Review Wiko Ridge Fab 4G: Depan Belakang Begitu Menggoda

Apakah ponsel Wingko layak beli? Pertanyaan serupa sangat sering penulis terima pada Februari-Maret lalu. Ada yang menuliskannya Wingko, ada pula yang menyebutnya Wiko.

Hanya bertahan sekitar dua minggu, frekuensi pertanyaan masuk terkait Wiko kemudian merosot drastis. Mulai akhir Juni 2015 baru terjadi peningkatan lagi dengan pertanyaan yang berbeda. Saat itu yang paling sering ditanyakan: “Benarkah ponsel Wiko berasal dari Perancis? Jangan-jangan seperti Oppo yang mengaku dari Amerika.”

Ridge Fab 4G_3

Soal kelayakan beli, dulu penulis belum bisa menjawabnya. Sebab, penulis belum pernah menguji pakai ponsel Wiko. Namun, soal merek dan asal usulnya, penulis sudah bisa memberikan penjelasan.

Merek yang benar adalah Wiko. Kalau wingko, itu sih jajanan Indonesia yang dibuat dari tepung ketan dan parutan kelapa. Salah satu yang terkenal adalah Wingko Babad Cap Kereta Api buatan Semarang. Lokasi tokonya tak jauh dari Stasiun Kereta Api Tawang Semarang.

Benarkah Wiko dari Perancis? Ya, benar. Wiko didirikan di Marseille, Perancis pada 2011. Sama dengan mayoritas ponsel merek lain, proses produksi dilakukan di Tiongkok. Jadi, Wiko berbeda dengan Oppo yang berasal dari Tiongkok, tetapi oleh promotornya sering dibilang berasal dari Amerika.

Ridge Fab 4G_2

Wiko Ridge Fab 4G menjadi ponsel pertama Wiko yang penulis uji pakai. Kesan pertama memegangnya, ponsel tersebut begitu menggoda. Permukaan penutup baterai ponsel berukuran 156 x 78,2 x 8,6 milimeter dan berat 154 gram itu bertekstur kulit. Biarpun bukan berbahan kulit asli ala LG G4, ia tetap terlihat mahal dan mewah.

Sisi depan Ridge Fab 4G, dalam hal ini tampilan layarnya, tak kalah mengesankan. Huruf, ikon, dan gambar tersaji tajam dan cemerlang. Layar IPS 5,5 inci itu beresolusi 1.280 x 720 piksel. Karena sudah mengadopsi Corning Gorilla Glass 3, permukaan layar relatif lebih sulit tergores.

Ridge Fab 4G_1

Beberapa follower Twitter @herrysw sempat mencicipi ponsel itu. Komentar pertama mereka kala baru memegangnya senada. “Layarnya bagus. Nggak kalah sama Samsung. Bodinya juga tipis dan ringan.” Penulis mengamininya. Dibandingkan layar ponsel Samsung berharga jual Rp 2 jutaan, tampilan layar Ridge Fab 4G malahan terasa lebih prima.

Prosesor empat inti (quad core) Qualcomm Snapdragon 410 MSM8916 1,2 GHz, Wi-Fi, bluetooth, GPS, wireless display, RAM 2 GB, dan ROM 16 GB merupakan sebagian spesifikasi teknis Ridge Fab 4G. Saat ponsel belum diutak-atik, kapasitas memori internal masih tersisa 11,77 GB.

Ketika penutup belakang ponsel itu dibuka, di bagian atas terlihat tiga selot kartu. Paling kiri selot untuk kartu microSD, sedangkan di sebelahnya ada dua selot kartu micro SIM. Di bawah tiga selot itu tersedia ruang kosong untuk memasangkan baterai. Baterai bawaan Ridge Fab 4G berjenis lithium polymer. Kapasitasnya 2.820 mAh. Dengan perilaku pemakaian ala penulis, baterai removable itu mampu mendampingi penulis sejak bangun pagi sampai tidur malam.

Ridge Fab 4G_4

Dua nomor GSM yang terpasang dapat siaga bersamaan. Satu nomor di antaranya leluasa berpindah-pindah ke jaringan 2G, 3G, maupun 4G. Sementara itu, satu nomor lainnya akan selalu berada di jaringan 2G. Pengguna bebas menentukan nomor di selot SIM1 atau SIM2 yang diberikan kebebasan masuk ke jaringan 3G dan 4G LTE.

Ridge Fab 4G kompatibel dengan layanan LTE di frekuensi 800, 1.800, 2.100, dan 2.600 MHz. Dikaitkan dengan operasional layanan LTE di Indonesia, berarti yang sesuai adalah LTE 1.800 MHz. Penulis sempat merasakan layanan LTE Telkomsel dan XL via ponsel itu.

Kamera utama ponsel yang dijual Rp 2.699.000 tersebut dibekali fokus otomatis dan lampu kilat. Kemampuan maksimalnya menghasilkan foto beresolusi 13 megapiksel dan klip video full HD 1080p. Untuk berfoto selfie, pengguna leluasa memakai kamera depan yang siap memproduksi foto lima megapiksel dan klip video HD 720p.

Kalau dieksplorasi, beberapa parameter pemotretan di Ridge Fab 4G dapat diubah secara manual. Misalnya, ISO, exposure compensation, kontras, dan saturasi warna. Pengguna tinggal mengutak-atik pengaturan itu untuk mendapatkan foto yang sesuai dengan selera.

Ridge Fab 4G_5

Perekam percakapan telepon dan radio FM yang siarannya bisa direkam adalah sebagian fitur lain Ridge Fab 4G. Ponsel itu juga dibekali aplikasi weather yang siap menginformasikan kondisi cuaca terkini. Namun, aplikasi tersebut tampaknya memiliki satu bug. Biarpun satuan suhu yang ditampilkan Celcius, tetapi angka yang tersaji kadang mengacu kepada derajat Fahrenheit. Jadi, tak perlu heran kalau suatu malam suhu udara di kota Anda diinformasikan mencapai 73-93 derajat Celcius.

Ridge Fab 4G_24

Ridge Fab 4G_25

Selama sekitar dua minggu penulis memakai Ridge Fab 4G sebagai ponsel utama. Hasilnya, ponsel bersistem operasi Android 4.4.4 KitKat itu tak pernah terasa lemot. Kamera ponsel tersebut juga mampu menghasilkan foto yang tergolong cukup bagus.

Sisi minus Ridge Fab 4G versi penulis ada dua poin. Pertama, ponsel tak bisa dikunci di jaringan 3G atau 4G saja. Padahal, kemampuan itu (setidaknya memilih jaringan 3G only) sampai sekarang masih dibutuhkan untuk kenyamanan berinternet. Kedua, proses pemfokusan kamera ponsel tersebut kurang cepat. Akibatnya, penulis lumayan kesulitan mengabadikan objek yang bergerak.

Jadi, apakah ponsel Wiko layak beli? Khusus tipe Ridge Fab 4G, penulis berani menganggukkan kepala. Sedangkan untuk tipe lain, silakan menunggu sampai penulis selesai mencobanya dulu.

Asal tahu, ketika penulis mengetikkan naskah ini, Wiko sedang menggelar pre-order tiga tipe ponsel baru: Selfy, Bloom 2, dan Highway Signs. Beberapa orang sudah menanyakan tentang Wiko Selfy kepada penulis. Sedangkan dua tipe lain sama sekali belum pernah ditanyakan.

***

Inilah contoh foto yang dihasilkan Wiko Ridge Fab 4G.

Ridge Fab 4G_6

Ridge Fab 4G_7

Ridge Fab 4G_8

Ridge Fab 4G_9

Ridge Fab 4G_10

Ridge Fab 4G_11

Segelas jeruk nipis hangat dan kotak tisu ini dijepret di sebuah depot pada siang hari yang terik. Latar belakang pemotretan sangat terang.

Ridge Fab 4G_12

Ridge Fab 4G_13

Ridge Fab 4G_14

Ridge Fab 4G_15

Ridge Fab 4G_16

Ridge Fab 4G_17

Ridge Fab 4G_18

Ridge Fab 4G_19

Satu foto berikut ini dijepret memakai kamera depan.

Ridge Fab 4G_20

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

Ridge Fab 4G_21

Ridge Fab 4G_22

Ridge Fab 4G_23

62 thoughts to “Review Wiko Ridge Fab 4G: Depan Belakang Begitu Menggoda”

  1. Tolong tanya Pak Herry.
    1. Dengan harga setara smartphone Wiko di atas Pak Herry pilih smartphone 4G apa?
    2. Kalau cari smartphone 4G sebesar Samsung mega 6,3″ Pak Herry rekomendasikan apa? Anak saya suka sekali main games di HP jadi saya lebih sreg pilih yang besar agar lebih nyaman di mata
    3. Apakah smartphone windows phone di bawah 1 juta layak belikah mengingat dengan spek yang sama harga lebih murah dari android, apakah memang lebih nyaman pakai android dibanding windows phone?
    Terimakasih banyak Pak Herry selalu mau jadi guru yang baik bagi kami.

    1. Pak Sofy,

      1. Di kisaran harga sama, selain Ridge Fab 4G ada Lenovo P70 dan Xiaomi Mi 4i.

      2. Huawei Ascend Mate 7. Review-nya bisa dibaca di http://ponselmu.com/review-huawei-ascend-mate7-laris-manis-andai-beda-satu-hal/

      3. Untuk ponsel kedua boleh dibeli. Kalau dijadikan ponsel utama, mungkin akan terasa kurang nyaman. Kalau kita bicara tingkat kegegasan, ponsel Windows Phone berharga jual kurang dari Rp 1 juta seringkali lebih smooth daripada ponsel Android di rentang harga sama. Namun, bila sudah berbincang soal fleksibilitas dan variasi aplikasi, Android masih lebih menarik.

    1. Pak Budi,

      Bergantung mana yang lebih Anda prioritaskan. Menurut saya, kelebihan Mi 4i di kinerja kamera. Layar ponsel itu juga masih mudah dilihat kala berada di bawah terik matahari.

      Sedangkan Ridge Fab 4G unggul di baterai (daya tahan baterai dan penggunaan baterai removable). Responsivitas saya nilai juga unggul tipis ada Mi 4i. Kalau Mi 4i kadang terasa hangat, hal serupa tidak saya alami di Ridge Fab 4G.

  2. Untuk tempat service centernya Ada dimana Pak? Kalau diadu dengan Xiaomi Mi4i Bagusan yg mana Dari sisi kamera Dan kenyamanan internetnya?

    1. Pak Solehoptikcokro,

      Pusat perbaikan resmi Wiko di Surabaya ada di WTC lantai 2. Yang dulu service center Nokia itu lho.

      Dari sisi kamera menang Mi 4i. Sedangkan kenyamanan berinternet sih imbang.

  3. Pak herry, kamera pd wiko ini kan ada menu manualnya, apakah kualitasnya hampir sama dengan LG G4?? Karena dilihat dr hasil kmera yg pak herry ambil pd malam hari sangat bagus.

    Dan berapa bukaan lensa pd wiko ini? Apa 1.8 atw 2.0?

    Thx utk jawabannya

    1. Pak Agung,

      Performa kamera Ridge Fab 4G jauh di bawah G4. Serasa membandingkan kamar guest house dengan kamar hotel berbintang lima deh.

      Bukaan lensa tidak diketahui. Wiko tidak menyebutkannya.

  4. Maaf Pak. Setelah baca harga Huawei ascend mate 7 saya jadi mundur. Harganya tidak sesuai budget saya, meskipun tertarik juga sih. Selain itu service center nya rada meragukan. Apakah Pak Herry bisa kasih saya pilihan lainnya? Makasih Pak

    1. Pak Sofy,

      Iya, harga ritel resmi Ascend Mate 7 memang tergolong tinggi. Harga jual bekasnya terjun bebas. Layanan pusat perbaikan resmi Huawei juga masih misterius.

      Sementara belum ada pilihan lain dengan bentang layar di kisaran enam inci, Pak.

    1. Pak Iskandar,

      Bergantung fitur apa yang lebih Anda prioritaskan. Menurut saya, kelebihan Mi 4i di kinerja kamera. Layar ponsel itu juga masih mudah dilihat kala berada di bawah terik matahari.

      Sedangkan Ridge Fab 4G unggul di baterai (daya tahan baterai dan penggunaan baterai removable). Responsivitas saya nilai juga unggul tipis ada Mi 4i. Kalau Mi 4i kadang terasa hangat, hal serupa tidak saya alami di Ridge Fab 4G.

  5. Pak Harry,

    Foto2 nya lumayan bagus ya terutama warna Orange nya vespa seprint hampir sama dgn warna asli nya, cmiw
    & mau tanya yg agak menyimpang dikit, apa ada perubahan harga utk gadget yg beredar di Indonesia sejak US dolar menembus angka 14.000?
    & apa bener Samsung Note 5 yg lagi di pre-order, itu buatan dalam negeri? Kalo ngak salah pabrik nya di daerah Cikarang Jawa Barat? Lalu apa ada perbedaan nya antara buatan Indonesia dgn korea? & bagaimana nya cara mengetahui nya?

  6. Lho tempat service Nokia jadi tempat service Wiko sejak kapan? Waktu saya beli Nokia 215 dua minggu yg lalu masih kok Pak.

    1. Pak Solehoptikcokro,

      Papan nama di depan masih Nokia Care. Namun, tempat itu kini melayani perbaikan tiga merek ponsel: Nokia, Wiko, dan …. (lupa, kalau tak salah Huawei).

      Dari pintu masuk, di sisi kiri ada lemari yang memajang aneka aksesori kan. Dulu yang ada di sana hanya aksesori Nokia. Kini bukan hanya Nokia lho.

  7. Pak Herry,
    Mohon maaf kalo saya salah menulis nama Herry menjadi Harry, karena pakai Android ( tulisan nya kecil2 & saya tidak teliti juga) & kmrn malam agak kecapekan abis dr luar kota

    1. Pak Santoso,

      Oh ok.

      1. Ketika dolar tembus Rp 14.000, sebagian merek mulai mengoreksi harga. Kenaikannya belum terlalu signifikan sih, tidak lebih dari Rp 50 ribu.

      2. Ya, Note 5 dibuat di Indonesia. Ya beda lokasi produksinya. Yang garansi resmi pasti buatan Indonesia. Di stiker IMEI mestinya tercantum made in Indonesia.

  8. Dear Koh Herry,

    Maaf ya OOT dikit, ada niat untuk review LG G4 Stylus kah ?
    Saya baru aja pre – order, dapat harga 2.650jt di bl*b*i.com
    Untuk harga segitu, apakah worth it ?

    And btw, foto makanan itu dah ciri khas bgt web ini ya πŸ˜€
    Pertahankan koh, hehee

    1. Pak Revaldo,

      Tak ada rencana me-review G4 Stylus. Karena belum pernah coba, saya tak tahu worth it atau tidak.

      He.. he.. siap. Makan, foto, lalu review ya. πŸ™‚

  9. Hii

    Thanks pak HSW ( takut salah ketik lagi & pakai singkatan nya aja)
    & lupa nanya apa bener Samsung Note 5 yg pre-order itu dual sim card & khusus di jual di Indonesia, apa bener?
    Begitu juga pre order Samsung 6 egde + via lazada, juga dual sim, apa bener? Karena tidak ada keterangan nya & thanks info nya serta maaf kalo di luar topik.

    Pak HSW, apa bener kamera nya wiko utk warna vespa nya sama? Soalnya belum di Jawab.

    1. Pak Santoso,

      * Ya, Note 5 yang dijual resmi di Indonesia adalah versi dual SIM. Varian dual SIM bukan hanya dijual di Indonesia.
      * Soal Galaxy S6 Edge+, saya kurang tahu pasti single SIM atau dual SIM.

      Btw, dua hari lalu saya sempat mencoba demo unit Galaxy Note 5. Bodi belakangnya ternyata fingerprint magnet banget. Sidik jari sangat mudah menempel. Hal lain, saya merasa layarnya cenderung puyeh (wash out). Nggak tajam. Entah itu gara-gara demo unit atau karena memang demikian.

      Ya, warna Vespa-nya mirip dengan foto. Sebelumnya tidak saya tanggapi karena di posting sebelumnya kalimat Anda berupa “pernyataan”, bukan “pertanyaan”.

  10. Ko herry, mau minta saran nya boleh?? Sy mw beli hp menurut ko herry mending LG G3 apa Xiaomi mi4i ya?? Dg budget kisaran segitu… Makasih

    1. Pak Roy,

      Harga G3 berbeda jauh dengan Mi 4i lho. Kalau anggaran Anda memang sampai G3, lebih baik membeli G3 RAM 3 GB baru atau G4 bekas.

  11. Meski spesifikasinya tidak terlalu wah jika dibandingkan dengan Mi 4i, tetapi sepertinya tampilan Wiko Ridge Fab ini lebih elegan dan kelihatan mahal gitu ya pak πŸ™‚

  12. Dear Koh Herry,

    Maaf OOT dikit yah, mau nanya apakah s-pen samsung di galaxy note bisa digunakan di seri galaxy lain ? apakah harus menggunakan software tertentu ? xie xie

  13. Halo pak hery
    Pak hery beli ponsel menggunakan flip case yg aktif jika flip itu di buka ponsel itu menyalah layar nyankalau di tutup juga mati layar nya apa bikin batrei ponsel tersebut tambah boros pak hery?saya baca2 flip aktif itu membikin ponsel tambah boros,karena ada aplikasi tambah an yg running pak. Makasi pak

  14. maaf oot saya sebenarnya suka user interface live tiles tapi sayangnya gak bisa game android main clash of clans . waktu itu saya lihat nokia x2 android gaya user interface live tiles dan bisa main game android clash of clans. dan ternyata lagi diobral dilazada orang jualnya sih cipta komunika itu perusahaan sudah terkenal pak . biasa bapak tidak menyarankan untuk beli nokia x, xl bagaimna kalau ini pak ramnya 1 gb harga 1 juta pas wortu buy gak sih ini link dari lazada cek aja http://www.lazada.co.id/nokia-x2-dual-sim-white-508364.html

    1. Pak Muhammad Amar,

      Mohon maaf karena saya baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada hari ini. Sesuai pengumuman di blog, pada 8-11 September 2015 saya libur merespons pertanyaan. Sebab, saya sedang berada di Jakarta dan Belitung. Selama di sana, jadwal aktivitas saya tergolong padat.

      Saya tak tahu X2 bagus atau tidak. Sebab, saya belum pernah mencobanya.

  15. pak herry maaf bertanya baru tahu nih ternyata sensor gyroskop sangat bagus bisa melihat video 3d dan game 3d . pak herry tanya dong harga 1 – 2 juta yg mendukung sensor gyroskop apa yah dan spesifikasinya minimal ram 1gb terimah kasih

  16. Salam pak herry,
    Senang baca tulisannya tentang hape
    Sekedar uneg-uneg saja (barangkali bisa sampai ke representative wiko), cara penulisan wiko tuh yang bikin orang jadi segan beli, karakter penulisan wiko (huruf W) yang tidak mengesankan malah cenderung jadi hape mainan
    Coba lihat merek lain, semua karakter hurufnya mengesankan tegas, mewah tidak seperti wiko ini, alcatel yang sama-sama dari perancis malah lebih bagus bentuk hurufnya
    Kadang, tampilan (casing) juga ikut berpengaruh saat menentukan beli hape lho selain fungsi dan speksifikasi teknis hape tersebut
    Maaf ya pak, sekedar pelampiasan isi otak daripada jadi jerawat hehehehehe

    1. Pak Arif,

      Terima kasih atas sharing-nya. Kalau pertama melihat logo Wiko, saya merasa huruf W-nya mirip dengan ikon walkman di produk Sony.

  17. Setelah memakai ponsel Wiko Lenny selama baru 2 hari hasil dari hadiah sayembara #ponselmu #peacecellmarina, kini saatnya saya mereview singkat dengan judul “Si Lenny Kitkat serasa Jelly Bean”.

    Ponsel yang berasal dari Perancis ini berfisik 143*73*9,6mm berat 174g ini boleh dikatakan tidak ringan dengan ukuran layar 5″. Bodinya yang berbahan plastik ini cukup mudah menyisakan sidik jari dan sedikit licin bagian samping. Bila kita menatap layar ponsel ini dari samping atau atas maka kelihatan kurang jelas karena memang layarnya masih jenis TFT belum IPS.

    Ponsel ini memiliki baterai yg bisa dipasang lepas berkapasitas 1.800 mAh dan mampu bertahan kurang lebih 15 jam. Penulis sedikit aktif bersosial media mulai dari BBM, Whatsapp, Twitter, Line, terkadang berSMS, telpon, memutar YouTube dan memotret dengan kamera belakang 5Mpx yang tanpa autofocus dan depan 1,3Mpx. Dengan harga 1,1juta saat penulis bertanya harga ponsel ini, jangan terlalu berharap banyak terhadap kualitas kedua kamera ponsel ini. Hasil foto-fotonya akan saya unggah di twitter saya @solehoptikcokro.

    Dari segi tampilan ponsel ini masih terasa seperti sistem Jelly Bean. Ketika membuka menu pengaturan tampilannya persis kayak jelly bean. Pun terjadi disaat akan menghapus aplikasi yg berjalan.

    Untuk soal responsif layar bagi saya cukup bagus hanya tombol home, back dan pilihan tidak bersinar dan terkadang kurang respon. Simcard menggunakan dual simcard mini belum micro simcard, tapi bagi yg memiliki kartu micro, wiko menyertakan tempat kartu micro sehingga tinggal dimasukkan.

    Selama penulis berinternet dan bermain game serasa lancar meski hanya memiliki RAM 512 MB dan ROM 4 GB.

    Demikian review singkat ala saya terimaksih hadiahnya pak Herry, sukses!

  18. Saya pemakai ponsel Wiko tipe ini pak’ saya sangat senang dan bangga sekali memilikinya krn tak sedikitpun saya tidak menemukan kekuranganya..tp saya kewalahan menemukan cara utk membuat screenshoot pada layar.. Kira2 cara screenshootnya pie yah Pak. Thanks banget tuk sharenya

    1. Pak Robert,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sebab, saya baru pulang dari luar kota dan selama di sana aktivitas tergolong padat.

      Untuk melakukan screenshot, tekanlah tombol power dan volume ke bawah secara bersamaan. Tahan beberapa detik sampai screenshot berhasil dilakukan.

  19. Koh herry saya baru beli hp wiko highway star kemaren, harga’a mahal banget setara sama sony experia C4 :(…
    Menurut bapak lebih bagus mana ?
    Sistem android’a tapi masih kitkat belum lolipop

  20. Bung HSW
    Ada pengalaman/kesaksian ttg layanan servis center Wiko tidak? Memuaskan atau mengecewakan? Trima kasih.

    1. Pak Riyanto,

      Sama sekali belum ada testimoni yang masuk nih.

      Setahu saya, Wiko bekerja sama dengan Unicom dalam pengelolaan pusat perbaikan resmi. Unicom termasuk pemain lama dan reputasinya sejauh ini dikenal bagus. Mereka pernah atau sedang menangani merek Nokia dan Samsung (dengan nama perusahaan berbeda).

  21. Maaf pa, review nya sekalian paparkan font system wiko bisa/mudah di ganti enggak? Ada pilihan perubahan /penambahan font?
    Tks

    1. Pak Hermantio,

      He… he… terus terang saya tidak memperhatikan soal jenis font yang bisa diganti atau tidak.

  22. Pak Herry, saya mau tanya, kalo Wiko Ridge Fab 4G (namanya panjang banget) dibandingkan dengan Infinix Hot Note, kira2 unggul mana jika dilihat dari faktor kamera? Kalau dilihat faktor keseluruhan, menang mana ya?
    Terima kasih Pak Herry.

    1. Pak Amaris,

      Kamera lebih bagus Ridge Fab 4G. Keseluruhan juga menang Ridge Fab 4G. Kalau diadu dengan Hot Note, ponsel itu hanya kalah di daya tahan baterai.

  23. Pak Herry, kalo Wiko Ridge Fab 4G ini apakah support OTG? Oh iya, kalau mau beli hape Wiko, apakah saya bisa menemukannya di erafone? Atau haruskah jalur online?
    Terima kasih Pak Herry. Semoga sukses selalu.

    1. Pak Amaris,

      Saya tak ingat support USB OTG atau tidak. Sepertinya tidak.

      Kalau mau beli ponsel Wiko jangan cari di Erafone, Pak. Nggak ada. Carilah di gerai Sentra Ponsel yang zaman dulu hanya berjualan ponsel Nokia itu lho. Bisa pula mencarinya di toko-toko offline yang menjadi diler Wiko. Jadi, tak harus via jalur online.

  24. maaf mengganggu pak herry,
    saya mau bertanya. saya bingung mau beli hp yg mana, apa wiko ridge fab 4g atau wiko pulp fab 4g atau xiomi redmi 3 prime atau asus yang harganya setara dngan ini ? bagusan yg mana ya pak spesifikasinya ?

    1. Bu Nora Nur Azizah,

      Saya belum pernah mencoba Wiko Pulp Fab 4G. Saya juga tak pernah tahu ada ponsel merek Xiomi.

      Dengan anggaran sampai Rp 2,7 juta, saya merekomendasikan Anda membeli Infinix Zero 3 atau Asus Zenfone 2 Laser. Lenovo Vibe K4 Note juga boleh dilirik.

  25. Pokoknya ndak akan pernah kecewa deh, Gue jamin baik speed atau pun cameranya.
    Pernah adu speednya dengan zenfonne 2 assus n yang paling utama battryntya tahan dari handphone yang pernah gue pake???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *