Review Xiaomi Mi A1: Diminati Konsumen, Dicintai Penjual

Ponsel Xiaomi identik dengan tampilan antarmuka MIUI. Di kala banyak pengguna menyukai MIUI, karena berbagai alasan sekelompok pengguna ponsel justru menghindarinya. Mereka mengaku tertarik menjajal ponsel Xiaomi, tetapi enggan bersentuhan dengan MIUI.

Xiaomi Mi A1 menjadi jawaban. Ponsel yang termasuk seri Android One itu tidak mengadopsi MIUI, melainkan memakai stock Android. Jadi, bagi para penolak MIUI, tak ada alasan lagi untuk tidak membeli ponsel Xiaomi deh. Apalagi, mengacu kepada hasil uji pakai yang dilakukan penulis alias HSW, secara umum Mi A1 pantas disebut sangat memuaskan di kelasnya.

Sebagai ponsel dengan stock Android atau sering HSW juluki Android polosan, aplikasi bawaan Mi A1 minim bloatware. Hanya ada sederet aplikasi standar Google. Tak lama usai dinyalakan, ponsel akan menawari pengguna mengunduh aplikasi Mi Remote.

Tawaran tersebut sebaiknya tidak ditolak. Sebab, dalam aktivitas sehari-hari Mi Remote terbukti bermanfaat. Dipadu dengan inframerah di sisi atas bodi ponsel, aplikasi itu bakal berfungsi sebagai pengendali jarak jauh nirkabel (remote control). Aneka merek televisi, misalnya, dapat dikontrol langsung via Mi A1.

Kamera utama berlensa ganda menjadi fitur unggulan Mi A1. Xiaomi menyebutnya flagship dual camera. Pasalnya, kamera Mi A1 mengadopsi kamera Mi 6 yang termasuk jajaran ponsel flagship. Kamera itu terdiri atas lensa normal (Xiaomi menyebutnya lensa wide) 26 milimeter dengan bukaan f/2,2 dan lensa tele 50 mm f/2,6. Dengan konfigurasi tersebut, tak salah kalau Xiaomi mengklaim kamera Mi A1 dibekali kemampuan 2x optical zoom.

Kamera ganda di bagian belakang ponsel itu mampu menghasilkan foto beresolusi maksimal 12 megapiksel. Kalau difungsikan sebagai perekam video, kamera utama Mi A1 siap memproduksi klip video beresolusi 4K alias 3.840 x 2.160 piksel.

Tersedianya mode portrait mempermudah pengguna menciptakan efek bokeh. Objek utama pemotretan terlihat tajam, sedangkan latar belakangnya tampak kabur nan artistik. Mode portrait idealnya dipakai untuk memotret manusia. Meskipun demikian, mode itu bisa pula digunakan mengabadikan benda mati.

Ada pula pilihan mode manual. Beberapa parameter pemotretan, antara lain, white balance, kecepatan rana, dan ISO dapat diubah secara manual. Pengguna dapat mengatur kecepatan rana alias shutter speed alias exposure time selama minimal 1/1.000 detik dan maksimal 1/15 detik. Sedangkan ISO mulai 100 sampai 3200.

Beralih ke kamera depan. Kamera tanpa fokus otomatis maupun lampu kilat itu sanggup menghasilkan foto beresolusi hingga lima megapiksel. Klip video yang mampu direkamnya maksimal beresolusi full HD 1080p.

Menurut HSW, secara umum performa kamera utama Mi A1 pantas disebut bagus. Efek bokeh yang dihasilkan tergolong natural, meskipun tak bisa dipungkiri sesekali tampak kurang akurat. Bagian yang seharusnya ikut di-blur ternyata masih tajam atau sebaliknya.

Kinerja yang bertolak belakang terjadi dengan kamera depan. Kala dipakai berswafoto di luar ruangan dengan pencahayaan sangat ideal, foto yang dihasilkan memang cukup bagus. Namun, ketika digunakan memotret di dalam ruangan, kualitas foto yang diproduksi kamera depan Mi A1 merosot signifikan. Padahal, cahaya lampu di lokasi pemotretan sebenarnya memadai.

Layar IPS 5,5 inci beresolusi full HD 1.920 x 1.080 piksel dengan Corning Gorilla Glass 3 dan prosesor delapan inti (octa core) Qualcomm Snapdragon 625 MSM8953 2 GHz merupakan sebagian spesifikasi lain Mi A1. Ada pula Wi-Fi, bluetooth, GPS, Miracast, dan penyaring panggilan telepon masuk. Ponsel yang mendukung USB On-the-Go (USB OTG) itu menggunakan konektor charger USB tipe C.

Kombinasi RAM 4 GB dengan ROM 64 GB membuat kapasitas memori Mi A1 pantas disebut lumayan lapang. Saat ponsel baru diaktifkan untuk kali pertama, sisa memori internal mencapai 50 GB. Kurang besar? Selipkan saja kartu microSD ke selot yang tersedia.

Asal tahu, selot kartu di Mi A1 menganut prinsip 3-pilih-2. Mustahil memasangkan dua kartu nano SIM dan satu kartu microSD secara bersamaan. Pengguna wajib memilih akan menyelipkan sepasang nano SIM atau satu nano SIM plus satu kartu microSD.

Bila pengguna menyelipkan dua nano SIM, keduanya bakal siaga bersamaan. Nomor yang digunakan berinternet, tak peduli berada di selot SIM1 atau SIM2, leluasa berkelana ke jaringan 4G LTE, 3G, maupun 2G. Sedangkan satu nomor lainnya bebas berpindah-pindah ke jaringan 3G dan 2G.

Selama menguji pakai Mi A1, HSW pernah memakai ponsel itu untuk menikmati layanan 4G LTE Telkomsel, XL, Indosat, dan Smartfren. Khusus Smartfren, pengguna perlu membuat profil koneksi baru secara manual agar bisa mengakses layanan internet. Ketikkan smartfren4g di baris APN, lalu smartfren di baris username dan password. Itu saja.

HSW menilai ponsel berdimensi fisik 155,4 x 75,8 x 7,3 mm dan berat 165 gram itu secara umum memuaskan. Enak dipandang (sepintas mirip iPhone 7 Plus ha… ha… ha…), nyaman digenggam, dan gegas dalam operasional harian.

Dengan perilaku pemakaian ala HSW, baterai tanam 3.080 mAh Mi A1 rata-rata mampu memasok daya selama 14 jam. Mi A1 belum mendukung standar pengisian daya Qualcomm Quick Charge 2.0 atau 3.0, tetapi masih sanggup menerima masukan daya hingga dua Ampere.

Keluhan HSW terhadap ponsel itu hanya dua. Pertama, tidak tersedia gesture atau tombol virtual untuk memadamkan sekaligus mengunci layar tanpa menekan tombol power. Kedua, di mode portrait, kamera Mi A1 lumayan berani bermain ISO tinggi. Untunglah foto yang dihasilkan tak sampai terlihat kasar.

Peduli dengan pembaruan versi sistem operasi? Sekarang Mi A1 menggunakan sistem operasi Android 7.1.2 Nougat. Google memastikan tahun ini Mi A1 akan memperoleh pembaruan ke Android O. Kelak, bila Android P telah dirilis, Mi A1 bakal menjadi deretan ponsel pertama yang dapat menikmatinya.

Ketika ulasan ini HSW ketikkan, Mi A1 telah beredar resmi di Indonesia dalam dua pilihan warna: hitam dan emas. Percayalah, hitam lebih bagus. Harga ritel resminya dipatok Rp 3,099 juta.

Antusiasme konsumen yang amat tinggi membuat persediaan Mi A1 di gerai penjualan resmi, baik Authorized Mi Store maupun Erafone, cepat habis. Penjualan cepat secara daring (online) yang telah dua kali digelar di Lazada, 2 Oktober 2017 dan 10 Oktober 2017, senada seirama. Dalam tempo singkat seluruh stok ludes tak bersisa.

Semata-mata karena mekanisme pasar, toko-toko ponsel yang mempunyai stok Mi A1 tanpa ragu menawarkan ponsel itu lebih mahal. Mi A1 hitam dijual Rp 3,25 juta sampai Rp 3,3 juta, sedangkan Mi A1 emas lebih murah Rp 50 ribu.

Jadi, kalau naskah review ini HSW beri judul “Diminati Konsumen, Dicintai Penjual”, Anda kini sudah paham maksudnya, bukan?

***

Inilah contoh foto yang dihasilkan kamera Mi A1. Semua dijepret memakai mode otomatis dan tanpa mengaktifkan lampu kilat, kecuali disebutkan khusus. Olah digital yang dilakukan hanya resize foto dan kompresi ukuran file.

Seperti apa perbedaan area tangkapan lensa normal dan lensa tele di Mi A1? Ini contohnya.

Dimulai dengan memotret objek memakai lensa normal. Mungkin untuk mempermudah komunikasi kepada konsumen, Xiaomi menyebutnya lensa wide.

Tanpa mengubah posisi berdiri, objek yang sama kini dijepret HSW menggunakan lensa tele.

Sekarang saatnya menjajal mode portrait.

Satu foto di bawah ini dijepret menggunakan kamera depan.

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

136 thoughts to “Review Xiaomi Mi A1: Diminati Konsumen, Dicintai Penjual”

  1. Pak Herry,
    Karena awal mulanya adalah perbandingan kamera, sementara di pertengahannya ini tidak ada penyebutan utk saingannya..
    Apakah saya benar jika pada review Motorola Moto G5s plus akan ada sedikit-banyak perbandingan dengan Xiaomi Mi A1 ini..?
    Karena tentu tidak lengkap jika hanya kameta saja kan pak..
    Terimakasih

  2. Saya salah satu yang suka dengan Mi Devices tapi ga suka dengan MIUInya, dengan adanya android one ini bagaikan mimpi jadi kenyataan. Mi devices dengan plain android, kapan lagi? Hehehehehe….
    Saat Flash sale awal beruntung dapet 1 pcs warna hitam, namun karena satu lain hal saya tunda unboxing.
    Unit ke-dua dapat di erafone warna gold, warna emasnya menurut saya oke sih, beda dengan unit pertama, karene kebijakan toko maka unboxing dilakukan di depan saya, akhirnya sempet incip² deh dan sesampainya di rumah langsung handover ke istri hahahahaha….
    Nah ini unit ke-3 ikutan pre-order di salah satu online store dengan harga sama, akhirnya datang juga dan tanpa ba bi bu langsung unboxing dan change devices hehehehe….
    Nah sampai saat itu unit pertama masih juga belum unboxing, karena ada salah satu sohib yang berkeinginan sama namun di tolak saat flash sale pertama, saya ga tega kalau harus unboxing duluan, sehingga saya menunda unboxing unit pertama, nah saat unit ke-3 sudah di tangan sohib saya akhirnya menukar unit pertama saya dengan ikhlas, dan akhirnya semua senang bisa unboxing bareng².

    Lho koq malah curhat disini ya? Mohon di maafkan, curhatan ini semata² karena merasa bahagia menemukan Mi devices tanpa MIUI.

    1. Pak Bayu Ferdinata,

      Wah… seru banget ceritanya. Saya sempat berhasil memesan satu unit dari Lazada. Namun, sekitar setengah jam kemudian pesanan saya ditolak. 🙁

      Menurut saya, yang paling bagus Mi A1 warna hitam. Berikutnya, rose gold yang cenderung ke pink. Sayang varian warna rose gold saat ini belum tersedia.

  3. sama banget Pak Herry,

    Gara-gara ngeliat toko2 jual di atas harga resmi, saya jadi ikutan flash sale deh.

    Hehe …

    Padahal pengennya yang bisa quick charging kayak moto g5s plus.

    Oh iya, pernah perhatiin lama waktu pengisian daya-nya pak? Misal dalam 30 menit tambah berapa, 1 jam tambah berapa.

    Nuhun
    diki septerian

  4. Om sorry OOT, apakah iphone 6 32gb yg dijual oleh ibox masih worth untuk dibeli? Mengingat harganya yg lagi murah dan garansi resmi. Terima kasih

  5. Menurut pak herry, dengan mengesampingkan update os dan kamera, apa keunggulan mi a1 dibanding redmi note 4 64gb?

    Lalu jika dengan harga sama, mana yg lebih patut dipinang, asus ze552kl atau mi a1? Alasannya?

    Thanks.

    1. Pak Rido,

      Keunggulan utama Mi A1 atas Redmi Note 4 4/64, menurut saya, terletak di kamera. Karena poin itu Anda minta diabaikan, ya habis deh.

      Bergantung kebutuhan Anda.
      * Kalau sering merekam video dan mengutamakan daya tahan baterai, ambil ZE552KL.
      * Kalau lebih sering memotret dan sesekali perlu remote control, ambil Mi A1.

      Btw, ZE552KL baru dan bergaransi resmi apakah bisa diperoleh dengan dana Rp 3,1 juta?

  6. Saya sempat lihat review ini di gadgetin dan di putu reza, hasil perekaman suaranya ketika merekam video, kurang bagus. Suaranya cenderung pelan dan sering distorsi. Komen Pak Herry sendiri bagaimana, mengenai perekaman audio nya?

      1. Unlock bootloader aja mas, trus install custom ROM AOSP based. Banyak kok developernya kalau Xiaomi hehe Saya dari zaman sering experiment pakai Redmi 1S, Redmi 2, Mi4i, Redmi 2 Prime memang pakainya malah lebih sering custom ROM AOSP based (CM ato Mokee) daripada MIUI hehe Apalagi untuk Redmi 2 salah satu developer custom ROM nya justru orang Indonesia. Hardware Xiaomi + Custom ROM AOSP based biasanya malah lebih smooth daripada MIUI yg sudah terkenal memang boros resource.

  7. Om Herry,

    Pertanyaan masih sama, overall lebih bagus mana dengan Moto G5s Plus? hehehe..
    Wah kalo lock harus pake tombol power kayaknya kok cukup mengganggu ya ko.. ketuk-ketuk layar tidak ada kah?

    1. Pak Meme,

      Masih lebih bagus hasil jepretan kamera Mi 6. Hasil pemotretan di lokasi terang sih relatif tak terasa bedanya. Namun, kala dipakai memotret di lokasi temaram, terlihat foto yang dihasilkan Mi 6 lebih bagus.

  8. Dear Om HSW,
    Dari performa kamera, jika dibanding hasil foto Huawei P9 Lite mana yang lebih baik?
    Dan apakah Mi A1 memiliki semua fitur yang ada di P9 Lite?

    Terima kasih

  9. Om HSW,kamera belakang mi A1
    Vs g5s plus menurut om bagus mana?
    MiA1 apa ada oisnya?
    Secara keseluruhan om pilih mana
    MiA1 sama g5S plus?
    Pendapat om.mengenai dxomark
    Kalau scorenya tinggi apa kualitas fotonya lebih bagus pendapat om gimana?

  10. Kok kayaknya pak HSW agak agak terasa mengunggulkan MiA1 banget ya?
    Ada yang aneh kali ini dengan pak HSW ?
    Semoga cuma perasaan saya.
    Terimakasih pak HSW salam.

    1. Bandingkan note 4 resmi ram4GB dong pak. Lebih murah baterai SoT screen on time tahan sampai 11 jam (pengalaman pribadi)
      game 1 jam + youtube 2jam + WA Line lengkap aktif.

      1. Pak Fans pak herry,

        Pasar sasaran Redmi Note 4 (bukan Note 4) dengan Mi A1 berbeda. Redmi Note 4 untuk yang mengutamakan baterai, sedangkan Mi A1 untuk yang menomorsatukan kamera.

  11. Saya sempat dapat waktu flash sale pertama lalu, cuma warnanya kebagian yang gold saja, menurut saya ponsel ini memang pilihan untuk rentang harga 3 juta lebih sedikit.

  12. Bung Herry,untuk pembelian HP Xiaomi garansi resmi (Redmi 4A) secara offline,apa ada selain di Erafone. Misalnya di G Shop atau Apollo di WTC Surabaya. Terima kasih.

    1. Pak Tri Firmansyah,

      Ada. G Shop dan Apollo yang Anda sebutkan itu juga menjual ponsel Xiaomi bergaransi resmi kok.

  13. Ada info bahwa Xiaomi Mi A1 ini jadi test pasarnya Xiaomi sebelum membawa produk yg lebih mahal atau flagship masuk pasar Indonesia. Kalau produk dgn harga 3.099 jt laku keras maka Xiaomi yakin untuk naik kelas ke rentang harga yg diatasnya lagi. Akhir 2017 katanya, menarik untuk dinantikan.. Setuju Pak Herry?.. ?

  14. nyari di erafone, pegawainya bilang stok cuma ada 15 dan semua pesanan orang, aneh betul

    jadinya tanggal 10 kemarin ikut penjualan cepat di toko daring, untung kebagian

    ada selentingan kabar yang beredar bahwa meski mengadopsi dual kamera ala Mi6, tapi sensor kamera yang digunakan jauh berbeda

    mungkin itu sebabnya di tiap iklan Mi A1 tidak pernah disebutkan sensor Sony IMX seperti milik Mi6 CMIIW

  15. Sore pak hsw, mau tanya, menurut bapak, masih layakkan beli asus zenfone 2 lasser 2 gb ram dan rom 16? Mengingat budged hanya 1,5 jt?

    1. Bu Nanana,

      Dengan memperhatikan anggaran Anda, masih boleh dibeli. Btw, Zenfone 2 Laser kan? Kalau Zenfone 2 Lasser, saya tak pernah tahu. 🙂

  16. Pak HSW mau tanya. Apakah tidak masalah kalau mecabut label imei yg dibelakang itu dari HP nya?

    Yg ada tulisan “untuk menjaga hak pasien, harap jangan menjaga keutuhan label ini”

    1. Pak Hadrian,

      Tak masalah. Silakan dicopot, trus Anda tempelkan di kardus ponsel.

      Btw, serius tuh tulisannya “menjaga hak pasien”? Di ponsel saya tulisan yang tercetak “melindungi hak-hak konsumen”.

      1. Oke om HSW.
        Hahaha. Maaf kebawa bawa, lagi di tempat kerja.

        Oiya satu lagi om,
        Untuk yang mendaftarkan imei agar w menjadi 15 bulan di website mi indonesia, itu tidak harus dihari yang sama saat pembelian HP nya kan? Saya lupa daftarinnya, sudah lewat beberapa hari.

        1. Pak Hadrian,

          He… he… berarti Anda bergerak di bidang kesehatan ya.

          Tidak harus di hari yang sama. Malahan saya dapat informasi dari beberapa pengguna, mereka kesulitan melakukan registrasi.

  17. Mantap bang hp nya.
    Sayangnya kemarin saya dapat yg warna gold.
    Oh iya pak ada rekomendasi aplikasi dual apps yang menurut bapak paling ok.

  18. Pak Herry,
    Dari hasil jepretan kamera, dibanding dengan Redmi Note 4 4/64, apakah selisih harganya cukup layak untuk ambil Mi A1 ini? Tanpa mempertimbangkan ketahanan baterei.
    Terima kasih.

  19. Malam Koh Herry.
    Jika dibandingkan antara Xiaomi Mi A1 ini dgn Moto G5S Plus dari sisi performa & speed, manakah yg lebih baik? Apakah di Mi A1 masih terjadi lag ketika menjalankan aplikasi / game yg berat? Terimakasih Koh.

  20. Koh herry
    Apakah Asus Zenfone 3 ze520kl masih layak dibeli di tahun ini ?

    Kalau mengabaikan hasil kamera, koh Herry pilih Asus Zenfone 3 atau Xiaomi mi A1 ?

    1. Pak Altair,

      Mi A1 dong. Selama memakai ponsel itu, ia selalu terasa gegas. Sedangkan Q6 saat saya gunakan berkali-kali nge-lag.

      Mi A1.

  21. Pak Harry, tanya pak harry..
    a. dari segi kamera baik bagus mana antara zenfone 3 dengan mi A1?? dari segi kamera belakang, kamera depan, dan low light..
    b. untuk penggunaan sehari2 enak mana pak antara Zenfone 3 dan mi A1??
    c. ada rekomendasi utk ponsel 3 jutaan selain miA1? prefer kamera, kenyamanan (gegas+tidak panas), batere

    terimakasih pak harry

  22. Dan jg setiker imeinya udah agak pudar tapi terlihat jelas no serinya. apa masih berlaku.? krna saya baru beli hp baru. trm sblmnya..

  23. Pak HSW, kalau dari segi kegegasan ponsel untuk multitasking, lebih gegas mana antara Redmi Note 4 3/32 (kalau pak HSW pernah uji pakai yang 4/64 berarti bandingkan yang 4/64) dengan MiA1

  24. Halo pak Herry,
    reviewnya kelihatan mantap, saya sempet towel-towel di Mi Store, tapi karena baru saja ganti hp, dan harga masih di atas budget, mungkin lain kali saya baru pakai merk ini. BTW saya baca di review disebutkan “lensa normal (Xiaomi menyebutnya lensa wide) 26 milimeter dengan bukaan f/2,2 dan lensa tele 50 mm f/2,6” menurut saya sebutan Xiaomi lensa wide sudah benar, karena biasanya di fotografi focal length di bawah 35 mm itu disebut wide angle, justru yang 50 mm itu termasuk normal focal length (35-60mm). di atas 70 mm baru disebut tele.

    1. Pak Danu Djojosoemarto,

      Benar, kalau mengacu kepada standar kamera non-ponsel, lensa 50 mm itu tergolong sebagai lensa normal/standar. Dalam pembahasan di atas, kebetulan saya merujuk kepada spesifikasi di kamera ponsel. Lensa 24-28 mm biasanya disebut sebagai lensa normal.

      Btw, terima kasih atas input-nya, Pak.

  25. salam Pak Herry,
    LG G5 SE harga promo 3,5 juta dibandingkan dengan Mi A1 & G5s Plus lebih pilih mana pak kalau dilihat semua aspek?
    Dari hasil kamera depan & belakang lebih bagus yang mana?
    Terimakasih…………..

    1. Pak Budi,

      Kalau memang tersedia dana Rp 3,5 juta, saya sih lebih memilih G5 SE. Secara keseluruhan lebih unggul dibandingkan Mi A1 dan Moto G5s Plus.

      Kamera juga lebih oke.

  26. Sekedar info ,om . Buat teman-teman pembaca Ponselmu.com .

    Tadi saya lihat ada yang menanyakan ketersediaan fitur Multi Account seperti Second Space di Xiaomi dan Dual space di Coolpad .

    Sebenarnya fitur itu juga tersedia di Stock Android , termasuk Mi A1 .
    Caranya , klik logo lingkaran biru di notification bar , lalu klik Add User atau Add Guest ( untuk fungsi lebih terbatas )

    Menurut saya , justru fitur ini lebih fleksibel ,karena kita bisa menambahkan sampai 5 user sekaligus ( Dual space dan second space hanya 2 user ) ,dan mohon maaf, buat yang bilang second space itu fitur “khas” MIUI , sebenarnya salah besar.

    Stock Android sudah punya fitur tsb. sejak Android 5.0 Lollipop ( CMIIW ) . Namun, custom UI seperti Touchwiz , CoolUI, EUI,MIUI,LEWA dkk. tidak ada yang memanfaatkan fitur tsb. sampai Coolpad membangga-banggakan fitur tsb. Pada ponsel Coolpad max dan max lite .

    Kurang lebih 6 bulan kemudian, Xiaomi merilis MIUI 8 dan juga membawa fitur tsb. , namun dengan tambahan fitur , yaitu kita bisa memindahkan data file-file untuk dipindahkan ke space lain dengan mudah .

    1. Pak William,

      Terima kasih atas informasinya.

      Betul sekali, bisa dengan membuat user baru.

      Untuk second space yang saya sebut khas MIUI, sebenarnya lebih merujuk ke penggunaan istilahnya. Maaf kalau kalimat saya menjadi rancu.

  27. Mau tanya pak
    1. dari segi kamera belakang, kamera depan, dan minim cahaya, bagusan mana antara zenfone 3 Ze520kl vs mi a1?
    2. EIS atau OIS pada ponsel itu hanya berfungsi pada saat perekaman video atau berfungsi jg saat pengambilan gambar / foto?

  28. Sore pak Herry,
    Mi A1 ini kalau dibanding dengan Infinix Zero 4 Plus untuk kegegasan serta sektor kameranya (depan maupun belakang) gimana pak? Bagian mana yang Mi A1 unggul dan bagian mana yang Zero 4 Plus unggul?

    Terima kasih sebelumnya pak 🙂

    1. Pak Padmo,

      Dengan mengabaikan bokeh-bokehan, hasil kamera Zero 4 Plus saya nilai lebih bagus daripada Mi A1.

      Mi A1 unggul di:
      * Kemampuan menghasilkan bokeh.
      * Kemampuan siaga simultan di jaringan 4G-3G, 3G-3G, atau 3G-4G.
      * Dukungan terhadap pembaruan OS.
      * Fitur remote control.

      Zero 4 Plus unggul di:
      * Hasil jepretan kamera dengan mengabaikan bokeh.
      * Daya tahan baterai.

  29. Permisi koh ikutan nanya boleh sedikit diluar topik ya?
    Kemarin saya lihat ada lg g5 se (kalo gak salah) dibandrol dengan harga sekitar 3,5jt..
    Menurut koh herry sendiri sebaiknya pilih A1 atau nambah sekitar 500rb???

    1. Pak Arief,

      Kalau dana Anda tersedia sampai Rp 3,5 juta dan mengutamakan kamera plus kelengkapan fitur secara keseluruhan, lebih baik membeli LG G5 SE.

  30. Mau nanya koh.. Vibe P1 turbo vs moto e3 power lebih gegas mana? signifikankah? batere lebih awet yg mana? mengingat harga cuma selisih 200 ribuan.. ada rencana review moto e4 plus koh? tks

    1. Pak Sapa Aja Boleh,

      Lebih gegas Vibe P1 Turbo. Bedanya signifikan.

      Saya lupa baterainya lebih awet siapa. Sepertinya Moto E3 Power.

      Ya. Ada rencana.

  31. Selamat Siang Koh..

    Kalau dibandingkan dengan LG G5 SE yang lagi diskon banget (Erafone offline ngasih harga 3.5 Juta)… lebih layak mana ya, meminang si Mi A1 atau G5 SE ini??

    Mohon pencerahannya,, sukses terus Koh HSW 🙂

  32. Koh.. Mau tanya dong seputar screen protector..
    Menurut ko herry, lebih baik mana tempred glass atau kristal liquid..
    Berhubung sekrang layar smart phone layarnya rata” sudah 2.5d ..

    1. Pak Dhan,

      Saya nggak pernah pakai yang Kristal Liquid. Untuk ponsel dengan layar 2,5D, saya biasanya menggunakan screen protector biasa.

  33. sore ko HSW
    kalau di awal tulisan ko HSW sempat bilang yg pengen coba xiaomi tapi enggan pakai MIUI, saya malah kebalikannya, saya sempat ragu ganti dari xiaomi redmi note 4 ke a1 karena udah cinta mati sama MIUI hehe

    dulu (pas jaman iphone 4, 5, 5s) saya pengguna iphone dan beberapa kali saja pakai android dan kurang suka dengan interface nya, setelah coba pakai xiaomi redmi 1s, lgsg kepincut sama xiaomi dan sejak itu ga pernah beralih dari xiaomi dan MIUI nya
    perpindahan device antar perangkat xiaomi juga sangat mudah dengan mi account dan mi cloud serasa apple id dan icloud
    saya akhirnya beranikan diri untuk ambil xiaomi a1 karena faktor kamera dan desain, terus terang setelah dapat, agak kecewa karena interface MIUI yg selama ini saya cintai benar2 hilang, hanya tinggal mi community dan mi remote
    harus berputar2 cari cara agar call log dan sms bisa dengan mudah dipindahkan ke android one
    skrg akhirnya a1 tetap saya pakai sehari2 menggantikan note 4, tapi jika boleh memilih saya tetap pilih a1 dengan menggunakan MIUI 🙂

  34. Malam om Herry,

    Selama menggunakan Mi A1 apakah membutuhkan aplikasi file explorer pihak ketiga? Kalau butuh, aplikasi apa yang digunakan dan apakah juga mendukung USB OTG?

  35. Koh, maaf melenceng, dengan harga dibawah 5jt tanpa mementingkan kamera dan sepesifisi.
    Hp apa yang desainnya paling ganteng untuk sekarang koh.
    Terima kasih.

  36. Sore pak Herry SW
    Sudah semingguan ini cari mi A1 di sekitaran semarang, dari eraf*** sampe konter2 besar maupun kecil, yang ada cuma warna gold, harganya pun 3,3 jt – 3,4 jt..
    Sempet kecewa juga sih, capek kesana kemari, sampe tadi pagi, saya baca komentar2 di ponselmu, akhire ada promo daro eraf***..
    LG G5 SE dengan harga 3,499 jt..
    Saya samperin dan akhirnya memang benar harga tersebut, dan dapet bonusan baterry kit..
    semoga nyaman pake LG G5 SE.. hape baru di charge..

    1. Pak Elvinpras,

      Tak tahu. Tidak bisa saya coba karena tak punya peranti yang kompatibel.

      Caranya tinggal aktifkan Mirasat di, misalnya, TV. Kemudian aktifkan fitur serupa di ponsel, search, dan pairing deh.

  37. Ko Herry mana prefer Zenf 3 ZE552kl (3.350jt) di tokped ato G5SE (3.5jt)
    Dari performa, battre dan kamera. Secara harganya sekarang SDH turun.

    1. Pak Hiro,

      Anda itu sebenarnya mau beli ponsel apa tho? Saya perhatikan sejak lama tanya terus, tetapi nggak jelas akhirnya beli ponsel apa.

      Tak ada ponsel LG bernama LG G5s. Tak ada pula ponsel Asus bernama lengkap Asus Zoom S.

  38. Selamat malam pak HSW
    MI A1 sama Mi 5X kan secara spek dan fisik hampir sama,dan harganya pun hampir sama untuk resmi MI A1 3.099.000 sedangkan untuk Mi 5X distributor kurang lebih 3.000.000an,mending yang mana ya A1 ata 5X?
    ponsel saingan yg tepat untuk Mi A1 ponsel apa?

  39. Hallo Pak Herry,

    Diantara tiga ponsel berikut Mi A1, Redmi Note 4, Infinix Zero 4 Plus, mana yang bapak rekomendasikan?

    Terima Kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *