Review Xiaomi Mi A2: Kamera Terbaik, Sudah Dapat Android 9 Pie

Diluncurkan di Madrid, Spanyol pada 24 Juli 2018, Xiaomi Mi A2 diposisikan sebagai penerus Mi A1. Beberapa jam usai peluncuran, penulis alias HSW yang diundang ke Negeri Matador disodori satu unit Mi A2 yang masih tersegel di dalam kardus.

Karena kesempatan menguji pakai relatif singkat, saat itu HSW memfokuskan diri pada kinerja kamera. Plus, sekadar menjalankan Antutu Benchmark. Kesimpulannya, kamera Mi A2 tergolong bagus, tetapi belum bisa mengungguli hasil jepretan kamera Xiaomi Redmi Note 5. Kondisinya kini berubah 180 derajat.

Ya, kondisinya sekarang bertolak belakang. Ketika berbulan-bulan kemudian HSW menjajal Mi A2 bergaransi resmi Indonesia, performa kamera ponsel itu sukses mengalahkan Redmi Note 5. Dibandingkan seluruh ponsel Xiaomi bergaransi resmi yang pernah HSW uji pakai plus Mi 6 dan Mi MIX, tetapi belum termasuk Redmi Note 6 Pro dan Mi 8 Lite yang masih mengantre, kamera Mi A2 adalah yang terbaik.

Kok bisa begitu? Padahal, spesifikasi Mi A2 yang dicoba di Madrid sama dengan Mi A2 bergaransi resmi Indonsia. Perbedaan kinerja itu diduga terjadi pembaruan firmware.

Sejak kali pertama diperkenalkan di Madrid hingga melantai di Indonesia lalu diuji pakai, versi firmware yang lebih baru telah beberapa kali muncul. Aneka penyempurnaan dilakukan, salah satunya yang berhubungan dengan kamera. Jadi, pada titik ini terbukti kalau pembaruan firmware bukan sekadar formalitas.

Kamera di sisi belakang Mi A2 berlensa ganda 12 + 20 megapiksel dan dilengkapi fokus otomatis maupun lampu kilat. Keduanya sama-sama memiliki bukaan diafragma f/1,75. Namun, ukuran piksel sensor kameranya berbeda.

Lensa kamera di posisi atas memiliki ukuran piksel lebih besar. Lensa tersebut bakal otomatis dipilih ponsel kala pengguna melakukan pemotretan di lokasi yang cenderung gelap. Resolusi foto yang dapat dihasilkan hingga 20 megapiksel.

Sementara itu, lensa di bagian bawah sanggup memproduksi foto beresolusi 12 megapiksel. Lensa tersebut merupakan lensa utama yang hampir selalu dipakai ketika pengguna melakukan pemotretan. Di lokasi yang remang-remang pun, asalkan tidak mengaktifkan mode portrait, Mi A2 masih condong mengandalkan lensa utama.

Bisakah pengguna memaksa ponsel untuk menggunakan lensa atas? Bisa! Caranya, aktifkan mode manual. Di ujung kanan ada pilihan ingin menggunakan lensa regular (lensa utama 12 megapiksel) atau lensa low light (lensa kedua 20 megapiksel). Di mode manual pengguna juga leluasa mengubah white balance, pemfokusan, kecepatan rana 1/1.000-32 detik, dan ISO 100-3200.

Kalau difungsikan sebagai perekam video, kamera belakang Mi A2 mampu menghasilkan klip video beresolusi sampai UHD 4K. Tersedia fitur image stabilization yang berdasarkan uji coba tampaknya hanya bisa berjalan optimal di resolusi video hingga full HD 1080p.

Beralih ke kamera depan. Kamera itu berlensa tunggal dan berlampu kilat. Tersedia mode portrait yang diperkaya dengan fitur AI. Kemampuan maksimalnya menghasilkan foto beresolusi 20 megapiksel dan klip video full HD 1080p.

Mi A2 memanfaatkan prosesor delapan inti (octa core) Qualcomm Snapdragon 660 AIE yang terdiri atas empat inti berkecepatan 2,2 GHz dan empat inti 1,8 GHz. Sensor sidik jari, Wi-Fi, bluetooth, GPS, RAM 4 GB, dan ROM 64 GB merupakan sebagian spesifikasi lain ponsel itu. Saat ponsel kali pertama diaktifkan, sisa memori internal mencapai 48,8 GB.

Sekadar informasi, Xiaomi sebenarnya memproduksi Mi A2 dalam tiga pilihan kapasitas memori. Yaitu, RAM 4 GB dan ROM 32 GB, 4/64, dan 6/128. Varian yang tersedia di setiap negara mungkin berbeda. Di tanah air Mi A2 tersedia dengan kombinasi memori 4/64 saja.

Tidak senada seirama dengan tren pasar, layar Mi A2 tanpa poni (notch) maupun “jerawat” (waterdrop). Bentang layarnya 5,99 inci dengan resolusi full HD+ 2.160 x 1.080 piksel. Layar IPS dengan rasio 18:9 itu telah mengadopsi Corning Gorilla Glass 5.

Di sisi atas ponsel terdapat inframerah yang dapat difungsikan sebagai pengendali jarak jauh (remote control) beragam perangkat elektronik. Misalnya, televisi dan penyejuk udara. Selot dual nano SIM terletak di kiri ponsel, sedangkan tombol volume dan power di kanan. Mikrofon, speaker, dan konektor USB tipe C terdapat di bagian bawah.

Anggaplah pengguna menyelipkan dua kartu nano SIM. Keduanya dapat siaga bersamaan di jaringan 4G LTE. Layanan native VoLTE Smartfren pun telah didukung oleh Mi A2.

Sayang di menu bawaan ponsel tidak tersedia pilihan untuk mencegah ponsel memasuki jaringan 4G. Padahal, dalam kondisi tertentu hal itu diperlukan. Sebab, bila nomor yang tidak berlangganan paket data dibiarkan memasuki jaringan 4G, biarpun layanan internet sudah dinonaktifkan, kemungkinan pulsa terpotong tetap terbuka lebar.

Ponsel yang termasuk lini Android One itu tidak dilengkapi selot kartu microSD, NFC, dan konektor audio 3,5 milimeter. Bila ingin memakai earphone 3,5 milimeter, pengguna mesti memasangkan adaptor yang disertakan di dalam paket penjualan.

Hingga uji pakai berakhir, Mi A2 yang digunakan HSW masih menggunakan sistem operasi Android 8.1 Oreo. Kini pembaruan ke Android 9 Pie telah tersedia dan dapat diunduh pengguna melalui menu system update di ponsel.

Kesan HSW selama memakai Mi A2, secara umum kinerjanya layak mendapatkan pujian. Dibandingkan Mi A1, performa keseluruhan ponsel berdimensi fisik 158,7 x 75,4 x 7,3 milimeter dan berat 168 gram itu jauh lebih baik. Tidak terasa berat saat dikantongi, gegas kala digunakan, dan siap menggantikan kamera saku untuk melakukan dokumentasi ringan. Di berbagai tingkat pencahayaan, foto yang dihasilkan pantas dikategorikan bagus.

Daya tahan baterai yang rata-rata sepuluh jam saja, bagi HSW, menjadi sisi minus utama ponsel itu. Dibekali baterai tanam 3.010 mAh dan kombinasi Android One-Snapdragon 660 AIE, awalnya HSW menyangka baterai Mi A2 mampu bertahan 12-14 jam. Ternyata… tak selama itu.

Untunglah Mi A2 mendukung Quick Charge 3.0. Dengan memakai pengisi daya berstandar Qualcomm Quick Charge yang dimiliki HSW, bukan charger bawaan, daya baterai yang awalnya hampir habis telah terisi lumayan kala ditinggal mandi dan berganti pakaian.

Saat ini harga ritel resmi Mi A2 dipatok Rp3,699 juta. Isi paket penjualan standarnya kali ini lebih komplet. Bukan sesuai tradisi Xiaomi. Di dalam kardus, pembeli juga akan menjumpai earphone. Kalau pengisi daya bawaan ponsel Xiaomi biasanya buatan Tiongkok, pengisi daya Mi A2 ternyata buatan Indonesia. Jelly case transparan dan adaptor dari USB-C ke konektor audio 3,5 milimeter tersedia pula.

Calon konsumen yang ingin memiliki ponsel Xiaomi dengan tampilan antarmuka Android murni pantas meminang Mi A2. Saran serupa HSW berikan kepada mereka yang mengaku penggemar Xiaomi, tetapi membenci tampilan iklan di MIUI. Inilah saatnya mereka membuktikan kalau memang berniat membeli ponsel Xiaomi. Bukan cuma mencari alasan untuk tidak menukarkan uangnya dengan satu unit ponsel Xiaomi bergaransi resmi.

***

Berikut contoh hasil jepretan kamera Mi A2.

Ujung pena pada foto di atas sengaja di-crop. Inilah hasilnya.

Satu foto berikut dijepret dari dalam mobil yang melacu kencang.

Foto Simpang Lima ini dijepret dengan kecepatan rana satu detik. Tanpa tripod. Hanya mengandalkan tangan yang bersandar di pagar pembatas.

Menjajal mode portrait. Silakan mencermati perbedaannya dibandingkan bila mode portrait dinonaktifkan.

Kini saatnya melihat perbedaan hasil jepretan memakai lensa regular (lensa utama 12 megapiksel) dan lensa low light (lensa kedua 20 megapiksel). Pemotretan sengaja dilakukan di lokasi yang gelap.

Ini hasil jepretan lensa regular.

Yang ini dipotret menggunakan lensa low light. Tulisan Harwin yang awalnya tak terbaca sekarang terlihat lebih jelas.

Tiga foto berikut diabadikan memakai kamera depan.

Bokeh nonaktif, beautify nonaktif.

Bokeh aktif, beautify nonaktif.

Bokeh aktif, beautify aktif.

Bagaimana performa kamera Mi A2 kalau digunakan merekam video? Inilah contohnya.

***

Tangkapan layar Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, kondisi awal RAM, dan versi firmware ponsel saat uji pakai.

230 thoughts to “Review Xiaomi Mi A2: Kamera Terbaik, Sudah Dapat Android 9 Pie”

      1. Pak Steva,

        Sudah coba di-factory reset? Kalau sudah dan masalah yang sama masih muncul, bawalah ponsel Anda ke pusat perbaikan resmi Xiaomi.

    1. Pak Hafiz,

      He… he… he… tak saya perhatikan. Kebetulan saya termasuk orang yang tidak memedulikan keberadaan lampu notifikasi. Sebab, toh ponsel akan sering dipantau.

  1. Maaf oot
    Jika tanpa memikirkan harga, jeroan/spek, merek, gawai apa yang menurut HSW punya kinerja kamera depan terbaik saat ini?

  2. Bagaimana dibanding Vivo 11 pro di rentang harga yang sama, pak Herry?
    Untuk rentang harga dibawah 3 jt yang paling pantas di pinang apa ya pak?, saya butuh baterai yang tahan lama dan kamera cukup bagus. thanks.

    1. Pak Kompyang,

      * Bergantung titik berat kebutuhan Anda apa dulu.
      * Xiaomi Redmi Note 5 varian RAM 4 GB dan ROM 64 GB.

  3. Entah perasaan saya saja atau bukan. Pak Herry terlihat bahagia sekali di sampel foto kamera depan (ulasan) MI A2 ini, yang biasanya menampilkan ekspresi datar kini sangat berbeda. Apakah pengalaman memakai penerus MI A1 semenarik itu Pak? Atau ada faktor lain dibalik senyum HSW? Yang terpenting pertahankan itu 🙂
    Btw difoto yg saya bahas itu HSW lagi dimanakah?

    1. Pak Dico,

      Hmmm… mungkin Samsung Galaxy S8 yang kinerja kameranya diturunkan sedikit dan “fitur” lag-nya dihilangkan.

      1. Pak, bedanya ANDROID ONE dg Android Stock apa sih? Kalo Xiaomi punya MIA1 dan MIA2 dg Android One nya, kalo di ponsel lain, misal Asus punya Max Pro M1 atau M2 dg Android Stock nya. Sebenarnya bagus mana? Thx.

        1. Pak Dico,

          Setahu saya begini:
          * Stock Android adalah Android yang polosan. Murni. Kalau pun produsen ponsel ingin memperkayanya dengan tampilan home screen tersendiri dipersilakan. Pembaruan firmware diolah sendiri oleh produsen.

          * Android One juga mirip Android polosan, tetapi awalnya dikembangkan khusus untuk ponsel low end. Seiring waktu, Android One naik ke kelas menengah. Pembaruan firmware dibantu oleh Google.

          Bagus mana? Sama-sama bagus sih.

          1. Dengan kata lain keduanya sama2 ponsel polosan begitu ya Pak ?
            Trus umpama kita instalasikan OS sendiri bisa kah, Pak? Misal MaxPro M2 instalasikan ZenUi nya?

            Thx.

      2. Om Herry, antara Mi A2 dgn Vivo V15, lebih bagus dan lebih tajam mana kualitas gambar hasil kameranya? Terutama utk malam hari dan jarak jauh (zoom out). Thanks Om.

        1. Pak Sakuraisintzz,

          Mi A2.

          Untuk pemotretan jarak jauh kalau di-zoom ya sama-sama hancur. Lha dua ponsel itu tidak memiliki kamera berlensa optical zoom.

  4. Sayang di menu bawaan ponsel tidak tersedia pilihan untuk mencegah ponsel memasuki jaringan 4G. Padahal, dalam kondisi tertentu hal itu diperlukan. Sebab, bila nomor yang tidak berlangganan paket data dibiarkan memasuki jaringan 4G, biarpun layanan internet sudah dinonaktifkan, kemungkinan pulsa terpotong tetap terbuka lebar.

    Kenapa demikian, Om Herry?

    1. Pak Muhammad Saiful Islam,

      Hmm… pertanyaan ini cocoknya dikirimkan kepada desainer ponsel Xiaomi. Saya tak bisa menjawabnya.

        1. Pak Yunus,

          Mohon maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda.

          Kamera Mi A2 diadu dengan Redmi Note 6 Pro? Menang Mi A2 dong.

    2. Siang om,
      Pengalaman pulsa terpotong karena masuk di jaringan 4G juga saya alami di Xiaomi Redmi Note 5, walaupun kartu yg saya pakai di set di SIM2 yg hanya saya gunakan untuk komunikasi telpon dan sms saja tetap saja saya cek di info transaksi ada pemakaian data, walaupun data memakai SIM1 kartu operator lain.

      1. Pak Mang Dadang,

        Oh, kalau di Redmi Note 5 kan ada pengaturan tambahannya. Dengan skenario pemakaian seperti yang Anda ceritakan, ponsel bisa diatur agar SIM2 tidak pernah masuk ke jaringan 4G LTE. Coba Anda utak-atik di menu settings, lalu SIM card atau mobile network.

  5. Malem koh, mau minta saran nih buat budget maksimal 2,5 juta, hp apa yang koh hsw bisa rekomendasikan dengan pertimbangan performa, baterai, dan camera yang paling baik diantara hp dengan budget yang sama?

      1. Wih, oke koh, tapi btw selain redmi note 5 kira kira handphone mana yang jadi saingan utama dengan layar yang lebih kecil?

  6. Wah galau, lagi cari pengganti hp meizu M2 yg sudah tidak baik keadaannya. Awalnya ingin ganti Redmi Note 5, tapi kabarnya iklan di sana sini, sepertinya lebih baik Asus max pro M2, tapi lihat kamera Mi A2 kok bagus banget ya, sayang baterenya kurang joss. Ada rekomendasi om? Max pro M2 masih ngantri uji coba ya.

    1. Pak Gugi,

      Iklan di Redmi Note 5 memang tak bisa dihilangkan total. Namun, bisa diminimalkan kok.

      Iya, Zenfone Max Pro M2 masih dalam antrean.

  7. Malem koh,

    Jalan2 ke Semarang ya koh. Ad RM Koh Liem, Lekker Paimo (Jl. Karanganyar, keliatan gerbang sekolah SMA). Kulinerannya mantap, wkwkwk.
    Terimakasih untuk review Xiaomi Mi A2 nya.
    Apakah Asus Zenfone Max Pro M2 yg baru d launching jg akan d review?
    Sy penasaran perbandingan Xiaomi Redmi Note 5 Pro, Xiaomi Redmi Note 6 Pro, Xiaomi Mi A2, Asus Zenfone Max Pro M2. Dengan harg yg cukup berdekatan, keempat smartphone ini tidak ad yang sempurna, satu sama lain memiliki nilai plus masing2 dan kekurangannya pun berbeda-beda. Bagaimana menurut Koh HSW?
    Tq in advance. Sukses selalu.

    1. Pak Denny,

      Iya, kebetulan ada keperluan sedikit di Semarang.

      Ya, Zenfone Max Pro M2 akan saya review.

      Redmi Note 5 Pro tidak beredar resmi di sini. Jadi, coret deh. Redmi Note 6 Pro sedang dalam uji pakai. Kinerjanya mengejutkan saya.

      Iya, masing-masing ada plus minusnya. Tinggal disesuaikan dengan titik berat kebutuhan.

  8. Pak Herry,
    Nampaknya perkembangan teknologi semakin pesat di kelas HP middle end seperti Xiaomi Mi A2 ini, menurut Pak Herry apakah ponsel middle end terbaru dpt menyamai kualitas kamera pada flagship yg sudah berusia setahunan seperti Galaxy Note 8?

    1. Pak Wandi,

      Kalau diadu dengan flagship berusia setahun sih biasanya masih menang flagship-nya. Namun, kalau selisih usianya minimal dua tahun, nah… itu baru bisa dicermati lebih mendalam.

  9. Koh Herry, ada beberapa pertanyaan mengenai User Interface (UI) :
    (1) Apa bedanya Android One di Mi A2 dengan Pure Android di Zenfone Max Pro M1?
    (2) Jika ada ponsel dengan sepesifikasi hardware yang sama (misal V11 pro vs Mi A2), Koh Herry lebih suka menggunakan Android murni atau custom UI bawaan merk?
    (3)Terakhir, custom UI apa yang menurut Koh Herry stabil dan terbaik, kalau ada contoh gawai yang memakainya?

    1. Pak Teguh,

      1. Aplikasi kamera di Mi A2 menggunakan kepunyaan Xiaomi. Sedangkan di Zenfone Max Pro M1, seingat saya, pakai punya Qualcomm.

      2. Tergantung custom UI-nya punya siapa dulu. Ada custom UI yang saya kurang suka. Misalnya, punya Oppo. Kalau membeli buta sih “paling aman” pilih yang stock Android atau Android One.

      3. Terlepas dari adanya iklan, saya suka dengan MIUI. Fitur bawaannya sudah beragam.

    2. Bantu jawab ya yang no. 1
      Perbedaan UI Android One dgn UI Zenfone Max Pro M1 & M2 hanya terletak pada jaminan update, baik update seri Android maupun security patch. Kalau Android One, jaminan update ada di tangan Google langsung, sehingga perangkat Android One bisa merasakan seri Android terbaru yang datang langsung dari Google. Sedangkan UI Zenfone ada di tangan Asus.

  10. Tempered glass yg dipake di foto smartphone Mi A2 di atas pake yg merk apa y om?
    Presisi gak kalo dipake redmi note 5?
    Atau ada saran lain untuk merk tempered glass redmi note 5?

  11. Salam.
    Permisi Pak Herry. Maaf, saya ada pertanyaan out of topic.
    Pertanyaan saya:

    1. Menurut Pak Herry, dilihat dari segi kamera dan baterai, antara Xiaomi Redmi Note 5 dengan Asus Zenfone Max Pro M2 lebih baik mana?
    2. Overall, menurut Pak Herry, lebih bagus mana antara Xiaomi Redmi Note 5 dengan Asus Zenfone Max Pro M2?
    3. Apakah Asus Zenfone Max Pro M2 mendukung quick charge Pak?

    Terima kasih Pak Herry.

    1. Pak Eko,

      1. Baterai lebih mantap Zenfone Max Pro M2, sedangkan kamera lebih bagus Redmi Note 5.
      2. Saya belum sampai pada kesimpulan akhir karena Zenfone Max Pro M2 masih dalam proses uji pakai.
      3. Belum saya cek secara detail.

  12. bila pak herry compare ulang kamera milik redmi note 5 dengan mi a2, yang keduanya sudah sama-sama sudah update software terbaru, mana yang lebih baik?

  13. Selamat Siang Pak.
    Saya saat ini memakai Xiaomi Mi A1, pekerjaan di bidang elektronik kadang membutuhkan foto detail untuk ukuran kecil, seperti kaki IC ataupun chip resistor,
    Dengan budget maksimal 5 juta, HP apa yang kira-kira bapa rekomendasikan untuk pekerjaan saya ini,
    Terimakasih

    1. Pak Dodi,

      Mi A1 itu secara umum apakah masih memadai? Kalau iya, bertahan dulu saja di ponsel itu lalu belilah lensa makro tambahan.

      1. Om HSW, kalau diadu dengan Asus Zenfone 5 2018 gimana performa camera nya om? Masih galau meminang antara Mi A2 dengan Zenfone 5 2018 dari sisi camera.
        Terimakasih jawabannya ya om.

        1. Pak Dhany Faizal R,

          Kamera Mi A2 lebih mantap. Namun, kamera Zenfone 5 memiliki lensa sudut lebar yang tak tersedia di Mi A2.

    2. dengan pencahayaan yang cukup, bahkan ponsel tua saya yang bernama redmi note 3 pro pun masih bisa mengambil gambar secara detail dari komponen yang disebut

      kamera Mi A1 yang secara spesifikasi lebih bagus dari redmi note 3 pro seharusnya masih sangat memadai

  14. Siang Om HSW, kalo kualitas kamera terutama bokehnya jika dibandingkan dengan Zenfone 5 beda jauh ga Om?

    semoga makin sering dan cepat update artikel reviewnya. terima kasih

  15. Selamat siang Pak Herry, Apakah nantinya Xiaomi Mi 8 Lite direview juga? Sebenarnya saya sudah beli sih pakai jalur khusus 11.11 kemarin, tapi penasaran saja hasil review dari pak herry.hehee. Oiya terimakasih sebelumnya pak sudah disediakan jalur khusus Xiaomi Mi 8 Lite.hehe.
    Sekalian tanya pak untuk range harga dibawah 4 juta yg recomended apa ya?

  16. Maaf oot.. mohon pendapatnya, secara umum manakah yg lebih baik:
    Redmi Note 3
    Redmi Note 3 Pro
    MI A2 lite

    Saya mau beli satu diantara tiga itu pak.. terima kasih sebelumnya.. 🙂

    1. Bu Cindy Lacitra,

      Kalau pilihannya tiga itu, terpaksa saya memilih Mi A2 Lite. Dua ponsel yang lain sudah terlalu uzur.

      1. Maaf Pak, maksud saya:
        Redmi Note 5
        Redmi Note 5 Pro
        Redmi mi a2 lite

        Manakah yg secara umum paling recommended menurut pak Herry?
        Maaf saya kliru menulis 5 dengan 3 sebelumnya :p

        Terima kasih pak Herry 🙂

        1. Bu Cindy Lacitra,

          Redmi Note 5 varian RAM 4 GB dan ROM 64 GB.

          Redmi Note 5 Pro langsung coret karena tidak beredar resmi di sini.
          Belum ada ponsel dengan tipe Redmi Mi A2 Lite.

  17. malam ko’..
    oot dikit lebih bagus ko’ tidak sarankan lagi xiaomi redmi note 5 dkk (yg pake miui) karna full iklan…
    yg beli hp kan pake duit sendiri jdi sangat tidak pantas dijejali iklan sama.siomay..
    thx

    1. Pak Eddy,

      MIUI kan memang ada iklannya. Tampilan iklan itu bisa diminimalkan kok.

      Kalau tak mau ada iklannya, ya silakan beli ponsel tanpa MIUI. Buat saya, karena tampilan iklan tersebut masih bisa diminimalkan, MIUI masih boleh dilirik.

    1. Pak Yucin,

      Dengan asumsi sama-sama mode otomatis dan lensa normal (Zenfone Zoom S kan ada lensa tele-nya) Mi A2 masih unggul tipis.

  18. Harganya 3jutaan ya Koh? Berarti saingan dong sama mi 8 lite ya….
    Pak Herry, kalo redmi note 5 vs zenfone max pro m1, mana yg lebih baik ya? Saya mau beli untuk hape kedua nih pak. Dari kegegasan dan batre, menang mana?

    1. Pak Amaris.

      Ya. Harga ritel resmi Mi A2 dan Mi 8 Lite sama-sama Rp3,699 juta.

      Kegegasan imbang. Baterai Zenfone Max Pro M1 menang tipis.

      1. Nah ini yg bikin galaw… Saya pake poco, puas banget ama batrenya… Dari pagi sampe malem gak ngecharge, powerbank pensiun.. Apakah 10nm VS 14nm pengaruh banget selain kapasitas batre ya?

        Tapi ngeliat review beracun koh Herry, jadi kepingin MiaA2 karena kameranya. Menurut koh Herry, kalo saya ganti MiA2, nyesel nggak ya? (berasa pertanyaannya aneh, tapi biarin lah.. Wkwkwkkw)

        1. Pak Christian,

          * Pasti berpengaruh, tetapi tidak selalu sangat signifikan.
          * Ehmm… kalau saya sih mending bertahan di Pocophone F1. Kecuali, Anda memang sangat menomorsatukan kamera.

      2. Mungkin nanti setelah mendapat beberapa update firmware kamera pocophone lebih baik,spt kasus mi A2 ini..iklan di miui nyedot data gak koh?

        1. Pak Ndemik,

          Seharusnya akan mengonsumsi kuota, tetapi tidak signifikan. Entah berapa besar tepatnya. Saya tak mengetahui cara untuk mengukur spesifik pemakaian kuota iklan tersebut.

  19. untuk hasil kameranya terutama saat kondisi lowlight bila diadu sama samsung s7 flat bagusan mana ya pak? Terima kasih atas jawabannya.

    1. Pak Aditya AP,

      Tak tahu. Saya tak pernah menguji pakai Galaxy S7. Berkaca dengan pengalaman pahit saya saat membeli Samsung Galaxy S9+, buat saya Samsung langsung coret.

  20. Selamat sore pak hsw
    Minta rekomendasi untuk hp Android harga 1.000.000 – 1.200.000
    Kebutuhan browsing, fb, wa
    Paling itu saja pak
    Thanks in advance

  21. Sore pak Herry,
    Mau minta arahan untuk membeli HP android dimana membutuhkan fitur :
    – kapasitas batere lumayan besar + fast charging
    – usb type C lebih baik (tapi micro usb jg tidak apa)
    – NFC
    – sertifikasi tahan air IP57 atau IP68 (kebutuhan pekerjaan)
    – prosesor minimal snapdragron 636 (untuk gaming dan multitasking)
    – kamera oke (tidak perlu terbaik)
    – harga terjangkau 3-6 jutaan.
    Apakah pak Herry ada rekomendasi nya? Mohon infonya.
    Terima kasih.

  22. Koh Herry,
    Minta reccomend 3 hp dgn camera terbaik dengan harga dibawah 4jt dan bisa VolLTE utk simcard samrtfren. Thanks

    1. Pak Micheal,

      Saya urutkan mulai dari yang kameranya paling bagus ya.
      1. Xiaomi Mi A2.
      2. Xiaomi Redmi Note 5.
      3. Asus Zenfone Max Pro.

  23. Oh iya, sekalian tanya om.
    Di budget rentang 1 juta – 1,5 juta, ponsel apa yang kira-kira direkomendasikan untuk dibeli? Terima kasih sebelumnya

  24. selamat sore pak herry,
    saya minta rekomendasi daftar hp android untuk ibu saya.
    kebutuhannya kamera depan dan belakang yg oke
    multitasking sosmed dan aplikasi office lancar
    bisa awet sampai 2 tahun kedepan.
    memori internal yg lega (64gb)
    budget 3 juta sampai 4 jutaan.
    mohon rekomendasinya. terimakasih.

  25. Permisi Pak Herry.
    Saya ingin meminta rekomendasi dari Bapak.
    Saya ingin membeli ponsel android yang baterainya awet, kamera bagus, dan lancar untuk multitasking. Dana yang saya punya 3 jutaan.
    Apakah Pak Herry punya rekomendasi ponsel Android mana yang sebaiknya saya beli?
    Terima kasih.

  26. petis abu2nya apakah lebih gurih? sebagaimana petis coklat sidoarjo yang cukup gurih dan nagih sebagai sambal penyetan

    di luar jawa timur, saya hanya ketemu petis ireng

  27. Salam pak herry.
    Minta saran dari segala aspek lebih baek mana Redmi note 5 4/64,Nokia 6.1 plus 4/64 dan asus zenfone max pro M2 4/64

    1. Pak Darwis,

      Redmi Note 5 unggul di kamera dan ketersediaan inframerah. Selain dua hal itu, Zenfone Max Pro M2 lebih mantap.

  28. Sore Pak Herry,

    Kalo boleh minta saran saya ada budget 2-2.5 juta kira” hp yg speknya bagus kisaran harga segitu apa ya?
    Terimakasih.

  29. Salam pak herry.
    Minta saran dari segala aspek lebih baek mana Redmi note 5 4/64,Nokia 6.1 plus 4/64 dan asus zenfone max pro M2 4/64

    1. Pak Darwis,

      Perasaan tadi saya sudah menjawab pertanyaan sama. Entah dari Bapak atau bukan.

      Redmi Note 5 unggul di kamera dan ketersediaan inframerah. Selain dua hal itu, Zenfone Max Pro M2 lebih mantap. Nokia 6.1 Plus kalah bersaing.

  30. Dari segi performa,kamera redmi note 6 pro vs redmi note 5 bagusan mana koh. Kebutuhan di kamera,game jarang hampir ga pernah,sosmed dikit lebih ke browsing 90%hp aktif terus. Di mi store harga ga terlalu jauh..hp saat ini infinix zero 3, puas dg kameranya. Satu lagi koh, dibawah terik siapa yg menang.

  31. Pak Herry,

    Antara Redmi Note 6 Pro dan Zenfone Max Pro M2, manakah yang lebih unggul? atau apakah Pak Herry punya rekomendasi lain untuk handphone dengan kisaran harga 2,5 juta – 3 juta rupiah?

    Terima kasih.

    1. Pak Yahya Muhammad,

      * Lebih unggul dalam hal apa dulu nih? Kamera lebih bagus Redmi Note 6 Pro. Daya tahan baterai menang Zenfone Max Pro M2. Terkait kegegasan, Zenfone Max Pro M2 terasa jauh lebih gegas. Masalahnya, varian yang saya coba sebenarnya tidak imbang. Saya memakai Redmi Note 6 Pro 3/32 dan Zenfone Max Pro M2 4/64. Idealnya yang diadu adalah varian yang sama.

      * Xiaomi Redmi Note 5 dan Asus Zenfone Max Pro M1. Masing-masing yang 4/64.

      1. 1. Keunggulan dalam hal kemudahan penggunaan, mungkin kegegasan juga. Saya berencana membeli handphone untuk ibu saya, jadi saya mencari yang relatif mudah digunakan untuk orang tua.

        2. Apakah Xiaomi Redmi Note 5 dan Asus Zenfone Max Pro M1 masih layak dibeli dengan harga ritel resmi saat peluncuran, setelah ada generasi penerusnya Xiaomi Redmi Note 6 Pro dan Asus Zenfone Max Pro M2?

        1. Pak Yahya Muhammad,

          1. Berarti, sudah terjawab ya.

          2. Harga ritel resmi dua ponsel itu kini sudah turun kok. Tidak sama dengan harga saat peluncuran. Dengan harga sekarang, masih sangat layak beli.

  32. Selamat sore, Pak.
    Kalau Xiaomi Mi A2 ini dibandingkan dengan Vivo V11 Pro manakah ponsel yang lebih baik jika dinilai dari kemampuan kamera dan videonya, Pak? Dan jika dilihat dari kemampuan keseluruhannya manakah ponsel yg lebih valuable untuk dibeli antara dua ponsel tersebut menurut pak Herry? Terimakasih.

    1. Bu Dyah,

      * Mi A2.
      * Dengan merujuk kepada harga ritel resmi, Mi A2. Kalau V11 Pro “hanya” lebih mahal Rp500 ribu, silakan membeli V11 Pro.

  33. Pak herry, tlg tanya apakah harga xiaomi di mi store paling murah. Karena saya lihat di mi store harga xiaomi mi 8 lite harga Rp 3.699.000 tp di tokopedia ada yg jual 3.550.000(ada stiker TAM). Apa toko itu jual dgn ambil profit margin Yg kecil sehingga bisa jual mi 8 lite harga segitu

    Tq

    1. Pak Djunaedi,

      Harga di Mi Store tidak selalu termurah. Harga di sana selalu merujuk kepada harga ritel resmi. Untuk ponsel yang relatif langka atau gaib, harga di Mi Store bisa jadi yang paling murah. Namun, untuk tipe ponsel yang stoknya banjir, harga di Mi Store amat mungkin lebih mahal daripada harga pasar.

      Terkait ada yang menjual Mi 8 Lite dengan harga lebih murah daripada Mi Store, si penjual memiliki stok berapa unit? Kalau hanya satu unit, mungkin dia dapat hadiah dan tak berminat memakainya. Kalau stok ada banyak, mungkin si pedagang melakukan cut loss (jual rugi) karena dia ada incaran lain yang lebih manis untuk dikulak. Dalam bisnis ponsel, praktik cut loss lazim dilakukan.

  34. Tanpa uji coba Pak, kalau Pak Herry lebih pilih Asus Zenfone 5Z atau Pocophone , sama – sama ROM 128 GB? Semisal ada yang mau kasih nih hehehe.

  35. Mau tanya pak.

    Pilih yang mana ya? Antara Mi A2 dengan Mi 8 Lite, dari segi kamera, ketahanan baterai, dan update android.

    Berhubung kedua hp tersebut, harga dan performanya identik (versi 4/64).

    Terima kasih

    1. Pak Ricky Setiawan,

      Belum tahu. Mi 8 Lite-nya masih dalam antrean uji pakai.

      Khusus update Android, Mi A2 yang termasuk seri Android One mestinya lebih terjamin.

  36. malem koh Herry SW
    mohon saran,hape saya sekarang huawei p9 lite,suka dengan kamera nya dan NFC nya buat cek saldo tol dan saya yakin dalam waktu dekat nfc akan lebih berguna lagi,tp memory internalnya kecil,tetapi memory external bisa dijadikan internal sih,apakah ini membantu? atau ada rekomendasi untuk ganti hape di rentang harga maksimal 3,5jt (saya awalnya naksir nokia 6.1 plus tp saya liat koh Herry kurang suka sm hp itu pasti ada sesuatu yg minus).mohon saran koh,saya pakai hp 2 tahun baru ganti.

    1. Pak Gigih,

      Wajib NFC ya. Kalau iya, yang kamera bagus dan ber-NFC termurah Asus Zenfone 5. Namun, harga barunya masih mendekati Rp4,5 juta.

      Menurut saya, kalau memang perlu memori penyimpanan besar, carilah yang memori internalnya besar. Itu lebih enak daripada menyulap kartu microSD menjadi memori internal.

      1. Saya pengguna huawei p9 lite juga, kalau tidak wajib NFC ponsel apa yang setara dan bisa menggantikan ya om? Dengan memori internal yang lebih memadai

        1. Bu Clarashinta,

          Xiaomi Redmi Note 5 dengan RAM 4 GB dan ROM 64 GB mestinya sudah memadai. Harga pasar unit baru dan bergaransi resmi Rp2,6 juta.

  37. Dear Pak HSW,

    Saat ini saya menggunakan Zenfone 5 yg rencananya akan dihibahkan pada istri,

    1. Adakah ponsel di kisaran harga 2-3jutaan yg kualitas kamera & perekam video-nya lebih baik dari Zenfone 5?

    2. Di kisaran harga 2-3jutaan, ponsel manakah yg memiliki mode perekam gerak lambat alias slow motion?

    3. Apakah sepadan jika saya beralih dari Zenfone 5 ke Mi A2 jika hanya mempertimbangkan aspek kamera & perekam video?

    4. Apakah sepadan jika saya beralih dari Zenfone 5 ke Zenfone 5Z jika hanya mempertimbangkan aspek kamera & perekam video?

    5. Sejauh ini saya sangat puas dgn kamera & perekam video Zenfone 5, apakah kualitas kamera & perekam video Huawei P20 Pro sebegitu unggul telaknya jika dibanding Zenfone 5? Sepadankah jika saya harus menabung utk membeli P20 Pro?

    Terima kasih Pak HSW, mohon maaf pertanyaan saya sudah seperti cerpen, haha. Salam sehat utk Bapak sekeluarga

    1. Pak Karim Karisma,

      1. Tak ada.

      2. Terus terang saya kurang memperhatikan ketersediaan fitur tersebut.

      3. Kalau Zenfone 5 itu belum tahu akan diapakan, saya tidak merekomendasikan beralih ke Mi A2. Sebab, toh kamera Zenfone 5 sudah tergolong bagus. Namun, karena Zenfone 5 itu akan diberikan kepada istri, Anda silakan beralih ke Mi A2.

      4. Saya belum pernah menguji pakai Zenfone 5Z. Sepertinya kurang sepadan. Peningkatan terbesar dari Zenfone 5 ke Zenfone 5Z terletak di spesifikasi prosesor dan memori.

      5. Ya.

  38. Di artikel nya pak herry ada kalimat

    “Sayang di menu bawaan ponsel tidak tersedia pilihan untuk mencegah ponsel memasuki jaringan 4G. Padahal, dalam kondisi tertentu hal itu diperlukan. Sebab, bila nomor yang tidak berlangganan paket data dibiarkan memasuki jaringan 4G, biarpun layanan internet sudah dinonaktifkan, kemungkinan pulsa terpotong tetap terbuka lebar”

    Kalau xiaomi mia1 dan mia2 apa juga begitu pak?
    Oya pak herry. Xiaomi android one kan bebas iklan kan ?
    Tidak kayak xiaomi yang pakai emui yang ada iklannya
    Makasih pak..

    1. Pak Sanjaya,

      Di Mi A2 begitu. Naskah review itu kan membang membahas Mi A2. Saya lupa di Mi A1 seperti apa.

      Ya, Android One bebas iklan. Yang ada iklannya itu MIUI, bukan EMUI.

      1. Kalau yang mia2 lite bagaimana pak herry?
        Apa jaringannya juga terkunci di 4G saja

        Iya pak saya pingin membeli mia1,
        menurut pak herry apa masih rekomemdasi kah?

        1. Pak Sanjaya,

          Saya tak pernah menguji pakai Mi A2 Lite dalam jangka waktu memadai. Jadi, menu detail tak tahu. Kamera sih jauh di bawah Mi A2.

          Mi A1 mestinya sudah kurang menarik. Kecuali, ingin Android One dan anggaran yang tersedia tak cukup untuk meminang Android One terbaru.

  39. Mau tanya tentang operator pak Herry, khususnya untuk coverage di dalam mall Surabaya karena saat ini mulai sering pakai uang elektronik yang notabene butuh koneksi internet yang stabil di dalam gedung.

    Dari operator yang ada, manakah yang coverage dalam mall di Surabaya paling luas dan kuotanya lebih ekonomis? Mungkin bisa di rangking.

    Untuk Volte, sebenarnya apa kelebihannya? Apa hanya bisa untuk telefon saja?

    1. Pak Budi,

      Yang secara umum andal dipakai di dalam mal hanya satu sih: Telkomsel. Namun, ya begitu, harganya nggak bisa dibilang murah.

      Kelebihan VoLTE: bisa bertelepon di jaringan 4G. Itu saja. Iya, sesuai namanya kan, Voice over LTE.

  40. Sore Pak HSW,

    Mau tanya. Kalo dari segi baterai dan kamera, hp apa yg terbaik untuk rentang harga 3 – 4,5 jt?
    Lalu, kalo membandingkan dari aspek kamera dan baterai, lebih baik vivo v11Pro atau Mi A2? Trmksh pak

    1. Bu Nathania,

      * Hmmm… kombinasi seperti itu yang paling pas malahan Xiaomi Redmi Note 5 yang harga barunya kurang dari Rp3 juta.
      * Kamera menang Mi A2, sedangkan daya tahan baterai menang V11 Pro.

  41. Pak HSW,
    Kalau budet 3 jutaan, keperluannya browsing, email, kamera bagus dan nge-game agak berat seperti pugb,rekomendasinya apa?
    Apakah Mi A2 bisa menjawab kebutuhan ini?
    Terima kasih.

    1. Pak Ricky Santana,

      Nge-game berarti perlu ponsel yang baterainya awet. Mi A2 berarti nggak cocok.

      Kalau semua kriteria harus terpenuhi, ambil Xiaomi Redmi Note 5 saja. Harga kurang dari Rp3 juta. Kalau kamera boleh cukup bagus saja, silakan membeli Asus Zenfone Max Pro M2 4/64 Rp3,199 juta.

      1. Pak herry selamat siang saya mau bertanya jika dihadapkan pilihan untuk memilih antara mi a2 vs zenfone max pro m2 dengan ram dan rom yang beredar di indonesia untuk bermain game yang berat seperti pubg lebih baik memilih yang mana ya pak? Dengan catatan mengabaikan kamera dan batrai. Jadi murnrni untuk game saja.

        1. Pak Donny,

          Karena saya tak suka bermain game, sedangkan pertanyaan Anda spesifik gaming, saya tidak berani menjawabnya.

  42. Pak herry

    Untuk budget 2,5 jutaan dgn mengutamakan kamera dan daya baterai, antara :
    Xiaomi Redmi note 5
    Asus zenfone max pro m1
    Lebih recommended yg mana ya pak?

    1. Bu Niken,

      Redmi Note 5 unggul tipis di kamera, sedangkan Zenfone Max Pro M1 menang tipis di daya tahan baterai. Silakan Anda pilih berdasarkan faktor mana yang Anda nilai lebih penting.

  43. radmi 5a dpt update miui10 tpi ada kbr kalo miui10 ada bug memory card tdk terbaca dianggap rusak Giman om menangapinya dan solusinya

    1. Pak Yudi,

      Saya belum menemukan fitur yang benar-benar membuat saya jatuh hati dan merasa wajib memiliki ponsel dengan Android Pie. Perubahan yang saya rasakan baru sebatas ponsel terasa lebih smooth.

  44. Ko Herry,

    Mau tanya dengan pure androin / stock android dari Mi A2 Lite dan Zenfone Max Pro M2. Apakah kedua ponsel tersebut memiliki fitur dual apps (seperti di MIUI) ?
    Terima kasih.

  45. Sya mau tany, kenapa yang masuk Indonesia hanya varian 4/64? Kenapa pihak Xiaomi tidak memasukan varian 6/128 ke Indonesia?

    1. Pak Esra Christian,

      Hmm… pertanyaan ini cocoknya ditujukan kepada pihak Xiaomi. Saya tidak mengetahui jawabannya. Xiaomi pasti memiliki alasan tertentu.

  46. Yth. Pak HSW

    Mau tanya lagi Pak, terkait kualitas hasil kamera dalam kondisi cukup cahaya:

    1. Apakah perbedaan kamera Mi A2 sangat signifikan dibanding Redmi Note 5? Sepadankah jika dibandingkan dgn perbedaan harga diantara keduanya?

    2. Apakah perbedaan kamera Zenfone Max Pro M1 sangat signifikan dibanding Redmi Note 5?

    3. Manakah yg kualitas hasil kameranya lebih baik antara Mi A2 dengan Zenfone Zoom S? Apakah sangat signifikan?

    4. Manakah yg kualitas hasil kameranya lebih baik antara Mi A2 dengan Pocophone F1? Apakah sangat signifikan?

    5. Pada rentang harga 2 s/d 5 juta, ponsel manakah yg kualitas hasil kameranya terbaik?

    Setiap komentar/bertanya di blog Pak HSW, saya selalu bikin cerpen. Haha
    Terima kasih sekali atas artikel-artikel informatif yg Pak HSW sajikan

    1. Pak Karim Karisma,

      1. Lumayan. Sepadan.
      2. Ya, cukup signifikan.
      3. Mi A2. Lumayan.
      4. Mi A2. Sangat signifikan.
      5. Mi A2.

  47. Permisi, Pak HSW..
    Saya beberapa kali menjumpai iklan Mi A2 di televisi. Apakah Xiaomi sudah merubah kebijakan untuk tidak membuat iklan produknya?
    Apakah dengan adanya iklan tersebut mempengaruhi harga menjadi lebih mahal?
    Kabar sebelumnya mengatakan bahwa Xiaomi
    tidak pernah membuat iklan untuk menekan harga jual agar bisa lebih murah.
    Dengan kata lain, apakah sebenarnya harga Mi A2 bisa lebih murah seandainya tidak membuat iklan? Menurut Pak HSW apakah dengan harga Rp. 3,699 juta apakah sudah pas/tidak terlalu mahal?
    Kalau menurut saya seandainya bisa lebih murah Rp. 200.000 sampai Rp. 500.000 pasti kebih menarik. Hehe..
    Terimakasih, Pak..

    1. Pak One Andro,

      Informasi yang saya dapat, iklan Mi A2 di televisi dan billboard dibayar oleh Google. Kebijakan Xiaomi belum berubah.

      Sudah pas kok. Sebagai konsumen sih kita inginnya semurah mungkin ya.

  48. Saya dapet flashsale shopee mi A2 harga 2,9 jt tapi belum di bayar. Masih galau soalnya belum terlalu butuh hp baru. Kalau menurut pak Henry kira-kira di beli jangan? hehehe

  49. Pak numpang tanya dong. Td udh coba mi a2 itu kayanya minimal aplikasi macam2. Maksudnya android resmi gt ya? Bersih tanp banyak aplikasi bawaan spt samsung yg ngg ngg diapus dan menghabiskan memori? Kalau biasa pake ipon 6s pake mi a2 terasa bedanya pak?

    1. Pak Bon,

      Mi A2 termasuk seri Android One. Aplikasi bawaannya memang minim. Cocok buat pengguna yang tidak suka dengan bloatware macam-macam.

      ipon 6s itu benda apa ya, Pak? Saya tak pernah mengetahuinya.

  50. Mau nanya koh.. bila harus memilih dari segi hasil kamera belakang mana yg terbaik menurut koh Herry antara zenfone 5 vs V11 pro vs pocophone ?

    1. Pak Gosbo Aja,

      Zenfone 5 dan V11 Pro relatif imbang. Dengan memperhatikan harga terbaru masing-masing ponsel, saya condong ke Zenfone 5.

  51. Koh HSW yth,

    Antara hape +/-3,5jt-an ini:
    Mi A2 4/64,
    Mi8 4/64,
    Note 5 6/64,
    Zenfone 5 4/64,
    Zenfone Max Pro M2 6/64
    Realme 8/128
    V9 6/64
    F7 6/128
    untuk dipakai 2-3 thn kedepan, diurutkan dari paling ok.

    Thank u koh HSW.

    1. Pak JST,

      Beberapa ponsel langsung saya buang dulu karena tidak beredar resmi atau sudah terasa terlalu usang: Mi 8, V9, dan F7.

      Harga Mi A2 saat ini Rp2,999 juta. Ponsel itu saya letakkan di urutan pertama, disusul Zenfone 5 4/64, Redmi Note 5 6/64, Zenfone Max Pro M2 6/64, dan Realme 8/128.

        1. Pak JST,

          Mi A2. Namun, kalau harga Mi 8 Lite sama dengan Mi A2 atau maksimal lebih mahal Rp200 ribu, saya pilih Mi 8 Lite.

          1. Pak Gosbo Aja,

            Performa relatif imbang, tetapi harga ritel resmi Zenfone 5 lebih murah Rp1,4 juta.

  52. Sudah 1 tahun lebih ini saya menggunakan Mi A1, ada rencana upgrade ke A2, tapi dengar isu akan keluar Redmi Note 7 48 Mp. Saya mengutamakan kamera dan hardware menengah spy tidak menguras kantong. Kalau dgn kelas flagship, Mi A2 ini kameranya sekelas dgn apa ya pak?

    1. Pak Chandra A.,

      Apakah Anda mengutamakan kinerja kamera? Kalau iya, ambillah Mi A2. Kalau Anda rela kinerja kamera sedikit lebih jelek, tetapi baterai lebih awet, ambillah Mi 8 Lite.

  53. mau nanya nih Koh
    kalo opsi smartphone lain dengan spek dan kinerja setara Xiaomi Mi A2 tapi ada tambahan slot micro SD nya apa ya Koh?
    terima kasih

    1. Pak Yogis,

      Xiaomi Mi 8 Lite. Selot kartunya hybrid. Silakan memilih akan memasangkan dua nano SIM atau satu nano SIM + satu microSD.

        1. Pak Yogis,

          Kalau Anda tak perlu NFC dan dengan memperhatikan harga terkini, saya lebih condong ke Mi A2.

  54. Pak hery melihat harga Mi A2 yg sudah turun bpk lebih milih mana ya dibanding dengan redmi note 5 4/64?

    1. Pak Wandi,

      Bergantung Anda lebih mementingkan hasil kamera (Mi A2) atau daya tahan baterai (Redmi Note 5).

      1. 1. klo kualitas kamera dan video yg lbh baik dr mia2 (merk xiaomi) yg mana aja mas (tanpa liat harga)?
        2. kamera dengan kualitas rekam video terbaik untuk saat ini mnurut mas (tdak liat harga)?
        3. kamera dan video terbaik rentan harga dibawah 5jt (semua merk) versi mas?

        thx hsw

    1. Bu Dewi,

      Hmmm… tidak ada yang unggul di dua faktor sekaligus. Mi A2 menang di kamera, sedangkan V15 menang di baterai.

  55. Koh Herry, saya sudah pake MiA2… cuman kalo di ruang yang temaram (misalnya bioskop saat film utama belum mulai) kok hasilnya parah sekali ya kamera selfienya? jadi bukan buram, tapi dia seperti lama capture gambarnya, lalu kalo kita gerakkan HPnya, dia bergerak juga, jadi nggak keruan gambarnya. Apakah koh Herry juga mengalami hal yang sama?

    1. Pak Christian Budi S,

      Kinerja kamera depan Mi A2 memang tidak semantap kamera belakangnya.

      Lama meng-capture gambar merupakan hal wajar. Sebab, pencahayaan di dalam gedung bioskop kan relatif minim. Kamera ponsel otomatis akan memperlambat kecepatan rana.

  56. Om herry
    kan kasih kabar diskon shopee
    xiaomi mia2 di twitter,
    saya berminat mau beli tapi,
    * apakah bener hp nya jaringan nya tidak bisa di turinin ke 3G ? saya baca artikel diatas ?
    * Kalau perbandingan dengan xiaomi redmi note 5 rekomend yang mana om ?
    * Xiaomi redmi note 5 apakah jaringan nya
    bisa di turunin ke 3G om ?
    Makasih

    1. Pak Zekrom,

      * Bukan tidak bisa turun ke 3G. Yang benar: nomor yang tidak dipakai untuk berinternet tak bisa dikunci agar maksimal berada di jaringan 3G.

      * Kalau Anda mengutamakan kinerja kamera, Mi A2 lebih bagus. Kalau Anda mementingkan daya tahan baterai sekaligus kinerja kamera yang cukup bagus, Redmi Note 5 lebih menarik. Kamera Redmi Note 5 tidak jelek. Namun, kalau diadu dengan kamera Mi A2, kamera Redmi Note 5 harus diakui kalah prima.

      * Bisa.

      1. Jadi om herry Kesimpulannya
        *Karena tak bisa di kunci agar maksimal di jaringan 3G, berati jaringan nya 4G dong,?
        Biasanya pilihan nya 2G, 3G, 2G/3G ,2G/3G/LTE
        Jadi Xiaomi mi a2 bila saya tidak punya paket data, maka pulsa saya akan tetap terpotong meskipun saklar data kondisi off ?

        *bagaimana dengan redmi note 5 om herry?
        Apakah juga demikian, bila saya tidak punya paket data, maka pulsa saya akan tetap terpotong meskipun saklar data kondisi off ?
        Kayak nya aman ya om, karena redmi note 5 bisa di turunin ke 3G,

        1. Pak Zekrom,

          Anggaplah Anda memasangkan dua nomor di Mi A2. Keduanya tidak memiliki paket data. Salah satu nomor berpotensi mengalami pengurangan pulsa sedikit demi sedikit.

          Hal serupa tidak terjadi di Redmi Note 5.

  57. Pak HSW, saya mau bertanya
    Saya lihat harga hp ini di shopee sdh menjadi 2.3jt bahkan sempat flashsale diharga 2.2jt. Dan harga 2.3 jt ini masih bertahan.

    Pertanyaannya apakah mmg ada revisi harga untuk hp ini ? Atau itu hanya harga promo ? Atau harga cuci gudang ?
    Mengingat sebenarnya hp ini jg sdh mengalami revisi harga menjadi 3jt rupiah.

    1. Pak Jem,

      Harga ritel resmi Mi A2 sejak pertengahan Februari 2019 sampai sekarang masih Rp2,999 juta. Belum ada revisi harga lagi.

      Di Shopee sempat menyentuh Rp2,199 juta dan Rp2,299 juta karena ada promo dari Shopee. Harga kulakan toko pun masih jauh lebih tinggi daripada harga tersebut.

  58. Pak Herry, mi 2a 4/64 turun harga jadi kisaran 2,3 jutaan. dengan harga segitu, sangat layak beli ketimbang redmi note 5 4/64 betul?

    1. Pak Dewa,

      Mi A2 (bukan Mi 2A) harga segitu merupakan harga promo dari Shopee. Harga ritel resmi sebenarnya masih Rp2,999 juta.

      Apakah lebih layak beli dibandingkan Redmi Note 5? Kalau Anda mengutamakan kamera, jawabannya ya. Kamera Mi A2 lebih bagus daripada Redmi Note 5.

      Namun, kalau Anda mencari ponsel dengan kamera yang tergolong bagus sekaligus dibekali baterai yang awet, Redmi Note 5 lebih layak dibeli.

    1. Pak Lilik_stwan,

      Ya, bisa fokus otomatis, bisa pula manual.

      Beda dong. Makro itu khusus pemotretan jarak dekat.

  59. Hai Ko HSW,

    Sepertinya pihak Xiaomi Indonesia mulai jor-joran menjual Xiaomi Mi A2 4/64 GB. Soalnya sudah 2 hari ini Shopee menjualnya seharga Rp. 2,199jt dlm Flash Sale pkl 12-18 WIB. Bahkan setiap harinya dlm permainan Shopee Serba 10.000, pembeli yg beruntung bisa memiliki ponsel apik ini dgn harga Rp. 10rb saja!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *