Review Sony Xperia Z3 Compact: Cocok dengan Layanan LTE Operator GSM Indonesia

Bila untuk “versi reguler” Sony menghadirkan Xperia Z, Z1, Z2, dan Z3, hal serupa tidak berlaku untuk versi Compact. Setelah Xperia Z1 Compact, Sony langsung menawarkan Xperia Z3 Compact. Tak ada Xperia Z2 Compact di tengah-tengah dua tipe ponsel tersebut.

Sama dengan sebelumnya, Sony memilih tidak mengikuti jejak produsen merek global lain yang memangkas habis-habisan spesifikasi ponsel versi mini. Perbedaan utama versi Compact dengan “versi reguler” hanya pada dimensi fisik dan bentang layar. Prosesor yang digunakan sama. Spesifikasi kameranya juga kembar. Jadi, mudahnya, Xperia Z3 Compact adalah versi mungil Xperia Z3 yang harga ritel resminya lebih mahal Rp 2 juta.

Xperia Z3 Compact-1

Xperia Z3 Compact berukuran 127 x 64,9 x 8,6 mm dengan berat 129 gram. Panjang dan lebarnya persis sama dengan Xperia Z1 Compact. Meskipun demikian, bentang layar Xperia Z3 Compact ternyata lebih besar: 4,6 inci versus 4,3 inci. Hal tersebut bisa diwujudkan karena bezel atau bingkai di sekeliling layar Xperia Z3 Compact lebih tipis ketimbang Xperia Z1 Compact. Layar dua ponsel itu sama-sama beresolusi 1.280 x 720 piksel.

Beralih ke bobot dan ketebalan bodi. Berat Xperia Z3 Compact lebih ringan delapan gram daripada Xperia Z1 Compact. Ketebalan ponsel juga lebih tipis: 8,6 mm melawan 9,5 mm. Dengan volume keseluruhan produk yang lebih mungil dan ringan, kapasitas baterai yang dibenamkan ke Xperia Z3 Compact justru lebih besar. Di dalam ponsel itu tertanam baterai berkapasitas 2.600 mAh. Xperia Z1 Compact dulu dibekali baterai 2.300 mAh saja.

Xperia Z3 Compact memanfaatkan prosesor empat inti (quad core) Qualcomm Snapdragon 801 MSM8974AC 2,5 GHz. Wi-Fi, bluetooth, NFC, GPS, RAM 2 GB, ROM 16 GB, dan selot microSD merupakan sebagian spesifikasi lain ponsel itu. Memori internal ponsel Android 4.4.4 KitKat tersebut digabung dalam satu partisi. Saat ponsel belum diutak-atik, ruang kosong yang tersedia mencapai 10,73 GB.

Xperia Z3 Compact-2

Satu-satunya selot kartu SIM di Xperia Z3 Compact berada di sisi kiri bawah ponsel. Ia menggunakan kartu SIM berukuran nano. Asalkan didukung operator GSM yang dipakai, pengguna berpeluang menikmati layanan akses data HSPA dengan kecepatan unduh sampai 42 Mbps. Pengguna bisa mengunci ponsel supaya selalu berada di jaringan 3G (HSPA termasuk di dalamnya).

Kalau Anda rutin mengamati perkembangan, menjelang akhir 2014 ini para operator GSM giat melakukan tebar pesona. XL, Telkomsel, dan Indosat gencar mempromosikan layanan 4G/LTE. Layanan yang realitanya di sini masih prematur itu dicitrakan sedemikian rupa. Sehingga, suatu operator terlihat paling awal, paling siap, dan paling ngebut.

Saat ini para operator GSM di Indonesia menggelar layanan LTE di frekuensi 900 MHz. Tahun depan, layanan LTE bakal dijalankan pula di frekuensi 1.800 Mhz. Dua frekuensi tersebut cocok dengan spesifikasi Xperia Z3 Compact. Jadi, pemilik ponsel itu tak perlu membeli ponsel baru lagi ketika ingin mencicipi LTE.

Xperia Z3 Compact-19

Sudah jelas dengan aneka paparan di atas? Sekarang saatnya mengupas fitur-fitur menarik lain Xperia Z3 Compact. Kamera dan kemampuan tahan air menjadi duet senjata utama ponsel itu.

Kamera di sisi belakang Xperia Z3 Compact dilengkapi fokus otomatis dan lampu kilat. Ia menggunakan lensa 25 mm Sony G dan diklaim Sony merupakan ponsel pertama di dunia yang mendukung ASA/ISO hingga 12.800. Kemampuan maksimalnya menghasilkan foto beresolusi 20,7 megapiksel dan klip video Ultra HD 4K. Sementara itu, kamera depan ponsel siap memproduksi foto 2,1 megapiksel dan klip video full HD 1080p.

Pada musim hujan seperti saat ini, rating IP65/68 yang dimiliki Xperia Z3 Compact terasa bermanfaat sekali. Pengguna tak perlu khawatir kala ponsel terkena air. Mau direndam air di kedalaman 1,5 meter selama 30 menit pun boleh kok.

Kalau dulu pengguna ponsel tahan air Sony sering kesulitan ketika ingin memotret di dalam air, kini aktivitas itu bisa dilakukan dengan lebih mudah. Pasalnya, Xperia Z3 Compact dibekali fitur touch block. Layar ponsel takkan bergerak liar kala ponsel diceburkan ke air.

Xperia Z3 Compact-17

Xperia Z3 Compact-18

Berikut langkah-langkah sederhana untuk melakukan pemotretan di dalam air. Jalankan kamera, aktifkan touch block, lalu terjunlah ke kolam renang. Bidik objek yang diinginkan, kemudian jepretlah memakai tombol fisik kamera. Saat ponsel dipegang dalam posisi horizontal alias mendatar, tombol fisik itu berada di kanan atas bodi. Tuntas memotret di dalam air, bawalah ponsel ke permukaan. Selanjutnya, nonaktifkan touch block dengan menyapukan jari dari kiri ke kanan layar.

Masih ada satu fitur unik lain. Xperia Z3 Compact dilengkapi perekam layar alias screen recorder. Tampilan dan pergerakan layar bisa diabadikan dalam sebuah file video. Kepiawaian pengguna saat bermain game, misalnya, dapat direkam. Pengguna bebas memutar ulang video itu kapan saja. Ingat, screen recorder berbeda dengan screen capture. Screen recorder menghasilkan klip video, sedangkan screen capture menghasilkan gambar.

Apakah sisi minus Xperia Z3 Compact? Sampai mulai mengetikkan huruf pertama naskah ini, terus terang penulis masih bingung menentukannya. Xperia Z3 Compact merupakan ponsel Sony Xperia seri Z keenam yang penulis uji pakai. Sebelumnya penulis telah mencoba Xperia Z, ZL, Z1, Z1 Compact, dan Z2. Hasilnya, Xperia Z3 Compact adalah Xperia seri Z terbaik yang pernah penulis gunakan.

Kamera bagus, tahan air, dan relatif tidak mudah panas menjadi perpaduan cantik Xperia Z3 Compact. Baterainya juga sanggup bertahan seharian penuh. Bila jaringan operator sedang optimal dan pemakaian penulis tak terlalu tinggi, baterai itu malahan mampu menyalakan ponsel selama 24 jam tanpa henti.

Kekurangan yang kemudian penulis cari-cari, Xperia Z3 Compact tidak dilengkapi remote control ala Sony Xperia ZL. Saat dulu memakai Xperia ZL, penulis leluasa mengendalikan televisi dan aneka perangkat elektronik lain dari jarak jauh. Bukan hanya merek Sony, melainkan merek lain pula. Misalnya, televisi LG dan Sharp. Aktivitas mengatur volume, mengubah saluran, dan memadamkan televisi dapat dilakukan dengan lancar. Seandainya fitur itu ditanamkan ke Xperia Z3 Compact, ah… pasti lebih asyik.

Xperia Z3 Compact-3

Harga ritel resmi Xperia Z3 Compact saat ini Rp 6,499 juta. Pemilik toko ponsel seringkali menawarkannya di kisaran harga Rp 6,3 juta. Sekadar pembanding, pada saat bersamaan Sony Xperia Z3 dibanderol Rp 8,499 juta. Sampai 31 Desember 2014, setiap pembeli Xperia Z3 berhak mendapatkan bonus satu unit Xperia E1 single SIM.

Bila akhirnya Anda memutuskan membeli Xperia Z3 Compact, mintalah penjual menunjukkan varian warna hijau dan mandarin orange. Siapa tahu Anda tertarik. Dua warna itu tidak pasaran lho. Hijaunya mendekati warna telur asin, sedangkan yang oranye agak condong ke merah.

Sesampai di rumah, lakukan dua hal tambahan ini. Pertama, masuklah ke settings, display, lalu gulirkan (scroll) layar ke bawah. Centanglah kotak kosong di samping tap to wake up. Kedua, carilah aplikasi Screen Off and Lock buatan Katecca di Play Store. Unduh dan instalasikan.

Sudah? Untuk menyalakan layar, kini Anda cukup dua kali mengetukkan jari di layar. Sedangkan untuk memadamkan layar, sentuhlah ikon Screen Off. Tombol power berbahan aluminium di sisi kanan Xperia Z3 Compact hanya perlu dipencet saat Anda ingin mematikan atau mengaktifkan ponsel.

***

Beberapa contoh foto yang dijepret menggunakan Xperia Z3 Compact.

Xperia Z3 Compact-4

Mengintip dari balik tirai kantor di sebuah gedung bertingkat.

Xperia Z3 Compact-5

Xperia Z3 Compact-6

Xperia Z3 Compact-7

Suatu petang di Surabaya. Pemotretan tanpa lampu kilat, ASA/ISO 6.400.

Xperia Z3 Compact-8

Rela antre demi burger premium.

Xperia Z3 Compact-9

Xperia Z3 Compact-10

Xperia Z3 Compact-11

Dijepret di sebuah restoran yang nasi gorengnya berporsi jumbo. Tanpa fitur background defocus.

Xperia Z3 Compact-12

Fitur background defocus diaktifkan. Latar belakang objek terlihat lebih bokeh.

Xperia Z3 Compact-13

Iklan koran berikut ini dipotret saat makan malam di sebuah depot. Pencahayaan tidak terlalu terang.

Xperia Z3 Compact-14

Xperia Z3 Compact-15

Peringatan! Dilarang memakai foto di bawah ini untuk mengusir tikus atau hama wereng. Foto dihasilkan oleh kamera depan Xperia Z3 Compact.

Xperia Z3 Compact-16

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi RAM awal.

Xperia Z3 Compact-20

Xperia Z3 Compact-21

Xperia Z3 Compact-22

114 thoughts to “Review Sony Xperia Z3 Compact: Cocok dengan Layanan LTE Operator GSM Indonesia”

  1. wah keren ya pak herry hasil foto-fotonya?
    btw pak herry selama mereview smartphone sony xperia pernah mengalami pink spot engga hasilnya?
    pengen beli sony tapi aku terbayang2 service center nya sony yang suka php!

  2. Wah keren, makasih reviewnya pak 🙂
    Btw, secara umum kalo dikomparasi dengan Z1 compact lebih unggul yang ini ya?
    Oh iya, untuk kualitas output stereo speakernya gimana pak? Ngadep depan ada pengaruh yang signifikan gak? Makasih sebelumnya 🙂

    1. Pak/Bu Dian,

      Iya. Lebih asyik Xperia Z3 Compact dibandingkan Xperia Z1 Compact.

      Soal speaker yang menghadap ke depan, saya merasa suara notifikasi lebih jelas. Mungkin gara-gara posisi speaker itu ya.

    1. Pak Hendra,

      Saya belum pernah mencoba Xperia Z3. Jadi, belum bisa menjawab pertanyaan Anda.

      Karena sudah menguji pakai Xperia Z3 Compact, terus terang saya kurang bernafsu mencicipi Xperia Z3 lagi. Kan secara umum mirip-mirip tuh.

    1. Pak Steven,

      Xperia Z3 Compact berlayar 4,6 inci. Cuma beda tipis dengan 4,7 inci lho. 🙂

      Kalau cari yang harganya lebih murah, boleh melirik LG G2 Mini. Review sudah lama diunggah ke blog ini.

  3. Pak Herry, ngomong2 tiap mereview gadget/smartphone itu hasil beli sendiri atau pinjam. vendor? Terus habis itu di kemanakan ? Maaf Pak Herry cuma pengin tauuu ajaaa!Saya
    ini penggemar bapak sejak siaran di Radio tiap sore.Lupa aku nama Stasiun Radionya yg
    di Surabaya itu Lho Pak! Oh iya JJ FM kalau nggak salah pak yaa? Waktu BB masih barang
    mahal.Trima Kasih kalau di respon pak.Kalau enggak ya Gpp.Saya cuma ingin memberanikan
    diri saja Pak.Terima kasih.

    1. Pak Sunarto,

      Sumbernya macam-macam. Ada yang milik sendiri, dari toko, teman, distributor, hingga pabrikan.

      Kalau berstatus milik sendiri, bila sudah bosan biasanya saya pajang di Ubaya.com. Sesekali saya jual via Twitter @herrysw.

      Oh, zaman saya mengasuh talkshow Bincang Seluler (Binsel) di JJFM ya, Pak. Sudah lama banget itu.

  4. aku niatnya ke toko sony mo beli z3c. uda nyoba pegang2 n sgt nyaman digenggaman. hehehehe..
    tp akhirnya beli z3 gede krn dpt diskon Rp.1jt berupa sony xperia E1 single sim. jd, aku dpt z3 seharga Rp.7.5j.
    setelah 2 hari, sptnya tuj aku ganti hp bs dipenuhi oleh z3, walo ada bbrp fitur yg ga bs aku pake spt wkt msh pake LG G2.

  5. Selamat malam Pak Herry….
    Saya sudah sering baca + dgr mengenai SC SONY yg “Top Markotop” itu, nah slama Pak Herry menggunakan Xperia utk direview,apa Bapak pernah mengalami masalah yg serius?
    Soalnya stlh baca review Pak Herry soal Z3C ini, saya jadi tertarik Pak… mengingat ukuran layarnya yg tdk terlalu besar…
    makasih Pak… hehehe

    1. Pak Edwin,

      Sampai sekarang service center Sony masih “top markotop” kok. Namun, dari waktu ke waktu saya melihat ada perubahan ke arah yang positif. Semoga saja segera top markotop yang sebenarnya. Selama pakai Sony Xperia, saya belum pernah mengalami masalah yang serius.

  6. Saya sebenarnya berminat sama Z3 compact, cuma yg bikin saya ragu kan port USB buat chargernya kan ada flap penutup dr karet. lah klo sering buka tutup gt kan lama2 longgar. selama om herry pake smua tipe Z series, apa prnh mngalami flap penutup port usb-nya longgar?

    1. Pak Ronny,

      Saya belum pernah mengalami penutup port USB sampai longgar. Namun, usia pemakaian ponsel saya memang tak sampai setahun ya. Saya tidak mengetahui bagaimana kondisi port USB itu bila ponsel dipakai selama, misalnya, tiga tahun.

      Sekitar dua minggu sejak mulai memakai Xperia Z3 Compact, saya tak sengaja menemukan penjual kabel magnetik seperti ini http://s14.postimg.org/5yb7upupd/IMG_20141225_114145.jpg. Sekarang saya memakai kabel tersebut. Saya tak perlu membuka penutup konektor micro USB di sisi kiri atas ponsel. Saya cukup melekatkan kabel magnetik di konektor yang posisinya berada di tengah-tengah selot kartu SIM dan konektor micro USB.

  7. 1. kabarnya sony sdg bersiap bagiin lolipop ke seri z.
    2. kabel magnetik itu bs beli dimana, her? klo ke toko, bilangnya beli kabel magnetik buat sony seri z, gitu?

    1. Pak Toge,

      1. Iya, isunya begitu.

      2. Beli online. Sebentar, saya carikan alamat email penjualnya. Ini dia: rbgandre@gmail.com. Harga Rp 95 ribu. Dulu penjual bilang kabel magnetik itu kompatibel dengan Xperia Z1, Z2, dan Z3. Iseng saya coba untuk Xperia Z3 Compact dan ternyata bisa.

    1. Pak Wibawa,

      Terus terang saya tak ingat ponsel apa saja yang dilengkapi sensor temperatur. Sepertinya populasinya sangat jarang. Seingat saya, Samsung Galaxy S4 ada sensor temperaturnya.

  8. klo pengalaman om herry sw selama pake magnetic cable, kkuatan magnetnya bgmn om? apakah bisa menempel cukup kuat, apa mudah lepas? klo mudah lepas kan repot jg, kesenggol dikit bisa lepas…

    1. Pak Ronny,

      Asalkan ditaruh di meja sih bisa menempel kuat. Kalau ponsel sambil digenggam tangan, ada risiko goyang.

  9. oh ya, lupa mau tnya jg. itu kan magnetic kabelnya bukan resmi dr sony, namun aksesoris pihak ketiga, nah kualitas magnetic kabelnya apakan bagus?
    maap double posting…

    1. Pak Ronny,

      Untuk pemakaian jangka panjang terus terang saya belum tahu kualitasnya bagaimana. Kalau dengan pemakaian selama ini, kinerjanya bagus sih. Saya coba perhatikan dan hitung, kabel magnetik bukan orisinal itu bisa melewatkan arus sampai sekitar 1,3A.

    1. Bu Tati,

      Saya belum pernah mencoba Xperia T3. Jadi, belum tahu layak beli atau tidak.

      Rp 3 jutaan itu berarti sampai Rp 3,999 juta kan? Silakan melirik LG Nexus 5.

  10. Maaf OOT, tlg sekali2 review smartphone produk nya asus, pak herry… terutama yg terbaru dr jenis padfone… sy kok tertarik dg fitur dan harga… tp pengin lihat performa nya dulu.. 🙂
    terimakasih.

  11. klo dipake gampag panas gak pak?
    btw ponsel sony suka banyak aplikasi bawaan yang gak kepake, cara uninstall-nya gimana tuh pak? selamat natal dan tahun baru 😉

    1. Pak Yudhi,

      Selama saya gunakan tidak pernah panas. Maksimal hangat, itu pun tak terlalu sering.

      Soal aplikasi bawaan, tinggal masuk ke settings, apps, lalu all. Pilih aplikasi yang tidak Anda butuhkan. Ada yang bisa di-uninstall, ada pula yang tidak. Kalau tidak bisa di-uninstall, saran saya, tekanlah tombol disabled.

      Btw, aplikasi bawaan Sony tidak sebanyak aplikasi bawaan Samsung. Kalau untuk merek lokal, yang aplikasi bawaannya sangat banyak dan mayoritas tidak bermanfaat adalah merek Cyrus.

    1. Pak Diandra,

      Xperia Z3 Compact itu sebenarnya saya ajak berbasah-basah. Namun, foto saat ponsel basah maupun hasil pemotretan kamera Xperia Z3 Compact saat berendam di dalam air tidak saya unggah. Lha foto bak mandi. Kan nggak cantik. 🙂

  12. Saya mau beli z3 compact pak. Cuma saya khawatir karena banyak yg bilang kameranya itu muncul pink spot. Dan apakah benar bisa dibawa berenang ? Waterproofkah atau water resist ? Thanks pak

    1. Bu Hikmah,

      Setelah tuntas mengunggah review Xperia Z3 Compact, saya baru mengetahui kalau di luaran sana sempat ada kasus pink spot. Saya lalu mengecek ponsel saya dan baik-baik saja. Hal serupa terjadi di Xperia Z3 Compact milik teman.

      Ada yang bilang, kasus pink spot itu ditengarai baru muncul di sebagian ponsel yang oleh pemiliknya sengaja di-root. Saya pribadi kebetulan tak pernah nge-root ponsel.

      Xperia Z3 Compact memiliki rating IP65/68. Sesuai kriteria rating itu, ponsel boleh direndam di air tawar bersuhu normal dengan kedalaman maksimal 1,5 meter selama maksimal 30 menit. Rating tersebut tidak mengatur soal berenang. Menurut saya, asalkan Anda berenang di kolam yang tidak terlalu dalam (anggaplah sekitar satu meter), mestinya masih boleh. Namun, kalau berenangnya di kolam yang dalam, sebaiknya dihindari. Saya khawatir ponsel tidak kuat menahan tekanan air yang terlalu kuat.

      Btw, kalau di kolam renang gitu kedalaman maksimal biasanya berapa meter ya? Kebetulan saya tak bisa berenang.

  13. alhamdulillah ko Herry, 3 hari lalu saya sudah beli Z3 Compact ini di plaza marina.
    Sampai saat ini ane cukup puas dgn performa gadget sony ini (yg sebelumnya saya pakai M2 D2305).

    Terima Kasih ko Herry… Heepy New Year 2015

  14. Pak Herry,
    saya cuma mau tanya dan memastikan, apakah nama file hasil foto di semua smartphone Sony menggunakan nama DSC…. ?
    Jika ya, itu berarti merupakan salah 1 kekurangan bagi saya.
    Mungkin tidak semua orang menganggap penting penamaan file hasil foto, namun bagi saya termasuk cukup penting, karena setau saya biasanya nama file hasil foto dari smartphone Android adalah IMG_(tahunbulantanggal)_(jammenitdetik) yang bisa menginformasikan waktu kita mengambil foto walaupun foto tersebut sudah diedit, yg biasanya setelah diedit maka file foto tersebut akan menunjukkan waktu (modified) saat terakhir diedit.
    Walaupun masih bisa dengan cara menggunakan aplikasi Camera 360 yg penamaan file hasil fotonya bisa seperti Android standard dan waktu(tanggal dan jam) nya bisa tercetak di sebelah kanan bawah hasil foto (timestamp) seperti waktu jaman masih feature phone Sony Ericsson, contoh K750i, sudah ada fitur timestamp.

  15. pak herry mau nanya, saya baru beli Z1 compact, setelah 2 minggu pemakaian tiba2 hp saya sering mati sendiri yang sebelumnya ada peringatan suhu tinggi daya dimatikan padahal hp saya tidak panas, dan itu terjadi terus bahakan bisa dalam waktu 5 menit pemakaian setalah di on kan. bagaimana itu pak herry solusinya, dan kenapa seperti itu? tks pak

    1. Bu Maria,

      Coba lakukan satu langkah sederhana dulu. Lakukan factory reset. Kalau masih sering mati sendiri, berarti ada masalah di hardware. Silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi Sony.

  16. mau nanya pak hery, xperia z3 compact kan ada usb host nya…, apa itu artinya bisa baca flashdisc dan senacamnya… ? dan selama bapak pake xperia z3 compact apa sudah pernah digunakan tuk baca flashdisc

  17. makasih jawabannya pak, ow iya bapak herry, kan xperia z3 compact itu frame nya dari plastik yang agak transparan katanya…, itu ngehilangin kesan mewahnya gak pak…? dan perlindungannya gimana, apa gampang pecah…?

    kalau antara iphone 6 dan xperia z3 compact mending pilih hp yang mana pak…?

    1. Pak Yudi,

      Betul. Tetap terlihat mewah kok. Saya biasanya memakai jelly case transparan yang tipis. Bodi terlindung, keindahan ponsel tetap terlihat. Ada seorang kenalan yang Xperia Z3 Compact-nya terjauh keras. Frame-nya tidak pecah berantakan kok. Namun, ujung ponsel yang menjadi pusat benturan memang bocel. Hal itu wajar sih.

      Saya belum pernah mencoba iPhone 6.

  18. Sore pak herry, saya pakai z3 compact.. baru pertama saya tes berenang dari awal saya beli baru 2 minggu.. tp tiba2 lsg blank dan mati hpnya.. padahal smua port tertutup.. muncul light warna merah di pojok kiri atas dekat audio jack. Bisa tlg dibantu knp? Thanks before

    1. Pak Ery,

      Maaf baru bisa merespons pertanyaan Anda hari ini. Karena ada perpindahan server, pada 6 Februari 2015 pukul 00.01 sampai 8 Februari 2015 pukul 06.00 saya tak bisa membalas pertanyaan maupun memposting naskah baru.

      Sudah sempat coba di-charge, Pak? Hal yang bisa saya bantu adalah menyarankan Anda segera membawa ponsel itu ke pusat perbaikan resmi Sony.

      1. Sore pak hery, ternyata bukan hanya saya yg mengalami hal layar tiba2 jadi blank, sempat liat2 bbrapa forum jg banyak yg mengalami. Hp tetap menyala ( notifikasi apapun tetap masuk ) namun layar tetap blank saja. Dan sdh ada yg bawa ke service center namun hasilnya masih blm ketauan sampai skr, ada yg sudah kurang lebih 16 hari kerja jg tp blm ada reportnya..

  19. pak hery.

    salam kenal, saya pengguna baru produk sony, sudah lebih 1 minggu saya menggunakan z3C, sampai sejauh ini saya merasa puas dgn perform z3C, kecuali baterai. sebelum saya memutuskan membeli z3C, saya bnyak membaca referensi dari berbagai situs. dan banyak yg menyatakan kemampuan daya tahan baterai yg mampu bertahan 2 hari pemakaian normal.

    yg ingin saya tanyakan, knp z3C saya saat pengisian sudah 100% cepat sekali berkurang di kisaran 99% dalam waktu tidak sampai 10 menit. padahal Stamina Mode sudah aktif, dan saya tidak melakukan aktifitas internet. Apakah xperia z3C pak hery jg demikian?? namun yg saya heran, jika baterai sudah 90an % saya sempat bertahan selama hampir 2 hari, namu dengan aktifkan modus stamina mode.. Apakah pernyataan baterai z3C bertahan 2 hari selama pemakaian normal itu karena dengan aktifkan Stamina Mode?

    1. Pak Edi Rachman,

      Soal kondisi baterai, yang Anda alami normal kok. Mengacu kepada pengalaman saya mencoba aneka ponsel, dari 100 persen ke 99 persen biasanya memang cepat.

      Soal klaim Sony yang menyatakan bahwa baterai Xperia Z3 Compact bisa bertahan dua hari, asumsinya stamina mode tidak aktif. Total pemakaian ponsel per hari mencapai lima jam. Aktivitas yang dilakukan terdiri atas telepon, SMS, browsing, media sosial, main game, kamera, mendengarkan musik, dan memutar video. Detail durasi masing-masing aktivitas tidak saya ketahui. Kondisi sinyal operator juga tidak diketahui.

      Selama memakai ponsel Xperia Z3 Compact, saya praktis tak pernah mengaktifkan stamina mode. Dalam mode normal, daya tahan baterai masih memungkinkan ponsel saya pakai seharian kok.

  20. berarti untuk penggunaan setiap hari,modus Stamina Mode itu tidak di anjurkan ya pak?

    oh iya pak hery, saya pernah baca artikel review lensa sony QX10 kalau tidak salah, jika di banding kan dengan kamera sony z3Compact, secara keseluruhan lebih baik mana pak?

    1. Pak Edi Rachman,

      Saya cenderung tidak menganjurkannya. Alasannya, ngapain pakai smartphone mahal-mahal kalau kemudian performanya dibatasi ini-itu demi menghemat baterai.

      Hasil jepretan QX10 lebih bagus.

  21. Pak Herry, pengalaman bapak menggunakan Z3 compact, dianjurkan menggunakan soft case ato custom skin menempel back side Z3co? Mengingat frame samping dan back side saya perhatikan sptnya hrs dilindungi, krn bahan hard plastic dan kaca pastinya rawan baret? Banyak jg keluhan Z3co direndam air, ada yg selamat ada pula yg tak selamat, kira2 masalahnya human error usernya ato QC Sony yg kurang bagus?

    1. Pak Fuad,

      Saya lebih memilih penggunaan jelly case transparan. Bodi terlindung, kecantikan ponsel pun tetap terlihat.

      Soal Xperia Z3 Compact yang tidak selamat usai direndam air, saya tak berani memastikan karena human error atau pengendalian kualitas Sony. Idealnya saya melihat sendiri proses perendamannya seperti apa.

  22. hallo ko, saya tertarik sekali untuk membeli Z3c ini setelah membaca ulasannya ko. yang ingin saya tanyakan, apa ponsel lain yang dapat dibandingkan speknya di kiisaran harga yang sama ? Bagaimana dengan iPhone 6 ko ?
    Gadget terakhir yang saya pakai Tab 2 selama 2,5 th terakhir dan harus pensiun karena rusak.
    Thanks ko

  23. Oke ko. Kalau dengan iPhone 5s bagaimana ? Perbandingannya terutama untuk kamera dan hasil jepretannya lebih yahud mana ko ? Z3c kan 20,7 mp ya ?

    1. Bu Ciara,

      Maaf, saya belum pernah menguji pakai iPhone 5s. Jadi, belum tahu jawabannya.

      Oh ya, sekadar informasi, besar kecilnya megapiksel tidak menentukan hasil jepretan kamera lebih yahud atau tidak. Hasil jepretan ponsel berkamera, sebut saja, 5 megapiksel bukan mustahil justru lebih bagus daripada hasil jepretan ponsel berkamera 15 megapiksel.

  24. Halo ko, saya pengguna z3 c. Saya beli buln 1, tp sblm 2 bln hp suka mati hidup sendiri,trs di bawa ke servis center di upgrade sofware atau apa saya nggk tau normal lagi, kemudian buln selanjutnya mati total, kalo mau ngidupin mesti di kaeetin dlu tombol power sama up volume nungggu sehari baru idup,begitu trs sampaai sekarang, bagaimana menurut ko hery?mesti diapakan hp nya? kalau di kirirm ke jkrta pihak ssjogja bilang selama 30-90 hari kerja untuk perbaikan,itupun kalau tidak antri.

    1. Pak Benny,

      Karena sudah mati total, ya sebaiknya dibawa ke pusat perbaikan resmi Sony. Namun, harus banyak berdoa biar cepat selesai ya.

  25. awalnya saya berencana beli hape ini, namun ternyata lmyn byk kasus sudden death utk z3 compact. mohon saran pak, saya butuh hp kecil spt z3c ini, tidak perlu anti air jg kog, yg penting pengoperasiannya cepet minim ram 2gb, kamera bagus terutama saat low light, layarnya jg oke (byk pinginnya ternyata, hehehe) tp harganya jg reasonable. terima kasih

    1. Bu Anni,

      Maaf baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada hari ini. Sesuai pengumuman yang saya tuliskan di blog, jawaban atas pertanyaan yang masuk pada 24-30 Mei 2015 akan mengalami penundaan. Pada rentang waktu tersebut saya sedang berada di Beijing, Tiongkok, untuk mengikuti Lenovo Tech World.

      Kalau tidak sekecil Xperia Z3 Compact, tetapi RAM 2 GB dan kamera bagus apakah mau? Kalau mau, beli Acer Liquid Jade warna putih saja. Harga jauh lebih murah daripada Xperia Z3 Compact.

  26. Siang pak, Salam Kenal..Xperia z3 saya tiba2 hari ini tidak bisa connect,tdk ada signal..tp bisa di pake kalo pake wifi. hapenya jadi panas sekali..udah saya mati kan Dan hidupkan …tp sekarang ini suka nge blank…pas enak2 baca..layar hitam..jadi saya harus tekan tombol power lagi…gimana solusinya….tks sbelumnya

    1. Bu Ratna,

      Coba lakukan factory reset. Bila masalah serupa tetap muncul, silakan membawa ponsel Anda ke pusat perbaikan resmi Sony.

  27. Hello Pak
    Mantap ya reviewnya. Terima kasih.
    Saya hampir 6 bulan ini pake z3 compact dan merasa pas banget. Tapi kok belakangan stelah upgrade ke Lolipop jadi cepet panas ya? Apa pengaruh tegangan listrik/powerbank juga? Terima kasih balasannya.

    1. Bu Felly,

      Usai update ke Lollipop, apakah Anda sudah melakukan factory reset? Setelah menjalani major update (misalnya, dari Kitkat ke Lollipop) idealnya ponsel di-factory reset dulu.

  28. Pagi pak, salam kenal. Masih bingung nih mau beli sony z2 apa z3, kalo dilihat dari speknya lebih unggul mana ? terima kasih balasannya

    1. Bu Masitha Nisa,

      Kalau anggaran tak masalah, ya silakan ambil Xperia Z3. Spesifikasi dan kinerja lebih oke.

  29. sebelum anda membeli silahkan cek tentang sudden death,ini cacat produk yg dialami jutaan konsumen diseluruh dunia termasuk saya,atau kalau ada yg sudah mengalami…relakan saja…tidak ada obatnya…
    saya hanya mengingatkan saja tentang teliti sebelum membeli….

  30. saya baru beli z3c baru pakai sebulan sudah vonis sudden death.
    bagi yang masih berfikir akan membeli sony silahkan berfikir beribu ribu kali lgi.
    saya customer yang di kecewakan oleh produk ini 🙂
    semua data hilang karna mati total dengan mendadak (kondisi tidak masuk air)
    sy sudah tidak ambil pusing mau hp itu balik atau tidak. karna sy fikir itu anggap saja saya buang sial sudah membeli sony 🙂

  31. Selamat malam Pak Herry,
    Minggu kemarin saya baru membeli sony Z3, tadinya saya mau beli yg z3c tapi ternyata kata salesnya sudah ditarik dr penjualan karna banyak yg komplain dgn produk tsb..
    Yg saya mau tanyakan adalah apa sony Z3 juga ada keluhan semacam itu?
    Kalau iya saya ingin langsung menjual sony ini dan menurut Pak Herry hp apa yg speknya menyerupai sony ini ya pak? Terimakasih

    1. Bu Widya,

      Wah, sales-nya ngaco tuh. Dugaan saya, stok Xperia Z3 Compact di tokonya habis. Jadi, dia berusaha mengarahkan Anda ke Xperia Z3.

      Xperia Z3 Compact barang bagus kok. Demikian pula Xperia Z3.

      Boleh tahu Anda membeli di toko apa?

  32. Saya beli di store sony lt.4 di roxy mas..
    Maaf Pak saya mau tanya lagi, untuk kamera depan sony Z3 kalau didalam ruangan (rumah) kondisi malam hari pencahayaan kurang, kamera depannya memang kurang bagus ya Pak?

    1. Bu Widya,

      Saya tak hafal kondisi gerai di Roxy Mas Jakarta. Kira-kira itu toko ponsel milik perorangan atau showroom resmi Sony ya?

      Spesifikasi kamera depan di ponsel biasanya memang lebih rendah daripada kamera belakangnya. Wajar kalau saat pencahayaan kurang, hasil jepretan kamera menjadi kurang bagus.

    1. Bu Widya,

      Oh, toko milik distributor tho. Namun, penjelasan yang diberikan kepada konsumen kok ngaco begitu ya.

  33. Mo tanya pa,sony z3 sy blank screen setelah foto2 di air.masih bisa nyala,tombol volume ma power jg berfungsi.tp screen sama skli blank,ga ada respon sama sekali.mohon dibantu pak.terimakasih .

  34. Mau tanya,xperia z3compact dengan M5 mana lebih bagus?
    Saya denger2 pd z3 compact mode kamerra superior auto nya hanya 8 mega pixel…..apa bener gitu?

    1. Bu Dartika,

      Tak tahu. Saya belum pernah mencoba Xperia M5.

      Benar. Mode superior auto 8 megapiksel. Kalau ingin 20,7 megapiksel, tinggal diubah ke mode manual. Mode manual di Xperia Z3 Compact itu sebenarnya otomatis juga. Bedanya, fitur auto scene tidak aktif.

  35. Mau nanya,mana lebih bagus z3 compact apa M5? Kameranya besaran m5,kok harganya mirip…?

    Saya denger kamera z3 compact mode superior auto nya cuman 8 mega pixel,pdhal kamera utamanya 20.7MP,apa benar gitu pak?

    1. Bu Dar,

      Biasakan mengirimkan pertanyaan satu kali saja. Pertanyaan pertama Anda sudah saya jawab di tempat Anda kali pertama mengetikkannya.

  36. Selamat siang.
    Z3c saya mengalami suddendeath.
    Sy coba dwngrade ke kitkat, namun hanya 2mgu aman. Hr ini kumat lagi.

    Minta informasi untuk solusinya.
    Sudah frustasi, pemakaian baru 1th 1bln

    Terimakasih

    1. Pak Willy,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Saran solusi dari saya, cobalah membawanya ke pusat perbaikan resmi Sony. Btw, Anda menyebutkan ponsel itu mengalami sudden death. Namun, akhirnya berhasil Anda hidupkan lagi secara mandiri ya?

  37. Pak Herry,
    tgl 16 feb 2016 saya bawa ke ssc di roxy
    hari ini saya call untuk mengetahui progressnya
    namun hanya diinfo seperti ini :
    “hp bapak tidak dapat diperbaiki”
    kenapa?
    rusak pada mesin utama.

    sudah gitu saja.
    muak banget karena kalau dilihat harganya mungkin hp ini berkualitas
    tapi seperti gagal produk kalau dibilang oleh ssc nya
    yg aneh ssc tapi tidak memberikan alternatif seperti ganti mesin atau apapun

    adakah saran / solusi / kenalan yg bisa bantu saya pak herry?
    please contact via wa / sms saya di 085711219186

    really need help

    1. Pak Willy,

      Ini terkait Xperia Z3 Compact itu ya? Masa garansi resmi sudah habis? Kalau sudah habis, berarti mesti cari tempat servis independen. Masalahnya, saya tak tahu tempat servis indenpenden mana di Jakarta yang bagus.

      Maaf, saya tidak melayani kontak via SMS dan WA.

  38. Boss, z3c punyaku kok layar atas sebelah kiri mulai renggang ya, pengaruh apa itu, pdhal tdk pernah jatuh atau terbentur. Bgmna solusix bossku?

    1. Pak Ryan,

      Tak tahu. Saya tak pernah mencoba ponsel DoCoMo. Ada risiko spesifikasinya tidak sesuai dengan kondisi jaringan di Indonesia lho. Suku cadangnya juga belum tentu sama dengan ponsel bergaransi resmi Indonesia.

  39. Mf mau tanya pak hp sy z3 compact. Skrg kendalanya cra buka panel pemberitahuan kok punya sy hrus di miringkan dulu ya posisi hp nya?
    Pada umumnya android utk buka panel pemberitahuan kn ckup d tarik dr atas k bawah ya. Tp punya sy hrus di miringkan lbh dhlu br bS. MINTA SOLUSINYA

    1. Pak Dede,

      Ini maksudnya ponsel harus dimiringkan ke kiri/kanan dulu? Hal itu tidak normal. Coba periksakan ke pusat perbaikan resmi deh. Kemungkinan besar ada masalah di hardware.

  40. Pak Herry, saya mau tanya. apakah sony xperia z3 seken (gede bukan compact), kondisi mulus, harga rp 3,5 jt. Masih layak beli untuk saat ini?
    Terimakasih.

    1. Pak Ryan,

      Kalau Anda mengejar kamera bagus dan tahan air, masih boleh sih. Namun, bila memungkinkan, harga coba ditekan sampai Rp 3 juta.

    1. Pak Jeffry,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Kalau Anda tak perlu dual SIM, masih layak beli.

  41. Kebetulan ada teman yg nawari z3 compact kemarin pak, minta 1,2jt. Menurut pak herry gimana, untuk standar saat ini apakah masih layak & worth it? Thx…

  42. Counter sony termurah di surabaya apa yaa..?
    Apakah z3c dengan harga 3,8jt ditoko online saat ini masih layak beli? Mohon pencerahan smartphone compact kondisi baru dg baterai tahan lama (browsing & video), gak panasan tp anggaran max.4jt. Matur suwun.

    1. Pak Herry,

      Tak ada satu toko yang pasti selalu termurah deh.

      Buat saya sih sudah tak layak beli. Prosesor sudah uzur dan tidak dual SIM. 🙂

      Nggak ada deh. Ponsel keluaran terkini lebih banyak yang berlayar 5,5 inci. Yang berlayar 5 inci pun spesifikasinya cenderung lebih rendah, apalagi yang berlayar lebih mungil lagi.

  43. Ko Herry
    sony xperia z3 compact sy baterainya udah kembung sampe tutup belakangnya lepas.
    apa punya tempat yang recomended untuk menggantinya di surabaya ??? jangan di servis resmi karena lama nginepnya.
    Terima kasih

    1. Pak Richard,

      Terus terang tak ada rekomendasi yang pasti punya stok suku cadangnya nih.

      Coba ke Khing GSM di WTC lantai 2 atau Cititech di Plasa Marina lantai 2 deh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *