Review Yoobao Mytour YB628: Masih Bebas dari Pemalsuan

Di Indonesia, Yoobao kali pertama dikenal lewat produk baterai ponsel. Popularitas pabrikan asal Tiongkok ini meningkat saat beragam power bank yang ditawarkannya ternyata direspons positif oleh pasar. Larisnya penjualan menciptakan tantangan baru. Muncul power bank Yoobao palsu dengan harga jauh lebih murah, namun memiliki kualitas ala kadarnya. Di pasar juga beredar power bank dengan desain yang sangat mirip dengan Yoobao, tetapi menggunakan merek lain.

Varian lain Yoobao sekarang mulai ditawarkan oleh para penjual aksesori. Produk ini masih bebas dari pemalsuan dan penjiplakan. Nama lengkapnya, Yoobao Mytour YB628. Sepintas bentuknya menyerupai power bank Yoobao seri Magic Cube. Padahal, YB628 yang berdimensi fisik 82 x 77 x 24 mm dan berat 167 gram itu sebenarnya lebih sakti. Ia bukan hanya dapat mengisi ulang baterai acang alias gadget.

YB628-1

YB628 mempunyai aneka kemampuan sekaligus. Ia bisa difungsikan sebagai power bank dengan keluaran (output) 2 A. Tancapkan saja kabel bawaan ponsel atau tablet ke satu-satunya port USB di peranti berwarna hitam glossy tersebut. Alternatif lain, gunakan kabel micro USB yang disertakan dalam paket penjualan YB628. Selain kabel micro USB, pembeli YB628 akan memperoleh konverter dari micro USB ke konektor Apple tipe lama, mini USB, Nokia dua milimeter alias bundar kecil, dan PSP.

Kemampuan lain YB628 adalah memancarkan akses internet dari LAN atau modem USB via Wi-Fi. Dengan demikian, akses internet yang awalnya hanya untuk satu peranti dapat dinikmati beramai-ramai oleh beberapa ponsel, tablet, atau laptop. Lampu indikator berwarna biru di permukaan atas YB628 akan menunjukkan status koneksi dan baterai.

YB628-2

Kalau pengguna menancapkan USB flashdisk ke YB628, file dokumen dan multimedia yang tersimpan di dalamnya bakal bisa diakses lewat Wi-Fi. Lain waktu, seandainya saat pengguna sedang bekerja mendadak listrik padam, manfaatkan YB628 sebagai lampu senter darurat. Cahaya yang dipancarkan tidak sangat terang, tetapi masih memadai untuk memandu pengguna membereskan peralatan kerja dan meninggalkan ruangan.

Bila daya baterai berkapasitas 5.200 mAh di peranti yang dijual sekitar Rp 490 ribu itu telah lemah, pengguna tinggal menghubungkannya dengan charger micro USB. Masukan (input) maksimal yang dapat diterima YB628 sebesar 1,5 A.

47 thoughts to “Review Yoobao Mytour YB628: Masih Bebas dari Pemalsuan”

  1. Pak Eko,

    Saya belum pernah mencoba TP Link TL-MR3040. Sepintas memang mirip ya, Pak. Bedanya, punya TP Link sepertinya tak ada lampu senter. Kapasitas baterainya juga hanya 2.000 mAh.

    Kalau YB628, kapasitas baterainya 5.200 mAh.

  2. om herry, kalau misal akses file dari flashdisk yg tertancap di mytour apakah harus lewat aplikasi tertentu yg musti diinstal lebih dulu di acang (android/ios)? kalau mytour dlm kondisi di charge apakah masih bisa dipakai untuk file sharing? Tks Om 🙂

    1. Pak Yusuf,

      Tak perlu install aplikasi tambahan. Bukanya lewat browser bawaan saja.

      Wah, saya tak pernah coba melakukan file sharing sambil men-charge Mytour.

  3. pak herry, utk file sharingnya, selain pakai flashdisk, apa perangkat ini jg bs membaca hardisk eksternal? trm ksh

    1. Pak Sigit,

      Saya tak pernah coba memadukannya dengan harddisk eksternal. Kalau yang ditancapkan harddisk eksternal 2,5 inci, menurut saya, ada peluang biasa.

  4. Pak Herry,

    Apakah pernah dicoba untuk pemakaian USB modem 3G bisa nyala/online berapa lama? Mungkin ada perkiraan powerbank WiFi Yoobao ini bertahan berapa lama?

    Terima kasih.

  5. ko.mau nanya.apa bnr ga smua powerbank kompatibel dg smartphone kita ya?soal nya pernah baca kata nya galaxy mini 2 susah nemuin powerbank yg cocok…thx,ko

    1. Pak Chandra Zhang,

      Benar, sebuah power bank belum tentu kompatibel dengan semua acang yang kita miliki. Hal pertama yang perlu dicermati adalah output power bank. Kalau output-nya hanya 1 A, kadang gagal mengisi ulang baterai tablet.

      Hal lain, soal kabel yang digunakan untuk mengisi ulang. Sebagian peranti BlackBerry cukup “cerewet” dengan kabel. Memakai kabel data bawaan BlackBerry pun bukan jaminan berhasil.

      Saya belum pernah mencoba Galaxy Mini 2. Terkait ponsel itu, susah menemukan power bank cocok yang pernah Anda seperti apa?

    1. Pak Juanda Lingga,

      Sayangnya tidak ada daftar modem yang kompatibel dengan peranti itu. Jadi, harus mencoba sendiri dulu.

      Yang sempat saya coba dan tidak kompatibel adalah Huawei EC306.

    1. Pak Chandra Zhang,

      Hmm… padahal Galaxy Mini 2 mestinya cuma minta output 1 A. Mungkin yang tidak bersahabat kabel charging-nya.

    1. Pak Arya,

      Nah itu dia masalahnya. Tak ada daftar kompatibilitas. Jadi, harus coba-coba sendiri memakai modem yang dimiliki.

  6. oh ya maaf salah ketik…
    lalu apakah merk probox itu recomendeed,itu merk sanyo khan (menurut yg sya bca di artikel “kenali seluk-beluk powerbank”) ??

    selain WTC-My rasch,adakah toko lain yg terpercaya yg menjual setidaknya beberapa merk global??

    1. Pak Bondan,

      Saya belum pernah mencoba merek Probox.

      Ini asumsinya di WTC ya. Anda bisa coba mengecek pilihan produk sekaligus membandingkan harga di Wellcomm Shop lantai 2, Centro lantai 3, dan Original Shop lantai 4.

  7. kalau di Marina bagaimana pak Herry apakah ada juga?
    Karena rumah sya kebetulan lebih dekat Marina daripda WTC pak. Terima kasih sblmnya pak atas infonya

    1. Pak Bondan,

      Kalau di Marina, coba cari di Phone Shop. Saya lupa nomor tokonya. Ancarnya-ancarnya begini:
      * Dari lantai dasar, silakan naik ke lantai dua lewat eskalator di depan Dunkin Donuts.
      * Sesampai di lantai dua, silakan berputar balik ke arah kiri. Bayangkan angka-angka di jam dinding. Anda bergerak dari angka 12 ke 6, melewati angka 11, 10, 9, dan seterusnya.
      * Setelah sampai di “angka 6”, belok ke kanan. Di sana ada lorong. Gerai Phone Shop ada di sisi kanan, kira-kira 2-3 toko terhitung sejak belokan. Ciri-ciri tokonya, ia memajang banyak aksesori ponsel. Tidak ada ponsel baru maupun bekas yang dipajang.

  8. beli produk ini dmana yah pak Herry ?
    saya YOOBAO minded :D, soalnya selama jualan produk ini memuaskan 😀

    drpd tplink 3040 better 3020 yg lebih enak n user friendly skali pemakaiannya meski tanpa batrai. 3040 sering putus2 -.-

    hame a2 juga gampang pemakaiannya, powerbank yg ada router wifi nya. awet sih py saya staonan lebih, krn pemakaian extrem 24jam :)) jadi skr dah koit -.-

  9. Pak, saya mau tanya…apakah bapak ada rekomendasi toko yang jual power bank yoobao original di surabaya ?

    1. Pak Yongky,

      Di WTC lantai dasar, di dekat lift (bukan eskalator) dan GraPARI Telkomsel, ada gerai resmi Yoobao.

  10. Gerai resmi yoobao selain di WTC apakah ada di tempat lain juga pak? misal Plasa Marina, lebih dekat kesana soalnya.

    Terima kasih

    1. Pak Yongky,

      Di Marina setahu saya tak ada gerai khusus Yoobao seperti di WTC. Namun, kalau ingin membeli Yoobao yang asli, coba cari di Phone Shop lantai 2. Gerai itu spesialis menjual aneka aksesori, termasuk power bank.

    1. Pak Anggiat,

      Kalau saya lihat, produk yang ditawarkan persis sama kok. Harga dasarnya (sebelum diskon) juga mirip. Pembeda keduanya hanya di nama penjualnya.

  11. begitu ya mas, lumayan harga beda 50 ribu-an. Kalo sama, bisa beli yg lebih murah donk ya mas. Mau tanya jg mas, berdasarkan pengalamn mas, kalo yoobao apakh ada auto cut off nya kalo lagi ngecharge? Krn lavios yg sy sudah pakai, ada mas, jd kalo penuh, pb nya mati sendiri mas. Sebelumnya trims ya mas atas infonya.

  12. trimaksih mas Herry. Sy tertarik dgn lavios, tp lavios tdk bisa nge-charge nokia [210] dgn colokan jarumnya yg disediakan. Pesan muncul : “Charged not supported”.
    Saya coba dgn nokia yg lainnya dan pesan nya sama. Setelah muncul pesan tsb, pb langsung stop. Makanya mau coba merek lain. Oh ya mas, apakah pernah mereview pb merek wellcom yg terbaru. Gramedia bandung lagi promo, tp sy tidak catat typenya. Sayangnya menurut penjualnya tdk ada fungsi auto cut off nya.

    1. Pak Anggiat,

      Saya belum pernah mencoba power bank Wellcomm tersebut. Btw, yang Anda maksud merek Wellcomm kan? Atau, memang ada merek Wellcom (satu huruf M) seperti yang Anda ketikkan?

  13. oh… Iya mas wellcomm, sy salah. Kalo yoobao yg di lazada yg sy maksud diatas, asli ato abal-abal ya mas? Kalo belanja onlen bagaimn ya caranya utk tahu asli ato abal-abal? Kalo dari harganya sesuai gak mas ?

    1. Pak Anggiat,

      Saya tak berani memastikan. Harga biasanya bisa dijadikan salah satu patokan. Namun, tidak dapat dijadikan patokan mutlak. Kalau pelakunya pas nekat, barang palsu pun dijual sesuai harga barang asli.

    1. Pak Anggiat,

      Di YB628 tak ada pilihan output 1 A ya? Kalau ada, mending pakai yang 1 A untuk nge-charge ponsel yang 1 A. Bila tidak tersedia, mau pakai 2 A juga silakan.

      Sedangkan untuk nge-charge ponsel yang charger bawaannya 1,5 A, silakan pakai output powerbank yang 2 A.

  14. Pak Herry
    Sekedar berbagi. Saya setaun ini pake yoobao Transformer 13000 mAh,dual output 1 & 2A, senter, 7 colokan,auto cut off,harga 475000. kompatibel untuk galaxy mini dan young,lenovo A369i,motorola moto g,serta alat game anak anak.sudah saya cek kode di kemasan ke web yoobao…..ORI.sejauh ini memuaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *