Review Xiaomi Mi 6: Andai Beredar Resmi di Indonesia

Menguji pakai dan mengulas ponsel tanpa garansi resmi bukanlah kebiasaan penulis alias HSW. Namun, lantaran termasuk sekelompok pengguna pertama Xiaomi Mi 6 di dunia, bahkan saat di negara asalnya belum dijual bebas, terlalu sayang bila HSW tak me-review-nya.

Selama berhari-hari Mi 6 digunakan sebagai ponsel utama. Seperti kata pepatah Jawa witing tresna jalaran saka kulina, semakin lama memakai ponsel itu, benih-benih cinta semakin tumbuh subur. Seandainya Mi 6 kelak beredar resmi di Indonesia, tanpa ragu HSW merekomendasikan Anda membelinya.

HSW memakai Mi 6 varian ceramic dengan RAM 6 GB dan ROM 128 GB. Awalnya ponsel itu masih memanfaatkan China ROM. Mulai 4 Mei 2017 ponsel tersebut dipadukan dengan Global ROM versi beta. Tepatnya, MIUI 8 Global 7.4.25 Beta yang berbasis Android 7.1.1 Nougat.

Penampakan fisik Mi 6 terlihat mewah. Keempat sisinya melengkung. Bentang layarnya 5,15 inci dengan resolusi full HD 1.920 x 1.080 piksel. Di sisi atas ponsel terdapat inframerah yang berguna saat pengguna menjalankan aplikasi Mi Remote. Beragam perangkat elektronik, di antaranya televisi dan penyejuk udara, bisa dikendalikan via ponsel.

Di sisi kiri ponsel terdapat selot kartu yang bukan menganut sistem hybrid. Ia siap menampung dua kartu nano SIM secara bersamaan. Kartu microSD tak bisa diletakkan di sana. Dua nomor dapat siaga bersamaan. Pengguna bebas memilih ingin berinternet via SIM1 atau SIM2. Nomor yang dipakai berinternet leluasa masuk ke jaringan 4G LTE, sedangkan satu nomor lainnya boleh menduduki jaringan 3G.

Apakah Mi 6 yang baru dijual resmi di Tiongkok itu kompatibel dengan operator di Indonesia? Jawabannya, ya! Ponsel tersebut siap dipadukan dengan layanan 4G LTE Telkomsel, XL, Indosat, Tri, maupun Smartfren.

Tombol volume dan power bakal dijumpai pengguna di sisi kanan bodi. Sedangkan di bawah, terdapat speaker dan konektor USB tipe C. Konektor audio 3,5 milimeter yang lazim dipakai untuk menancapkan earphone atau handsfree berkabel takkan ditemukan di Mi 6. Bila ingin memakai earphone, pengguna harus memanfaatkan adapter tambahan yang telah disertakan dalam paket penjualan.

Kamera menjadi salah satu nilai jual utama Mi 6. Kamera di sisi belakang ponsel dibekali fokus otomatis, lampu kilat, dan lensa ganda. Masing-masing sanggup menghasilkan foto beresolusi 12 megapiksel dan klip video 4K. Sssttโ€ฆ lingkaran di lensa ganda Mi 6 yang HSW uji pakai terbuat dari emas 18 karat lho. Serius!

Satu di antara dua lensa itu merupakan lensa 27 milimeter dengan bukaan f/1,8 dan Optical Image Stabilizer (OIS). Satu lensa lainnya memiliki panjang fokus 52 milimeter dengan bukaan f/2,6. Dengan konfigurasi lensa ganda seperti itu, tak salah bila Xiaomi menyatakan kamera Mi 6 dibekali optical zoom 2x.

Apakah manfaat nyata kamera utama berlensa ganda? Pengguna serasa mempunyai kamera berlensa tele. Anggaplah suatu saat pengguna ingin memotret suatu objek. Layar ponsel menampilkan menu kamera dan objek yang akan dijepret. Di bagian bawah “jendela bidik” itu ada tulisan 1x di dalam lingkaran.

Untuk memperbesar tampilan objek, pengguna cukup menyentuh lingkaran 1x tersebut sampai berubah menjadi 2x. Objek akan terlihat lebih besar di layar, seolah pengguna berjalan mendekati objek tersebut. Contoh nyatanya, perhatikan dua foto di bawah ini.

Menurut HSW, hal paling menarik dari kamera Mi 6 adalah tersedianya portrait mode. Dengan memanfaatkan mode tersebut, pengguna bisa memotret manusia dengan lebih artistik. Wajah orang yang dijepret tajam, sedangkan latar belakangnya kabur. Penggemar fotografi sering menyebutnya sebagai efek bokeh.

Asal tahu, karena tampaknya melibatkan olah digital tertentu, sesekali efek bokeh yang dihasilkan tidak sempurna. Ketika Mi 6 dipakai memotret seseorang yang tubuh dan kepalanya terlalu menghadap ke samping, contohnya, alis mata terjauh orang tersebut bukan mustahil akan kabur. Ponsel menganggap alis mata itu bagian dari latar belakang. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, sudut yang dibentuk antara lensa kamera dan wajah orang yang dijadikan objek pemotretan sebaiknya tidak lebih dari 45 derajat.

Seandainya orang yang dijepret ingin sambil berkacak pinggang atau menyadarkan lengan, boleh-boleh saja sih. Namun, “lubang” yang dihasilkan seyogianya cukup besar. Bila terlalu kecil, “lubang” itu bakal dianggap sebagai bagian dari objek utama sehingga tidak di-blur.

Kamera utama Mi 6 dibekali mode manual yang memungkinkan pengguna mengatur white balance, fokus, kecepatan rana, dan ISO. Kecepatan rana alias shutter speed yang diizinkan mulai 1/1000 detik hingga 1/4 detik. Buat pengguna yang ingin melakukan light painting, slow shutter kamera itu pasti dianggap kurang lama.

Beralih ke kamera depan. Kamera tersebut tanpa fokus maupun lampu kilat. Ia sanggup menghasilkan foto beresolusi hingga 8,29 megapiksel. Mungkin agar lebih sederhana, Xiaomi menyebutnya delapan megapiksel saja. Bila difungsikan sebagai perekam video, kamera itu siap memproduksi klip video beresolusi full HD 1080p.

Bagi penggemar swafoto alias selfie, terutama wanita, kamera depan suatu ponsel seringkali dianggap bagus bila mampu mempercantik wajah. Misalnya, pipi yang aslinya berjerawat disulap menjadi mulus. Demi memenuhi selera pasar, produsen ponsel berlomba-lomba menawarkan fitur beautification, beautify, atau yang bermakna sama.

Fitur serupa dibenamkan ke Mi 6. Tersedia dua jenis beautification: ย smart dan pro. Kalau pengguna memilih smart, ponsel bakal otomatis mempermak wajah pengguna dengan algoritma tertentu. Wajah pengguna akan terlihat lebih mulus dan secara umum masih tergolong natural.

Sebaliknya, bila pengguna memilih pro, tingkat permak wajah dapat diatur secara manual. Kalau mau, pengguna leluasa melakukan “operasi plastik” sampai pada tataran yang tergolong berlebihan. Hasil swafoto akan tampak sangat berbeda dibandingkan wajah asli pengguna deh.

Mi 6 memanfaatkan prosesor delapan inti (octa core) Snapdragon 835 MSM8998 yang terdiri atas empat inti berkecepatan 2,45 GHz dan empat inti 1,9 GHz. Wi-Fi, GPS, bluetooth, NFC, wireless display, dan sensor sidik jari merupakan sebagian spesifikasi lain ponsel itu. Ia tahan terhadap percikan air, tetapi tidak boleh dicelupkan maupun sengaja direndam.

Ketika belum diutak-atik, sisa memori internal Mi 6 mencapai 117,23 GB. Tergolong lapang sehingga ketiadaan selot microSD mestinya tak perlu membuat bimbang. Umpama ingin mengaktifkan dua akun WhatsApp, Facebook, atau aplikasi lain secara bersamaan, pengguna bisa memanfaatkan fitur bawaan yang dinamakan dual apps.

Sumber daya Mi 6 berasal dari baterai tanam 3.350 mAh. Di atas kertas tidak terlihat besar, tetapi realitanya tergolong awet. Baterai ponsel itu sanggup bertahan selama 24 jam. Sesekali malahan mampu menembus durasi 30 jam, yakni kala tingkat pemakaian sedang tidak terlalu tinggi.

Sebagai pembanding, dengan perilaku pemakaian yang sama, baterai 3.300 mAh di LG G6 hanya sanggup bertahan maksimal sepuluh jam. Sedangkan baterai 3.000 mAh di Samsung Galaxy S8 cuma mampu memasok daya ke ponsel paling lama 12 jam.

Selama rentang waktu tersebut, dua nomor selalu siaga dan terkoneksi dengan internet. Salah satu nomor berada di jaringan 4G LTE. Ponsel digunakan untuk aktivitas email, chatting, browsing, media sosial, bertelepon, dan memotret.

Soal kegegasan, Mi 6 tak perlu disangsikan lagi. Dalam pemakaian sehari-hari ponsel itu selalu gegas. Trengginas. Kondisinya berbeda dengan Samsung Galaxy S8 bergaransi resmi Samsung Electronics Indonesia yang ternyata sesekali masih tersendat.

Di antara sederet kelebihan Mi 6, menurut HSW, ponsel berdimensi fisik 145,17 x 70,49 x 7,45 milimeter dan berat 182 gram itu memiliki segelintir cela. Bodinya relatif licin. Sidik jari pengguna juga mudah meninggalkan bekas di bodi belakang.

Solusinya, pasangkan jelly case yang telah disertakan di dalam paket penjualan. Boleh pula membeli case lain yang kini sudah gampang ditemukan di berbagai situs belanja daring (online). HSW sempat membeli case berikut goo.gl/5JRmI6.

Hal lain, mungkin karena masih berstatus beta, firmware Mi 6 yang HSW gunakan belum bebas dari kutu alias bug. Saat dihubungkan dengan charger, proses pengisian ulang selalu terhenti di angka 69, 70, atau 71 persen.

Agar pengisian bisa berlanjut hingga 100 persen, jurusnya sangat sederhana. Lepaskan kabel charging sekitar lima detik lalu tancapkan lagi. Sedikit informasi tambahan, Mi 6 kompatibel dengan charger berstandar Qualcomm Quick Charge 3.0.

Saatnya membicarakan harga. Harga ritel resmi Mi 6 di Tiongkok mulai RMB 2.499 sampai RMB 2.999, bergantung kapasitas memori dan varian bodi. Berapa rupiah? Paling mudah kalikan angka dalam RMB itu dengan Rp 2.000. Beberapa pedagang di situs belanja lokal Indonesia telah menawarkan Mi 6. Tentu saja tanpa garansi resmi dan dibanderol lebih mahal.

Sampai sekarang belum bisa dipastikan apakah Mi 6 akan dijual resmi di sini. Bila kelak dipasarkan resmi ke Indonesia, Anda pantas meminangnya. Saran HSW, agar tidak monoton, belilah varian berwarna biru dengan RAM 6 GB dan ROM 128 GB.

***

Inilah contoh hasil jepretan kamera Mi 6. Semua menggunakan mode otomatis, kecuali disebutkan khusus. Olah digital yang dilakukan hanya resize foto dan kompresi ukuran file.

Saatnya menjajal mode portrait.

Seperti apakah perbedaan hasil jepretan lensa normal dan lensa tele? Yang disajikan lebih dulu adalah hasil jepretan lensa normal.

Dua foto berikut dijepret menggunakan kamera depan.

Fitur beautification diaktifkan pada pilihan smart.

Kini fitur beautification dinonaktifkan.

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

183 thoughts on “Review Xiaomi Mi 6: Andai Beredar Resmi di Indonesia

  1. Seandainya ponsel ini beredar di Indonesia, bisa jadi saingan berat Zenfone Zoom S. ๐Ÿ™‚

    1. Pak DokterMade,

      Rasanya Mi 6 bukan pesaing yang pas buat Zenfone Zoom S. Mi 6 lebih cocok diadu dengan LG G6 dan Samsung Galaxy S8.

      1. Koh HSW, Apa bisa saya tau alasannya kenapa Mi 6 tidak bisa dibandingkan dengan Asus Zoom S? Apa fitur2 di Asus Zoom S kalah menarik dibandingkan dengan Mi 6? ( selain prosesor yg ditanamkan) Soalnya saya menyukai keduanya.. Dan jika dijual resmi, saya berencana memilih salah satunya.. Mohon pencerahannya Koh HSW..

          1. pak herry,

            smartphone di bawah 3 juta yang recommended apa ya?
            saya tidak terlalu fokus pada kamera.
            lebi fokus ke kecepatan hp, baterai, dan game.

            thanks

          2. Pak Wichar Robertus,

            Silakan melirik Xiaomi Redmi Note 4. Pastikan membeli unit yang bergaransi resmi. Harga ritel Rp 2,399 juta.

  2. Sore koh Herry, kemarin sempat saya bandingkan untuk hasil jepertnya dengan s7 , overall masih bagus s7 terutama di Low Lightnya, apa benar seperti ini atau karena pengaruh ROM Globalnya ? terima kasih atas masukannya

  3. wah, utk ponsel yg menonjolkan kamera,rasanya shutter speed paling lambat cuma 1/4 s itu gimana gitu hehe,sangat2 kurang
    padahal mode manual pixelmasternya ponsel lama saya (zenfone 2 laser ZE500KG) saya bisa sampai 32 s (meskipun tentu hasilnya tidak layak dibandingkan dengan Mi 6 ๐Ÿ˜€ )
    rasanya sampai sekarang pixelmaster masih menjadi salah satu bloatware kamera yang paling lengkap fiturnya…
    oh iya koh,saya ada 3 pertanyaan:
    1.untuk ponsel LG yang layak dibeli di kisaran 1-2 juta apa ya koh?nambah dikit dr 2 juta juga nggak papa deh…saya ingin mengganti hisense pureshot saya,dan mengincar LG demi build quality dan layanan servicenya (kalau misalnya belum pernah direview,menurut spesifikasi di atas kertas saja tidak apa2 koh)
    2.antara LG K10 dan LG K10 2017,yang mana yg lebih worth it menurut harganya sekarang?pertimbangannya apa ya koh?
    3.di kisaran 1-2 juta lebih sedikit,bisa minta rekomendasi ponsel yang bagus dan worth it di harganya sekarang,serta kelebihannya masing2?tolong berikan beberapa pilihan ya koh,utk adik saya

    1. Pak Rafie Mohammad,

      1. Sedang kosong nih.

      2. Tak tahu. Lha saya belum pernah mencoba keduanya.

      3. Utamakan kamera: Infinix Zero 3 Rp 1,999 juta. Utamakan daya tahan baterai: Asus Zenfone Max sekitar Rp 1,8 juta.

      1. Pak Rafie Mohammad,

        Tergantung dapat harga berapa dulu. Bulan lalu saya baru menjual LG G4 dengan kondisi sebagai berikut:
        * Varian back cover kulit warna cokelat.
        * Kondisi fisik mulus dan berfungsi normal.
        * Nomor seri mesin 610.
        * Bonus battery kit.

        Saya lepas dengan harga Rp 2,5 juta.

        Nah… kalau Anda bisa dapat dengan konfigurasi seperti itu, apalagi harganya lebih murah, layak beli deh.

  4. Maaf Ko Herry, ini di luar topik, gawai Xiaomi garansi resmi itu yang dari Erafone dengan yang garansi TAM itu sama ya? Soalnya tadi lihat di situs Xiaomi Indonesia (milik Erafone) tercantum kalau sekarang sudah ada toko daring resmi Xiaomi di Lazada, dan saat cek ke sana, gawainya garansi TAM. Apa kedua-duanya satu induk perusahaan? *Ngomong-ngomong, kapan review Xiaomi Redmi Note 4 -nya ya?* Sebelum dan sesudahnya, terima kasih atas perhatiannya.

    1. Pak Toni,

      Erafone dan TAM ujung-ujungnya dimiliki grup perusahaan yang sama: Erajaya. Jadi, sama-sama resmi.

      Redmi Note 4 sebenarnya sudah selesai saya uji pakai. Namun, karena kemarin saya baru mengunggah review ponsel Xiaomi tipe lain, saya harus memberi jarak minimal dua naskah dulu.

    1. Pak Alof,

      Masuk tidak resmi: sudah tersedia di pasar kok.
      Masuk resmi: benar, belum ada tanda-tanda.

        1. Pak Alof,

          Belum menggunakan ROM global. Problem tidaknya saya tak tahu. Menurut saya, jangan membeli ponsel yang tidak dilengkapi garansi resmi.

  5. Ko herry saya bingung nih, mending LG G6 atau LG V20 ya?? Blom bisa nemu kelebihan dan kekurangan masing-masing untuk dibandingin

    1. temen saya ada bilang kalo LG mending ambil seri G daripada seri V, memang benar seri V kurang bagus ko?

  6. Om HSW, apakah ada perbedaan lain versi yg biasa dgn yg ceramic selain katanya lebih tahan gores yg ceramic? Soalnya saat ini di pasaran yg tersedia masih versi black biasa, pengennya nunggu yg versi ceramic keluar tapi jika tdk ada perbedaan yg berarti, mau coba beli yg warna biru seperti sarannya om HSW.

    1. Pak Sugih,

      Yang ceramic, lingkaran di sekeliling lensa kamera terbuat dari emas 18 karat.

      Di Tiongkok pun versi ceramic masih sulit dijumpai kok. Apalagi, di Indonesia.

  7. Nice review!
    Maaf oot nih om, lebih baik mana LG G5 SE dibanding Huawei P9 berdasarkan harganya ?saat ini ?

    1. Pak Apri,

      Kalau Anda hanya berfokus pada kamera dan mengabaikan fitur lain, silakan ambil Huawei P9. Namun, kalau Anda ingin ponsel berkamera bagus dan memperhatikan kinerja fitur lain, membeli LG G5 SE merupakan langkah yang lebih bijak.

      Saat saya menuliskan jawaban ini, harga P9 Rp 5,499 juta dan G5 SE Rp 4,999 juta.

  8. Wow, hp idaman Mi Fans saat ini koh Herry..
    Di toko online sudah tersedia sekitar 7.5 juta harganya.

  9. Om Herry, sejauh ini rekomendasi ponsel harga maksimal 6-7jt yang unggul di sektor kamera, performa kencang, kapasitas batere tidak terlalu dipermasalahkan kira kira apa ya?

      1. Om Herry,
        Tadi setelah saya jalan jalan di beberapa situs e-commerce, saya menemukan :
        ternyata v20 sudah kepala 6..
        ya meskipun 6.999
        jadi masuk range 5-7 yang ditanyakan di atas.

        dan saya tambah bingung.
        semakin ditunggu semakin bingung. bagaimana menurut mas herry? apakah akan turun lagi kira kira?

        1. Pak Ady Suryadinatha,

          Pertanyaan sebelumnya dari Anda apa ya? Saya cari dengan kata kunci “Ady Suryadinatha” nggak ketemu.

          Kalau dapat harga segitu, V20 silakan dibeli. Pasti akan turun lagi, tetapi entah kapan.

  10. Wah bisa irit jg baterenya drpd duo sampah *8 dan *6. Kenapa ya gawai flagship musti boros batere atau batere kecil, gak mikir kita2 yg repot bentar2 harus cas lg. Kira2 mi6 koh ini bakal dijual ga ya?

    1. Pak Roy Agustinus,

      Belum diketahui apakah Mi 6 akan beredar resmi di sini. Kalau tidak resmi sih sekarang sudah ada.

    2. Kalau tidak punya apalagi tidak pernah pakai *8 *6 sebaiknya jgn menghina…. Ntar dikira sirik tanda tak mampu

  11. Joss banget ini, setelah resmi meninggalkan infinix hot s dan beralih ke Redmi Note 4,sekarang mentasbihkan diri sebagai MiFans. Semoga mi6 masuk ke Indonesia dan ada budget yang tersedia untuk membelinya.

    1. Pak Budirogo,

      Nah… itu dia. Saat akan mengetikkan pepatah itu, saya sempat ragu. Yang benar saka, soko, kulina, atau kulino. Dari hasil googling, kebanyakan bilang kulino. Jadi, saya tulis kulino deh. Yang benar kulina ya?

      1. Yang benar “kulina”. Supaya mudah, kalau kita mau nenulis kata dasar Jawa tambahkan akhiran (panambang, Jw) pada kata dasar tersebut. Misalkan, kata “kulina” + akhiran “ne” ditulis (juga mengucapkannya) menjadi “kulinane”. Dengan dasar tersebut, penulisan yang benar adalah “kulina”, cara mengucapkan tetap “kulino”. Witing trรชsna jalaran saka kulina. Maaf mas HSW, saya kok jadi bicara soal sastra. Mestinya, “mas HSW, setelah lebaran saya positif beli mi6.”?

  12. Selamat pagi Pak Herry.
    Maaf bertanya di luar konteks. Saya memerlukan HP ke 2. Untuk HP pertama saya pakai LG G5 SE. Tolong rekomendasinya ya, Pak.
    1. Lebih baik pilih mana : Xiaomi Redmi 4A 32 gb, Redmi 4X, Redmi Note 4. ROM sama 32 gb tapi harga beda.
    2. Dengan pertimbangan keseluruhan, dibanding Xiaomi di atas lebih baik pilih Zenfone 3 32 Gb atau ada pilihan lain?
    Terimakasih banyak bantuannya, Pak.j

    1. Pak Sofy,

      1. Redmi Note 4.
      2. Ya mending Zenfone 3. Namun, harga jualnya kan beda jauh dibandingkan Redmi Note 4.

  13. Siang pak herry

    saya mau bertanya soal MI6
    saya memakai firmware stable 8.2.23.0 di MI6, problem yang saya alami yaitu hanya bisa dicharge sampai 94-95% saja apakah itu bug juga yg pake herry alami?

    kalau benar bug cara mengatasinya agar bisa dicharge sampai 100% lagi apakah harus menunggu firmware baru lagi? atau ada cara lain?

    Terima kasih

    1. Pak Farid,

      Oh sudah ada yang stable ya? Itu China ROM atau global ROM? Saya tidak mengalami hal yang Anda sebutkan. Bisa jadi itu juga bug.

      Terus terang saya tak mengetahui solusinya karena tidak memakai firmware tersebut dan tidak mengalami hal yang Anda sebutkan.

    2. Itu Rom abal abal yang pak farid pakai , silahkan flashing ke rom global biar lebih stabil

  14. Maaf Pak Herry. Menyambung pertanyaan saya , kalau Xiaomi Redmi Note 4 dibandingkan Asus Zenfone 3 Laser bagaimana ya, Pak? Setahu saya Pak Herry memang tidak mereview Zenfone 3 Laser. Tapi barangkali Pak Herry bisa memberi rekomendasi.
    Terimakasih banyak Pak.

    1. Pak Sofy,

      Tak tahu. Karena belum pernah mencoba Zenfone 3 Laser dan tidak memiliki gambaran umum tentang kinerja ponsel itu, saya tak berani memberikan rekomendasi.

  15. Pak HSW saya ingin tanya tentang xiaomi
    1. Apa kelemahan xiaomi garansi distributor, dibanding xiaomi garansi resmi ?
    2. Apa benar xiaomi garansi distributor , untuk jaringan 4G nya tidak bisa dipakai di Indonesia
    3. Apa produk xiaomi distributor spesifikasi nya berbeda dengan produk xiaomi resmi ?
    4. Apa pak HSW merekomendasikan bila saya membeli xiaomi garansi distributor ? ( dikarenakan produk resmi /seri tsb nya blm masuk Indonesia )
    Trimakasih

    1. Pak Febrianto,

      1. a. Unit yang didapatkan belum tentu 100% baru.
      b. Aksesori yang disertakan dalam paket penjualan mungkin tidak orisinal.
      c. Spesifikasi unit yang diperoleh belum tentu sesuai dengan kondisi di Indonesia.
      d. ROM yang dipakai mungkin versi abal-abal. Kinerja ponsel menjadi tidak optimal dan bukan mustahil sering menampilkan iklan.
      e. Layanan purna jual tidak jelas.

      2. Bisa ya, bisa tidak. Baca kembali poin nomor 1.

      3. Bisa ya, bisa tidak. Baca kembali poin nomor 1.

      4. Tidak direkomendasikan. Kalau Anda sangat ingin dan telah menyadari segala kemungkinan terburuk, silakan saja bila akan nekat.

  16. Koh.samsung s8 kapan direview.dan secara keseluruhan bagus mana antara s8,mi6,dan g6.coba diurutkan dari yang terbaik koh beserta alasannya
    Makasih sebelumnya

        1. Pak Ming,

          Lha iya.

          Antre dulu. –> ini jawaban untuk pertanyaan kapan Galaxy S8 di-review.

          Mi 6, S8, lalu G6. –> ini jawaban untuk pertanyaan “antara s8,mi6,dan g6.coba diurutkan dari yang terbaik”

  17. Pak hsw
    Pak redmi note 4 baterainya awet melebihi redmi 4a?
    apakah ada fitur 3g-4g 4g-3g di redmi note 4?
    Apakah kelebihan redmi note 4?

    Apakah redmi note 4 dikatakan gegas?

    Apakah redmi note 4 masuk kategori terbaik dibawah 3juta?

    Kualitas speaker bagus?

    Foto redmi note 4 dikategorikan?

    1. Pak Seto,

      Ya.
      Ya.
      Tunggu review keluar.
      Ya.
      Salah satu yang terbaik.
      Tunggu review keluar.
      Hanya bagus di luar ruangan yang terang.

    1. Pak Ivan,

      Ya karena kurang nendang. Dengan dana yang sama, mending dibelikan ponsel yang lain. Malah bisa masih ada sisa uang.

    1. Pak Franky,

      Rp 1,499 juta: Xiaomi Redmi 4A (ROM 16 GB).
      Rp 1,599 juta: Xiaomi Redmi 4A (ROM 32 GB).
      Rp 1,999 juta: Infinix Zero 3.

          1. Hahahahaha….. Saya baca langsung tertawa kasihan ya Pak… Typo kali itu.. Pak HSW saya masih menunggu review Redmi Note 4 nya kebetulan saya sudah pakai yg garansi resmi overall puas tapi masih penasaran dgn ulasan Bapak karena teman teman saya pada naksir pengen beli juga saya tunggu ya Pak terimakasih

        1. Kebanyakan typo ente.. Pantes gak mudeng koh herry nya, kecuali koh herry memaklumi typo macam samsul, xiaomay, siomay, xiomi (spt yg ente katakan), opo, dsb..

          Untuk kelas flagship ane bakal ambil salah satu dari duo BIGGEST korean phone. Klo kelas menengah ke bawah xiaomi emg recommended bgt

          Kapan review BlackBerry aurora keluar koh?

  18. Pak herry

    Maaf OOT banget

    Saran bpk untuk feature phone yg rekomended saat ini, pilih yg mana, kperluan buat tlp dan sms

    Thx b4

    1. Pak Tester,

      Nokia 105 dual SIM yang harga barunya kurang dari Rp 300 ribu sudah sangat memadai deh.

  19. Pak, dari LG G5 SE ke LG V20 fitur apa saja yg ditingkatkan ya? Apakah worth it meminang LG V20 dibandingkan LG G5 SE mengingat perbedaan harga yg cukup jauh. Thanks before ๐Ÿ™‚

    1. Pak Angga,

      Baterai lebih awet, ada dua layar, bodi lebih mantap, kamera sedikit lebih bagus, dan bisa simultan 4G-3G.

      Kalau anggaran tak masalah, lebih baik beli V20 daripada G5 SE.

      1. Kl mi6, mi5s dan mi5s plus proteksi layar nya apa ya pak? Sy liat di website resmi nya kok tidak ada keterangan?

        1. Pak Aji,

          Memang tak ada keterangannya. Spesifik ke Mi 6, saya pernah langsung menanyakannya ke orang Xiaomi dan dibilang tak ada informasi spesifik yang bisa diberikan karena pemasok komponen Xiaomi bukan dari satu pihak saja.

  20. Maaf oot pak Herry
    Apakah ponsel Luna G masuk antrean review bapak….saya penasaran dgn kinerjanya.trims.

    1. Pak Fiko Dwi,

      Mi 6. Baterai bisa sehari semalam (tanpa melihat kapasitasnya), dual SIM (saya perlu banget), bisa jadi remote control, dll.

  21. HP Oppo f3 plus,asus zenfone 3 zoom s, nubia m2, xiaomi mi 5s, vivo v5 s mana lebih the best,direkomendasikan???tlg beri peringkat ke hp2 mereka ya..dan tlg apa kelebihan dan kekurangan??
    terima kasih

    salam dari

    Henry

    1. Pak Henry Eka,

      Tak tahu. Sebab, saya belum pernah menguji pakai semuanya. Saran saya, kalau bertanya lebih baik spesifik, Pak. Jangan seolah katalog ponsel Anda tuliskan semua. Sudah lebih dari satu kali saya menyatakan hal ini lho.

  22. Koh, Gak coba ponsel lokal lagi ya koh ? Kaya Evercoss genpro X yang recomended(Walaupun kamera seadanya) Atau Advan G1 yang harganya kemahalan dan Harga jualnya jeblok

    1. Pak Faizal,

      Karena harganya dibilang Rp 999 ribu, saya sudah akan beli Genpro X tuh. Namun, saat saya cek ke mitra resmi penjualannya, ternyata harganya Rp 1,2 jutaan. Batal deh.

      Belakangan harganya saya lihat sempat Rp 999 ribu lagi. Namun, jaraknya sudah agak lama dan minat saya terlanjur lenyap.

      Untuk G1, dengan harga segitu, saya sama sekali tak berminat mencobanya.

  23. Pak HSW, tolong rekomendasikan saya mifi dengan kualitas yg baik, saya bingung mau pasang first media lg atau pake mifi saja, thx pak

  24. Semoga aja Mi 6 bisa masuk Indonesia. Seri Mi yg terakhir masuk Indonesia (resmi) kan Mi4i yg udah lama banget…

    Oh iya, dual kamera belakang yg paling Pak Herry suka tuh yg jenis nya seperti apa?:
    a. Lensa Wide + normal
    b. Lensa Tele + normal
    c. Lensa Warna + hitam putih

  25. Koh Herry
    Kalau mau beli HP dengan anggaran maximal Rp 2.5 juta dengan kriteria :
    Dilengkapi 3 slot untuk SIM1 & 2 dan Memory Card terpisah
    Kapasitas battery cukup besar
    RAM 2 GB
    HP apakah yang direkomendasikan ?
    Terimakasih

    1. Pak K1n,

      Betul sekali. Kayaknya itu belum optimal karena masih ROM beta. Sebab, di ponsel flagship Xiaomi tipe lain, kecepatan rana mode manual bisa sampai puluhan detik.

  26. Om, saya mau tanya apakah dual kamera mi 6 seperti mi5s plus??
    Kalo dibandingkan lebih worth it mana saat ini utk hp dual kamera dgn kinerja tinggi
    MI6/Mi5s plus/honor 8/P9?

    1. Pak Purnomo,

      Saya tak pernah mencoba Mi 5s Plus. Jadi, tak tahu deh. Honor 8 juga belum pernah coba.

      Kalau Mi 6 vs P9, menurut saya, kameranya masih lebih bagus P9. Namun, fitur-fitur lain P9 jelas kalah telak melawan Mi 6.

  27. Ada beberapa pertanyaan perihal mi6 koh
    1. Mi 6 sama mi note 2, lebih worth it yang mana? Jika dinilai 1-10 berapa banding berapa?

    2. Andaikata mi 6 masih belum resmi, akantetapi update systemnya(yang rom global) sudah lumayan baik, bug sudah lebih minor(atau mungkin tidak ada). Masih layakkah untuk dibeli (mengesampingkan resiko garansi tak resmi)?

    3. Dari segi desain, dibandingkan kompetitor mi 6, apakah mi 6 yang terbaik? Jika bukan, apa yang lebih baik?

    1. Pak Ditya DA,

      1. Tak tahu. Lha saya tidak pernah menjajal Mi Note 2.

      2. Kalau garansi Anda abaikan dan Anda siap menerima segala risiko, sekarang pun Mi 6 sudah layak dibeli.

      3. Dari tampilan fisik, Mi 6 kalah cantik dibandingkan Samsung Galaxy S8. Namun, untuk kenyamanan digenggam, menurut saya, LG G6-lah yang menjadi juara.

  28. Halo pak HSW, semoga sehat selalu
    Sy mau tanya, bagusan mana xiaomi mi6 dgn xiaomi mi note 2 dari segi kamera? Apa benar kualitas video mi6 itu shaky atau goyang goyang meskipun dilengkapi ois? Mungkinkah xiaomi mengeluarkan mi6 seri s seperti mi5s? Terima kasih

    1. Pak Indra,

      Tak tahu. Saya tidak pernah menguji pakai Mi Note 2.

      Goyang-goyang yang wajar deh.

      Mungkin saja.

      1. Mohon saran masukanya sy lagi cari handphone yg kualitas kamera dan video recording paling bagus diharga 5jt-6jt, lebih baik pilih merek yg mana yg diharganya segtu? Terima kasih banyak

        1. Pak Indra,

          Huawei P9 Rp 5,499 juta. Buat memotret oke banget. Kalau untuk merekam video, saya tak terlalu memperhatikannya.

          1. Halo pak HSW, sy pernah baca komentar pak HSW klo huawei p9 notification WA nya telat dan suka lag klo dipake medsos, apa benar pak atau sudah diperbaiki oleh huaweinya?thks

          2. Pak Indra,

            Sudah sembuh usai di-update firmware kok. Saya tidak ingat versi firmware-nya, tetapi firmware itu sudah keluar sejak berbulan-bulan lalu.

  29. Mau tanya koh
    1.lebih worth it mana membeli samsung s8 dan iphone 7?
    2.dalam hal kegegasan siapa yang menang??
    3.untuk kamera dan batrai siapa yang lebih unggul?
    4.apakah benar ponsel samsung itu tidak gampang rusak?
    5.lebih bagus mana koh samsung a7 2017 dan s6 edge?
    6.terus iphonenya kpan direview koh?
    Makasih sebelumnya kalo banyak pertanyaan

    1. Pak Dani,

      1. Kalau tidak perlu dual SIM, lebih asyik beli iPhone 7. Masalahnya, saya perlu dual SIM. Jadi, terpaksa memilih Galaxy S8 deh.

      2. iPhone 7. Saat saya gunakan, Galaxy S8 beberapa kali tersendat alias nge-lag.

      3. Kamera lebih bagus Galaxy S8. Beda tipis. Baterai lebih unggul iPhone 7.

      4. Tidak benar.

      5. Tak tahu. Saya sih hanya merekomendasikan ponsel Samsung seri S dan Note.

      6. Gilirannya kurang 2-3 item lagi.

  30. Om herry, apa garansi internasional sm dgn garansi resmi? Soalnya di belanja online, mi6 adanya garansi internasional.Tks

    1. Pak Marthen,

      Tampaknya yang dimaksud adalah garansi resmi di negara asalnya. Tentu saja garansi itu tak berlaku di sini. Bila dibawa dan dipakai di Indonesia, ponsel itu sama halnya dengan ponsel tanpa garansi.

  31. Bung Herry , kira kira lenovo A2010 masih ada yang jual di WTC apa nggak. Saya perlu HP 4G yang layarnya di bawah 4 inch. Terima kasih.

      1. Kira2 untuk mi 6 rom global lama ga ya om?
        Soalnya bingung mau beli mi5s 4/128 atau mi 6 6/128
        Prefer mana om?
        Saya suka ngegame pake headset, tapi mi 6 ga ada jack 3,5mm
        Thanks bantuannya om

  32. Mau tanya lagi koh
    1.faktor apa yang membuat samsung s8 sesekali merasa nge lag.bukannya prosesornya adalah yang tertinggi sampai saat ini dan dibekali ram yang tidak sedikit?
    2.apakah wort it membeli iphone 7 hari ini mengingat iphone 8 sudah hampir rilis?

    1. Pak Dani,

      1. Nah itu dia. Saya juga heran kok S8 masih bisa nge-lag, bahkan untuk hal sepele. Yaitu, saat masuk ke menu setting dan menjalankan Facebook. Mungkin karena optimasi firmware-nya belum pas ya.

      2. Kalau perlu sekarang, ya beli saja. Tanggal rilis iPhone 8 belum diketahui. Demikian pula harga dan spesifikasinya.

  33. Tolong dibantu pak Herry, lbh baik pilih Xiaomi Redmi Note 4 atau Infinix Zero 3? Sy msh bingung menentukan pilihan mau beli yg mana..

    1. Pak Purwiyadi,

      Kalau Anda mengutamakan daya tahan baterai, silakan membeli Redmi Note 4. Bila menomorsatukan kinerja kamera, ambillah Zero 3.

  34. Halo pak, saya ingin beli LG V20 tapi masih ragu karena layarnya yang bener-bener besar itu. Apakah untuk harga kurang lebih 8 juta LG V20 masih yang terbaik? Atau ada rekomendasi lain pak? Thank you ๐Ÿ™‚

  35. Mau tanya lagi koh
    1.faktor apa yang membuat samsung s8 sesekali terasa lag atau tersendat?.bukankah prosesornya adalah yang tertinggi saat ini.dan juga dibekali ram yang tidak sedikit?
    2.apakah worth it membeli iphone 7 sekarang mengingat iphone 8 sudah hampir dirilis
    3.apakah harga hp samsung s8 dan iphone 7 sebanding dengan apa yang didapat?
    4.adakah saran lain.saya punya bajet 10 juta.
    Makasih sebelumnya

    1. Pak Dani,

      Nomor 1 dan 2 tadi sudah saya jawab. Tolong pertanyaan yang sama dikirimkan satu kali saja.

      3. Dengan memperhitungkan “harga merek”, sepadan sih.

      4. Beli LG V20 saja. Sisa dana bisa disimpan.

  36. Dari segi kamera xiaomi mi 6, lg v20, huawei p9, sony z5 premium bagusan mana pak herry.
    Kebetulan saya lagi cari ponsel yang berkamera prima.
    Terima kasih.

    1. Pak Gaguk,

      Saya tak pernah pakai Xperia Z5 Premium.

      Dengan asumsi hanya lensa normal, P9 paling bagus. Namun, selain kamera, fitur P9 kurang mantap.

  37. Pak herry sw,maaf sebelumnya pertanyaan saya agak melenceng,saya penasaran dengan hp merk sony pak,saya banyak baca review hp yang pake kamera buatan sony katanya kualitasny paling oke tapi kok hp merk sony gak ada yg bapak rekomendasikan ya untuk hp kamera terbaik,.terima kasih pak

    1. Pak/Bu Dian Sukoco,

      Lha merek Sony di Indonesia berstatus mati suri. Sudah lama tak ada tipe baru yang keluar.

  38. Terimakasih review nya on Jerry… Berharap ini masuk resmi… Pernah baca lupa dimana ada hint bahwa ini akan masuk Indonesia secara resmi…. Kemaren nekat mau beli yang ga resmi… Tapi warna biru 6gb 128 kosong di mana-mana..

  39. Halo pak hery
    1. Menurut pak hery build quality dari xiaomi itu bagus ga yah ? Soalnya saya penggunaan jangka panjang (+/- 3-4 thn), dan rata2 yang saya tau pengguna xiaomi di indonesia itu hanya hitungan bulan
    2. Untuk suku cadang dari xiaomi seri Mi tersedia tidak yah di pasaran ? Apa benar kalaupun ada harganya mahal ?

    Saya pribadi naksir memang melihat hp xiaomi seri Mi ini, akan tetapi masih terganjal di build quality dan suku cadang
    Terima kasih

    1. Pak Angga,

      1. Bagus kok. Pengguna cepat ganti karena ingin menjajal yang baru atau tak puas. Nah, yang tak puas itu biasanya lantaran beli yang tanpa garansi resmi dan terkena gangguan macam-macam.

      2. Yang beredar resmi tersedia di pusat perbaikan resmi. Yang tidak beredar resmi bisa ditemukan di pasar. Namun, harga dan keasliannya tidak saya ketahui pasti.

  40. Hai pak Herry, apakah mi 6 yg saya beli sekarang bisa diupdate ke ROM global kalau nanti ROM global resminya sudah keluar? dan apakah ROM global resmi mi 6 pasti keluar?terima kasih

  41. Ko Herry, bisa bantu kasih info ga. Untuk budget dibawah 2,5 juta, HP apa ( 3 saja) yang disarankan untuk dibeli ?
    Terima kasih.

  42. Halo pak, jika tidak mempedulikan budget. Handphone apa ya yg terbaik menurut Pak HSW sendiri yg dapat diperoleh di Indonesia?
    Apakah LG V20? atau Samsung S8, kalo Xiaomi Mi6 blom resmi sih ya hahaha

    1. Pak Alvin,

      Saat ini sih LG V20. Kecuali, bila Mi 6 sudah beredar resmi di sini dan harganya menawan.

    1. Pak Agus,

      Rp 3 jutaan berarti sampai Rp 3,999 juta ya.

      Boleh melirik Infinix Zero 4 Plus. Kalau harus merek global, Asus Zenfone 3 ZE520KL.

  43. Pak HSW mohon maaf keluar dari topik,,, saya ingin rekomendasi bapak,, mana yang lebih baik saya beli antara sony experia xa dengan xiaomi 4x,,, jika harga tidak dipermasalahkan,,, karena saya sangat suka dengan desain body sony experia xa tapi kurang puas dengan spesifikasi baterai nya

    1. Pak Riad,

      Hmm… masalahnya tak ada ponsel bernama Sony Experia XA maupun Xiaomi 4X nih.

      Btw, ponsel Sony di Indonesia dalam kondisi mati suri. Tak ada tipe baru yang masuk.

      1. Oh gitu yah hahahaha,, mungkin saya salah baca kayanya,,, tapi kalo menurut bapak apa yang membuat hp sony lebih mahal di banding xiaomi,, padahal dari segi spesifikasi umum lebih unggul xiaomi pada harga yang sama,,, atau mungkin ada kelebihan lain yang sya tidak tahu??

        1. Pak Riad,

          Iya, Pak. Yang sudah ada Sony Xperia XA dan Xiaomi Redmi 4X. Kalau Sony Experia XA dan Xiaomi 4X belum ada.

          Harga merek, skala produksi, dan biaya promosi kan harus diperhitungkan pula, Pak. Itu yang membuat harga ponsel Sony lebih tinggi.

          1. Udah dapet ilham nih buat rencana lebaran pak, hahahaha,, makasih banget pak buat share info dan waktunya,,,

  44. Pak herry apakah dengan mengaktifkan mode hdr ketika ingin memotret di low light dapat membuat foto nya jadi lebih terang di banding kan dengan mode auto??

    1. Pak Pauns,

      Mungkin iya, tapi hasil foto akan kurang natural. Mode HDR seharusnya bukan dipakai saat low light, melainkan kala Anda memotret di lokasi yang perbedaan kontrasnya sangat tajam.

    1. Pak Aga,

      Mestinya Mi 6. Namun, karena ponsel itu belum beredar resmi, saya tak berani memberikan rekomendasi beli.

      Yang sudah berani saya rekomendasikan: lebih baik tidak membeli S8. ๐Ÿ™‚

  45. Optical zoomnya kok nanggung banget ya pake focal length 52mm, hmmm
    Apalagi dengan Spesifikasi flagship tapi cuma stuck di 1/4s serasa agak lucu, overall Spesifikasi to price nya menarik bli, murah, khas hape cina.
    Tapi Spesifikasi kameranya sangat tidak istimewa dan hasilnya kurang bisa diandalkan untuk menggantikan mirrorless, juga fiturnya tidak ada yg istimewa ya.
    Tapi yg jelas ini hape murah sekali dengan Spesifikasi cpu, ram dan Rom yg waw, bikin samsung s8 ketar ketir gak ya, hehehe.
    Sekali lagi kelemahan xiaomi Spesifikasi tinggi harga murah adalah Tetap pada kameranya, huh.
    Kayanya pilihan saya Tetap jatuh ke asus zenfone zoom s deh.

    1. Pak Trijaya Harwadi,

      Tentang 52 mm, kemungkinan hal itu dilakukan untuk menjaga agar ponsel tak terlalu tebal.

      Tentang 1/4 detik, diduga keras kondisi tersebut terjadi karena ROM-nya masih beta.

      Lah… kamera ponsel Anda posisikan sebagai pengganti mirrorless? Hmm… belum bisa deh.

  46. Pak Herry, selamat malam.

    Ibu saya butuh gawai, dan dia pemula.
    Mana maksimal 2,5jta…
    Dari komen dan pembahasan diatas kan, Pilihannya kan zenfone 3max atau xiaomi note 4? Mana yg bapak rekomendasikan #boleh gawai selain kedua gawai diatas.
    Kalu kriteria yg user experience bagus…hehehe

    Terima kasih Pak Herry

  47. Pak, mending beli garansi distributor ato internasional ato ga dua2nya?. Trus gmn caranya biar bisa dapet ini gadget tp terjamin? Tks

    1. Pak Marthen,

      Tidak keduanya.

      Belilah di penjual yang sudah Anda kenal dengan baik dan memiliki reputasi bagus.

  48. Bro Herry,
    Kalau sudah pengen pakai xiaomi mi6 tersebut dikarenakan yang resmi belum masuk resmi, kalau beli sekarang apakah bisa diinfokan kalau cari di wtc dan marina di referensi tokonya bisa?Terima kasih

    1. Pak Rico,

      Tak ada referensi toko karena saya tidak merekomendasikan pembelian ponsel tanpa garansi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *