Review SpeedUp Telkomsel Mifi 4G LTE: Akur dengan Semua Operator

Kian banyak pengguna internet bergerak (mobile internet) yang meninggalkan modem USB lalu beralih ke mifi. Alasannya, peranti yang juga sering disebut mobile hotspot atau router portabel itu dianggap lebih praktis. Layaknya ponsel, mifi bisa diaktifkan tanpa perlu ditancapkan ke port USB atau colokan listrik. Akses internet yang dipancarkan mifi juga dapat dinikmati beramai-ramai.

SpeedUp Telkomsel Mifi 4G LTE yang belum lama ini beredar memiliki kelebihan ekstra. Peranti tersebut mendukung 4G LTE di frekuensi 900, 1800, dan 2300 MHz. Dengan kata lain, ia siap dipadukan dengan 4G LTE semua operator di Indonesia.

SpeedUp 4G-1

Kali pertama melihat tampilan fisiknya, sebagian calon pembeli mungkin akan senang sekaligus khawatir. Senang karena tampilan fisik SpeedUp Telkomsel Mifi 4G LTE (selanjutnya disingkat SpeedUp 4G) tergolong mungil dan elegan. Namun, juga khawatir lantaran di permukaan bodinya tercetak tulisan Telkomsel 4G LTE. “Wah, jangan-jangan harus pakai nomor Telkomsel.”

Tak perlu risau. Spesifikasi detail SpeedUp 4G menggembirakan kok. Berbincang soal tampilan fisik, peranti itu tergolong tipis dan tidak terlalu lebar. Bobotnya juga relatif ringan. Kalau diukur, dimensi fisiknya 98 x 63,5 x 13,6 milimeter dan berat 130 gram. Mau dimasukkan ke saku kemeja pun masih nyaman.

SpeedUp 4G-3

Warna putih agak mengilap dengan garis merah di samping bodi membuat SpeedUp 4G enak dipandang mata. Elegan dan tidak terkesan murahan. Layar OLED 1,44 inci di peranti itu siap menampilkan beragam informasi kepada pengguna. Awalnya, layar itu menyajikan kekuatan sinyal, kondisi baterai, jumlah kuota internet yang digunakan, dan jumlah peranti yang terkoneksi.

Kalau tombol power di sisi kanan peranti ditekan satu kali, tampilan layar bakal berubah. Kini yang ditampilkan nama hotspot dan password-nya. Untuk melihat informasi lain, pengguna hanya perlu menekan tombol power. Secara bergantian akan dimunculkan informasi sisa kuota, sisa pulsa, nomor IMEI, QR code, dan SMS masuk yang belum terbaca.

SpeedUp 4G-6

SpeedUp 4G-5

Namanya saja mifi alias mobile Wi-Fi, koneksi antara ponsel, tablet, atau laptop dan SpeedUp 4G memanfaatkan jalur Wi-Fi. Ada dua alternatif cara penyambungan. Pertama, dari dalam menu Wi-Fi gawai yang dipakai, pengguna menghubungkan diri dengan SpeedUp 4G. Berikutnya, pengguna mengetikkan password secara manual.

Alternatif kedua, pengguna gawai Android dipersilakan menginstalasikan aplikasi SpeedUp 4G LTE yang tersedia di Play Store dulu. Lewat aplikasi itu, pengguna kemudian mengarahkan kamera gawainya ke QR code yang ditampilkan di layar SpeedUp 4G. Proses pemindaian dilakukan dan dalam tempo singkat kedua peranti akan saling terhubung. Pengguna tak usah mengetikkan password lagi.

SpeedUp 4G-9

Hingga sebelas peranti dapat terkoneksi dengan SpeedUp 4G secara bersamaan. Sepuluh peranti di antaranya terhubung via Wi-Fi. Maksimal cuma satu peranti yang dapat terkoneksi dengan SpeedUp 4G lewat kabel USB.

Saatnya membicarakan kompatibilitas 4G LTE. Meskipun di bodinya tercetak tulisan Telkomsel 4G LTE, SpeedUp 4G tidak harus dipadukan dengan nomor Telkomsel. Mifi bernama lain SpeedUp M-42 itu berstatus unlocked. Pengguna leluasa memadukannya dengan nomor operator lain.

SpeedUp 4G dapat beroperasi di jaringan 4G LTE 900, 1800, dan 2300 MHz. Kalau diterjemahkan dengan bahasa yang lebih sederhana, ia bisa dipakai untuk menikmati layanan 4G LTE Telkomsel, XL, Indosat Ooredoo, Tri, Smartfren, dan Bolt. Semua operator dong? Iya!

SpeedUp 4G-2

Penulis alias HSW telah membuktikan kesesuaian peranti tersebut dengan 4G LTE Telkomsel, XL, Indosat Ooredoo, dan Smartfren. HSW tak bisa menjajalnya dengan Tri maupun Bolt. Sebab, layanan 4G LTE dua operator itu belum tersedia di Surabaya.

Khusus Smartfren, ada satu catatan khusus dari HSW. Di kota-kota besar, operator yang identik dengan warna merah itu mengoperasikan layanan 4G LTE di dua frekuensi: 850 dan 2300 MHz. Sedangkan di kota-kota kecil yang kebutuhan layanan 4G LTE-nya belum besar, Smartfren menggelar 4G LTE di frekuensi 850 MHz saja. Maknanya, kalau pengguna sehari-hari berada di kota kecil, SpeedUp 4G belum tentu bisa dipasangkan dengan nomor Smartfren.

Umpama tak mendapatkan sinyal 4G LTE, apakah SpeedUp 4G bisa otomatis turun ke jaringan 3G? Bisa. Saat pengguna berada di luar area layanan 4G LTE, mifi itu akan berpindah ke jaringan 3G. Peranti tersebut mendukung layanan akses data berbasis HSPA+ dengan kecepatan unduh sampai 21 Mbps.

Perkecualian berlaku untuk Smartfren dan Bolt. Pengguna dua operator itu memiliki dua kemungkinan saja. Yakni, mendapatkan sinyal 4G LTE atau tidak memperoleh sinyal sama sekali. SpeedUp 4G mustahil turun ke, contohnya, jaringan EvDO.

SpeedUp 4G-4

Sumber daya peranti mifi tersebut berasal dari baterai 2.050 mAh yang mudah dilepas pasang. SpeedUp mengklaim baterai itu sanggup bertahan sampai delapan jam. Mengacu kepada uji pakai yang dilakukan HSW, daya tahan nyata baterai bukan mustahil lebih lama daripada klaim tersebut. Rekornya, baterai SpeedUp 4G mampu menembus durasi delapan jam 20 menit.

Asal tahu, jumlah gawai yang terkoneksi dan perilaku pemakaian turut menentukan boros tidaknya konsumsi baterai. Selama menguji pakai SpeedUp 4G, HSW sering menghubungkan 2-3 gawai sekaligus ke peranti itu. Selama rentang waktu tersebut penggunaan internet cukup aktif. Hasilnya, baterai bawaan mifi setidaknya dapat bertahan selama tujuh jam. Tidak jelek, bukan?

Oh ya, SpeedUp 4G juga dibekali selot microSD. Kartu microSD berkapasitas sampai 32 GB bisa diselipkan ke sana. Selanjutnya file-file yang disimpan di kartu memori itu dapat diakses oleh gawai lain via Wi-Fi.

SpeedUp 4G-12

SpeedUp 4G-13

Kalau dirangkum, menurut HSW, SpeedUp 4G memiliki lima kelebihan dan satu kekurangan utama. Kelebihannya, pertama, pengguna tak perlu repot melakukan pengaturan. Setelah kartu dan baterai terpasang, pengguna tinggal menyalakan mifi. Siap pakai deh. Pengaturan APN dan aneka parameter lain akan dilakukan SpeedUp 4G secara otomatis. Bila pengguna merasa perlu mengubah pengaturan manual, misalnya, mengganti password dan APN, peranti itu tetap siap mengakomodasi.

Kedua, daya tahan baterainya tergolong awet. Ketika daya baterai melemah, pengguna tinggal menghubungkan SpeedUp 4G dengan charger atau power bank. Konektor charger-nya berwujud micro USB alias sama dengan mayoritas ponsel yang saat ini beredar di pasar.

Ketiga, SpeedUp 4G kompatibel dengan semua operator 4G LTE yang beroperasi di Indonesia. Keempat, peranti mifi tersebut dibekali layar yang memudahkan pengguna mengetahui informasi tertentu.

Kelima, khusus untuk pengguna gawai Android, di Play Store tersedia aplikasi SpeedUp 4G LTE yang mempermudah pengguna melakukan aneka pengaturan langsung dari layar gawai. Pengecekan sisa kuota dan pembelian paket internet dapat pula dilakukan via aplikasi tersebut.

SpeedUp 4G-7

SpeedUp 4G-8

SpeedUp 4G-10

SpeedUp 4G-11

SpeedUp 4G-14

Sisi minusnya, karena SpeedUp 4G didesain buat Telkomsel, sebagian fitur yang berhubungan dengan layar OLED tak berfungsi kala dipadukan dengan nomor operator lain. Ketika pengguna menekan tombol power untuk mengetahui sisa pulsa atau kuota, contohnya, mifi sebenarnya menjalankan perintah UMB/USSD.

UMB/USSD? Itu lho kode-kode yang diawali dengan tanda * dan diakhiri tanda #. Misalnya, *888# untuk mengecek sisa pulsa dan *889# untuk mengetahui sisa kuota. Nah, ketika kode UMB/USSD operator lain kebetulan berbeda dengan Telkomsel, informasi yang diinginkan akan gagal tersaji di layar.

Kesimpulan akhir versi HSW, SpeedUp 4G merupakan peranti mifi yang sangat layak beli. Saat ini mifi tersebut dijual online di Lazada.co.id dan Blanja.com. Harga ritelnya dipatok Rp 699 ribu.

Ingin memperoleh mifi itu secara “gratis”? Belilah SpeedUp 4G yang dibundel dengan kuota internet Telkomsel 144 GB. Harganya Rp 2,28 juta. Dua situs online di atas seringkali menggelar promo sehingga harga jualnya lebih rendah dibandingkan harga resmi. Sedangkan jalur penjualan offline sementara baru tersedia di GraPARI Telkomsel area Jabodetabek.

Kok Rp 2,28 juta? Tadi katanya “gratis”. Hmm… itu ada perhitungannya. Paket penjualan SpeedUp 4G termasuk kuota internet 144 GB selama 12 bulan. Setiap bulan pengguna diberi jatah 12 GB yang terdiri atas 1 GB yang bebas dipakai di jaringan apa pun, 9 GB di jaringan 4G saja, dan 2 GB kuota internet tengah malam.

Anggaplah kuota internet tengah malamnya hangus karena Anda enggan bergadang. Berarti, tersedia kuota internet 10 GB per bulan. Kuota itu selanjutnya dikonversi ke rupiah. Perhatikan harga paket internet simPATI di situs Telkomsel ini http://www.telkomsel.com/tabel-tarif-broadband?p=8&b=2.

Lantaran tidak tersedia pilihan kuota 10 GB, kita mengacu kepada harga paket internet 8 GB. Buat HSW yang sehari-hari tinggal di Surabaya, paket internet itu dibanderol Rp 290 ribu. Kalau dikalikan 12 bulan, berarti total pengeluaran sebesar Rp 3,48 juta alias melebihi harga SpeedUp 4G plus kuota internet 144 GB.

Jadi, dengan membeli SpeedUp 4G bundel kuota internet Telkomsel 144 GB Anda bisa berhemat sekaligus memperoleh mifi gratis, bukan? Anda yang berada di Jakarta, Bandung, Semarang, dan kota-kota lain silakan coba menghitungnya sendiri.

181 thoughts to “Review SpeedUp Telkomsel Mifi 4G LTE: Akur dengan Semua Operator”

  1. beli tunai bikin pening pak, tp bila dicicil harus menggunakan credit card, saya tanya di booth grapari malang ketika ada ramadan fair. pengin beli tp apadaya tidak punya credit card.
    Beli di lazada kok khawatir ehehehe

  2. Terimakasih banyak sudah mereviewnya, Pak. Pertanyaan saya beberapa waktu yang lalu terjawab dengan baik sekali.

    1. Pak Gugi,

      Lho iya. Di atas saya tulis empat ya. Terima kasih atas koreksinya. Barusan saya perbaiki.

  3. “ehmm…mahal juga ya”
    tapi apakah bila digunakan hape yang masih mengunakan 3g koneksinya bisa sekencang 4g Bung?
    misalnya digunakan untuk video chat apa tidak ‘cegukan’ Bung?
    ~terima kasih~

    1. Pak Yoobee,

      Dengan memperhatikan spesifikasi dan kinerjanya, menurut saya, justru tergolong murah sih.

      Iya. Kalau ponsel 3G Anda terkoneksi ke SpeedUp Mifi 4G LTE, yang dipakai kan koneksi 4G LTE-nya.

  4. ehmm…mahal juga ya?
    tapi apakah bila digunakah hape yang masih 3g konesinya bisa sekencang 4g Bung?
    misalnya digunakan untuk video chat tidak ada gejala ‘cegukan’ bung?
    ~terima kasih~

    1. Pak Kevin,

      Tak ada rencana. Anda mau tanya apa? Saya agak tahu tentang mifi Smartfren karena pernah mencobanya.

  5. pak Herry, mungkin bapak punya info mengenai speedup 4g yg bundling dg paket data 144gb itu, kira2 apa juga pasti unlock? atau yg unclock hanya yg jual unit aja. terima kasih.

  6. Wah kalo dilombok jadi tidak gratis dong ko? Dilombok masih ada paket Internet telkomsel 4 GB seharga 55 ribu.. btw uji redminya udah kelar ko?

    1. Pak Akhmad,

      Kalau Rp 55 ribu dapat 4 GB itu kemungkinan kartu perdana baru yang habis pulsa kartu dibuang ya? Barusan saya cek, harga paket internet 8 GB di Mataram Rp 270 ribu.

      Redmi Note 3? Dipakai pun belum.

    1. Boleh tahu mifi yg pak armen pakai tipe apa ya? Karena kl m2s dan m2y yg kebetulan saya dan rekan kantor pakai malah selalu aktif tercolok charger… Karena kami setiap saat bisa ke lapangan jd butuh mifi ny full charge

  7. Apakah mifi tsb memiliki fitur *Internet Wifi* seperti pada Bolt Max?
    Fitur ini digunakan untuk menangkap sinyal wifi dari sumber lain dan dipancarkan ulang.

  8. Soal Mifi kalau kita mau repot ada perangkat yang lebih murah. Di marketplace hijau ada yang range harga 400 – 600 ribu. Yang pasti perlu jeli untuk tanya tanya. Waktu beli saya tanya ke seller buat pastikan bisa 4G band 1800Mhz dan 2300Mhz. Kalau dapat 850Mhz syukur banget. Jarang ada yang menawarkan.

    Bahkan ada yang jual bisa di 1800Mhz atau 2300Mhz saja. Beberapa barang ada yang berasal dari operator negeri tetangga dan nun jauh dieropa. Kalau yang saya beli operator lokal jakarta medan itu tuh.

    So far so good saya padukan dengan beberapa operator.

    1. Pak Anakin,

      Boleh tolong paparkan ulang informasinya dengan jelas? Tak perlu disensor atau pakai kode-kode. Saya juga penasaran nih.

        1. Ok baik pak. Maaf kebiasaan nimbrung di forum, hobi pakai kode.

          Saya beberapa kali berburu Mifi. Baik di Tokopedia maupun Bukalapak. Harga yang saya dapatkan lebih miring dari Speedup 4G yang bapak review. Penjualnya klaim barang baru.

          Yang saya beli untuk pribadi Mifi Bolt Slim 2 generasi awal. Harganya 650ribuan. Yang secondhand dikisaran 400ribuan.
          Dari pihak bolt lepas tanpa lock untuk batch awal kabarnya. Ternyata benar. Jadi saya bebas pasang kartu 4G apapun, asal di frekuensi TDD 2300Mhz atau FDD 1800Mhz. Sempat beberapa bulan pakai bolt. Ketika keluar Jakarta saya pasangkan Indosat.

          Pilihan lain ada yang saya sempat lirik ZTE MF90 dengan label operator Telstra Australia yang hanya support 1800MHz dan satu perangkat lagi yg saya lupa merknya berlabel operator EE Inggris.

          Saya ga beli karena menurut saya Bolt Slim 2 lebih terjamin purna jualnya dan dukungan frekuensinya lebih banyak.

  9. Maaf ada juga yg OOT, koh Herry mohon tanya beberapa pertanyaan sbb : Oh ya TQ dulu sebelumnya
    1. Mungkinkah mifi tsb di unlock TOTAL agar mifi tsb mampu menjalankan perintah UMB/USSD bagi semua operator ? Jadi tak hanya bagi Telkomsel semata.
    2. Head set bawan Hp, khan selain stereo juga dilengkapi mic. Saya punya speaker kecil buat PC bermerk Genius, di speaker tsb ada lubang colokan bagi yg ingin mendengarkan suara via headset. Bila head set bawaan Hp tsb rutin saya masukkan kelubang speaker apakah akan merusak konstruksi di lubang speaker tsb, mengingat lubang colokannya tidak ada jalur micnya sedang yg dari Hp ada micnya.
    3. Saya ingin agar contact telp saya tidak hilang begitu saja saat upgrade OS, maka saya aktipkan aplikasi SYNCit pada lenovo. Namun bila ganti Gadget yg bukan Lenovo apakah SYNCit tsb tetap dapat berfungsi, bila tidak berfungsi apakah google account saya akan secara otomatis menyimpan seluruh nomer telp saya tanpa saya harus melakukan setting apapun sebelumnya dan akan muncul contact sebelumnya bila dibuatkan account yg sama dg yg sebelumnya pada gadget baru nantinya ? bila harus setting lebih dulu gimana caranya ?
    3. Saat saya dipandu Waze, kadang panduan tsb sangat menggangu yakni mobil diarahkan untuk belok ke jalan kecil yg hanya cocok untuk motor. Gimana cara setting agar jalan yg dipilih cocok bagi mobil.

    1. Pak Hengky Fanggian,

      1. Sekarang pun mifinya kan sudah full unlocked. Oh, soal program ulang UMB/USSD-nya tho, kalau sangat paham aspek teknis mungkin bisa mengopreknya. Sekarang pun sebenarnya sudah ada solusi kok. Kalau Anda memakai nomor non-Telkomsel dan ingin mengecek sisa kuota atau sisa pulsa, tinggal masuk ke SIM status di aplikasi SpeedUp 4G LTE.

      2. Asalkan bentuk dan ukuran konektornya sama, mestinya tak masalah.

      3. Lah… ngapain susah-susah pakai SYNCit, Pak. Data kontak tersimpan di akun Gmail yang Anda gunakan. Ketika ganti ponsel, Anda pasti akan memasukkan akun Gmail ke ponsel baru kan. Data kontak otomatis akan disinkronkan.

      3. Itu memang “penyakit” Waze. Coba utak-atik menu settings. Ada pilihan kendaraan kan. Pilihlah mobil yang berwarna kuning. Biasanya itu bisa membantu.

  10. Panasnya berlebihan tidak pak? Biasanya kalo panas berlebihan jadi berpengaruh sama kecepatannya…
    Kalo sama huawei e5573 bagus mana, mengingat selisih harganya gak beda jauh…

    1. Pak Jon,

      Tidak.

      Tak tahu. Saya belum pernah coba E5573. Kalau “kembarannya” E5573 yang diberi nama Andromax M2P sudah pernah coba. Kalah mantap dibandingkan SpeedUp sih. Btw, harga E5573 bukankah sama dengan SpeedUp Mifi 4G LTE?

  11. Pagi pak herry sw

    Kebetulan ane lg cari mifi pas artikel ini muncul…;)
    Jika dibandingkan dengan produk m2s atau m2y smartfren dari segi teknis untuk pemakaian sehari-sehari seperti sinyal,batre etc apakah produk ini lbh worth to buy ? Walaupun dari segi harga speedup ini lebih mahal.
    Adakah “fitur” dari mifi smartfren dan speedup yang cukup mengganggu ?
    Terima kasih

  12. Pak Herry,
    Anggaplah saya menemukan Polytron Zap 5 bekas seharga 500 rb yang berfungsi normal.

    Untuk fungsi modem 4G, Lebih baik saya beli Zap 5 tersebut (untuk tethering) atau modem SpeedUp ini?

    Terima kasih, salam

  13. selamat petang pak
    1. apakah mifi ini bisa disetting 4g only?
    2. kalau tidak bisa setting 4g only,,adakah referensi mifi merk lain yg all operator??
    2. klo dengan dana max 2,5jt an adakah hape garansi resmi yg support 4g all operator,layar > 4,5″,ada gyro,support otg,aftersales lumayan,performa cukup untuk aktifitas harian untuk multitask sosmed dan game casual sejenis clash of clans n clash royal (ram,memory internal,prosessor gak harus besar tp cukup untuk 2-3tahun kedepan dan didukung update os)

    terima kasih

    1. Pak Gita Pramana,

      1. Bisa.

      2. Tak perlu dijawab ya.

      2 (lagi). Soal game harap diabaikan karena saya tak pernah memainkan dua game itu. Asus Zenfone Max.

    1. Pak Aka Kurnia,

      Bisa. Asalkan kartu yang terpasang adalah nomor Telkomsel, XL, Indosat Ooredoo, atau Tri.

  14. pak herry

    1. teman sya mau cari andro yang 4G, kamera bagus, ram 2gb,harga dibawah 3 juta, apa rekomendasinya?

  15. Sebenernya belum di coba juga sih koh, tapi waktu saya beli mifi smartfren dikatakan jangan di gunakan sambil di charge. Jadi harus dimatikan terlebih dahulu baru di charge.

  16. Pak Herry, mau nanya infinix service centre di semarang dimana ya, sama kemarin waktu review infinix hot 3, pembelian dimana? Saya cari2 di semarang agak susah, paling banter ada nya infinix hot 554 bukan yang 553, trima kasih

    1. Pak Virdian Tri S.,

      Alfa Selular
      Jl. Jend. Sudirman 256, Semarang
      Phone : 024 – 70148778
      Business Hours :
      Mon – Sat (10.00 – 17.00), Sun (Closed)

      Belilah di Lazada, Pak. Jalur penjual resmi Infinix untuk sementara baru di sana.

      Di Semarang ada yang jual Infinix X554? Lah… kok bisa. Ponsel itu seharusnya belum dijual di sini.

  17. Ko Herry, mau tanya
    1. Selaim mifi ini, apakah ada alternatif mifi lain?
    2. Yg ini OOT, apakah untuk ukuran saat ini, HP dengan processor Quadcore, RAM 1GB, ROM 8GB masih memadai?
    Terima kasih

      1. waduh ko herry, yang disaranin mahal banget… jika dibandingkan dengan Smartfren M2Y (asumsi saya akan menggunakan operator Smartfren) mantap mana?

        1. Pak Ersan Madjiah,

          Lha Anda minta alternatif lain. Ya saya berikan tho.

          Mantap mifi-nya SpeedUp karena kompatibel dengan seluruh operator. Kalau M2Y kan hanya bisa dipadukan dengan Smartfren.

          Bila Anda berencana memakainya dengan 4G LTE Smartfren saja, lebih baik cukup membeli mifi Smartfren. Mumpung sekarang sedang ada promo. Bayar Rp 300 ribu dapat mifi baru dan kuota 30 GB. Pastikan Anda mendapatkan M2Y yang keluaran baru ya. Sebab, kinerja M2Y keluaran lama jauh lebih buruk.

          1. Pak HSW bagaimana kita mengenali M2Y terbaru,apa ada perbedaan tampilan dengan M2Y keluaran lama. Terimakasih

          2. Pak Arik,

            Kalau kardusnya masih segel, perhatikan stiker yang melekat di samping kardus. Carilah yang nama tipenya tertulis M2Y QC.

            Kalau kardusnya sudah terbuka dan Anda bisa melihat isinya, perhatikan saja baterainya. Baterai M2Y QC berkapasitas 2.350 mAh.

  18. koh herry maaf oot, klo ada yg nawarin hisense pureshot dg harga 1.650.000 kemahalan ga ya koh ? trims

  19. Iya pak heri, kebetulan saya lagi nyri dan ketemu di fjb nya kaskus yang jualan kebetulan toko yang disebutkan pak heri yaitu alfa cell di jend sudirman, kalo x554 spek yg lebih rendah dibanding yang x553, karena belum 4g dan processornya beda pake yang mediatek, ok pak saya meluncur ke lazada

    1. Pak Virdian Tri S,

      Iya, yang X554 belum mendukung 4G LTE. Setahu saya belum mulai dijual. Ternyata, sudah beredar ya.

  20. Pak herry, ada bocoran kah kapan huawei p9 lite dijual dan dengan harga berapa ?
    Saya cukup tertarik dengan hp itu
    Terima kasih

    1. Pak Jem,

      Kabar terakhir sih setelah Lebaran. Harga belum diketahui.

      Yakin tertarik? Setelah melihat tampilan nyatanya, minat itu mungkin hilang lho. #kode

  21. Pak Herry
    1. Saya mau tanya kalibrasi baterai android penting ? kalo penting caranya bagaimana ?

    2. Apakah aplikasi penghapus sampah di android perlu diinstal, seperti clean master dll ?

    1. Pak Seto,

      1. Baterai ponsel Anda apakah bermasalah? Kalau tidak, tak perlu iseng melakukan kalibrasi.

      2. Clean Master boleh diinstalasikan. Namun, usai dipakai, sebaiknya langsung dihapus. Jangan dibiarkan berada di dalam ponsel terus.

  22. Salam Pak Herry SW,

    Maaf OOT nih, mau tanya beberapa hal:

    1. Adakah fungsi sensor gyroscope di smartphone android selain untuk main game dan nonton video/film VR(Virtual Reality)?

    2. Saya penasaran saja, apakah ada smartphone (di Indonesia & dunia) yg kamera depannya dilengkapi dgn mode manual (yg lengkap sperti kamera belakang)? Kalau tidak salah, ponsel berkamera depan bagus seperti Asus Zenfone Selfie atau yg terbaru Oppo F1 Plus pun tidak ada mode manual untuk kamera depan (berdasarkan spek yg saya baca2).

    3. Sebenarnya manakah yang lebih menguras baterai: (a) Berinternet pakai jaringan seluler (3g/4g) dan kondisi wifi off, atau (b) pakai wifi dan kondisi seluler off? Dgn asumsi sinyal seluler dan wifi sama bagusnya dan kencangnya, dan menggunakan smartphone yg sama dalam kondisi yg sama.

    4. Terakhir, apakah kegiatan colok-cabut earphone di slot 3.5mm lama2 bisa merusak (klo bikin kendor itu pasti) slot itu ya? Saya punya feature phone Advan yg slot 3.5mm nya masih kencang sebenernya, tp anehnya ketika earphone tercolok (dgn kencang tentunya) dan kepala kabel earphonenya yg tercolok k slot 3.5mm (bukan bagian fleksibel antara kabel dengan kepala) tersenggol atau bergerak sedikit saja maka timbul suara kresek2 dan kadang earphone sempat dianggap tercabut sesaat (padahal jelas2 masih menempel kencang). Saya coba dgn beberapa earphone, hasilnya sama. Apakah ini berarti sensitivitas slot itu yg berkurang? Bagaimana cara mengatasinya? Apakah merek handphone mempengaruhi kualitas slot 3.5mm jg ya?

    Terima kasih atas jawaban bapak. Semoga sehat selalu. Salam.

    1. Pak Alexander Okke,

      1. Untuk membuat photo sphere.

      2. Setahu saya belum ada. Kecuali, ponsel itu memakai kamera putar. Jadi, ponsel hanya memiliki satu kamera yang bisa diputar ke depan-belakang.

      3. A.

      4. Pasti. Namun, seharusnya setelah ribuan kali. He.. he.. iya, merek lokal jangan dibandingkan dengan merek global deh. Apalagi, merek lokalnya seperti Mito dan Advan.

  23. Pak HSW,

    Mau tanya diluar artikel review.

    Saya ditugasi ortu untuk mencarikan ponsel dengan spek:

    Suara earpiece teleponnya keras, nyaring dan jelas.
    Keyboard Qwerty
    Tidak ngelag/lemot
    Budget maks 1juta

    Saya pikir untuk ngejar Qwerty pasti Blackberry. Apakah bapak ada rekomendasi? Saya tdk masalah cari piranti second hand.

    Terima kasih sebelumnya.

    1. Pak Ari,

      Jawabannya, tidak ada rekomendasi. Kendalanya di kriteria qwerty keyboard.

      Kalau mau nekat mencari ponsel bekas, coba cari BlackBerry 9780 bekas deh. Harga pasarannya sekitar Rp 350 ribu.

      1. Artinya Onyx 2 ya pak. Saya coba pertimbangkan.

        Kalau dibandingkan Blackberry Davis 9220 atau Blackberry Apolo 9360 bagaimana pak?

        O ya ketinggalan.. saya tentunya cari yang GSM 3G.

        1. Pak Ari,

          Ya, Onyx 2. Ponsel itu lebih bandel daripada 9220 dan 9360.

          Onyx 2 sudah mendukung 3G GSM kok.

          1. Oke pak. Jadi lbh mantep buat cari onyx 2. O ya, karena masih penasaran saya coba cari yg Qwerty lagi. Saya dapati ada Samsung Galaxy Chat B5330.

            Bagaimana pendapat bapak? OSnya memang Android lCS dan speknya tdk terlalu tinggi. Kalau diadu dengan Onyx 2 performa OSnya bagaimana ya pak?

          2. Pak Ari,

            OS-nya sih lebih enak Galaxy Chat. Masalahnya, ponsel itu jauh lebih lemot dibandingkan Onyx 2.

  24. mifi ini bisa connect/disconnect akses data seperti di android? maksudnya putus koneksi ke jaringan tanpa perlu dimatikan powernya? makasih

  25. halo pak herry
    wah… kenapa dengan huawei p9lite pak ?
    kasih tau donk pak
    saya bingung mau beli hp apa di sekitar harga itu

    jika merk lenovo dan asus saya kurang minat karena baca2 cenderung banyak bug

    LG sepertinya sedang tidak memasukkan semua varian hpnya ke indo, LG G4 masih nunggu review apakah sn 6xx masih kena cacat bootloop ( tapi ngeri juga liat borosnya tuh hp klo upgrade ke os terbaru ), tapi secara overall mmg the best apalagi soal kamera

    Samsung, di harga itu adanya a5 2016… hhmmm cpu dan gpu dalemnya kurang wow dibanding kirin 650.. hahaha

    Sony kurang suka sama cameranya

    Oppo F1 plus cukup menarik sih dengan color os yg terkenal ringan.. tp masalah update os nya kurang meyakinkan..

    Vivo V3 dan V3max jg cukup menarik tapi os vivo ga pernah diurus… hahaha

    1. Pak Jem,

      Saya sudah pernah memegang ponsel nyata P9 Lite. Tampilan fisiknya terkesan kurang elegan deh.

      Sejauh ini saya belum pernah dapat laporan LG G4 dengan serial number 6xx mengalami bootloop sih.

  26. Sorry OOT Koh Herry, portable bluetooth speaker Xiaomi yg ada di pasaran saat ini semuanya tidak resmi yaa sebab saya lihat di Mi Store Ind tidak ada. Apakah yg seperti itu layak beli, atau adakah rekomendasi lain, tapi jangan terlalu mahal yaa, di bawah Rp 500.000,- (Makin murah makin baik karena saya tak peduli gengsi yg penting awet). Kalau lebih sedikit dari itu boleh asal memang2 benar mantep, Syukur2 kalau sudah lengkap dg MP3 atau bahkan Radio FM, he he sbg bonus, apalagi kalau bergaransi siip dah.

    1. Pak Hengky Fanggian,

      Benar. Tidak resmi.

      Tak tahu. Lha saya belum pernah coba.

      Coba cek iBomb EX350.

  27. Met malam Ko HSW, kira2 kapan mau me-review Xiomi redmi note 3 ? Apa bisa di unlock supaya bisa jadi 4G ? Slot micro sd ada slotnya sendiri apa numpang di slot sim 2 ? Trims

    1. Pak Arie,

      Saya malahan baru dengar ada ponsel bernama Xiomi Redmi Note 3 nih. Apakah itu replikanya Xiaomi Redmi Note 3?

  28. koh herry punya niat review Lenovo Vibe k5 plus nggak ? tertarik dengan fitur theater max nya tetapi masih ragu dengan fitur yang lain

  29. kalo Mi-Fi GSM harga 300-500 apa koh yang rekomen banget

    sekalian minta pendapat ttg andromax Mi-Fi M2Y

    1. Pak Muhammad Fadhil,

      GSM-nya cuma sampai 3G atau perlu 4G LTE? Kalau 4G LTE, nggak ada deh.

      M2Y jangan dibeli. Kalau M2Y QC, silakan dibeli.

  30. memangnya ada apa dengan M2Y ?
    dan kenapa kok harus pilih yang M2Y QC?
    tolong jelaskan koh herry

    1. Pak Muhammad Fadhil,

      Mengapa? Sebab, kinerja M2Y QC jauh lebih bagus daripada M2Y yang lama. Yang lama mudah panas dan koneksi cukup sering putus sendiri. Hal serupa tidak terjadi dengan M2Y QC. M2Y QC memakai chipset Qualcomm dan dibekali baterai berkapasitas lebih besar.

  31. Mifi M2Y qc untuk penggunaan kuota.. apakah boros?
    dan berapa kecepatan maksimal di kota surabaya?

    1. Pak Muhammad Fadhil,

      Ya bergantung perilaku pemakaian Anda.

      30-an Mbps. Kecepatan rata-rata di bawah itu.

  32. Saya pemakai M2Y yg lama, kalau tidak salah dari Des 2015. Berhubung sebelumnya tidak punya Mifi saya merasa M2Y tidak ada masalah, batterainya memang kurang bertahan lama tapi tak kirain memang sesuai kapasitasnya. Kalau terputus rasanya jarang, cuma speednya berdasarkan speedtest memang tidak terlalu cepat hanya 1-12 Mbps tapi balik2 ya saya kirain karena jaringan Smartfren di daerah saya. Biasa penggunaan hanya untuk laptop saat di luar, dan ketika Indihome saya down.

    Rencana mau beli Mifi Speedup yg dibahas bung HSW, keracunan lagi. Seller Tokopedia langganan saya jual harga Rp 685.000 tapi belum ongkir

    1. Pak Liat2aja,

      Anda di kota mana ya? Saya lupa.

      Saat pakai M2Y lama, apakah tidak merasa bodi mifi panas dan ketika panas koneksi menjadi lemot, bahkan terputus?

      1. Saya lokasi di Jambi pak.

        Kalau panas iya, saya pikir normal. Karena saya memang belum pernah punya Mifi sebelumnya.

        Kalau terputus setau saya belum pernah. Biasa max saya menggunakan 2 jam saja saat kerja di luar rumah. 2-3x ketika Indihome saya down saya nyalakan M2Y sambil cas tapi saya tambahkan kipas kecil agar tetap adem. Yg beberapa kali terjadi (jarang) biasanya lampu indikator sinyal warna merah dan koneksi tidak bisa berjalan, solusinya saya matikan dan nyalakan kembali.

        1. Pak Liat2aja,

          Oh ok. Nah.. itu sinyalnya merah. Berarti, Anda sudah merasakan “tradisi” ala M2Y. 🙂

    1. Ada yang bisa ada yang tidak.

      Batch pertama yang dijual bolt bisa. Diunlock dari pabrikan. Tapi batch selanjutnya sudah dilock. Tidak ada patokan untuk membedakan mana batch yang unlock maupun locked. Harus dicoba.

      Saya sering dapati rekan saya yang beli terkunci.

  33. Pak Herry,

    Apakah diantara mifi yang pernah Bapak review mifi ini yang paling layak dipinang apabila tolok ukurnya adalah feature & kesepadanan harga ?

    Matur nuwun

    1. Pak Eko Kaleksanan,

      Kalau tolok ukurnya dua hal itu, ya mending beli mifi Smartfren. Itu harganya murah banget.

      Kelebihan utama mifi SpeedUp di atas terletak dengan kompatibilitas dengan 4G LTE semua operator di Indonesia.

  34. Pak, mending andromax m2s atau m2y?
    Saya sudah punya m2s tapi kecepatan ditempat saya mentok 1mbps itu pun malam, kalau siang cuma 70kbps
    Menurut bapak lebih recomnd yg mana?

    1. Pak Aldo,

      Stok M2S sudah ludes. Jadi, tak perlu dibicarakan lagi.

      M2Y jangan dibeli karena jelek.

      M2Y QC bagus. Boleh dibeli.

      Oh, kalau kecepatan lambat, itu bukan karena M2S-nya, melainkan karena performa jaringan di lokasi Anda. Boleh tahu Anda di mana? Siang hanya 70 kbps itu sangat keterlaluan.

  35. Pak HSW,

    “Kalau tolok ukurnya dua hal itu, ya mending beli mifi Smartfren. Itu harganya murah banget.”

    Boleh minta referensi mifi yang Bapak maksud di atas ? Apakah sebelumnya pernah direview di blog ini ?

    Terima kasih

    1. Pak Eko Kaleksanan,

      Silakan membeli mifi M2Y QC. Pastikan yang ada embel-embel QC-nya ya. Jangan yang M2Y saja karena itu barang jelek.

      Saya tak pernah me-review-nya.

    1. Pak Ivan,

      Maksudnya semacam Indihome dan Firstmedia gitu ya? Jawabannya, saya tak tahu. Lha saya sama sekali tak pernah pakai.

  36. Apakah bisa dipakai tanpa memasang baterai? Kalo dicolok ke listrik terus kan kasihan baterai-nya, bisa salah pergaulan … hehehe ….
    Apa sudah ada fake / dummy baterai ya seperti di MF90, M2Y dll

  37. Baterai dummy M2Y saya lihat di bukalapak.com tapi saya belum coba.
    Ada yang power saja ada yg power+data

  38. Om Herry SW, kalau dipasang di rumah jangkauan wifi nya bisa berapa meter? Apakah bisa ditambahkan wifi extender bilamana signalnya kurang kuat? Terima kasih

    1. Pak Achmad,

      Sekitar lima meter dengan ada sedikit penghalang.

      Tak tahu. Saya tidak pernah mencoba memasangkan Wi-Fi extender.

  39. om HSW saya mau tanya untuk tipe mifi nya apa ya..?
    untuk yg hrga 699 ribu itu apa sudah trmsuk quota internet ?
    trus yg hrga 2jt dpt 144GB itu apa jg bs dipakai dg kartu operator lain…?

    1. Pak Kian,

      Namanya memang begitu: SpeedUp Telkomsel Mifi 4G LTE. Cuma ada satu tipe sehingga takkan salah. Kode tipenya sih M42.

      Yang harga Rp 699 ribu maupun Rp 2 jutaan sebenarnya barangnya sama persis. Sama-sama unlocked juga. Bisa dipadukan dengan operator lain. Bedanya, yang Rp 699 ribu tidak dapat bonus kuota internet, sedangkan yang Rp 2 jutaan dapat kuota internet 144 GB.

  40. Maaf pak Herry, setelah sya searching di blog bapak terkait Modem 4G, adakah bapak pernah mereview modem 4G USB yg keperluan untuk digunakan di laptop? Dan apakah MiFi 4G tsel ini port usb nya dapat digunakan ke laptop (misal untuk penggunaan berjam”), jdi tidak perlu menggunakan baterai, bermaksud agar menjaga batereai tidak cepat low. (Baterai digunakan untuk keperluan ngenet diluar). Terima kasih atas respon nya

    1. Pak Rahmat Hidayat,

      Modem USB 4G? Sepertinya tak pernah review.

      Ehm… kalau tidak pakai baterai ya tak bisa, Pak.

      1. Oh, gk pernah review ya pak, modem 4G yg bentuk USB Stick…
        Brarti alternatifnya ttp selalu ter-charging ya pak mifi nya untuk penggunaan lama atau keseringgan buat di laptop

        1. Pak Rahmat Hidayat,

          Biarpun baterai terpasang di mifi, peranti itu tidak harus selalu dihubungkan dengan charger kok. Boleh dipakai dulu sampai low batt, baru kemudian disambungkan ke power bank atau charger.

  41. Maaf sebelumnya, pertanyaan saya OOT. Menurut pengalaman Pak Herry untuk saat ini manakah operator 4G yang harga dan pelayanannya paling sesuai? Pelayanan disini yang saya maksud antara lain kecepatan dan kestabilan koneksinya bila digunakan untuk browsing, download dan streaming. Terima kasih.

      1. Berarti menurut Pak Herry harga mahal (relatif dibanding operator lain) yang ditawarkan Telkomsel sudah sebanding dengan pelayanan yang kita peroleh ya Pak? Bagaimana dengan Smartfren? Apakah harga dan pelayanannya belum sesuai? Maksud saya dengan harga yang jauh lebih murah, apakah Samrtfren layak dibeli? Saya berencana membeli mifi dari operator yang harga dan pelayanannya paling sesuai. Terima kasih atas pencerahannya.

        1. Pak Erik,

          Benar. Tarif Telkomsel memang tinggi, tetapi paling reliabel. Smartfren berada di urutan kedua terbaik. XL yang sebelumnya peringkat empat naik ke urutan ketiga, sedangkan Indosat bertukar posisi dengan XL.

  42. Pa, mau nanya utk mifi andromax m3y / m3z keluaran terbaru apakah layak dibeli,, jika belum pernah coba mnrt feeling bapak aja juga ga apa2,, karena saya lagi mau beli mifi tsb atau ada referensi lain budget 350 rb,, tks

  43. Pak, apakah MiFi ini bisa pakai paket Indosat yang 12GB 59rb? Apakah paket kuota data di MiFi beda dengan paket data di Smartphone?

    1. Pak M Akbar Attamimi,

      Kalau memang diperlukan ya silakan. Namun, sebenarnya lebih baik di-charge dalam kondisi padam total.

  44. Om HSW mo tnya nich mifi speed up ini bisa menangkap sinyal 3g dan 2g pa tidak?
    Klo dibanding sama mifi huawei e5577 lebih bagus mana om HSW. makasi

    1. Pak Ncak Nardi,

      Pasti bisa 3G. Namun, seingat saya, tidak bisa 2G.

      Saya sih lebih memilih SpeedUp tersebut. Daya tahan baterai lebih lama dan berstatus unlocked. Kalau Huawei E5577 yang dibundel XL kan di-lock.

  45. saya baru beli namun ada sedikit kececewaan yaitu jangkauan wifinya pendek ._.
    padahal masih dalem rumah ._. dan juga tangkepan signalnya gak pernah full selalu 2 atau 3 bar saya menggunakan XL. padhal saya test masukin di hp signalnya penuh.

    1. Pak Bayu K,

      Pendek itu berapa meter? Adakah penghalang dinding atau benda lain? Faktor-faktor tersebut patut diperhitungkan semua. Dibandingkan mifi lain yang pernah saya gunakan, kekuatan sinyal SpeedUp Mifi itu setara kok.

      Soal indikator sinyal, yang lebih perlu diperhatikan sebenarnya penangkapan nyata dalam satuan dB. Bukan jumlah bar-nya.

  46. Ko Herry,
    Kalau untuk komputer model lama, di mana membeli WiFi yang bagus.
    Di mana membelinya ?
    Apakah rekomendasi untuk WiFi TP Link ?
    Thanks.

  47. Ada yang aneh dengan Graphari di kota makassar masa iya enggak tau dengan produk ini padahal jelas-jelas ada di website mereka, saya malah di suruh ke Telkom soalnya CS waktu itu baca SpeedUp dikira speedy.

  48. Ya jangan pingsan atuh bapak, oh iya saya kan udah pakai m42 ini mau beli paket 6 atau 12 bulan lewat web telkomsel kok ada tulisan imei tidak di terdaftar ya, padahal nomornya sama, nomor yg ada dalam box m42

    1. Pak Rifqi Faqihy,

      Anda ceritanya barusan beli M42? Yang bundel dengan paket internet (harga totalnya Rp 2 jutaan) atau tidak (harga Rp 699 ribu)? Kalau yang bundel, Anda tak perlu keluar uang lagi untuk membeli paket internet. Harga Rp 2 jutaan itu sudah termasuk paket internet selama setahun. Lakukan aktivasi di GraPARI Telkomsel terdekat.

  49. Malam koh, sy minta rekomendasi mifi harga 600-800rb an, apa speedup mifi ini atau yg lain? Sekalian minta info untuk paketannya pake operator apa yg murah atau yg unlimited koh, make bolt udh mahal menurut sy

    1. Pak Aska,

      Mifi SpeedUp itu saja deh.

      Murah tapi lemot kan nggak seru, Pak? Jadi, saran saya, pilihlah yang harganya rasional. Plus, jangan beli yang unlimited karena performanya biasanya bikin emosi.

  50. Pak minta rekomendasi, sy pilih Mifi SpeedUp ini apa Mifi XL Go, melihat selisih harga jg tidak beda jauh. Terimakasih Pak.

  51. Siang pak HSW,
    saya mau tanya, kan telkomsel keluarin 2 moden, yg 1 mifi 4G Huawei,1 lagi mifi 4G speedup itu, nah beda keduany apa ya pak? saya mau beli bingung.
    sedangkan kalau dilihat dri artikel bapak, speedup bagus, tp huawei lebih mahal dri yg speedup?

    1. Pak Temy,

      Saya belum pernah mencoba mifi Huawei yang ditawarkan Telkomsel.

      Huawei kan merek yang lebih terkenal daripada SpeedUp. Kalau lebih terkenal, bisa jual lebih mahal. Ponsel Samsung, misalnya, untuk spesifikasi yang sama bisa jauh lebih mahal daripada Asus.

  52. saya udh bbrp kali ganti2 mifi…
    dr yg merk tenda, huawei e5221, skrg lg nyaman pke zte mf90+ sama huawei e5573 dua2nya keluaran beeline…
    klu mslh performa nangkep jaringan bagusan e5573, cmn sayang ngk bs lock jaringan 4g… klu zte mf90+ bs lock jaringan 4g cmn klu dperhatikan nangkep jaringan kurang oke…
    misal telkomsel di e5573 bs 3 bar, di mf90+ cmn 2 bar ( di lokasi dan tempat yg sama)…
    berkat keduanya sampai sekarang saya ngk perlu ganti ponsel 4G … saya cmn pake hp jadul galaxy s4 sama BB z10 tp kecepatan inet 4G… hehe

  53. Saat ini sedang Trennya MiFi, tapi setelah dipikir-pikir Ternyata kebanyakan MiFi yang dijual hanya mendukung jaringan 4G LTE. Padahal, seperti yg kita tahu bahwa tidak semua daerah di Indonesia itu tercover 4G LTE

    Karena itu saya ingin tanya ke pak Herry SW, Modem MiFi apa saja yang sudah mendukung jaringan 3G sekaligus 4G LTE, selain speedup yang diatas tentunya.

    1. Bu Sulastri,

      Ada perbedaan di teknis operasionalnya. Buat kita sebagai konsumen, yang paling mudah dipahami adalah keduanya berbeda frekuensi.

  54. Mahal om, kayaknya tetep mending pake mifi andromax smartfren. Baterenya udah 3000 mah, dapet bonus 2GB tiap isi ulang selama setahun

  55. Pak HSW,

    Saat ini mifi apa yg unlock all operator indonesia by default tanpa oprek ?
    Hasil pencarian saya huawei e5673
    apakah ada yg lain ?
    Lalu dimana saya bisa beli offline. Apakah bisa di galeri smartfren atau galeri telkomsel

    Makasih Pak

    1. Pak Saptori,

      Mifi ini kompatibel dengan 4G LTE semua operator di Indonesia. Namun, khusus Smartfren, ia tidak kompatibel dengan 4G LTE di frekuensi 850 MHz. https://ponselmu.com/review-speedup-telkomsel-mifi-4g-lte-akur-dengan-semua-operator/

      Produk di atas bisa dicari di Bukalapak, Tokopedia, atau situs belanja daring (online) lain.

      Saya pernah mencoba E5673. Saran saya, jangan beli itu deh. Selain baterai kurang tahan lama, saya merasa penerimaan sinyalnya kurang bagus. Umpama Anda tetap akan membelinya, ya silakan saja. Paling mudah sih mencarinya di situs belanja online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *