Review Transcend Wi-Fi SD Card: Pancarkan Foto Lewat Wi-Fi

Fungsi kartu SD atau SD card bukan cuma untuk menyimpan file. Kartu seukuran perangko itu ada pula yang sanggup menyulap kamera menjadi layaknya pemancar Wi-Fi. Contohnya, Transcend Wi-Fi SD Card yang tersedia dalam dua pilihan kapasitas: 16 GB dan 32 GB.

Transcend Wi-Fi SD Card cocok dipadukan dengan aneka merek kamera. Di tautan http://goo.gl/Rbp82 calon konsumen bisa mengamati daftar kamera saku digital hingga kamera SLR digital yang kompatibel. Daftar tersebut bukan “harga mati”. Saat kartu SD Wi-Fi itu penulis pasangkan ke kamera Sony NEX-3 yang tidak tercantum di daftar, ia terbukti bisa berfungsi.

Transcend-1

File yang tersimpan di kartu SD Wi-Fi dapat diakses lewat acang bersistem operasi Android dan iOS. Pengguna ponsel atau tablet Android perlu mengunduh aplikasi berjudul Wi-Fi SD di Play Store dulu. Sementara itu, pemakai iPhone, iPod, atau iPad dipersilakan mencari aplikasi serupa di App Store.

Usai menginstalasikan Wi-Fi SD, jalankan aplikasi itu, lalu ikuti petunjuk yang tampil di layar acang. Tuntas melakukan pengaturan, termasuk mengetikkan password, ada dua fitur utama yang siap dimanfaatkan pengguna.

Transcend-3

Pertama, Browse. Fitur itu memungkinkan pengguna mengakses kumpulan foto dan video di kartu SD Wi-Fi secara nirkabel. Foto dan video bakal tersaji di layar ponsel atau tablet. Pengguna diperkenankan mengunduh foto atau video yang diinginkan, kemudian menyimpannya di acang. Pada saat bersamaan, satu keping kartu SD Wi-Fi bisa terhubung dengan tiga acang.

Kedua, Shoot & View. Dengan memanfaatkan fitur itu, layar acang pengguna berfungsi sebagai jendela preview kamera. Setiap kali pengguna selesai memotret, hasil jepretan langsung ditampilkan di layar acang. Hal itu mempermudah pengguna tablet dalam mencermati detail foto.

Transcend-2

Bukan hanya itu. Kartu SD kelas 10 tersebut memungkinkan pengguna langsung mengunggah foto memakai aplikasi Wi-Fi SD. Pengguna, antara lain, dapat memajangnya di Facebook, Twitter, dan Flickr. Mau mengirimkannya kepada orang lain via email juga bisa.

Bagi fotografer profesional, kemampuan mengakses kartu SD Wi-Fi  secara nirkabel menggunakan laptop mungkin lebih penting daripada mengintip isi kartu lewat tablet. Aktivitas itu kebetulan memang dapat dilakukan memakai laptop Windows, Linux, atau Mac OS. Bedanya, di tiga sistem operasi tersebut hanya tersedia fitur Browse. Tak ada fitur Shoot & View.

Transcend-4

Menurut penulis, kemampuan menelusuri file foto secara nirkabel menjadi daya tarik utama Transcend Wi-Fi SD Card. Sedangkan kemampuan mengunggah foto ke jejaring sosial menjadi fitur yang paling kurang menarik. Sebab, pengaturan yang harus dilakukan lumayan panjang. Cukup rumit untuk pengguna awam.

Saat penulis mengetikkan naskah ini, Transcend Wi-Fi SD Card berkapasitas 16 GB dijual sekitar Rp 570.000. Kartu berdaya tampung dua kali lebih besar, 32 GB, dibanderol Rp 780.000.

11 thoughts to “Review Transcend Wi-Fi SD Card: Pancarkan Foto Lewat Wi-Fi”

    1. Pak BeYe,

      Produk itu saya ambil waktu ada pameran di Jakarta. Saya carikan kartu nama penjualnya dulu ya. Paling lambat besok pagi saya update di sini.

    1. Pak Surya,

      Saya tak berani memastikannya. Kalau melihat daftar kompatibilitas di http://goo.gl/Rbp82 sih NEX-5N tidak tercantum. Namun, saya curiga kartu Wi-Fi SD itu kompatibel dengan NEX-5N karena NEX-3N tercantum.

  1. Pak BeYe,

    Ini alamat penjualnya:
    Omegaindo Perkasa
    Rukan M2M blok A no 12 A
    Jl Mangga Dua Dalam
    Jakarta 10730
    Telp 021-6125111

    1. Pak Jacky,

      Kalau ditanya bisa atau tidak, jawabannya bisa. Namun, saya tak tahu hal itu diperbolehkan selama penerbangan atau tidak.

  2. Admin…
    Transcend wifi apakah ad muncul setingannya pada camera card setting?
    Dan apakah transcend wifi akan menguras baterainya lebih cepat dari biasanya?

    1. Pak Jacky,

      Camera card setting di mana ya?

      Ya, pemakaian Transcend Wifi akan membuat konsumsi baterai lebih tinggi daripada sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *