu bertahan dan akhirnya saya jual. Keluhan utama saya (apalagi sebagai pemakai iPhone sejak 2008 sampai sekarang) adalah sulitnya mengakses tombol home yang mana oleh Sony tidak diberikan secara fisik, begitu juga dengan tombol power yang kecil sekali dan berada di samping, sangat sulit diakses manusia dengan jari2 mirip jempol semua, seperti saya. Pertanyaan saya, apakah Xperia SP ini masih sama seperti Xperia Ion dalam hal pertombolan?

    1. Pak Ilham E. Sancaya,

      Saya tak ingat struktur tombol home Xperia SP sama atau berbeda dengan Xperia ion. Kalau tombol power, pasti berbeda. Tombol power Xperia SP berbentuk bundar, terbuat dari logam, dan berada di sisi kanan tengah ponsel. Sangat nyaman dan mudah dijangkau. Tombol power seperti itu kali pertama saya temukan di Xperia E dual, lalu Xperia Z.

  17. Pak Herry, Xperia Ion yang anda coba menggunakan Android versi apa? yang saya coba waktu itu menggunakan Ice Cream Sandwich (menurut website defaultnya Gingerbread).
    Lalu tombol home, back yang berada di bawah, untuk mengaksesnya harus benar2 pas tengah tombol tersebut, jika tidak,tidak akan tereksekusi.

    1. Pak Yopie,

      Awalnya Xperia ion yang saya coba masih pakai Gingerbread. Pada beberapa hari terakhir memakai ponsel itu, muncul update ke ICS. Saya lalu meng-update-nya.

  18. Pak Yopie,
    Maaf yg diatas ini jawaban buat saya ya? Iya memang benar tapping tombol home harus pas benar, kalo tidak pas tidak ada respon sama sekali. Hal ini yang benar2 menjengkelkan saya, sangat mengganggu. Lha mosok mau pakai ponsel aja harus main tembak jitu dulu hehe…

  19. Pak Ilham, sebenarnya itu bukan jawaban, cuma mau sharing tentang tombol yang susah diakses kalo tidak benar2 pas, sebelumnya saya lihat komentar anda mungkin ada kesamaan 🙂
    Bagi saya, tombol home, back termasuk hal dasar yang seharusnya nyaman digunakan di semua ponsel, apalagi untuk ponsel kelas termasuk high end.

    Pak Herry, apakah terasa ada perbedaan yang signifikan dalam hal kecepatan akses (responsifitas) menu dan proses loading aplikasi antara Gingerbread dan ICS ?

    1. Pak Yopie,

      Setelah jadi ICS, saya cuma memakai Xperia ion sebentar. Sepintas sih saya merasa respons menunya sedikit lebih cepat saat masih Gingerbread.

  20. Pemakaian sehari-hari ala Pak Herry seperti apa ya? Koq rata-rata gak ada yang bertahan 24 jam lebih yo…

  21. Pak Roy,

    Kalau aktif dipakai, jarang banget ada ponsel Android yang bisa bertahan lebih dari 24 jam.

    Pemakaian saya untuk email (sampai ratusan email masuk per hari), WhatsApp, browsing, sesekali Twitter, dan sesekali kamera.

  22. Pak Herry,
    Saya lagi bingung milih xperia SP atau nexus 4 nih.. lebih rekomendasi mana pak Herry? Tks

    1. Pak Annurrahman,

      Masing-masing ada plus minusnya.

      Nexus 4 unggul di support OS. Kalau ada update OS, dia dapat prioritas pertama. Tampilan fisiknya juga terlihat mahal dan mewah. Namun, baterai lebih boros daripada Xperia SP.

      Kalau Xperia SP, update OS-nya takkan secepat Nexus 4. Fisiknya tergolong cantik, tapi kalah mewah dibandingkan Nexus 4. Kelebihannya, baterai lebih awet daripada Nexus 4.

  23. Pak Herry,

    rencananya saya mau ganti hp, pilih samsung galaxy note 1 n7000 atau sony xperia sp?
    mohon pencerahannya, tks.

  24. Pak Agung,

    Pertimbangannya begini:
    * Mau layar besar (Note 1) atau cukupan dan enak dikantongi (Xperia SP)?

    * Perlu coret-coret pakai “bolpen” (Note 1) atau tidak (Xperia SP)?

    Yang pasti, dalam pemakaian sehari-hari, Note 1 lebih rakus baterai daripada Xperia SP.

  25. Maunya yg ada “bolpen” (sambil buat kuliah), tapi spesifikasi (prosesor, kamera, internet hspa+, NFC, BE) sony xperia sp.
    masih bingung, kalo pak herry pribadi lebih prefer samsung galaxy (note1) atau sony xperia sp?

  26. Pak Agung,

    Kalau saya sih pilih Xperia SP. Nggak tahan dengan baterai Note 1 yang siang sudah tewas.

    Bila pertanyaannya Note 2 atau Xperia SP, baru deh saya pilih Note 2.

  27. Pak Herry,

    xperia sp saya kalo disambung dgn usb di laptop lyarnya kadang tdk merespon, saya ada aplikasi battery doctor yg aktif, apa bapak pernah mengalami masalah spt ini?? solusinya bgmn??? tksh

    1. Pak Widiyanto,

      Saya tak pernah memakai aplikasi Battery Doctor. Coba aplikasi itu dihapus dulu dari ponsel, Pak.

  28. saya sudah pake Xperia SP, dan sangat PUAS !!! bahkan untuk fasilitas NFC maupun Screen mirroring nya sangat mengagumkan, praktis tidak perlu kabel untuk share ke TV
    Bravo SONY XPERIA

    1. Pak Awan,

      Terima kasih atas sharing-nya. Wow… malahan sudah mencoba screen mirroring-nya ya. Saya belum coba karena tak mempunyai televisi yang kompatibel.

  29. Pak herry, tks pencerahannya.
    saat in xsp sudah di tangan, ad yg saya ingin tanyakan.
    Apakah perlu pembaruan firmware?
    Hal apa saja yg mesti dilakukan sebelum update firmware?

    1. Pak Agung,

      Coba saja dicek apakah ada update firmware. Kalau ada, silakan di-update. Firmware lebih baru biasanya lebih bagus dan stabil. Ikuti petunjuk yang tersaji di layar.

      Untuk mengantisipasi kondisi terburuk, file penting yang disimpan di ponsel sebaiknya di-backup dulu.

  30. Ini notification light akankah menyala untuk semua messenger? Mengingat BB sekalipun hanya WeChat yang menyala LED Notif-nya, sedangkan Line dan Whatsapp jikalau ada pesan masuk, sama sekali tiada menyala LED notif-nya.

    1. Pak Roy,

      Kebetulan waktu itu saya hanya memakai WhatsApp. Saya tidak menggunakan Line, WeChat, dan aplikasi messenger lain. Saya bisa memilih lampu notifikasi akan menyala warna apa saat ada pesan baru masuk.

  31. maaf bapak saya mau bertanya apakah layar xperia sp sudah dilindungi gorilla glass atau masih menggunakan lapisan pelindung?

    1. Pak Rizqi,

      * Perlu dual SIM dan layar raksasa? Ambil Galaxy Mega 5.8. Alternatif lain, Acer Liquid S1 yang spesifikasinya relatif lebih tinggi daripada Galaxy Mega 5.8. Harga mirip-mirip.

      * Hanya perlu single SIM, tampilan fisik cantik, update firmware cepat, dan baterai agak boros tak masalah? Silakan melirik LG Nexus 4.

      * Cuma perlu single SIM, fisik cantik, dan baterai hemat? Ambil Sony Xperia SP.

      * Samsung Galaxy S4 mini silakan dicoret karena harganya berlebihan.

  32. Pak Herry,

    Mau tanya, apa bener sony seri Z ponsel yg bisa dipake tulisan tangan tanpa menggunakan stylus (bisa pake pensil, atau ballpoin biasa)? untuk yg kisaran harga 3-4 jt an yg tipe apa ya pak yg bisa seperti itu?

    Trims

    1. Pak Yan,

      Yang bisa pakai pensil itu Xperia Z Ultra, bukan Xperia Z. Belum ada yang kisaran harganya sampai Rp 4 juta.

  33. Pak Herry,

    Manakah yg lebih baik antara xperia SP dan V? untuk baterai yg ditanamkan, apabila terjadi masalah apakah dpt diganti?

    Trims

    1. Pak Didi,

      Saya belum pernah mencoba Xperia V. Jadi, tak tahu lebih bagus mana dibandingkan Xperia SP.

      Selama masa garansi, bila baterai tanam bermasalah, Anda bisa melakukan klaim untuk mendapatkan penggantian baterai. Bila masa garansi telah berakhir, penggantian baterai tetap dapat dilakukan, tetapi dikenakan biaya.

    1. Pak Rezza,

      Lebih baik dianggap tidak bisa dulu. Sejauh ini, yang konfirm dapat kitkat adalah Sony Xperia Z, Xperia ZL, Xperia Z Ultra, dan Xperia Z1.

    1. Pak Ade,

      Maaf, saya tidak mengetahui biayanya. Silakan coba langsung menghubungi pusat perbaikan resmi Sony terdekat.

  34. saya mau tanya ni ko Herry, apakah benar SP tidak bisa memutar video HD???
    sekarang lagi marak2nya HP Copyan, saya jdi bngung mau yg harga murah atau sony xperia SP, mohon pencerahannya… Thx

    1. Pak Andika,

      Saya tidak pernah mencoba memasukkan klip video HD ke Xperia SP, lalu memutarnya. Dugaan saya, kalau resolusinya HD 720p seharusnya bisa. Sedangkan kalau full HD 1080p, itu yang perlu ditelaah lebih lanjut.

  35. pak herry saya mau tanya

    saya sudah mempunyai sony xperia sp waktu itu saya beli di jpn and di ind blm ada, nah yg saya ingin tanyakan kenapa ketika saya ingin mengambil foto itu terdapat bercak2 hitam begitu ya di tampilan lcdnya and bercak2 hitam itu sangat memnggangu sekali ketika saya ingin menjepret foto hasilnya pun jadi terbawa bercak hitam itu…
    tolong pencerahan nya pak herry…. trim,s

    1. Pak Harie,

      Bila tidak sedang menjalankan kamera, apakah bercak hitam itu tetap muncul? Kalau tidak muncul, berarti masalah terletak di kamera. Mungkin di lensanya.

    1. Pak Stefen,

      Maaf baru bisa menjawab pertanyaan lagi. Karena padatnya aktivitas, sampai minggu pertama Desember 2013 saya akan lambat dalam merespons pertanyaan.

      Xperia SP tidak dirancang untuk tahan debu maupun air seperti Xperia V.

    1. Bu Dewi,

      Maaf baru bisa menjawab pertanyaan lagi. Karena padatnya aktivitas, sampai minggu pertama Desember 2013 saya akan lambat dalam merespons pertanyaan.

      Cacat bagaimana nih? Kalau ponsel dioperasikan saat di-charge dalam kondisi menyala, layar sentuh memang agak mabuk. Tampilan layar sih tetap normal.

  36. Pak Herry,mau tnya adakah merk samsung yg setara XSP ini baik secara hardware ato pun fiturnya dengan range harga yg tidak jauh berbeda? karna sebenarnya saya mau membeli samsung tapi belum menemukan yg cocok,sedangkan klo di Sony ini sya melirik XSP ini. Mohon bantuannya

    1. Pak Bondan,

      Ponsel Android bukan hanya Samsung dan ponsel Samsung tak selalu menarik lho. Kalau memang tertarik merek lain, asalkan masih termasuk merek global, menurut saya, silakan meminangnya. 🙂

      Tidak ada ponsel Samsung yang secara spesifikasi dan kemampuan benar-benar cocok dengan Xperia SP. Yang agak mendekati mungkin Samsung Galaxy Mega 5.8 ya. Bedanya, ponsel Samsung itu berlayar 5,8 inci dan dual SIM. Namun, ia tak memiliki bagian semitransparan yang warna lampunya bisa diatur sesuai keinginan pengguna.

  37. Sya sdh pakai xsp skitar 6 bulan,klemahan yg sya rasakan kok kalau saya mau keluar dari 1 aplikasi dan kembali ke home..icon2 aplikasi yg ada di home munculnya lambat sekali..sepersekian detik icon2 tsb baru muncul kembali..

    Lalu knp klo sya liat video di youtube..bufferingnya lama sekali.. Padahal kalau menggunakan device lain..tidak selambat itu (menggunakan jaringan wifi yang sama)

    Trmksh

    1. Bu Vinca,

      *** Lambat saat kembali ke home screen.
      Berapakah sisa memori internal ponsel Anda? Apakah tinggal sedikit? Silakan masuk ke Play Store dan unduhlah aplikasi Clean Master. Bila aplikasi itu tidak membantu, cobalah melakukan langkah pamungkas, yaitu menjalankan factory data reset. Ponsel akan kembali ke kondisi seolah baru dikeluarkan dari kardusnya. Jadi, sebelumnya backup dulu data-data penting yang Anda miliki.

      *** Buffering video lama sekali.
      Layar Xperia SP beresolusi 1.280 x 720 piksel. Bila Anda mengakses YouTube via Xperia SP, YouTube seharusnya akan menyodorkan video beresolusi tinggi karena ia mengetahui ponsel Anda memiliki layar beresolusi tinggi. Kalau dalam kondisi itu koneksi internet Anda kebetulan kurang kencang, pemutaran video akan tersendat dan berkali-kali mengalami buffering. Kalau boleh tahu, peranti lain apa yang sempat Anda gunakan? Mungkin resolusi layarnya tidak setinggi Xperia SP.

  38. Mnambahi pertanyaan saya..informasi saja..aplikasi yg saya download hanya twitter fb instagram dan beberapa aplikasi foto editor yg seharusnya tidak terlalu membuat hp mnjadi lemot.. Bs dibilang sya belum terlalu memaksimalkan fungsi fitur2 xsp tsb.. Bagaimana sya mau mengeksplore lebih kalau dgn penggunaan saya skrg yg msh trblg minim download aplikasi tp sudah lambat respon xsp-nya.. Mhn pncerahannya hehehe trmksh

  39. Sore pak, mau tanya
    Bagaimana cara mensetting agar lampu iluminasi SP tetap menyala saat mendengarkan lagu, baik saat keluar dari aplikasi walkman dan saat layar mati. Kemarin sempat bisa pak, tp saya tdk tau caranya karena yg mensetting bukan saya, tetapi sekarang lampunya mati karena saya ubah settingannya. Mohon bantuannya pak. Terimakasih

    1. Pak Rama,

      Saya sudah tidak menggunakan Xperia SP lagi sehingga tak bisa langsung mengecek menunya. Seingat saya, lampu iluminasi di ponsel itu hanya menyala kala ada aktivitas tertentu. Misalnya, ada email masuk, pesan WhatsApp baru, dan panggilan telepon tak terjawab. Saat layar padam dan tidak ada aktivitas, lampu iluminasi memang tidak menyala.

    1. Pak Budi,

      Setahu saya sedang tidak ada promo khusus Xperia SP. Saat ini harga ritel yang disarankan untuk ponsel itu Rp 3,999 juta. Harga pasar Rp 3,85 juta.

  40. Ko Herry, saya lagi ada minat meminang xperia sp.
    saya mau tahu setelah keluarga Z itu level berikutnya apa ya? apakah SP? M? L? J?
    saya kurang mengerti silsilah level dari xperia baru ini.

    atau ada saran HP lain di rentang harga yang mirip tapi kemampuan maksi. 🙂

    thanks alot

    1. Pak Eyab Lin,

      Di deretan atas ada Xperia Z, ZL, ZR, Z Ultra, dan Z1. Di bawahnya ada Xperia V, TX, SP, L, M, dan J.

  41. Pak. Saya mau tanya lagi. Kok SP saya terasa amat boros ya, padahal saya baru memilikinya dan saya jarang menggunakan aplikasi bahkan paket data. Stamina mode juga saya aktifkan. Bagaimana ya pak solusinya??

    Kalau boleh tau, bapak pakai hp apa sekarang?? 😀

    1. Pak Rama,

      Daya tahan baterai dipengaruhi banyak sekali faktor. Kondisi sinyal atau jaringan operator di lokasi Anda juga sangat menentukan. Tingkat pencahayaan dan durasi pencahayaan layar perlu pula dicermati.

      Sekarang pakai ponsel apa? Sekadar info, boleh dibilang setiap minggu saya berganti ponsel karena saya harus rutin me-review acang baru. Sekarang saya sedang memakai BlackBerry Z30.

  42. Terima kasih pak
    mau tanya lagi pak, saya berencana memberli xsp.
    apakah sudah ketinggalan?
    bagaimana cara cek pada saat pembelian supaya tidak terjadi error/rusak setelah pembelian?

    1. Bu Dewi,

      Masa edar Xperia SP sudah hampir setengah tahun. Untuk ukuran saat ini sudah lumayan tertinggal sih.

      Saat membeli, silakan mengecek layar sentuh, kamera, dan fungsi-fungsi dasar lain. Namanya barang elektronik, biarpun ketika membeli sudah dicek, hal itu bukan jaminan kelak takkan bermasalah.

  43. jika dibandingkan dengan sony xperia l apakah harga worth ya pak?
    karena beda lumayan sekitar 1juta
    sdgkan harga sp masih berkisar 4 juta. apakah bpk ada saran untuk membeli android lain?

    1. Bu Dewi,

      Saya kebetulan pernah mencoba Xperia L maupun Xperia SP. Perbedaan kenyamanan pemakaian keduanya sangat berbeda. Xperia SP lebih menggiurkan. Dengan kondisi sekarang, idealnya perbedaan harga jual keduanya dipersempit, bukan lagi Rp 1 juta melainkan maksimal Rp 750 ribu.

  44. Apakah skr sony xperia sp sudah ketinggalan jaman pak dengan android lain?
    Mgkn bpk pny saran untuk android sekelas sp lainnya?
    Sy dgr baterai xperia L sangat cpt habis, apakah betul pak?
    Maaf sy byk bertanya 🙂

    1. Bu Dewi,

      Untuk ukuran saat ini, Xperia SP sudah mulai ketinggalan sih. Dengan harga yang sama, telah saatnya Anda melirik ponsel Android dengan prosesor empat inti alias quad core. Saran saya, lebih baik Anda mencari Xperia ZL bekas daripada membeli Xperia SP baru.

      Ya, baterai Xperia L memang tak setahan lama baterai Xperia SP.

    1. Bu Dewi,

      IG itu apa ya? Instagram?

      Dengan kebutuhan seperti itu, saran saya, cari yang prosesor minimal dual core, RAM minimal 1 GB, dan baterai minimal 2.500 mAh.

  45. saya sudah make sp

    dan punya dua problem ketika di charge sp terkadang tidak merespon layar. tiba-tiba freeze

    lalu ketika di gunakan internet sambil memutar musik. tiba tiba musik selalu mati sendiri

    apakah mas herry juga mengalami nya?

    1. Pak Tiko Putra,

      Kebetulan saya terbiasa mengisi ulang ponsel dalam kondisi padam. Karena itu, saya tak tahu Xperia SP yang saya gunakan mengalami masalah pertama atau tidak. Xperia SP milik seorang rekan ada yang mengalami hal sama dengan Anda. Kadang layar sentuhnya juga ngaco. Disentuh titik A, eh… yang merespons titik B.

      Untuk masalah kedua, saya tidak mengalaminya.

  46. pak herri, saya ingin bertanya.
    provider saya adalah tri,
    mengapa ya saat mendownload menggunakan xperia sp terasa sangat lambat sekali?, bahkan tdk mampu mendownload app berukuran 500kb dari google playstore.
    padahal jika menggunakan saluran wifi dari teman saya yg juga ber provider tri, download terasa sangat cepat?

    1. Pak Raden E,

      Hmm… kasus yang cukup aneh. Coba ubah pengaturan di Xperia SP. Kuncilah jaringan supaya selalu berada di jaringan WCDMA alias 3G only.

      Kalau masih terasa ada perbedaan kecepatan yang signifikan, untuk sementara, cobalah bertukar kartu Tri dengan teman Anda.

  47. Pak Herry, saya mau bertanya kalau Xperia SP dibandingkan dengan LG Optimus G bapak lebih memilih yang mana? karena rentang harganya yang tidak terlalu jauh

    1. Pak/Bu Dian,

      Saya lebih memilih Xperia SP dengan alasan baterai lebih tahan lama, ada lampu iluminasi yang leluasa dipersonalisasi, dan lebih nyaman digenggam.

    1. Pak Reza Nur Sidiq,

      Terus terang saya tak mengetahuinya. Sebab, dulu saya tidak sampai berbulan-bulan memakai Xperia SP. Selama menggunakannya, ponsel itu juga tak pernah mengalami panas berlebihan.

  48. Pak minta reverensinya, antara memilih samsung galaxy mega atau sony xperia v. Yg cukup handal untuk game HD, Sosmed, Bwosing.

    1. Pak Anton Sulistiyo,

      Di antara dua pilihan itu, saya lebih condong ke Xperia V. Namun, bila Anda meminta gawai yang mereknya wajib Samsung, silakan melirik Galaxy Note 2.

      Sekadar info, gawai adalah bahasa Indonesia-nya gadget. Biasanya saya menggunakan istilah acang. Keduanya sama-sama benar. Namun, beberapa hari lalu, setelah berdiskusi dengan seorang ahli bahasa, saya memutuskan mulai meninggalkan acang dan beralih ke gawai. Sebab, dari berbagai sudut pandang, kata gawai lebih tepat dan terasa lebih “berkelas” daripada acang.

    1. Pak Irvan,

      Secara umum Xperia ion lebih unggul. Xperia SP hanya menang di daya tahan baterai dan ketersediaan lampu iluminasi di bawah layar.

    1. Bu Dwisusanti,

      Lepaskan penutup baterai. Di bawah baterai ada lubang kecil untuk melakukan reset. Tekanlah itu.

    1. Pak Irfan,

      Bergantung aplikasinya. Coba masuk ke settings, apps, lalu pilih aplikasi yang ingin coba dipindahkan. Kalau ada pilihan move to SD, tekanlah tombol itu. Kalau tak ada, berarti tak bisa dipindahkan.

      Btw, kapasitas memori internal Xperia SP sudah lumayan lho. Jadi, mestinya cukup memadai untuk instalasi aplikasi tambahan.

  49. Untuk katajaman gambar, game hd gk lemot, browsing cepet dan ketangguhan performa hp dalam segala hal. Mending pilih mana ya.. Antara X sp, X v, andromax z / Lenovo K 900?? / mungkin ada saran lain??
    Budged 2 smp 4

    Tq

    1. Pak Tiyo,

      Xperia V saya belum pernah coba. Jadi, tidak saya ikut sertakan ya. Tinggal Xperia SP, Andromax Z, dan K900.

      Dengan mengabaikan baterai yang boros dan bodi yang mudah panas (bukan cuma hangat), K900 paling cocok sih.

      Kalau mau tipe lain, mencari LG Nexus 4 bekas, Samsung Galaxy Note 2 bekas, atau Lenovo P780 8 GB baru boleh dipertimbangkan.

  50. Pak numpang nanya…
    Klo Sony Xperia V vs TX vx SP, lebih bagus mana untuk dibeli ? Soalnya tiap tipe itu punya ciri khasnya msng2
    SONY emg pinter bikin orang galau.. 🙂

  51. Pak hery mau tny ni,xperia sp kan baru dpt rilis update-an Jelly bean 4.3,kalo kita sudah download n nginstalnya tp trnyta kurang suka dan pgen balik lg ke JB 4.1.2 cranya gmn pak…
    Dan satu lg pak…experia sp anti air ga pak.. Mksh sblmny

    1. Pak Rizky,

      Proses update adalah “jalan searah”. Kalau sudah di-update, standarnya tak bisa diturunkan lagi. Kecuali, Anda mencari penyedia jasa independen dengan segala risikonya. Misalnya, garansi hangus dan ponsel mati total.

      Xperia SP tidak boleh diajak bermain air.

  52. Pak hery
    Saya mau bertanya,saya mempunyai samsung sIII,lampu durasi nya setelah tekan 1,5 detik kok tidak bs hidup otomatis jika kita menekan layar atau aplikasi.dimana ada settingan nya lg.tolong info nya.tq

    1. Bu Amei,

      Mestinya lampu otomatis menyala bila ponsel tidak terkunci dan layar ditekan. Tak ada pengaturan khusus. Apakah Anda menginstalasikan aplikasi tertentu yang berfungsi menghemat baterai? Kadang itu bisa jadi pemicu.

  53. Pak hery
    Saya juga heran,kenapa sperrti samsung s1,s2,s3 mini,bisa hidup otomatis lampu tombol nya jika kita menekan aplikasi mau pn layar,,bahkan saya melihat diinternet s3 jg bs bgitu,kenapa hp saya tidak bs ya.hehehe dan saya tidak ada menginstal aplikasi apa pun yang bersangkutan menghemat batery..
    Minta info nya yg pnya s3 apakah sm seperti saya atau tidak.hehehee
    Tq

    1. Bu Amei,

      Kalau mau, silakan melakukan factory data reset. Kasus yang Anda alami terus terang baru kali pertama saya dengar.

  54. Pak hery
    Maaf brtanya lagi,setelah saya factorry data reset tetap saja sm,disentuh tombol br ada lampu,jika tidak disentuh dia tetap saja mati,walaupun kita memainkan menu dan menekan aplikasi,atau membaca artikel panjang dia tetap aja matti jika tidak dsentuh tombol back dan home nya.apa s3 emg sprti itu ya?beda dgn s1,s2,s3 mini.tq

    1. Bu Amei,

      Sebentar… sebentar… ini yang Anda maksud tombol home mana tho? Seingat saya, tombol home Galaxy S3 memang tak ada lampunya.

      Coba buka http://s14.postimg.org/7t6ntadn5/image.jpg. Tombol home saya lingkari merah. Tombol itukah yang Anda maksud?

      Di sisi kiri tombol home ada tombol menu (harus disentuh), sedangkan di sisi kanannya ada tombol back (juga berupa tombol sentuh, bukan tombol fisik seperti tombol home). Tombol menu dan tombol back dilengkapi lampu.

  55. Pak herry,

    Saya sudah menggunakan Xperia SP selama 1 bulan ketika menggunakan untuk pertama kali saya sangat kagum atas performa sp,tp yg jadi masalah adalah ketika update firmware muncul di pembaruan dan langsung saya update kenapa tiba” SP saya jd lemot dan baterai jd boros yah?? Game aplikasi seperti real racer 3,sonic dash dan real drum jd sering error? Khusus untuk Real drum jd tidak responsif,real racer sering tidak merespon,,pak herry tolong solusinya yah.

  56. Saya mau bertanya Pak Herry.
    Semenjak saya menggunakan Jellybean 4.3 kenapa memory internal saya penuh (terisi 4,3Gb dari 5.3Gb)?
    Saya sudah mengecek secara manual dari folder ke folder tetapi ukurannya hanya sekitar 1.9Gb .
    Saya juga sudah mencari2 folder yang dihidden tapi tak menemukan isi 2,4 Gb lagi. dikatakan dalam spesifikasinya bahwa memory internal sebesar 8GB sudah dipotong untuk firmware sebesar 2Gb.

    Jadi hal yang saya ingin tanyakan apakah Jellybean membutuhkan tambahan memory internal sebesar 2,4 Gb yang hilang tadi?

    Terima kasih sebelumnya.

    1. Pak Tommy,

      Saran saya, Xperia SP Anda sebaiknya di-factory reset dulu.

      Di cukup banyak kasus, bukan hanya Sony dan bukan cuma Xperia SP, ponsel menjadi aneh usai menjalani major update. Ponsel kembali normal setelah di-factory data reset. Yang saya maksud dengan major update adalah update yang cukup signifikan. Misalnya, dari 4.0 ke 4.1 dan 4.2 ke 4.3.

  57. Permisi numpang tanya,

    Saya mau gnti hp dari blackberry ke android,nah saya ini penggemar iphone karena layar dan sensitifitasny iphone terbaik menurut saya,tapi sayang hargany terlalu mahal,nah saya mau minta saran sama ko herry kalau android yang memiliki fitur seperti iphone(sensitifitas layar dan ketajaman gambar) yang memilki harga sekitar 3 juta an apa yah? Saya sempat melirik antara sony xperia sp dan oppo find mirror namun tidak tahu sensitifitasnyaa

    1. Pak Victor,

      Di kisaran harga Rp 3 juta, belum ada ponsel yang layarnya semantap iPhone keluaran terbaru ya. Xperia SP dan Find Mirror memiliki layar yang cukup sensitif dan tajam. Namun, jangan Anda bandingkan dengan iPhone keluaran terbaru ya. Kalau diadu dengan iPhone 3G sih masih boleh.

  58. pak hery, saya mau minta saran. saya mau ganti hape pak heri, saya senang dengan desain sony, tapi liat spec samsung s3 saya ngiler juga. saran bapak apakah saya harus beli xperia sp atau galaxy s3?

    1. Pak Yusuf,

      Boleh tahu anggaran Anda berapa?

      Untuk ukuran saat ini, dua ponsel itu sebenarnya sudah sama-sama kurang menggiurkan hati.

    1. Pak Yusuf,

      Berarti, anggarannya saya asumsikan Rp 4 juta ya. Membeli Lenovo P780 8 GB dan menyimpan kelebihan dana Rp 1 juta, menurut saya, lebih menarik.

    1. Pak Adoy,

      Karena saya belum pernah mencoba Xperia V, saya tak mengetahui lebih bagus mana dibandingkan Xperia SP.

  59. pak herry
    ane bingung mau beli xperia sp atau zl??

    tolong beri masukkan bangusan mana antara xperia zl dengan sp

  60. pak herry ane mau nanya, di brand samsung/sonny di kisaran harga sama dengan xsp, selain xsp yang bagus brand apa pak,dan tipe apa, sblmnya trima kasih

    1. Pak Ayyas,

      Kalau Samsung, di kisaran harga beda-beda tipis ada Galaxy Grand 2 yang barusan beredar. Saya belum pernah mencobanya.

      Kalau Sonny, wah… merek baru ya. He.. he.. bercanda. Untuk Sony, pilihannya naik dari anggaran Xperia SP atau turun ke bawahnya. Belum ada yang benar-benar pas.

  61. pak herry ane ada uang 3,6 lebih baik beli Xperia sp apa tunggu xm2?
    oh iya kira” xperia m2 berapa yah harga nya

    1. Pak Fahri R,

      Lebih baik mengambil sikap wait and see. Xperia SP tidak jelek, tetapi untuk ukuran saat ini sudah relatif ketinggalan.

      Jadwal edar dan estimasi harga Xperia M2 belum diketahui.

  62. Pak heri mo nanya nich?sya kebetulan beli xperia L.dan tkn saya beli barang yg sama tp tempat berbeda,tp yg bikin bingung kw temen sya led notifnya bisa diatur sesuai keinginan sdang punya sya kw cuma kono color n tidak bisa sssuai dgn warna yg diinginkan..
    Kira2 itu prmslhanya know n solusinya guna y pak..??

    1. Pak Anam,

      Maaf, mohon mengetikkan ulang pertanyaan Anda dulu dengan kalimat yang lengkap. Jangan disingkat-singkat karena saya bingung memahaminya.

  63. Pak heri mo nanya nich?sya kebetulan beli xperia L.dan tman saya beli barang yg sama tp dtempat berbeda,tp yg bikin bingung kq temen sya led notifikasinya bisa diatur sesuai keinginan sdang punya sya kw cuma mono color n tidak bisa sssuai dgn warna yg diinginkan.semua pemberitahuan led notifikasinya berwarna putih kecuali saat charging..
    Kira2 itu prmslhanya knpa n solusinya gmna y pak..??thanx

    1. Pak Anam,

      Saya sudah lupa lampu notifikasi di Xperia L bisa diatur atau tidak. Seingat saya sih cuma ada warna putih.

      Karena teman Anda kebetulan memakai tipe yang sama, berarti Anda lebih mudah mencermatinya. Silakan cek versi firmware dua Xperia L itu. Kalau sama, berarti Anda tinggal mencontek pengaturan di Xperia L teman Anda. Kalau masih ada kesulitan, silakan mampir ke pusat perbaikan resmi Sony.

  64. pak Herry,,, menurut anda bagus mana Xperia Sp sama TX? dari segi semuanya? dan kesimpulanya anda lebih milih mana?

    1. Pak Tangguh,

      Saya belum pernah mencoba Xperia TX. Jadi, tak tahu lebih bagus mana.

      Xperia SP bukan barang jelek. Namun, untuk ukuran saat ini sudah agak uzur. Jadi, lebih baik Anda melewatkannya saja.

  65. pak saya mau nanya soal internet setting buat sony xperia sp
    yang saya baca dari forum seperti kaskus.co.id banyak dari user mengeluhkan jeleknya fitur internet pada sony xperia sp
    kemaren saya coba memasukkan simcard kedalam hp teman saya
    hasilnya internet lancar2 saja
    simcard teman saya dimasukkan ke hp saya malah gak bisa buat ngenet sama sekali
    padahal dari 1 provider yang sama
    mohon solusi dari bapak
    terimakasih 🙂

    1. Pak Devido,

      Merujuk pada pengalaman pribadi, entah mengapa, pengaturan otomatis internet di ponsel kadang tidak berjalan sebagaimana mestinya. Solusinya, lakukan pengaturan secara manual. Yang wajib diketikkan adalah APN. Kadang pengguna juga perlu mengetikkan username dan password.

  66. Pak herry mau nanya saya mau beli xperia tapi bingung mau beli xperia sp atau xperia m2.mohon bantuannya tentang perbandingan keduanya dan lebih baik beli yang mana ya.terima kasih .

    1. Pak Taufik,

      Xperia SP silakan dilupakan. Bukan karena jelek, melainkan karena ponsel itu untuk ukuran sekarang sudah tergolong ketinggalan dan terlalu mahal.

      Kalau Xperia M2, kebetulan saya belum pernah coba.

      Boleh tahu anggaran Anda berapa? Di pasar ada LG L70 (harga Rp 2,149 juta), L90 (Rp 2,999 juta), dan G2 Mini (Rp 3,299 juta) yang menarik dibeli. Bila anggaran mencukupi, pilihlah G2 Mini.

  67. Oiya menyambung pertanyaan saya tadi, apakah benar purna jual sony sangat mengecewakan? Baca2 di komen2 website lain hpnya bagus tapi kalau ada masalah service centernya sangat mengecewakan sampai berbulan2 benerin hpnya? Ga kaya purna jual samsung yg sangat cepat dan bagus ya? Mohon berbagi pengalamannya…,

    1. Pak Taufik,

      Ya, pusat perbaikan resmi Sony memang masih harus dibenahi banyak sekali.

      Kinerja pusat perbaikan resmi ponsel yang sudah layak diacungi jempol adalah Samsung dan LG.

  68. budget saya 3 – 4 jutaan kira – kira yang paling recomended apa ya di harga yang segitu.terima kasih

  69. Pak herry saya mau bertanya…..
    mau beli HP sony xperia yang paling oke sekitar harga 3 – 4 jutaan apa ya?sama mau nanya selama ini saya pakai samsung pengen ngerasain pakai xperia,yang mau saya tanyakan kelebihan dan kekurangan dari smartphone2 sony apa ya ddibandingkan samsung atau LG.terima kasih

    1. Pak Adhi Wira,

      Di kisaran harga tersebut, menurut saya, Sony agak kosong. Kalau mau turun, ada Sony Xperia E1 dual yang lumayan menarik.

      Kalau mau naik, ada Sony Xperia Z1 Compact yang saya nilai lebih ciamik daripada Xperia Z dan Xperia Z1. Padahal, harga Xperia Z1 Compact justru lebih murah daripada Xperia Z1.

      Apakah kelebihan dan kekurangan ponsel Sony dibandingkan Samsung dan LG? Ehmm… tergantung tipe yang mana dulu. Kekurangan umum ponsel Sony, kinerja pusat perbaikan resminya lebih buruk daripada Samsung dan LG.

  70. Pak herry mau nanya

    Tadinya saya mau beli xperia m2 tapi pas lagi iseng2 liat website sony mobile ternyata sony baru launching xperia T3 tapi belum tau harganya.dilihat dari speknya lebih bagus T3.maaf pak herry ada info tentang T3 apa ga?kapan masuk keindonesianya dan harganya kisaran berapa ya?jadi galau mau beli m2 apa nunggu T3??????

    1. Pak Mario Alvian,

      Saya belum tahu kapan T3 akan beredar di sini. Demikian pula harganya. Namun, kalau melihat serinya, mestinya harga T3 jauh lebih tinggi daripada M2.

  71. Pak herry Sony xperia z late itu bedakan dengan z l ? Z lte jga bisa di upgrade kitkat ? Dan xperia z1 compact harganya sesuai tidak dengan spesifikasinya? Makasih

    1. Pak M Rianto Syafei,

      Ya, Xperia Z LTE (bukan Xperia Z Late) berbeda dengan Xperia XL. Saya kurang mengikuti perkembangan apakah Xperia Z LTE sudah bisa di-update ke KitKat.

      Harga Xperia Z1 Compact, menurut saya, tergolong wajar untuk spesifikasi seperti itu.

  72. Om Herry maaf numpang tanya,

    saya kan baru beli xperia sp minggu ini. sewaktu saya mau telpon layar mendadak mati tapi proses telponnya berjalan dengan normal. apakah memang seperti ini? atau xperia saya yg bermasalah?. Saat telpon saya ngga bisa menutup telfonnya soalnya layar mati, jadi yang bisa nutup telfonnya yg nerima telfon saya. setelah itu baru saya pencet tombol power dan layar bisa hidup kembali. soalnya repot donk nanti kalo saya niatnya cuma mau misscall tapi malah pulsa habis gara gara saat misscall layar mati dan saat pencet tombol power pun layarnya tetep mati.
    tolong di reply ya om, butuh solusi. thanks before 🙂

    1. Pak Mailana Priyo L,

      Sebelumnya saya mencari informasi tambahan dulu ya.
      * Setelah Anda memasukkan nomor telepon dan memencet tombol call, layar apakah langsung padam? Kalau tidak langsung padam, kapan layar Anda perhatikan mulai padam?

      * Apakah di layar terpasang screen protector? Kalau iya, screen protector-nya yang bening atau jenis lain?

      * Apakah Anda menggunakan flip cover?

  73. Koh herry mau nanya ni mpe bingung nyerah ngoprek2nya, klo d samsung lama saya klo mau nelpon ketika d tempel d kuping layar mati, ketika d jauhkan nyala lagi, di xperia sp waktu tombol telpon d aktifkan layar mati sampe nanti telpun putus, apa memang seperti itu? Jd klo telpun lwat jaringan net gk bisa d tutup bunyi terus jadi harus buka casing wat neken tombol restat.

    1. Pak Dhimas,

      Di Xperia SP seharusnya sama dengan Samsung yang Anda ceritakan. Apakah di Xperia SP saat ini terpasang screen protector yang cukup tebal atau gelap? Bila tidak ada screen protector yang terpasang, coba lakukan factory reset.

  74. mohon bantuannya pak, saya beli hp ini pertama kali saya coba kameranya bagus kemudian setelah beberapa bulan kameranya sulit fokus, jadi hasil fotonya ngeblur tidak seperti awal saya pakai itu terang tidak ngeblur.

    1. Bu Elisa,

      Maaf baru bisa membalas pertanyaan Anda. Beberapa hari ini aktivitas saya kebetulan sangat padat.

      Ok. Langkah pertama, coba lakukan factory reset. Bila tindakan itu gagal menyembuhkan kamera ponsel Anda, silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi.

  75. mohon dibantu pak, saya beli hp setelah saya pakai klu buat telepon layarnya langsung padam maksudnya biasanya klu hp lainnya buat tlp layarnya akan menyala dan klu kita tempelkan ditelinga baru padam,klu ini tidak asal buat tlp layarnya jd padam jadi klu kita mau mengakiri tlp harus tekan tombol power dulu baru layarnya menyala..mohon dibantu solosinya.

    1. Pak Harsono,

      Apakah saat ini layar ponsel itu dilapisi dengan pelindung layar (screen protector) yang tebal atau gelap? Kalau iya, hal tersebut bisa menjadi pemicu.

      Saya kebetulan pernah mengalami kejadian yang sama dengan Anda. Padahal, saya belum memasangkan pelindung layar ke ponsel tersebut. Solusi yang waktu itu sukses menyelesaikan masalah, ponsel saya factory reset dulu.

    1. Pak Haikal Arya,

      Xperia SP tidak kedap air.

      Btw, ini pada waktu hampir bersamaan kok bisa ada pertanyaan yang mirip ya. Gaya bahasanya pun serupa banget.

    1. Pak Wsputra,

      Maaf, baru pagi ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Karena sesuatu hal, selama berhari-hari saya menghilang dari dunia maya.

      Ya, sebaiknya Anda tetap menambahkan pelindung layar.

  76. Permisi mau tanya ko Herry (HSW)

    Sy br dpt X Sp (brg cuci gudang)kardus msh segel, sy br pertama kali pake sony Xperia.
    sy br menginstal aplikasi bbm,,tp bingung cara nya.
    Bbm gk bs dibuka,mohon bantuanya.
    Terimakasih

    1. Pak Brahma,

      Boleh tolong dijelaskan lebih rinci nggak bisa dibukanya seperti apa? Notifikasi apa yang muncul di layar?

  77. Pak Herry numpang tanya.
    di daerah saya XSP masih ada yg baru, rencana saya mau ambil.
    tp yg jadi prtimbangan, katanya ada rumor kamera XSP gelap dan blur, bagaimana menurut Pak Herry. terima kasih

    1. Pak Yusuf,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban. Sebab, hingga 18 Desember 2015 jadwal aktivitas saya sangat padat plus harus beberapa kali bepergian ke luar kota.

      Boleh tahu Anda berada di kota mana dan harga Xperia SP yang ditawarkan berapa?

      Untuk ukuran saat ini, Xperia SP sudah tidak menarik lho. Namun, kalau kebutuhan Anda tidak terlalu tinggi dan ponsel itu dijual Rp 700 ribuan, Anda masih boleh mempertimbangkannya.

      Hasil jepretan kamera Xperia SP untuk ukuran saat ini memang tergolong kurang mantap.

    1. Pak Ngumar d’Jengkrik,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Xperia SP sudah diskontinyu. Jadi, tak ada patokan harga resminya lagi.

  78. pak herry,

    Sony Xperia saya kok lambat ya kinerjanya ? kalau mode data off, hp normal tidak lambat sama sekali tetapi kalau mode data on hpnya jadi lelet padahal saya tidak menginstall banyak aplikasi, memori internal dan RAM pun masih lega, kadang layar tiba-tiba mati dan susah untuk dinyalakan, 1 bulan sebelumnya sempat hp tiba-tiba restart dan stop di logo SONY lalu saya bawa ke tempat service dan setelah itu normal, tetapi kendala leletnya belum hilang pak malah skrang sering restart sendiri kalau lagi lelet buka aplikasi semacam bbm, whatsapp, facebook dll.

    1. Pak Cahya,

      Boleh tahu ponsel Sony Xperia tipe apa?

      Kalau membaca deskripsi Anda, saya menduga ponsel Anda memiliki RAM maksimal 1 GB. Kalau dihajar untuk menjalankan BBM, WhatsApp, Facebook, dll ya bakal menyerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *