Review Xiaomi Mi 8 Lite: Edisi Sunat yang Sebaiknya “Ditunggu”

Alih-alih menghadirkan Mi 8 atau Mi 8 Pro, tahun lalu Xiaomi hanya menyodorkan Mi 8 Lite untuk pasar Indonesia. Kecewa? Manusiawi. Apalagi, buat penggemar ponsel Xiaomi yang sungguh berniat membeli. Bukan cuma celometan.

Kendati demikian, kondisi tersebut seharusnya tak serta merta membuat Mi 8 Lite dicampakkan. Untuk konsumen dengan kebutuhan pemakaian dan ketersediaan dana di kelas menengah, ponsel edisi sunat dari Mi 8 itu masih menarik dicermati.

Mi 8 Lite tersedia dalam dua pilihan warna, midnight black dan aurora blue.  Warna hitamnya tidak jelek. Namun, menurut penulis alias HSW, terlalu biasa. Jadi, kalau boleh menyarankan, lebih baik langsung melirik aurora blue.

Varian aurora blue menyajikan gradasi warna biru dan ungu yang cantik. Tampilan warna bisa berubah-ubah, bergantung pancaran cahaya yang mengenai permukaan kaca di bodi belakang ponsel. Pantulan objek di sekeliling ponsel juga berpotensi membuat sisi belakang ponsel terlihat berbeda secara insidental.

Berdimensi fisik 156,4 x 75,8 x 7,5 milimeter dan berat 169 gram, Mi 8 Lite dibekali layar IPS 6,26 inci beresolusi full HD+ 2.280 x 1.080 piksel. Layar berponi dengan rasio 19:9 itu mengadopsi Corning Gorilla Glass 5. Dengan demikian, permukaan layar relatif lebih tahan terhadap benturan dan goresan.

Fitur ketuk dua kali untuk mengaktifkan layar (double tap screen to wake) masih dapat dijumpai di Mi 8 Lite. Merasa terganggu dengan poni alias notch di layar? Sembunyikan saja. Masuklah ke settings, full screen display, lalu pilih hide notch.

Selot kartu SIM hybrid tersedia di sisi kiri Mi 8 Lite. Pengguna bebas memilih ingin menyelipkan dua nano SIM atau satu nano SIM dan satu kartu microSD. Bila dua nano SIM dipasangkan, sepasang nomor dapat siaga bersamaan di jaringan 4G LTE. Layanan native VoLTE Smartfren juga langsung bisa dinikmati.

Tombol volume dan power terdapat di sisi kanan ponsel, sedangkan speaker dan konektor USB tipe C terletak di bagian bawah. Inframerah, konektor audio 3,5 milimeter, dan NFC tidak tersedia di Mi 8 Lite. Padahal, setidaknya di mata HSW, ketersediaan inframerah yang dapat difungsikan sebagai remote control merupakan nilai jual tambahan.

Saatnya membicarakan kamera. Kamera belakang ponsel itu berlensa ganda 12 + 5 megapiksel. Terdapat fitur fokus otomatis, lampu kilat, dan kecerdasan buatan alias AI. Foto beresolusi sampai 12 megapiksel dan klip video UHD 4K sanggup diproduksi oleh kamera tersebut.

Untuk mendapatkan efek bokeh, pengguna tinggal mengaktifkan mode portrait. Kalau ingin melakukan eksplorasi fotografi dengan lebih mendalam, pengguna disarankan mengaktifkan mode manual. Pada mode manual, kecepatan rana bisa diatur mulai 1/1.000 detik sampai 32 detik. Sedangkan rentang ISO mulai 100 sampai 3200. Pemfokusan dan white balance juga leluasa diubah.

Beralih ke kamera depan. Kamera berlensa tunggal itu mampu menghasilkan foto beresolusi maksimal 24 megapiksel dan klip video full HD 1080p. Fitur kecerdasan buatan dan mode portrait siap melayani pengguna. Kala berswafoto di lokasi temaram, cahaya dari layar ponsel dapat difungsikan sebagai lampu kilat darurat.

Prosesor delapan inti (octa core) Qualcomm Snapdragon 660 AIE dengan kecepatan sampai 2,2 GHz, Wi-Fi, bluetooth, GPS, RAM 4 GB, dan ROM 64 GB merupakan sebagian spesifikasi lain Mi 8 Lite. Kapasitas memori internal masih tersisa 51,21 GB ketika ponsel kali pertama diaktifkan.

Sensor sidik jari terdapat di sisi belakang ponsel. Second space dan dual apps yang seolah menjadi fitur mutlak ada untuk sebagian pengguna Xiaomi masih dipertahankan. Baterai tanam 3.350 mAh menjadi pemasok daya ponsel Android 8.1 Oreo dengan tampilan antarmuka MIUI 10 itu.

HSW menilai penampakan fisik Mi 8 Lite, terutama varian warna aurora blue, amat pantas disebut cantik, mewah, dan elegan. Gradasi warnanya memikat mata. Agar permukaan bodi belakang tak ternoda sidik jari, pemakaian case transparan sangat disarankan. Di paket penjualan Mi 8 Lite, Xiaomi telah menyertakan jelly case bening.

Kinerja kamera ponsel tergolong memuaskan. Ia sanggup menghasilkan foto yang relatif prima. Hanya kalah tipis atas Mi A2 yang, menurut HSW, memiliki performa kamera terbaik dibandingkan seluruh ponsel Xiaomi bergaransi resmi Indonesia yang pernah diuji pakai. Hasil jepretan kamera Mi 8 Lite mengungguli Redmi Note 5 dan Redmi Note 6 Pro.

Saat dipakai merekam video dalam kondisi bergerak dan melawan embusan angin, suara pengguna masih lumayan jelas ditangkap. Rekaman video bakal terlihat lebih stabil pada resolusi maksimal full HD 1080p. Sebab, pada resolusi tersebut fitur penstabil gambar akan berfungsi optimal.

Dalam pemakaian sehari-hari, Mi 8 Lite senantiasa terasa gegas. Perpindahan dari aplikasi satu ke aplikasi lain berlangsung mulus. Daya tahan baterai cukup memuaskan. Dengan perilaku pemakaian ala HSW, sekali diisi ulang sampai penuh, baterai bawaan ponsel itu bisa bertahan 14-16 jam.

Ponsel itu mendukung pengisian cepat Qualcomm Quick Charge 3.0. Bila dipadukan dengan charger yang kompatibel, tak sampai dua jam proses pengisian ulang daya baterai akan tuntas.

Saat ini harga ritel resmi Mi 8 Lite dipatok Rp3,699 juta. Dengan memperhatikan spesifikasi dan kinerja ponsel, harga itu sebetulnya masih tergolong rasional. Namun, seandainya tidak terburu-buru, HSW lebih menyarankan calon pembeli bersikap “tunggu dan lihat” dulu.

Mengapa? Sebab, Mi A2 yang hadir berdekatan dengan Mi 8 Lite dan harga jual awalnya sama-sama Rp3,699 juta telah mengalami koreksi harga. Pada 13 Februari lalu harga Mi A2 diturunkan menjadi Rp2,999 juta.

Logikanya, kalau ingin mendorong penjualan Mi 8 Lite, Xiaomi Indonesia juga mengoreksi harga ponsel itu. Misalnya, menjadi Rp3,199 juta. Kalau disamakan Rp2,999 juta lebih baik lagi sih. Setuju?

***

Berikut contoh foto yang dihasilkan kamera Mi 8 Lite.

Meskipun tanpa daging, mie kopyok sangat menggugah selera. Tambahkan karak yang diremas lalu ditaburkan ke atas hidangan. Slurrrpp….

Ada yang bisa menebak ini sate apa?

Menjajal mode portrait.

Berswafoto menggunakan kamera depan Mi 8 Lite.

***

Hasil rekaman video Mi 8 Lite dapat dilihat di YouTube.

***

Tangkapan layar Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, kondisi awal RAM, dan versi firmware yang digunakan saat uji pakai.

144 thoughts to “Review Xiaomi Mi 8 Lite: Edisi Sunat yang Sebaiknya “Ditunggu””

    1. Pak Hari,

      Alasan pastinya tidak saya ketahui. Namun, kalau diperhatikan, ponsel Xiaomi keluaran 2019 mulai dilengkapi inframerah lagi. Buat saya, hal itu merupakan kabar gembira. Sebab, fitur tersebut buat saya amat berguna.

      1. Pak Herry, make remote control xiaomi apakah harus tepat di depan TV?
        Saya nyoba pas di ngantri di tempat publik selalu gagal. Apa karena niat saya pengen ngisengin orang2?

        1. Pak Pram,

          Mohon maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Bapak.

          Tidak harus berhadapan lurus dengan TV yang akan dikendalikan. Pastikan pengaturan remote telah disesuaikan dengan merek TV-nya ya.

      2. Pak Herry, saya kan ada budget 3,5jt ingin membeli xiaomi redmi note 7 dengan alasan untuk main game dan fotografi tapi untuk jaga” jika tidak berhasil membeli hp tsb saya ada list untuk beli hp:
        1. Samsung M20
        2. Asus Max Pro M2
        3. Xiaomi Redmi Note 6 Pro
        dari list tersebut yg mana yg akan Anda blacklist serta apa alasannya? lalu apakah ada hp lain yg Pak Herry ingin rekomendasikan?
        Terimakasih

        1. Pak Arif,

          Buat saya, ponsel Samsung tipe apa pun langsung terkena tagar #SamsungCoret. Mengapa? Silakan membaca ini https://twitter.com/i/moments/1105038894934814720

          Di antara dua pilihan yang tersisa, cara memilihnya begini:
          * Kalau Anda lebih mengutamakan main game, ambillah Zenfone Max Pro M2.
          * Kalau Anda lebih mementingkan kamera, ambillah Redmi Note 6 Pro.

  1. Koh Herry, kalo boleh tanya. Dibandingkan dengan Asus Zenfone 5 mana lebih unggul untuk pemakaian sehari-hari di sektor kamera, kecepatan pengoperasian dan daya tahan baterai?
    Terima kasih

    1. Pak Iwan,

      * Kamera: lebih bagus Mi 8 Lite. Namun, perlu diingat kalau Zenfone 5 memiliki lensa sudut lebar yang dalam kondisi tertentu akan bermanfaat.

      * Kegegasan Mi 8 Lite unggul tipis. Namun, lagi-lagi Zenfone 5 memiliki “penebus dosa”, yaitu ketersediaan NFC.

      * Daya tahan baterai relatif imbang.

    1. Pak Jemi,

      Spesifik kamera unggul Mi A2. Namun, bila kita membicarakan kinerja keseluruhan, saya lebih condong ke Mi 8 Lite.

  2. dear koh hsw.. apakah koh hsw tau mengapa para tech youtuber, tech reviewer ataupun media kompak melakukan contra opinion para netijen tentang samsung yang overprice, malah mereka sepertinya kompak memberi label koh hsw tentara bayaran xiaomi hahaha..

    1. Pak Zulkarnaen,

      He… he… tak semua yang saya ketahui bisa saya ungkapkan kepada publik. Demikian sebaliknya. Hak mereka untuk bersikap, sebagaimana saya memiliki sikap berbeda.

      1. Pak, kenapa vivo gk mau mendatangkan lini terbaiknya (kayak nex S, trs yg dual screen itu) sementara Oppo aja berani datangkan find X yg harganya diatas 10jt ?

        1. Pak Deffrian,

          Mungkin Vivo menilai potensi pasarnya secara hitung-hitungan bisnis belum pas.

          Oppo saat itu tampaknya mencoba melakukan tes pasar. Hasilnya, setahu saya, tidak terlalu menggembirakan.

        2. Koh herry sy mau nanya bila kita punya anggaran 5 jutaan lebih ke pengalaman kamera yg bagus apakah membeli oppo F11 pro (kelas midle tp resmi) atau xiaomi mi8 (flagship walaupun distributor)? walaupun kedua duany Belum pernah direview .. Manakah yg koh herry rekomendasikan dpilih berdasarkan pengalaman kamera yg mumpuni ?

          1. Pak Gosbo,

            Buat saya, ponsel tanpa garansi resmi langsung coret. Jadi, ya tinggal F11 Pro deh.

        3. Om herry, antara mia2 yg sekarang sudah dikisaran 2,1 jutaan dengan mi 8 lite yg masih diatas 3 jutaan, mana yg lebih om rekomendasikan?

  3. Pak Herry, saya sekarang memakai Redmi Note 5. Sebenarnya kinerja ponsel tersebut masih memadai, tetapi saya sudah mulai bosan dan ingin ponsel dengan desain yang lebih cantik. Kalau ganti ponsel, lebih baik ke Mi 8 Lite, Zenfone 5, atau wait and see dulu sebentar (misalnya menunggu Redmi Note 7) ya?

    1. Pak Argha Premana,

      Mohon maaf karena baru hari ini saya bisa membalas pertanyaan Anda.

      Menurut saya, lebih baik “tunggu dan lihat” dulu. Sebab, kalau Anda beralih dari Redmi Note 5 ke Mi 8 Lite atau Zenfone 5, peningkatan yang dirasakan tidak terlalu banyak. Dalam hal tertentu malahan terjadi penurunan.

  4. Dear koh HSW,saya penasaran sama mi 8 series. Apakah menurut koh HSW di atas kertas kinerja mi 8 lite ini secara umum berbeda signifikan dengan mi 8 SE dan mi 8?
    Walau saya tahu bahwa kedua ponsel tsb tidak masuk resmi di Indonesia sehingga koh HSW tidak mungkin mereviewnya,tp saya minta pendapat secara terawangan saja.
    Terima kasih

    1. Pak Bagus,

      Mohon maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda.

      Mi 8 Lite ke Mi 8 SE seharusnya tidak terlalu signifikan. Kalau dengan Mi 8 akan signifikan.

    2. Dear Koh HSW
      Diantara semua produk Xiaomi yg sudah pernah kokoh review, Xiaomi tipe mana yg recording videonya paling bagus? Saya lagi cari hp yg recording videonya bagus utk nonton konser musik gt koh. Tp memang budget saya terbatas antara 3-4jt aja. Makasih koh

      1. Pak/Bu Sophia,

        Pocophone F1. Namun, karena anggaran Anda maksimal Rp4 juta, ya berarti cuma bisa dapat Pocophone F1 bekas.

  5. Pak herry maaf,mau minta masukan, rekomendasi hp sejutaan yg kameranya ud EIS atau OIS. Trimkasih sebelumnya.

    1. Pak Aka,

      Mohon maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda.

      OIS tidak ada. Kalau EIS, hmmm… saya tidak terlalu memperhatikannya. Zenfone Max Pro M1 sepertinya dibekali EIS. Varian 3/32 harga barunya Rp1,799 juta alias masih satu jutaan rupiah.

    1. Pak Diar,

      Mohon maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda.

      Kamera lebih unggul Mi A2. Untuk kinerja secara keseluruhan, Mi 8 Lite lebih menarik.

      1. Om, sy liat di yt kayanya mi a2 photos lbh gelap dan pucat lbh bgs warna mi8 lite. Apa yt nya Salah apa memang lbh natural mia2?
        Makasih

        1. Pak Roderick Alexander,

          Hasil foto Mi A2 memang relatif lebih natural. Perbedaan foto yang Bapak lihat mungkin dipengaruhi kondisi saat pemotretan. Kebetulan objeknya kan juga berbeda.

  6. Maaf Koh, sy mhn sekali2 mengulas kuliner ala2 pak Bondan jg ya.
    Keknya recommended semua nih kulinernya Koh Herry..heu heu

    1. Pak Gunawan Rooseno,

      Mohon maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda.

      He… he… saya nggak paham dengan masak-memasak, Pak. Sekadar mengenali bumbu pun tak mampu. Saya cuma tahu sangat enak, enak, kurang enak, atau tidak enak. Kalau almarhum Pak Bondan kan bisa mengenali bumbu, proses pengolahan, sampai sejarah suatu makanan.

  7. Dear Om Harry…
    Pujian buat Om, karena ulasannya itu lho enak di baca dan buat pertimbangan buat konsumen macam saya…
    Om kalo boleh tiap review di tambah hasil video dong Om, biar tambah lengkap ulasannya…
    Sekian dulu ya Om… Terima Kasih atas hasil-hasil reviewnya…

    1. Pak Dwi,

      Mohon maaf karena baru hari ini saya bisa merespons komentar Bapak.

      Om Harry siapa ya? Saya tak mengenalnya. 🙂

      Sejak beberapa bulan lalu, setiap review saya perkaya dengan contoh rekaman video yang bisa diakses di YouTube.

  8. koh herry, di artikelnya di selipi review ttg kuliner juga dong khususnya wilayah surabaya..hehehe

    sebagai selingan

    cuman usulan aja

    1. Pak xtmotog,

      Mohon maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Bapak.

      Diselipkan di keterangan foto atau bagaimana, Pak?

      1. Nah kan bnyk yg minta review dikit2 ttg kulinernya heu heu. Gara2 koh Herry ini sy jd mo cb mie kopyok jl. Tanjung nih

    2. Pak Herry,
      Ada rencana buat mereview smarphone Honor 8X pak? Soalnya saya lagi mempertimbangkan buat ambil merk ini. Trims. 🙂

        1. Jadi menurut bapak jika disuruh memilih antara Huawei Nova 3i dengan Honor 8X (mengingat keduanya memiliki spesifikasi yg mirip), mending ambil yg Huawei Nova 3i sajakah? Btw kualitas service center huawei indonesia menurut bapak sendiri bagus atau kurang? trims

          1. Pak FL26,

            Kalau pilihannya hanya dua itu, terpaksa ambil Nova 3i deh. Lha Honor masih horor.

            Pusat perbaikan resmi Huawei cukup bagus. Masalahnya di sini, menurut saya, Nova 3i kameranya kurang bagus. Namun, ponsel itu masih boleh dilirik oleh konsumen yang memerlukan memori internal besar.

  9. Pak Herry…. Saya adalah pengguna Redmi Note 5 dan saya merasa puas dengan hasil kameranya. Dengan selisih harga 1 jutaan, apakah hasil kamera MI 8 lite unggul signifikan atas Redmi Note 5 ? Terima Kasih Pak Herry…..

    1. Pak Rudy Susanto,

      Mohon maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Bapak.

      Tidak sangat signifikan. Kalau ingin yang lebih signifikan, dari Redmi Note 5 beralih ke Mi A2. Namun, daya tahan baterai Mi A2 tidak seawet Redmi Note 5.

  10. Selamat malam pak, semoga pak herry sehat selalu. Pertanyaan di luar topik pak. Menurut bapak untuk 5G berapa tahun lagi bisa diterapkan di Indonesia?

    1. Pak Purwoko Adhi Widhi Nugroho,

      Mohon maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Bapak.

      Amin. Terima kasih atas doanya.

      Menurut saya, layanan 5G paling cepat tersedia komersial di Indonesia pada akhir 2019. Peluang mundur jauh lebih besar.

  11. Pak, saya mau minta saran untuk hape budget maks 2 juta pas yg paling rekomen apa ya? Kamera tidak menjadi fokus utama, asal gegas saja pak. Kalo ada ram yg 4gb. Terima kasih pak HSW.

    1. Pak Afif,

      Mohon maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Bapak.

      Silakan melirik Xiaomi Redmi 6 4/64 atau Asus Zenfone Zoom S 4/64.

      1. Koh Herry, di mana beli Asus Zenfone Zoom S harga max 2 juta? Saya lihat di situs2 jualbeli, rata2 masih 3 jutaan…

        1. Pak Adi,

          Silakan cari di Tokopedia atau Bukalapak. Gunakan dua kata kunci: Zenfone Zoom S dan Zenfone 3 Zoom. Kemudian lakukan penyaringan berdasarkan harga.

  12. Pak Herry Yth…sebetulnya ponsel flagship dari Xiaomi itu seri yg mana? seri Mi Mix * àtau seri Mi * ? Kenapa tidak selalu masuk (resmi) ke negeri Kita? Apakah Mi 9 cukup layak ditunggu? Mungkin pak Herry bisa mengusulkannya bila layak….hehehe. Terima kasih banyak Pak ?

    1. Pak Kamdan,

      * Mi Mix (angka) dan Mi (angka) sama-sama termasuk flagship.

      * Saya menduga hitung-hitungan bisnisnya “tak masuk”, Pak. Sebelum memutuskan suatu tipe akan diedarkan resmi atau tidak, potensi pasar dan beragam faktor lain tentu harus dihitung. Untuk pasar Xiaomi, pasar kelas menengah-lah yang secara bisnis masih lebih menguntungkan.

  13. Pak herry
    kemungkinan besar kan
    jaringan 2G akan di hapus.

    Kira kira nanti apa ada hp model
    candy bar yang jaringan nya sudah 3G?

    Kalau jaman dulu kan ada
    nokia n70, n78, e52, e72, dsb

    Kalau ada saya sangat ingin
    membelikan buat ortu saya om

    1. Pak Nouvan,

      Sampai detik ini belum ada keputusan 2G dihapus. Jadi, nggak perlu bingung mencari ponsel pengganti dulu deh.

  14. Setelah melihat review mi 8 lite ini apakah koh Herry setuju bila hasil kamera poto vivo v11 pro lebih baik dari mi 8 lite dan hasil video mi 8 lite lebih baik dari v11 pro yg geter2 ?? Kebetulan saya sekarang memakai v11 pro akibat racun dari Ponsel.com ?

  15. Apakah di akhir Maret ini harga Mi 8 lite bakal bisa di bawah 3 juta seperti mi a2?
    Perlu menunggu, apa langsung beli aja?

    1. Pak Leno,

      Tak tahu. Saya pribadi berharap Xiaomi mengoreksi harga jual Mi 8 Lite. Sebab, teman seperjuangannya (Mi A2) sudah turun harga.

  16. Koh herry mau tanya beda dari Xiaomi note 5 dan Xiaomi note 5 pro apa ya?

    Kalau misal koh herry disuruh memilih lebih memilih mi a2 lite atau redmi note 5?

      1. Maksud saya redmi note 5 dan redmi note 5 pro, apakah hanya bahasa marketting saja atau julukan redmi note 5 pro adalah untuk yang versi 4/64?

        1. Pak Rian Permana,

          Redmi Note 5 Pro tidak beredar resmi di Indonesia. Jadi, ya langsung coret saja deh.

          Yang beredar resmi di sini Redmi Note 5. Redmi Note 5 varian 4/64 dan 6/64 tetap disebut sebagai Redmi Note 5.

          1. Berarti ponsel xiaomi redmi note 5 pro itu benar-benar ada koh? Dan berbeda dengan xiaomi redmi note 5?

  17. Pak Herry SW,semoga sehat selalu.
    Pak Herry saya mau tanya,apakah redmi note 5 AI varian 4/64 di tahun 2019 ini masih layak dibeli ? Rekomendasi ponsel apa di rentang harga yang sama dengan Redmi note 5 AI varian 4/64 ?

  18. Salam Bang HSW..

    Apakah semua ponsel xiaomi yang pakai MIUI, sekarang terdapat iklan?
    Apakah Mi A1, Mi A2, Mi A2 lite tidak ada iklan?
    Karena menurut saya, iklan itu tidak dapat dihilangkan permanen dan sangat mengganggu.

    Terima kasih…

    1. Selamat malam pak, bila di bandingkan dengan nokia 6.1 plus dan zenfone 5 dari selain dari segi kamera, lebih merekomendasikan yang mana? Terima kasih

        1. Pak Herry, nokia 8 apa masih layak beli dengan kondisi 2nd dan masih grs resmi seharga 3,3jt? Dengan mengutamakan kegegasan dan fitur yang komplit apa ada pilihan gawai lain dengan budget 3jt?

          1. Pak Dewa,

            * Kalau harga segitu sih sangat tidak layak. Rajin-rajinlah memantau promo di situs belanja daring (online). Ponsel itu berkali-kali ditawarkan dengan harga maksimal Rp3,5 juta kok.

            * Xiaomi Redmi Note 5, Mi A2, dan Asus Zenfone Max Pro M1 maupun Zenfone Max Pro M2 boleh dipertimbangkan.

  19. Dear Pak Herry,

    Saya sekarang menggunakan ponsel Xiaomi Redmi Note 5 dan sedang berpikir untuk ganti ke ponsel lain.
    Budget saya kira-kira 3 jutaan, apa Pak Herry mempunyai rekomendasi di sekitaran harga tersebut? Saya tertarik untuk membeli Nokia 6.1 Plus namun masih bimbang
    Mohon pencerahannya Pak, terima kasih

    1. Pak Akbar,

      Kalau dari Redmi Note 5 Anda beralih ke Nokia 6.1 Plus, malahan akan terasa ada penurunan lho.

      Saran saya, lebih baik bertahan dulu di Redmi Note 5 sambil menunggu pergerakan pasar sampai awal April 2019.

  20. Koh Herry saya mau minta rekomendasi smartband harga di bawah 1 juta.. Honor band 4 atau Mi band 3?.. Atau ada merk lain lagi yg bagus?
    Terimakasih

    1. Pak/Bu Aini Budi,

      Saya tidak berani memberikan rekomendasi karena sudah lama belum menguji pakai smartband lagi.

  21. koh saya punya dana 1.2jt mau beli ponsel android. rekomendasi ponsel untuk harga segitu apa ya? untuk kebutuhan daily aja

    1. Pak Wahyu,

      Ada dua pilihan yang secara umum sama-sama cukup oke di rentang harga segitu. Yaitu, Asus Zenfone Live L1 2/16 Rp1,099 juta dan Xiaomi Redmi 6A 2/16 Rp1,199 juta.

  22. Pak Herry, saya mau tanya
    Sejak rilis global kemarin, Redmi Note 7 versi garansi distributor alias tidak resmi sudah dijual di toko HP di kota saya. Harganya sekitar 3,2 jt untuk seri 4/64. Untuk versi resmi yang akan masuk di Indonesia apakah ada kemungkinan harganya lebih rendah??
    Terima kasih

  23. Selamat sore Koh Herry, saya ingin bertanya

    Apakah Nokia 1 (1/8 GB) beredar resmi di Indonesia?

      1. Apakah koh Herry akan melakukan uji pakai Redmi Go?

        Saya tertarik meminang diantara Redmi Go atau Nokia 1 sebagai ponsel kedua.

  24. Om herry saya boleh minta rekomendasi antara xiaomi redmi note 5 sama xiaomi mia1 yang recomend yang mana menurut om herry sw? RAM nya yang sama 4GB om.
    MIA1 udah android Pie dan bebas iklan.
    Kalau perbandingan kamera sama performa nya bagaimana om ?
    Terima kasih

  25. Pagi koh, mohon rekomen hp ,xiaomi dibawah × jt. Garansi resmi, gegas, baterai tahan lebih dr 14 jam penggunaan sosmed dan sedikit game

      1. Pak Dimas Jak,

        Oh di bawah Rp1 juta. Belum ada yang berani saya rekomendasikan. Hanya ada satu ponsel Xiaomi yang harga barunya kurang dari Rp1 juta. Yaitu, Redmi Go. Namun, saya belum pernah mencobanya.

  26. Dengan harga yg mirip lebih mending mana antara Mi8 Lite dan Zenfone 5? untuk kamera bagusan mana? terima kasih

    1. Pak BungKris,

      Kalau Anda memerlukan NFC dan kamera dengan lensa sudut lebar, ambillah Zenfone 5.

      Kalau Anda tidak membutuhkan dua hal di atas, silakan melirik Mi 8 Lite.

      Menurut saya, secara umum kamera Mi 8 Lite lebih bagus.

  27. Kalau dilihat harga mi 8 lite dengan Xiaomi mi A2 yg cuma terpaut 300rb mending pilih mana om ?

    diantara kedua hp ini apakah ada perbedaan yg signifikan ? thanks

    1. Pak Rudy,

      Terpaut Rp300 ribu? Boleh tahu Anda mendapatkan Mi 8 dan Mi A2 dengan harga masing-masing berapa? Sebab, setahu saya, saat ini harga jual dua ponsel itu berbeda jauh. Kalau hanya berbeda Rp300 ribu, saya lebih condong ke Mi 8 Lite.

      Dua ponsel itu bak saudara kembar, tetapi tidak identik.

  28. Koh herry apakah semua smartphone xiaomi suara pecah untuk rekam konser atau hanya seri redmi saja,?

  29. Ko mau tanya, sudah pernah coba xiaomi redmi note 7 gak? Yg skrng baru lounching di lazada di harga 2700rb ram 4/64
    Dari segala aspek, performa, kamera, batre, pilih xiaomi redmi note 7 ato mi8 lite, makasih

  30. selamat sore koh Heri, saya ada rencana beli mi 8 lite, apakah dalam waktu dekat ada penurunan harga juga seperti mi a2?

    1. Pak Rizki,

      Belum tahu. Saran saya, bila berminat membeli Mi 8 Lite, lebih baik mengambil posisi “tunggu dan lihat” dulu.

  31. Koh herry, saya ingin membeli hp, paling tidak untuk bisa dipakai selama 2 tahun. Saya tidak main game besar dan berat. Tapi selain aplikasi medsos, saya butuh menginstall beberapa aplikasi untuk keperluan saya. Kira-kira untuk hp dengan ROM 32gb masih mencukupi? Atau sebaiknya ROM 64gb saja?

    1. Pak Aang,

      Kalau anggaran tak masalah, carilah yang minimal dibekali RAM 4 GB, ROM 64 GB, dan prosesor Snapdragon 660.

  32. Om Herry, mau tanya:
    1. Saya ada rencana meminang Nokia 6 karena tertarik build qualitynya, untuk sekarang apakah masih layak beli om?
    2. Apakah Redmi note 5 (new) masih mudah di jumpai di pasaran?
    3. Untuk saat ini dengan anggarak max 1.7 juta, gawai apa yang layak dipinang dengan asumsi baterai besar, procesor snapdragon.
    4. Dikelas yang sama, lebih baik pakai snapdragon atau mediatek om?
    5. Apakah lenovo sudah tidak eksis lagi di indonesia om?
    Trima kasih

    1. Pak Damar,

      1. Tidak. Spesifikasinya sudah ketinggalan.

      2. Masih.

      3. Asus Zenfone Max Pro M1 3/32 Rp1,599 juta.

      4. Kalau harga relatif sama juga ya mending Snapdragon.

      5. Divisi ponsel/mobile di Lenovo Indonesia sudah almarhum. Ponsel Lenovo kini ditangani oleh perusahaan lain yang, menurut saya, kurang meyakinkan.

  33. Pak saya mau bertanya, cuma saya bingung di forum apa..

    apakah dalam waktu dekat ini ada release Xiaomi pocofone 2, Asus Zenfone Terbaru, atau bahkan Produk Nokia terbaru ?

    sebenarnya saya lbih suka produk yang jarang dipake sama orang lain, jdi terkesan seperti limited edition,
    saya melirik ke arah Nokia..
    hanya saja entah kenapa produk nya gak masuk ke Indonesia,
    padahal di luaran sudah ada 2-3 produk baru merk Nokia..

    apakah ada bocoran pak kira2 nokia bakalan realease produk baru di bulan2 dekat ini?

    1. Pak Uka Ong,

      * Belum ada kabar resmi.

      * Nokia kan beredar resmi di Indonesia, Pak.

      * Ya. Tampaknya begitu.

  34. Selamat malam, Pak Herry.

    Mohon pencerahan bedanya Mi 8 pro dan explorer apa pak?

    Ohya jika sampai saatnya Mi 8 explorer atau bahkan Mi 9 explorer tdk dijual di Indo, dimana saya bisa beli produk tsb ROM global yg tokonya dapat dipercaya? Ada rekomen Pak Herry?

    1. Pak Fahmi,

      Kebetulan dua ponsel itu pasti tanpa garansi resmi. Maaf, saya tidak bersedia menjawabnya. Sebaiknya hanya membeli ponsel yang bergaransi resmi, Pak.

  35. Malam pak Herry..
    Mau tanya, maaf oot, lebih baik yang mana : Redmi Note 6 Pro varian 4/64 atau kah Redmi Note 5 Al varian 4/64?
    Sy cek saat ini harga keduanya di varian tsb kuranglebih sama.
    Tks.

    1. Pak Rio,

      Redmi Note 6 Pro unggul di kamera depan. Namun, saat digenggam tidak seenak Redmi Note 5.

      Redmi Note 5 lebih enak digenggam. Namun, kamera depannya kalah tipis dibandingkan Redmi Note 6 Pro.

  36. Pak Herry, ada teman saya minta rekomendasi Android nih. Dia punya uang 3.5 juta (masih bisa nambah dikit), dia pengen punya hape yg tidak lemot, batrenya besar (minimal 4000mah) dan ada NFC nya. Kira2 ada rekomendasi Pak? Saya sudah coba tawarkan nokia 3.1 plus, tapi dia belum yakin dengan nokia yg sekarang ini…

  37. Pak Herry SW, mau tanya
    1. Untuk saat ini apakah servis center resmi Infinix masih bagus, terutama di jogja?
    2. Rencana mau beli gawai loe end Infinix Hot 6 pro, dibandingkan gawai sekelas (asus zenfone live L1 dan Redmi 6a) lebih bagus mana pak?
    3. Adakah gawai yang setara dengan Asus Zenfone Max Pro M1 (3/32) di rentang harga yang sama (1.6 juta) selain merk Asus?
    4. Di Jogja, gawai merk apa yang pelayanan servis nya paling baik berdasarkan urutan?
    5. Kenapa harga Oppo A7 dengan (hanya) processor Snapdragon 450 dijual 2.6 juta, padahal redmi 5 dengan procesor yang sama hanya dijual 1.6 jutaan?

    Trima kasih

    1. Pak Damar,

      1. Tak tahu. Saya perhatikan masa depan Infinix di Indonesia semakin tak jelas nih.

      2. Tak tahu. Saya tak pernah mencoba Hot 6 Pro.

      3. Xiaomi Redmi 6 3/32.

      4. Kalau spesifik Jogja saya tak tahu.

      5. Strategi pemasaran, termasuk penetapan besarnya keuntungan, masing-masing ponsel kan berbeda, Pak.

  38. ko Herry, saran dong antara Redmi note 7, Mi 8 lite ata Redmi Note 6 Pro … Saya suka fotografi dan main game berat juga…

  39. Pak HSW
    Hasil foto kamera lowlight kalau 4 hp ditandingkan dan diurutkan dari yang terbaik seperti apa ya?

    Mi A2
    Mi 8 Lite
    Redmi Note 7
    Redmi Note 5

  40. Dari segi kamera, performa, dan daya baterai, menurut pendapat pak Herry, lebih bagus mana antara Mi 8 Lite dan Redmi Note 7?

    1. Pak Aris,
      * Kamera belakang: imbang.
      * Kamera belakang dalam kondisi minim cahaya: lebih bagus Redmi Note 7.
      * Kamera depan: Mi 8 Lite.
      * Performa umum: relatif imbang.
      * Daya tahan baterai: Redmi Note 7.

  41. Mi8 lite diskon 2.8jt per tanggal 1-5 mei 2019… Apakah harga tsb menarik mengingat redmi note 7 2.6jt dengan spesifikasi yang lebih menarik (batere, gorilla glass depan belakang, 3.5 mjack, IR blaster) walaupun harus sabar menunggu stok banyak? Apakah mi8 lite harga diskon tsb ada kekurangan (pengalaman teman beli miA2 harga diskon, saya lihat hasil fotonya tidak sesuai sebagian besar foto bokeh nya tidak rapi)

    1. Pak Nofri,

      * Kalau Anda bisa menemukan Redmi Note 7 dengan harga normal, Mi 8 Lite tidak menarik. Namun, kalau Anda kesulitan mendapatkan Redmi Note 7 dengan harga normal, Mi 8 Lite dengan harga segitu tergolong menarik.

      * Tidak. Sama saja kok. Unit yang dijual sama-sama baru dan bergaransi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *