Review Sony Xperia ZL: Anak Tiri yang Ternyata Menarik

Sony Xperia ZL hadir bersamaan dengan Xperia Z. Namun, sejak awal, ia seolah dianaktirikan. Aneka promosi yang dilakukan nyaris selalu menonjolkan Xperia Z yang berpenampilan fisik cantik plus tahan air dan debu. Xperia ZL hanya disinggung sepintas sebagai ponsel dengan spesifikasi sama dengan Xperia Z, namun tanpa kemampuan tahan air dan debu. Tanpa harapan berlebihan, penulis mencoba si anak tiri tersebut.

Xperia ZL berdimensi fisik 69,8 x 131,6 x 9,8 mm dan berat 151 gram alias lebih pendek, lebih sempit, lebih tebal, dan lebih berat dibandingkan Xperia Z. Saat digenggam, Xperia ZL justru terasa jauh lebih nyaman daripada Xperia Z. Permukaan belakangnya yang kasat membuat pengguna tak khawatir ponsel bakal terpeleset dari tangan.

Xperia ZL-1

Konektor audio 3,5 mm untuk menancapkan handsfree berkabel terletak di bagian atas ponsel. Sedangkan konektor micro USB sebagai penghubung kabel data maupun charger berada di sisi kiri. Tombol volume, tombol power yang terbuat dari logam, inframerah, dan tombol kamera berderet di sisi kanan Xperia ZL.

Di sekeliling permukaan belakang Xperia ZL terdapat gurat alias garis yang agak dalam. Hal tersebut mungkin membuat pengguna berusaha membuka ponsel untuk melihat baterai dan selot kartu. Padahal, ponsel itu sebenarnya memanfaatkan baterai berkapasitas 2.370 mAh yang ditanamkan.

Untuk memasangkan nomor GSM dan kartu memori eksternal, pengguna cukup menyelipkan ujung kuku ke lekukan kecil di bagian bawah ponsel. Ungkitlah dengan perlahan. Kemudian, selipkan kartu micro SIM dan microSD ke selot yang tersedia.

Xperia ZL-2

Sama dengan Xperia Z, Xperia ZL dibekali layar sentuh lima inci beresolusi 1.080 x 1.920 piksel yang mampu menyajikan sampai 16,7 juta warna. Layar dengan Mobile BRAVIA Engine 2 dan panel OptiContrast itu sanggup menampilkan gambar maupun tulisan dengan prima. Di bawah layar ada lampu mungil yang dapat berpendar aneka warna. Ia akan menyala waktu, misalnya, ada SMS masuk dan panggilan tak terjawab.

Ponsel bersistem operasi Android 4.1.2 Jelly Bean itu dibekali dua kamera. Kamera belakang yang menggunakan sensor Exmor RS dilengkapi fokus otomatis dan lampu kilat. Ia mampu menghasilkan foto beresolusi 13 megapiksel dan klip video full HD 1.920 x 1.080 piksel. Performanya patut diacungi jempol. Sebab, di berbagai tingkat pencahayaan, kamera tersebut tetap sanggup menghasilkan gambar yang relatif mengesankan.

Satu kamera lain terletak di sisi depan ponsel. Posisinya bukan di atas layar seperti yang rutin dijumpai di aneka ponsel, melainkan di kanan bawah ponsel. Foto dan video yang dihasilkan beresolusi maksimal dua megapiksel.

Prosesor empat inti (quad core) Snapdragon S4 Pro 1,5 GHz, RAM 2 GB, HSPA 42 Mbps, Wi-Fi, bluetooth, GPS, dan NFC merupakan sebagian spesifikasi lain Xperia ZL. Ketika pengguna belum mengutak-atik ponsel, sisa memori internal yang dapat dioptimalkan mencapai 10,95 GB.

Xperia ZL-3

Selama menguji pakai Xperia ZL, ada satu fitur yang sangat penulis sukai, yaitu remote control. Berbekal remote control dan inframerah di ponsel itu, penulis bisa mengendalikan televisi dan beragam peranti elektronik lain dari jarak jauh. Penulis sempat memadukannya dengan televisi Sony, LG, dan Sharp di berbagai tempat. Hasilnya, aktivitas mengatur volume, mengubah saluran, dan memadamkan televisi dapat dilakukan dengan lancar.

Fitur yang tak tersedia di Sony Xperia Z itu sebenarnya bisa pula dijumpai di Samsung Galaxy S4. Namun, menurut penulis, pengaturan awal remote control di Xperia ZL lebih sederhana daripada di Galaxy S4.

Baterai yang ditanamkan, baris notifikasi yang masih bisa diakses ketika ponsel terkunci, dan informasi perkiraan waktu siaga yang terlambat update menjadi sisi minus Xperia Z. Selain beberapa hal tersebut, Xperia ZL merupakan ponsel yang menarik.

Buat mayoritas pengguna ponsel, kemampuan tahan air adalah fitur yang “menarik dimiliki”, bukan “wajib tersedia”. Kalau Anda termasuk kelompok mayoritas itu, meminang Xperia ZL tampaknya lebih bijak daripada membeli Xperia Z. Sebab, dengan perbedaan fitur yang sangat tipis, selisih harga jual resmi dua ponsel tersebut kini mencapai Rp 1,5 juta. Xperia ZL dipatok Rp 5,999 juta, sedangkan Xperia Z Rp 7,499 juta. Dalam pantauan penulis, pemilik toko di pusat penjualan ponsel seringkali menawarkan Xperia ZL Rp 5,925 juta.

Catatan: saat naskah ini diunggah ke Ponselmu.com pada 26 Juni 2013, harga ritel yang disarankan untuk Xperia Z telah turun menjadi Rp 6,999 juta.

149 thoughts to “Review Sony Xperia ZL: Anak Tiri yang Ternyata Menarik”

  1. Pak Herry, tolong tanya di SONY yang smartphone level high-end kan sering dijumpai BRAVIA engine, nah itu sebenarnya bekerja di bidang tampilan layar, atau kinerja HP ya ?
    Lalu secara fitur dan kinerja (dari selama pegangannya, bukan hanya dari segi spesifikasi), berarti persis ya sama Xperia Z ?

    1. Pak Rianto,

      BRAVIA engine itu untuk tampilan layar. Selain tampilan fisik, perbedaan utama antara Xperia ZL dan Xperia Z adalah:
      * Xperia ZL tidak tahan air, sedangkan Xperia Z tahan air.
      * Xperia ZL dilengkapi inframerah untuk remote control, sedangkan di Xperia Z tidak ada.

  2. maaf pak herry, pertanyaan saya berbeda jauh nih, saya sedang mencari hp cdma yang baterainya tidak boros untuk aktivitas telepon yang sering dengan budget 400 ribu ke bawah, apakah bapak punya saran?

    1. Pak Andre Larantaka,

      Coba cari Samsung E189. Karena barang terbatas dan praktis tak ada pesaing dari merek global, harga ponsel itu terus merangkak naik. Kondisi terakhir, harganya sekitar Rp 310 ribu.

  3. melihat catatan dari pak herry, berarti harga zl sudah terkoreksi ke 5,5jtan dunk? kbetulan ane mau beli ponsel ini

    1. Pak Saeful,

      Yang barusan turun harga Xperia Z, bukan Xperia ZL. Kondisi terkini sebagai berikut:
      * Harga resmi Xperia Z Rp 6,999 juta, sedangkan Xperia ZL tetap Rp 5,999 juta.
      * Jadi, kini selisih harga resmi keduanya Rp 1 juta, bukan Rp 1,5 juta lagi. Menurut saya, Xperia ZL masih tetap boleh dilirik.

  4. Malam pak herry
    sya salah satu pengguna xperia ZL..saya mau bertanya sdikit..pas pak herry menguji hp ini.apakah d gunakan untuk browsing menemui kendala?? Soalnya d xperia ZL yang saya gunakan.saya merasakan browsing internet sangat lambat loadingnya,padahal wkt saya pakai samsung S3 gak menemui kendala ini.padahal saya menggunakan operator yang sama..kenapa bisa gini pak?bisakah pak herry memberi saya solusi..soalnya saking lambatnya loading,sampe2 bikin kesel dan pengen jual aja ni hp..hehehe
    Maaf ya pak kalau kepanjangan..trims pak

  5. Pak Herry (lho, yang bertanya dan menjawab sama-sama Herry. he.. he… he..),

    Selama menguji pakai Xperia ZL saya rutin memakainya untuk browsing. Aktivitas itu bisa dilakukan dengan baik, kecuali layanan data operator sedang mabuk.

    Coba lakukan browsing memakai koneksi Wi-Fi yang dipastikan kencang. Apakah loading-nya tetap lama?

  6. Ok pak..akan saya coba dulu dengan wifi..nah umpama kalau kemungkinan terburuk dengan wifi msih juga lambat..ada solusi lain gak pak???
    Maaf ya pak agak cerewet nanyanya,soalnya saya sangat merasa terganggu sekali dengan koneksi yang lambat ini…malahan saya buka Play store aja sama sekali gak mau kebuka pak..
    Sekian pak..sekali lagi trima kasih ya pak

    1. Pak Herry,

      Solusi kedua terakhir, coba lakukan format alias factory data reset. Btw, kalau membuka Play Store pun tak bisa, mestinya yang salah koneksi internetnya, bukan ponselnya.

      Kalau masih dianggap lambat, solusi paling akhir membawanya ke pusat perbaikan resmi Sony.

  7. Pak Herry, menurut anda lebih worth it beli ZL ini atau Lenovo K900 aja ya ? Karena kalo dilihat-lihat nanti K900 kan juga bakal 5 jutaan sama ama ZL ini.

    Penggunaan email, browsing, HD gaming.

    1. Pak Rianto,

      Xperia ZL kini dibanderol Rp 5,499 juta. K900 kemungkinan besar akan dijual dengan harga ritel Rp 4,999 juta.

      Belum tahu nih lebih menarik mana. Kalau hanya melihat foto di internet, tampilan fisik sih lebih keren K900. Prosesornya “hanya” dual core, namun memakai punya Intel yang konon menarik. Entah bagaimana realitanya. Saya belum pernah mencoba ponsel dengan prosesor Intel. Baterai sama-sama ditanamkan alias tak bisa dilepas pasang.

  8. Pak saya mau nanya, saya pengguna xperia zl juga, saya keluhkan justru koneksi wifi dgn menggunakan xperia zl ini lambat, terkadang suka hilang timbul, padahal saat saya gunakan hp lain, koneksi wifi nya bagus, kenapa ya pak?

    1. Bu Putri,

      Kecepatan Wi-Fi biasanya lebih dipengaruhi oleh kecepatan koneksi internet yang ada di titik akses Wi-Fi tersebut.

      Soal koneksi Wi-Fi yang timbul tenggelam di Xperia ZL, saya tidak mengalaminya. Cobalah me-reset dulu ponsel Anda. Bila koneksi Wi-Fi tetap timbul tenggelam, silakan membawa ponsel itu ke pusat perbaikan resmi Sony terdekat. Mungkin ada masalah dengan hardware.

  9. Kalau ketahanan baterai Xperia ZL ini bagaimana, mas? Karena sepengetahuanku layar FullHD 1080P sangat menguras baterai hp. Thanks….Karena sekarang harganya sangat mengoda 5,2jutaan aja.

    1. Pak Roy,

      Dengan perilaku pemakaian ala saya, saya lupa tepatnya daya tahan baterai Xperia ZL berapa jam. Seingat saya mulai pagi sampai sore, maksimal 12 jam.

      Tentang harga Xperia ZL, kalau dalam waktu dekat jadi membeli ponsel itu, coba iseng mampir ke gerai Sentra Ponsel yang biasanya ada di pusat penjualan ponsel atau mal, Pak. Setahu saya sedang ada promo. Kalau pakai kartu kredit Bank Mega, harga Xperia ZL jadi Rp 4,899 juta. Sedangkan dengan metode pembayaran lain harga ponsel itu menjadi Rp 4,999 juta. Pembeli juga akan mendapatkan bonus backcover, entah bentuknya seperti apa.

  10. Wah boros juga ya….jadi Xperia SP 14jam, ZL 12jam….Xperia apa yang baterainya paling tahan lama? Karena posisi pekerjaanku membuatku lebih sering turun ke lapangan dan sangat direpotkan bilamana bentar-bentar udah harus di-charge dan kurang menyukai jikalau membawa powerbank ke mana-mana. Thanks

    1. Pak Roy,

      Kalau kondisinya seperti itu, saran saya, nomor yang dipakai untuk bertelepon dan ber-SMS sebaiknya dipasangkan ke feature phone alias ponsel dengan fitur standar banget. Nomor itu sebaiknya tidak diselipkan ke smartphone yang selalu terkoneksi ke internet.

      Daya tahan smartphone yang selalu terkoneksi ke internet, bila aktif dipakai, nyaris selalu kurang dari 24 jam.

  11. Jadi gitu….bagaimanapun juga saya butuh smartphone yg ada game yang menarik,kamera bagus,dsb daripada BB yg monoton tiada game bagus. Ada saran smartphone yg baterai tahan lama selain Lenovo P780? Boleh OS apa saja asal bukan Blackberry lagi yg monoton.

    1. Pak Roy,

      Bagaimana kalau Samsung Galaxy Note 2? Alternatif lain yang berharga jual lebih terjangkau, Lenovo P770.

  12. Pak Herry, diantara Xperia ZL, LG Nexus 4 dan Xperia SP dari segi harga dan performa mana yang lebih menarik? Thanks, Pak.

    1. Pak Angger,

      Permukaan layar Xperia ZL sama dengan Xperia ZL. Setahu saya, Sony tak pernah menyatakan kalau ponsel itu memakai Gorilla Glass. Sony hanya menyebutnya “Shatter-proof sheet on scratch-resistant glass”.

  13. Wah saya sudah punya galaxy note II… Ukuran yang besar cukup menyulitkan masuk saku… Bila ZL dibandingkan dengan galaxy grand pakai 1 kartu sim, lebih awet baterai mana ya? Mengingat review mas sebelumnya grand 2 kartu aktif hanya 8jam saya estimasi hanya 10 jam bila 1 kartu yg aktif dan lbh boros drpd ZL tahan 12 jam, benar?

    1. Pak Roy,

      Saya tak berani memastikan lebih boros mana: Galaxy Grand dengan satu kartu atau Xperia ZL. Dugaan saya sih masih tetap lebih boros Galaxy Grand.

  14. Pak heri xperia zl saya punya masalah, yaitu speaker khususnya buat musik, nada dering, nada pesan tidak bisa mengeluarkan suara. Tapi speaker buat telepon masih berfungsi. Bagaimana hal ini?

    1. Pak Angger,

      Ok. Coba lakukan factory data reset. Kalau hal itu tak membantu, kemungkinan hardware speaker-nya yang bermasalah. Sempatkan waktu untuk mengunjungi pusat perbaikan resmi Sony.

  15. Sudah saya reset hasilnya nihil. Kemarin saya bawa ke service center kemungkinan disuruh nunggu sampai 3 bulan karena akan dibawa ke pusat(Jakarta)

    1. Pak Angger,

      Anda berada di kota mana? Bila barang harus dikirimkan ke Jakarta, memang ada waktu tunggu yang lumayan lama. Namun, seharusnya tak sampai tiga bulan deh.

  16. Saya tinggal di denpasar. Kalau misalnya saya bawa ke tempat service hp umum bisa atau tidak pak? Melihat baterai xperia zl menyatu dengan body dan butuh alat khusus untuk membukanya.

    1. Pak Angger,

      Kalau Anda tinggal di Denpasar, waktu tunggu mestinya tak sampai tiga bulan deh. Wajarnya satu bulan.

      Saran saya, jangan membawa Xperia ZL itu ke tempat servis umum. Sebab, garansi resmi akan langsung hangus.

  17. Ajaib pak heri, baru saja speaker berfungsi kembali secara normal secara tiba-tiba. Adakah penjelasan tentang ini?
    heran sekali deh.

    hehe.

    1. Pak Angger,

      Hmm… tak ada penjelasan logis terkait kasus ini. Kalau penjelasan tidak logisnya, ponselnya takut dibawa ke “rumah sakit”. πŸ™‚

    1. Pak Angger,

      He.. he.. he… kadang penyakit ponsel memang aneh ya. Jadi teringat ponsel teman saya, beberapa tahun lalu. Ponselnya sempat bertingkah aneh. Dipakai menelepon keluar juga tak bisa. Waktu tak sengaja bertemu saya, teman saya itu menunjukkan ponselnya untuk diperiksa. Eh, baru saya pegang, belum diapa-apain, “penyakit”-nya sudah hilang semua.

  18. Pak Herry…
    Saya ada pertanyaan, seandainya levovo P780 sdh masuk Indonesia, dgn melihat spesifikasi masing2 dan kesepadanan harga, Pak Herry lebih merekomendasikan P780 atau Xperia ZL?
    Terima kasih atas penjelasannya..

    1. Pak Indra,

      Asumsinya saya memberikan rekomendasi hanya berdasarkan spesifikasi dan harga, tanpa mencobanya dulu ya. Kalau P780-nya dijual sesuai rencana awal, Rp 2,999 juta, saya lebih menyarankan P780.

  19. Pak Herry,
    kalo seandainya harga xperia Z sama dengan xperia ZL (di gerai2 okeshop menawarkan Z dan ZL dengan harga sama 5.499.000 plus ada promo potongan harga), dengan kelebihan dan kekurangan masing2, Pak Herry lebih memilih yang mana? kenapa Pak?
    Terima kasih atas penjelasannya

    1. Pak Indra,

      Wah, pilihan sulit nih. Dari kenyamanan pemakaian, saya lebih memilih Xperia ZL. Namun, Xperia Z kan aslinya berharga jual lebih mahal daripada Xperia ZL. Kalau kemudian harganya sama, berarti Xperia Z-nya dapat diskon lebih besar.

      Setelah merenung, saya memutuskan tetap memilih Xperia ZL. Alasannya:
      * Lebih nyaman digenggam.
      * Fitur remote control di Xperia ZL buat saya lebih bermanfaat daripada fitur tahan air di Xperia Z.

  20. Pak Herry
    Saya menggunakan Sony XPERIA ZL, Sejak saya instalkan BBM untuk android batereynya boros, dalam sehari kadang dicas 2 kali,
    1. Apakah experia zl bila di cas hidup batrenya cepat “rusak”?
    2. Cara cas yang baik bagusnya gimana?
    3. Aplikasi Penghemat batrey apa yang bagus/
    Maaf ni…kepanjangan..

    1. Pak Sukri,

      Bila pemakaian BBM Anda tergolong tinggi, wajar kalau baterai ponsel jadi harus lebih sering di-charge.
      1. Proses charging akan lebih lama. Dalam jangka panjang, siklus hidup baterai lebih cepat berakhir.
      2. Selama baterai diisi ulang, ponsel sebaiknya padam total.
      3. Menggunakan aplikasi penghemat baterai akan percuma bila Anda aktif menggunakan ponsel Anda untuk online. Xperia ZL dilengkapi stamina mode. Anda bisa mengoptimalkannya untuk menghemat konsumsi baterai.

  21. mau tanya ni hp aku kan xperia zl tpi penggunaan batare nya cpt habis.
    gmana solusinya. apa brafia enginenya hrz dimatikan ato tdk

    1. Pak Arif,

      Maaf baru bisa menjawab pertanyaan lagi. Karena padatnya aktivitas, sampai minggu pertama Desember 2013 saya akan lambat dalam merespons pertanyaan.

      Cepatnya habisnya itu maksimal bertahan berapa jam? Selama rentang waktu tersebut, aktivitas apa saja yang Anda lakukan?

      Mematikan bluetooth, Wi-Fi, GPS, dan Bravia Engine saat tidak diperlukan dapat membantu menghemat konsumsi baterai.

  22. pak..saya menggunakan experia zl. baterai cepet sekali habis dan bahkan tidak sampai setengah jam cover belakang cepat menjadi panas(digunakan untuk browsing)..sudah pakai status hemat daya tanpa d gunakan yg berarti pesentase daya beterai msh ngedrop jg. kenapa y pak?

    koneksi internet dan wifi jg lambat d bandingkan hp yg sy gunakan dulu samsung advance.

    mohon penjelasany..terima kasih

    1. Bu Reni,

      Cepat habisnya itu dalam berapa jam? Kalau membaca cerita Anda, mulai dari bagian belakang yang cepat panas hingga koneksi internet non-Wi-Fi, saya lebih mencurigai masalah terjadi di operator GSM yang Anda gunakan. Performa operator itu tidak sebagus dulu.

      Terkait koneksi Wi-Fi yang lebih lambat, mestinya tak dipengaruhi oleh ponsel. Kalau lemah kuatnya sinyal Wi-Fi, bukan kecepatan koneksi, setiap ponsel memang bisa berbeda.

  23. salam pak Herry, saya pembaca baru situs anda dan saya sangat suka dengan gaya Review anda. saya sangat suka dengan hal-hal yang berbau teknologi.
    saat ini saya ingin mengganti smartphone saya xperia J , pilihan pertama jatuh ke xSP, tapi setelah di pikir lagi saya lebih tertarik dengan xperia ZL ini. pertanyaan saya apakah teknologi xperia ZL ini masih cukup buat 2014 ini nanti? lalu bagaimana dengan kualitas kameranya? karna saya sangat menggilai fotografi. di range harga tersebut apakah ada yang menyamai xperia ZL dengan kamera lebih baik? terima kasih atas jawabannya.

    1. Pak Faid,

      Karena salah satu kriteria utama Anda tampaknya kamera, lebih baik Anda membeli Xperia ZL daripada Xperia SP. Sampai akhir 2014, saya rasa Xperia ZL masih belum ketinggalan zaman.

      Di kisaran harga sama, Anda bisa coba mencari Oppo Find 5. Kameranya boleh diadu dengan Xperia ZL. Namun, harga jual Oppo bekas hancur lebur ya, Pak.

  24. Pak Herry, kalau di compare sama galaxy note 2 bagaimana pak? kan dalam hal harga beda 500’an ribu. dalam kamera, performa juga. terus untuk fitur-fiturnya juga.

    #belum kawin saya pak Herry. jadi masih mas-mas. hehehehe

  25. Pak Herry, kalau di compare sama galaxy
    note 2 bagaimana pak? kan dalam hal harga
    beda 500?an ribu. dalam kamera, performa
    juga. terus untuk fitur-fiturnya juga.
    terus, khan ini xZL Ma xZ harganya nggak begitu jauh beda. menurut pak Herry mending ngambil yang mana?
    #belum kawin saya pak Herry. jadi masih
    mas-mas. hehehehe

    1. Pak Faid,

      1. Xperia ZL unggul di kamera dan remote control, sedangkan Galaxy Note 2 unggul di daya tahan baterai dan ketersediaan S-Pen untuk menulis/menggambar. Untuk digenggam tangan, Xperia ZL lebih nyaman daripada Galaxy Note 2. Lebih pilih mana? Bergantung selera dan kebutuhan sih.

      2. Xperia ZL atau Xperia Z? Cara memilihnya sederhana. Kalau Anda membutuhkan kemampuan tahan air, silakan melirik Xperia Z. Kalau tidak memerlukan fitur itu, menurut saya, Xperia ZL lebih menarik. Ia dibekali fitur remote control dan lebih nyaman digenggam.

      3. He.. he.. saya terbiasa menyapa dengan Pak atau Bu. πŸ™‚

  26. Pak herry,,,,
    mau tanya lagi seputar xZL. biar semakin mantab pak buat beli ni HH. heheheee
    tapi kalau dalam performa lebih gahar mana pak antara xZL atau Note 2?

    1. Pak Faid,

      Galaxy Note unggul di daya tahan baterai dan ketersediaan S-Pen. Selain itu, menurut saya, Xperia ZL lebih menarik. Dua ponsel itu sama-sama gegas kok.

  27. Pak herry,,,,
    mau tanya lagi seputar xZL. biar semakin mantab pak buat beli ni HH. heheheee
    tapi kalau dalam performa lebih gahar mana pak antara xZL atau Note 2?
    trus kalau xZL enak di buat kerja nggak pak?

  28. pak hery, saya butuh bantuan.
    begini… saya barusan beli sony xperia Z dan sepertinya baterai drop trs… bagaimana cara menggantinya semntara status baterai xperia non removable. apakah harus ke servis resmi..yang pasti lama dan mahal ongkos gantinya?
    kenapa sony kok tidak membenamkan baterai model konvensional saja… Trims

    1. Pak Cahyono,

      Kalau Anda barusan beli dan ternyata baterainya drop, langsung coba minta ganti unit saja. Xperia Z-nya baru dan bergaransi resmi kan?

      Saya tak tahu alasan pasti Sony menggunakan baterai tanam di Xperia Z. Dugaan saya, supaya dimensi fisik lebih tipis plus lebih terlindung dari kemungkinan kemasukan air (Xperia Z kan tahan air).

  29. Dear Pak Herry..
    Saya baru beli Xperia ZL 2 hari yang lalu..
    tp skrng hp ini suka mati sendiri..klo mau dinyalain harus sambil di charge itupun msh suka mati sendiri..itu kenapa ya pak?butuh pencerahannya..

    1. Pak Fadhli,

      Kalau baru beli dua hari dan kondisinya seperti itu, saya menduga keras kebetulan terjadi cacat produk. Hari ini atau paling lambat besok (2 Januari 2014) coba kembalikan kepada penjual. Asalkan selama dua hari pemakaian itu tak terjadi musibah yang membuat bodi tergores, cobalah meminta penggantian unit baru.

  30. Permisi pak herry,
    Mau tanya, ini saya pakai Xperia ZL juga. Nah Xperia ZL saya batrainya cepat sekali habis. Semalam saya matiin sambil saya charge. Lalu kemudian tadi pagi pukul 5 saya nyalain, saya pakai denger musik, sama liat video. Nah, pada pukul setengah 9 baterainya sudah habis. Nah, ini kenapa? Apa ada masalah dengan hp saya?
    Lalu, hp saya itu baterainya terasa seperti kocak ( goyang ) . Apakah batrainya bermasalah? Apakah batrainya kekecilan/gak pas??
    Mohon balasannya.

    1. Pak Achmad,

      1. Selama Anda gunakan untuk mendengarkan musik atau menonton video, apakah koneksi internetnya aktif untuk aneka aktivitas (email, chat, media sosial, dll)?

      Kalau tidak aktif, baterai tergolong tidak normal. Kalau koneksi internet aktif, perlu penggalian informasi lebih dalam karena untuk kondisi pemakaian tertentu hal itu masih bisa digolongkan normal.

      2. Ehm… ini jadi di dalam bodi ponsel seolah ada sesuatu yang bergerak-gerak? Seharusnya tidak demikian. Saran saya, bawalah ke pusat perbaikan resmi Sony untuk dicek.

  31. Pak Herry,
    Xperia ZL ini apakah masih ada di pasaran Surabaya? Mungkin P Herry tau di toko mana di WTC/Marina yang masih punya stoknya? Memang sih saya belum coba di sony-nya langsung karena biasanya harganya lebih mahal πŸ˜›
    Terima kasih sebelumnya

    1. Pak Dharma Sugandhi,

      Masih ada. Minggu lalu saya sempat melihatnya di toko-toko biasa di WTC maupun Marina kok.

  32. Jadi gini pak, ini kan saya pakai buat mutar film selama 95 menit, lalu saya pakai denger lagu -+ setengah jam an. Lalu saya pakai chat bentar banget.. selama mutar musik lalu lintas data aktif, tapi saat memutar film, lalu lintas data saya matiin.
    Kira2 masalah bagian dalamnya yang kocak itu knapa? Apa ada hubungannya dengan btrai tadi?

    1. Pak Achmad,

      Ok, saya menyimpulkan ada yang tidak beres dengan Xperia ZL Anda. Yang terasa kocak belum pasti baterai, tetapi diduga keras memang baterai. Silakan segera membawanya ke pusat perbaikan resmi Sony.

  33. Ketika saya goyang, sambil saya tekan back door belakangnya, kocakan itu hilang, tapi saat saya goyang dengam memegang sisi atas bawah, kanan kirinya, kocakan itu kerasa.

    1. Pak Alvin,

      Solusinya, silakan membawa ponsel tersebut ke pusat perbaikan resmi Sony. Masa edar Xperia ZL belum sampai setahun. Jadi, seharusnya ponsel Anda masih bergaransi.

  34. Efek laen dari speaker belakang mati, pada saat hp d matikan tidak mw charge……lampu indikator juga tidak mau menyala……

  35. Efek laen dari speaker belakang mati, pada saat hp d matikan tidak mw charge……lampu indikator juga tidak mau menyala……
    bnyk erorrny :/

  36. Saya jg bingung pak….. Yg baru terasa efek gara2 speaker belakang mati ya cuma itu untuk saat ini ( tidak mw charge saat kondisi hp mati karena lampu indikator chargeny tidak menyala)…. Takutny merembet ntar penyakitnya.

  37. Kalo masalah speaker sdh betul sendiri bos…… Yg jadi masalah, hp tidak mau d charge pada kondisi hp off….

    1. Pak Alvin,

      Lho, bisa sembuh sendiri? Saran saya, sebaiknya Anda tetap segera membawa ponsel tersebut ke pusat perbaikan resmi Sony untuk pengecekan secara menyeluruh.

  38. Dear pak Herry,
    saya pengguna sony xperia ZL sejak Oktober 2013, namun beberapa hari terakhir ini tiba-tiba sony xperia ZL saya suka mati sendiri padahal kondisi baterai masih 80%, dan kalau dihidupkan lagi tidak bisa, harus di charge baru mau hidup kembali, dan dibagian belakang ponsel cepat panas, kemudian signal provider suka tiba-tiba hilang, padahal klo signal dengan provider yg sama digunakan di hp yg lain bagus-bagus saja…

    1. Bu Fitrin,

      Ponsel Anda mengalami aneka ketidaknormalan sekaligus. Saran saya, silakan segera membawanya ke pusat perbaikan resmi Sony.

  39. Pak Herry.

    Saya baru membeli Sony Xperia 2 Bulan yang lalu, setelah saya upgrade jelly bean menjadi 4.3 ada perubahan yang aneh pada HP saya. Pada saat saya gunakan kamera maka seketika HP saya mati. dan ketika saya charge dan gunakan untuk foto bisa digunakan.,tetapi begitu saya lepas pengisi dayanya, maka begitu saya gunakan kamera lagi, maka mati lagi.
    Apakah ada saran atau masukan Pak?

  40. BANYAK MASALAH YG MUNCUL DI SONY ZL
    HAMPIR 99% PENGGUNA SONY ZL MENEMUKAN MASALAH YG SAMA

    LAYAR MATI TIBA2, KAMERA ADA NODA HITAM, SPEAKER TIBA2 MATI
    DAN LEBIH PARAHNYA SERVICE CENTERNYA YG TERBILANG SANGAT MENGECEWAKAN -_______-

  41. xperia zl saya sblum upgrade ke jb 4.3 dicharge dlm kradaan mati 2 jam udah full 100% tp kok stelah diupgrade, dicharge dlm keadaan mati bahkan udah 3 jam trus saya nyalakan kok gk full 100% kadang cuma 99% kadang 97% kenapa ya

    1. Pak Bakti,

      Tidak sampai 100 persen sebenarnya tak masalah. Sebagian ponsel Lenovo dan produk Apple juga mengalami hal itu.

      Dulu, saat Xperia ZL-nya usai di-update ke 4.3, apakah sudah sempat di-factory data reset? Kalau belum, sebaiknya lakukan hal itu dulu.

  42. iya udah di factory reset tapi tetap aja klo dicharge keadaan mati trus dinyalakan gk mau 100% tp klo dicharge dlm keadaan hidup 2,5 jam bisa full 100 %

    1. Pak Bakti,

      Oh ok. Apa mungkin sengaja dibuat begitu supaya usia baterai lebih panjang ya. Saya tak tahu pastinya sih. Saran saya, asalkan masih bisa menembus 90-an persen, lebih baik biasanya mengisi ulang baterai dalam kondisi ponsel padam.

  43. pak herry,
    saya mau beli xperia zl, cuma saya lihat2 review pengguna xperia zl di berbagai website kata para pengguna xperia zl hp inni mengecewakan. spt baru beberapa hari/bulan dibeli kemudian rusak. stlh dibawa ke service center layanan scnya sony juga sangat mengecewakan. jadi agak ragu2 juga mau beli xperia zl. apalagi harganya juga gak murah kan pak hehe. jadi menurut bapak bagaimana?

    tks pak..

    1. Bu Rara,

      Kalau Anda mencari ponsel dengan kamera bagus, menurut saya, Xperia ZL masih layak dilirik. Namun, bila tidak terburu-buru, saran saya tunda dulu pembelian sampai bulan depan.

      Alasannya, Xperia Z2 dan Xperia Z1 Compact tampaknya segera memasuki pasar. Nah, ketika dua ponsel itu muncul, saya menduga harga Xperia Z1 akan diturunkan. Hal itu otomatis berdampak pula terhadap harga Xperia Z maupun Xperia ZL.

  44. pak herry mau nanya,
    xperia zl saya kan udah android. v.4.3
    saya pengen downgrade ke v.4.2
    caranya gmna ya?
    soalnya bnyak fitur xperia zl saya yg force close ketika dibuka
    dan lebih lagi,fitur portrait keyboard tidak ada.
    tolong ya pak

    1. Pak Iga Ansidhi,

      Seharusnya tak bisa di-downgrade. Saya pribadi tidak pernah ngoprek sampai terlalu teknis. Silakan coba cari di internet. Saya yakin ada yang memberikan tutorial downgrade, dengan risiko ponsel mati total atau mengalami masalah lain, seandainya terjadi kegagalan.

  45. sorry, saya mw tanya ni, 17 hari yg lalu saya bwa pulang ZL putih, tpi
    dri hari pertama pemakaian, ZL saya cpet bgt panas nya. Awalnya sih saya kira itu karena firmwarenya yg msh 4.1.2, trus beberapa hri
    kemudiaw saya langsung update ke 4.3 lewat wifi. Tapi tetap ga ada yg perubahan. Pada saat di test kamera baru jepret 4-5 photo aja uda panas bnget. Terus saya cobain test maen game dragon city yg menggunakan koneksi 3.5G stabil. Dan ternyata panasnya sangat mengejutkan. Mencpai 50.3 derajat celcius (pke app
    battery monitor) apakah ini wajar? Hingga detik ini saya merasa risih sekali dgn panasnya. Kira2
    pengguna ZL yg lain ada yg kasus nya sama kyk saya tdk ya? Rencana bsok mw bwa ke SCC tapi tkut nginap 3bulan. Gmana ya baiknya? Bingung. Please donk senior bntu kasi solusi. Sorry kepanjangan curhat saya. thanks Hehe

    1. Pak Aton,

      Usai di-update ke 4.3, sebaiknya Anda melakukan factory data reset dulu. Dalam beberapa laporan yang saya terima, kasusnya mirip banget. Begitu di-factory data reset, suhu bodi ponsel kembali normal.

  46. Pak Herry saya mau tanya, xperia zl saya kok setiap daya baterai masih di 83% selalu mati ponsel saya. Terus kalau mau menghidupkan lagi harus pakai charger. Apakah ini indikasi baterai sudah ngedrop dan sudah waktunya d ganti ya? Mohon komentarnya πŸ™‚

    1. Pak Angger,

      Kalau membaca deskripsi Anda, saya menduga baterai ponsel itu minta diganti baru. Silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi Sony.

      Xperia ZL Anda masih bergaransi? Kalau iya, cobalah beradu argumen dulu untuk meminta penggantian baterai secara gratis.

  47. Awalnya saya memilih Sony Xperia ZL dibanding Samsung Note karena saya lihat spesifikasinya Agak smart dengan Processor quad core Jelly bean dan fitur remote control dan juga Kamera belakang yang Oke sampe 13 MP..hanya saya tidak tahu ini tiba2 mati (setelah battrey ngedrop) dan tidak bisa hidup.. masalahnya apa ya?? (Usianya sudah sekitar 7 Bulan)

    1. Pak Steve,

      Karena Anda sudah menyebutkan baterai drop, berarti Anda sebaiknya membawa ponsel itu ke pusat perbaikan resmi Sony dan meminta dilakukan penggantian baterai. Coba beradu argumen dengan tujuan akhir penggantian baterai dapat dilakukan secara gratis.

  48. pak herry, ini sudah saya factory reset, sampai 2x malah. tapi kok tetap sama saja ya? klo buat main game yang 40MB sampai 50MB an normal ga ya panasnya mencapai 50 derajat. apa ini pengaruh batteru atau perangkat yah? thanks before..

  49. Pak Aton,

    Saya kurang bisa membayangkan 50 derajat itu sehangat atau sepanas apa. Intinya gini, kalau hanya hangat masih bisa ditoleransi. Namun, kalau panas, lebih baik Anda memeriksakannya ke pusat perbaikan resmi Sony.

  50. kalau ganti baterai di servis resmi sony, apa bisa dilakukan seketika itu juga atau harus d bawa ke pusat dulu Pak Herry?

    1. Pak Angger,

      Anda berada di kota mana? Kalau Surabaya atau Jakarta dan suku cadang baterai tersedia, mestinya bisa dikerjakan tanpa perlu dikirimkan ke kota lain.

    1. Pak Angger,

      Kalau di Surabaya mestinya bisa dikerjakan tanpa perlu dikirimkan ke kota lain.

  51. Pak. Herry

    satu minggu lalu saya beli Xperia ZL punya temen, selama dipakai temen dari Januari 2014 s/d dijual ke saya berjalan sangat normal, begitu juga satu minggu saya pakai berjalan normal dan cukup memuaskan. tadi pagi Xperia ZL tersebut tiba2 mati dengan baterai 80% dan gak bisa nyala lagi kecuali sambil di cas.
    tadi siang saya bawa ke service center dan dijanjikan untuk selesai “PALING CEPAT 3 MINGGU” dengan alasan ketersediaan baterai pengganti nunggu dari jakarta.
    lamaaaaaa amattttttttttt
    saya minta SC utk konfirmasi ke jakarta mengenai ketersediaan baterainya, tp gak mau dengan alasan sudah order.
    darimana saya bisa dapet informasi mengenai ketersediaan baterai Xperia ZL tersebut??
    mending saya ribet, saya recokin terus,, karena HP itu juga saya beli gak murah pak.
    oia, tadi saya sudah coba tlp ke cust. care yg 021-29357669 tapi mereka menjawab tidak terhubung langsung dengan pusatnya dan beberapa SC sony di jakarta juga mendapat jawaban yang serupa
    terima kasih

    1. Pak Agung,

      Yang bisa mengecek ketersediaan baterai Xperia ZL ya mestinya pusat perbaikan resmi Sony.

  52. Pak agung,bulan november atau desember lalu xperia zl saya juga bermasalah,masuk ke sc mega galaxy surabaya,disuruh tunggu batere 3 minggu,waktu minggu ketiga tetap digantung nasib zlnya. Genap sebulan lewat tiba2 dapat telpon dari sc sony jakarta,dikabari Xperia zl saya dikabarkan tidak dapat dipulihkan lagi,udah mau ngamuk marah n sebagainya sc jakarta menawarkan unit baru xperia z lte yah ga tau Mau bilang happy atau miracle atau mangkel.
    Maaf curcol di blog pak hsw

  53. Sya pngguna xperia M2 sjk smninggu yg lalu. Ktika pake jrngn wi-fi tdkvad mslh bagian blkngnya tdk pnas. Tp saat tdk pake wifi bgian blkngnya cpt panas. Di charge semalaman pas dinyalain danbdipake slma 10 menit udah panas aja. Apa yg hrus sya lkukan?

    1. Bu Stefany,

      Terus terang saya bingung saat membaca pertanyaan Anda. Silakan mengetikkannya ulang dulu dengan kalimat yang utuh dan jelas. Jangan disingkat-singkat ya.

  54. Pk herry apakah sony ZL tidak kalah bagus dengan smartphone terbaru,, soalnya sudah banyak smartphone yang bermunculan ?? apa lebih baik saya mencari smartphone dgn merk lain yang baru,, ada saran gak Pk herry smartphone apa yang bagus tapi dibawah 4,5 jutaan,,

    1. Bu Deasy,

      Untuk ukuran hari ini, ada beragam ponsel lain yang lebih menarik. Anda boleh mempertimbangkan Xiaomi Redmi Note dual SIM dengan harga baru Rp 2,6 juta, Sony Xperia Z LTE (Rp 3,999 juta), LG Nexus 5 (Rp 4 jutaan), dan LG G2 (Rp 4,299 juta). Tipe terakhir itu biarpun keluaran lama masih sangat layak beli.

  55. pak herry numpang nanya, saya memakai hp xperia ZL dan ada masalah di hp ini kamera utamanya ada dead pixel dan tidak fokus juga, sudah saya coba factory data reset tapi hasilnya nihil.
    mohon solusinya pak untuk hal ini..

    terima kasih

    1. Pak Adi,

      Mengacu kepada paparan Anda, tampaknya terjadi kerusakan hardware. Mungkin modul kamera perlu diganti.

      Untuk memastikannya, silakan membawa ponsel Anda ke pusat perbaikan resmi Sony.

  56. pak herry numpang nanya, saya memakai hp xperia ZL trus hp ini ada kendala di kamera utamanya ada bintik bintik warna hitam dan tidak fokus juga, sudah saya coba factory data reset namun hasilnya nihil atau tidak ada perubahan

    mohon solusinya pak, apa yang saya harus lakukan mengenai hal ini? apa kameranya memang perlu di replace.?

    Terima kasih

  57. dear Pak Herry

    mohon maaf ke2 kali soalnya kamaren agak lelet jadi kek gitu deh hehehe
    Kalau saya bawa ke service centernya meminta untuk dilakukan pengecekan apakah biasanya memerlukan waktu yang lama pak?
    Saya cari untuk kamera type punya saya ini di pinggiran mau pun olshop dan tanya2 sama mbah google susah banget dicari pak pada kosong semua

    1. Pak Adi,

      Untuk pengecekan umum, bukan diagnosa detail, mestinya bisa ditunggu.

      Ehmm… ini maksudnya Anda mau beli modul kameranya saja? Wah, saya tak tahu bisa dibeli di mana.

  58. Pak hery, saya mau nanya xperia z saya backdoornya kalo dipencet dikit kok goyang ya? Apakah memang goyang krn didalamnya ada karet yg kepencet? Jadinya saya mau masukin air jd takut nih krn backdoornya gk rapet msh ada goyangnya, gmn menurut anda pak

    1. Pak Fery,

      Seingat saya, bodi Xperia Z itu solid. Bagian belakangnya tidak akan bergoyang kala ditekan. Kalau punya Anda terasa bergoyang, saya curiga ponsel tersebut tidak benar-benar rapat lagi.

      Ya, saya sependapat. Sebaiknya jangan iseng dicelupkan ke air. Seandainya Anda penasaran ingin mengecek kondisi ponsel tersebut, silakan membawanya ke pusat perbaikan resmi Sony.

    1. Pak Noval,

      Apakah lebih lirih daripada sebelumnya? Kalau iya, padahal pengaturan tidak diubah, bisa jadi hardware speaker-nya bermasalah.

  59. Pak hery

    Hp sony zl saya mati padahal batre 80% pas dinyalakan lagi tidak mau nyala.kecuali dicharger ,kalau carger dilepas hp mati ? Knapa ya pak ?

    1. Pak Kardiansyah,

      Kalau membaca paparan Anda, kemungkinan baterai rusak. Untuk memastikannya, silakan membawa ponsel itu ke pusat perbaikan resmi Sony.

  60. maaf mas saya mau tanya Kamera saya Selalu force close seminggu yang lalu gak kenapa kenapa ada saran untuk Zl saya mas?

    1. Pak Kenny,

      Paling mudah coba lakukan factory reset dulu. Kalau masalah serupa tetap muncul, terpaksa Anda harus mampir ke pusat perbaikan resmi Sony.

  61. Pak herry, saya mau barter nii lenovo p70 dengan Xperia ZL, usia lenovo saya bru 2 mingguan,
    Klo mnurut pak hery d barter jgn ya ??
    Teimakasih pak

  62. Gan ane punya sony z3compact, kemaren ane main game sambil cas tiba2 mati total, lampu led mati di cas kagak bisa, kira kira apanya yg bermasalah.. tolong pencerahannya

  63. Pagi pak gan herry..
    Maaf mau minta solusi nya nih
    Handphone xperia ZL saya kok nyala nya harus sambil di charge ya? Pas saya cabut chrger nya hp langsung mati. Minta solusi nya ya pak . Thanks

    1. Pak Tomy,

      Saya tak mengetahui kondisi terkini Xperia Z. Dulu waktu memakainya, maksimal terasa hangat kok. Tidak sampai panas.

      1. pak herry,
        maaf mau tanya nih
        saya baru saja beli Xperia z tp 2nd.
        saya lupa ga ngecek speaker. setibanya dirumah, saya coba putar musik kog ga ada bunyi nya. tapi kalo ada notifikasi atau panggilan masuk, nada dering nya bunyi.
        jd nada dering, loudspeaker, dan semua suara normal. cuma pas mutar musik saja yg ga ada suaranya.
        kira2 rusak apanya ya pak ? cara ngatasinya gimana pak?

        sebelumnya trimakasih pak herry

          1. Main game jg ga kluar pak. Udah factory reset jg masih sama aja pak.
            Anehnya itu kog nada dering keluar suaranya ya pak.

          2. Bu Ovi,

            Saya tidak mengetahui pasti struktur komponen di ponsel itu. Mungkin saja komponen nada dering-nya dibedakan. Biasanya diistilahkan sebagai buzzer.

    1. Pak Cucun,

      Susah di-charge-nya seperti apa? Bisa diperjelas dulu? Apakah Anda sudah coba menggunakan charger lain?

  64. Pak Herry.. Hp Saya Sony Xperia ZL kok tidak bisa dipake telpon ya? Tetapi untuk sms Dan menerima panggilan Bisa.. Browsing dg koleksi kartu juga Bisa.simcard Sy pindah ke hp lain Bisa Pak.kira2 Ada setting yang Salah Pak di hp nya? Mohon infonya Pak

    1. Bu Ina,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Iya, kemungkinan ada pengaturan yang salah. Pengaturan apa? Nah… itu masalahnya. Saya perlu memegang dan melihat ponselnya secara langsung.

      Untuk sementara, coba lakukan cara ini. Siapa tahu berhasil:
      1. Masuk ke menu, settings, call settings, lalu additional settings.
      2. Kini tekan caller ID, lalu pilih network default.
      3. Tekan tombol home.

  65. Dear pak hery , mau nanya . Saya pakai xperia xl dari 2014 lalu . Masih sangat mulua dan terjaga . Cuma yang saya bingungkan kenapa dia suka restart sendiri ya pak ? Dan sehari bisa 5 x restart sendiri .

    1. Pak Alya,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Xperia XL? Ehm… itu yang mana ya? Seingat saya, tak ada ponsel bernama tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *