Review Xiaomi Redmi 4X: Kecuali Kamera, Pilihan Terbaik di Bawah Dua Juta

Awalnya penulis alias HSW sama sekali tak menyangka Xiaomi Redmi 4X memiliki kemampuan 4G-3G secara simultan. Ketika dua nomor dibiarkan siaga bersamaan, baru ketahuan kalau ponsel itu memiliki kemampuan tersebut.

Ditambah kombinasi kapasitas RAM-ROM, baterai yang tahan lama, sensor sidik jari, dan fitur remote control, jadilah Redmi 4X menjadi pilihan terbaik di rentang harga kurang dari Rp 2 juta. Untunglah performa kamera ponsel itu kurang memuaskan. Seandainya kamera Redmi 4X juga jempolan, kasihan ponsel lain yang hanya akan menjadi penghuni etalase toko. Ha… ha… ha….

Di Indonesia, Redmi 4X diluncurkan bersamaan dengan Redmi Note 4. Ia dibekali layar IPS lima inci beresolusi HD 1.280 x 720 piksel. Penggunaan Corning Gorilla Glass membuat permukaan layar ponsel itu relatif lebih tahan terhadap goresan.

Konektor handsfree berkabel dan inframerah yang berfungsi sebagai pengendali jarak jauh (remote control) aneka perangkat elektronik dapat dijumpai di sisi atas ponsel. Sedangkan di sisi kanan, terdapat tombol volume dan power. Speaker dan konektor micro USB ditempatkan di bagian bawah ponsel.

Di samping kiri bodi Redmi 4X, pengguna bakal menemukan selot kartu yang menganut prinsip 3-pilih-2. Pengguna bebas memasangkan kombinasi kartu micro SIM dan nano SIM atau micro SIM dan kartu microSD.

Bila pengguna menyelipkan sepasang kartu SIM, dua nomor itu dapat siaga bersamaan. Nomor mana pun yang dipakai berinternet leluasa masuk ke jaringan 4G LTE. Sedangkan satu nomor lainnya masih bisa menduduki jaringan 3G.

Hal itulah yang di bagian atas tulisan ini HSW sebut sebagai kemampuan 4G-3G simultan. Fitur tersebut kian lama kian bermanfaat karena kinerja jaringan 2G aneka operator cenderung memburuk. Nomor yang sedang siaga di jaringan 2G relatif sulit dihubungi.

Sedikit informasi tambahan, Redmi 4X mendukung layanan 4G LTE band 1, 3, 4, 5, 7, 8, 20, 38, dan 40. Kalau diterjemahkan dengan bahasa yang lebih sederhana, ponsel itu siap dipakai menikmati layanan 4G LTE semua operator di Indonesia, termasuk Smartfren.

Prosesor delapan inti (octa core) Qualcomm Snapdragon 435 MSM8940 1,4 GHz, Wi-Fi, bluetooth, GPS, RAM 3 GB, dan ROM 32 GB merupakan penggalan spesifikasi lain Redmi 4X. Saat kali pertama diaktifkan, memori internal ponsel itu masih tersisa 24,28 GB.

Di ponsel bersistem operasi Android 6.0.1 Marshmallow itu, pengguna juga akan menjumpai sensor sidik jari, radio FM yang siarannya bisa direkam, maupun fitur second space dan dual apps. Ketika digunakan HSW sebagai ponsel utama, baterai tanam 4.100 mAh di Redmi 4X rata-rata mampu bertahan selama 32 jam.

Kamera utama ponsel itu beresolusi 13 megapiksel. Bila difungsikan sebagai perekam video, kamera dengan fokus otomatis dan lampu kilat tersebut mampu menghasilkan klip video full HD 1080p. Selain mode otomatis, tersedia berbagai pilihan mode yang dapat dijajal pengguna. Misalnya, panorama, manual, straighten, dan beautify.

Untuk berswafoto, pengguna tinggal memanfaatkan kamera depan yang beresolusi lima megapiksel. Kamera itu tanpa fokus otomatis maupun lampu kilat. Resolusi klip video yang sanggup diproduksi maksimal HD 720p.

Enak dipandang, nyaman digenggam, gegas kala dioperasikan, dan “tidak banci” charger merupakan rangkuman hasil uji pakai Redmi 4X. Karena pernah ada yang menanyakan kinerja GPS-nya, inilah jawaban HSW: baik-baik saja. Lancar dan cepat mengunci lokasi.

Asal tahu, bila HSW tidak khusus membahas GPS di naskah review, berarti kinerja GPS di ponsel itu baik-baik saja. HSW baru akan spesifik mengupasnya jika ditemukan kondisi yang tidak biasa. Misalnya, GPS suatu ponsel saat dijajal ternyata sangat lama dalam mengunci lokasi. Lokasi yang ditunjukkan pun tak akurat.

Menurut HSW, kelemahan utama Redmi 4X terletak di kamera. Foto yang dihasilkan hanya pantas disebut bagus kala ponsel dipakai memotret objek dalam jarak dekat di lokasi yang terang. Selain itu, foto yang diproduksi pantas dilabeli kurang memuaskan.

Ada dua hal lagi yang berpotensi mengurangi daya tarik ponsel berdimensi fisik 139,24 x 69,96 x 8,65 milimeter dan berat 150 gram itu. Pertama, tidak tersedia fitur ketuk layar dua kali untuk mengaktifkan layar (double tap to wake up).

Bukankah tinggal memanfaatkan sensor sidik jari? Betul, Redmi 4X dibekali sensor sidik jari yang memungkinkan pengguna mengaktifkan sekaligus membuka pengunci layar dengan lebih cepat. Namun, saat ponsel diletakkan di meja dan pengguna ingin mengintip layar, ketersediaan fitur ketuk-ketuk layar terbukti sangat bermanfaat.

Kedua, saat menjalankan aplikasi tertentu, contohnya Instagram dan Twitter, warna baris notifikasi kurang kontras. Nyaris sama dengan putihnya latar belakang aplikasi. Hal itu mempersulit pengguna melihat kondisi sinyal atau baterai.

Saat ini Xiaomi Redmi 4X bergaransi resmi dibanderol Rp 1,999 juta. Kalau kinerja kameranya diabaikan, bagi HSW, ponsel itu merupakan pilihan terbaik di rentang harga kurang dari Rp 2 juta. Mengacu kepada preferensi pribadi dan survei asal-asalan kepada orang di sekitar HSW, Redmi 4X warna hitam lebih menawan ketimbang warna emas lho.

***

Inilah contoh hasil jepretan kamera Redmi 4X. Semua dijepret menggunakan mode otomatis dan tanpa lampu kilat, kecuali disebutkan khusus. Olah digital yang dilakukan hanya resize foto dan kompresi ukuran file.

Foto bunga di bawah ini dijepret menggunakan mode straighten.

Membandingkan hasil jepretan pada pukul 17.30 dengan setengah jam kemudian.

Mencoba kamera depan.

***

Screen capture Antutu Benchmark, Android Sensor Box, dan kondisi awal RAM.

245 thoughts to “Review Xiaomi Redmi 4X: Kecuali Kamera, Pilihan Terbaik di Bawah Dua Juta”

  1. Pak Herry,
    redmi 4x ini apakah dilengkapi dengan pilihan ‘4g only’ pada pilihan tipe networknya?
    bila tidak, apa mungkin pak Herry pernah mengetahui merk lain yg memiliki fitur 4g only selain hisense pureshot/pureshot plus dan infinix zero 3 maupun 4. terima kasih.

    1. Pak David,

      Tidak. Kalau ingin mengunci 4G only Anda harus mengetikkan kode-kode khusus.

      Yang terbayang di benak saya sih Infinix, Pak.

  2. Sebelumnya terima kasih ya pak karena telah mengulas smartphone ini. Saya setuju dengan pernyataan pak Herry mengenai kamera dan absennya double tap to wake. Sepertinya fitur double tap to wake ini bisa diaktifkan oleh pihak pengembang, namun yang pasti semua tergantung oleh keputusan Xiaomi. Semoga saja hal tersebut bisa terwujud beserta pilihan warna LED yang juga absen di smartphone ini walaupun hardware-nya mampu menghasilkan warna lain selain warna putih.
    Disini saya ingin bertanya pak, sepertinya bapak menggunakan proteksi layar dari foto tampilan depan smartphone ini. Proteksi layar apa yang bapak gunakan di Redmi 4X? Sekarang saya memakai “tempered glass” murah full color dan saya sangat kecewa karena memperburuk respon sentuhan dan mempunyai efek pelangi yang mengganggu dikala kondisi dibawah terik matahari.

    1. Pak Rocky,

      Saya memakai screen protector biasa kok, bukan tempered glass. Bagian tepi Redmi 4X agak melengkung sehingga tak bisa dipadukan dengan tempered glass. Entah kalau kelak ada produsen yang mengeluarkan tempered glass premium.

    1. Pak Erwin,

      Redmi Note 4. Sebab, kalau dipakai multitasking, Redmi Note 4 terasa lebih gegas daripada Redmi 4X. Kameranya juga sedikit lebih bagus.

    2. Lebih prefer ke redmi note 4 Snapdragon…
      Kalau bisa sih saran cri yg punya sensor Sony (imx), cek sensor kamera di aida64.

      Pak HSW, apakah Xiaomi sekarang service centernya tidak dipegang lagi oleh Unicom dan telah diambil oleh oleh TEAM? Terima kasih

      1. Pak Marque,

        Masih Unicom kok. Khusus di tiga kota (Semarang, Bogor, dan Medan), selain Unicom, ada pusat perbaikan resmi yang dikelola TAM. Saya sih lebih percaya dengan Unicom.

  3. om, redmi 4x vs redmi note 4 menang mana dalam hal:
    1. kinerja kamera?
    2. kinerja secara keseluruhan?
    3. kegegasan?

    untuk smartphone dibawah 2 juta yang terbaik apa y om?

    trims..

    1. Pak Leno,

      1 + 2 + 3. Redmi Note 4.

      Dengan mengabaikan kamera, Redmi 4X. Kalau menomorsatukan kamera, ada Infinix Zero 3.

  4. Pak HSW, apakah layar redmi 4x masih perlu ditambah tempered glass?, kalo tdk salah pinggir layarnya agak melengkung jd tempered glass/anti gores tdk dpt menempel sempurna

    1. Pak Rere,

      Sebaiknya tetap ditambahkan pelindung layar, tetapi bukan yang tempered glass. Sebab, tempered glass takkan bisa melekat dengan sempurna di permukaan layar Redmi 4X. Kalau antigores biasa dapat melekat sempurna kok. Saya sudah membuktikannya.

        1. Pak Daniel,

          Tanpa merek. Lupa harga berapa karena saat itu saya membeli beberapa macam screen protector sekaligus. Mungkin Rp 40 ribu.

  5. “Kedua, saat menjalankan aplikasi tertentu, contohnya Instagram dan Twitter, warna baris notifikasi kurang kontras. Nyaris sama dengan putihnya latar belakang aplikasi. Hal itu mempersulit pengguna melihat kondisi sinyal atau baterai.”

    Biasanya masalah seperti ini di ponsel Xiaomi akan disembuhkan pada update MIUI berikutnya, hal tersebut sudah 2 kali saya alami semasa pakai ponsel Xiaomi. Asal jangan lupa “report as bug” dan berharap di update selanjutnya terselesaikan. Terimakasih untuk review yang menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar mas HSW 🙂

  6. Pak Herry,
    Bila dibandingkan dengan redmi 4A lebih worthed mana ya?
    Kamera lebih bagus mana?
    Thanks ya.

  7. Ko herry mau nanya..
    Kenapa hampir setiap ponsel baru
    Kapasitas ramnya sudah terpakai setengah atau bahkan kurang, Berapapun ram bawaannya.
    Ex : ram 1 GB,
    Sisa tinggal 400-500MB
    ram 2GB
    Sisa tinggal 900-1000MB.

  8. Siang koh…klo dbandingin sama xiaomi redmi note 4 mending mana koh?dr segi kgegasan dan layar?
    Trus redmi note 4 apakah pake corning gorilla glass jg sperti redmi 4x ini?
    Trims jwabanny..

    1. Pak Nabildigresik,

      Kegegasan lebih unggul Redmi Note 4, meskipun Redmi 4X sebenarnya masih layak dibilang gegas. Layar sih relatif imbang.

      Di lembar spesifikasi resmi tak ada keterangan Redmi Note 4 menggunakan Corning Gorilla Glass atau bukan.

  9. Bila dibandingkan dengan kamera Xiaomi Redmi Note 4 Garansi Resmi, untuk sektor kamera bagus mana pak? Apakah Snapdragon 625 di Xiaomi Redmi Note 4 berpengaruh cukup signifikan? Misal performa baterai?

    1. Pak Bahrul,

      Lebih bagus kamera Redmi Note 4.

      Tidak sangat signifikan. Yang paling terasa berbeda sih saat digunakan multitasking. Redmi Note 4 terasa lebih gegas.

  10. 1. Lebih baik daya beterai xiaomi redmi 4x ato xiaomi redmi note 4?
    2. Apakah HSW akan mereview lenovo p2 dan gawai dari nubia?
    3. Apa HSW berniat mereview mifi?
    4. Untuk saat ini mifi apa yg HSW sarankan? Unlock maupun lock operator tidak apa, saya sedang mencari mifi

  11. siang Ko Herry SW

    wah mantab juga nih HP. sayang kameranya kurang. 🙁
    kalo spek dan harga seperti Xiaomi Redmi 4X tp kamera juga bagus apa ya ko?
    thank you

  12. “Kedua, saat menjalankan aplikasi tertentu, contohnya Instagram dan Twitter, warna baris notifikasi kurang kontras. Nyaris sama dengan putihnya latar belakang aplikasi. Hal itu mempersulit pengguna melihat kondisi sinyal atau baterai.”

    Bug ini memang terjadi di semua Xiaomi pak. Nanti bug ini akan di fix di versi MIUI berikutnya, sehingga warna notifikasi akan menjadi warna hitam saat membuka aplikasi diatas.

  13. Kamera depannya ketika dipakai 3rd party application ok2 aja kah Pak Herry?? Di Redmi 3/Prime dan Redmi Note 3 ada bug soalnya kalau pakai aplikasi (bukan app kamera native) kamera depan sangat gelap.

    Oh iya, pengalaman di Redmi 3 Prime, saya punya 2, kamera utamanya ternyata ada perbedaan parts, yg 1 jauh lebih baik drpd yg 1 lagi. Padahal sama2 garansi resmi, hanya beda batch produksi. Thanks

  14. Koh HSW mau nanya klo beli redmi 4x yg garasi distributor /black market apa sinyal 4g bisa dipakai di indonesia…?

    1. Pak Elvin Prasetyo,

      Pasangkan ke selot SIM1, kunci di 4G only via menu *#*#4636#*#*, lalu buatlah profil APN baru.

      APN: smartfren4G
      Username: smartfren
      Password: smartfren

      Untuk mengecek sisa kuota, Anda tinggal menginstalasikan aplikasi My Smartfren.

  15. pak herry,
    maaf pertanyaan saya diluar topik.kenapa xiaomi redmi 3s kog sekarang gak dijual lg di erafone..?
    terimakasih atas jawabannya

  16. Koh HSW,

    Kalau dari segi daya tahan baterai saja, kira-kira lebih lama mana antara Redmi 4X dengan Redmi Note 4 dengan penggunaan biasa (chat, medsos dan browsing)?

    Redmi 4X support USB OTG, Koh?

  17. om HSW
    mau tanya xiaomi redmi 4A bisa pake 4G smartfren gak ya?
    liat” di kasks tulisannya bisa smartfren 4G+VoLTE
    di coba pake kartu smartfren tanpa kuota dpt signal tp begitu dibelikan smartfren signalnya dapet tp tidak bisa buat internet meskipun sudah di ganti ke LTE only lewat kode

    1. Pak Dvdstywn,

      Redmi 4A bisa menikmati layanan internet 4G LTE Smartfren. Caranya, pasangkan ke selot SIM1, kunci di jaringan 4G LTE only (Anda sudah tahu ini, bukan?), dan buatlah profil APN baru.

      Yang perlu diketikkan di profil APN baru:
      * APN: smartfren4G
      * Username: smartfren
      * Password: smartfren

      1. sudah di ganti ke LTE only
        sudah dibuatkan APN sesuai dengan yg ada di kemasan kartu dan sama yg di sebutkan om HSW
        setelah dilakukan muncul yg singal tumpuk 2 seperti gambar yg saya ambil dr google (https://goo.gl/images/9AzpBz) tetapi saat di test ke google tidak bisa connect
        sudar restart HP tetap tidak bisa

        1. Pak Dvdstywn,

          Hmm… aneh. Redmi 4A Anda bergaransi resmi? Kartu perdana Smartfren-nya benar kartu perdana 4G LTE?

          1. resmi TAM
            kartunya saya yakin 4G karena sudah di coba di samsung J7 prime dan J5 dapet signal semua
            dan yang J7 prime mendapat voLTE

          2. Pak Dvdstywn,

            Hmmm… aneh nih. Coba mampir ke pusat perbaikan resmi Xiaomi deh. Minta tolong petugas di sana untuk memeriksa ponsel Anda.

  18. Malam pak..mau tanya..
    1.jika kelak dapat update apakah kira2 kameranya bisa lebih baik lagi pak?
    2.layanan garansi xiaomi dengan infinix bagus mana?
    3.apakah baterai infinix zero 3 tergolong boros?kira2 tahan berapa jam?
    Terima kasih pak.sukses selalu.

    1. Pak Yoga Sidoarjo,

      1. Mungkin ya, tapi takkan signifikan.
      2. Relatif imbang.
      3. Yang pasti takkan cukup seharian penuh. Saya lupa tepatnya. Kira-kira 12 jam.

  19. Om, saya usul :
    1. pada bagian atas setiap tampilan halaman diberi link yg selalu muncul (Rekomendasi HP Terbaik) ke satu halaman Khusus yang memberikan info mengenai handphone terbaik menurut Om, jadi pembaca tidak perlu lg menanyakan hal tersebut berulang-ulang.

    2. Jika dikabulkan, mungkin dihalaman rekomendasi hp tersebut dibuatkan tabel perbandingan dari beberapa hp yg pernah Om uji coba dengan beberapa kriteria (kamera, kegegasan, kenyamanan pemakaian, baterai dan lain-lain) biar lebih jelas dan mengurangi pertanyaan selanjutnya.

    Terima kasih.

    1. Pak Eddy,

      Terima kasih atas usulannya. Usul tak dapat diwujudkan karena rekomendasi ponsel terbaik yang ditanyakan itu biasanya bersifat spesifik. Beda penanya beda kriteria.

      1. Umumnya banyak yg menanyakan Terbaik berdasarkan harga dgn kriteria secara keseluruhan, Misalnya hp Terbaik dibawah 1,5 jt : xiaomi Redmi 4a, dst… dibawah 2 jt : infinix zero 3, dst… mgk info itu Saja sdh cukup ditampilkan secara highlight atau sekilas info yg selalu Di update jika ada hp baru yg diuji. Bikin model tulisan berjalan seperti Di tv itu loh Om, keliatan bagus dan informatif. Cuma Saran Saja sih hehehe…

        1. Pak Eddy,

          He… he… cara bikin tulisan berjalannya itu yang saya tak tahu. Usulan diterima, tapi konfirm takkan saya realisasikan.

  20. Mengkoreksi sedikit mas, saya baru selesai mengotak atik xiaomi redmi 4x ini, dan setelah di setting kita dapat mengoperasikan ketuk dua kali

    1. Pak Deri,

      Redmi 4X Anda bergaransi resmi atau tidak? Boleh tahu posisi menu untuk mengaktifkan ketuk-ketuk layar ada di sebelah mana?

  21. Koh Herry, saat ini kan dijual juga redmi 4x ram 4gb namun tidak resmi alias dengan garansi distributor saja. Untuk kinerja apakah signifikan bedanya dengan yg ram 3gb?
    (Atau bisa dibandingkan dengan ponsel ram 4gb lainnya)

  22. Di HP saya Hisense Pureshot Lite, saat digunakan untuk Instagram, persis seperti itu.
    Background di baris notifikasi warnanya persis sama dengan status sinyal, baterai, dan lainnya.

  23. hai pak hsw,
    mau tanya kalau tampa memandang harga di bandingkan dengan blackberry aurora menurut bapak bagaimana

    jika pakai kartu smartfren dan tidak ada sinyal cdma apakah no bisa di hubungi

    1. Pak Samuel Sappa,

      Kamera lebih bagus Aurora. Kinerja keseluruhan lebih bagus Redmi 4X.

      Tak dapat sinyal CDMA tetap bisa telepon, asalkan VoLTE-nya aktif.

  24. Pak HSW saya prnh membaca tulisan anda yg menyebutkan lebih baik melakukan factory reset saat ada major update,, nah
    1 apakah saat melakukan reset factory tsb kita membuat cadangan app n kontak di perbolehkan?
    2 Ato lbh baik reset factory tnpa mlkukan cadangan?
    3 Apkah akn brpengaruh ke kinerja gawai stelah update n reset factory?
    4 untk gawai asus zenfone zoom s, apkah pergantian layar mempunyai syarat? Atau smua gawai tsb akn diganti layar oleh SC asus tnpa syarat kalu trkena white line
    Trimakasih

    1. Pak Jefri,

      1. Sebaiknya tidak. Untuk kontak kan sudah ada backup-nya di akun Gmail.
      2. Betul sekali.
      3. Biasanya ya. Terasa lebih optimal.
      4. Asalkan ada garis putih dan bergaransi resmi, bakal diganti layar oleh pusat perbaikan resmi Asus.

  25. maaf OOT om,
    apa benar layanan service center xiaomi di indonesia saat ini dipegang oleh TAM? karena setau saya layanan sc xiaomi itu dipegang unicom, TAM sendiri hanya sebagai distributor, atau unicom itu memang TAM? mohon pencerahannya om
    Terimakasih,

    1. Pak Anugrah,

      Kondisi saat ini, mayoritas ditangani Unicom.

      Khusus di tiga kota (Medan, Semarang, dan Bogor), selain Unicom ada pula pusat perbaikan resmi yang ditangani TAM.

      Unicom dan TAM adalah dua perusahaan yang berbeda.

  26. Saya curiga dg Xiaomi, hemat baterainya kok luar biasa banget, jangan-jangan mereka kerja sama dg ironman? Wkwk. Baterai yg menjadi delima saya antara infinix sama Xiaomi, yg satu bisa seharian yg satu kok cuma tulisan. Nunggu Infinix note 4 rilis, siapa tau Mbah HSW mengulasnya.

  27. pak minta rekomendasi dong mungkin beberapa hp yg kamera belakangnya paling bagus rentan harga 2-3jt
    terimakasih

    1. Pak Boby,

      Saya urutkan mulai harga termurah ya:
      * Infinix Zero 3 Rp 1,999 juta. Bisa dianggap Rp 2 juta deh.
      * Huawei P9 Lite. Sekitar Rp 2,8 juta.

  28. Fungsi dual sim 4G-3G sepertinya akan sangat penting beberapa tahun ke depan. Awal bulan Juli ini saya main ke Jakarta bawa Zenfone 3 Max 5.2 inch 2/16 yg 4G-2G terasa sekali jika ke mal sim 2G sering kehilangan sinyal. Intinya outdoor dan di jalan masih tidak problem, tapi dalam gedung sinyal bisa hilang sama sekali

    1. Pak Ade Yulian,

      Yang saat ini masih mudah ditemukan di pasar:
      * Redmi 3 Prime
      * Redmi Note 3
      * Redmi 4A
      * Redmi 4X
      * Redmi Note 4

  29. Salam pak harry,bagus mana kamera xiaomi redmi 4X dari xiaomi redmi 3S pak Herry dan apakah infinix zero 3 sudah dapat versi XOS pak Herry

    1. Pak Rudi,

      * Tak tahu. Saya tak pernah pakai Redmi 3S.
      * Tak tahu. Saya sudah lama berpisah dengan Zero 3.

  30. prosesor snapdragon 435
    dibanding mediatek 6750
    lebih gegas mana om
    untuk kualitas kameranya
    tidak sebagus xiaomi mi4i yah

    1. Pak Hiro,

      Nggak bisa langsung diputuskan di atas kertas gitu deh. Mesti dicoba. Ada banyak hal yang mempengaruhi.

      Ya, kamera Redmi 4X tidak sebagus Mi 4i.

  31. Trima kasih reviewnya Pak HSW,
    Sudah terpikir beli HP ini untuk ayah saya. Hanya masi timbang2 dengan yang note. Sedikit keluar topik, usul jika di bagian menu tips, ada info untuk info paket internet yg murah dari operator2 yg ada di Indo. Tx

    1. Pak Semmy,

      Terima kasih atas usulannya. Tip tersebut takkan saya buat karena:
      * Sangat sering berubah.
      * Untuk operator tertentu, beda lokasi bisa berbeda paket dan tarif.

    1. Pak Fin,

      Itu variasi kata saja. “Tidak banci” charger bermakna daya tahan baterai awet. Tidak perlu sering di-charge.

  32. koh maaf saya tanya please bales xiaomi mi6 atau oneplus 3t? tanpa garansi kebutuhan saya 1.performa 2.layar itu saja mengingat saya ingin main game dan menonton video

        1. Pak Adi,

          Yang bergaransi resmi tidak bisa karena terkendala TKDN. Yang tanpa garansi resmi biasa karena melanggar aturan.

  33. Koh Herry,
    Bener ya? Layarnya dilapis gorila glass, tapi nga tau typenya.
    Sudah pernah dites? Pake kunci misalnya?

  34. Pak mau nanya tapi keluar dari topik
    bisa kasih saran hp 2-3jutaan yang kameranya bagus?
    makasih pak hehe

  35. Malam pak Herry

    Bulan mei boyong hp ini di mistore pim sebagai gawai kedua setelah ip4,7
    So far ok banget terutama kehandalan batray
    Untuk TempGlass ada seller di surabaya yg jual model 3d dan menutup layar lengkungnya
    Oot pak herry
    apakah ada info bb keyONE akan masuk resmi di Indo?

    Terimakasih

    1. Pak Motolovers,

      Yang jual tempered glass Redmi 4X-nya di mana, Pak? Harga berapa? Apakah layar tetap responsif terhadap sentuhan?

      Hmmm… nggak yakin deh.

  36. Pak HSw,
    Mau nanya niy.. saya mau beli hp
    Mengutamakan kegegasan multitasking dan batere yang lumayan awet.. tapi ga mau xiomi karena saya kalau pake sering sembrono jadi harus kokoh ga ringkih dan awet. Mending asus zenfone 3 max zc520TL apa infinix zero 3. Atau ada kandidat lain (budget dibawah 2jt)
    Trimakasih om..

    1. Pak Fanny,

      Saya merekomendasikan Xiaomi Redmi 4X. Harga Rp 1,999 juta. Omong-omong, saya malahan baru tahu kalau ada ponsel bermerek Xiomi lho.

      ZC520TL tidak segegas Redmi 4X. Zero 3 gegas, tetapi baterainya tak seawet Redmi 4X.

  37. Nambahin om HSW,
    Mbandinginnya
    Asus zenfone 3 max 3/32gb sama infonix zero 3 3/16gb ya…
    Trimakasih.. asli lagi galau milih hape..

  38. Aduh om HSw, mau nambahin lagi.. ternyata infinix zero 4 lagi diskon di lazada jadi 2.999jt … trus saya milih mana ya om, liat value for money nya om. Asus zenfone zc520tl 3/32, infinix zero 3 3/16 atau zero 4 3/32… makasih om, maaf ngerepotin

  39. maaf om herry mau tanya diluar topik

    minta saran, saya mau beli ponsel layar minimal 6 inchi atau tablet juga gak masalah

    keperluan buat browsing saja sama membaca dokumen dan mengamati lembar kerja excel,word

    dana ada 2,5 juta

    terima kasih

  40. pak herry,
    tanpa memperhatikan jaringan 4G,mending pilih xiaomi redmi 4a atau xiaomi redmi note 3..?
    terimakasih atas jawabannya

  41. pak herry,

    didaerah saya kan belum tercover jaringan 4g,apakah xiaomi redmi 4x dan xiaomi redmi note 4 bisa simultan 3g dan 3g pada slot sim 1 dan 2 nya..?

    terimakasih atas jawabannya

  42. Wah, tidak disangka Pak HSW mereview ponsel ini. Saya rutin membaca review bapak jika sdg tertarik pasa suatu tipe, namun untuk kali ini keduluan : saya sudah beli sebelum direview.

    Sepakat dengan bapak, kamera jadi setitik nila bagi redmi 4x. Bahkan Asus Padfone S saya yg sudah lama masih lebih bagus.

    Disisi lain, juga ada satu lagi kekurangan redmi 4x yg saya rasakan.. yaitu kurang kuatnya putaran musik via bluetooth. Sebagai perbandingan, ketika di Samsung Note 4 saya hanya perlu menyetel volume 3 untuk mendapatkan putaran musik yang pas. Di redmi 4x, harus volume 8.

    Tetapi dibandingkan mi max yg dulu sempat saya pakai, redmi 4x terasa lebih nyaman.

    Terimakasih.

    1. Pak Hari,

      He… he… Saya sebenarnya sudah punya Redmi 4X sejak Mei 2017. Namun, kan harus antre dulu.

  43. Pak Herry,
    mau tanya ponsel dengan kamera terbaik
    dengan harga max Rp.3juta dan layar maksimal 5 inch apa ya pak?
    Terima Kasih

  44. Sedikit menambahkan, warna baris notifikasi yang kurang kontras saat membuka Twitter & Instagram pun dialami persis di Mi 5s saya, Oom. Jadi kemungkinan besar itu bug-nya MIUI.

  45. Pak Herry,
    maaf pak, mau tanya,
    hp apa saja yang mendukung fitur dual sim 4G-3G seperti Xiaomi Redmi 4X ini?
    dan service centernya cukup bisa diandalkan.

    Terimakasih.

    1. Pak Wawan,

      Kalau service center bisa diandalkan, berarti pilihan nomor satu LG, lalu Samsung.

      Saya merekomendasikan LG V20.

  46. Pak HSW,

    Secara keseluruhan kinerja dan daya tahan baterai, terutama jika utk multitasking, streaming, browsing website-website yg agak berat, dan kegiatan office (word atau excel), pilih mana antara Infinix Zero 4 Plus, atau Redmi 4X, atau Redmi Note 4, pak?

    Terima kasih.

      1. Saya dengar, Redmi Note 4 hadir dengan dua varian prosesor, RAM, dan internal.

        Prosesor Helio x20 dan Snapdragon 625.
        RAM 3 dan 4 Gb.
        Internal 32 dan 64 Gb.

        Utk kebutuhan saya yg saya sebutkan itu, perpaduan yg mana ya pak bagusnya?

        Terima kasih

        1. Pak/Bu Tri Rahayu,

          Yang beredar resmi di sini Redmi Note 4 dengan Snapdragon 625, RAM 3 GB, dan ROM 32 GB. Pastikan beli yang bergaransi resmi saja.

  47. Kebetulan saya pemakai xiaomi Redmi 4x dan saya sangat sangat setuju dengan review bang herry. Hasil kamera kurang memuaskan, absennya double tap, + tombol home-recent-back tak dilengkapi led.

    1. Apakah tombol power redmi 4x agak lemah, karena milik saya kok seperti enteng sekali ketika ditekan?

      Beda dengan samsung galaxy j7 2016 yang tombol powernya terasa mantap ketika ditekan.

      Terimakasih banyak

    1. Pak/Bu Lilo,

      Tambahkan Rp 50 ribu lalu belilah Moto E3 Power.

      Kalau tak mau menambah anggaran, Xiaomi Redmi 4A.

  48. Numpang tanya ko

    Klo redmi 4x d masukin 2 kartu type nano sim bs ngak??soalnya saya baca spek nya berjenis nano-micro

    Trima kasih

  49. Ko Herry, maaf sebelumnya jika salah kamar, saya gak tau harus tanya di bagian mana soalnya. mau tanya soal infinix note 3 pro ko

    1. brp pasaran barunya utk yg garansi resmi?
    2. di sby servis centernya dimana ya?
    3. apa bagus OS nya ko? temen saya gak ada yg pake soalnya. saya tertarik krn murah. nunggu xiaomi note 4x garansi resmi kok gak ada ya makanya ngelirik ini

    makasih ko

    1. Pak Hendra,

      1. Rp 2,5 juta.
      2. Di Plasa Marina lantai 3 dan Mastech blok F11. Saya sarankan yang di Plasa Marina saja.
      3. Baik-baik saja sih. Xiaomi Note 4X? Xiaomi di Tiongkok saja belum pernah mengeluarkan ponsel tersebut. Kalau yang Anda maksud Xiaomi Redmi Note 4X, ponsel itu takkan beredar resmi di sini. Untuk pasar Indonesia kan sudah ada Redmi Note 4.

      1. Ko Herry,

        makasih atas jawaban sebelumnya ko. redmi note 4 yg mana ko? yg 4G nya di lock itu ya kalo garansi resmi?

        kalo punya dana 2,5 juta mending redmi 4x atau infinix note 3 pro ko secara hardware, software dan pelayanan garansi?

        makasih

        1. Pak Hendra,

          Bilang saja mau beli Redmi Note 4 garansi TAM. Hanya ada satu varian kok. Fitur 4G-nya langsung bisa dipakai.

          Rp 2,5 juta? Mengapa tidak beli Redmi Note 4 saja? Dia lebih bagus daripada dua ponsel yang Anda sebutkan. Dana juga cukup, bahkan bakal sisa.

  50. Salam, ko Herry.
    Saya mau info yg setahu ko Herry saja :

    1. Bila hasil foto kamera Xiaomi 4X maupun Xiaomi Note 4 dibanding Hisense Pureshot, lbh baik/bagus mana dari segi deteil maupun warna?

    2. Bila hasil foto kamera Hisense Pureshot+ 2 sama dengan Hisense Pureshot+,dengan harga jual sekarang sekitar Rp 2 juta, apakah masih layak untuk dibeli dengan kebutuhan hrs 2 sim card & Ada slot kartu memori terpisah?
    Atau ko Herry bisa sarankan smartphone lain?

    3. Dari smartphone yang pernah ko Herry review selama ini yang dual SIM bisa di jaringan 4G-3G,saat dipakai data Smartfren (misal di SIM 1) kemudian dialihkan mengunakan data di SIM 2,apakah signal Smartfren tetap aktif di 3G atau no signal seperti tabel yang pernah dimuat saat review Hisense Pureshot+?

    4. Smartphone yang kedua SIM nya bisa di aktif 4G-3G & bisa pasang kartu memori (dual SIM+kartu memori),sepengetahuan ko Herry ada merek/type apa saja?

    Terima kasih.

    1. Pak Chely Sutio,

      1. Belum ada ponsel bernama Xiaomi 4X maupun Xiaomi Note 4.

      2. Tak tahu. Saya belum pernah mencoba ponsel itu.

      3. No signal.

      4. LG V20 dan Moto Z2 Play.

  51. Pak Herry, izinkan saya bertanya sedikit

    Apakah tombol power redmi 4x agak lemah, karena milik saya kok seperti enteng sekali ketika ditekan?

    Beda dengan samsung galaxy j7 2016 yang tombol powernya terasa mantap ketika ditekan.

    Terimakasih banyak Pak Herry SW

  52. Siang Pak HWS, mohon penjelasannya apa yang perlu diketahui atau yang seharusnya bisa didapat kalau mau beli HP jenis ini di gerai resmi. Terima kasih

  53. Malam om, Sebelumnya dah mau beli Smartphone ini.Berdasarkan saran dr member Kaskus banyak yg bilang kamera Redmi 4X bagus hasilnya.Tapi menurut review om Kurang bagus.ini hasil kameranya Redmi 4X memang kurang memuaskan ya om?..Atau Redmi 4X ini mempunyai sensor yg berbeda satu dengan lainnya..Karena sy penasaran kok member kaskus banyak bilang Hasil kameranya bagus untuk budget dibawah 2jt

    1. Pak Dedy,

      Ya, menurut saya, kamera Redmi 4X kurang memuaskan. Saya tak memperhatikan jenis sensor.

      Kalau mengutamakan kinerja kamera, pada rentang harga kurang dari Rp 2 juta ada Infinix Zero 3 yang kameranya jauh lebih bagus.

  54. Maaf, ko Herry.
    Poin no. 1 yg saya maksud tgl 7 Agustus kemarin adalah Xiaomi Redmi 4x dan Xiaomi Redmi Note 4 (kemarin itu kurang tulis kata “Redmi”). Tapi gak apa2 karena saya pikir saya bisa menebak kira2 hasil mana lebih bagus.
    Hanya saja ingin memastikannya sebelum memutuskan membeli yang mana antara Xiaomi Redmi 4x ataupun Xiaomi Redmi note 4.

    Minggu lalu di Intikom Medan ada promo jual Xiaomi Redmi 4x prime. Apakah itu sama dengan Xiaomi redmi 4x?

    Terima kasih atas penjelasannya,ko Herry.

    1. Pak Chely Sutio,

      Oh ok. Lebih oke Redmi Note 4, Pak.

      Kadang toko menciptakan istilah sendiri. Jadi, sebaiknya Anda menanyakan spesifikasi detailnya kepada penjual, lalu cocokkan dengan spesifikasi Redmi 4X bergaransi resmi.

  55. Pak kamera infinix zero 3 saya kok lama2 jelek ya hahaha.. apa ada rekomendasi lagi HP 3 jutaan yang kameranya bagus , terutama buat foto makanan pak. Second juga gpp. Iphone 6s bagus sih tapi kemahalan hehe..

  56. Pak herry, mana yang terbaik utk dibawa pulang antara Redmi 4X dan Huawei P9 lite? Kl merujuk pada performa multitasking dan game, ketahanan baterai, dan kamera.

    Terima Kasih Pak

    1. Pak Paolo,

      Mohon maaf karena saya baru bisa merespons pertanyaan Anda pada siang ini.

      Kamera lebih bagus P9 Lite. Selain satu faktor itu, Redmi 4X lebih unggul.

    1. Pak Jono,

      Ponselnya sih tahan. Namun, menurut saya, karena perkembangan spesifikasi ponsel tergolong cepat, setelah 1,5 tahun atau 2 tahun, lakukanlah peremajaan ponsel.

  57. Koh, rekomendasi HP dibawah 2 juta cuma untuk WA, BBM, sama browsing apa ya? Yang mau pake ibu saya.. Apakah redmi 4a layak?

      1. E3 power tampilan antarmuka (UI) nya bagus gak koh? Soalnya Ibu saya lebih suka yg simpel UI nya biar cepat adaptasinya.

        Sepertinya bakal susah nyari E3 power di plasa simpang5 deh kecuali di erafone sm global, dengan harga segitu mungkin bakal ambil redmi 4A, plusnya ada LED notif spt Huawei honor 4C yg dipake ibu saya sekarang, tapi minusnya gak ada fingerprint (belum butuh), kamera (jarang dipake), sama SIM hybrid.

          1. Saya pernah dengar klo MIUI punya semacam UI khusus buat orang tua yang tidak ingin ribet dalam mengoperasikan smartphone atau pengguna yg beralih dari ponsel fitur (feature phone).. Itu benar gak koh? Klo ya, bagaimana cara mengakses fitur tsb?

    1. Pak Jason,

      Kalau pun ditawari tambahan ini-itu, langsung ditolak saja. Seandainya petugas menyatakan wajib beli, laporkan kepada saya dengan menyertakan bukti pendukung yang lengkap. Misalnya, nama petugas, lokasi gerai, dan waktu kejadian. Kalau ada foto/rekamannya lebih baik lagi.

  58. Pak herry
    Oh ok pak.Lalu apakah Redmi 4A ad dijual di gerai erafone??Dan harganya berapa??Mau bli ponsel tersebut di gerai erafone Emporium Pluit tp saya konsultasi dlu he..he..he

  59. pak Herry,.

    saya agak ngeri sama ponsel yg cepat panas,. hehe
    apakah Xiaomi Redmi 4x jika terus terhubung dengan internet (untk browsing dalam wktu yg lama) cepat panas?

    sebaiknya pilih yg “redmi 4x” atau “redmi 4x prime” jika ditinjau dari kegegasan serta ketahanan thp panas? karena sepertinya mrk beda prosesor

    1. Pak Riyan,

      Tidak. Bagaimana pun itu juga dipengaruhi oleh kondisi jaringan operator di lokasi pemakaian ya.

      Redmi 4X Prime berarti pasti tanpa garansi resmi. Coret.

    1. Pak Arif,

      Mohon maaf karena baru malam ini saya sempat menjawab pertanyaan masuk.

      Barusan masuk. Harga Rp 2,599 juta.

  60. Pak herry
    Ada kabar imei ponsel tidak resmi bakal diblock apakah benar?
    Kalau benar yang akan diblock yang kriterianya seperti apa ? Terimakasih.

  61. Saya lihat di toko online ada handphone xiaomi redmi 4x prime garansi resmi tam, apakah ada perbedaan dengan xiaomi redmi 4x?

    1. Pak Hiro,

      Kalau hanya dari spesifikasi teknis chipset, saya kurang tahu. Dalam membandingkan, saya biasanya lebih mengacu kepada hasil akhir saat memakai unit ponselnya.

  62. Terima kasih atas riviewnya….

    Maaf ingin bertanya untuk kemera redmi4x dengan redmi 2 prime bagus mana ya?
    Karna saya mencoba redmi 3 dan redmi 2 prime dari segi hasil gambar masih tajam dan baik redmi 2…..

    Itu pendapat saya mohon masukanya…

  63. Pak HSW, mau tanya diluar topik… Terkait wacana pemerintah menertibkan smartphone ilegal melalui imei. Apakah smartphone second luar negeri/singapur/lainnya termasuk ilegal atau gimana? Soalnya kebetulan hp sy dulunya beli second,terus ta coba cek imei di numberingplans.com ternyata keterangannya hp sy produk untuk pasar eropa. Ini kira-kira bermasalah apa gimana jika rencana aturan tsb diberlakukan..?

  64. Pak Herry,
    Saya berencana membeli ponsel bekas dengan budget kurang lebih 1.5jt an
    Memperhatikan keseluruhan kinerja, tanpa meihat kemampuan 4G
    Lebih menarik beli yang mana?: (semua asumsi garansi resmi)
    1. Redmi 4x
    2. Redmi 3 Prime
    3. Infinix Hot S
    4. Galaxy J2 Prime
    5. Galaxy J5

    Atau, ada rekomendasi tipe lain?
    Thanks

    1. Pak Ersan,

      Maaf baru bisa merespons pada malam ini.

      Kalau pilihannya itu, saya merekomendasikan Redmi 4X. Masalahnya, setahu saya, Redmi 4X bekas dan bergaransi resmi belum bisa didapatkan dengan anggaran Rp 1,5 jutaan. Dana Anda perlu ditambah setidaknya Rp 100 ribuan.

  65. Om snapdragon 430 sama mediatek 6750 lebih bagus mana
    sampe lg pun pake mediatek 6750
    sayang ram nya pelit cuma 2gb

    1. Pak Hiro,

      Kalau cuma melihat jenis prosesornya, saya tak berani memastikan. Sebab, banyak faktor yang mempengaruhi kinerja ponsel.

    1. Pak Hiro,

      Tolong perhatikan baik-baik: pertanyaan yang sama jangan diulang-ulang. Cukup kirimkan satu kali.

  66. Pak, kemarin saya beli redmi 4x resmi TAM, wktu dicoba di toko udah ok semua. Lalu hari ini baru sya coba pke headset kok port nya longgar dan kadang nyantol kadang enggak. Dicoba pakai headset lain hasilnya tetap sama. Kalau masalah yang seperti itu masuk garansi apa nggak pak?

    1. Pak Genz,

      Berarti usia pembelian masih kurang dari 1 x 24 jam ya? Bila iya, segera kembali ke toko dan minta ganti unit baru. Jangan mau diservis.

      Kalau sudah lebih dari 1 x 24 jam, berarti harus diservis. Itu termasuk dalam jaminan garansi.

  67. Pak Herry,

    Apakah Xiaomi redmi 4x ini mensupport usb otg.. menurut spg Erafone redmi ini tidak support.. tapi banyak di internet yang menyebutkan bahwa redmi 4x ini support otg.. mohon penjelasannya..

  68. pak Herry.
    menurut bapak bagusan mana xiaomi redmi note 4 atau xiaomi redmi 4x?
    kemudian dr segi kamera bagusan aman?
    ohya ada yg lebih baik lagi kah dr merk lain untuk harga 2juta kebawah atau mendekati 2jt?

    trimakasih untuk pencerahanya pak..

    1. Pak Harold,

      Redmi Note 4.

      Redmi Note 4 juga, meskipun secara umum kamera Redmi Note 4 belum bisa dibilang bagus.

      Di rentang harga segitu, Redmi 4X masih pilihan terbaik sih.

    1. Pak Topan,

      Tergores pada prinsipnya tak bisa dihilangkan. Kalau hanya tergores tipis, samarkan dengan memasangkan pelindung layar. Kalau tergores parah, hanya bisa disesali sih.

  69. Pak..numpang tanya..
    saya direkomen beli Redmi 4X (rentang harga <2.5jt, batre kuat, performa cukup bagus, kamera sedang², ada sensor magnetic/compass)
    ada pengalaman review tentang GPS nya gak?
    mudah/ cepat lock nya..tidak mudah ilang pas dipake record tracking ( tergantung signal juga sih, cuaca dsb):o
    trus masalah ketahanan misal terjatuh skitar 30cm, ato terkena tekanan gmn gan?
    dan sudah support volte belum ya..
    trims

    1. Pak Wira,

      GPS Redmi 4X baik-baik saja kok.

      Terjatuh 30 cm mestinya tak masalah. Tergantung posisi dan lokasi jatuhnya juga sih.

      Lain kali harap tidak memakai kata sapaan gan.

      Seingat saya belum mendukung native VoLTE.

  70. Hallo Pak Herry, untuk sekarang ini, diluar faktor kamera apa masih Redmi 4x ini jawaranya dibawah 2 jt Pak ? Ada nggak smartphone yang Bapak rekomendasikan kalau budget nya ditambahi jadi 2.2jt. Terimakasih Pak Herry, ini pertanyaan pertama saya disini. Terimakasih juga untuk ulasannya selama ini. Sangat membantu saya.

  71. halo pak herry salam kenal,
    awalnya saya masih bingung mau membeli xiaomi redmi 4x atau xiaomi redmi note 4, setelah baca review dari pak herry skrg lebih mantap membeli xiaomi redmi 4x krn daya baterai lebih lama dan snapdragon 435 dijelaskan tidak terlalu berbeda dengan snapfragon 625 (milik redmi note 4)

    yang saya mau tanyakan pak, infonya disemua xiaomi ada yang namanya dual apps dimana dr bawaan xiaomi beberapa apps social media bisa di duplikasi, misal line,whatsapp dan bbm.

    ketika duall apps itu digunakan apakah performanya lancar pak? dari segi dual apps dan kinerja hp xiaomi redmi 4xnya? dan batterainya apakah cepat habis bila mengoperasikan dual appsnya?
    pernah saya tanya di gerai erafone, bilangnya dual apps xiaomi sangat menguras baterainya.. mohon petunjuk, terimakasih banyak sebelumnya

    1. Bu Dewi,

      Dengan harga Redmi Note 4 saat ini, mending beli Redmi Note 4 dong, Bu.

      Saya cuma memakai dual apps untuk WhatsApp. Kalau Line dan BBM juga di-dual-apps-kan, menurut saya, ponsel akan berpotensi lemot. Sebab, Line dan BBM itu dikenal berat. Ya, kalau perilaku pemakaian Anda seperti itu, konsumsi baterai akan meningkat signifikan.

      1. terimakasih pak masukannya,

        untuk harganya apakah memang ada penurunan harga pak?
        kalau saya cek untuk redmi 4x Rp.1.999.000 dan untuk redmi note 4 Rp.2.499.000. apa ada penurunan harga pak? jika iya, berapa harga untuk redmi note 4 skrg pak?

        apakah dari segi kamera, redmi note 4 lebih unggul dari redmi 4x pak? krn kalau saya cek dari beberapa pengguna nya di forum forum, katanya redmi 4x lebih unggul segi kameranya?

        terimakasih

        1. Bu Dewi,

          Iya. Redmi 4X masih Rp 1,999 juta, sedangkan Redmi Note 4 sudah turun menjadi Rp 2,199 juta.

          Kamera Redmi Note 4 lebih unggul daripada Redmi 4X.

  72. Pak Saya Mau Bertanya, Apakah Xiaomi Redmi 4X kalo dicharger sesekali ditinggal tidur itu bahaya apa tidak ya? terimakasih

    1. Pak Anas,

      Xiaomi Tedmi 4X? Apakah tidak salah tipe?

      Saran saya sederhana saja. Jangan membeli ponsel tanpa garansi resmi, walaupun penjual berani memberikan garansi lama. Kalau garansinya cuma seminggu, lebih dicoret lagi deh.

    1. Pak Deni,

      Kadang penjual suka membuat istilah sendiri yang membingungkan. Tanyakan saja status garansi resminya. Asalkan bergaransi resmi, berarti yang dimaksud pasti Redmi 4X. Yang resmi hanya satu varian kok.

  73. Maaf pak tanya sekali lagi antara Xiaomi redmi 4x dan Xiaomi redmi 4x prime bagusan mana,,kan yang prime keluaran lama tp kok spek diatas 4x dikit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *