Review Vivo Xshot: Performa Kamera Imbangi Flagship LG, Samsung, dan Sony

Pasar Indonesia yang menggiurkan membuat merek asal Tiongkok terus berdatangan. Setelah Oppo dan Xiaomi, ada Vivo yang ingin turut merasakan manisnya rupiah. Sama dengan Oppo, Vivo memposisikan diri sebagai ponsel premium. Rentang harga jualnya mulai Rp 1,799 juta sampai Rp 6,999 juta. Tidak seperti Oppo, Vivo langsung jujur mengaku sebagai ponsel asal Tiongkok.

Vivo Xshot merupakan satu di antara enam tipe ponsel Vivo yang sekarang tersedia di pasar Indonesia. Kalau selama ini ponsel Tiongkok masih Anda pandang sebelah mata, cobalah Xshot. Anda tidak harus membelinya kok. Mampir saja ke gerai penjualan Vivo. Di sana terdapat live demo unit yang bebas diutak-atik. Menurut penulis, performa kamera Xshot terbukti mampu mengimbangi ponsel flagship LG, Samsung, dan Sony.

Xshot-1

Ponsel berlayar IPS 5,2 inci dengan resolusi 1.920 x 1.080 piksel itu memiliki penampakan fisik yang tergolong mewah. Saat sedang mengoperasikan Xshot, berkali-kali penulis menerima pertanyaan, “Itu Samsung tipe apa?” Mereka menilai bodi ponsel tersebut bagus, mengingatkan mereka dengan iPhone. Tidak seorang pun yang memberikan komentar negatif soal tampilan fisik.

Di sisi kiri ponsel terdapat sebuah selot dan satu lubang kecil. Tusuklah lubang itu untuk mengeluarkan selot penampung kartu micro SIM sekaligus kartu microSD. Konektor audio 3,5 milimeter berada di sisi atas, sedangkan konektor micro USB di bagian bawah ponsel. Tombol volume, power, dan kamera dapat ditemukan di samping kanan bodi.

Xshot-3a

Kala ponsel siaga, tetapi layar padam, pengguna tak perlu menekan tombol power untuk menyalakannya. Setidaknya ada tiga pilihan untuk mengaktifkan layar dan membuka penguncinya. Pertama, ketuklah layar dua kali menggunakan ujung jari, kemudian sapukan jari di layar sesuai bentuk lock screen yang sebelumnya dipilih.

Alternatif kedua, ketuk layar dua kali, lalu lambaikan telapak tangan di bagian atas layar. Telapak tangan itu tak perlu menyentuh bodi ponsel. Pilihan ketiga, ketika layar ponsel masih hitam legam, sapukan jari dari bagian bawah ponsel sampai ke tengah layar.

Kemampuan Xshot yang berhubungan dengan gerakan bukan hanya itu. Saat layar padam, pengguna cukup menyapukan jari dari atas ponsel ke tengah layar untuk mengaktikan kamera. Ada pula smart remind. Anggaplah pengguna sedang sibuk bekerja. Ponsel dibiarkan tergeletak di meja. Panggilan telepon tak diterima, SMS masuk juga belum dibaca. Ketika pengguna kelak mengambil Xshot dari meja, ponsel akan bergetar. Seolah ponsel berkata, “Hai, ada missed call dan SMS baru lho. Ayo dilihat.”

Xshot-2

Sedang melihat-lihat foto dan ingin berpindah dari satu foto ke foto berikutnya? Pengguna tinggal melambaikan telapak tangan di bagian atas ponsel. Lakukan hal serupa saat ada panggilan masuk dan pengguna ingin membungkam nada dering yang berbunyi keras.

Bila satu per satu menu Xshot ditelusuri, pengguna juga bakal menjumpai iManager dan visitor mode. Keduanya pantas dieksplorasi lebih dalam. iManager memiliki banyak fungsi, antara lain, menghapus file sampah, memantau jumlah pemakaian internet, dan menyaring panggilan telepon maupun SMS.

Masih berbekal iManager, pengguna bisa menghadang telepon dan SMS dari nomor tertentu. Pengguna leluasa pula mengatur supaya, contohnya, pada pukul 22.00-06.00 ponsel otomatis menolak semua telepon dan SMS masuk. Kecuali, yang menghubungi adalah suami/istri dan anak.

Beralih ke visitor mode. Intinya sama dengan guest mode di beberapa merek ponsel. Pengguna bebas menetapkan aplikasi atau data apa saja yang boleh diakses orang lain. Ketika ada seseorang yang ingin meminjam Xshot, pengguna tinggal mengaktifkan visitor mode, lalu menyerahkan ponsel dengan tenang.

Duh! Gara-gara sepanjang hari asyik chatting, pukul 16.00 sisa daya Xshot tinggal sedikit. Padahal, pengguna tidak membawa charger maupun power bank. Dia baru akan pulang ke rumah pukul 20.00.

Seandainya Anda mengalami kondisi tersebut, tak perlu panik. Aktifkan saja mode super saver. Xshot akan berubah menjadi ponsel dengan fitur sangat terbatas. Hanya ada menu telepon, kontak, SMS, dan jam. Layar ponsel juga akan sangat redup. Hasilnya, ponsel mampu bertahan hidup sampai Anda tiba di rumah.

Xshot-8

Hi-Fi dan Kamera

Mulai tertarik dengan Xshot yang berukuran 146,45 x 73,3 x 7,99 milimeter dan berat 148 gram itu? Jangan dulu deh. Biarkan penulis menambahkan kadar “racun” lagi. Pasalnya, aneka hal menarik yang telah penulis paparkan di atas sebenarnya belum menyinggung fitur unggulan Xshot.

Inilah dua fitur unggulan Xshot: Hi-Fi dan kamera. Hi-Fi yang dimaksud di sini adalah kemampuan Xshot untuk menghasilkan suara yang prima. Apalagi, bila pengguna mendengarkan musik atau menonton film memakai handsfree berkabel bawaan ponsel itu.

Saatnya membicarakan kamera. Xshot dibekali dua kamera. Kamera di sisi belakang dilengkapi fokus otomatis, lampu kilat ganda, dan Optical Image Stabilization (OIS). Bukaan lensanya f/1,8 sehingga mampu melewatkan lebih banyak cahaya. Entah diberi lapisan apa, sidik jari cukup sulit menempel di permukaan lensa.

Xshot-4

Kamera Xshot menggunakan sensor CMOS Sony Stacked IMX214. Hal itu berarti sama dengan yang dipakai Oppo Find 7, Xiaomi Mi4, dan Nexus 6. Ia sanggup menghasilkan foto beresolusi 13 megapiksel dan klip video Ultra HD.

Beragam mode bawaan siap dioptimalkan pengguna. Misalnya, face beauty, bokeh, PPT, dan children. Face beauty akan mempermak wajah orang yang difoto agar terlihat lebih mulus dan imut. Untuk menghasilkan foto dengan latar belakang yang kabur, pengguna tinggal memilih mode bokeh.

Xshot-11

PPT bermanfaat sekali untuk memotret isi papan tulis,materi presentasi, atau brosur. Ponsel otomatis melakukan cropping dan mengubah sudut pandang. Contoh nyatanya begini. Anda mengikuti sebuah seminar dan duduk di kiri layar presentasi. Anda memotret slide demi slide presentasi. Foto yang dihasilkan normalnya tampak miring. Area kosong di sekeliling slide presentasi ikut terekam. Nah, mode PPT akan mengolah foto Anda. Area kosong langsung dibuang. Slide yang awalnya tampak miring juga bakal diluruskan.

Sementara itu, mode children siap membantu pengguna yang sedang memotret anak kecil. Kesulitan utama memotret anak kecil adalah meminta mereka diam dan menghadap kamera. Supaya anak tertarik menoleh ke arah Xshot, ponsel bakal mengeluarkan suara bayi, bel, kucing, atau suara lain. Ketika anak menatap kamera, Xshot langsung menjepret momen itu.

Xshot-9

Buat pengguna yang lebih terampil, Xshot menyediakan mode profesional. Di mode tersebut pengguna relatif bebas mengatur kompensasi cahaya (EV compensation), ISO/ASA, kecepatan rana (shutter speed), white balance, dan pemfokusan. Ingin menggunakan kecepatan rana selama 32 detik pun bisa diwujudkan.

Xshot-10

Kamera depan Xshot tak kalah menarik. Ia mampu menghasilkan foto beresolusi delapan megapiksel dan klip video HD 720p. Berfoto selfie di tempat gelap tak lagi mustahil dilakukan. Sebab, kamera depan ponsel yang dijual Rp 5,999 juta itu dilengkapi lampu kilat yang cukup terang.

Mendukung LTE

Spesifikasi lain Xshot, di antaranya, prosesor empat inti (quad core) Qualcomm Snapdragon 801 MSM8974AA 2,26 GHz, Wi-Fi, bluetooth, GPS, RAM 2 GB, ROM 16 GB, dan selot microSD. Memori internal ponsel dibagi menjadi dua, yaitu system space sebesar 5,84 GB dan phone storage 8,84 GB. Kala ponsel baru dikeluarkan dari kardus, kapasitas tersisa system space sebanyak 2,7 GB.

Selain 3G, ponsel single SIM itu mendukung 4G/LTE di frekuensi 1.800, 2.100, dan 2.600 MHz. Saat ini ia belum bisa dipakai mencicipi layanan LTE Telkomsel, XL, dan Indosat. Sebab, tiga operator GSM tersebut baru menggelar layanan LTE di kota tertentu di frekuensi 900 MHz. Pemanfaatan LTE di frekuensi 1.800 MHz masih menanti lampu hijau dari pemerintah.

Menyoal sistem operasi, Xshot menggunakan Funtouch OS 1.2 yang sebenarnya berbasis Android 4.3 Jelly Bean. Karena itu, sebenarnya tak salah bila ponsel tersebut dianggap sebagai ponsel Android Jelly Bean yang dipersonalisasi dengan tampilan antarmuka Funtouch.

Xshot-12

Tenaga Xshot bersumber dari baterai tanam berkapasitas 2.600 mAh. Dengan perilaku pemakaian ala penulis, baterai itu mampu bertahan minimal 12 jam dan maksimal 18 jam. Kombinasi antara kondisi jaringan, lokasi pemakaian, dan perilaku pemakaian mempengaruhi cepat lambatnya ponsel harus disambungkan ke charger lagi.

Menurut penulis, memori internal yang dibagi menjadi dua partisi merupakan titik lemah Xshot. Tombol sentuh di bawah layar yang tanpa cahaya menjadi sisi minus tambahan ponsel itu. Sisi asyiknya, Xshot selalu responsif. Layarnya sangat enak dipandang mata. Kamera Xshot juga memuaskan. Siap diadu dengan LG G3, Samsung Galaxy Note 4, dan Sony Xperia Z3.

***

Aneka foto yang dihasilkan Xshot. Bila tidak disebutkan khusus, berarti pemotretan dilakukan tanpa mengaktifkan lampu kilat.

Xshot-13

Xshot-14

Xshot-15

Xshot-16

Xshot-17

Xshot-18

Xshot-19

Satu foto di bawah ini dijepret di teras ruang tunggu di sebuah rumah sakit sekitar pukul 20.15. Kondisi pencahayaan gelap. Sumber cahaya utama dari lampu papan penunjuk arah yang pada foto tampak di bagian kiri bawah.

Xshot-20

Xshot-21

Xshot-22

Dijepret di sebuah ruko pada siang hari. Karangan bunga paling unik yang pernah saya lihat secara langsung. Tahukah Anda uniknya di mana?

Xshot-23

Dijepret dengan mode normal.

Xshot-24

Objek pemotretan sama, tetapi kali ini mode HDR diaktifkan.

Xshot-25

Xshot-26

Mencoba mode bokeh.

Xshot-27

Xshot-28

Xshot-29

Bagaimana perbandingan mode normal dengan mode bokeh? Empat foto di bawah ini mencoba menjawabnya.

Yang ini memakai mode normal.

Xshot-30

Yang ini mode bokeh.

Xshot-31

Mode normal lagi.

Xshot-32

Mode bokeh lagi.

Xshot-33

Sekarang saatnya menjajal kamera depan Xshot.

Mencoba mode normal dulu.

Xshot-34

Face beauty diaktifkan. Inilah hasilnya.

Xshot-35

Masuk ke dalam toilet. Lampu dipadamkan. Klik!

Xshot-36

Masih di lokasi yang sama. Kamera depan Xshot dilengkapi lampu kilat. Ayo kita coba aktifkan.

Xshot-37

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

Xshot-6

Xshot-7

Xshot-5

111 thoughts to “Review Vivo Xshot: Performa Kamera Imbangi Flagship LG, Samsung, dan Sony”

  1. Wah bagus juga berarti koh… Gmana dengan vivo yang harga yg lebih rendah?
    Ko oot nih ada saran untuk hp ato tablet dengan anggaran 2 s/d 2,5 jt? Rujukannya yg bagus kamera dan internetnya… Makasih koh..

    1. Pak Akhmad,

      Iya, sama sekali tidak memalukan. Kinerja juga memuaskan.

      Saya belum pernah menguji pakai Vivo tipe lain.

      Dengan anggaran segitu, yang kameranya paling bagus Acer Liquid E3. Harga baru sekitar Rp 2,3 juta. Terkait internet, yang lebih menentukan adalah performa layanan internet operator GSM yang dipakai. Biarpun spesifikasi ponselnya tinggi, bila operatornya mabuk, ya hasil akhirnya tetap internet lemot.

  2. Klo dibandingkan xiaomi note yg LTE lebih recomended mana ko.. oh iya harga kisaran brp ya… klaim garansi nya gmana..?

    1. Pak Beryl,

      Wah, perbandingan yang kurang setara deh. Lha harga jualnya saja 1:3.

      Harga Xshot sudah saya sebutkan di naskah review. Silakan dibaca lagi. Service center untuk sementara ada di lima kota.

  3. Wah, bikin pingin aja nih ponsel yang direviu….tp harganya belum mampu untuk nebus…hehe.

    Penasaran sama vivo yang harganya lebih rendah nih, sekarang ini kayaknya dunia ponsel bergeser ke produk tiongkok ya om….produknya semakin bagus dan harganya semakin bersaing plus jika di lihat antara harga sama spesifikasinya bisa dikatakan sepadan.

    yang pasti si vivo ndak berusaha menyembunyikan identitas diri seperti saudaranya ya om, xixixixi

  4. Vivo ini sebenarnya 1 grup dengan Oppo dibawah naungan BBK Electronic, seperti TCL Mobile dengan Alcatel yang sama-sama dimiliki TCL Corporation.

    Tapi entah kenapa gregetnya di kompetisi ponsel dunia kurang terdengar, seenggaknya membuat berita heboh selayaknya saudaranya Oppo. Untuk Indonesia juga begitu, pemasarannya juga tidak seagresif Oppo yang menyebar barang ke setiap toko dengan promotor berjumlah “luar biasa”.

    Layanan purna jualnya ditangani siapa Koh di Indonesia? Sayangnya menyasar kaum premium, semoga saja bisa bersaing. Karena produk flagship dari brand China biasanya kurang bersinar di negeri ini, berkaca dari seri Ascend atau Nubia atau Vibe..

    1. Pak Daru Kartiko N.,

      Benar. Kalau ditelusuri, Vivo, Oppo, dan Opo ujung-ujungnya mengarah ke BBK.

      Wajar kalau gaung Vivo kurang terdengar. Setahu saya, awalnya Vivo dan Oppo kan seperti berbagi tugas. Vivo fokus menggarap pasar dalam negeri (Tiongkok), sedangkan Oppo yang menembus pasar internasional.

      Saya lihat promosi Vivo di sini memang masih sayup-sayup terdengar. Beda dengan Oppo ketika mulai masuk ke Indonesia pada 2013. Soal promotor, saya justru melihat Vivo lebih berani. Satu toko kecil bisa diberi sampai dua promotor. Kalau Oppo, toko kecil biasanya cuma diberi satu promotor. Namun, karena jumlah toko yang jualan Vivo masih sedikit, kondisi itu jadi kurang terlihat.

      Layanan purna jual ditangani Vivo sendiri.

    1. Pak Amunes,

      Maaf baru bisa merespons pertanyaan Anda hari ini. Karena ada perpindahan server, pada 6 Februari 2015 pukul 00.01 sampai 8 Februari 2015 pukul 06.00 saya tak bisa membalas pertanyaan maupun memposting naskah baru.

      Iya, kardus paket Lazada-nya serasa usai berjuang di medan perang. 🙂

      Harga Xshot sudah saya sebutkan di review lho. Hayo… bacanya kurang teliti ya. Berapa sih? Rp 5,999 juta.

  5. Maaf oot pak herry
    Apakah ponsel android one keluaran brand lokal itu layak beli.
    Mengingat pengalaaman pak herry sebelumnya.

    1. Pak Sukoco,

      Maaf baru bisa merespons pertanyaan Anda hari ini. Karena ada perpindahan server, pada 6 Februari 2015 pukul 00.01 sampai 8 Februari 2015 pukul 06.00 saya tak bisa membalas pertanyaan maupun memposting naskah baru.

      Saya belum pernah mencoba tiga ponsel Android One tersebut. Dengan mengacu kepada pengalaman selama ini, bila harus memilih secara buta, merek Mito saya coret duluan. Saya cenderung memilih Nexian.

  6. Saat saya membaca fitur2nya, saya cukup tertarik dan terkesan apalagi ada tombol kamera terdedikasi, bukaan lensanya f/1,8, ada Optical Image Stabilization (OIS) dan fitur shutter speed.
    Namun langsung jadi tidak tertarik setelah mengetahui memori internal yang dibagi 2, dan di system space cuma tersisa 2,7 GB, padahal di smartphone 1 – 2 jutaan yang internalnya cuma 8 GB, yang tersisa masih 4 – 5 GB an.

  7. Wah mantap performa kameranya di malam hari ya pak… pengaturan manualnya mengingatkan saya sama aplikasio Lumia Camera 😀

  8. Oot ya om Herry, kapan review android one? Berita seperti ini bisa membodohi banyak orang. tekno.kompas.com/read/2015/02/07/1516002/.Android.One.Bisa.Atasi.Masalah.Internet.Indonesia. Sepengetahuan saya, masalah ketersediaan akses internet, tinggal menunggu layanan internet di Indonesia yg byar pet.

    1. Pak Wahid,

      Saya memang berencana me-review Android One. Namun, belum tahu kapan. Lha ponselnya saja belum datang.

    1. Pak Soni,

      Harga yang Anda dapatkan untuk masing-masing ponsel berapa?

      Tanpa lihat harga, S860 lebih menarik dilirik.

    1. Pak Andrew,

      Mau tahu saja atau mau tahu banget? He… he… tunggu tanggal mainnya deh.

      Kalau Anda rutin mengikuti postingan saya, dengan mudah Anda bisa menyingkirkan satu merek dulu yang rekam jejaknya saya anggap sangat buruk. Tersisa dua merek kan. Salah satu penjualnya memiliki layanan berantakan. Jadi…. *simpulkan sendiri deh*

    1. Pak Tom,

      Untuk ukuran saat ini, mending Xiaomi Redmi Note. Pastikan Redmi Note-nya yang dual SIM dan bergaransi resmi ya.

  9. malam om herry
    saya mau nannya, ada hal cukup unik di mana saya melihat galaxy a3 yang punya spec 1,2 quadcore 64 bit, punya score benchmark 21 ribuan tidak bisa memainkan game NOVA 3 dengan lancar, sedangkan xperia z pnya spec 1,5 quadcore score benchmark 23000 – 25000 bisa bermain game tersebut dengan lancar. padahal galaxy a3 sudah berprocecor 64 bit, yang seharusnya sudah cukup untuk bermain game tersebut
    kira kira om herry punya tanggapan buat hal ini?

    1. Pak Qashmal,

      Detail yang sangat teknis terus terang saya kurang paham. Satu hal yang perlu diketahui, meskipun sama-sama quad core, Galaxy A3 memakai prosesor kelas menengah, sedangkan Xperia Z menggunakan prosesor kelas atas. GPU dan manajemen firmware juga mempengaruhi performa.

  10. Pak herry, bagus mana vivo x shoot dengan oppo find 7 dilihat dari spek,kamera dan harga yang layak terima kasih

  11. Siang pak Harry
    Mau nanya..merk dan tipe HP apa saja yang di kamera nya ada mode Bokeh? Vivo xshoot, sony Z3C..trus apa.lg pak?
    Trims

    1. Bu Mutia Pratiwi,

      Hmm… saya coba ingat-ingat saya. Kadang sebuah kamera ponsel sebenarnya mampu menghasilkan bokeh, tetapi di pilihan menunya tidak ada menu khusus. Selain di Xshot dan Xperia Z3 Compact, yang pernah saya coba dan seingat saya ada pilihan menu untuk mengaburkan latar belakang: Sony Xperia Z1 Compact, Sony Xperia Z2, dan Asus Zenfone.

      Sekadar informasi, kamera ponsel dengan bukaan lensa f/1,8 biasanya sanggup menghasilkan bokeh. Syaratnya, pemotretan dilakukan dalam jarak dekat.

  12. Pak saya udah punya vivo yg y15 tapi waktu s a ya masukkan sim 2 gk ada respon, saya udah nyoba nyari pengaturannya tapi saya gk tau.

    1. Pak Nafis,

      Saya belum pernah menguji pakai Y15. Coba utak-atik di menu settings. Carilah menu yang intinya menyatakan dual SIM setting.

      1. Dear koh harry …
        Tapi kalo download aplikasi yg lumayan banyak cukup kah koh ..
        Soal nya saya saat ini pakai hp oppo ,selalu ada keterangan ruang penyimpanan hampir habis terus kok …
        Trus kalau penyimpanan system nya cepet abis …
        Kalo vivo gimana itu koh …

  13. pak Herry

    hp saya y15 mau tanya pak herry
    kalo data aktif 3g aktif
    ko bbmnya suka ga ada di status bar ga terhubung
    harus di buka baru terhubung tiap di close ilang
    padahal sinyal full
    kuota ada
    di i-mnger pengaturan (aktif ketika di buka) bbmnya
    nah itu gmna caranya biar on terus bbmnya
    mohon pencerahannya banyak yg ngeluh karna itu pak Herry

    1. Pak Deddy,

      Saya belum pernah menguji pakai Y15. Di Vivo biasanya ada fitur untuk “menggembok” aplikasi tertentu yang memang diharapkan selalu berjalan di background. Silakan Anda melakukan eksplorasi di ponsel Anda. Intinya begini:

      1. Jalankan BBM dan beberapa aplikasi lain di Y15 itu.
      2. Buka menu recent application.
      3. Sapukan jari ke ikon BBM. Saya tak ingat ke atas atau ke bawah. Intinya sampai ada semacam ikon kecil yang berbeda.

      Selamat mencoba. Maaf, saya tak bisa memberikan langkah-langkah detail karena tidak pernah menguji pakai Y15 dan saat ini sedang tidak memegang ponsel Vivo.

  14. pak Herry

    masih belum paham pak herry
    tolong tutor detailnya dong pak
    disini banyak yg pake vivo y15
    banyak yg ngeluh sma bbm yg kalo mau aktif/konek harus buka
    ketika di close/ back ke menu home
    malah ilang/disconect

    1. Pak Deddy,

      Maaf, saya tidak bisa memberikan tutorial detail. Lha saya belum pernah menguji pakai Y15. Seandainya sudah pernah mencoba pun, tetapi kalau tak sedang memegang ponselnya, belum tentu ingat juga.

  15. saya mau tanya kenapa icon bbm hp vivo tampil nya jika di buka saja. bagai mana supaya penampilan icon bbm otomatis aktif terus

    1. Bu Angga Caristia,

      BBM di Vivo Anda perlu dikunci dulu. Saya tak hafal langkah-langkah rincinya. Gambarannya begini:
      1. Jalankan BBM dan beberapa aplikasi lain di ponsel Vivo Anda.
      2. Buka menu recent application.
      3. Sapukan jari ke ikon BBM. Saya tak ingat ke atas atau ke bawah. Intinya sampai ada semacam ikon kecil yang berbeda.

  16. Selamat malam pak Herry

    Vivo xshot ini msh os jelly bean ya pak? Apa bisa d update ke kitkat atau bhkan lollipop.
    Tertarik minang pak. Beli second aja mgkn hehe

    Trus ada fitur yg mengecilkan layar ke pojok bawah utk penggunaan 1 tangan pak?

    Terima kasih pak sehat & sukses selalu

    1. Pak Hanif,

      Terakhir saya memakai Xshot, OS-nya masih Jelly Bean. Sekarang sih sudah KitKat. Namun, saya tak pernah pakai Xshot dengan OS KitKat.

      Soal fitur memperkecil tampilan layar, saya tak ingat ada atau tidak.

  17. Koh Herry,

    saya salah satu pemakai xshot, dari awal tahun ini.
    Kameranya keren, dan peforma laenny jg oke bgt.
    Cuma speakerny agak kurang (mgkn karna cuma satu, ga kyk x3S), juga pas nelpon dlm suasana sedikit bising suka ga kedengeran. (dibandingin sm iphone 4s yg sy pake sblmnya).

    Sy kepingin ganti suasana nih (hehe). Kira2 ada ga saran smartphone laen yg budgetny 3-5jtan.. thx koh. 🙂

    1. Pak Agung,

      Mohon maaf karena saya baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada hari ini. Sesuai pengumuman di blog, pada 8-11 September 2015 saya libur merespons pertanyaan. Sebab, saya sedang berada di Jakarta dan Belitung. Selama di sana, jadwal aktivitas saya tergolong padat.

      Karena sebelumnya telah memakai Xshot, berarti standar Anda terhadap kamera sudah tergolong tinggi. Kalau boleh usul, lebih baik Anda bertahan dengan Xshot dulu sambil mengumpulkan uang untuk membeli LG G4, entah baru atau bekas.

  18. Met malam Pak Herry…Saya mau tanya ya…mana lebih unggul,bagus,recommend kalau soal memilih diantaranya Xiaomi Mi4c atau Redmi Note3 , Vivo XShot, One Plus Two/X, Meizu yg bagus type apa aku gak tahu,Acer Liquid Jade, Lenovo P70 atau Huawei G8 yg terbaru?}\
    kalau tablet recommend merk apa,type apa??

    thanks ya..

    1. Pak Henry Eka,

      Sekadar informasi, saya biasanya tidak mencoba ponsel tanpa garansi resmi. Kecuali:
      * Merek ponsel itu akan beredar di sini untuk kali pertama, atau
      * ponsel tersebut unik, atau
      * sekadar untuk selingan.

      Saya belum pernah mencoba Mi4C, Redmi Note 3, OnePlus 2, OnePlus X, dan G8.

      Meizu pernah coba Meizu M2, tetapi ternyata mengandung banyak bug. Silakan membacanya di http://ponselmu.com/review-meizu-m2-si-cantik-yang-berkutu/

      Kalau dirangkum, berdasarkan ponsel yang pernah saya coba:
      * Bila mencari kamera terbaik, ambillah Vivo Xshot.
      * Bila mencari kamera bagus, dual SIM, dan bodi tipis, ambillah Acer Liquid Jade.
      * Bila mencari kamera lumayan dan baterai tahan lama, ambillah Lenovo P70.

      Tablet? Xiaomi Mi Pad layak beli. Review sudah tersedia di blog ini.

  19. Makin galau aja ma ni hp..nanya sekali lagi boleh kan?? Antara xperia z3 compact vs vivo xshot bagusan mana kameranya??biar manteb kak..soale rencana mau beli xshot..

    1. Bu/Pak Nur Afandi,

      Mohon maaf karena pada 14-17 Januari 2016 saya libur merespons komentar dan membalas pertanyaan yang masuk ke blog ini. Selain sedang padat aktivitas, kebetulan mata saya bengkak sehingga tak nyaman melihat layar terlalu lama.

      Saya lebih condong ke kamera Xshot.

    1. Bu Ela Mahdaleta,

      Boleh tahu ponsel Vivo tipe berapa? Silakan masuk ke kamera, lalu sapukan jari Anda dari tombol kamera ke tengah layar.

  20. Pa Herry,

    Boleh minta saran saya masih bingung mau beli hp Vivo Y35, Xiaomi mi4i atau Oppo F1 dari ke 3 merk hp tersebut mana yang lebih unggul dari fitur kamera, baterai dan ketahan..
    Terima Kasih

    1. Bu Elvina,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Seperti biasa, Oppo langsung saya coret duluan.

      Vivo Y35 saya belum pernah coba. Kalau Xiaomi Mi 4i pernah coba dan secara umum cukup bagus. Namun, menurut saya, untuk ukuran saat ini lebih baik Anda membeli Hisense Pureshot. Harga barunya Rp 1,999 juta. Lebih murah daripada Mi 4i, tetapi kinerja umumnya lebih mengesankan daripada Mi 4i.

  21. Koh, sy naksir sm vivo y35..itu gmn, sesuai ga hargany yg 3jt?
    Ad yg nyaranin infinix note 2 atw redmi note 3 aja krn lebih murah dan kualitas sm saja.
    Mnrt kokoh gmn?

    1. Pak Sun,

      * Vivo Y35: saya belum pernah coba.
      * Infinix Note 2: layak beli. Yang paling keren warna gold/emas.
      * Xiaomi Redmi Note 3: saya belum pernah coba. Yang beredar di pasar pasti tanpa garansi resmi. Sebaiknya jangan dibeli.

    1. Pak Sun,

      Layar lima inci ya? Anggaran Anda berapa dulu? Kebutuhannya apa saja? Untuk sementara, saya sodorkan Hisense Pureshot Rp 1,999 juta dulu.

      1. Iya layar 5 inci.
        Skrg saya pegang xshot koh. Mw genti yang 5 inci aja.
        Anggaran max 3jt.
        Kebutuhan: camera, sosmed, browsing, youtube, bbm, line, whatsapp, dll.
        Jarang nge game, tp heavy inet user koh.

        1. Pak sUn,

          Dengan kebutuhan seperti itu, menurut saya, lebih baik Anda bertahan dengan Xshot dulu. Biarpun berlayar 5,2 inci, Xshot tetap terasa tak terlalu besar kok.

          Kalau tetap ingin ganti, untuk sementara saya masih menyodorkan Hisense Pureshot. Kameranya tergolong bagus untuk ponsel berharga jual Rp 1,999 juta, tetapi belum sebagus Xshot. Karena Anda heavy inet user, amat mungkin perlu membawa power bank.

          1. Pak Sun,

            Karena belum ada yang resmi, saya belum mencoba Redmi 3. Kalau Pureshot sih layak beli.

          2. Koh td sy sempet mampir ke smartfren gallery, smpet megang pureshot+ & andromax R2. Cuma yg pureshot nya lg di-hog sm 1 org ga slesai” , haha.

            Dari situ, R2 keliatannya lebih tipis dari pureshot ya?
            Trus R2 masukin sim card ny dari samping (seperti xshot)..

            Kalo soal cpt panas, koh pny pengalaman ga dgn R2 ataupun Pureshot?

            Thank you.

          3. Pak Sun,

            Iya, Andromax R2 sedikit lebih tipis daripada Pureshot.

            Betul. Saya lebih suka yang cara memasukkan kartunya ala Pureshot. Sebab, kalau ala Andromax R2 dibutuhkan alat tusuk.

            Andromax R2 nggak panas kok. Maksimal hangat. Pureshot juga begitu, asalkan tidak memakai 4G LTE XL.

          4. Koh, utk Andromax R2.. Utk Internet an hanya bs pake smartfren ya?
            Gsm ny cm bwt telpon & sms aja ya.

          5. Pak Sun,

            Bisa berinternet pakai nomor GSM, tetapi cuma GPRS/EDGE. Tidak bisa 3G, apalagi 4G LTE.

          6. Makasih ko atas jwbn2 nya 😀

            Yg terakhir ini (janji :p)…
            Ko tw gak frekuensi 4G Smartfren & Tsel (khususny di kota Palembang)?

            Sy bingung di antara 900, 1800, 2300.. hehe.

          7. Pak Sun,

            Di Palembang sudah ada 4G LTE Telkomsel dan Smartfren? Kalau ada, Telkomsel pasti berjalan di 1800. Kalau Smartfren mungkin di 850 saja, 2300 saja, atau kombinasi keduanya. Silakan hubungi call center operator untuk mendapatkan informasi lebih detail.

  22. Selamat malam

    Saya mau bertanya ada cara ada lain tidak menggunakan mode profesional di kamera vivo y31,soalnya saya sudah coba dengan cara kk tdi tidak bisa ?

    1. Bu Alfiyah,

      Saya belum pernah mencoba Y31. Jadi, saya tak mengetahui ada tidaknya mode profesional di ponsel itu. Seandainya ada, cara aktivasinya juga belum saya ketahui.

  23. Selamat siang
    Saya mau tanya kenapa saat saya menggunakan kamera vivo Y31 hasilnya jernih tapi saat saya mengganti dp bm kok hasilnya pecah pecah

    1. Bu Ayu Nur,

      Maaf, saya tidak tahu karena sehari-hari saya tidak memakai BBM (yang Anda maksud dengan BM itu BBM kan?).

    1. Pak Eka,

      Bodi ponsel bergetar atau tampilan layarnya yang bergetar? Tak ada salahnya Anda membawa ponsel itu ke pusat perbaikan resmi Vivo untuk dicek.

  24. om apakah kualitas layarnya sebagus samsung ataupun lg
    dan apkah hasil kameranya lebih bagus
    dari lg g4 dan galaxy s6

  25. koh, xshot di tahun 2016 ini masih recomended ga sih? Saya tadinya pengen xiaomi redmi note 3 pro,tapi kok masih garansi distributor,takutnya dalamnya abal2. Ada yg bilang asus zenfone laser ze550kl ato asuz max zc550kl,tp kok katanya cepet panas. Lebih baik pilih yg mana koh?

    1. Bu Ayu,

      Xshot sudah diskontinyu deh.

      Oh, kalau ingin Redmi Note 3 Pro, belilah Redmi Note 3 yang bergaransi resmi. Itu spesifikasinya sama dengan Redmi Note 3 Pro/Prime. Beres kan?

  26. @ayu, kalo menurut aku xshot masih recommended di tahun 2016, tetapi tergantung kebutuhan kamu. Saya rekomen xshot untuk camera nya. Dan performa juga kenceng.
    Kekurangannya ada pada sistem penyimpanan. Walopun 16GB tapi dibagi menjadi sistem dan aplikasi. Jadi sisa sedikit untuk penyimpanan foto dan aplikasi.
    Dan juga vivo xshot belum dual sim dan belum menggunakan fingerprint.

    Redmi Note 3 Pro kalau soal kamera kalah jauh dengan xshot. Multitasking nya juga ngos2an. Menangnya di dual sim, fingerprint, media penyimpanan yang tidak dibagi2 dan ada opsi 32GB, serta body metal unibody (tergantung pribadi).

    *Ini pendapat saya sebagai pengguna vivo xshot dan redmi note 3 Pro.

  27. halo met pagi Pak Herry..Saya Henry..sekarang HP yang paling the best dan recommend to buy merk apa,type apa?
    saya dengar kalau skrg itu ya pilih Oppo F1 plus dan F1 s…
    kabarnya xioami mi Mix mau masuk ke Indo ya?spek nya serba wah tapi mahal..bisa 7 dan 9 juta tergantung ram..
    kalau perbandingan diantara iphone7,samsung s7 edge,LG G5, oppo f1 plus, xiaomi mi mix, Asus zenfone 3, Vivo XShot, HTC one9/10, Sony, dan Huawei mana lebih the best,recommend??tolong pak herry kasih peringkat ya..kalau hrg 3 jt pilih infinix zero 3/oppo f1s, 5 juta pilih oppo f1 plus, 9 juta pilih apa ya???
    terima kasih pak herry

    1. Pak Henry Eka,

      Tergantung kebutuhan dan anggaran Anda.

      He… he… Oppo sih buat saya malahan mending langsung dicoret.

      Xioami mi Mix? Wah, saya baru tahu ada merek tersebut. Kalau Xiaomi Mi MIX, saya sudah me-review-nya.

      Belum semua ponsel yang Anda sebutkan pernah saya coba. Xshot bagus, tapi sudah diskontinyu. Zenfone 3 layak dibeli.

      Sembilan juta rupiah pilih apa? Saya sih menunggu kehadiran Huawei P9 dan LG V20 secara resmi di sini.

  28. Koh Herry,

    Kalo bener uda discontinue, artinya uda ga dapet update software lagi dari vivo.

    Tapi kalo harga mendukung dan sesuai kebutuhan, menurut saya kenapa tidak.
    Dan xshot masih dijual koh di kota saya (resmi).

  29. kenapa oppo dicoret?alasan apa? padahal kamera,spek,suara sdh bagus…asus zenfone 3 banyak orang bilang itu jelek..lha pak bilang asus zenfone 3 bagus..apa alasannya??gimana hp pixel google??harga 11 juta…ok..ta tunggu hasil review LG V2) dan huawei P9..terima kasih pak herry

  30. masak oppoo harga jual kembali anjlok banget??kamera,spek,tombol,suara,layar sudah mumpuni..apalagi kamera depan 16 mp buat selfie…kl asus jual kembali stabil gak?kalau asus zenfone 3 hrg 4 jt vs oppo f1s hrg 3,8 jt…selain asus zenfone 2,ada hp pantas dilirik gak??cover LG sangat mewah,futuristik,menarik..xiaomi gimana ada bagus gak?tapi sayang garansi belum resmi..kl infinix zero 3 banyak hang..kalau vivo,samsung galaxy a…,meizu,one plus one 2,huawei gimana?
    terima kasih

    1. Pak Henry Eka,

      Oppoo? Saya malahan baru dengar merek tersebut. Apakah itu tiruannya Oppo?

      Asus harga jual bekasnya cukup bagus.

      Saya sih pilih Zenfone 3. Oppo mending dicoret saja.

      Zenfone 2 kan saya beri label tidak layak beli.

      Xiaomi? Saat ini sih yang lumayan Redmi 3 Prime. Itu bergaransi resmi kok.

      Zero 3 banyak hang? Nggak deh.

      Hmmm… tergantung tipenya.

  31. ada selain asus zenfone 3 yg lebih bagus daripada zenfone 3?katanya asus kalau services bisa selesai lama (beberapa bulan) soale kompenennya susah dicari??
    zenfone 3 masih di atas redmi 3 prime kan?
    ya hp aku infnix zero 3 banyak hang…gimana samsung j7 2016, meizu,one plus one, htc,huawei,dll ada lebih bagus daripada zenfone 3??kalau saingan zenfone 3 ya merk apa?
    tablet 7-8 inch yang the best yg mana antara asus zenpad 8, huawei T1 dan samsung tabA 2106 ??
    terima kasih

    Henry Eka

    1. Pak Henry Eka,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sesuai pengumuman di blog ini, pada 15-20 November 2016 saya cuti sejenak karena bepergian ke NTT. Baru hari ini saya kembali aktif.

      Ya, layanan pusat perbaikan resmi Asus memang belum bagus.

      Ya.

      Huawei P9 lebih bagus daripada Zenfone 3.

      Tak tahu. Saya sudah lama tidak mencoba tablet.

    1. Bu Dora,

      Saya sudah lama berpisah dengan Xshot. Langsung cek dari menu update deh. Kalau memang ada update ke Lollipop, pasti akan muncul notifikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *