Review Xiaomi Redmi Note 3: Lebih Baik Telat daripada Tidak Muncul

Setelah menghadirkan Redmi 2 Prime pada September tahun lalu, Xiaomi menjalani masa puasa panjang di Indonesia. Kendala memenuhi aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) membuat Xiaomi tak bisa menawarkan ponsel tipe terbaru di sini.

Puasa panjang tersebut bulan lalu berakhir. Produsen gawai asal Tiongkok itu resmi menghadirkan Redmi Note 3 di Indonesia. Memang sangat terlambat dibandingkan peredaran Redmi Note 3 tanpa garansi resmi sih. Namun, bukankah lebih baik telat daripada tidak muncul sama sekali?

Redmi Note 3-1

Di awal kehadiran Redmi Note 3 bergaransi resmi, penulis alias HSW menerima banyak sekali pertanyaan. Kalau dirangkum, pertanyaan itu mengerucut ke tiga poin. Pertama, apakah yang dijual di Indonesia Redmi Note 3 Pro? Kedua, kapan varian dengan RAM 3 GB dipasarkan? Ketiga, benarkah Redmi Note 3 bergaransi resmi tak bisa 4G LTE?

Mari kita membahasnya satu per satu. Apakah yang dijual di sini Redmi Note 3 Pro? Jawabannya, iya. Penjelasan detailnya, ada dua macam chipset yang dipakai di Redmi Note 3. Yaitu, MediaTek Helio X10 dan Qualcomm Snapdragon 650. Nama baku kedua varian itu sebenarnya sama-sama Redmi Note 3. Titik. Tak ada embel-embel apa pun.

Realita di lapangan berbeda. Pedagang dan calon pembeli memiliki bahasa pasar tersendiri. Redmi Note 3 MediaTek disebut Redmi Note 3 saja, sedangkan Redmi Note 3 Snapdragon dinamakan Redmi Note 3 Pro. Karena Redmi Note 3 bergaransi resmi menggunakan chipset Snapdragon, berarti dalam bahasa pasar, ia termasuk Redmi Note 3 Pro. Jelas?

Redmi 3 Note MediaTek dan Snapdragon masing-masing tersedia dalam dua pilihan kapasitas memori. Ada yang dibekali RAM 2 GB dan ROM 16 GB, ada pula yang RAM 3 GB dan ROM 32 GB. Saat ini Redmi Note 3 bergaransi resmi yang tersedia di pasar pasti memiliki kombinasi 2/16. Akankah yang 3/32 kelak juga ditawarkan? Belum ada kabar.

Terakhir, benarkah Redmi Note 3 bergaransi resmi tak bisa 4G LTE? Benar. Perangkat keras alias hardware ponsel itu sebenarnya telah mendukung 4G LTE. Masalahnya, Xiaomi tak lolos “saringan” TKDN. Karena itu, ponsel yang sebenarnya siap 4G LTE itu kemampuannya sengaja disunat. Fitur 4G LTE dinonaktifkan. Pengguna maksimal hanya bisa menikmati layanan akses data berbasis 3G. Entah itu WCDMA, HSDPA, maupun HSPA+.

Soal pembatasan kemampuan itu, HSW memberikan acungan dua jempol kepada Xiaomi. Salut! Berbeda dengan sebagian produsen lain yang main kucing-kucingan untuk mengakali regulasi, Xiaomi terlihat patuh. Ada dua hal utama yang dapat dijadikan indikator.

Satu, penjaga stan Xiaomi selalu menegaskan Redmi Note 3 hanya mendukung layanan 3G. Biarpun dipancing sedemikian rupa, termasuk “diancam” batal beli, mereka tetap kukuh dengan penjelasannya. Kondisi itu HSW temukan saat berkali-kali berinteraksi dengan penjaga stan Xiaomi di pusat penjualan ponsel.

Dua, Xiaomi terpantau berupaya mempertinggi tingkat kesulitan proses unlock fitur 4G LTE. Bahkan, walaupun hal itu merepotkan mereka. Ceritanya, sebelum didistribusikan masal ke pasar offline, Redmi Note 3 bergaransi  resmi sempat dijual lewat program pre-order. Fitur 4G LTE di unit yang diterima peserta pre-order sangat mudah dibuka. Cuma perlu waktu sekitar satu menit.

Kondisi itu diketahui Xiaomi. Mereka mustahil meminta kembali Redmi Note 3 yang sudah diterima pembeli. Langkah reaktif yang Xiaomi lakukan, seluruh Redmi Note 3 yang belum terlanjur dibeli konsumen ditarik kembali. Penjualan ponsel itu dihentikan sementara. Semua Redmi Note 3 yang sukses ditarik lalu “disuntik” memakai firmware terbaru yang pengunci 4G LTE-nya lebih susah dijebol.

Terus terang HSW masih bisa meng-unlock fitur 4G LTE di Redmi Note 3 dengan firmware terbaru itu. Namun, langkah-langkahnya memang lebih ruwet daripada sebelumnya. Bagaimana caranya? Eits… maaf, HSW tak bersedia membocorkannya. HSW menghormati kepatuhan Xiaomi terhadap regulasi yang berlaku. Kalau Anda tetap ingin mengetahuinya, silakan menanyakannya kepada Om Google.

Sikap di atas bakal HSW pertahankan selama promotor, penjaga stan, atau distributor resmi Xiaomi masih terlihat taat. Begitu mereka ketahuan nakal, cara unlock 4G LTE ponsel tersebut segera HSW bocorkan. Sama dengan yang sebelumnya sudah HSW lakukan terhadap merek ponsel lain yang terpantau bandel.

Kini saatnya menguliti fitur dan spesifikasi detail Redmi Note 3. Ponsel itu dibekali layar IPS 5,5 inci beresolusi full HD 1.920 x 1.080 piksel. Tampilan layarnya enak dipandang mata, termasuk kala pengguna berada di bawah sinar matahari yang terik.

Redmi Note 3-2

Bodi Redmi Note terbuat dari logam. Kapasitas baterai yang ditanamkan ke ponsel itu cukup besar, yakni 4.050 mAh. Walaupun demikian, ponsel tersebut relatif tidak terasa berat saat digenggam maupun dikantongi. Konektor audio 3,5 milimeter dan inframerah bakal dijumpai di sisi atas ponsel. Di kanan terdapat tombol power dan volume, sedangkan di bawah tersedia konektor micro USB.

Selot kartu SIM dan microSD bercokol di sisi kiri Redmi Note 3. Ada dua kombinasi kartu yang leluasa dipilih pengguna. Pertama, kalau pengguna memasangkan satu micro SIM dan satu nano SIM, ponsel itu akan aktif sebagai ponsel dual SIM tanpa selot kartu memori eksternal. Dua nomor dapat siaga bersamaan. Nomor yang dipakai berinternet, tak peduli SIM1 atau SIM2, leluasa berpindah-pindah di jaringan 2G dan 3G.

Kombinasi kedua, pengguna menyelipkan satu micro SIM dan sekeping kartu microSD. Kalau kombinasi itu yang dipilih, maka Redmi Note 3 berfungsi layaknya ponsel single SIM dengan selot kartu memori eksternal.

Prosesor enam inti (hexa core) Qualcomm MSM8956 Snapdragon 650 yang terdiri atas dua inti 1,8 GHz dan empat inti 1,3 GHz merupakan sebagian spesifikasi lain Redmi Note 3. Ada pula Wi-Fi, bluetooth, GPS, wireless display, kompas, dan radio FM yang siarannya bisa direkam. Memori ponsel itu terdiri atas RAM 2 GB dan ROM 16 GB. Saat ponsel belum diutak-atik, sisa memori internal mencapai 9,2 GB.

Di sisi belakang Redmi Note 3 terdapat sensor sidik jari yang mempermudah pengguna membuka pengunci ponsel maupun memotret. Caranya, usai melakukan serangkaian pengaturan, pengguna tinggal menyentuhkan jarinya ke sensor sidik jari itu. Layar ponsel yang awalnya padam dan terkunci spontan akan menyala sekaligus terbuka. Lain waktu, ketika berada di menu kamera, sentuhan jari di sensor sidik jari bakal membuat kamera menjepret. Fitur itu pasti sangat membantu pengguna yang gemar berswafoto alias selfie.

Ponsel Android 5.1.1 Lollipop itu juga memiliki satu fitur bawaan yang patut dicoba. Namanya, Mi Remote. Dengan menjalankan aplikasi tersebut, pengguna dapat memfungsikan Redmi Note 3 sebagai pengendali jarak jauh (remote control) TV, penyejuk udara alias AC, pemutar DVD, dan aneka perangkat elektronik lain. Selama uji pakai ala HSW, Redmi Note 3 terbukti sukses menggantikan remote control televisi Panasonic dan LG di dua hotel berbeda. Televisi Samsung dan penyejuk udara LG di kafe berhasil pula dikendalikan lewat ponsel.

Redmi Note 3-23

Redmi Note 3-24

Sepasang kamera dibenamkan ke ponsel berdimensi fisik 150 x 76 x 8,65 milimeter dan berat 164 gram itu. Kamera utama Redmi Note 3 dibekali fokus otomatis dan lampu kilat. Ia sanggup menghasilkan foto beresolusi hingga 16 megapiksel dan klip video full HD 1080p. Tersedia menu manual, tetapi yang bisa diubah pengguna hanya pengaturan white balance, ISO, dan kompensasi pencahayaan.

Beralih ke kamera depan. Kamera pendukung swafoto itu tidak memiliki fokus otomatis maupun lampu kilat. Kemampuan maksimalnya memproduksi foto beresolusi lima megapiksel dan klip video HD 720p.

Kalau dirangkum, menurut HSW, tingkat kegegasan Redmi Note 3 layak diberi nilai positif. Ponsel yang dibanderol Rp 2,599 juta itu selalu responsif. Tak pernah tersendat. Daya tahan baterainya juga pantas diberi acungan jempol. Dengan perilaku pemakaian ala HSW, baterai Redmi Note pasti sanggup bertahan lebih dari satu hari satu malam.

Ketersediaan sensor sidik jari dan Mi Remote juga bermanfaat sekali. Sensor sidik jari memungkinkan HSW mengaktifkan dan membuka layar hanya dengan satu sentuhan. Praktis. Sedangkan Mi Remote membuat HSW tak perlu kesal saat singgah ke warung/depot dan menjumpai televisi yang menyiarkan sinetron geje. Tinggal arahkan Redmi Note 3 ke televisi, kemudian mengganti salurannya.

Menyoal kamera, performa fitur itu terus terang di bawah harapan HSW. Awalnya HSW menyangka kamera Redmi Note 3 akan tergolong bagus. Realitanya, kamera ponsel itu lebih pantas diberi predikat cukup bagus saja. Dibandingkan ponsel di kisaran harga sama, hasil jepretan Asus Zenfone Max dan Infinix Zero 3 lebih prima ketimbang Redmi Note 3.

Dikuncinya fitur 4G LTE harus diakui mengurangi daya tarik ponsel itu. Namun, di sisi lain, kondisi tersebut sekali lagi patut diapresiasi positif. Sebab, Xiaomi menunjukkan bila dirinya menaati regulasi yang berlaku di negara ini. Pertahankan sikapmu, Xiaomi! Lebih baik lagi kalau kamu segera berbenah supaya mampu memenuhi regulasi TKDN. Mau?

***

Aneka foto yang dihasilkan Redmi Note 3.

Redmi Note 3-3

Redmi Note 3-4

Redmi Note 3-5

Redmi Note 3-6

Redmi Note 3-7

Redmi Note 3-8

Redmi Note 3-9

Redmi Note 3-10

Redmi Note 3-11

Redmi Note 3-12

Redmi Note 3-13

Redmi Note 3-14

Redmi Note 3-15

Redmi Note 3-16

Mencoba lampu kilat di kamera belakang Redmi Note 3.

Dimulai dengan pemotretan tanpa lampu kilat.

Redmi Note 3-17

Kini lampu kilat diaktifkan.

Redmi Note 3-18

Satu foto berikut ini dijepret memakai kamera depan.

Redmi Note 3-19

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

Redmi Note 3-20

Redmi Note 3-21

Redmi Note 3-22

516 thoughts to “Review Xiaomi Redmi Note 3: Lebih Baik Telat daripada Tidak Muncul”

  1. sayang sekali ya om hsw…kenapa tanpa LTE. padahal sekarang ini semua operator seluler di indonesia berlomba memperluas jaringan LTE mereka.. menurut om HSW apakah kali ini xiaomi akan kembali sukses seperti gawai mereka sebelumnya ?

    1. Pak Widhie,

      Lah kan sudah saya jelaskan di naskah. Xiaomi gagal memenuhi aturan TKDN. Jadi, fitur 4G LTE di Redmi Note 3 harus dimatikan.

      Takkan sesukses sebelumnya.

      1. om HSW, knp redmi note 3 ini blm lolos TKDN ya? pdhl mi4i saja sudah 4G yg berarti mi4i sudah lolos TKDN kan om?

        1. Pak Tomi,

          Sebab, proses pengurusan perizinan Redmi Note 3 dilakukan setelah Juli 2015. Aturan TKDN-nya berbeda dengan Mi 4i yang sudah dijual resmi di Indonesia sejak sebelum Juli 2015.

  2. Wih, akhirnya review yang ditunggu-tunggu muncul, Mi Fans pasti menunggu Ko HSW me review gawai ini..

    Overall price to spec nya bagaimana menurut Ko HSW?

    1. Pak Ren,

      Kalau Redmi Note 3-nya dianggap sebagai ponsel 3G, terasa terlalu mahal. Kalau Redmi Note 3-nya dianggap sebagai ponsel 4G LTE, harga rasional.

  3. Bung HSW

    Bila xiaomi redmi note 3 pro diCompare vs xiaomi Mi 4i lebih unggul mana Bung?
    & apa sajaKah perBandinganNya Bung?
    ~terima kasih~

  4. pak mau nanya kalau untuk harga 5-6 juta apa rekomendasi hp dari bapak? saya maunya ram 4gb dan rom 64gb/lebih. terima kasih pak

    1. Pak Hao2,

      Tak tahu. Saya belum pernah dan belum berminat mencoba Redmi 3 Pro karena belum ada yang bergaransi resmi.

    2. saya bantu jawab boleh ya? jawabannya bisa dan tanpa kendala, baik yg masih pakai rom abal2 distributor maupun yang sudah pakai rom resmi

    1. Pak Suwardi,

      Secara umum sebenarnya masih layak sih.

      Diadu dengan Redmi 3 Pro? Tak tahu. Saya belum pernah dan belum berminat mencoba Redmi 3 Pro karena belum ada yang bergaransi resmi.

    2. redmi 3 pro spek mirip mi4i
      ibaratnya redmi 3 pro = mi4i yg turun kelas dan penurunan spek kamera, resolusi layar tapi dikompensasi infrared dan fingerprint

  5. Kekurangannya xiaomi redmi note 3 di sektor kamera yg biasa2 saja sama tidak adanya 4G ya pak?klo di banding infinix hot S, kira2 lebih pilih mana?

  6. Hallo ko Herry,akhirnya muncul juga review ini..dgn harga jual yang sama..secara keseluruhan lebih menarik mana,zero 3 atau redmi note 3????..

  7. kalo di banding infinix zero 3 layak beli yang mana om hery sama xiaomi redmi note 3 ini?
    Terima kasih

    1. Pak Aditama Wakhid,

      Kalau Anda menomorsatukan daya tahan baterai, ambil Redmi Note 3. Kalau Anda mengutamakan kamera, silakan ambil Zero 3.

      1. Oke, 1 pertanyaan lagi. Apakah di zero 3 banyak aplikasi bloatware nya om?
        Mengingat sekarang pakai asus dan aplikasi bloatware nya banyak sekali dan cukup mengganggu.
        Terima kasih.

        1. Pak Aditama Wakhid,

          Agak banyak, tetapi bisa dihapus alias di-uninstall.

          Bloatware di Asus juga bisa dihapus lho.

  8. Salam kenal pak Herry,
    Mau tanya pak…. Kalau menurut anda bagusan mana pak xiaomi redmi note 3 inj sama infinix zero 3 pak?
    Makasih pak…

  9. Temen2 saya juga banyak yg nunggu Redmi Note 3 garansi resmi. Tapi ada beberapa kekurangan yg akhirnya bikin mereka kabur.
    1. 4G masih belum aktif, mereka pengennya out of the box langsung bisa,
    2. Sim nya hybrid,
    3. Harganya tinggi. Beda dikit sama Redmi Note 3 varian RAM 3GB garansi distributor.
    Maaf Pak Herry, bukan bermaksud menjatuhkan, tapi sedikit berbagi saja.

    1. Pak Amaris,

      Tak apa-apa kok. Untuk poin nomor 1, ya jangan diharap bisa. Lha Xiaomi gagal memenuhi aturan TKDN.

  10. Selamat malam Om Herry……
    Menarik jg nih redmi note 3….cuma sayang baru yg 2/16 yg beredar resmi ya. Sayang yg kedua ya itu tadi…fitur 4G LTE nya yg dikunci.
    Mau tanya om…tp OOT nih.
    1. Kalau pada coolpad max lite, fitur 4G LTE nya dilock setengah hati, apakah pd tipe coolpad max di lock demikian juga, atau memang sdh aktif, soalnya saya minat pada fitur dual spacenya.
    2. Kalau ternyata coolpad max di lock fitur 4G LTE nya, apakah cara unlocknya sama dengan cara unlock pd coolpad max lite, kodenya apakah sama maksud sy….
    Terima kasih om….

  11. Cukup menggiurkan sih cuman sayang dual simnya hybird plus memori internal cuman 16gb. Padahal ngarep yg 3/32gb. Pak hsw mau tanya apa aplikasi yg sudah install bisa di move ke sd card? Screen on time ala penggunaan pak hsw dapat berapa jam? Lalu pengisian baterai dari low ke full dapat berapa jam? Maaf pak banyak pertanyaannya hehehe..

    1. Pak Nazriel,

      Soal move to SD card, saya tidak memperhatikannya. Saya membiasakan diri menginstalasikan aplikasi tambahan ke memori internal. Biar lebih optimal.

      He… he… screen on time nggak bisa dijadikan patokan lho. Ponsel yang hemat baterai bisa saya buat screen on time-nya rendah. Demikian sebaliknya. Namun, kalau Anda tetap ingin tahu, saat memakai ponsel Android screen on time saya per hari sekitar tiga jam. Itu asumsinya baterai ponsel bisa bertahan minimal seharian penuh ya.

      Untuk pengisian baterai, saya tak menghitung detail berapa jam. Lebih dari 2 jam, tetapi kurang dari 3 jam deh.

  12. Dengan harga yang sama dengan Hisense Pureshot + lebih rekomended mana ya Pak secara keseluruhan? Baterai tidak jadi pertimbangan. Kalau dengan harga yang nyaris sama, antara 2-3 juta an , lebih baik pilih HP apa Pak dengan ukuran 5,5″. Terutama kamera yang bagus. Terimakasih banyak , Pak.

    1. Pak Sofy,

      Kalau baterai tidak jadi pertimbangan, dengan kriteria seperti itu ya lebih baik Pureshot+.

  13. Tolong tanya juga, Pak Herry. Redmi note 3 dibanding Redmi 2 prime bagus mana kameranya Pak?
    Selama ini saya pakai LG G3 puas sih sama kameranya. Cuma masalahnya saya harus bawa HP lain untuk nomer HP saya lainnya. Mau beralih ke LG G4 atau LG G5 kok budget saya belum sampai segitu meski LG G3 tersebut saya jual. Apakah Pak Herry bisa berikan rekomendasi pengganti LG G3 saya agar saya cukup bawa 1 HP dual sim dengan kamera setara LG G3 tersebut ? Mungkin di kisaran 3 juta an Pak.
    Terimakasih banyak untuk segala info Pak Herry.

    1. Pak Sofy,

      Menurut saya, lebih bagus Redmi 2 Prime.

      Hmmm… Lenovo Vibe Shot. Terakhir harga jual barunya sekitar Rp 3,7 juta.

      1. Kalau mau beli online, di jd.id minggu lalu saya lihat Lenovo Vibe Shot tembus 3,199 saja Pak. Tetapi soal pengiriman, saya kira ini e-commerce yang terburuk.
        Saya beli Lenovo A2010 sejak tanggal 19 diikirim dengan layanan internal JDExpress, sampai hari ini sudah 12 hari barang masih di Jakarta di gudang JDExpress tujuan Semarang.
        Padahal ini bukan barang preorder, tapi pengirimannya begitu lama. Masih mending Lazada dimana pengiriman molor biasanya untuk barang Preorder, kalau barang gak preorder di Lazada pengirimannya cepat, cuma resikonya ada cancel sepihak, hahaha.

  14. Knapa hrs gabung slot simcard ama memori cardnya ya? Gak like deh gua.. hehee..
    Om, bgus mana kameranya dgn redmi note 2?

    1. Pak Ipong,

      Kalau Anda tanya mengapa harus gabung, ya tanyakanlah kepada desainer Xiaomi, bukan saya.

      Tak tahu. Saya belum pernah menguji pakai Redmi Note 2.

      1. Hehee iya sbnarnya gak prlu Om yg jawab itu hnya ungkapan hati aja..

        Oya nnya lg Om, hsil rekaman videonya gmna apa masih bagus pnya xiaomi redmi 2 prime?

        Krna aku prnah test rekaman video redmi 2 prime vs redmi note 2 dan ternyata bgusan hsil rkaman video redmi 2 prime prpindahan antarsisinya smooth audionya trtangkap jlas.

        Ketimbang redmi note 2 prpindahan antarsisinya agak lambat dan hsil videonya pas diakhir rkaman video duluan brhenti gambar tp audionya brhenti agak telat..

        Maaf tlisan agak panjang ya Om.. Hehee..

  15. Pak Herry,
    Jika dinilai secara keseluruhan, lebih memilih Xiaomi Redmi Note 3 atau Lenovo Vibe P1 Turbo?
    Mohon disebutkan alasannya, Pak.
    Terima kasih.

    1. Pak Yudha,

      Vibe P1 Turbo. Sebab, sejak keluar dari kardus sudah siap dipakai 4G LTE. Zaman sekarang 4G LTE kan menjadi kebutuhan harian.

  16. Pak Herry SW, Seri Note untuk brand ini apa cocok secara fungsional kalau untuk menggantikan Samsung Galaxy Note 3? Apakah di dalamnya punya kemampuan untuk multi window dan adakah aplikasi seperti scrab book, yang bagi saya pribadi sangat dibutuhkan? Kalau Antutu Benchmark-nya sudah sangat tinggi ya smartphone2 sekarang. Maaf, gak begitu tahu dengan perbedaan seri dari Xioami karena ada seri Note dan seri S juga M nih. Kalau samsung-kan gampang beda seri pasti beda fungsinya atau material bodinya.

    1. Pak Suneo,

      Intinya begini: seri Note di ponsel non-Samsung biasanya berbeda fungsi dengan Note di Samsung. Note di ponsel lain biasanya untuk menunjukkan kalau ponsel itu berlayar lebar (minimal 5,5 inci). Kalau Note di Samsung kan untuk menunjukkan bila ponsel itu dilengkapi dengan S-Pen.

      Kalau membaca kebutuhan Anda, ya silakan tetap setia dengan Samsung seri Note. Namun, semakin hari Anda memang harus merogoh kocek makin dalam.

  17. koh herry urutan review selanjutnya apa aj??trs andromax r2 di bundle kartu smartfren ga??dan kuotanya brp??

    1. Pak Jason,

      Ada Flash, Kata, dan Wiko.

      Ya. Semua paket penjualan Andromax, termasuk Andromax R2, termasuk kartu perdana Smartfren. Saya tak ingat dapat bonus kuota berapa.

  18. Kalau cari hp setara xiaomi note 3 pro ini tapi sudah 4g ready ada saran gak ya pak kira” hp apa? Ada search sih cara buka unlock di xiaomi note 3 pro ini tapi ribet aja dan takutnya saat ada update firmwell malah ribet lagi, beberapa cara harus di move ke rom global gtu kayaknya dan saya gak pengalaman juga wkwkkw.

    Ngom” pak prosesor mediatek dan snapdragon apa benar lebih unggul snapdragon kah pak?

    Wah hasil kamera menurut pak hsw hanya cukup baik ya, kalau di banding hisense pureshot menang mana pak? Dan bagaimana cara bapak menilai suatu kualitas foto baik,cukup baik maupun kurang??

    1. Bu Meia,

      Hmmm… Xiaomi belum pernah mengeluarkan ponsel bernama lengkap Xiaomi Note 3 Pro deh.

      Saat ini MediaTek sudah jauh lebih bagus daripada Snapdragon. Kalau dulu sih MediaTek memang terasa ketinggalan.

      Menang Pureshot. Cara menilainya sederhana. Saya gunakan kamera ponsel itu untuk memotret, lalu hasilnya dipindahkan ke laptop dan saya cermati di sana.

  19. Review yg ditunggu-tunggu akhirnya.
    Jadi agak bingung (lagi) nih, kok galau sih.. Redmi Note 3, Lenovo Vibe K4 Note, atau Lenovo K5 Note yaa Pak HSW? Td baca2 review Lenovo Vibe K4 Note-nya jd tergoda, tp kok fisiknya krg suka.. lbh menarik Lenovo K5 Note, tapi maunya RAM 3GB.. hihii.. Kalau mnrt Pak HSW bgamana, Maunya sih yg nggak gampang panas, nggak nge-lag, hemat baterai, camera mumpuni.. Hihi *perempuan rewel minta ampun ya*

    1. Bu R. Amelia N.A.

      Saya sekarang juga ikut bingung deh.

      Kalau Anda meminta kamera yang mumpuni, berarti Redmi Note 3 dan Vibe K4 Note otomatis dicoret. Sebab, kameranya tidak layak dibilang bagus. Maksimal hanya cukup bagus.

      Sedangkan K5 Note juga dicoret karena saya belum pernah mencobanya.

  20. Hi pa Herry, utk redmi note 3 dengan zenfone max lebih layak beli yang mana untuk kegegasan, camera dan daya tajan baterainya…. tks

    1. Pak Robby,

      Kegegasan: Redmi Note 3 menang.

      Camera: Zenfone Max menang.

      Daya tahan baterai: kalau kapasitas baterai dikomparasikan dengan durasi siaga, Redmi Note 3 menang.

  21. Halo mnrt pa HSW,
    Mau nanya utk best masing2 kriteria hp dengan harga 1-3 juta :
    A. Camera dan fokus serta hasilnya
    B. Kegegasan (ram dan procesor)
    C. Baterai / daya tahan
    D. Body atau casing
    E. Merk lokal

    Demikan dam terima kasih.

    1. Pak Samaritan,

      A. Infinix Zero 3.
      B. Infinix Zero 3.
      C. Xiaomi Redmi Note 3.
      D. Asus Zenfone Max.
      E. Polytron Zap 6 Power.

  22. Jika melihat Huawei, Infinix dan ZTE yang pasarnya di Indonesia tidak terlalu besar, tetapi mereka bisa menggandeng rekanan lokal untuk memproduksi ponsel 4G, mengapa Xiaomi sampai hari ini kok sepertinya tidak ada gregetnya untuk memenuhi aturan TKDN ya Pak?

    Penggemar fanatik Xiaomi menyalahkan TKDN sebagai sebab ponsel Xiaomi tidak segera masuk ke Indonesia, tetapi jika melihat ZTE yang pasarnya di Indonesia jauh lebih kecil dibanding Xiaomi saja bisa menggandeng PT TDK, mengapa Xiaomi tidak melakukan hal itu juga mungkin Pak Herry tahu?

    Pasarnya tiap jualan soldout, komunitas Xiaomi banyak, fansboy fanatik apalagi, sayang jika ponsel-ponsel Xiaomi tidak bisa masuk kesini karena terkendala TKDN.

    1. Pak Toko Rahmat,

      Nah, itu dia. Makanya di bagian akhir ulasan di atas saya bertanya kan: Mau?

      Kuncinya adalah Xiaomi mau atau tidak nih? Kalau mau, seharusnya bisa kok. Lha Infinix dan ZTE yang tidak sepopuler Xiaomi saja terbukti bisa.

  23. kayaknya kalo di jkt udah banyak yg nakal tokonya, udah dibilangin trik buat unlock 4g nya 😀 ada jasa jg flash ke rom lain

    mungkin karena kurang laku harga segitu kok cuma 3g

    cocoknya memang hape ini dijual ke daerah yg belum tercover 4g.
    kalo di jkt bakal susah laku. promo paket data 4g lagi gila2an isat vs xl . perdana oreedo 15rb dpt 4g 10 gb siapa yg gak tertarik

    1. Pak Ryu,

      Yang dijual Redmi Note 3 bergaransi resmi atau tidak? Hal lain, yang ngajarin trik-nya pemilik toko, penjaga toko tanpa seragam, atau siapa?

      Terima kasih.

      1. yg resmi lah pak . tapi permainan kata2nya memang halus . jadi dgn gaya bercerita sambil menunjukkan langkah2nya seperti yg di share di thread redmi note 3 di kaskus.

        jadi kayak mau bilang gw gak ngajarin lho ya, tapi gw baca di kaskus gitu 😀

        oknumnya pake seragam kok pak. tapi yg ngeflash ke rom china itu memang bukan oknum itu yg ngelakuin, ada jasanya ditempat lain. 4g aman, tinggal install gapps 😀 terima beres aja asal ikhlas gak pake bahasa indonesia

        btw review lenovo K5 dong pak, jgn yg plus. belum ada di negeri ini yg review model itu 🙁

        1. Pak Ryu,

          Wah, informasi yang sangat berharga nih. Mohon informasi tambahan:
          * Itu di toko biasa atau Erafone?
          * Mengenakan seragam Xiaomi atau apa?

          Hmmm… sejauh ini saya belum ada rencana menguji pakai Vibe K5 sih.

          1. era pak. seragam merah yg ada huruf e nya itu 😀

            toko biasa di jkt dst setau saya jarang bgt yg stock tipe ini yg garansi resmi. ndak laku gara2 dilock di 3g itu. mending jualan yg non resmi ram 3gb harga lebih murah + bisa 4g langsung

            habis disita beberapa minggu yg lalu itu jualan xiaomi distro udah normal lagi. kayak gak ada takut2nya disita

          2. Pak Ryu,

            Waduh… petugas Erafone mulai nakal ya. Boleh tahu tepatnya di Erafone cabang mana, Pak?

    1. Bu R. Amelia NA,

      Pfff… untung sadar. Tadi saya sudah hampir ngamuk. 🙂 Posting yang dobel telah saya hapus.

    1. Pak Budi,

      Berpotensi mengurangi keindahan ponsel. Seberapa signifikan? Bergantung tebal tipisnya garis dan desain keseluruhan.

  24. Bung HSW
    “lebih baik telat daripada tidak sama sekali”

    asal jangan telat 3 bulan saja ya bung?
    Nanti keburu besar perutnya!

  25. Pak HSW,

    Akhirnya review yg saya tunggu2 datang juga.

    1. Mengenai 4G Redmi Note 3 yg di lock, apakah nanti ada kemungkinan bkl di unlock scr resmi jika Xiaomi sudah berhasil menyelesaikan masalah tkdn (seperti kasus Infinix Zero 3), lewat update firmware via OTA misalnya?

    2. Performa baterainya sendiri yg 4000 mAh itu apakah sudah bisa cukup diandalkan seharian tanpa perlu repot2 lagi bawa powerbank?

    3. Btw kualitas service center resmi Xiaomi Indonesia menurut pak HSW sendiri memuaskan atau kurang memuaskan?

    Trims…

    1. Pak Farid LM,

      1. Ya. Masalahnya, terus terang saya ragu Xiaomi akan serius berbenah supaya lolos TKDN.

      2. Sangat bisa.

      3. Saat ini lebih bagus daripada sebelumnya, ketika masih ditangani oleh TAM dan Comtech.

  26. Sekedar sharing saja Pak HSW, saya pernah memakai Xiaomi Note 3 versi MTK dgn RAM 2GB performanya bisa dibilang jauh dari baik, terasa lemot dan tdk gegas, dalam pemakaian normal selalu menyisakan free RAM 200-300mb, berbeda dgn Mi4 yg saya pakai free RAM nya bisa 1gb lebih setiap kali refresh. Selain itu note 3 ini juga saya rasa cepat panas, mi remote juga selalu force close.. Mungkin karena bawaan dr ROM abal2 juga ya.. Sekarang saya cukup puas dengan kinerja Mi4 LTE walaupun bergaransi distributor hehe.

    1. Pak Bennylie,

      Xiaomi belum pernah mengeluarkan gawai bernama Xiaomi Note 3 lho. Jadi, ponsel apakah yang saat itu Anda gunakan? Apakah Xiaomi Redmi Note 3 versi MediaTek?

        1. Pak Bennylie,

          Oh ok. Saya pribadi belum pernah memakai Redmi Note 3 MediaTek. Namun, beberapa teman saya kebetulan pernah mencoba Redmi Note 3 versi MediaTek maupun Snapdragon. Mereka kompak menyatakan kalau yang MediaTek jauh lebih buruk daripada yang Snapdragon.

          1. Diatas ko herry menyebut mediatek sekarang jauh lebih baik dr snapdragon.. Dr bbrp testimoni mediatek dibawah snapdragon

          2. Pak Ndemik,

            Apakah yang Anda baca kalimat ini?
            —-
            Saat ini MediaTek sudah jauh lebih bagus daripada Snapdragon. Kalau dulu sih MediaTek memang terasa ketinggalan.
            —-

            Kalau iya, sudah saya perjelas di komentar berikutnya.

            —–
            Kalau iya, tampaknya saya salah merangkai kata sehingga maknanya menjadi ambigu. Maksud saya, kini MediaTek sudah mengalami perkembangan yang signifikan sehingga kualitasnya tak beda terlalu jauh dibandingkan Snapdragon.
            —-

  27. Waaah akhirnya yang dinanti-nanti muncul juga. Jadi makin galau setelah baca review Pak Herry hehe. Kalo dengan budget 2-2,6jt yg kameranya lebih bagus antara Xiaomi Mi 4i, Redmi Note 3, Asus Zenfone Laser ZE550KL, dan Hisense Pureshot kira-kira Pak Herry merekomendasikan yg mana ?
    Terima kasih 🙂

    1. Bu Rachma,

      Kalau fokus ke kamera, ya berarti Mi 4i. Masalahnya, ponsel itu dikenal mudah panas dan boros baterai lho.

  28. Om HSW…dimana tuch beli perdana HSW ??
    Om HSW…ma’af diluar topik,sy mw tanya cara settingnya detail blacklist panggilan tlp & sms.dihp hisense pureshot gmna y,sy coba blm ketemu.
    TRIms.

    1. Pak Win,

      Ha… ha… ya tidak ada. Lha wong itu saya sedang iseng kok.

      Maaf, karena saya sudah berpisah dengan Pureshot, saya tak bisa memberikan panduan detail langkah demi langkah.

  29. Kira-kira HP apakah yang bisa direkomendasikan yg mempunyai RAM 3Gb dan mendukung 4G LTE. Dengan budget 2jt an..

    -thx-

  30. Maaf mau tanya dluar topik pa Herry SW. Kalau kita mau komplin akan lagu rbt yg kita tidak pesan dan tidak pernah lakukan perjanjian perpanjang otomatis. Gmana ya.3makasih sebelumnya.

  31. Pak Herry
    Minta solusinya..
    Xiaomi redmi note 3 pro saya jaringannya EDGE (2G) terus, jaringan H+ (3G) nya gak pernah muncul lagi, setelah pemakaian hari ke 3.
    Kira-kira masalahnya dimana ya Pak ??
    Terima kasih

    1. Pak Tian,

      Pengaturan jaringan di ponsel apakah sudah benar? Sudah coba memasangkan kartu operator lain?

  32. Pak Herry, sekadar berbagi nih.
    Pada salah satu tanggapan komen di atas Pak Herry mengatakan, dalam urusan kamera, Redmi 2 Prime mengungguli Redmi Note 3 ini. Kalau melihat hasil jepretan HSW pada kedua review ponsel tersebut di blog ini sih, saya sepakat. Sangat sepakat.

    Tapi begini, Pak. Saya sekarang punya Redmi 2 Prime resmi dan Redmi 3 distributor (soal beli ponsel distributor ini, saya membangkang Pak Herry ya berarti :D) yang sudah saya flash ke ROM China. Nah, beberapa kali saya membandingkan jepretan kedua ponsel tersebut di layar laptop. Menurut saya, jepretan Redmi 3 unggul mutlak, terutama dalam kondisi minim cahaya.

    Di sisi lain, saya pernah melihat review perbandingan kamera Redmi 3 dengan Redmi Note 3 (versi snapdragon juga) di youtube, dan dari perbandingan itu saya dan hampir seluruh orang yang komen di channel itu menilai jepretan Redmi Note 3 unggul tipis. Pemilik channel-nya memang membagi perbandingan itu tanpa memberi kesimpulan, Pak.

    Nah, berdasar itu, saya jadi curiga, Redmi Note 3 yang beredar resmi di Indonesia ini ROM-nya kurang sip, sehingga membuat jepretan kameranya kurang andal. ROM Redmi Note 3 untuk Indonesia ini boleh dibilang khusus kan, Pak, dengan 4G dikunci? Kalau memang begitu, sayang sekali. Software seharusnya menjadi penolong hardware. Niat saya untuk upgrade jadi batal deh.

    Sorry, Pak Herry, komennya panjang.

    1. Pak Argha Premana,

      Soal ROM, saya tak tahu pasti kondisinya gimana. Peluang ke arah sana sih memang terbuka.

      Saya sempat dengar selentingan dari sumber tertentu, katanya ROM Redmi Note 3 yang beredar di Indonesia itu sebenarnya sama dengan ROM global, tetapi ada sedikit pengaturan tambahan. Kalau yang dipasangkan kartu SIM Indonesia, ponsel takkan bisa masuk ke jaringan 4G LTE. Namun, kalau yang diselipkan kartu SIM luar negeri, biarpun posisi pengguna di Indonesia, sinyal 4G LTE akan muncul.

  33. Pak Harry, mohon sarannya utk HP yg harga 2jt an.
    Yg saya utamakan : baterai, ada microsd slot dedicated, 4G ready, kamera tidak terlalu penting tapi jg tidak jelek, dan layanan purnajual yg tidak bikin repot.
    Kalau say liat2 ada redmi 3, infinix note 2, evercoss elevate y2 power s55. Kira2 apalagi yah pak.
    Thanks pak

  34. teman yg udah beli, katanya redmi 3 ini gak tahan banting hehe..
    btw pak, boleh oot? kalo misal pilih lenovo vibe k4 dengan LG G3 D855 lebih baik yg mana? say alihat di blibli harganya hampir sama.. atau ada rekomendasi layar besar, gegas, kamera lumayan bagus dengan budget <3 jt?
    terimakasih sebelumnya…

    1. Bu Nellysy,

      Yang saya review itu Redmi Note 3 lho, bukan Redmi 3. Selama proses uji pakai, saya tak pernah coba membantingnya.

      Dengan kriteria seperti itu, mending coret keduanya dan ambil Infinix Zero 3 deh. Harga Rp 2,599 juta.

    1. Pak Bennyboyolali,

      Ya, unit Redmi Note 3 yang saya foto di atas telah dilapisi dengan screen protector yang bening biasa. Harga Rp 25 ribuan.

  35. Pak herry, mau tanya maaf nyimpang
    Quick Charger 2.0 bersertifikasi qualcomm harga terjangkau rekomend merek apa pak? rencana dipakai di xiaomi. Terima kasih.

    1. Pak Yusuf,

      Mending sekalian beli yang Quick Charge 3.0 deh. Sebab, harganya berbeda tipis dengan Quick Charger 2.0.

      Saya merekomendasikan Aukey PA-T11. Harga baru sekitar Rp 450 ribu.

  36. Saya jadi bertanya tanya.
    Klo misalnya 4G untuk varian ini di lock berarti apa yang dilakukan oleh distributor2 yg menyuntikkan ROM abal2 sehingga 4G jadi unlock adalah perbuatan yg Illegal -menurut pemahaman saya-..?
    Klo demikian halnya, kok tetap bisa dapat izin import dari Bea Cukai dan juga harusnya XIAOMI tidak melayani permintaan dari distributor2 tersebut…?

    1. Pak Aco,

      He… he… ilegalnya malahan sejak awal deh. Coba saja perhatikan nomor sertifikat postel/SDPPI Redmi Note 3 tanpa garansi resmi. 🙂

      Kok bisa tetap lolos masuk ke sini? Lha… itu dia. Saya juga ingin tahu.

      Seharusnya Xiaomi tidak melayani permintaan distributor-distributor tersebut? Lha mereka kan tidak kulakan langsung dari Xiaomi. Kondisinya berbeda dengan distributor resmi yang berhubungan langsung dengan Xiaomi.

  37. Pak Herry
    klo dengan dana d bwah 2,3jt bapak mrekomendasikan hp apa? sya orgnya tdak trlalu mmentingkan kualitas kamera, hnya ssekali buat main game
    dan klo bsa dri pabrikan yg ckup bgus, soalny tkut hp tdak than lama krena sya orgny ckup jarang ganti hp, trget awal sya sih mau bli xiaomi mi4i.. mgkin pak Herry bsa mmberikan saran yg lbih baik?

    1. Pak Aditya,

      Mi 4i baru dan bergaransi resmi tak boleh Rp 2,3 juta deh. Keunggulan ponsel itu justru di kamera. Jadi, kalau kamera tidak dipentingkan, mending ambil yang lain.

      Anda boleh melirik Asus Zenfone 2 Laser, Infinix Note 2, atau Hisense Pureshot.

      1. d daerah malang saya cek di 2 toko hp yg ckup trnama xiaomi mi4i gransi resmi di bandrol 2,23jt kok pak,,
        tpi kta ptugasny, hp merk xiaomi ataupun lenovo kalo mau service tidak disediakan fsilitas service center, atau bisa service tapi hanya pada tipe trtentu,, dan hrus kta yg brangkat sendiri k surabaya,, apa itu memang benar pak?

        1. Pak Aditya,

          Nah… saya jadi penasaran nih. Garansi resmi yang dimaksud itu garansi resmi apa ya? Jangan-jangan garansi tidak resmi yang “diresmikan”.

          Sebab, setahu saya, di Malang beneran ada pusat perbaikan resmi Xiaomi. Lokasinya di Jl Letjen Sutoyo 66 C.

          1. Mau nimbrung lagi pak, untuk Xiaomi Mi4i sepertinya harga pasaran memang di angka 2,2-2,3. Di marketplace online harganya juga segitu dengan keterangan resmi Erajaya / Trikomsel, di toko offline kota Semarang juga segitu untuk barang resmi Erajaya / Trikomsel.

            Saya tidak tahu mereka dapat barang darimana, tetapi memang barangnya asli dan resmi. Mungkin mereka kulakan lewat marketplace atau memanfaatkan voucher, sempat saya dulu inget belikan temen Mi4i di blanja.com kena harga 2,1 saja karena ada promo gadget gitu, hehe.

          2. Pak Toko Rahmat,

            Thanks infonya. Terakhir sih Rp 2,35 juta. Ternyata sudah turun lagi ya.

  38. Untuk Redmi Note 3 yang garansi resmi kan 4G nya dilock tuh, apakah kedepannya jika seandainya Xiaomi sudah memenuhi syarat TKDN, apa 4G nya bakal diaktifkan via upgrade firmware seperti halnya Infinix Zero 3?

    1. Pak Sam,

      Ya, seharusnya begitu. Namun, terus terang saya pesimis Xiaomi akan berusaha keras berbenah agar lolos aturan TKDN.

  39. Pak Herry,
    sebelumnya sudah ada yang menanyakan perbandingan ponsel ini dengan Infinix Zero 3 & Lenovo Vibe K4 Note, meski hanya dari segi kegegasan.
    Bagaimana dari segi fitur, spesifikasi, daya tahan baterai, kamera, hingga desain? Yang mana yang menurut bapak lebih baik?
    Terimakasih..

    1. Pak Hari,

      Menurut saya, Redmi Note 3 unggul di daya tahan baterai dan desain (dalam arti kenyamanan digenggam). Lain-lainnya sih kalah.

  40. Maaf agak OOT, Tapi yang saya kesalkan Mi4i yang seharusnya sudah masuk duluan sebelum ada TKDN, di update MIUI terbaru (versi Indonesia) pilihan LTEnya dihilangkan. Alhasil harus downgrade biar tetap bisa pake LTE xD

    1. yg hilang cuma option prefered LTE nya aja, kalo udah tercover 4g langsung connect kok.
      kalo mau nongol pilihan LTE selain downgrade ya naik ke miui 8 . versi 8.6.7.29 . masih global dev ( update tiap jumat sore) tapi stabil kok.

      sialnya memang miui 7 udah gak bakalan di update lagi . jadi versi terakhirnya ya yg gak ada option prefered LTE itu 😀

      xiaomi emang aneh akhir2 ini, mungkin stress disalip oppo & vivo pdhl 2 merk itu jual barang kemahalan 😀

  41. Mau nanya Pak Herry
    Untuk sim Hybrid/gabung dg memory card
    Apa itu untuk Redmi
    Apa juga berlaku untuk Infinix
    Mungkin agak beda hybrid nya;
    Jd defaultnya Infinix; 2 sim + 1 memoryCard
    Kira2 bisa tdk Infinix Hibrid juga
    Jadi, slot sim diganti memory card
    Jd begini; 1 sim + 2 memoryCard

    Cos dlu pernah ada hp yg bisa 2 memoryCard
    Ntah kenapa tiba2 hilang?

  42. Pak mau tanya kalau lagi mau cari” hp dengan fitur fingerprint yang bisa dibawa untuk kegiatan sehari” tidak berat hanya browsing dan chat saja battre setidaknya bisa tahan dari pagi sampai malam ada rekomendasi apa ya pak? oh iya kamera tidak perlu terlalu bagus tapi juga bukan buruk hanya sekedar cukup baik untuk di share di sosmed saja pak heheh..

    terimakasih pak.

  43. tambahan pak kalau semisal fitur kamera diutamakan juga tapi mau yang ada fingerprint kira” ada rekomendasi apa ya pak? awalnya tertarik untuk cari” hp dengna kamera mumpuni tp setelah pakai dslr juga rasanya kamera hp bahkan sekelas lg g4 masih bikin hati kurang puas kalau untuk foto” landscape heheheh..

    1. Bu Nellysy,

      Itu harga ritel resmi dan untuk dapat harga ritel resmi Anda harus bertransaksi di Lazada. Masalahnya, stok tidak selalu tersedia. Jadi, ya harus rajin-rajin ngecek.

  44. Maaf out of topic.. Ko mau nanya . klo mau cari hp yg spesifikasinya terjamin, ram nya gede memori nya juga gede kamera dpan belakang cakep gak gampng lobet dan gk gampang lemot apa ya ko..? Badget maksimal 5 juta.

  45. xiaomi gak hanya jualan di Indonesia saja
    pasar di India malah jauh lebih besar dari Indonesia
    meminta xiaomi untuk memenuhi kewajiban TKDN, rasanya hampir tidak mungkin
    mengapa harus susah2 kerjasama dengan vendor lokal, yang meski hasil jadinya sama bagus tapi harga harga beda jauh?
    kalau semua proses manufaktur dilakukan di China, harga pokok produksi bisa ditekan serendah mungkin, harga jual ke konsumen masih bisa kompetitif

    untuk komponen semacam lcd, baterai performa tinggi, apalagi board/pcb yg penuh dengan ic dan rumit pengerjaannya, sepertinya belum ada vendor yang mampu

    jadi kemungkinan merk lain kerjasamanya sebatas manufaktur kardus dan casing agar bisa memenuhi syarat TKDN

    CMIIW

  46. Pak Herry,
    Xiaomi Redmi Note 3 dengan Redmi 3 Pro gegasan mana?
    Oiya, Apakah hanya Xiaomi Redmi Note 3 produk Xiaomi yang mempunyai Infrared?

    1. Pak Valiant Puspo N,

      Ini maksudnya Redmi Note 3 MediaTek vs Redmi Note 3 Snapdragon ya? Saya belum pernah mencoba yang MediaTek. Beberapa teman yang pernah memakai keduanya kompak menyatakan Redmi Note 3 Snapdragon lebih gegas.

      Yang dibekali inframerah bukan hanya Redmi Note 3. Tipe lain, misalnya Redmi 3, juga punya kok.

  47. Bpk Herry,,
    sekadar sharing pengalaman saja,, maaf jika salah kata2.
    1. Saya sudah membeli xiaomi redmi note 3 pro di sebuah toko di wtc (tidak resmi, saya sadar dan tahu resiko nya, saya tidak komplain ini). Oke, saya diberi dengan stiker WI (wisma inkopad mungkin),, dengan rom, entah asli rom china atau rom distributor,, setelah kartu sim saya dimasukkan dan diaktifkan,, smartphone tsb tidak dapat akses 4G dan kemungkinan memakai bahasa mandarin/inggris di layar welcome (penjaga toko yang memegang smartphone tsb).

    Penjaga toko segera menukarkan barang tersebut dengan kata2 “maaf saya tukar dulu, yang ini masih belum -diaktifkan- “, mungkin maksudnya masih memakai rom distributor atau 4G nya tidak aktif. Smartphone saya segera ditukarkan dengan garansi lain, stiker bertuliskan DJPT.

    Setelah saya cek fisik dan selama 2.5 jam mendownload beberapa aplikasi untuk mengecek apa benar yang saya beli ini Xiaomi Redmi Note 3 Pro Snapdragon,, akhirnya saya yakin dan langsung saya deal & belikan aksesorisnya.

    Mengapa saya perlu mengecek sampai 2.5 jam lamanya?
    Karena saya tahu saya akan mendapat rom distributor atau rom yang tidak tersedia 4G nya. TAPI unit saya yang ada stiker DJPT nya, langsung mendapat rom global stable,, 4G im3 ooredoo lancar,, bahasa indonesia,, tanpa bloatware, bersih aplikasi lain pihak ketiga,, out of the box. Jadi ini unit yang sudah di buka, lalu di flash, di pack lagi dan dijual,, karena saya tahu resiko barang garansi distributor, saya harus install aplikasi untuk mengidentifikasi unit ini apa benar, paling tidak prosesornya Snapdragon, ram 3gb, storage 32gb, baterai 4000, dsb, asal semua fungsi dan sensor smartphone lancar, saya deal membeli nya.

    2. Saya mencoba 4G smartfren tidak bisa, hanya keluar 3G saja, atau keluar logo 4G tapi bar sinyal kosong, saya tidak sempat mencari solusi di google,, karena setelah membeli unit ini, saya mendapat promo loyalty smartfren andromax A,, saya mengambilnya, dan masalah 4G smartfren terselesaikan untuk saya pribadi.

    3. Iya saya setuju masalah kamera, kalau opini saya, kamera cenderung buruk / below average (menurut ratio harga), masih dapat dibandingkan hasil kamera smartphone lama saya merk imo tahun 2013, karena dengan harga sekitar 2.8 – 3.1 juta, kamera dari zenfone seharga tersebut masih lebih bagus. (btw, saya membandingkannya di pc).

    4. Bukan spesifik tentang Xiaomi redmi note 3 sih,, tapi ini terulang lagi saya membeli barang bergaransi distributor yang lagi-lagi gagal saya install driver nya di pc, alias gagal ngoprek. Saya ada beberapa unit android (bukan milik saya), garansi resmi, selalu berhasil di flash ulang, unlock bootloader, root dsb,,, Tetapi unit yang sama, bergaransi distributor, saya selalu kesulitan dan gagal utak-atik.
    Aslinya saya kurang ahli sih, cuma ngikuti via tutorial google,, karena beberapa tutorial memang berdasar unit global, tidak bisa untuk unit lokal (asli dari negara produsen).

    Wuik panjang, terima kasih pak Herry.

    1. Pak Billyjeanfiles,

      1. Sip. Berarti, Anda berurusan dengan toko yang bagus tuh.

      2. Dengan dapat promo loyalty tersebut, Andromax A-nya bisa Bapak tebus dengan harga berapa?

      3. Ok.

      4. Ok.

      1. Bpk Herry,
        Promo loyalty Andromax A, dengan harga 200rb + wajib isi pulsa 50rb, jadi total 250rb, dari harga normal 650rb. dengan upgrade kartu evdo jadi 4G (masih bisa dipakai di modem evdo rev-a, kemungkinan besar desember 2016 smartfren tidak akan menjual perdana evdo lagi).

        sedangkan nomer smartfren satu nya yang TIDAK saya ambil: promo loyalty Andromax E2, seharga 450rb + wajib isi pulsa 100rb,, jadi total 550rb dari harga normal 950rb.

  48. Hai Pa Herry, sedikit mau bertanya ttg kamera hp,,
    Apakah mode manual dan otomatis di hp dapat mempengaruhi kualitas hasil fotonya dengan sama2 objeknya…
    Kemudian utk mencari hp kamera apakah lebih baik yg didalamnya ada mode manual atau hanya mode otomatis saja,, tq

    1. Pak Bintang,

      Ya. Contoh sederhananya, Anda memotret sebuah objek. Pada mode otomatis, kamera menganggap pencahayaan yang diperlukan sebesar, sebut saja nih, “dua porsi”. Dengan pencahayaan segitu, foto yang dihasilkan masih terlalu gelap. Nah, dengan mode manual, pengguna bisa memberikan “tiga porsi” pencahayaan. Hasil foto akan lebih optimal.

      Wah, ya tidak bisa semudah itu, Pak. Yang lebih penting adalah kualitas lensa, sensor, dan prosesor yang dipakai.

  49. Fingerprint,baterai,processor,layar bagus adalah keunggulan redmi note 3. Walaupun kamera agak jelek tapi gakpapalah. Menurut saya ini worth it to buy di range harga segitu. Bagaimana menurut anda pak?

    1. Bu Rini,

      Kalau dianggap sebagai ponsel 3G, Redmi Note 3 terlalu mahal. Namun, kalau dianggap sebagai ponsel 4G, Redmi Note 3 masih layak beli.

  50. mau nanya
    misalkan beli xiaomi garansi distri tdk resmi nanti dpt rom dr distri bkn?
    klo ia ga akan dpt update sistem bkn?
    mohon penjelasannya….

    1. Pak Ridha,

      Ya, biasanya begitu. Benar, tak bisa di-update secara OTA.

      Namun, kadang barang tanpa garansi resmi ternyata memakai ROM global, bukan ROM distri. Yang begini bisa di-update.

  51. Ko Herry, aku butuh smartphone yg dikenal jarang trouble terutama hardwarenya, karena sering harus ke daerah yg tidak ada service centernya selama beberapa bulan.

    Dari semua kandidat yg ada, spek dan harga sudah no problem, prioritasnya adalah yg paling kecil kemungkinan hardware problem karena kalau sudah di daerah selama beberapa bulan, ngga bisa bawa ke service center.

    Sebaiknya smartphone mana yang aku pilih? Kalau bisa diurutkan.
    1. Lenovo P1 Turbo
    2. Lenovo K4 Note
    3. Huawei GR5
    4. LG K10
    5. Oppo F1 S

    Kemudian dari 4 merk di atas, yg mana yg smartphonenya paling jarang rusak dan kalaupun rusak, servicenya cepat?

    Thanks, Ko..

    1. Pak Hendri,

      Belum semua ponsel pernah saya coba. Kalau hanya mengacu kepada kriteria Anda, saya condong ke pilihan nomor 4.

      LG dong. Buang jauh-jauh Oppo.

    2. Sekalian aja LG Stylus 2 pak 🙂 istri saya pakai hp itu selama 1 bulanan dan sampai sekarang nggak ads masalah apapun. Baterai juga lebih hemat dari K10

      1. Pak Sam,

        Dengan memperhatikan spesifikasi dan harga, saya menilai harga Stylus 2 terlalu tinggi. Harga K10 lebih masuk akal.

  52. Pak Herry mohon maaf ada kesalahan ketik namanya. Maklum baru bangun tidur

    Mohon sarannya utk HP yg harga 2jt an.
    Yg saya utamakan : baterai, ada microsd slot dedicated, 4G ready, kamera tidak terlalu penting tapi jg tidak jelek, dan layanan purnajual yg tidak bikin repot.
    Kalau say liat2 ada redmi 3, infinix note 2, evercoss elevate y2 power s55. Kira2 apalagi yah pak.
    Thanks pak

    1. Pak Andri,

      Layanan purna jual yang tidak bikin repot? Berarti, pilihannya cuma LG dan Samsung. Masalahnya, dengan kriteria seperti itu, tak ada ponsel yang memenuhi syarat.

      Kalau boleh menyarankan, mending beli Infinix Note 2. Itu yang paling mendekati. Jangan beli Evercoss dan Redmi 3.

  53. Thanks ko atas replynya.

    Lenovo dan Huawei, service centernya masih jelek ya, ko?
    Untuk Lenovo dan Huawei, kalau service di Sby, harus dikirim ke Jkt dulu ngga?

    Kalau aku maksain milih antara Lenovo dan Huawei, mana dari 3 smartphone itu yg sebaiknya dipilih, dinilai dari kemungkinan hardware problemnya?

    1. Pak Hendri,

      Lenovo sudah membaik. Huawei masih misterius.

      Tergantung kerusakannya. Kalau tidak terlalu berat, bisa dikerjakan di Surabaya.

      Lenovo, Huawei, dan LG ya? Saya condong ke LG.

  54. Pak Herry

    apakah ponsel Wiko Ridge Fab 4G yang pernah pak Herry ulas masih layak beli untuk saat ini? karena harganya saat ini sudah turun drastis jadi 1,5 juta saja.
    Saya sih cuma butuh layar besar, batrei lumayan, RAM/ROM minim 2GB/16GB, dan 4G. lain-lain mengikuti. sedagkan budget ya di sekitar 1,5 juta.
    Oya, service center Wiko surabaya dimana ya?

    Terima kasih.

  55. Om HSW mau tanya, maaf kalau OOT. Dana 2,5 jutaan baiknya dibelikan smartphone apa ya yang memiliki performa dan kamera mumpuni?

  56. Pak Herry maaf oot, untuk pemakaian sehari-hari ala
    Pak Herry apakah secara umum Zenfone Max layak? Terima kasih.

    1. Pak Fredy,

      Bergantung seberapa berat pemakaian Anda. Kalau Anda rutin pakai WhatsApp dengan banyak grup, Line, Path, dll secara simultan. ponsel itu kurang cocok karena kurang gegas.

  57. Ko, maaf nih melenceng karena saya butuh pencerahan. Saya belakangan sangat menyukai dunia fotografi, tapi saya masih berstatus pelajar/mahasiswa. nah saya tidak punya cukup budget untuk membeli kamera DSLR, tapi saya punya sebuah Samsung Galaxy S3 Mini yang sudah tak bisa dipakai bertelepon. Jadi menurut ko Herry lebih baik saya untuk membeli kamera digital seharga 1 juta atau memanfaatkan kamera S3 mini tersebut dengan ditambahi lensa portable?

  58. Pak heri

    Kalau mau beli xiaomi redmi note 3 yg garansi resmi daerah sby ato malang di toko mana ya pak?
    takutnya nanti garansi distributor ngakunya garansi resmi hehe
    makasih pak

    1. Pak Ade,

      Uji pakai ditargetkan selesai pada Senin, 8 Agustus 2016. Kalau waktu memungkinkan, hari itu juga saya ketik. Kalau waktu tidak memungkinkan, berarti baru saya ketik pada 13 Agustus 2016. Sebab, pada 9-12 Agustus 2016 saya ada acara di luar kota.

  59. Pak HSW,

    akhirnya review Redmi Note 3 muncul juga. Ternyata kameranya tidak terlalu bagus ya. Pak, saya mau tanya saya berencana membeli smart watch sederhana, yah, hanya untuk menghitung berapa langkah saya sudah berjalan (berapa meter), berapa kalori yang terbuang dan detak jantung.

    Apa Pak HSW ada rekomen? Tadinya saya mau beli Mi Band tapi saya pakai HP asus. Terima kasih banyak, Pak.

    1. Bu Helen,

      Anggaran untuk pembelian smartwatch-nya berapa dulu nih?

      Mi Band kan tidak harus dipadukan dengan ponsel Xiaomi. Bisa dipasangkan dengan ponsel Asus kok. Btw, Mi Band itu termasuk smartband, bukan smartwatch.

  60. Hai Pak Herry,

    pak Herry. Kemarin saya ada posting pertanyaan kok hari ini saya cek tidak ada ya?
    padahal kemarin saya posting siang, sampai sore masih dalam moderasi terus..

    saya mau menanyakan untuk Wiko Ridge Fab 4G apakah untuk saat ini masih layak beli mengingat harganya udah turun jadi 1,5 juta.

    terima kasih

    1. Pak Erik,

      Pertanyaan tentang apa ya?

      Oh, kalau terkait Ridge Fab 4G, pasti sudah saya jawab. Layak beli. Boleh tahu ANda dapat harga Rp 1,5 juta itu di mana? Sebab, sampai kemarin, harga ritel resmi Ridge Fab 4G seharusnya masih Rp 2.199.000.

          1. Pak Herry,

            wah iya… stok habis.
            padahal kemarin saya masih bisa klik Beli. tapi gak sampai saya teruskan ke pembayaran. karena masih ragu…
            semoga nanti ada re-stock. hehe..
            Oya, atau pak Herry ada rekomendasi ponsel yang setara Wiko Ridge Fab 4G dengan budget sekitar 1,5 juta?

            Terima kasih pak Herry.

          2. Pak Erik,

            Iya, semoga diisi ulang lagi oleh Blibli.

            Dengan anggaran Rp 1,5 juta, boleh dibilang Ridge Fab 4G menjadi pilihan terbaik. Alternatif lain adalah Infinix Hot 3 X553 yang dijual Rp 1,499 juta.

  61. Terima kasih sudah dibalas Pak Herry.
    Iya, memang harus bayar mahal untuk upgrade ke Samsung Note 7 nih.
    Teknologi Samsung Note 7 yang terdepan dari smartphone2 lainnya, jadi bikin mahal itu Smartphone.
    Desain layar lengkung tanpa bazel jadi mimpi saya dulu ingin memiliki samsung seri Note seperti itu saat baru pertama kali punya Samsung Note 3 ini. Teknologinya bikin ngiler nih. Saya gak bisa pindah dari fitur Scrabbook, S-Pen, Multiwindow, Reading Mode yang MAHA PENTING bagi saya pribadi.
    Note 4 tidak menarik karena speaker-nya dikembalikan ke belakang lagi seperti note 1 dan 2.
    Yang masalah dengan Samsung Note 7, sama seperti Note 5, baterai Non-Removable.
    Saya masih ragu dengan daya tahan baterai smartphone.
    Baterai Repack dari bonus penjualan Note 7 saat ini, fungsinya sama dengan powerbank ya Pak Herry?
    Pak Herry apa punya rekomendasi, Ecommerce yang terpercaya dan paling murah harga jual Samsung note 7-nya?
    Saya lihat disitus dinomarket, lebih murah dibanding Lazada.
    Maaf, bahas brand lain di artikel ini.

    1. Pak Suneo,

      Benar. Note 7 pakai baterai tanam. Terus terang saya juga masih meragukan keandalan baterai tanam Samsung. Sebab, di Note 8 dan beberapa tipe tablet Samsung yang pakai baterai tanam, ternyata umur baterai itu relatif singkat.

      Kalau baterai tanam di iPhone dan beberapa merek lain sih telah terbukti andal.

      Saya tak tahu pasti apakah bonus itu berfungsi seperti power bank.

      Harga sih saya lihat relatif sama. Saya sih lebih percaya dengan Blibli daripada beberapa tempat lain yang mengadakan pre-order Note 7.

      He… he… nggak apa-apa. Di sini bebas menyebutkan merek kok. Btw, jangan transaksi di Lazada ya. Ngeri.

  62. Boz Herry, mau nanya utk tipe hp aja yang ada sensor camera sprt milik zenfone laser/max, selain brand asus dgn harga 1-3 juta…. Tks

      1. Maaf pa, maksudnya jenis hp yg bagus dan cepat menangkap focus camera seperti punya zenfone laser, max, atauu selfie… tq

  63. Halo om herry, semoga panjang umur dan sehat selalu.
    Saya pengguna smartphone hisense pureshot +
    Mau minta saran om, smartphone apa direntang 2 sampai 3jt selain pureshot + yang recomended?

    Yg kedua om, saya tertarik dgn smartband acer liquid leap active, stlah mmbuka website acer trsedia brbagai macam warna ttapi yg saya ketahui di lazada hnya trsedia warna hitam dan hijau. Apa ada seller atau toko yg menjual smartband trsebut selain di lazada?

    1. Pak Geriigeropi,

      Ada Infinix Zero 3 yang boleh dilirik.

      Setahu saya tidak ada. Jalur penjualan resminya di Indonesia memang eksklusif Lazada. Kalau Anda memakai ponsel dual SIM, saya sarankan jangan membeli smartband itu. Sebab, di ponsel tertentu yang baru diketahui setelah mencobanya, fungsi Liquid Leap Active takkan optimal kala ada notifikasi masuk ke nomor di selot SIM2.

    1. Pak Ryan,

      Kalau menurut saya sih mending jangan dibeli. Alasannya:
      * Spesifikasinya belum tentu cocok dengan Indonesia.
      * Belum tentu bisa diperbaiki di sini karena kemungkinan ada suku cadang yang berbeda.

  64. Pak mau tanya sc redmi note 3 garansi distributor platinum/bless di Surabaya?? Pnya saya mati total setelah 7 bln. Ada harapan gak yaa??????

    1. Pak El,

      Silakan lihat alamatnya di kartu garansi yang disertakan dalam paket penjualan.

      Kunci berurusan dengan ponsel tanpa garansi resmi seperti itu, yang sabar dan banyak berdoa saat berurusan dengan service center-nya deh.

  65. Bang Herry SW

    Rekomendasi smartphone dibawah 2 juta (Selain Flash Plus 2) apa ya bang ?,.
    Saya cari yang lancar multitasking (RAM Lega), kalo bisa gegas, Baterai awet, Kamera yang penting cerah siang/malam, . Tolong kasih 3 daftar smartphone ya bang buat pilihan saya nanti,.

    * Tambahan : Bang Herry SW pernah review Axioo Venge ?
    Kalo pernah, gimana menurut abang smartphone tersebut ?
    Kalo belum pernah, kenapa bang ?

    Terima Kasih,.
    Salam,

    1. Pak Hermawan,

      Silakan melirik Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL atau ZE550KL dan Hisense Pureshot. Btw, baterainya tidak superawet ya. Paling-paling pagi sampai sore/malam, bergantung perilaku pemakaian Anda. Kalau mau yang baterainya awet, ada sih. Namun, kameranya kurang bagus.

      Saya belum pernah dan tidak tertarik me-review Venge. Ngeri saja sih waktu lihat harga jualnya. Nggak lucu dong kalau iseng beli sekarang, kemudian dua minggu lagi saat dijual harganya terpangkas 50%.

  66. Pak HSW, kebutuhan rutin saya browsing baca info google, you tube, foto, dan navigasi (waze). Apakah Zenfone Max layak? Terima kasih.

    1. Pak Fredy,

      Untuk kebutuhan seperti itu, kecuali Waze karena saya tidak memakainya, Zenfone Max tergolong layak beli.

  67. Selamat sore, Pak Herry. Mohon rekomendasinya ya, Pak.
    1. Kalau Infinix Xero 3 dibanding Hisense Pureshot + lebih baik pilih yang mana?
    2. Kamera Infinix Xero 3 dibanding Lenovo Vibe Shot bagus manakah, Pak?
    3. Dibanding Infinix Xero 3, Lenovo Vibe Shot, LG Stylus 2, LG K10 tanpa memperhatikan selisih harga, lebih baik pilih manakah, Pak?
    Terimakasih banyak, Pak Herry.

    1. Pak Sofy,

      1. Tidak ada ponsel Infinix Xero 3. Apakah yang Anda maksud Infinix Zero 3? Kalau iya, ya mending beli Zero 3 dong.

      2. Secara umum lebih bagus Zero 3. Kalau dikuliti lagi, kamera belakang lebih bagus Zero 3, sedangkan kamera depan lebih bagus Vibe Shot.

      3. Dua ponsel terakhir saya belum pernah coba. Tersisa Zero 3 dan Vibe Shot. Saya sih masih condong ke Zero 3.

    1. Pak/Bu Fataha,

      Selama Redmi 3 belum beredar resmi di sini, jangan berharap saya me-review-nya deh. 🙂

    1. Pak Aditya,

      He… he… asalkan siap dengan risiko terburuk (kartu SIM rusak, tersangkut di selot, dll) ya silakan saja. Itu sebenarnya jurus yang sudah agak lama kok.

  68. selamat pagi pak Herry

    mau tanya bbrp pertanyaan pak maaf OOT
    1) kl misal sy mau jual flash plus 2 apakah hrus ditoko hp tertentu ato toko hp khusus yg menjual flash plus 2 ini krn sy dpt info dr teman klo eraphone dn global teleshop tdk trima jual hp dr konsumen…

    2) lalu di bbrp toko katanya kl tdk ada program tukar tambah dr toko hp tersebut tdk bs qt jual hp ke toko itu? kl sy jual apakah harganya akan sangat jatuh dr hrga sblmnya secara di lazada hrganya 1,999

    3) lalu pak dlm paket penjualan flash plus 2 ada semacam kartu QR CODE itu untuk pa ya pak Herry?

    mohon jawabnny pak krn sy butuh pencerahan ? dr pak Herry

    terima kasih pak Herry.

    1. Bu Sila,

      1. Ini ceritanya Anda beneran akan menjual Flash Plus 2? Baru atau bekas? Kalau baru, coba tawarkan kepada pedagang ponsel baru atau pengguna akhir. Lebih enak kepada pengguna akhir sih. Sebab, harga jualnya bisa lebih tinggi.

      Kalau bekas, coba tawarkan kepada pedagang ponsel bekas atau pengguna akhir. Sama dengan di atas, lebih enak kalau langsung kepada pengguna akhir.

      Ya, Anda memang tak bisa menjual ponsel ke Erafone (bukan Eraphone) dan Global Teleshop.

      2. Ya, itu sepenuhnya bergantung kepada kebijakan pengelola toko. Anda mau jual baru atau bekas tho?

      3. Kartu QR Code? Saya menduga yang Anda maksud adalah stiker Tcash Tap. Silakan membaca kegunaannya di https://digitalpayment.telkomsel.com/

  69. sore pak Herry

    terima kasih sebelumnya atas jawabnnya

    hehehehe sbnernya ragu” mo jual flash plus 2 ini stlh baca reviewny pak herry… cm entahlah pak masih pikir”.. 🙂
    sy mau jual bru lha wong bru beli tgl 28 juli kmrin pas flash sale tp bru dtg hp tgl 4 agustus.

  70. Maaf OOT Bang, Koq selalu waktu coment di website abang gak muncul ya komen dan balesan abang, baru muncul kalo saya coment lagi kayak gini, ?

    1. Pak Hermawan,

      Setelah Anda mengirimkan komentar, komentar itu memang tidak langsung muncul. Komentar tersebut baru tampil saat saya meresponsnya.

      Kapan komentar Anda hilang? Sekadar info, kemarin blog ini mengalami perpindahan server. Akibatnya, data-data yang masuk pada 6 Agustus 2016 malam sampai kemarin malam menjadi hilang.

    1. Pak Roni,

      Saya tak terlalu paham detail teknisnya. Intinya ada perbedaan di cara menghasilkan cahaya, sudut pandang, dan konsumsi baterai.

      TFT itu yang paling lama. Cukup hemat baterai, tetapi sudut pandang layarnya sempit. IPS pengembangan dari TFT.

      AMOLED itu layar yang menggunakan OLED. Lha OLED itu apa? Benda padat dengan film sangat tipis yang mampu mengeluarkan cahaya kalau mendapatkan aliran listrik.

  71. Its oke bang gpp,.
    Antara flash 2, infnix hot 3 lite,meizu m2 lebih bagus mna bang ?

    Menegaskan prtnyaan saya tgl 6, kalo mnurut abang ponsel terbaik dibwah 2 juta utk saat ini apa bang?

    Wktu ikut acara launching infinix hot s khan dibndingkan dgn spec oppo f1, mnrut abang bagusan mana ?

    3 artikel kedepan rncana bhas smartphone apa aja bang ?

    Terima kasih jwbannya, salam.,

    1. Pak Hermawan,

      Hot 3 Lite saya belum pernah coba. Yang saya coba Hot 3 X5553 yang mendukung 4G LTE. Itu boleh dibeli.

      Flash 2 dan M2 sama-sama dicoret saja deh.

      Di bawah Rp 2 juta? Jagoan saya saat ini Asus Zenfone 2 Laser.

      Oppo mah dicoret saja.

      Ada ponsel Wiko, Kata, dll.

  72. Komen pertanyaan saya kok di skip pak?

    Saya ulang yaaa.. saya abis beli juga nih gawai, yg jd pertanyaan knapa kok gak bisa di colokin di speaker aktif ( suara tdk muncul ), tapi kalo saya pake earphone/headset bisa..
    Apakah bapak sudah mencobanya dan mengalami hal yg sama dgn saya?

    1. Pak John Marten,

      Pertanyaan tentang apa ya? Kalau Anda mengirimkannya pada 6 Agustus malam hingga 7 Agustus petang, kemungkinan pertanyaan Anda termasuk data yang hilang saat blog ini melakukan migrasi server.

      Saya tak pernah coba menghubungkan Redmi Note 3 dengan speaker aktif. Dugaan saya, power dari ponsel kurang besar untuk “mengangkat” speaker aktif.

  73. malam koh Herry,, dari komentar”dan pertanyaan diatas,,, terkesan tak ada yang menyarankan hasil kamera lenovo vibe k4 note. separah itukah? rata2 cenderung ke pureshot atau infinix zero 3. dibanding xiaomi redmi note 3,, lebih bagus mana kameranya lenovo vibe k4 note? bagian mana lemahnya? sangat terasakah perbedaanya?

    saya berencana beli k4 note. sudah terlanjur percaya sama lenovo. tapi tetap butuh review buat jaga”. terimakasih koh Herry.

    1. Pak Dadjie,

      Kalau diadu dengan Pureshot atau Zero 3, hasil jepretan Vibe K4 Note memang kalah lumayan telak.

      Hasil foto Vibe K4 Note lebih cocok diadu dengan Redmi Note 3. Sebab, lebih imbang.

  74. Duh Pak Herry, sampe sekarang saya masih bingung nih, tapi mentok deh nih.. Nggak tahu kenapa, saya tetap jatuh hati sama Xiaomi. Tapi lebih baik Xiaomi Mi4i atau Redmi Note 3 Pro (Garansi distributor) untuk kegegasan, camera, baterai dan Ram legaa, tentunya 4G yaa Pak? Mungkin Pak Herry bakal menyarankan Xiaomi Mi4i yaa, kelemahan Xiaomi Mi4i dibanding Redmi Note 3 apa saja ya Pak? Bantu saya mengurai kegalauan ini ya, Pak.. Hiks *SambilMakanLemper

    1. Bu R. Amelia N.A,

      Karena Anda tertarik Redmi Note 3 Pro (nama resminya sih Redmi Note 3) dan kini sudah ada yang bergaransi resmi, ya berarti pilihannya jelas tho: belilah Redmi Note 3 bergaransi resmi. 🙂

      Redmi Note 3 tanpa garansi resmi pun fitur 4G LTE-nya berpotensi ngumpet kok. Jadi, lebih baik beli yang garansi resmi, trus carilah jurus untuk membuka 4G-nya di internet.

    1. Pak JeeYoung,

      Tidak ada cara khusus. Jalankan menu kamera, arahkan kamera ke objek yang ingin difoto, kemudian sentuhkan jari Anda ke sensor sidik jari. Tahan.

  75. Ko HSW, maaf ini agak Out of Topic. Setelah di lihat komen2 di atas, Ko HSW ndak pernah merekomendasikan produk dari Oppo. Contohnya, F1S.. Kenapa ko? Karena pelayanan service center atau bagaimana ko? Makasih

      1. Hmm, kalau saya merasa malahan Ko HSW seperti ingin menjatuhkan nama Oppo sih.. Sampai”, orang ingin beli smartphone Oppo saja dilarang.. Saran aja sih Ko, kalau ada orang yang ingin minta rekomendasi produk Oppo, ya Ko Herry jawab dengan semestinya. Tapi dengan catatan di akhir, Ko Herry bilang “tolong anda catat spek hp yang anda inginkan dan bawa saat ingin membelinya, agar tidak tertipu dengan promotor2 nakal itu”.. Agak membingungkan Ko?

        1. Pak Galih,

          He… he… selama cara jualannya masih nggak jujur, biarpun Oppo dengan spesifikasi terbaik dijual Rp 1 juta, saya tetap sarankan jangan beli kok.

  76. Selamat Siang P. Herry,

    Sayang juga untuk Redmi Note 3 belum bisa utuk 4G dan Slot nya cuma 2 biji.

    Kalau untuk range harga dibawah 3 juta, mohon advise
    1. Perbandingan antara Asus Zenfone Max, Asus Zenfone Selfie ( RAM 3GB) atau Lenovo Vibe K4 note ? Tanpa mengacu ukuran battery, jadi spesifikasi secara overall gitu.

    2. Atau P. Herry punya advise selain ketiga merk yg diatas dengan harga dibawah 3 jt? Yg secara keseluruhan specnya setara Lenovo Vibe K4 Note atau lebih tinggi ?
    Jadi bukan mengacu pada Kamera atau battery aja .

    3. Lalu untuk toko Garuda Teknik di WTC lt 1 ( depan Erafone ) dan G Shop di WTC lt 1 no 125-126, apakah kedua toko tsb dapat dipercaya dalam penjualan produknya ( Keaslian barang dan distributor resmi dari produknya ) ?

    4. Apa ada alternatif toko lain di Surabaya yg bisa dipercaya selain kedua toko diatas, yg harganya agak murah juga :)) ?

    Maaf kalau pertanyaan agak panjang, dan terima kasih.

    1. Pak Erwin,

      1. Kalau secara overall, saya condong ke Vibe K4 Note.

      2. Tidak ada usulan lain.

      3. Ya. Kalau garansi resmi, mereka akan bilang garansi resmi. Kalau garansi tidak resmi, mereka juga akan menyatakannya. Biasanya penjaga toko pakai istilah garansi distributor atau garansi lain-lain.

      4. Anda bisa ke Insight Technology dan Cititech di Plasa Marina. Kalau di WTC, boleh pula ke Sentra dan Peace Cell.

  77. Halo Pak Herry,salam kenal
    1.pada comment bpk ke ibu Meia tgl agt 3,at 07.18 :bpk bilang saat ini mediatek lebih bagus dari snapdragon. tapi info dari teman yg lain :snapdragon yg lebih ngegas.saya jadi bingung,sebenarnya mana yg lebih bagus/sama saja.apa kelebihan mediatek/snapdragon?
    2.Saat ini byk dijual xiaomi redmi note 3 pro yg 4G. apakah hp tsb sudah bisa 4G atau cuma trik penjual saja?
    3.Bagaimana dg Xiaomi Mi Max apakah bisa 4G/sdh ada reviewnya? bgmn jika dibandingkan dg asus zenfone 2? lebih baik beli yg mana?
    Tks
    Tono

    1. Pak Tono,

      1. Barusan saya membaca komentar yang Anda maksud. Tampaknya saya kurang tepat dalam menyusun kalimat sehingga terjadi kerancuan. Maksud saya begini, dulu kalau MediaTek diadu dengan Snapdragon, MediaTek terlihat kalah jauh. Kini kondisinya sudah berbeda. MediaTek mengalami perkembangan signifikan sehingga jurang perbedaan dengan Snapdragon tidak lagi setajam dulu.

      2. Bergaransi resmi atau tanpa garansi resmi? Kalau bergaransi resmi fitur 4G LTE-nya dimatikan karena Xiaomi gagal memenuhi aturan TKDN. Realitanya sih bisa di-unlock.

      Kalau tanpa garansi resmi, memang ada unit yang sejak kali pertama dikeluarkan dari kardus fitur 4G LTE-nya telah aktif.

      3. Bisa 4G. Tidak ada review-nya. Saya tak berminat mencoba Mi Max karena belum ada yang bergaransi resmi. Saya pernah towel-towel Mi Max sekitar 15 menit. Terasa lebih enak daripada Zenfone 2 sih.

  78. TKDN itu cara menambah pemasukan Negara dengan mengorbankan Konsumen..

    mendukung sebanyak mungkin barang BM dah..

  79. Pak Herry,
    Apakah Xiaomi Mi Max sudah bisa 4G? bagaimana perbandingan nya dengan xiaomi redmi note 3 pro dan azuz zenfone 2?

    tks

    1. Pak Tono,

      Saya belum pernah menguji pakai Mi Max, tetapi pernah towel-towel ponsel raksasa itu. Ya, sudah bisa 4G.

      Karena cuma towel-towel, saya tak bisa berkomentar lebih jauh. Umpama dipaksa menjawab, saya lebih memilih Redmi Note 3 bergaransi resmi karena Mi Max terlalu besar. Nggak nyaman dikantongi. Versus Zenfone 2? Ya Zenfone 2 langsung saya coret.

  80. sebelumnya saya membaca beberapa komentar yang ada di atas dan ada yang bertanya masalah service centre huawei. ada sedikit pengalaman, dulu saya pemakai huawei ascend p1 setelah hp tersebut rusak dan masih dalam garansi resmi saya diberi perangkat lain yang jauh lebih baik tanpa biaya sedikitpun.

    iya pak herry, review dong LG K10. saya tertarik untuk membelinya sebagai ponsel pengganti redmi 1s saya. terimakasih

    1. Pak Faisal,

      Terima kasih atas sharing-nya.

      Saya belum pernah menguji pakai K10. Jadi, ya tidak bisa mengulasnya.

  81. Pak HSW. Ciri2 redmi note 3 garansi resmi ada kah? Takut BM yg d sebut resmi sma penjualnya hehe. Yg aman beli d gerai mana? Lokasi saya d bandung

    1. Pak Ilham Hamdani,

      Pertanyaan yang sama harap dikirimkan satu kali saja. Silakan cek jawaban saya di tempat Anda kali pertama mengetikkan pertanyaan ini.

  82. Klo dibanding mi4i lebih bgus mn
    1.kualitas layar ntscnya plus sunlight display
    2.kualitas kameranya
    3.daya tahan batrenya

  83. Halo Pak Herry,
    1.Dikomentar bapak sebelumnya menyebutkan bahwa mediatek saat ini sudah lebih bagus dari snapdragon. lalu dicomment berikutnya snapdragon yg lebih ngegas.sebenarnya mana yg lebih bagus?
    2.Bagaimana dg Xiaomi mi max,apakah benar sudah 4G
    3.Jika dibandingkan Xiaomi mi max,redmi note 3 dan aus zenfone , lebih baik beli yg mana ya?
    Tks

    1. Pak Tono,

      1. Apakah yang dimaksud komentar saya untuk Bu Meia? Kalau iya, tampaknya saya salah merangkai kata sehingga maknanya menjadi ambigu. Maksud saya, kini MediaTek sudah mengalami perkembangan yang signifikan sehingga kualitasnya tak beda terlalu jauh dibandingkan Snapdragon.

      2. Ya.

      3. Karena belum uji pakai Mi Max, saya tak berani berikan rekomendasi. Mi Max itu bongsor lho. Nggak enak dikantongi. Jadi, menurut saya, mending Redmi Note 3. Aus Zenfone? Ehm… apa ya ini.

    1. Pak Tono,

      Pertanyaan yang mana ya?

      Gunakan tanda seru dengan bijak. Jangan pakai !! karena itu bermakna Anda berteriak-teriak.

  84. Selamat Pagi P. Herry,

    Terima kasih atas replynya.

    Saya sudah cek ke marina dan ternyata untuk cititech tidak menjual produk Lenovo, sedangkan di Insight Technology stoknya lagi kosong untuk Lenovo Vibe K4 Note.

    Tapi saya agak heran karena beberapa counter di Marina menyatakan kalau produk Lenovo semua bergaransi Distributor, bukan garansi Resmi dari Lenovo.
    Sedangkan di WTC semua kok menyatakan kalau lenovo bergaransi Resmi.

    Saya tolong tanya P. Herry (out of topic) :
    1. Apakah produk Lenovo distributornya TAM / Erajaya, karena saya melihat stiker TAM di dos Lenovo Vibe K4 tersebut ?
    (Kalau tidak ada stiker TAM berarti tidak asli/resmi ya).

    2. Apakah itu merupakan garansi distributor kalau TAM ?

    3. Oh ya Pak, saya tolong tanya mengenai Toko Apollo, apakah dia juga termasuk toko yg bisa dipercaya juga mengenai keaslian produk dan kejujurannya , karena cabang dia banyak sekali di mana mana.

    Mohon pencerahannya dan Terima kasih

    1. Pak Erwin,

      Yang menyatakan bahwa semua ponsel Lenovo bukan bergaransi resmi Lenovo apakah terlihat menjual ponsel merek Oppo? 🙂

      1. Distributor Lenovo ada beberapa perusahaan. Yaitu, TAM/Erajaya, Parastar/Sentra Ponsel, SCM, dan Trikomsel (yang terakhir ini sudah vakum). Khusus TAM, biasanya ada tanda stiker TAM di kardus.

      Tidak ada stiker TAM bukan bermakna ponsel Lenovo itu tanpa garansi resmi. Lha kalau ponsel Lenovo itu didistribusikan oleh tiga perusahaan yang lain, ya pasti tak ada stiker TAM-nya.

      2. Belum tentu begitu.

      3. Kalau Anda ingin membeli ponsel dan melakukan pembayaran dengan kartu kredit, boleh kok transaksi di Apollo.

    1. Bu Lala,

      Ponsel merek dan tipe apa pun yang sedang diuji pakai otomatis menjadi ponsel utama saya. Kalau ponsel yang dicoba pas buruk banget, ya jadinya serasa latihan pengendalian emosi sih. 🙂

  85. Saya pernah pegang Redmi Note 3 tapi bergaransi distributor. Awalnya mentok di 3G, terus dapat update terbaru dan opsi Prefer 4G LTE muncul. Setelah berpindah tangan, pemilik barunya bilang Prefer 4G nya hilang setelah update MIUI.

    Saya sendiri pakai Xiaomi Mi 4c, anehnya meski menggunakan ROM MIUI official China, Prefer 4G LTE ikutan hilang setelah update MIUI terbaru 🙁

  86. siang pak HSW

    saya mau menanyakan beberapa hal:
    1. Foto gereja saat malam hari knp terkesan agak “blur” dibagian bawah y? apakah pak HSW memfokuskan pada gerejanya?
    2. Di komentar diatas pak HSW berkata Xiaomi Redmi Note 3 nyaris tanpa bloatware, tetapi screenshot RAM terkesan sangat boros ( hanya 900MBan yg available )
    3 bila diminta memilih, Pak HSW lbh memilih berurusan dgn SC xiaomi atau SC infinix? tolong diberikan alasan
    4 sekadar informasi kemarin saya membuka blog ini dr komputer tapi tidak ada aktivitas sesuai email notifikasi, mungkin efek migrasi server nya

    1. Pak Mas Bro,

      1. Sepintas saya cek, kesan blur itu terjadi karena noise akibat pengguna ISO/ASA tinggi. Ya, kamera membidik bangunan gereja.

      2. Banyak sedikitnya bloatware tidak selalu berbanding lurus dengan pemakaian RAM. Sisa RAM 900 MB sih masih oke deh. Tak perlu dipusingkan.

      3. Xiaomi. Alasannya, service center resmi Xiaomi kini ditangani Unicom yang memiliki rekam jejak bagus. Jauh lebih baik daripada pengelola sebelumnya.

      4. Bisa jadi begitu, Pak.

        1. Pak Mas Bro,

          Unicom itu pengelola pusat perbaikan resminya, sedangkan TAM distributornya.

          Redmi Note 3 yang dijual Erafone itu didistribusikan oleh TAM/Erajaya dan pusat perbaikan resminya dikelola oleh Unicom.

  87. Siang Om Herry..
    Berbicara tentang Lock 4G Redmi Note 3 Garansi Resmi Om, apakah bisa saya Unlock manual pakai Rom Modif?
    * Apakah aman Om dgn ROM modif?
    * Kalo Om sendri apakah akan tetap di lock? Atau unlock?
    Trims Om 🙂

    1. Pak Deddi TAM,

      * Cara unlock-nya cukup pencet-pencet kode kok. Nggak perlu ganti ROM segala.
      * Saya unlock untuk pemakaian sendiri sih.

  88. Pak hsw masi bingung pilih hp 4g harga 2 jutaan saya tak pandeng merk yg penting spek bagus klaim garansinya jg gampang aku tinggal di cirebon …terimakasih

    1. Pak Ibrahim Ahmad,

      Kalau klaim garansinya gampang, ya berarti LG. Di Cirebon ada service center LG nggak? Di rentang harga Rp 2 jutaan, ada LG K10 dan X Screen. Namun, saya tak berani merekomendasikannya karena belum pernah mencoba dua ponsel itu.

      Bila di Cirebon tak ada pusat perbaikan resmi LG, bagaimana dengan Samsung? Kalau ada, berarti silakan melirik Samsung. Saya tak berani mengusulkan satu pun ponsel Samsung di kisaran harga segitu. Sebab, ponsel Samsung berharga jual Rp 2 jutaan tidak menarik dan cenderung lemot.

  89. Hallo Koh Herry, tolong saya minta info atau pendapat . Saya berminat membeli Xiaomi redmi note 3 , ada 2 pilihan :
    1.ram 3 Gb internal 32 Gb Garansi B-Cell
    2.ram 2 Gb internal 16 Gb Garansi Tam
    Karena harga yg hampir sama & sebenarnya saya lebih condong ke Ram 3 Gb internal 32 Gb karena lebih lega storage & RAM-nya . Menurutku pendapat Koh Herry bagaimana ? Apakah garansi B-Cell tidak baik ?

    1. Pak Kim,

      Pilihan saya sih sangat jelas. Belilah yang bergaransi resmi. Membeli ponsel bergaransi tidak resmi, salah satunya B-Cell, tergolong mengerikan. Kecuali, Anda sudah siap menghadapi aneka risiko terburuk, mulai dari tingkat kebaruan, orisinalitas, performa, dan layanan purna jual.

  90. Sory Pak Hery,tidak ada maksud apa2. sy cuma heran saja,sy post pertanyaan tgl 10 agt,tapi baru dapat jawaban tgl 14 agt.sedangkan ada pertanyaan yg dipost tgl 13 agt lsg di jawab tgl 13 agt juga. saya cuma heran dan bingung,apakah pertanyaan sy tdk masuk atau bgmn? no heart filling

    sallam

    1. Pak Tono,

      Normalnya saya akan menjawab pertanyaan secara fifo. Siapa yang masuk duluan, itu yang dijawab duluan. Namun, dalam kondisi tertentu, kadang fifo itu tidak berlaku. Dalam kondisi seperti apa? Contoh:

      1. Menjelang saya mematikan laptop, ting… eh ada satu pertanyaan masuk yang saya lihat tak perlu jawaban panjang. Kadang langsung saya jawab.

      2. Pertanyaan yang dikirimkan masuk ke folder spam. Saya baru menemukannya saat tak sengaja melihat folder tersebut.

  91. Hallo pak herry..

    Saya mau bertanya mendingan beli redmi note 3 pro 3/32Gb garansi distributor atau beli redmi note 3 pro 2/16Gb garansi reami TAM.?
    terima kasih 🙂

    1. Pak ND,

      Xiaomi:
      * Erajaya
      * Trikomsel (tak terlibat lagi di tipe baru)

      Infinix: Bintang Cemerlang

      LG: TAM dan SUD.

    1. Pak Gunawan S.,

      Di harga Rp 4 jutaan malahan kosong nih. Silakan melirik Lenovo Vibe Shot yang dijual Rp 3,7 jutaan.

  92. Dimana tempat beli redmi note3 yg resmi
    Dan benarkah xiaomi itu lemot dibanding ponsel cina lainya…apa karna miui nya
    Snapdragon 650 tapi kok multitaskingnya masih sama kaya redmi 2
    Seharusnya lebih gegas dari note4/zenfone2
    Karna hardwarenya lebih tinggi
    Trus build quality dan kameranya dibanding
    Asus dan oppo bagus mana

    1. Pak Ari,

      Paling mudah sih cari di Erafone.

      Xiaomi tipe apa dulu nih? Redmi Note 3 diadu dengan Redmi 2? Tingkat kegegasannya ya jelas lebih unggul Redmi Note 3 tho, Pak.

      Sebutkan tipe masing-masing merek ponsel yang Anda tulis. Pembandingnya harus relatif setara dong.

  93. wah kosong ya? masalah nya sekarang pake p1 turbo dan berniat untuk upgrade, sempet kepikiran samsung A7 tp kok kayak nya agak sedikit overpriced dilihat dari spek jika dibandingkan dg merk lain misal nya zuk z2, tp masalah nya cari hp bagus diharga segitu memang agak susah mgkn klo mau cari yg merk udah punya nama kayak samsung, asus atau lenovo. Yg lain mgkn cuman garansi distributor, bukan garansi resmi
    jadi klo dinaikan dengan kisaran 5jt-an masih ada rekomendasi koh Herry?

    1. Pak Gunawan S,

      Benar. Dengan harga segitu, kalau beli ponsel Samsung, ya jangan berharap dapat ponsel yang bagus, gegas, dan andal deh.

      Kalau anggaran naik ke kisaran Rp 5 juta, ada LG G4 yang boleh dilirik.

  94. Malam pa Herry,sedikit mau nanya utk hp berikut mnrt bapak klo dijual lagi kira2 laju hrg berapa saat ini ? Tq
    1. Asus zenfone max
    2. Infinix zero 3
    3. Redmi note 3 resmi
    4. Lenovo vibe k4 note
    5. Flash plus 2

    1. Pak Redwhite,

      Ini ceritanya Anda mau menjual ponsel itu dalam kondisi bekas? Baiklah. Saya jawab satu per satu. Asumsinya ponsel dijual kepada pemakai akhir, bukan pedagang ya.

      1. Rp 2 juta.
      2. Rp 2,5 juta. Ya, saya tidak salah tulis. Harga pasaran bekasnya tinggi karena stok baru kosong.
      3. Rp 2,1 juta.
      4. Rp 2 juta.
      5. Rp 1,9 juta.

  95. oke terima kasih rekomendasi yg bagus, pertanyaan terakhir buat koh Herry, perbandingan antara LG G4 dengan LG G5 SE menurut koh Herry mana yg layak beli? dilihat dari kinerja dan daya tahan baterai karena harganya jg selisih banyak. Sekali lg maaf klo byk nanya nih hehe

  96. (update) setelah membaca lagi review koh Herry soal LG G5 sunat eh SE, memang jauh klo dibandingkan dg LG G4, jd keputusan harus cari dana tambahan lg nih buat meminang G5 SE. Sekali lg terima kasih banyak koh, ulasan nya sangat membantu sekali

  97. Pak Herry,
    maaf oot nih, mau tanya, minimal sisa ram (setelah dipakai sistem) ponsel agar tidak lag brp ya? niatnya cuma diisi socmed aja sih (line, wa, instagram, path)

    1. Bu Nindy,

      Sisa 400-an MB mestinya masih enak sih.

      Wah, kalau pemakaian Anda kayak gitu, nggak bisa disebut “socmed aja sih”. Lha Line, Instagram, dan Path itu dikenal rakus RAM. Idealnya Anda pakai ponsel minimal kelas menengah dengan RAM 3 GB.

  98. berbagi pengalaman saja. saya pake redmi 3s. selama ini tdk ada kendala yg berarrti, kamera bagus lebih jernih dr asus zenfone 2 ze 500kg ( punya istri ) body lumayan metal, dan yg paling sy suka dr hp redmi 3s ini adlah daya tahan battreinya mantap coy, sehari semalam pemakaian normal data on selalu( tdk buat main game) bateri masih sisa 50?. untuk kecepatn chargingnya menurut sy fast tp tdk fast- fast banget cas 50? ke 100? butuh waktu kurang lebih 90 menit. untuk keluhanya redmi 3 ini tdk ada double tab on off nya jd harus douwnload di play store sy pribadi pakai gravity scren karna sy pakai flip cover.

  99. Pak, kalo di bagian kamera di adu dengan Andromax R2 kira kira yg menang yg mana? Dalam skala 1-10 kira kira R2 & Redmi note 3 dapet skor berapa?

    1. Pak Ozzy,

      Lebih unggul kamera Andromax R2. Wah, kalau pakai skor-skoran gini saya paling nggak suka. Skor Redmi Note 3 dua poin di bawah Andromax R2 deh.

  100. Siang Pak Herry, ada beberapa hal yg ingin saya tnyakan
    1. Saya tertarik mengganti hp saya xiaomi mi4i dgn xiaomi redmi note 3 ini, apakah worthed? Menimbang mi4i saya sudah agak lag dan boros baterai.
    2. Sebelumnya saya blm pernah jual hp k counter/pedagang, apakah ada tips agar kita tdk ditipu pedagang? Hp yg ingin saya jual mi4i resmi, mgkn koh herry tau harga pasaran utk menjual k counter? Sebenarnya saya pernah menemani teman saya utk jual hpnya k marina plaza surabaya, tetapi rata2 counter menjawab dgn sangat ketus ketika kami mencoba menanyakan harga jual utk perbandingan di beberapa counter. Makasi

    1. Pak Yen,

      1. Kalau pertimbangannya faktor kegegasan dan daya tahan baterai, pilihan Anda sudah benar. Satu hal yang perlu diketahui sejak awal, kinerja kamera Redmi Note 3 lebih buruk daripada Mi 4i.

      2. Kalau Mi 4i itu Anda jual ke pedagang, perkiraan saya akan ditawar Rp 1,5 juta sampai Rp 1,7 juta. Iya, pedagang memang tak suka kalau ada konsumen yang membandingkan-bandingkan harga.

  101. pak vito redmi 3s garansi distributor yaa
    tapi ada redmi 3s garansi resmi dan penjualnya mellaui bbm bukan bukalapak , tokopedia atau pun lazada
    itu beneran ga ya

    1. Bu Wiwin Sugiarti,

      Benar, garansi distributor yang bukan merupakan garansi resmi.

      Kalau ada penjual yang mengaku begitu, mereka pasti berdusta.

  102. Redmi note3 lebih gegas dari zenfone 2 dan galaxy note4 ea om kan hardwarenya lebih bagus dari keduanya
    Terus build qualitynya dan kameranya sebagus zenfone 2 atau galaxy note4

  103. Om hery redmi note3 kan pake prosesor
    Snapdragon 650
    Apakah peformanya lebih bagus dari galaxy note4
    Trus build qualtynya sebagus galaxy note4 gak om

  104. Selamat siang Pak HSW,
    Untuk pemakaian ala Pak HSW dengan memperhitungkan seluruh faktor secara umum, pilih mana: Redmi Note 3 (dianggap non 4 G) atau Zenfone Max?
    Terima kasih.

  105. menurut bapak lebih baik pilih xiaomi mi4i atau xiaomi redmi note 3 atau samsung galaxy j5 (2016)? kira-kira lebih awet yang mana ya pak? kalo bisa dipakai 3tahunan lah… dan gak gampang lag..
    Nb: kalau yg j5(6) ram tersisa skitar 1gb, tp blm install aplikasi lain

    1. Bu Nindy,

      Saya belum pernah mencoba Galaxy J5 2016. Namun, karena ada kriteria tidak gampang lag, saran saya ponsel itu mending langsung dicoret. Saya optimis ponsel tersebut akan cenderung lemot. Ponsel Samsung yang bagus hanya seri S dan Note.

      Tersisa dua pilihan, Mi 4i dan Redmi Note 3. Menurut saya, Redmi Note 3 lebih tidak mudah lemot.

  106. Halo Pak Herry SW – Salam bahagia & sehat selalu

    Saya butuh rekomendasi untuk beli HP baru.
    Budget +/- 2,5 juta (lebih dikit boleh lah).

    Kriterianya sederhana (menurut saya, hehe)

    1. Memory cukup lega & tidak sering mengeluh cepat penuh (padahal space yang terbaca masih banyak) dan musti rajin2 hapus cache, dll
    2. Kameranya bagus (bisa focus object)
    3. Lebar layar yang cukup nyaman (mungkin >5″ ya)
    3. Merk dan tipe yang sudah teruji dan Terpercaya sama Jurnalis Gawai Harry SW.
    4. Sekiranya ada yang bagus namun harganya di atas budget, sertakan juga, mana tahu jatuh hati. Haha…

    Note & Saran:
    Saya belum cek di website ini apakah ada -ruang khusus- untuk tanya-jawab rekomen HP dan gawai.
    Jika tidak ada, dibuat khusus saja Pak Herry, lebih fokus dan tanya jawab singkat padat.

    Terima kasih banyak untuk ulasannya selama ini. Sangat bermanfaat.

    1. Pak Edho,

      * Dengan kriteria seperti di atas, saya merekomendasikan Infinix Zero 3.

      * Belum ada ruang khusus. Alasannya, terus terang saya tak tahu cara menambahkan bagian itu di blog ini. Saya nggak paham pemrograman web. Jadi, untuk tanya jawab, pembaca biasanya langsung mengetikkannya di bagian bawah postingan saya.

  107. mending pilih mana nih pak, xiaomi mi4i atau xiaomi redmi note 3 atau samsung galaxy j5 2016 (ini setelah unboxing ram j5 sisa 1GB)
    lebih tahan lama yg mana pak kira2 bs dipakai 3tahunan lah… plus gak gampang macet

    1. Bu Nindy,

      Saya belum pernah coba Galaxy J5 2016 sehingga tak bisa berkomentar lebih dalam. Namun, kalau yang Anda maksud dengan “gampang macet” adalah “mudah ngelag”, saran saya, jangan ambil Galaxy J5 deh. Saya kok optimis ponsel itu akan cenderung mengalami hal tersebut. Ponsel Samsung yang bagus hanya seri S dan Note.

      Lanjut. Di antara dua pilihan yang tersisa, saya lebih merekomendasikan Redmi Note 3 daripada Mi 4i. Itu kalau dikaitkan dengan kriteria Anda ya.

  108. Halo Pak Herry SW

    Pertanyaan saya ini bisa Bapak jawab langsung atau kalau terasa privat, silahkan ke email saya saja. (atau hapus bagian ini)

    Pak Herry SW kan punya banyak koleksi HP ya, sekiranya ada beberapa yang dirasa bagus menurut Pak Herry, saya punya niat ingin membelinya.
    (Speknya sama dengan pertanyaan saya tadi malam)

    (mungkin pertanyaan saya soal rekomendasi HP semalam masih menunggu Moderation ya, belum muncul di tanya jawab)

    1. Pak Edho,

      Pertanyaan Anda kemarin yang mana ya? Setiap hari saya menerima banyak pertanyaan. Saya tidak memperhatikan pengirimnya. 🙂

  109. Pak HSW,
    1. Zenfone Max lemot tidak? Adakah yang mengganggu dalam hal kegegasan?
    2. Ada rencana uji pakai infinix hot s Pak?
    Terima kasih.

    1. Pak Fredy,

      1. Tidak terlalu gegas sih. Sesekali terasa nge-lag. Buat sebagian orang kondisinya sudah tergolong mengganggu, buat sebagian orang lain masih bisa ditoleransi.

      2. Kalau sudah dijual resmi, saya memang berencana mengujipakai ponsel itu.

  110. Halo Pak Herry SW

    Terima kasih untuk balasan dan rekomendasinya.

    Satu pertanyaan tambahan ya Pak Herry 🙂

    Jika ada, saya butuh rekomendasi satu atau dua pilihan lagi yang kira-kira kriteria performanya +/- setara dengan Infinix Zero 3.

    Terima kasih Pak Herry SW 🙂

    1. Pak Edho,

      Asus Zenfone Max, Xiaomi Redmi Note 3, dan Lenovo Vibe K5 Plus. Performa tidak benar-benar sama ya. Namun, plus minus dengan Infinix Zero 3 deh.

  111. Pak Herry, ketahanan baterai xiaomi redmi note 3 dibanding infinix note 2..lebih awet mana menurut bapak?
    dan, kualitas kamera, lebih bagus mana xiaomi redmi note 3 dibanding wiko highway star?
    trims pak.
    saya tiap hari selalu buka website bapak. Seru baca review & komentar2nya..hehe

  112. Pak Herry,
    Apakah ada tips dan perlakuan khusus dalam meng-charge baterai hp ketika baru membeli supaya nantinya bisa lebih awet dalam pemakaian?
    Setelah membaca review dan mempertimbangkan, saya sepertinya tertarik meminang Redmi Note 3.

    1. Pak Yudha,

      Saya masih pakai jurus lama. Pada 3-4 kali pengisian ulang pertama, ponsel baru saya charge saat muncul peringatan low batt. Ponsel dalam kondisi padam total selama proses isi ulang. Itu saja sih.

  113. Terima kasih ulasannya Pak Herry SW

    Sesuai dengan rekomendasinya.
    Pak Herry SW punya koleksi gawai yang berniat untuk dijual?

    Apakah saya bisa berinteraksi via HP dengan Pak Herry? jika iya, balas via email saja no kontak Bapak.

    Terima kasih.

    1. Pak Edho,

      Ada.

      Maaf, tidak bisa. Untuk korespondensi terkait transaksi, silakan manfaatkan DM Twitter. Saya tak melayani komunikasi via telepon, WhatsApp, apalagi SMS>

  114. Pak Herry, mau minta pendapat mengenai Gawai dengan spesifikasi:
    1. Baterai Besar
    2. Fast Charging
    3. GPS Akurat
    Tanpa mempedulikan kamera dan harga, menurut Pak Herry, gawai apa yang memenuhi kriteria tersebut ? Terima kasih

  115. Pak HSW,
    Bagaimana Cara mengganti Nama operator supaya bisa jadi HSW Cell seperti di foto bapak?
    Seperti nya menarik buat iseng-iseng hehe

    Terimakasih

  116. Pak maaf kalo agak keluar topik dari gawai yg direview ini, tapi saya ingin sedikit menanyakan hal terkait barang dari xiaomi. Saya lihat pasaran hp di indonesia ini cukup divanjiri oleh ponsel xiaomi yg kebanyakan mungkin barang tidak resmi. Bagaimana menurut bapak, apakah hal tsb ada sangkut pautnya dari pihak xiaomi?
    Dan satu lagi pak, saat ini sedang menjamur xiaomi Mi4 karna harganya yg terjun bebas (rata2 sekitar 1,5 juta), menurut bapak apa status barang tersebut, apakah kemungkinan refurbish atau memang cuci gudang? Karna jujur saya yang biasa anti dengan hp2 non resmi jadi goyah juga kalau menyaksikab fenomena tsb. Barangkali ada beberapa yg bapak tau mengenI hal tsb. Maaf terlalu panjang lebar, pak. Sebelumnya terima kasih karena sudah membaca pertanyaan saya ini.

    1. Pak Tyan,

      Tidak ada hubungan langsung dengan Xiaomi. Para pemain barang black market (BM) kan tidak langsung membeli dari Xiaomi.

      Dua kemungkinan itu sama-sama masuk akal. Barang rekondisi (saya tak mau menyebut refurbish karena praktiknya rekondisi asal-asalan) sedang membanjir, termasuk untuk tipe-tipe ponsel Xiaomi yang lebih baru. Misalnya, Mi 4c.

      Saran saya, tetaplah bertahan dengan kebiasaan membeli ponsel bergaransi resmi.

      1. Just info, Benar pak redmi note 3 pro sudah ada yg resmi utk versi 3gbnya,, saya lihat di tokopedia ada yg jual….
        Btw hp merk acer yg terbaru/ paling baru apa ya Pa ? Tks

          1. Pak eRWe,

            Hmmm… Redmi 3 Pro nggak masuk resmi lho. Yang masuk resmi Redmi 3 Prime. Harga Rp 2,499 juta. Kalau beli dengan kartu kredit tertentu bisa dapat diskon menjadi Rp 2,249 juta.

        1. Pak eRWe,

          Sampai pagi ini belum ada Redmi Note 3 bergaransi resmi dengan RAM 3 GB. Jadi, kalau ada yang jual, mending diabaikan deh.

          Tipe terbaru Acer Liquid Z330.

  117. Halo Pak Herry SW

    1. Xiaomi Redmi 3 Pro atau Lenovo Vibe K5 Plus

    Menurut HSW, mana yang bagus dan layak dibeli?
    Alasannya?

    Terima kasih

  118. Pak Herry produk Xiaomi bagus tapi sering ada masalah ga misalnya suka bootloop dll?
    terus kalau disuruh milih harga 2jt an lebih dikit gpp deh, pak Herry milih hp mana? diutamakan yg bagus buat selfie hehe

    1. Bu Meimei,

      Tidak. Namun, pastikan beli ponsel Xiaomi yang bergaransi resmi ya.

      Hmm… Asus Zenfone 2 Laser.

      1. Redmi 3 Pro nggak masuk resmi lho. Yang masuk resmi Redmi 3 Prime. Harga Rp 2,499 juta. Kalau beli dengan kartu kredit tertentu bisa dapat diskon menjadi Rp 2,249 juta.

        kalau boleh tau beli dimana dan pakai kartu kredit apa?
        apakah ada rencana untuk me-review gawai ini (Xiaomi Redmi 3 Prime) pak?

          1. bukannya disc up to 200rb pak,

            terus biasanya kan Xiaomi jualannya di Lazada, kok tumben pak di Blibli. apakah aman ?

          2. Pak Hendra,

            Iya, diskon Rp 200 ribu. Berarti kan menjadi Rp 2,299 juta.

            Saya justru bersyukur Xiaomi sudah nggak jualan di Lazada. Lebih enak berurusan dengan Blibli daripada Lazada.

    2. pak herry Xiaomi Redmi Note 3 apa udah ada yang garansi resmi di indonesia? untuk hp 5thn kedepan enaknya milih samsung j5 sama xiaomi redmi note 3?

      1. Bu Meimei,

        Maaf karena respons saya lama. Kebetulan saya baru pulang dari luar kota.

        Redmi Note 3 sudah ada yang bergaransi resmi. Lha yang saya review di atas itu kan barang bergaransi resmi.

        Untuk lima tahun mendatang, dua ponsel itu sudah sama-sama ketinggalan zaman.

  119. Pak HSW, mau tanya ini dari segi pandang pak HSW sendiri Snapdragon 616 kalau dibandingkan snapdragon 650, bagaimana pak?

        1. Pak Hendra,

          Oh ok. Kalau RAM-nya sama-sama 2 GB, kemungkinan lebih enak Redmi Note 3. Masalahnya, Redmi 3 Prime bergaransi resmi kan RAM 3 GB.

          1. maaf post 2x

            menyambung komentar pak HSW diatas
            ” Redmi 3 Pro nggak masuk resmi lho. Yang masuk resmi Redmi 3 Prime. Harga Rp 2,499 juta. Kalau beli dengan kartu kredit tertentu bisa dapat diskon menjadi Rp 2,249 juta. ”

            kalau boleh tau beli dimana dan pakai kartu kredit apa?
            apakah ada rencana untuk me-review gawai ini (Xiaomi Redmi 3 Prime) pak?

          2. Pak Hendra,

            Ups… keliru. Mestinya bisa dapat diskon menjadi Rp 2,299 juta. Bukan Rp 2,249 juta.

            Di mana? Tadi sudah saya sebutkan. Silakan cek jawaban saya di atas.

  120. Pak Herry,

    Saya lihat sekarang Redmi Note 3 Pro sudah dijual melalui situs Erafone. Yang ingin saya tanyakan apakah fitur 4G nya tetap ada hanya perlu di-unlock saja? Mungkin kira2 bapak mengetahuinya. Terima kasih.

    1. Pak Dean,

      Hardware-nya tetap mendukung 4G LTE. Namun, karena Xiaomi tidak lulus TKDN dan mereka berusaha patuh, fitur 4G LTE itu dimatikan secara software.

  121. Pak Harry… Sy pake Redmi 3 distri , kalo charge lama Sekali butuh waktu 5-6 jam dr kondisi 15% smp full , apakah ini karena pake rom bawaan blm resmi ? Sy baca di forum katanya harus di Flash agar normal , tp sy takut data2 sy hilang.. , apa dampaknya kalo di flash pak ? mohon sarannya… Trims..

  122. Pak Herry SW,

    Saya rencana mau beli HP kisaran 2 – 2.5 jt. Tentunya yg speknya: LTE yes, Camera yahood, baterai OK.

    Menurut Pak Herry Merk apa dan seri apa.
    Terimakasih

  123. Pak Herry,
    Redmi note 3 yg resmi (ram 2gb) dengan redmi 3 prime yg resmi (ram 3gb) kira2 lebih gegas yang mana pak? Processor lbh cepat vs Ram lbh banyak.

  124. Ok deh pak terima kasih banyak, sesuai saran bapak akhirnya saya tetap bertahan untuk hanya membeli hp yang bergaransi resmi saja.
    Saya coba order redmi 3 prime, tapi saya baru tahu ternyata erafone.com hanya beroperasi di jam kerja normal saja ya pak. Saya jadi bingung karena pesan jumat malam namun sampai lewat 1×24 jam belum ada tanggapan maupun perubahan status padahal sudah konfirmasi pembayaran hari (sabtu) ini. Apa bapak pernah mengalami kejadian serupa, kalau iya biasanya transaksi akan dibatalkan atau tetap dilanjut ya pak oleh pihak erafone? Maaf agak melenceng jauh pak, karena saya sedikit panik. Dan kalau boleh tau, apa bapak juga ikut memesan gawai yang satu ini (redmi 3 prime)? hehe

    1. Pak Tyan,

      Tak masalah. Yang penting Anda sudah bayar kan? Saya pernah kok belanja di sana, status tak kunjung berubah sampai barang sudah tiba.

      Perhitungan kasar saya, pesanan Anda akan diproses pada Senin, 29 Agustus 2016 oleh staf Erafone.

  125. koh, ini emang selamanya gak bisa LTE? hp punya kokoh kok bisa LTE? kalaupun nanti masuk LTE resminya, band apa saja?

    1. Pak Uzumaki Naruto,

      Kalau Xiaomi tidak memenuhi aturan TKDN Indonesia, ya fitur 4G LTE-nya tidak bisa langsung aktif.

      Punya saya bisa 4G LTE karena saya unlock dengan cara tertentu. Namun, saya takkan memaparkan caranya karena saya lihat Xiaomi masih berusaha patuh. Kalau Xiaomi mulai terlihat nakal seperti yang dilakukan Huawei dan Coolpad, saya akan tuliskan caranya.

      Yang pasti sih band 3 dan 8. Untuk band 5 atau 40, saya tak tahu pasti.

  126. Iya saya sudah bayar dalam kurun waktu 1×24 jam sesuai ketentuan pak. Oh begitu ya, oke syukur deh pak saya jadi tenang dengernya. Terus terang beberapa bulan terakhir ini saya jadi sedikit ikut-ikutan bapak yang sering gonta-ganti hape..hhe Saya rasa sekarang sudah cukup dan mudah-mudahan redmi 3 prime setidaknya bisa bertahan sampai tahun depan. Karena berat juga kantong ya pak kalo seperti itu terus. Terima kasih banyak ya pak infonya, sukses selalu..

    *maaf pak saya kurang paham caranya balas comment langsung di-reply

    1. Pak Tyan,

      Boleh tolong informasikan nama pemesan dan nomor order-nya? Kalau memungkinkan saya coba bantu intip. 🙂

      Iya, benar. Terlalu sering ganti ponsel bikin kantong bolong. Makanya, saya pun juga pilih-pilih.

      Untuk me-reply comment, Anda tinggal memencet tombol reply di bawah komentar yang ingin dibalas. Namun, mau pakai cara seperti sekarang juga boleh sih.

      1. Boleh2 pak, pesanan no. 200040221 an. Sofian.

        Iya benar, toh saya juga kurang bisa memaksimalkan penggunaan smartphone sperti pak herry hehe

        Oh iya saya baru ngeh pak maklum agak gaptek, terima kasih pak infony

          1. Belum pak, namun tadi setelah saya kirim email ke cs@erafone.com dan mendapat balasan barang akan mulai dikirim 30 Agustus 2016. Ya sudah saya jadi agak sedikit tenang menunggu kabar selanjutnya hehe

          2. Pak Tyan,

            Mohon maaf atas keterlambatan respons karena saya baru pulang dari luar kota.

            Oh ok. Wah, tumben mereka membalas email.

          3. Siang Pak HSW,
            Maaf OOT, apakah sudah di perbarui ke MIUI 8 pak?
            pesan dan kesan untuk MIUI 8nya apa pak? lalu apakah ada kekuragan dari MIUI 8 itu?

            thanks

          4. Pak Hendra,

            Saya sudah pisah ranjang eh… pisah ponsel dengan Redmi Note 3. Jadi, saya belum pernah mencoba MIUI 8 deh.

          5. kalau begitu saya boleh request pak?

            kan Pak HSW ada rencana untuk mereview Xiaomi Redmi 3 Prime,
            1, bagaimana MIUI 8? terutama fitur Dual space dan Dual apps
            2. performanya kalau dibandingkan antara Xiaomi Redmi Note 3 dan xiaomi redmi 3 prime

            Hehe, Terima kasih sebelumnya

          6. Pak Hendra,

            1. Kalau saat saya buka dari kardus Redmi 3 Prime itu sudah pakai MIUI 8, saya akan coba wujudkan permintaan Anda. Namun, bila masih MIUI 7, maaf, saya takkan memenuhi permintaan Anda. Saya sementara akan bertahan di MIUI 7 karena bakal berusaha meng-unlock fitur 4G di ponsel itu. 🙂

            2. Ok.

  127. Salam kenal Om Herry,
    Tolong dibantu , saya butuh hp Lte yg cocok dengan usaha olshop. Kebanyakan liat review jd bingung sendiri ?. Budget 1,5jt – 2jt . Kira2 apa y..?
    Terima kasih sebelumnya

    1. Bu Adisty,

      Pemotretan produk yang dijual apakah juga akan dilakukan memakai ponsel itu?

      Kalau iya, silakan beli Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL.
      Kalau tidak, silakan beli Infinix Note 2.

  128. Salam kenal Ko Herry,
    1. mau tanya rekomendasi hape yang ok apa ya.. harga worth it lah, memory lega, baterai awet, kamera oke lah, ukuran layar 5″an dan sudah mendukung 4G? tadinya saya mau beli xiaomi redmi note 3, tapi membaca komentar2 jadi ragu2..
    2. rekomendasi hape LG dan ASUS?
    terima kasih

    1. Bu Agnes,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons karena saya baru pulang dari luar kota.

      1. Anggaran Anda berapa dulu nih?

      2. Sama. Saya perlu tahu anggaran Anda dulu. Kalau anggaran bebas, LG-nya LG G5 SE. Asus-nya Asus Zenfone 2 Laser.

  129. pak herry kamera depan yg paling bagus untuk hp harga 2jt an apa pak sekaligus awet untuk 5thn kedepan, biar ga gonta ganti hp terus muehehe

    1. Bu Meimei,

      Maaf karena respons saya lama. Kebetulan saya baru pulang dari luar kota.

      Siklus hidup ponsel semakin pendek lho. Ponsel yang sekarang terlihat canggih dua tahun lagi sudah ketinggalan zaman. Apalagi, bila lima tahun mendatang.

      Dengan mengabaikan lima tahunnya, silakan melirik Asus Zenfone 2 Laser.

    1. Pak Roosdinal,

      Maaf karena respons saya lama. Kebetulan saya baru pulang dari luar kota.

      Tak tahu. Karena fitur 4G baru bisa dipakai setelah saya menjalankan jurus tertentu yang hanya manjur untuk Telkomsel, XL, dan Indosat, saya tak mengetahui kompatibilitasnya dengan 4G LTE Smartfren di frekuensi 850.

  130. Om Herry, mohon bantuannya..
    Hp saya redmi note 3pro telah mendukung USB OTG dan sebelumnya baik2 saja,tp skr sudah tdk bisa dipergunakan lagi.
    Pernah saya baca review-nya Dr forum miui indo
    Yg menyarankan untuk, klik pengaturan – additional settings- USB debuging . Dan anehnya tidak ditemukan pengaturan USB debugging..
    Apa ada cara lain untuk meng aktifkan USB OTG.??

    1. Pak Dedik,

      Maaf karena respons saya lama. Kebetulan saya baru pulang dari luar kota.

      Saya tak ingat Redmi Note 3 bisa USB OTG atau tidak. Kalau bisa, langsung siap pakai tanpa perlu utak-atik lagi. Kalau tidak bisa, ya terpaksa mesti diterima.

  131. dear Pak Herry SW,

    maaf Pak Herry OOT, mohon bantuan nya, saya lagi cari 3alternatif smartphone android untuk atasan saya. yang beliau inginkan:
    1. android polos dari google jangan yang seperti miui atau touchwiz yang sudah banyak perubahan interface
    2. bisa install apa saja

    kalau yang saya cermati, beliau mau cari smartphone yang dari sisi interface nya tidak terlalu banyak perubahan2an dari android murni nya karena setelah menggunakan xiaomi mi 4c dengan rom MIUI, beliau merasa kesulitan untuk pengoperasian nya, lalu yang kedua smartphone yang digunakan sekarang ada aplikasi dari google play store tidak bisa terinstall karena compatibility.

    untuk range harga beliau tidak kasih ketentuan. ram 3gb atau lebih dan storage 32gb atau lebih.

    Terima Kasih.

    1. Pak Dany,

      Maaf karena respons saya lama. Kebetulan saya baru pulang dari luar kota.

      Dengan kriteria seperti itu, silakan mencari ponsel seri Nexus. Masalahnya, tipe-tipe terbaru Nexus tidak beredar resmi di sini.

  132. Malam pak Herry,
    Saya mau nanya nih saya br aja bli xiaomi note 3 pro yg pak herry bahas di atas yg menjadi mslhx kenapa jaringan 3g di hp ini ga muncul wktu sy aktifkn jaringan datax malah muncul jaringan E sja padahal sy sdh rubah settinganx ke 3G tp ga mau juga….sekedar info MIUI nya 7.2.3.0 Global RAM 2/16, CPU Hexa-Core. dan di tempat kami hnya bisa jaringan 3G aja….mohon pencerahanx ko….makasih sebelumx

    1. Pak Adi Purnama,

      Saya tidak pernah membahas Note 3 Pro lho. Lha Xiaomi sendiri saja belum pernah mengeluarkan ponsel bernama itu. Mungkin maksud Anda Redmi Note 3 ya?

      Pertanyaan saya, unit yang Anda beli bergaransi resmi atau tidak?

  133. Pak Herry, saya mau nanya apa benar kalo xiaomi itu sering nge hang? Kalo di bandingin pilih xiaomi redmi 3 pro, infinix zero 3 apa samsung j5 2016?
    Terimakasih.

    1. Pak Tio,

      Tidak benar. Syaratnya, Anda membeli yang bergaransi resmi.

      Saya belum bisa berkomentar tentang Redmi 3 Pro dan Galaxy J5 2016 karena belum pernah mencobanya. Kalau melihat kebiasaan Samsung, saya yakin Galaxy J5 2016 lebih jelek daripada Zero 3.

  134. Oh seperti itu soalnya temen saya bilang hpnya sering ngehang jadi saya agak takut mau beli xiaomi. Lalu dimana saya bisa beli yg bergaransi resmi?
    Memang kebiasaan samsung apa Pak Herry?

    1. Pak Tio,

      Paling mudah sih carilah di gerai Erafone. Yang dijual di sana pasti baru dan resmi.

      Samsung yang bagus hanya seri S dan Note (dengan mengabaikan Note 7 yang baterainya meledak ya). Seri lain cenderung jelek.

  135. Pak saya meminta rekomendasi Lebih baik pilih Redmi Note 3 (Resmi) atau Redmi 3 Prime (Resmi), soalnya selisih harga cuman 100 ribu saja.

    Terimakasih.

  136. Pagi pak HERRY SW

    Tanpa memperhatikan ketersediaan 4G ada bbrp pertanyaan yg ingin says tanyakan terkait dgn redmi note 3 vs lenovo vibe K5 plus.
    1. Secara spesifikasi pak HSW lbh memilih mana? Alasan nya apa?
    2. Menyangkut kamera pak HSW lebih pilih mana?
    3. Dalam hal ram apa pengaruh nya cukup signifikan?
    4. Layanan purna jual nya bagus mana?
    5. Ketersediaan update untuk kedua hp ini bgm kedepan nya menurut predikai bpk?
    Terima kasih buat informasi nya pak. Maaf kalo pertanyaan nya bnyk

    1. Pak Jeffry,

      Berarti tanpa melihat 4G dan harga ya?

      1. Redmi Note 3. Alasannya, baterai lebih awet.
      2. Vibe K5 Plus.
      3. Tidak terlalu terasa kok.
      4. Saat ini imbang.
      5. Sama-sama bakal dapat update.

  137. Pak Herry SW
    Melanjut pertanyaan saya di atas mengenai vibe k5 plus vs redmi note 3 berdasarkan spesifikasi hardware apakah tetap redmi note 3 ( tdk hny kekuatan baterai) ? Kpn bpk review redmi 3 prime? Jika sdh review antara redmi note 3 vs vibe k5 plis vs redmi 3 prime pilih mana? Keunggulan nya di sektor mana saja? Terima kasih pak

    1. Pak Jeffry,

      Kalau spesifikasi keseluruhan sih ya saya pilih Vibe K5 Plus. Namun, berarti saya sudah menyentuh sektor 4G LTE yang tadi Anda minta diabaikan.

      Redmi 3 Prime masih antre.

  138. pak Henry… pendapat bpk soal xiaomi mi max bgaimana pak? baiknya rom china, rom distributor or rom official global mesti tanpa 4g lte? atau ada saran hp merk lain pak? terima kasih sebelumnya…

  139. Pak Herry…..
    Ponsel xiaomi ini bgs tp agak ribet yaa pak… hrs dirubah/ di set ini itu.. dll… ada saran hp kisaran 3-4jt an utk browsing, game, sosmed, chat, camera bagus and layar lega yg mumpuni tdk pak?mhn bantuannya… hehehe maaf agk ribet tanyanya…
    Many thx Pak Herry…

    1. Bu Inda,

      Saya merekomendasikan Asus Zenfone 3. Pastikan beli yang bergaransi resmi. Namun, Anda mungkin perlu menambah anggaran sekitar Rp 50 ribu. Ya, lima puluh ribu, bukan lima ratus ribu.

    1. Bu Marsha Arwani Putri,

      Fitur apakah yang Anda utamakan? Sepintas saya menebak Anda menomorsatukan fitur kamera. Kalau benar demikian, coret dua ponsel itu dan belilah Infinix Zero 3 saja.

  140. DEAR PAK HERRY SW…..

    HEHHEHE…. MHN MAAAF BANGET YAA PAK.. NULIS NAMANYA KELIRU.. (KEBIASAAN BURUK.. NYETIR NYAMBI HP AN) ASUS ZENFONE 3 APAKAH SDH BEREDAR DI SURABAYA?

    MANY THX PAK HERRY….

    1. Bu Inda,

      Hayo… nggak boleh bandel. Saat mengemudi dilarang berponsel. 🙂 Satu lagi, sekarang semua kalimat dituliskan dengan huruf besar. Di dunia internet, itu dianggap kurang sopan lho. Sebab, bisa dimaknakan sebagai sedang marah atau berteriak. He… he… he….

      Tentang Mi Max, rekomendasi saya sih sangat sederhana. Jangan beli karena belum ada yang bergaransi resmi. Namun, kalau mau tetap nekat beli, ya silakan saja. Bebas mau pakai ROM yang mana, asalkan bukan ROM distributor. Ehmm… ROM global sudah ada ya?

      Saran ponsel merek lain? Ehmm… anggaran Anda berapa dulu? Kebutuhannya apa saja?

      1. Siang Pak HSW,

        Maaf OOT dan agak berat pertanyaannya

        Menurut Pak HSW sendiri
        1. bagaimana tanggapan Pak HSW dengan rencana penyederhaan Sertifikasi postel?
        2. brand” apa saja yang layak / berhak / bisa mendapat penyederhaan sertifikasi postel?
        3. bagaimana nantinya menyikapi makin banyaknya produk yang mengakali TKDN (4G)?

        Terima kasih

        1. Pak Hendra,

          1. Bagus deh. Saya mendukung.

          2. Merek-merek global layak dapat deh.

          3. Saya sih termasuk yang sering jengkel. Namun, kalau regulator cuma diam, ya mau gimana lagi. Saya cuma bisa teriak-teriak.

          1. Pak HSW,

            1. Apakah Xiaomi, Asus, Infinix dan Oppo ( agak ragu saya menyebut brand ini ) bisa / layak mendapat penyederhanaan sertifikasi?
            2. kalau bisa / layak, akankah ponsel dr brand tersebut akan lbh cepat beredar garansi resminya? ( mengesampingkan fitur 4G Seperti xiaomi redmi note 3 dan xiaomi redmi 3 prime )
            3. saya kurang paham mengenai apa yang diuji untuk sertifikasi postel, nah membahas masalah yang terjadi di Samsung Note 7, apakah Samsung tidak melakukan uji coba / Quality Control pada produk yang siap dipasarkan? lalu apakah masalah ini tidak ketauan saat pengajuan sertifikasi postel? lalu adanya penyederhanaan sertifikasi postel berarti kemungkinan Produk cacat seperti Samsung Note 7 masuk ke Indonesia kian terbuka lebar pak?

            maaf banyak tanya, hehehe

            terima kasih

          2. Pak Hendra,

            1. Asus sudah layak. Tiga merek lainnya, karena alasan yang berbeda-beda, sepertinya belum pantas memperoleh keistimewaan itu.

            2. Seharusnya begitu. Kan ada satu tahapan yang dipangkas. Jadi, bisa menghemat waktu minimal dua mingguan.

            3. Detailnya saya juga tak tahu. Penggalan informasi yang saya ketahui, pengujian terutama dilakukan untuk mengetes kesesuaian frekuensi dengan kondisi jaringan di sini. Kalau sampai cacat produk seperti di Note 7, kemungkinan takkan terdeteksi.

            Ada atau tidaknya penyederhanaan sertifikasi, peluang lolosnya produk cacat tetap terbuka.

  141. Dear Pak Herry SW………………

    Mohon maaf sekali lagi ats ketidaktauan saya soal penulisan huruf besar yg dianggap tdk sopan, btw.. asus zenfone 3 yg ultra and deluxe apakah sudah beredar resminya di Indo? sebagai info saja, sy tdk biasa pakai android.. Hp skrg iphone 6/64gb dan bb belagio.. berhubung bb nya makin sering ngadat dan makin nyebelin, mankanya mau coba android.. ( ternyata milih android itu bikin binun drpd milih menu makan apa buat besok.. hehehhe guyon yaa pak ) bugjet sy antara 3,4,5 jutaan. btw… bpk sdh menyarankan asus zenfone 3. tp sy pengen layar yg lbh lega minim 5,5inc.. pilihan saya antara redmi note 3, oppo F1s or F1plus (yg kemungkinan bpk gk bakal recome), lenovo P1turbo and asus zenfone 3 ( i wish layarnya yg gedean tp ternyata cm 5,2inch) mungkinkah ada yg lbh baik lg?
    mohon maaf panjang lebar…
    terimakasih sudah menjawab curhat galau pemilihan hp android saya….
    Many Thx…………………

    1. Bu Inda,

      Nah… ini baru mantap. 🙂

      Zenfone 3 Deluxe dan Zenfone 3 Ultra belum beredar resmi di sini. Yang Deluxe rencananya Desember 2016, sedangkan Ultra malahan baru tahun depan.

      Ha… ha… iya. Kalau iOS dan BlackBerry kan masing-masing cuma bertemu dengan satu merek. Kalau Android, banyak banget. Kayak ingin makan soto, tapi bingung mau makan soto yang mana. Ada Soto Kudus, Soto Lamongan, Soto Betawi, dll.

      Ingin layar minimal 5,5 inci? Saat ini sih berarti silakan membeli Lenovo Vibe P1 Turbo. Kalau mau sabar, nantikan kehadiran Zenfone 3 layar 5,5 inci yang dijadwalkan bulan depan. Jangan membeli Redmi Note 3 dan ponsel merek Oppo.

      1. Halo Pak Herry SW

        Sekedar ingin tahu saja (penasaran hehe), kenapa tidak merekomendasikan Redmi Note 3 untuk Ibu Inda ya ?

        Sekalian tanya deh.
        Apakah ada ponsel baru – high spec & murah (haha) – yang layak ditunggu tahun ini?

        Terima kasih Pak Herry SW

        Terima kasih

  142. Ko, saya mau minta sarannya nih. saya mau beli android. Saya punya budget 2,5 an.
    Saya sih pinginnya Osnya sudah Marshmallow ( kalau bisa ),ramnya 3 giga dan cameranya udah 16 mgp.
    Mohon saran bagusan beli android apa, saya mau beli hp yang bagus dan selamanya. saya bingung antara xiomi atau asus.
    Soalnya saya butuh ganti android dalam waktu dekat ( karena dl android lama saya punya cdma smartfren).saya dengar kalau cdma smartfren berakhir bulan september ini.
    Tq ya Ko

    1. Pak/Bu Vero,

      Xiomi? Tak ada ponsel bermerek itu. Mungkin yang Anda maksud Xiaomi ya.

      Dengan kriteria seperti atas, jawabannya, tak ada ponsel Xiaomi dan Asus yang memenuhi syarat. Kalau mau merek lain, ada Infinix Zero 3.

      1. iya Ko maksut saya xiaomi.kalau asus dengan xiaomi bagus mana ya Ko.Kalau saya punya budget 2,5 yang bagus tipe android apa ya Koo.tq ya atas sarannya.

        1. Bu Vero,

          Mesti lihat tipe per tipe. Satu hal yang pasti, dengan anggaran Rp 2,5 juta dan kriteria yang Anda sebutkan, tidak ada ponsel Xiaomi maupun Asus yang memenuhi syarat.

  143. di web erafone ada xiaomi redmi 3 prime dan ditulis garansi resmi .
    apakah xiaomi redmi 3 prime sudah ada yg resminya pak di indonesia?

  144. Dear pak HSW
    saya mau memberi info pak, kalau pak HSW berencana membeli Xiaomi Redmi 3 Prime, coba mampir ke Lapak Erafone di Elevenia, Harga 2,499rb disc jadi 2,200rb lalu bisa menggunakan voucher elevenia 7% (harus pakai aplikasi elevenia) menjadi 2,046rb / 5% ( web )

    Semoga membantu

    Thanks

    1. Pak Hendra,

      Terima kasih atas informasinya. Sayang promonya terlambat. Sudah berhari-hari saya memakai Redmi 3 Prime bergaransi resmi.

      1. Pak Herry SW

        Wah skrg lagi uji pakai yah pak. Sekilas unggul mana antara redmi note 3 vs redmi 3 prime.

        Pak saya jg mau tanya selama uji pakai redmi note 3 apakah bpk mengalami untuk slot sim card dr redmi note 3 ringkih? (Pada saat slot sim card di keluarkan skrup atau sejenis nya kurang kuat sehingga menyebabkan ringkih) terima kasih pak atas jawaban nya

          1. apa boleh tau alasan pak HSW memilih Redmi 3 prime lebih unggul dibanding redmi note 3? mengingat prosesor lebih unggul di redmi note 3

            apa ada rencana berpisah dengan redmi 3 prime nya setelah selesai review? 🙂

          2. Pak Hendra,

            Nah… temukan jawabannya di review Redmi 3 Prime yang sedang saya ketik. Malam ini rencananya saya unggah ke blog.

            Tentu saja. Saya bukan orang yang setia dengan ponsel tertentu. 🙂

          3. kalau boleh tau akan di bandrol berapa pak untuk xiaomi Redmi 3 prime nya?

            maaf karna saya bukan pengguna twitter, jadi tidak bisa menghubungi pak hsw via sosmed

  145. Pak Herry, mau tanya kalau dilihat dari segi kamera depan & belakang dan dengan dana seharga Xiaomi Redmi Note 3 ini, apakah HP ini layak beli atau ada rekomendasi HP lain yg kameranya lebih mumpuni? Terima kasih

    1. Pak Lukman E,

      Tambahkan dana sedikit dan belilah Infinix Zero 3. Seandainya tidak bisa menambahkan anggaran, beli Asus Zenfone 2 Laser ZE500KL saja. Harganya Rp 1,8 juta. Kameranya lebih bagus daripada Redmi Note 3.

  146. Selamat Sore Pak Herry SW

    Pak, mau tanya cara setting notification agar BBM dan WA pada Xiaomi redmi note 3 tidak telat masuk/sering delay.

    Makasih Pak.

    1. Pak Susilo,

      Kebetulan saya bukan pengguna BBM. Kalau WhatsApp, di Redmi Note 3 tak perlu pengaturan tambahan apa-apa lagi. Tak usah memakai jurus gembok menggembok yang dulu perlu dilakukan di ponsel Xiaomi.

  147. om, kamera belakang xiaomi redmi note 3 waktu pindah dari kamera belakang pindah ke kamera depan dan kalau keluar dari kamera belakang , kamera belakangnya berbunyi “cetek” apakah itu wajar?

  148. om kenpa gak perna review ponsel oppo
    minimal oppo a37 tah
    soalnya ada rencana mau beli tuh hp
    tapi bingung
    milih vivo y55.redmi 2prime.zenfone laser.oppo a37
    dan galaxy j5 2016
    kalo bisa dibuat review perbandinganya.thx

    1. Pak Jutawan,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Alasannya kan sudah jelas. Selama cara berjualan Oppo masih cenderung tidak jujur dan mengelabui konsumen, saya tak mau me-review ponsel itu.

  149. Halo Ko Herry SW,

    Baru saja saya searching dan browsing di Lazada Singapore, harga Xiaomi Redmi Note 3 Pro (Snapdragon) ini cuma SGD 180 (x kurs Rp 9.500) = sekitar Rp 1.710.000
    Wah ini layak dibeli gak ko?
    kalau mengikuti saran ko Herry, katanya kalau bukan garansi resmi Xiaomi Indonesia, takut nya barang aspal / rekondisi…
    Ini link-nya : http://www.lazada.sg/xiaomi-redmi-note-3-pro-16gb-gold-export-free-tempered-glass-7914235.html

    Terima kasih ko untuk saran dan pendapatnya..

    1. Pak Shandy,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Ehmm… apakah Anda sedang di Singapura? Sebab, Lazada Singapura tidak melayani pengiriman ke Indonesia lho. Saran saya sih masih seperti biasa, jangan beli yang tanpa garansi resmi.

    1. Pak Jutawan,

      Mengaku dari Amerika, Jerman, dll. Padahal, aslinya kan dari Tiongkok.

      Ponsel 3G dibilang bisa 4G LTE, mengaku RAM-nya bisa ditambah, dll.

  150. Pak herry…menurut bapak apakah redmi 3s layak beli…apakah kameranya dan baterainya oke..bila di bandingkan dengan j5 2016 bagus mana

    1. Pak Heru Nasa,

      Tidak. Sebab, Redmi 3S yang beredar di pasar pasti tanpa garansi resmi.

      Saya belum pernah mencoba Galaxy J5 (2016). Ponsel Samsung selain seri S dan Note biasanya jelek.

    1. Pak Rajundi,

      Ponsel Xiaomi Anda apakah bergaransi resmi? Update-nya langsung dari menu ponsel? Kalau iya, coba reset dulu deh.

  151. Pak mau tanya dong kan ada kabar xiaomi akan penuhin tkdn indonesia , nah kalau dia udah penuhin tkdn itu dan kabar pastinya redmi 4A masuk dalam kondisi 4g , apa tkdn nya akan berdampak dengan ponsel xiaomi lainnya seperti redmi 3 prime dan redmi note 3 yang di lock 4g akan mendapat akses 4g kembali atau hanya ponsel keluaran terbaru xiaomi yang akan dapat koneksi 4g ?

    1. Pak Yelsin,

      Maaf, baru hari ini saya bisa merespons. Sebab, sejak 15 November 2016 hingga akhir minggu ini, saya kebetulan sedang sering ke luar kota dengan jadwal aktivitas yang padat.

      Tergantung Xiaomi juga mengurus TKDN untuk Redmi 3 Prime dan Redmi Note 3 atau tidak. Kalau tidak diurus, fitur 4G LTE-nya tetap nonaktif. Pengurusan TKDN itu berlaku per tipe, bukan per merek.

  152. Pak HSW, gimana pandangan bpk tentang xiaomi redmi not 4, saya lihat harganya sekitar 2,4. saya sekarang lagi milih2 hp yang memuaskan, dengan dana di bawah 3 juta.

    1. Pak Ahmad,

      Tidak ada ponsel bernama Xiaomi Redmi Not 4. Kalau yang Anda maksud Xiaomi Redmi Note 4, ponsel itu belum beredar resmi di Indonesia. Kalau Anda menemukannya di pasar, itu pasti tanpa garansi resmi. Jadi, langsung saya coret deh.

  153. Koh Herry, saya sudah beli Xiaomi Redmi note 3 yg garansi resmi. Yg mau saya tanyakan stiker yg menempel di belakang body ponsel itu untuk apa gunanya? Apa boleh diklentek/dilepas, koh?

    1. Pak Dicky,

      Oh, itu stiker identitas. Boleh dilepas, tetapi sebaiknya jangan dibuang. Agar tidak terselip, setelah dilepas silakan Anda tempelkan di kardus ponsel.

  154. pak herry, mohon sarannya… lebih baik beli yang mana ya antara zenfone 3 max atau xiaomi redmi note 3 pro resmi?
    btw kemarin saya coba tanya di website erafone, cs nya bilang kalo redmi note 3 nya ga resmi, benarkah?

    1. Pak Adam,

      Hmmm… susah nih. Keduanya sama-sama kurang nendang. Kalau harus memilih, mending Zenfone 3 Max deh.

      Ponsel yang dijual di Erafone pasti bergaransi resmi. Kalau CS-nya sampai bilang tidak resmi, dia minta “ditatar” dulu deh. 🙂

  155. Koh Herry bagaimana cara memunculkan notifikasi email masuk di redmi note 3 pro. Saya sedikit kesulitan karena inbox email harus saya refresh dulu baru emailnya masuk,kesannya seperti delay karena saya cek via ponsel yg saya gunakan untuk mengirim email sudah terkirim,begitu saya cek ponsel saya yg redmi note 3 pro ternyata belum masuk emailnya.begitu di refresh baru deh masuk.
    Untuk notifikasi bbm dan wa sudah terpecahkan,tapi untuk yg email ini saya mentok belum tau caranya.
    Terima kasih koh,semoga sukses selalu

    1. Pak MbahTarno,

      Dulu saat menguji pakai Redmi Note 3, tidak ada pengaturan khusus yang harus saya lakukan. Notifikasi email dan WhatsApp langsung lancar masuk. Kalau BBM saya memang tidak memakainya.

      Coba cek satu per satu pengaturan di ponsel Anda. Pastikan menu yang terkait dengan auto-start, permission, dan sejenisnya sudah aktif semua. Ponsel Anda bergaransi resmi kan?

      1. Karena saya mengikuti review koh herry jadinya saya beli di erafone wtc dekat eskalator,pilih aman yg garansi resmi kan koh. Apa mungkin pengaruh jaringan koh? Atau perlu di factory reset koh ponselnya?

        1. Pak MbahTarno,

          Dugaan saya lebih ke faktor jaringan sih. Kalau mau saya bantu cek, hari ini (6 Desember 2016) pukul 12.00 saya berada di WTC Surabaya. Boleh cari saya di sana.

  156. Ko herry jika pada 2017 xiaomi berhasil mengikuti regulasi 4G di Indonesia. Akankah akan ada pembaruan firmware untuk unlock 4G pada xiaomi redmi note 3 ini? Terimakasih

    1. Pak Budi,

      Tergantung TKDN Redmi Note 3 diurus atau tidak oleh Xiaomi.

      TKDN itu berlaku per tipe. Anggaplah Redmi Note 3 itu tipe A. Berikutnya ada tipe B, C, dan D. Kalau yang lolos TKDN hanya tipe C dan D, maka tipe A dan B selamanya cuma boleh dijual sebagai ponsel 3G.

  157. Jika diurus apakah yang membeli xiaomi redmi note 3 pro 3G tetap pada 3G atau mendapat pembaruan firmware 4G. Soalnya saya sudah terlanjur kebeli xiaomi redmi note 3 pro resmi. Saya berharap akan ada pembaruan firmware 4G, soalnya kalo ngelock 4G agak ribet, kudu nyopot sim holder nya dulu(maaf curhat).He he he

    1. Pak Budi,

      Kalau TKDN-nya diurus dan lulus, pembeli lama Redmi Note 3 bergaransi resmi akan dapat update untuk mengaktifkan fitur 4G. Namun, kalau melihat perkembangan terkini, saya yakin TKDN-nya takkan diurus.

      Oh, kini 4G-nya Anda aktifkan dengan jurus bongkar pasang kartu ya. Pesan saya, bila di ponsel Anda muncul notifikasi update, jangan di-update ya. Kalau nekat di-update, jurus bongkar pasang kartu akan menjadi tidak ampuh lagi.

  158. Maaf OOT pak,
    menurut pak Herry Flash plus 2 versi ram 3gb dan 2gb masih layak untuk dibeli??
    Kalau tidak saya ingin minta rekomendasi HP Budget di bawah 2jt,dengan kriteria:
    -garansi resmi pastinya
    -support 4G
    -batre awet
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih dan minta maaf jika saya banyak bertanya

    1. Pak Yogaswara,

      Saya belum permah coba yang RAM 3 GB. Kalau yang RAM 2 GB, daripada beli itu, saya lebih memilih Infinix Note 2 deh. Ponsel tersebut lebih cocok dengan kriteria Anda.

  159. Hi Pak Herry,

    sayang sekali saya baca revieew pak herry terlambat.. udah beli xiami redmi note 3, garansi distributor b-cell… (not recomended) dan 2 hari ga bs video, kalo telp tidak bisa denger orang ngomong atau yang disana ga bisa denger suara saya.. ke bcell ga jelas, banyak review bcell 3 bulan servis ga ada kejelasan jadi ya hapenya digunakan semampunya aja deh….tapi makasih loh pak… baca semua review pak herry jadi nambah pengalaman dan wawasan…

    1. Pak Chrisyanto Wibisono,

      Xiaomi Note 3? Xiaomi belum pernah mengeluarkan ponsel dengan nama tersebut.

      LG X Power saya belum pernah coba.

  160. koh saya tertarik dengan produk xiaomi, menuruh koh hsw lebih baik beli yg garansi resmi atau distributor ya ??
    lalu untuk xiaomi redmi note 3 ini jika dibandingkan dengan infinix note 3 pro kameranya lebih bagus mana ya koh ??

    1. Pak Ghufron,

      Yang bergaransi resmi dong. Kalau saya, pilihannya adalah membeli yang bergaransi resmi atau tidak beli sama sekali.

      Tak tahu. Di lemari sudah ada Infinix Note 3 Pro, tetapi belum saya coba.

  161. oke koh kalo gitu lebih baik yang garansi resmi ya,,
    saat ini ada xiaomi redmi 3s katanya sih udah 4G,,, kapan reviewnya keluar koh ?? dapat harga berapa infinix note 3pro nya koh ?? saya di malang susah cr toko ofline infinix kyknya belum ada ya koh ?? koh hsw beli infinix note 3 pro dimana ??

    1. Pak Ghufron,

      Ya, lebih baik membeli yang bergaransi resmi atau tidak beli sama sekali.

      Belum tahu. Saya memilih menghabiskan stok ponsel di lemari dulu.

      Infinix Note 3 Pro Rp 2,599 juta. Kalau di Malang, coba cari di Meteor Cell. Mereka mestinya punya stok.

  162. baik koh makasih saranya koh… ga tau nih masih ragu antara xiaomi atau hisense pureshot plus…

    wah ko hsw ini kebanyakan ponsel sampe bingung makenya,, gak ada yg dilelang kah ponselnya koh ?? hhehehe

    wah kalau gitu harganya sama kayak infinix zero 3 ya koh ?? mendung zero 3 kayaknya kameranya bagus daripada yg note 3 pro…
    oke koh nanti sy coba langsung cek ke meteor cell.. makasih informasinya koh hsw,,, segera di review lah infinix note 3 pro nya saya tunggu reviewnya koh hhehehe

    1. Pak Ghufron,

      Ha… ha… sepertinya Anda belum menjadi follower Twitter @herrysw ya. 🙂 Terakhir Zenfone 3 Max saya jual Rp 1.111.111.

      Ok.

  163. wah saya gak tahu koh kalo sering ngadain lelangan ,, abis ini sy follow koh ,, zero 3 udah di lelang blm koh ?? hehehe

  164. pagi mas Herry..
    mau tanya, untuk lelang gawai bagaimana caranya? apa ada syaratnya? oya komentar mas Herry di atas “Zenfone 3 Max saya jual Rp 1.111.111.” itu beneran di lelang harga segitu? Terima Kasih

    1. Pak Adeozzy,

      Beda lelang bisa beda syarat. Saya akan paparkan detailnya saat sedang melakuka lelang.

      Oh, kalau Zenfone 3 Max Rp 1.111.111 itu bukan lelang. Saya langsung buka harga segitu dan yang berminat tinggal bilang “deal”.

  165. malam mas Herry
    menyambung pertanyaan saya di atas,
    1. Apakah yang berdomisili di luar daerah bisa ikutan lelang atau harus daerah yang sama dengan mas Herry tinggal? gawai yang biasa di lelang itu lengkap dengan aksesoris bawaan dan kartu garansi ya?
    2. untuk Hisense pureshot+ vs Asus zenfone 2 laser…..dari segi kegegasan, performa, kamera dan daya tahan batere lebih rekomended yang mana mas Herry?
    3. Terima Kasih.

    * Zenfone 3 Max Rp 1.111.111 = Murah bangeet mas Herry 🙂

    1. Pak Adeozzy,

      1. Beda lelang beda aturan. Kelengkapan juga berbeda-beda. Semua akan saya paparkan saat melelang sesuatu.

      2. Zenfone 2 Laser.

      3. Ok.

  166. Karena Xiaomi sudah memenuhi persyaratan TKDN, apakah sekarang Redmi Note 3 garansi resmi sudah legal untuk dibuka koneksi 4G nya?

    1. Pak Josef Harianto,

      Yang memenuhi persyaratan TKDN kan ponsel Xiaomi tipe lain, bukan Redmi Note 3. Jadi, Redmi Note 3 tetap tidak bisa 4G LTE.

  167. om HSW

    om garansi resminya xiaomi apa om?TAM DAN COMTECH kah om?
    lalu xiaomi yg udah 4g ,xiaomi tipe apa om?
    kalau rusak mau servis center di surabaya itu dimana om?

    trims

    1. Pak ND,

      Xiaomi bergaransi resmi didistribusikan oleh TAM/Erajaya.

      Yang masih mudah ditemukan di pasar:
      1. Redmi 4A.
      2. Redmi 4X.
      3. Redmi Note 4.

      Di WTC lantai 2.

  168. om ane niat mau beli ini hp kira kira masih worth ngga ?
    udh 1.6 kan sekarang harganya
    keperluannya sih buat nge game berat nggak gitu butuh 4g
    soalnya redmi note 4 malah turun profesornya

    1. Pak Bimo,

      Saya bukan gamer. Jadi, nggak berani memastikan. Kalau Anda yakin kuat dan nggak butuh 4G, mestinya masih oke buat dibeli.

  169. Untuk kualitas kamera dan audio
    Lebih bagus mana dibanding redmi note 4
    Dan untuk peforma lebih mulus mana
    Dan apakah dapet android nougat dan miu9.thx

    1. Pak Hiro,

      Terus terang saya sudah lupa kamera Redmi Note 3 seperti apa.
      Audio relatif imbang.
      Performa umum menang Redmi Note 4.
      Tak tahu. Saya sudah tidak mengikuti perkembangan Redmi Note 3.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *