Review Xiaomi Redmi 5 Plus: Apakah Masih Layak Beli?

Xiaomi Redmi 5 Plus bukanlah ponsel keluaran terbaru. Pascapeluncuran ponsel itu pada 14 Februari 2018, Xiaomi telah menghadirkan Redmi Note 5 dan Redmi S2. Apakah Redmi 5 Plus masih layak dibeli?

Penulis alias HSW sengaja memilih Redmi 5 Plus warna biru muda metalik. Biar tidak monoton. Birunya relatif cantik dan tak terkesan norak. Sama dengan ponsel Xiaomi berwarna nonhitam lain, bagian depan ponsel berwarna putih.

Konektor audio 3,5 milimeter dan inframerah terdapat di bagian atas ponsel. Selot kartu SIM hybrid berada di sisi kiri ponsel. Pengguna harus memilih akan meletakkan dua nano SIM atau satu nano SIM dan satu kartu microSD.  Menjelajah ke sisi kanan ponsel, terlihat tombol volume dan power. Sedangkan di bagian bawah ponsel tersedia konektor micro USB, mikrofon, dan speaker.

Bagi HSW dual SIM merupakan fitur wajib. Karena itu, selama menguji pakai Redmi 5 Plus sepasang kartu nano SIM senantiasa terpasang. Dua nomor akan siaga bersamaan. Nomor yang dipakai berinternet dapat mengarungi jaringan 4G LTE, 3G, maupun 2G, bergantung kondisi jaringan seluler di lokasi pemakaian. Sedangkan satu nomor lainnya leluasa berada di jaringan 3G atau 2G.

Mengacu kepada uji pakai, Redmi 5 Plus terbukti kompatibel dengan layanan akses data 4G LTE Telkomsel, XL, Indosat, Tri, dan Smartfren. Ponsel itu mendukung native VoLTE Smartfren. Dengan demikian, tanpa perlu menginstalasikan aplikasi Smart VoLTE, pengguna Smartfren bisa langsung bertelepon dan ber-SMS.

Kamera utama Redmi 5 Plus berlensa tunggal dengan fokus otomatis dan lampu kilat. Kemampuan maksimalnya memproduksi foto beresolusi 12 megapiksel dan klip video beresolusi UHD 4K. Sementara itu, kamera depan yang dibekali lampu kilat siap menghasilkan foto beresolusi lima megapiksel dan klip video full HD 1080p.

Dibandingkan kamera Xiaomi Redmi Note 4, performa kamera Redmi 5 Plus lebih bagus satu tingkat. Dalam bahasa yang sederhana, warna di foto terlihat “lebih keluar”. Kemampuan fitur HDR-nya juga membaik, meski belum memuaskan. Bila diadu dengan kamera Mi A1, manakah yang lebih mantap? Kamera Mi A1 lebih prima.

Berbeda dengan Redmi Note 4 dan Mi A1, Redmi 5 Plus telah mengadopsi rasio layar ponsel kekinian 18:9. Layar IPS 5,99 inci yang digunakan memiliki resolusi full HD+ 2.160 x 1.080 piksel. Walaupun berlayar lega, ponsel itu tetap nyaman digenggam memakai satu tangan. Sebab, dimensi fisiknya setara dengan ponsel berlayar 5,5 inci konvensional. Ini ukuran lengkapnya: 158,5 x 75,45 x 8,05 milimeter dan berat 180 gram.

Prosesor delapan inti Qualcomm Snapdragon 625 MSM8953 1,8 2 GHz, Wi-Fi, bluetooth, GPS, dan baterai tanam 4.000 mAh merupakan sebagian spesifikasi lain ponsel itu. Redmi 5 Plus juga dilengkapi kompas, radio FM yang siarannya bisa direkam, dan Mi Remote yang berfungsi sebagai remote control perangkat elektronik. Fitur second space dan dual apps tentu masih tersedia pula.

Dalam pemakaian sehari-hari, Redmi 5 Plus tak pernah mengalami kendala terkait kegegasan. Ponsel selalu responsif kala dipakai menjalankan beragam aplikasi. Daya tahan baterainya pun mumpuni. Ia sanggup mendampingi HSW beraktivitas selama 14-26 jam, bergantung frekuensi pemakaian dan kondisi jaringan pada hari tersebut.

Ada kejadian aneh bin ajaib yang HSW alami saat menggunakan Redmi 5 Plus. Fitur hotspot alias tethering-nya sempat tak bisa tersambung dengan laptop. Password dianggap salah, padahal pasti sudah benar. Lha sebelumnya pernah sukses terhubung kok. Hal itu terjadi tiga kali dalam dua bulan.

Solusi atas kejadian aneh itu tergolong unik. HSW menemukannya secara tak sengaja. Ubahlah nama hotspot di ponsel, laptop pun berhasil terkoneksi dan memanfaatkan koneksi internet dari Redmi 5 Plus. Ada yang bisa membantu HSW menjelaskan logika pemecahan masalah tersebut?

Redmi 5 Plus dengan sistem operasi Android 7.1 Nougat dan tampilan antarmuka MIUI 9 itu tersedia dalam dua pilihan kapasitas memori. Pertama, RAM 3 GB dan ROM 32 GB seperti yang HSW gunakan. Saat ponsel masih segar, kapasitas memori internal tersisa 23,83 GB. Harga ritel resminya Rp2,199 juta. Kedua, RAM 4 GB dan ROM 64 GB yang dibanderol Rp2,699 juta.

Masing-masing varian tersedia dalam tiga pilihan warna: hitam, emas, dan biru. Selain kapasitas memori, spesifikasi dua varian Redmi 5 Plus tersebut persis sama.

Apakah Redmi 5 Plus masih layak dibeli? Asalkan tidak menuntut kamera prima, ponsel itu pantas dipinang. Karena bukan berstatus ponsel gaib, Redmi 5 Plus gampang dijumpai di toko-toko ponsel. Sebagian pemilik toko malahan ada yang menawarkannya lebih murah daripada harga ritel resmi. Unit dalam kondisi 100% baru, kardus tersegel, dan bergaransi resmi.

***

Inilah contoh foto yang dihasilkan kamera Redmi 5 Plus.

Satu foto berikut dijepret menggunakan kamera depan.

***

Tangkapan layar Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

95 thoughts to “Review Xiaomi Redmi 5 Plus: Apakah Masih Layak Beli?”

    1. Pak Ponim Sanusi,

      Agar latar belakang bisa kabur, objek yang dibidik sebaiknya tidak terlalu besar. Jarak antara objek utama dan latar belakang harus cukup jauh.

  1. Saya juga pernah mengalami masalah pada Hotspot yang tiba-tiba namanya berubah tak beraturan dan password juga berubah, harus diset lagi supaya bisa normal.
    Entah ini semenjak ada Beberapa kali apakah sudah ada perbaikan, belum coba lagi

    1. Pak Syarif Hidayatullah,

      Oh berarti kasus Anda berbeda dengan saya. Kalau yang saya alami, nama hotspot dan password tidak berubah, tetapi laptop gagal terhubung. Begitu nama hotspot saya ganti, laptop sukses terkoneksi.

      1. Pak Alvian,

        Menghapus daftar Wi-Fi di laptop sudah sempat saya lakukan. Hasilnya, saat saya coba melakukan koneksi lagi kan diminta mengetikkan password. Nah… biarpun password yang diketikkan sudah benar, laptop tetap gagal terkoneksi.

    2. Biasanya akibat SHAREit kalo nama hotspot jadi acak, dia di Android 6+ udah nggak leluasa mainin hotspot di background, jadi suka ubah nama hotspot yg sudah ada, solusinya emang rename sama set password ulang aja. Kecuali SHAREit nggak terpasang, nggak tau deh kenapa…

    1. Pak Elvinpras,

      Kalau ponsel dan laptop saya restart, tetapi nama hotspot tidak diganti, laptop tetap gagal terkoneksi ke laptop lho. Laptop baru sukses terkoneksi ketika nama hotspot diubah.

  2. Unit dalam kondisi 100% baru, kardus tersegel, dan bergaransi resmi, dijual dibawah SRP apa tidak rugi tokonya koh? Bukankan margin laba jualan hape Xiaomi tidak seheboh merk sebelah?

    1. Pak Anggara,

      Biarpun di bawah SRP, asalkan masih sama atau lebih tinggi daripada harga modal kan berarti tidak sampai rugi.

      Yang jelas-jelas terlihat jual rugi adalah Mi A1. Toko yang mau kulakan Redmi Note 5 garansi resmi wajib beli satu paket dengan Mi A1. Padahal, Mi A1 saat ini sudah kurang dicari konsumen. Akhirnya toko menjual rugi Mi A1-nya dan mencari subsidi silang dengan menjual Redmi Note 5 lebih tinggi daripada harga ritel resmi.

  3. Om HSW permisi mau tanya, hp android waktu restart trs nyala lg sampai siap pakai perlu wkt +/+10 menit knp ya? Apa yang harus dilakukan? Fyi selama +/- menit itu tampilan layar hitam dg keterangan mengoptimalkan aplikasi 1dr 2 dst. Trims

    1. Pak Erwin,

      Munculnya keterangan mengoptimalkan aplikasi bla… bla… itu biasanya hanya terjadi satu kali, entah saat ponsel kali pertama diaktifkan atau barusan menjalani update firmware.

      Nah, dalam kasus ini, apakah ponsel Anda selalu memunculkan keterangan tersebut? Kalau iya, hal itu tergolong tidak normal. Boleh tahu merek dan tipe ponsel Anda? Mungkin perlu di-factory reset dulu.

        1. Pak Erwin,

          Tak ada cara khusus kok. Tinggal masuk ke setting, backup and reset, lalu pilih factory data reset.

  4. Entah kasus nya sama atau ngga, saya juga pernah mengalami hotspot tiba2 ngga konek om Herry.

    Memang saya tidak pernah merubah password hotspotnya, tapi setelah saya cek ternyata memang password nya berubah (bukan karena saya), mungkin itu yg menyebabkan hotspot tidak bisa.

    Kemungkinan itu algoritma standar security-nya secara otomatis merubah password hotspotnya. Setelah saya sadari, ternyata hal ini terjadi setelah saya berbagi berkas ke ponsel lain dengan aplikasi (misal) midrop. Setelah menggunakan midrop untuk berbagi berkas, pasti kata sandi berubah sendiri, dan mau ngga mau kita rubah lagi

    Sedikit cerita, hehehe

    1. Pak Adira,

      Oh, kalau dalam kasus saya, nama dan password hotspot tidak berubah, Pak. Anehnya laptop menjadi selalu gagal terkoneksi. Baru bisa terhubung lagi ketika nama hotspot saya ubah. Password tidak saya ganti.

  5. Wah Pak Herry, potong rambut ya? Keren pak.

    Apa Pak Herry kelak akan review smartphone yg khusus untuk gaming pak?

    1. Pak Amaris,

      Ya, barusan potong rambut. Cukup bayar Rp20 ribu.

      Entahlah. Lha saya nggak suka main game.

    1. Pak Ignatius,

      Kalau dilihat dari sisi berbeda, hadirnya Redmi Note 5 mempercepat Redmi 5 Plus dijual sesuai harga ritel resminya. Menguntungkan calon pembeli Redmi 5 Plus deh. 🙂

      1. Ha..ha..ha… betul juga sih.
        Btw, menurut pak Herry lebih bagus jepretan kamera Redmi 5 Plus atau Redmi 5A ?

  6. Saya gagal fokus dengan contoh foto 1 dan 5 yang dihasilkan kamera Redmi 5 Plus, lokasi di mana Pak Heri? Ternyat hasil outdoor foto Redmi 5+ memang lebih jelas warnanya.

    1. Bu Ratna,

      Foto 1: di kompleks Garuda Wisnu Kencana, Uluwatu, Bali.
      Foto 5: di depan stasiun kereta api Malang.

  7. Pak herry
    Senang rasanya bisa sharing artikel review lagi.
    Tapi maaf out of the topic, melihat tren hp ghoib sekarang, apakah masih layak menunggu redmi note 5? Ataukah beralih ke merk lain?

    Yg kedua, jika melihat harga oppo f7 bergaransi secondnya sudah mepet ke harga redmi note 5, mana yg lebih layak dibeli?

    Yg ketiga, adakah bocoran hp mid-end yg akan keluar lagi di tahun ini?

    Terima kasih sebelumnya

    1. Pak Mas Irul,

      * Sampai saat ini sih masih layak.
      * Mending Redmi Note 5 deh. F7 memang gegas, tetapi layar sentuhnya kok terasa kurang nyaman ya.
      * Tidak ada bocoran. Ada berbagai tipe yang layak ditunggu kok.

  8. Ko Herry, saya pengguna mi5s, mau ganti ke redmi note 5 dengan alasan baterai sudah tdk mumpuni dan performa SD821 di mi5s menurun signifikan stlah 1 taun pakai. Apakah redmi note 5 dgn SD636 menjanjikan performa bagus? Terima kasih ?

    1. Saya pemakai mi5s.. Karena pakai soc seri 8 pasti batre cepat habis, tp menurut saya performa maaih mumpuni kok.
      Mi5s pake imx378 dan sbntar lagi miui 10 bisa portrait mode tanpa dual cam. Dari sisi fotografi yg bikin mi5s masih layak banget mas

  9. Dear pak Herry,

    Xiaomi Redmi 5 Plus ini kalau dibandingkan dengan saudaranya Xiaomi Redmi Note 5 secara umum mana yang lebih baik?
    Terima kasih

    1. Dicoba dulu sebelon beli… Saya pun ya dua nya kok redmi lbh gegas pindah aplikasi…. Camera batere lbh oke m1… Uda Procie 636.. Beli pun 2.7…

  10. Permisi Pak Herry SW

    Xiaomi redmi 5+ dan Asus Zenfone 3 yang layarnya 5,2′, wort it yang mana pak???

    Sebelumnya terima kasih

    1. Pak Alwi,

      Kalau Anda mengutamakan kinerja kamera, ambillah Zenfone 3 ZE520KL. Kalau Anda mengutamakan daya tahan baterai, Redmi 5 Plus lebih cocok dipilih.

  11. Koh apakah selain dari sektor baterai….apakah kamera pada redmi 5 beda/sama dengan kamera redmi 5+ ???
    Soalnya uang saya cuma mampu beli yang redmi 5
    Makasih sebelumnya ?

  12. Koh HSW, mo tanya seputar zenfone 5 2018
    1. bisa dipakai kartu bolt, frequency 2300, frequency yang sama dipakai telkomsel 4G
    2. Body belakang tahan goresan dan benturan?(tahan kejatuh?)
    3. Kaca kamera tahan goresan?
    Terima kasih

    1. Pak Yan,

      1. Tak tahu. Di Surabaya tak ada Bolt.
      2. Nggak pernah iseng saya gores, bentur, atau jatuhkan nih.
      3. Sama dengan jawaban nomor 2.

  13. Saya memiliki masalah ya saat membeli hp yang satu ini, iklan selalu tampil saat membuka aplikasi dan saat berinteraksi lainya pakai smartphone xiaomi redmi 5+

    1. Pak Mas Kojek,

      Redmi 5 Plus Anda apakah bergaransi resmi? Kalau iya, saat mengakses aplikasi apa? Di aplikasi tertentu, salah satunya file manager, kadang memang terselip iklan.

  14. Pak Herry
    Maaf di luar topik.
    Secara bulid quality dan kegegasan lebih bagus mana antara Xiaomi redmi note 5 dengan Asus Zenfone 5?
    Terima kasih

    1. Pak Pramu,

      Build quality dan kegegasan sih sama-sama bagus. Namun, Zenfone 5 terlihat jauh lebih mewah dan mahal.

  15. Pak Herry SW, mau tanya
    1. Untuk kamera Redmi 4x vs redmi 5A bagus mana?
    2. Apakah ada rencana review Philips S327 atau X818 ?
    3. Apakah Hp sharp/samsung/Sony docomo itu termasuk hp black market atau hp rekondisi dan apakah layak beli?
    terima kasih

    1. Pak Damar,

      1. Lebih bagus Redmi 5A.
      2. Tidak ada rencana.
      3. Kalau ada ekornya DoCoMo ya pasti termasuk BM. Mungkin bekas, mungkin rekondisi. Jangan dibeli.

  16. pak Herry saya punya infinix zero3 sudah 11 bulan pakai,3 bulan terakhir ini hp ku ada masalah dengan kartu tri di hp ku,data internetnya tidak bisa terbaca,kalau saya ganti dengan kartu Telkomsel data internetnya langsung lancar mohon solusinya pak Herry, terimakasih

    1. Pak Rudi,

      Nomor Tri itu kalau dipasangkan ke ponsel lain apakah lancar dipakai berinternet? Kalau iya, saat terpasang di Zero 3, cobalah mengecek pengaturan internetnya. Pastikan parameter yang dimasukkan sebagai berikut:
      * APN: 3gprs
      * Username: 3gprs
      * Password: 3gprs

  17. Pak Herry
    Salam hormat
    Setelah adanya xiaomi redmi note 5, apakah :
    1. Huawei nova 2i masih layak beli? dan apakah ada rencana upgrade dr nougat ke oreo
    2. Secara umum hasil kamera keduanya lebih bagus mana?
    3. Lebih gegas mana antara huawai nova 2i dengan xiaomi redmi note 5?
    4. Apakah di xiaomi redmi note 5 ada isu permasalahan sinyal seperti xiaomi mi a1?
    Terima kasih

    1. Pak Pramu,

      1. Sudah tidak layak beli. Lha Redmi Note 5 jauh lebih mantap. Tentang update versi Android, saya kurang tahu.

      2. Lebih bagus Redmi Note 5.

      3. Redmi Note 5 dong.

      4. Tidak. Dulu saat memakai Mi A1 pun, saya tak mengalami permasalahan sinyal.

  18. Ko Herry,

    Mau nanya saat ini saya memakai oppo f5 (rom 6gb), menurut ko herry apakah redmi note 5 performancenya lebih baik drpd oppo f5?

    Terus terang saya krg suka dengan color osnya, sedikit sekali app yg bisa di lock agar selalu memberikan feed notifikasi. Thank you

    Herry

        1. Pak Teygar,

          Masih lama, Pak. Review Zenfone 5 baru akan muncul kalau saya sudah mengunggah review Zenfone Max Pro M1 dan Zenfone Live L1.

    1. Pak Rull,

      Karena HTC sudah tidak beredar resmi lagi di Indonesia, permintaan Anda takkan terwujud deh.

  19. Pak herry, kalo gak salah waktu semua HP diwajibkan memenuhi syarat TKDN, xiaomi bekerja sama dgn PT sat nusapersada dan erafone utk menjual produknya. Apa setelah ada xiaomi exclusive store pihak erafone tetap menjual produk xiaomi? Karena sekarang mau beli produk xiaomi di erafone sering kosong dan harganya lbh mahal dari xiaomi exclusive store?

    Thx

    1. Pak Djunaedi,

      Ya, Erafone tetap menjual ponsel Xiaomi bergaransi resmi. Posisi dia sama dengan diler. Jadi, penetapan harga jualnya berdasarkan keputusan pengelola, bukan merujuk kepada harga ritel resmi yang berlaku di Mi Store.

      Harga ponsel Xiaomi di Erafone biasanya lebih mahal Rp100 ribu sampai Rp400 ribu, bergantung tipe, masa edar, dan mekanisme pasar lainnya.

  20. Om Herry SW, maaf keluar topik, mau tanya:

    1. Apakah Asus Zenfone Max Pro M1 yg Ram 6 GB beneran ada dijual resmi di Indonesia ya? Saya penasaran karena sampai saat ini (Juni 2018) belum kelihatan kayanya dimana-mana, kalaupun ada yg versi 3 GB paling banyak. Ada info tempat penjualannya?

    2. Saya lg menimbang untuk menjual Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL saya, dan meminang Asus Zenfone Max Pro M1 yg Ram 6 GB untuk saya sandingkan dengan Lenovo P2 Turbo saya yg sudah sangat maknyos. Berapa kira-kira harga jual yg pantas utk Asus Zenfone 2 Laser ZE550KL (pembelian Agustus 2016) dengan kelengkapan Dus, Charger, dan Bodi mulus?

    3. Cerita sedikit ya Om. Sepertinya Om tidak pernah mengulas Lenovo P2 Turbo ya? Saya rasa Om dan para pencari gawai berbaterai badak (plus fast charging) perlu mencobanya (walaupun sekarang mungkin sudah tidak ada di pasaran) karena baterainya memang benar-benar luar biasa. Pemakaian normal (WA, Line, Ojol, Browsing ringan, Medsos ringan, Tanpa game, 2 sim standby 4G-3G) bisa tembus 3 hari (sekitar 60 jam lebih) dari 100% – 5% (tanpa masuk mode ultimate power saving) dan charging dari 5% – 100% cuma sekitar 2 jam (hp off). Saking senangnya saya sama performanya (SD 625, Ram 4 GB, NFC, layar Amoled, baterai 5100 mAh) kalaupun sekarang ada yg tawar 3 juta jg tidak saya lepas, padahal dulu belinya cuma 2,87 juta. Hehehe…. Saya bukan orang Lenovo lho ya Om dan tidak dibayar sama Lenovo sepeserpun.

    Terima kasih atas responnya ya Om. Semoga sehat dan sukses selalu.

    1. Pak Alexander Ipin,

      1. Akan dijual, tetapi saat ini belum dijual. Zenfone Max Pro M1 varian 6/64 ekslusif Erajaya. Jadi, kelak rasanya paling mudah mencari ponsel itu di Erafone.

      2. Sekitar Rp750 ribu, dengan asumsi dijual langsung kepada pengguna akhir, bukan pedagang.

      3. Betul. Saya tidak pernah menguji pakai Lenovo P2 Turbo. Wow… Anda tampakya membeli ponsel itu ketika sedang menyentuh harga pasar terendah. Setelah harganya sempat turun drastis, permintaan ponsel itu tiba-tiba melonjak sehingga harga pasar pun naik lagi.

      1. Terima kasih atas jawabannya om.

        1. Ada bocoran kapan persisnya? Apakah dalam tahun 2018 ini? Layakkah ditunggu?

        2. Wah kalau cuma sekitar Rp. 750 ribu ya mending saya pakai saja sampai serusaknya kalau begitu. Saya kira masih bisa dapat sekitar 1 – 1,1 jutaan. Hehehe… Berarti jatuh juga ya harganya, dulu saya belinya 1,9 juta (Agustus 2016) soalnya om.

        3. Iya saya beruntung dapat di harga segitu dari Bukalapak akhir Desember 2017 (yg jual di Kediri, saya di Jakarta). Tapi itu juga diawali ketidakberuntungan saya karena ditipu seorang penjual di Shopee utk ponsel yg sama sebelumnya. Ya sebenarnya salah saya juga sih (waktu itu masih agak awam soal belanja daring) karena terlalu bernafsu dgn harga yg ditawarkan (2,3 juta) dan mengikuti permainan dia untuk memasukkan “kode promosi” ke laman “shopee abal2” yg ternyata membuat status transaksi yg asli selesai tapi barang tidak pernah ada (dikirim saja tidak, apalagi diterima, tapi tahu2 transaksi sudah selesai). Pada saat saya mau lapor (beberapa menit setelah saya sadar telah ditipu), tahu2 toko itu sudah ditutup. Sejak saat itu sampai sekarang saya masih agak trauma belanja di Shopee.

        1. Pak Alexander Ipin,

          1. Iya, tahun ini dan seharusnya sudah beredar, tetapi ternyata molor. Semoga bulan depan bisa ditemukan di pasar. Tak tahu layak tidaknya ditunggu karena belum pernah mencoba yang varian 6 GB.

          2. Ok.

          3. Oh ok.

  21. Pak Herry

    Dengan melihat harga pasar Mi A1 yg mulai menyentuh Rp 2,5 jutaan, apakah lebih worthed Redmi 5 Plus atau menambah kurang lebih 300rb an untuk Mi A1?

    Thanks

    1. Pak Ersan,

      Bergantung Anda lebih mementingkan kamera atau daya tahan baterai. Kalau kamera, silakan membeli Mi A1. Kalau daya tahan baterai, berarti Redmi 5 Plus yang lebih cocok.

      1. Pak Herry,

        Jika dibandingkan dengan Zenfone 3 ZE552KL, bagaimana? Apakah Zenfone 3 ZE552KL sudah discontinue atau masih tersedia unit baru?

        1. Pak Ersan,

          Dalam hal apa nih? Kalau kamera, ZE552KL lebih bagus. Daya tahan baterai lebih unggul Redmi 5 Plus. Kinerja lain-lain sih relatif imbang.

          ZE552KL sudah diskontinyu. Namun, kadang masih ada toko yang punya stok lama.

  22. Terima kasih om Herry, sudah direview Redmi 5 plus nya..
    Mau tanya Redmi 5 boleh, Om..
    1. Om Herry sudah coba Redmi 5?
    2. Misal sudah, secara singkat bagaimana jika dibandingkan dengan Redmi 5 plus, dalam aspek kinerja, kamera, ketahanan baterei, dan harga.
    3. Dengan harga resmi 1,89 juta, apakah Redmi 5 masih layak dibeli?
    4. Mana yg lebih baik, antara Redmi 5 (harga 1,89 juta) atau Redmi Note 4 (harga 1,99 juta)? Dengan pertimbangan 4 aspek di atas..
    Terima kasih..

    1. Pak Arie,

      1. Belum pernah dan memang takkan mencobanya.

      2. –

      3 + 4. Tak tahu. Lha saya belum pernah mencoba Redmi 5.

  23. Mohon saran Pak Herry, kalau mau beli HP dengan budget maksimal 3 juta, rekomendasi Pak Herry apakah
    1. Jika pilihan di kamera
    2. Jika pilihan di baterai
    3. Jika dengan semua aspek
    Terimakasih Pak atas bantuannya.

  24. Karena segera butuh untuk anak yg akan KKN tgl 25 Juni.

    Mana yg layak dibeli :
    Barang yg ada ready di pasaran saat ini
    – redmi 5+ 4/64 TAM hrg 2,699 jt
    – redmi note 5 4/64 distributor hrg 3jt
    – redmi note 5 4/64 TAM 3,6 jt

    Makasih masukannya.

    1. Pak Otong Tjahjono,

      Kalau kondisi harganya seperti itu, ya mending Redmi 5 Plus (bukan Redmi 5+), Pak.

  25. Koh Herry,apakah xiaomi redmi 5 plus ini juga punya penangkapan sinyal yg bagus kl di daerah.Karena saya orang sering bepergian ke daerah2.sempat melirik brand huawei/honor krn Katanya penangkapan sinyal nya oke.Terimakasih

    1. Pak Benjamin Setiawan,

      * Ketika memakai Redmi 5 Plus, saya sempat membawa ponsel itu ke daerah-daerah yang lumayan pelosok di Bali. Ketika ponsel lain tak dapat sinyal, Redmi 5 Plus juga tidak memperoleh sinyal. Demikian sebaliknya. Jadi, menurut saya, penerimaan sinyalnya sama dengan ponsel lain deh.

      * Ada persepsi kalau ponsel Huawei atau Honor penerimaan sinyalnya lebih kuat. Mengacu kepada pengalaman pribadi, hal itu tidak benar.

  26. Daya tahan batere bagaimana (urutannya) pak?
    Redmi 5 Plus vs
    Redmi Note 5 vs
    Asus Zenfone Max Pro M1

  27. Om herry, mau minta saran. Saya ada dana 2jutaan kira kira beli hp apa ya yang kamera bagus dan batre awet. Hp baru atau bekas silahkan di sarankan

    1. Pak Steven,

      * Baru: Xiaomi Redmi Note 5 dengan catatan bisa mendapatkan dengan harga maksimal 15% di atas harga ritel resmi.
      * Bekas: Xiaomi Redmi Note 5 bekas. 🙂

  28. Malam pak herry,,
    ” Prosesor delapan inti Qualcomm Snapdragon 625 MSM8953 1,8 GHz.” Apakah Kekuatan procesor seri redmi 5 plus ini memang (dikurangi) karena di seri snapdragon 625 biasanya kecepatannya 2.0 GHz,, maaf jika saya keliru… TKS

    1. Pak Lolot,

      Lho iya, saya malahan baru sadar.

      Saya merujuk kepada spesifikasi resmi yang tersaji di situs Xiaomi berikut https://www.mi.com/id/redmi-5-plus/specs/.

      Barusan saya melihat tangkapan layar Redmi 5 Plus saya. Tertulis maksimal 2 GHz. Berarti, situs resminya mungkin salah tulis. Terima kasih atas koreksinya. Langsung saya update di naskah.

  29. Pak Herry, mau tanya antara HP Xiaomi :
    – Redmi Note 5
    – Mi A1
    – Mi 6
    Mana yg lebih baik bila dilihat dr kedua aspek kamera dan baterai?
    Terima kasih sebelumnya.

    1. Bu Felicia,

      Mi 6 tidak beredar resmi di Indonesia. Jadi, saya tak mau mengomentarinya lagi.

      Ditinjau dari dua faktor itu, Redmi Note 5 lebih bagus.

  30. Pak Herry Redmi 5 plus sama Redmi 5 Note mana yg lebih baik?
    Dr segi harga dan performa?
    Mau beli.
    Yg biru hampir jarang Pak.
    Mgkin tahu situs tertentu yg jual dg warna lengkap.

    Terima kasih byk Pak sebelum dan sesudahnya

    1. Pak Dika,

      Performa Redmi Note 5 lebih baik. Namun, harganya masih gila-gilaan. Coba cari di Bukalapak atau Tokopedia, tetapi siap-siap kaget saat melihat harganya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *