Review Xiaomi Mi Note 10 Pro: Kamera Juara, Fitur Lain Komplet

Membahas Xiaomi Mi Note 10 Pro tanpa mengulas kameranya ibarat memasak sup ayam tanpa garam, merica, dan kaldu ayam. Hambar. Sebab, kamera merupakan nilai jual utama ponsel itu. Mi Note 10 Pro merupakan ponsel pertama di dunia dengan kamera 108 megapiksel dan lima kamera belakang (penta camera).

Kalau diurutkan dari atas, kamera pertama Mi Note 10 Pro berupa lensa tele 5x optical zoom dan Optical Image Stabilization (OIS). Di lembar spesifikasi yang dirilis Xiaomi, kamera itu dinyatakan beresolusi lima megapiksel. Namun, mengacu kepada uji pakai yang dilakukan penulis alias HSW, lensa kamera tersebut sebenarnya sudah mulai dipakai ketika pengguna mengatur zoom pada 3,8x. Foto yang dihasilkan beresolusi delapan megapiksel.

Di bawahnya, terdapat kamera kedua dengan lensa tele 2x optical zoom. Kamera tanpa OIS itu sanggup menghasilkan foto beresolusi 12 megapiksel. Kala pengguna mengaktifkan mode portrait, ponsel otomatis bakal memanfaatkan kamera kedua tersebut.

Kamera utama Mi Note 10 Pro berada di tengah. Kamera ketiga itu menggunakan delapan lapis lensa sudut lebar yang di ponsel sebenarnya tergolong lensa standar. Bukaan lensanya f/1,69 dan dilengkapi OIS. Ia sanggup menghasilkan foto beresolusi hingga 108 megapiksel.

Untuk mendapatkan foto beresolusi sebesar itu, pengguna wajib memilih mode 108 megapiksel saat akan memotret. Bila pengguna memakai mode normal, foto yang dihasilkan ”hanya” beresolusi 27 megapiksel.

Kamera keempat Mi Note 10 Pro memanfaatkan lensa sudut ekstralebar 117 derajat yang sanggup menghasilkan foto beresolusi 20 megapiksel. Kamera kelima yang berada di posisi terbawah merupakan lensa makro. Terlihat paling mungil, kamera itu siap dipakai mengabadikan objek dengan jarak sangat dekat. Foto makro yang dihasilkan beresolusi dua megapiksel.

Selain mode pemotretan portrait dan 108 megapiksel, tersedia mode malam (night) dan profesional. Pada mode profesional, pengguna leluasa mengatur white balance, pemfokusan, kecepatan rana, ISO, metering, dan lensa kamera yang ingin dipakai. Kecepatan rana dapat diubah mulai 1/1000 sampai 32 detik, sedangkan ISO mulai 100 sampai 3200.

Kalau difungsikan sebagai perekam video, kamera Mi Note 10 Pro mampu menghasilkan klip video beresolusi maksimal 4K 30 bingkai per detik (fps, frame per second). Cukup satu kali menekan layar, pengguna dapat mengaktifkan mode vlog. Mode vlog itu amat mempermudah pengguna menghasilkan vlog singkat berdurasi maksimal 12 detik, lengkap dengan efek gambar dan suara latar.

Beralih ke kamera depan. Satu-satunya kamera di sisi muka Mi Note 10 Pro sanggup menghasilkan foto beresolusi 32 megapiksel dan klip video beresolusi maksimal full HD 1080p 30 bingkai per detik.

Secara umum kamera Mi Note 10 Pro amat pantas disebut bagus. Kamera utama dan kamera tele 2x-nya mampu menghasilkan gambar yang mengesankan. Demikian pula kamera makronya.

Sementara itu, kamera tele 5x dan kamera berlensa sudut ekstralebar 117 derajat kalah prima dalam menangkap detail objek. Kendati demikian, dua kamera tersebut tak bisa disebut ala kadarnya. Keduanya masih tergolong cukup bagus dan bermanfaat dalam pemakaian sehari-hari.

Untuk menjajal kamera tele 5x Mi Note 10 Pro, HSW sengaja mengunjungi kebun binatang. Burung-burung di dalam sangkar menjadi sasaran utama. Jerapah yang berada jauh di dalam kandang juga dibidik. Hasilnya tergolong cukup bagus. Tidak sangat tajam, tetapi masih amat bisa diterima oleh mata. Masih sanggup pula memantik komentar, ”Wuih… bagus! Beneran difoto pakai ponsel? Tanpa editing sama sekali?”

Ketika Mi Note 10 Pro rutin dipakai, lambat laun pengguna bakal merasakan kalau ponsel itu bukan hanya berjualan kamera. Fitur-fitur lain ponsel dengan Android 9 Pie dan MIUI 11 tersebut juga komplet. Wi-Fi, bluetooth, dan GPS seperti biasa pasti tersedia. Ada pula inframerah yang dapat difungsikan sebagai pengendali jarak jauh (remote control) televisi, AC, dan aneka peranti elektronik lain. NFC? Ada dong!

Layar lengkung AMOLED 6,47 inci beresolusi full HD 2.340 x 1.080 piksel di ponsel itu nyaman dipandang mata. Permukaan kaca layar maupun bodi belakang menggunakan Corning Gorilla Glass 5. Sensor sidik jari yang berada di dalam layar tergolong sangat responsif. Pemindai wajah (face unlock) Mi Note 10 Pro juga gegas.

Di bagian bawah ponsel, pengguna akan menjumpai speaker, mikrofon, konektor pengisi daya USB tipe C, dan konektor audio 3,5 milimeter. Selot kartu yang siap menampung dua nano SIM tersedia di sisi kiri ponsel. Sepasang nomor yang diselipkan ke Mi Note 10 Pro dapat siaga bersamaan di jaringan 4G LTE. Ponsel itu kompatibel dengan layanan native VoLTE Smartfren.

Pengguna Mi Note 10 Pro tak bisa memasangkan kartu microSD ke ponsel. Kendati demikian, seharusnya hal tersebut tidak perlu dirisaukan. Pasalnya, ponsel itu sudah dibekali memori yang tergolong besar: RAM 8 GB dan ROM 256 GB. Saat ponsel kali pertama diaktifkan, ruang kosong di memori internal masih 239,69 GB.

Always on display, raise to wake, double tap screen to wake, dan radio FM yang siarannya bisa direkam merupakan sebagian fitur lain Mi Note 10 Pro. Ada pula dual apps untuk mengkloning aplikasi dan second space.

Ponsel dengan tampilan fisik mewah itu menggunakan prosesor delapan inti (octa core) Qualcomm Snapdragon 730G dengan kecepatan hingga 2,2 GHz. Meski bukan memakai prosesor Snapdragon kelas teratas alias seri 800, Mi Note 10 Pro tetap senantiasa gegas saat dipakai menjalankan berbagai aplikasi. Kala memakainya untuk multitasking, pengguna seharusnya langsung merasakan perbedaan tingkat kegegasan dengan ponsel berprosesor Snapdragon 710 dan 712.

Baterai tanam berkapasitas 5.260 mAh menjadi sumber daya Mi Note 10 Pro. Dengan perilaku pemakaian ala HSW plus aktif dipakai untuk tethering, sekali diisi ulang hingga penuh, baterai ponsel itu setidaknya mampu bertahan mulai pagi sampai tengah malam. Proses pengisian ulang daya relatif cepat. Bila memakai charger bawaan yang mempunyai output 30 Watt, baterai ponsel biasanya tuntas terisi penuh dalam satu jam sepuluh menit saja.

Sekarang ponsel berdimensi fisik 157,8 x 74,2 x 9,67 milimeter dan berat 208 gram itu dibanderol Rp6,999 juta. Mi Note 10 Pro tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu midnight black, glacier white, dan aurora green.

Kalau dirangkum dalam satu kalimat, perpaduan antara kamera bagus, gegas, fitur lengkap, dan baterai tahan lama menjadi kombinasi sisi menarik Mi Note 10 Pro. Seperti kata peribahasa, tiada gading yang tak retak. HSW mencatat tiga kekurangan ponsel itu.

Pertama, usai dipakai memotret, waktu yang dibutuhkan ponsel untuk memproses foto hingga selesai tersimpan cukup lama. Pada mode bukan 108 megapiksel, durasi pemrosesan 2-3 detik. Saat pemrosesan berlangsung, ponsel tetap bisa dipakai memotret, tapi tak dapat melakukan preview foto. Harap dicamkan kalau jeda waktu pemrosesan itu berbeda dengan shutter delay atau shutter lag. Ketika tombol rana (shutter button) ditekan, kamera tetap langsung memotret objek yang dibidik.

Lama pemrosesan akan membengkak menjadi 8-9 detik jika mode 108 megapiksel aktif. Sekitar tiga detik pertama, kamera ponsel tidak bisa dipakai memotret.

Kedua, hasil foto kadang tidak konsisten, terutama bila dipakai memotret objek berwarna kuning. Cobalah memotret telur dadar. Warna foto yang dihasilkan bukan mustahil sesekali meleset jauh dari warna asli objek.

Ketiga, kamera belakang ponsel terlalu menonjol. Kondisi ini sebenarnya terjadi pula di beberapa tipe ponsel Xiaomi dan Redmi. Jelly case yang disertakan di dalam paket penjualan Mi Note 10 Pro, menurut HSW, masih kurang mampu melindungi kamera belakang seandainya bergesekan dengan meja atau bidang datar lain.

HSW menyarankan pemilik Mi Note 10 Pro membeli case buatan pihak ketiga. Setelah mencoba beragam case pelindung ponsel, ada dua case yang HSW rekomendasikan untuk Mi Note 10 Pro.

Kalau anggaran tak terlalu banyak, belilah rugged case tanpa merek ini. Harga jualnya di pasar daring berkisar Rp80 ribu. Perhatikan kesesuaiannya dengan foto yang HSW berikan. Sebab, hasil pencarian dengan kata kunci rugged case pasti akan memunculkan banyak sekali pilihan case.

Silakan meminang Ringke Fusion X bila anggaran yang tersedia mencapai Rp200 ribuan. Untuk meminimalkan kemungkinan memperoleh produk palsu, pilihlah penjual yang telah melakukan banyak penjualan dan bereputasi bagus. Merujuk kepada pengecekan stok yang dilakukan hari ini (19 Februari 2020) di Blibli, Tokopedia, dan Shopee, HSW merekomendasikan penjual dengan nama akun Unicase Store.

Kesimpulan akhir versi HSW, dengan memperhatikan spesifikasi, kinerja, dan harga jual, Xiaomi Mi Note 10 Pro adalah ponsel yang sangat menarik untuk dibeli. Ponsel itu ibarat gawai nyaris aluguda. Apa lu mau, gua ada!

Mending membeli Mi Note 10 Pro atau cukup Mi Note 10 yang harganya lebih murah Rp800 ribu? Saat ini HSW belum bisa menjawabnya. Jawaban yang menukik baru dapat diberikan ketika kelak HSW telah menguji pakai Mi Note 10 dan terutama mencermati perbedaan hasil fotonya.

***

Berikut contoh foto yang dihasilkan Mi Note 10 Pro. Agar lebih ringan diakses, seluruh foto sudah menjalani proses resize dan kompresi file yang pasti akan menurunkan kualitas foto. Silakan berkunjung ke tautan ini bila ingin melihat foto-foto dalam ukuran jauh lebih besar.

Mari membandingkan tampilan foto dengan zoom 0,6x; 1x; 2x; 5x; 10x; dan 50x.

Kamera 108 megapiksel untuk apa sih? Manfaatnya akan terasa saat kita perlu melakukan cropping foto dengan cukup ekstrem. Perhatikan area yang ditandai dengan warna merah.

Seperti ini hasilnya bila di-crop. Seandainya pemotretan memakai kamera beresolusi rendah, foto hasil crop akan terlihat lebih pecah.

Langsung dari menu kamera, pascapemotretan memakai mode portrait pengguna bisa menambahkan efek light trails.

Tahu Pong Karangsaru Semarang yang sempat viral karena salah satu pelanggan setianya adalah big boss Djarum dan BCA. Yang terlihat di foto menu pong emplek gimbal.  Harganya Rp25.500 per porsi.

Kini menjajal kamera makro Mi Note 10 Pro.

Agar ukuran nyamuk bisa dibayangkan, inilah perbandingan si nyamuk nakal dengan telapak tangan HSW.

Tidak disarankan berlanjut ke foto berikutnya. Namun, kalau tetap ingin melihat contoh hasil kamera depan Mi Note 10 Pro, risiko mual-letih-lesu menjadi tanggungan masing-masing ya.

***

Tangkapan layar Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

129 thoughts to “Review Xiaomi Mi Note 10 Pro: Kamera Juara, Fitur Lain Komplet”

  1. Pak, redmi note 8 pro ngga di review kah? Knp ya secara antutu sd730g kok kalah sama mediatek g90? Sy penasaran dgn itu.. Krn harga beda 2x lipat lebih murah dibanding mi note 10 pro

    1. Pak Henry Kusuma,

      * Sudah saya review di Twitter.
      * Antutu itu tidak bisa menggambarkan keseluruhan kinerja ponsel lho. Jadi, Antutu boleh dijadikan salah satu patokan, tetapi jangan dijadikan patokan mutlak.
      * Lha kamera dan layar Redmi Note 8 Pro kan tidak semantap Mi Note 10 Pro. Kapasitas baterai dan memori juga kalah besar.

  2. Maaf mau bertanya pak HSW menurut pak HSW
    1. Apakah merk Realme itu sengaja untuk meniru / mengambil nama pelafalan yang sedikit di ‘dekatkan’ dengan Redmi , dari nama saja kog hampir² mirip, apakah memang strategi pemasaran aja ?
    Misal ada Blackberry , ada semacam merk Blueberry ( waktu itu lagi booming nyabponsel Qwerty keypad )
    2. Kalo tidak salah kan ( kalo salah mohon dikoreksi ) Oppo, Vivo dan Realme kan satu grub dalam produksinya
    Menurut pak HSW apa yang membedakan / sasaran dari ketiga merk tersebut, dengan perbandingan harga yang sama ( mendekati )

    1. Pak Febrianto,

      1. Yang ini saya tak tahu jawabannya. Pihak Realme yang seharusnya bisa menjawab.

      2. Ya, tetapi di pasar tetap bertempur. Oppo + Realme masih ada hubungan erat, sedangkan Vivo semacam saudara jauh. Oppo membidik kelas menengah dan premium, sedangkan Realme dijadikan fighting brand untuk menghajar pasar bawah dan menengah.

  3. Boss HSW, kira2 adakah yang fitur dan kinerja kameranya mirip2 dengan Mi Note 10 Pro tanpa memperhitungkan 108 Mpixel, tapi dengan harga kurang dari 4 juta? Bekas juga tidak masalah.

  4. Dear koh Herry,

    Saya bingung mau pilih realme x2 pro atau xiaomi note 10 pro? Bisa tolong kasih saran koh? Makasih koh

    1. Pak Vicky,

      Yang dimaksud Realme X2 Pro dan Xiaomi Mi Note 10 Pro kan?

      Kalau mengutamakan prosesor dan charging cepat, ambil X2 Pro. Pengisian daya di Mi Note 10 Pro sebenarnya sudah tergolong cepat. Namun, X2 Pro lebih cepat lagi.

      Kalau lebih cenderung ke ponsel dengan kinerja keseluruhan bagus, Mi Note 10 Pro lebih menarik dibeli.

  5. itu yg foto gedung malam pakai lensa ultrawide ya koh? kalau bener, hasilnya bagus ya. selama ini hp yg pakai lensa ultrawide hasil ultrawidenya pasti jelek dan sekedar ada. kecuali yg harganya diatas 10 juta. hehe

    1. Pagi ko Herry, lgsg nanya nich, lebih baik mana Asus zenfone 6 atau Xiaomi Mi note 10 Pro
      – Camera
      – kinerja keseluruhan
      – fitur
      – lebih layak dibeli
      Terima kasih

      1. Pak Victor,

        Dengan mempertimbangkan aneka faktor tersebut, saya lebih merekomendasikan Xiaomi Mi Note 10 Pro.

  6. Tone warna dan kualitas yang di hasilkan kamera mi note 10 pro kurang konsisten yaa meski di foto di angle dan kondisi yang sama hasilnya kadang beda. Persis seperti yang di katakan temen saya yang dah beli nih hp. Menurut pak herry, bila di bandingkan dengan huawei p30 pro… Bagusan manakah hasil kamera depan dan belakang antara huawei p30 pro dan xiaomi mi note 10 pro. Terutama bila dipakai memotret objek bergerak seperti mobil yang melaju.

    1. Pak Minan Rohman,

      Seperti yang saya sebutkan di naskah, hasil foto kadang kurang konsisten. Terutama, bila memotret objek berwarna kuning.

      Untuk mobil bergerak pada siang hari sih relatif imbang. Low light menang P30 Pro. Zoom 50x lebih bagus Mi Note 10 Pro.

      1. Selamat sore koh hery
        Maaf koh OTT
        saya hendry dari malang
        Mau tanya koh..menurut kokoh dengan budget kurleb 1,3 juta hp apa yang rekomended dari kokoh
        Mohon bantuan yaa koh
        Terima kasih

  7. Untuk kelemahan foto ada jeda 2-3 detik (Mode 27mp) dan 9 detik (Mode 108Mp), apakah kelemahan ini dari hardware prosesornya tidak mampu mengolah data 108Mp dengan cepat atau sekadar kelemahan software yang bisa saja jadi cepat di update software berikutnya? Terima kasih

  8. Untuk rentang harga menurut saya sangat kompetitif dengan asus zenfone 6,
    1. Melihat dari kualitas kamera hsw merekomendasikan asus zenfone 6 atau xiaomi redmi note 10 pro?
    2. Untuk daya tahan baterai dari kedua gawai itu mana yang lebih tangguh dengan pemakaian ala hsw?
    3. Dari dua gawai itu jika hanya melihat kegegasan saja mana yang lebih hsw rekomendasikan?
    Trimakasih

      1. Dear pak Herry,

        Apa bener kalo beli hp disarankan bulan maret, katanya harga sering dikasih promo? Sy pernah baca di sebuah artikel. Makasih pak

        1. Pak Vicky,

          Tidak benar. Promo biasanya sering terjadi menjelang Lebaran, Natal, dan Tahun Baru. Namun, hal itu juga bergantung suatu ponsel sudah lama diluncurkan atau baru diluncurkan. Kalau baru diluncurkan, bisa-bisa tak ada promo.

  9. Bang, mau tanya dong saya mau beli hp tp bingung mau beli mana antara xiaomi redmi note 8 atau realme 5 pro, saya sudah coba loat review youtube dan lain lain tp tetap saya bingung, tolong saran nya dong bang ??

    1. Bu Arfiyah Noviyanti,

      Redmi Note 8 bukan berada di kelas yang sama dengan Realme 5 Pro. Jadi, kalau pilihannya dua ponsel itu, ya jelas ambil Realme 5 Pro.

  10. Selamat malam pak herry, hp saya xiaomi redmi note 4 snapdragon, garansi resmi. Saat ini kemampuan batterainya menurun, dan saya ingin ganti baterai. Akan tetapi di kota saya tidak ada service center xiaomi, dan kalo harus ke service center cukup jauh
    Pertanyaan :
    1. Bisakah baterainya saya beli online dari service center xiaomi?
    2. Kalo tidak bisa, bisakah diganti baterai oem, dan rekomendasi bapak apa?
    Terima kasih

    1. Pak Purwoko Adhi Widhi Nugroho,

      1. Tidak bisa. Pusat perbaikan resmi Xiaomi tidak menjual suku cadang tanpa pemasangan di tempat. Saran saya, coba hubungi layanan pelanggan Xiaomi yang tersedia di tautan berikut: https://www.mi.co.id/id/service/online/. Coba ceritakan permasalahan Anda. Kalau suku cadang baterai Redmi Note 4 ternyata masih tersedia, siapa tahu mereka bisa mengatur layanan ambil-antar via jasa ekspedisi.

      2. OEM versi pedagang di sini itu sama saja dengan baterai aspal. Saya tidak merekomendasikannya.

      1. Terima kasih atas saran pak herry. Sesuai informasi dari pak heri dan customer service xiaomi yang saya hubungi, saya harus membawa hp saya ke service center terdekat untuk diperbaiki. Dan memang untuk saat ini belum ada layanan pembelian spare part xiaomi secara online

  11. Dear pak Herry,

    Apakah pemakaian jelly case atau rugged case yang bagus akan mengurangi atau meredam benturan seandainya HP terjatuh?

    Terima kasih.

      1. Hallo Pak Herry
        Bagaimana kabarnya?
        Semoga sehat selalu
        Pak, saat ini saya menggunakan samsung galaxy note 9, jika upgrade ke Mi Note 10 Pro, apakah itu sebuah pilihan yang bijak?
        Atau saya bertahan di hp ini dulu untuk beberapa tahun ke depan?
        Terima kasih sebelumnya.

        1. Pak Alvo,

          Pertanyaan Anda hampir tidak terjawab karena tersesat ke folder spam. Saya barusan tak sengaja menemukannya.

          Kabar baik, Pak. Mulai bosan di rumah saja nih. Namun, berusaha bertahan demi keamanan bersama.

          Mi Note 10 Pro layak beli sih.

  12. Pak hsw, apakah hasil camera dari mi note 10 pro lebih bagus daripada huawei P20pro?
    Lebih worth huawei p30pro atau mi note 10 pro bila dicompare secara overall?
    Thanks

    Regards,
    Albert

  13. Pak Herry saya mau bertanya. Saya ingin membeli HP yang fokus pada Kamera, Perekaman Video, dan kenyamanan seperti melihat Youtube atau bermain Medsos.

    Bila ada 2 Pilihan Xiaomi Mi Note 10 Pro dan Huawei P30 Pro. Mana yang sekiranya lebih cocok saya beli ?
    terima kasih Pak.

  14. Pak Herry, apakah benar proses charging hingga terisi penuh 100% hanya 1 jam 10 menit? Mulai chargingnya saat kapasitas baterai berapa persen Pak?

    Memang sih kalau menurut klaimnya Xiaomi bisa terisi penuh dalam 64 menit, tapi dalam kenyataannya saya membutuhkan waktu sekitar 1 jam 30 menit untuk penuh terisi, saya pun menggunakan charger dan kabel bawaan, serta status HP dalam Mode Pesawat saat proses charging. Saya memulai proses charging pada kapasitas baterai 10%. Ruangan cukup sejuk karena berpendingin ruangan.

    1. Pak Natanael,

      Dimulai dari sepuluh persen.

      Coba lakukan pengisian ulang memakai colokan listrik (bukan charger) yang berbeda, Pak. Kalau bisa bukan sekadar beda posisi, tetapi juga beda rumah/kantor/hotel. Tolong kabari hasilnya ya.

  15. Hallo Pak Herry,
    Saya mau bertanya perihal Realme C3, seperti kita tahu bahwa Realme C3 menggunakan prosesor Mediatek yang teknologi fast charging nya PumpExpress, jika saya punya charger tapi yang Qualcomm QC 3.0 18 watt merk Aukey apakah akan compatible? Maksud saya apakah Charging time dari Realme C3 ini akan lebih cepat dibanding dengan menggunakan Charger bawaannya? Terima kasih Pak

    1. Pak Doni,

      Saya kok merasa C3 tidak mendukung fast charging lebih dari 10 Watt ya. Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya baterai sampai penuh sekitar tiga jam.

      Btw, 10 Watt dulu sudah termasuk fast charging. Untuk ukuran saat ini, fast charging itu minimal 18 Watt.

  16. Ko Herry
    Maaf OOT, untuk Hp Kisaran 5 Jutaan untuk keperluan video dan Kapasitas data besar
    apakan memiliki rekomen?

    Terima Kasih

    1. Pak Akbar,

      Hmmm… kalau Rp5 jutaan saya malahan agak bingung. P30 Pro bekas belum bisa segitu. P20 Pro sudah kurang menarik. Menurut saya, mending turun ke Rp3 juta dulu dan beli Pocophone F1 bekas dengan varian memori internal 128 GB.

  17. Pak Herry,
    Maaf OTT, mohon infonya untuk hasil camera kondisi cahaya melimpah dan kondisi cahaya kurang mana yang bagus antara realme 3 pro atau realme 5 pro.Thanks

  18. Siang Pak HSW,
    Maaf OOT, untuk saat ini dengan harga setara & varian yang sama 4/64 antara Redmi note 8 & Asus Zenfone 5, secara umum seluruh faktor pilih yang mana Pak?
    Bila berkenan tolong berikan detail alasannya.
    Terima kasih.

    1. Pak Fredy,

      Redmi Note 8 belum berani saya rekomendasikan karena papan ketiknya agak sering tersendat.

      Zenfone 5 pun saya coret karena prosesornya sudah tergolong uzur.

      Boleh tahu anggaran Anda maksimal berapa? Realme 5 Pro dan Redmi Note 8 Pro adalah dua ponsel yang boleh dilirik di kisaran harga maksimal Rp3 juta.

  19. Pak Herry,

    Terima kasih atas reviewnya yang sangat lengkap.
    Terkait saran penggunaan rugged case, apakah akan mengakibatkan goresan (baret) di body ponsel?
    Selama melakukan uji pakai berbagai jenis ponsel, apakah pernah terjadi kerusakan karena buka/pasang case (misal bezel terkelupas)?

    Sedangkan terkait warna yang tidak konsisten, menurut bapak apakah hal tersebut dapat diperbaiki jika Xiaomi merilis software update?

    Terima kasih

    1. Pak Andrew K,

      * Bergantung bahan dan kualitas rugged yang dipakai. Dalam kasus ini, dua macam case yang saya rekomendasikan seharusnya takkan membuat bodi ponsel tergores.

      * Pernah, saat saya kadang-kadang masih menggunakan hardcase. Sejak lebih suka menggunakan jelly case atau silicon case, musibah serupa tak terjadi lagi.

      * Ya.

  20. Pak Herry,
    Saya baru beli mi note 10, layarnya kok kalah cerah dibandingkan ama redmi note 5 saya ya?
    yg mi note 10 agak kekuningan. lebih terang yg redmi note 5. saya coba bandingin foto yg sama. hasil foto dari mi note 10 saya kopikan ke redmi note 5 saya. warnanya lebih jelas yg di redmi note 5. apakah ini emang karakter dari layar amolednya atau mgkn hanya unit yg saya terima saja?

    1. Bu/Pak Tari,

      Saya belum pernah mencoba Mi Note 10 sehingga belum mengetahui layarnya seperti apa. Mestinya sih sama dengan Mi Note 10 Pro yang sampai sekarang masih saya pakai.

      Karakter layar ponsel tidak selalu sama. Saran saya, kalau Anda curiga layar Mi Note 10 tersebut tidak normal, mampirlah ke pusat perbaikan resmi Xiaomi untuk dicek.

    1. Pak Franky,

      Xiaomi Note 10 Pro? Mungkin yang Bapak maksud Xiaomi Mi Note 10 Pro ya. Saya tak tahu lebih bagus mana dibandingkan Oppo Reno 3 Pro. Saya belum pernah mencoba Reno 3 Pro. Ponsel itu juga belum beredar resmi di sini.

  21. Halo Ko Herry,
    Mo tanya nih. Di antara Vivo Z1 Pro, Realme 5 Pro dan Realme XT, hasil foto kamera dan performa keseluruhan mana urutannya dari yg terbaik? Terimakasih sebelumnya.

  22. Om herry, maaf OOT saya ingin mnt pendapat dr om herry ttg charging, jadi menurut om herry biar battery smartphone itu awet bagaimana ya ? Biasanya om herry cas batt di brp persen ? Dan apakah 40-80 rule itu beneran ?

    1. Pak Bobi,

      Sederhana saja.
      1. Mulailah melakukan pengisian ulang ketika daya baterai belum benar-benar kosong.
      2. Selama pengisian ulang berlangsung, sebaiknya ponsel tidak digunakan. BIla memungkinkan, padamkan ponsel.

      Saya biasanya mulai men-charge saat daya baterai tersisa sepuluh persen atau saya akan tidur malam (berapa pun persentasenya).

      Tidak harus 40-80 persen.

  23. Om herry, maaf OOT sya ingin bertanya agar batterai smartphone awet sebaiknya casnya berapa kali sehari y? Biasanya om herry charge smartphone saat battery sisa berapa % ? Apa ada tips dr om herry agar battery awet hahaha

  24. Malam ko Herry, saya kirim comments bulan lalu, kelihatannya belum dimuat
    Maaf ini saya kirim lagi. Lebih baik mana
    Asus zenfone 6 vs Xiaomi Mi Note 10 pro
    1. Segi kamera
    2. Fitur dan experience
    3. Kesesuaian harga
    Terima kasih

  25. Selamat pagi koh, saya mau nanya rekomendasi hp dengan harga maksimal 1,5 juta rupiah apa ya? Yang secara umum kinerjanya bagus, untuk orang tua (sebelumnya menggunakan Redmi 5A), gampang digunakan orang tua.
    Kamera dan penyimpanan diutamakan bagus (kalau bisa tidak hybrid). Terimakasih.

    1. Pak Armein,

      Dengan anggaran maksimal Rp1,5 juta, kita tidak bisa mengharapkan ponsel dengan kinerja bagus dan kamera prima. Maksimal Anda hanya bisa mendapatkan ponsel yang lumayan. Untuk sementara, saya hanya bisa merekomendasikan Redmi 8A Rp1,3 jutaan.

      1. Jika anggarannya saya naikkan menjadi 2 juta – 2,5 juta ada rekomendasi hp dengan kinerja dan kamera bagus? Terutama penggunaan yang mudah (untuk orang tua). Jika banyak rekomendasi, tolong dibikin kan listnya koh. Terimakasih banyak. (Maaf kalau merepotkan)

        1. Pak Armein,

          Silakan melirik Redmi Note 8. Tidak bisa dibuatkan list-nya karena pilihannya masih terbatas.

          Kalau anggaran dinaikkan sampai Rp3 juta, barulah bisa dibuatkan daftar. Ada Redmi Note 8 Pro, Realme 5 Pro, baru Redmi Note 8.

  26. Koh herry, mau minta rekomendasinya. Saya mau beli hp budget 2,4jt. Msh bingung antara realme 5 dengan redmi note 8. Keperluannya untuk sosmed, nonton video, mendengarkan musik, no game. Terima kasih

  27. Om herry. Kulo mau beli charger quick charger.
    Menurut om herry enak nya beli charger quick charger
    di mi store, atau beli merk aukey di shopee
    Harga nya sama sama di bawa 100 rb om,
    Terima kasih,

    1. Pak Robert,

      Bebas sih. Kalau ingin langsung dapat barang ya beli di Mi Store. Kalau malas keluar rumah, ya transaksi di Shopee.

  28. Halo Pak Herry, maaf OOT.
    Saya dapat pertanyaan titipan dari Bos, Beliau sedang cari smartphone Android yang:
    gegas, support 5G, baterai tahan minimal seharian tanpa di-charge, dan build quality yang kuat.
    Pemakaian hariannya banyak online (sampai dinas ke daerah yang lemah sinyal) dan menjalankan beberapa aplikasi sekaligus.
    Kualitas kamera bukan prioritas karena jarang foto dan anti-selfie. Dan untuk budgetnya, Bos ikut aja alias bebas.
    Adakah yang direkomendasikan untuk dibeli saat ini, atau yang layak ditunggu di tahun ini?
    Terima kasih sebelumnya.

    1. Pak Chris,

      Jawabannya: belum ada deh. Ponsel 5G seharusnya akan mulai berdatangan secara resmi setelah pemerintah mengumumkan layanan 5G di Indonesia menggunakan frekuensi berapa.

  29. Om herry. Saya kan punya hp samsung. Bila saya pakai charger xiaomi apakah aman ?
    Soalnya saya mau beli charger quick buat cadangan.
    Kalau charger xiaomi di mi strore, lumayan harga nya lebih miring (100rb) ,dari pada charger quick charger di service samsung, (180rb)
    Atau saya beli charger dari merk aukey saja om ?

    1. Pak Christopher Djuanda,

      Aman dalam arti tidak merusak ponsel. Masalahnya, kalau ponsel Samsung Anda menggunakan prosesor Exynos, apakah fitur pengisian cepatnya bisa berfungsi? Quick Charge itu standar pengisian cepat ala Qualcomm.

      Pengisi daya Quick Charge Aukey pun mengadopsi standar Qualcomm.

      1. Iya om qualcom quick charger.
        Tapi saya pernah baca kalau samsung adative fast charging adalah quick charger 2.0 om,

        Kan quick charger 3.0 suport quick charger 2.0,
        Jadi saya berpikir kalau charger (qc 3.0) aukey atau xiaomi support adative fast charging samsung (qc 2.0)

        Apa benar om ?

  30. Tak kira om herry tau, dulu kalau tidak salah om herry kan pernah pakai galaxy note 5 ?
    Kalau redmi note 8 pro pakai mediatek apakah bisa pakai qualcom quick charger juga om ?
    Atau pump expres meditek ?

    1. Pak Christopher Djuanda,

      Dulu waktu memakai Galaxy Note 5, saya menggunakan charger bawaan.

      Redmi Note 8 Pro saya padukan dengan charger merek Aukey. Namun, saya lupa Quick Charge-nya jalan atau tidak.

    1. Pak Abdillah,

      Perbandingannya beda kelas. Kalau yang dibandingkan dua ponsel itu, secara umum Realme 5i jelas lebih unggul.

  31. Om Herry, klo saya butuh hp spek min. memory 6/128 dan punya Budget maks. 3 jt, kira2 ada rekomendasi hp apa aja ya…? Tks

    1. Pak Lolot,

      Kalau bisa menambahkan dana sekitar Rp100 ribu, belilah Realme 5 Pro 8/128. Kalau tak bisa menambah dana, ya berarti Realme 3 Pro 6/128.

  32. Selamat malam koh herry
    Saya berniat mau ambil xiaomi note 8(3/32) menurut koh herry layak kah sekarang di gunakan,dan untuk keawetan batrenya bagaimana ya koh secara saya aktf di tweeter,fb,Ig,wa dan sering browsing
    Mungkin gak sehari tanpa cas??

  33. Lebih baik mana antara mi note 10 pro dengan oppo reno 10x zoom? Mengingat harganya sekarang tidak berbeda jauh.

  34. Pak herry. Merk honor apa masih layak dibeli ?
    Soalnya di shoppe honor 10 lite dan honor 8a di jual harga anjlok,
    Honor 8a 3/32 1juta
    Honor 10 lite 4/64 1.5 juta

    Atau lebi baik beli realme c3 saja pak ?

  35. Om herry
    Misal saya beli hp model lama tapi baru apa kah masih tercover garansi.
    Misal saya beli xiaomi mia1 atau xiaomi redmi note 5 keluaran 2017 kondisi baru,
    gitu kan garansi nya masih tercover kan ?

    Kalau oppo kan garansi nya aktif waktu aktivasi pertama kali dan bisa cek lewat imei di situs oppo,

    1. Pak Aan Hasbulon,

      Bergantung tipe lama itu sudah “diputus” oleh produsen atau belum. Kalau sudah putus alias terlalu lama, otomatis tak bergaransi lagi.

  36. Koh Herry, mau tanya. Maaf OOT dari Xiaomi Mi Note 10 Pro

    1. Apakah Handphone merk Honor disarankan untuk dibeli ?
    2. Bagaimana purna jualnya ? saya cari info Service Centernya ikut ke Unicom. Apakah bagus SC ini ?

    Saya cari HP Ram/Internal 3/32 yang murah saja. Sosmed, youtube, no game, batre awet, pengganti Redmi 4A buat orang tua.

    Secara total semua aspek pilih mana ya Koh,
    3. Honor 8A atau Redmi 2S ?
    4. Asus Zenfone Max Pro M1 atau Realme C3

    1. Pak Igo,

      1. Sangat disarankan jangan dibeli.

      2. Unicom Care-nya sih bagus. Namun, posisi mereka kan sebagai pihak ketiga yang disewa oleh Honor. Kalau Honor-nya bilang kerja sama selesai, ya selesai pula tugas mereka. Anggaplah Unicom Care sebenarnya masih berusaha membantu konsumen. Lha kalau Honor sudah tidak memasok suku cadang, Unicom tak bisa bertindak lebih dalam lagi kan.

      3. Honor langsung coret. Redmi 2S? Ponsel itu terlalu uzur, Pak.

      4. Terpaksa Zenfone Max Pro M1 deh.

  37. Om herry saya pengguna hp samsung dan ingin migrasi ke hp brand lain,
    Saya mau tanya untuk hp oppo. Vivo. Realme. Xiaomi, itu apa kah selalu sudah terinstal wps office ?
    Dan wps office nya apa bisa di hapus om, soal nya wps office yang baru kan ada iklan nya, kalau bisa di hapus wps office nya, mau saya ganti dengan wps office versi lama yang belum ada iklan nya, wps office versi 9 kebawah,

    Dan satu lagi om, apakah oppo. Vivo. Realme. Xiaomi juga bisa pakai ADB untuk menghapus aplikasi bawaan yang tidak bisa di hapus,

    1. Pak Ganang,

      Seingat saya, tidak selalu ada. Kalau pun ada tinggal dihapus seperti menghapus aplikasi tambahan yang kita unduh dari Play Store kok.

      ADB? Saya terakhir kali mencobanya di Vivo keluaran dua tahun lalu. Saat itu bisa. Kondisi terkini tak pernah coba lagi. Toh memori internal masih cukup lapang.

  38. om Herry.. saya cari Mi Note 10 Pro ini di Xiaomi Official Store sh*pee online.. belum ada ya?
    kalau di official Mi Store yg di mall-mall, apa sudah tersedia?

    1. Pak Dieter,

      Bila saya tidak silap ingatan, saluran resmi penjualan daring untuk Mi Note 10 Pro hanya di Blibli dan Mi.com. Namun, stok di dua tempat itu nyaris selalu kosong.

      Di Mi Store luring kadang ada, tetapi cepat sekali habis. Lebih sering kosong.

  39. Hallo Pak Herry SW, maaf pak kalau terlalu OOT pertanyaannya. Saya sampai sekarang cuma penasaran sama Hagenuk, Sagem sama HT Mobile, kalau berkenan boleh dijawab, tapi kalau tidak juga tidak apa-apa pak he..he..he.. sukses dan sehat selalu Pak Herry.

    1. Pak Eka Yudha Prasetya,

      Oh itu merek-merek ponsel yang dulu pernah eksis di Indonesia. Semuanya sekarang sudah almarhum.

    1. Pak Wahyu,

      Redmi Note 8 Pro varian RAM 6 GB dan ROM 64 GB. Di saluran resmi penjualan daring harganya Rp2,999 juta.

  40. di rentang harga mi note 10,adakah hp yg lebih baik koh?,penggunaan game ringan sosmed kamera. terimakasih

  41. Pak Herry minta saran.
    Pengen cari hp buat game aja
    jadi layar bkalan sering on dalam wktu lama.

    Pertimbangan nya :
    -Ga terlalu panas bgt pas main game lama. (anget/panas normal lah)
    -Budget.
    -Baterai.
    Ga perlu kamera. Hp nya tanpa kamera pun gapapa.

    Kmrn udah ngincer realme 5 pro.
    Krna pertimbangan SD 712, dan harga yg udah turun 2,5jt’an.
    Tp saya cek harga hari ini 28 maret 2020, harga realme 5 pro malah naik jadi 2,9an.
    Atau mending ambil vivo z1 pro aja ya?
    Di marketplace nemu Harga nya udah turun 2,6 jt
    Atau sekalian yg murah aja, redmi note 8?
    Toh SD 665 masih ok buat game standar.

    Budget 2jt – 2.9jt. Pengen yg ram 4 aja, cuma buat game, ga terlalu bnyak multitasking

    Kalau pak herry boleh milih, Pilih mana? (Tanpa memperhitungkan aspek kamera)
    -Redmi note 8 (4/64) 2,1 jt
    -Vivo z1 pro (4/64) 2,65 jt
    -Realme 5 pro (4/128) 2,9 jt

    1. Pak Ferdi,

      Kalau spesifik untuk bermain game, saya tidak berani menjawab karena saya bukan penggemar game.

      Harga aneka merek ponsel per 23 Maret lalu memang naik, Pak.

    1. Pak Marthen,

      Samsung sih kalau saya langsung #SamsungCoret. Redmi Note 9 Pro Max belum beredar resmi di sini. Jadi, saya belum mencobanya.

  42. Malam pak herry,

    Apakah xiaomi redmi note 9 akan masuk ke indonesia?
    Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *