Review Xiaomi Redmi Note 5: Susu Sebelanga Tetap Utuh

Xiaomi Redmi Note 5 adalah ponsel pertama di Indonesia yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 636. Kehadirannya disambut dengan sangat antusias. Permintaan yang jauh lebih banyak daripada penawaran membuatnya langka. Harga pasar melambung tinggi. Label ponsel gaib pun disematkan oleh netizen.

Kini Redmi Note 5 mulai gampang dijumpai di pasar dengan harga berbeda tipis daripada harga ritel yang disarankan. Berapa? Harga ritel resmi varian RAM 3 GB dan ROM 32 GB Rp2,599 juta. Sedangkan varian 4/64 seperti yang penulis alias HSW uji pakai Rp3,099 juta.

Ponsel tersebut hadir dengan layar kekinian berasio 18:9 alias full view display. Bentang layarnya 5,99 inci. Resolusinya full HD+ 2.160 x 1.080 piksel. Di bagian atas bodi ponsel berbahan logam itu terdapat inframerah. Kala dipadukan dengan aplikasi Mi Remote bawaan, jadilah Redmi Note 5 sebagai pengendali jarak jauh (remote control) televisi, AC, dan aneka perangkat elektronik lain.

Di bagian bawah ponsel, pengguna akan menjumpai konektor audio 3,5 milimeter, konektor micro USB, dan speaker. Tombol volume dan power berada di sisi kanan. Sementara itu, selot kartu SIM terletak di samping kiri. Sensor sidik jari di bagian belakang ponsel.

Blarrrr… konsentrasi mendadak buyar. Di pujasera tempat HSW sedang mengetikkan naskah ini tiba-tiba ada acara joget bersama. Musik diputar keras-keras. Jaran goyang… jaran goyang…. Lantangnya suara speaker gagal dihadang earphone yang segera disumpalkan ke telinga.

Joget bersama akhirnya selesai. Tadi lirik lagu penutupnya emang lagi syantik, tapi bukan sok syantik. 🙂

Prosesor delapan inti (octa core) Qualcomm Snapdragon 636 1,8 GHz, Wi-Fi, bluetooth, GPS, RAM 4 GB, dan ROM 64 GB merupakan sebagian spesifikasi lain Redmi Note 5. Ketika ponsel kali pertama diaktifkan, ruang kosong di memori internal mencapai 52,52 GB.

Fitur second space, dual apps, dan double tap to screen wake masih dapat dijumpai di ponsel itu. Ada pula kompas dan radio FM yang siarannya bisa direkam. Ponsel berdimensi fisik 158,6 x 75,4 x 8,05 milimeter dan berat 181 gram tersebut memakai sistem operasi Android 8.1 Oreo dengan tampilan antarmuka MIUI 9.

Kamera di sisi belakang Redmi Note 5 berlensa ganda 12 + 5 megapiksel. Kamera dengan fokus otomatis dan lampu kilat itu dilengkapi mode portrait yang pantas dieksplorasi oleh pencinta bokeh. Sebenarnya juga tersedia mode manual. Namun, parameter pemotretan yang bisa diubah hanya white balance dan ISO. Bila difungsikan sebagai perekam video, kamera tersebut sanggup menghasilkan klip video full HD 1080p.

Berpindah ke kamera depan. Kamera berlensa tunggal itu dilengkapi lampu kilat dan mode portrait. Kemampuan maksimalnya menghasilkan foto beresolusi 13 megapiksel dan klip video full HD 1080p.

Saatnya mengungkapkan kesan HSW selama menguji pakai Redmi Note 5. Sebuah peribahasa berbunyi, karena nila setitik, rusak susu sebelanga. Kali ini susu sebelanga tetap utuh. Sebab, ditinjau dari kinerja ponsel, relatif tidak ada nila yang merusak. Ada beragam hal yang membuat HSW menyukai ponsel itu.

Pertama, performa kamera Redmi Note 5 tergolong istimewa di kelasnya. Ia mampu menangkap detail objek dengan baik. Efek bokeh yang dihasilkan tergolong rapi dan hampir selalu akurat. Digunakan memotret di lokasi berpencahayaan kurang terang pun ia masih sanggup memproduksi gambar dengan relatif prima.

Sebelum ada yang bertanya, HSW beritahu dulu: performa kamera Redmi Note 5 lebih bagus daripada Asus Zenfone Max Pro M1, Zenfone 5Q, Xiaomi Redmi 5 Plus, Mi A1, dan Vivo V9. Kamera ponsel itu baru bertekuk lutut bila minimal dihadapkan dengan Zenfone 5 yang harga ritel resminya Rp4,399 juta.

Kedua, bisa dual SIM 4G-4G secara simultan. Penjelasannya detailnya begini. Redmi Note 5 menganut dual SIM hybrid. Pengguna harus memilih ingin menyelipkan dua nano SIM atau satu nano SIM dan kartu microSD. Anggaplah pengguna memasangkan dua kartu SIM. Keduanya dapat siaga bersamaan.

Sampai di sini, seolah kondisinya masih biasa-biasa saja, bukan? Mayoritas ponsel dual SIM lain juga bisa. Padahal, kalau dicermati, ada hal tidak biasa di Redmi Note 5. Dua nomor yang siaga di ponsel itu dapat bersama-sama berada di jaringan 4G LTE. Kondisi tersebut jelas menguntungkan pengguna yang rutin bertelepon via Smartfren dan berinternet menggunakan operator lain.

Karena Redmi Note 5 mendukung native VoLTE, pengguna langsung bisa bertelepon lewat Smartfren. Tak perlu menginstalasikan aplikasi Smart VoLTE. Aktivitas berinternet via non-Smartfren juga dapat dilakukan di jaringan 4G LTE. Nomor yang siaga tidak dipaksa turun ke jaringan 3G atau 2G.

Ketiga, daya tahan baterainya cukup mumpuni. Dengan perilaku pemakaian ala HSW, baterai tanam 4.000 mAh di Redmi Note 5 minimal bertahan 16 jam. Bila intensitas pemakaian kebetulan tak setinggi biasanya, ponsel sanggup siaga lebih dari sehari semalam.

Ketika daya baterai telah melemah, HSW biasanya menghubungkan ponsel dengan charger Anker yang mendukung Qualcomm Quick Charge 3.0. Indikator pengisian cepat muncul di sudut kanan atas layar. Proses pengisian ulang membutuhkan waktu yang bervariasi, mulai 1 jam 56 menit hingga 2 jam 10 menit.

Keempat, fitur-fitur tambahan Redmi Note 5 memberikan kemudahan nyata kepada pengguna. Sensor sidik jarinya sangat responsif. Face unlock-nya cukup bisa diandalkan. Pengendali jarak jauh (remote control) yang tersedia juga bermanfaat bagi HSW, baik ketika berada di rumah, warung makan, ruang tunggu dokter, hingga penginapan. Soal kegegasan, ah… tak perlu disangsikan lagi.

Keluhan HSW terhadap Redmi Note 5 lebih mengarah kepada terbatasnya pasokan di pasar daring maupun luring. Sekarang memang sudah lebih lancar. Namun, belum sampai membanjiri dan membentuk harga pasar maksimal lima persen di atas harga ritel yang disarankan. Seandainya kemudahan membeli Redmi Note 5 segala varian (tentu dengan harga kompetitif) seperti Redmi 5, Redmi 5 Plus, atau Mi A1 saat ini, mantap deh.

Terakhir, ini sekadar usulan untuk Xiaomi. Tambahkan konektivitas NFC di ponsel-ponsel keluaran baru yang harga ritel resminya dipatok mulai Rp2,5 juta. Kalau itu dilakukan, jumlah pembeli potensial pasti bertambah signifikan. Sebab, terutama di kota-kota besar, kebutuhan atas NFC terus meningkat.

***

Contoh foto yang dihasilkan kamera Redmi Note 5. Olah digital yang dilakukan hanya memperkecil dimensi foto (resize) dan kompresi file 80%.

Perhatikan bagian yang ditandai dengan kotak merah.

Kalau di-zoom, beginilah hasilnya. Tulisan berukuran sangat kecil masih jelas terbaca.

Produk Samsung ini tidak memerlukan sertifikat TKDN dan SDPPI. 🙂

Jajanan buatan Indonesia dijual di Korea Selatan. Kalau di Indonesia harganya berapa ya?

Saatnya menjajal mode portrait.

Lima foto di bawah ini dijepret memakai kamera depan.

***

Tangkapan layar Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, kondisi awal RAM, dan versi firmware yang dipakai pada penghujung uji pakai. Sebagian foto diabadikan saat ponsel masih menggunakan firmware versi lebih awal.

270 thoughts to “Review Xiaomi Redmi Note 5: Susu Sebelanga Tetap Utuh”

  1. Ko herry, mohon maaf dulu karena saya tdk pernah menggunakan xiaomi jadi cukup banyak pertanyaan :
    1. Apakah kamera xiaomi redmi note 5 bisa merekam 4k?
    2. Bila kita menggunakan xiaomi dgn MIUI apakah yg di update hanya MIUI saja sedangkan Android nya tdk pernah mendapatkan update?
    3. Beberapa hari lalu saya ke WTC, di toko2 sdh banyak yg jual xiaomi redmi note 5 garansi resmi tp knp harganya msh tinggi. Utk ram 4Gb harga paling murah 3.250.000

    Tq

    1. Pak Djunaedi,

      1. Tidak bisa. Di naskah sudah saya sebutkan resolusi maksimal full HD 1080p lho.
      2. Versi Androidnya juga akan mendapatkan pembaruan, tetapi tak sesering MIUI-nya.
      3. Harga segitu sih sudah murah, Pak. Harga ritel resminya kan Rp3,099 juta. Kita bulatkan jadi Rp3,1 juta. Kalau mereka menawarkan Rp3,25 juta, berarti hanya berbeda Rp150 ribu atau lima persen. Dulu sempat menembus Rp3,8 juta lho.

  2. Akhirnya keluar juga ini reviewnya. Dan semakin mantab mau minang daripada asus zenfone max pro m1. Kalo di mi store jakarta sudah banyak blom ya stok nya. Btw thx pak Herry atas reviewnya.

    1. Pak Eka Surya,

      Karena sehari-hari di Surabaya, saya tak bisa iseng-iseng mampir ke Mi Store Jakarta.

  3. Pak HSW yang budiman, terimakasih review nya. Saya tertarik ingin membeli hp ini tapi minta masukan pak HSW. Di online tersedia 2,6jt 4/64gb, apakah aman jika saya membeli yang garansi global(distributor). Lalu apakah yang global ini akan selalu tetap dapat update firmware? Trimakasih, sehat selalu pak..

    1. Pak Lukas,

      Buat saya, tanpa garansi resmi lebih baik langsung dicoret. Garansi global itu bukan bermakna bisa diklaimkan di mana saja lho. Anda harus berurusan dengan tempat servis distributor tidak resmi tersebut. Dibawa ke pusat perbaikan resmi Xiaomi di Indonesia pun bakal ditolak.

      Seharusnya tetap dapat update.

      1. Maaf pak hsw saya pemakai resmi 4a garansi distributor sampai sekarang selalu update Miu baik baik saja, saat ini yg terbaru 9.6,,,, tidak trouble ?

        1. Pak Sunu,

          Mohon maaf karena baru hari ini saya bisa merespons komentar Anda.

          Syukurlah kalau begitu. Semoga tidak ada kendala.

  4. Koh Herry,
    Artikel yang bagus dan sangat membantu saya yg sedang berencana membeli Redmi Note 5.
    Koh, saya ada rencana mengganti samsung s7 flat saya dengan Xiaomi redmi note 5.
    Cuma saya agak ragu, takutnya kecewa dengan performa, layar n kamera, karena Samsung S7 kan flagship, walau sudah 2 th.
    Kalau menurut koh Herry, bagus mana, antara S7 dan Note 5, seandainya koh tdk pernah memakai Samsung S7, perbandingan secara spek saja.

    Trus kalau utk Redmi Note 5, bagus mana antara black or blue?
    Thank you.

    1. Pak Aming,

      Saya tidak pernah mencoba Galaxy S7. Jadi, tak tahu lebih bagus mana. Perbandingan spesifikasi di atas kertas saja tak bisa dijadikan patokan.

      Lebih gahar Redmi Note 5 warna hitam.

  5. Hallo koh, saya mau tanya. Kenapa earphone Xiaomi yg biasa kok tidak bisa digunakan di resmi note 5?. Saya beli earphone Xiaomi di shoppe. Apakah ada perbedaan jacknya

    1. Pak Criscito,

      Mi Piston? Tidak bisanya bagaimana, Pak? Seharusnya konektornya sama.

      Selama memakai Redmi Note 5, saya cuma pernah menggunakan earphone merek HP. Bisa berfungsi dengan baik sih.

      1. Bukan mi piston pak. Tapi mi earphone biasa tanpa embel2 piston. Pdahal kalo disambungkan di hape lain tidak ada masalah. Apakah ini termasuk cacat produksi?.

        1. Pak Criscito,

          Coba pasangkan earphone lain ke ponsel Anda. Bila tetap gagal terpasang sempurna, berarti lubang 3,5 milimeter di ponsel Anda bermasalah. Mungkin ada yang tersumbat atau melengkung. Bawalah ke pusat perbaikan resmi Xiaomi.

  6. Koh Herry

    Saya pengguna Redmi Note 5 ingin bertanya:

    1. Sy beli Redmi Note 5 secara online di salah satu situs ecommerce dg garansi resmi, ada logo TAM di kotaknya.
    Pas sy cek IMEI lewat laman mi.com/id, ada keterangan IMEI tidak temukan (sy lupa kalimat persisnya).
    Kemudian sy coba cek IMEI lewat laman kemenperin.go.id, IMEI-nya terdaftar dan ada keterangan nama perusahaan “PT Erajaya Swasembada, Tbk.”
    Yg ingin sy tanyakan, apakah hp sy tersebut garansi resmi? Kalau iya, knp di laman mi.com/id IMEI tdk ditemukan ya?

    2. Munculin “sensor box” di sebelah mana ya koh?

    Testimoni:

    1. Selama sekitar sebulan pake hp ini, daya tahan batereinya memang layak diacungi jempol. Dg gaya pemakaian sy yg cukup aktif buka medsos, WA, berita online (tp gak main “game”), baterei bs tahan 22-24 jam sampai level 20%.

    2. Kualitas kamera jg mumpuni, bokehnya cakep.

    Sori koh kalau kepanjangan. ??

    1. Pak Ardhiantoro,

      1. Bergaransi resmi. Nggak usah bingung kalau tak muncul di mi.com/id deh. Mungkin terlambat melakukan pembaruan data. Asalkan ciri-ciri ponsel Anda menunjukkan itu bergaransi resmi, tidak perlu dirisaukan lagi.

      2. Silakan menginstalasikan aplikasi Sensor Box for Android dari Play Store dulu.

      1. Terima kasih jawabannya koh Herry

        Terus kalau ada perbedaan angka pada Antutu Benchmark (misal punya koh Herry di angka 116.xxx tp di Redmi Note 5 sy cuma di angka 13.xxx) itu dipengaruhi apa ya koh?

        1. Pak Ardhiantoro,

          Kalau 116.xxx versus 13.xxx, mungkin yang 13.xxx itu proses benchmark tidak selesai dengan tuntas. Terputus di tengah jalan.

  7. Cuma penasaran pak, wanita yg jdi objek foto itu siapa? Ke korea dlm rangka acara apa n boleh dong kisi2ny 🙂

  8. Om, Asus Zenfone Max Pro M1 yg versi 6GB akan hadir akhir bulan ini. Apakah dengan tambahan RAM yg lebih besar, kemampuan kinerja Asus akan lebih ngegas dibandingkan Redmi Note 5? Sehingga bisa mendongkrak pula hasil jepretan fotonya? Terima kasih

    1. Pak Sugih,

      Diduga begitu. Kalau spesifikasi kameranya sama, penambahan RAM nggak ada kaitannya dengan kualitas hasil foto deh. Namun, spesifikasi kamera Zenfone Max Pro M1 6/64 kebetulan berbeda dengan varian 3/32 dan 4/64.

  9. Pak Herry,
    Saya masih penasaran untuk membandingkan dengan camera infinix zero 5, walaupun infinix masuk daftar hitamnya Pak Herry, tapi gawai dari infinix tersebut masih diriview he..he..kecuali untuk gawai infinix setelah zero 5, jadi mohon jawab dong

    Ada teman mau tukar tambah redmi note 5 resmi yang baru sebulan dia beli, dengan redmi note 4 milik saya yang sebulan lagi habis masa garansi..dia minta saya tambah 1.350 juta, apakah layak? saya minta 1 juta tapi dia belum kasih he..he..ada saran dari Pak Herry untuk masalah harga tambahnya? saya juga merasa heran, kenapa dia mau balik lagi ke redmi note 4 gawai yang dia punya sebelumnya..

    Sumbang saran untuk Pak Herry..kedepannya saya harapkan, explore perekaman video dan tentang eis yang disematkan atau tidak dong.., memang masing-masing reviewer punya cara yang berbeda dalam menilai suatu gawai, tapi review dari Pak Herry punya ciri khas yang tidak ada pada reviewer lain, jadi saya memutuskan untuk beli sebuah gawai, jika Pa Herry sudah meriviewnya…

    Terima kasih

    1. Pak Slamet,

      Kamera Infinix Zero 5 kalau diadu dengan Redmi Note 5 jelas kalah deh.

      Tolong diperjelas dulu Redmi Note 5 dan Redmi Note 4-nya yang varian RAM dan ROM berapa GB.

      Terima kasih atas masukannya.

    1. Pak Dudde,

      Beli domains? Maksudnya mungkin “beli di mana” ya.

      Itu bukan case, melainkan skin. Stiker yang dilekatkan gitu deh. Akun Instagram penjualnya Customxskin. Karena saya dan penjual sama-sama berada di Surabaya, saya sekalian minta tolong dipasangkan.

  10. Salam Om HSW ,
    mantap kameranya , tapi sayang mode manual nya kurang lengkap ya , kalau kameranya dibandingkan dengan asus zenfone zoom s , apakah relatif imbang atau ada sedikit peningkatan ? Trims om HSW

  11. Kameranya dibanding sama zenfone 5 beneran lebih bagus ya Ko Herry ? Karena beberapa rekan bilang kalau hasil milik zenfone 5 kadang masih inconsistent terlebih pada lowlight dan bokehnya
    Mohon penjelasannya
    Terimakasih

    1. Pak Yassin,

      Iya, kalau spesifik kamera, Zenfone 5 unggul tipis atas Redmi Note 5. Zenfone 5 yang polosan ya, bukan Zenfone 5Q.

  12. om hsw.. mau tanya.. gimana pendapat om tentang isu xiaomi redmi note 5 yang banyak terkena penyakit burn in pada display ny? apakah itu cuma isu atau memang kasusnya beneran dan harus jadi pertimbangan dalam membeli redmi note 5?

    1. Pak Irvan,

      Ya, saya sempat mendengar hal itu, tetapi belum pernah melihatnya sendiri. Menurut saya, kalau ingin beli Redmi Note 5 ya jalan terus saja. Umpama kebetulan mengalami layar seperti itu, tinggal klaim garansi.

  13. Pak Herry apakah saat ini sedang menggunakan Zenfone 5??
    Jika ya, selisih harga ritel 1,3 juta dengan Redmi Note 5 ini Bapak pilih yang mana? Sekalian alasannya juga Pak. ?

    1. Pak Tanya2,

      Tidak.

      Kalau beda harganya segitu, saya lebih condong ke Redmi Note 5 dengan pertimbangan:
      * Walaupun kalah bagus, kamera Redmi Note 5 masih tergolong prima.
      * Baterai Redmi Note 5 selalu sanggup bertahan minimal mulai pagi sampai malam.

  14. Terima kasih om herry ut review xiomi note 5. Sudah saya tunggu2. Semakin yakin ut beli yang ini. Saya belum pernah pakai xiomi. Kalo di surabaya beli offline bisa di mana ya? dan service centernya ada di mana saja?

  15. Selamat Pagi pak Henry
    Maaf out of topic.Saya mau bertanya apakah pertanyaan saya mengenai xiaomi mi4c masuk di review sebelum ini ?Kemarin saya mengirim 2x karena menggunakan kemarin menggunakan incognito tab pada google chrome.
    Terima kasih

  16. widiiii Pak Herry jalan2 ke korea…. ;D

    nuwun sewu Pak Herry nanya dikit ya…
    1. caption “shot on redmi note 5 dual camera” apa muncul otomatis atau bisa disembunyikan? trus format penulisan kok persis sama di beberapa gawai seperti yg beda merk seperti vivo, oppo.
    maaf, blom punya gawai dual camera, jadi penasaran.

    2.foto dari dalam kereta bandara yg keliatan jemuran itu kondisi kereta jalan pak?

    3. about phone -nya bikin kaget. kok muncul Mi 8. ternyata hanya device name… ;D

    terima kasih

    1. Pak Pram,

      1. Bisa ditampilkan, bisa disembunyikan. Tinggal diatur di menu kamera.

      2. Ya, kereta berjalan.

      3. Ha… ha… ha….

  17. Pak Herry, Saya pengguna Xiaomi Mi A1. Saya setuju dan memang sudah lama ingin Xiaomi tetap mempertahankan fitur IR sekaligus menambahkan fitur NFC.
    Saya mau tanya apakah Pak Herry tahu ada Smartphone lain yang memiliki keduanya (IR + NFC)?
    Setahu Saya sih ada Polytron Prime 7 / 7s / 7Pro, tapi spesifikasi nya kurang jelas (di website resmi Polytron).
    Mohon advise-nya. Terima kasih.
    Salam,
    Oki

  18. Om, kalau Redmi Note 5 yang versi china unlocked kan banyak dijual online dan lebih murah, (kalau tidak salah dusnya warna merah bukan oranye). Saya baca, versi china tsb sudah update rom oleh penjual/distributor supaya bisa pake bahasa Indonesia/English, bisa update OTA, dll.
    Saya tertarik beli, tapi resiko apa saja yang bakal saya hadapi nanti ya?
    Thanks om.

    1. Pak Savant,

      * Tak bisa diperbaiki di pusat perbaikan resmi, walaupun Anda bersedia membayar.
      * Aksesori bawaan berpeluang tidak orisinal.
      * Versi ROM yang dipakai mungkin kurang stabil.
      * Walaupun jarang terjadi, unit yang dijual ternyata replika.
      * Unit yang dijual mungkin tidak 100% baru.

  19. Setelah saya berselanjacar di dunia maya, ternyata redmi note 4 saya yg snapdragon 625 mendukung quick charge 3.0

    Ada charger usulan yang layak biar fitur quick harge 3.0 bisa altif? Charger bawaan tidak mendukung fitur tsb

    1. Pak Riefqi,

      Seingat saya, Redmi Note 4 belum mendukung Quick Charge 3.0. Saya pernah memadukan ponsel itu dengan charger Qualcomm Quick Charge 3.0, tetapi tidak muncul indikator Quick Charge.

      Walaupun menggunakan charger Quick Charge, kalau ponselnya belum mendukung ya tidak bisa, Pak.

    2. Setahu saya, Snapdragon 625 memang mendukung QC 3.0, tetapi kembali lagi ke software, SD625 yang digunakan di Mi Max 2 mendukung QC 3.0, tetapi yang digunakan di Mi 5X, Redmi Note 4 SD, Redmi 4 Prime belum mendukung QC 3.0 bahkan 2.0 juga tidak.

  20. Terima kasih, koh Herry reviewnya.
    Mau bertanya di bagian about phone. Apakah sejak awal dinyalakan pada bagian model name teks yg tertulis adalah M1803E7SG atau bukan?
    Karena milik saya sejak update ke 9.5.19(bisa jadi dari update sebelumnya) saya lihat berubah ke M1803ESG itu

  21. Selamat siang pak Herry

    Kali ini reviewnya banyak foto2 yg “segar”.

    Sedikit bertanya soal skin casing yang dipakai, apakah seperti sticker ditempelkan ke body smartphone? Soalnya saya lihat disalah satu fotonya, ada yang kurang rapi di ujung body smartphone dekat kamera belakang.

    Terima kasih

    1. Pak Gunawan,

      Benar, itu stiker yang dilekatkan ke bodi.

      Suatu hari, saya terlalu kasar saat membuka jelly case. Akibatnya stiker di ujung kiri atas belakang terangkat sampai terlipat. Saya coba lekatkan lagi tak bisa serapi sebelumnya.

  22. Pak Herry, saya mau tanya.
    1. Kalau kamera Redmi Note 5 ini dibandingkan dengan Zenfone 3 ZE520KL bagus mana?
    2. Apa jika saya ganti handphone dari Zenfone 3 ke Redmi Note 5 ini, peningkatannya signifikan?

    Terima kasih sebelumnya.

  23. Koh Herry,
    Dari segi kamera dan baterai, lebih bagus mana bila dibandingkan dengan Asus Zenfone Zoom S?
    Asus Zenfone Zoom S yang saya gunakan sekarang, performa baterainya menurun signifikan alias boros secara drastis sejak update OS ke Oreo. Apakah ada cara untuk mengembalikan performa baterainya agar bisa membaik? Trims. ?

    1. Pak Ronny,

      * Kamera imbang. Baterai lebih awet Zenfone Zoom S, dengan asumsi masih pakai Nougat. Kalau Zenfone Zoom S-nya sudah menggunakan Android versi Oreo, saya tidak tahu.

      * Hmmm… ya menunggu pembaruan firmware lagi yang mungkin memperbaiki “bug” itu.

  24. selamat siang pak HSW,
    kebetulan saya pakai produk xiaomi juga, tepatnya redmi 4x. Ada beberapa hal yang akan saya tanyakan, maaf beberapa out of topic.
    1. Sebenarnya penamaan ponsel2 xiaomi sedikit membingungkan saya, entah itu resmi atau memang sebutan dari penjualnya, ada redmi 5, 5 A, 5pro, 5 prime, dst.. sebenarnya dari pengamatan HSW sendiri ada kategorisasi nggak sih, seperti halnya samsung dengan seri S yang mahal2 atau seri J yang mid level?

    2. bisa anda sarankan gawai di bawah 2,5juta yang gegas, baterai awet, tidak terlalu banyak bloatware, dan syukur2 third party developernya banyak, kamera tidak penting.

    3. apakah menurut HSW produk2 seperti vivo, coolpad, honor, dan oppo itu tergolong overprice jika dikomparasi dengan gawai merk lain dengan spesifikasi sejenis?

    4. tertarik review oppo find x yang harganya wow itu?

    5. dari pengamatan HSW mengapa banyak gawai yang tidak menyertakan earphone di paket penjualannya ya?

    terima kasih. God Bless you.

    1. Pak Agung,

      1. Iya, kadang agak membingungkan. Kalau dicermati sebenarnya tetap ada pola penamaannya. Namun, memang sudah berbeda dibandingkan dulu. Samsung pun mulai bergeser. Dulu yang namanya seri A itu harganya sampai Rp4 jutaan. Kalau sekarang bisa dua kali lipatnya.

      2. Asus Zenfone Max Pro M1.

      3. Coolpad sudah almarhum. Jadi, kita lewati saja ya. Vivo dan Oppo relatif overprice, walaupun tak separah dulu. Honor relatif lebih rasional.

      4. Tertarik, asalkan ada yang meminjamkannya kepada saya minimal dua minggu. Kalau disuruh beli, hmmm… saya belum cukup gila mengeluarkan uang sebanyak itu untuk ponsel Oppo.

      5. Menekan harga jual.

  25. Selamat sore pak Herry,

    kamera Asus Zenfone 3 dengan Xiaomi redmi note 5 lebih baik mana di segala kondisi?

  26. Terima kasih Om atas reviewnya
    1. Dari sisi kamera, dibanding Asus Zenfone Zoom S bagus mana?
    2. Dengan mempertimbangkan aspek kamera, ketahanan batere dan desain, masih mending Xiaomi Redmi Not 5 atau Asus Zenfone Zoom S?

    1. Pak Muhtahida,

      1. Berimbang.
      2. Zenfone Zoom S. Namun, bila kebaruan prosesor dan kelengkapan fitur turut diperhatikan, lebih baik membeli Redmi Note 5 (bukan Redmi Not 5).

  27. Fitur NFC menurut saya adalah satu2nya kekurangan hp ini. Hehe

    Selanjutnya review hp apa pak ?

    Pak Herry, mau tanya
    Kamera xiaomi mi a1, jika dibandingkan dengan xiaomi redmi 5 plus, asus zenfone max pro m1, asus zenfone 5q, vivo v9 ram 4gb, vivo v9 ram 6gb, samsung a6. Bagaimana urutannya ??
    Terima kasih

    1. Pak Jem,

      * Ada deh….

      * V9 RAM 6 GB dan A6 saya singkirkan dulu ya. Sebab, saya belum menguji pakai keduanya. Urutan dimulai dari yang terbaik: Mi A1, Zenfone 5Q, V9 RAM 4 GB, Redmi 5 Plus, dan Zenfone Max Pro M1.

  28. Halo Pak Herry SW.
    Ada yang ingin saya tanyakan:
    1. Apakah Xiaomi Redmi Note 5 meski tidak bersertifikat IP68 tapi tahan terhadap air layaknya hape bersertifikat IP68?
    2. Apakah XRN5 memiliki EIS?
    3. Kapan XRN5 dijual secara offline?

    Terima kasih.

    1. Pak William Krisnadi,

      1. Tidak. Kalau Anda ajak berbasah-basah sih ya berpotensi rusak.
      2 + 3. XRN5 itu benda apa ya?

      1. Maaf, XRN5 maksud saya Xiaomi Redmi Note 5.
        Jadi, apakah hape tersebut memeiliki EIS, dan kapan dijual secara offline di Indonesia khususnya Surabaya?

        Terima kasih Pak.

        1. Pak William Krisnadi,

          Mohon maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda.

          Oh ok. Lain kali tipe ponsel jangan disingkat-singkat ya.

          Seingat saya ada EIS-nya. Lah… sudah lama banget tersedia offline di Surabaya.

  29. Malam Koh Herry,
    Kutipan dari review :
    “Performa kamera Redmi Note 5 lebih bagus daripada Asus Zenfone Max Pro M1, Zenfone 5Q, Xiaomi Redmi 5 Plus, Mi A1, dan Vivo V9.”
    Nah, kalau dilihat dari performa kameranya, bagaimana urutan ponsel-ponsel di atas?
    Terimakasih.

    1. Salam Ko Herry,
      Untuk pertanyaan saya sebelumnya apakah ada tanggapannya? Sepertinya belum ada jawabannya.
      Terimakasih.

    2. Pak Lucky Luke,

      Dimulai dari yang terbaik: Redmi Note 5, Mi A1, Zenfone 5Q, V9, Redmi 5 Plus, dan Zenfone Max Pro M1.

  30. Salam, Pak Herry SW.

    Akhirnya review handphone yang paling ditunggu akhirnya rilis juga. Terima kasih untuk kerja kerasnya memberikan penilaian yang objektif dan dapat menjadi sebuah pertimbangan bagi pembaca untuk menilai suatu produk.

    Pak Herry SW, saya ingin bertanya. Saya adalah orang yang sangat tidak awam dengan teknologi VoLTE, yang saya tangkap dengan teknologi ini kita dapat bertelepon tanpa pulsa selagi memiliki koneksi internet ya, Pak? Dan jika iya demikian, apakah nomor tujuan yang kita tuju juga harus memiliki koneksi internet yang hanya memiliki teknologi VoLTE?
    Sebagai contoh, jika saya seorang pengguna Smartfren dengan perangkat yang mendukung Native VoLTE apakah saya dapat menelepon nomor tujuan dari provider Telkomsel dengan koneksi VoLTE/4G/3G? Atau nomor tujuan tetap harus VoLTE Smartfren? Saya sangat penasaran sekali dengan teknologi ini, dan mungkin hal ini bisa menjadi sebuah ‘deal-maker’ bagi saya kedepannya dalam memilih sebuah gawai.

    Terima kasih, Pak Herry SW.

    1. Pak Joko,

      VoLTE bukan bermakna “bertelepon tanpa pulsa menggunakan internet”, melainkan “bertelepon dengan tetap memakai pulsa di jaringan 4G LTE”. Bila operator atau ponsel yang dipakai belum mendukung VoLTE, setiap kali ponsel dipakai bertelepon, ponsel akan turun ke jaringan 3G dulu.

      Nomor tujuan tidak harus mendukung VoLTE. Ya, Anda bisa menelepon pengguna Telkomsel tersebut.

      1. Oh begitu ya, Pak Herry. Baru paham saya, kelebihan bertelepon menggunakan jaringan 4G LTE dengan 3G apa ya, Pak?

        1. Pak Joko,

          Mohon maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda.

          Untuk saat ini tidak ada sih. Lebih enak bertelepon via jaringan 3G. Kalau secara teori, seharusnya bisa lebih jernih.

  31. Kelemahan nya cuma ‘ghoib’ ya ko.,
    Trimakasih review nya ko herry.

    Sukses selalu…

    Btw ko, case nya dipesan dari mana ko?
    *maaf ko, ga punya twitt*r
    Jadi ga ikutin ko herry disana.

    1. Pak Hamka,

      Case yang corak kayu? Itu bukan case, melainkan skin. Wujudnya berupa stiker yang ditempelkan ke bodi. Penjualnya bisa dihubungi via akun Instagram Customxskin. Kalau Anda berada di Surabaya, mampir saja ke WTC lantai 4 ruang 402.

  32. Tks reviewnya koh HSW…
    Sy sdh beli sblm review ini kluar & hasilnya yg dirasakan 100% macth sama review ini.

  33. HSW, mau tanya, bagaimana cara tahu nya HP resmi type high end yg akan masuk resmi di Indonesia? ( maaf kalo menyimpang pertanyaan nya)
    & di tunggu reviews nya seri MI 8 nya & semoga ngak lama.

    1. Pak Santoso,

      * Rajin-rajin saja memantau di situs Ditjen SDPPI.
      * Kalau Mi 8 tidak beredar resmi di sini, saya takkan me-review-nya.

  34. selamat pagi pak hsw
    setelah beberapa kali update firmware akhirnya kamera ZE520KL saya sudah nyaris sempurna, hampir tidak ada lagi gap yang mencolok antara area gelap dan terang. begitu juga foto malam hari sudah meningkat drastis kualitasnya. namun sebagai manusia biasa saya masih belum puas apalagi membaca review redmi note 5 yang bapak hsw tulis hehe. di sinilah kebimbangan saya karena saya sebetulnya mengincar Zenfone Zoom S. menurut bapak hsw, lebih bagus mana hasil kamera antara Redmi Note 5 dan Zenfone Zoom S, baik di siang hari atau malam hari? (cahaya cukup dan low light).
    maturnuwun

  35. Kak Herry, tadinya saya menganggap Note 5 biasa saja dengan bokehnya, dan saya masih setia dengan Note 4 Snapdragon saya. Apakah foto ke 10 (yaitu foto view di luar jendela) diambil dari kereta saat kereta berjalan atau kereta masih belum bergerak? Kualitas jepretannya maksimal sekali padahal “menembus” kaca kereta. Terima kasih atas jawabannya.

  36. Saya mencoba dan merasakan sendiri, baru pertama kali ini seri redmi note lebih gegas, lebih cepat proses booting nya, dan yg lebih keren itu di sektor kameranya ga ada tandinganya untuk rentang harga 2,5 s/d 3jt. Review Koh Harry SW benar2 apa adanya.
    Saran aja koh, bikin chanel yutube…

  37. Akhirnya di-review jg ya Om. Keren sih. Stlh baca, sy ada pertanyaan & mohon masukan ya. Sy butuh smartphone sekunder setelah Samsung S7 edge sbg smartphone utama. Spek yg sy butuhkan adalah (urutan sesuai prioritas) : batere awet 1 hr, penyimpanan internal gede, bisa aplikasi ganda, kamera di atas rata2 (yg penting mirip S7 edge, yaitu fokus cepat), serta dukungan after sales (servis center yg oke)
    Utk itu, mohon dipilihkan antara Redmi Note 5 yg ram 4gb/rom64gb atau Asus Zenfone Max Pro M1 yg ram 6gb ?
    Terima kasih atas jawabannya

    1. Pak Gunawan Rooseno,

      Redmi Note 5 memenuhi syarat. Kalau Zenfone Max Pro M1 6/64 saya tak pernah mencobanya.

  38. Ko Herry,

    Maaf OOT. Cewek yang pake kaos lengan panjang hitam stip kuning itu siapa ya? Cantik bener ^_^

  39. Pak Herry,

    Adakah rencana review Redmi S2? saya agak bingung mau ambil Redmi S2 atau Redmi 5 plus 3/32. sepintas dari spesifikasi S2 unggul di kamera sementara 5 plus unggul di baterai. apakah perbedaan pemakaian baterai pada kondisi nyata sangat berbeda?

    terimakasih

    1. Pak Danu,

      Ya, tetapi hampir pasti Redmi S2 justru akan saya review setelah Mi A2.

      Hmmm… belum tahu, Pak. Lha saya belum menguji pakai Redmi S2.

  40. Pak HSW, kalau menurut bapak, ponsel ini ada dalam kelas tipe apa ya, di merk Samsung dan LG?

    1. Pak Angkoso Wibowo,

      Kalau Samsung di kelas seri A yang harganya minimal Rp4,999 juta.

      Kalau LG, hmmm… saat ini sedang tak ada ponsel yang pas di daftar produk LG.

  41. Kameranya dibanding sama zenfone 5 beneran lebih bagus ya Ko Herry ? Karena beberapa rekan bilang kalau hasil milik zenfone 5 kadang masih inconsistent terlebih pada lowlight dan bokehnya
    Mohon penjelasannya
    Terimakasih koh

    1. Pak Yassin,

      Pertanyaan yang sama lain kali harap dikirimkan satu kali saja ya, Pak. Iya betul, lebih bagus kamera Zenfone 5.

  42. Salam Koh Herry,
    Kutipan dari review bapak : “performa kamera Redmi Note 5 lebih bagus daripada Asus Zenfone Max Pro M1, Zenfone 5Q, Xiaomi Redmi 5 Plus, Mi A1, dan Vivo V9.”
    Nah, kalau dilihat dari performa kameranya, bagaimana urutan ponsel-ponsel di atas dimulai dari yang terbaik?
    Terimakasih.

    1. Pak Lucky Luke,

      Dimulai dari yang terbaik: Redmi Note 5, Mi A1, Zenfone 5Q, V9, Redmi 5 Plus, dan Zenfone Max Pro M1.

  43. Pak Herry SW, sebelumnya pake firmware versi berapa? Trus hasil kamera bagus yg versi firmware 9.5.17 atau yg versi sebelumnya?

    Trims.

    1. Pak Tris,

      Saya tak ingat sebelumnya memakai firmware versi berapa. Sejak pertama pakai dengan firmware bawaan sampai yang terbaru, saya merasa tidak ada lonjakan performa kamera kok.

  44. Pak HSW, saya masih sayang untuk melepas G5 SE dengan Redmi Note 5. Apakah memang sudah saatnya sekarang untuk ganti gawai? Apakah kalau saya ganti, hitungannya pembaruan (upgrade) atau penurunan (downgrade) gawai?

  45. Maaf menyimpang dari naskah
    Mau tanya pak Herry
    Apakah Lenovo p70 dan P1 turbo masih layak beli apa tidak ? Lenovo p70 harga 1,5 juta masih baru sedangkan Lenovo P1 turbo 2,3 JT + VR
    Dan rekomendasi bapak beli yang mana ya pak antara keduanya dengan harga seperti itu?
    Terima kasih.

  46. Koh Herry, terima kasih atas review-nya. Sayangnya saya terlanjur beli di Online waktu ada Xiaomi big sale beberapa waktu lalu, saya beli yang RAM 6GB/ ROM 64GB. Berarti ini bukan garansi resmi ya ? Kalau di Surabaya, di mana kalau mau beli Redmi Note 5 yang bergaransi resmi? Apakah ada perbedaan secara spek untuk model yg 6GB/64GB ini jika dibanding dengan yang 4GB/64GB ? Ada beberapa review yang bilang bahwa Redmi Note 5 ini tidak mendukung Quick Charge, tapi Koh HSW bilang dia mendukung Quick Charge 3.0, apa ciri / tanda kalau dia mendukung Quick Charge waktu di charging ? Terima kasih sebelumnya atas semua jawabannya nanti.

    1. Pak Djaidi,

      Ya, kalau varian 6/64 pasti bukan bergaransi resmi.

      Bisa dibeli di WTC, Marina, atau Mi Store. Di Surabaya ada dua Mi Store: Tunjungan Plaza 6 dan Pakuwon Mall.

      Beda di kapasitas memori.

      Tandanya, ada ikon petir di dalam lingkaran.

  47. Maaf om,ijin tanya.
    Kameranya ada fitur wide tidak? Begitu juga dgn zenfone 5,apakah ada wide nya? Trm ksh

  48. Ya, ponsel xiaomi kebanyakan masih belum dilengkapi NFC, termasuk Mi A2. Ini yang bikin saya jadi pakai 2 ponsel pintar, Redmi Note 4 dan Xperia Z1 lawas. fitur NFC sendiri di Jakarta cukup berguna untuk isi ulang dan cek saldo uang elektronik

  49. Koh herry tidak ingin review oppo find x? Dari spesifikasi nya cukup menarik dan diklaim smartphone tercanggih saat ini. Atau oppo masih ada dalam daftar hitam? Mohon maaf saya comment 2x karena comment saya post retro review tidak muncul heheh

    1. Pak Rian Permana,

      Komentar Anda malahan masuk tiga kali deh. Saya sudah tanggapi di bawah komentar pertama. Komentar kedua saya hapus.

  50. Salam koh, mau tanya apa bener xiaomi redmi note 5 lebih enteng dibanding redmi note 4. Saya coba hand on di mi store kok rasanya seperti itu.

    Dgn mau rilisnya MiA2, sebaiknya tahan dulu untuk beli redmi note 5 atau bagaimana. Minta pertimbangannya koh.

    Terima kasih

    1. Pak Rahman,

      * Redmi Note 5 justru lebih berat beberapa gram.

      * Kalau perlu ponsel sekarang, ambil Redmi Note 5 dulu deh. Lha jadwal edar resmi Mi A2 di Indonesia belum diketahui kok.

  51. hari ini beli redmi note 5 (3/32) di lazada, dengan harga 2,599
    nampaknya supply redmi note 5 TAM sudah mulai stabil, atau hype ponsel ini sudah menurun, hehehe
    saya putuskan ganti ke redmi note 5 karena mengincar hasil tangkapan kamera yang lebih baik di banding zenfone max pro m1 yang sejak akhir bulan Mei lalu saya pakai, dan setelah baca review dari ko herry jadi rasanya gak salah kalau incar hasil kamera yang lebih baik dibanding max pro m1,

    jadi kelemahan ponsel ini yang sulit di dapat selanjutnya bisa di hilangkan,

  52. Koh herry, layarnya xiaomi redmi note 5 ini sudah gorilla glass kah? Dan jika pakai tempered glass apa dibagian tepi bisa melekat sempurna?

    1. Pak Rizky,

      * Tidak ada keterangan mengenai Gorilla Glass di lembar spesifikasi resmi.
      * Bergantung jenis tempered glass yang Anda pasangkan.

  53. Pak Herry SW,

    akhirnya saya beli juga redmi note 5 juga. tetapi ada 1 hal yg cukup aneh walaupun tidak terlalu menganggu.
    setelah pemakaian 2 bulan, body ponsel redmi note 5 saya menjadi agak melengkung. terutama dibagian yg ada kamera. apakah hal itu wajar?

    terima kasih

    1. Pak Irul,

      Bodi di sekitar kamera melengkung? Coba difoto dan diunggah ke suatu tempat, lalu berikan tautannya ke sini, Pak. Mestinya tidak wajar deh.

  54. salam kenal Koh Herry..saya baca Huawei sudah mengeluarkan seri Nova 3 dan 3i..apakah kalo masuk ke indonesia koh herry mau me reviewnya..karna saya suka dengan produk nova series Huawei..saya sekarang pake huawei nova 2i..Tq Koh Herry..

    1. Pak Jay,

      Nova 3i barusan diluncurkan dan sedang dalam tahap pre-order. Kelak saya akan me-review-nya.

      Nova 3 sepertinya takkan masuk.

  55. Ko HSW,

    saya tertarik beli hp ini untuk upgrade zenfone 3 ze520kl saya.
    Tapi tertarik jg dengan samsung a6+
    secara spek dan kamera sih jelas menang redmi note 5. SD450 vs SD636 jauh bgt.
    cuman samsung menggoda bgt di layar S-amoled n build qualitynya waktu saya pegang bagus bgt.

    kl untuk build quality redmi note 5 ini solid jg kah ko?
    dan untuk daya tahan batere a6+ apa seirit redmi note 5 ini ya?
    Terima kasih

    1. Pak Andre,

      Ya. Solid.

      Tak tahu. Saya belum pernah dan tampaknya takkan pernah menguji pakai Galaxy A6+.

  56. Pak HSW, apakah di kamera xiaomi redmi note 5 ada menu / fitur zoom seperti halnya di kamera asus zenfone zoom s ? Kalau disuruh milih, mending redmi note 5 atau zenfone zoom s ?
    Terimakasih.

    1. Pak Wahyudiono,

      Zoom digital ada. Kalau lensa tele tidak ada.

      Saya memilih Redmi Note 5 karena prosesornya lebih baru dan mantap. Plus, ada fitur remote control.

  57. Sore ko Herry, saya daridulu sudah penasaran pengen beli redmi note 5
    Cuman ada hal yang agak membuat bingung dan ingin saya tanyakan.

    Redmi note 5 Pro dan Redmi note 5 itu berbeda atau sama ya?
    Ada satu online shop yg klaim redmi note 5 pro itu hanya nama untuk di luar negri, kalau di Indonesia ya namanya Redmi Note 5. Apabila berbeda, lebih bagus yang mana ya?
    Terlepas Redmi Note 5 Pro tidak beredar secara resmi dan hanya garansi distributor.

    Terima Kasih.

    1. Pak Yoga,

      Ada perbedaan di kamera. Secara umum sama-sama oke. Karena yang beredar resmi di sini Redmi Note 5, ambillah yang itu. Jangan membeli ponsel tanpa garansi resmi.

  58. Pak HSW,
    Antara redmi note 5 4/64 dibanding LG V20 second mana yg lebih baik dipilih ? terutama dari segi kamera dan baterai
    atau ada rekomendasi ponsel lain di range 3 – 4 jt ? klo bs yg masih ada IR blaster dan audio jack
    Thx B4

    1. Pak Felix,

      Mohon maaf karena saya baru bisa merespons pertanyaan Anda pada hari ini.

      Kamera lebih bagus V20, sedangkan daya tahan baterai lebih unggul Redmi Note 5.

      Hmmm… Anda mengutamakan daya tahan baterai, kinerja kamera, atau perpaduan keduanya?

  59. Halo Bapak Herry SW,

    pak, terimakasih atas reviewnya, mencerahkan sekali jadi tertarik ingin membeli xiaomi redmi note 5 ini.
    kebetulan huawei 3i baru saja saya liat di lazada untuk preordernya dan saya juga tertarik.
    adakah saran dari bapak melihat dari sisi camera dan baterai dari kedua hp ini.

    terimakasih pak, sehat selalu.

    Salam,

    1. Bu Melda,

      Mohon maaf karena saya baru bisa merespons pertanyaan Anda pada hari ini.

      Huawei 3i? Tidak ada ponsel bernama itu deh.

  60. Permisi pak Herry…

    Jika smartphone dua slot (dual sim hybrid) ini, saya tambahkan adapter/extender sim card agar menjadi 3 slot (dual sim aktif + micro sd), apakah ada dampak negatif ke smartphone?

    Lalu smartphone apa yah yang mempunyai 3 slot kartu dan secara spesifikasinya mendekati Xiaomi Redmi Note 5 ini, terutama untuk hasil kamera dan kapasitas baterainya, serta selisih harga yang tidak terlalu tinggi?

    Terima kasih

    Mr. Ansori

    1. Pak Ansori,

      Mohon maaf karena saya baru bisa merespons pertanyaan Anda pada hari ini.

      * Selot kartu lambat laun akan lebih longgar. Bila ponsel Anda dirancang kedap air, kemampuan tersebut akan hilang.

      * Hmmm… apa ya. Rasanya tidak ada.

  61. Pak HSW,

    Antara Redmi Note 5 4/64 dan LG V20 second lebih baik yang mana ?
    Atau ada rekomendasi ponsel lain di range budget 3-4jt ? klobisa yg tersedia audio jack dan IR

    blaster

    Thx B4

    1. Pak Felix,

      Mohon maaf karena saya baru bisa merespons pertanyaan Anda pada hari ini.

      Saya yakin sudah pernah menjawab pertanyaan Anda. Silakan mengecek jawaban saya di bawah pertanyaan pertama yang Anda ketikkan.

  62. Koh, saya mengutamakan kamera belakang, maka :
    1. Jika saya bisa mendapatkan Xiaomi MI 5 diharga 1,8 juta (kondisi baru), apakah ambil atau tambah budget untuk Redmi Note 5 / zenfone 3 ?
    2. Dikisaran 2 – 2,3 juta apakah zenfone 3 secara kesuluruhan kameranya terbaik? Apakah kelemahan dari kamera zenfone 3 yang koh Herry ketahui?
    3. Apakah Koh Herry tau soal stabilisasi video di aplikasi google photos?, katanya semua android bisa menggunakannya, tapi saya coba di HP saya yang speknya low end, nggak bekerja fiturnya. Apakah Koh Herry tau spesifikasi minimal/syarat tertentu misal gyroscope agar bisa menggunakan fitur itu?
    4. Dari semua hp 1 jutaan(1-1,9juta), bisa Koh Herry beri top 5 list HP dengan kamera terbaik, dan juga Hp yang sudah turun harga jadi 1 jutaan, misal redmi note 3 pro (resmi), Blackberry Aurora, infinix note 4, atau HP lain yang pernah Koh Herry review yang sekarang turun harga jadi 1 jutaan bisa jadi
    5. Saya baru tahu kalau Blackberry Aurora harganya 1,3 jutaan sekarang, apakah kameranya lebih bagus dari redmi 5a?, lalu secara keseluruhan lebih worth it mana ?
    6. apa koh Herry sudah membandingkan kamera redmi 5a dan zenfone live L1? hasilnya?

    1. Pak Adi,

      Mohon maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda.

      1. Mi 5 pasti tanpa garansi resmi. Jadi, langsung coret deh. Tambahkan anggaran untuk membeli Redmi Note 5.

      2. Setelah update ke Nougat, konon kamera Zenfone 3 justru tak sebagus sebelumnya. Saya tak pernah membuktikannya sendiri karena sudah berpisah dengan ponsel itu sebelum ada pembaruan ke Nougat.

      3. Tak tahu. Stabilisasi yang optimal mestinya memerlukan hardware.

      4. Tidak bisa sampai lima. Paling-paling ya BlackBerry Aurora dan Xiaomi Redmi 5A.

      5. Ketika dulu memakainya, saya merasa kamera Redmi 5A masih lebih bagus. Namun, pilihan modenya memang lebih banyak Aurora. Kalau Anda bisa mendapatkan Aurora di harga Rp1,3 jutaan, ya mending itu.

      6. Belum.

  63. Ko herry mau tanya apakah xiaomi redmi note 5 yang beredar resmi di indonesia sdh mendukung face unlock?
    Terima kasih

    1. Pak Alvo,

      Mohon maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda.

      Secara keseluruhan saya lebih pilih Redmi Note 5.

  64. Andaikata Xiaomi Mi A2 jadi masuk resmi ke Indonesia ,menurut pak Herry bagusan mana kamera antara Redmi Note 5 sama Xiaomi Mi A2? apakah kualitasnya jauh lebih bagus Mi A2 ato mungkin malah hampir sepadan?terimakasih sebelumnya pak herry

    1. Pak Jhonny,

      Mohon maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda.

      Belum tahu. Saya belum menguji pakai Mi A2 dalam jangka waktu yang memadai. Unit yang saya coba pun firmware-nya masih keluaran awal. Dari hasil uji pakai yang supersingkat itu, saya kok malahan merasa kamera Redmi Note 5 justru lebih bagus daripada Mi A2. Namun, sekali lagi, hal tersebut hanya berdasarkan uji pakai sangat singkat yang belum layak dijadikan patokan.

  65. Selamat Sore Om Herry,

    Mohon informasi. Redmi Note 5 kalau dibandinggkan dengan Huawei Nova 3i untuk kamera & performa gahar mana. Terimakasi

    1. Pak Susilo,

      Mohon maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda.

      * Kamera: Redmi Note 5. Saya sebenarnya baru mencoba Nova 3i sebentar. Namun, dari hasil uji pakai itu sudah sangat terlihat kalau kamera Nova 3i kalah jauh dibandingkan Redmi Note 5.

      * Performa umum: nah… kalau ini belum bisa jawab. Idealnya saya mencoba Nova 3i dalam jangka waktu agak lama dulu. Masalahnya, sekarang saya sudah tidak memegang Nova 3i lagi.

  66. Pak HSW mau tanya utk pembelian note 5 di mi store TP 6 sby apakah available yg tipe 4/64gb black? atau hny dapat jatah random warnanya yang ada saja di mi store saat hari itu? sekarang masihkah panjang antriannya dan apa masih terbatas stoknya? terima kasih

    1. Pak Andrian,

      Mohon maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda.

      Sudah. Saat akan membeli bisa memilih warna. Tidak panjang kok. Stok masih terbatas, tapi jauh lebih banyak daripada dulu.

  67. Siang Pak Herry
    Mo tanya, bagaimana kualitas speaker dan perekam suara di Xiaomi redmi note 5?
    Trims sebelumnya

  68. untuk daya tahan hardware dan kestabilan kinerja hp lebih baik mana.. redmi note 5 dengan moto G5s plus ,terimakasih…

    1. Pak Nanang,

      Mohon maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda.

      Daya tahan sih tidak saya ketahui. Sebab, saya nyaris tak pernah memakai ponsel yang sama dalam hitungan tahun.

      Kinerja lebih oke Redmi Note 5.

  69. Pak HSW, thank you atas reviewnya.
    Pak, mohon bantu jawab yaa..
    1. untuk xiaomi redmi note 5 Ram 6GB/64 nya gmna ya pak? Apa masih masuk list rekomendasi pak HSW juga?
    2. Xiaomi note 5 VS Infinix zero 5?
    3. Ada rekomendasi hp lainnya yg punya batre besar ada ada nfc di kisaran 3jt++? Karena seperti yg telah bapak bilang juga, kebutuhan NFC saat ini juga cukup penting di kota2 besar.. hhe

    Thank youu

    1. Pak Chabsy,

      Mohon maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda.

      1. Tidak. Sebab, pasti tanpa garansi resmi.

      2. Hmmm… belum ada ponsel bernama Xiaomi Note 5. Infinix sih langsung coret saja.

      3. Tidak ada. Terkendala di kriteria baterai besar.

    1. Pak Febrian,

      Mohon maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda.

      Beneran. Namun, ya jangan diadu dengan ponsel berfitur AI dengan harga jauh lebih mahal ya. Pasti beda.

  70. Review Pak Herry adalah salah satu referensi utama bagi saya untuk menentukan upgrade hp sejak dulu. Saya request dong Pak, untuk review berikutnya disertakan kekuatan sinyal gadgetnya, mengingat saya sering berada di laut, terima kasih.

    1. Pak Sukir,

      Mohon maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda.

      Kekuatan sinyal ponsel keluaran terkini rata-rata seimbang kok. Saya takkan membahasnya khusus, kecuali menemukan ponsel yang penerimaan sinyalnya sangat buruk atau sangat kuat.

      Kalau di tengah laut sih sinyal ponsel konvensional jelas tak sebagus di darat.

  71. Koh Herry, tlg bantu jawab yaa..

    1. Xiaomi note 5 6Gb/64 apa pasti lebih baik dari yg koh herry review di atas?
    2. Rekomendasi Hp dengan baterai besar dan ada NFC di kisaran 3,5jt?
    3. Xiaomi note 5 vs infinix zero 5? Mending mana?

    Makasih ya

    1. Pak Chabsy al Riezal,

      Mohon maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda.

      1. Belum ada ponsel bernama Xiaomi Note 5.
      2. Tidak ada. Kalau baterai lumayan dan ada NFC, silakan melirik Asus Zenfone 5Q atau Moto G5s Plus.
      3. Belum ada ponsel bernama Xiaomi Note 5. Infinix sih langsung dicoret saja.

  72. Duh, reviewnya bikin pengen ganti hp aja nih…
    Kalau di Surabaya, pak Herry rekomend. untuk hunting xiaomi redmi note 5 ini dimana ya pak?

    1. Bu Erna Susanti,

      Mohon maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda.

      Di Mi Store Tunjungan Plaza 6 atau Pakuwon Mall.

  73. Selamat siang Koh

    saya ingin menanyakan beberapa hal mengenai body belakang xiaomi note 5 yang bertuliskan made in Indonesia, apakah ponsel tsb di rakit dari Indonesia? Lalu untuk komponennya jga dari Indonesia?

    Terima kasih

    1. Pak Tommy,

      Mohon maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda.

      Belum ada ponsel bernama Xiaomi Note 5. Jadi, ponsel apakah yang sebenarnya Anda maksud?

  74. Om Herry..untuk saat ini Xiaomi redmi note 5 vs LG V20 lebih recommended yang mana ya?

    Lalu kalo smartphone di rentang harga 2jt -3 jutaan apa yg menurut Om paling bagus secara overall

    Makasih sebelumnya Om Herry SW

    1. Pak Aan,

      Mohon maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda.

      Saya lebih condong ke Redmi Note 5 karena prosesor yang dipakai di V20 sudah tergolong tua. Ketersediaan suku cadang pun mungkin sudah mulai terbatas.

      Redmi Note 5 deh.

  75. Selamat siang Om Herry..
    Saya sudah lama kepincut sama hp xiaomi redmi note 5 ini..tapi jadi galau begitu liat Asus zenfone 5 dengan model layar berponi yang kekinian, NFC, dan review di website2 dan youtube yang memuja2 hp keluaran Asus ini terutama di sisi kamera.

    Kalo menurut Om Herry, mana yg paling recommend di antara keduanya?
    Dan kira2 kapan Om akan mereview hp Asus zenfone 5 ini. (Saya lihat sepertinya belum ada ya?)

    Terima kasih sebelumnya. Semoga sukses terus.

    1. Pak Subhan,

      Mohon maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda.

      Kalau Anda mengutamakan kamera dan NFC, berarti jawabannya ya Zenfone 5. Redmi Note 5 unggul di daya tahan baterai dan fitur remote control.

      Ya, saya akan me-review Zenfone 5. Jadwal unggah tak bisa saya pastikan.

      1. Kalo untuk tempered glass.nya gimana om herry ? Apakah penting untuk redmi note 5 ini ? & Merk apa yg recomended? Thanks

        1. Pak Ilyas,

          Bagi saya, biarpun layar suatu ponsel dibilang sudah menggunakan Gorilla Glass atau glass-glass lainnya, pengguna sebaiknya tetap memasangkan pelindung layar tambahan. Boleh yang berupa tempered glass maupun non-tempered glass.

          Untuk Redmi Note 5, kalau mau yang bagus silakan ambil ini https://duniacase.com/tempered-glass-xiaomi-redmi-note-5-pro-5-99-inch-nillkin.html

          Kalau ingin yang lebih murah, tetapi tentu tak sebagus yang di atas, belilah ini https://duniacase.com/tempered-glass-xiaomi-redmi-note-5-redmi-note-5-pro-hikaru.html

    1. Pak Ilyas,

      Saya yakin sudah menjawab pertanyaan yang sama dari Anda. Silakan cek jawaban saya di bawah pertanyaan pertama Anda.

  76. Om herry,
    1. kira2 snapdragon 636 ini dibandingkan klo dengan seri berapa (801/808/810/820) yang mirip keseluruhan kinerjanya sekarang…? Tks,,
    2. Gawai apa aja yg termasuk best value to price di semester ke-1 ini, min. 2 hp?
    3. Kenapa teknologi hp semakin kesini bisa didapatkan dengan harga terjangkau dibandingkan 2 tahun Lalu misalnya,, hal apa aja yg mempengaruhi tsb. Tks

    1. Pak Lolot,

      1. Snapdragon 820.
      2. Asus Zenfone 5 dan Xiaomi Redmi Note 5.
      3. Teknologi kian lama akan kian murah. Dipadu dengan volume produksi yang besar, biaya produksi per unit yang berujung kepada harga jual juga dapat ditekan.

  77. Ko Herry,

    Pernyataan Koko tentang Zenfone 5 diartikel atas, bikin saya penasaran. Saya search info dan harganya.
    Di Bukalapak dll, rata rata harganya 3-4juta.
    Tapi ada 1 penjual yang sama di Bukalapak yang berani menjual seharga 2.303 dan 2.260. Entah bedanya apa di kedua harga itu.
    Garansi resmi asus semua.
    Foto ada sticker TAM nya.

    1. Menurut Koko, apakah info penjual itu bisa dipercaya ? Penjelasan dan kenyataan sesuai ?
    Ajaib sekali harganya.

    2. Bagaimana saya bisa ngecek, bahwa hp yg dijual sesuai dg yang akan dikirim ?
    Penjual tidak membalas jika di chat. Pembeli diminta membaca sendiri keterangan yang ada.

    Tq

    1. Bu Sandra,

      Zenfone 5 harga Rp3-4 juta? Apakah tidak salah? Harga ritel resmi Zenfone 5 saat ini Rp4,499 juta. Harga pasar lebih mahal daripada itu.

      1. Sangat tidak bisa dipercaya. Harga modalnya saja nggak boleh segitu.

      2. Ya baru ketahuan setelah Anda bertransaksi. Melihat harga yang dipasang, penawaran itu sangat mencurigakan deh. Jangan melanjutkan transaksi.

  78. Pak Herry SW, mau tanya HP Xiaomi Redmi Note 5 ini sudah support memakai layanan paket data Smartfren 4G belum ya? Terima kasih sebelumnya

  79. Malam Om,
    Saya pengguna Mi Ai rencana ingin ganti ke Redmi note 5 setelah baca tulisan ini, apakah downgrade atau upgrade? Karena saya rindu dengan MIUI lagi dan bosan dengan stock android. Bagaimana saran om, trims.

  80. Cuman mau share pendapat saya, keluhan saya setelah meminang hape ini itu

    1. kamera depannya yang kadang kurang akurat tone warna kulitnya. Agak sedikit dicerahkan padahal fitur beautify nya sudah dimatikan, alangkah baiknya kalo Xiaomi ngasih pilihan untuk benar2 mematikan fitur beautify

    2. Management ram nya terlalu agresif, klo untuk aplikasi berjalan boleh lah di kill sama sistemnya kalo sudah tidak dipake, tapi kalo cache kok juga ikut2an di kill yah. Sebelumnya saya pake Asus zenfone max yg ram 2gb udah sering tuh sisa ram setelah cache cmn nyisa dibawah 10mb, tp fine2 aja dan berasa dimaksimalin kapasitas ram nya.

    Klo menurut om Herry lebih bagus pendekatan nya siapa? Xiaomi yang banyak kill cache jadi banyak free ram, atau Asus yang maksimalin penggunaan ram untuk cache?

    1. Pak Reza,

      Maaf, saya masih kurang paham dengan yang Anda maksud dengan “cache juga ikut di-kill”. Maksudnya bagaimana ya?

  81. Dear Pak HSW,

    1. Menurut Bapak, jika dibandingkan dari segi ketahanan baterai (dipakai streaming youtube dan drama korea utamanya), performa kamera dan ada tidaknya fitur usb otg, apakah lebih baik motorolla g5s plus atau xiaomi redmi note 5?
    2. Atau dengan mempertimbangkan 3 hal di atas, apakah Bapak punya rekomendasi ponsel lain dengan budget maksimal 3.1 jt?
    3. Menurut Bapak suatu HP lebih baik baterai tanam atau yg bisa lepas pasang? Karena kebiasaan saya kalau hp sudah mulai hang saya suka lepas baterainya dl dan biasanya tidak akan hang lagi untuk waktu lama..

    Terima kasih sebelumnya Pak

    1. Bu Silvi,

      1. Redmi Note 5.
      2. Redmi Note 5 pilihan terbaik, disusul Asus Zenfone Max Pro M1.
      3. Andai ada pilihan, saya lebih memilih baterai lepas pasang. Namun, karena tren pasar memang mengarah ke baterai tanam, ya mau tidak mau harus mengikutinya deh.

  82. Selamat malam pak HSW, terimakasih karena selalu memberikan naskah-naskah terbaru seputar dunia gawai. Salam sejahtera pak.

    Sebelumnya agak bergeser dari topik naskah, saya memiliki Asus Zenfone 5 A500CG (2014) dan pilihan hidup gawai saya ini sudah mencapai antara mengganti motherboard atau membeli gawai baru. Dengan masa 4 tahun ini apa bisa dibilang saya menggunakan gawai dengan cukup apik?

    Saat ini saya sedang menjalani kuliah tingkat akhir dan bergelut di bidang komunikasi. Saya pikir saya akan membutuhkan gawai dengan kamera mumpuni, lancar untuk sering dipakai multitasking, dan paling penting baterai tahan lama. Lalu saya tertarik dengan Xiaomi Redmi Note 5, Pocophone F1, dan Zenfone 5 ZE620KL. Kalau menurut bapak, mana yg paling recommend diantara semuanya? (saya tidak keberatan bila menjawabnya setelah me-review Zenfone 5 pak hehehe). Terimakasih~

    1. Pak/Bu Dilla,

      * Ya.
      * Saya belum bisa mengomentari Pocophone F1 dengan mendalam. Untuk sementara, pilihan yang ada berarti Redmi Note 5 dan Zenfone 5 ZE620KL ya. Kalau Anda lebih mengutamakan kamera, ambillah Zenfone 5. Sebaliknya, kalau Anda lebih mengutamakan daya tahan baterai, berarti silakan membeli Redmi Note 5.

  83. Permisi om herry. Apakah sampai saat ini om herry msh memakai xiaomi redmi note 5? Kalau masih, apakah selalu diupdate os nya sampai ke versi yg terbaru dan adakah keluhan selama pemakaian?

  84. Slmt malam pak Herry,,

    Saya mau tanya tentang layar antara redmi note 5 vs asus Zenfone max pro M1mana yang lebih nyaman dimata?
    Mengingat saya menatap layar ponsel nyaris 12 jam setiap harinya..

    Mhn saran Terima kasih banyak

  85. Halo pak Herry SW
    Review bpk sngt brguna bagi saya yg skrng lgi bngung mau beli hp xiaomi type apa dan kbtulan saya kepiut dengan xiaomi redmi note 5 ini tpi msih ragu krna saya bru prtma jdi pengguna xiaomi
    Saya jga ingin brtnya, slm bpk pke hp xiaomi redmi note 5 itu apa blm ada kendala yg lumayan? Terus klo mau beli di situs online hrus bergaransi resmi TAM dengan box orens kan pak? Apa di toko yg bpk beli di sby itu tdk mnjual produknya scra online? Mhon bntuannya pak?

  86. permisi om.
    jika dilihat dari :
    1. daya tahan batrei
    2. sensitifitas/performa hp
    3. tingkat kepanasan body
    antara redmi note 5 vs maxpro m1 unggul yg mana? suwun

    1. Pak Arzal 1897,

      Biasakan mengirimkan pertanyaan yang sama satu kali saja. Kali ini pertanyaan Anda terkirim tiga kali lho.

      1. Max Pro M1 unggul tipis.
      2 + 3. Seimbang.

  87. 1. Halo Pak herry bagaimana kabarnya hari ini…?
    2. Untuk tampilan layar zenfone zoom s (amoled) dan redmi note 5 (ips full hd+) ini mnrt bapak lebih sedap dipandang yg mana..?
    3. Sekedar saranbkoh herry,, untuk tombol fungsi kembali keatas setelah baca artikel sampe bawah kan ada,, kenapa tidak ada tombol langsung kebawah diartikel jika diperkenankan… Trims

    1. Pak Lolot,

      1. Baik.

      2. Saya sih merasa sama saja.

      3. Saya malahan baru tahu kalau ada tombol tersebut. Saya tak pernah mengaturnya. Apakah Anda mengetahui cara menampilkan tombol langsung ke bawah?

  88. Hallo Pa Herry salam kenal.. mau tanya saya beli Xiaomi note 5 resmi.. kebetulan saya pengguna Smartfren ketika kartu diaktifkan di Xiaomi note 5 tanpa mendownload VoLTE dapat hanya bisa SMS saja..untuk TLP dan menerima TLP tidak bisa apa ada settingan di hp nya atau harus mendownload VoLTE terlebih dahulu??

  89. Selamat Pagi Pak Heri,

    Bagaimana kualitas rekam Redmi Note 5 Pro dibanding Asus Zenfone 3 Zoom Pak pada mode 1080p, terutama di malam hari? Saya ada rencana ganti HP ini ke Zenfone 3 Zoom atau sekalian upgrade ke Pocophone (jika dapat barang pas flash sale nanti). Sy kurang puas dengan hasil rekam video Redmi Note 5 Pro Pak, terutama pada saat malam. Apa karena chipset Sony nya utk kamera blkg masih dibawah Zenfone 3 Zoom ini? Terima kasih

    1. Pak Doni P,

      Tak tahu. Redmi Note 5 Pro dan Zenfone 3 Zoom tidak beredar resmi di sini. Saya tak mau mengomentarinya.

  90. terima kasih atas reviewnya pak herry. saya akhirnya beli yg dus cina, alasannya sederhana, saya ingin punya hp yg benar2 “ASLI” hehehe. sejauh ini tidak ditemukan sama sekali kendala atau masalah. justru saya mau menambahkan sedikit:
    1. layar full hd+ dengan 10 point multitouch
    2. baterai irit banget, support fast charging. ngecas kurang dari 2 jam.
    3. sinyal kuat. 2G, 3G, 4G.
    4. layar panjang. bikin pede di dpn pelanggan hehe.
    5. kamera bagus sekali.
    6. speaker jernih, keras, tidak pecah. saat pake earset jg suaranya bagus.
    7. murah bro…..
    kelemahannya cm satu: launchernya kurang bagus (selera).
    overall hp susu eh redmi note 5 ini recommended banget dijadikan daily driver.

    1. Pak Denny,

      Hmmm… berarti pasti bukan bergaransi resmi. Semoga saja dapat barang yang benar-benar baru dan tidak bermasalah.

      1. betul pak herry, saya rasa saya dapat unit yg bukan benar- benar baru karena pas dibuka sudah unlocked dan (beruntung) dapat ROM OEIMIFA. tapi penjual berani kasih garansi toko atas produknya selama 3 hari dan garansi lifetime atas ROM nya.
        berbeda ketika sebelumnya saya beli Xiaomi Redmi 5A garansi resmi TAM. saat di toko kondisi barang baik-baik saja. ketika sampai rumah dan selesai update firmware ternyata layarnya tidak kuat, muncul titik putih semacam dead pixel yg tidak bisa dihilangkan sama sekali. saya komplain ke penjual dan dapat jawaban saya disuruh kirimkan unitnya ke TAM Yogyakarta, ongkos kirim pulang pergi saya yang nanggung, dan dijanjikan waktu kurang lebih 1 sampai 3 bulan. Toko alias penjual seakan lepas tangan. padahal transaksi tersebut masih dalam hitungan jam saja.

        1. Pak Denny,

          Hanya satu titik? Kalau hanya satu titik biasanya tidak bisa diklaimkan garansi. Hal itu berlaku bukan hanya untuk merek Xiaomi.

    1. Pak Arifin,

      Memang sudah saatnya turun deh. Harga ritel resmi varian 3/32 sekarang Rp2,399 juta, sedangkan 4/64 Rp2,799 juta.

    1. Pak Roni,

      * Ketuk layar dua kali untuk mengaktifkan layar: bisa.
      * Ketuk layar dua kali untuk memadamkan layar: tidak bisa.

      1. Terima kasih pak HSW,
        Maaf mau nanya lagi.
        Bagaimana kualitas pelayanan service center xiaomi kalo ada kerusakan? Soalnya saya pernah dpt info kalo pelayanannya lama (kalo ada kerusakan), hp bisa sampai sebulanan opname disana. Benarkah hal tsb pak?
        Terlebih di kota saya (balikpapan), service centernya gabung dg huawei, nokia, bb. Saya kok jadi gimanaa gitu service center digabung2 gitu 🙂

        1. Pak Roni,

          Tergolong cukup bagus. Namun, Anda sebaiknya menghindari pusat perbaikan Xiaomi yang dikelola oleh TAM.

          Di kota-kota yang belum ada Xiaomi Mi Exclusive Service Center, klaim garansi biasanya ditangani oleh Unicom Care yang juga menjadi mitra produsen ponsel merek lain. Unicom Care bagus kok.

          1. Terima kasih pak HSW,

            Maaf, jadi, Unicom Care itu dikelola oleh TAM ya pak HSW?
            Maaf banyak tanya 🙂

  91. Sorry Koh Herry, untuk varian 6GB 64GB kpn ya bs resmi msk indonesia, krn di erafone balikpapan blm msk. Dan apakah hanya berbeda di ram saja atau ada fitur tmbhn lainnya u/ versi yg 6GB. Dgr2 yg varian 4GB main PUPG hanya bisa disettingan balance, sementara yg varian 6GB bisa settingan HD. Untuk performa kecepatan dan antutu apakah berbeda bnyk?

    1. Pak Dody,

      Sudah masuk kok. Harga ritel resmi seluruh varian Redmi Note 5 sebagai berikut:
      * 3/32 Rp2,399 juta.
      * 4/64 Rp2,799 juta.
      * 6/64 Rp3,499 juta.

      Harga jual di Erafone lebih mahal.

      Dibandingkan varian 4/64, Redmi Note 5 6/64 hanya beda di kapasitas RAM. Selisih harganya mencapai Rp700 ribu. Karena itu, menurut saya, Redmi Note 5 6/64 terasa kurang menarik dibeli.

      Soal performa, saya tak tahu. Saya tidak pernah mencoba Redmi Note 5 6/64.

  92. Pak Herry, saya sudah menggunakan ponsel ini untuk versi 3GB/32GB. Saya mengalami kendala sering kali kamera lag/lelet/tidak responsif terutama saat masuk mode portrait. Apakah Pak Herry mengalami hal yang sama? Bagaimana cara mengatasinya? Ini pertama kalinya saya pakai Xiaomi. Thanks

    1. Pak Tri Setyo Wijanarko,

      Saya tidak pernah memakai Redmi Note 5 3/32. Yang saya gunakan Redmi Note 5 4/64. Selama memakainya, ponsel tak pernah terasa lemot.

    1. Pak Bachtiar,

      Corporate email yang seperti apa ya? Saya sehari-hari memakai email dengan domain sendiri dan bisa dihubungkan ke Redmi Note 5.

        1. Pak Ade Bachtiar,

          Tak ada cara khusus sih, Pak. Saya cukup menambahkan email tersebut seperti ketika saya menambahkan akun Gmail.

  93. selamat siang pak HWS…
    mau tanya setelah update ke miui 10 baterai kok jadi lebih boros….
    dan kekurangannya kamera belakang sat mode potret flash nggak fungsi untuk membantu pencahayaan apabila di ruangan indoor

    1. Pak Black_id1929,

      Pak HWS siapa ya?

      Di depan saya kebetulan ada Redmi Note 5.
      * Konsumsi baterai sama saja deh.
      * Saya hampir tak pernah mengaktifkan lampu kilat kamera ponsel. Barusan saya lihat, benar tak ada pilihan mengaktifkan lampu kilat di mode portrait. Sebelumnya apakah ada?

    1. Pak Yusuf,

      Di luar ruangan dengan pencahayaan terang lebih bagus G6. Kalau pencahayaan temaram, lebih bagus Redmi Note 5.

  94. Pak Herry,
    Sedikit minta pencerahan perbandingan antara Motorola G5S Plus dan Redmi note 5, untuk :
    1. Hasil kamera
    2. Daya tahan baterai

    Terimakasih.

  95. Koh Herry,

    Apakah Redmi Note 5 ini layarnya sudah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass atau sejenisnya?

    Karena saya mendapat info dr bbrp penjual, bahwa sebagian besar layar HP Xiaomi tidak dilindungi dengan Corning Gorilla Glass atau sejenisnya.
    Termasuk Xiaomi Redmi 4X saya yang pecah layarnya setelah jatuh 1 kali.

    Terima kasih.

    1. Pak Adrian,

      Tidak ada penjelasan detailnya. Kemungkinan pakai Gorilla Glass, tetapi tak diketahui yang generasi keberapa.

      Gorilla Glass sebenarnya lebih ditujukan untuk menekan probabilitas permukaan layar ponsel tergores lho. Gorilla Glass jangan dimaknakan sebagai tidak bisa pecah.

  96. pak herry, redmi note 5 Vs Redmi Note 4 sama-sama varian 4/64, keseluruhan unggul mana pak? atau bertahan di redmi note 4. terima kasih

  97. Pak Herry oot,, mnrt pribadi kira2 jika akhir tahun 2018 mau beli hp second pilihannya zenfone zoom s dan moto z2 play, siapakah d Best of kriteria berikut :
    1. Kualitas Kamera dan video…?
    2. User experience…?
    3. Kegegasan dan tampilan UI..?
    4. Kesimpulan dan pilihan diantara gawai ke2 tsb…?Terimakasih

    1. Pak Lolot,

      Saran saya, silakan menanyakannya lagi sekitar dua minggu sebelum akan melakukan pembelian. Kalau untuk saat ini:
      * Poin 1 saya condong ke Zenfone Zoom S.
      * Poin 2 imbang.
      * Poin 3 saya condong ke Moto Z2 Play.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *