Review Sony Xperia Z1 Compact: Walau Lebih Mungil, Kamera Tetap Mantap

Tak dapat disangkal kalau performa kamera di ponsel Sony Xperia Z dan Xperia Z1 pantas diacungi jempol. Namun, buat sebagian orang, dimensi fisik dua ponsel itu terlalu besar. Sony Xperia Z1 Compact menjawab kebutuhan tersebut. Kemampuan kameranya semantap Xperia Z1, tetapi dengan bodi lebih mungil.

Xperia Z1 Compact berukuran 127 x 64,9 x 9,5 mm dan berat 137 gram. Bandingkan dengan Xperia Z1 yang memiliki dimensi fisik 144,4 x 73,9 x 8,5 mm dan berat 169 gram. Lumayan terasa bedanya kala digenggam, apalagi dimasukkan ke dalam saku.

Z1 Compact-1

Kalau Xperia Z1 dibekali layar lima inci beresolusi 1.920 x 1.080 piksel, Xperia Z1 Compact hadir dengan layar 4,3 inci beresolusi 1.280 x 720 piksel. Ya, di atas kertas resolusi layar Xperia Z1 Compact lebih rendah. Namun, karena bentang layar ponsel itu juga lebih kecil, perbedaan resolusi tersebut relatif tak terasa. Bila dicermati, layar Triluminos di Xperia Z1 Compact malahan lebih enak dipandang mata. Dilihat dari berbagai sudut pun masih cukup jelas.

Kamera utama Xperia Z1 Compact memanfaatkan sensor Exmor RS 1/2,3 inci; lensa Sony G 27 mm dengan bukaan maksimal f/2,0; dan prosesor pengolah gambar BIONZ. Ia mampu memproduksi foto beresolusi maksimal 20,7 megapiksel dan klip video full HD 1080p. Seandainya Anda bingung memahami aneka istilah teknis tersebut, ini penjelasan mudahnya: kemampuan kamera Xperia Z1 Compact setara dengan kamera saku digital Sony. Sudah terbayang kan sekarang?

Satu kamera lain terdapat di sisi depan ponsel. Seperti biasa, spesifikasinya lebih rendah. Resolusi terbesar foto yang dapat dihasilkan dua megapiksel saja. Bila difungsikan sebagai perekam video, ia sanggup memproduksi klip video full HD 1080p.

Z1 Compact-2

Ingin berponsel sambil berbasah-basah? Bisa. Xperia Z1 Compact telah mengantongi rating IP55/IP58. Sehingga, secara teori ia dapat bertahan kala direndam di air sedalam maksimal 1,5 meter selama 30 menit. Penulis sempat iseng menceburkannya ke dalam bak mandi. Saat terbenam di dalam air, beberapa kali penulis melakukan pemotretan asal-asalan memakai tombol fisik kamera yang berada di sisi kanan ponsel.

Hal baru yang penulis temukan di Xperia Z1 Compact, ponsel itu dibekali mesin penjawab telepon alias answering machine. Pengguna leluasa merekam salam pribadi sesuai keinginannya. Pengguna bebas pula menentukan kapan mesin penjawab telepon bakal aktif menerima panggilan telepon yang tak terjawab. Penelepon selanjutnya bisa meninggalkan pesan suara untuk pengguna Xperia Z1 Compact.

Prosesor empat inti (quad core) Qualcomm MSM8974 2,2 GHz, RAM 2 GB, ROM 16 GB, Wi-Fi, bluetooth, GPS, dan NFC merupakan sebagian spesifikasi lain Xperia Z1 Compact. Saat ponsel baru diaktifkan, sebanyak 11,53 GB di antara 11,79 GB memori internal (device memory) berstatus kosong.

Z1 Compact-3

Ponsel yang mendukung layanan HSPA 42 Mbps dan LTE itu menggunakan kartu micro SIM. Bila memori internal dianggap kurang memadai, selipkan kartu microSD ke selot yang tersedia. Selot itu kompatibel dengan kartu memori berkapasitas sampai 64 GB.

Kalau dirangkum, memiliki kinerja minimal setara Xperia Z1 dengan bodi yang lebih ergonomis merupakan kelebihan Xperia Z1 Compact. Bodi ponsel Android 4.4.2 KitKat dengan baterai 2.300 mAh itu juga lebih tidak mudah hangat. Harga yang tak bisa dibilang murah, yakni harga ritel resmi Rp 6,499 juta dan harga pasar Rp 6,45 juta, amat mungkin membuat peminat berpikir berkali-kali dulu sebelum memutuskan membelinya. Apalagi, kinerja pusat perbaikan resmi Sony sedang menjadi sorotan penggemar gawai.

Pesan penulis, bila kelak Anda akan meminang ponsel itu, pertimbangkan membeli Xperia Z1 Compact warna lime alias kuning. Biar tak pasaran dan lebih memikat mata orang lain di sekitar Anda. Satu pesan lagi, jangan lupa meminta bonus power bank kepada penjual.

***

Contoh foto yang dihasilkan Xperia Z1 Compact. Semua pemotretan dilakukan tanpa memakai lampu kilat.

Z1 Compact-4

Z1 Compact-5

Z1 Compact-6

Foto ini dijepret dari jendela kamar sebuah hotel.

Z1 Compact-7

Saat sedang makan malam di sebuah depot, listrik mendadak padam. Iseng diabadikan deh. Sumber cahaya hanya dari lampu darurat yang terlihat di kiri atas foto.

Z1 Compact-8

Z1 Compact-9

Fokus pemotretan di bunga. Pagar rumah terlihat kabur.

Z1 Compact-10

Kali ini fokus pemotretan diarahkan ke pagar.

Z1 Compact-11

Z1 Compact-12

Suatu siang terlihat ada lalat di lantai. Jepret ah.

Z1 Compact-16

Saya cropping di lalatnya saja.

Z1 Compact-13

Dua foto di bawah ini dipotret memakai kamera depan Xperia Z1 Compact.

Z1 Compact-14

Z1 Compact-15

***

Screen capture Antutu Benchmark, Quadrant Standard Edition, dan Android Sensor Box.

Z1 Compact-17

Z1 Compact-18

Z1 Compact-19

Z1 Compact-20

106 thoughts to “Review Sony Xperia Z1 Compact: Walau Lebih Mungil, Kamera Tetap Mantap”

    1. Pak Suwandie,

      He… he… kebetulan waktu menghadiri peluncuran Z3, saya membawa Xperia Z1 Compact. Jadi, sekalian jepret-jepret deh.

    1. Pak/Bu Aridena OSD,

      Kuningnya Xperia Z1 Compact lebih lembut. Kayak warna kulit buah limau itu lho.

    1. Pak Eykin,

      Rp 5,499 juta mestinya juga masih sangat rasional deh. Namun, seandainya Rp 4,099 juta, saya tentu lebih senang. Ha… ha… ha….

    1. Pak Erfan,

      Harga ikut dipertimbangkan ya? Kalau iya, masih lebih mending G2 32 GB yang harga barunya sudah di bawah Rp 6 juta. Kecuali, Anda sangat memerlukan kamera yang jauh di atas rata-rata plus kemampuan tahan air.

  1. Pak Herry, kalau untuk gambar bergerak (minimal orang jalan kaki dengan cahaya ruangan); nge blur ga ? Sekedar saran, saat tes kamera, difoto juga orang jalan kaki atau orang yg lagi beraktifitas di dalam ruangan atau mungkin aktifitas di mall lebih gampang motretnya.

  2. pak minta saran, mau beli HP 3-3,5jtan rekomended apa y? terutama buat gaming+camera.
    Asus zenfone apa Lg g2 mini? thanks

  3. Mantaaaap fotonya bagus bgt, apalagi selfienya bung HSW yg bening 😀

    Kemarin waktu PO sempat pingin ambil Z1 Compact juga, tapi akhirnya ga jadi. Alasannya ya service center itu. Maklum tinggal di daerah, ga ada service center Sony disini.

    Mudah2an Sony ga kapok dan temus bikin Compact yg lain. Intinya tidak banyak penurunan spec, hanya downsize layar saja

  4. Mas Herry, Xperia Z1 Compact ini support USB OTG ga? Penting untuk saya soalnya.. lalu kalau penggunaan sehari2 mas Herry, berapa jam baterenya mas? Makasih..

  5. Pak Herry, review diatas kan nunjukin foto fisiknya Xperia Z1 Compact. Nah yang saya tanyain, motretnya pake HP apa pak? Ga mungkin kan pake Z1 juga. Sorry OOT 🙂 Soalnya hasil jepretannya bagus juga plus jadi tau sampeyan pake gadget apa nih 🙂
    Trus, di smartphone, saya harus pake aplikasi apa pak buat melihat lokasi saya?
    Then, apa bedanya fitur Local dan Maps. Kok terkesan sama?
    Berikutnya, bagaimana caranya agar fitur Navigasi bisa aktif?

    Trims

    1. Pak Adrian,

      Saya jepret memakai kamera Sony NEX-3.

      Untuk melihat lokasi sendiri kan bisa pakai Google Maps.

      Local itu menunjukkan lokasi restoran, kafe, dll di sekitar kita. Maps ya menunjukkan peta. Dari lokasi Anda, pilih lokasi tujuan. Maka, panduan navigasi akan tersaji di layar.

  6. maaf Pak, hasil fotonya sepertinya tidak begitu spesial ya? alias biasa saja, jika merujuk pada besaran angka 20 mega pixel yang disematkan..
    saya coba perhatikan yang gambar fokus di bunga, sama hasil croping lalat…dicermati berkali-kali, hasilnya tidak jauh beda dengan hasil foto ponsel berkekuatan 8 mega pixel punya saya.. 🙂
    saya suka fotografi ponsel…dan sampe saat ini, masih kagum sama No*ia, mulai yang L920 ke atas..
    kalo nanti sudah dapat, mohon review zenfone 6 ya, Pak Herry…sepertinya pixel master-nya lumayan bersaing dengan vendor besar lainnya..
    maturnuwun..

    1. Pak Budianto Gautama,

      Megapiksel setahu saya bukan tolok ukur bagus tidaknya sebuah kamera, melainkan sebatas menunjukkan ukuran foto maksimal yang dapat diproduksi.

      Apakah Anda menggunakan Nokia Lumia 920? Bila iya, kamera di ponsel keluaran 2012 itu memang tergolong dahsyat. Masih berani deh diadu dengan kamera ponsel high end keluaran 2014.

      Saya takkan iseng membeli Zenfone 6. Selain malas berurusan dengan tukang PHP (Pemberi Harapan Palsu), saya sudah cukup kapok membeli produk Asus. Dua kali terakhir membeli gawai Asus, performanya mengecewakan dan harga jual bekasnya turun sangat tajam.

  7. Kebetulan L920, Pak Herry. Pingin nyari yang agak besar (L1020), harganya bikin berpikir ribuan kali… :'(
    Nah, baca euforia zenfone, saya sempet tertarik. Khususnya yang 6 inch.
    Sayang, PHP asus sungguh tak berperikemanusiaan.. 🙂
    Jika pengalaman Pak Herry demikian, setidaknya saya harus lebih berhati-hati. Terimakasih.

    1. Pak Budianto Gautama,

      Sama, Pak. Sejak dulu saya pengin mencoba Lumia 1020. Namun, kok nggak tega mengeluarkan uang sebanyak itu ya. Apalagi, kalau sudah bosan, menjual ponsel Windows Phone dengan harga rasional itu secara umum tak bisa dibilang mudah.

      Iya, Asus Indonesia PHP kelas wahid.

  8. Ko Herry, ada rekomendasi ga untuk android dibawah 5jt, ukuran layar >4″, dan dan hasil kamera depan yg bagus? Saat ini saya menggunakan S3 mini tapi kurang puas dengan hasil kameranya. Selain itu juga saya ingin layar yang lebih luas agar lebih leluasa saat browsing. Terima kasih 🙂

    1. Pak Darul,

      Saya sih lebih suka Xperia Z1 Compact. Selain lebih enak digenggam dan dikantongi, ponsel itu tetap bisa dipakai bila suatu saat kita kehujanan. Pilih Xperia Z1 Compact warna lime atau kuning, Pak. Keren.

  9. Oke pak terima kasih atas jawaban dan sarannya, nah 1 lagi pak terakhir walau belum pernah coba tapi menurut pak Herry lebih baik beli z1 compact atau lg g3? Saat ini z1 compact harganya berapa ya pak?

    1. Pak Darul,

      Saya belum pernah coba G3. Jadi, belum tahu lebih bagus mana dibandingkan Z1 Compact. Kalau nggak perlu kemampuan tahan air, G3 memang terlihat menggiurkan.

      Harga pasar Z1 Compact saat ini sekitar Rp 6 juta.

  10. sepertinya menunggu G3 saja pak kalo harga tidak berbeda jauh, oiya pak apakah ada info mengenai G3 versi 32gb/3gb untuk pasaran indonesia kapan masuknya atau indonesia hanya kebagian yg versi 16gb/2gb

    1. Pak Darul,

      Saya tak berani memastikan apakah kelak G3 varian RAM 3 GB dan ROM 32 GB beredar di sini. Yang kini sudah dalam tahap pre-order adalah G3 varian RAM 2 GB dan ROM 16 GB.

  11. Terima kasih rekomendasinya, Ko Herry. Kl dari produk Sony, kira2 seri apa yang mendekati spesifikasi yang saya inginkan ya? Terima kasih 🙂

    1. Bu Elissa,

      Di lemari saya sudah ada Sony Xperia M2, tetapi saya belum sempat mencobanya. Di atas kertas sih memenuhi syarat. Namun, entah kinerja nyatanya bagaimana.

  12. Pak ini ada sedikit uneg-uneg kenapa ya Indonesia selalu dikesampingkan dengan negara tetangga yg dapet spek lebih tinggi padahal kalau untuk daya beli masyarakat juga mampu dan haus akan spek yg lebih tinggi. Selama ini ada kesan kalau Indonesia tidak diperhitungkan dan di anggap negara gaptek yg ga perlu spek tinggi terkesan di anak tirikan.
    Oiya terima kasih atas jawabannya pak sepertinya bakal beli G3 saja sangat menggiurkan kalau diliat dari spek walau hanya kebagian yg 16gb/2gb

    1. Pak Darul,

      Ada banyak faktor yang menentukan mengapa gawai yang beredar resmi di sini adalah varian spesifikasi A, bukan B dan C. Selain karena kebijakan produsen/prinsipal, hasil negosiasi dengan distributor juga turut berpengaruh. Belum lagi soal estimasi daya serap pasar dll.

  13. Pak herry , bagusan samsung galaxy s4 apa xperia z1 compact ya ? Kalau buat gaming dan nonton video? Apakah z1 compact sudah full HD juga?

    1. Pak Micro,

      Kebetulan saya bukan penggemar game kelas berat. Untuk nonton video, apakah tidak lebih baik mencari ponsel yang berlayar lebih besar? Misalnya, LG G3 yang barusan meluncur. Bila ingin yang lebih murah, ada LG G2. Layar Xperia Z1 Compact tidak full HD, melainkan HD 1.280 x 720 piksel.

  14. Pak Herry,

    Saya berencana membeli hp baru yaitu sony.
    Dengan budget yang terbatas, saya terpaku antara Xperia Z, Xperia ZL, Xperia ZR, dan Xperia T2 Ultra… Memang 3 seri diatas adalah model lama kecuali T2 Ultra yang masih cukup baru dengan layar 6″ namun resolusi masih 720p…?
    Oh ya, apakah bapak tahu maksud dari fitur/teknologi TRILUMINOUS yang terdapat pada T2 Ultra dan Xperia Z2 baru baru ini?
    Posisi harga di kota saya saat ini..
    Xperia Z(LTE) –> 4.9jt
    Xperia ZL –> 4.9jt
    Xperia ZR –> 4.5jt
    Xperia T2 Ultra –> 4.6jt.

    Terima kasih pak…

    1. Pak Felix,

      Triluminos (bukan triluminous) itu mudahnya adalah teknologi layar Sony yang diklaim membuat rentang warna menjadi lebih lebar dan natural. Jadi, tampilan layar jadi lebih berwarna dan enak dipandang mata.

      Menurut saya, Xperia Z LTE, Xperia XL, dan Xperia ZR sudah relatif ketinggalan. Dengan memperhatikan harga jual ponsel Android keluaran terkini, ketiganya sudah kurang menarik lagi. Jadi, saran saya, coret ketiganya.

      Tinggal tersisa Xperia T2 Ultra. Saya kebetulan belum pernah mencobanya. Kalau boleh tahu, Anda menginginkan ponsel Android berlayar minimal berapa inci? Apakah perlu dual SIM? Setelah mendapatkan jawaban, saya akan memberikan saran lanjutan.

  15. Dear Pak Herry,

    Untuk layar minimal adalah 5” (bahkan sekarang vendor2 sudah mulai bertarung dalam ukuran 6″).
    Sejujurnya dalam memilih produk2 smartphone saat ini, saya sangat mempertimbangkan tampilan layar seperti PPI dan ukuran Resolusi.
    Saya sejujurnya cukup tertarik dengan Xperia T2 Ultra, namun yang membuat saya ragu adalah di bagian RAM yang hanya 1GB (apakah masih menunjang untuk perkembangan smartphone beberapa tahun kedepan?) dan tingkat PPI yang hanya 245 dipaksa ke ukuran layar seluas 6″ bukankah akan mengakibatkan tampilan menjadi kurang maksimal???
    Sejujurnya saya juga mempertimbangkan untuk menunggu masuknya Asus Zenfone 6 yang diatas kertas cukup lumayan dengan harga 3,2jt (sebenarnya udah bosen sih nungguinnya).
    Teman saya ada yang membeli Asus Zenfone 5, namun setelah saya coba sepertinya performa nya tidak sepadan dengan specs yang tersedia di internet.
    Mohon bimbingannya pak… Terima Kasih..

    1. Pak Felix,

      Saya belum pernah mencoba Xperia T2 Ultra.

      Untuk Zenfone, saran saya, lebih baik dilupakan deh. Asus Indonesia terbukti telah menjadi PHP (Pemberi Harapan Palsu) nomor wahid kepada konsumen dan diler ponsel di Indonesia. Nah, kalau dalam hal distribusi dan jualan saja (berarti mereka dapat duit kan) Asus terbukti nggak becus, apalagi ketika kelak harus menangani klaim layanan purna jual (berarti mereka keluar duit). Sebelum Asus Indonesia berbenah total, saya cenderung menyarankan jangan membeli ponsel dan tablet merek Asus dulu.

      Kemarin siang saya bertemu seorang teman. Zenfone 5 yang belum sampai sebulan dibelinya dengan harga Rp 2,5 juta sudah mati total. Sama sekali tak mau dinyalakan.

  16. Dear Pak Herry,

    Maaf Pak, Satu pertanyaan bapak belum saya jawab mengenai Dual SIM, dan jawabannya adalah saya tidak membutuhkan fitur DUAL SIM.
    Info saja pak, saya saat ini mengunakan SAMSUNG GALAXY ACE (seri pertama). T.T. hahhaha…

  17. Pak herry,

    Terima kasih pak infonya mengenai asus.
    Alasan bapak masuk akal.
    Boleh saya tahu pak alasan bapak yg menyarankan saya untuk tidak mengambil Xperiz Z maupun ZL di saat ini? Memang itu produk lama, namun saya cukup tertarik dengan spesifikasi ke2 smartphone itu?
    Soalnya mau ambil produk yang baru seperti Xperia Z2 diluar budget…

    1. Pak Felix,

      Alasan saya sederhana. Xperia Z maupun Xperia ZL keluaran lama dan kini sudah relatif tidak diminati pasar. Bila Anda beli, coba sebentar, bosan, lalu dijual, harga jualnya pasti turun tajam.

      Bila Anda sangat menomorsatukan kamera dan berencana memakainya untuk jangka panjang, boleh-boleh saja membeli ponsel tersebut. Pilihan lain yang boleh dipertimbangkan adalah LG G2 16 GB. Harga barunya sudah turun menjadi sekitar Rp 4,7 juta.

  18. Pak herry,

    Ya benar pak. Saya ada melihat barangnya kemarin di erafone.
    Performa dan tampilannya pun oke…

    Terima Kasih Pak atas info infonya…

    1. Pak Rayner,

      Biarpun Liquid E3 jauh lebih murah dibandingkan Xperia Z1 Compact (tak sampai setengahnya), kinerja kamera boleh dibilang setara dan layak diadu. Ini asumsinya tanpa melihat resolusi maksimal kamera dan kemampuan tahan air ya.

    1. Bu Adele,

      Dalam hal kemampuan tahan air dan pemotretan di lokasi yang cenderung gelap, Xperia Z1 Compact lebih unggul daripada G2. Selain faktor-faktor tersebut, G2 lebih menarik daripada Xperia Z1 Compact.

    1. Bu Adele,

      Hmm…. sepertinya saya usai menjawab pertanyaan serupa. Oh, ternyata yang mengirimkan pertanyaan juga Anda.

      Lain kali lebih sabar ya, Bu. Pertanyaan yang masuk akan saya jawab satu per satu kok. Namun, memang tidak bisa selalu cepat.

    1. Pak Dede Sumpena,

      Untuk membuka pengunci layar, seharusnya Anda cukup menyapukan jari di layar. Kalau sampai diminta memasukkan kode, berarti Anda pernah mengaktifkan kode pengunci. Berapakah kodenya? Ya sesuaikan dengan kode yang dulu Anda buat.

      Bila masih menjumpai kesulitan, silakan mampir ke pusat perbaikan resmi Sony.

  19. Pak herry,
    Jika sony z1 dan z1 compact selisih harganya cm 70rb lbh mahal z1, lebih baik pilih yang mana pak?

    Saya lihat d elevenia z1 seharga 5.169.000, sedangka z1 compact 5.099.000

    Saya tertarik hp sony ini karna fitur anti basah dan kameranya..

    1. Bu Fenni,

      Cara memilihnya sederhana. Ponsel mana yang ukuran bodinya lebih cocok dengan keinginan Anda? Itulah yang Anda pilih.

  20. Pak Herry

    Saya tetarik beli ini hape, saya suka kamera dan dimensinya yg mungil, tapi untuk sekarang apakah ponsel ini masih relevan mengingat ponsel ini dah launching lbih dari setaun dan saya barusan baca dah dpt upgrade ke lolipop??? Mohon sarannya ya pak

    1. Pak Ryo,

      Untuk ukuran sekarang, Xperia Z1 Compact sebenarnya belum tertinggal. Namun, bila memang ada anggaran lebih, tak ada salahnya melirik yang lebih baru.

      Kalau Anda mengidamkan ponsel mungil, tahan air, dan berkamera bagus, silakan melirik Xperia Z3 Compact yang merupakan penerus Xperia Z1 Compact. Review bisa dibaca di http://ponselmu.com/review-sony-xperia-z3-compact-cocok-dengan-layanan-lte-operator-gsm-indonesia/

      Kalau tidak harus terlalu mungil dan tak perlu tahan air, Vivo Xshot boleh dipertimbangkan. Menurut saya, kameranya lebih bagus daripada Xperia Z1 Compact dan Xperia Z3 Compact. Meskipun ponsel itu berlayar 5,2 inci, sensasinya seperti memegang ponsel lima inci. Untuk mengetahui lebih rinci tentang Xshot, silakan masuk ke dua tautan berikut:
      http://ponselmu.com/review-vivo-xshot-performa-kamera-imbangi-flagship-lg-samsung-dan-sony/
      http://ponselmu.com/mencoba-mode-kamera-profesional-di-ponsel-vivo/

  21. Hasil foto Xperia z1 compact dan iPhone 5 bagusan mana ya? dan keseluruhan unggul manaa ?
    Soalnya ada rencana buat beli seken sih. Ga trlalu suka hp2 gede soalnya. dan ada mi4i bosen ama miui nya 😀

    1. Pak Isal,

      Tak ada tipe Z1 LTE. Apakah yang Anda maksud Xperia Z1 dan Xperia Z1 Compact? Perbedaan utama dua ponsel itu terletak di layar. Xperia Z1 berlayar 5 inci full HD, sedangkan Xperia Z1 Compact berlayar 4,3 inci HD.

      Lebih bagus mana? Boleh dibilang imbang. Tinggal Anda lebih menginginkan ponsel yang berdimensi fisik lumayan mungil (Xperia Z1 Compact) atau yang berlayar lebih besar (Xperia Z1).

    1. Pak Irfan,

      Terus terang saya sudah lupa baterai ponsel itu dulu bisa bertahan berapa jam saat saya gunakan.

  22. salam,

    saya eks pengguna xiaomi note 2, karena lock lokasi pada maps nya rada lama ane mulai bosen. sekarang lagi lirik z1 ama z1 compact, sebenarnya lebih seneng ama smartphone dengan ukuran yang rada gede,. tapi melirik harga z1 yang sedikit lebih tinggi ane memutuskan memilih z1 compact, dengan mengorbankan ukuran demi harga dan panel ips,. nah gan ada rekomendasi merek.lain gak buat sartphone.yang lock lokasi nya setara dengan xperia (murni gps, tanpa bntuan paket data) ?

    1. Pak Aduu,

      Xiaomi Note 2 atau Redmi Note 2?

      Karena pertanyaan Anda tujukan kepada Pak Gan, kita nantikan jawaban dari beliau ya.

  23. Untuk sekarang Kalau di bandingkan dengan xiaomi mi4, bagusan mana ? Perbandingan di lihat dari semua sisi, kecuali harga. Kalau koh herry pilih yg mana ?

    1. Pak Zikri,

      Tak tahu karena saya belum pernah menguji pakai Mi 4. Kalau Xperia Z1 Compact-nya garansi resmi atau bekas garansi resmi (dan belum pernah dibongkar), saya sih pilih Xperia Z1 Compact. Mi 4 pasti tanpa garansi resmi. Belakangan ini banyak Mi 4 yang merupakan hasil rekondisi.

  24. Teman sy ada jual Xperia z1 compact dgn harga 1,5jt. Bekas. Katanya brg masih bagus. Dan xiaomi mi4 1,7jt baru. Apakah layak beli untuk sekarang ? Atau ada recomend hp dengan harga yg sama ? Atau harganya maks 2jt.

    1. Pak Zikri,

      Xperia Z1 Compact-nya apakah eks-garansi resmi? Kalau iya, mending beli itu daripada Mi 4. Asalkan tidak perlu dual SIM, ponsel itu masih layak beli kok.

      Dengan harga maksimal Rp 2 juta, Anda bisa membeli Asus Zenfone 2 Laser (varian ZE500KL atau ZE550KL) atau Hisense Pureshot baru.

  25. Hallo pak saya mau tanya ada yg jual sony z1 compact docomo dengan harga 1.6
    Nah menurut bapa saya harus membeli sony apa iphone 4s second ya ??? Saya lg bingung pilih hehe

    1. Pak Ade,

      Sama-sama berisiko banget deh. Yang Z1 Compact, karena ada embel-embel DoCoMo berarti bukan untuk pasar Indonesia. Kalau iPhone 4s seken, asal usulnya apakah jelas? Bila Anda beli dari pemilik pertama yang dulu membeli ponsel itu dalam kondisi 100% baru dan bergaransi resmi, mending itu deh.

    1. Pak Denbagus,

      Saya malahan baru mengetahui ada ponsel bernama Experia Z1 Compact nih. Apakah itu replikanya Sony Xperia Z1 Compact?

  26. ko heery saya mau tanya. perbandingan Xperia z compact dengan xiaomi redmi note 4 bagusan mana ya dri sudut pandang kamra dan cpu nya ? soalnya saya pecint game, tp disisi lain saya juga mau hp dengan kamera yang relatif bagus.
    mohon pendapatnya

    1. Pak Irfan R,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di blog ini, pada 15-20 November 2016 saya cuti sejenak karena bepergian ke NTT. Baru hari ini saya kembali aktif.

      Tidak ada ponsel bernama Xperia Z Compact.

      Redmi Note 4 saya belum pernah coba dan memang tidak tertarik mencobanya karena tidak bergaransi resmi.

  27. Pak herry
    Di daerah saya ada Sony Xperia Z1 Compact dengan budget 1,4jt dengan kelengkapan hp,batrai saja .saya sempet tergiur itu abal-abal apa asli ya ?

    1. Pak Andy,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

      Kemungkinan bukan abal-abal. Namun, bisa jadi sudah pernah dibongkar atau baterainya telah minta diganti baru.

  28. iya tidak apa apa. malah saya berterimakasih atas ketersediaan ko herry membalas komentar saya.

    maaf bila saya salah menyebutkan type hp. maksud saya sony xperia z1 compact

    1. Pak Irfan R,

      Oh, Xperia Z1 Compact. Saya tak ingat baterai ponsel itu dulu bisa bertahan berapa jam. Kalau tak salah ingat mulai pagi sampai petang.

  29. selamat sore pak Herry, saya tertarik sony karena kualitas camera nya…
    1. apakah sony z1 masih layak di pake utk 2 tahun kedepan ?(rencana mau beli sony z1 bekas harganya di rentang 1.5 – 2 jt)
    2. diluar sony untuk budget di bawah 2 jt hp apa yang di sarankan terutama dari segi kualitas camera ?
    3 menurut pribadi pak Herry lebih nyaman mana antara z1 compact/ 4.3 inchi dan yg 5 inchi
    terimakasih pak Herry atas review nya juga atas dedikasi nya yg sabar untuk menjawab berbagai pertanyaan2 pembaca…. salam dari Bandung

    1. Pak Jery,

      1. Kalau ceritanya Anda baru akan beli, mending jangan deh. Sudah terlalu berisiko.

      2. Silakan membeli Hisense Pureshot Rp 1,299 juta atau Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL sekitar Rp 1,8 juta.

      3. Mending cari ponsel berlayar lima inci.

  30. Dear pak Herry,

    Saya ada mau beli hp bekas. Ditawarin sony xperia z1 (saya gak tau ini ada embel2 docomonya atau gak, sampe saya tulis komen ini saya belum liat barangnya) dan LG G2 32gb.

    Soal harga gak terpaut jauh, lebih murah 200rb buat LG.

    Saya perlu handphone dengan hasil kamera yg bagusss dan dual sim. Menurut bapak saya baiknya pilih handphone xperia atau LG ya?

    1. Pak Rizky,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Kebetulan saya baru pulang dari luar kota dan laptop yang sehari-hari saya pakai untuk membalas tumpukan pertanyaan mendadak tak mau menyala.

      Jawabannya, bukan keduanya. Lha dua ponsel yang Anda sebutkan itu bukan dual SIM. Padahal, Anda mencari ponsel dual SIM.

  31. Hehe, iya ya pak mereka pada single sim.
    Kalau untuk hasil kamera, secara nyata bagusan mana pak?

    Btw, saya perempuan pak 🙂

  32. Pak herry saya bingung butuh bantuan dari bapak, mau beli hp yang camera depannya bagus dan udah 4g, tp cuman punya dana 1 jt menurut pak herry beli hp apa ya pak, rencananya si mau beli xperia z1 compact batangan / xperia z1 klo gak redmi yang harganya terjangkau, mohon masukannya pak herry sebelumnya terimakasih

    1. Pak Mulyo,

      Dengan kriteria seperti itu, saya tak berani memberikan rekomendasi ponsel.

      Hmm… saat ini membeli Xperia Z1 atau Xperia Z1 Compact sudah sangat berisiko lho. Kemampuan baterai amat mungkin sudah menurun signifikan.

  33. pak, jadi menurut bapak membeli sony Xperia Z1 sudah tidak direkomendasikan lagi ya pak ?

    karna saya dr dulu ngincer sony Xperia Z1 hehehe
    lalu bagaimana dengan sony Xperia Z2 pak ?

    terimakasih pak

      1. Pak Herry

        terima kasih pak sudah membalas
        saya selalu menunggu review” di web ini

        waah padahal saya suka pak hp varian tsb
        dan saya cuma incar anti air dan kamera nya itu pak
        karna perkerjaan saya yang menuntut untuk punya hp “tahan segala medan”

        kalo xperia z3 masih recomend lah ya pak ..

        1. Pak Nugro,

          Xperia Z3 masih boleh deh. Yang sebaiknya sudah dihindari itu Xperia Z2 dan generasi sebelumnya.

  34. Hmmm,,, saya suka sekali dengan ulasan dan review dari om herry sw,, selalu lugas dan real menurut pengalaman langsung ( bukan copas dan hanya katanya kayak yg lain ,,, heheh)
    bisa sebagai referensi serta menambah wawasan ,,,sangat membantu sekali ,,, kita yg sedang mencari dan memilih device yg recomended,,,
    Btw tadinya saya mau minta saran dan pendapatnya antara z1 compact docomo dan mi4i kira2 untuk photography ponsel bagus yg mana ? tapi diatas saya simak ulasan om tentang daya tahan umur batrai ,,merupakan masukan juga yg perlu saya pertimbangkan ,,, ,, tapi kalau boleh saya tau,,, dari sudut pandang om kira2 dari ke2 ponsel itu mana yg bagus untuk potomgraphi ya om,,,, coz secara dari harga seken gak beda jauh saat ini,, antara 1 s/d 1,2jt,, mohon saranya , thanks

    1. Pak Sinyo,

      Terima kasih atas apresiasinya.

      Xperia Z1 Compact Docomo berarti pasti tanpa garansi resmi. Usia ponsel juga sudah cukup lama. Jadi, saran saya, langsung coret deh.

      Mi 4i kameranya bagus. Masih ada peluang dapat unit yang masa garansi resminya belum habis. Mending ambil ini deh.

  35. Teman saya ingin menjual Xperia Z1 harganya 1,1 jt. Perasaan saya curiga takut hp nya error, gimana apa saya ambil saja hp itu?? Mohon sarannya.

    1. Pak Alvin,

      Hmmm… barang bekas garansi resmi atau bukan? Usia Xperia Z1 sudah tergolong lama. Baterainya kemungkinan sudah mulai rusak lho. Saya nggak berani merekomendasikan Anda untuk membelinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *