Review Xiaomi Redmi 2: Melanggar Prinsip Ada Harga Ada Rupa

Ada harga ada rupa. Prinsip kuno itu sampai sekarang masih relevan. Intinya, harga biasanya berhubungan dengan kualitas barang atau jasa. Barang mahal seringkali lebih bagus daripada yang murah. Sedangkan layanan transportasi bertarif lebih mahal umumnya lebih prima ketimbang yang murah.

Melompat ke Xiaomi Redmi 2. Harga ritel resminya yang dipatok Rp 1.599.000 sampai Rp 1.649.000, bergantung jalur penjualan, terbilang murah. Sebab, spesifikasinya lumayan tinggi plus mendukung LTE. Apakah ia juga memegang prinsip ada harga ada rupa?

Redmi 2-1

Redmi 2 hadir dengan layar IPS 4,7 inci beresolusi 1.280 x 720 piksel. Karena telah mengadopsi AGC Dragontrail Glass, permukaan layar ponsel itu relatif lebih tahan gores. Layar tetap mulus meskipun garpu, uang logam, dan kunci berkali-kali disapukan ke atasnya. Saat memasak, pengguna wanita boleh iseng menggunakan Redmi 2 sebagai alas pemotong sayur deh.

Bentang layar Redmi 2 sebenarnya persis sama dengan Redmi 1S. Namun, dalam pemakaian sehari-hari, Redmi 2 terasa lebih enak digenggam maupun dikantongi. Hal itu terjadi karena bodi ponsel itu lebih kecil, lebih tipis, dan lebih ringan. Redmi 2 berdimensi fisik 134 x 67,2 x 9,4 milimeter dan berat 133 gram. Bandingkan dengan Redmi 1S yang berukuran 137 x 69 x 9,9 milimeter dan berat 158 gram.

Bila dicermati, layar Redmi 2 juga lebih enak dilihat ketimbang layar Redmi 1S. Warna yang tersaji di layar tampak lebih cerah dan tajam. Kalau menggunakan istilah yang sederhana: warnanya lebih keluar.

Prosesor empat inti (quad core) Qualcomm Snapdragon 410 MSM8916 1,2 GHz, Wi-Fi, bluetooth, GPS, RAM 1 GB, ROM 8 GB, dan selot microSD merupakan sebagian spesifikasi lain Redmi 2. Saat ponsel kali pertama diaktifkan, ruang kosong di memori internal mencapai 4,67 GB.

Redmi 2-2

Dua nomor GSM, seluruhnya menggunakan kartu micro SIM, dapat siaga bersamaan di Redmi 2. Koneksi tertinggi yang didukung ponsel itu adalah LTE. Karena dapat beroperasi di LTE 900 maupun 1.800 MHz, ia siap dipadukan dengan layanan LTE Telkomsel, XL, dan Indosat. Seandainya pengguna berada di luar area layanan LTE, ponsel otomatis berpindah ke jaringan lain yang lebih rendah, baik 3G maupun 2G.

Penulis sempat menyelipkan nomor Telkomsel di selot SIM1 dan XL di selot SIM2. Ketika penulis memutuskan berinternet via nomor Telkomsel, pengaturan tambahan pemilihan jaringan bakal muncul di layar ponsel. Penulis bisa mengatur agar ponsel cenderung ke jaringan LTE atau 3G. Penulis juga dapat mengunci ponsel di jaringan 2G agar konsumsi baterai lebih hemat.

Karena masih terkena euforia LTE, waktu itu penulis sengaja memilih prefer LTE. Redmi 2 sukses masuk dan menikmati layanan LTE Telkomsel. Pada saat bersamaan, nomor XL yang siaga hanya bisa berada di jaringan 2G. Ia masih dapat dipakai bertelepon dan ber-SMS.

Penulis kemudian mengubah koneksi internet yang awalnya memakai SIM1 (Telkomsel) menjadi SIM2 (XL). Pengaturan jaringan prefer LTE tak lupa dipilih. Hasilnya, penulis sukses berinternet lewat jaringan LTE XL. Sayang, sinyal LTE XL kalah kuat dan merata dibandingkan Telkomsel. Indikator sinyal di layar ponsel berkali-kali berubah dari 4G ke H+ dan sebaliknya.

Redmi 2-4

Sepasang kamera tersedia di Redmi 2. Kamera utamanya dilengkapi fokus otomatis dan lampu kilat. Ia sanggup menghasilkan foto beresolusi delapan megapiksel serta klip video full HD 1080p. Sementara itu, kamera di sisi muka siap memproduksi foto beresolusi dua megapiksel dan klip video HD 720p.

Spesifikasi lain Redmi 2, di antaranya, radio FM, kompas, perekam percakapan telepon, dan penyaring panggilan masuk. Ponsel Android 4.4.4 Kitkat dengan tampilan antarmuka MIUI 6 itu mendukung fungsi USB On-The-Go.

Redmi 2 juga dibekali lite mode, guest mode, dan do not disturb. Dengan mengaktifkan do not disturb, panggilan telepon masuk dan aneka notifikasi takkan membuat ponsel berbunyi. Untuk mencegah terlewatnya panggilan telepon penting, pengguna bisa memasukkan nomor tertentu ke daftar perkecualian.

Redmi 2-3

Mengacu kepada pengalaman penulis selama menguji pakai Redmi 2, ponsel itu tergolong gegas. Ia relatif cepat merespons perintah yang diberikan. Kondisi RAM yang awalnya menyentuh 413 MB, lambat laun akan menyusut hingga tersisa 100-an MB, bergantung aktivitas yang dilakukan.

Kalau diadu dengan Redmi 1S, harus diakui Redmi 2 terasa sedikit lebih lambat. Perbedaannya tipis dan tidak selalu kentara. Penulis menduga kondisi itu dipengaruhi tampilan antarmuka MIUI 6 yang mungkin belum seoptimal MIUI 5. Betapa pun, secara umum Redmi 2 tetap tidak layak dibilang lemot. Ia masih sangat pantas disebut gegas.

Masih berhubungan dengan MIUI 6, ada satu hal yang bagi penulis cukup mengganggu. Normalnya ponsel akan otomatis mengunduh file-file lampiran email. Kondisi itu bukan hanya terjadi di Redmi 2. Ponsel Xiaomi tipe lain yang telah menggunakan MIUI 6 mengalami hal serupa. Solusi setengah tuntas yang saat ini tersedia, pengguna mengubah pengaturan sehingga pengunduhan hanya dilakukan saat ponsel terkoneksi dengan Wi-Fi.

Redmi 2-19

Lanjut lagi. Kinerja kamera belakang maupun kamera depan Redmi 2 tergolong bagus dibandingkan rata-rata ponsel lain berharga setara. Foto-foto yang dihasilkan dalam berbagai tingkat pencahayaan minimal pantas disebut lumayan. Pengguna yang gemar bereksperimen tinggal mencoba beragam filter dan scene yang tersedia. White balance dan ISO/ASA bisa pula diatur manual.

Selain bertelepon, penulis banyak menggunakan Redmi 2 untuk mengakses email dan WhatsApp. Ponsel juga selalu terkoneksi dengan Sony SmartBand Talk SWR30 via bluetooth. Sesekali penulis menjalankan game Asphalt 7 dan mengaktifkan fitur tethering alias portable Wi-Fi hotspot.

Dengan perilaku pemakaian seperti diatas, baterai removable 2.200 mAh di Redmi 2 biasanya bertahan sekitar sepuluh jam. Kalau hari itu penulis sama sekali tidak menyalakan tethering, daya baterai sanggup menemani penulis selama 14-15 jam.

Redmi 2-5

Saat ini Redmi 2 bergaransi resmi dijual lewat dua jalur. Jalur online melalui Lazada dengan banderol harga Rp 1.599.000. Sedangkan untuk pemasaran offline, peminat bisa membelinya di gerai Erafone, Global Teleshop, dan Oke Shop. Harga jualnya di sana Rp 1.649.000.

Dengan memperhatikan spesifikasi, harga jual, dan kinerja, penulis memvonis Redmi 2 telah melanggar prinsip ada harga ada rupa. Sebab, meskipun ponsel itu berharga jual relatif murah, kenyataannya ia memiliki kualitas dan kinerja yang patut diacungi jempol.

Pesan penulis, pastikan membeli Redmi 2 bergaransi resmi. Hindari membeli Redmi 2 bergaransi distributor independen. Sebab, setidaknya sampai saat ini, Redmi 2 non-garansi resmi tidak kompatibel dengan LTE 900 MHz. Ia hanya mendukung LTE 1.800 MHz. Jadi, bila digunakan sekarang, mestinya Anda takkan bisa mencicipi layanan LTE Telkomsel dan Indosat.

Cara mengenali Redmi 2 bergaransi resmi dapat dibaca di tautan ini. Silakan mengkliknya.

***

Ada tiga pilihan pengaturan jaringan.

Redmi 2-21

Sukses memanfaatkan layanan LTE Telkomsel.

Redmi 2-20

Berhasil pula dipadukan dengan LTE XL.

Redmi 2-22

***

Inilah foto-foto yang dihasilkan Redmi 2.

Redmi 2-6

Redmi 2-7

Redmi 2-8

Di-crop di area dekat bekas gigitan.

Redmi 2-9

Redmi 2-10

Redmi 2-11

Redmi 2-12

Redmi 2-13

Redmi 2-14

Papan penunjuk arah ini berada di area berpencahayaan kurang terang di sebuah mal.

Redmi 2-15

Redmi 2-16

Pukul 18.34 di sebuah perempatan, kala lampu lalu lintas menyala merah. Iseng memotret bagian belakang mobil yang berhenti tepat di depan penulis. Pemotretan dilakukan tanpa mengaktifkan lampu kilat.

Redmi 2-17

Kini mencoba kamera depan.

Redmi 2-18

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

Redmi 2-23

Redmi 2-24

Redmi 2-25

 

710 thoughts to “Review Xiaomi Redmi 2: Melanggar Prinsip Ada Harga Ada Rupa”

  1. keren, sensor komplit, kamera batre layar bodi jempol 4

    lebih ke redmi 2 drpd yg sebelah meskipun range 100rban
    miui jg update trs kedepannya

  2. Mantab reviewnya koh! Saya juga udah beli Redmi 2 dan ini hape bener2 worth it banget dibeli untuk harga 1,6jt.

    Btw, saya beli Redmi 2 garansi resmi via salah satu seller di Tokopedia. Menurut si seller, orang TAM yang menawarkan ke dia langsung dan dia beli dalam jumlah cukup banyak. Setelah hapenya sampe ternyata memang benar garansi resmi, ada stiker TAM, spec di kardus bahasa Indonsia dan ada buku panduannya pun bahasa Indonesia.

    1. Pak Sandi,

      Barusan saya coba perhatikan hasil jepretan Redmi 1S. Menurut saya, foto yang dihasilkan kamera depan Redmi 2 lebih bagus. Bedanya tipis sih.

  3. hallo.. (bingung manggilnya, ntar kl om harry ga dijawab pula kek kemaren)

    soal email yang otomatis download attachment itu di applikasi email bawaan nya xiaomi ya.. soalnya newbie pemakai rednote3g v5 n baru mulai nyampe barang flash sale nya redmi 2, lagi menyesuaikan diri dgn v6, masih belum benar-benar dijelajahi

    1. Pak Yuda,

      Lha Anda manggilnya Om Harry. Padahal, nama saya kan Herry. Seandainya Anda menuliskan Om Herry, pasti akan saya balas. πŸ™‚

      Bukan. Saya pakai Gmail. Teman saya menggunakan Gmail dan Xiaomi Mi4. Hasilnya, sama-sama suka unduh file lampiran sendiri.

  4. Mantap foto kamera belakang dan depannya. Untuk harga segitu bagus bgt.

    Confirmed micro SIM ya dual on nya?
    Jadi tertarik mencoba nih, beli ga ya…

    1. Pak Liat2aja,

      Ya, konfirm memakai dua kartu micro SIM. Bagus deh. Sebab, ponsel keluaran terkini kan sudah semakin banyak yang memakai micro SIM. Kalau Redmi 2 masih menggunakan mini SIM, saya malahan bakal kerepotan.

  5. Kalau menurut pak Herry, lebih memilih mana antara redmi 2 dibanding zap 5?! (jika dilihat dari harga dan performa).

  6. Saya sebelum baca tulisan di sini sempat liat review juga di youtube, katanya tutup belakangnya kalau di tekan-tekan terkadang bunyi retakan kyk krupuk. apa hal yang sama di alami juga?

    1. Pak Rifqi,

      Barusan saya langsung menekan-nekan casing belakang Redmi 2. Saya tekan satu per satu, satu putaran penuh. Nggak bunyi kayak retakan kerupuk kok.

  7. Wah kameranya bening ya pak πŸ˜€ Btw harinini Xiaomi redmi 2 saya baru tiba, sedang utak-atik MIUI v6 nya… Soal performa, sepertinya lebih enteng MIUI v5 πŸ˜€

    1. Pak Tuxlin,

      Benar. Makanya di review saya bilang kalau Redmi 2 terasa sedikit lebih lambat daripada Redmi 1S. Saya menduga gara-gara MIUI 6-nya.

  8. Halo Pak Herry SW.

    Kali ini saya mau bertanya tentang Gadget TAB yang bisa digunakan untuk membaca naskah/materi PDF atau E-Book (kuliah).
    Saya tidak tahu di Sub-Forum mana harus bertanya tentang hal ini, jadi saya tanya saja di sub-forum yang terbaru. Harap maklum ya Pak.

    Saya membutuhkan Gadget Tab yang murah dan bagus (permintaan semua orang haha), untuk kebutuhan membaca naskah kuliah (PDF atau E-Book), Rekomendasinya apa ya Pak Herry?

    Dan satu lagi, apa Aplikasi (software) terbaik untuk menghubungkan (sync) semua data sehingga bisa diakses di PC, Laptop dan Gadget kapan saja ?

    Terima kasih Pak Herry SW.

    1. Pak Edho,

      Definisi murahnya itu berapa, Pak? Samsung Galaxy Tab S sih bagus. Namun, menurut ukuran saya, harganya tidak bisa dibilang murah.

      Itu maksudnya untuk sync catatan ya? Boleh pakai Evernote.

  9. Pak Herry SW

    Kisaran murah – 1 jutaan, dengan catatan Value for Money ya, kayak Redmi 2 nih, murah tapi tidak murahan. hehe.. Lebih difungsikan untuk baca dan googling, surfing web.

    Sync catatan, sync pdf, ebook, naskah softcopy.
    Evernote bisa utk windows jugakah?

    Terima kasih Pak Herry SW.

    1. Pak Edho,

      Hmm… dengan kriteria seperti itu, saya tidak berani memberikan rekomendasi.

      Soal sync yang Anda sebutkan, tampaknya Anda lebih baik memanfaatkan cloud storage.

      Ya, Evernote bisa saya gunakan di laptop bersistem operasi Windows.

  10. Setting gpp nya sebelah mana ya Om? Kalo buka Google maps sih bisa langsung aktif tapi ketika saya cari di toggle tidak ada. Saya juga nyoba download kok gagal terus ya?

  11. mas , nanya dong . hp ini kira kira bisa sampe ke OS lolipo gak ya ? , klo hp yg bisa upgrade ke lolipop itu hape apa aja , ??? …
    terima kasih mas …

    1. Pak Joko Agus Sumantri,

      1. hp ini kira kira bisa sampe ke OS lolipo gak ya ?
      Jawab: saya tak berani memastikan.

      2. klo hp yg bisa upgrade ke lolipop itu hape apa aja , ??? …
      Jawab: saya tak berani memastikan pula. Kemungkinan ponsel high end memperoleh update ke OS terbaru biasanya lebih besar. Ponsel seri Nexus dan Android One biasanya juga lebih berpeluang.

  12. Soal Redmi 2 yg serasa kalah gegas dgn Redmi 1S, dari yg saya baca, lebih karena processornya. Redmi 2 pake Snapdragon 410 (akan optimal di OS 64bit, mungkin Lollipop?) & clock nya di 1,2GB. Bandingkan dgn Redmi 1S yg Snapdragon 400 (matang di OS sd Kit Kat) & clock speed 1,4GB (ada yg bilang XiaoMi overclok, aslinya 1,2GB juga). Makanya Redmi 1S cenderung lebih gegas & lebih panas.

    1. Pak Budi,

      Oh pengaturan GPS. Masuk ke setting, privacy, lalu location. Kalau tombol di paling atas digeser ke kanan, berarti GPS on. Kalau digeser ke kiri, GPS off.

      Soal gagal unduh lampiran, silakan masuk ke downloads, kemudian tekan tiga titik di kanan atas layar. Pilih settings, kemudian ubahlah download size limit menjadi unlimited.

  13. Wah ini sy tertarik bos, tp beda dgn istri.
    Oh ya…mau minta pendpt bos, istri sy tertarik samsung mega 2. Hrg toko ap***o promo 3,5 jt plus powerbank 10000mah yg bs diambil digerai samsung.
    Secara kebetulan ada kawan tawarin jg, dia dpt hadiah msh segel garansi. Dia tawarin 3.050.000 tanpa powerbank. Mnrt bos, ambil yg mana ya?

    1. Pak Josef Nday,

      Cara memilihnya tak semudah itu.

      Lenovo Livo alias Sisley S90 unggul di:
      * Layar
      * Tampilan fisik
      * Kinerja kamera depan
      * Kapasitas memori

      Redmi 2 unggul di:
      * Kinerja kamera belakang
      * Kemampuan LTE 900 dan 1800.

      Nah, tinggal dipilih berdasarkan prioritas spesifikasi yang Anda butuhkan.

  14. Pak HSW, mungkin review nya lebih ciamik kalo dikasih printscreen battery life/penggunaan baterenya.. Jadi bisa tahu proses drainnya batere kaya apa, n aplikasi apa saatitu yg dipake cukup banyak drain battery. Bisa saja suatu saat bisa tahan sehari dengan aplikasi ringan, bisa juga screenshot ketahanan batere ga sampe sehari karena dipake main game berat-berat.

    Soal battery ini, meski udah ada powerbank, kayanya juga perlu jadi perhatian deh…

  15. Pak HSW, nambah lagi hehe
    kayanya merk Infocus menarik direview pak. Merek yg terkenal di “layar sorot” sampai-sampai semua alat sorot dipanggil “infocus”

    INFOCUS M320e sudah LTE, 5.5 inch 720p, OTG, OCTAcore, 3100mAh. Kameranya? pake Sony Exmor R Sensor loh… harga ga kalah ama siomay promo di 1,8
    mmmmm menggiurkan..

    yg level low nya INFOCUS M2 juga menggoda.
    Dengan harga promo 1,37 dapet quad, 1GB/8GB, kayanya LTE juga. Kamera? Back 8 MP, front nggak mau kalah… 8MP juga!
    wow banget deh kayanya

    1. Pak Dhan,

      Sementara belum ada rencana mencoba Infocus. Harga jual bekasnya harus sangat saya pertimbangkan. Sebab, saya yakin menjual ponsel Infocus bekas dengan harga rasional (turun 20-30 persen dari harga baru) tidak semudah membalik telapak tangan.

  16. informasinya sangat berguna, om herry. saya planning beli soalnya πŸ™‚
    thank you so much

    salam,
    josef

    1. Mbak Fitri,

      Redmi 2 versus Y15 jelas lebih unggul Redmi 2.

      Boleh tahu hal apa dari Y15 yang membuat Anda sebal?

  17. turun 30% langsung saya beli deh pak HSW hehehehe… Toh pak HSW reviewnya nggak pake banting banting segala πŸ™‚

  18. Siang Pak Herry.,
    Sy mau tanya.,kalo redmi 2 ini dibanding lg g2 mini.,lebih pilih mana ya pak?,secara Pak Herry sudah hands on kedua”nya…,sekalian dijelasin sedikit knpa memilih “redmi 2” atau “lg g2 mini”..,
    Trims Pak Herry.

    1. Pak Rafael,

      Ada hal-hal di LG G2 Mini yang tidak tersedia di Redmi 2, yaitu:
      * Ketuk layar dua kali untuk menyalakan layar.
      * Ketuk layar lagi dua kali untuk memadamkan layar.
      * Fungsi remote control televisi.

      Meskipun demikian, dengan mempertimbangkan harga, spesifikasi, dan kinerja keseluruhan, saat ini saya lebih menyarankan Anda membeli Redmi 2 daripada G2 Mini.

  19. Sesudah membaca review ini, bisakah pak Herry memberi pencerahan mana yang pantas saya beli ; Mito Impact atau Xiaomi Redmi 2? Budget saya 1,5 jutaan dgn harapan mendapat handset dgn ram 1gb,dual simcard,gegas serta dual camera dgn auto focus. Mungkin Pak Herry bisa kasih masukan merek lain? Terimakasih sebelumnya

    1. Bu Retno,

      Sebenarnya saya akan menyarankan Redmi 2. Masalahnya, Anda menuliskan kalau anggaran Anda Rp 1,5 juta. Padahal, harga Redmi 2 adalah Rp 1,599 juta. Bisakah Anda menambah anggaran Rp 100 ribu?

      Di kisaran harga segitu, saat ini Redmi 2 menjadi pilihan terbaik, disusul Acer Liquid Z500 yang harga barunya barusan turun menjadi Rp 1,599 juta.

  20. Pak Herry saya masih pengguna setia Windowsphone Lumia720. Walau beda OS seandainya diberi nilai 0 – 10 antara Lumia 720 dengan Redmi 2 ini dapat nilai berapa? Dari segi: 1. Kualitas kamera belakang dan depan. 2. Kenyamanan berinternet. 3. Kemampuan baterai. Terimakasih.

    1. Pak Soleh,

      Wah, saya paling bingung kalau disuruh pakai skor-skoran kayak gitu. Begini saja:

      1. Kamera belakang lebih bagus Lumia 720, sedangkan kamera depan lebih unggul Redmi 2.

      2. Kenyamanan internet: relatif imbang deh. Layanan operator yang dipakai lebih menentukan kenyamanan yang diperoleh pengguna. Asyiknya Redmi 2, ia mendukung LTE 900 dan 1800.

      3. Terus terang saya sudah lupa baterai Lumia 720 tepatnya bisa bertahan berapa jam. Sepertinya mirip-mirip dengan Redmi 2 deh.

  21. pak hery,saya lg dilema mau beli hp redmi 2 ato acer liquid z500.pertimbangan saya:
    1.garansi dan servis center apakah sebagus acer.
    2.ram dan karena saya juga hoby gameu
    3.saya lebih suka hp yg layar tidak trlalu lebar.
    gmn ni mnurut anda??rekomendasi nya pak..:-).
    g

    1. Pak Dio,

      1. Kalau berbicara garansi dan service center, ya berarti pilihannya Liquid Z500. Harga ponsel itu barusan turun menjadi Rp 1,599 juta.

      2. Berbincang tentang RAM, ya lagi-lagi Liquid Z500.

      3. Nah… faktor ketiga ini berarti Redmi 2.

      Pilihlah berdasarkan kebutuhan dan skala prioritas Anda.

  22. malam om, iya ya, yg sebelumnya om “harry” baru ngeh…

    batre nya lumayan sih… untuk hp pendamping rnote3g yg cuma dipake buat telp sms n bbm di charge kemaren pagi, kena notif charge baru sore ini.. soalnya buat koneksi internetan sih pake rnote3g

    yang aq suka dr redmi 2 sih kameranya om, ga kerasa ada gap saat tombol di pencet, beda dgn rnote3g q yang ada terasa gap fokusnya

  23. Salam bung Herry.
    Kalau menurut bung Herry, gawai Xiaomi tipe ini kalau dibandingkan dengan Acer Liquid Z500 berani ambil yang mana, dengan mengabaikan 4G LTEnya. Soalnya harganya sama.

    1. Pak Riyanto,

      Harga Acer Liquid Z500 barusan turun jadi Rp 1,599 juta alias sama dengan harga Redmi 2 di Lazada.

      Pilih mana? Ok, kita abaikan LTE-nya dulu ya. Sekarang pertanyaannya, Anda lebih peduli dengan kamera atau RAM? Anda mementingkan kualitas layanan pusat perbaikan resmi atau tidak?

      Kalau lebih peduli kamera, ambil Redmi 2. Kalau lebih peduli dengan RAM dan layanan pusat perbaikan resmi, ambillah Liquid Z500.

  24. Om kalo beli dr global teleshop online aman gak? Soalnya td sy order online krn ada potongan harga 100rb beli online

    1. Pak Kaa,

      Ya, bisa dijadikan portable hotspot Wi-Fi. Di naskah review kan saya ceritakan kalau ponsel dipakai untuk tethering.

    1. Bu Lia,

      Tergantung kebutuhan sih. Kalau ingin layar dan RAM lebih besar, berarti belilah Redmi Note bergaransi resmi. Kalau ingin yang dimensi fisiknya lebih nyaman dikantongi, ambillah Redmi 2 bergaransi resmi.

  25. Pak Herry, sekedar sharing aja sedikit uneg2 saya pake redmi 2,
    Saya udah 2 minggu – 3 minggu pake redmi 2 (garansi distributor sih sayangnya) dan ada yang lumayan mengganjal dari MIUI 6 nya:
    Cepet banget matiin app belakang layarnya, jadi notif instant messaging seperti WA, BBM, Line, suka ga muncul, dan baru keluar kalo app nya dibuka.
    Bahkan, pernah saya pairing ke speaker Bluetooth.. Dan ketika layar mati, musik ikut mati.. Di matiin sama sistem -_-”

    Baru bisa terselesaikan setelah saya root + tweak sana sini sih..

    P.S: ini bukan kampanye hitam/kampanye negatif ya.. Moga2 di update2 selanjutnya manajemen RAM bakal lebih baik lagi

    1. Pak Ragil Sunyoto,

      Oh, kalau Anda menginginkan aplikasi tertentu senantiasa berjalan, mestinya bisa “dikunci” kok. Caranya, tekan tombol yang paling kiri (tiga garis) sampai terlihat daftar aplikasi yang sedang jalan. Sentuhkan jari ke aplikasi yang ingin selalu berjalan, lalu gerakkan ke bawah sampai muncul simbol gembok.

      Cara tersebut sudah saya buktikan cukup manjur. Namun, mungkin kalah manjur daripada cara Anda. Saya sendiri malahan nggak pernah nge-root.

  26. setelah pemakaian 3 hari overall puas dgn kinerjanya, hanya saja ada bug yg ckup menjengkelkan.
    sim 2 ga bisa ussd code ke menu berikutnya
    semoga cepat kluar update

    1. Pak Mamed,

      Usai membaca komentar Anda, saya langsung mengambil Redmi 2 dan pura-pura mentransfer sejumlah dana via nomor kedua. Transaksi bisa dilakukan dengan baik. Sampai tahap terakhir saya hentikan.

      Eh, kemudian saya baru sadar. Kalau m-banking kan pakai SIM toolkit, bukan USSD. Saya kemudian masuk ke *363# pakai nomor kedua. Pura-pura mau langganan paket data. Ya, Anda benar. USSD-nya bengong di tengah jalan.

  27. Om herry…tanya dong…Untuk red mi2..backlight 3 tombol menu yg dibawah apa masih seperti Redmi 1s (ga ada backlightnya)…thx om.

  28. wow redmi 2 oke banget deh… mau nanya pak herry performa baterainya cepet panas tidak pak ketika bermain game sebentar atau dipake browsing atau sosial media. terus performa ramnya gimana kalau di pasang banyak aplikasi apakah terasa lambat?

    1. Pak Rudi Ismayadi,

      Tidak cepat panas kok. Maksimal hangat, itu pun tidak sesering dan secepat Redmi 1S.

      Kalau banyak menjalankan aplikasi, sisa RAM tentu akan menyusut. Biasanya sampai di kisaran 100-an MB.

  29. Terimakasih pak utk saran & masukannya. Untuk anggaran,bisalah saya tambah 100rb lagi. Melihat jawaban bapak ke salah satu responden bhw untuk kamera bagusan redmi 2, apakah kelemahan dari kamera z 500?

    1. Bu Retno,

      Ok, kalau bisa nambah anggaran Rp 100 ribu, lebih baik membeli Redmi 2.

      Kamera Liquid Z500 tidak sampai termasuk kategori jelek. Namun, kalau dibandingkan hasil jepretan kamera Redmi 2, foto yang dihasilkan Liquid Z500 kalah mantap. Kalah tajam gitu deh.

  30. wow redmi 2 oke banget deh… mau nanya pak herry performa baterainya cepet panas tidak pak ketika bermain game sebentar atau dipake browsing internet atau sosial media? terus dengan kondisi ram sekitar 100mb apakah pak herry menginstal banyak aplikasi apa tidak sehingga performanya sedikit lambat dibandingakan redmi 1s dengan tidak menyinggung MIUI 6?

    1. Pak Rudi Ismayadi,

      Kondisi RAM yang 100 MB itu bukan karena saya menginstalasikan banyak aplikasi, melainkan karena saya menjalankan beberapa aplikasi sekaligus. Jenis aplikasi yang saya pakai di Redmi 1S dan Redmi 2 sih relatif sama.

  31. satu lagi pak herry..
    di situs online okeshop http://www.oke.com lagi ada promo redmi 2 dengan potongan harga 100rb.. saya cukup tergiur nih pak dgn promonya apakah beli online disana aman pak? apakah pelayanannya cukup baik pak dibanding situs online laik seperti lazada blibli dll?

    1. Pak Rudi Ismayadi,

      http://www.oke.com sih seharusnya aman. Buat saya, situs itu lebih bagus daripada Lazada, tetapi lebih buruk daripada Blibli.

      Kiat belanja di Oke.com, setelah melunasi pembayaran dan dibilang pembayaran telah diterima, silakan menunggu barang diterima. Jangan berharap ada update mengenai nomor resi pengiriman.

  32. Halo Pak Herry saya mulai tertarik dengan Redmi2 pertanyaan saya adalah garansi resminya yang oleh siapa ya Pak? dan bisa dibeli dimana? oya satu lagi saya penikmat musik bagaimana kualitas suaranya utamanya via in ear/headset mohon pencerahannya terimakasih salam gawai

    1. Pak Al,

      Ada dua importir yang termasuk garansi resmi, yaitu Erajaya (TAM) dan Trikomsel. Nama perusahaan itu tercetak di stiker yang ada di belakang kardus. Kalau sempat, nanti setelah jam makan siang, saya akan unggah satu tulisan di blog mengenai garansi resmi itu.

      Soal suara via headset, saya tidak mencobanya. Lha di paket penjualan tidak disertakan handsfree berkabel.

  33. trima kasih pak herry,Insya Alloh saya ambil redmi 2..tp ponsel ni bnar” bsa dikatakan ponsel gegas ya pak..

    1. Pak Dio,

      Boleh tahu counter ponsel yang bilang Redmi 2 cepat panas dan lemot itu sedang punya stok ponsel tersebut atau tidak ya? Khawatirnya mereka bilang begitu karena tidak punya stok. Jadi, biar konsumen beralih ke ponsel lain.

      Dibandingkan ponsel lain berharga setara, Redmi 2 tergolong gegas. Panas sih tidak. Maksimal hanya hangat dan hal itu tergolong wajar untuk sebuah smartphone.

      1. mungkin itu SALES OPPO koh Herry, ane juga waktu ngrewangi temen beli hape di salah satu konter di Malang ya…, sales Vendor yang katanya Lisensi amerika bilang gitu, “Xiaomi dan zenfone itu speknya bagus tapi cepet panas jadi sering lag”, ane ketawa dalam hati aja koh

  34. saya kemaren baru ja tnya dri konter hp 1 ke konter lain mereka mengeluhkan redmi 2 ni cpet panas dan lemot.

  35. @edho kalau untuk tulisan biasanya ipad mini atau lebih bagus lagi e-reader macem kindle/kobo/nook. tapi yg reader cuma di us jadi bs cari sellernya di fjb macam kaskus. dan hanya cocok untuk baca tulisan, kalau tablet kan multimedia.

    khusus e-book reader tulisannya lebih jelas dari tablet manapun. di lazada ada yg jual kindle 2jt-2.3jt

    btw om herry, ngga review mi pad? hehe

    1. Pak Amunes,

      Rencananya review Mi Pad. Namun, belum tahu kapan. Polytron Zap 5 dan Lumia 435 yang sudah lama menghuni lemari pun belum saya review kok.

  36. Om saya baru order kemarin redmi 2 di lazada, di lazada saya liat banyak yg jual case dan screen guard. memang case belakang redmi dan lcdnya masih gampang tergores ya, kalau menurut om Herry itu masih di butuhkan?

    1. Pak Rifqi,

      Biarpun produsen menyatakan ponsel tahan banting, tahan gores, dll, saya biasanya memadukan ponsel dengan jelly case dan screen protector. Screen protector-nya yang bening biasa saja. Yang harganya sekitar Rp 25 ribu.

      Bila saya yakin suatu ponsel akan dipakai lama (lebih dari tiga bulan), kadang saya iseng membeli tempered glass.

  37. pak Herry, salam sejahtera.
    mau tanya moto g 4g apa sdh resmi masuk indonesia? selain kemampuan akses 4g dibandingkan moto g lama, apa saja kelebihan moto g 4g ini?
    satu lagi pak herry minta tolong dikasi ulasan singkat perbandingan redmi2 vs moto g 4g. Trims

    1. Pak Hartono,

      Moto G 4G belum beredar di sini. Mungkin takkan masuk. Saya belum pernah coba. Jadi, belum tahu apa kelebihannya. Yang pasti sih mendukung 4G ya.

      Pertanyaan kedua juga belum bisa saya jawab. Lha belum pernah coba Moto G 4G.

  38. pak herry,

    nanya lagi nih πŸ™‚ aksesories buat redmi 2 apa udah keluar. dimana bisa mendapatkannya di Surabaya?

    thanks

  39. 1. Kelebihan dan kekurangan Redmi 2 Vs Lenovo A6000 menurut pak Hery apa ??

    2. Jika memilih.. pak Hery lbh memilih yg mana diantara 2 gawai itu yg terbaik dnilai gari sgala aspek ?

  40. koh saya lihat di internet redmi 2 s ada yang 2gb ram nya, tapi saya cari di sby PM kok adanya hanya 1gb

    1. Pak Elvinpras,

      Saya malahan baru dengar kalau ada tipe Redmi 2S. Kalau Redmi 2 dengan RAM 2 GB memang ada. Namun, baru beredar di negara tertentu. Setahu saya baru di Tiongkok dan India.

  41. Skrg kdg mati sendiri,terus low bwt dgerin musik tnp headset kecil bgt,trus low q maw download aplikasi lg..gak bisa kteranganx ruang sistem gak cukup pak herry pdhl udha q dlete sebagian…pak herry q maw tny kejelasan garansix xiaomi..apha bner pak herry xioami itu blom adha garansi resmi??ktx garansix ikut global gt pak herry…

    1. Mbak Fitri,

      Waduh, nulisnya jangan disingkat-singkat. Saya bingung bacanya.

      Soal Vivo, lakukan klaim garansi saja. Lokasi pusat perbaikan resminya di seberang Plaza Surabaya/Delta Plaza.

      Soal Xiaomi, di Surabaya sudah ada pusat perbaikan resminya kok. Unit yang importirnya Erajaya bisa dibawa ke TAM multibrand service center di WTC dan Marina. Sedangkan unit yang importirnya Trikomsel dibawa ke Comtech di Jl Ngagel Jaya 55.

      Kalau beli Xiaomi, hati-hati ya. Pastikan dapat yang bergaransi resmi. Jangan beli yang bergaransi distributor independen.

  42. bergaransi resmi dg bergaransi distributor independen ,, bisa dilihat secara visual kah pak Hery ??
    agar tdk tertipu

    1. Pak Yogha,

      Bisa. Perhatikan stiker di belakang kardus Redmi 2. Di stiker itu tercetak nama importirnya. Yang bergaransi resmi diimpor oleh Erajaya atau Trikomsel.

  43. Pak Herry saya Nazril pembaca setia situs anda.. review – review yang anda berikan sangatlah baik.. Salam Kenal Pak πŸ™‚ mau nanya pak Herry dengan tidak menyinggung masalah harga Xiaomi Redmi 2 vs Nokia Lumia 730 dari segi kamera, audio, baterai lebih bagus yang mana pak?

    1. Pak Nazril,

      Terima kasih atas apresiasinya. Salam kenal juga.

      Kamera lebih bagus Lumia 730. Audio mirip-mirip. Baterai saya agak lupa Lumia 730 dulu tahan berapa jam. Sepertinya lebih awet Redmi 2 sedikit.

  44. Terima Kasih pak atas jawabannya..
    kebetulan saya lagi bingung memilih antara kedua hp tersebut secara dari performa kedua hp tersebut lumayan bagus yg membedakan ialah masalah harga saja menurut saya. menurut bapak dari kedua hp tersebut lebih pilih yang mana? kebutuhan saya untuk kerja di lapangan, socmed, dan sedikit bermain game.

    1. Pak Nazril,

      Dengan memperhatikan kebutuhan Anda, spesifikasi, harga, dan kinerja keseluruhan, saya sih lebih memilih Redmi 2 daripada Lumia 730.

    1. Pak Ahmad,

      Secara keseluruhan lebih unggul Redmi 2.

      Kalau spesifik kamera depan: Redmi 2 menang cukup mutlak.
      Kalau spesifik kamera belakang: G2 Mini unggul tipis.

  45. makasih review nya Pak Herry,

    kemarin saya jadi ambil redmi 2 ini setelah membaca artikel ini. beli di erafone bec2. dapet di harga 1,549jt. ada potongan khusus CC 100k bunga 0%

    beli hape udah aneh sekarang. kalo cash 1.649k, kalo dicicil 6 bulan totalnya malah cuma 1.549k.

  46. pak Herry,

    ada isu kalo garansi Xiaomi ini hanya untuk software saja, sedangkan untuk hardware nya ngga di tanggung ama TAM. bener ngga ya Pak ?

    emang sih ujung2nya ditawari asuransi hape 130k setahun.

    1. Pak Danil,

      Jaminan garansi juga berlaku untuk hardware kok. Kecuali, kerusakan itu terjadi karena kesalahan pengguna. Misalnya, bila layar pecah karena ponsel terjatuh, klaim garansi otomatis tak bisa dilakukan.

  47. Maap pak herry biasa di singkat terus..hehe aku pernah beliin temen q xiaomi is tau 1s gt pak herry q lupa…perasaan dari kedua yang pak herry tulis gak adha semua pak herry..malahan yang jualan itu sendiri bilang kalau xioami belom adha garansi resmi gt

    1. Mbak Fitri,

      Xiaomi sudah ada yang bergaransi resmi kok. Jangan-jangan waktu itu si penjual bilang belum ada Xiaomi bergaransi resmi karena stok barang dagangan mereka Xiaomi tanpa garansi resmi semua. πŸ™‚

  48. Paket redmi 2 saya dari lazada (Trikomsel) sudah tiba tapi setelah saya cek 1-1 semua kitab enggak ada satupun yng menunjukkan kartu garansi yg pada umumnya ada form isian data pembeli, apa memang seperti itu dan bagaimana jika seandainya mau klaim garansi.

    Isinya hanya seperti ini, manual yg ada hanya cara buka case dan pasang batre, sim, memori

    http://i61.tinypic.com/2py8c8x.jpg

    1. Pak Rifqi,

      Boleh tahu Anda beli Redmi 2 di Lazada pada tanggal berapa? Sebab, beberapa teman saya yang ikutan flash sale pertama semuanya mendapatkan unit yang diimpor oleh Erajaya.

      Di dalam kardus Redmi 2 Erajaya itu tidak ada kartu garansi yang berupa form isian data pembeli. Yang ada hanya berupa tiga lembar kertas. Satu di antaranya berisi daftar alamat pusat perbaikan resmi. Saya menduga nomor IMEI ponsel Redmi 2 tersebut telah tercatat di sistem pusat perbaikan resmi. Karena itu, tidak disiapkan lagi form isian data. Btw, paparan tersebut masih sebatas dugaan ya. Saya belum pernah datang dan tanya sendiri ke pusat perbaikan resmi Xiaomi.

    1. Pak Rifqi,

      Oh ok. Saya ikutan flashsale yang pertama. Tidak ada kertas nomor 4 yang ditempel di kardus. Barang yang beredar di banyak toko saya perhatikan juga tidak ada kertas nomor 4-nya.

  49. maaf baru balas pak,mgkin bisa karena stok pak..ni mau tnya lagi pak,redmi 2 klo untuk dowload film or video apakah lancar??trus temen saya punya acer liquid z500 itu kok panas banget klo dioperasikan.gimana solusinya..trima kasih.

    1. Pak Dio,

      Saya malahan tidak pernah memakai Redmi 2 untuk mengunduh film dan video. Aktivitas itu saya lakukan di laptop. Lancar tidaknya proses unduh lebih ditentukan oleh layanan akses data operator GSM yang dipakai.

      Panas banget? Mestinya maksimal hangat. Apakah kondisi sinyal kembang kempis? Aktivitas apa saja yang dilakukannya?

  50. 1 lg pak,hehehe..kekurangan redmi 2 dan acer liquid z500 apa saja selain pengungunduhan email yg bpak tulis…biar aku tmbah mantap milihnya..

  51. Pak Herry,

    Bagaimana kinerja GPSRedmi 2 dalam hal , kecepatan menentukan posisi, akurasi dan stabilitas koneksi ke satelit jika digunakan untuk ‘track’ lintasan.

    Salam,

    1. Pak Amir,

      Baik-baik saja sih. Kebetulan saya sedang di Jakarta dan saya tidak hafal jalanan Jakarta. GPS Redmi 2 rutin saya gunakan untuk melihat arah dan navigasi. Lancar kok.

  52. saya ikut flash sale ke dua, sampai sekarang masih di gudang RPX he he he udah gak sabar nerima barangnya berkat ulasan dan review pak herry yang sukses memikat hati

    1. Pak Josef Nday,

      Lah… Anda di Surabaya kan? Mestinya tinggal ikut titip beli yang saya tawarkan di Twitter. Harga sama dengan Lazada, tetapi tak perlu nunggu pengiriman. Tinggal serah terima di foodcourt mal di Surabaya.

  53. Mau tanya apakah bapak pernah review samsung grand prime??
    Bila samsung dibandingkan dengan xiaomi 2 lebih bagus mana pak? Terutama dari segi kamera,,
    Terima kasih

    1. Bu Noor Puspita,

      Saya pernah coba, tetapi tidak pernah review Galaxy Grand Prime.

      Kamera Redmi 2 lebih mantap. Secara keseluruhan, dengan membandingkan harga, spesifikasi, dan kinerja, Redmi 2 lebih layak beli daripada Galaxy Grand Prime.

    1. Pak Fat,

      Tidak tahu. Saya belum pernah menyentuh Onetouch Flash. Saya juga enggan iseng beli karena penjualnya Lazada.

  54. Pak kalau saya mau lihat berapa lama redmi 2 saya nyala itu di cek di menu yang mana ya, ini saya lihat di menu setting -> pengaturan tambahan -> batterai -> konsumsi batterai -> 11% sisa penggunaan 7jam 54menit. tidak ada yg menunjukkan lama penggunaan seperti di hp sony yg sebelumnya saya gunakan. terima kasih

    1. Pak Rifqi,

      Masuk ke settings, additional settings, battery, battery use, lalu tekan lingkaran di kanan atas.

  55. Ko Herry , redmi 2 saya kalo dipakai sekitar 5 menit buat browsing kok terasa hangat ya ? Apakah ada salah setting atau unit yang bermasalah ya ?
    Makasih sebelumnya…….
    Oh ya….kartu yang saya pakai untuk browsing Axis Xl dan phone Simpati…..soal GPS , saya install ” 7Ways “karena bisa offline

    1. Pak NF,

      Kalau sinyal lumayan kembang kempis atau jaringan operator kurang optimal, bisa saja terasa hangat. Apalagi, bila pada saat bersamaan ada aplikasi lain yang berjalan.

  56. Pak Herry soal service dan layanan after sales gimana Xiaomi ini? Ada teman yang menyangsikan (“karena produk Cina” katanya) dan membuat saya cukup ragu, dan kalau beli di Erafone gitu garansinya resmi tidak pak? Terima kasih.

    1. Pak Kautsar,

      Biasa-biasa saja. Tidak jelek, tetapi juga tidak buruk.

      Beli di Erafone pasti bergaransi resmi.

  57. Misi pak herry

    apa bener redmi 2 kalo di pake multitasking cepet panas, ? misal buka bbm line WA twitter secara bersamaan. soal nya saya liat, di grup-grup facebook banyak yang ngeluh. terima kasih

    1. Pak Rafly,

      Kebetulan saya bukan pengguna BBM dan Line. Kalau Anda perlu memakai BBM, Line, WhatsApp, dan Twitter secara simultan, idealnya Anda menggunakan ponsel dengan RAM minimal 2 GB.

      Bila ponsel yang dipakai hanya memiliki RAM 1 GB, ponsel bakal bekerja keras. Peluang bodi hangat pun sangat terbuka.

  58. Untuk pembelian di lazada yang didapatkan selain unitnya apakah ada nota/invoicenya?. Soalnya saya mau beli dari seller yang ambil dari lazada katanya tidak ada nota/invoicenya dari lazada tapi diganti berupa kartu garansi oleh pihak lazada. Apakah benar pak? takutnya produk abal-abal. terimakasih

    1. Pak/Bu Bulan,

      Setahu saya, Lazada tidak menerbitkan kartu garansi deh.

      Nota/invoice memang tidak disertakan. Namun, bisa dicetak dari akun Lazada konsumen yang melakukan pembelian.

  59. Halo Pak Herry SW

    Hari ini saya putuskan untuk membeli XIao MI : RedMi 2 di Erafone, (Tam Guarantee)

    Pak Herry, saya minta satu rekomendasi lain lagi untuk smartphone merk atau seri lain.
    Merk lain boleh, XiaoMi juga boleh (seri lain)
    Mau beli dua ceritanya nih hehe…

    Sepertinya, selepas ini, harus atur waktu untuk mampir ke Cafe Pak Herry ini… mulai gak tahan dengan ‘racun’ nya hehe…

    Terima kasih Pak Herry SW

    1. Pak Edho,

      Satu smartphone yang lain mau dibeli dengan anggaran berapa nih? Btw, akhir bulan ini mestinya Xiaomi Mi 4i diluncurkan di sini.

      Kafenya saya? Lha saya tidak punya kafe kok.

      1. Halo om herry… Mau tanya dong kalo misalkan yang mi verifycation itu yang di jd.mi.com garansinya erajaya tam.. Cuma pas di scan not mi device gimana tih?

        1. Pak Opi,

          Saya tak pernah mencoba jd.mi.com.

          Menurut saya, hasil yang tampil di situs itu tak perlu dipedulikan. Asalkan unit yang Anda beli bergaransi Erajaya/TAM, berarti garansi resmi dan orisinal. Titik. πŸ™‚

  60. Oh gitu ya, makasih pak herry

    zenfone 5 ram 2gb kira-kira, bagus ga om ?
    maaf nih banyak tanya hehe

  61. Ko herry maaf saya mau tanya lagi apakah xiaomi redmi 2 yang ramnya 2gb akan rilis di indonesia atau tidak?

  62. Pak saya kurang paham pembagian memorinya redmi 2, memori 8GB tapi internalnya kok cuman 4GBan ya, sisanya kemana di pakai buat apa.

    Apa pak herry juga mengalami masalah di redmi kalah di delipkan microsd, dan copy file (mkv) kedalam ruang penyimpanan redmi. ini kok langsung boros banget. media servernya sampai 67%

    1. Pak Rifqi,

      Sisanya dipakai oleh sistem operasi. Sistem operasi kan perlu tempat juga.

      Saya tak mengalami masalah soal microSD. Di kartu memori itu saya hanya menyimpan foto, lagu, dan beberapa file video berukuran kecil.

    2. Om HSW
      Mohon ijin sedikit sharing atas pertanyaan Pak Rifqi (tgl 8 Mei 2015)

      Awalnya menggunakan MicroSD Samsung 48 MB/s (kapasitas 32GB) kondisi kosong habis di format.
      Konsumsi battery media server diatas 60%.
      Kalau dilihat pada aplikasi CPU-Z, clock speed pada CPU 0 dan CPU 1 kontinyu bekerja maksimal 1200 MHz.
      Efeknya Redmi 2 selalu panas & battery cepat habis.

      Lalu ganti MicroSD Sandisk 30 MB/s (kapasitas 16GB & 32GB), isi full (antara lain gambar, film, mp3, pdf, dll).
      Redmi 2 berjalan normal, hanya clock speed pada CPU 0 minimal 800 MHz.

  63. Agak oot dikit, lte xl di Surabaya kebanyakan di daerah mana ya pak, saya coba daerah Tunjungan Plasa n Raya Darmo yang notabene pusat kota kok ga dapat ya, mumpung paket lte xl masih ada 2 minggu lagi

    1. Pak Siswanto,

      Area 4G LTE XL di Surabaya itu masih superduper terbatas. Plaza Tunjungan mestinya masih dapat. Embong Malang biasanya sudah lenyap. Raya Darmo memang belum LTE.

      Kalau dituliskan, gambarannya kira-kira seputar XL Pemuda, McD Basra, kampus Unair, dan Mal Galaxy. Itu pun sinyalnya belakangan ini cenderung melemah. Di dekat Unair, kalau dulu dapat 2-3 bar, kini paling 1 bar.

      Singkatnya, untuk pemakaian di Surabaya, mending pakai 4G LTE Telkomsel daripada XL deh.

  64. Pak herry, kenapa ya. Xiaomi redmi 2 yg saya gunakan … ? (Dibeli dari reseler resmi xiaomi (Lazada).
    – kali ini untuk kepadatan layar 312 ppi, membuat mata saya pedih atau lelah … (apa karena mata saya terbiasa melihat layar dgn ppi yg rendah (pdhl layar sudah disett bright 50% n sett layar coll).
    – sensitifitas touch nya juga kurang bagus (contoh nya : suka salah pd saat membka halaman web browse) padahal udah di coba sett performa n update miui terbaru, tp tetep aja. (Layar touch terasa lebih nyaman LG G2 Mini n Samsung Ace 3).

    TrimaKasih Pak herry.

    1. Pak Ahmad,

      1. Terus terang ppi layar tidak terlalu saya perhatikan. Saya juga tak pernah memakainya sebagai pertimbangan dalam memilih ponsel. Asalkan nyaman dipandang mata, berarti layarnya saya anggap oke. Menurut saya, layar Redmi 2 tergolong sedap dipandang mata. Coba ubah tingkat pencahayaan menjadi sekitar 30 persen. Pengaturan lain biarkan sesuai standar pabrikan.

      2. Seharusnya tidak demikian. Dibandingkan G2 Mini dan Galaxy Ace 3, sensitivitas layar dan respons Redmi 2 seharusnya lebih bagus. Kalau boleh menyarankan, periksakan ponsel Anda ke pusat perbaikan resmi.

  65. Kalo Redmi 2, Redmi 1S dan Zenfone 5 diurutkan dari yang paling gampang panas sampe ke yg cenderung adem bagaimana urutannya pak?
    Mungkin pak herry punya rekomendasi smartphone yang paling adem yang pernah digunakan?
    Budget saya 2,2 jutaan
    Setelah saya sempat menjadi pengguna Redmi 1S, kriteria smartphone saya jadi bertambah yaitu tidak gampang panas + nyaman di gunakan di tangan

    1. Pak Adhi,

      Dari yang mulai gampang panas atau minimal hangat ya: Zenfone 5, Redmi 1S, dan Redmi 2.

      Wah, nggak ingat tipe apa yang paling adem. Menurut saya, karena smartphone aktif dipakai berinternet dan aneka aktivitas lain, hangat masih tergolong wajar kok. Kalau sampai panas berlebihan, apalagi bisa buat menggoreng telur (he… he…) nah itu baru abnormal.

  66. Pak Fat,

    Tidak tahu. Saya belum pernah menyentuh Onetouch Flash. Saya juga enggan iseng beli karena penjualnya Lazada.
    ——————————————————————————————————————-
    Kenapa Pak dg Lazada?

    1. Pak Fat,

      Mengacu kepada pengalaman pribadi yang mungkin tidak sama dengan orang lain, pelayanan Lazada sangat amburadul. Berinteraksi dengan customer service-nya juga laksana berkomunikasi dengan robot.

  67. pak herry, mohon info bagaimana memindah aplikasi yang sudah terinstall di handset lama ke handset yang baru? apakah dengan memasukkan account google, otomatis berpindah atau ada cara khusus? sorry kalo OOT πŸ™‚

    thank you …..

    1. Pak Josef Nday,

      Kalau dengan memasukkan akun Google, aplikasi pasti tidak akan otomatis berpindah. Tetap harus unduh dan instalasi ulang.

      Coba unduh aplikasi SHAREit ini.
      https://play.google.com/store/apps/details?id=com.lenovo.anyshare.gps&hl=en

      Di dalam aplikasi itu ada menu CLONEit. Kalau membaca deskripsinya, sepertinya bisa memindahkan aplikasi. Saya sendiri belum pernah mencoba CLONEit. Saya biasanya memakai SHAREit untuk bertukar file via Wi-Fi.

  68. Pak Herry saya mau tanya di online shop mana ya yang terpercaya jual Redmi 2 Garansi resmi ? Beli di Lazzada takut kejadian yang kayak Pak Herry dulu.

    1. Pak Bahrul,

      Coba cari di Erafone.com. Stok saya perhatikan tidak selalu tersedia. Namun, kalau sudah habis, biasanya beberapa lama kemudian akan diisi lagi.

  69. Selamat siang Pak Herry, boleh saya meminta saran?
    Antara acer liquid e 3 dan xiaomi redmi 2 lebih baik yang mana ya?
    Sebelumnya saya sudah menggunakan acer liquid e 3 untuk pribadi
    Ingin membeli yang baru lagi untuk pacar saya
    Mohon masukannya
    Terima kasih

    1. Pak Wisnu,

      Masing-masing ada plus minusnya sih.

      Liquid E3 unggul di RAM yang 2 GB. Jadi, saat dipakai menjalankan beberapa aplikasi sekaligus terasa lebih smooth.

      Kalau Redmi 2 unggul di kemampuan LTE 900 dan 1.800 MHz.

      Untuk pacar, saya merekomendasikan Acer Liquid Jade warna putih. Tampilan fisiknya cantik banget. Cocok buat pengguna wanita. Kinerja ponsel itu bak pinang dibelah dua dengan Liquid E3.

  70. Pak klo dibandingkan dg LG L70 sama redmi 2, mndg pake yg mana?
    Saya punya olshop, jd hrs connect internet 24 jam.
    Juga butuh kamera blkg utk poto pemandangan juga kamera depan utk selfue.
    Pilih pke LG L70 d325 apa redmi 2 ?

    1. Pak/Bu Iza,

      Lain kali pertanyaan yang sama tolong dikirimkan sekali saja ya. Jangan diulang-ulang.

  71. Pak klo dibandingkan dg LG L70 sama redmi 2, mndg pake yg mana?
    Saya punya olshop, jd hrs connect internet 24 jam.
    Juga butuh kamera blkg utk poto pemandangan juga kamera depan utk selfue.
    Pilih pke LG L70 d325 apa redmi 2 ?

    1. Pak/Bu Iza,

      Ya jelas mending Redmi 2 daripada L70. Untuk ukuran masa kini, L70 sudah tidak menarik. Kecuali, harga ponsel itu diturunkan tajam.

  72. Yuk yuk pak HSW, review Mi4 dan Alcatel One touch Flash Plus… speknya sebanding tuh pak, dan harganya menarik lagi…

    1. Pak Dhan,

      Mi4 atau Mi 4i nih? Kalau Mi 4i, bulan depan ponsel itu akan saya review.

      Alcatel one touch Flash Plus? Malas berurusan dengan Lazada ah.

  73. Saya mau tanya dong. Kok punya saya ketika digunakan untuk menelepon maupun menerima telepon tidak ada suaranya ya? bagaimana solusinya? makasih sebelumnya

    1. Bu Ita,

      Sudah coba ganti kartu operator lain dan hasilnya tetap sama? Kalau iya, coba lakukan factory reset.

      Seandainya factory reset tidak menyelesaikan masalah, silakan membawa ponsel itu ke pusat perbaikan resmi Xiaomi.

  74. om tanya saya pakai
    pakai Xiaomi Redmi2 saya pake kartu simpati Dan 3 nah yang saya tanya kan kenape pas saya pake Jaringan 3 saya pada slot 2 Jaringan 3G
    Pas pake Jaringan telkomsel saya pada slot1 jadi tomatis 2G Bukan 3G Dan saya Udah ubah Jaringan saya yang telkomsel 3G masih berlaku 2G it Kenapa yah om

    1. Bu Indah,

      Ok. Coba lakukan perubahan sebagai berikut:
      * SIM2 (yang diisi Tri) silakan diubah jadi 2G/GSM only dulu.
      * Setelah berhasil, baru SIM1 yang diubah 3G/WCDMA only.

      Bila tetap gagal mendapatkan sinyal 3G (SIM1 jadi tak dapat sinyal), mungkin Anda berada di luar area layanan 3G Telkomsel.

  75. Om Herry, mau tanya nih. Saya menggunakan aplikasi Nike Running. Anehnya, jarak tempuh di Redmi 2 berasa lebih cepet. Sebelumnya saya pakai di Nike Running di iPhone dan Redmi Note, start dan finish jarak 5 km hampir sama. Redmi 2 selisih 5 km-nya lebih pendek. Yang benar versi Redmi 2 atau Redmi Note / iPhone 4 S,om? *dilihat dari kemampuan GPS mungkin ya. Thx b4

    1. Pak Soni,

      Maaf, saya tak tahu jawabannya. Saya tidak menggunakan Nike Running. Saya juga tak mencermati pedometer dengan sangat detail, termasuk membandingkannya dengan peranti lain.

  76. om Herry saya mau tanya,Rom itu apa ya?sayabingung waktu baca baca tentanh redmi 2 ada yg bahas rom gitu.mohon bantuannya

    1. Pak Adjie,

      Maaf baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada hari ini. Sesuai pengumuman yang saya tuliskan di blog, jawaban atas pertanyaan yang masuk pada 24-30 Mei 2015 akan mengalami penundaan. Pada rentang waktu tersebut saya sedang berada di Beijing, Tiongkok, untuk mengikuti Lenovo Tech World.

      Gampangnya, ROM itu “Windows”-nya ponsel. Saya sendiri tak pernah utak-atik ROM.

  77. om herry bisa tanya apa itu ROM? kok saya pas baca ttg redmi 2 ada yg nyinggung ttg ROM gitu hehe mohon bantuannya

    1. Pak Nyko M.,

      Maaf baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada hari ini. Sesuai pengumuman yang saya tuliskan di blog, jawaban atas pertanyaan yang masuk pada 24-30 Mei 2015 akan mengalami penundaan. Pada rentang waktu tersebut saya sedang berada di Beijing, Tiongkok, untuk mengikuti Lenovo Tech World.

      Tak tahu. Lha saya belum pernah menguji pakai Y28.

  78. Koh Herry, secara keseluruhan lebih unggul mana antara redmi 2 dibanding redmi note?
    Mohon pencerahannya
    thx

  79. Selamat Malam Pak Herry.
    Saya baru beberapa hari menggunakan Redmi 2, saya berada di daerah Cilodong, Depok.
    SIM 1 saya menggunakan mentari 3 GB, di Jaringan saya prioritaskan ke LTE dan yang muncul terkadang 3G terkadang H+.
    Yang ingin saya tanyakan bukan msalah 3G / H+ nya karena saya tahu kartu nya tidak saya daftarkan 4G LTE, tapi kenapa terkadang saya mengalami gangguan untuk mengakses playstore (koneksi terputus), masuk faacebook lemot, terkdang juga masuk google lemot bgt.
    padahal untuk kartu yang sama (mentari 3GB) menggunkan advan s5E Lancar tidak lemot/jaringan terputus.

    Pak Herry, saya sering menggunakan Kartu Mentari 3GB. Pengaturan jaringan yang benar di Xiaomi Redmi 2 itu bagaimana agar browsing bisa lancar tidak terputus/lemot lagi?
    Terimakasih

    1. Pak Dichan,

      Coba cek APN-nya. Kadang pengaturan APN Xiaomi untuk kartu Indosat kurang tepat. Lebih baik Anda membuat profil APN baru. Ketikkan “indosatgprs” (tanpa tanda petik) di baris APN. Sedangkan di username dan password ketikkan “indosat”.

      Btw, sekitar seminggu terakhir, performa layanan internet Indosat di area saya beraktivitas lebih buruk daripada biasanya.

  80. pak herry saya mw tanya nih,, klo redmi 2 ini kuat gak ya klo di instal 4 bbm sekaligus?
    terima kasih

    1. Pak Norman,

      Jangankan empat, satu aplikasi BBM pun tidak terinstalasi di ponsel yang sehari-hari saya gunakan.

      Dengan kebutuhan Anda yang spesial itu, menurut saya, idealnya Anda mencari ponsel Android dengan RAM minimal 2 GB.

  81. Salam kenal pak Herry. Saya mo nanya ni. Setelah redmi 2 saya update, play store dan bahasa indonesia nya hilang. Mohon pencerahannya

    1. Pak Dodi Zuwardi,

      Salam kenal juga. Bagaimana bila langsung memakai jurus pamungkas saja? Yaitu, lakukan factory reset.

  82. Udh saya lakukan pak. Tapi tetap aja play store ama bhs indonesia nya nggak nongol. Just info saya beli di develover independent

    1. Pak Dodi Zuwardi,

      Oh, ponsel Anda ternyata bukan bergaransi resmi tho. Alternatif solusinya ada dua:
      * Bawa ke service center yang tercantum di kartu garansi.
      * Carilah tempat yang menawarkan jasa flash ROM ke ROM global. Mudahnya, biar sistem operasi ponsel Anda sama dengan unit bergaransi resmi yang beredar di sini. Saya kurang tahu di mana yang bisa.

  83. Om Herry.. secara keseluruhan, om akan milih mana dari zenfone 5, redmi 2, dan liquid z500. Dan apa alasannya? Trims jawabannya om

    1. Pak FiBi,

      Saya pilih Redmi 2. Dengan alasan ia mempunyai lebih banyak sisi plus dibandingkan dua ponsel yang lain. Ponsel itu juga sudah mendukung LTE 900/1800.

  84. Om Herry.

    Maaf kalau merepotkan. Apakah sudah ada yg coba install mobile iron dan Email+?

    Kebetulan krn alasan security email kantor saya perlu aplikasi itu untuk android. Dan entah kenapa di huawei saya sering forced closed.

    Saya ingin tetap di android tp budget sementara mid low range. Dulu sempat pake iphone memang selalu lancar pake app email bawaan, tp sudah rusak dn sekarang susah cari yg baru sesuai budgt saya.

    Di kantor saya belum ada yg pakai xiaomi jd saya belom bisa coba

    Terima kasih om

  85. Pak Herry, kalau Xiaomi Redmi 2 banding LG G3 Stylus lebih bagus mana dalam segala hal.? Terima kasih.

    1. Bu Serli,

      Secara umum Redmi 2 lebih unggul daripada G3 Stylus. Ambillah Redmi 2 bergaransi resmi dan lupakan G3 Stylus.

  86. Bung Herry, saya mau membeli Xiaomi Redmi 2 yg resmi, dimana?
    Saya tinggal di Bandung. Nuhun.. πŸ™‚

  87. Maaf Pak Herry, saya mau bertanya lagi.
    saya coba cek di pengaturan APN itu bagian UMUM ada 3, ISAT BB INTERNET, ISAT WAP dan Indosat. Sedangkan yang aktif itu adalah ISAT BB INTERNET dengan APN nya indosat3g, username indosat password ******* itu sudah aktif bawaannya belum saya utak atik.
    kalau jam 3 pagi sampai subuh itu internet lancar, tapi kalau sudah lewat jam segitu kadang tidak bisa membuka playstore (koneksi terputus).
    apakah saya harus membuat APN baru seperti yang disarankan Pak Herry atau bagaimana?
    kalau misalnya harus membuat APN baru, selain nama APN (indosatgprs), Username (indosat) dan password (indosat) yang Pak Herry sebutkan diatas, adakah yg harus saya isi?
    misalnya nama, proxy & port?
    Terimakasih Pak
    Salam Hangat dan Sukses selalu untuk Bapak

    1. Pak Dichan,

      Ya, lebih baik Anda membuat APN baru.
      * Nama: bebas mau Anda beri nama apa.
      * APN: indosatgprs
      * Username: indosat
      * Password: indosat

      Parameter lain, termasuk proxy dan port, dibiarkan kosong saja.

    1. Pak Galih,

      Asalkan tidak harus LTE, silakan melirik Acer Liquid Jade yang sekarang dijual Rp 1,999 juta.

    1. Bu Narumi,

      Silakan menekan dan menahan tombol volume ke bawah + tombol power secara bersamaan sampai layar berhasil ter-capture.

    1. Bu Narumi,

      Ayo dicoba lagi. Tekan tombol volume ke bawah + power secara bersamaan, lalu ditahan. Sampai menjepret kira-kira perlu waktu dua detik.

  88. Maaf om hery sebelumnya saya mau tanya, kalau pada redmi 2 indikator batery telah terisi penuh ditandai dengan apa ya ?apakah dengan warna led yg berwarna hijau ?tetapi redmi 2 saya ketika baru di charge led sudah menunjukkan warna hijau,
    Apakah ada pengaturan warna led ?terimakasih sebelumnya

    1. Pak Neptu,

      Saya sudah lupa detailnya. Seingat saya, kalau baterai terisi penuh atau hampir penuh (sekitar 90 persen), warna lampu akan berubah jadi hijau.

      Di pulse notification ada pilihan pengaturan warna LED. Namun, untuk pengaturan saat ponsel di-charge, seingat saya tak ada. Coba cek menu itu dulu deh.

  89. Dri awal pas di charge redmi saya sudah berwarna hijau pak,
    Dipengaturan led notification tidak ad untuk pengaturan led pas charge batery pak,

    1. Pak Neptu,

      Saat nge-charge, ponsel dalam kondisi nyala atau padam total tho?

      Ok, sudah Anda cek ya. Berarti, ingatan saya kalau pengaturan LED saat nge-charge tak bisa diubah memang benar.

  90. Kondisi nyala pada saat di charge pqk, saya belum coba yg kondisi padam total, biasanya kondisi batery 20% sudah saya charge pak,
    Memang bgtu apa hanya pada redmi 2 saya saja ya pak ?

    1. Pak Neptu,

      Saya sudah tidak memegang Redmi 2 sehingga tidak bisa langsung mengecek. Rekan pengguna Redmi 2 yang memantau thread ini, boleh tolong dilihatkan saat ponsel di-charge, warna LED di ponsel Anda berwarna apa?

  91. Ikut coment utk pertanyaan pak neptu.
    Warna led ketika charge kondisi dibawah 50% berwarna merah, 50-90% berwarna kuning, 90-100% berwarna hijau. Baik dicharge ketika nyala atau ketika mati.
    Kalau lihat kasus pak neptu dari awal charge sekitar 20% langsung warna hijau sepertinya ada yg kurang beres dengan redmi 2 bapak.

    1. Pak Naseer,

      Terima kasih atas informasinya. Iya, seharusnya hijau baru nyala ketika baterai hampir penuh.

  92. Ikut coment pertanyaan pak neptu,
    Normalnya pada saat charge pada saat batere 20% warna led merah, 50-90% warna led kuning, 90-100% warna led hijau.
    Sepertinya ada yg kurang beres dengan indikator charge redmi2 bapak jika dari awal led langsung berwarna hijau.

  93. Pak Herry Maaf mau tanya lagi #sedikit cerewet

    Pak saya pakai Antivirus di Redmi 2 yang sekaligus ada fitur app lock nya. Saya pakai CM Security & Clean Master. Saya lock aplikasi ambil contoh galery dan note. Di pengaturan opsi penguncian saya coba setelah layar dikunci, tapi tetap aplikasi yang dimaksud (galery & note), tidak terkunci. Saya coba menggunakan aplikasi pengunci lain di playstore, setelah saya coba lock satu (instagram), tetap tidak tekunci.
    apa ini karena Xiaomi Redmi 2 tidak mendukung fitur app lock atau bagaimana Pak?
    apa xiaomi ada app lock sendiri bawaan atau ada khusus di download di playstore?
    Terimakasih banyak pak sudah mau merespon pertanyaan-pertanyaan saya sebelumnya.

    1. Pak Dichan,

      Sebelumnya tolong diperjelaskan dulu. Apakah tujuan Anda melakukan lock?
      * Supaya aplikasi itu dapat terus berjalan di background, atau
      * agar aplikasi tersebut tak bisa diakses oleh orang lain?

    1. Pak Dichan,

      Oh, kalau untuk itu, pakai fitur bawaan Redmi 2 saja tho. Carilah menu bernama lock app. Kalau tak salah ingat, posisinya ada di dalam menu security, lalu privacy protection.

  94. Om/mas/pak herry mau tnya dong soal performa aja (kyak buat gaming) mnding plih asus zenfone c / redmi 2 / lenovoa6000 ya.. Mksih..

  95. Ya udh klo gtu mnrut mas herry (sya msih muda jgn d pnggil pak) dri ktiga nya yg sya tnyain soal pergorma mnrt anda bgus y mna

    1. Pak Willy,

      Saya mustahil mengetahui satu per satu usia pengirim pertanyaan. Karena itu, saya menggunakan kata sapaan yang universal, yaitu Pak atau Bu.

      Di antara tiga ponsel yang Anda sebutkan, saya baru pernah mencoba Redmi 2. Ponsel itu layak beli.

  96. Selamat sore om Herry SW
    Saya memakai xiaomi redmi 2, pertama saya mencoba memakai kartu telkomsel. selama makai kartu itu saya baikbaik saja. tapi saya coba menggunakan kartu 3 tapi kok data selulernya gaa muncul di layar ? padahal data selulernya udah saya aktivkan. kuotanya ada 1 GB. ada solusi kah om herry ?

    Terimakasih sebelumnya

    1. Bu Ningrum,

      Sudah mencoba kartu Tri lain? Pastikan pula layanan internet Tri tidak sedang mabuk.

  97. Selamat siang koh Herry.
    Saya tertarik dengan review-review smartphone di situs koh herry ini yang kadar Objektif dan Subjektifnya seimbang. Begini saya mau tanya, hape Zenfone 5 punya saya dulu kan hilang karena dicopet 2 minggu lalu. Saya rencananya mau cari smartphone baru dengan budget max 1,599 juta. Di range harga segini saya nemu Xiaomi Redmi 2 dan Acer Z500 yang fitur dan kualitasnya berimbang menurut saya. Nah menurut koh herry ini lebih baik saya memilih yang mana ya? Tambahan info, biasanya saya memakai smartphone untuk : Browsing & Social Media =40%, Chatting ( WA,BBM,Line dll) = 30%, Music dan Camera = 15%, Game (random) = 7,5%, sisanya untuk pemakaian lain. Mohon pendapatnya ya koh. Atau kalau koh herry punya rekomendasi smartphone lain di harga segitu, ditulis saja ya koh πŸ™‚

    1. Pak Alvin Maulana,

      Dengan kondisi seperti itu, menurut saya, lebih baik Anda membeli Liquid Z500. Pertimbangan utamanya, Anda rutin pakai WA, BBM, dan Line. RAM 2 GB di Liquid Z500 akan lebih bermanfaat.

  98. Maksudnya pemakaian Chattingnya itu sering online tapi jarang mengetik percakapan gitu koh. Aneh ya?hehe. Dalam pemakaian kamera, saya suka hasil foto yang natural dan cenderung cerah. Dan menurut review koh Herry, Redmi2 ini lebih unggul dibandingkan Z500. Selain itu, Z500 ini lebih hangat kan daripada Redmi 2 ini dalam pemakaian normal sehari-hari dimana saya ingin smartphone yang tetap nyaman walaupun digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Dengan mengesampingkan 4G LTEnya, Z500 tetap worth buat saya ya koh?

    1. Pak Alvin Maulana,

      Ok. Namun, karena Anda rutin pakai WhatsApp, BBM, dan Line, saran saya, carilah ponsel Android dengan RAM minimal 2 GB. BBM dan Line itu lumayan rakus RAM.

      Kalau kemudian kondisi tersebut dikaitkan dengan anggaran (LTE tidak saya pedulikan), ya pilihannya untuk sementara ini baru Liquid Z500.

  99. Baik koh herry. Mau tanya lagi, jika koh herry dihadapkan untuk memilih Acer Z500 dan Xiaomi Redmi 2 dengan catatan untuk kebutuhan pemakaian sehari-hari, koh herry lebih memilih yang mana?kalau bisa alasannya juga dicantumin ya koh. Maaf sebelumnya kalau saya banyak tanya. Maklum lagi butuh smartphone untuk jangka (agak) panjang. Hehe

    1. Pak Alvin Maulana,

      Saya pribadi akan memilih Redmi 2. Sebab, saya tak perlu BBM dan Line. Yang paling saya perlukan adalah WhatsApp dan email. RAM 1 GB ala Redmi 2 masih cukup memadai untuk pemakaian sehari-hari. Tentu saja jangan dibandingkan dengan ponsel berharga jual, misalnya, Rp 4 juta.

  100. Om herry, saya baru bli redmi 2, trus pake 2 kartu, tapi saat telpon, kok gada suara nya ya? Tapi kalau di speakerin suara a ada, tapi kalau speaker dimatikan, gda dengar suara, tu gimana ya om? Apa ada pengaturan lain nya ? Tolong bagi tau ya om, terima kasih..

    1. Bu Nurul Haitami,

      Tidak ada pengaturan khusus. Saya menduga earpiece ponsel Anda bermasalah. Barusan beli kan (kurang dari 1 x 24 jam)? Kalau iya, minta ganti baru saja.

  101. Baik koh. Terima kasih atas saran dan pendapatnya. Lumayan dapat referensi dari koh herry πŸ™‚

  102. Pak Herry,

    Boleh minta saran antara redmi 2 dan acer liquid jade Pak Herry?
    Atau ada masukan lain untuk budget 2 jutaan?
    Terima kasih

    1. Pak Wisnu,

      Dua ponsel itu sama-sama menarik. Tinggal Anda lebih berat ke fitur LTE (Redmi 2) atau dimensi fisik (Liquid Jade).

      Rp 2 jutaan yang Anda maksud maksimal berapa nih? Sebab, Rp 2,999 juta pun masih termasuk Rp 2 jutaan.

  103. Pak Herry, saya ingin tanya. Maaf OOT.
    Saya tadi mencoba membeli aplikasi di playstore menggunakan kartu Mentari. Pertama saya masuk ke β€œplaystore” di hp redmi 2 saya, lalu saya masuk ke β€œakun saya”, kemudian saya memilih β€œaktifkan penagihan indosat”, lalu mulai loading Menverifikasi akun (mengirim sms verifikasi akun ke penyedia layanan seluler anda), tapi setelah itu yang muncul adalah : Kesalahan (tidak dapat memverifikasi akun anda. Coba lagi nanti). Saya sudah coba berkali-kali hasilnya sama. Padahal kartu Mentarinya ada di sim 1 dan sudah saya isi pulsa 25.000.
    Nah, pertanyaan saya, bagaimana solusinya agar setelah saya menekan β€œaktifkan penagihan indosat”, akun saya bisa terverifikasi sehinggaa saya bisa membeli apalikasi yang berbayar yang ada di playstore?
    Terimakasih Pak…

  104. Pak herry, knpa ya kalo redmi 2 kalo di pake in headset. Buat suara kluarnya gaada? Tapi suara masuk dsri orang lain ada. Ketika telponan.
    Padahal sebelum nya lancar aja. Sudah dicoba wipe. Tapi tetep kaya gitu, padahal hdset normal di pake di gadget lain

    1. Pak Ardan,

      Jadi, Anda bisa mendengar suara lawan bicara, tetapi lawan bicara tidak bisa mendengar suara Anda. Benar begitu?
      Bila tanpa menggunakan headset, suara Anda bisa didengar oleh lawan bicara. Benar?

      Kalau jawabannya iya, coba cari headset lain yang garis-garis di konektornya agak beda.

  105. Pak Herry saya ingin tanya, maaf OOT.
    Saya tadi mau membeli aplikasi yang berbayar di Playstore redmi 2 menggunakan indosat. Pas saya mask ke “akun saya” lalu memilih “Aktifkan prnagihan indosat” kemudian loading memverifikasi akun, tapi yang keluar malah Kesalahaan tidak dapat memverifikasi akun anda.
    Yang ingin saya tanyakan. Bagaimana solusi agar akun google saya bisa terverifikasi pada saat saya menekan “aktifkan penagihan indosat” sehingga saya bisa membeli aplikasi berbayar di playstore?
    Padahal kartu Indosatnya (mentari) ada di Slot SIM 1 dan baru diisi pulsa 25.000. Apakah saya harus menghapus & mengganti akun google saya dg yang baru atau bagaimana pak?
    Terimakasih

    1. Pak Dichan,

      Rasanya saya sudah menjawab pertanyaan senada.

      Kartu Mentari ada di selot SIM1. Berarti, pastikan Anda juga memakai SIM1 untuk koneksi internet.

    1. Bu Yanita,

      Lupakan ponsel merek Asus deh. Redmi 2 layak beli. Pastikan membeli unit bergaransi resmi.

  106. Om emg redmi 2 ga bisa dipake buat bbm? Kenapa om selalu nyaranin hp lain kalo yang dipentingkan dari segi penggunaan bbm nya?
    Kira-kira untuk hp dengan kamera depan belakang baik dengan harga 2 juta itu apa ya om?
    Trimakasih

    1. Bu Novia,

      Redmi 2 bisa dipakai ber-BBM. Namun, banyak penanya yang sehari-hari aktif ber-BBM dan memiliki banyak grup. Dengan kebutuhan seperti itu, saya menyarankan mereka mencari ponsel Android dengan RAM minimal 2 GB. Otomatis Redmi 2 kurang cocok karena RAM-nya hanya 1 GB.

      Kamera depan belakang bagus dan harga Rp 2 juta? Ya Redmi 2.

  107. pak herry mau tanya ne,,,
    setelah saya baca ulasan dari bapak tentang Xiaomi Redmi 2 saya jadi yakin akan membelinya,tapi masalahnya saya mau beli dari lazada,ada beberapa komentar bapak yang tidak menyukai Lazada,,Kenapa ya pak? Dan kalau saya bisa Minta saran Saya beli dari mana ya soal nya saya di kepri seprtinya belum ada di toko di kepri ini jadi saya harus beli dengan online,,
    terima kasih

    1. Pak Ramlan,

      Yup, sebaiknya Anda tidak berbelanja di Lazada. Layanannya seringkali tak memuaskan. Sebaiknya Anda membeli Redmi 2 secara online di Mi.com/id.

  108. Maaf om, nih gini sever media saya selalu meningkat ( overhead ) saat melihat film melalui sd card ( sd card sandisk 30 mb/s ). Padahal itu saya sudah berulangkali melakukan format file yg katanya manjur tapi nihil hasil. Tapu klau membuka file apa saja dari sd card aman hanya untuk film atau video langsung overhead.
    Pliss saran.

  109. dear Pak herry,
    saya mau tanya pak herry itu kenapa bli tidak ada headsetnya ya?dan apakah ada memory card yang diberikan?terima kasih pa herry SW

  110. Halo pak Herry salam kenal,
    Setelah membaca review bapak yg meyakinkan,saya sekarang sudah pakai redmi2 jalan 2 minggu (pembelian offline di Erafone Marina garansi TAM).
    Namun ada satu kendala yg saya alami di redmi2 saya yg cukup menggemaskan.
    -Untuk hasil foto kamera belakang kok sering kali sedikit buram,apalagi pada saat di zoom akan semakin blur. Begitu pula dgn hasil mode HDR pun sama buramnya.
    Hasil yang menurut saya jauh dari hasil foto yg bapak unggah dalam review ini (jernih tanpa buram & noise),padahal harapan saya ketika akan membeli handphone ini adalah pertimbangan di sisi kameranya yg banyak diunggulkan.
    Apa memang hasil jepret dari kamera 8mp seperti ini ya?
    Krn pengalaman saya jepret menggunakan kamera asus zenfone5 hasilnya sangat jernih.
    Untuk performa overall sih redmi2 sangat mumpuni utk mendukung aktifitas lain,multitask pun lancar. Sesuai dgn review bapak.
    Mungkin kah ada saran atau pendapat dari pak Herry mengenai kendala yg saya alami?

    Terima kasih.

    1. Pak Allen,

      Maaf, baru pagi ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Karena sesuatu hal, selama berhari-hari saya menghilang dari dunia maya.

      Nyaris semua kamera ponsel tidak dilengkapi optical zoom. Fitur zoom di ponsel biasanya memakai digital zoom yang akan menurunkan kualitas hasil foto. Semakin besar/banyak Anda melakukan digital zoom, hasil foto akan terlihat semakin buram.

      Untuk mode HDR, sekali Anda menekan tombol penjepret di mode HDR, kamera akan melakukan pengambilan gambar beberapa kali. Nah, selama proses itu, pastikan ponsel tidak bergoyang.

      Saran saya, silakan mencoba melakukan pemotretan kembali tanpa melakukan zoom digital. Bandingkan hasilnya dengan sebelumnya. Kamera delapan megapiksel di Redmi 2 tergolong bagus kok.

  111. Selamat malam Pak Herry…
    Mau tanya Pak, utk Redmi 2 ini dibandingkan Lenovo seri A (kalo bs sih khususnya A6000+, tp saya baca komen di atas, Pak Herry blm prnh mencobanya), juga dibandingkan Xperia E4, sebaiknya pilih mana Pak?
    Saya mau beli utk papa saya, beliau selama ini pengguna setia Nokia Feature Phone yg jika tdk mau kena seleksi alam, mau tdk mau hrs segera move on…
    Papa saya tdk tll aktif di messenger (ada BBM & WA tp sptnya tdk tll rame), selain itu butuh yg tampilan dan penggunaannya mudah, tdk “njelimet” dan cukup gegas…
    Mohon bantuannya ya Pak Herry… Terima kasih…

    1. Pak Edwin,

      Maaf, baru pagi ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Karena sesuatu hal, selama berhari-hari saya menghilang dari dunia maya.

      Benar, saya belum pernah mencoba A6000 Plus. Lenovo seri A biasanya kurang nendang.

      Mengacu kepada paparan Anda, berarti saat ini papa Anda menggunakan dua ponsel ya. Satu feature phone Nokia yang menjadi ponsel utama, satu lagi sebuah smartphone alias ponsel pintar. Saya menduga demikian karena Anda menyebutkan kalau papa Anda tidak terlalu aktif chatting, baik via BBM maupun WhatsApp.

      Dengan memperhatikan kebutuhan papa dan kriteria yang Anda sebutkan, menurut saya, Xiaomi Redmi 2 saat ini menjadi pilihan terbaik. Saya melihatnya dari beragam faktor sekaligus, mulai spesifikasi, kinerja, hingga kesepadanan harga.

      Selama saya menguji pakai Redmi 2, respons ponsel itu terasa lebih gegas dibandingkan Sony Xperia E4. Hal menarik lain, ia kompatibel dengan layanan 4G LTE para operator GSM di Indonesia. Dengan demikian, bila papa Anda suatu saat membutuhkannya, ponsel sudah siap pakai.

      Tampilan antarmuka (user interface) Redmi 2 juga relatif sederhana. Saya cukup yakin, papa Anda hanya perlu beradaptasi beberapa hari. Seandainya papa Anda merasa tampilan menu ponsel itu masih terlalu rumit, tersedia satu jurus pamungkas. Aktifkan lite mode di Redmi 2.

      Begitu mode itu diaktifkan, tampilan menu ponsel akan berubah menjadi lebih sederhana. Serasa melihat tampilan menu di ponsel berlayar sentuh keluaran bertahun-tahun silam.

    1. Pak Edwin,

      Maaf, baru pagi ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Karena sesuatu hal, selama berhari-hari saya menghilang dari dunia maya.

      Pusat perbaikan resmi Xiaomi lebih bagus daripada Sony dan Lenovo.

  112. Maaf om sudah, dulu make micro v-gen trus d ganti sand disk.
    Setelah saya cek beberapa hari, saya dapat masalah baru, data film saya coba pindah ke memo internal, film belum di buka media server sudah mulai tinggi.
    Apa itu kasus di data filmnya ? Apa xiaomi 2 nya yg tidak mampu membaca data film ?
    Mohon saran.

    1. Pak Iqbalm,

      Maaf, baru pagi ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Karena sesuatu hal, selama berhari-hari saya menghilang dari dunia maya.

      Setelah file film Anda pindahkan ke memori internal, kartu microSD tetap terpasang atau dilepas?

  113. Pak mw tanya… Saya baru pakai mi 2 beli lewat l@z@d@.. Hpnya kok kadang temprtur panas malahan kadang melebihi panas normalny hp… Waktu saya taruh saku kadang tiba2 hangat.. Padal sya juga tidak ngaktifkn data dan aplikasi.. Trus baterai cpet habis, saya pakai normal cuma smsan dan sesekali browsing.. baterai cepet drop.. Malahan sampai 3 sehari saya ngecas… untuk performa dan tampilan keseluruhan saya kasih 4 jempol… Cuma yg saya jelasin di atas yang dikit mengganjal… Btw bila saya ke servis centernya apa bisa di perbaiki… Terima kasih…

    1. Pak Agus,

      Maaf, baru pagi ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Karena sesuatu hal, selama berhari-hari saya menghilang dari dunia maya.

      Oh, di Lazada jual Mi2 ya? Tipe tersebut tidak beredar resmi di sini. Pusat perbaikan resmi Xiaomi di Indonesia takkan bisa melayaninya.

      Langkah yang masih bisa ditempuh, Mi2 yang Anda beli dilengkapi garansi atau tidak? Kalau dilengkapi garansi, walaupun pasti tidak resmi, coba Anda urus ke tempat servis yang tercantum di kartu garansi.

    1. Pak Budi,

      Maaf, baru pagi ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Karena sesuatu hal, selama berhari-hari saya menghilang dari dunia maya.

      Saya tak bisa me-review A6000 Plus karena belum pernah mencoba ponsel itu.

  114. Ko herry maaf saya banyak nanya mungkin sampai ko herry bosan dengan saya hehehe. Temanku beli redmi 2 tapi kok datanya tidak bisa dipindah ke sd card. Cara memindahkannya bagaimana ya pak?

    Terima kasih

    1. Pak Steven,

      Saya tak ingat menu detail Redmi 2. Seharusnya ada pilihan default storage location. Untuk aplikasi tambahan, instalasi memang tetap harus dilakukan di memori internal.

  115. Salam kenal Pak Herry …. Maaf pak saya mau nanya ….. Kalo menurut pendapat pak herry, diantara 3 HP ini : Xiaomi redmi 2 VS Lenovo A7000 VS Xiaomi redmi note 3G, mana yang menurut pak herry kamera nya paling bagus dan oke kualitasnya (( Ketajaman, kecerahan, dan detail Foto dan Video Recording nya )) …… Dan mana yang menurut pak herry paling layak beli ? …. Terimakasih pak herry ….

    1. Pak Max,

      Salam kenal juga.

      Saya belum pernah mencoba A7000.

      Redmi Note 3G bergaransi resmi sudah sangat sulit diperoleh. Kalau Anda masih bisa mendapatkan Redmi Note 3G bergaransi resmi (baru atau bekas), silakan membeli itu. Bila tak dapat Redmi Note 3G, belilah Redmi 2 baru dan bergaransi resmi.

  116. Saya Mau tanya Pak, kok Xiaomi Redmi2 saya cepat panas ya? sepertinya terkena bug media server. cara mengatasinya gimana ya selain back up dan upgrade frimware. saya sudah coba dan tetap saja tidak ada perubaha. Terimakasih

    1. Pak Andre,

      Coba lakukan langkah-langkah berikut:
      1. Matikan ponsel.
      2. Lepaskan baterai dan kartu microSD.
      3. Pasangkan baterai lagi. Nyalakan.
      4. Ketika ponsel siaga dan menampilkan home screen, matikan lagi.
      5. Lepaskan baterai, pasangkan kartu microSD, pasangkan baterai lagi, lalu nyalakan ponsel.

      Seandainya masalah serupa tetap muncul, ulangi langkah-langkah di atas sekali lagi. Bedanya, kartu microSD kini bukan hanya dilepaskan, tetapi juga diformat.

  117. Hallo mas Herry..
    1. Dilihat dari beberapa komentar mas herry, Kenapa mas tidak menyarankan menggunakan smartphone merk asus? Apa alasanya.
    2. Saya mau minta saran smartphone budget kurang dari 2jt, biasa dipake buat medsos(line, path, instagram, bbm jarang, sama kadang dipake buat nonton film), Max. Layar 5?, jaringan sudah 4G, kamera bagus. Rencananya sih pilih xiaomi redmi 2 tapi ram nya cuman 1gb dan internalnya jga cuman 8gb yg katanya kurang pas bila dipke buat banyak medsos(jadi lelet) . Ada saran smartphone lain ga mas? Apa tetep pilih xiaomi redmi 2?

    1. Pak Rey,

      Lain kali pertanyaan yang sama harap dikirimkan satu kali saja. Tidak usah mengirimkan dobel-dobel, di judul posting yang berbeda-beda, seperti saat ini. Silakan cek di tempat Anda kali pertama mengirimkan pertanyaan. Saya sudah menjawabnya.

  118. Maaf om, saat itu sudah saya format sd cardnya tapi saya pasang lagi dan saya taruh film format mkv. ke memori internal ( nyoba saran kakak saya ) tapi film belum d buka itu hp sudah panas overheat lebih parah malah…..
    Itu kasus hanya terjadi bila file mkv. padahal format film saya hampir rata2 mkv.
    Klau mp4 ndak overheat.
    Sudah nyoba saran sana sini tapi gk ada hasil om.
    Apa ada saran lain ?

    Mohon saran.

    1. Pak Iqbalm,

      Coba lakukan cara ini: di folder video, buatlah satu folder baru yang diberi nama .nomedia (perhatikan, ada tanda titik di depan nomedia).

  119. Sebagai penulis yg cerdas sya sarankan agar anda tidak membawa2 provider penyedia layanan jaringan telekomunikasi, karna anda sedang membahas suatu produk bukan membahas ttg kestabilan jaringan masing2 provider. Anda cenderung menjatuhkan 1 pihak dripada pihal lainnya, dan sya rasa memang anda tidak perlu membahas ttg koneksi internet masing2 provider karane beda kondisi geografis maka beda pula kestabilan jaringan.
    Saran saya agar anda lebih obyektif dalam mengangkat artikel, jgn sampai memuat berita yg tidak terlalu penting

    1. Pak Vikrie,

      Yang Anda maksud adalah komentar saya di bagian mana ya? Silakan copy paste-kan di sini.

  120. om Herry saya ingin bertanya.
    untuk semua produk xiaomi mana yang lebih awet batre dan paling tinggi nilai nya..?
    teman saya cari hp untuk yg awet batre, tdk cppat panas, layar lumayan aga besar, harga 1jt-2.5jt.. makasiu om

    1. Bu Elis,

      Karena Anda mengutamakan daya tahan baterai, tipe Xiaomi bergaransi resmi yang paling cocok adalah Redmi Note. Masalahnya, ponsel itu sudah sangat sulit ditemukan di pasar. Jadi, pilihan pun berganti ke Xiaomi Redmi 2. Harga barunya Rp 1,499 juta.

      Pesan saya, jangan membeli ponsel Xiaomi yang tidak dilengkapi garansi resmi. Abaikan tawaran Xiaomi bergaransi distributor independen.

  121. untuk tipe remi note mengapa sudah susah di pasaran om?
    tipe redmi note apa yg paling bagus om?
    oh ya om kalo acer liquid jade bagaimana? bagus kah.?
    dengan redmi2 bagus mana? lebih rekomendasi yg mana?
    terus apakah acer pengoprasiannya susah?untuk batre nya apakah tahn lama?
    kl samsung kan cpt abis batre.
    mksih om udah mau membantu

    1. Bu Elis,

      Redmi Note bergaransi resmi sulit dijumpai di pasar karena produk itu sudah diskontinyu. Sebelum diskontinyu, ponsel tersebut laris manis. Jadi, stok di toko-toko cepat sekali habis.

      Saya sih memegang prinsip, beli Redmi Note varian apa pun yang bergaransi resmi. Jangan membeli yang tanpa garansi resmi karena berpotensi mengalami kendala di kelak kemudian hari.

      Liquid Jade layak beli. Review ada di http://ponselmu.com/review-acer-liquid-jade-tipis-ringan-dan-berkamera-mantap/

      Redmi 2 vs Liquid Jade? Kalau Anda memerlukan layanan LTE dan daya tahan baterai yang sedikit lebih lama, ambil Redmi 2. Kalau Anda sehari-hari aktif di berbagai media sosial, termasuk BBM dengan beberapa grup, pilih Liquid Jade.

      Pengoperasian ponsel Acer sama dengan ponsel-ponsel Android lain kok. Daya tahan baterai Liquid Jade tidak selama Redmi 2, apalagi Redmi Note.

  122. om maaf mau tanya lagi. πŸ™‚
    kalo samsung tab3 v gmna om.?apa pernah di bahas? layak beli ga om.?
    makasih banyak om buat pencerahannya.

  123. Mohon maaf bukan komentar anda yg saya maksud
    Yg saya maksudkan adalah artikel anda d atas seharusnya hanya membhas ttg spesifikasi ponsel, tidak membahas ttg kestabilan jaringan pnyedia layanan telekomunikasi apalagi sampai membandingkan dan menjatuhkan 1 pihak.

  124. pak, saya masih bingung memilih antara redmi 2 atau len a6000, kalau fitur yg akan sering saya gunakan adalah kamera, musik dan internet, lebih baik yg mana ya pak, terimakasih

  125. Pake red mi2 kenapa telp pake aplikasi bbm, viber lawan bicara tidak mendengar suara saya ya?
    Mohon pencerahannya

    1. Bu Asri,

      Kebetulan saya tak menggunakan Viber dan BBM. Jadi, saya tak mengetahui perkiraan permasalahannya.

  126. aloha pak HSW, mohon sarannnya antara LG G2 Mini & Redmi 2, lebih baik mana ya?
    Kebutuhan saya lebih ke multitasking, internet, gps & kamera.
    Oiya body/materialnya lebih kokoh yg mana pak?
    Untuk dana gak lebih dari 2 jt. Suwun pak.

    1. Pak Wawan,

      Internet dan GPS relatif setara. Multitasking sedikit lebih enak Redmi 2. Kamera lebih unggul G2 Mini. Nah, tinggal Anda pilih berdasarkan skala prioritas Anda deh.

      Bodi relatif imbang sih. G2 Mini lebih cantik, sedangkan Redmi 2 kelihatan lebih gahar.

  127. Aloha pak HSW, minta tolong sarannya antara redmi 2 atau LG G2 Mini.
    Kebutuhan yg akan sering saya gunakan adalah multitasking, gps, internet & kamera.
    Oiya lebih baik yg mana ya pak untuk body/materialnya?
    Terimakasih

    1. Pak Wawan,

      Hmmm… perasaan beberapa menit lalu saya sudah menjawab pertanyaan senada. Anda mengirimkan pertanyaan berapa kali, Pak?

  128. Oh ya maap pak, saya ga sengaja double klik, jd muncul komen 2 kali.
    Mau tanya lg pak, untuk pemakaian jangka panjang kira2 lebih condong yg mana ya?

  129. Selamat pagi pak Herry, saya ingin Tanya:
    mengapa XIAOMI Red MI2 yang berkapasitas RAM 2Gb, ROM 16Gb tidak beredar resmi di Indonesia? kenapa hanya beredar diMalaysia saja dengan harga RM 459, apakah kalau diedarkan diIndonesia tidak akan laku?

    1. Pak Deny Yen Martin Rahman,

      Soal mengapa, ya saya tidak tahu. Yang mengetahui alasannya adalah pihak Xiaomi.

      Tergantung harganya sih. Kalau harganya relatif sama dengan di luar negeri, saya yakin akan laku.

  130. Pak Herry,
    Saya mau tanya kalau redmi 2 vs lg magna secara global lebih baik mana??? Trus redmi note yg 4G udah sulit ya carinya sekarang terutama disurabaya, thanks.

    1. Pak Ipul,

      Tak tahu. Saya sudah pernah mencoba Redmi 2, tetapi belum pernah menguji pakai Magna.

      Redmi Note 4G mestinya masih gampang ditemukan di pasar. Namun, pasti tanpa garansi resmi. Saya tidak merekomendasikan Anda membelinya. Yang sudah sulit sekali dijumpai itu Redmi Note 3G – dual SIM bergaransi resmi.

  131. Terima kasih pak herry infonya, akhirnya beli lenovo a6000 plus scara saya masih suka dg merek lenovo sejak lenovo s560, lagian hh-nya buat adek saya kok smoga saja tidak lag hehehe…, ngomong2 saya masih muda jangan dipanggil pak hehehe…

    1. Pak Ipul,

      He… he… saya kan tidak mengetahui usia masing-masing penanya. Jadi, langsung saya pukul rata. Saya pakai kata sapaan Pak dan Bu saja.

  132. Malam om herry

    Tanya nih…
    Antara LG G3 stylus, asus Zenfone C, mi 2

    Dari segi, performa, kamera, bagus mana ?
    Trimakasih

    1. Pak Tri Budi Prasetyo,

      G3 Stylus nggak asyik. Zenfone C? He… he… lupakan ponsel Asus eh. Mi 2 saya belum pernah coba.

  133. mas..mau nanya..cara ubah limit downloads nya dmn ya?
    saya pake redmi mi2…
    kata mas ambil download..
    ambilnya tu dmn?
    kalau bisa ada screenshootnya mas..
    biar jelas..
    makasih..

    1. Pak Fuad,

      Wah, saya belum pernah tahu tipe Redmi Mi2.

      Kalau di ponsel Xiaomi, secara umum biasanya begini:
      * Masuk ke menu downloads.
      * Di kanan atas ada garis tiga atau titik tiga (saya lupa tepatnya). Masuk ke sana.
      * Cara settings. Ubek-ubek menu itu. Salah satunya ada pembatasan download. Ubahlah jadi unlimited.

  134. Ah…
    Jadinya saya beli G3 stylus om…
    Ga sempat baca balesan comentar sih -_-

    Coba dulu ah, kalo bosan baru ganti πŸ™‚

  135. selamat pagi….
    nupang tanya, redmi 2 prime akan masuk indonesia gk ya pk??? soalnya waktu saya buka web resmi xiaomi indonesia, ternyata stok redmi 2 sudah habis. padahal saya sudah mau order. akankah redmi 2 digantikan oleh redmi 2 prime ???
    mohon penerawangannya ko. hehehe
    teerima kasih

  136. kenapa om herry melupakan asus dr komentar yg saya baca? apa yg membuat om herry mengesampingkan nya dan memilih xiomi?
    mohon penjelasan utk beli hp saya om
    thks

    1. Pak Anggar,

      Saya sudah berkali-kali menjelaskan di blog ini mengenai alasan tidak merekomendasikan ponsel Asus. Intinya, Asus saya anggap belum cukup piawai dalam mengatur distribusi, menjaga kualitas, dan menyediakan layanan purna jual yang andal.

      Saya tidak pernah menyarankan orang membeli Xiomi lho. Yang sering saya rekomendasikan adalah ponsel Xiaomi.

  137. Pak Herry, saya pengguna redmi 2.. saya mau nanya, bagaimana cara agar layar hp -yang tadinya mati dan terkunci- menjadi hidup (hanya sesaat) pada saat ada notifikasi masuk ( khususnya notif sms) . sebelumnya saya sudah pakai aplikasi floatification, memang layar akan hidup pada saat ada notifikasi masuk, namun layarnya akan terus hidup hingga notifikasi itu dibuka. yang saya inginkan layar hidup hanya beberapa detik saja. thanks before πŸ™‚

    1. Bu Sherly,

      Begitu ponsel berbunyi, biasanya saya langsung mengambil ponsel seraya menekan tombol power. Jadi, saya malahan tidak memperhatikan layar Redmi 2 akan langsung menyala saat ada SMS masuk atau tidak.

      Kalau ternyata tidak menyala, saya kurang tahu aplikasi apa yang membuat layar bisa menyala beberapa detik sesuai keinginan Anda.

  138. Apa kabar Koh? Saya berminat beli yg Redmi Note 2 Prime, mantap gak? Sudah bisa dibeli di Plaza Marina atau WTC atau belum ya? Kamsia

    1. Pak Roky Maghbal,

      Nggak tahu. Lha menyentuh Redmi Note 2 Prime pun belum pernah. Se-Indonesia sepertinya belum ada yang ready stock deh.

  139. hp xiaomi redmi 2 om hery bisa mindahin apk ke sd card?

    soalnya denger denger redmi 2 sd card nya nganggur…….

  140. Saya pengguna redmi 2, kenapa tidak bisa menampilkan yang sedang saya dengar, disatus saya maupun dikontak bbm teman. Pernah di rest tapi masih tetap tidak bisa menamilkan yang sedang saya dengar. Dari awal pakai sampai skarang tidak bisa menampilkan yang sedang saya dengar.
    KENAPA..??

  141. Om Herry, mau nanya dong. Aku denger katanya Redmi 2 g bisa naro video lagu sama foto ya? Ga bisa copas gtu ya di internal? Duh trus gimana dong? Internal memori kan cuma dkit… Kalo aku download atau bkin video jadi penuh dong hapenya? Ngakalinnya gimana Om Herry? Ribet ya

    1. Bu Sarah,

      Yang Anda maksud copy paste di memori internal atau memori eksternal nih? File multimedia bisa disimpan di kartu microSD kok.

        1. Bu Sarah,

          Ya, kartu microSD memang hanya untuk menyimpan file multimedia. Anda tak bisa menginstalasikan aplikasi tambahan di sana.

  142. Om herry saya pakai memori eksternal 16gb untuk xiaomi redmi 2 saya, tapi kalo saya setting penyimpanan hasil kamera ke memo saya kok gabisa ya? Trus satu lagi, skrg hp saya kalo dicas harus lama bgt, harus dicas slama 10jam utk bisa full 100%. Itu knp ya?:(

    1. Bu Vebby,

      1. Saya tak ingat bisa tidaknya. Mau mengecek langsung juga tidak bisa karena saya sudah tidak menggunakan Redmi 2 lagi. Coba utak-atik di dalam menu kamera. Apakah tak ada?

      2. Selama proses charging, ponsel dalam kondisi padam total atau aktif dipakai? Kalau padam total, kondisi itu tidak wajar. Coba gunakan kabel charger dan kepala charger ponsel lain dulu. Carilah yang output-nya 1A. Kalau ternyata bisa terisi dengan lebih cepat, berarti charger bawaan ponsel Anda bermasalah. Lakukan percobaan lebih lanjut untuk menentukan sumber masalah ada di kepala charger atau kabel charger.

  143. Maap mau tanyak mazt
    Saya baru beli xiaomi redmi 2. Tapi kenapa ya di SIM 2 yang saya isi dengan kartu xl hanya bisa mengecek pulsa saja namun untuk memilih paket tidak bisa dan muncul kata”sambungan gagal kode MMI tidak valid” seperti itu terus sampai sekarang. Awalnya saya kira hpku error tapi setelah saya tanyak ke teman saya yang juga baru beli kendala seperti itu juga.
    Mohon bantuannya mazt

    1. Pak Rosyid,

      Memang begitu. Ada bug di firmware Redmi 2 sehingga kartu SIM2 hanya bisa menjalankan perintah UMB/USSD satu tingkat. Semoga kelak Xiaomi mengeluarkan update firmware untuk mengatasi hal itu.

      Solusi sementara, kalau ingin memilih paket data buat nomor XL Anda:
      * Pindahkan ke SIM1 untuk aktivasi, kemudian kembalikan ke SIM2.
      * Unduh aplikasi My XL dari Play Store saja. Proses aktivasi paket data bisa dilakukan dari aplikasi itu. Lebih jelas dan praktis daripada via UMB/USSD yang harus menekan *…# dan seterusnya.

  144. pak Herry aplikasi/game di memori internal redmi 2 gak bsa di pindh kan atw otomatis ke memori external ea mas tanpa root?

    1. Pak Darius,

      Redmi 2 dong.

      Alcatel onetouch Flash Plus telah sukses mengecewakan saya. Sebab, penerimaan sinyalnya tergolong buruk.

  145. Oh gitu ya, terima kasih pencerahannya Pak. Soalnya kan secara spek, di atas kertas menang alcatel, tapi ternyata ada hal-hal di luar kertas yang hanya bisa diketahui orang yang uda pernah pakai. Thanks Pak.

  146. Sorry nanya lagi Pak HSW,

    Kalau saya lihat di website online inisial L, kan ada jual xiaomi :
    Xiaomi Mi Redmi 2 – 8GB : 1.6 jt
    Xiaomi Redmi Note Dual Sim 4G LTE – 8GB : 1.6 an jt
    Xiaomi Mi Redmi Note 3G – 8GB : 1.9 jt

    Itu kan harganya mirip-mirip. Pak HSW rekomen yang mana untuk kebutuhan normal (telepon, sms, chatting, sosial media, browsing, cek internet) ?

    Thanks ya Pak.

    1. Pak Darius,

      He.. he.. nama situsnya ditulis saja, Pak. Tak usah pakai inisial. Lazadut ya? πŸ™‚

      Kalau Redmi Note 3G-nya dual SIM dan garansi resmi, silakan ambil itu. Kalau tidak, mending beli Redmi 2 bergaransi resmi di mi.com/id. Harganya Rp 1,499 juta alias lebih murah daripada Lazada.

      Pesan saya, jangan membeli Xiaomi tanpa garansi resmi.

  147. Ohh..saya baru sadar pak..sebelumnya saya memang sudah baca tulisan bapak tentang garansi resmi xiaomi (ada 2 perusahaan yg memberikan garansi resmi)..tapi saya ga sadar kalo lazada ternyata menjual yg bukan resmi..sy kira lazada itu web kaya bhineka ato oke shop..

    Setelah sy liat lebih jauh, ini kok di lazada ada beberapa penjual..ada beberapa harga juga…oalahhh, sy baru tau, ternyata lazada itu kaya kaskus ya..jadi dia cuma perantara antara seller dan buyer..

    Thanks infonya pak..nanti sy cek web yg bapak kasih..

    1. Pak Darius,

      Ya, Lazada itu ibarat “pasar” di dunia maya. Penjualnya ada banyak. Jadi, harus ekstrahati-hati.

  148. Pak HSW, sorry nanya lagi. Kalau redmi 2 dibanding LG Leon mending mana ya Pak ?
    Saya lihat kan harga kurang lebih mirip.
    Prosesor, RAM dan ROM nya kan sepertinya sama.

    1. Bu Sacty,

      Seharusnya bisa, tetapi saya tak tahu saat ini sudah tersedia atau belum. Coba Anda cek dari menu software update di ponsel Anda.

    1. Bu Mimi,

      Yang Anda maksud Redmi 2 atau Mi 2?

      Kalau Redmi 2, ada yang bilang bisa, ada pula yang bilang tidak. Saya sendiri belum pernah membuktikannya.

      Kalau Mi 2 tidak bisa.

  149. Selamat malam Pak Herry… Saya yg kmrn tny perbandingan Hot Note dgn Redmi 2.
    Akhirnya hari ini saya ke WTC dan beli Redmi 2, memang spek kelihatannya lbh bgs Hot Note tp stlh melihat dimensinya, saya lgsg ilfil… Secara, saya pake G3 aja mnrt saya uda agak kebesaran…
    Nah terkait dgn Redmi 2 ini, ada bbrp hal yg mau saya tanyakan Pak…
    1. Tombol Navigasi di bawah tdk ada lampunya ya Pak?
    2. Susunan ikon aplikasi di layar, apakah tdk bisa dibuat berurutan scr alfabetis? Biar lebih rapi dan memudahkan pencarian…
    3. Arti dari “Preferred 3G” itu, dia akan mengunci jaringan 3G ya Pak? Meskipun di daerah tersebut mgkn jaringan 2Gnya lbh dominan… dan apakah hanya sebatas 3G? Mksd saya, apa tdk bisa sampe HSDPA?
    Sekian dulu Pak pertanyaan saya… Mohon dijawab jika berk3nan hehe…
    Terima Kasih Pak Herry….

    1. Pak Edwin,

      1. Ya, memang tanpa lampu.

      2. Bisa, tetapi harus diurutkan secara manual. Tak bisa otomatis.

      3. “Preferred 3G” bukan bermakna dikunci “3G only”, melainkan memprioritaskan jaringan 3G dulu. Bisa sampai HSDPA kok.

  150. Maaf,,,
    Saya baru bli xiaomi redmi 2 tapi ngga ada buku panfuannya,klo gitu gimana yah soalnya pas pertama bli dos nya masih segel tapi buku panduannya ngga ada,,
    Dan juga apa klo bgitu hp itu hp bekas yg dibuat baru lagi atau gimana yah,,,

    1. Bu Dinda,

      Apakah Anda membeli Xiaomi Redmi 2 bergaransi resmi? Lembaran panduan singkatnya ada di dalam amplop cokelat di dalam kardus.

  151. Ohhh… berarti Redmi 2 tdk bs mengunci jaringan ya Pak…. walah… Mbak2 Sales Xiaomi asal ngomong aja tuh… hahaha…
    Baiklah, terima kasih utk infonya Pak Herry….

    1. Pak Edwin,

      Dari menu bawaan, normalnya memang tak bisa mengunci jaringan ke 3G only atau LTE only. Namun, kalau Anda ingin menguncinya, masih ada jurus lain. Silakan tekan *#*#4636#*#*, pilih phone information, lalu carilah menu untuk mengunci jaringan.

  152. Selamat malam Pak Herry… Mau tanya lagi nih Pak hehe…
    Saya br liat adaptornya Redmi 2 ini, inputnya hny 0,3A (kecil bgt Pak…), kira2 kalau saya charge pake punya Samsung (0,7A) atau punya LG (1,8A), apa lama kelamaan bs menyebabkan kerusakan pada batre ya Pak?
    Saya bukan mau cepat ngecharge sih Pak, hny saja pikiran saya, charger Xiaomi mau saya tgl di rmh, sdgkan di kantor, sudah saya sediakan 2 charger tadi utk ngecharge berbagai macam gadget yg saya punya gitu Pak Herry, jd kalo Redmi 2 ini ikutan saya charge pake salah 1 dr 2 charger td kira2 aman apa tidak… hehe
    Makasih Pak Herry…

    1. Pak Edwin,

      Saya lupa sudah pernah tanya atau belum. Redmi 2 Anda bergaransi resmi atau tidak ya? Angka 0,3A itu input atau output? Output charger bawaan Redmi 2 pasti lebih dari 0,3 A. Kalau charger Anda sampai memiliki output 0,3 A, berarti ada yang nggak beres dengan isi paket penjualannya.

      Silakan pakai salah satu di antara dua charger di atas. Bebas mau pakai yang mana. Aman. Saya lebih condong pakai yang 0,7 A karena saat dipadukan dengan yang 1,8 A pun, Redmi 1S Anda toh hanya akan minta sekitar 1 A.

  153. Belum pernah tanya Pak hehe… Punya saya resmi sih Pak…. Importirnya Erajaya dan ada stiker TAM (Peran Erajaya dan TAM apa sih Pak? Kok sampe 2 distributor gitu…)
    Oh iya Pak, mohon maaf Pak Herry, saya yg salah baca…. Inputnya 0.3A, ada tertulis Output 1000mA (berarti 1A kan) tp tdk terbaca oleh saya… hehe…
    O iya Pak, misalnya saya pake charger 1,8A kan tetap yg terdeteksi 1A, tp dr segi penggunaan jangka waktu lama, apa tdk merusak batere?

    1. Pak Edwin,

      Jadi begini:
      * Distributor resmi ponsel Xiaomi di Indonesia ada dua: Trikomsel dan Erajaya.

      * Barang yang bergaransi Trikomsel lazim pula disebut sebagai bergaransi Trikom, Trio, atau Comtech. Ini sebenarnya hanya masalah penyebutan nama. Ujung-ujungnya sih sama.

      * Barang yang bergaransi Erajaya lazim pula disebut bergaransi TAM. Ada yang kadang menyebutnya bergaransi Era atau Erafone.

      Soal charger, asalkan charger yang dipakai bukan abal-abal dan ponselnya pun bukan abal-abal, aman kok.

  154. Pak Herry SW,

    Karena telah mengadopsi AGC Dragontrail Glass, apakah masih perlu ponsel ini dipasang tempered glass?

    1. Pak Aditya,

      Ya, tak peduli sudah memakai Dragontrail Glass atau Gorilla Glass, saya tetap menyarankan Anda memasangkan pelindung layar (screen protector).

      Mengapa? Sebab, permukaan layar dengan Dragontrail Glass, Gorilla Glass, atau apa pun namanya bukan bermakna “tidak bisa tergores”, melainkan “lebih sulit tergores”. Jadi, daripada Anda menyesal karena layar ponsel Anda tergores, lebih baik pasangkan pelindung layar. Boleh yang biasa (harga Rp 25 ribuan) atau tempered glass.

    1. Pak Ghalib,

      Bergantung fitur apa yang lebih Anda butuhkan.
      * Kamera: Redmi 2.
      * LTE: Redmi 2.
      * Daya tahan baterai: Infinix Hot Note.

  155. Oalaah… Ternyata TAM itu punya Erajaya toh, br paham Pak hahaha….
    Charger saya asli kok Pak hehe…
    Baiklah Pak Herry, terima kasih banyak atas infonya….

  156. terima kasih pak herry,, oh ya satu lagi yang mau saya tanyakan untuk hp yg gegas buat game berat apa ya pak? harga dari 1.5 – 2.5 jt, trims

    1. Pak Ghalib,

      Definisi game berat ini yang agak samar. Saya kebetulan juga bukan penggemar game.

      Dengan mengabaikan gamenya dulu, di kisaran harga itu ada (saya urutkan berdasarkan harga):
      * Xiaomi Redmi 2.
      * Infinix Hot Note.
      * Acer Liquid Jade.

      Yang saya sebutkan itu harganya paling mahal Rp 1,999 juta. Setelah angka tersebut, yang tersedia langsung lompat ke Rp 2,6 juta.

  157. Bang saya mau cari hp harga 1,5 jt an saya memilih xiaomi redmi 2 atau samsung ace 3 bingung
    saya mau pilih yang mana tolong kasih jawaban beserta penjelasan nya… Terima Kasih

    1. Pak Yusron,

      Mohon maaf karena saya baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada pagi ini. Sesuai pengumuman di blog, pada 8-11 September 2015 saya libur merespons pertanyaan. Sebab, saya sedang berada di Jakarta dan Belitung. Selama di sana, jadwal aktivitas saya tergolong padat.

      Ya jelas Redmi 2 dong. Dilihat dari beragam aspek, ponsel itu lebih unggul daripada Galaxy Ace 3. Galaxy Ace 3 cuma menang merek.

  158. Hallo om herry.. saya baru beli xiaomi redmi 2 .. 4september lalu… saya beli online di web resmi .. dg sistem cod.. dari erajaya.. akan tetapi saya ingin tanya struk garansinya kok ga ada ya??
    Trs saya uda pake telkomsel.. prefer LTE.. tp sinyal masih H+ .. sy tggl di daerah malang… thank u sblmnyaaa….

    1. Bu Evi,

      Mohon maaf karena saya baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada pagi ini. Sesuai pengumuman di blog, pada 8-11 September 2015 saya libur merespons pertanyaan. Sebab, saya sedang berada di Jakarta dan Belitung. Selama di sana, jadwal aktivitas saya tergolong padat.

      Struk garansi? Ehmm… yang Anda maksud nota pembelian atau kartu garansi? Kalau nota pembelian, Anda tinggal mencetak bukti transaksi saat belanja online. Kalau kartu garansi, coba cek amplop cokelat yang berada di dalam kardus.

      Soal LTE, pastikan Anda telah memasangkan kartu USIM yang telah mendukung 4G LTE. Pastikan pula Anda berada di area layanan 4G LTE Telkomsel. Sampai beberapa waktu lalu LTE Telkomsel belum mengudara di Malang. Kondisi terkini saya tak tahu.

  159. Pak sya ad keheranan saat ganti kartu perdana internet ny tiba2 muncul tulisan “kartu anda tidak berfungsi” sya lupa jg pas ny gmana.. kira2 gtu deh makna nya. tp pas sya utak atik MI cloud ny baru bsa.. soal ny sblum ny sya logout Mi cloudnya. trus sya ubah jg bagian “nomor kartu sim” di pngaturan sim.
    itu knapa ya? apa yg slah dr setting’an sya

    1. Pak Ligq,

      Mohon maaf karena saya baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada pagi ini. Sesuai pengumuman di blog, pada 8-11 September 2015 saya libur merespons pertanyaan. Sebab, saya sedang berada di Jakarta dan Belitung. Selama di sana, jadwal aktivitas saya tergolong padat.

      Waktu muncul notifikasi “kartu Anda tidak berfungsi”, ponsel mendapatkan sinyal atau tidak?

  160. pak sya nemuin masalah hri ni di redmi 2. gak tau sya yg salah atau emg ad yg harus diatur ulang ketika ganti kartu perdana internet. Muncul tulisan “kartu sim yg anda gunakan tdak trdftar di mi3” (kurang lebih gtu, wlwpun gak pas kata2nya soalny saya udah lupa, cm muncul d notif aj)

    soal ny ketika sya login miCloud n ubah nomor kartu sim di “pngaturan SIM”.. itu knapa pak ya? sya masih agak bingung. Takut slanjutnya gtu lg.

    1. Pak Liga,

      Mohon maaf karena saya baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada pagi ini. Sesuai pengumuman di blog, pada 8-11 September 2015 saya libur merespons pertanyaan. Sebab, saya sedang berada di Jakarta dan Belitung. Selama di sana, jadwal aktivitas saya tergolong padat.

      Saat muncul notifikasi itu, apakah ponsel mendapatkan sinyal? Saya sedang tak memegang ponsel Redmi 2 sehingga tak bisa mengecek menu ponsel itu dengan detail.

  161. Hadiah Ultah ke 18th
    dapat Xiaomi redmi 2 dari ortu, emang keren nih hape, sebelum nya saya pakai Sony Xperia E3, berasa lebih bagus layarnya dan juga kamera bagus banget…

    1. Pak Kevin Adi Nugroho,

      Mohon maaf karena saya baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada hari ini. Sesuai pengumuman di blog, pada 8-11 September 2015 saya libur merespons pertanyaan. Sebab, saya sedang berada di Jakarta dan Belitung. Selama di sana, jadwal aktivitas saya tergolong padat.

      Selamat ulang tahun. Selamat menikmati Xiaomi Redmi 2.

  162. Maaf mau tanya bos, Sinyal internet telkomsel di sim 1 suka hilang sendiri. Kembali lg bila ponsel data dimatikan trus dihidupkan lg. Knp ya?, apa perlu diservice?. Mksh

    1. Bu Ina,

      Mohon maaf karena saya baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada hari ini. Sesuai pengumuman di blog, pada 8-11 September 2015 saya libur merespons pertanyaan. Sebab, saya sedang berada di Jakarta dan Belitung. Selama di sana, jadwal aktivitas saya tergolong padat.

      Sudah coba ganti kartu lain, baik kartu Telkomsel maupun non-Telkomsel?

      * Kalau kartu Telkomsel lain dan non-Telkomsel baik-baik saja, berarti yang bermasalah kartu Telkomsel pertama Anda. Silakan ke GraPARI untuk meminta penggantian kartu SIM.

      * Kalau kartu Telkomsel lain tetap sering hilang sinyal, tetapi kartu non-Telkomsel baik-baik saja, berarti yang bermasalah Telkomselnya.

      * Kalau kartu Telkomsel dan non-Telkomsel tetap sering hilang sinyal, berarti yang bermasalah ponselnya. Silakan segera membawanya ke pusat perbaikan resmi.

    1. Pak Hafid,

      Ponsel apa? Kondisi sinyal bagaimana? Adakah aplikasi tambahan yang beberapa hari terakhir Anda install? Anda memakai ponsel itu untuk aktivitas apa saja?

  163. pak Herry

    dulu saya sering dengerin pak herry via radio di sby #lupanamaradionya. baru hari ini ketemu di dunia maya..
    saya pemakai redmi 1s, baru beberapa bulan eh keluar redmi 2. kira2 perubahan besar apa di redmi 2, mengingat saya msh cinta sama redmi1s setelah update softwarenya πŸ™‚
    thanks

    1. Bu Indriana,

      Radio JJFM ya? πŸ™‚

      Yang paling terasa, Redmi 2 sudah mendukung layanan 4G LTE. Kalau kebetulan tinggal di kota yang termasuk dalam area layanan LTE, hal itu sangat bermanfaat. Sebab, bisa berinternet dengan lebih ngebut.

    1. Bu Fitri,

      Saya belum pernah menguji pakai Y15. Mestinya sih lebih bagus Redmi 2 ya. Spesifikasi lebih tinggi dan sudah bisa LTE.

  164. Pak Herry, saya mau tanya, saya mau membeli hp diantara Redmi 1s dan Redmi 2. Dilihat dari spesifikasi memang berbeda tipis ya. Kebutuhan hp yang saya cari yaitu kecepatan hp (alias tidak lemot kalau memakai banyak aplikasi/sosmed secara bersamaan) dan kualitas kamera yang bagus indoor maupun outdoor. Lebih baik saran membeli hp yang mana ya pak Redmi 1s atau Redmi 2 ?

    Sebelumnya terimakasih pak herry, ditunggu pencerahannya πŸ˜€

  165. koh herry, saya mau tanya tentang beberapa hal :
    1. lebih bagus mana antara prosesor chipset Qualcomm Snapdragon 401 dengan Leadcore L180C ?
    2. lebih bagus mana antara xiaomi redmi 2 dengan xiaomi redmi 2a ?

    1. Pak Leo,

      Jawaban dua pertanyaan itu sama: tidak tahu. Sebab, saya belum pernah mencoba ponsel dengan prosesor Leadcore.

  166. Om Herry saya bingung diantara 2 pilihan nih
    Antara Himax Polymer 2X atau Xiaomi Redmi 2
    Kelebihan yang saya tau dari polymer 2X itu memorynya udah 16gb, kamera depannya udah 5mp, Android sudah Lolipop
    Sedangkan Redmi 2 sudah support OTG (jadi bisa masukin flashdisk langsung), sudah 4G pula, 64bit, batere lebih besar 200mah daripada polymer 2X
    Tolong kasih saya saran om.. Terimakasih

    1. Tambahan om, situs jual beli yang bergaransi itu apa aja ya? Lazada dan tokopedia apakah bergaransi erajaya atau trikomsel?

        1. maksudnya biar dapet garansi resmi dari erajaya atau trikomsel, kita beli hp itu dimana ya kalo secara online?apakah lazada menjamin kita dapet garansi resmi dari erajaya atau trikomsel?maaf om saya kurang tau tentang garansi resmi gitu

          1. Pak Arifin,

            Oh, maksudnya itu tho. Beli di Mi.com/id atau Erafone.com saja, Pak. Itu pasti resmi,

            Kalau di Lazada belum tentu resmi.

    2. Pak Arifin,

      Himax? Coret deh. Bagi saya, buat apa membeli produk dari merek yang etika bisnisnya kurang bagus. Etika bisnis gimana tho? Silakan coba buka http://www.xiaomi.co.id. Anda akan dilarikan ke situs Himax. Padahal, tidak ada hubungan antara Himax dan Xiaomi.

      Selain situs Xiaomi.co.id, hal serupa sebelumnya terjadi kalau Anda membuka situs Xiaomiindonesia.com. Namun, barusan saya coba akses tak bisa. Entah karena domainnya tak diperpanjang atau ada masalah lain.

      Saya pribadi pernah dua kali membeli ponsel Himax. Hasilnya, mengecewakan.

      1. Oh gitu ya om.. padahal dilihat dari segi handphone-nya speknya lumayan bagus, tapi saya juga ga tau masa pakainya apakah jauh lebih awet dari redmi.. kalo dilihat dari cara promonya memang keterlaluan si menurut saya..
        bisa tolong dijelaskan om mengecewakannya kenapa?apakah cepat rusak atau gimana?memang om beli himax tipe apa kalo boleh saya tau?Makasih byk buat jawabannya..^^

        1. Pak Arifin,

          Yang satu penerimaan sinyalnya lemah dan sering kehilangan sinyal. Yang satu lagi bodinya tampak ringkih.

          Ehmm… Himax Pure II dan yang satu lagi lupa. Yang kameranya bisa diputar itu lho.

          1. Oh, pure III ya om?
            Kesimpulannya gini om, saya pengen hp cuma buat foto2, ngegame, dan paling sosmed aja. Jadi saya nyari yang kameranya bagus, memory internalnya cukup luas (karena mengingat game skr ukurannya gede2 om), buat maen game lancar, kebetulan saya tinggal di daerah yg ga terkena cakupan 4G jadi ga terlalu masalah kalo blm 4G.
            Cuma yang jadi ketakutan saya masalah keawetan ponselnya jika dibandingkan dengan redmi 2, sedangkan harganya masih lebih murah himax om..
            Dan barusan saya baca artikel di https://id.techinasia.com/review-xiaomi-redmi-2-vs-android-one/ kesannya malah seperti menjatuhkan redmi dari segi kamera, saya jadi tambah bingung om.. Mohon pencerahannya.. ^^

          2. Pak Arifin,

            Dengan anggaran Rp 1,6 juta, tipe terbaik yang bisa Anda dapatkan adalah Xiaomi Redmi 2 bergaransi resmi.

  167. Pak Herry, mohon bantuannya. Saya mau beli microsd untuk redmi 2 saya, ingin nya sandisk 16gb, tapi speed nya bingung mana yang cocok/bagus, apa yang 30mb/s atau 48mb/s? Trims sebelumnya pak…

    1. Pak Dennis,

      Saya tidak terlalu memperhatikan soal kartu microSD. Kalau sudah punya keduanya, pakai yang 48 saja. Kalau belum punya, yang 30 pun mestinya sudah cukup.

  168. saya mau Tanya nih om herry, kalau soal kualitas lebih Bagus merek xiaomi atau alcatel.
    Soalnya bingung mau beli Alcatel OneTouch Flash plus atau xiaomi redmi 2 prime yg hargax sama

    1. Bu Hesty,

      Waduh… jangan beli Flash Plus. Saya sudah beli dan kecewa berat. Penerimaan sinyalnya lemah. Di antara seluruh smartphone yang saya pakai sejak Januari 2015 sampai saat ini, Flash Plus merupakan ponsel yang paling mengecewakan.

  169. Pagi Pak Herry,
    mau tanya, beberapa minggu lalu saya belikan Redmi 2 ke istri,
    istri saya mengalami sedikit ketidaknyamanan ketika buka FB atau BBM, setelah saya cek,,, memang setelah dibuka, app itu melamun sebentar sekitar 15-20 detik dihalaman depan,,, baru muncul menu-nya secara komplir, klo lagi melamun saya sentuh layarnya, muncul notifikasi, app not responding, would you like to close, report or wait
    3 pilihan ini paling sering muncul,
    itu karena memang dari os xiaominya harus nunggu
    atau sinyal kurang kuat?
    krn Sony saya ga pernah kayak gitu,
    mohon pencerahan πŸ™‚
    trims
    feri

    1. Pak Feri,

      Itu dari OS-nya. Ada solusinya kok. Jalankan recent application. Terlihat aneka ikon aplikasi yang aktif, bukan? Sekarang, sentuhkan jari ke ikon aplikasi yang ingin dibiarkan selalu aktif, lalu sapukan ke bawah layar sampai muncul simbol gembok.

  170. Pak Herry,
    trims tipsnya, adakah solusi permanen menghadapi issue seperti ini?
    1 lagi pak, sekedar klarifikasi, saya domisili batam, xiomi istri saya bm singapore, katanya klo bm singapore ga boleh update software krn bisa lock… betulkah demikian?

    1. Pak Feri,

      Yang kemarin saya paparkan itu memang solusinya. Kalau mau lebih permanen, silakan masuk ke security, permission, autostart, lalu pilihlah aplikasi yang ingin selalu diaktifkan.

      Xiaomi atau Xiomi nih? Xiaomi yang seharusnya dijual di Singapura boleh di-update kok. Saya pernah membuktikannya sendiri.

  171. Hi Pak Herry,
    sorry Typo error, iya bener Xiaomi :D, ok berarti aman ya hehhe, oke sudah terjawab kegelisahan saya πŸ˜€

    untuk solusi permanennya, nti saya coba dirumah, thanks a lot pak herry πŸ™‚

  172. Pak Herry,
    Saya mau tanya. Redmi 2 kalo di tidak mau di paketkan 4g nya, hanya mau pakai jaringan 3g saja krna di daerah saya blm sempurna jaringan 4g nya bisa tidak pak. Kalau bisa sim nya harus masuk slot sim 1 atau 2. Trimakasih pak

    1. Bu Rahma F,

      Redmi 2-nya bergaransi resmi atau tidak? Kalau bergaransi resmi, tetapi tak bisa masuk ke jaringan 4G, bisa jadi Anda memang berada di lokasi yang belum termasuk area layanan 4G. Bebas mau di SIM1 atau SIM2.

      Kalau Redmi 2 Anda ternyata tanpa garansi resmi, jawaban saya akan berbeda. Mungkin saja spesifikasinya berbeda dengan yang beredar resmi di sini.

  173. Hai koh Herry.

    Menanggapi pertanyaan apakah Redmi 2 bisa dipasang kartu smart/ smartfren (yg LTE nya yah tentunya, yang beroperasi di frekuensi 2300Mhz a.k.a TDD-LTE seperti operator Bolt).
    Ada tipe Redmi 2 yang bisa.

    Karena Redmi 2 ada 3 tipe yang beredar.

    Tipe 2014817 (RAM 1GB, ROM 8GB garansi resmi).
    Itu beroperasi di frekuensi FDD-LTE (900Mhz, 1800Mhz, 2600Mhz).

    Tipe 2014811 (RAM 1GB, ROM 8GB garansi distributor).
    Itu beroperasi di frekuensi FDD-LTE (1800Mhz dan 2600Mhz saja tanpa dukungan 900Mhz).
    Kurang aman, karena 4G LTE operator GSM di Indonesia rata-rata masih beroperasi di frekuensi 900Mhz,, setidaknya itu tahun depan baru rampung semua bermigrasi ke 1800Mhz,, jadi tipe ini baru bisa menikmati LTE u/ beberapa tahun ke depan.

    Tipe 2014813 alias Redmi 2 Prime (RAM 2GB, ROM 16GB garansi sampai saat ini masih distributor).
    Itu beroperasi di frekuensi FDD-LTE (1800Mhz dan 2600Mhz, untuk yang 900Mhz nya saya juga kurang faham).
    Support TDD-LTE (1900Mhz, 2300Mhz, 2500Mhz dan 2600Mhz). Kemungkinan bisa dipasang LTE smartfren karena beroperasi di 2300Mhz.
    Dan keistimewaan tipe 2014813 itu support TD-SCDMA jg, type network yang diaplikasi di beberapa provider di China tapi di Indonesia gak diadaptasi.
    Karena pada awalnya juga tipe 2014813 alias Redmi 2 Prime itu hanya untuk pangsa pasar China.

    Semoga membantu.

    1. Pak Nandi Nur Sandi,

      Terima kasih atas kesediaannya berbagi informasi. Sedikit menambahkan, Redmi 2 Prime bergaransi resmi sudah beredar di Indonesia kok.

  174. Oh begitu yah koh Herry.

    Sudah jarang update info soalnya.

    Lagi anteng sama Redmi 2014817.

    Tapi tadi sempet sambangi mi.com/id.

    Mau coba order Redmi 2 Prime edition.

    Out of stock ternyata.

    Dahsyat.

    πŸ™‚

    1. Pak Nandi Nur Sandi,

      Kalau Anda ke Mi.com/id kemarin (7 Oktober) ya jelas sudah habis. Flash sale-nya kan pada 6 Oktober.

      Hari ini Redmi 2 Prime dijual di Lazada.

  175. Halo Ko Herry,

    aku baru beli nih redmi 2, so far sih bagus banget. tapi, kok GPS nya ga berfungsi ya? cb browse di internet sih katanya download GPSFix di playstore, udh di download juga tapi tetap ga ngaruh, jadi kalau mau pake Waze, Google Maps tidak ada navigasinya (petunjuk arah jalan) cuma ada tempat yang dituju. ada saran dari Ko Herry?
    Thanks before.

        1. Bu Yanti,

          Hmm… idealnya dicek langsung satu per satu nih. Karena tak mungkin bertemu, periksakan ke pusat perbaikan resmi Xiaomi deh.

  176. Nah, kalau yang di Lazadut kira-kira garansi resmi bukan yah koh Herry?

    Mau coba test beli Redmi 2 prime nya.

    πŸ™‚

    1. Pak Nandi Nur Santi,

      Redmi 2 Prime kan? Mestinya garansi resmi. Kalau tidak terburu-buru, mending menantikan jadwal penjualan di Mi.com/id deh. Berurusan dengan Lazada itu seringkali mengesalkan.

  177. Ko Herry ane mau nanya,
    Baca2 d GSMarena kok banyak juga yg ngeluh yg redmi 2 prime overheating ama baterai ngedrop, tp ada juga yg ga bermasalah. Jadi bingung…
    Mending beli Redmi 2 Prime garansi resmi di lazadut sekarang ato nungguin Redmi Note 2 garansi resmi kluar? upgrade redmi 2 prime worth it ga menurut ko herry?

    Klo Redmi note 2 garansi resmi, udh ada tanggal release nya di indonesia? kalo zenfone 2 recommended ga ko?

    Thanks

  178. Om harry tolong bantu. Saya ada keluhan nih. Kenapa kalo saya ngedengerin musik. Di bbm ga muncul. Padahal semua notifikasi sudah saya ceklis dan dipengaturan keamanan juga udah di aktifkan. Mohon bantuannya.

  179. Terima kasih atas reviewnya pak, kalau dibandingkan antara Xiaomi redmi 2 ini dengan Acer Z500 menurut bapak lebih unggul yang mana? Dan untuk kelengkapan pembeliannya redmi 2 apakah sudah dilengkapi aktif plip casenya pak? Atau harus beli terpisah?

    1. Pak Dayu,

      Redmi 2 unggul di kamera dan LTE, sedangkan Liquid Z500 unggul di kapasitas memori yang dua kali lipat lebih besar. Paket penjualan Redmi 2 belum termasuk flip cover.

      Kalau anggaran Anda bisa ditambah menjadi Rp 1,8 juta, lebih baik sekalian membeli Redmi 2 Prime. Ponsel itu ibarat memadukan kelebihan Redmi 2 dan Liquid Z500.

  180. Maaf pak mau tanya kemarin saya beli hp xiaomi redmi 2s beli garansi resmi pas sampe rumah saya cek ko tidak ada kartu garansinya, pertanyaan saya apakah memang tidak ada kartu garansi resmi bentuk tercetak nya pak, terimakasih mohon infonya

  181. siang om herry mau tanya dong kalo beli di counter hp garansinya TAM erajaya terus pas di scan di jd.mi.com taunya not mi devices.. itu gimana tuh? apa ada solusinya?

  182. Mas knpa kok sinyal di hp redmi 2 kok slalu silang dan E trus padahal saya pakai kartu indosat? Tolong saran nya
    ya mas

    1. Pak Rizqo,

      Apakah bukan karena Indosat-nya bermasalah? Sebab, akhir-akhir ini nomor Indosat saya dan orang rumah sama-sama sering ngaco.

  183. Mas, saya punya redmi 2 edisi prime. Lah minggu awal nggak ada kendala. Masuk minggu kedua, juga nggak da problem. Problem muncul saat minggu ketiga yaitu dengan HP ketika hidup bagian belakang atas akan panas walau nggak dipakai. Akibatnya, baterai HP yang biasanya bertahan 2 Hari sekarang cuma setengah Hari.
    Ada saran untuk masalah ini?

    1. Pak Hari,

      Bagaimana kondisi operator GSM yang Anda pakai dalam seminggu terakhir? Kalau jaringan kurang stabil atau sinyal lemah, hal itu bisa memicu meningkatnya suhu bodi ponsel. Konsumsi baterai juga bakal lebih boros.

  184. mas mau nanya, saya mau klaim garansi xiaomi redmi 2 yg beli seperti di erafone, oke shop. apa bisa langsung dibawa ke TAM ? dikarenakan saya tidak ada invoice seperti dilazada. thnks

  185. pak herry,
    mohon info kalo mau beli flipcase yang ada keyboardnya untuk redmi 2 dimana ya? atau mungkin ada yang general utk berbagai merk dgn ukuran yang sama. juga flipcase utk zenfone 4 yang saya beli tempo hari…..ublek2 WTC gak ada yang jual utk tipe dgn baterei 1.600

    thanks before
    josef

    1. Pak Josef,

      Saya belum pernah mengetahui ada penjual flipcase ber-keyboard untuk Redmi 2 dan ponsel lain. Kalau tablet ada.

      Terkait flipcase Zenfone 4 varian baterai 1.600 mAh, maaf, saya juga kurang tahu.

  186. pak herry tolong bantuannya redmi 2 sya di sim 1 ga bisa ngubah mode jaringan mentok di gsm only, udh pencet wcdma only dll ttp ga bisa + jaringan di sim 2 yang mode umts amat lelet sekali, kecepatan downloadnya hnya kisaran 20 kb saja. sebelumnya saya mntan user zen c nmun di zen c sya tidak prnh mengalami kndala apapun termasuk jringan sperti di redmi 2 ini pak. mohon bantuannya pak? trims

    1. Pak Ryan,

      * Kalau SIM2 berada di UMTS, SIM1 tentu hanya bisa berada di GSM only. Kalau SIM2 sedang di GSM only, barulah SIM1 bisa diarahkan ke WCDMA only.

      * Soal kecepatan internet yang lemot, biasanya dipengaruhi oleh operator seluler yang dipakai. Bukan karena ponselnya.

  187. Pak herry ,sy udah pakai redmi2 1bulan,dari awal saya beli kok sim2 ga lancar untk msuk USSD ya,untuk aktfasi paket internet susah bgt trpaksa harus pakai hp lain untk aktifasi,itu knp ya pak?atau mungkin redmi2 saya ada masalah cacat prodk??

    1. Pak Dayu Setyo,

      Di Redmi 2 memang ada bug USSD untuk nomor kedua. USSD berjalan lancar hanya sampai satu tingkat. Begitu memasuki tingkat kedua, biasanya macet.

      Solusi sementara, nomor yang akan Anda pakai untuk berinternet sebaiknya dipasangkan ke selot SIM1.

    1. Pak Ryan,

      Info telepon? Maksudnya about phone ya? Asalkan ponsel tetap bisa berfungsi normal, abaikan saja kondisi unknown tersebut. Saya pernah mengalaminya dengan nomor salah satu operator, tetapi lupa operator apa. Fungsi telepon, SMS, dan internet sih tetap normal.

  188. Selamat malam,

    Saya baru pertama x membaca artikel” ulasan bapak. Menarik dan bagus. Sy mau nanya mungkin bapak bisa membuat ulasan perbandingan antara redmi 2 dan mi4i ( xiaomi ). Walaupun memang berbeda sih. Terima kasih

    1. Pak Sean,

      Terima kasih atas apresiasinya.

      Ya, dua ponsel itu memang berbeda kelas. Intinya begini:
      * Kalau cari ponsel LTE yang murah dan bagus, silakan ambil Redmi 2.
      * Kalau cari ponsel LTE yang bentuknya relatif tipis, layarnya bagus, dan kameranya mantap, silakan beli Mi 4i. Namun, baterai Mi 4i relatif boros. Bodinya juga sering terasa hangat.

      Saran saya, dengan memperhatikan kesepadanan antara harga, spesifikasi, dan kinerja, lebih baik Anda mengambil Redmi 2 Prime. Yang ada embel-embel Prime ya. Spesifikasinya di antara Redmi 2 dan Mi 4i. Kinerjanya bagus. Keluhan pengguna terhadap Redmi 2 Prime relatif lebih rendah daripada Mi 4i.

      1. Terima kasih pak buat infonya.
        Mau nanya untuk redmi 2 prime apakah di toko” sdh tersedia yang garansi resminya ? Karena toko seperti apollo belum ada pak. Untuk kisaran harga ada di range harga berapa untuk redmi 2 prime pak. Thank you

        1. Pak Sean,

          Karena menyebut nama Apollo, saya menduga Anda berada di Surabaya.

          Redmi 2 Prime resminya belum dijual offline. Namun, sudah ada toko yang menawarkannya. Tentu dengan harga lebih tinggi daripada harga resmi. Garuda Teknik di WTC lantai 1 dan 2, kebetulan lokasi tokonya berdekatan dengan Apollo semua, sudah punya stok. Harga Rp 1,9 juta.

          1. Terima kasih buat infonya.
            Btul saya dari surabaya pak. Dari info yang pak herry bilang bahwa yg versi prime velum di jual secara offline, apakah yg dijual garuda teknik tuh bergaransi resmi ?
            Thank you

          2. Pak Sean,

            Ya, bergaransi resmi. Mereka kulakan dari penjualan online, lalu dijual offline di toko.

    1. Pak Rovek,

      Kuncinya begini:
      * Kalau Anda mengutamakan daya tahan baterai, ambillah Hot Note.
      * Kalau Anda menomorsatukan kemampuan LTE, ambillah Redmi 2.

  189. malam ko Herry,
    berdasarkan review ko Herry soal Infinix Hot Note dan Redmi 2 ini, beberapa minggu lalu akhirnya sy membeli Redmi 2
    belakangan ini, sy merasa kl baterainya cepat panas pd saat telpon sembari gaming, apakah itu berpengaruh terhadap panasnya baterai ? karena yg sy rasakan, baterainya tiba2 sangat panas, bukan lg hangat, sy jd agak khawatir
    kemudian, sy memakai 2 slot SIM card di SIM 1 menggunakan Telkomsel, SIM 2 menggunakan Three, keduanya berjalan di jaringan 2G (karena sy memang menggunakan wifi untuk internetan dan tdk pernah menggunakan paket data). nah kendala yg sy rasakan setelah aktifnya 2 SIM ini adalah ketika sy melakukan SMS, malah jd pending semua di SIM 1, baik saat menerima ataupun mengirim pesan
    dr pihak Xiaomi di media sosialnya menyatakan sy harus mengganti preferred networknya, sedangkan sy sendiri merasa kl itu tdk diperlukan, jd bagaimana cara mengatasinya ?
    terima kasih sebelumnya ko

    1. Pak/Bu Mesayu Pravilika,

      * Ya. Aktivitas bermain game membuat konsumsi baterai lebih tinggi. Baterai juga berpotensi menghangat.

      * Sehari-hari kebetulan saya memakai nomor Telkomsel sebagai nomor utama. Akhir-akhir ini, ketika sedang berada di jaringan 2G, nomor Telkomsel lumayan sering gagal dipakai telepon dan SMS. Sepertinya jaringan Telkomsel sedang kurang stabil karena mereka dalam proses penataan ulang frekuensi. Akhir bulan ini proses itu mestinya selesai.

      Solusi sementara, nomor Telkomsel sebaiknya dimasukkan ke jaringan 3G.

      1. baiklah, terimakasih atas penjelasannya ko
        sy pikir Redmi 2 sy yg bermasalah dgn 2 SIM tsb
        jd sebaiknya Telkomsel dipindah ke 3G walaupun sebenarnya tdk dibutuhkan dan untuk Three tetap di 2G ?
        kemarin sy cek di pemakaian baterai ada Mediaserver 5%, apakah itu jg berpengaruh terhadap suhu devicenya ?

        1. Bu/Pak Mesayu Pravilika.

          Benar sekali. Biarpun tidak dipakai untuk berinternet, arahkan nomor Telkomsel ke jaringan 3G.

          Lima persen sebenarnya tidak sangat signifikan.

          1. Thank you buat infonya pak herry.
            Saya telah membeli xiaomi redmi 2 prime di garuda teknik pak. Sejauh ini saya puas dengan xiaomi saya. Baik dari tampilan, layar dan kamera belakangnya serta performance nya.

            Mau nanya apakah benar di dalam dos tidak ada kertas garansinya ? Di unboxing yang pak herry buat juga gak ada kertas garansinya yah.

            Apakah xiaomi redmi 2 prime dapat di pakai dengan menggunakan kartu smartfren ?

            Terima kasih

          2. Pak Sean,

            Benar. Di dalam kardus tidak ada kartu garansi. Pusat perbaikan resmi akan mengenali status garansi berdasarkan database nomor IMEI.

            Tak bisa dipadukan dengan Smartfren.

    1. Pak Ryan,

      Sampai terakhir saya mencoba Redmi 2, belum ada update firmware untuk mengatasi bug itu. Kondisi terkini saya kurang tahu.

  190. permisi om mau tanya, tadi sore saya ke gerai penjualan gadget paling lengkap di kota saya (madiun) tanya mengenai xiaomi redmi 2 (bungkusnya dari TAM),
    1) menurut penjelasan salesnya xiaomi sering memiliki kendala atau kerusakan pada software, karena ada seorang pegawainya yang mengalami itu, bahkan ada yang pernah ngalamin sampai hpnya sekarang cuma bisa pakai wifi aja, apa kah itu benar??

    2) apakah xiaomi garansinya rumit dan lama, serta harus kirim ke jakarta untuk servis?, karena dari yang lalu2 saya tanya penjelasanya juga seperti itu (merk xiaomi itu kurang bagus) dan lebih menyarankan merk lain seperti oppo dan vivo

    3) antara redmi 2, vivo y15, dan oppo joy 3 lebih recomended yang mana om? atau ada saran gak smartphone yang harganya 1,5jutaan

    maaf pertanyaannya banyak, terima kasih sebelumnya πŸ™‚

    1. Pak Buyung,

      1. Sama dengan ponsel merek lain, tidak ada barang elektronik yang seratus persen sempurna. Kadang ada unit yang bermasalah. Namun, tingkat kerusakan Xiaomi bergaransi resmi tergolong kecil kok. Kalau sampai dibilang sering rusak, saya sangat tidak setuju. Tak benar.

      2. Ha… ha… begitu membaca poin kedua, saya langsung ngakak. Ketahuan deh mengapa si penjaga gerai cenderung menyarankan Oppo dan Vivo. Saya menduga keras mereka sedang mengejar komisi penjualan yang lebih tinggi. Sstt.. ini sebenarnya rahasia. Kalau mereka menjual ponsel Xiaomi atau Samsung, insentif penjualan yang didapatkan akan jauh lebih kecil dibandingkan bila sukses menjual ponsel Oppo atau Vivo. Karena itu, mereka berusaha mengarahkan konsumen ke merek Oppo dan Vivo. πŸ™‚

      Saya tak hafal di Madiun ada pusat perbaikan resmi Xiaomi atau tidak. Sepertinya tidak ada. Berarti, ponsel yang bermasalah mesti dikirimkan ke Surabaya atau Jakarta. Klaim garansi Xiaomi cukup oke kok. Namun, memang masih kalah dengan LG, Samsung, dan Acer.

      3. Redmi 2 dong. Ponsel itu jauh lebih menarik.

  191. om tanya lagi dong redmi note 3G sama Redmi Note 2 bagusan mana? kalau redmi 2a sudah ada dipasaran apa belum? sama redmi 2 garansi resmi, harga resminya saat ini berapa?

    oiya nambah 1 lagi om Microsoft Lumia 532 bagus apa tidak?? sama enak apa tidak kalau pakai os windowsnya?

    maaf ya om banyak pertanyaan saya, terima kasih sebelumnya

    1. Pak Buyung,

      Tak tahu. Saya belum pernah mencoba Redmi Note 2.

      Redmi 2A takkan beredar resmi di Indonesia.

      Harga Redmi 2 saat ini Rp 1.499.000.

      Tak tahu. Belum pernah coba Lumia 532.

    1. Pak You,

      Review LG Magna sudah lama saya unggah ke blog. Silakan mencarinya. Ketikkan saja “LG Magna” di baris pencarian.

      Saya lebih memilih Redmi 2.

  192. Saya tadi siang survei harga xiaomi redmi 2 dan redmi 2 prime ke simpang 5 semarang, eh malah gak sengaja ketemu LG magna.. Kebetulan ada barang 2nd nya, jadi bisa dicoba langsung.. Ternyata HP tersebut cukup enak digenggam walaupun tebal untuk smartphone jaman sekarang dan membawa saya bernostalgia akan Samsung galaxy S Advance (turunannya galaxy S itu loh) yg sama-sama melengkung, tp LG magna lebih melengkung lagi ke dalam.. Sisanya cuma main flappy bird lewat about device sama lihat-2 bagian menu utama, gak sampe eksplor lebih lanjut

    Kira-2 issue multitasking LG magna buruk bener gak sih? Yg kalo pindah dari satu app ke app lain app yg di-minimize restart sendiri, atau semua HP ber-OS lollipop seperti itu?
    Terus GPS nya itu butuh berapa menit utk ngunci lokasi? Terakhir habis dikunci sering lepas gak GPS nya itu?

    Pengen bgt redmi 2 jg sih, tapi bukannya gak suka produk cina sih, tetapi saya lebih me-nomorsatu-kan after sales (servis dll)

    1. Pak You,

      LG Magna bekasnya harga berapa, Pak?

      Tidak. Saya pindah-pindah aplikasi ponsel tidak restart kok. GPS bisa ngunci lokasi dalam waktu kurang dari satu menit. Kalau navigasi sedang aktif, kuncian GPS tidak lepas.

  193. 1,450 juta pak, klo yg baru sekitar 1,7 juta. Sebenarnya nabung dulu buat beli baru buat move on dari Samsung grand prime.. yg 2nd itu buat coba-2 di tempat doang πŸ˜€

    Soalnya di kas**s banyak yg ngomongin kaya gitu pak (multitasking buruk, gps telat ngunci).. Apa pak herry dapat HP yg normal ya waktu itu?

    1. Pak You,

      Oh ok. Iya, harga ritel resminya Rp 1.799.000.

      Lha masak saya dapat yang normal, trus di Kaskus rombongan dapat yang nggak normal. Di Twitter ada beberapa follower saya yang juga pakai Magna dan tak mengalami masalah itu.

  194. om saya Baca baca di google “Kelebihan dan Kelemahan xiaomi redmi 2” ada banyak Kelebihan yaitu bla.bla.bla dan saya Penasaran dengan Kelemahan nya Pada Battery nya yaitu 2200 mAh ada yang bilang Battery dengan Kapasitas 2200 mAh cepat Habis ,apa bener om?? saya masih Bingung kalau kata saya sih itu 2200 mAh sudah sangat cukup..

    1. Pak Wahyu P,

      Kalau dibandingkan dengan baterai 4.000 mAh ya memang lebih cepat habis. Untuk pemakaian normal mayoritas pengguna, 2.200 mAh masih tergolong lumayan kok.

  195. Salam,

    Pak Harry, saya ingin bertanya mengenai kamera Redmi 2. Saya baru saja membeli Redmi 2 (ada stiker TAM, saya duga ini asli) dan saat saya bandingkan hasilnya dengan kamera Redmi 1S, saya merasa bahwa foto Redmi 2 tidak setajam Redmi 1S (baik kamera depan maupun belakang). Setelah itu saya melihat properties dari foto hasil jepretan Redmi 1S dan Redmi 2, hasilnya adlah ukuran foto Redmi 1S selalu lebih besar dari Redmi 2, eg. Redmi 1S sekitar 2.7MB sedangkan Redmi 2 sekitar 1.8MB. Resolusi sama, nilai iso, aperture dll juga sama. Namun di properties foto Redmi 2, Maker adalah Xiaomi sedangkan Device adalah “2014817”. Padahal di Redmi 1S tertulis Xiaomi dan HM 1S.
    Apakah bapak tahu apa yang menyebabkan hal ini terjadi? Apakah saya mendapatkan ponsel Redmi 2 yang tidak orisinil? Sebagai informasi tambahan, versi MIUI Redmi 2 saya adalah MIUI 6.4.4.0(KHJMICB).
    Atas perhatian dan jawaban bapak, saya berterimakasih.

    Salam.

  196. Salam,

    Pak Herry, saya ingin bertanya mengenai kamera Redmi 2. Saya baru saja membeli Redmi 2 (ada stiker TAM, saya duga ini asli) dan saat saya bandingkan hasilnya dengan kamera Redmi 1S, saya merasa bahwa foto Redmi 2 tidak setajam Redmi 1S (baik kamera depan maupun belakang). Setelah itu saya melihat properties dari foto hasil jepretan Redmi 1S dan Redmi 2, hasilnya adlah ukuran foto Redmi 1S selalu lebih besar dari Redmi 2, eg. Redmi 1S sekitar 2.7MB sedangkan Redmi 2 sekitar 1.8MB. Resolusi sama, nilai iso, aperture dll juga sama.

    Namun di properties foto Redmi 2, Maker adalah Xiaomi sedangkan Device adalah “2014817”. Padahal di Redmi 1S tertulis Xiaomi dan HM 1S
    Apakah bapak tahu apa yang menyebabkan hal ini terjadi?
    Apakah saya mendapatkan ponsel Redmi 2 yang tidak orisinil?
    *EDIT: Setelah membaca lagi komen2 di atas, ternyata memang penamaan Redmi 2 memakai nomor. Meskipun demikian, saya masih belum tau kenapa kualitas dan ukuran foto saya seperti itu, apakah bapak juga mengalami hal yg sama?

    Sebagai informasi tambahan, versi MIUI Redmi 2 saya adalah MIUI 6.4.4.0(KHJMICB).
    Atas perhatian dan jawaban bapak, saya berterimakasih.
    Maaf pada post sebelum di edit, saya salah menyebut nama bapak.

    Salam.

    1. Pak Pandhu,

      * Barusan saya coba cek arsip foto Redmi 2 saya, ukuran file foto rata-rata 2,5 MB. Ada foto yang ukuran filenya malahan mencapai 3,7 MB.

      * Coba cek di pengaturan kamera. Ubahlah ke resolusi terbesar.

      * Bandingkan hasil jepretan kamera Redmi 2 Anda dengan contoh foto yang saya unggah di bawah naskah review. Apakah secara umum setara?

    1. Pak Wahyu Purnomo,

      Dengan asumsi mulus, lengkap, berfungsi normal, dan bergaransi resmi, Rp 1,1 juta sampai Rp 1,2 juta.

  197. hmm,, lumayan Murah si. kalau Toko online di internet ada yang jual Xiaomi redmi 2 yang bekas gak om? kalau ada itu nama Tempat nya apa ya.

    1. Pak Wahyu Purnomo,

      Lain kali pertanyaan yang sama harap dikirimkan satu kali saja. Jangan dobel-dobel.

      Saya sudah menjawab pertanyaan yang sama di tempat Anda kali pertama mengetikkan pertanyaan itu.

  198. malem pak, mau tanya boleh ya, boleh dong πŸ™‚
    pengen banget beli redmi 2 prime. tapi di kota sendiri blm ada,
    cek online store ada yg murah bgt harganya.. nah di tulis disana garansi distributor, baca2 kalau garansi distributor kadang ada yg blm bhs indo ya,
    biar jelas, saya cek di bl#anja.com pak, greget murahnya, garansi distributor ( Rp 1.552k )
    kalau di t#ped harga lebih mahal, tapi garansi TAM (Rp. 1.879k )..
    di tunggu repply nya
    thks,

    1. Pak Rio Widjaya,

      Panduan dari saya singkat saja:
      * Jangan membeli ponsel Xiaomi bergaransi tidak resmi atau bergaransi distributor.
      * Dengan harga di Tokopedia Rp 1,879 juta, ya lebih baik beli di situs resmi Xiaomi dong. Lebih aman dan lebih murah. Sudah tahu alamatnya kan? Ini dia: mi.com/id.

  199. Hallo Pak Herry. Sampai saat ini sy msh terganggu dgn tulisan “jangan tutup area jingga” pada saat membuka kunci layar. Mohon bantuannya untuk mengatasi .asalah tersebut. Terima kasih pak.

    1. Bu Rose,

      Jangan tutup area jingga? Saya kok tidak pernah mendapatkan notifikasi itu ya. Coba menu ponsel Anda ubah ke bahasa Inggris dulu. Peringatan yang muncul sekarang apa?

      Dugaan saya, itu berhubungan dengan pengaturan “prevent pocket dials”. Silakan masuk ke Setting, Additional Settings, Display, lalu matikan Prevent pocket dials.

  200. Om herry,
    Saya mau nanya,saya baru beli redmi 2 tapi kadang2 sudah lag saat membuka aplikasi yang tidak terlalu berat seperti instagram,browsing di chrome. Saat bermain game juga kadang2 lag, masalahnya dimana ini ya om? Apakah ada hubungannya dengan update MIUI V5 ke MIUI v6 om? Terima kasih

    1. Pak Ngurah Doddy,

      Usai update dari MIUI 5 ke 6, apakah Anda sudah melakukan factory reset? Kalau belum, coba lakukan factory reset dulu.

  201. Om herry,
    Saya mau nanya,saya baru beli redmi 2 tapi kadang2 suka lag padahal cuma buka aplikasi biasa seperti instagram,browsing di chrome. Waktu bermain game juga kadang2 suka lag padahal saya lihat di youtube lancar2 aja mainnya. Masalahnya dimana ya om? Apakah ada hubungannya waktu saya update MIUI v5 ke v6? mohon dibantu om,terima kasih

    1. Pak Ngurah Doddy,

      Pertanyaan yang sama lain kali harap dikirimkan satu kali saja ya. Saya sudah menjawab pertanyaan Anda di tempat Anda pertama kali mengetikkan pertanyaan itu.

  202. Oiya maaf om hehee,
    Kalau di factory reset bukannya kembali ke setelan pabrik yaa om? Jadinya kan ulang lagu ke MIUI v5, bukannya gitu yaa om?

  203. Ohh gitu, apa hubungannya factory reset dengan hp saya yang lag om? Dimana pengaruhnya saat udah di factory reset? Terima kasih

    1. Pak Ngurah Doddy,

      Ponsel yang usai menjalani major update disarankan di-factory reset supaya kondisinya benar-benar kembali segar dan bisa menyesuaikan dengan update terbaru.

  204. Om saya mau nanya, setelah saya factory reset hp saya sesuai saran yg om berikan,kenapa hp xiaomi redmi 2 saya jadi boros baterry yaa om? Padahal tidak kena bug media server. Apa yang menyebabkan om dan bagaimana cara mengatasinya? Terima kasih

    1. Pak Ngurah Doddy,

      Borosnya satu kali ketika usai di-factory reset, bukan? Kalau iya, hal itu wajar karena ponsel berusaha melakukan sinkronisasi data kontak, kalender, dll. Setelah digunakan 1-2 hari seharusnya takkan boros lagi.

  205. Siang Pak Herry… saya ingin menanyakan beberapa hal:
    a. Tanpa membandingkan harganya, menurut bapak antara Redmi 2 Prime dg Samsung Galaxy Grand Prime lebih baik yg mana ya pak..?
    b. Apakah Redmi 2 Prime mudah panas..? jika mudah panas, bagaimana cara mengatasinya….
    c. Mhn rekomendasi bapak jenis/merk hp apa jika membeli hp seharga 1,5 – 2 juta

    Terimakasih Pak Herry.
    Salam,

    1. Pak Andi,

      A. Ya jelas lebih bagus Redmi 2 Prime.

      B. Tidak mudah panas. Kecuali, kartu yang Anda pasangkan nomor XL dan Anda masuk ke jaringan 4G LTE XL.

      C. Silakan melirik Xiaomi Redmi 2 Prime Rp 1,799 juta atau Hisense Pureshot Rp 1,999 juta.

  206. Maaf sebelum y
    Saya beli xiaomi redmi 2 dari temen qo pas dibuka or dihidupkan suru masuk login Mi ghtu soalnya saya baru mau beralih ke hp xiaomi tolong arahanya..

    1. Pak Adnan Wijaya,

      Baru atau bekas? Garansi resmi atau tidak?

      Kalau baru, coba lihat adakah pilihan skip. Bila ada, pilih itu.
      Kalau bekas, tanyakan ke pemilik sebelumnya.

  207. Om saya mau bertanya,kalau misalnya saya pakai tema selain default,contohnya tema iphone,apakah memengaruhi kinerja ram sehingga bisa membuat lag? terima kasih

  208. Om herry makasih infonya saya belum beli hp xiaomi ,tapi teman saya ada yang menjual hp xiaomi redmi 2 seharga 1,2 juta apa bener harganya segitu?
    atau ada hp xiaomi yang harganya segitu tapi bukan redmi 2?
    maaf banyak tanya ^_^

    1. Pak Wilson Tanu,

      Mohon maaf atas keterlambatan jawaban. Sebab, hingga 18 Desember 2015 jadwal aktivitas saya sangat padat plus harus beberapa kali bepergian ke luar kota.

      Rp 1,2 juta itu Redmi 2 baru dan bergaransi resmi? Kalau iya, sangat murah tuh. Harga segitu biasanya baru dapat Redmi 2 bekas dan bergaransi resmi.

  209. Pak Herry, hp yg dipakai anak kami adl xiaomi mi 4i, hanya saja LCD+touchscreen-nya sdh 2 kali rusak & kelihatannya memang agak rawan ya pak dibagian LCD+touchscreen-nya tsb…
    Apakah redmi 2 prime pada bagian LCD+touchscreen-nya juga rawan seperti mi 4i..?

    1. Pak Andi,

      Layar Mi 4i seharusnya tidak rawan rusak. Kecuali, ponsel itu kebetulan sering terbentur atau terjatuh.

      Kalau dilihat dari rancang bangunnya, layar Redmi 2 Prime mestinya lebih kukuh daripada Mi 4i.

  210. Selamat sore pak Herry.
    Apa ada ulasan tentang Xiaomi Note 4G singleSim…?

    Saya ada masalah nih. Desember tahun lalu saya di kasih teman Xiaomi Note 4G singglesim. Dia lihat di Malaysia Xiaomi Note 4G baru dirilis jd dia beli.

    Awal digunakan bagus2 aja. 1 minggu kemudian pas gunakan kamera depan sempat bergaris garis. Saya reboot kembali normal. Lalu esoknya saat saya gunakan kamera depan tidak bisa. Lalu di restart.

    Tapi yang terjadi Setelahnya jistru lambang kamera putarnya hilang Lalu saya hard reset tetap tidak muncul lambang tersebut hingga kini.

    Saya sudah bongkar dan lepas sensor kamera depannya dan pasang kembali, sempat lambang tsb muncul. Namun saat saya sentuh lambangnya kembali hilang. Apa pernah punya masalah yang sama dng saya? Lalu apa ada jalan keluarnya? Thx.

    1. Pak Erwin Cussoy,

      Saya belum pernah mencoba, apalagi me-review Redmi Note 4G single SIM.

      Saya tak tahu apakah ada yang pernah mengalami masalah serupa dengan Anda.

  211. mhn pencerahannya ya om, sy msh blm bgtu paham nih om,
    mhn dijelaskan apakah keunggulan :
    1. jaringan 4G LTE dibanding 3G
    2. pelindung layar jenis tempered glass dibanding jenis lainnya

    dgn penggunaan utk bbm, line, WA, email, browsing, aplikasi i-banking dan i-ticket, kamera foto, dan sedikit game racing, lebih baik pilih mana om antara Redmi 2 dan Zenfone C Ram 2GB ? performanya lebih gegas dan lebih awet yg mana y? soalnya sy jd mikir pas Om Herry njelasin kalo Redmi 2 pas aktif Ram-nya tinggal 100MB.

    kbtulan sy lg cari smartphone dgn kisaran 1,5 – 1,6 jt-an. trmksh banyak atas pencerahannya y…

    1. Pak Iwan,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sebab, saya baru pulang dari luar kota dan selama di sana aktivitas tergolong padat.

      * 2G, 3G, dan kini 4G LTE itu menunjukkan tahapan evolusi komunikasi seluler. Berinternet via 4G LTE akan terasa lebih ngebut dan menyenangkan dibandingkan berinternet memakai 3G.

      * Pelindung layar ada beberapa macam. Yang populer dan termurah adalah screen protector bening alias clear. Pelindung layar itu lazim disebut sebagai screen protector plastik biasa. Kalau tempered glass terbuat dari kaca yang menjalani proses kimiawi tertentu. Tempered glass lebih tahan terhadap goresan. Namun, harganya juga lebih mahal.

      Dengan kebutuhan seperti itu, saran saya, belilah ponsel dengan RAM minimal 2 GB. Zenfone C mending dicoret. Saya menyarankan Anda membeli Redmi 2 Prime (bukan Redmi 2 biasa ya). Harga barunya Rp 1,799 juta. Harga bekas Rp 1,4 juta sampai Rp 1,5 juta.

  212. nyambung dg coment-nya pak iwan ya mas,
    di luar jaringan 3G/4G, gimana jika dibandingkan dgn Asus Zenfone Go mas? apa kelebihan dan kekurangn kinerja dr masing2?
    Secara, tempat tinggal saya bukan di kota besar yg layanan 4Gnya mudah diakses, jd mgkin kalopun yg sy ambil menjangkau 4G tdk terlalu dapat sy rasakan manfaatnya.

    1. Pak Wilson,

      Tekan tombol power + volume ke bawah secara bersamaan. Tahan beberapa detik sampai screenshot usai dilakukan.

  213. pak hery mau nanya..
    dimana si pngaturan screen size pada xiomi redmi 2, soal nya saya kpengen ngubah layar jadi ukuran 4 inch,

    1. Pak Aan,

      Aktifkan dulu dengan masuk ke settings, additional settings, lalu one hand mode. Pilih ukuran layar yang diinginkan.

      Untuk mulai memakainya, sapukan jari dari kiri ke kanan di sekitar tombol home.

    1. Pak Frans,

      Sony Experia Z5 atau Sony Xperia Z5 nih? Kalau yang pertama, saya tak tahu. Kalau yang kedua, ponsel itu lebih bagus daripada Redmi 2.

      Jujur, Xperia Z5 sebenarnya tak cocok diadu dengan Redmi 2. Sebab, dua ponsel itu berbeda kelas. Harga jualnya saja kan berbeda jauh banget.

  214. Om Herry beli xiaomi redmi 2 secara offline untuk wilayah surabaya dimana ya..?
    kebetulan ada foto dinas kebersihan kota surabaya barang kali om herry tau

  215. di budget 1.4 jt, xiaomi redmi 2 tetep yang paling bagus ya om? Apa udah muncul hp yg lebih bagus lagi selain redmi2 di budget 1.4 jt?

    1. Pak Yanuar,

      Kalau Rp 1,4 juta belum bisa dapat Redmi 2 baru lho. Kalau Rp 1,499 juta, baru deh bisa dapat Redmi 2. Saat ini ia masih menjadi pilihan menarik.

  216. Salam kok herry.
    Koh saya baru beli hp xiaomi Redmi 2 2/16 nah kmrin ada tawaran perbarui sitem dr hp. Ke miui 7 saya upgrade dan reboot.
    Awalnya ga ada masalah tetapi setelah beberapa hari kok sinyal hp GA ketemu ya. Udah coba pake kartu sim dan sinyal GA keluar.
    Solusinya gmna ya Koh?? Pakistan WiFi si bisa Koh

    1. Bu Trika,

      Sebelumnya MIUI 6 dan kini jadi MIUI 7? Kalau iya, coba lakukan factory reset dulu satu kali. Factory reset ya, bukan sekadar reboot.

  217. Pak Herry SW,

    Kenapa ya tiba” xiaomi redmi 2 saya sinyal jaringannya tidak ada. Setelah di MIUInya di perbarui ke MIUI 7.1?
    Mohon bantuannya Pak.

  218. Pak Herry, Redmi 2 saya ini kalau terima email di aplikasi “Gmail” kog tidak real time atau tidak bisa otomatis terima ya Pak, mesti di-Refresh manual dulu baru mau masuk email-email nya yang ter-pending itu. Di Settings Security – Auto Permissions – Gmail nya sudah saya kasih on, “Notifikasi email (Kirim Notifikasi saat email tiba)” nya sudah on, dan gembok aplikasi Gmail nya sudah di-gembok juga, tapi hasilnya sama saja. Oh ya, aplikasi “Mail” bawaan hp masalahnya sama juga Pak. Sebagai info, berbeda dengan aplikasi BBM… saat auto permission nya dikasih on, hasilnya lancar jaya memulai otomatis nya (status bar nya selalu “Terhubung”) sehingga semua aktivitasnya selalu real time. Jadi mohon bantuannya ya Pak, pengaturan apa lagi ya yang harus
    di-stel agar masalah “Gmail” dan “Mail” tersebut teratasi? Thank’s before

    1. Pak Dennis,

      Gmail seharusnya relatif real time, sedangkan Mail biasanya memang tidak real time.

      Tadi saya sempat berpikir mungkinkah koneksi internet kurang lancar. Sebab, saya pernah mengalami hal seperti itu saat memakai kartu XL. Ketika saya ganti dengan Telkomsel, langsung lancar jaya. Namun, asumsi itu gugur saat saya membaca aktivitas BBM ternyata lancar jaya.

      Tinggal satu percobaan lagi deh. Coba akun Gmail itu Anda remove dulu, kemudian di-add lagi. Saat proses add, pilih Google ya. Jangan yang lain.

  219. Mat pagi.. Koh Hery
    Sy sangat menyimak semua ulasan Bpk yg recomended tentang Xiomi Redmi 2 dan jatuh hati ingin membeli namun secara kebetulan Sy mendapatkan barang seken tapi Like New pny karyawan Bank Mega. Sy hanya sedikit bertanya : Apakah Aksesoris Xiaomi Redmi diantaranya baterai kalau mungkin sekali waktu Drop mudah di beli atau di dapatkan di pasaran & kisaran hrg brp? ? Sy di Jakarta

    1. Pak Razzaq,

      Xiomi atau Xiaomi nih?

      Baterai orisinal yang sama dengan baterai bawaan Redmi 2 susah ditemukan. Yang mudah ditemukan baterai orisinal yang sama dengan baterai bawaan Redmi 1S. Baterai Redmi 1S itu dapat Anda pakai di Redmi 2. Perbedaannya hanya di kapasitas baterai. Baterai Redmi 1S berkapasitas 2.000 mAh, sedangkan Redmi 2 berkapasitas 2.200 mAh.

      Kisaran harganya Rp 150 ribu.

  220. Pak Herry SW,
    Bagaimana cara setting resolusi kamera Xiaomi Redmi 2, sudah saya ubek2 tapi ga ada pilihan resolusi kamera (ukuran foto). mohon bantuannya. terima kasih.

    1. Pak Adit S.,

      Saya tidak sedang memegang Redmi 2 sehingga tak bisa mengecek menunya. Intinya begini, awalnya pengaturan kamera di Redmi 2 berada pada simple mode. Ubahlah menjadi (kalau tak salah ingat) advance mode. Nah… di situ Anda bisa mengubah resolusi foto. Saya sudah lupa namanya camera frame atau photo size.

  221. sore pak, mohon bantuannya kemaren note 2 saya update miui ke versi global 7.1, kenapa jaringan prioroitas 4g ltenya kok hilang ya pak, bagaimana solusinya pak, mohon pencerahannya pak

  222. met malam ko hery.
    saya beli redmi 2 baru sekitar 2 minggu, dierafone. lampu lednya tetap hijau meskipun baterainya sisa 10 % saat dicas. apa itu normal ja ya p? kadang-kadang lampu notifikasi baru nyala pada saat baru aplikasi dbuka, kesannya telat gtu. terus mslah slnjtnya masalah disetelannya, pada saat ingin mengatur kembali lampu notif, tdk bisa, ada kata2 “sayang, saat ini setelan telah terhenti” kurang lbih gtu kta2nya. gimana ngatasinnya pak? trims

  223. dear, pak herry
    barusan baca tentang peluncuran Redmi 3. jika suatu saat masuk indo, apakah worth it berpindah dari redmi 2 ke redmi 3? thanks before
    sekedar menanggapi pertanyaan pak adit sebagai sesama pengguna redmi 2 :
    -masuk ke kamera, terus sapu layar dari kiri ke kanan
    -di bagian bawah tengah akan muncul icon kecil bentuk hexagon, pilih itu untuk masuk ke setting camera
    -agak turun ke bawah akan ketemu menu “picture quality”
    -ada 3 pilihan “high”, “standard”, dan “low”
    semoga membantu

    1. Pak Josef Nday,

      Mohon maaf karena pada 14-17 Januari 2016 saya libur merespons komentar dan membalas pertanyaan yang masuk ke blog ini. Selain sedang padat aktivitas, kebetulan mata saya bengkak sehingga tak nyaman melihat layar terlalu lama.

      Tidak tahu. Lha saya menyentuh Redmi 3 pun belu pernah.

      Terima kasih atas informasinya terkait pengaturan kamera Redmi 2.

  224. Mat siang Pak Hery.. Sy mau tanya bila baterey redmi 2 ku sudah mulai ngerdrop, adakah mudah di beli baterey xiomi redmi 2?

    1. Pak Razzaq,

      Mohon maaf karena pada 14-17 Januari 2016 saya libur merespons komentar dan membalas pertanyaan yang masuk ke blog ini. Selain sedang padat aktivitas, kebetulan mata saya bengkak sehingga tak nyaman melihat layar terlalu lama.

      Xiaomi atau Xiomi? Kalau Xiaomi Redmi 2, baterai orisinalnya lumayan susah ditemukan. Yang lebih mudah dijumpai baterai orisinal Xiaomi Redmi 1S. Baterai itu bisa dipakai di Redmi 2 kok. Bedanya, baterai Redmi 1S berkapasitas 2.000 mAh, sedangkan baterai Redmi 2 2.200 mAh.

  225. Pak herry saya mau tanya. Singkatnya, saya sudah update miui 7.1. Kemudian saya ganti huruf sistemnya di menu setting. Kemudian suatu hari ada pemberitahuan untuk pembaruan sistem. Setelah saya update kok di menu setting pilihan huruf sistemnya hilang. Saya jd tidak bisa ganti font tulisan. Mohon petunjuknya pak. Trima

    1. Bu Rahma,

      Mohon maaf karena pada 14-17 Januari 2016 saya libur merespons komentar dan membalas pertanyaan yang masuk ke blog ini. Selain sedang padat aktivitas, kebetulan mata saya bengkak sehingga tak nyaman melihat layar terlalu lama.

      Terus terang saya tak bisa menjawab pertanyaan Anda karena belum pernah melakukan update ke MIUI 7.1. Maaf ya.

  226. Pagi pak, saya mau tanya, saya pakai redmi 2 garansi resmi hmpir 2 bulan, ada msalah yg terjadi pak, ketika buka line kurang dari 10 mnit line selalu d paksa berhenti dengan ada tulisan “sayangnya line telah berhenti”, itu terjadi sejal awal beli dan smpai sekarang msih seperti itu pak, prtama saya pkir emang manajemen system miui 6 seperti itu kemudian saya update ke miui 7 dengan harapan masalah itu tidak trjadi lg, tp ttep saja seperti itu pak, kurang dari 10 mnit buka line selalu di paksa berhenti. Udah browsing sana sini tp tidak ada ulasan sama sekali mengenai hal itu. Kira2 itu knapa pak ya? Apa bener itu masalah room nya? Atau mungkin ketika saya ganti room nya bisa teratasi? Mohon bantuannya pak, terima kasih.

    1. Pak Kadafi,

      Mohon maaf karena pada 14-17 Januari 2016 saya libur merespons komentar dan membalas pertanyaan yang masuk ke blog ini. Selain sedang padat aktivitas, kebetulan mata saya bengkak sehingga tak nyaman melihat layar terlalu lama.

      Kebetulan saya tidak memakai Line sehingga tak pernah mengalami hal itu.

      Room atau ROM? Apakah Anda pernah mengganti ROM bawaan ponsel? Kalau tak pernah, coba lakukan factory reset deh. Selain Line, Anda biasanya menjalankan aplikasi apa lagi? Kapasitas RAM Redmi 2 hanya 1 GB dan Line termasuk rakus RAM. Kalau Anda menjalankan banyak aplikasi sekaligus, ponsel berpotensi kewalahan.

  227. om Herry

    saya mau tanya.. saya kemaren planning beli xiaomi redmi2 prime..
    tapi kata orangnya xiaomi redmi2 prime gagal produk deh.. ini aj RAM nya 2 GB
    habis ngeblank eror.. saya flash in RAM nya tinggal 1,2GB.. jadi RAM nya upgrade an dek.. bukan asli dari processornya..

    stlh itu sy ga jadi beli.. dan masih renungin mau beli apa.
    trims

    1. Pak Ary,

      * Siapa yang bilang Redmi 2 Prime produk gagal? *langsung teringat promotor Oppo*

      * Redmi 2 Prime yang usai error itu milik Anda atau siapa? Bergaransi resmi atau bukan?

    1. Pak Ary,

      He.. he… berarti SPG itu tak paham soal RAM. Kalau tertulis RAM 2 GB, saat ponsel dinyalakan, tak mungkin sisa RAM-nya utuh 2 GB. Hal itu berlaku untuk semua ponsel, termasuk Oppo.

      Pesan saya, jangan beli ponsel Oppo ya.

  228. Pak Herry

    iya.. oppo tante saya baru bbrp bulan udh ngeblank cuma jatuh doang..
    kalo skrng udh mantep milihnya.. enaknya yg redmi2 / redmi2 prime oM herry?

    1. Pak Ary,

      Kalau Anda bisa menemukan penjual Redmi 2 Prime bergaransi resmi, mending ambil itu. Dalam pantauan saya, saat ini Redmi 2 Prime di mana-mana sedang kosong.

  229. kemaren saya ke konter terbesar diwilayah pare.. katanya 3 hari lagi mas barangnya datang..
    wiihhh ga sabar aku.. tpi saya msih newbie om Herry.. om bisa bantu sya?

  230. Mas kan tgl 25-01-2013 saya beli xiaomi redmi 2, pas pertama make ga ada masalah tapi, setelah di install beberapa aplikasi seperti fb,twitter,instagram,coc,line dll kok jadi lambat ya, sering hang. (kalau istilah di komputer mah “not responding”). buka kamera aja lemot.(mau foto juga lemot).
    *oh ya os nya kitkat Miui versi 7
    *dari pertama beli sistem nya belum saya apa-apain hanya instal aplikasi doang
    minta penecerahanya mas, biar gak lemot atau hang hehe

    1. Pak Dede Zaeni,

      Menurut saya, wajar kalau terasa lemot. Lha aplikasi yang Anda instalasikan tergolong rakus RAM semua. RAM Redmi 2 hanya 1 GB. Dengan perilaku pemakaian Anda seperti di atas, idealnya Anda menggunakan ponsel dengan RAM 3 GB.

  231. Om herry..

    tadi saya ke konter.. dan nanyain xiaomi redmi 2 prime yg kemaren.. sdh ada barangnya..
    trus saya lihat belakangnya.. tulisan dibelakang tuh bukan bahasa indonesia.. tapi masih china.. kira” diambil nggk ya.. tadi blum sempet beli soalnya takut nggk bergaransi resmi..
    udh lagi ditawarin”mending pake oppo joy3+ mas.. ” hadeh..

    1. Pak Ary,

      Lah… kalau tulisan di belakang kardus berbahasa Tiongkok, berarti itu tanpa garansi resmi. Sebaiknya jangan dibeli.

      Aduh, jangan beli ponsel Oppo deh.

  232. kalo redmi2 prime yg belakang kardusnya berbahasa tionghoa otomatis hpnya bahasa tionghoa juga dong.. trus klo hpnya diservisin diganti bahasa indonesia kan juga bisa.. bener nggk?

    1. Pak Ary,

      Yakin nih mau nekat beli Redmi 2 Prime tanpa garansi resmi? Saran saya sih jangan.

      Ponsel seperti itu biasanya dibekali bahasa Inggris. Kalau bahasa Indonesia, saya tak yakin ada.

  233. mas, kenapa clock speed redmi 2 saya gak pernah dibawah 800 mhz?
    selalu diatas itu, minimal 800 mhz
    hidup core 2 juga gitu, sampai semua core hidup juga minimal 800 mhz, itu kenapa ya?

    posisi android kitkat 4.4.4 dam miui 7 beta

    1. Pak Salam,

      Kalau Anda menjawab mengapa, saya tak berani memastikan jawabannya. Kalau di bawah 800 MHz, bukankah performa ponsel akan menjadi lebih lemot?

  234. Om herry

    nggk yakin sih.. okelah daripada salah gw tunggu yg bgransi resmi aj,, emng sekarang redmi 2 prime harganya berapa 1 bijinya?

  235. Saya kurang suka sih pake MIUI 6 karna sedikit beda dengan MIUI 5. Kalo saya enak langsung ngelompat ke MIUI 7 walau ini blum sempurna. Android saya merknya xiaomi semua termasuk headsetnya. Selama ini sih enak2 aja pake xiaomi 1s, Note 1 LTE, dan mi 2 prime, garansi ada semua kok. Tapi, kok antutu nya MI2 kok lebih kecil dari 1S? Bukan versi prime ya. Untuk msalah clock speed yg ngga mau ngelag itukan dipengaturan baterai kan ada mode performa tinggi, seimbang, dan hemat. Pilih aja performa tinggi yg ngga mau lemot.

    1. Pak Syetan,

      Saya kebetulan belum pernah memakai Mi 2. Sedikit komentar dari saya:
      * Tinggi rendahnya skor Antutu bukan jaminan bagus tidaknya suatu ponsel.
      * Mi 2 keluaran 2012, sedangkan Redmi 1S keluaran 2014. Bisa jadi ada perbedaan di optimasi firmware.

  236. Hadeh pusing2 dengan xiaomi tanpa garansi. Enak beli Infinix aja. Spek setara sama xiaomi harga juga menyaingi xiaomi.

    1. Pak Ary,

      Hmm… kalau lebih dari 20.000 mAh, saya belum pernah melihat ada yang kualitas bagus beredar di sini. Siapkan dana sekitar Rp 1 juta dulu deh.

  237. ,,om hery mau tanya ni…
    ,,di kartu garansi itu ada no imeinya gk ya..??
    ,,pda kartu garansinya,,??? soal.a pnya saya hilang…

    1. Pak Ary,

      Saat mengirimkan komentar/pertanyaan, baris website/URL silakan dikosongkan. Tak usah diisi.

      Power bank 99.000 mAh Rp 100 ribu? Ya itu pasti palsu.

  238. service center xiaomi sama infinix lbh baik yg mana?
    klo infinix hot note sama redmi 2 prime om herry lebih milih yg mana?

    1. Pak Ridha,

      Infinix pada Desember lalu usai menunjuk mitra baru dalam pengelolaan service center. Kinerjanya belum saya ketahui. Jadi, saya belum bisa menjawab pertanyaan Anda yang pertama.

      Saya pilih Redmi 2 Prime dengan alasan 4G LTE buat saya sudah menjadi kebutuhan sehari-hari.

  239. om Herry

    ohh yg palsu….. ohh iya,.. btw gw udh beli xiaomi redmi 2 prime.. gimana petunjuk2 yg anda sarankan.. soalnya sy msih newbie. gg tau apa”

    1. Pak Ary,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Tidak ada petunjuk khusus sih. Ya silakan menikmati dan mengeksplorasi ponsel baru Anda.

  240. Ya Pak, Redmi 2 ini saya beli yang bergaransi resmi, sudah 5 bulan HP ini saya gunakan dan masalah ini sudah terjadi sejak awal buka dos. Selama ini saya juga gunakan koneksi internet Telkomsel dan Wi-Fi.
    Untuk Telkomsel, dengan berasumsi aktivitas BBM (dan kalau boleh saya tambahkan, nonton video Youtube yang juga lancar jaya gitu), tetapi tetap Gmail-nya harus di-refresh manual dulu baru mau masuk email-nya. Dan Pak, untuk mempercepat percobaan saya itu atau untuk lebih memastikannya, selain menerima email-email dari pihak lain, saya sendiri pun coba kirim-kirim email dari HP lain (Windows Phone – Nokia Lumia, dan di Lumia itu saya gunakan koneksi internet Telkomsel juga). Hasilnya: Email dari Lumia ke Redmi 2 tetap sama masalahnya, malah pernah saya sengaja biarkan ter-pending email-email itu sampai 2 hari tetap tidak mau masuk juga, sampai akhirnya saya refresh manual dulu baru mau masuk beserta email-email dari pihak lain yang ikut ter-pending juga.
    Tetapi kalau dari Redmi 2 ke Lumia wah lancar jaya Pak… setiap email yang saya kirim langsung masuk secara otomatis. Begitupun untuk Wi-Fi (“Data” dimatikan), saat koneksi Wi-Fi lancar jaya tapi tetap sama masalahnya.
    Tapi… ada yang berubah setelah saya ikuti saran Pak Herry, sukses tapi tidak sepenuhnya sukses Pak, hehe.. maksudnya setelah saya remove akun Gmail saya lalu di-add (pilih Google) lagi, hasilnya: Saat gunakan koneksi Wi-Fi, sukses Pak… langsung lancar jaya semua email masuk secara otomatis atau dengan kata lain Auto permission Gmail-nya bekerja sebagaimana mestinya. Nah, tapi untuk koneksi Telkomsel tetap sama saja masalahnya (aneh kan Pak?). Lalu karena masih penasaran, saya pun coba remove aplikasi Gmail-nya (Gmail-nya bawaan HP) lalu saya download lagi versi terbarunya via Playstore, hasilnya tetap sama saja, email tidak akan masuk kalau tidak di-refresh.
    Yah.. kayak’nya saya sudah harus pasrah nih Pak?, sebenarnya kecewa dan penasaran juga kalau salah satu fungsi di HP kita tidak bekerja sebagaimana mestinya. Tapi yah mau gimana lagi ya Pak, semua cara sudah dicoba tapi tidak mempan dan yang penting sudah berusaha kan Pak? πŸ™‚
    Jadi saat gunakan koneksi Telkomsel kalau mau tahu ada atau tidak email baru ya rajin-rajinlah saya nge-refresh manual, hehehe…

    1. Pak Dennis,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Saya sudah tidak memegang Redmi 2 sehingga tak bisa memandu Anda langkah demi langkah. Coba jalankan aplikasi Gmail, kemudian gemboklah aplikasi itu sehingga selalu berjalan di latar belakang ponsel.

    2. Pak herry,

      sekedar memberikan tanggapan atas problem pak dennis…….saran saya install aja aplikasi inbox punya google…..semua email dari gmail akan masuk di sana. hapus atau sign out saja dari gmail. saya mengalami hal yang sama di handset samsung galaxy a3 tapi sejak pakai aplikasi Inbox problem solved IMHO

    1. Pak Rizky Maulana,

      Bisa jadi game yang Anda mainkan terlalu berat dan masih ada aplikasi lain yang berjalan di belakang. RAM Redmi 2 hanya 1 GB lho.

    1. Pak Rizky Maulana,

      Tolong diperhatikan, lain kali pertanyaan yang sama harap dikirimkan satu kali saja. Kali ini masuk dua kali lho.

    1. Pak Rizky Maulana,

      Sekali lagi, tolong diperhatikan, pertanyaan yang sama harap dikirimkan satu kali saja. Jangan diulang-ulang. Jika sebelumnya masuk dua kali, sekarang pertanyaan Anda malahan masuk empat kali. Sebagian sudah saya hapus sehingga tidak tampil di sini.

  241. pak herry numpang tanya,
    untuk masalah fitur quick charging di xiaomi redmi 2 bagaimana?
    apakah harus beli charger secara trpisah?
    .terima kasih

    1. Pak Yusuf,

      Ya. Anda harus membeli charger yang memenuhi standar Qualcomm Quick Charger. Charger bawaan Redmi 2 belum mendukung quick charging.

  242. kalau gak salah quick charging nya v 1.0?
    kira2 direntang harga brp yg kualitasnya “lumayan” bagus, menurut bapak yg rekommend merek apa ?
    .terima kasih

  243. pak herry,

    tolong tanya beberapa hari ini camera redmi 2 saya error…..dulu pernah begini, setelah saya reboot kembali normal tapi terakhir meski saya reboot berkali-kali tetap error. thanks before

    1. Pak Josef Nday,

      Coba di-factory reset. Kalau masih sering bermasalah, terpaksa harus dibawa ke pusat perbaikan resmi.

        1. Pak Josef Nday,

          Cek nama importir Redmi 2 itu.

          Kalau Trikomsel, Jl Ngagel Jaya 55.

          Kalau Erajaya, Plasa Marina lantai 3.

  244. Pak Herry tolong info, harga wajar Redmi 2 second sekarang di rentang berapa ya pak ?. Garansinya ex Trikomsel.

    1. Pak Adrian2302,

      Garansi sudah habis? Maksimal Rp 1 juta dengan asumsi mulus, komplet, dan berfungsi normal.

  245. pak herry,

    problem kamera redmi 2 saya beres…begini ceritanya
    -2 hari lalu ada notif update terbaru miui, sebelum saya update software….saya backup dulu dengan backup local tapi saya uncheck untuk pilihan camera (maksud saya agar ketika di factory reset…settingan camera ikut terhapus jika ada bug)
    -setelah proses update selesai, saya langsung factory reset seperti saran pak herry
    -baru setelah itu saya panggil kembali file backup yang sudah saya simpan
    -dan ……. PTL, kamera saya berfungsi normal seperti biasa
    sekedar sharing aja he he he saking senangnya gak perlu ke pusat perbaikan resmi
    thanks buat ilmu nya yang selama ini dibagikan bikin saya sedikit lebih pintar soal mobile phone πŸ™‚

  246. hp saya xiaomi redmi 2 prime .. ada sms ini selang pagi nya hp saya gk bisa dibuka/blang putih.. padahal posisi masih hidup masih bisa nemrima sms n panggilan masuk, terus saya restat baru bsa normal, eh skrang dapet sms lagi.. gmana ni mas, tlong bantu, thanks

    Mitra Yth diberitahukan bahwa Account anda akan kadaluarsa serta otomatis terhapus pada tgl 31/05/16. Aktifitas transaksi tdk dpt dilakukan lagi sejak tgl tsb.

    1. Pak Annas,

      Bawalah ke pusat perbaikan resmi Xiaomi untuk dicek. Ponsel Anda bergaransi resmi, bukan?

      Btw, paragraf “Mitra Yth diberitahukan… dst”-nya itu maksudnya apa ya?

  247. Pak Herry, mau tanya redmi 2 saya, suara speaker yg depan sering mati kadang bisa keluar lagi, g tahu penyebabnya knp, klo buat panggilan kudu pake loaudspeaker (belakang), . itu knp ya, gmn solusinya? terima kasih.

  248. Selamat malam Pak.
    Saya mau minta tolong, boleh Bapak kasih tau bagaimana cara mengaktifkan hotspot portabel di xiaomi redmi 2 ? Tks..

    1. Bu Yanti Sidabutar,

      Struktur menu detailnya saya tak hafal. Intinya silakan masuk ke settings, more, lalu tethering & portable hotspot. Lakukan pengaturan di sana.

      Struktur menu di Redmi 2 mungkin tidak persis sama. Silakan Anda sesuaikan sendiri.

  249. Pak klo udah terlanjur beli hp yg bukan distributor resmi. Sinyal resmi 2/punyaku lemah padahala pkek hp yg lain sinyal nya H ples sedangkan xiomiku cuma edge itu knp ya. Padahal seting.a smua sdah q coba

  250. Halo Saya pengguna redmi 2 Saya pake indosat kok 4gnya ga keluar2 Dan yg kesedot cuma 3gnya ?ITU bagaimana solusinya sekian terimakasih

    1. Pak Akfariz,

      Redmi 2 Anda bergaransi resmi atau bukan? Apakah kartu Indosat Anda sudah diganti ke kartu yang mendukung 4G LTE?

      * Redmi 2 garansi resmi, kartu belum ganti: silakan ganti kartu 4G LTE dulu.
      * Redmi 2 tanpa garansi resmi, kartu sudah ganti: kemungkinan Anda mendapatkan Redmi 2 yang spesifikasinya tak sesuai dengan kondisi jaringan di Indonesia.

  251. Koh xiaomi Red 2 saya Kok video yng d masukan ke memori internal gak ke baca ya. Apa emang harus pake memori eksternal. Tolong penjelasannya koh. Terima kasih

    1. Pak Bagus,

      Xiaomi Red 2? Ehm… tidak ada ponsel Xiaomi dengan kode tipe itu deh.

      Tidak bisa dibacanya itu:
      * Tak muncul di Galeri/Album, tetapi bisa diputar atau
      * sekadar diputar pun tak bisa?

  252. maaf pak, mau nanya. lebih baik mana xiaomi redmi 2 dengan xiaomi redmi note 2 dari segi pemakaian yg cukup banyak, seperti bm, line, ig, fb yg sering banget on. ditambah memainkan game. karna saya bingung mau beli hp tapi takut cepat panas kayak asus zenfone go.
    mohon bantuannya πŸ™‚

    1. Bu Rani,

      Dengan kebutuhan seperti itu, jangan beli Redmi 2 karena ponsel tersebut pasti bakal keteteran.

      Saya tak tahu soal Redmi Note 2 karena belum pernah mencoba ponsel itu. Saya tak berminat mencobanya karena Redmi Note 2 yang beredar di pasar pasti tanpa garansi resmi.

  253. mau tnya mas ,kalo kmren redmi sy di jogja kota dpt keteraangn 4G ,,trus di daerah bantul ,cuma mentok H+ aja ,tp pas di bantul kartunya udah beda tp tetep pakai isat,nah tp di hp teman saya yang sama2 redmi 2 seri modelnya 2014817 ditempat sama dia 4G dan punyaku mentok H+ aja ,hp kita cuma beda miui ,saya masih pakai rom bawaan miui 6 dari awal beli belum saya update,tp teman saya pakai miui 8 .apa itu ngaruh ya mas ? makasih maaf berantakan hehe ,oiya perdana saya yg ada bonus kuota 4G 10gb mas

  254. mau tanya mas,,, sy pengguna xiaomi redmi 2 prime.. setelah saya upgrade jd MIUI 7 awalnya sinyal saya hilang dan sudah bisa di atasi dan sinyal kembali normal. tapi yang menjadi masalah sekarang data seluler saya tdk bisa aktif saya coba lihat di data VPN tidak bisa terbuka. apakah ada solusinya mas???
    Terima kasih

    1. Bu Dessy,

      Kebetulan saya tak pernah memakai VPN. Jadi, terus terang saya tak mengetahui solusi atas masalah Anda.

  255. om aku cari hp layar yang pas digenggam(4.5-4.7 inch), ram 2 gb,internal 16gb, os lollipop,dan chipset mediatek.Kira kira hp apa ya?

    1. Pak Topan,

      Adakah alasan khusus yang membuat Anda mencari ponsel dengan chipset MediaTek? Dengan kriteria Anda, jawabannya tak ada.

      Kalau mau yang Snapdragon, coba cek Redmi 2 Prime. Tahun lalu saat saya mencobanya, OS-nya memang masih KitKat. Siapa tahu sekarang sudah muncul update ke Lollipop.

  256. Pak herry SW.

    saya mau tanya pak, redmi 2 prime saya pasang sd card 16gb class 10, tapi kenapa tidak bisa untuk dipindahi file asal dari internal. bahkan membuat folder di memory itu pun tidak bisa.

    ada solusi?

    1. Pak Yohanes Bayu Prasetyo,

      Pesan error yang muncul apa nih? Coba kartu microSD-nya Anda format dulu via ponsel.

      1. Henry SW

        gak bisa diisi segala file, mengcopy dari internal ke external tidak berjalan.
        Sudah diformat tapi selalu balik ke keadaan error tadi lagi.

  257. assalamualaikum wr wb
    selamat pagi,
    maaf sebelumnya mengganggu waktu anda
    Mas herry saya ingin bertanya

    xiaaomi redmmi 2 sudah di up ke miui 7.3.1.0 stable

    nah yg saya mau tanyain . kenapa setiap saya menyetel musik, dan saya tdk mematikan musik nya saya buka COC seketika itu musik saya berhenti sendiri, itu penyebab nya apa ya, setelan notifikasinya bagaimana ya, saya minta solusinya

    terima kasih

    1. Pak Izhar,

      Kebetulan saya tak pernah main COC. Mungkinkah musik otomatis berhenti karena ponsel menjalankan game yang biasanya mengeluarkan suara?

    1. Pak Jutawan,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Maaf, saya penasaran. Anda sebenarnya mau beli ponsel apa tho? Saya perhatikan kok mbulet bertanya terus.

      Kamera lebih bagus Mi 4i. Daya tahan baterai Redmi 2 unggul tipis.

    1. Pak Pardi,

      Yang Anda beli merek Xiaomi atau Xiomi? Kalau Xiaomi, apakah bergaransi resmi? Kalau tidak, ya itulah risiko membeli ponsel tanpa garansi resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *