Review Xiaomi Redmi Note 4: Yang Hitam Lebih Keren daripada Emas

Ketika sedang mengantuk karena kurang tidur dan kelelahan, sebaiknya tidak memaksakan diri mengetik naskah review. Daripada file tak sengaja dimasukkan ke recycle bin di laptop, dimusnahkan, dan tidak bisa dipulihkan. Itulah pelajaran berharga buat kita semua, khususnya penulis alias HSW, tepat seminggu lalu.

Walaupun ulasan lengkap Xiaomi Redmi Note 4 baru diunggah hari ini, uji pakai sebenarnya telah lama selesai. Rekomendasi atas ponsel itu juga sudah puluhan kali HSW sampaikan saat merespons pertanyaan masuk ke blog ini maupun Twitter @herrysw. Asalkan kinerja kamera tak harus bagus, dengan harga Rp 2,399 juta, Redmi Note 4 sangat layak beli.

Mengapa? Ada sederet alasan yang membuat HSW menyarankan orang lain membeli Redmi Note 4. Pertama, ponsel dual SIM itu memungkinkan dua nomor berada di jaringan 4G-3G atau 3G-4G secara simultan. Maksudnya, saat nomor di selot SIM1 menempati jaringan 4G LTE, nomor di selot SIM2 masih bisa masuk ke jaringan 3G. Demikian sebaliknya.

Sepintas kemampuan itu tak berguna. Realitanya tidak demikian. Performa layanan 2G semua operator di Indonesia kian memburuk. Di lokasi tertentu di kota-kota besar, sinyal 2G malahan telah hilang total.

Umpama masih mendapatkan sinyal pun, nomor yang berada di jaringan 2G cenderung sulit dihubungi. Penelepon sering mendapatkan notifikasi kalau nomor tujuan tidak aktif atau berada di luar area layanan. Padahal, nomor itu sebenarnya sedang siaga dan menganggur.

Kondisi serupa lebih jarang terjadi kala suatu nomor sedang “berleha-leha” di jaringan 3G. Selain mudah dihubungi, suara yang terdengar selama proses berhalo-halo relatif lebih jelas. Aktivitas berkomunikasi suara terasa lebih nyaman bagi kedua pihak.

Berlanjut ke alasan kedua. Redmi Note 4 dibekali baterai tanam berkapasitas 4.100 mAh. Dengan perilaku pemakaian ala HSW, baterai tersebut minimal sanggup menjaga ponsel tetap aktif mulai pagi sampai menjelang pergantian hari. Durasi pemakaian 24 jam pun bukan mustahil tercapai.

Intinya, buat kebanyakan pengguna ponsel di Indonesia, saat memakai Redmi Note 4 mereka amat mungkin tak perlu lagi membawa power bank atau charger saat seharian beraktivitas. Asalkan setiap malam menjelang tidur ponsel itu dihubungkan dengan charger, keesokan harinya bakal aman deh.

Ketiga, kinerja umum ponsel berdimensi fisik 151 x 76 x 8,45 milimeter dan berat 165 gram tersebut layak diacungi jempol. Dalam pemakaian sehari-hari ala HSW ia terasa gegas. Asal tahu, HSW biasanya menggunakan ponsel untuk aktivitas telepon, email, browsing, live streaming, pesan instan, dan media sosial. Ponsel juga difungsikan untuk memesan transportasi daring (online) dan memotret. Kegiatan bermain game nyaris tak pernah dilakukan.

Keempat, kondisi fisik (built quality) Redmi Note 4 secara umum pantas dikategorikan bagus. Pujian ekstra pantas diberikan kepada Redmi Note 4 berwarna hitam. Tampilannya gahar dan elegan. Jauh lebih bagus daripada varian berwarna emas yang terkesan biasa-biasa saja.

Betapa pun, Redmi Note 4 tak luput dari sisi minus. Menurut HSW, kamera menjadi kelemahan utama ponsel itu. Ketika dipakai memotret objek di luar ruangan yang terang benderang, hasil fotonya masih bisa dikategorikan prima. Namun, begitu diajak memotret di lokasi berpencahayaan cukup, apalagi kurang terang, kualitas foto yang dihasilkan menurun signifikan.

Gawai Android 6.0.1 Marshmallow dengan MIUI 8.2 itu memanfaatkan prosesor delapan inti (octa core) Qualcomm Snapdragon 625 MSM8953 2 GHz. Sebagian spesifikasi lainnya, layar IPS 5,5 inci full HD 1.920 x 1.080 piksel, Wi-Fi, bluetooth, GPS, wireless display, RAM 3 GB, dan ROM 32 GB. Saat ponsel masih segar, sisa memori internal ponsel mencapai 23,54 GB.

Fitur second space, dual apps, dan ketuk-ketuk layar dapat dijumpai di Redmi Note 4. Demikian pula pemindai sidik jari, pengendali jarak jauh (remote control) aneka perangkat elektronik, dan radio FM. Tanpa memasangkan earphone, pengguna tetap bisa menjalankan radio FM. Namun, yang berhasil ditangkap hanya siaran dari sebagian stasiun radio. Kalau mau, siaran yang sedang didengarkan dapat direkam lalu diputar ulang kapan saja.

Selot kartu ganda di Redmi Note 4 menganut prinsip 3-pilih-2 alias hybrid. Selot SIM1 siap menampung micro SIM. Sedangkan di selot SIM2, pengguna wajib memilih ingin meletakkan nano SIM atau kartu microSD.

Kamera utama ponsel itu siap menghasilkan foto beresolusi 13 megapikel dan klip video full HD 1080p. Kamera dengan fokus otomatis serta lampu kilat tersebut sebenarnya dibekali mode manual, tetapi pengaturannya terbatas. Pengguna tak bisa memilih kecepatan rana (shutter speed).

Untuk berswafoto, pengguna dapat mendayagunakan kamera depan yang beresolusi lima megapiksel. Tanpa fokus otomatis, tanpa lampu kilat. Kalau difungsikan sebagai perekam video, kamera itu siap memproduksi klip video beresolusi HD 720p.

***

Inilah contoh hasil jepretan Redmi Note 4. Semua menggunakan mode otomatis. Olah digital yang dilakukan hanya resize foto dan kompresi ukuran file.

Dua foto berikut dijepret menggunakan kamera depan.

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

274 thoughts on “Review Xiaomi Redmi Note 4: Yang Hitam Lebih Keren daripada Emas

    1. Pak Hendrawan,

      Bisa dipakai untuk menikmati 4G LTE Smartfren.

      Redmi Note 4 tidak mendukung native VoLTE. Kalau Anda pengguna Smartfren dan ingin memakai ponsel itu untuk bertelepon, berarti Anda perlu menginstalasikan aplikasi Smart VoLTE dulu.

  1. Pak Herry, apakah ada perbedaan kamera redmi note 4 ini dengan redmi 4x? kalau ada yang mana yang lebih bagus? Trims

  2. Proses charging memakan waktu berapa lama Ko? Yang notabene Redmi Note 4 ini belum mendukung Fast Charging. Untuk foto foto bokeh hasilnya bagaimana?

    1. Pak Andie,

      Nggak pernah saya hitung sih. Menjelang tidur malam saya hubungkan ke charger, saat bangun pagi sudah penuh dan siap dipakai seharian penuh.

      Kan tidak ada menu bokeh di kamera Redmi Note 4.

  3. Pak Herry,

    Adakah Smartphone lain yang lebih baik dari Xiomi Redmi Note 4 ini di range harga yang sama dari segi penampilan fisik, kecepatan, kenyamanan pakai, daya tahan baterai?

    1. Pak Iwan,

      Xiomi Redmi Note 4? Saya malahan baru tahu ada ponsel bernama lengkap tersebut.

      Kalau yang dimaksud Xiaomi Redmi Note 4, di harga sama tak ada yang lebih baik.

  4. Yang masih menjadi pertanyaan buat saya, apakah Redmi Note 4 ini sudah dilengkapi fitur Fast Charging, pak?

    1. Pak Fahri Awaludin,

      Fast charging dalam arti bisa menerima output lebih dari 1A: ya.
      Fast charging dalam arti mendukung Qualcomm Quick Charge 3.0: tidak.

  5. om herry
    ini yg xiaomi redmi note 4 sama note 4x apa bedanya ya ?
    yg note 4 biasa bukannya pake mediatek ya ?

    1. Pak Rizqi,

      Redmi Note 4X pasti tanpa garansi resmi.

      Redmi Note 4 yang beredar resmi di sini pakai Snapdragon kok.

      1. Redmi note 4 yang beredar disini itu adalah Redmi note 4x…karena jika mencari screen protector untuk Redmi note 4, pasti tidak ada yang cocok….begitu pula jika mencari case-nya…lubang yang atas tidak cocok.

        1. Pak Bambang Suriawan,

          Saya mengacu kepada nama resmi yang digunakan di sini. Iya, lubangnya kurang pas.

    2. Bantu jawab aja ya Pak Rizqi dan Pak Herry
      Xiaomi redmi note 4 yang beredar resmi di Indonesia adalah sama dengan Xiaomi redmi note 4x yaitu berprosesor snapdragon.

      Kenapa yg versi distributor ada yang Xiaomi redmi note 4 berprosesor mediatek dan Xiaomi redmi note 4x berprosesor snapdragon karena pihak distributor mengimpor barang dari China yang ada kedua versi dari xiaomi redmi note 4 tersebut.
      Sedangkan untuk pasar global (resmi) hanya tersedia xiaomi redmi note 4 saja yang berprosesor snapdragon.

        1. Waduh malah saya baru tau Pak Herry kalo yg Redmi Note 4x ada yang mediatek. Setau saya sih seperti yg saya jabarkan td hehe
          Oh iya ada sedikit perbedaan fisik juga sih di letak IR Blaster dan ketebalan

  6. Koh hsw, maaf oot.mau tanya utk tablet berstylus yang harga terjangkau tapi performa masih dikategorikan bagus apa ya koh?kebutuhan utk presentasi sederhana (gambar/sketsa/notes) coret2 foto screenshot. Makasih koh..

  7. Koh Herry,saya mau tanya
    Hp acer yang ram 2GB apa aja ya?
    Terus service center nya bagus gk pelayanannya?

    1. Pak Ade Yulian,

      Acer kan sudah memutuskan keluar dari pasar ponsel di Indonesia. Jadi, ya jangan mencari ponsel Acer lagi deh.

  8. Selamat siang Pak Herry, akhirnya keluar juga reviewnya…..:) yang ingin saya tanyakan disini adalah :
    1. tolong rekomendasikan merek tempered glass/pelindung layar untuk Xiaomi RedMi Note4.
    2. Jelly Case/Silicon Case merek apa yang bagus dan layak beli untuk Xiaomi RedMi Note4.
    atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

    1. Pak Deny Yen Martin Rahman,

      1. Tak tahu. Lha saya hanya memasangkan screen protector biasa di ponsel itu.
      2. Saya pakai jelly case tanpa merek sih. Kalau sudah jelek, saya bakal memakai jelly case orisinal yang saya beli di Mi Home, Beijing, Tiongkok.

  9. Selamat siang ko Herry, redmi note 4 ini menggunakan sensor kamera BSI CMOS dari Samsung ya? Lebih bagus mana dari sensor Sony pada HP Lenovo K6 Power?
    Sepengetahuan ko herry, HP apa lgi selain redmi note 4 yg spesifikasi nya bisa 4G-3G ? Terima kasih atas respon nya. Salam hangat.

    1. Pak Rahmat Hidayat,

      Tak tahu. Saya tidak terlalu memedulikan produsen komponen. Saya juga belum pernah mencoba K6 Power.

      Asus Zenfone 3, LG V20, LG G6, Nubia M2, Samsung Galaxy S8, dan Xiaomi Mi 6.

      1. Maaf OOT

        Koh Herry apa ada rencana review Nubia M2?
        untuk Nubia itu sekarang tetap di bawah ZTE atau sudah beda perusahaan?

        1. Pak Derry,

          Sebaiknya bagaimana?

          ZTE masih memiliki saham di Nubia. Namun, dalam operasional harian, Nubia terpisah dengan ZTE.

  10. Selamat siang Pak Herry,
    Ponsel Redmi Note 4 ini apa sudah mendukung USB On-the-Go (USB OTG) ?
    Terima kasih

  11. Wah sudah beres nih masalah blog nya Pak? Kemaren sempat buka ponselmu, eh gambar nya gak ada yg muncul.

    Kalo menurut Pak Herry hasil fotonya gak bagus, lalu dikisaran harga yg sama dengan redmi note 4, apakah ada yg kamera nya lebih oke Pak?
    Setelah lebaran saya mau ganti hape nih, budget nya maksimal 3 juta. Sempat melirik HP ini, tapi pengen tahu dulu pendapat Pak Herry.

    1. Pak Amaris,

      Ya, tampaknya sudah sembuh.

      Infinix Zero 3 Rp 1,999 juta kameranya lebih bagus daripada Redmi Note 4.

  12. Mau tanya om herry.
    1.kenapa ya om kok rata rata ponsel flagship batrainya boros semua.contoh s8 yang cuma bertahan 12 jam,mi 6 24 jam,g6 10 jam.pengalaman saya pakai asus zenfone max dan redmi 3 prime batrai bisa tembus lebih satu hari lho.
    2.jika kamera s8,mi6,p9,dan iphone 7 mana yang paling terbaik koh.coba diurutkan dari yang terbaik koh.
    3.apakah ko herry tidak mereview ponsel samsung seri a 2017.kayaknya di seri a 2017 ini samsung benar benar bertaubat koh.soalnya sensor udah lengkap,kamera mantap,tahan air dan batrai awet.
    4.seandainya samsung note 8 hadir apakah ko herry berencana mereviewnya.
    Makasih kalo banyak pertanyaan

    1. Pak Dani,

      1. Bertahan 24 jam itu tergolong hemat banget lho. Perilaku pemakaian saya belum tentu sama dengan Anda. Ponsel yang di tangan saya baterainya hanya bertahan sepuluh jam, di tangan Anda mungkin lebih lama.

      2. Buat saya, P9 masih terbaik. S8, Mi 6, dan iPhone 7 relatif setara dengan kelebihannya masing-masing.

      3. Tidak.

      4. Kemungkinan iya. Saya biasanya hanya berminat dengan Samsung seri S dan Note.

    2. Poin 3. Yakin bener2 tobat? Fitur OIS yg ada di seri A 2016 aja nggak ada… kalau bener tobat fitur se esensial itu mestinya ditingkatkan bukannya dihilangkan

  13. Mau tanya pak herry
    Kan om herry sudah mereview samsung galaxy s8 jadi secara kelesuruhan gimana.apakah layak beli.saya bandingkan dengan s7 edge kok malah lebih bagus s7 edge ya koh.gimana pendapatnya.
    Makasih.sukses terus ponselmu

    1. Pak Aldi,

      Saya belum pernah mencoba Galaxy S7 Edge. Kalau Galaxy S8, yang memuaskan saya hanya kameranya. Selain itu, buat saya Galaxy S8 tergolong mengecewakan.

  14. apakah ini berarti redmi note 4 masih menjadi satu-satunya ponsel xiaomi bergaransi resmi yang mendukung 4G-3G om?

  15. Baru aja beli yg garansi tam
    Apakah heus ganti rom untuk bisa membalas sms dan wa langsung dari notif?

  16. Pak herry urutan ngegas dan kameranya yang bagus antara xiaomi not 4,infinix zero 3,xiaomi redmi 3prime yang mana pak Herry, terimakasih

  17. Maaf oom herry kalau saya OOT.. saya tertarik buat beli LG G4 second oom. Menurut oom masih worth ga di tahun skarang saya memiliki G4? (hanya untuk pemakaian wa, email, tlp, dan kamera).. dengan resiko berlabel second ya oom (baterai,kondisi body,dll) Thanks.

  18. Terima kasih review nya Koh Herry…. Semakin memantabkan saya untuk membeli hp ini…
    Saya mau bertanya :
    1. Apakah aman dicharge dari malam menjelang tidur hingga pagi?
    2. Saya melihat review HP ini di youtube, sebagian besar menyarankan menggunakan cover pelindung karena licin, benarkah demikian?

    Terima kasih sebelumnya

    1. Pak Ganang Madyasta,

      1. Asalkan bukan menggunakan charger abal-abal seharusnya aman.

      2. Tidak licin kok.

      1. Terima kasih atas jawabannya koh….
        Sangat membantu untuk menambah pengetahuan…
        Saya mau betanya lagi :
        1. Saat melakukan charge baiknya hp dimatikan atau menyala? Dan jika dicharge dalam keadaan menyala apakah boleh digunakan (untuk chatting, searching di browser)?
        2. Apakah Xiaomi Redmi Note 4 ini ada update firmware untuk mendapatkan Android Nougat?
        3. Apakah layar Xiaomi Redmi Note 4 ini ada pelindungnya? (Misalkan Dragontrail)
        4. Saya berencana membeli micro SD 16 GB dengan dana Rp100rb hingga Rp 200rb, merk apa ya yang awet + kencang untuk read/write nya?
        5. Apakah merk lokal seperti Advan, Evercoss, dan sejenisnya layak beli? Mengingat katanya ada peningkatan kualitas

        1. Pak Ganang Madyasta,

          1. Lebih baik padam total. Sebaiknya tidak digunakan.

          2. Saat ini belum. Entah kelak.

          3. Tidak ada penjelasan di lembar spesifikasi resmi.

          4. Tidak ada rekomendasi karena saya jarang mencoba microSD. MicroSD yang sekarang saya pakai sudah berusia tahunan.

          5. Lebih baik tidak dibeli.

          1. Terima kasih atas jawaban dan responnya, dan maaf saya banyak tanya. Saya mau bertanya lagi, di salah satu komentar (dan sudah dijawab oleh ko Herry) mengatakan bahwa Redmi Note 4 perlu diutak-atik agar bisa menggunakan fitur yang dikunci. Pertanyaannya fitur apa (saja)? Lalu bagaimana cara membukanya?
            Terimakasih sekali lagi….

          2. Pak Ganang Madyasta,

            Redmi Note 4 sudah siap pakai kok. Tak perlu diutak-atik lagi.

  19. Maaf oot ada beberapa pertanyaan
    1. Apa pak HSW akan mereview gawai lenovo p2 turbo?
    2. Untuk budget 1.5-1.8 jt gawai apa yg pak HSW rekomendasikan?
    3. Apa infinix zero 4 plus sudah mendukung untuk 4g-3g siaga bersamaan?

  20. Terima kasih Ko Herry, akhirnya ulasan yang ditunggu-tunggu muncul juga! Ada yang ingin ditanyakan nih:
    1. Slot SIM 1 Redmi Note 4 ini selain sim micro bisa enggak untuk sim nano?
    2. Begitu juga slot SIM 2 nya, bisakah untuk sim micro atau hanya untuk sim nano?
    3. Jika sebelumnya slot SIM 2 dipakai untuk sim nano, bisakah kemudian diganti dengan kartu memory micro SD. Apakah akan ada pengaruhnya terhadap kinerja Redmi Note 4 nya?

    Sebelum dan sesudahnya, saya ucapkan banyak terima kasih atas perhatiannya.

    1. Pak Toni,

      1. Tak bisa. SIM1 khusus untuk micro SIM. Bisa dipasangin nano SIM, tetapi longgar sehingga kartu SIM-nya malahan tak terbaca.

      2. Selot SIM2 hanya bisa dipadukan dengan nano SIM atau microSD. Tak bisa micro SIM.

      3. Bisa. Takkan mempengaruhi kinerja.

  21. “Asalkan kinerja kamera tak harus bagus, dengan harga Rp 2,399 juta, Redmi Note 4 sangat layak beli.”.
    Maksudnya kinerja kameranya kurang memuaskan ya Pak?

    1. Pak Dinno,

      Ya, kamera Redmi Note 4 kurang mantap. Hanya bagus saat dipakai memotret di luar ruangan dengan pencahayaan yang terang benderang.

  22. Pak Herry, mohon saran pilihan HP 5,5″ atau lebih yang murah meriah tapi gak murahan apa ya yang disarankan ? Tidak perlu spesifiaksi tinggi karena hanya untuk dipakai anak, maksimal hanya 3G pun tidak apa-apa kecuali nambah dikit bisa sampai 4G. Maksimal budget 1,4 juta. Sejauh ini yang saya tahu Alcatel Pixie 4 (6″), Asus Zenfone Go 6,9″, Hisense F20. Atau ada saran yang lain yang all in penilaiannya bagus menurut Pak Herry

  23. Ulasannya bagus pak, tapi ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan.
    1. Ponsel ini apakah masih nyaman dimasukkan di dalam saku baju atau celana?
    2. Selain kelemahan di sektor kamera, menurut HSW apakah ada kelemahan lain?
    Terima kasih

    1. Pak Deden,

      1. Nyaman.

      2. Itu saja sih. Tidak mendukung Qualcomm Quick Charge 3.0 bisa dimasukkan ke dalam daftar kelemahan. Namun, menurut saya, hal itu tak menjadi masalah karena baterai Redmi Note 4 sanggup bertahan setidaknya mulai pagi sampai tengah malam. Asalkan setiap malam menjelang tidur ponsel Anda charge, aman deh.

  24. oot ya koh, kriteria penilaian tingkatan hasil kamera koh hsw apa aja? kalo bisa dengan merk gawainya saat ini 2017?

    1. Pak Asa,

      Ya intinya ponsel saya pakai untuk memotret, lalu hasil fotonya saya amati di layar laptop.

      Kalau spesifik kamera dan mengabaikan fitur lain, jagoan saya masih Huawei P9.

      1. maksud saya tingkatan kategorinya, hasil kamera ponsel ini berkategori bagus sekali (misal Huawei P9), Bagus (LG G6), lumayan, dan jelek?atau ada tingkatan lain? Biar ada patokan gitu sih koh…

        1. Pak Asa,

          Oh itu. Ya berdasarkan uji pakai versi saya, Pak. Biasanya sih secara umum dibagi empat: istimewa/bagus banget, bagus, cukup bagus, dan kurang bagus alias jelek. Sesekali saja saya menambahkan satu kategori: jelek banget.

          1. yup ini maksudnya, saya kadang bingung membayangkan setara ngga ya, kadang koh hsw menyebut kamera bagus kadang bilang prima kadang cuma bilang lumayan kadang cukup. mungkin perlu standart penyebutan kali aja koh…piss thanks.

          2. Pak Asa,

            Bagus = prima. Itu kan sinonim. Saya tuliskan tidak persis sama sekadar untuk variasi. Untuk mempermudah pembaca mendapatkan gambaran, saya sertakan pula beberapa contoh hasil jepretan.

  25. pagi pak Herry, jika redmi note 4 ini dibandingkan dengan blackberry aurora, lebih layak beli yang mana ya?

  26. Selamat Pagi Pak HSW, saya Fikri dari Medan..

    Saya silent reader blog bapak, dan saya sangat senang membaca ulasan bapak, karena mengalir dan tidak neko-neko, mengungkapkan apa adanya. Terimakasih juga sebelumnya, karena atas review bpk, saya jadi meminang Infinix Zero 3. Nah, berhubung karena saat ini istri saya membutuhkan smartphone pengganti (sebelumnya pakai samsung j1 ace), maka saya hibahkan zero 3 saya ke istri, hehehe. Nah, saya saat ini sedang berfikir untuk mencari pengganti infinix zero 3 saya. Apabila infinix zero 3 di bandingkan dengan xiaomi redmi note 4, menurut bapak HSW berapa nilai untuk :

    1. Kamera Depan
    2. Kamera Belakang
    3. Kinerja Prosesor secara umum (kebetulan saya penyuka dan masih memainkan game Asphalt 8 Airborne pak)
    4. Kinerja Baterai secara umum

    Nb : Penilaian dari 1-10, boleh pakai koma-koma kok pak HSW, biar makin jelas, hehehe…

    1. Pak Fikri Ahadian,

      Saya tidak suka menjawab dengan skor nilai-nilai begitu. Langsung saya jawab lebih bagus mana saja ya.

      1. Kamera depan Redmi Note 4 lebih bagus.
      2. Kamera belakang Zero 3 lebih bagus.
      3. Lebih bagus Redmi Note 4. Namun, saya bukan penggemar game ya. Saya jarang sekali main game.
      4. Redmi Note 4 menang mutlak.

      1. Terimakasih banyak atas jawabannya, pak HSW.

        Kalau begitu, menyambung pertanyaan saya mengenai infinix zero 3 VS Xiaomi Redmi Note 4, kesimpulan bapak berarti di rentang harga 2-3 jt, tetap xiaomi redmi note 4 ini yang terbaik ya pak?
        Nah, 1 lagi yang mau saya tanyakan, untuk kamera belakang, seberapa baik kah infinix zero 3 dibandingkan dengan xiaomi redmi note 4? Apakah layak xiaomi redmi note 4 digolongkan “jelek” untuk hasil foto kamera belakangnya dibandingkan dengan infinix zero 3?

        1. Pak Fikri Ahadian,

          Ya.

          Bedanya signifikan banget, Pak. Ya, untuk pemotretan selain di luar ruangan yang terang benderang, layak dibilang begitu.

          1. Setuju pak, kamera belakang xiaomi kurang prima. Bahkan redmi 2 prime kalah telak sama lg g2 stylus, cuma cukup bagus awal punya. Setelah beberapa bulan terasa gelap.
            Setelah bermasalah sama lemotnya, akhirnya digantikan lenovo k note 4 yg punya RAM 3

          2. Oke Terima Kasih banyak pak Herry (dan pak Fris) …

            Buat pak HSW, tadinya saya ingin meminang segera Xiaomi Redmi Note 4 ini pak. Namun terganjal 1 hal pak. Per tanggal 21 Juni, Lazada mengumumkan discount Rp 500.000,- untuk Infinix Zero 4 (yang non-plus). Kalau saya tidak keliru, pak HSW pernah menguji pakai Infinix Zero 4 (yang plus atau tidak, saya lupa pak). Bagaimana menurut bapak, untuk urutan ketiga gawai ini, mana yang paling prima berdasarkan :
            1. Kamera Depan
            2. Kamera Belakang
            3. Prosesor secara umum
            4. Baterai

            Sekali lagi terimakasih banyak pak Herry. Salam sukses dari Medan

          3. Pak Fikri Ahadian,

            Saya tidak pernah menguji pakai Zero 4. Yang pernah saya uji pakai Zero 4 Plus.

            Kalau Redmi Note 4 diadu dengan Zero 4 Plus sesuai kriteria yang Anda sebutkan:
            1. Lebih bagus Zero 4 Plus.
            2. Lebih bagus Zero 4 Plus.
            3. Redmi Note 4.
            4. Imbang.

  27. Dgn spek kek gini, sepertinya lumayan cocok utk driver gojek/grab/uber yg butuh gawai dgn daya tahan baterai lama utk menunjang pekerjaannya dan harga yg tidak mencekik

  28. Halo Bung Herry SW

    1. Dari segi PERFORMA, Pilihan gawai lain yang setara atau lebih sedikit, rekomendasinya apa saja?
    2. Dari segi HARGA, Pilihan gawai lain yang setara atau lebih sedikit, rekomendasinya apa saja?

    Terima kasih.

  29. Waw sheraton nih, maaf om sekarang kok jarang mengulas ponsel sony ya. Adakah saran ponsel under 5jt (utama kamera, batrai, memori internal, dan ga penting ram besar yang penting ga nge’lag) oh iya, saya jarang ganti handphone jadi utamakan yg awet. suwun.

    1. Pak Amin,

      Ya, Sheraton Jogja. Sering ke sana? Kok hafal.

      Lha apa yang mau diulas, Pak. Sudah 1,5 tahun tak ada tipe baru ponsel Sony yang beredar resmi di sini. Sony Mobile Indonesia kan mati suri.

      Ada LG G5 SE Rp 4,999 juta.

  30. Pak Herry mau tanya, HP dengan kriteria seperti ini, apa aja ya pilihannya?
    layar 5 inch, ram 3 gb, rom 32 gb, value for money.
    dengan harga maks. 2 juta.
    terima kasih sebelumnya

      1. coba beri saran, pak dimas dan pak herry
        bisa jg lirik xiaomi redmi 3s, sdh resmi dan garansi TAM dan sdh 4G

  31. Halo pak herry
    Pak saya dengan adik saya ingin membeli hape, dengan kebutuhan yang berbeda. Saya sendiri ingin hape ybg memiliki kinerja bagus secara keseluruhan(kamera, layar, baterai dl), sedankan adik saya lebih condon dengan kamera yang bisa diandalkan. Dengan rentang harga 2-3 juta apakah bapak punya rekomendasi untuk kami?
    Terima kasih

    1. Pak Qashmal,

      Kalau ingin kamera bagus, layar bagus, sekaligus baterai tahan lama di kisaran harga itu, jawabannya: tidak ada. Yang paling mendekati sih Huawei P9 Lite.

      Untuk adik Anda, bisa melirik Infinix Zero 3 atau P9 Lite.

  32. Om.. mau tanya..
    dalam rentang 2 s/d 3 juta, dengan kebutuhan standar cewek, kira-kira Smartphone yang paling direkomendasikan apa y om?

  33. Halo Pa Herry, hp saya saat ini vibe p1 turbo, jika beralih ke redmi note 4 bagaiamana mnrt bapak layak atau tidak…? Mohon dengan alasannya,, Tks

    1. Pak Lolot,

      Layak. Sebab, Redmi Note 4 lebih nyaman digenggam maupun dikantongi. Ponsel itu juga bisa simultan 4G-3G.

  34. Pak Herry,

    apabila Redmi note 4 saya ada dent sedikit, apakah masih bisa disamarkan dent tersebut?

    dan jika bisa bagaimana caranya?
    Terima kasih, salam

  35. Pak Harry… kemarin saya baru beli Asus Zenfone 3 Max ZC553KL dg hrg dibawah 3jt, yg menjadi pertanyaan sy
    1. Dari keseluruhan nya lebih baik mana antara Asus Zenfone 3 Max ZC553KL ibandingkan dg Redmi Note 4 ini?
    2. Ataukah Dg harga dibawah 3jt saat ini , LG G4 lebih baik dari Asus Zenfone 3 Max ZC553KL
    3. Kenapa Xiaomi terlalu banyak varian ? Apakah tidak Mematikan antara varian itu sendiri.
    4. Kenapa ponsel yg tidak resmi bisa beredar bebas ?
    Terimakasih pak Harry. Sukses selalu.

    1. Maaf pak HERRY SW, bukan maksud saya merubah nama bapak cm saya salah ketik saja kemarin, mohon ditanggapi pertanyaan saya berikut;
      1. Dari keseluruhan nya lebih baik mana antara Asus Zenfone 3 Max ZC553KL ibandingkan dg Redmi Note 4 ini?
      2. Ataukah dg harga kurang lebih 3jt saat ini , LG G4 lebih baik dari Asus Zenfone 3 Max ZC553KL
      3. Kenapa Xiaomi terlalu banyak varian ? Apakah tidak Mematikan antara varian itu sendiri.
      4. Kenapa ponsel yg tidak resmi bisa beredar bebas ?
      Terimakasih banyak pak HERRY SW.

      1. Pak Arya Pramana,

        1. Tak tahu. Saya tak pernah memakai ZC553KL.

        2. Di manakah ada penjual LG G4 dengan harga sekitar Rp 3 juta, Pak?

        3. Hmmm… ini mestinya Anda tanyakan kepada petinggi Xiaomi.

        4. Karena masih ada celah yang bisa dimainkan.

  36. Bung HSW, jika dibanding dg mi 6 performance & kegegasan seberapa jauh bedanya? Dan baterai juga seberapa beda iritnya? Dari sisi fitur hanya beda di radio fm ya?

    Mks

    1. Pak Arif,

      Terasa berbeda signifikan sih.

      Soal daya tahan baterai, keduanya relatif sama.

      Fitur di atas kertas mungkin cuma beda sedikit, tetapi kinerja nyata berbeda jauh deh.

  37. Dear Pak Herry,
    Saya agak tergiur dgn iPhone 5s yg skrg harganya sudah di 2,999jt. Bila dipergunakan hanya sebagai HP cadangan dan pemutar musik, menurut Pak Herry apakah masih layak untuk dibeli?
    Thanks sebelumnya

  38. Tanya om
    Jadi bisa dibilang xiaomi redmi note 4 ini adalah hp termurah dengan fitur 4g-3g simultan.boleh tahu hp apa saja yang bisa 4g-3g simultan,pak.

    Satu lagi pak.mengenai pengecasannya apakah wajar dicas semalaman selain redmi note 4.saya baca baca di grup terkadang bisa matot atau bahkan meledak pak hsw.gimana menurut bapak.

    1. Pak Andre,

      Ya. Yang lain dan pernah saya coba sendiri: Asus Zenfone 3, LG V20, LG G6, Samsung Galaxy S8, dan Xiaomi Mi 6.

      Asalkan bukan pakai charger abal-abal sih nggak masalah. Kan ada proses auto-cut. Oh ya, saya terbiasa men-charge ponsel dalam kondisi ponsel padam total.

  39. Mau tanya yang gak penting penting om.hehehe
    1.kenapa om herry mengabaikan pertanyaan jika orangnya salah ucap nama.semisal om harry,om henry.mungkin orang itu gk tau nama om.hehehe.
    2.kerjaan pak herry selain mereview ponsel ini apa ya soalnya cepet banget balas komentar masuk.
    3.sangat jarang reviewer seperti om herry yang membalas komentar orang orang.salut deh sama pak HSW.mending buat review di youtube pak hehehe.
    Terima kasih sukses selalu ponselmu?

    1. Pak Wildan,

      1. Saya “mengajarkan” pentingnya akurasi nama. Kalau tidak menyebutkan nama tetap saya jawab kok. Misalnya, pengirim pertanyaan cuma menuliskan, “Saya ingin tanya” atau “Om, mau konsultasi nih.”

      Namun, kalau dia menyebutkan nama dan salah, nah… itu takkan saya jawab. πŸ™‚

      2. Kebetulan setiap hari saya meluangkan waktu sekian jam khusus untuk menjawab pertanyaan masuk. Namun, bila saya sedang sangat sibuk, pertanyaan masuk bisa-bisa baru saya jawab seminggu kemudian lho. Jadi, kalau dibilang cepat membalas, belum tentu juga sih.

      3. He… he… saya masih akan me-review via blog. Belum ada rencana merambah YouTube.

  40. Menurut pak hsw flagship terbaik tahun ini apa koh??apakah galaxy s8.

    Dan juga ponsel tanpa garansi resmi terbaik apa koh.

    1. Pak Deni,

      Galaxy S8 justru telah mengecewakan saya. Sejauh ini, flagship terbaik versi saya Mi 6. Sayang, tak ada yang bergaransi resmi.

  41. Pak Nugroho, masih bisa beli Hisense Pureshot+ di situs Bukalapak seharga sekitar 1,4 juta. Saya sendiri pakai hp tersebut, sangat puas

    1. Pak Adi dan Pak Nugroho,

      Sekadar saran, eksistensi Hisense di Indonesia mulai patut dipertanyakan. Jadi, bila Anda memutuskan membeli Pureshot+, untuk sementara anggaplah pusat perbaikan resminya bakal kurang bagus ya.

  42. Tanya om
    Apakah om herry punya bocoran spesifikasi terkait iphone 8 dan galaxy note 8?
    Terus galaxy s8 nya gk dijual koh.kalo dijual berapa rupiah koh.
    Kok blog ini berubah ya koh.dulu kalo komen paling awal biasanya muncul paling depan sekarang kok paling belakang ya
    Makasih

    1. Pak Lukman,

      Tidak ada.

      Galaxy S8 sudah lama terjual.

      Iya, pengaturannya saya ubah atas usulan beberapa orang. Anda lebih cocok tampilan yang sekarang atau sebelumnya?

  43. Koh Herry

    Kenapa hp acer sudah gk di jual di indonesia ,apa kurang laku?
    Terus kalau produk laptop acer gimana pak apakah masih di jual?

    1. Pak Ade Yulian,

      Intinya karena dari sisi kelayakan bisnis sudah dianggap kurang layak.

      Masih ada dan sangat mudah ditemukan di pasar.

    2. Om Herry , Jika di bandingkan dengann Oppo A57 , untuk performa dan kamera lebih unggul yang mana kah ? Terimakasih

      1. Pak Afif Nur,

        Saya belum pernah menguji pakai A57. Btw, apakah tidak lebih baik membeli ponsel selain Oppo?

    1. Pak Frenkie,

      Review Zenfone Zoom S kelak akan Anda temukan di blog ini. Hal serupa tak berlaku untuk P2 Turbo.

  44. selamat siang Om Herry SW ,
    semoga sehat selalu πŸ™‚
    saya mau tanya , apa Infinix Zero 3 , masih layak di beli di tahun ini , apakah bisa di beli secara offline ? , karna saya kurang percaya jual beli secaya online .

    Terima Kasih

    1. Pak Aziz,

      Kalau anggaran kurang dari Rp 2 juta dan mencari yang berkamera bagus, Zero 3 masih layak beli.

      Sangat bisa.

  45. Hallo pak HSW

    Maaf, oot smartphone yang sesuai dengan kriteria saya apaya sengan syarat:
    -Layar max 5,5″
    -layar super amoled (kalau bisa)
    -ram min 3 gb
    -internal memori min 16gb
    – kapasitas baterai besar
    – gegas
    -kamera prima(depan&belakang)

    Harga 3 – 5,6 juta.

    Maaf sebelumnya kalau kebanyakan?

    1. Pak Firdza,

      Yang sesuai kriteria sih Asus Zenfone Zoom S. Harga ritel resmi memang Rp 5,999 juta. Namun, harga pasarnya bisa Rp 5,6 juta.

  46. maaf pak herry saya oot,
    rencana mau ambil mi6 via toko online BL
    penjual menuliskan di deskripsiny rom official alias resmi xiaomi yg bsa diupdate OTA, bukan rom global yg tdk bsa update, mnurut pak herry apakah aman dari msalah rom untuk pmakaian kedepan nya krna blm ada yg resmi masuk ke indonesia? layak kah dibeli?
    trims.

    1. Pak Joe Bram,

      Mestinya aman.

      Saya sebenarnya tidak merekomendasikan Anda membeli ponsel tanpa garansi resmi. Namun, kalau Anda sangat ingin dan siap dengan segala risikonya, untuk Mi 6 silakan lanjut deh. Ponsel itu memang menggiurkan.

  47. pak HSW, untuk HP max harga 2 Juta dengan slot micro SD sudah dedicated, performa kamera bagus, sudah 4G, ada rekomendasi? Saat ini HP saya Redmi 2 Prime dengan penggunaan 2 sim card aktif.

  48. Pak Herry, maaf sblmnya, terkait dgn penampilan komentar yg diubah tampilannya, sptnya kok lbh nyaman kalo komen di awal muncul di awal ya Pak… Supaya lbh memudahkan bacanya dan mungkin bs meminimalisir pertanyaan yg sama yg akan diajukan kembali gitu…
    Itu aja Pak pendapat saya hehe… Makasih Pak…

  49. Untuk kamera jika dibandingkan dengan redmi 3 prime dan redmi 4a lebih baik mana,pak?
    Terus di rentang harga segitu apa nggak ada alternatif lain?
    Btw kok jarang ya xiaomi memakai iklan seperti brand samsung.

    1. Pak Amin,

      Redmi 3 Prime terbaik.

      Tak ada. Sebenarnya ada BlackBerry Aurora, tetapi kalah mantap dibandingkan Redmi Note 4.

      Itu bagian dari strategi Xiaomi untuk menekan harga jual.

  50. Review yang di tunggu tunggu nih akhirnya saya memantapkan untuk membelinya.
    Btw gawai yang direview selanjutnya apa pak herry

  51. Om ini saya punya hp xiaomi redmi 3x.apakah layak untuk upgrade ke redmi note 4 ini.dan apa saja peningkatan yang di dapat

  52. Om herry
    Ini adik saya punya galaxy J5.Rencananya mau upgrade hp.Apakah layak untuk upgrade ke redmi note 4 ini?.dan dari sisi apa upgradenya?.
    Untuk kamera lebih bagus mana antara j5 dan redmi note 4 ini.
    Makasih

    1. Pak Erwan,

      Layak banget. Peningkatan yang bisa dirasakan:
      * Lebih gegas.
      * Baterai lebih awet.
      * Bisa simultan 4G-3G.
      * Layar lebih enak dipandang mata.
      * Bodi lebih keren.

      Kamera sih mirip-mirip.

  53. Om apakah worth it membeli hp Galaxy S6 edge di tahun ini.Katanya batrainya boros ya om.Gimana menurut pak herry

  54. Dear Pak Herry
    Menurut pak herry mending beli flagship tahun lalu atau beli smarthpone kelas menengah terbaru?
    Rencananya saya bingung mau beli galaxy s7 flat apa galaxy a7 2017.
    Menurut Pak Herry mending beli yang mana,pak.beserta alasannya ya

    1. Pak Agung,

      Saya belum pernah memakai dua ponsel itu. Bila tetap harus memilih, tanpa ragu saya akan menuding Galaxy S7 flat. Alasannya, dua ponsel itu beda kelas banget deh.

  55. Dear pak harry
    Apakah pak harry ada rencana mereview iphone?saya kok jarang banget ya liat reviewnya pak harry tentang iphone.

  56. Pengaturan komennya diubah lagi ya om.dulu yang paling awal komen di taruh di belakang sekarang di depan ya.kenapa om alasannya.

    1. Pak Yaqin,

      Ya, saya ubah.

      Jadi ceritanya begini:
      * Biasanya komentar terbaru muncul di baris terbawah. Yang lama paling atas.
      * Ada beberapa komentar masuk, mereka mengusulkan yang terbaru diletakkan paling atas. Saya pun mengubahnya.
      * Setelah diubah, ternyata lebih banyak yang merasa nyaman dengan kondisi awal: terlama di awal dan terbaru di paling akhir. Jadi, saya ubah lagi deh.

  57. Salam Pak Herry SW
    Pak, jika dibandingkan kameranya antara redmi 4a dan redmi note 4 lebih bagus mana , untuk kamera redmi note 4 apakah memang jelek atau hanya ala kadarnya dengan harga segitu, terima kasih sebelumnya , sukses terus untuk ponselmu , salam

    1. Bu Uma Rahayu,

      Hmmm… dua ponsel itu beda kelas sih. Jadi, saya memakai standar yang berbeda untuk menetapkan bagus tidaknya kinerja kamera.

      Umpama memakai standar yang sama, hasilnya kamera Redmi Note 4 sedikit lebih bagus. Kamera Redmi Note 4 termasuk ala kadarnya di rentang harga segitu.

  58. yth ko herry,
    1. ko saya minat redmi 4a atau 4x, bagusan mana ya dan bedanya dimana?
    2. pengennya yg garansi resmi aja ko (tam) tapi kok denger2 4G nya dikunci ya? apa bener?
    3. gak hobi utak utik firmware ko jadi kalo bisa update rom official aja. apa yg garansi resmi disini bisa jalan semua fitur gak ada yg dikunci, tanpa diutak utik dulu?

    makasih

    1. Pak Hendra,

      1. Belum tahu karena Redmi 4X baru akan dicoba setelah Lebaran.

      2. Redmi 4A dan Redmi 4X tidak dikunci kok.

      3. Ya, kecuali Redmi 3 Prime dan Redmi Note 4.

        1. Pak Ren,

          Ups… maaf, saya salah ketik. Betul, seharusnya Redmi 3 Prime dan Redmi Note 3. Terima kasih.

  59. Pernah coba mi 5 koh ? kalau redmi note 4 ini dibandingkan dengan mi 5 dari segi pemakaian seharihari bagaimana ya ?

  60. P Herry SW, maaf OOT,

    Untuk ponsel dengan budget maksimal 4 juta, dengan kriteria kamera yang bagus, dual sim, dedicated memory card slot,
    ponsel merk dan tipe apa ya yang P Herry rekomendasikan?

    Terima kasih sebelumnya,

  61. Selamat malam Pak HerrySW, saya ingin bertanya.

    Untuk di toko offline atau toko fisik, apa Xiaomi garansi resmi hanya ada di Erafone saja? dan kalau ada toko selain Erafone, apa ciri-ciri nya kalo barang tersebut adalah resmi di Indonesia?

    Terima Kasih.

    1. Pak WahyuROX,

      Di toko-toko biasa non-Erafone juga ada kok. Tip membeli di toko-toko seperti itu:
      1. Abaikan segala komentar dan informasi negatif yang disampaikan penjual. Tak jarang penjaga gerai akan memamparkan sederet hal negatif dengan tujuan Anda batal membeli ponsel Xiaomi dan beralih ke merek lain yang memberikan keuntungan lebih besar. Misalnya, Oppo dan Vivo.

      2. Pastikan unit yang dibeli bergaransi resmi. Untuk mengidentifikasikannya, cara termudah adalah melihat sisi belakang kardus. Kalau ada tulisan dibuat/dirakit oleh Sat Nusapersada, itu bergaransi resmi.

  62. Saya pengguna gawai xiaomi redmi note 4
    1. Bagaimana cara mengubah sim 2 untuk data seluler di xiaomi redmi note 4 ini? Saya cari di pengaturan jaringan seluler tidak ada
    2. Untuk aplikasi cuaca apakah pak Hsw berhasil mengunci kota surabaya dan bagaimana cara ny? Saya berulang kali gagal dan gawai hanya mengunci indonesia-jakarta

    1. Pak Jefri,

      1. Di menu SIM Card.

      2. Berhasil. Saya lupa waktu itu cuma di-refresh atau saya add location.

  63. Selamat pagi pak herry, perkenalkan saya purwoko, saya mau tanya :
    1. Apa alasan yang menyebabkan pak Herry tidak akan mereview lenovo P2 Turbo?
    2. Lebih worth mana antara xiaomi redmi 4a dan moto E3 Power?
    saya tunggu jawabannya terima kasih

    1. Pak Purwoko Adhi Widhi Nugroho,

      1. Dengan sumber daya yang ada (lebih tepatnya dana yang ada he… he…) saya harus memilih sebagian ponsel saja.

      2. Redmi 4A.

  64. Pak HSW, saya tertarik untuk mengganti ponsel saya, Zenfone 2 laser ze500kl, dengan xiaomi redmi note 4 ini. Berdasarkan review Pak HSW, sepertinya redmi note 4 unggul di semua aspek dibanding ze500kl kecuali kinerja kamera. Saya khawatir hasil kamera redmi note 4 ini jauh di bawah hasil kamera ze500kl. Kalau kinerja kamera dipertimbangkan, apakah layak pindah dari ponsel saya sekarang ke redmi note 4?

  65. Pak Herry

    Kalau beli hp xiaomi enaknya di toko atau di online?
    Dan apa kelebihan dan kekirangannya??

    1. Pak Ade Yulian,

      Tergantung keinginan Anda.

      *** Beli offline:
      1. Harga seringkali lebih mahal daripada online.
      2. Bisa mengecek langsung dan memastikan unit yang dibeli bergaransi resmi.
      3. Bisa langsung menerima barang yang dibeli.

      *** Beli online:
      1. Harga seringkali lebih murah daripada offline.
      2. Tidak bisa langsung mengecek kepastian status garansi.
      3. Selama berhari-hari harus menanti datangnya kiriman.

  66. Om HSW. Apa ada bocoran info bakalan beredar resmi untuk ROM 64 GB ?

    Seperti Redmi 4A yang tiba-tiba beredar resmi ROM 16 GB & ROM 32 GB. Terima Kasih

  67. Malam Pak Herry SW, maaf OOT,

    Apakah kedepannya ada rencana untuk mereview Redmi 4x? Karena saya hendak membelinya hehehe

    Apakah menurut Pak Herry SW, untuk ukuran smartphone berukuran 5 inchi seperti Redmi 4x ini merupakan pilihan yang tepat untuk dibeli mengingat menggunakan prosesor baru yang lebih hemat daya? atau ada pilihan lain yang patut diperhitungkan jika dilihat dari ukuran (5 inchi) dan ketahanan baterai?

    1. Pak Valiant Puspo N,

      Ya. Setelah Lebaran (pertengahan Juli 2017) saya akan mulai menjajal Redmi 4x.

      Belum tahu. Lha belum diuji pakai.

  68. Om harry ada beberapa pertanyaan nih sebelum membeli redmi note 4.
    1.Mengenai buil qualinya gimana?
    2.Layanan servisnya gimana?
    3.terus apakah hp ini bisa digunakan lebih dari 3 tahunan
    Makasih sebelumnya pak Harry
    Sukses ponselmu

    1. Pak Marzuki,

      1. Bagus.
      2. Cukup bagus.
      3. Seharusnya bisa, asalkan Anda memperlakukan ponsel dengan baik dan tak keburu bosan.

  69. Om herry
    Antara Prosesor snapdragon 835 vs exynos 8895 mana yang lebih bagus dan lebih gegas
    Terus lebih populer yang mana ya
    Mksh

    1. Pak Munir,

      Saya pernah memakai Xiaomi Mi 6 (Snapdragon 835) dan Samsung Galaxy S8 (Exynos 8895). Menurut saya, Mi 6 lebih gegas dan memuaskan.

      Kalau di Indonesia sih jelas lebih populer Samsung Galaxy S8.

  70. Ini blog banyak banget ya yang komen.saya baru nemui blog kaya gini yang komennya melebihi 100.bagus dah buat tanya tanya hehehe daripada blog sebelah yang nggak di bales bales

    Saya juga tanya pak
    Ada dana 3 juta rencananya mau beli hp gaming.pilihannya saya ada j7 prime sama a5 2016.mana yang lebih oke pak.kalo ada saran lain.

    1. Pak Anonymous,

      Apakah blog biasanya sepi komentar?

      Terus terang menanyakan tentang ponsel gaming kepada saya bukanlah langkah tepat. Alasannya sederhana, saya jarang sekali main game. Ponsel gaming biasanya memerlukan prosesor dan pengolah grafis yang mantap. Samsung seri J dan A bukanlah pilihan bijak. Ponsel Samsung yang layak dilirik hanya seri S dan Note, dengan konsekuensi harganya seringkali mahal banget.

  71. Malam pak herry
    Maaf diluar topik.
    Saya sebenarnya ingin beli xiaomi.tapi sama orang tua saya di suruh beli samsung.dia bilang kalo xiaomi itu murahan,cepat rusak,ini itulah.menurut pak herry gimana.apakah memang benar begitu?

    1. Pak Mario,

      Xiaomi relatif murah, tetapi tidak murah. Asalkan beli yang bergaransi resmi, mestinya aman dan tak mudah rusak.

      Kalau orang tua Anda bersedia membelikan Samsung seri S atau Note, silakan menuruti saran orang tua. Namun, kalau yang akan dibeli Samsung seri lain, mending beli ponsel merek lain deh.

  72. Pak henry
    Saya ada bajet 1.8 juta mau beli hp yang minimal ram 2gb octa xore internal min 16 gb batrai awet.
    Makasih saranya

    1. Pak Hikmal,

      Kalau prosesor delapan inti, saya belum ada ide. Kalau mau yang empat inti (quad core), silakan membeli Moto E3 Power.

  73. Pak.apakah benar prosesor snapdragon lebih baik daripada mediatek.soalnya rata rata ponsel flahship pakai snapdragon semua.

    1. Pak Aikee,

      Tergantung yang Anda maksud dengan Redmi Note 4 Pro itu yang kombinasi memorinya 3/32 atau 4/64. Kalau 3/32, ya berarti sama. Kalau 4/64, berarti berbeda.

      Ya, saya sudah mencobanya. Redmi Note 3 bergaransi resmi itu lazim pula disebut Redmi Note 3 Pro/Prime.

  74. Om Herry mau tanya nih:
    1. Ngecas semalaman emang gak apa2 ya? Kondisi hp nyala ato mati?
    2. Ini garansi resmi berarti kl update, 4G nya selalu aman ya?
    3. Layar sampingnya melengkung nggak? Soalnya kl pakai tempered glass jadi gak bisa penuh

    1. Pak Nanang,

      1. Asalkan ponsel padam total dan bukan pakai charger abal-abal mestinya aman.
      2. Ya.
      3. Ya, agak melengkung alias 2,5D.

  75. Salam pak Herry,

    Kira2 prefer mana antara Xiaomi redmi note 4 atau Huawei p9 lite? Dalam hal kemampuan fotografi dan multitasking.

    Apa benar untuk kisaran harga demikian, redmi note 4 paling unggul soal performa dan p9 lite paling unggul dalam fotografi?
    Hatur nuhun so much

    1. Pak Cennavi,

      Fotografi: P9 Lite.
      Multitasking: Redmi Note 4.

      Jadi, untuk memilih satu saja, Anda harus menentukan prioritas Anda di kemampuan apa.

      Benar.

  76. Slmt siang ko.
    Mau tanya, RAM nya kan 3Gb dan setelah siap pakai tinggal 1,7Gb.
    Apakah cukup utk install game yg cukup berat dan memakan RAM gede ditambah aplikasi yg lain lain?
    Dulu Saya pernah pakai note yg pertama kali kluar. Sekarang ngga bisa di pakai lagi karena RAM nya ngga cukup, padahal cuma di pakai utk install aplikasi yg standart.
    Thx

    1. Pak Janto,

      Untuk kebutuhan instalasi game, yang perlu diperhatikan adalah ROM, bukan RAM. RAM digunakan untuk menjalankan aplikasi, bukan menginstalasikan aplikasi.

      Kebetulan saya bukan penggemar game. Saya jarang sekali bermain game. Anggaplah Anda ingin memainkan Real Racing atau Asphalt di Redmi Note 4. Saya yakin ponsel itu masih sangat mampu.

  77. Halo pak, maaf OOT.
    Saya penasaran nih apa benar saat pertama kali beli handphone harus dicharge full dalam keadaan mati? Saya dengar tujuanny sih untuk memaksimalkan baterai. Apakah berlaku untuk LG V20 atau hanya hoax saja ya pak?

    1. Pak Angga,

      Ibarat mobil baru yang perlu “direyen”, sebaiknya memang begitu. Langkah-langkahnya:
      1. Gunakan ponsel untuk beraktivitas sampai low batt.
      2. Charge ponsel dalam kondisi padam.
      3. Ulang langkah nomor 1 & 2 sebanyak tiga sampai empat kali. Berlaku untuk semua ponsel.

  78. Om herry
    Apakah pak herry pernah mencoba iphone 7?.kalo pernah jika diadu dengan mi6 bagus mana.kegegasan dan kamera lebih baik yang mana.
    Terus menurut pak herry lebih baik saya membeli iphone 7 garansi resmi atau mi6 tanpa garansi resmi?

    1. Pak Fian,

      Lha itu iPhone 7-nya ada di samping saya. πŸ™‚

      Kegegasan imbang.

      Kalau Anda mengutamakan hasil yang natural dan tajam, iPhone 7 jawabannya. Sedangkan kalau Anda menomorsatukan bokeh, Mi 6 yang lebih tepat.

      Secara umum, bila diwajibkan memilih satu saja, jawaban saya jelas yang bergaransi resmi.

  79. Om.apakah ada hp kamera sebagus p9,kegegasan seperti mi6,batrai seawet zenfone max dan harga kurang dari 10 juta
    Kalo ada saya mau beli om

    1. Pak Lidan,

      Saya belum pernah mencoba Galaxy S7 Edge. Mestinya sih ponsel itu tak layak diadu dengan Redmi Note 4. Beda kelas.

  80. Om saya ada hp zenfone 2 laser mau upgrade hp.rencananya bingung mau ke zenfone 3 apa redmi note 4.
    Menurut om herry pilih mana

        1. Pak Pardon,

          Dengan beralih ke Zenfone 3, Anda akan merasakan peningkatan kegegasan ponsel dan performa kamera.

          Kalau pindahnya ke Redmi Note 4, kinerja kamera akan turun lumayan.

  81. Pak herry kalau untuk urusan kamera mana yang lebih bagus antara xiaomi redmi not 4,infinix s2 pro,infinix zero 3 dan xiaomi redmi 3 prime,terimakasih

    1. Pak Rudi,

      Tak ada Redmi Not 4. Saya yakin yang Anda maksud Redmi Note 4.

      Saya belum pernah mencoba S2 Pro.

      Berarti, yang dibandingkan Redmi Note 4, Zero 3, dan Redmi 3 Prime ya. Juaranya si Zero 3.

  82. Om herry pernah bilang kalo exynos 8895 milik s8 pernah ngelag.masa sih om.bukankah itu hp flagship yang rata rata sudah gk ada kata lag??.apakah karena prosesornya yang paling baru ya.

    1. Pak Bastiar,

      Iya, pernah nge-lag. Yang di luar dugaan, untuk hal sepele pun bisa nge-lag. Hal sepele apa? Masuk ke menu setting dan mengakses Facebook.

  83. Jadi kalo seandainya xiaomi redmi note 4 diganti samsung redmi note 4 bakal laku keras gk ya pak herry

  84. Menurut pak herry lebih populer mana antara samsung,oppo,iphone sama xiaomi.
    Terus kalo disuruh milih mending s8,f3 plus,atau iphone 7?

  85. Apakah om herry pernah mereview iphone 7?apakah layak beli dibanding s8?
    Terus kalo tidak salah iphone 7 nya pak herry di gunakan sebagai hp tetap ya.

  86. Pak.rencananya saya mau beli galaxy s8.menurut bapak
    1.after salesnya gimana
    2.buil qualitinya gimana
    3.performa kamera kalo diadu dengan p9 dan iphone 7 bagus mana
    4.kegegasan gimana.kalo untuk aplikasi berat ngelag apa nggak
    5.performa batra gimana.
    Makasih

    1. Pak Panji,

      1. Bagus, walaupun telah ada kecenderungan menurun.

      2. Bagus. Namun, jangan sampai terjatuh ya. Layarnya rawan.

      3. Menurut saya, kamera P9 masih yang terbaik.

      4. He… he… sekadar masuk ke menu setting atau mengakses Facebook beberapa kali terasa nge-lag kok. Sungguh di luar dugaan.

      5. Maksimal bertahan 12 jam.

  87. Pak henry.saya ada galaxy a7 2017 mau ganti ke redmi note 4.itu upgrade apa downgarade ya pak henry.saya butuh hp yang ada infrarednya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *