Review Xiaomi Redmi 4A: Pilihan Terbaik untuk Pemilik Dana Cekak

Kardus Xiaomi Redmi 4A yang berwarna putih bergegas penulis alias HSW buka. Ponsel diangkat. Terasa ringan. Satu per satu isi kardus dikeluarkan. “Lho kok nggak ada baterainya ya,” gumam HSW dalam hati.

Tiba-tiba HSW tersadar. Bukankah Redmi 4A menggunakan baterai tanam? Tombol power segera ditekan, ponsel pun mulai menyala. Walaupun dibekali baterai 3.120 mAh yang tak layak dibilang berkapasitas kecil, bobot Redmi 4A ternyata relatif ringan.

Mengacu kepada lembar spesifikasi, ponsel dengan bodi polikarbonat itu berbobot 131,5 gram. Dimensi fisiknya 139,9 x 70,4 x 8,5 milimeter. Bentang layarnya lima inci dengan resolusi HD 1.280 x 720 piksel.

Di bagian atas ponsel terdapat konektor audio 3,5 milimeter dan inframerah. Di sisi kiri tersedia selot yang siap menampung dua kartu micro SIM atau satu kartu micro SIM dan satu kartu microSD. Tombol volume dan power berada di sisi kanan. Sedangkan di bagian bawah bakal dijumpai konektor micro USB.

Asalkan pengguna tidak menyelipkan kartu memori tambahan, dua nomor dapat siaga bersamaan di Redmi 4A. Nomor mana pun yang dipakai berinternet, tak peduli berada di selot SIM1 atau SIM2, leluasa masuk ke jaringan 4G LTE.

Selama proses uji pakai, ponsel itu terbukti sukses dipakai menjajal layanan 4G LTE Telkomsel, XL Axiata, Tri, dan Smartfren. Karena mendukung 4G LTE di band 1, 3, 5, 7, 20, 38, dan 40 ia seharusnya cocok pula dengan 4G LTE Indosat dan Bolt.

Prosesor empat inti (quad core) Qualcomm Snapdragon 425 MSM8917 1,4 GHz, Wi-Fi, bluetooth, GPS, wireless display, RAM 2 GB, dan ROM 16 GB merupakan sebagian spesifikasi lain ponsel itu. Saat ponsel kali pertama diaktifkan, sisa memori internal mencapai 8,88 GB. Angka hoki! πŸ™‚

Di Redmi 4A pengguna juga akan menjumpai radio FM yang siarannya bisa direkam, Mi Remote, double tap screen to wake, second space, dan dual apps. Mi Remote memungkinkan ponsel difungsikan sebagai remote control televisi, penyejuk udara (AC), proyektor, pemutar DVD, dan aneka peranti elektronik lain.

Double tap screen to wake sudah lama Anda ketahui kan? Saat ponsel siaga, tetapi layar padam, pengguna tinggal mengetukkan jari dua kali untuk mengaktifkan layar. Second space itu kalau di laptop/PC serupa dengan membuat dua partisi. Misalnya, satu profil pengguna yang bersifat umum dan satu lagi yang berstatus rahasia. Data masing-masing profil akan terpisah.

Sementara itu, dual apps siap mewujudkan keinginan pengguna menjalankan dua akun aplikasi di satu ponsel. Contohnya, dua akun WhatsApp dan dua akun Facebook. Kalau digabung dengan second space, di satu unit Redmi 4A pengguna malahan bisa mengaktifkan hingga tiga akun WhatsApp.

Kamera utama Redmi 4A dibekali fokus otomatis dan lampu kilat. Ia siap menghasilkan foto beresolusi 13 megapiksel dan klip video full HD 1080p. Tersedia mode manual, tetapi parameter pemotretan yang bisa diubah hanya white balance dan ISO/ASA.

Beralih ke kamera depan. Kamera tanpa fokus otomatis maupun lampu kilat itu sanggup memproduksi foto beresolusi lima megapiksel. Kalau difungsikan sebagai perekam video, ia dapat menghasilkan klip video beresolusi HD 720p.

Pada hari-hari awal mencicipi ponsel Android 6.0.1 Marshmallow dengan tampilan antarmuka MIUI 8 itu, HSW tak puas dengan kamera Redmi 4A. Foto yang dihasilkan tergolong mengecewakan. Untunglah hal itu kini tak terjadi lagi. Performa kamera Redmi 4A membaik signifikan setelah ponsel mendapatkan pembaruan firmware ke MIUI Global 8.2.1.0 lalu 8.2.6.0.

Redmi 4A seperti yang HSW uji pakai sekarang dibanderol Rp 1,499 juta. Beberapa hari lalu, mulai beredar Redmi 4A varian baru yang dijual Rp 1,599 juta. Spesifikasinya persis sama dengan yang HSW gunakan, kecuali memori internalnya lebih besar. Bukan lagi 16 GB, melainkan 32 GB. Dengan selisih harga yang cuma Rp 100 ribu, membeli Redmi 4A varian RAM 2 GB dan ROM 32 GB merupakan langkah lebih bijak.

Menurut HSW, Redmi 4A merupakan pilihan terbaik untuk calon pembeli yang memiliki anggaran cekak alias terbatas. Berbekal uang tunai Rp 1,5 jutaan konsumen bakal mendapatkan ponsel yang andal dan berfitur relatif lengkap. Dengan perilaku pemakaian ala HSW, sekali diisi ulang baterai ponsel itu mampu bertahan sampai 16 jam. Bagi kebanyakan pengguna, baterai bawaan Redmi 4A amat mungkin sanggup menyiagakan ponsel selama sehari semalam.

Kalau sengaja dicari-cari, Redmi 4A pasti memiliki kekurangan. Contohnya, belum tersedia sensor sidik jari. Namun, dengan harga segitu mestinya konsumen cukup tahu diri.

Pesan tambahan dari HSW, konsumen wajib Β ekstracermat saat akan membeli Redmi 4A. Sebab, di pasar banyak sekali beredar unit tanpa garansi resmi. Cara termudah untuk mengidentifikasi Redmi 4A bergaransi resmi, spesifikasi yang tercetak di sisi belakang kardus memakai bahasa Indonesia. Plus, ada keterangan kalau ponsel itu diproduksi di Batam.

Asal tahu, Redmi 4A merupakan ponsel Xiaomi bergaransi resmi pertama yang dirakit di Indonesia dan diperkenalkan lewat sebuah acara seremonial. Sebelum Redmi 4A telah hadir Redmi 3S yang juga dirakit di Indonesia. Namun, ponsel itu didistribusikan ke pasar tanpa gembar-gembor. Sunyi sepi eh… mendadak muncul di etalase toko luring (offline) dan aneka situs penjualan daring (online).

Hingga ulasan ini diketikkan, terdapat empat tipe ponsel Xiaomi yang sukses memenuhi aturan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dan telah resmi diluncurkan. Yaitu, Redmi 3S, Redmi 4A, Redmi Note 4, dan Redmi 4X. Seluruhnya siap dipakai menikmati layanan 4G LTE di Indonesia. Satu unit Redmi Note 4 sudah berhari-hari menginap di lemari HSW. Kelak ulasannya bakal ditayangkan di blog ini.

***

Inilah contoh hasil jepretan kamera Redmi 4A.

Mau makan Wi-Fi goreng mentega, Wi-Fi saus asam manis, atau Wi-Fi sambal matah?

Dilarang memakan batu!

Dua foto berikut dijepret menggunakan kamera depan.

***

Screen capture AnTuTu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

332 thoughts to “Review Xiaomi Redmi 4A: Pilihan Terbaik untuk Pemilik Dana Cekak”

  1. Mas,second space itu brarti 2nmr bisa dibuat WA bersama gitu?nunggu ulasan redmi note 4 dulu baru tentukan sikap..hehehe

    1. Pak Trayan Tranggana,

      Kalau cuma dua WA bersama, nggak perlu pakai second space, Pak. Cukup pakai fungsi dual apps.

  2. Oot om herry, kalo di pasang 3 no whatsapp, yg 1 di hide, kalo yg di hide itu ditelp wa gimana? Apa tetap ada notifikasi seperti pada umumnya? Thanks

    1. Pak Sutikno,

      He… he… saya tak pernah mencoba skenario pemakaian sampai sedetail itu. Lha buat saya dua WhatsApp saja sebenarnya sudah sangat cukup.

  3. Dibandingkan dg Xiaomi mi 4 dg harga yg hampir sama, pilih mana ya? & dg budgett 2 juta , ponsel apa pilihan terbaik ya ko?mks byk.

    1. Pak Gusti Anom,

      Mi 4 pasti tanpa garansi resmi. Jadi, jangan dibeli deh.

      Dengan anggaran Rp 2 juta, pilihannya:
      * Kalau mengutamakan kamera: Infinix Zero 3.
      * Kalau mengutamakan kamera plus baterai yang cukup tahan lama: Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL. Kameranya tak sebagus Zero 3 ya.

      1. Maaf Pk Herry….kalau Asus Zenfone 3 Max (ZC520TL) vs Lenovo Vibe K4 note vs Infinix Zero 3, sebaiknya sy pilih mana ya? keperluan sy hanya browsing2 data & Internet hrs aktif terus sepanjang hr. Atau mungkin Pk Herry ada rekomendasi lain. Terimakasih byk Pk Herry.

          1. om HSW (hehe kayanya dulu saya termasuk yang awal memanggil om dengan inisial itu disini, keren kok) Kalau ada budget sekitaran 2.5 – 2.8 kira kira ponsel apa saja yg direkomendasikan dan yg mana jadi pemenangnya

          2. Pak Dhany,

            Yang dicurigai (lha belum selesai uji pakai) cocok sih Redmi Note 4. Harganya malahan kurang dari Rp 2,5 juta.

          3. om HSW, maaf disini lagi. Iya kayaknya yang versi resminya nggak sampai 2.5jt. yang harganya deket deket kayanya infinix sama pureshot 2 ya? Menurut om HSW bagaimana perbandingan dua-duanya?

  4. Koh, miui yang versi 8.2.6.0 di Redmi 4A saya ko ga bisa apply tema yg di download di luar theme store ya? Apa koh herry mengalaminya juga? Saya pakai Redmi 4A yg internal 32GB

    1. Pak Kevin,

      Kebetulan saya sejak awal memakai tema bawaan nih. Jadi, saya tak tahu problem itu sebenarnya ada atau tidak.

    2. Utk bisa pakai theme yg di download sendiri file mtz nya, harus gabung dulu ke mi designer. Tunggu sms konfirmasi (biasanya beberapa hari). Googling aja detail? cara daftarnya

      1. om Herry, ga mau mempertimbangkan hiring orang untuk mereview atau make kontributor?
        situs ini kalo dari sisi kualitas bisa dibilang salah satu yg paling bagus. review-nya bisa diandalkan, dan keaktifan buat reply komentar juga jadi pembeda dengan situs lain.
        tapi volume artikelnya itu lho, apa lagi sekarang merk semakin banyak, dan setiap merk rilis tipe (baik yang baru maupun penyegaran) yang banyak dan relatif stabil setiap waktu..
        maaf lho om,bukan bermaksud protes atau apa. sy tau sih kalo ngejar kuantitas artikel mesti ada trade off sama kualitasnya. tapi banyak dari reader yg berusaha mendapat info gawai sebanyak mungkin sebelum mantap beli satu gawai…

        1. Pak Alayhim,

          Hingga saat ini belum terpikir ke arah sana sih.

          He… he… benar sekali. Saya sering sampai kewalahan.

  5. Batrenya boros gak koh. Soalnya kebutuhan utama saya untuk game, bbm, fb, browsing. Tp porsi untuk game 80%, trus bukan game HD. paling game ringan sekelas COC saja koh…..?????

  6. siang/sore pak Heri
    Saya mau tanya , apakah redmi 4a ini support volte? Trus misalkan support, apakah kartu smartfren 4g bisa dipakai buat telp dan sms di jaringan 4g smartfren yah pak?
    Kan sekarang kartu smartfren sudah support volte…trima kasih atas jawaban nya

    1. Pak Wahid,

      Tidak mendukung native VoLTE. Jadi, kalau ingin telepon pakai Smartfren, ya harus install aplikasi Smart VoLTE dulu dari Play Store.

  7. Pak Herry, kameranya apabila dibandingkan dengan zenfone 2 laser series bagusan mana?

    Terima kasih sebelumnya.

  8. Berarti kesimpulannya redmi 4a ini cukup worthy buat budget terbatas ya oom herry. Apa lagi hasil kameranya saya liat juga lumayan.

    Buat pemakaian normal dg dua akun whatsapp bisa tahan sehari semalam ya oom?

    1. Pak Dil,

      Ya, layak beli buat konsumen yang anggarannya terbatas.

      Di tangan saya sih nggak cukup. Trafik email saya mencapai ratusan per hari. Buat kebanyakan pengguna yang nggak suka main game mestinya cukup.

  9. Enaknya sering baca ulasan Oom Herry selain menambah wawasan soal ponsel, juga menambah perbendaharaan kata baku & memicu supaya menulis dengan baik & benar.

  10. Mantaps..
    Nunggu review xiaomi mi 4x nya ko HSW..
    Lebih baik pilih yg mana nih ko antara xiaomi yg lagi di uji ini dan zenfone 3 laser ?

    1. Pak HenRy,

      Xiaomi Mi 4x? Nggak ada ponsel bernama itu deh.

      Tak tahu. Lha saya belum pernah coba Zenfone 3 Laser.

  11. Pak Herry

    Apakah tidak ada rencana Review Evercoss Genpro X
    Dengan harga kurang dari sejuta bisa mendapatkan Fitur fitur yang bersaing seperti Fingerprint, Ram 2gb internal 16, Kamera belakang 13MP + Flash,Kamera depan 8MP + Flash, Layar 5″ IPS HD

    Sedang ramai diperbincangkan pak

    1. Pak Sakty,

      Saya sempat ingin membelinya karena konon harganya Rp 999 ribu. Namun, setelah saya cek, ternyata harga di pasaran sekitar Rp 1,2 juta. Nggak jadi deh.

  12. Mantap buat om herry.. Selalu saya tunggu reviewnya.. Kalo boleh tau, urutan review yang bakal tayang sehabis ini apa? Saya menunggu ulasan xiaomi redmi note 4 dan Infinix zero 4 plus.. Sehabis itu baru saya bisa memutuskan beli apa diantara dua pilihan ponsel tersebut.. Mungkin ada colongan (preview)? Hehe.. Terima kasih

    1. Pak Arief Budi Pranowo,

      Ada beberapa ponsel yang sudah antre. Di antaranya, BlackBerry Aurora dan Ken Mobile W7.

      Pratinjau Zero 4 Plus: layak beli sih. Barang bagus nih.
      Pratinjau Redmi Note 4: belum ada. Lha ponsel cuma saya nyalakan, lihat-lihat sebentar, lalu masuk ke lemari lagi.

      1. Koh herry, akhirnya saya jadi beli infinix zero 4 plus.. Alhamdulillah.. recommended.. istilahnya punching above the weight.. Hehe.. Oiya ada yang mau saya tanya kan.. Koh herry sepatu pakai infinix zero 4 plus apa ada kendala dengan push (pop up) notification? Soalnya dibanding ponsel lama saya redmi 3 koq lebih lambat ya? Terkadang malah tidak muncul.. Mohon pencerahan dari Koh herry.. Maaf saya tanya disini soalnya review ponsel ya belum ditulis.. Hehe.. Terima kasih

        1. Pak Arief Budi Pranowo,

          “Sepatu” atau “sewaktu” nih? πŸ™‚

          Saya tidak mengalami kendala dengan notifikasi. Notifikasi yang aktif di saya: email, Twitter, Facebook, dan WhatsApp.

          1. Pak Dhany,

            Ya Infinix Zero 4 Plus dong. Sebab, tak ada ponsel bernama Xiaomi Note 4.

  13. Om Herry, pilih Xiaomi Redmi 4A atau Moto E3 Power? Untuk anggaran dibawah 2 juta mungkin ada saran lain? Terima kasih

    1. Pak Donny,

      Saya pilih Redmi 4A yang ROM 32 GB.

      Di bawah Rp 2 juta, ada Infinix Zero 3 dan Asus Zenfone 2 Laser.

  14. Haha harus tau diri y dengan harga segitu tanpa finger print ?

    Kalo dibandingkan dengan redmi 3s secara keseluruhan dan secara performa kamera, bagusan mana om?

    Redmi 4X tidak direview om?

    1. Pak Delavega,

      Iya. Sebab, kinerja fitur lainnya sudah tergolong oke.

      Tak tahu. Lha saya belum pernah mencoba Redmi 3S.

      Belum saya putuskan. Yang pasti di-review Redmi Note 4.

  15. Waaaah akhirnya keluar juga reviewnya πŸ˜€
    Jadi pak Herry untuk di range harga segitu, belum ada tandingannya ya?

    Oh iya terus kan katanya kalo beli Xiaomi Redmi 4A kebanyakan sekarang harus pakai asuransi yg artinya harga akan lebih mahal, malah katanya ada yg sampai 2 jutaan karena harus dengan aksesoris. Melihat hal itu menurut saya akan lebih bijak untuk membeli Asus Zenfone 3 Max versi SoC Mediatek, atau nambah beberapa ratus ribu untuk beli Xiaomi Redmi Note 4. Apa saya keliru pak? Hehe (eh iya Xiaomi Redmi Note 4 kan belum uji pakai :D)

    1. Pak Baghus,

      Yang beli harus pakai asuransi itu hanya di Erafone dan biasanya antargerai tak seragam. Kalau beli di toko biasa tak perlu beli asuransi, bahkan bisa dapat di bawah harga ritel resmi. Redmi 4A dengan ROM 16 GB, misalnya, bisa diperoleh dengan harga Rp 1,45 juta.

      Untuk pembelian di Erafone, mestinya harga total tak lebih dari Rp 1,65 juta. Rinciannya harga Redmi 4A – ROM 16 GB Rp 1,499 juta plus asuransi Rp 150 ribu. Kalau ternyata sampai tembus Rp 2 jutaan, saya jadi penasaran si konsumen dipaksa membeli apa lagi.

      1. Iya pak kena harga Rp. 2,1 juta dengan tambahan asuransi+aksesoris (detail aksesorisnya saya lupa :D)

        Jadi pak tanpa melihat faktor ketahanan baterai, Xiaomi Redmi 4A masih unggul dibanding Moto E3 Power dan Asus Zenfone 3 Max versi Soc Mediatek?

        1. Pak Anggiat,

          Kalau ponsel yang akan dibeli termasuk hot item dan stok terbatas, asuransi diwajibkan. Saya sudah membuktikannnya sendiri saat akan membeli Redmi 4A dan Redmi 3S.

          1. Pak Anggiat,

            Cukup gegas sih. Tentu saja jangan diadu dengan ponsel berharga Rp 3 jutaan atau yang lebih mahal ya.

    2. kalau asuransi, masih bisa dipertimbangkan meskipun untuk saya, dana asuransi tadi bisa dialihkan untuk beli tempered glass dan softcase/hardcase di luar

      kalau paksaan membeli asesoris merupakan kebijakan toko, coba ditanyakan ke xiaomi Indonesia, atau cara yang lebih mudah, hindari beli di toko tersebut

  16. Wah saya udah gak sabar nih nunggu review Redmi Note 4 dari pak Herry… Btw pak, Note 4 sebenernya udah ada pelindung layar belum ya? Ada yang bilang, dia dikasih DragonTrail, ada juga yang bilang enggak… Kalo misalnya layarnya emang belum di proteksi, layar lengkung 2,5D milik Redmi Note 4 memang bisa dipasang Tempered Glass yah? Setahu saya, Tempered Glass itu gak sepenuhnya bisa nempel di layar lengkung 2,5D… Haduh

    1. Pak Meiza,

      Review Redmi Note 4 masih lama banget.

      Tidak ada penjelasan layarnya pakai apa. Yang pasti bukan Gorilla Glass.

      Kalau berencana menambahkan pelindung layar, alternatifnya:
      * Pelindung layar biasa (non-tempered glass).
      * Tempered glass, tetapi tidak bisa full screen. Sisi kiri-kanan akan terbuka cukup lebar.
      * Tempered glass yang tepinya melengkung. Sampai saat ini belum pernah saya temukan sih. Harga tempered glass seperti ini pasti jauh lebih mahal daripada tempered glass yang tidak melengkung.

  17. Kamera redmi 4A dibanding redmi note 4 lebih bagus mana pak? Karena ada beberapa ulasan lain yang bilang bahwa kamera redmi note 4 tergolong mengecewakan, malah kamera redmi 4A di luar ekspektasi.

    Terus ulasan redmi note 4 kapan keluar pak? Sudah galau kepingin beli nih tapi yg warna matte black pada kosong hehehe…

  18. Bagus juga ya hasil foto dari kameradari
    Kira-kira kalau dibandingkan dengan kamera Pureshot, bagusan mana ya Pak Herry?

  19. Kamera redmi 4A dibanding redmi note 4 lebih bagus mana pak? Karena ada beberapa ulasan lain yang bilang bahwa kamera redmi note 4 tergolong mengecewakan, malah kamera redmi 4A di luar ekspektasi.

    Terus ulasan redmi note 4 kapan keluar pak? Sudah galau kepingin beli nih tapi yg warna mate black pada kosong hehehe…

  20. Pak HSW, kapankah review Infinix Zero 4 plus tayang di blog?
    Saat ini saya memakai Asus Zenfone Max,segalanya oke selain performanya yang kadang slow,nggak kuat dipake jor joran (bukan gaming ya) . Layakkah bila Zenfone Max diganti oleh Infinix Zero 4 Plus?
    Thanks.

    1. Pak Ruslan,

      Masih lama, Pak. Paling cepat setengah bulan lagi.

      Mengacu kepada uji pakai selama ini, Zero 4 Plus sangat layak menggantikan Zenfone Max.

  21. Seminggu lalu beli untuk anak saya di Erafone, pak Herry. Sesuai apa yang pak Herry jabarkan. Sejauh ini memuaskan. Tidak ada keluhan. Hp bagus untuk harga 1,6 kurang seribu. Saya dapat yang yang memori internal 32gb. Suami install game berjalan lancar tanpa lag. Terimakasih review nya pak Herry. Sukses terus untuk Ponselmu.

    1. Pak Tri,

      Boleh tahu Anda beli di Erafone mana? Sebab, saya lihat harganya benar-benar sesuai harga ritel resmi. Belakangan ini sebagian gerai Erafone terkena “penyakit” yang mewajibkan konsumen membeli asuransi tambahan. Nilainya mencapai ratusan ribu.

      Terima kasih atas doanya.

        1. Bu Virya,

          Tergantung ponselnya ya. Misalnya:
          * Ketukkan jari dua kali di layar untuk mengaktifkan layar.
          * Saat ada panggilan telepon masuk, balikkan ponsel untuk menghentikan nada dering.

  22. Pak Herry SW,

    Pak saya pengguna Xiaomi Mi5 & Mi Max, pada kedua HP tersebut ada Bug WhatsApp pada Dual Apps yang tidak ada suara notifikasi ketika ada pesan masuk, hanya getar-getar saja ketika ada pesan masuk. Apakah WhatsApp Dual Apps pada Redmi 4A sudah tidak ada bug yang sama?

    Terima kasih.

    1. Pak Arta JL,

      Kebetulan sehari-hari ponsel saya atur hanya bergetar. Kadang malahan sepenuhnya silent. Jadi, skenario pemakaian yang Anda tanyakan luput dari pengamatan.

    1. Pak Fely Akbar,

      Hmmm… sudah nggak bisa dijawab nih. Lha dua ponsel lain yang Anda sebutkan sudah diskontinyu dan tak tersedia lagi di pasar.

  23. Pas banget om.. Lg cr2 review redmi 4a.. Eh tyt udah ada disini… Naksir yang Β²/Β³Β² . .. Buat ngegantiin redmi note 3 pro 2 / 16 yang tewas stelah 3_4 bln pemakaian.maklum barang distri.
    Mg2 redmi 4a resmi brgnya jauh lbh memuaskan. kalo bini lg naksir ama asus zenfone selfie memori 32gb..ngegntiin zenfone 2 ze551ml 4/32 yang tewas setelah 1 tahun pemakaian krn jatuh..hehe

    Sdikit tanya om.. Kalo pilihannya : redmi 4a 3 / 32, infinix hot 3, infinix hot s, urutan dr yang paling bagus yang mana ya om hsw?
    Sempet juga naksir alcatel idol x, tp tkt ga awet

    1. Pak Rio,

      Tak ada Redmi 4A 3/32 deh. Adanya Redmi 4A 2/32. Mending itu daripada Infinix Hot 3 dan Hot S. Urutan versi saya: Redmi 4A, Hot 3, dan Hot S.

  24. Oiya ktinggalan 1 lagi om hsw.. Mengenai kamera, vs redmi 2 bagus mana? The us terang, liat2 foto di halaman review kliatannya bening2 banget

  25. Ko Herry maaf mau nanya. Jk beli HP ditoko resmi namun br sadar segelnya double itu kenapa ya? Sy beli di Er@fo@#.

    1. Pak Hendra 783,

      Di Erafone sih biasanya tepercaya. Kemungkinan segel pertama agak sobek trus ditambahkan segel baru.

  26. Pak Herry SW, itu kok udah dapat pembaruan firmware, itu lewat OTA resmi dari Xiaomi, atau download file lantas update manual. Soalnya saya punya Xiaomi Redmi 3s (TAM) kok belum dapat pembaruan ya?

  27. Hmmm kalo liat review dari blog ponselmu jadi pingin beli semua nya…koh herry redmi 4a support otg kan ya

  28. Mantap, keluar juga ulasannya. Saya malah beli versi 16gb sesaat sebelum redmi 4a versi 32gb di jual, haha (..).

    Buat smartfren, kartunya dipasang di slot mana Pak? Apa langsung kedeteksi sinyalnya? Saya coba pasang kartu smartfren di slot microSD sinyalnya ga keluar (tapi saya curiga kartunya mati).

    Trus voLTE nya berarti cuma di ROM China ya? Soalnya baca2 di forum yg di India voLTE nya bisa meski pake ROM Global.

        1. loh kosong? haha, saya kira sudah ada seperti operator lain yang siap pakai.

          Isi profil APN nya seperti apa ya Pak? Many thanks.

    1. Pak Stevie,

      Teman saya beli yang 16 GB sehari sebelum varian 32 GB muncul. Sekarang dia ngomel-ngomel tuh. πŸ™‚

      Di SIM1 maupun SIM2 sama-sama bisa terdeteksi sih. Namun, saya merasa lebih lancar kalau ditaruh di SIM1.

      Native VoLTE-nya? Wah, saya tak tahu. Saya mengacu ke unit bergaransi resmi dengan ROM bawaan.

      1. Oh iya pak, redmi 4a ini native volte sebenarnya. Saya pakai redmi 4a kondisi rom global resmi, dapat warning dari aplikasi smart volte kalau redmi 4a sudah native volte.

        Tp saya bingung, di pengaturan sim tidak ada toggle buat aktifkan volte. Seharusnya ada.

        Sayang dong, kalau harus root dan aktifkan manual.

          1. Barusan baca2 di forum, kalau regionnya diganti ke selain indonesia, voLTEnya bisa on. Dan sudah saya coba, bisa.

            Begitu balik ke region Indonesia, settingan voLTE nya lenyap. Aneh.

  29. Pak Herry,

    Tahu petis
    Ayam Penyet

    bikin ngiler..

    belum lagi yang foto Kuo Tie Mie. Bener itu Kuo Tie Mie ya? kelihatan enak banget. Beli dimana itu pak?
    Review dari Pak Herry emang bagus.
    sayang, smartphone sekarang lebih menggunakan hybrid slot.

    Terima kasih.

    1. Pak Erik,

      Ha… ha… ternyata memperhatikan tahu petis dan ayam penyet ya.

      Saya lupa nama menunya mie kuo tie atau mie sui kiau. Menu non halal ya.

      Saya beli di Mie Menur. Ini koordinatnya https://goo.gl/maps/NPz6wYcJMvw

      Iya, kini trennya dual SIM hybrid alias 3-choose-2.

      1. Pak Herry,

        biasa saya beli sui kiau mie di Santong pasar atom. tapi karena harganya makin lama makin gak wajar, jadi udah lama gak makan mi seperti itu. haha..
        terima kasih koordinatnya pak Herry.

        Tapi saya merasa kurang nyaman dengan SIM hybrid.
        Akhirnya sekarang masih bertahan di FP2 3/32.

        Terima kasih.

        1. Pak Erik,

          Kayaknya itu yang pernah buka di dekat Samsat Manyar Kertoarjo ya? Kalau benar, dulu saya juga lumayan sering beli di dekat Samsat. Terakhir saya tinggalkan karena tak seenak sebelumnya dan makin mahal.

  30. Oom Herry,

    Baru nyadar lihat foto diatas, operatornya Tahu sama Petis. Haha.
    Abis liat review ini jadi jadi bulet mau ambil redmi 4A 32 GB saja.

  31. Pagi Pak Herry,

    Mohon informasi apakah ponsel ini support dukungan volte smartfren (native bukan via aplikasi). Karena saya terinfo untuk semua redmi snapdragon mendukung volte (secara native).

    Terima kasih

  32. Halo Pak Herry,
    Menarik sekali pak membaca ponselmu.com dan juga ulasan bapak di twitter. Apalagi kemarin saat Bapak menghadiri #MiFanFest2017, banyak sekali info mengenai produk terbaru Xiaomi tersebut.

    Nah, menurut bapak, mending Redmi Note 4 atau Redmi 4X, pak?
    Tapi sebelum dua produk tersebut muncul, saya kepincut Mi Max 32GB, pak (karena layarnya yang besar).
    Saat ini sih saya memakai Redmi Note 3 Pro setelah sebelumnya memakai Mi4i.

    Mohon sarannya pak, apa Redmi Note 4, Redmi 4X, ataukah tetap Mi Max 32GB?
    Terimakasih Pak Herry.
    Semoga sehat selalu πŸ™‚

    1. Pak Rizky Wardoyo,

      Redmi Note 4 sudah ada di lemari, tetapi belum dicoba. Redmi 4X rencananya baru dijual mulai 21 April 2017. Jadi, ya belum tahu. Di atas kertas sih Redmi Note 4 lebih menarik.

      Mi Max pasti tanpa garansi resmi. Jadi, buat saya sih langsung coret.

    2. kalau masih tertarik dengan mimax, tentu dengan segala konsekuensi garansi tidak resmi, sekalian saja ke varian 4/64 pak, harga sudah lumayan terjun bebas dan dia pakai snapdragon 652, varian tertinggi

  33. Malam Pak Herry… Stlh baca komen2 dr atas, ada bbrp hal yg mau saya tanyakan Pak…
    1. Terkait dgn Erafone mewajibkan asuransi thd pembelian HP, itu berlaku utk semua HP atau HP tertentu saja Pak?
    2. Kalo tdk bersedia menambah utk asuransi berarti tdk bole beli HPnya ya Pak?
    3. VoLTE itu apa ya Pak? Kok sptnya frekuensi Smartfren ribet amat hehe

    1. Pak Edwin,

      1. Biasanya hanya berlaku terhadap ponsel tertentu yang laris manis, tetapi stok terbatas.

      2. Betul.

      3. Mudahnya, itu layanan telepon via jaringan 4G LTE.

      1. Maaf Pak, ini saya tidak salah baca? Jadi kalo misalnya beli Redmi Note 4 di gerai Erafone, wajib beli garansi tambahan (extra biaya) dong? Kalo boleh tau garansi ekstra itu tambah berapa duit? Hape tipe apa pak yg harus beli extra garansi?
        Wah kok mengecewakan begini…

        1. Pak Amaris,

          Ya. Lebih tepatnya beli asuransi tambahan. Nambah Rp 151 ribu. Yang saya lihat dan buktikan sendiri Redmi 4A. Tipe lain saya kurang tahu.

  34. Koh, redmi 4A yg support OTG emang cuma disini ya? Soalnya menurut sumber lain, di luar negeri bahkan di cina sendiri, malah gak support OTG..

    Setelah LG sekian lama tidak merilis iklan TV (TVC), akhirnya rilis juga iklan. Kali ini iklannya berupa K10 2017. Terakhir kali rilis itu yg G3 stylus klo gak salah. Semoga habis ini LG makin gencar ngeluarin iklan (kalo bisa dengan cara dan gaya Samsung) biar tidak dihajar terus sama “ponsel-2 peringkat atas”

    1. Pak You,

      Wah… kurang tahu, Pak. Di negara lain ternyata belum mendukung OTG ya?

      Saya kok yakin LG belum bisa mengikuti gaya beriklan Samsung, apalagi Oppo. πŸ™‚

  35. Mas, mau tanya, rekomendasi hp dibawah 3 juta dengan fokus spesifikasi RAM 3 GB, internal 32, fast charging, dan hasil kamera bagus, menurut mas bagusnya apa ya? Terima kasih.

  36. oh,dual space kayak gitu ya,om.saya pikir kayak buat profil baru di pc gitu.ternyata kayak buat partisi baru ya… πŸ™‚

  37. wah asik2 photo dan perjalanannya, terakhir ke sumenep saya hanya sampai bebek sinjay saja

    Terima kasih sudah sharing perjalanan ke sumenepnya pak

    1. Pak Andriansah J.,

      Kalau sampai Bebek Sinjay, berarti berada di Bangkalan. Masih berjam-jam lagi untuk tiba di Sumenep.

  38. Koh, hasil jepretan Redmi 4A sama Zenfone 3 max ZC520TL bagus yang mana?

    Dan antara Redmi 4A, dengan Infinix Hot S, lebih baik pilih yg mana koh secara keseluruhan?

  39. Pak herry maaf OOT
    Antara Xiaomi Redmi Note 4, Meizu M5 Note, Asus Zenfone 3 Max (Snapdragon) dan Infinix Zero 4 kira-kira mana yang terbaik? Saya punya dana 3 juta cuman pusing mau pilih yang mana pak mohon rekomendasinya.

    1. Pak Sandi,

      Saya belum bisa menjawabnya karena:
      * Redmi Note 4 belum diuji pakai. Masih menghuni lemari.
      * M5 Note belum pernah coba.
      * Zenfone 3 Max ZC553KL belum pernah coba.
      * Infinix Zero 4 takkan saya coba. Yang akan saya review Zero 4 Plus.

  40. Terima kasih review nya Koh Herry,
    saya dulu belikan Redmi 4A 2/16 untuk istri saya, sebelumnya dia pemakai ZF 5.
    Beda nya jauh sekali, mulai konsumsi baterai, kamera, dll.
    intinya ponsel ini memuaskan dengan budget rendah.

    Saya sendiri pemakai Redmi 3 Prime bertenaga ROM China Stabil, agar jaringan 4G muncul, hehehe..

    1. Pak Harris,

      Tergantung yang mau dibeli ponsel apa dulu.

      G Shop, Garuda Teknik, Avenue, Peace Cell, dan Sentra adalah beberapa contoh toko yang boleh dikunjungi. Kalau Anda berencana menggunakan kartu kredit, silakan mampir ke Apollo.

  41. Mo nanya koh, menurut anda redmi 4a ini vs flash plus 2, lebih baik mana di masing2 kategori berikut :
    1, performa
    2, kualitas foto
    3, daya tahan baterai
    Makasih sebelum dan sesudahnya.
    Salam.

    1. Pak Ipul,

      1. Performa umum saya lebih memilih Redmi 4A.
      2. Kualitas foto saya juga pilih Redmi 4A.
      3. Nah… kalau ini menang Flash Plus 2.

  42. pak Herry,

    Redmi 4A kalau dibandingkan dengan Redmi 3S lebih bagus mana dengan pertimbangan spesifikasi, desain, user experience, dan harga?

    terimakasih

    1. Pak Danu,

      Tak tahu karena saya belum pernah mencoba Redmi 3S. Di atas kertas sih mestinya lebih bagus Redmi 3S.

  43. Pak HSW, kalau boleh mau request review redmi 4x.
    karena redmi 4x yang beredar resmi di indonesia versi 3GB / 32GB.
    mirip spesifikasi ram dan memory internalnya redmi note 4.
    harga beda 300rb pula. (merunut ke website resmi)
    jadi ya nanti ketauan mana yang lebih layak beli.
    trims pak.

    1. Pak Reza,

      Saya pertimbangkan dulu ya. Justru karena harganya “cuma beda” Rp 300 ribu, saya langsung memutuskan me-review Redmi Note 4.

  44. Wah dah tayang review redmi 4a nya sampe ketinggalan baca.oke juga ya kameranya bagus
    Pak herry kalau redmi 4a ini mereknya bukan xiaomi tapi “samsung 4a”harganya di kisaran berapa ya kira”.
    Apa redmi 4a ini mendukung fastcarging/pengisian cepat.terimakasih

  45. Untuk smartphone kisaran harga 2.5-3.3 juta menurut koh herry pilih apa ya, Terutama kamera dan kegegasanya,?

  46. Pak HSW,
    Saya adalah pengguna redmi 2 (yg ram 1gb) sejak 2015 akhir.
    Secara umum saya cukup puas dengan performanya.
    Namun satu hal yang membuat saya kecewa adalah permasalahn pending notifikasi utk aplikasi chating seperti: BBM, WA, LINE, EMAIL dsb.
    Saya sdh mencoba berbagai macam cara (yg saya peroleh dari berbagai tutorial) utk mengatasi permasalahan ini, namun hasilnya hanya ada perbaikan sedikit, tp kadang masih tetap pending, yg membawa saya pada kesimpulan bahwa ram 1gb saya inilah yg menjadi kendala / alias terlalu kecil utk MIUI.
    Yang ingin saya tanyakan: apakah di product xiaomi dengan ram 2gb keatas apakah memiliki kendala pending notifikasi ini?
    Mohon pencerahannya,
    Salam

    1. Pak Anton,

      Dengan beban pemakaian seperti itu, RAM 1 GB jelas terlalu kecil. RAM 2 GB pun masih pas-pasan lho.

      Peluang pending masih terbuka, tetapi tak terlalu besar.

    2. Kalau notifikasi terlambat (harus dibuka dahulu baru keluar notif) kendala ada di aplikasi “Keamanan/Security”, masuk ke app tersebut, pilih “Perizinan/Permission”, kemudian “Mulai Otomatis/Autostart”. Silahkan diteliti apakah aplikasi yang anda maksud belum di hidupkan “Autostart” nya?

  47. Selamat malam Koh Herry,
    Saya meminang Redmi 4A Versi 2/32GB garansi resmi.
    Setelah sepekan pemakaian overall puas, apalagi setelah update ROM Global 8.2.6.0, tp pagi ini saya menemukan kekurangan nih.
    Hasil rekaman suara dr voice recorder kecil sekali, pun demikian kala digunakan untuk merekam video dan posting di Instagram Stories. Padahal jika digunakan untuk Youtube, Spotify, Radio Fm, serta melakukan panggilan telepon, performa microfone baik.

    a. Apakah hal tersebut karena bug dr ROM tersebut diatas atau hardware device ya?

    b. Adakah pengaturan yg harus saya ubah?

    Terima kasih Koh Herry.

    1. Bu Elin S,

      a. Kalau masalah itu terjadi tepat usai update firmare, kemungkinan memang bug firmware.

      b. Mesti menanti keluar firmware baru deh.

  48. Salam sejahtera Pak HSW,

    Dengan kelebihan/kekurangan masing-masing dan TANPA memperhitungkan harga, jika harus memilih ( sesuai karakter pemakaian Pak HSW), cenderung pilih Redmi 4A ram 2 gb rom 32 gb atau Zenfone Max ram 2 gb rom 16 gb ?

    Seandainya berkenan, tolong alasannya.

    Sukses selalu dan terima kasih.

    1. Pak Jutawan,

      Redmi 4A 2/32. Alasannya, lebih enak digenggam dan dikantongi, juga lebih responsif. Kebetulan harganya juga lebih murah.

  49. Pak Herry, menurut bapak, dari hasil kamera baik foto atau video lebih bagus redmi note 4 atau redmi note 3 pro ya? Lalu, apakah keduanya sudah fast charging? Terima kasih.

  50. Salam sukses..Maaf mau tanya, dari bebrapa review online, sebenarnya ada berapa versi utk Redmi? Ada yang bilang Redmi 3S Pro, Redmi 3S Prime, Redmi 3S? Kira2 apa berkenan me-review salah satunya (andaikata ada yang resmi). Kalo yang Redmi 4A ini memang sudah resmi siy, tapi kurang minat.He2..Terima kasih informasinya

    1. Pak Leo Agung,

      Yang masuk resmi ke sini menggunakan nama Redmi 3S. Spesifikasinya sama dengan yang sering disebut sebagai Redmi 3S Prime. Saya tidak akan me-review-nya.

        1. Pak Leo Agung,

          Mestinya sama, cuma beda penyebutan. Kayak Redmi Note 3 Prime yang sering pula disebut Redmi Note 3 Pro.

  51. Pak Herry

    Maaf pertanyaan saya agak melenceng.
    Saya punya uang sekitar 1,5 juta pingin cari hp yang layarnya 7″ kira2 tipe apa yang di rekomendasikan.

    Terimakasih.
    Wisnu

    1. Pak Wisnu Budisaputra,

      Hmm… berarti sudah tergolong tablet tuh. Belum ada yang bisa saya rekomendasikan.

      1. Pak Herry

        Baik pak terimakasih, di tunggu rekomendasinya tablet juga tdk apa2

        Terimakasih.
        Wisnu

    1. Pak Ghufron,

      Redmi 4A.

      Dengan mengacu kepada pengalaman saya saat memakai Redmi Note 3, lebih bagus kamera Redmi 4A. Namun, belakangan konon sudah muncul pembaruan firmware untuk Redmi Note 3. Hasil kameranya jauh lebih mantap daripada saat dulu saya coba.

      1. Oke om hsw,,,ada rencana nyoba redmi note 4 gak om,, sy mau beli note 4 masih susah yg resmi untuk saat ini… jika di bandingkan infinix note 3 vs xiaomi redmi note 3 over all dari kegegasan n performa kamera menurut pengalaman om lebih baik mana ??

        1. Pak Ghufron Aff,

          Ada. Ponselnya sudah ada di lemari kok.

          Belum tahu. Lha Redmi Note 4-nya belum dicoba.

  52. Koh boleh tanya, hp android samsung baru yg paling murah saat ini yg masih ada dipasaran apa ya koh?
    Makasih

    1. Pak Son,

      Yakin mau beli ponsel Android Samsung termurah? Yang bukan termurah saja jelek lho, apalagi yang termurah. Samsung yang bagus hanya seri S dan Note.

      Yang termurah sepertinya seri Galaxy V. Namun, saya tak hafal harga terkini.

      1. Hehe iya Pak Herry, buat ibu saya yg sudah berumur… Paling cuma untuk keperluan whatsapp dan telepon saja, sisanya untuk simpan foto dsb.. Yah maklum ibu2 kan seneng kalau di kasih merk samsung hehe

  53. Oom Herry, ada dua point yang kepikiran lagi oleh saya, di awal artikel disebutkan: “Selama proses uji pakai, ponsel itu terbukti sukses dipakai menjajal layanan 4G LTE Telkomsel, XL Axiata, Tri, dan Smartfren. Karena mendukung 4G LTE di band 1, 3, 5, 7, 20, 38, dan 40 ia seharusnya cocok pula dengan 4G LTE Indosat dan Bolt.”

    Pertanyaan saya:
    1. Apakah utk memakai kartu Smartfren mesti disetting khusus lagi di hapenya oom?
    2. Apakah simcard Smartren yg oom gunakan itu yang Smartfren GSM+ atau yg biasa oom? (saya agak bingung di point ini karena di di website resmi smartfren ada beberapa jenis sim card dan disana sepertinya tidak disebutkan kompatibel dg 4A).

    Tapi saya percaya dg review2 oom Herry, hanya saja saya ingin tau cara menggunakan Smartfren di xiaomi 4A ini oom.

    Terimakasih.

    1. Pak Dil,

      1. Ya. Pengaturan APN perlu dilakukan secara manual.
      * Username dan password: smartfren
      * APN: smartfren4g

      2. Yang biasa.

  54. Halo Koh Herry, kalau secara price to performance, lebih baik mana antara Redmi 4A dengan Zero 3 ?

    Jika tanpa memperhatikan ketersediaan di pasar, secara teknis lebih unggul mana antara Redmi 4A dengan Hisense Pureshot?

    Terima kasih.

  55. Pak Herry, Saya berminat dengan Xiaomi Redmi 4A, tapi saya masih penasaran Kira-kira selain Xiaomi Redmi 4A ini, adakah HP lain yang direkomendasikan jika seandainya:
    1. Dengan harga yang sama atau dibawahnya?
    2. Dengan harga diatasnya tapi tidak lebih dari 2 juta?

    Untuk kedua kondisi diatas, Minimal saya butuh RAM 2GB untuk sosial media
    Terima Kasih.

      1. Oh iya pak, saya mau nanya lagi. Kira-kira apakah Asus Zenfone 2 Laser masih layak untuk dibeli saat ini? Jika iya, tipe mana yang lebih direkomendasikan?

  56. Kebetulan sy sdg mencari pengganti utk zenfone max yg layarnya sdh bermasalah mski blm setahun pemakaian. Berhubung sy lebih sering bekerja dgn menggunakan hp (mostly untuk ngetik dan browsing sih), sy perlu hp yang baterainya tahan lama dan tidak ngelag utk multitasking.
    Selain 4A ini apakah ada referensi lain yg jg cocok utk keperluan sy pak Herry? (sambil berharap resmi note 4 segera direview)

    1. Pak Akbar,

      * Usia pemakaian Zenfone Max belum setahun. Berarti, masih bergaransi resmi dong. Saran saya, segera lakukan klaim garansi.

      * Kalau Anda biasanya memakai Zenfone Max, berpindah ke Redmi 4A bukan langkah bijak. Daya tahan baterai Redmi 4A tidak selama Zenfone Max.

      * Anggaran Anda berapa dulu nih? Kalau maksimal Rp 2 juta lebih sedikit, silakan membeli Asus Zenfone 3 Max ZC520TL.

  57. Pak HSW… tolong solusinya. Xiaomi redmi 4A saya ga bs mendeteksi micro sim card tp bisa mendeteksi nano sim card. Apakah perlu pengaturan khusus? Saya pakai kartu IM3. Atau hpnya yg cacat produk ya? Saya beli di Erafone.
    Terima kasih

    1. Bu Shanti,

      Seharusnya tak perlu pengaturan khusus. Apakah Anda sudah coba memasangkan kartu micro SIM lain? Bagaimana hasilnya? Bila tetap tidak terbaca, berarti ada sesuatu yang tak normal dengan ponsel Anda.

      Kalau boleh tahu, Redmi 4A itu Anda beli di Erafone dengan harga berapa?

      1. Saya sudah coba dengan 3 micro sim indosat.. tapi blm micro sim dari operator lain. Saya beli di Erafone di toko online.. dengan diskon 5 % app dan potongan ongkir termasuk garansi pengiriman. Totalnya 1.448.000

  58. Terima kasih pak atas review nya.
    Akhirnya saya mantap meminang redmi 4a.
    Saya suka judul artikelnya, terutama di bagian “dana cekak”. ??

  59. Pak Herry,
    Kalau dengan andromax R2 bagus mana secara keseluruhan? Di galeri smartfren harganya turun 500 rb jadi 1.199.000.

    1. Pak Helmy,

      Hmm… Andromax R2 lebih menarik sih. Namun, ingat, ponsel itu hanya bisa dipakai untuk menikmati layanan 4G LTE Smartfren ya.

  60. Pak Herry, kalau saya pasang sim card smartfren di redmi 4A ini, selain buat internet 4G, apakah juga bisa untuk telepon dan SMS? Terima kasih.

    1. Pak Andri,

      Standarnya tak bisa. Kalau ingin bisa bertelepon dan SMS, instalasikan aplikasi Smart VoLTE yang bisa diunduh dari Play Store.

      1. Pak Herry, apakah itu berarti bahwa kalau saya sedang tidak berada di jaringan yg tercover 4G LTE, saya tidak bisa telpon dan sms? Ini dengan asumsi saya sudah install aplikasi volte dari play Store ya. Apakah telpon dan sms nya hanya ke sesama smartfren yg sudah volte? Atau bisa ke nomer lain, seperti simpati misalnya? Terima kasih.

        1. Pak Andri,

          Betul sekali.

          Nomor yang ditelepon bebas. Ke nomor XL, Telkomsel, PSTN, dan nomor mana pun bisa kok. Tidak harus ke sesama Smartfren VoLTE.

  61. Pak Herry.Saya rencana mau beli Redmi 4X resmi.Menurut Bapak Redmi 4X recomended apa nggak??

  62. Om HSW mohon saran dari anda. Saya berniat beli HP baru dg budget max 1,8 jt. HP lama saya, Acer liquid Z500. Saya mengutamakan 4G, bisa otg, multitask, baterai awet, RAM paling tidak 2GB. Dari saran teman, saya tertarik dengan OPPO A37 atau Xiaomi 3s. Mohon pertimbangannya. Terimakasih

      1. kalau dengan infinix dengan harga kurang dari 2 juta bagaimana? selain note 3 om.. karena saya cari di jogja agak susah untuk offline shop

  63. om herry, kalo redmi note 4 garansi TAM baru sebulan pake tukar tambah sama iphone 5s second 32GB masih worth it nggak ya?

  64. Apa Pak HSW tahu kenapa Xiaomi tidak menjual ponsel flagship-nya disini? Apa murni strategi bisnis, kendala di TKDN atau ada alasan lain?

    1. Pak Adrian,

      Menurut saya, lebih dipengaruhi oleh strategi bisnis. Anggaplah ada ponsel Xiaomi bergaransi resmi yang dijual Rp 6,5 juta. Kira-kira ada berapa belas ribu orang yang berminat membelinya? Kalau peminatnya cuma 1-2 ribu, secara hitung-hitungan bisnis jelas kurang layak.

      1. Ya Pak, mungkin menyesuaikan citra merk Xiaomi yang dipersepsi “Good quality at reasonable price” ya. Tapi apakah pernah ditanyakan ke petinggi Xiaomi apa alasan lini produk Mi tidak masuk ke Indonesia? Padahal dibanding ponsel flagship merk lainnya, harga Xiaomi lebih masuk akal πŸ™‚

  65. Pak Herry mungkin maksudnya pak Candra Xiaomi redmi 3s .
    Pak Candra saran saya pilih Xiaomi redmi 3s yang bergaransi resmi , saya menyarankan ponsel tersebut karena saya sekarang sedang memakai ponsel tersebut. Ponsel tersebut cocok dengan kriteria yang bapak sebutkan di atas .

  66. Permisi Pak HSW,

    Saya ingin membeli Xiaomi Redmi 4A atau 4X, tapi banyak dari teman saya memberi masukan buruk tentang Merk tersebut. Mulai dari ram 2GB kalau dipakai masih lemot, katanya kalau sekali jatuh pasti langsung rusak dan mati total, bahkan ada yg sudah diservice tapi masih rusak lagi, dan terutama service centre yg masih terbilang sedikit. Saya jadi takut nih, karena saya sebelumnya pemakai Samsung Grand Prime sejak 2,5 Tahun dari awal launching sampai hari ini belum pernah diservice hanya acc sudah rusak hehe saya belinya pun dierafone. Dan saya juga bukan tipe orang yg suka gonta ganti hp dalam waktu relatif dekat. Saya belum pernah dengar ada pemakai XIaomi yg sampai bertahun, pasti hanya beberapa bulan atau 1 tahun sudah ganti hp lain. Mohon sarannya pak.

    Thanks.

    1. Bu Sari,

      Kebetulan saya sudah menguji pakai berbagai tipe ponsel Xiaomi. Menurut saya, kesepadanan antara harga, spesifikasi, dan kinerja ponsel Xiaomi pantas disebut sebagai salah satu yang terbaik.

      Lemot walaupun RAM-nya 2 GB? Banyak faktor yang mempengaruhi lemot tidaknya suatu ponsel. Selain RAM, beragam spesifikasi teknis lain perlu diperhatikan. Perilaku pemakaian juga sangat menentukan. Misalnya, Anda memakai ponsel dengan prosesor entry level untuk menjalankan Facebook, Instagram, Path, BlackBerry Messenger, dan Line secara bersamaan. Biarpun ponsel itu dibekali RAM 3 GB, bahkan 4 GB, ia akan terasa lemot.

      Sekali jatuh pasti rusak dan mati total? Jatuh dari ketinggian berapa meter? Posisi jatuhnya bagaimana? Jatuh karena tanpa sengaja atau sengaja dilempar? Semua faktor itu menentukan nasib ponsel.

      Kebetulan ada teman yang ponsel Xiaomi-nya sering dibuat mainan oleh anaknya. Jangankan 1-2 kali, ponsel itu sudah puluhan kali mengalami benturan, baik terjatuh maupun dibanting. Sampai sekarang ponsel tersebut masih berfungsi normal kok. Kondisi fisiknya sih memang sudah seperti bekas perang. Luka-luka di sana-sini.

      Sudah diservis akan rusak lagi dan pusat perbaikan resminya sedikit? Itu juga kurang tepat. Asalkan membeli ponsel Xiaomi bergaransi resmi dan ditangani oleh petugas di pusat perbaikan resmi, saya yakin kondisinya takkan separah itu. Jumlah pusat perbaikan resmi Xiaomi di Indonesia telah mencapai puluhan. Nggak bisa dibilang sedikit dong.

      Singkatnya, silakan melanjutkan niat membeli ponsel Xiaomi. Pastikan membeli yang bergaransi resmi. Daripada Xiaomi Redmi 4A, sebaiknya Anda meminang Redmi 4X karena spesifikasinya lebih tinggi. Memorinya pun lebih besar: RAM 3 GB dan ROM 32 GB.

      1. Waw terimakasih pak atas penjelasannya..
        Kalau dibandingkan antara Xiaomi Redmi 4X dan OPPO A37 lebih baik yg mana pak?

          1. wah kemarin saya ke erafone pak, sudah niat mau membeli Xiaomi Redmi 4X. Ketika saya sedang lihat lihat hp Xiaomi, ada SPG yg mengajak saya bicara mengenai Xiaomi. Akhirnya ya saya tanya – tanya lebih lanjut mengenai Xiaomi. Tapi SPG tersebut malah menjelek-jelekkan Xiaomi. Dia bilang bahwa Xiaomi Redmi 4X itu body nya masih aluminium jadi cepat bikin hp panas. lalu dia bilang kalau pakai Xiaomi data kita, tidak bisa dipindahkan jika mau ganti hp lain. Jadi harus dipindahkan dengan sebuah aplikasi. MIUI nya pun sering upgrade. Lalu ada Xiaomi account (atau apa ya saya lupa) yg membuat data kita jadi ada 2 secara otomatis, jadi akan memakan banyak memory. Dia juga bilang banyak temannya yg ganti hp setelah pakai Xiaomi beberapa bulan. Lalu dia menawarkan saya merk Huawei, dia membandingkan antara Xiaomi dengan huawei. Saya sih tidak tertarik dengan Huawei, Karena bodynya pun tidak saya suka. (Karena yg saya lihat itu, Kamera, RAM, dan design bodynya). Diapun semakin gencar menawarkan Huawei kepada saya dan membanggakan huawei. setelah saya lihat bajunya ternyata dia SPG Huawei haha pantas saja. Saya jadi kesal dan tidak jadi beli hp disitu. Disitu pun saya cari cari SPG Xiaomi tidak ada, adanya SPG Samsung, OPPO, Huawei. Karena memang sedang ramai penggunjung juga. Jadi mungkin saya akan ke erafone empat lain.

          2. Bu Sari,

            Ya begitulah sekarang kondisi pasar. Karena itu, ketika akan berangkat ke toko ponsel, lebih baik sudah menetapkan ingin membeli ponsel tipe apa. Apa pun yang terjadi di toko, tetaplah membeli ponsel tersebut.

          3. Saya coba ikut menjawab ya Pak Herry dan Bu Sari.
            Kebetulan saya baru saja membeli Redmi 4X. Memang bahannya metal tp tdk terasa panas sama skali tuh… Mungkin panas atau tidak itu tergantung aplikasi yg dijalankan dan kestabilan sinyal operator masing2 ya…
            Selain itu kalo Bu Sari beli Redmi 4X tdk utk main game, saya rasa sudah cukup sih Bu dan ketahanan batrenya yg mnrt saya merupakan nilai plus dr HP ini, bener2 awet…

  67. koh herry mau tanya boleh saya lagi bimbang nih mau meminang xiaomi redmi 4x garansi resmi atau sony xperia XA1 (yang kebetulan tidak rilis di Indonesia) sebelumnya saya pengguna xiaomi mi4i 2 tahun terus tiba tiba matot padahal pemakaian sudah baik mencharge pun dalam keadaan mati mau ambil xiaomi agak takut utk pemakaian jangka lama tapi mau ambil sony jika terjadi kerusakan sparepart agak sulit dicarinya karena barang tidak rilis di indo. ada solusikah koh herry?

    1. Pak/Bu Nanda,

      Saran saya singkat saja. Pastikan membeli ponsel bergaransi resmi dan abaikan ponsel tanpa garansi resmi.

      1. Kalau resmi 4x dan infinix zero 3 koh? Untuk kamera depan gimana? Kelemahan dibatre ya koh kalo infinix zero 3? Tapi pemakaian normal hanya socmed saja gimana koh?

        1. Pak/Bu Nanda,

          Resmi 4x? Mungkin yang dimaksud Redmi 4X ya? Saya belum eksplorasi mendalam. Kamera depan Zero 3 sih tidak istimewa.

          Tergantung seberapa tinggi pemakaian medsos Anda. Kalau tak terlalu tinggi, mestinya baterai Zero 3 masih bisa bertahan mulai pagi sampai petang.

  68. untuk dana paspasan lebih baik beli redmi 4x 2/16 atau beli redmi 4a 2/32 ? trima kasih sebelumnya

  69. Bang Herry,
    mau tanya nih, tapi tanyanya banyak banget gapapa kan hehehe
    1. Mendingan beli xiaomi redmi 4X atau redmi note 4?
    2. Kameranya bagus yg mana? redmi 4X atau redmi note 4?
    3. Klo di jogja belinya dimana ya yg ada garansi resmi nya?
    makasih bang maaf klo pertanyaannya banyak hehe

    1. Bu Narinta,

      1 + 2. Tak tahu. Lha saya belum menguji pakai Redmi 4X.
      3. Bebas beli di mana pun. Namun, pastikan pada stiker di bagian belakang kardus ada keterangan Sat Nusapersada dan dibuat di Indonesia.

  70. halo koh Herry. Tolong tanya:
    1. Di Bukalapak ada yang jual Xiaomi resmi 4a ram 2gb Rom 32gb seharga 1,25juta tapi garansi distributor. berani mana koh, dengan membeli garansi resmi tapi harganya 1,5 -1,6 juta?
    2. Apakah jika garansi distributor itu barangnya lebih jelek? bukankah sama2 garansi 1 tahun? (apa yang membuat kuatir membeli barang garansi distributor)
    3. di Bukalapak, hisense pureshot+ masih tersedia seharga 1,4juta. lebih baik beli yang mana dibanding Xiaomi redmi 4a ini? setau saya, layar pureshot+ lebih baik sebab sudah kaca antigores.
    terima kasih koh.

    1. Pak Adi,

      1. Yang garansi resmi dong.

      2. Risiko membeli barang tanpa garansi resmi:
      * Unit yang didapatkan mungkin tidak 100% baru.
      * ROM atau versi firmware yang dipakai kurang stabil dan mengandung “ancaman”.
      * Spesifikasi ponsel yang diperoleh belum tentu cocok untuk dipakai di sini.
      * Aksesori yang disertakan mungkin tidak orisinal.
      * Layanan purna jual tidak jelas.

      3. Kalau Anda mengutamakan kamera, Pureshot+ boleh dibeli. Kalau kamera bukan prioritas utama, mending ambil Redmi 4A bergaransi resmi.

      1. terima kasih koh herry, saya malam tadi barusan ikuti saran memilih membeli xiaomi redmi 4a garansi resmi seharga 1.550.000,- (ram 2gb/rom 32gb) warna abu abu.
        pertanyaan saya: bagaimana cara nyalakan lampu latar untuk bagian back, home & recent app? sebab jika tanpa lampu latar, tanda tsb kurang jelas terlihat bagi papa yang gunakan ponsel abu2 ini.

          1. Koh, maaf tanya lagi. saya pengguna kartu tri. di hp xiaomi redmi 4a ini untuk internet saya setel “prioritas LTE”, tapi kenapa hasilnya tetap 3G? padahal dengan kartu tri yang sama, saya coba pakai hisense pureshot + dengan setelan “LTE only”, bisa dapat 4G LTE.
            Apakah bedanya?

          2. Pak Adi,

            Berarti, sinyal 4G LTE yang di lokasi Anda sebenarnya kurang kuat.

            Lha kok hasilnya bisa berbeda? Sebab, pengaturan jaringan di ponsel Anda juga berbeda.
            * Di Redmi 4A Anda atur prioritas LTE. Itu bermakna ponsel akan mengutamakan masuk ke jaringan LTE bila sinyalnya kuat. Kalau kurang kuat, ponsel lebih memilih masuk ke jaringan 3G.
            * Di Pureshot Anda memilih LTE only. Itu bermakna ponsel dipaksa masuk ke jaringan 4G LTE, tidak peduli sinyalnya kuat atau lemah.

  71. Mas, kalau dibanding E3 power bagus mana ya dari segi kegegasan dan kamera?

    Makasih sebelumnya mas.

  72. Pak Herry SW,

    Saya pengguna Redmi 3 Pro selama 1 tahun lebih sebagai HP ke-2. Lebih baik mana Pak dalam hal kegegasan & daya tahan baterai antara Redmi 3 Pro & Redmi 4A?

    Terima kasih.

  73. pak herry…kalo redmi 4a dicompare ma moto e3 power bagus mana?dr segala aspek…..galau soalny harganya kurang lebih

    1. Pak Yassir,

      Dari segala aspek mending Moto E3 Power. Apalagi, harga E3 Power saat ini hanya berbeda sekitar Rp 50 ribu dibandingkan Redmi 4A. Kalau dulu kan selisih harganya ratusan ribu rupiah.

    1. Pak Seto,

      * Dua nomor selalu siaga. Satu di antaranya berada di jaringan 4G LTE.
      * Trafik email sekitar 700 email per hari.
      * Saya rutin memakai ponsel untuk WhatsApp, Twitter, Facebook, browsing, dan sesekali Instagram.
      * Ponsel juga dipakai untuk bertelepon dan memotret.

  74. Pak Herry SW

    Redmi 4a jika sim1 aktif di jaringan 4G, maka sim2 nya aktif di jaringan apa? 2G atau 3G?

  75. Pak Herry,
    Saya user Redmi 4A, kenapa saya rasakan kamera sering blur ya bila pakai kamera belakang, setelah saya update firmware terbaru, hasilnya belum membaik. Bagaimana menurut saran Pak Herry?

    1. Pak Michael,

      Pastikan ponsel tidak bergoyang saat Anda menjepret. Bila masalah berlanjut, mampir ke pusat perbaikan resmi untuk dicek.

  76. Pak Herry,
    *Kalo ingin membeli Xiaomi Redmi 4A daerah Surabaya dimana ya ?
    *Selain Xiaomi merek apa yang menurut bapak hp terbaik di harga 1jt – 1,8 jt ?

  77. Om Herry, xiaomi 4A ini bisa dipakai di luar negeri kan? Spt Arab Saudi misalnya? Tp yg sy beli msh garansi distributor(Bless). Makasih om..

    1. Bu Maria Agustin,

      Setahu saya belum ada ponsel bernama Xiaomi 4A. Apakah yang Anda maksud Xiaomi Redmi 4A? Seharusnya bisa dipakai di Arab Saudi.

      1. Pagi om Herry, kayanya ini pertanyaan agak telat si, tapi penasaran karena saya pengguna baru Xiaomi, baru aja beli redmi 4A garansi resmi tam, baru dinyalain beberapa hari dan miui-nya update otomatis. Pertanyaan saya adalah :
        1. Apakah update-tan MIUI itu berdampak buruk?(karena teman saya punya redmi 3pro setelah update sinyal 4g hilang)
        2. Sebaiknya disetting update otomatis atau tidak?
        Itu saja om pertanyaan saya

        1. Pak Senja,

          1. Asalkan menggunakan unit bergaransi resmi, tak berdampak buruk.

          2. Garansi resmi kan? Update otomatis saja deh.

  78. garansi resmi om, TAM , tadinya sempet ditawarin yang distributor, tapi setelah baca review om disini seblum beli, tetap minta garansi resmi, terimakasih om herry atas jawabannya.

        1. Pak Azi,

          Alasannya ya karena setelah saya coba, dengan selisih harga hanya Rp 50 ribu lebih mahal, Moto E3 Power lebih bagus. Kamera oke, daya tahan baterai juga lebih awet.

    1. Pak Rio,

      Anda mengetahui mendapatkan update MIUI terbaru dari notifikasi di ponsel? Kalau iya, langsung saja mengikuti panduan update yang tersaji dl layar.

  79. Salam kenal om herry, baru pertama baca blog nya om herry. Tapi telat bacanya, karena saya baca setelah beli redmi 4a yg 32 gb hehehe. Saya beli garansi resmi seharga 1,499 juta di bulan juli. Kalo boleh mau nambah sedikit kekurangan gadget ini:
    1. Bodi terasa kurang kokoh saat digenggam. Buat saya terasa kayak mau jatuh saat dipegang, mungkin karena bobotnya yg terlalu ringan buat saya. Solusi bisa ditambah case tambahan biar terasa mantap digenggam
    2. Kamera belakang kurang mantap di dalam ruangan, solusi bisa pakai opsi hdr. Tapi kalo pake hdr, harus nunggu sekian detik setelah memotret
    3. Miui buat saya agak ribet dipakainya, meski tampilan oke. Ini mungkin faktor kebiasaan aja, secara saya sebelumnya pakai zenfone 4.
    Maap om jd kepanjangan komennya. Semoga berkenan

  80. koh apa iya, layar xiaomi redmi 4a agak cenderung pucat dibandingan layar xiaomi redmi 4x meskipun diatas kertas spesifikasi layarnya sama? tapi layar xiaomi redmi 4a memang pucat kah, sy lihat review d youtube agak pucat…thanx

  81. Pak Herry, klo bugdet 1,5jutaan pengen hape dengan kamera yg bagus apa ya pak?
    πŸ˜€ Thanks before atas jawabannya.

      1. Terimakasih pak Herry atas jawabannya meskipun OOT saya tanya disini. Hehe… πŸ™‚
        Langsung liat review-nya pak herry nih…

  82. Om herry saya sdh mengupdate MIUI terbaru versi 8.5 tapikok ada apl yg memiliki ancaman namanya APL nya mi Credit saat saya seken pakek apl anti virus dan sya ingin mecopot nya tpi tdk bisa gmana ya solusi nya mo herry? Agar aman trm…

    1. Pak Rio,

      Coba cek nama pengembangnya. Kalau asli dari Xiaomi, abaikan saja. Nggak perlu risau. Antivirus kadang juga bisa ngaco.

  83. Pak Herry, ditunggu review Xiaomi redmi note 5A ya? Katanya sih mirip sama redmi 4A, cuma beda layar sama slot sim cardnya. Harga resminya juga sama. Terima kasih.. πŸ™‚

  84. Mas, saya bingung antara Redmi 4A atau 4X 32GB.
    Saya pakai buat segala aktivitas, gaming, medsos dan browsing.
    Saat ini saya pakai ASUS ZF 4, niat ganti karena kapasitas memori internal dan jaringan tidak support 4G LTE.
    Sedangkan saya cuma punya budget mahasiswa. Dan saya gk punya niatan untuk jual asus saya.
    Kalau saya pilih 4A saya khawatir baterai yang kurang memadai.
    Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *