Review Vivo X3S: Tipis, Cantik, dan Tampak Mewah

Vivo Xshot merupakan ponsel Vivo pertama yang penulis uji pakai. Hasilnya, ponsel yang kini dibanderol Rp 4,999 juta itu berhasil memuaskan penulis. Kameranya pantas diberi acungan jempol. Berani diadu dengan kamera Samsung Galaxy Note 4, Sony Xperia Z3 Compact, dan LG G3 yang harga jualnya lebih mahal deh.

Sayang, Xshot tidak mendukung dual SIM. Padahal, bagi sebagian orang, ponsel dual SIM sekarang telah menjadi kebutuhan harian. Keinginan mencicipi Vivo dual SIM membuat penulis tertambat pada Vivo X3S.

Vivo X3S-1

Sejak awal penulis yakin kamera X3S takkan sebagus Xshot. Lha harganya saja berbeda Rp 2 juta. Saat ini X3S ditawarkan di harga Rp 2,999 juta. Pada paket penjualan disertakan charger, kabel micro USB, handsfree berkabel, dan sebuah hardcase transparan.

Tampilan fisik X3S tergolong cantik dan mewah. Dengan ketebalan 5,95 milimeter, ponsel itu pantas disebut tipis. Konektor handsfree berkabel terdapat di sisi atas bodi, sedangkan konektor micro USB di bagian bawah. Tombol volume dan tombol power bisa dijumpai di samping kiri.

Selot kartu SIM diletakkan di samping kanan. Untuk mengeluarkan selot kartu SIM, pengguna perlu menggunakan bantuan SIM ejector, klip kertas, peniti, atau jarum. Di dalam satu selot kartu SIM tersebut terdapat sebuah baki berisi dua alas kartu SIM. Kartu SIM1 memanfaatkan micro SIM, sedangkan kartu SIM2 nano SIM.

Dua nomor GSM yang terpasang dapat siaga bersamaan di X3S. Pengguna bebas menentukan nomor mana yang diizinkan masuk ke jaringan 3G. Sayang, pengguna tidak dapat mengunci ponsel supaya senantiasa berada di jaringan 3G. Padahal, kala berurusan dengan operator tertentu yang layanan GPRS/EDGE-nya sangat buruk, kemampuan itu penting sekali.

Vivo X3S-3

Ponsel berlayar IPS lima inci dengan resolusi 1.280 x 720 piksel tersebut memanfaatkan prosesor delapan inti (octa core) MediaTek MT6592 1,7 GHz. Spesifikasi lainnya, Wi-Fi, bluetooth, GPS, RAM 1 GB, ROM 16 GB, dan mendukung USB On-The-Go. Sumber daya ponsel tanpa selot memori eksternal itu berasal dari baterai 2.000 mAh yang ditanamkan ke dalam bodi.

Memori internal X3S dibagi menjadi dua partisi, yaitu system space dan phone storage. Saat ponsel belum diutak-atik, sebanyak 2,56 GB di antara 5,19 GB system space berstatus kosong. Sedangkan daya tampung phone storage masih utuh di angka 9,47 GB. Aplikasi tambahan yang diinstalasikan pengguna tidak selalu disimpan di system space. Bila ponsel mendeteksi suatu aplikasi dapat diarahkan ke phone storage, penyimpanan akan dilakukan di partisi tersebut.

Dua kamera dibenamkan ke ponsel berdimensi fisik 143,27 x 71,03 x 5,95 milimeter dan berat 153 gram itu. Kamera utama dilengkapi fokus otomatis maupun lampu kilat. Kemampuan maksimalnya memproduksi foto beresolusi 13 megapiksel dan klip video full HD 1080p. Tersedia mode profesional yang memungkinkan pengguna melakukan pengaturan kamera secara manual. Silakan masuk ke tautan ini untuk memperoleh informasi lebih detail tentang mode profesional di ponsel Vivo.

Sementara itu, kamera depan X3S tidak dibekali fokus otomatis dan lampu kilat. Ia sanggup menghasilkan foto beresolusi lima megapiksel dan klip video full HD 1080p. Secara umum, meskipun tidak semantap hasil jepretan Vivo Xshot, foto-foto yang diproduksi X3S masih layak dikategorikan cukup bagus.

Vivo X3S-2

Bagi pemburu sistem operasi terbaru, X3S mungkin bakal dipandang sebelah mata. Sebab, ponsel itu masih menggunakan Android 4.2.2 Jelly Bean dengan tampilan antarmuka Funtouch OS. Namun, versi sistem operasi yang agak tertinggal itu sebenarnya ditebus dengan kemampuan lain.

Untuk menyalakan dan membuka layar yang terkunci, misalnya, pengguna tak perlu menyentuh tombol apa pun. Cukup ketuk layar dua kali untuk mengaktifkan layar. Saat itu layar masih terkunci. Untuk meng-unlock-nya, lambaikan tangan di bagian atas ponsel.

X3S dilengkapi fitur penyaring panggilan telepon dan SMS masuk. Dengan mudah pengguna juga dapat menjadwalkan pengiriman SMS. Contohnya, sekarang mengetikkan pesan yang baru akan “diterbangkan” besok pukul 12.00. Pada waktu yang direncanakan, SMS otomatis akan dikirimkan.

Biarpun hanya memiliki RAM 1 GB, dalam pemakaian sehari-hari X3S tetap terasa cukup gegas. Ia baru sesekali terasa kelabakan jika harus menjalankan beberapa aplikasi sekaligus. Misalnya, Gmail dengan dua email yang sangat aktif, WhatsApp, Asphalt 7: Heat, Chrome, Maps, Twitter, dan Facebook.

Bagi pengguna yang merasa memori internal 16 GB telah memadai untuk pemakaian sehari-hari, X3S boleh dijadikan salah satu alternatif ponsel dual SIM yang patut dibeli. Saat ponsel digenggam atau diletakkan di meja, amat mungkin orang di sekitar pengguna bakal bertanya-tanya. Ponsel apa tuh kok tipis, cantik, dan tampak mewah.

***

Inilah foto-foto yang dihasilkan X3S.

Vivo X3S-4

Vivo X3S-5

Vivo X3S-6

Vivo X3S-7

Vivo X3S-8

Vivo X3S-9

Vivo X3S-10

Vivo X3S-11

Satu foto berikut ini dijepret memakai kamera depan.

Vivo X3S-12

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

Vivo X3S-15

Vivo X3S-14

Vivo X3S-13

200 thoughts to “Review Vivo X3S: Tipis, Cantik, dan Tampak Mewah”

    1. Pak Roni,

      Nah… itu salah satu kegunaan hardcase transparan yang disertakan dalam paket penjualan. Bikin kamera yang menonjol tidak lagi menonjol. Alternatif lain, padukan ponsel dengan jelly case.

  1. Seperti nya vivo sudah mulai berekspansj di kota besar jaw…sepertu dikota saya semarang
    Tetapi yang mebjadi pertanyaan saya …apakah service centernya ada banyak jg di kota tempat vivo buka toko jualan?atau hanya colection point saja untuk setvice.
    Ada info om herry

    1. Pak Bambang Eko,

      Iya, Vivo memang mulai melakukan ekspansi ke berbagai kota besar.

      Saya tak hafal daftar pusat perbaikan resminya. Bisa dilihat langsung dari ponsel kok. Secara berkala, daftar yang ada di ponsel itu akan di-update/ditambah.

    1. Pak Adrian,

      Vivo adalah merek Tiongkok buatan Tiongkok. Sama dengan Oppo. Bedanya, Oppo seringkali menyamarkan diri menjadi ponsel dari Amerika.

      Funtouch OS itu sebenarnya berbasis Android. Ia lebih mengedepankan tampilan antarmuka yang simpel dan beberapa fitur gesture.

  2. Wah slotnya nano dan micro SIM? Menarik sekali. Hp2 high end belakangan sudah pakai nano SIM, padahal micro SIM saja baru mulai jadi standar hp2 sekarang.

    Ribet juga dgn standar yg sekarang jadi 3 jenis SIM, ga bisa pindah2 kartu sebebas dulu masih jaman mini SIM. Adapter memang ada, tapi saya pernah ngalamin slot sim card rusak gara2 pakai adapter mini sim untuk kartu micro SIM.

  3. Salam Hangat, Pak Herry.
    Saya mau minta rekomen bapak krn saya berencana membeli smartphone yang mumpuni, yang RAM nya gede, kamera depan jelas, daya baterai yang besar, dan yang paling penting layarnya tdk gede dan ada led notifikasinya.
    Atas saran Pak Herry, saya ucapkan trima kasih

    1. Pak Priyo,

      He.. he.. iya. X3S ini “teman sekampus” ZTE Blade Vec Pro deh. Prosesor octa core, RAM 1 GB.

  4. vivo x3s vs Lumia 730, jika pertimbangannya Dari kualitas kamera Dan ketahanan baterai, om Herry ambil yg mana?

    1. Pak Ramdan Aji D.,

      Kinerja layanan pusat perbaikan resmi belum diketahui. Kalau jaminan replace sudah ada dua testimoni yang semuanya positif.

      Soal garansi aksesori, adakah merek lain yang memberikan garansi lebih dari enam bulan? Mohon infonya ya, Pak.

  5. maaf om OOT, mau tanya kok Acer Z410 saya sedikit aneh yah, saya mesti sering ganti-ganti Preferred Network antara 3G dan LTE kalo berpindah lokasi, misal di lokasi A saya lock di 3G untuk BBM lancar namun untuk browsing dll itu tidak jalan sama sekali dan di lokasi A saya setting ke LTE akhirnya keduanya pun lancar, tapi ketika saya pindah lagi ke lokasi B dengan network dikunci di LTE juga yang terjadi adalah BBM tidak lancar tapi browsing lancar sekali dan lagi – lagi saya harus setting network ke 3G dan akhirnya keduanya pun lancar.

    yg saya mau tanyakan ini yg salah di handphonenya atau di operatornya yah? kebetulan saya masih pakai SIM Card biasa yg belum untuk 4G LTE. dan operator yg saya pakai adalah Telkomsel (Simpati)

    1. Pak Agus Fadillah,

      Lho, kartu Anda masih kartu SIM biasa (belum 4G) kok sudah bisa masuk ke jaringan LTE? Seharusnya tidak bisa. Berarti pangkal masalahnya sudah terang benderang ya.

  6. Om hsw apa skrg ram 1Gb masih cocok u/ kebutuhan jaman sekarang ya?
    Karena daya rasa pakai ram 2Gb aja kerasa lelet hehehe entah karena samsul yg banyaj bloatware / emg sudah tuntutan zaman hehehhe

  7. saya pernah pake hp tsb 3 hari ko….
    dari tgl 21 april 2015 sampe 24 april 2015, sebelumnya saya pake lenovo a6000, krn banyak tmn yg minat sama hp a6000nya maka saya lego, trs sbg penggantinya saya pake vivo x3s….
    walopun vivo x3s terkesan mewah tp finishing nya cenderung asal2an ko, casing belakang yg ada celahnya, bazel layar depan juga seperti ada celah… dan yg sangat disayangkan, bnyk aplikasi game di playstore yg tidak tersedia ketika menggunakan vivo x3s, padahal dgn lenovo game trsb tersedia, krn alasan 2 tersebut saya kembali menjual hp itu.
    sekarang saya sudah nyaman menggunakan lenovo p70, itupun salah satu penyebabnya setelah baca review dari ponselmu, hehe3x….

    1. Pak Diemas,

      Soal celah di casing, saya tidak mengalami di unit yang saya gunakan.

      Game apa di Play Store yang tak muncul? Namun, saya sudah tidak mencobanya sendiri ya.

      Btw, kamera P70 Anda bisa menghasilkan foto dengan baik? Saya terima info dari beberapa pengguna P70, kamera ponselnya agak aneh. Foto yang dihasilkan cenderung puyeh.

    1. Pak Wibie,

      Paduan plastik dengan logam.

      Kapasitas baterai sudah saya sebutkan di review lho: 2.000 mAh.

  8. ketika preferred network saya ganti ke 3G di lokasi A saya bisa chat BBM dengan lancar dan browsing lancar , tapi pas pindah ke lokasi B chat BBM lancar namun Browsing tidak bisa sama sekali dan akhirnya dilokasi B tersebut preferred network yg berada di settingan saya ubah ke LTE kemudian baru dua duanya lancar walaupun sinyal yg saya dapet bukan LTE (hanya sekedar settingan Handphone lock di LTE)

    tapi ketika saya balik lagi ke lokasi A settingan Preferred Network yg sebelumnya LTE lancar di lokasi B malah di lokasi A agak bermasalah (BBM lancar tapi browsing tidak bisa) dan akhirnya saya ganti lagi preferred networknya di 3G baru keduanya lancar om

    apa SIM Card biasa ditaruh di handphone 4G agak bermasalah yah? dan apabila harus diganti kartu 4G apakah bisa digunakan Paket Internet Android yg biasa (bukan paket 4G)?

    1. Pak Agus Fadlilah,

      Oh, maksudnya preferred LTE, tetapi masuknya tetap ke 3G ya. Kalau membaca kronologis tersebut, berarti masalah lebih di operatornya.

      Kartu SIM biasa mestinya dapat digunakan di ponsel 4G tanpa masalah. Sebaliknya, kartu USIM 4G juga bisa berfungsi normal di ponsel non-4G LTE. Kebetulan saya sudah membuktikan keduanya.

      Paket internet 3G bisa dipakai di jaringan 4G dengan kartu USIM + ponsel 4G kok.

    1. Pak Roni,

      Dan… harapan Anda tampaknya tak terkabul. Kalau Mi 4i (bukan Mi4) saya berencana me-review-nya.

  9. Serem amat hrg nya..ram 1gb dg prosesor mediatek dihargai 5juta..apa ga trll overprice ya..

    1. Pak Chandra Zhang,

      Vivo kan memposisikan diri sebagai merek Tiongkok premium. Strategi jualannya mirip Oppo, kecuali dalam hal kejujuran. Vivo memberikan profit margin besar kepada penjual. Jadi, ya hasil akhirnya harga tinggi. Selama dia jujur bilang merek Tiongkok sih saya takkan ngisengin dia. Namun, kalau sampai meniru Oppo mengaku dari Amerika, saya bakal langsung ngisengin deh. πŸ™‚

  10. untuk kualitas foto, yg pasti masih lebih baik dibandingkan lenovo a6000, sedangkan menurut saya lenovo a6000 kemampuan kameranya tergolong baik dan tdk mengecewakan.
    terkait game yg tdk tersedia di playstore, contohnya adalah, modern combat 5, brother in arm 3.

    oiya,ko…. lenovo a6000 milik istri saya baru 2 minggu pakai sudah error, indikasi errornya adalah ketika hp digunakan untuk mengetik (ketik apa saja) sering error, huruf nya bisa muncul acak, kadang malahan hurufnya bisa terhapus sendiri trs apabila kita pencet tombol back secara cepat dan berkali2x, maka langsung masuk ke aplikasi kamera.

    ada yg mengalami kejadian serupa?

    1. Pak Diemas,

      Terima kasih atas sharing-nya.

      Saya belum pernah mencoba A6000. Teman-teman pengguna thread A6000 yang memantau thread ini, tolong bantu Pak Diemas ya.

  11. Iyap betul om herry. Settinggan preferred networknya saja saya harus gonta ganti kadang prefer ke LTE dan kadang ke 3G karena masalah tersebut. Setelah saya ganti baru BBM dan browsing lancar keduanya. Kadang di lokasi yg sama saya harus ganti ganti preferred network hehe

  12. dengan harga segitu kalau saya pribadi bkal pilih opo one plus one 64gb sh om..mash sisa buat beli featur phone.haha

    1. Pak Osin,

      OnePlus One 64 GB apakah saat ini sudah bisa diperoleh dengan Rp 2,999 juta? Bamboo case-nya keren tuh.

  13. Pak,kalo Xshot Vivo Vs Xiaomi Mi4 pilih mana ya pak? Katanya jaringan Mi4 tidak mendukung di Indonesia?

    1. Bu Cendy,

      Saya pilih Vivo Xshot.

      Jaringan Mi4 apa nih yang dimaksud? Saya pernah memakai Xiaomi Mi4 di Indonesia dan berfungsi dengan baik kok.

      1. review dong Pak herry tentang xiaomi Mi4, kira-kira recomended nggk? soalnya saya penasaran sama Mi4 ini..

  14. Accessories itu maksudnya sama dengan sparepart bukan Pak? Setahu saya Acer memberikan garansi sparepart 1 tahun dan garansi service 3 tahun.

    1. Pak Ramdan Aji D.,

      Beda. Aksesori yang dimaksud di sini, misalnya, handsfree berkabel dan charger.

      Kalau sparepart = suku cadang. Misalnya, speaker, mainboard, dan keypad.

    1. Pak Wira,

      Saya sebenarnya tidak memilih keduanya. Namun, bila tetap harus pilih satu, saya pilih Mi4.

  15. Oh maaf berarti saya salah paham, Pak. BTW, antara Lumia 435 vs Acer Z205, dengan tidak memedulikan OS, kamera dan ketersediaan aplikasi di Windows Phone, hanya kinerjanya secara umum saja, Pak Herry lebih merekomendasikan yang mana?

  16. kira overprice mn sm saudara sekampung om? oppo….
    Dilihat kualitas kamera kynya dgn rentang harga seperti itu seimbang dengan oppo mirror 3,.
    klo dengan budget under 3jt.. fitur yg diutamakan kamera, kira2 om herry merekomendasikan apa ya?
    thx

    1. Pak Heru,

      Kalau kita berbicara soal overprice, Oppo dan Vivo sama-sama memakai strategi harga premium. Profit margin yang tinggi itu kemudian dipakai untuk memberikan keuntungan kepada penjual dan promotor serta anggaran pemasaran. Jadi, dua merek itu boleh dibilang imbang deh.

      Satu hal yang sangat berbeda, promotor Vivo sejak kali bertugas telah jujur menyatakan bahwa ia adalah merek Tiongkok. Hal bertolak belaknag terjadi dengan promotor Oppo yang mengaku-aku merek Amerika.

      Kalau anggaran kurang dari Rp 3 juta dan fitur yang diutamakan kamera, untuk sementara saya menyarankan Acer Liquid E3 dan Acer Liquid Jade.

  17. Saya lihat produk2 Vivo ini menonjolkan sektor kamera dan audio ya… Penasaran pengen nyobain. πŸ˜€ Sampai sekarang nama Vivo seperti kurang menggema, apa kurang promosi ya pak πŸ™‚

    1. Pak Tuxlin,

      Benar. Anggaran promosi Vivo tidak sebesar Oppo saat dulu masuk ke pasar Indonesia.

  18. acer untuk garansi dan service center nya bagaimana pak? apa gabung jadi satu dengan asus?
    soalnya klo asus khan agak susah sevisnya,
    untuk tmbhan informasi, penjual vivo tidak diperkenankan berjualan merk oppo. demikian sebaliknya.. agak aneh.

    1. Pak Heru,

      Acer digabung dengan Asus? Ya jelas tidak tho. Garansi dan pusat perbaikan resmi Acer berbeda dengan Asus. Layanan purna jual Acer lebih bagus daripada Asus.

      Soal larangan berjualan, yang memulai “perang” lebih dulu adalah Oppo. Mereka menyodorkan surat pernyataan yang harus ditandatangani diler Oppo. Kabar terakhir, di beberapa daerah dua merek yang sebenarnya bersaudara itu mulai akur.

  19. Pak herry…saya maw tanya!!hp vivo saya tuh cma saya isi 2 permainan aja…seperti line,wa,fb sudah saya hapus..tp kenapa setiap saya maw download lg..keteranganx ruang sistem tidak cukup…atau kesalahan perangkat lunak pak herry…

    1. Bu Fitri,

      Memori internal ponsel Vivo biasanya dibagi dalam dua partisi: system space dan phone storage. Nah, perhatikan ruang kosong di system space. Saya menduga system space di ponsel Anda sudah nyaris penuh. Mungkin ada banyak “file sampah” di sana.

  20. Di bantu bu fitri

    1. Beli mmc tambahan

    2. Ke i manager, pembersih file..hapus tembolok dan cache sistem

    3. Masih di i manager, cari pemindah applikasi..pindahin app ibu ke micro sd

    Semoga membantu bu

    1. Pak Toni Triatmoko,

      Lain kali cukup kirimkan permintaan yang sama satu kali ya. Kali ini masuk tiga kali lho.

    1. Pak Faisal,

      Saya belum pernah mencoba Lumia 640 XL. Kalau kamera X3S versus Mi 4i, menurut saya, lebih bagus Mi 4i.

        1. Pak Faisal,

          Ya, saya biasanya sering ke WTC. Namun, karena belakangan ini sedang sering ke luar kota, frekuensi saya ke WTC menurun.

          1. pak bagaimana ketahanan baterai dari vivo x3s ini? soalnya saya pengguna sosmed dan browsing yg intens dengan baterai yg 2000 aja saya agak ragu, padahal udah keracunan sama desain nih hape, plus kamera yg yahud juga hehe thanks pak hsw

          2. Pak Faisal,

            Kalau penggunaan Anda seperti itu, baterai 2.000 mAh takkan bisa bertahan seharian. Carilah ponsel Android dengan baterai minimal 3.500 mAh.

  21. Sayang point batere tidak banyak diulas disini. Saya masih penasaran ada review yg menyatakan batere bisa sampai 4jam lebih untuk screen on. Apakah memang manajemen daya Vivo X3s ini memang sangat efisien? Kira2 setara dengan apa baterenya

    1. Pak Budi Raharjo,

      Baterai tidak selalu saya ulas karena penggunaan tiap orang berbeda-beda. Di tangan saya, baterai X3S bisa bertahan seharian. Saya tidak memperhatikan berapa lama screen on-nya. Saat memakai ponsel Android, kebutuhan screen on saya biasanya sekitar tiga jam per hari. Hmm… agak mirip baterai Xiaomi Redmi 1S deh.

  22. Pa knp camera depan vivo x3s hasil fotonya melebar kebawah? Jd kl selfi badan terlihat lebih lebar dan kepala tampak kecil. Kl mau hasil normal(badan tidak lebar) camera harus di tundukan ke bawah. Kenapa setingannya bgtu ya? Pdhl selfie tdk harus posisinya gambil dari atas dgn camera nunduk,…

    1. Bu Nitha,

      Saya tidak mengalami hal itu. Coba bawalah ponsel Anda ke gerai Vivo. Minta tolong petugas di sana untuk memeriksanya. Anda sekaligus bisa membandingkan X3S Anda dengan unit yang dipajang di sana.

  23. oohh gitu pa, ok deh nnti aq ke sana. tp seinget aq, aq pernah coba unit yang dipajang sama. tp qu pikir mungkin badan aq yg skrg udah gemuk. setelah membelinya aq foto pk camera depan, hasilnya aneh seperti aq td qu bilang “bagian bawah melebar”trs aq coba lg dengan objek lemari yang bentuknya sdh pasti sisi sampingnya lurus, ternyata benar melebar. pagi ini aq bandingin sm vivo y22 kebetulan teman punya. camera depannya pun sama πŸ™
    tp untuk jelasnya pasti sy ke gerai!!! tq for replynya ya pa herry

    1. Bu Nitha,

      Ok. Silakan dicoba dulu. Pesan saya, cobalah melakukan pemotretan pada dua kondisi ini:
      1. Selfie dengan posisi kamera sejajar dengan dada Anda.
      2. Memotret lemari dengan kamera depan, tetapi jaraknya jangan terlalu dekat.

      Asal tahu, jarak antara kamera dan objek pemotretan yang terlalu dekat bisa memunculkan distorsi. Objek tidak terekam sesuai bentuk yang sebenarnya.

  24. Maaf pak.
    Hp q vivo y 22
    Tpi ko gk bisa nginstal aplikasi
    Padahal ruang yg tersedia mash bnyak yg kosong dbuat penympanan tdk memadai
    Apa yg hrs di prbaiki pak atau disetting???

    1. Pak/Bu Diris,

      Maaf, baru pagi ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Karena sesuatu hal, selama berhari-hari saya menghilang dari dunia maya.

      Saya belum pernah menguji pakai Y22. Di ponsel Vivo biasanya ada pilihan default storage untuk instalasi aplikasi. Nah, pilihlah lokasi storage yang kapasitasnya lebih besar.

      Kalau ada waktu, mampirlah ke gerai resmi Vivo. Temui promotor Vivo yang mengenakan kaos biru muda atau kaos putih bertuliskan Vivo. Mereka biasanya mau mengajari pengguna ponsel Vivo dengan sabar.

    1. Pak Dayu Nugraha,

      Maaf, saya tidak mengetahui harga suku cadang. Silakan langsung ke pusat perbaikan resmi Vivo.

  25. Saya msh pelajar pak, Wktu itu udh di bawa pak tapi katanya klo mau di service dgn service center vivonya 2jt pak? Masa mahal banget sih pak? Merasa kecewa juga saya pak

    1. Pak Dayu Nugraha,

      Vivo X3S Anda apakah bergaransi resmi?

      Kerusakan apa saja yang terjadi? Bagaimana ceritanya kok bisa rusak? Kalau kerusakan itu terjadi bukan karena kesalahan pengguna, padahal unit itu bergaransi resmi, Anda seharusnya bisa mengajukan klaim garansi. Anda tak usah mengeluarkan biaya.

      Namun, bila kerusakan itu terjadi karena kesalahan Anda, misalnya ponsel terbentur ujung meja sehingga LCD-nya pecah, garansi memang tidak berlaku. Anda harus membayar biaya perbaikan dan penggantian suku cadang.

  26. Maaf pak mau tanya saya pake vivo x3s. Fitur scene music dan cara membuat pesan dengan berbicara bagaimana ya pak?

    1. Bu Renny,

      Scene music itu yang gimana ya?

      Kalau mengetik pesan dengan berbicara, intinya aktifkan dulu Google voice typing di menu language. Tahapan detailnya saya tak ingat lagi. Umpama di hadapan saya ada X3S, saya bisa memandu dengan lebih rinci.

    1. Bu Septi,

      Maaf, saya sehari-hari tidak memakai BBM. Kalau BBM-nya masih versi yang lama, ya tinggal di-update dari Play Store tho.

  27. pak menurut anda, dari segi kamera depan dan belakang lebih bagus mana vivo x3s dan lenovo s90 livo ?

  28. maaf pak saya ingin bertanya, saya pakai vivo y15. kenapa ya notifikasi bbm, tidak muncul??
    jadi setiap ada pesan bbm saya harus membuka aplikasi bbm dl baru pesannya masuk.
    mohon bantuannya πŸ™‚

    1. Bu Riri,

      Saya belum pernah menguji pakai Y15. Di ponsel Vivo, aplikasi BBM biasanya perlu “digembok” dulu. Caranya, masuk ke recent aplikasi. Di sana akan tampil ikon aneka aplikasi yang sedang berjalan. Sentuh ikon BBM dan sapukan jari Anda ke bawah sampai muncul simbol gembok.

  29. Pagi Pak.
    Saya mau bertanya mengenai lampu touch feedback (3 tombol di bawah), apakah bisa nyala? Bagaimana caranya?

    Lalu, bagaimana cara mengganti font di x3s tanpa rooting?

    Terimakasih sebelumnya Pak.

    1. Bu Ulfa,

      Saya tak ingat pasti tiga tombol di bawah layar itu dilengkapi lampu atau tidak. Sepertinya memang tak bisa menyala.

      Maaf, saya tak pernah coba mengganti font di X3S.

    1. Bu Irma,

      Lho, kalau baru beli dan ternyata ada masalah, langsung kembali ke penjualnya deh. Bila masih kurang dari 1 x 24 jam dan kerusakan bukan karena kesalahan pengguna, Anda bisa mendapatkan penggantian unit baru.

      Saat kembali ke toko, jangan lupa membawa seluruh kelengkapan dan nota pembelian ya.

  30. Bapak saya boleh tanya apa ada kelebihan yang dimiliki vivo x3s ketimbang mi4i? Dikarenakan saya pemiliki vivo x3s dan rasanya mi4i lebih baik…

    1. Pak Bima SB,

      Kalau X3S Anda adu dengan Mi 4i, ya Mi 4i memang lebih baik. Boleh dibilang X3S tidak memiliki keunggulan dibandingkan Mi 4i. Bila dicari-cari, ini satu kelebihan X3S: saat dipakai bodinya lebih dingin daripada Mi 4i.

  31. Pak, saya mau tanya. Saya memakai vivo x3s. tidak sengaja jatuh dan layarnya retak. Kira2 untuk memperbaikinya butuh biaya berapa ya pak? Terima kasih.

    1. Pak Rizki Fadillah,

      Wah, kalau harga suku cadang, saya kurang tahu. Silakan menanyakannya langsung ke pusat perbaikan resmi Vivo.

  32. pak, saya mau tanya. saya pengguna vivo x3s. tidak sengaja jatuh dan layarnya retak. kira2 untuk biaya untuk memperbaiki/menggantinya berapa ya pak? terima kasih.

  33. Pak Herry saya berencana membeli unit vivo x3s. Yang ingin saya tanyakan menurut sepengetahuan pak herry apakah ada vivo x3s kw / supercopy di pasaran? soalnya ada yg nawarin x3s dgn harga yg cukup murah. kemudian utk upgrade os apakah vivo x3s ini bsa diupgrade ke kitkat/lillipop dikemudian hari?
    Terimakasih

    1. Pak Jemi,

      Setahu saya belum ada supercopy-nya sih. Memangnya Anda ditawari di harga berapa?

      Karena sudah tidak memakai X3S, saya tak tahu kini sudah bisa di-update ke versi OS lebih baru atau belum.

  34. pak herry, apakah kedua slot SIMCARD sudah support untuk LTE dan 3G semuanya? soalnya mau potong SIMCARD takut salah, karena saya cuma pakai satu kartu 3(tri) untuk konektivitas internetnya. makasih sebelumnya.

    1. Pak Fauzi,

      Anda bebas memilih yang masuk masuk ke 3G adalah SIM1 atau SIM2. Bisa saja hari ini Anda memilih SIM1, sedangkan besok SIM2. Tak usah bongkar pasang kartu.

      LTE? Vivo X3S kan belum bisa LTE.

  35. maaf ak mau tanya kisaran biaya ganti lcd vivo x3s brapa, soalnya saya ke galerinya dikasih harga satu jutaan minta saran saya bawa kemana baiknya

    .

    1. Pak Drajat,

      Maaf, kalau harga suku cadang saya tidak mengetahuinya. Untuk LCD seperti Vivo X3S, wajar kalau harga barunya Rp 1 jutaan. Saya rasa Anda akan kesulitan mencari suku cadang ponsel itu di luar pusat perbaikan resminya.

  36. halo kokoooo saya senang sekali akhirnya menemukan tulisan koko. ko, review vivo y35 dong ko πŸ˜€ trimakasih sebelumnya

  37. Haloo Kokoh..
    mau nanya, kalo mau upgrade vivo x3s ver versi terbaru gmana yah? aku dah donlot X3S upgrade package V2.8.0 2015-10-19 (PD1227BW_EX_A_2.8.0-update-full) di websitenya vivoglobal.
    aku ga tau caranya, blm pernah otak atik kaya gini.. hehehehe..

    1. Pak Ade,

      Demi keamanan, dalam arti yang diunduh pasti sesuai, langsung lakukan update firmware dari menu ponsel saja. Alternatif lain, silakan mampir ke pusat perbaikan resmi Vivo dan minta tolong di-update-kan.

      1. ohh bisa dari polselnya langsung.. oke noted pak..
        Satu lagi pak, apakah OS vivo x3s bisa di upgrade ke versi terbaru? kitkat atau lolipop?

        1. Pak Ade,

          Ya, bisa langsung dari ponsel.

          Bisa tidaknya ya silakan dicek dari ponsel Anda. Saya sudah lama tak memakai X3S sehingga tak mengetahui kondisi firmware terbaru.

  38. ma.f pak sebelumnya .. tapi kenapa lampu notifikasi bbm saya di vivo x3s tetap hijau padahal udah aku rubah ke warna merah di setting bbmnya.. apa memang gak bisa di rubah warna LED notifikasi di vivo x3s

    1. Pak Solehkhan,

      Kebetulan saya bukan pengguna BBM. Kalau sudah diubah, tetapi warna masih tetap, bisa jadi memang ponsel tidak mendukung lampu notifikasi sesuai warna pilihan Anda.

  39. permisi pak, saya mau bertanya mengenai hp vivo x3s saya. pertanyaan saya:

    1. apa bisa diupgrade menjadi android kitkat? dan apa resiko & perubahan apabila diupgrade?
    2. saya sering mengalami masalah saat mengupload foto ke instagram dengan hp ini. saat akan processing, hp selalu ngelag sampai panas. sudah saya reboot tapi tetap saja tidak bisa upload foto. saat size foto dikompres, tetap saja hpnya tidak bisa mengupload foto. kenapa demikian ya?
    3. bagaimana cara memperbesar & mempertebal (bold) font di vivo x3s? font standarnya sangat tipis dan kecil bagi saya.

    sekian pertanyaan saya. mohon penjelasannya. sukses selalu dan terimakasih πŸ™‚

    1. Pak Naufal,

      1. Cek saja dari menu update software di ponsel. Kalau sudah ada updater baru, di layar akan muncul notifikasi. Usai upgrade, lakukan factory reset satu kali. Data di ponsel otomatis akan hilang.

      2. Kebetulan saya bukan pengguna Instagram. Jadi, saya tak tahu masalah ini.

      3. Saya sudah lupa menu di X3S. Sudah coba mengutak-atik menu Display?

  40. Permisi saya mau bertanya, kalau kerusakan visik hp vivo x3s, tapi masih garansi resmi dan baru 3 hari beli itu bakal garansi atau bayar ya??

  41. mas aku pakek vivo x3s… super strongg… hbs jatuh passs naek wahana… gk ada gangguan sedikitpun….
    vivo josss …… i like thisss…
    masalah spesifikasi lumayan lah… tp yg terpenting kualitass … josssss pokok,e….

  42. Mau share aja nih min, selama saya pakai vivo y35 istimewa bisa diajak gerak cepat hpnya, berbagai gesture juga menarik design elegant. Dan yg bikin cinta lagi batterynya super irit pemakaian yg trus menerus bisa bertahan 2 hari. Recomended vivo y35. Yg disayangkan cari bumper case y35 sangat susah.

  43. Mau tanya dong,
    Knp hp vivo sy y28 saat menerima panggilan masuk dan panggilan keluar data seluler saya langsung hilang padahal saya pake sim card ny 2 kartu it kenapa yah, bagaimana pengaturannya,
    Mohon bantuan ny
    Tks

    1. Bu Megawati,

      Memang begitu. Istilahnya kan dual standby single connection. Saat Anda usai bertelepon, koneksi data akan otomatis tersambung lagi.

  44. Pagi pak herry,

    Walaupun telepon ny it bukan sim card yg buat koneksi internet sm aja yah gak bs terhubung koneksi…
    Kan 1 simcard buat koneksi satu ny gak ad koneksi tp hny 2g…
    Thx

  45. Saya makai vivo x3s gak ada kendala sedikit pun om om dan tante tante hehehe saya suka karna saya tau kehebatan x3s ini luar biasa.. karna saya masih remaja makanya saya suka x3s ini dari mulai desai yg elegan, musik, baterai, camera, fiture funtouch OS, dan game ..

    baterai x3s emang kalo diliat itu kelas bawah ya, masih 2000 mah tapi walau begitu dengan adanya penghemat super hp saya bisa tahan selama 2 hari tanpa di charge..

    Untuk game saya punya 3 game HD dan 3D resolusi gambarnya ganahan om dan tante puas banget tanpa lemot atau patah patah

    Cameranya jernih banget udah kayak SLR kalo gapercaya bisa liat IG saya @dhikaggrs disitu banyak gambar yg saya ambil dari vivo x3s .

    Pokoknya mantap deh om dan tante hehe

    #cumashare

  46. Om, mau tanya
    Kalau Vivo Y35 vs Coolpad Shine
    sebaiknya pilih yg mana ya
    secara kemampuan sepertinya lebih bagus Coolpad Shine
    di sini, saya sebagai orang awam soal HP mau tahu
    secara ketahanan pemakaian antara 2 HP ini bagaimana?
    Terima kasih

    1. Pak Robert,

      Mohon maaf karena pada 14-17 Januari 2016 saya libur merespons komentar dan membalas pertanyaan yang masuk ke blog ini. Selain sedang padat aktivitas, kebetulan mata saya bengkak sehingga tak nyaman melihat layar terlalu lama.

      Tak tahu karena saya belum pernah mencoba Coolpad Shine.

    1. Bu Nhana,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Vivo X3S kan tidak dilengkapi dengan selot memori eksternal. Jadi, ya kartu memori tak bisa dipasangkan.

    1. Bu Irma,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Anda men-charge memakai charger apa? Ponsel dalam kondisi padam atau menyala?

    1. Bu Tasyandt,

      “Gak bisa diperbarui” yang dimaksud di sini:
      * Ada update terbaru, tetapi gagal dieksekusi, atau
      * tidak tersedia update terbaru?

  47. Vivo x3s ini kan berbasis android 4.2 yaitu jelly bean, kira2 bisa tidak di upgrade ke tingkat android yg lebih tinggi. Misalkan ke android 4.4 atau kitkat ?

    1. Bu Nilavan,

      Paling mudah silakan langsung mengecek dari menu update software. Kalau ada update, bakal muncul notifikasi di sana. Kalau tidak muncul notifikasi, ya berarti belum/tidak ada update.

  48. Pa mau nanya.saya punya hp vivo y35. Knp tdk bisa memanggil. Hax bisa kirim sms dan internet. Bagaimana pengaturan panggilanya.?

  49. Bagaimana ini om kok hp vivo nya mati
    Hp itu tidak sengaja terkena air
    Lalu hp itu tiba” saja mati dan tidak bisa dihidupkan kembali.
    Apakah ada kerusakan di hp vivo tersebut
    Bantu jwb ya om please ;'(

    1. Bu Fika Nurhardita,

      Terkena air dalam arti hanya tepercik air atau sampai terendam dalam air? Kalau sampai terendam lalu Anda nekat mencoba menyalakan ponsel, amat mungkin ponsel mengalami korsleting. Ujung-ujungnya rusak lebih parah. Solusinya hanya membawa ponsel itu ke pusat perbaikan resmi Vivo.

      Satu hal yang perlu diketahui, garansi ponsel Anda pasti hangus karena ponsel rusak akibat terkena air. Anda akan dikenakan biaya perbaikan dan penggantian suku cadang.

  50. Bagaimana ini om kok hp vivo Y35 4G itu mati
    Hp itu tidak sengaja terkena air
    Lalu hp itu tiba” saja mati dan tidak bisa dihidupkan kembali.
    Padahal hp itu baru dibeli 2 hari yg lalu
    Bagaimana memperbaikinya om ?
    Apakah ada kerusakan di hp vivo tersebut
    Bantu jwb ya om please ;'(

    1. Bu Aya,

      Jawabannya sudah ada di naskah review lho. Ini saya copy paste-kan: “Sumber daya ponsel tanpa selot memori eksternal itu berasal dari baterai 2.000 mAh yang ditanamkan ke dalam bodi.”

  51. Bagaiamana ya pak kalau pemakaian 2 SIM,trus sim yg satu paket data nya mw di matikan hanya buat tlpn dan sms saja pak

  52. Permisi mau mnta pendapat dan skaligus tanya.
    Lebih bagus vivo x3s atau infinix zero 3???
    Dan vivo x3s kan ramnya 1gb itu cukup tidak untuk aplikasi-aplikasi yg update 2016??

    1. Pak Kuncoro,

      Infinix Zero 3.

      Kalau Anda rutin memakai banyak aplikasi, saat ini Vivo X3S sudah tak menarik.

    1. Pak Kuncoro,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Berikut keterangan soal hifi di Zero 3 yang saya copy paste dari situs resmi Infinix:
      ZERO3 provides an experience akin to live performance with Knowles high-fidelity magnetic boom microphones and audio processing. Pump up the volume outdoors for incredible bass and minimal quality loss. Alternatively, users can plug in a headset for stunning Hi-Fi sound.

    1. Pak Tri,

      Ponsel Anda Vivo X3S? Kalau iya, garansi otomatis hangus bila ponsel rusak karena terkena cairan.

  53. ko herry mohon infonya, hp saya vivo y35. knp tdk muncul ikon xl fitur dan m3 oredoo y ko (sya pakai xl dan m3). biasanya kalau kartu sim dimasukkan ikom tsb otomatis akan muncul?

  54. kak hp saya vivo x3s tp waktu itu pernah bootlop trus saya flash di konter al hasilnya rom nya jadi china..cara kembaliinnya lg gmn ya..jd ga ada bhs indonesianya..

    1. Pak Hasyim,

      Hmm… coba mampir ke pusat perbaikan resmi Vivo deh. Namun, saya ragu mereka mau membantu atau tidak karena Anda sudah melakukan flashing sendiri di gerai tidak resmi. Itu bisa dianggap menghanguskan garansi.

  55. Cara mengupdate vivo x3s dari versi jelly bean ke lebih baik misal kitkat/lolipop gimana ya?bantu jawab dong hehe thanks,

    1. Bu Mega Febryanti,

      Silakan cek langsung dari menu update software di ponsel. Kalau dibilang tak ada update, ya berarti memang belum tersedia update firmware resmi.

  56. Koh, klo buat cewek bagus mana ya mi4i atau vivo x3s..secara desainnya lumayan manis keduanya. Trus kamera depan m belakang kayanya jg sebanding Jadi pilih yang mana koh? Satu lagi koh, klo utk hp di bwh 5 inchi dgn kamera ok n cocok buat cewek apa ya. Tq ya koh herry

    1. Pak/Bu Hefy,

      Mi 4i maupun X3S untuk ukuran saat ini sudah nggak menarik sih.

      Di bawah lima inci? Ada Sony Xperia Z5 Compact, tetapi saya belum pernah coba.

      1. Klo sony z5 budgetnya yg g cukup koh,hehe. Budget dibawah 2,5 aja koh..hehe. Saya lihat mi4i mskipun 5″ tapi bodynya mungil, klo x3s tipis dan terkesan premium. Ada hp lain ga yg direkomkan koh herry. Asal jgn samsung koh, saya udh pakai grand prime skrng. Thanks

  57. Pak, sinyal 3G di VIVO X3S ga bisa diubah ke 4G ya? Kalau bisa minta info buat ngerubahnya pak, terimakasih

    1. Pak Ari,

      Selama cara berjualan Oppo masih cenderung mengelabui konsumen, jangan berharap saya akan me-review ponsel Oppo deh.

    1. Bu Diva Evriilia,

      Tak tahu. Saya belum pernah mencoba keduanya. Yang pasti, Mi Max tak ada yang bergaransi resmi. Saya sih akan langsung mencoretnya.

  58. pak saya ada vivo x3s rusak.hpnya klw dicas hanya lampu led yang diatas kecil tu aja yang hidup.kira2 apanya yg rusak pak.brp biaya servisnya pak .kira2? trimakasih pak sebelumnya.

    1. Pak Ridwan,

      Silakan bawa ke pusat perbaikan resmi Vivo untuk dicek. Teknisi mereka yang bisa menganalisa, plus memberikan perkiraan biaya.

  59. Selamat malam Pak Her… Slamat taun baru jugaaa….. Hehehe…
    Pak, kmrn saya ke toko HP, iseng2 towel2 Vivo V5, krn saya tertarik dgn HP tersebut hanya saja HP itu mengadopsi Dual SIM Hybrid shg saya lgsgmundur teratur, di sblh V5 ada V3 yg saya liat scr sekilas cukup menarik, HP itu dual SIM, Dedicated Memory slot, RAM 3Gb, Internal 32Gb dgn harga 3jt, dan yg bikin saya tertarik yaitu ukurannya yg hny 5″, saya kurang suka dgn ukuran layar lbh dr itu.
    Menurut Pak Herry (meskipun mgkn Pak Her blm pernah mencoba V3), apakah HP tersebut layak beli? Jika ada pembanding yg setara, kira2 apa ya Pak?

    1. Pak Edwin,

      Tak tahu. Saya sama sekali tak pernah menyentuh V3. Kalau V5 malahan pernah towel-towel sebentar.

      1. Kalo v5 hasil towel”nya gimana om harry? Pantas dipinang yg mana kalau dibansingin sama asus ze520kl, harga beda dikit. Tapi saya suka jeprat-jepret.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *