Review Xiaomi Redmi 1S: Pantas Dibeli tanpa Pikir Panjang

Setelah berbulan-bulan dinantikan penggemar gawai alias gadget, Xiaomi akhirnya resmi hadir di Indonesia. Redmi 1S menjadi ponsel pertama Xiaomi yang dijual di negeri ini. Ia dibanderol Rp 1,499 juta dan pada tahap pertama hanya dijual selama satu jam lewat Lazada.co.id.

Hasilnya, Lazada mengklaim sukses menghabiskan stok 5.000 unit Redmi 1S dalam 49 menit. Kok cepat? Itu lama lho. Seandainya Lazada tidak tumbang selama 42 menit saat melayani serbuan peminat Redmi 1S, penulis yakin ponsel itu lebih cepat ludes. Sekadar pembanding, di India 40.000 unit Redmi 1S habis terjual dalam empat detik saja. Ya, empat detik!

Redmi 1S-1

Dua nomor GSM dapat siaga bersamaan di Redmi 1S. Nomor di selot pertama leluasa mengakses jaringan 2G maupun 3G. Hendak dikunci supaya selalu berada di jaringan 3G pun bisa. Sementara itu, nomor di selot kedua hanya dapat masuk ke jaringan 2G.

Redmi 1S dibekali layar sentuh IPS 4,7 inci beresolusi 1.280 x 720 piksel. Dibandingkan mayoritas ponsel Android yang beredar di pasar, tampilan antarmuka (user interface) ponsel tersebut tampak berbeda. Sebab, sistem operasi Android 4.3 Jelly Bean di Redmi 1S telah dipadukan dengan tampilan antarmuka MIUI versi 5. Tampilan antarmuka itu terlihat sederhana, cantik, sekaligus mudah dipahami.

Berbagai fitur menarik, yang di ponsel Android bermerek lebih terkenal pun belum tentu tersedia, telah dibenamkan ke Redmi 1S. Misalnya, penyaring panggilan telepon dan SMS masuk. Ada pula guest mode untuk menyembunyikan riwayat panggilan telepon, catatan, SMS, dan kumpulan foto.

Dengan pengaturan yang sangat mudah, kecepatan akses internet yang sedang dinikmati pengguna dapat ditampilkan di bagian atas layar. Kalau angka yang tersaji cenderung kecil, bahkan nol, berarti pengguna harus bersabar dan rajin berdoa. Pilihan lain, silakan berselingkuh dengan operator GSM lain.

Kala tidak ingin diganggu dengan bunyi ponsel, pengguna tinggal mengaktifkan fitur do not disturb. Fitur tersebut sebenarnya bisa pula diatur supaya aktif otomatis pada rentang waktu yang ditentukan. Misalnya, mulai pukul 22.00 hingga pukul 06.00. Selama do not disturb aktif, ponsel bakal diam membisu. Panggilan telepon masuk, contohnya, takkan membuat ponsel berdering.

Sampai di sini, mungkin tersembul pertanyaan di benak calon pengguna. “Fitur do not disturb memang menarik. Namun, bagaimana kalau yang menelepon istri atau anak? Saya tetap ingin menerima panggilan dari mereka.” Jawabannya, tenang… Redmi 1S mampu mengakomodasi kebutuhan tersebut. Pengguna cukup memasukkan nomor telepon istri dan anak ke daftar perkecualian. Kalau nomor itu menelepon, Redmi 1S tetap akan berdering.

Redmi 1S-2

Ponsel dengan baterai 2.050 mAh yang dapat dilepas pasang itu dibekali dua kamera. Kamera belakang dilengkapi lampu kilat dan fokus otomatis. Ia mampu menghasilkan foto beresolusi delapan megapiksel dan klip video full HD 1080p. Sedangkan kamera depan Redmi 1S sanggup memproduksi foto beresolusi 1,6 megapiksel dan klip video HD 720p. Performa kedua kamera tersebut pantas disebut bagus. Acungan jempol tambahan layak diberikan untuk kamera depan.

Prosesor empat inti (quad core) Qualcomm Snapdragon 400 MSM8228 1,6 GHz, RAM 1 GB, ROM 8 GB, selot microSD, bluetooth, Wi-Fi, dan GPS adalah sebagian spesifikasi lain Redmi 1S. Memori internal ponsel terdiri atas satu partisi saja. Namanya, internal storage. Ketika ponsel belum diutak-atik, ruang kosong yang dapat dimanfaatkan pengguna mencapai 4,8 GB.

Pengguna Redmi 1S juga bakal menjumpai radio FM, kompas, dan lampu senter. Langkah tercepat untuk mengaktifkan lampu senter, saat ponsel menyala dan terkunci, tekanlah tombol home selama beberapa detik. Hal lain, ponsel itu memiliki kemampuan USB on the go alias USB OTG.

Menurut penulis, secara umum performa Redmi 1S tergolong memuaskan. Ponsel itu gegas, berkamera relatif bagus, dan dibekali fitur bawaan yang komplet. Meskipun demikian, ia tidak luput dari kekurangan. Daya tahan baterainya tak cukup untuk beraktivitas seharian penuh di luar rumah. Poin lain yang sebenarnya lebih dipengaruhi preferensi pengguna, bobotnya agak berat dan tombol di bawah layar tidak bercahaya.

Namun, kalau dikaitkan dengan harga jualnya yang Rp 1,499 juta saja, sisi minus itu masih bisa dimaklumi. Spesifikasi dan kinerja ponsel tersebut melebihi harganya. Redmi 1S sangat pantas dibeli tanpa perlu berpikir panjang.

Bagaimana kalau Redmi 1S dibandingkan dengan Redmi? Meskipun penampakan fisik dua ponsel itu bak pinang dibelah dua, spesifikasinya berbeda tipis. Redmi 1S memanfaatkan prosesor Qualcomm, sedangkan Redmi memakai prosesor MediaTek. Kapasitas memori internal Redmi 1S dua kali lebih besar daripada Redmi.

Itu baru perbedaan di atas kertas. Dalam hal kinerja nyata, Redmi 1S lebih prima. Lebih responsif, layar lebih tajam, GPS lebih cepat mengunci lokasi, dan kamera sedikit lebih bagus. Redmi 1S hanya kalah di daya tahan baterai.

Sedikit pesan penulis kepada semua pihak yang terlibat dalam pemasaran Xiaomi di Indonesia, segera lakukan edukasi pasar. Perkenalkan siapa itu Xiaomi dan ungkapkan keunggulan komparatifnya dibandingkan ponsel merek lain yang sama-sama dari Tiongkok. Sebab, sebagian masyarakat tampaknya rancu. Mereka menganggap silsilah Xiaomi sama dengan Advan, Evercoss, dan Mito. Padahal, realitanya kan bukan seperti itu. Apalagi, kalau sudah berbincang soal status kelaikan belinya.

***

Contoh foto yang dihasilkan Redmi 1S.

Redmi 1S-3

Redmi 1S-4

Redmi 1S-5

Redmi 1S-6

Redmi 1S-7

Saat saya berjalan-jalan ke mal kebetulan melihat gerai ini. Tampilannya lumayan unik. Langsung dijepret deh. Sebenarnya produk yang dipajang di dalam gerai berwarna-warni dan menarik buat difoto. Masalahnya, saya kurang percaya diri untuk memasukinya.

Redmi 1S-8

Redmi 1S-9

Lokasi pemotretan foto ini di dalam gudang yang remang-remang.

Redmi 1S-10

Kalau ini selfie memakai kamera depan.

Redmi 1S-11

***

Screen capture Antutu Benchmark dan Android Sensor Box.

Redmi 1S-12

Redmi 1S-13

287 thoughts to “Review Xiaomi Redmi 1S: Pantas Dibeli tanpa Pikir Panjang”

  1. Saya salah satu peserta yang gagal di kamis lalu… Entah la besok bisa berhasil apa tidak..

    Eniwei Om ada jumpai masalah delay notif gak?? Notif aplikasi seperti Line masuk hanya ketika aplikasi dibuka saja. Jika aplikasi tidak dibuka notif tidak ada yg masuk. sebelumnya saya pernah gunakan custom miui dan hanya masalah ini yang menurut saya poin minusnya. Selebihnya amazing.

  2. Wah menarik reviewnya ko, ko aku lihat dikompas tv katanya belum ketemu cara menyimpan foto di memory eksternal ya? Tgl 4 udah coba beli pas sampai tahap memasukkan no.rek langsung stok habis.

    1. Pak Leos,

      Jadi penasaran. Boleh tahu hal itu dibahas di acara apa di Kompas TV? Saya jarang banget nonton televisi.

      Benar, standarnya hasil jepretan kamera langsung disimpan di memori internal. Tidak ada pilihan untuk menyimpannya ke kartu microSD. Alternatif solusinya ada dua:
      1. File foto secara berkala dipindahkan secara manual dari memori internal ke memori eksternal.
      2. Pengguna memanfaatkan aplikasi kamera buatan pihak ketiga. Saya sempat iseng mencoba aplikasi Camera 360. Hasil jepretan kamera bisa langsung otomatis diarahkan ke memori eksternal.

    1. Pak Bejock,

      He… he… Anda kalah cepat dibandingkan beberapa rekan. Jadi, bukan Pertamax melainkan premium saja ya. πŸ™‚

  3. Wah menarik reviewnya ko, ko aku lihat dikompas tv katanya belum ketemu cara menyimpan foto di memory eksternal ya? Tgl 4 udah coba beli langsung stok habis.

    1. Pak Reymon,

      Lebih tepatnya abu-abu, bukan hitam. Kalau tak suka dengan warnanya ya tinggal beli case pengganti tho. Banyak kok pilihannya. Mau yang orisinal ada, yang bukan orisinal juga tersedia.

  4. Wah akhirnya nongol juga review si Redmi. Kemarin saya nggak kebagian pas rebutan di Lazada, hehehe. Nampaknya, kalau promosinya bagus Redmi ini bisa jadi ancaman sangat besar buat keluarga Smartfren nih, apalagi si merah ini kan dual GSM ya. Banyak orang kan urung niatnya beli ponsel Smartfren karena meski speknya bagus, layanan internetnya mesti CDMA…

  5. Ko sorry salah tulis bukan di kompas tv tetapi di video kompas tekno yg di kompas.com. kekurangannya foto tidak bisa di memory eksternal, os masih jelly bean dan tombol dibawah layar yg tidak nyala.

  6. Ko maksudnya di pindah secara manual?foto yg tersimpan di internal memory ada pilihan di menu hp untuk dipindahin ke eksternal memory ya.

    1. Pak Leos,

      Dipindah manual itu maksudnya Anda membuka file manager, memilih file foto yang ingin dipindahkan, lalu dipindahkan deh.

  7. Baru mau saya tanyakan ternyata sudah diulas hehehe. O ya apakah ponsel Xiaomi Redmi 1S tidak dijual secara offline? Karena saya mencoba cari di erafone belum tersedia

    1. Pak Han,

      He.. he.. pas banget ya.

      Sejauh ini belum dijual offline. Di toko-toko offline memang ada yang menjual Redmi 1S. Namun, tanpa garansi resmi. Bila ternyata Anda menemukan yang bergaransi resmi, berarti si penjual beli dari Lazada, lalu dijual lagi.

  8. P Herry apakah ponsel Xiaomi Redmi 1S tidak dijual secara offline? Saya mencoba cari di erafone masih belum tersedia. Terima kasih

  9. waahhh…review yang saya tunggu tunggu pak..keren. kebetulan saya user OS MIUI custom. dan beberapa fitur yang ada di Redmi 1s bisa saya jajal di smartfren, kecuali fitur usb on the go sama kameranya aja…hehehe..

  10. Sore pak Herry, omong2 kaos yg dipakai foto selfie sama dengan waktu ujicoba moto G hanya tulisannya kebalik apakah fotonya sempat di kutak katik dulu sebelum di upload? saya inget kaos ini karena terkesan dengan kata-kata mutiaranya.

    1. Pak Hartono,

      Benar, kaos yang dipakai sama. Waktu review Moto G, saya yang pakai kaos itu dijepret oleh orang lain menggunakan kamera belakang. Sedangkan di review Redmi 1S, saya memotret diri sendiri memakai kamera depan. Hasil jepretan kamera depan terkena efek mirror. Yang di kanan menjadi berada di kiri, demikian sebaliknya. Karena itu, tulisan di kaos terlihat terbalik.

  11. alhamdulillah saya dapat yang flash pertama kemaren dan saya hadiahkan buat istri.
    semua saya setuju sama kekurangannya yang disebutkan karena memang bgtu kenyataannya.
    diforum sebelah sudah ada slogan mohon tidak membeli redmi 1s pada reseller.
    bener-bener hp yang mendapatkannya penuh perjuangan…

  12. (Om HSW, saya coba bantu jawab ya)
    Pak Firza,

    Pada UI Xiaomi (MIUI) kita bisa mengatur notif untuk permasing2 aplikasi.
    Secara setelan standar, ada yg diatur hanya terlihat kalau kita menarik kebawah notif bar (notification shade) nya, ada juga yang terlihat langsung pada notif bar (status bar).
    Sepertinya alasan hal ini dilakukan agar tampilan notif bar diatas tidak selalu terlihat ramai dan penuh.

    Nah kalau aplikasi Line ingin bapak munculkan bapak bisa masuk ke Setting>Notifications>Manage Notifications. Pada pengaturan tersebut, silahkan bapak atur apakah ingin terlihat dikedua tempat (status bar dan Notification shade) atau hanya pada Notification shade nya saja dimana jika diatur hanya muncul pada notification shade saja jika ada pesan baru di aplikasi Line tsb akan memunculkan tiga titik pada status bar bukannya icon Line. Bahkan pada pengaturan tersebut, bapak bisa mengilangkan segala notifikasi jika bapak menginginkannya.

    Selamat mencoba pak dan semoga membantu.

  13. Selamat sore Pak, minta rekomendasiin ponsel lain dengan harga yg sebanding dengan xiaomi redmi 1S ini dong. saya cenderung senang bermain game, yg saya baca di review 1S ini kurang bagus di baterai ?
    makasih

    1. Bu Annisa,

      Di kisaran harga segitu, Redmi 1S saat ini boleh dibilang sebagai best value sekaligus best buy. Merujuk kepada kebutuhan Anda, saya menyarankan Anda tetap membeli Redmi 1S. Plus, membeli power bank atau baterai cadangan.

      Bila tak mau memakai power bank atau baterai cadangan, di kisaran harga sama silakan membawa pulang satu unit Sony Xperia E1 dual. Namun, performa ponsel itu di bawah Redmi 1S ya.

  14. wah, kalau begitu besok pagi wajib bersiap rebutan brutal lagi ya :).
    thanks for reviewnya, kameranya oke, sampai sidik jari terlihat jelas. seger

  15. Ko saya punya 2hp yaitu samsung s6310 dan lg l1. Karena saya kerja dilapangan saya senang kedua hp tersebut murah meriah dan kecil. Tetapi saya bingung kalo mau saya jual yg mana menurut ko herry yang saya jual? Trims

    1. Pak Leos,

      Bagaimana kalau keduanya dijual, lalu dibelikan Acer Liquid Z4?

      Bila tetap harus menjual salah satu saja, saya lebih menyarankan melepas Samsung S6310.

    1. Pak Andry C,

      MediaTek yang dulu memang locking GPS-nya lama. Kalau yang generasi terbaru (ehmm… mulai zaman Lenovo P780) sudah jauh lebih cepat.

  16. buat yg bingung gak bisa save hasil foto atau video di sd card solusinya tinggal update aja rom miui nya lewat setting ada pilihan update nya kalau bisa update nya pakai wifi yg kencang soalnya ukuran update nya sekitar 550 mb an. nanti setelah selesai proses download update hp nya otomatis reboot sendiri dan otomatis instal update nya. oh iya setelah redmi 1s saya diupdate hp nya terasa lebih lincah dan sinyal juga lbh stabil. trmksh.

    1. Pak Solehoptikcokro,

      Maaf baru merespons. Saya baru pulang dari luar kota dan selama di sana
      aktivitas kebetulan lumayan padat sehingga tak sempat memantau blog
      maupun Twitter.

      Sudah ada, tetapi saya menyarankan jangan mematok harapan berlebihan. Saat ini service center Xiaomi di Surabaya menjadi satu dengan pusat perbaikan resmi BlackBerry dan Venera yang dikelola TAM.

    1. Pak Ady Oil,

      Maaf baru merespons. Saya baru pulang dari luar kota dan selama di sana
      aktivitas kebetulan lumayan padat sehingga tak sempat memantau blog
      maupun Twitter.

      Pak Harry siapa ya? Mari kita tunggu bersama-sama respons dari dia.

    1. Pak Ady Oil,

      Maaf baru merespons. Saya baru pulang dari luar kota dan selama di sana
      aktivitas kebetulan lumayan padat sehingga tak sempat memantau blog
      maupun Twitter.

      Eh, ternyata yang dicari Herry tho. He… he… he… Redmi 1S masih saya pakai nih.

  17. Tertarik sebenarnya dengan Xiaomi, hanya saja kalau rusak harus di bawa kemana? Service center nya apakah akan ada ya di Indonesia?

    Selain itu, cara penjualan dengan stok terbatas bikin males juga… Masa mau keluar duit malah harus rebutan? Hanya sekedar opini saya saja, Pak.

    Pak Herry hebat juga bisa dapet Xiaomi 1S, ikut antri juga pak?

    1. Pak Amaris,

      Maaf baru merespons. Saya baru pulang dari luar kota dan selama di sana
      aktivitas kebetulan lumayan padat sehingga tak sempat memantau blog
      maupun Twitter.

      Saat ini di Indonesia sudah ada 15 service center Xiaomi. Namun, kalau melihat daftarnya, saya menyarankan Anda tidak mematok harapan yang berlebihan. Yang di Surabaya, pusat perbaikan resmi Xiaomi digabung dengan pusat perbaikan resmi BlackBerry dan Venera yang dikelola oleh TAM.

      Soal yang harus rebutan, itu memang strategi pemasaran Xiaomi yang sejak lama telah diterapkan. Istilahnya, hunger marketing. Jadi, antusiasme pasar dibangkitkan setinggi mungkin, tetapi pasokan sengaja dibatasi. Tujuannya menciptakan rasa penasaran dan “kelaparan”. Ketika kondisi penasaran itu tercipta, orang lain yang awalnya sama sekali tak berminat menjadi ingin ikutan beli juga.

      Ya, saya iseng pula memantau pergerakan penjualan online.

    1. Pak Meynanto,

      Maaf baru merespons. Saya baru pulang dari luar kota dan selama di sana
      aktivitas kebetulan lumayan padat sehingga tak sempat memantau blog
      maupun Twitter.

      Ya, tidak di-mirror alias sama dengan kebanyakan ponsel berkamera depan.

    1. Pak Rizki,

      Maaf baru merespons. Saya baru pulang dari luar kota dan selama di sana
      aktivitas kebetulan lumayan padat sehingga tak sempat memantau blog
      maupun Twitter.

      Kalau foto di blog ini Anda zoom, baik di review Redmi 1S maupun review ponsel lain, ya pasti akan pecah. Sebab, supaya lebih ringan diakses, ukuran foto yang saya unggah telah diperkecil. Sisi terpanjangnya menjadi tinggal 500 piksel saja. Kualitas gambar juga dikompresi 80 persen.

  18. Satu jam lg dibuka sesi kedua pak. Semoga kali ini saya beruntung. Memang pd penjualan periode pertama sebenarnya saya sudah buka websitenya. Tp entah kenapa lazada sepertinya mengalami trouble. Setelah itu saya buka lagi ternyata sudah sold out

    1. Pak Agung,

      Maaf baru merespons. Saya baru pulang dari luar kota dan selama di sana
      aktivitas kebetulan lumayan padat sehingga tak sempat memantau blog
      maupun Twitter.

      Bagaimana? Berhasil mendapatkan Redmi 1S?

    1. Pak Hendra YP,

      Maaf baru merespons. Saya baru pulang dari luar kota dan selama di sana
      aktivitas kebetulan lumayan padat sehingga tak sempat memantau blog
      maupun Twitter.

      Ha… ha… itu poster di toko pakaian dalam. Bukan poster konser musik.

    1. Pak Yandi,

      Maaf baru merespons. Saya baru pulang dari luar kota dan selama di sana
      aktivitas kebetulan lumayan padat sehingga tak sempat memantau blog
      maupun Twitter.

      Turut berduka, Pak. Minggu depan dicoba lagi deh.

  19. Hunting redmi 1 s tahap II gagal lagi gara” kalah signal, mudah”an ada redmi 1 s tahap III dst….cemungutttt !!!

    1. Pak Arry Saputra,

      Maaf baru merespons. Saya baru pulang dari luar kota dan selama di sana
      aktivitas kebetulan lumayan padat sehingga tak sempat memantau blog
      maupun Twitter.

      Ada tahap ketiga kok.

  20. Pak Herry,

    Apakah Redmi 1S bisa instalasi aplikasi di external memory, dan bagaimana dengan dukungan purna jualnya ?

    Salam,

    1. Pak Amir,

      Maaf baru merespons. Saya baru pulang dari luar kota dan selama di sana
      aktivitas kebetulan lumayan padat sehingga tak sempat memantau blog
      maupun Twitter.

      Instalasi aplikasi akan selalu masuk ke memori internal. Tak ada pilihan untuk memindahkannya ke memori eksternal.

      Kalau layanan purna jual yang dimaksud adalah pusat perbaikan resmi, sebenarnya sudah ada 15 service center. Namun, bila melihat daftarnya, saya menyarankan Anda tidak mematok harapan berlebihan. Service center itu digabung dengan service center BlackBerry dan Venera yang dikelola TAM.

  21. Om hery saya sudah dapat 1S minggu lalu, kok pas saya instal camera 360 ga bisa buat buka camera ya? Sudah saya install balik tapi tetep ga bisa. Saya lupa tulisan tidak bisanya seperi apa, pokoknya ketika saya buka camera 360 langsung force closed. Mohon pencerahannya.

    1. Pak Febrian,

      Maaf baru merespons. Saya baru pulang dari luar kota dan selama di sana
      aktivitas kebetulan lumayan padat sehingga tak sempat memantau blog
      maupun Twitter.

      Nah, terus terang saya bingung mengapa Camera 360 gagal diinstalasikan di Redmi 1S Anda. Sebab, di tempat saya berjalan baik-baik saja. Coba instalasikan aplikasi kamera yang lain.

  22. pengen nyoba xiaomi tp kok penjualan nya kudu via online sic..menyebalkan bgt..mana dibatesin gt lg…ckck…sminggu skali itupun blm tentu dpt…aish…

    1. Pak Chandra Zhang,

      Maaf baru merespons. Saya baru pulang dari luar kota dan selama di sana
      aktivitas kebetulan lumayan padat sehingga tak sempat memantau blog
      maupun Twitter.

      Itu penjualan yang dibatasi, hal tersebut memang bagian dari strategi pemasaran Xiaomi. Istilahnya, hunger marketing. Silakan mencari penjelasannya via Google.

  23. Selamat malam pak Herry.
    maaf pertanyaannya out of topic
    boleh minta rekomendasi smartphone di kisaran harga 2 jt – 3jt yang kira-kira masih up to date
    terimakasih pak

  24. Satu lagi yang saya suka dari Redmi 1s ini,
    Ada LED notifikasi di sekitar tombol Home,..
    πŸ™‚
    menurut saya ini bagus, ,..

    salam,

  25. Apa perbedaan & persamaan Xiaomi dengan Oppo pak?
    Kalau tidak salah ingat, Anda pernah under estimate dengan produk Oppo.
    Saya ada budjet 3 juta pak, diantara pilihan ini mana yang bapak pilih?
    Xiaomi Redmi 1S, Asus Zenfone 5 (16gb ram 2gb), LG G2 Mini, Motorola Moto G 16gb. Thank’s

    1. Pak Rizki,

      Maaf baru merespons. Saya baru pulang dari luar kota dan selama di sana
      aktivitas kebetulan lumayan padat sehingga tak sempat memantau blog
      maupun Twitter.

      Saya tidak pernah meng-under estimate ponsel Oppo. Namun, saya memang sangat sering mengkritisi ponsel Oppo. Sebab, praktik pemasaran ala Oppo saya lihat sangat merugikan konsumen.

      Xiaomi dan Oppo sama-sama produk merek Tiongkok buatan Tiongkok. Bedanya, Xiaomi jujur dalam berjualan, sedangkan Oppo (dalam hal ini promotornya) cenderung mengelabui konsumen. Promotor Oppo biasanya mengatakan kalau ponsel itu produk lisensi Amerika yang dibuat di Tiongkok, sama dengan iPhone. Konsumen awam akhirnya tertipu dengan pernyataan itu, mulai tertarik, dan akhirnya melakukan pembelian ponsel Oppo.

      Zenfone dicoret dulu deh. Sampai batas waktu yang belum diketahui, jangan membeli tablet dan ponsel merek Asus. Sebab, prinsipalnya di Indonesia terlihat setengah hati dan kurang becus.

      Tersisa tiga tipe. Kalau berbicara kesetaraan harga, juaranya ya Redmi 1S, Pak. Namun, kalau harga tak masalah, saya memilih LG G2 Mini karena ia menawarkan kenyamanan ekstra. Ada fitur ketuk-ketuk layar dan remote control TV.

    1. Pak Aji,

      Maaf baru merespons. Saya baru pulang dari luar kota dan selama di sana
      aktivitas kebetulan lumayan padat sehingga tak sempat memantau blog
      maupun Twitter.

      Buat saya pribadi, ngapain takut kalau memang tak ada data yang rahasia/sensitif di ponsel saya.

  26. Pak Herry,
    Klo menurut bapak, lebih baik redmi 1s atau motorola moto g? Apakah moto g sudah mendukung usb otg? Saya bingung pilih yg mana karna menurut saya moto g build qualitynya bagus sedangkan redmi 1s saya blum pernah pegang atau lihat langsung fisiknya. Mohon pencerahannya..

    1. Pak Agust,

      Maaf baru merespons. Saya baru pulang dari luar kota dan selama di sana
      aktivitas kebetulan lumayan padat sehingga tak sempat memantau blog
      maupun Twitter.

      Saya sih lebih memilih Redmi 1S. Ia memakai baterai yang dapat dilepas pasang (removable battery) dan dilengkapi selot microSD. Kamera Redmi 1S juga lebih bagus daripada Moto G.

      Redmi 1S dan Moto G sama-sama mendukung USB OTG.

  27. pak apakah ne hp bakal dijual di erafone okeshop global teleshop ntnya. n ne sdkit udik beli online di lazada langkah2nya gmn bgung di pas mau transfer…

    1. Pak Ambang,

      Maaf baru merespons. Saya baru pulang dari luar kota dan selama di sana
      aktivitas kebetulan lumayan padat sehingga tak sempat memantau blog
      maupun Twitter.

      Belum ada pernyataan resmi dari Xiaomi mengenai penjualan offline. Sementara ini memang baru dijual online lewat Lazada.

    1. Pak Amir,

      Maaf baru merespons. Saya baru pulang dari luar kota dan selama di sana
      aktivitas kebetulan lumayan padat sehingga tak sempat memantau blog
      maupun Twitter.

      Jawaban pertanyaan Anda sebenarnya sudah ada di naskah review lho. πŸ™‚

      Ya, bisa USB OTG.

    1. Pak Budi Wiryo,

      Maaf baru merespons. Saya baru pulang dari luar kota dan selama di sana
      aktivitas kebetulan lumayan padat sehingga tak sempat memantau blog
      maupun Twitter.

      Semoga beruntung dalam rebutan beli Redmi 1S.

    1. Pak Ambang,

      Distributor Xiaomi di Indonesia ada dua perusahaan kelas kakap: grup Trikomsel dan grup Erajaya. Redmi 1S ditangani Trikomsel.

  28. Pak Herry,

    Saya baca tentang fitur “do not disturb”. Apakah sama dengan fitur “Blocking mode” pada hp samsung ?
    Sorry OOT : di hp samsung saya, fitur blocking mode hanya dapat mem-block notifikasi telp dan sms. Jika mobile data tetap dinyalakan, notifikasi whatsapp tetap bunyi. Apakah wajar begitu ? Atau ada cara settingnya biar bisa block notifikasi whatsapp juga ?

    Thx

    1. Pak Darius,

      Seingat saya, blocking mode di Samsung berfungsi menyaring panggilan telepon masuk dan SMS. Jadi, fungsinya berbeda dengan do not disturb di Xiaomi.

      Ya, biarpun blocking mode di Samsung dalam kondisi aktif, kalau ada pesan WhasApp masuk ponsel tetap akan berbunyi.

  29. Wah ternyata kalo head to head juaranya xiaomi 1s ya pak Herry, eman sdh nutup moto G kapan hari.
    Lebih eman lg karena dari info terbaru moto G ternyata sdh keluar versi yang pakai selot memory eksternal-nya.

  30. Koh Herry, selain di lazada kan ada nih beberapa yang jual Xiaomi Redmi 1s, dah ada juga yang mengakaui jual kw, tau tidak bedanya buat membedakan yang asli, karna kalo menunggu menang dilazada buat Xiaomi Redmi 1s sungguh susah sekali, jadi kepingin beli seperti di web tok*pe*ia, ada beberapa yang mengklaim jual Xiaomi Redmi 1s garansi resmi, bisakah dipercaya?

    terima kasih,

    1. Pak Dika,

      Nama situsnya disebutkan saja. Tak perlu disensor. Tokopedia ya?

      Saya belum pernah memegang ponsel Xiaomi KW sehinga belum mengetahui kondisi nyatanya gimana.

      Ada penjual offline yang mengklaim menjual Redmi 1S garansi resmi? Sejak minggu lalu kondisi itu sangat mungkin terjadi. Banyak kok pembeli Redmi 1S di Lazada yang sejak awal sudah berniat membeli untuk dijual lagi. Nah, iklan mereka itu yang mungkin Anda baca.

  31. pak herry, saya agak ragu untuk membeli hh ini secara online, apakah tidak dijual di toko2 handphone tetapi dengan garans resmi. Teman saya mengalami pengalaman buruk membeli hh ini secara online di lazad* , ketika sampai barangnya ada cacat yakni layarnya ada garis garis, barang tersebut tidak bisa ditukar dengan yang baru, dia dianjurkan membawa ke tempat service yg tertera di kartu garansi. Nah dari pengalaman teman saya itu saya agak ragu membeli melalui online, saya lebih suka membeli lewat toko karena bisa mengecek hh nya

    1. Pak Ikipyon,

      Terus terang Lazada masih masuk dalam daftar hitam versi saya sih. πŸ™‚

      Sampai detik ini, secara resmi Redmi 1S baru dijual secara online lewat Lazada. Ponsel itu belum dijual lewat jalur offline. Praktik di lapangan, sejak Kamis minggu lalu ponsel Redmi 1S bergaransi resmi juga bisa ditemukan di jalur offline. Tak sedikit pembeli di Lazada yang sejak awal memang berniat kulakan. Mereka membeli untuk dijual lagi dengan mengambil keuntungan minimal Rp 200 ribu.

    1. Pak Leos,

      Kondisi itu apakah terjadi ketika Redmi 1S barusan Anda terima? Kalau iya, silakan langsung mengajukan klaim kepada penjual. Sebelum 1 x 24 jam seharusnya Anda bisa meminta diganti dengan unit baru.

  32. Pak Herry

    Kalo mi3 udah resmi beredar di indonesia? Dimana kira2 saya bisa membelinya ya? Yang resmi aja, jangan yang importir umum, hehehe..

    Trims sebelumnya

  33. Pak Herry,
    Terima kasih atas sarannya.
    Mengenai build qualitynya bagaimana pak? Karna moto g dibandingkan dengan produk samsung dengan rentang harga yg sama kualitasnya menurut saya lebih baik motorola. Bisa dibantu pak mendeskripsikan redmi 1s lebih detail pak, maap merepotkan.
    Terima kasih sebelumnya.

    1. Pak Agust,

      Built quality Redmi 1S baik kok. Dia memang kalah seksi dibandingkan Moto G. Namun, sama sekali tidak terkesan ringkih.

    1. Pak Rizqyaf,

      Kalau memungkinkan, cari case yang tanpa magnet. Namun, bila tetap ingin membeli yang bermagnet, asalkan merek terkenal seperti Nillkin mestinya tak perlu terlalu dirisaukan. Mereka tentu sudah mempertimbangkan berbagai aspek dalam mendesain case tersebut. Misalnya, jarak dengan layar dan kekuatan daya tarik magnet.

  34. Mengenai berita xiaomi mengambil data pengguna itu sudah terbukti kampanye hitam aja. Ada berita konfirmasi nya, bahkan blog.gsmarena.com sudah meminta maaf karena kecerobohan editor website memuat berita itu tanpa konfirmasi dan cek terlebih dahulu.

    Redmi 1s ada kelemahan yang mencolok, begitu plastik pelindung layar dibuang, terlihat lah screen yang digunakan sangat reflektif dan silau. Bahkan terkena cahaya lampu ruangan sekalipun. Bila di adu dengan Lenovo seri S820 S920 P780 terlihat Redmi 1s lebih silau layar nya bak cermin.

    Selebih nya lagi, ini android terbaik di indonesia saat ini dengan harga 1500 πŸ™‚

    1. Pak Prawiro,

      Terima kasih atas update informasinya terkait rumor pengambilan data oleh Xiaomi.

      Ya, permukaan layar Redmi memang mudah memantulkan cahaya. Di sisi lain, permukaan layar itu juga terasa lebih licin dibandingkan beberapa ponsel yang Anda sebutkan. Karena licin, nyaman banget buat jari saat menyapu layar.

      Setuju banget. Dengan harga Rp 1,5 juta dan spesifikasi serta kinerja seperti itu, Redmi 1S memang sangat layak dibeli.

  35. Selamat malam pak Herry SW…salam kenal…
    web yang mnrut sy baik & sngat membantu dengan review-reviewny…
    pertnyaan saya, kira-kira kalau redmi 1s jadi dijual offline apakah harganya akan jauh lebih mahal dri harga flash sale??

    kalau pak Herry SW berkenan melepas redmi 1s nya, saya bersedia menampungnya karena kendala koneksi internet di wilayah saya (Maumere – Flores) yang masih buruk (putus-sambung) sehingga saya kesulitan memburu redmi 1s ini πŸ˜€

    Terima Kasih pak Herry SW, dberkati selalu

    1. Pak Eddy Dewa,

      Ya, pasti lebih mahal. Dalam pantauan saya, banyak pedagang yang kulakan dari Lazada, lalu menjualnya lagi dengan harga Rp 1,75 juta sampai Rp 1,8 juta.

      Maaf, Redmi 1S saya belum dijual. Andaikan dijual pun, bila lokasi Anda di Maumere, terus terang saya juga bingung harus mengirimkannya memakai jasa kurir apa. Untuk pengiriman gawai/gadget, saya biasanya memakai layanan FedEx/RPX dan sangat menghindari JNE. Setahu saya, sampai saat ini RPX belum menjangkau Maumere.

  36. Sudah dua seri Iphone-nya Tiongkok (Xiaomi) yang diulas Om Herry. Kapan dong review Iphone-nya 6 dan 6 Plus? Penasaran sama itu barang, kok bisa mahal sekali ya?

    1. Pak Aris,

      Kalau ada yang membelikan atau meminjamkan, saya akan mengulas dua iPhone itu. Sebaliknya, bila harus beli sendiri, saya langsung mengibarkan bendera putih deh. Harganya tak terjangkau.

  37. Ko alhamdulillah Redmi 1S sudah digenggam, pertama kali mengeset hp, hp ini langsung saya cas sambil melakukan setting-setting’an, setengah jam berlalu HP ini terasa panas sekali, dan waktu mengecas pun HP juga terasa panas saat tidak digunakan, apa Bapak merasakan hal tersebut? Atau memang layaknya saat kondisi cas harusnya tidak digunakan?

    Kemudian menurut Koko untuk Redmi 1S lebih baik menggunakan screen protector yang mana Ko untuk janga panjang? Dan urutan merknya seperti apa>

    1. Pak Rizqyaf,

      Perlakuan Anda terhadap ponsel baru terus terang kurang tepat. Ponsel baru sebaiknya baru di-charge setelah muncul peringatan baterai lemah (low battery). Selama proses charging, ponsel harus dalam kondisi padam. Lepaskan charger ketika baterai telah terisi penuh. Lakukan hal itu selama 3-4 kali pemakaian pertama.

      Kalau mau yang bagus, silakan membeli tempered glass merek Tyrex atau Delcell. Harga sekitar Rp 200 ribu. Kalau mau yang terjangkau, cukup belikan screen protector yang bening. Mereknya bebas. Harga sekitar Rp 25 ribu.

  38. Karena bingung Ko, Mbak2 konter mengatakan jika hp baru perlu dicas selama 4 jaman dalam kondisi mati, lalu dipakai.
    Lalu Ko kalau sudah terlanjur dipakai 1 harian, bagaimana perlakuannya? Apa masih boleh untuk menunggu sampai batrai lemah?
    Membeli nonmerk Tempered Glass apa tidak apa2 Ko>

    1. Pak Rizyaf,

      Kalau sudah terlanjur, ponsel silakan dipakai sampai baterai lemah. Lalu, di-charge seperti yang tadi saya ceritakan.

      Kalau tempered glass tanpa mereknya memang bagus sih tak masalah. Belakangan ini banyak tempered glass bermerek baru maupun tanpa merek yang mengutamakan harga murah. Kualitas urusan nomor dua. Saat dipasangkan ke layar, permukaan tempered glass itu kurang bening. Ia juga cenderung kasat sehingga jari terasa tak nyaman saat menyapu layar.

  39. Selamat siang pak Herry SW
    Terima Kasih atas responnya.. πŸ™‚
    1. Boleh saya tau kenapa bapak sangat menghindari JNE??
    2. Kalau soal pengiriman itu saya biasanya lewat ekspedisi Surabaya – Maumere yang bisa dipercaya atau dikirim dulu ke Yogyakarta juga bisa..proses selanjutnya bisa diatur….hehehe,,, πŸ˜€ (mudah-mudahan cepat dilepas y pak…haha… :D)
    3. Kalau Redmi 1s vs Xperia M/N Dual kira-kira bagaimana pak??

    Terima Kasih..

    1. Pak Eddy Dewa,

      1. Sebab, saya sudah berkali-kali memperoleh pengalaman kurang menyenangkan bersama JNE. Misalnya, ponsel yang saya kirimkan dalam kondisi sangat mulus laksana baru saat tiba di alamat tujuan ternyata sisi mukanya menjadi penuh goresan.

      2. Oh ok.

      3. Setahu saya, tidak ada Xperia N dual. Kalau Redmi 1S versus Xperia M dual, dengan asumsi kesepadanan antara harga, spesifikasi, dan kinerja sangat diperhatikan, saya lebih memilih Redmi 1S.

  40. Bang , saya mempunyai budget sekitar 1,7 jt , kira kira ada saran smartphone apa yg pantas dibeli , tetapi saya ingin mempunyai kinerja dan penyimpanan yang bagus , sarannya ya bang

    1. Pak Leos,

      Kalau masih ada power bank merek lain seperti Delcell, MiLi, dan Noontec, lebih baik Anda melirik yang lain deh.

  41. Sungguh tulisan yang beratjoen!
    Tapi akan lebih sempurna klo Bung Herry sajikan juga foto hasil selfie-nya dengan lingerie yang dibeli di toko tersebut. Kwiikwiiikk!

    1. Cak Hananto,

      Glodaks…. Saya nggak masuk ke toko lingerie itu kok. Saya cuma memotret dari depan, itu pun sambil setengah sembunyi-sembunyi.

  42. Jika alur 3-4 kali pengecesan tersebut sudah dilakukan, terserah ya Ko mau ngecas model kayak apa?
    Untuk Mi 1S cocoknya menggunakan baju/casing yang model apa ya Ko (leather, silicone atau..), mengingat bobotnya yang sudah berat?
    Ko ada rekomen beberapa tab dengan bujet maksimal 2jt?

    1. Pak Rizqyaf,

      Setelah 3-4 kali charging sesuai yang saya jelaskan, Anda lebih bebas dalam mengisi ulang ponsel. Namun, sebaiknya tetap dilakukan saat sudah low batt dan ponsel dipadamkan selama proses charging.

      Baju model apa? Bergantung selera sih. Kalau saya menggunakan jelly case transparan seperti ini http://postimg.org/image/cvytyi6lb/

      Tablet? Dengan anggaran segitu, Anda boleh mempertimbangkan HP 7 VoiceTab atau Acer Iconia Tab 7. Review dua tablet itu telah saya unggah ke Ponselmu.com.

    1. Pak Hendra Cipta,

      Sampai detik ini saya tidak berencana mengulas Honor 3C. Namun, kalau Anda meminjamkannya kepada saya, dengan senang hati saya akan me-review-nya.

  43. Pak Herry, mudah2an waktu sudah membuat Pak Hery agak melunak dengan asus, karena Zenfone 4S sudah mulai dilaunching dgn diagonal layar 4,5 inchi namun batere masih 1.750 mAh
    mohon berkenan memberikan komentar, syukur2 review di postingan tersendiri
    terima kasih sebelumnya
    heheee

    1. Pak Joko,

      Karena saya melihat Asus Indonesia belum berubah, sampai saat ini saya masih merekomendasikan konsumen untuk tidak membeli tablet dan ponsel merek Asus.

  44. Pak Herry ,
    mau nanya gimana kalau redmi note? apakah sdh pernah coba?
    apakah juga sebagus yang 1s kalau dibandingkan dengan harganya?

    thanks

    1. Pak Eko,

      Acer Liquid E700 akan saya review setelah Nokia Lumia 630, Lenovo S660, dan Xiaomi Redmi Note. Untuk ZTE Bolt, sampai detik ini saya belum berencana mengujipakainya.

  45. Mengapa Ko mengecas hp menunggu sampai peringatan batreinya lemah?

    Diberi baju Jelly Case seperti itu apa tidak menyerap panasnya bodi belakang casing?
    Ko saya merasakan jika mengetik di Mi 1S ketika memanjer tombol Shift diikuti dengan huruf A / S / Z (huruf-huruf yang berdekatan dengan Shift), maka tidak mau keluar huruf tersebut, apakah Mi 1S Bapak seperti itu?

    Terimakasih atas rekomendasinya Ko

    1. Pak Rizqyaf,

      Ya biar siklus hidup baterai tidak cepat habis.

      Jelly case biasanya tidak terlalu ketat. Masih ada udara yang bisa keluar masuk.

      Punya saya papan ketiknya baik-baik saja.

  46. ow..oke pak terima kasih sharenya..
    iya maaf salah ketik, maksudnya M dual πŸ™‚

    oh iya, dalam waktu dekat mungkin saya akan melewati surabaya, siapa tau saat itu pak Herry SW sudah bersedia melepas redmi 1s nya….hehehehee…. πŸ˜€

  47. Maaf pak Herry SW, ada pertanyaan yang ketinggalan (maaf kalau keluar topik) :
    1. Kalau notebook&netbook merk asus masuk dalam rekomendasi tidak? apa tetap tidak masuk rekomendasi seperti smartphone & tablet asus?

    2. Antara asus & HP, kira-kira lebih baik mana dari segi kualitas produk (laptop, smartphone, tablet) serta layanan pelanggannya?

    Terima Kasih pak Herry SW

  48. pak, jelly case transparent-nya beli dimana untuk redmi 1s-nya ? pak herry pake screen guard apa ? klo screen guard cair rekomendasi ndak pak ?

    1. Pak Stwn,

      Saya waktu itu beli di internet. Lupa tepatnya di mana. Saya beli beberapa buah sekaligus. Anda di Surabaya atau kota lain?

      Xiaomi Redmi 1S saya malahan tidak dilapisi screen protector. Saya ingin tahu sampai seberapa jauh daya tahannya.

      Jangan pakai screen guard cair deh.

  49. Ponselmu.com ndak ada subscribe by email ya ?, kayaknya lebih menarik , jadi bisa tau kalau ada update artikel/review terbaru di ponselmu.com

    1. Pak Raharjo,

      Tinggal cari di pusat penjualan ponsel. Kalau jelly case transparan yang saya gunakan dulu beli online. Saya beli beberapa buah sekaligus, biar ongkos kirimnya terasa lebih murah.

  50. Pak Herry, apakah LED FLASH-nya Redmi 1s terang kalau dipake motret di ruangan gelap?
    Soalnya dari pengalaman saya membeli smartphone android yg harga di bawah 2 jutaan led flash-nya tidak terang sama sekali, hanya bisa dipakai motret obyek dekat berjarak Β±50 cm saja di ruang gelap.

  51. Pak Herry, apakah LED FLASH-nya Redmi 1s terang kalau dipake motret di ruangan gelap?
    Soalnya dari pengalaman saya membeli smartphone android yg harga di bawah 2 jutaan led flash-nya tidak terang sama sekali, hanya bisa dipakai motret obyek dekat berjarak Β±50 cm saja di ruang gelap.

    Sebagai referensi, ini contoh hasil jepretan Polytron W7450 yg terang banget flash-nya
    https://fbcdn-sphotos-f-a.akamaihd.net/hphotos-ak-xap1/v/t1.0-9/p417x417/10897_667318960015554_2893124860507158840_n.jpg?oh=740eaa78cfbf1a3a73fe8fb47f3763bd&oe=54CA7630&__gda__=1422819530_bd58614a7caeb7742ea5b885ba32386c

  52. Pak Herry, apa benar di Redmi 1s tidak ada pengaturan SIM default? Semisal khusus untuk SMS pake SIM1 dan khusus untuk Telp pake SIM2?

    1. Bu Florenchia,

      Wah, Redmi 1S-nya tidak saya bawa. Seingat saya memang tak bisa di-default-kan ke salah satu SIM. Saat hendak telepon atau SMS baru muncul pilihan mau pakai SIM1 atau SIM2.

  53. Sudah masuk terimakasih, sebenarnya saya cari yang warna putih, soalnya di Semarang jarang ada yang warna putih. Ada tapi di online shop blibli.com
    Tapi tawaran dari om Herry sangat sayang untuk dilewatkan, hehehehe

  54. Berarti repot dong Pak, kalo pake aplikasi M-BCA kan tidak ada pilihan SIM1-SIM2-nya. Aplikasinya langsung pake SIM1 sebagai pengirim SMS.

    Padahal saya pingin yg SIM1 pake TRI buat internet, dan SIM2 itu kartu SIMPATI yg saya pake buat Mobile BCA.

    1. Bu Florenchia,

      Saat pakai Redmi 1S itu, selot SIM1 saya isi dengan kartu XL untuk internet yang habis pulsa kartu dibuang. Sedangkan selot SIM2 saya isi dengan nomor utama saya, kartuHalo Telkomsel. Saya bisa melakukan transfer via mobile banking BCA di nomor Telkomsel dengan lancar.

  55. pak herry, aku mau nanya kalo menurut pak herry nokia xl patut dibeli atw tidak ?
    keunggulan dan kelemahannya apa aja ?

    makasih

  56. Koko pakai ROM versi berapa? Dan saat ini paling enak update ke versi ROM yang berapa Ko?
    Saya mengalami masalah “tekan shift” tersebut pas di versi ROM default 32.
    Ko banyak penawaran di online casing yang menggunakan bumper alumunium serta full alumunium untuk Mi 1S, apa tidak apa menggunakan materia tersebut dengan konsekuensi selain beratnya?

    1. Pak Rizqyaf,

      Sama dengan yang dipakai di Redmi 1S – Lazada. Saya tak ingat versi berapa. Ada 36C atau 36L gitu deh.

      Bumper aluminiumnya mesti dilihat dulu desainnya. Sebab, kalau kurang bagus, ia berpotensi menggores pinggiran ponsel. Back casing aluminium mestinya lebih aman buat ponsel.

  57. Saya dapat dari Lazada deafult ROMnya versi 32 Ko (belum saya udpate sama sekali).
    Ok Ko nanti saya akan updet ke angka ROM yang depannya 36 tersebut, siapa tahu masalah Shift ini hanya karena ROMnya.

    Apakah Koko saat menggunakan normal untuk aktivitas Mi 1S ini RAM ketika dibersihakan atau di refresh available hanya sekitar 100-200 MB?

    1. Pak Rizqyaf,

      36 itu di bagian belakang, bukan depan.

      Sisa RAM biasanya di rentang 200-300 MB. Pernah 1-2 kali berada di kisaran 190 MB. Kalau saat masih segar alias usai di-restore factory setting, bisa tembus 400 MB.

  58. Pak Herry, selama bapak menggunakan Redmi 1s, apakah sering terjadi force closed pada aplikasi-aplikasinya? Ada berapa banyak aplikasi online yg terinstal di hape bapak?
    Karena menurut teman-teman di Kaskus, Redmi 1s sering mengalami force closed (aplikasi tertutup secara tiba-tiba) ketika sedang membuka game, Whatsapp, dst. dikarenakan RAM-nya yg tergolong minim untuk MIUI.

    1. Bu Florenchia,

      Pernah force closed satu kali saja. Kalau tak salah ingat, saat itu saya akan membuka WhatsApp.

      Ada berapa banyak aplikasi? Wah, tidak saya hitung. Mencapai belasan, tetapi tak sampai puluhan.

  59. saya tidak mengerti Ko maksudnya bagian depan dan belakang hehe… Di About ponsel kan Ko versi ROMnya?

    MIUI ini kan banyak terpakai di lauchernya (katanya) apa benar Ko? Jika iya apakah menggunakan aplikasi laucher dari playstore dapat mengurangi masalah tersebut atau justru dengan denganmenggunakan laucher dari playstore bertambah berat?

    1. Pak Rizqyaf,

      Iya, langsung check update dari ponsel saja.

      MIUI banyak terpakai di launcher-nya? Ehmm… maksudnya gimana tho? *bingung* Optimalkan dengan rajin menjalankan cleaner saja deh. Itu ada di dalam menu Security.

  60. Sudah Ko, sudah update pembaruan ke 36.0 (stable), kok bisa diluar-luat update-annya hinggi 37 keatas ya Ko>
    Siap Ko.
    Ko bagaimana caranya di Mi 1S ini ketika kondisi mati layarnya, tapi saya ingin menghidupkan layarnya dengan selain memencet tombol power 1x? Misalnya kondisi sleep jika diketuk layarnya sekali bisa hidup layarnnya

    1. Pak Rizqyaf,

      Yang 37 apa mungkin untuk area lain ya? Saya tak tahu pasti.

      Oh, model ketuk-ketuk layar ala ponsel Android LG ya. Setahu saya, Redmi 1S tidak memiliki fitur bawaan seperti itu.

  61. Pak Rizqyaf,

    Caranya ingin menghidupkan layarnya dengan selain memencet tombol power 1x?

    -> Bisa juga dengan tombol “Volume (+ atau -)”, caranya :
    Masuk di menu Settings -> DEVICE (P-Buttons) -> terus pada LOCK SCREEN di-ON-kan option “Wake with Volume buttons” [Pressing Volume buttons wakes the device]

    Tapi kalau menyalakan dengan ketuk2 seperti di LG kayaknya belum ada deh fitur spt itu, heheee

  62. Ko Herry,

    Redmi 1s itu jelek banget kayaknya yach?

    Bug atau permasalahan yg sering dialami user adalah aplikasi suka “nge-close” tiba-tiba sewaktu sedang digunakan.

    Ya atau Tidak sih?

    1. Bu Sherly,

      Menurut saya, Redmi 1S itu justru bagus. Selama menguji pakai ponsel itu, saya hanya satu kali mengalami close sendiri. Satu kejadian yang menurut saya masih sangat wajar.

  63. Bukan model ketuk-ketuk lebih dari satu kali Ko, tapi ketuk satu kali saja Ko untuk menghidupkan layar redmi 1S ini, adakah caranya selain memencet tombol on-off 1x?

  64. Pak Herry, Redmi 1s apakah mampu diinstal aplikasi Sygic GPS Navigation? Kabarnya Redmi ini punya kelemahan di RAM-nya, sehingga beberapa aplikasi sering crash atau tertutup sendiri ketika sedang dibuka.

    1. Pak Arif,

      Maaf, saya tak pernah mencoba Sygic.

      RAM memang hanya 1 GB dan, menurut saya, wajar untuk sebuah ponsel dengan harga segitu. Pengalaman selama memakai Redmi 1S, saya hanya mengalami satu kali tertutup sendiri.

  65. Pengalaman Koko kemarin saat mengecas Mi 1S dalam kondisi mati membutuhkan waktu berapa jam Ko sampai full ke 100%?
    Ko pada saat sms, emoticon kok tidak tertampil emoticonnya ya? hanya simbol “;” ditambah “)”, begitu, tapi kalau Whatsapp ataupun BBM emotivon selalu muncul

    1. Pak Rizqyaf,

      Wah, tidak saya perhatikan. Tengah malam menjelang tidur ponsel saya charge. Bangun tidur sudah penuh.

      Soal emoticon, maaf, saya tidak memperhatikan.

  66. Pak Herry, didekat rumah saya ada toko hp yang jual xiaomi redmi 1s dengan harga 1,9 juta..apa masih layak beli dengan harga segitu? Tapi saya tidak tahu garansi darimana…trims pak Herry..

    1. Pak Erfan,

      Menurut saya, kalau garansi resmi, harga segitu masih boleh dibeli. Sedangkan kalau bukan garansi resmi, ambang batas tertinggi mestinya Rp 1,8 juta ya.

      Saya sendiri terus terang masih ragu dengan layanan pusat perbaikan resminya. Namun, ponsel yang bergaransi resmi tetap pantas dihargai lebih mahal. Minimal kalau Anda bosan, menjual yang bergaransi resmi lebih mudah daripada yang tanpa garansi resmi.

    1. Pak Hartono,

      Ya, sebaiknya tetap dilapisi screen protector untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Gorilla Glass bukan berarti tidak bisa tergores, melainkan lebih sulit tergores.

  67. Isu yang beredar ROM 36 lebih boros memory yang menyebabkan sering force closed dibanding bawaan lazada (32) , makanya beberapa ada yang pengen balik ke 32 lagi. Kabarnya gak se smoth 32 karena lebih berat

    1. Pak Stwn,

      Terima kasih atas informasinya. Btw, terakhir saya pegang Redmi 1S Lazada, sejak awal versi firmware-nya sudah yang 36. Redmi 1S itu hasil penjualan Lazada edisi ketiga.

  68. Pak Herry, apa yang dimaksud garansi resmi itu hanya xiaomi yang dibeli dari lazada? Apa tidak ada rencana dari trikomsel atau erajaya untuk menjual redmi 1s di gerai mereka?

    1. Pak Erfan,

      Ceritanya begini: distributor resmi Xiaomi di Indonesia ada dua, grup Trikomsel dan grup Erajaya. Pada tahap pertama ini, penjual hanya dilakukan secara online di Lazada. Praktiknya, banyak pedagang yang membeli online dari Lazada, kemudian dijual secara offline dengan harga lebih mahal. Sampai detik ini, asalkan sumber awalnya dari Lazada, ada lembaran panduan berbahasa Indonesia, dll berarti garansi resmi.

      Apakah Trikomsel dan Erajaya tidak berencana menjual Redmi 1S di gerai mereka? Sampai detik ini belum pernah ada pernyataan resmi dari mereka.

  69. Ko tanya, terkait penyerapan daya, kira-kira lebih boros mana ketika jika ingin chatting nyala terus, memakai on sinyal wifi dibanding on memakai paket data 2G ataupun 3G?

  70. Pak Herry, selama bapak memakai Redmi, kesannya lemot gak pak?
    Dengan free-RAM cuma sekitar 200-an MB, apa cukup diinstal semua aplikasi sosmed populer seperti Whatsapp, BBM, Line, Yahoo Messenger, Facebook, Google+

    serta aplikasi backup yg selalu running di latar belakang seperti Google+ Foto dan Microsoft OneDrive?

    1. Bu Florenchia,

      Ini yang dimaksud Redmi atau Redmi 1S? Itu dua tipe yang berbeda. Kalau Redmi 1S, sama sekali tidak terasa lemot. Namun, saya tidak menjalankan semua aplikasi media sosial yang Anda sebutkan. Bila seluruhnya Anda jalankan, ponsel dengan RAM 2 GB pun belum tentu tetap gegas.

  71. pak Herry,
    diluar hal nonteknis dan hanya mempertimbangkan kesesuaian harga dan performa/fitur,
    kira-kira dengan harga Zenfone4 1.1jt dan Redmi 1S 1.5jt, pilih yg mana pak ?

  72. kalau samsung galaxy v layak dibeli atau tidak Pak Herry? soalnya baru ini samsung memiliki fitur kamera depan dengan harga yg terjangkau, sudah menggunakan android kitkat pula

    1. Bu Rahma,

      Saya belum pernah mencoba Galaxy V. Kalau melihat harga dan spesifikasinya, ponsel itu tidak menarik. Harga Rp 1,199 juta, tetapi masih menggunakan prosesor single core. Terlalu mahal deh.

  73. Ponselmu Herry SW,
    Apkah redmi1s ini mendukung 3g video call?? Saya baca beberapa info online mengatakan bahwa hp ini tidak suport 3g video call via jaringan seluler hanya bisa via aplikasi/koneksi internet

    1. Pak Eddy Dewa,

      He… he… prediksi teks kadang bisa menyesatkan. πŸ™‚

      Redmi 1S tidak mendukung video call via 3G. Kalau Anda membutuhkan kemampuan itu, ponsel merek global yang biasanya mendukung video call adalah Lenovo dan Samsung.

  74. Maaf pak, seharusnya pak Herry SW bukan ponselmu Herry SW. Jari saya tadi tidak sengaja sengaja menyentuh otomatis text di hp πŸ™‚

    1. Pak Donny,

      Iya nih. Pengin mengurangi berat badan susah banget. Sempat coba OCD-nya Deddy Corbuzier. Badan terasa lebih segar, tetapi berat badan tak berhasil turun.

  75. kalo Redmi 1s dibandingkan sama LG G2 Mini lebih bagus mana om? kan spesifikasinya hampir sama..
    bisa kasih saran om, pilih yg mana?

    1. Pak Roni,

      Kalau tanya lebih bagus mana, ya lebih bagus G2 Mini. Namun, kalau harga turut dijadikan pertimbangan, Redmi 1S yang menang. Sebab, dengan harga lebih murah setengahnya, kinerja dan kenyamanan pemakaian Redmi 1S hanya kalah tipis dari G2 Mini.

  76. hehe…iya betul kadang menyesatkan… πŸ˜€
    kira-kira rekomendasi lenovo atau samsung tipe apa pak yang spesifikasinya mndekati atau sama dengan redmi1s??? sayang sekali redmi1s tidak mendukung 3g video call padahal saya sangat ingin menggunakan layanan itu di redmi1s mengingat kondisi kecepatan internet yang buruk dan mahal di daerah saya.. πŸ™

    1. Pak Eddy Dewa,

      Coba cek Lenovo S650 yang harga barunya sudah di bawah Rp 2 juta. Saya sendiri belum pernah mencicipi S650. Yang pernah saya coba S660.

  77. Akhirnya ada review Redmi 1S juga, πŸ™‚
    Saya dapet di gelonbang kedua dari Lazada.

    Karena memang lagi mencari HP dengan budget terbatas, HP ini worthed banget dan ga salah beli, hanya ya memang kekurangan di batre, ram management, serta yg disebutkan pa herry di atas. Saya tes di antutu, dapet score 20.000-an :D, tanpa root.. hehe.

    Jadi ga sabar pengen beli MI4, dengan spek lebih tinggi klo gitu, krn kualitas xiaomi ga main-main, serta support di forum sangat cepat feedback nya. Mungkin service centernya saja yang belum ketauan kualitasnnya, semoga sebagus kualitas HP nya.

  78. Ko saya mempunyai heatsink bekas heatsinknya procesor di komputer, lalu bolehkah saya meletakkan mi 1s saya diatas heatsink tersebut ketika mengecas? maksud saya agar bodi belakang si hp panasnya bisa menempel dengan haetsink..

    1. Pak Rizqyaf,

      Soal boleh tidaknya, saya tak berani memastikan.

      Apakah Redmi 1S Anda panas saat di-charge? Seharusnya tidak panas lho.

  79. waduh.. kok bagus ya om.. mmm.. kalau sama vibe x, dari segi kamera dan lain2, bagus mana??? aku pengen vibe x, tp kok kayaknya banyak yg kecewa.. makasih om Herry..

    1. Bu Adila,

      Kalau unsur harga turut diperhitungkan, Redmi 1S lebih baik. Kalau unsur harga tidak diperhitungkan dan Anda tak memerlukan kemampuan dual SIM, silakan melirik Vibe X.

  80. pak mau tanya apakah bapak tidak minat meriview HP merk himax yg katanya produk lokal berkualitas, yang cara penjualanya sama dengan xiaomi

    1. Pak Ambang,

      Saya pernah dua kali meminang ponsel Himax. Dari pengalaman tersebut, kini saya tak mau lagi iseng membeli Himax.

  81. πŸ˜€ ……..akhirnya dapet si 1S ………coba nanti GPSnya saya install pake app 7WAYS dan POLNAV………..soalnya GPS di LENOVO s880 lemot banget , perlu + 4 menit buat init dan lock……………ntar saya up disini ko Herry……

  82. Pak Herry,

    Redmi 1s saya sudah dapet update versi 43, tapi kok tidak bisa mendeteksi WhatsApp Contacts ya ? Di beberapa daftar phone book memang muncul logo WhatsApp tapi tidak bisa saya kirimi message. Saya baru bisa kirim message kalo dikirimi dulu terus saya reply, itupun hanya muncul no pengirim tanpa nama meskipun sudah di saved di phone book. Oh ya saya sudah coba 3X uninstall tapi hasilnya masih tetep.

    Terus gimana ya Pak caranya liat sisa RAM yang available ? Kok tidak muncul di Setting – General Setting – Apps ?

    Over all saya puas pake Siomay ini

    Terima kasih

    1. Pak Eko,

      Saya sudah tidak memakai Redmi 1S lagi. Terkait kegagalan mendeteksi kontak WhatsApp, saya tidak berani memastikan apakah hal itu berhubungan dengan update ke versi 43.

      Sekadar berbagi cerita, 2-3 hari lalu, saya menambahkan kontak baru di ponsel. Biasanya kontak itu lalu tersinkronisasi dengan akun Gmail dan akhirnya nyambung ke kontak WhatsApp. Entah mengapa kemarinnya tidak bisa demikian. Kontak baru itu tetap tak muncul di WhatsApp. Sinkronisasi secara manual tetap gagal memunculkan kontak di WhatsApp. Karena di ponsel saya toh tidak ada data penting, ponsel akhirnya saya reset dan kontak akhirnya berhasil dikenali oleh WhatsApp.

      Untuk lihat sisa RAM, tekan dan tahan tombol kapasitif di bawah layar. Saya lupa yang paling kiri atau tengah. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti ini http://postimg.org/image/4ei0bxc31/

  83. pagi om Herry
    redmi 1s sudah saya install app gps yg stand alone , ada 2 versi , 7WAYS dan POLNAV , ada kelebihan dan kekuranganya.
    1. 7WAYS :
    (+) instalasi mudah , instalasi map / peta Indonesia ada di link MegaMap yg bisa diunduh dan intall langsung.
    (-) program besar dan resolusi map umum , kalo mau lebih presisi bisa download dari NAVIGASI.NET (gratis tanpa dipungut biaya) peta ini update setahun 2 X

    2, POLNAV
    (+) program kecil / ringan
    (-) Map harus diinstall sendiri (dari NAVIGASI.NET) meskipun dari app nya sendiri ada basemap (JAKARATA yang free)
    REDMI 1S kecepatan untuk lock lokasi cepet bisa dilihat dari app GPS Test.
    sekian dulu om Herry dan makasih πŸ™‚

  84. Pak Herry,

    Sarannya mangstab bingit, hp saya reset dan sekarang Whatsapp lancar jaya. Yang surprise ternyata setelah direset tetep berjalan di versi 43, sebelumnya saya pikir akan turun ke versi awal 36.

    Oh ya untuk melihat sisa RAM yang ditekan & ditahan tombol kapasitif sebelah kiri.

    Btw … review Acer E700 kok nggak bisa dikomentari ya ?

    Thanks Pak

    1. Pak Eko,

      Terima kasih atas update-nya.

      Review E700 tak bisa dikomentari? Lho kok aneh. Padahal, sudah ada beberapa komentar di posting tersebut lho.

  85. Lebih merekomendasi Redmi 1s ketimbang Moto G karena Moto G terlalu polos dan kurang menantang?

    Buat yang sepuh pake Redmi 1s kira2 gimana ya om HSW? MIUI sepertinya sih simpel, tapi kalo boros batere, kasian juga kalo lupa charge, keburu mati.

    MIUI juga terus berkembang, dalam arti berpotensi bermasalah (tadinya beres), atau sebaliknya. atau malah masalahnya tidak pernah diperbaiki.

    Galau nih kena harga Redmi 1s, tapi kuatir hanya efektif dipakai kurang dari 2 tahun.

    1. Pak Jim,

      Alasannya karena kinerja kamera Moto G tidak sebagus Redmi 1S. Penggunaan baterai tanam dan tidak ada selot microSD menjadi faktor tambahan.

      Orang sepuh pakai Redmi 1S? Ya tak masalah tho. Frekuensi berponsel orang sepuh biasanya tidak setinggi pengguna yang lebih muda. Jadi, baterai Redmi 1S mungkin bisa bertahan sehari penuh. Kalau ternyata tidak cukup, ya tinggal dibawakan power bank.

  86. sudah semingguan pakai redmi 1s. overall puas pake nih HH
    sebelumya pake LG L70, yg pertama ane rasakan batre L70 jauh lbih irit drpada R1s. tapi bisa dimaklumi lah.. batre sama-sama 2000mah tapi processor dual core vs quad core.
    hape nya panas (posisi rom v43). solusi nya instal custom rom hehe.. saat ini saya pake cusrom paranoid, HH jd lbih adem.
    tapi klo suka tampilan MIUI bisa instal rom v37 (rom ini lbih adem drpada yg v43).
    untuk build quality nya lumayan sih.. andai bazel samping memakai alumunium pasti lbih mewah πŸ˜€
    saya setuju dgn judul artikel om herry, nih HH pantas dibeli tanpa pikir panjang!! langsung sikat dah..
    mau tanya om.. sensor gyro fungsinya buat apa yah??

    1. Pak Mdz_92,

      Ya, baterai L70 memang lebih hemat. Namun, Redmi 1S pasti terasa lebih responsif.

      Oh, sekarang sudah sampai ROM versi 43 ya.

      Sensor gyro itu bertugas mengenali orientasi ponsel. Biasanya bermanfaat untuk game.

  87. L70 tadinya saya jagokan juga. cuma bawaan gapps terutama hangout yang tidak bisa dihapus tanpa root, membuat ROM tersisa sangat sempit. pantas saja om HHSW hanya review L90nya saja yang lebih wajar meski akhirnya kalah dari G2 mini.

  88. P Herry kalo menurut anda lebih baik mana antara xiaomi redmi 1s dan acer liquid e700? Jika dilihat dari kesepadanan harga dan kualitasnya tanpa memperhatikan acer liquid e700 mendukung 3 sim card. Trims

  89. Maaf banyak bertanya P Herry, kalo tidak mempertimbangkan faktor harga tp dilihat dari kualitas dan performa gawai tersebut lebih baik yg mana? O ya apakah service center acer cukup bagus? Trims

  90. dari tulisan pak herry tentang redmi1s Nomor di selot pertama leluasa mengakses jaringan 2G maupun 3G. Hendak dikunci supaya selalu berada di jaringan 3G pun bisa, maksudnya apa kita harus mengunci dengan kode *#*#4636#*#*? kalo benar setelah tekan kode tesebut langkah selanjutnya gimana pak herry

  91. Pak Herry, saya baru dapat xiaomi Redmi 1S dari Lazada, kenapa ya aplikasi yg saya install tidak dapat di pindahkan ke sd card , spt bbm, wechat, line, kakaotalk dll
    Tq

  92. Pak Herry,
    Saya baru dapat redmi 1s ini 3 minggu yg lalu dari tokopedia, garansi resmi TAM dgn harga 1,615 jt.
    Sejauh ini cukup bagus, cuma ada masalah yg cukup mengganggu, sms saya selalu gagal terkirim ke beberapa kontak. Saya coba cek daftar blokir, kosong. Ini terjadi pada Sim1 dan sim2.
    Saya coba pindahkan salah satu sim ke hp lain.(nokia asha 302), barulah sms2 tadi terkirim semua.
    Saya coba reset, tetap saja seperti itu.

    Apa bapak tdk mengalami hal serupa? Kira2 dgn masalah ini apa bisa diklaim garansi?
    Terima kasih.

    1. Pak Alwi,

      Saya tidak mengalami hal itu. Coba perhatikan nomor yang tersimpan. Kalau sebelumnya, contohnya, 0812345, gantilah menjadi +62812345. Apakah berhasil kirim? Bila masih ada kendala, silakan mampir ke pusat perbaikan resmi.

  93. Pak Herry,
    Saya ingin menanyakan, bagaimana redmi 1s setelah pemakaian beberapa bulan apa ada kelemahan?
    Apa masih bisa diandalkan sebagai HP utama ya pak?
    Terima kasih sebelumnya

    1. Pak Rony,

      Saya belum pernah mencoba produk yang Anda ceritakan. Jadi, tak tahu jawaban yang tepat. Saya cenderung ke barang asli yang seharusnya bukan untuk pasar Indonesia.

  94. Halo HSW, salam kenal. Izinkan saya bertanya ya, untuk Redmi 1s jika sinyal tidak stabil (bahkan bisa dibilang selalu tidak dapat sinyal ditunjukkan dgn indikator sinyal yg selalu bertanda ‘x’) itu apa penyebabnya? Saya sudah coba pindah sim cardnya ke hp lain, sinyal stabil. Apa Redmi 1s saya mengalami kerusakan dan perlu dibawa ke tempat service?

    NB : Redmi 1s baru saja saya gunakan per 16 Februari kemarin. Terimakasih sebelumnya πŸ™‚

    1. Bu Shany,

      Maaf, saya baru bisa merespons pertanyaan Anda pada hari ini. Pada 25-27 Februari 2015 saya menjalani aktivitas yang padat di luar pulau. Sehingga, relatif tak sempat menjawab pertanyaan masuk.

      Kalau membaca cerita dan percobaan yang sudah Anda lakukan, Redmi 1S Anda tampaknya bermasalah. Teknisi-lah yang bisa mengecek penyebab pastinya. Saran saya, bawalah ke pusat perbaikan resmi.

  95. om herry, aku mau tanya. itu Xiaomi Redmi 1S sudah Keluar di Indonesia ya? kalo boleh tau itu yang toko penjual hp Xiaomi redmi 1s itu dimana ya om,yang tangan ke 2, ya biar murah dikit :v heheh,, nah om soal harga itu berapaan ya?

    1. Pak Wahyu Purnomo,

      Redmi 1S sudah lama keluar di Indonesia. Bahkan, sekarang sudah diskontinyu.

      Hmm… maksudnya Anda mencari toko penjual Redmi 1S bekas? Ya silakan rajin keluar masuk toko di pusat penjualan ponsel. Harga pasaran bekas sekitar Rp 900 ribu.

  96. hmm..Kalau ada yang baru om, kalau yang baru itu harga nya sampai 2 juta engga ya om? nah om aku juga mau tanya kalau Tempat Belanja di Internet yang Enak itu Lazada kan, kalau boleh tau Lazada itu Barang barang yang sudah Terpakai (Seken) atau barang dari toko? soal nya saya melirik lirik harga HP Xiaomi Redmi 1S itu ada yang sampai lebih dari harga asli hp Xiaomi Redmi 1S itu

    1. Pak Wahyu Purnomo,

      Redmi 1S baru dan garansi resmi? Mesti cari sisa-sisa stok di toko sih. Terakhir harganya sekitar Rp 1,375 juta. Beda tipis dengan Redmi 2. Ya mending beli Redmi 2 dong.

      Lazada tempat belanja di internet yang enak? Saya justru menyarankan Anda menghindari Lazada. Ngeri.

  97. Sekarang Redmi 1s berada dikisaran harga berapa ya ?
    Apakah pak Herry masih memakai redmi 1s ?

    1. Pak Andre,

      Redmi 1S baru dan bergaransi resmi rasanya sudah tidak ada deh.

      Saya sudah lama sekali berpisah dengan Redmi 1S.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *