Review Xperia Z1 (2): Jauh Ungguli Xperia Z

Sebagian pengguna Sony Xperia Z mungkin tak melirik Xperia Z1 karena menyangka dua ponsel itu hanya berbeda di resolusi kamera. Hasil uji pakai ala penulis membuktikan dugaan tersebut salah besar. Xperia Z1 yang berdimensi fisik 144,4 x 73,9 x 8,5 mm dan berat 169 gram itu ternyata jauh mengungguli Xperia Z.

Meskipun sekitar tiga milimeter lebih lebar, Xperia Z1 justru lebih nyaman digenggam. Penyebab utamanya, bagian tepi ponsel itu dibekali lekukan, bukan siku-siku seperti di Xperia Z.

Rev Xperia Z1-12

Beralih ke baterai. Dengan perilaku pemakaian ala penulis, baterai tanam berkapasitas 2.330 mAh di Xperia Z maksimal bertahan 12 jam. Kadang baru delapan atau sepuluh jam digunakan, baterai ponsel sudah harus diisi ulang.

Xperia Z1 menggunakan baterai tanam 3.000 mAh. Secara matematis, baterai tersebut lebih awet sekitar tiga jam daripada Xperia Z. Praktiknya ternyata tidak seperti itu. Sekali diisi ulang sampai penuh, baterai Xperia Z1 dapat bertahan 6-7 jam lebih lama daripada baterai Xperia Z. Jadi, selama mencoba Xperia Z1, sehari penuh penulis boleh melupakan power bank.

Kelebihan lain Xperia Z1, ia menggunakan layar sentuh lima inci full HD Triluminos plus X-Reality yang cemerlang dan sangat kaya warna. Ponsel dengan prosesor empat inti Qualcomm Snapdragon 800 2,2 GHz itu menggunakan kartu micro SIM dan kompatibel dengan layanan HSPA+ 42 Mbps maupun LTE.

Rev Xperia Z1-14

Memorinya terdiri atas RAM 2 GB, ROM 16 GB, dan selot microSD. Memori internal ponsel itu digabungkan dalam satu partisi. Kali pertama diaktifkan, sebanyak 11,34 GB di antara total kapasitas 11,79 GB siap dioptimalkan oleh pengguna.

Xperia Z1 juga dibekali Wi-Fi, bluetooth, NFC, dan GPS. Karena telah lolos pengujian IP55 dan IP58, pengguna leluasa mengajak ponsel itu berbasah-basah. Mau dicelupkan ke air tawar bersuhu normal pun boleh, asalkan tak lebih dari 1,5 meter dan dengan durasi maksimal 30 menit. Kalau kelak Anda berendam di tempat spa sambil memotret memakai Xperia Z1, jangan lupa membagikan hasil fotonya ya. He… he… he…..

Saat ini, ponsel dengan rangka aluminium itu dibanderol dengan harga resmi Rp 8,499 juta. Harga pasarnya ratusan ribu lebih rendah. Dalam pantauan penulis, banyak toko independen yang menjualnya di rentang harga Rp 7,9 juta sampai Rp 8 juta.

Rev Xperia Z1-13

Pesan penulis, usai membeli Xperia Z1, segera pasangkan pelindung tambahan ke permukaan layar dan sisi belakang ponsel. Meskipun relatif tahan gores, bila dibiarkan telanjang, lambat laun bakal timbul goresan halus di dua bagian tersebut.

Satu hal lain, jangan kaget bila bagian belakang ponsel terasa hangat mendekati panas. Kondisi yang rutin terjadi saat ponsel dipakai tanpa henti selama bermenit-menit itu sekaligus menjadi catatan minus dari penulis untuk Xperia Z1.

57 thoughts to “Review Xperia Z1 (2): Jauh Ungguli Xperia Z”

  1. Pak HSW, apakah kondisi panas itu menyebabkan Z1 reboot atau mati mendadak atau hanya menyebabkan ketidak nyamanan saja?
    Terima kasih.

    1. Selamat petang, Pak Adrian.

      Mohon maklum karena saya baru bisa merespons pertanyaan pada malam ini. Kebetulan beberapa hari terakhir sedang sibuk pindahan ke rumah kontrakan baru.

      Kalau kondisinya masih hangat, ponsel tetap bisa dioperasikan dengan normal. Sedangkan kalau kondisinya sudah hangat mendekati panas, biasanya kamera tak dapat difungsikan selama beberapa menit. Muncul notifikasi di layar ponsel “camera is temporary unavailable”. Fungsi-fungsi lain tetap normal. Ponsel tidak sampai reboot atau mati mendadak.

  2. Finally, keluar jg reviewnya..

    om harga 7,9jt itu apa sama garansinya dan barangnya jika kita beli di toko resmi seperti sony center, oke shop, global dll?

    1. Bu/Pak Oki,

      Mohon maklum karena saya baru bisa merespons pertanyaan pada malam ini. Kebetulan beberapa hari terakhir sedang sibuk pindahan ke rumah kontrakan baru.

      Ya, status garansi dan barangnya sama kok.

  3. Ko HSW, ad info promo paket penjualan Z1 di surabaya? setahu saya tadi trakir liat d okeshop ad promo free nfc speaker(selama persediaan msh ad) tapi dengan harga 8,5… kalo ad info menguntungkan lainnya bs d share =) thanks

    1. Pak Denny,

      Coba cek Insight Technology di Plasa Marina lantai 2. Sepertinya mereka ada promo cukup menggiurkan yang masih berlangsung sampai hari ini. Xperia Z1 dijual Rp 7,8 juta. Pembeli pasti dapat bonus headset bluetooth SBH-50 dan microSD 16 GB. Dua bonus itu kalau tak mau Anda gunakan ya tinggal dijual. Mestinya masih bisa laku minimal Rp 500 ribuan.

  4. apa kabar p.herry, maaf sbelumnya out of topic…saya punya zte grand x v970m utk mencari battery sangat sulit sekali di surabaya, wtc sdh saya “ubek-ubek” dari lantai atas sampai bawah belum juga menemukan yg jual battrey tsb. mungkin p.herry tahu penjual battrey zte ?.trims infonya.

    1. Pak Sandi,

      Maaf, saya juga belum pernah melihat ada penjual baterai untuk ponsel tersebut, baik yang orisinal maupun buatan pihak ketiga.

  5. Dikaskus sy tau yang jual malah dengan harga 7 Juta garansi SCM, sayang kehabisan. Skg dah naik harga 7.3 jt. Berarti pasaran nya akan diangka 7 jt kali ya? Jika dibandingkan dengan htc one menang mana ya? Kalau sony terkesan kaku gitu sih bentuknyya..

    Salam,
    RaP

    1. Pak Putra,

      Wow… murah banget tuh Rp 7 juta. Mungkin si penjual kulakan dari orang yang dapat hadiah atau sisa proyek ya. Sebab, setahu saya, harga kulakan resminya di atas itu.

      Kalau dibandingkan dengan HTC One, saya lebih memilih Sony Xperia Z1. Dengan alasan:
      * Tak ada bonus ungu-ungu di kamera.
      * Service center Sony meskipun belum istimewa, tetapi masih lebih baik daripada pusat perbaikan resmi HTC.
      * Bila bosan, harga jual Sony bekas biasanya lebih bagus daripada HTC bekas.

      Menurut saya, kelebihan HTC One dibandingkan Sony Xperia Z1 adalah di dual speaker dan bodi yang terlihat lebih mewah.

  6. wahh berarti langsung meluncur ke toko Insight Technology ya ko?

    saya sempat kahwatir dengan harga yang jauh dibawah SONY, takut garansi dan barangnya BM.

    yang membedakan apa sih ko antara di OKEshop SONY dan toko independen?

    1. Pak Oki,

      Kalau Anda di Surabaya, boleh coba cek ke Insight deh. Siapa tahu promo yang saya ceritakan masih berlangsung. Penawarannya, menurut saya, tergolong menarik. Barang yang ditawarkan pasti bergaransi resmi.

      Apakah beda antara Oke Shop dan toko independen? Ya berbeda di cara berjualannya.

      Oke Shop, Global Teleshop, Erafone, dan Sentra Ponsel adalah contoh beberapa gerai ritel berjaringan nasional. Mereka biasanya mematok harga jual sesuai harga ritel yang disarankan alias harga resmi dari pabrikan. Harga yang lebih mahal daripada harga di toko biasa itu dikompensasi dengan suasana gerai yang biasanya lebih nyaman, penjaga toko yang biasanya lebih menguasai produk, dll.

      Sementara itu, pemilik toko ponsel independen biasanya mematok harga jual di bawah harga ritel yang disarankan. Sebab, kalau mereka mematok harga sesuai harga resmi, bisa-bisa kalah bersaing dengan gerai ritel berjaringan nasional yang terlihat lebih megah dan strategis.

    1. Pak Arthur,

      Kesepadanan harga G2 lebih bagus daripada Xperia Z1.

      Panduan singkat pembelian dari saya sebagai berikut:
      * Kalau yang Anda kejar adalah kemampuan kamera dan tahan air, silakan membungkus Xperia Z1.
      * Kalau yang Anda cari adalah kenyamanan pemakaian secara keseluruhan plus kesepadanan harga, G2-lah jawabannya. Kamera G2 tidak jelek. Namun, kalau diadu dengan Xperia Z1, memang masih menang Xperia Z1.

  7. Terima kasih ko HSW,

    Saya sudah membungkus Xperia Z1 di Insight Technology 7.799jt dan mendapatkan Powerbank 2300mAh, Stereo Bluetooth Headset SBH50, screen guard, micro sd card 16GB, dan merchandise kaos dari SPG sony.

    Terima kasih sekali atas infonya ya ko.

    1. Pak Denny,

      Oh, sudah berakhir ya. Kalau yang tanpa bonus macam-macam (hanya dapat SBH-50), beberapa hari lalu saya lihat di WTC ada yang jual Rp 7,6 juta.

    1. Pak Denny,

      Promo pembelian Xperia Z1 mendapatkan bonus SBH-50 itu berlaku di semua toko. Masalahnya, sepertinya promo berakhir pada 30 November 2013.

      Sekitar tiga jam lagi saya coba bantu cek ya, Pak. Nanti saya update.

  8. Malam pak Heri SW, adakah info mengenai update Kit kat?
    Dan apakah si z1 ini juga akan mengalami suden death karena panas itu, seperti pendahulunya sebelumnya xperia z?

    Mohon info dan pencerahanya

    Terimakasih

    1. Pak Azi,

      Sejauh ini saya belum mendapatkan informasi resmi mengenai jadwal update Xperia Z1 ke Kitkat. Namun, saya optimis ponsel itu akan memperoleh Kitkat.

      Dulu saat menguji pakai Xperia Z1, saya pernah memakai ponsel itu tanpa henti sampai bodinya hangat mendekati panas. Saat itu, kamera tidak dapat difungsikan untuk sementara waktu. Muncul notifikasi di layar yang menginformasikan hal tersebut. Fitur-fitur lain tetap berfungsi normal dan ponsel tidak hang.

  9. Pak Herry SW,
    Terimaksih atas pencerahaaanya, kebetulan saya memang sudah memakai z1 kurang lebih satu minggu, ada lagi yang ingin saya tanyakan pak,
    Bagaimanakan cara menampilkan double Windows seperti di samsung, di samsung yg sudah jeli bean 4.2.2 dia sudah ada fasilitas untuk memilih double windows tersebut, sementara di z1 ini setelah saya update ke 4.2.2 belum menemukan setingan nya, ada kah tutorial atau setingan yang pak Herry tau?

    Terima kasih pak,
    Salam Azi Sirozudin

    1. Pak Azi,

      Apakah yang dimaksud adalah multiple windows? Jadi, ada dua aplikasi yang bisa berjalan bersamaan. Satu aplikasi di setengah layar atas, satu aplikasi lagi di setengah layar bawah. Bila yang dimaksud itu, multiple windows merupakan fitur tambahan Samsung Android tipe tertentu, bukan fitur dasar Android.

      Kalau di Xperia tipe tertentu, termasuk Xperia Z1, ada fitur yang disebut mini apps. Coba tekan dan tahan salah satu tombol di bagian bawah layar. Saya lupa yang tengah atau paling kanan. Sesaat kemudian di bawah layar akan muncul beberapa ikon. Masing-masing ikon mewakili satu aplikasi. Silakan mencobanya. Aplikasi itu seolah bakal “mengambang” di atas layar utama.

  10. Pak Herry, baterai Z1 ini bisa tahan sampai 16 jam dengan pemakaian seperti apa (apa saja yang dijalankan pada ponsel)?

    Jika dibandingkan dengan LG G2 batrai nya lebih tahan mana dengan pemakaian yang sama?

    Apakah bloatware / aplikasi (bawaan) yang tidak terpakai dari Z1 ini banyak Pak?

    berapa lama biasanya ponsel ini dipakai tanpa henti sampai bodi belkang ponsel bertemu limit panas nya, dan saat menjalankan aplikasi apa?

    Mohon maaf banyak pertanyaan nya Pak..
    Hhehe
    Trims.

    1. Pak Andres,

      Saya gunakan untuk sinkronisasi dua email, WhatsApp, sesekali browsing, dan sesekali memotret. Kalau dibandingkan dengan G2, baterai G2 lebih tahan lama.

      Bloatware-nya jauh lebih sedikit daripada Samsung.

      Soal hangat mendekati panas, biasanya terjadi kalau dipakai memotret puluhan kali dengan jeda yang berimpitan. Hangat mendekati panas ya, Pak. Tak sampai benar-benar panas seperti yang dulu terjadi saat saya mencoba Lenovo K900.

  11. Malem kang herry,
    Gini kang, Z1 sering mati daya sendiri, sya trnyata uda bongkaran, dan ternyata dibagian timah dikabel flexbel tu uda seperti gosong gitu.. Terus sy beranikan diri buat solder ratakan timahnya, syukur uda sedikit baikan gak sering mati daya, sebelumnya dikit2 mati daya sendiri. Skrg yg mau sy tanyakan:
    1. Apakah ada yg jual seal z1 biar bisa tahan air lgi?
    2. Apakah normal Z1 kalo udah panas dibagian belakang terus mati daya sendiri?
    3. Apakah kalo baterai udah mulai aus itu tiap kali di charger tak tampak tanda pengisian?
    4. Apakah ada baterai Z1 yg bergaransi TAM, soalnya sy ditawari baterai bergaransi TAM. Kisaran harga baterai 325rb.
    Terima kasih kang herry, maaf banyak tanyanya

    1. Pak Rozi,

      1. Setahu saya tak ada.

      2. Tidak normal. Kalau panas saat menjalankan kamera, yang tertutup biasanya cuma kameranya. Ponsel tetap siaga.

      3. Indikator charging seharusnya tetap muncul, biarpun kondisi baterai mulai memburuk.

      4. Xperia Z1 kan menggunakan baterai tanam. Baterai orisinal ponsel itu seharusnya tidak dijual bebas. Di mana Anda mendapatkan tawaran baterai Xperia Z1 bergaransi TAM?

  12. Kalo dibanding dengan hisense pureshot baru sama xperia z1 second dengan harga sama, koh herry lebih pilih mana? Apa kamera xperia z1 masih layak bersaing sama hp hp kelas menengah jaman sekarang? Makasih.

    1. Pak Ihwan Setiawan,

      Saya lebih memilih Pureshot baru. Membeli Xperia Z1 bekas pada saat ini berisiko mendapatkan ponsel dengan kemampuan baterai sudah menurun signifikan. Kameranya sih masih berani diadu.

  13. Oh iya satu lagi, kalo urusan kamera xperia z1 vs infinix zero 3 lebih memuaskan mana? Kan sama sama 20mp tuh hehe.

  14. Makasih atas jawabannya pak herry, ponselmu.com selalu jadi prioritas no.1 saya setiap mau gonta ganti hp, sukses selalu.

  15. saya bingung pilih hape second antara z1 2013 dengan huawei p8 lite. menurut bung herry, mana yang paling worth to buy? ditunggu segera. thx.

    1. Pak Aminudin,

      Saya tidak sreg dengan deskripsi yang berhubungan dengan kemampuan tahan air. Jangan-jangan ponsel itu pernah jatuh keras atau malahan dibongkar.

  16. oke. satu lagi, mohon rekomendasi hape dua jutaan ke bawah. not xiaomi or oppo. prefered global brand. (maaf, bawel. hehe)

  17. makasih. tpi pengalaman pribadi, asus cepet banget panas. temen2 juga punya pengalaman yang sama. so, untuk sementara asus gak masuk nominasi dulu bung…samsung, sony, lg, Huawei or lenovo. jangan satu aja, hehe. maaf bawel…..

    1. Pak Aminudin,

      Ponsel Asus keluaran lama memang begitu. Makanya, kalau rajin memantau komentar saya, dulu saya merekomendasikan jangan membeli ponsel Asus.

      Mulai generasi Zenfone 2 Laser, Asus telah membaik. Sejak saat itu pula saya mulai berbalik arah. Saya berani menyarankan penanya untuk membeli ponsel Asus tipe tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *