Review Xiaomi Redmi: Ponsel Merah Berwarna Abu-Abu

Masih banyak pengguna dan penjual ponsel di Indonesia yang belum mengenal merek Xiaomi. Padahal, bagi penggemar Android yang rutin berselancar di dunia maya, Xiaomi tak asing lagi di telinga. Merek asal Tiongkok itu telah menyedot perhatian penggemar gawai alias gadget di seluruh dunia.

Penjualan Xiaomi di berbagai negara tak bisa dipandang sebelah mata. Di Singapura, misalnya, ponsel Xiaomi yang dijual online selalu ludes dalam hitungan menit. Sebagian pembelinya sebenarnya dari Indonesia sih. He… he… he….

Redmi-1

Penasaran dengan ponsel itu, penulis meminang satu unit Xiaomi Redmi yang aslinya dijual di Singapura. Meskipun bernama Redmi, bodi ponsel itu bukan berwarna red alias merah. Sisi depannya berwarna hitam, sedangkan sisi belakang abu-abu.

Harga resmi Redmi di Singapura SGD 169 atau sekitar Rp 1,6 juta. Harga jual di sini tentu harus ditambah dengan ongkos kirim, bea masuk impor, dan keuntungan untuk penjual. Hasil akhirnya, saat penulis mengetikkan naskah ini, harga pasar Redmi di Indonesia sekitar Rp 2,3 juta.

Tampilan fisik Redmi tak bisa dibilang buruk, tetapi juga kurang layak disebut cantik menawan. Biasa saja deh. Bagi sebagian pengguna, ponsel berdimensi fisik 137 x 69 x 9,9 mm dengan bobot 158 gram mungkin akan dinilai lumayan berat.

Daya tarik ponsel Android 4.2.2 Jelly Bean tersebut baru mulai muncul saat ponsel diaktifkan. Layar IPS 4,7 inci beresolusi 1.280 x 720 piksel yang digunakan Redmi terasa teduh di mata. Gambar dan huruf tersaji dengan tajam sekaligus cemerlang.

Redmi memanfaatkan tampilan antarmuka alias user interface MIUI yang telah dikembangkan oleh Xiaomi sejak 2010. Tampilan antarmuka MIUI terlihat sederhana dan cantik. Sebagian orang mungkin langsung akan teringat dengan tampilan antarmuka iOS di Apple iPhone.

Redmi-3

Dua nomor GSM dapat siaga bersamaan di Redmi. Hanya nomor GSM di selot kartu SIM pertama yang diizinkan masuk ke jaringan 3G. Bila dirasa perlu, pengguna bisa mengunci nomor itu supaya selalu berada di jaringan 3G.

Fitur bawaan Redmi tergolong komplet. Pengguna dengan mudah dapat merekam percakapan telepon yang sedang dilakukan. Di dalam menu telepon tersedia pula fitur blocklist. Fungsinya, menyaring panggilan telepon dan SMS. Panggilan dari nomor yang disembunyikan (private number) bisa otomatis ditolak. Pengguna juga dapat menyaring SMS masuk berdasarkan kata kunci. Contohnya, SMS yang mengandung kata “obat tikus”, “kredit”, dan “pinjaman tunai” spontan dianggap sebagai SMS spam.

Kalau suatu saat listrik mendadak padam, pengguna Redmi tinggal mendayagunakan lampu kilat kamera sebagai lampu senter. Untuk menyalakannya, pengguna tak perlu susah-susah menelusuri menu ponsel. Ketika ponsel terkunci, pengguna cukup menekan dan menahan tombol home. Lampu senter pun menyala.

Privasi dan ketenangan pengguna dijunjung tinggi oleh Redmi. Kala ada teman yang ingin meminjam Redmi selama beberapa menit, aktifkan saja guest mode. Bersamaan dengan aktifnya mode itu, seluruh SMS, foto, riwayat panggilan, dan catatan yang dibuat pemilik Redmi bakal disembunyikan.

Bila malam tiba dan pengguna hendak beristirahat, ia tinggal mengatur fitur do not disturb. Selama ponsel terkunci, semua panggilan telepon dan notifikasi takkan membuat ponsel berbunyi. Sunyi senyap. Kalau mau, pengguna bisa membuat pengecualian. Misalnya, bila istri/suami, anak, atau kekasih menelepon, ponsel tetap berdering.

Suatu hari, saat berinternet via ponsel Anda mungkin menggerutu, “Kok lemot ya. Kecepatannya berapa tho ini.” Di Redmi kecepatan akses data yang sedang digunakan dapat ditampilkan di bagian atas layar. Posisinya tepat di kiri indikator sinyal ponsel. Semakin kecil angka yang tersaji, berarti semakin lambat layanan internet yang sedang Anda pakai.

Redmi-2

Ingin tampilan ponsel lebih sederhana? Bisa. Aktifkan lite mode. Layar Redmi hanya akan menyajikan ikon beberapa fitur atau aplikasi utama. Pengguna leluasa mengatur ikon apa saja yang mau ditampilkan. Kalau Anda berencana memberikan Redmi kepada seseorang yang baru beralih dari ponsel berfitur ala kadarnya, lite mode bakal mempermudah mereka melakukan transisi ke smartphone.

Pengguna yang sedikit lebih mahir boleh pula menelusuri menu security. Di sana terdapat cleaner untuk membersihkan file tak terpakai, data usage untuk memantau pemakaian data, dan beragam pengaturan lain.

Spesifikasi lain Redmi, antara lain, prosesor empat inti (quad core) MediaTek MT6589T 1,5 GHz, RAM 1 GB, ROM 4 GB, selot microSD, Wi-Fi, bluetooth, dan GPS. Memori internal ponsel dibagi dua, yaitu internal storage berkapasitas 2,11 GB dan phone storage 899 MB. Saat ponsel baru diaktifkan untuk kali pertama, ruang kosong di internal storage mencapai 1,8 GB. Sedangkan phone storage masih utuh 899 MB. Sama sekali belum terpakai.

Kamera belakang Redmi dilengkapi fokus otomatis dan lampu kilat. Kamera berlensa 28 mm dengan bukaan maksimal f/2,2 itu sanggup memproduksi foto delapan megapiksel dan klip video full HD 1080p. Sedangkan kamera di sisi muka dapat menghasilkan foto beresolusi maksimal 1,3 megapiksel dan klip video HD 720p.

Pengguna Redmi juga bakal menjumpai kompas dan radio FM. Entah mengapa, penulis tak pernah berhasil melakukan kalibrasi kompas di ponsel itu. Siaran radio di Redmi sebenarnya bisa didengarkan tanpa perlu menancapkan handsfree berkabel, tetapi kualitas suaranya tergolong buruk. Karena itu, pengguna sebaiknya memasangkan handsfree berkabel milik sendiri. Ya, milik sendiri. Sebab, paket penjualan Redmi tidak menyertakan aksesori itu. Sembari menikmati siaran radio FM, kalau mau pengguna bisa merekam siaran tersebut.

Secara umum, menurut penulis, ponsel yang memanfaatkan baterai lithium polymer 2.050 mAh itu layak dinilai menarik. Respons yang gegas, pergerakan layar yang lembut, dan hasil jepretan kamera yang relatif bagus menjadi nilai plus Redmi.

Nilai minusnya memang ada, tetapi tidak banyak. Misalnya, tidak ada cahaya yang menerangi tombol-tombol sentuh di bawah layar. Hal lain, bobot ponsel itu buat sebagian orang sudah termasuk berat.

Sampai di sini, mungkin Anda mulai tertarik dengan Redmi. Namun, mungkin ada dua pertanyaan besar yang bergelayut di kepala. Pertama, Xiaomi kan merek Tiongkok buatan Tiongkok. Apakah tidak cepat rusak? Jawabannya, produk buatan Tiongkok tidak selalu jelek. Semua bergantung kemauan produsen atau pemesan. Apple yang dikenal sangat ketat menjaga kualitas pun memproduksi iPhone di Tiongkok lho.

Asal tahu, Redmi menjalani proses pengujian daya tahan yang cukup kompleks. Di antaranya, seratus kali dijatuhkan dari ketinggian satu meter. Layar sentuhnya harus tetap berfungsi sempurna usai ditekan 500 ribu kali. Sementara itu, tombol di bodi ponsel dipencet-pencet seratus ribu kali. Bagaimana dengan selot kartu SIM-nya? Kartu SIM sengaja dibuat keluar masuk dari selot itu sebanyak seribu kali. Satu poin pengujian saja gagal, Redmi dinyatakan tidak memenuhi standar kualitas.

Pertanyaan kedua yang mungkin muncul, kapan Redmi akan dipasarkan resmi ke Indonesia? Ehmm… kehadiran Xiaomi secara resmi di Indonesia sudah sangat dekat. Penulis tak berani mengklaim dalam hitungan hari, meskipun sebenarnya sudah muntup-muntup. Tinggal menanti seremonial dan pernyataan resmi. Mitra Xiaomi di sini bukan sekadar perusahaan kelas kakap, melainkan kelas paus. Bahkan, mungkin lebih tepat disebut sebagai paus raksasa.

***

Beberapa contoh foto yang dihasilkan Redmi.

Redmi-4

Redmi-5

Redmi-6

Redmi-7

Redmi-8

Yang ini hasil jepretan kamera depan. Terlihat lesu karena usai kepanasan berkeliling kota. Keringat pun mengucur deras.

Redmi-9

***

Screen capture Antutu Benchmark, Quadrant Standard Edition, dan Android Sensor Box.

Redmi-10

Redmi-11

Redmi-12

84 thoughts on “Review Xiaomi Redmi: Ponsel Merah Berwarna Abu-Abu

  1. wow, thanks reviewnya pak Herry. bentuk sederhana & berasal dari negara yang produknya biasa dibilang ga oke, tapi performa di atas harganya

    1. Pak Fris,

      Benar sekali. Xiaomi ini mestinya pantas diberi “bintang jasa” karena membantu membuktikan bahwa produk Tiongkok juga bagus. 🙂

  2. Pak Herry,

    Daya tahan baterainya gimana ? Dengan mengabaikan layanan purna jual menurut Bapak dengan harga segitu apakah layak dipinang ?

    Btw, Roti Assalam Telur keliatannya mak nyoss … dimana itu Pak ?

    Matur nuwun

    1. Pak Eko,

      Dengan perilaku pemakaian ala saya, baterai bisa bertahan 12-14 jam. Ya, layak dipinang.

      Roti Assalam itu saya nikmati di Depot Assalam di Jl Raya Margorejo Indah. Lokasinya di kompleks Papaya Margorejo. Gerainya yang paling tepi, menghadap ke jalan raya.

  3. Dapet juga referensi redmi dari situs berbahasa indonesia, hehe.
    Mungkin kalo udah rilis di indonesia bakal menggebrak pasar banget diliat dari spesifikasi, desain, kualitasnya terutama. eh harganya juga deh.
    Tapi pak, yang saya lihat di situs resmi xiaomi, gawai ini punya variasi warna lain lho.

    1. Pak Izal,

      Redmi yang beredar di Singapura setahu saya hanya abu-abu. Di situsnya memang ada back cover warna lain. Namun, ternyata merupakan aksesori tambahan yang dijual terpisah.

  4. Dapat dari singapura ya pak…xiaominya…katanya xiaomi ini dijual hanya secara online,di singapura juga dijual secara online…ngomong2 kalo dimalaysia ada gak pak tokoh fisik yang jual xiaomi selain tokoh online….dlhat dari review pak hery kayaknya gak lama lagi keluar xiaomi…saya rencana mau pesan xiaomi dari malaysia…tapi kakak saya ke indonesia bulan 7 nanti alias saat lebaran idul fitri…tapi saya rasanya sudah tidak sabar….kira2 bulan ini keluar gak pak xiaomi di indonesia…kalo misalnya masuk indonesia mending saya cancel aja mau pesan di malaysia tersebut….mending disini seandainya bulan ini xiaomi masuk indonesia yang pastinya kalo ada masalah bisa klaim garansi disini….

    1. Pak Hendra Cipta,

      Ya, jalur distribusi utama Xiaomi adalah penjualan online. Kalau cari di toko-toko offline kadang juga ada, tetapi harganya lebih mahal daripada penjualan online. Yang perlu diwaspadai, ponsel Xiaomi aspal juga mulai beredar. Saya sendiri belum pernah melihatnya dan belum memahami cara membedakannya dengan mendalam.

      Ya, bulan lalu Xiaomi mulai merambah ke Malaysia. Penjualan online ludes dengan cepat. Sepertinya Xiaomi masih susah ditemukan di toko-toko biasa. Kebetulan minggu lalu ada teman yang baru dari Malaysia. Dia berburu di Sungey Wang, eh… gagal total.

      Pernyataan resmi tentang kehadiran Xiaomi di sini tampaknya tinggal menghitung hari, bahkan menghitung jam. Namun, ketersediaan barang belum saya ketahui.

  5. Dear Pak Herry,
    Jika membeli HP di luar negeri seperti yg Pak Herry sering lakukan, apakah garansinya akan diterima di service center Indonesia ?

  6. jadi penasaran nih pak yg dimaksud dengan paus raksasa itu distributor yg mana?
    masuknya xiaomi bakal bikin brand mapan ketar-ketir, termasuk ASUs yg ga becus distribusinya.

    1. Pak Eykin,

      Tunggu pernyataan resmi dari mereka deh. Yang pasti perusahaan 4L: loe lagi loe lagi. 🙂

      Tinggal Anda tebak deh, perusahaan yang identik dengan warna merah atau kuning. *ups… keprucut*

  7. Pak Herry, pada Xiaomi Redmi ini apa tersedia update Kitkat secara OTA?
    Secara merk, apa Xiaomi ini termasuk perusahaan yang aktif update versi Android?

    1. Pak Iwan,

      Sampai ponsel itu beberapa hari lalu saya jual, update KitKat belum muncul. Kalau kelak muncul, mestinya bisa OTA.

      Ya, termasuk perusahaan yang rajin mengeluarkan update.

  8. wow, xie2 banget ya ko buat reviewnya, 4 jempol deh buat hp satu ini..
    ehmm kira2 kpn masuk resmi di indonesia tercinta ini? hahaha ga sabar pgn icip2 xiaomi

    1. Pak Hengky,

      Pertanyaan resmi bahwa Xiaomi hadir di sini sepertinya tinggal menghitung hari, bahkan jam. Namun, saya belum mengetahui tipe mana saja yang akan dirilis resmi, berapa harganya, dan kapan jadwal edarnya.

  9. Waduh sudah dijual ya pak xiaominya?saya baru ada rencana mau beli punya pak hery yang direview ini heee….perkiraan pak hery kemungkinan maximal berapa kalo dijual xiaomi di negeri tercinta ini heee….xiaomi redmi maksudnya pak…..dibanding motorola moto G bapak lebih milih yang mana?

    1. Pak Hendra Cipta,

      Iya, sudah saya jual. Seperti biasa, saya unggah ke Ubaya.com.

      Saya tak berani memperkirakan harga jual resminya di sini. Mungkin sedikit di atas harga resmi Singapura ya. Itu pun kalau Redmi dipasarkan ke sini lho.

      Redmi versus Moto G saya pilih Redmi. Namun, kalau Redmi versus LG G2 Mini, saya pilih G2 Mini.

  10. kalo dipegang ama pemain lama, yg dikuatirkan harganya bakal melonjak drpd harga aslinya. karena pasti barangnya jg terbatas, ujung²nya harga melambung..

  11. Jika xiaomi redmi dibandingkan dgn lenovo s820 dan himax pure3. Lebih menarik mana. Klo saya prefer ke himax pure 3 karena sudah pakai octa core dan kamera putar sperti oppo n1. Tp tunggu advice dr pak herry dulu. Gak sreg klo gak gtu hehehe… maaf 1 lagi pak herry. Klo batrai tanam alias non removable itu menurut pak herry plus atau minus pak. Trimakasih

    1. Pak Sukoco,

      Saya belum pernah mencoba Himax Pure 3. Kalau Redmi versus S820, buat saya Redmi lebih menarik.

      Seandainya ada dua pilihan: baterai tanam atau baterai lepasan (removable), saya lebih memilih baterai lepasan. Masalahnya, terutama dengan dalih untuk meminimalkan ketebalan ponsel, kini semakin banyak ponsel keluaran terbaru yang menggunakan baterai tanam. Kalau memang sudah tertarik dengan ponsel berbaterai tanam tersebut, ya sikat saja deh. Yang penting pemakai baterai tanam itu bukan ponsel merek lokal buatan Tiongkok.

  12. Pak Herry, berarti belum tentu yang tipe redmi dipasarkan di Indonesia?
    Kalaupun masuk, bisa jadi di rentang 2 s/d 2,5 juta ya?
    Thanks.

    1. Pak Bambang,

      Ya, Xiaomi resmi masuk ke sini, tetapi tipe apa saja yang akan dipasarkan belum diketahui. Seandainya Redmi masuk resmi, harga jualnya seharusnya kurang dari Rp 2,5 juta.

  13. Hallo, ko Herry…self portraitnya mengejutkan yah 🙂 Lebih makmur dari terakhir bertemu beberapa tahun lalu. Well, saya cuman punya satu pertanyaan. Semoga tidak didiskualifikasi, berhubung berkaitan dengan HH lain. Bukan bermaksud membandingkan, namun akibat terlalu lama menanti AS*S *5, apakah layak berpaling ke REDMI ini? Dari spesifikasi tentunya saya melihat kira-kira kurang lebihnya sepadan-lah. Meski dari AnTu Tu Benchmark setahu saya AS*S *5 lebih besar. Itu saja pertanyaan saya, semoga kabar baik yang saya dapat hehehe…

    Salam,

    ACE-WU

    1. Eh, ada Ace – WU.

      Lebih tepatnya, kini lebih gembul. 🙂

      Merek dan tipe disebutkan saja. Tak perlu disensor. Asus Zenfone 5 ya? Ya, silakan berpaling ke Redmi.

      Soal hasil benchmark, saya sih tidak memedulikannya. Skor tinggi bukan jaminan nyaman dipakai. Sebaliknya, peranti dengan skor rendah bisa jadi malahan lebih enak digunakan.

    1. Pak Eykin,

      Wah, sudah ada di situs Postel ya. Entah skema detailnya bagaimana, yang penting itu semakin memperkuat bukti bahwa Xiaomi akan beredar resmi di sini. Pernyataan resmi sepertinya akan disampaikan hari ini atau besok.

  14. ko sedikit kalo boleh bagi ilmunya, maaf agak melenceng dari judul
    kalo beli barang diluar negeri seperti singapura itu gimana caranya ya ko, dan mereka ngirim ke indonesia apa langsung nyampe kerumah kita ? trus bagaimna dengan urusan bea masuk dan lain2…

    1. Pak Aris Styadi,

      Saya belum pernah berbelanja ponsel dari luar negeri dan langsung dikirimkan dari luar negeri. Jadi, saya belum pernah berurusan dengan bea masuk dll.

      Yang biasanya saya lakukan adalah membeli ponsel dari luar negeri melalui pedagang yang memang sudah rutin melakukan impor ke Indonesia. Jadi, saya tinggal menerima harga bersih termasuk ongkos kirim ke Surabaya. Saya tak pusing mengurus proses impor, pembayaran bea masuk, dll.

  15. Hallo Pak Herry, as usual, reviewnya selalu informatif dan mudah dicerna bagi orang awam seperti saya. BTW, jika boleh minta sedikit bocoran, apakah jika nanti Xiaomi masuk resmi ke Indonesia, apakah akan hadir juga Xiaomi RedMi Note? (ya, walaupun ini ada kata Note tetapi ini bukan ponsel sekelas Galaxy Note), namun layarnya yang besar (5,5 inci) menggoda saya untuk menahan membeli RedMi dan menunggu RedMi Note, apakah ada info Pak? Terima kasih 🙂

  16. Salam pak herry
    Saya ada rencana pensiunkan gio setelah mentog di 4.2.2
    Kalau …
    moto g vs xperiam2 vs redmi/honhmie vs lgg2mini
    Lebih worthed mana yah…
    Makasih :shakehand

    1. Pak Bladerhood,

      Kalau Redmi-nya bisa dapat harga resmi, Redmi yang paling menarik. Kalau harga agak diabaikan, saya pilih LG G2 Mini.

    1. Pak Iwan,

      Alasan saya lebih memilih G2 Mini daripada Redmi:
      1. Fitur ketuk-ketuk layarnya (Knock Code dan KnockON) sangat bermanfaat.
      2. Lebih nyaman digenggam maupun dikantongi.
      3. Bisa difungsikan sebagai remote control TV.
      4. Kapasitas baterai sedikit lebih besar.
      5. Kinerja pusat perbaikan resmi LG dikenal bagus.

  17. Pak Herry
    Ma’af OOT, adakah HP merk lain yang mempunyai fitur seperti Samsung Galaxy Note Series, khususnya fitur S-pen ? Terima kasih

    1. Pak RahmadiGresik,

      Jawabannya, tidak ada karena S-Pen itu memang khas Samsung.

      Kalau yang dimaksud adalah gawai berstylus runcing, seharusnya ada. Namun, saya tak ingat satu per satu.

  18. Selamat sore Pak Herry.

    Untuk kuning merah, apakah benar XIaomi akan memakai distributor itu? Soalnya di postel waktu Februari lalu si merah kuning sempat muncul, tetapi hilang lagi. 😀

    Sekarang yang muncul selain dari Xiaomi inc. (perkiraan saya Xiaomi jualan online langsung seperti negara lain), ada juga Xiaomi dari Globe / Point 2000 yang juga sekaligus distributor terbaru Alcatel. Jadi, mungkinkah akan ada beberapa distributor untuk Xiaomi? Karena negara lain yang disambangi Xiaomi selalu di handle sendiri oleh Xiaomi tanpa adanya Distributor alias hanya jualan online.

    Referensi : http://www.postel.go.id/sertifikasi/index.php?0601=&key=0&cari=globe

    Kita tunggu saja konfirmasinya, besok pak Hugo Barra datang ke ICS tuh, tetapi kagak jualan XIaomi. 😀

    1. Pak Ondro,

      Kan sudah jelas merah. Lha itu sudah ada stannya di ICS Jakarta. Saya sendiri tidak mengunjungi pameran itu sih.

      Ya, Xiaomi memang jadi rebutan tiga perusahaan: Erajaya, Trikomsel, dan Poin 2000. Namun, yang sukses tampaknya Erajaya.

      Yup, Xiaomi baru dijual di sini paling cepat akhir Juli.

  19. Tempat beli acang online yg terpercaya apa aja ya pak Herry SW.? Lalu kalau beli online begitu bagaimana dengan garansinya.? Apa di aktifkan sendiri atau bagaimana.? Kalau beli di toko kan orang yg jual yg ngurus kita tinggal nerima jadi. Pengalam saya minim soal beli online. Terima kasih.

    1. Pak Anton,

      Bisa coba di Erafone.com, Oke.com, Globalteleshop.com, dan Sentraponsel.com. Itu toko online para pemain besar ponsel di tanah air. Harga yang dipatok biasanya mengikuti harga ritel yang disarankan, kecuali sedang ada promo. Garansinya garansi resmi.

      Blibli.com juga boleh dilirik. Yang dijual di Blibli.com biasanya juga bergaransi resmi.

      Saran saya, hati-hati bertransaksi di Lazada.co.id maupun Elevenia.co.id. Keduanya sebenarnya dimiliki oleh pemodal besar. Namun, praktik nyata layanannya ternyata cukup bikin emosi. Kalau transaksi di sana, harap perhatikan dengan benar status garansi barang yang dijual. Khusus Elevenia.co.id, waspadalah dengan barang replika alias palsu.

      Garansinya apakah perlu diaktifkan sendiri? Tak perlu.

  20. Trimakasih atas sarannya pak herry.
    Semoga tambah sukses selalu dan dtunggu review” untuk ponsel octa core mtk nya.

  21. moto G sudah hadir ko di indonesia, tapi sayang melalui lazada, melihat info2 dari ko herry jadi ragu untuk meminang lewat lazada hehe

    1. Pak Aris Styadi,

      Iya, seperti yang sudah saya informasikan via Twitter, pre-order Moto G berlangsung eksklusif di Lazada.

  22. Perasaan saya saja atau memang layar RedMi dari foto itu terasa agak terlalu banyak kontrasnya? Settingan atau memang bawaan pak?

    1. Pak Adrian HS,

      Salah fotonya kok, Pak. Sepertinya sinar matahari saat saya memotret terlalu kuat.

  23. Pak hsw, kalo tidak keberatan utk setiap review gadget kalo boleh usul di tambahkan item info ukuran simcard (mini, micro, nano) dan kemampuan USB OTG dan wireless display. Karena menurut saya beberapa user gadget memerlukan info2 tab. Hanya saran kalo pak hsw berkenan.
    Maturnuwun.

  24. Haha auto text nya aktif gak sadar pak Herry maaf… maksudnya head to head sama Moto G pak, baik itu dari build quality Dan performanya.. makasih

    1. Pak Ciptadi,

      He… he… he… Gara-gara autotext tho.

      Build quality lebih bagus Moto G. Namun, untuk kinerja keseluruhan, Redmi lebih bagus.

  25. Kebetulan sy ada di singapore, di dekat apartemen sy tinggal di yew tew square harga SGD 190, yg tipe MI 3 SGD 290. Kalau beli online lebih murah tp hitungan detik sdh habis terjual. Sy lihat memang jarang sekali di jual via toko ritel.

  26. Pak Herry, tolong ulas Xiaomi Mi3 dong Pak, baca2 specsnya sekilas bikin kepincut nih, udah pernah experience sama Mi3 pak? Kira2 beli Xiaomi cukup worthed kah dibanding beli brand LG misalnya?

    1. Pak/Bu Zia,

      Ayo pinjami saya Mi3. Saya akan coba dan review-kan.

      Mi3 versus G2 Mini? Di atas kertas sih, dengan mengabaikan dual SIM atau single SIM, Mi3 seharusnya lebih unggul.

  27. Redmi ini beda sama Redmi 1S yang officialy release di Indonesia yah?
    Nunggu komennya Pak Herry untuk yang 1S sebelum beli :3

    1. Bu Diana,

      Ya, Redmi yang saya review berbeda dengan Redmi 1S yang kemarin diluncurkan. Saya belum bisa review Redmi 1S karena belum pernah coba.

  28. Makasih infonya Pak. Nah kalau pas pakai yang Redmi, performa baterenya dengan penggunaan akses inet dan aplikasi yang Bapak gunakan tahan berapa jam dan cepet panas ga ya ponselnya?

    1. Bu Diana,

      Soal daya tahan baterai, di review tidak saya sebutkan ya? Untuk pemakaian sehari-hari ala saya bisa tahan setidaknya 14 jam.

      Tidak cepat panas kok. Maksimal hanya hangat, itu pun tidak sering.

  29. Pak Herry, saya tertarik dengan Xiaomi 1S ini dan sebelum memutuskan untuk membeli saya mencoba banyak membaca review dari pengguna seri ini.
    Beberapa mengeluhkan tentang baterai yang cepat habis dan usut punya usut katanya dipengaruhi oleh external sd card, karena begitu sd card dilepaskan dari hp, baterainya tidak ‘drain too fast as before’

    Yang mau saya tanyakan, memang ada pengaruhkan dengan penggunaan sd card dengan batere yang menjadi lebih boros?ponsel secara umum type apapun memang akan mengalami hal tsb, atau hanya di xiaomi saja, atau sebenarnya ga ada korelasinya?

    Trimakasih ya Pak.

    1. Pak Aji,

      Mungkin ada pengaruh, tetapi seharusnya sangat kecil dan superduper tidak signifikan. Nyaris tak berbeda deh.

      Benarkah di Xiaomi Redmi 1S berbeda signifikan? Saya juga belum pernah membuktikannya sendiri karena belum pernah memakai ponsel itu.

  30. Koh herry utk memori internal redmi 1s ini yg bener 4 giga atau 8giga? Atau ada 2 versi 4giga sama 8 giga? Kalo iya yg 4 giga harga brp yg 8 giga brp? Trims koh herry

  31. Pagi Pak Herry
    Tgl 4 bsk di Lazada.com ada jual Redmi 1S, harganya 1.499.000. Untuk bisa membeli kita harus register dulu. Saya sudah register pak. Yang ingin saya tanyakan, bagaimana layanan Lazada.com ya pak? Saya kuatir barangnya gak nyampe. Terima kasih pak.

    1. Pak Agung,

      Lazada sedang masuk dalam daftar hitam versi saya. Sebab, kinerjanya memburuk signifikan dibandingkan zaman dulu.

      Dulu, barang yang saya beli di Lazada biasanya tiba dalam dua hari. Sekarang, minimal enam hari.

  32. Oiya pak. Dengan harga Rp 1,5 jt, adakah handphone yang performanya setara dengan xiaomi redmi 1 S tersebut. Terima kasih

    1. Pak Agung,

      Dengan harga Rp 1,5 juta, Xiaomi Redmi 1S sepertinya memiliki spesifikasi tertinggi dibandingkan aneka merek lain deh.

  33. Barusan dpt kabar dari GT WTC harga 2.950 garansi berindo. Itu garansi resmi xiaomi ya koh herry. Bagaimana dgn SC disby apa sdh adaa?

    1. Pak Arry Saputra,

      Pemilik GT kebetulan sedang di depan saya. Saya tanyakan, dia tak menjual Xiaomi dengan harga Rp 2,95 juta. Yang ada Xiaomi Redmi Note dengan harga Rp 2,85 juta. Itu garansi distributor independen, bukan garansi resmi.

    1. Pak Arry Saputra,

      Pada tahap pertama, Redmi 1S bergaransi resmi akan dijual secara online di Lazada.co.id pada 4 September 2014 pukul 11.00-12.00. Harga Rp 1,499 juta.

  34. Saya rencana mau beli xiaomi redmi note 2 tapi disini belum masuk dari distributor erajaya dan trikomsel untuk ini,tapi dari distributor lain sudah masuk. Tapi jika saya cek imeinya sesuai apa saya harus beli atau ada saran lainnya?trima kasih

    1. Pak Rifqi Setya Nugraha,

      Redmi Note 2 yang saat ini tersedia di pasar pasti bukan garansi resmi. Saran saya, jangan beli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *