Review Xiaomi Redmi Note: Prosesor 8 Core, Harga 2 Jutaan

Meskipun Xiaomi Redmi Note belum beredar resmi di Indonesia, praktiknya ponsel itu sudah gampang dijumpai di pusat penjualan ponsel. Mayoritas bergaransi distributor independen. Sebagian lagi, yang biasanya dijual lewat berbagai forum dan milis di internet, hanya mengandalkan garansi personal dari penjual.

Saat penulis mengetikkan tulisan ini, rentang harga jual Redmi Note mulai Rp 2,3 juta sampai Rp 2,5 juta. Atas kebaikan hati seorang penggemar gawai alias gadget di Pagar Alam, Sumatera Selatan, penulis mencicipi ponsel itu. Redmi Note dengan kardus masih tersegel dikirimkan ke Surabaya. Jadilah penulis yang memerawani ponsel gres tersebut.

Redmi Note-1

Redmi Note dibekali layar IPS 5,5 inci beresolusi 1.280 x 720 piksel. Baterainya berjenis lithium polymer dengan kapasitas 3.200 mAh. Dengan memperhatikan dua hal itu, wajar kalau ukuran ponsel itu agak bongsor. Dimensi fisiknya 154 x 78,7 x 9,45 mm dan berbobot 199 gram.

Kamera utamanya beresolusi 13 megapiksel dengan fokus otomatis dan lampu kilat. Sementara itu, kamera di sisi muka beresolusi lima megapiksel. Kalau difungsikan sebagai perekam video, masing-masing kamera sanggup menghasilkan klip video full HD 1080p. Kinerja dua kamera itu pantas dikategorikan bagus.

Prosesor delapan inti (octa core) MediaTek MT6592 1,7 GHz, RAM 2 GB, ROM 8 GB, dan selot microSD merupakan sebagian spesifikasi lain Redmi Note. Memori internal ponsel itu hanya terdiri atas satu partisi yang diberi nama phone storage. Saat ponsel masih segar, sebanyak 5,44 GB di antara 6,31 GB phone storage berstatus kosong.

Redmi Note-2

Ponsel tersebut juga dibekali Wi-Fi, bluetooth, lampu senter, kompas, dan radio FM. Tanpa menancapkan handsfree berkabel, pengguna sebenarnya bisa mendengarkan siaran radio FM via Redmi Note. Namun, penerimaan siaran bakal kurang optimal. Bila diinginkan, pengguna dapat merekam siaran radio yang sedang didengarkan.

Dua kartu mini SIM yang diselipkan ke Redmi Note dapat siaga bersamaan. Nomor GSM di selot pertama leluasa mengakses jaringan 2G maupun 3G. Kalau mau, pengguna bisa mengunci nomor pertama di jaringan 3G. Ruang gerak nomor GSM di selot kedua lebih terbatas. Ia hanya diperkenankan masuk ke jaringan 2G.

Sama dengan Redmi dan Redmi 1S yang pernah penulis uji pakai, pengguna Redmi Note dapat menikmati fitur guest mode dan do not disturb. Sekadar mengingatkan, guest mode berfungsi untuk menyembunyikan riwayat panggilan telepon, SMS, catatan, dan kumpulan foto. Sedangkan do not disturb akan membuat ponsel membisu selama rentang waktu yang ditentukan. Telepon, email, dan SMS tetap akan masuk, tetapi ponsel tidak bersuara.

Di bagian atas layar, pengguna juga bisa menampilkan kecepatan koneksi internet yang sedang dipakai. Kalau ingin melindungi privasi dengan lebih maksimal, pengguna tinggal masuk ke menu permission, lalu memilih aplikasi yang ingin dikunci memakai pattern lock.

Redmi Note-3

Secara umum, Redmi Note yang bersistem operasi Android 4.2.2 Jelly Bean plus tampilan antarmuka MIUI versi 5 itu cukup menarik. Daya tahan baterainya patut mendapatkan pujian ekstra. Meskipun telah meninggalkan rumah sejak subuh dan baru pulang menjelang tengah malam, penulis tak perlu membawa charger atau power bank.

Betapa pun, ponsel itu tetap memiliki sedikit cela di mata penulis. Pertama, Wi-Fi terasa kurang stabil. Saat terhubung ke hotspot Wi-Fi, berkali-kali sambungan terputus sendiri. Padahal, di saat bersamaan, Redmi 1S yang penulis gunakan senantiasa terhubung ke hotspot itu.

Kedua, karena telah dibekali prosesor delapan inti, awalnya penulis berharap Redmi Note lebih gegas daripada, misalnya, LG G2, G3, dan Sony Xperia Z2 yang berprosesor empat inti. Praktiknya, ketrengginasan empat ponsel itu relatif sama. Redmi Note tidak terasa lebih cepat. Mengingat harga Redmi Note jauh lebih murah dibandingkan tiga ponsel lain yang penulis sebutkan, kondisi itu masih bisa dimaafkan.

***

Contoh foto yang dihasilkan Redmi Note.

Redmi Note-4

Redmi Note-5

Redmi Note-6

Redmi Note-7

Redmi Note-8

Redmi Note-9

Beberapa boneka mungil ini berada di sebuah kamar yang temaram. Difoto tanpa bantuan lampu kilat.

Redmi Note-10

Foto selfie ini dijepret menggunakan kamera depan, dilakukan beberapa menit setelah bangun tidur dan tanpa mengenakan kaus dulu.

Redmi Note-11

***

Screen capture Android Sensor Box dan Antutu Benchmark.

Redmi Note-12

Redmi Note-13

195 thoughts to “Review Xiaomi Redmi Note: Prosesor 8 Core, Harga 2 Jutaan”

    1. Pak Anton W.,

      Speaker sih boleh dibilang sama dengan ponsel-ponsel lain di kelasnya. Tidak istimewa, tetapi juga tidak jelek.

    1. Pak Daniel,

      Soal pemindahan aplikasi, saya tidak memperhatikannya. Saya memang terbiasa menginstalasikan aplikasi di memori internal.

      Ya, bisa USB OTG.

  1. recomend mana Pak Herry yang 1S ato yang redmi note?

    Terus ‘kurang gegasnya’ dimana siy Pak? Soalnya saya pernah pake lenovo A706, walaupun secara performance umum cukup baik, tapi koneksi internetnya itu lho…yang kadang-kadang bikin senewen, hehe….

    1. Pak Dinno,

      Saya tidak menyatakan Redmi Note kurang gegas atau lemot lho. Karena sudah memakai prosesor delapan inti, awalnya saya berpikir ponsel itu akan lebih gegas daripada ponsel dengan prosesor empat inti. Praktiknya, ternyata tingkat responsnya relatif sama dengan ponsel empat inti.

  2. sementara cukup berpuas dulu dg redmi 1s, sambil nunggu pak herry ngreview mi3 or mi4
    layar 5,5 inch bagi saya terlalu bongsor, max 5 inch baru nyaman

    1. Pak/Bu Trayan Tranggana,

      Untuk menulis, silakan memakai jari tangan atau membeli stylus terpisah. Saya sih lebih suka pakai jari saja.

  3. Pak saya mau minta rekomendasi untuk hp di harga 2-3jt.. Saya tadinya tertarik dengan LG G2 mini, tapi melihat redmi 1s dan redmi note saya jadi bingung.. Saya lebih mementingkan kamera pak, menurut pak herry bagaimana? Mohon jawabannya, terimakasih..

    1. Pak Reza,

      Dengan anggaran maksimal Rp 3 juta dan yang dipentingkan kamera, Acer Liquid E3 lebih menarik dilirik. Namun, bila pilihannya Redmi 1S, G2 Mini, dan Redmi Note, saya memilih G2 Mini.

    1. Bu Meia,

      Belum ada Redmi Note bergaransi resmi. Yang sudah beredar adalah Redmi Note bergaransi distributor independen maupun tanpa garansi. Silakan mencarinya di pusat penjualan ponsel. Kalau di Jakarta, misalnya, di Roxy Mas dan Mal Ambasador.

  4. selamat pag Pak Harry SW

    dengan harga yang hampir sama antara Xiaomi Redmi Note dan lenovo S660, kalau ,emurut Pak Herry sebaiknya pilih yang mana, Pak?

    terima kasih

    1. Pak Cun Cun,

      Eh, ternyata di kalimat berikutnya ada pertanyaan untuk Herry. Jadi, saya jawab. πŸ™‚ Lebih baik memilih Redmi Note.

  5. klo lock gps ny cepat mn pak antara redmi 1s dg note?
    lalu keyboard note pke swiftkey jg ya pak?
    klo pak herry prefer mn dg swipe?
    tks

    1. Pak Priyo,

      Harap diingat, semua Redmi Note yang sekarang beredar di pasar bukan bergaransi resmi. Blibli.com saya lihat sudah berjualan Redmi Note. Mereka biasanya bisa cicilan.

  6. Sebulan pake buat saya yg paling gak enak…. Kl diajak ngomong lama tangan jd pegal terutama bagian jempol krn layar yg lebar plus agak berat..

  7. Nambahin dikit om sebagai pemakai mi note ini saya menilai.
    Sisi minusnya.
    Speakernya kurang keras bila di adu dengan samsung note 2.
    Sensor kecerahan layar set auto tetap tidak responsif, harus atur manual.
    Wifi signalnya kurang stabil, setelah update rom baru bagus.

    Overall saya sangat puas akan redmi note ini, harga yg terjangkau, irit batere, kualitas layar ips yg bagus, responsif banget.

  8. Malam om Herry, apakah di redmi note ada,
    Pertama : fitur terima telp hanya dgn mendekatkan ke telinga? (spt pd Lenovo ) . Dan kalau tidak ada, apa bisa ditambahkan software tertentu?
    Kedua : fitur membalikkan ponsel untuk mematikan / silent nada dering masuk ataupun video atau lagu yg sedang terputar ( spt pada Samsung ).
    Terima kasih dan ditunggu infonya

      1. Rekan-rekan pengguna Redmi Note yang mengikuti thread ini, tolong bantu Pak Victor ya. Silakan mengintip menu di ponsel masing-masing.

  9. permisi om herry. kalo om herry akan memilih antara red mi note vs lg g3 stylus, om herry pilih mana? jika belum pernah nyoba lg g3 stylus, mungkin kira kira akan sama dengan lg L80 plus stylus. terima kasih om.

    1. Pak Eko Vincen,

      Saya belum pernah mencoba G3 Stylus sehingga tak bisa menjawab lebih baik mana. Namun, seandainya tetap harus langsung memilih satu unit, saya akan memilih Redmi Note.

      Alasannya sederhana. G3 Stylus itu diposisikan sebagai penerus G Pro Lite. Jadi, seharusnya ia tidak akan superistimewa. G3 Stylus bukan sekadar L80 + stylus deh. Dengan asumsi stylus-nya dibuang dulu, spesifikasi G3 Stylus lebih tinggi daripada L80.

  10. om HSW,
    kalo dibandingkan dengan asus zenfone 5 yg sudah Z2580 (2GB/16GB) lebih layak yg mana yah ? terutama hasil kameranya …

    1. Pak Christian,

      Sampai batas waktu yang belum diketahui, jangan membeli tablet dan ponsel merek Asus dulu. Prinsipalnya di sini saya lihat masih setengah hati, nggak becus, dan jago PHP (Pemberi Harapan Palsu).

      1. kalau mengabaikan support, karena kemungkinan besar akan ambil yg BM dari seller terpercaya, lebih baik mana om HSW ?

        1. Pak Christian,

          Karena Anda tampaknya menomorsatukan kamera, Zenfone 5 mestinya lebih unggul saat pemotretan low light.

    1. Bu Meia,

      Kalau firmware bawaan memang tidak didesain untuk melakukan video call, ya takkan bisa ber-video call.

  11. Maaf pak Herry, sy mau ikut tanya ya…
    Sy lagi bingung mau beli hp. Antara xiaomi redmi note dengan asus zenfone 6. Menurut bapak lebih bagus yg mana? Dan apakah benar kalau mau menggunakan hp xiaomi harus di root (atau semacamnya) dulu? (Jadi maksud sy tidak bisa langsung pakai). Kalau iya, dimana kita bisa membetulkan itu biar bisa siap pakai?
    Terima kasih pak sebelumnya…

    1. Bu Dina,

      Saran saya, sampai batas waktu yang belum diketahui, jangan membeli ponsel dan tablet merek Asus dulu. Sebab, prinsipalnya di sini masih terlihat setengah hati, nggak becus, dan jago PHP (Pemberi Harapan Palsu).

      Xiaomi Redmi Note layak dibeli. Satu hal yang perlu diketahui sejak awal, belum ada Redmi Note bergaransi resmi. Yang beredar di pasar seluruhnya bukan bergaransi resmi.

      Apakah pakai Xiaomi harus di-root? Jawabannya, tidak. Saya sudah memakai tiga tipe Xiaomi yang berbeda dan seluruhnya tanpa root.

  12. Siang Om herry, bih prefer mana antara redmi s1 dan redmi note?kebutuhan saya game,movie, dan internet yang stabil (baik wifi maupun operator selular),, trima kasih sebelumnya

  13. Siang Om herry, bih prefer mana antara redmi s1 dan redmi note?kebutuhan saya kamera, game,movie, dan internet yang stabil (baik wifi maupun operator selular),, trima kasih sebelumnya

  14. trima kasih atas pencerahannya om herry,,, ok fix ambil redmi note
    nti kalo udah dapat ijinkan saya kembali komen om herry,,,

  15. Pak Herry,
    menurut anda lebih bagus mana redmi note, zenfone 5, dan himax polymer octa core dari kinerja dan fiturnya?
    Ini tanpa memperhatikan layanannya ya pak (seperti asus yang kurang baik layanannya)

  16. Sip pak.
    Pegang redmi 1S sebentar,waktu malam meraba menu. πŸ™
    Kalau menurut bapak,redmi note layak kah untuk peremajaan lenovo P770?

    1. Pak Ryan,

      Redmi Note: baterai awet, responsif, kamera oke, dan user interface simpel.

      Zenfone 5: baterai boros, bodi panas, dan berpotensi berikan kejutan. Zenfone 5 teman saya yang baru dipakai tak sampai sebulan mendadak mati total sendiri.

      Polymer Octa Core: dua kali beli ponsel Himax, keduanya mengecewakan. Praktik bisnis ala Himax saya lihat juga kurang etis. Numpang beken merek lain. Coba buka Xiaomi.co.id dan Xiaomiindonesia.com. Padahal, Xiaomi tidak ada kerja sama apa pun dengan Himax.

  17. Pak Herry kalau harus memilih antara redmi note, lg g2 mini, atau lg g3 stylus lebih baik yang mana diantara ketiga ponsel tersebut? Diutamakan battery awet dan gegas.Terima kasih

    1. Pak Setiawan,

      Saya belum pernah mencoba G3 Stylus. Berarti, tinggal tersisa dua pilihan: Redmi Note dan G2 Mini. Bila yang diutamakan baterai awet dan gegas, Redmi Note lebih unggul.

    1. Pak Setiawan,

      Redmi Note belum beredar resmi di sini. Jadi, semua yang tersedia di pasar adalah barang bergaransi tidak resmi.

  18. Nah ini yang saya incar dari dulu, jika mau membeli dengan garansi distributor, apa kekuarangan dan kelebihannya pak? Atau sebaiknya nunggu yang resmi saja? Soalnya sampai saat ini tak ada kabar kapan Redmi Note resmi akan meluncur πŸ™

    1. Pak Tuxlin,

      Kekurangannya:
      1. Klaim garansi biasanya ruwet.
      2. Ada peluang mendapatkan Redmi Note palsu. Teman saya di Jakarta pernah mengalaminya sendiri.

      Kelebihannya:
      Dapat barang lebih cepat. Kan Redmi Note bergaransi resmi belum tersedia. Jadwal peluncurannya pun belum diketahui.

  19. om HSW kalau di adu dengan moto g dual sim gimana untuk skor masing2 gawai antara moto g vs redmi note skor 1-10 thank

    1. Pak Ambang,

      Wah, kalau pakai skor-skoran saya bingung. Intinya, Redmi Note dari berbagai sisi mengalahkan Moto G deh.

  20. haha kalau di balik lawanya redmi 1s vs moto g dual gmn pak kan bpk sama2 pernah riview, keren mana dr semua aspek hehe

    1. Pak Ambang,

      Moto G memang lebih seksi daripada Redmi 1S. Namun, untuk kinerja keseluruhan, saya lebih memilih Redmi 1S.

  21. haha om HSW sepertinya uda jatuh hati m xiaomi sprti awal dulu lenovo baru keluar, bahasa cintanya lg kasmaran haha. mksi om reviewnya di tunggu xiaomi berikutnya mi3 atau mi4 , sukses selalu ponselmu.com

    1. Pak Ambang,

      He.. he.. iya. Semoga saja Xiaomi tidak cepat besar kepala. Lenovo yang dulu harganya rasional kini semakin terlalu percaya diri. Di sisi lain, layanan pusat perbaikan resminya terasa mengerikan.

  22. ya uda py nama pasti gt g seperti s880 yg cetar harga rasional waktu itu, semoga xiaomi nt kosisten dengan harga skrg. murah tapi bukan murahan. mi3 atau mi4 kapan pak riviewnya y hehe

    1. Pak Ambang,

      Iya, Lenovo dulu harga rasional. Kini mereka sudah terlalu percaya diri.

      Review Mi3 atau Mi4? Lha saya kan masih menanti kiriman dari Anda. πŸ™‚

  23. Waduh nggak cuma Powerbank aja yang palsu, HP redmi juga ada yang palsu? Waduh mundur teratur saja pak, nunggu yang resmi walo nggak jelas kapan… Sebelumnya saya pakai Xperia Ray dan Lumia 520

  24. Pak Herry,

    Sebelumnya saya beli Redmi 1s karena keracunan tulisan yang berjudul “Xiaomi Redmi 1s Pantas Dibeli Tanpa Pikir Panjang”. Nah Kamis minggu depan 13/11 Redmi Note flash sale di Lazada dengan harga 1.999.000. Menurut Pak Herry dengan mahar segitu apakah Redmi Note juga pantas dipinang ?

    Terima kasih

  25. wahh bukan tidak lama lagi pak ini sudah ada di lazada lohh.. aduuhh jadi galau banget pak, katanya akan keluar xiao mi note yang LTE atau 4g tapi processor jadi quad core saja akhir tahun ini. menurut bapak lebih worth beli yang mana ya.

    dan saya mau belanja di lazada jujur masih agak takut karena belum pernah belanja online menurut bapak oke gak belanja di lazada apakah sudah dijamin ori nih pak? karena ada search di youtube kalau ada xiaomi note palsu dengan harga sama tapi qualitas di bawahnya. jadi takut dapat barang palsu pak.

    galau galau galau..
    mohon bantuan pencerahannya pak HSW.
    tadinya saya berencana mau beli tab karena sekalian untuk kerja kalau menurut bapak pakai note ini apa bisa untuk akses word, excel dan powerpoint dengan mudah pak?

    1. Bu Meia,

      Benar. Redmi Note mulai dijual di Lazada pada 13 November 2014. Soal Redmi Note yang 4G, saya belum ada info tentang jadwal edarnya di sini.

      Kalau Redmi Note yang dijual di Lazada minggu depan sih pasti orisinal.

      Bila untuk kerja dan Anda rutin membuka file Excel, layar 5,5 inci mungkin akan terasa kurang lega. Bisanya sih bisa, tetapi kurang nyaman.

    1. Bu Meia,

      Redmi Note yang akan dijual di Lazada pada 13 November 2014 adalah barang orisinal, baru, dan bergaransi resmi.

  26. kalau resmi untuk indo, ada bahasa indonesia ya pak? ngom” pak kalao boleh tahu pengalaman tidak enak saat pakai himax itu apa pak karena ada yg recomment himax aja dari pada xiaomi

    1. Bu Meia,

      Seharusnya ada bahasa Indonesia.

      Firmware Himax terasa banyak bug. Sinyal kembang kempis. Lebih baik beli Xiaomi daripada Himax.

  27. tapi pak baca di kaskus sinyal xiaomi juga kurangblancar katanya pak, ><

    kira" xiaomi ini awet untuk dipakai beberapa tahun gak ya pak, karena masih pelajar walau cuma 2jt kalau cuma bisa pakai sebentar rasanya sayang juga.

    1. Bu Meia,

      Mengacu kepada pengalaman pribadi mencoba aneka tipe ponsel Xiaomi, sinyal baik-baik saja kok.

      Terlepas dari ketinggalan zaman atau tidak, ponsel Xiaomi seharusnya mampu bertahan selama bertahun-tahun.

  28. wahh makasih ya pak buat pencerahannya, sepertinya fix untuk ikutan sale di lazada kamis nanti, kalau tidak dapat yah kamis berikutnya.. πŸ˜€ semoga berhasilll ya pak.

    karena kalau mau cari offline saya takut dapat barang fake ><

  29. Om harry.. Aku udah pake sebulan redmi 1s dr lazada.. Emang kelebihan redmi note di banding 1s apa om (selain layar nya yg lebar) krn aku berniat mengganti 1s sm note.. Menurut om gmn?? Kalo dr segi kamera, beda jauh ga yah?? Pengguna redmi note tolong saring juga yah, makasih..

  30. Haha.. Salah ketik om.. Ternyata kamus pada SwiftKey pada redmi 1s saya salah terjemah haha.. Om herry mohon di bantu ya pencerahan nya

    1. Bu Adila,

      He.. he.. Swiftkey-nya salah tulis nama ya.

      Daya tahan baterai Redmi Note lebih lama daripada Redmi 1S. Pagi sampai tengah malam pun masih cukup. Hal lain, bodi Redmi Note lebih jarang hangat.

  31. kalau kualitas kamera ada yg bilang meski 13 mp tapi hasilnha kayak 8 mp bahkan katanya bagusan 1s. tpi kurang tahu blm pakai soalnya. πŸ™‚ habis lihat hasil kamera tidak bisa hanya dari besar mp nya saja sihhh

    1. Bu Meia,

      Benar. Resolusi kamera sebatas menunjukkan besar kecilnya ukuran foto yang mampu dihasilkan. Resolusi kamera tidak bisa dijadikan penentu baik buruknya hasil foto.

      Menurut saya, hasil foto Redmi Note dan Redmi 1S relatif setara sih. Kalau dicermati lebih lanjut, hasil kamera belakang lebih unggul Redmi 1S. Sedangkan hasil kamera depan lebih bagus Redmi Note. Perbedaannya relatif tipis.

  32. Pak Herry,

    Bagaimana dengan kecepatan fokus + jepret kamera nya dibandingkan Redmi 1s ? apakah sama ?
    Lalu, jika di Redmi 1s kondisi flash diaktifkan, saat tekan shutter maka lampu flash akan nyala (kedip) dahulu, baru kemudian jepret+flash, apakah di Redmi Note juga sama atau langsung jepret+flash ?
    Terima kasih.

    1. Pak Yopie,

      Kecepatan fokus dan jepretan sih boleh dibilang imbang.

      Soal lampu kilat yang langsung jepret atau berkedip dulu, terus terang saya malahan tidak memperhatikan.

  33. kalau dari kualitas merek aja sih pak karena sesungguhnya juga gak terlalu tahu tipe” huawei hanya kalau dari after sales dan kualitas produk dan layanan saja

    1. Pak Adit,

      Huawei termasuk pemain lama dan sudah berskala global. Kalau Xiaomi termasuk pemain baru yang sedang naik daun. Kualitas produk dan layanan purna jual sih setara. Namun, Xiaomi unggul di harga jual yang lebih miring.

    1. Pak Arichels,

      Anda di kota mana ya? Kalau di Jakarta, bolehlah berharap hari ini barang tiba. Kalau Anda di kota lain, lebih baik menganggap barang baru tiba minggu depan.

    1. Pak Beryl,

      Saya belum pernah coba Mi3.

      Sekadar info, seri Mi adalah high end-nya Xiaomi. Jadi, dalam hal kinerja, mestinya Mi3 lebih gegas daripada Redmi Note. Harga Mi3 sekitar 50 persen lebih mahal daripada Redmi Note.

  34. Pak Herry,
    Dengan mempertimbangkan kinerja pusat perbaikan, harga jual, desain dan fitur, mana yang sebaiknya dipinang : LG L70 Dual, Redmi 1S, Moto E, HP 7 Voicetab Bali, Lumia 530, Acer Z500? Mohon masukannya. Trims

    1. Pak Adrian,

      Wah, ponsel kok dibandingkan dengan tablet? Mestinya kurang cocok.

      Lumia 530 dan Acer Liquid Z500 tidak saya singgung karena saya belum pernah mencoba keduanya.

      Di antara yang tersisa, kalau soal kinerja saya memilih Redmi 1S. Harga jualnya juga masuk akal. Namun, performa pusat perbaikan resminya memang tidak sebagus LG.

  35. Pak Herry SW,
    mau tanya ukuran redmi note dibandingkan galaxy note 2 lebih besar mana? saya sekarang pakai redmi 1s, kalo ukuran redmi note lebih kecil dari note 2 saya rencana mau beli. trims

    1. Pak Emirsyah,

      Terus terang saya sudah lupa seperti apa sensasi fisik menggenggam Galaxy Note 2.

      Kalau mengacu kepada spesifikasi di atas kertas, Redmi Note lebih panjang dan lebih berat daripada Galaxy Note 2. Namun, Redmi Note lebih ramping.

  36. Om kemaren saya menanyakn mslh hp yg layak d pinang,xiaomi note atau lumia 730 dual sim
    Nach skrng yg bikin saya agak ragu gimana dngn sistem operasi d lumia 730 yg WP krn saya terbiasa memakai android.
    Apakah d WP ini sudah bnyk aplikasi lyknya android
    Terima kasih

  37. selamat sore pak, saya kehabisan stok redmi note’a lazada. Kira2 yang dijual oleh toko online yang lain resmi ga ya? trus kalau memilih antara sony xperia m2 yg tahan air dibanding redmi note mnding pilih mana? Trus saya juga sempat liat xiaomi mi3 juga ada beredar di toko online. Saya melihat body mi3 juga bagus. Nah jadinya saya bingung. Saya punya anggaran 3jt-3,5jt. minta tolong rekomendasi hp apa yang baik untuk sya pilih ya pak. saya mengharapkan barang yang awet, kamera bagus, dan tidak cepat hang. Kelemahan sony m2 yang membuat saya ragu adalah kamera depannya VGA. Mohon bantuannya pak. Terimakasih sebelumnya.

    1. Bu Mira,

      Yang dijual di toko online lain ada yang resmi, ada pula yang tidak. Jadi, Anda harus rajin-rajin mencermati deskripsi yang disebutkan penjual. Yang pasti, baik resmi maupun tidak, harga jualnya melebihi harga Lazada.

      Xperia M2 yang tahan air? Maksudnya Xperia M2 Aqua ya? Saya belum pernah mencoba ponsel itu.

      Anggaran Rp 3 juta sampai Rp 3,5 juta, menurut saya, saat ini agak nanggung. Mending turun atau sekaligus naik tajam. Saya cenderung turun ke bawah. Saya merekomendasikan (saya urutkan berdasarkan harga):
      * Acer Liquid Z500
      * Xiaomi Redmi Note
      * Acer Liquid E3
      * LG G2 Mini
      * Sony Xperia C3 Dual –> Anda harus menambah anggaran

  38. Dear Pak Herry,

    saya lagi bingung untuk beli hp, kebutuhan saya untuk email kantor dalam jumlah besar (1 hari bisa 500 – 1000 email), berbagai aplikasi sosial lainnya, bisa rekomendasikan HP yang ok untuk saya, trims

    1. Bu Arianty,

      Kalau anggaran tak masalah, silakan melirik ponsel berspesifikasi tinggi sekalian. Misalnya, Sony Xperia Z3 Compact dan LG G3.

      Bila cari yang paket hemat, Xiaomi Redmi Note dual SIM boleh dipertimbangkan.

  39. Om Herry,

    Saya tertarik dengan xiaomi note ini, belakangan saya googling, kenapa cuma tersedia 1 slot card, apakah memang sudah tidak ada lagi yang 2 slot gsm-gsm? Kalau masih ada, harga sekarang kurang lebih berapa? Apakah di marina ada stok setau om Herry? Thank You

    1. Pak Chandra,

      Xiaomi Redmi Note yang beredar di sini, baik resmi maupun tidak, secara umum ada dua macam:

      * Dual SIM dan 3G.
      * Single SIM dan 4G.

      Saya cenderung menyarankan Anda membeli yang dual SIM dan 3G karena saat ini lebih bermanfaat. Di Marina ada kok. Silakan keliling di sana. Pastikan beli yang bergaransi resmi. Cara termudah mengeceknya, perhatikan stiker di belakang kardus. Nama importirnya harus Erajaya atau Trikomsel. Harga pasar sekitar Rp 2,5 juta.

  40. Om Herry,

    Kalau saya beli 2nd, dan garansi Tam bagaimana? Ada juga yang Bless juga. Di marina sudah tidak ada 3g, semua 4g. Mungkin ada toko yang om Herry tau ada jual yang 3g bisa di beri tahu saya. Thank you.

    1. Pak Chandra,

      Maaf, saya baru bisa merespons pertanyaan Anda pada hari ini. Pada 25-27 Februari 2015 saya menjalani aktivitas yang padat di luar pulau. Sehingga, relatif tak sempat menjawab pertanyaan masuk.

      Menurut saya, lebih baik beli bekas tetapi bergaransi resmi (Erajaya atau Trikomsel) daripada membeli baru tetapi bergaransi Bless.

      Saya kurang tahu kondisi di Marina karena jarang ke sana. Di WTC, minggu lalu saya lihat masih ada toko yang punya stok Redmi Note dual SIM (3G) bergaransi resmi. Masalahnya, saya tak ingat nama tokonya. Harganya memang tinggi. Bisa sampai Rp 2,5 juta.

  41. Pak Herry SW
    Saya mempunyai budget 2,5 juta. Menurut anda hp apa yang bagus dengan budget sekitar 2,5 juta dengan mempertimbangkan kamera dan internet?
    Terimakasih

    1. Bu/Pak Tata,

      Karena faktor kamera turut diperhatikan, saran saya, silakan membeli Acer Liquid E3. Sisa anggaran dapat dibelikan power bank berkualitas prima.

  42. Pak Herry SW
    Sekarang Redmi Note 3G apa masih beredar? kira-kira harganya dikisaran berapa?
    jika bergaransi toko lebih baik diambil tidak?
    jika mau mengklaim garansi (garansi resmi) apakah mudah?

    1. Pak/Bu Tata,

      Masih ada, tetapi sudah semakin sulit ditemukan di pasar. Harga pasar Redmi Note dual SIM + 3G saat ini Rp 2,6 juta. Pastikan dapat unit yang bergaransi resmi ya. Jangan mau garansi distributor, apalagi garansi toko. Klaim garansi resmi pun tidak terlalu mudah. Apalagi, yang garansi lain-lain.

  43. Pak Herry SW
    Apakah redmi note 4G dan Mi3 memang belum ada yang bergaransi resmi?
    Menurut anda jika dilihat dari semua spefikasi, lebih bagus mana antara xperia M2 aqua, samsung E5, samsung A3, redmi note 4G. xiaomi Mi3 dan blu vivo air?
    Terima kasih

    1. Pak/Bu Tata,

      Benar sekali. Redmi Note 4G dan Mi3 belum ada yang bergaransi resmi. Khusus Mi3, tampaknya pasti takkan ada yang bergaransi resmi. Kalau Redmi Note 4G masih ada peluang, meski tergolong kecil.

      Di antara aneka ponsel yang Anda sebutkan, saya baru pernah mencoba Xperia M2 Aqua. Dengan demikian, saya belum bisa menjawab pertanyaan Anda. Btw, Anda sempat menyingung soal BLU Vivo Air. Apakah Anda pernah menemukan penjualnya di sini?

  44. Pak Herry SW
    Apakah Anda pernah menjumpai redmi note 4G yang bergaransi resmi? Jika pernah harganya dikisaran berapa ya pak?
    Belum pak, hehe

  45. Mau tanya gan. HP xiaomi note 4G kn ada kamera depannya. Tapi kok tidak da menu di kontak buat melakukan panggilan video ya ? Apa kalo panggilan video haruz menggunakan aplikasi tambahan seperti skype, we chat, line dll gan ? Mohon pencerahanya gan

    1. Pak Rudito,

      Ini maksudnya Xiaomi Redmi Note 4G ya? Saya belum pernah mencoba ponsel itu. Setahu saya, ponsel Xiaomi biasanya memang tak bisa dipakai untuk melakukan video call via layanan seluler. Jadi, harus pakai Skype atau sejenisnya.

      Btw, lain kali mohon tidak menggunakan kata sapaan “gan” di blog ini.

  46. Pak Herry SW

    Phablet 6in dengan budget 2-3jt saya harus beli merk apa ya pak ?
    Mohon pencerahan

    Terimakasih

    1. Bu Indah Sulistiyowati,

      Maaf, saya belum memiliki rekomendasi yang sesuai dengan kriteria tersebut.

  47. Pak Herry, kalo saya punya budget max 4 juta, enaknya beli hp merk apa ya? Saya butuh hp yang batereinya awet karena saya suka online via fb – twitter – instagram, chatting via bbm – whatsapp – line, dan yg kameranya bagus. Sedangkan aktivitas saya lebih sering berada di luar ruangan jadi kurang memungkinkan sering mencharger hp. Mohon pencerahannya pak, terima kasih.

    1. Bu Dian PS,

      Dengan kebutuhan seperti itu, awalnya saya ingin merekomendasikan Redmi Note bergaransi resmi. Masalahnya, ponsel itu sudah sulit ditemukan di pasar. Jadi, saran saya ubah menjadi Lenovo P70. Harga resminya Rp 2,899 juta, sedangkan harga pasaran di bawah itu.

  48. Tolong info pak, Handphone baru saya xiaomi redmi note 4g. Tapi ga bisa di pakai videocall via line. Apakah ada solusi?

    Xiaomi saya bergaransi bless. Apakah garansi bless itu palsu?

    1. Pak Dwi,

      Saya tak pernah pakai Line. Jadi, maaf, saya tak tahu jawabannya.

      Xiaomi bergaransi Bless berarti unit tanpa garansi resmi. Semoga saja tak ada masalah.

  49. pak kalau harga 1-2juta mementingkan kamera, internet, layar besar tp tetap handy dan ketahanan baterai apa ya pak yg cocok

    1. Bu Ismi,

      Wah… ini susah. Sulit menemukan ponsel yang memenuhi semua kriteria Anda dengan anggaran Rp 2 juta. Di atas kertas Alcatel onetouch Flash Plus terlihat memenuhi syarat. Namun, saat ponsel itu saya coba, ternyata Flash Plus jelek banget.

      Hal lain, kriteria Anda ada yang kontradiktif lho. Ingin layar besar, tetapi tetap handy. Masalahnya, semakin besar layar, biasanya semakin kurang handy.

  50. pak ada tips dan trik tidak untuk handphone ini. saya baru saja beli, dan tidak terlalu banyak mengerti tentang handphone ini. kalo redmi note 2 dan note 1 lbh bagus mana ya pak? terima ksih.

    1. Pak/Bu Frida,

      Tidak ada tip khusus sih. Tinggal baca buku panduannya, lalu silakan mulai mengeksplorasi satu per satu fiturnya.

      Di atas kertas seharusnya lebih bagus Redmi Note 2. Namun, saya belum pernah mencobanya karena belum ada yang bergaransi resmi.

  51. Pak hery,
    Maaf mau tanya pak.. Sim 1nya gk bisa melakukanpanggilan/sms ya? Saya masih kebingungan untuk cek sisa kuota ataupun pulsa.. Mohon bantuannya pak. Tks

    1. Pak Rizqon,

      Coba cek di settings, SIM cards & mobile networks, kemudian carilah default settings untuk dial. Pilih not set.

  52. Pak Hery,

    Saya baru saja mendapatkan xiaomi Redmi note dengan model HM note 1S CU apakah itu model asli xiaomi? Dan garansinya BBM mania, apakah garansi distributor?

    1. Pak Anas Restu,

      Xiaomi memang mengeluarkan ponsel dengan kode tipe tersebut. Namun, itu seharusnya tidak diedarkan ke Indonesia. Kapasitas RAM-nya hanya 1 GB alias setengah daripada Redmi Note bergaransi resmi.

      Ya, BBM Mania berarti bergaransi distributor independen. Semoga tak ada masalah ya. Bila sampai ada problem, Anda rasanya harus banyak berdoa sebelum berurusan dengan distributor independen.

      1. Tapi kok bisa ya pak beredar di Indonesia? Atau jangan-jangan yg saya dapatkan palsu? Untuk mengetahui keaslian hape tersebut apakah pak hery tahu?

        1. Pak Anas Restu,

          Anda kan membeli garansi distributor independen. Ponsel tanpa garansi resmi memang sering ajaib. Saya tak mengetahui cara mengecek keaslian varian tersebut.

  53. Pak HSW.
    Kemarin saya baru beliin adik saya redmi note dual sim garansi erajaya dapet di harga 1,8 jt.
    Pertanyaan nya saya mau upgrade redmi 1s saya antara redmi note dual sim tadi (yg kata nya sim 2 nya support 3g,coz belum saya coba)redmi 2 prime sama infinix hot note.
    Mohon masukan nya pak.

  54. permisi pa mau tanya, xiaomi redmi note 4g LTE dengan himax polymer X bagusan mana ya jika dilihat dari kameranya?karena katanya himax polymer x mengusung kamera bersama sony?

    1. Bu Ika Nacita,

      Maaf karena baru hari ini saya bisa merespons pertanyaan Anda. Kebetulan saya baru pulang dari Jakarta dan Belitung. Selama di luar kota, jadwal aktivitas sangat padat sehingga saya tak sempat membalas pertanyaan yang masuk.

      Saya belum pernah mencoba dua tipe ponsel yang Anda sebutkan. Karena itu, saya tak bisa menjawabnya. Hal yang perlu Anda ketahui:
      * Redmi Note 4G LTE yang beredar di Indonesia pasti tanpa garansi resmi. Saya pribadi tidak menyarankan membeli ponsel tanpa garansi resmi.

      * Saya pernah dua kali membeli ponsel Himax. Hasilnya, dua kali pula saya merasa dikecewakan. Layanan purna jual merek itu juga dikenal tidak bagus.

    1. Pak Nicho,

      Kalau Anda memerlukan ponsel dual SIM, 3G only, dan baterainya tahan lama, Redmi Note masih boleh dilirik. Namun, bila boleh menyarankan, lebih baik mencari penjual lain yang kredibilitasnya lebih bagus deh. Setahu saya, ponsel itu tersedia offline di gerai Erafone.

  55. waduh Pak Hery,,posisi saya di maluku ha ha ha.
    bisa minta saran harus beli online di mana ya?
    dan untuk garansi,apa TAM termasuk garansi resmi?
    trims banyak atas waktunya

    1. Pak Nicho,

      Barusan saya cek di Erafone.com ada stok.

      Distributor resmi ponsel Xiaomi di Indonesia ada dua: Erajaya dan Trikomsel. Kalau garansi TAM berarti barang milik distributor Erajaya. Itu bergaransi resmi.

  56. Koh herry SW, saya ada niat mau beli hape. saya liat ulasan koh herry ttg gadget sangat membantu untuk pencerahan. Saya ada niat melamar redmi note 3 fingerprint sensor. menurut koh herry, recommended ga note 3 ini. terus apa saja feature yg saya dapatkan, kelebihan dan kekurangannya. mengingat sebelumny saya iPhone user selama 5 ini (awet)…
    terima kasih.

    regards
    Onne

    1. Pak Onne,

      Maaf, saya tidak tahu karena belum pernah mencoba Redmi Note 3. Alasan saya belum mencobanya, Redmi Note 3 yang beredar di sini belum ada yang bergaransi resmi. Semua tanpa garansi resmi dan itu tergolong “mengerikan”.

  57. Selamat pagi pak HSW, awalnya saya ingin membeli xiaomi redmi 2 prime tapi ternyata saat ini baik erafone maupun okeshop yg saya datangi (saya di semarang) sudah tidak menyediakan tipe itu. Yang masih adalah xiaomi redmi note 3g. Saya mau tanya apabila saya tidak mementingkan 4g apakah xiaomi redmi note 3g ini worth to buy? Lalu redmi note 3g ini kan masih pake jelly bean dan MIUI6 apakah bisa di upgrade pak? Terimakasih sukses terus untuk Pak HSW dan ponselmu.com

    1. Pak Akram,

      Di Erafone mestinya masih ada, tetapi entah tepatnya di cabang mana.

      Kalau nggak perlu 4G, Redmi Note 3G masih boleh dilirik. Saya kurang tahu sudah muncul update-nya atau belum. Mesti dicek langsung dari menu ponsel. Kemungkinan sih sudah ada update-nya.

      1. Apakah di surabaya masih ada pak? Saya cek di website juga sudah tidak ada soalnya.
        Terimakasih banyak pak pencerahannya. Mohon maaf komennya dua kali tadi saya kira gak terkirim hehe

        1. Pak Akram,

          Dua minggu lalu masih ada. Minggu lalu dan minggu ini saya tidak cek.

          Iya, tadi masuk dua kali.

          1. Saya kemarin juga sempat ditawari di erafone tipe lenovo A6000plus dengan harga yang sama persis dengan Redmi Note 3g. Apakah Pak HSW tahu menahu soal tipe tersebut? Jika iya, saya pilih mana nih pak galau hehe

          2. Pak Akram,

            Saya tak tahu kalau ada ponsel bernama lengkap Lenovo A6000 Plus. Namun, saya belum pernah mencobanya. Jadi, tak tahu lebih bagus atau lebih jelek dibandingkan Redmi Note 3G.

  58. Boss HSW, redmi note 3G kan belum 4G ,di masa sekarang konon katanya 4G sudah mutlak ada di android. sebenarnya apa kelebihan 4G, terus karena belum 4G redmi note 3G minus kinerjanya apa saja dibanding redmi 2 prime misalnya. trims boss HSW.

    1. Pak Win,

      Dengan 4G LTE, Anda bisa berinternet dengan lebih cepat dan nyaman. Kalau Anda memakai ponsel yang belum mendukung 4G LTE, berarti Anda belum bisa merasakan akses internet yang lebih ngebut.

  59. Boss HSW…
    Jaringan 4G saat digunakan apa lebih boros pemakaian daya baterainya dibandingkan 3G &2G.
    Pilih mana : Xiaomi Redmi note 3G ATAU Hisense Pureshot .
    Trima kasih boss HSW.

    1. Pak Win,

      Ya. Namun, dibandingkan dulu, konsumsi baterai saat ponsel berada di jaringan 4G LTE kini sudah lebih hemat.

      Pureshot dong.

  60. Pak mohon bantuan nya donk, knp yah hp saya xiaomi redmi note 2 tidak berfungsi sama sekali layar sentuh nya.padahal sudah saya cabut batrai dan di reset tetep tidak bisa.

    1. Pak Padhli,

      Saya belum pernah memakai Redmi Note 2. Ini ceritanya ponsel bisa nyala, tetapi layar sentuhnya tidak merespons kan? Kalau iya, kemungkinan digitizer-nya bermasalah. Silakan membawanya ke tempat servis.

  61. Salam pak..
    Saya mau beli Xiaomi redmi Note.. tapi kata si Mba dukomsel software nya ribet buat download app di playstore.. seperti whatsapp ga bisa diinstall.. bener ga Pak?

    1. Pak Arisman Hakim,

      Ponsel Xiaomi yang akan dibeli bergaransi resmi atau tidak? Kalau bergaransi resmi, sama sekali tidak ribet kok.

      Sebaliknya, kalau ponsel itu tanpa garansi resmi, memang lebih ribet. Ada sederet langkah awal yang harus dilakukan dulu. Saya merekomendasikan Anda tidak membeli ponsel Xiaomi tanpa garansi resmi.

      Btw, yang melayani Anda bukan promotor ponsel Oppo, Coolpad, atau Lava kan?

  62. xiomi resmi cuma 3
    mi4i.redmi 2 prime dan redmi note
    secara keselurahan lebih bagus yg mana om
    terutama hal kamera dan kegegasan

    1. Pak Jutawan,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Tak ada ponsel merek Xiomi yang bergaransi resmi deh.

  63. redmi 2 prime.redmi note dan mi4i
    secara keseluruhan lebih bagus mana
    terutama hasil kamera dan peformanya
    mana yang paling gegas

    1. Pak Jutawan,

      Mohon maaf atas keterlambatan respons. Sesuai pengumuman di blog, sejak 23 Oktober lalu saya cuti sementara dan baru aktif lagi mulai 30 Oktober 2016.

      Maaf, tolong pertanyaan yang sama jangan dikirimkan berkali-kali. Silakan cek jawaban saya sebelumnya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *