Review ZTE Blade Vec Pro: Produk Menarik dari Produsen “Bermasalah”

Meskipun berstatus merek global, keberadaan ponsel ZTE di sini praktis jarang diperhatikan. Popularitasnya jauh di bawah Lenovo, sesama ponsel merek global kelahiran Negeri Tirai Bambu. Diadu dengan Oppo, merek asli Tiongkok yang oleh promotornya sering diklaim dari Amerika pun, brand awareness ZTE kalah.

Belum lama ini ZTE memasarkan tiga ponsel baru ke Indonesia. Yaitu, Blade G, Blade G Lux, dan Blade Vec Pro. Karena mustahil mencoba tiga ponsel sekaligus, penulis memilih satu saja. Blade Vec Pro yang dibekali prosesor delapan inti (octa core) menjadi sasaran utama.

Blade Vec Pro-1

Blade Vec Pro hadir dengan layar IPS lima inci beresolusi 1.280 x 720 piksel. Tampilan layar tergolong cemerlang dan sedap dipandang mata. Huruf maupun gambar dapat disajikan dengan prima.

Sebuah kamera terdapat di atas layar. Ia mampu menghasilkan foto beresolusi lima megapiksel dan klip video full HD 1080p. Kamera itu dilengkapi fitur gesture capture yang memungkinkan kamera otomatis menjepret kala mendeteksi dua jari pengguna membentuk huruf V.

Saatnya mengamati sisi belakang Blade Vec Pro. Walaupun berbahan plastik, penampakan ponsel terlihat tidak murahan. Corak carbon fiber sangat membantu mencuatkan kesan lumayan elegan. Kamera utama yang dilengkapi fokus otomatis dan lampu kilat berada di bagian kiri atas. Kemampuan maksimalnya memproduksi foto beresolusi sampai 13 megapiksel dan klip video full HD 1080p.

Di sisi kiri ponsel dual SIM GSM-GSM itu terdapat dua selot kartu micro SIM dan satu selot kartu microSD. Untuk mengeluarkan masing-masing selot, pengguna harus menggunakan alat bantu. Entah SIM ejector bawaan, klip kertas, atau peniti. Dua nomor GSM yang terpasang dapat siaga bersamaan. Namun, hanya nomor di selot kartu SIM pertama yang bisa masuk ke jaringan 3G.

Blade Vec Pro-3

Spesifikasi teknis lain ponsel berukuran 139,3 x 69,8 x 7,5 mm tersebut meliputi prosesor delapan inti MediaTek MT6592 1,4 GHz, Wi-Fi, bluetooth, GPS, dan wireless display. Ponsel yang mendukung USB On-The-Go itu juga dibekali radio FM.

Memori Blade Vec Pro terdiri atas RAM 1 GB dan ROM 8 GB. Sayang, memori internal ponsel itu dibagi menjadi dua partisi: internal storage dan phone storage. Internal storage berkapasitas 1,83 GB. Saat ponsel belum diutak-atik, ruang kosong di partisi tersebut mencapai 1,62 GB. Sedangkan phone storage yang berdaya tampung 3,65 GB masih utuh.

Untuk sebuah ponsel Android keluaran terkini, pembagian ruang penyimpanan ala Blade Vec Pro terasa kurang menguntungkan. Pengguna yang gemar menginstalasikan banyak aplikasi tambahan bakal kerepotan. Sebab, ruang gerak mereka terbatas di internal storage yang hanya tersisa 1,62 GB. Padahal, dari waktu ke waktu, ukuran file aplikasi di ponsel pintar cenderung membesar.

Bagaimana kinerja keseluruhan ponsel? Secara umum, ponsel bersistem operasi Android 4.4.2 KitKat itu tergolong responsif dan nyaman dipakai. Mengingat kapasitas RAM-nya 1 GB saja, secara berkala pengguna sebaiknya menutup aplikasi yang sudah tak diperlukan lagi. Baterai bawaan yang berkapasitas 2.300 mAh, dengan pemakaian ala penulis, maksimal mampu bertahan selama 14 jam.

Blade Vec Pro-2

Beberapa sisi minus Blade Vec Pro versi penulis, tampilan antarmuka alias user interface-nya kurang cantik. Keharusan menggunakan alat bantu saat akan mengakses selot kartu SIM turut mengurangi daya tarik. Apa lagi? Memori internal dibagi menjadi dua partisi dan kapasitas RAM hanya 1 GB. Sebagai ponsel berdapur pacu prosesor delapan inti, alangkah indahnya kalau Blade Vec Pro dibekali RAM 2 GB.

Saat ini Blade Vec Pro dijual Rp 2,499 juta. Dengan memperhatikan plus minus dan kinerja ponsel itu, penulis menilai Blade Vec Pro adalah produk menarik yang ditawarkan oleh produsen “bermasalah”. Ya, “bermasalah”. Ada banyak hal terkait ZTE Indonesia yang layak dikritisi dan dipertanyakan. Ini beberapa di antaranya.

Pertama, distributor ponsel ZTE di Indonesia sangat cepat berganti. Pada Juni tahun lalu, dalam sebuah acara yang digelar di Nusa Dua, Bali, ZTE merilis tiga ponsel terbaru. Ketika itu ZTE sekaligus mengumumkan telah menunjuk Trikomsel sebagai distributor.

Tak sampai setengah tahun, pada November 2014 distributor ponsel ZTE beralih ke Surya Citra Multimedia (SCM). Meskipun pergantian distributor adalah hal biasa, tetapi perubahan yang begitu singkat tidak lazim terjadi. Ada apakah gerangan?

Kedua, saat mengunjungi stan pameran ZTE, penulis memperoleh brosur tiga ponsel terbaru ZTE. Umpama harus menilai dengan skala 1-10 dan sepuluh merupakan nilai tertinggi, penulis menganggap brosur tersebut cuma pantas diberi skor maksimal empat. Desain brosur itu tergolong buruk. Brosur ponsel merek lokal buatan Tiongkok pun masih lebih memikat mata.

Karena sedang menguji pakai Blade Vec Pro, penulis sengaja memperhatikan spesifikasi ponsel yang tercetak di brosur. Hasilnya, ada kesalahan penulisan yang cukup fatal. Kecepatan prosesor disebutkan 1,7 GHz. Padahal, dengan mengacu kepada ponsel yang penulis coba, kecepatan maksimal prosesor 1,4 GHz saja.

Ketiga, ZTE memiliki akun Twitter @zte_indonesia yang sampai detik ini masih rutin diperbarui. Di halaman depan akun itu tertulis alamat situs zte.co.id. Konyolnya, saat penulis mencoba masuk ke zte.co.id, yang tersaji adalah informasi bahwa domain tersebut dijual.

Blade Vec Pro-19

Blade Vec Pro-4

Sebenarnya masih ada aneka hal lain terkait ZTE yang bisa dicela. Namun, untuk sementara, cukup tiga poin di atas. Seiring dengan pergantian logo ZTE yang baru saja dilakukan, semoga ZTE di Indonesia segera berbenah. Kalau tetap dibiarkan seperti sekarang, distributor bakal kerepotan, citra ZTE pun semakin buruk.

Daripada distributor menjadi tumbal, lebih jantan bila ZTE memutuskan keluar dari Indonesia yang memiliki potensi pasar menggiurkan. Toh buat Anda para pencinta ponsel, tentu saja termasuk penulis, di pasar masih tersedia banyak pilihan ponsel lain. Anda setuju, bukan?

***

Inilah foto-foto yang dihasilkan kamera Blade Vec Pro.

Blade Vec Pro-5

Blade Vec Pro-6

Satu foto di bawah ini dijepret di dekat pintu masuk sebuah restoran. Pencahayaan tergolong minim.

Blade Vec Pro-7

Blade Vec Pro-8

Blade Vec Pro-9

Blade Vec Pro-10

Blade Vec Pro-11

Blade Vec Pro-12

Foto di-crop supaya laba-laba terlihat lebih jelas. Inilah wujudnya.

Blade Vec Pro-13

Blade Vec Pro-14

Blade Vec Pro-15

Foto selfie berikut ini dijepret menggunakan kamera depan.

Blade Vec Pro-16

***

Screen capture Antutu Benchmark, Sensor Box for Android, dan kondisi awal RAM.

Blade Vec Pro-17

Blade Vec Pro-18

Blade Vec Pro-20

94 thoughts to “Review ZTE Blade Vec Pro: Produk Menarik dari Produsen “Bermasalah””

    1. Pak Dudde Riz,

      Sebenarnya layak dibeli. Cara memilihnya sederhana:
      * Ingin yang berbaterai awet: P780.
      * Ingin yang lebih murah dan memiliki kinerja bagus: Liquid Z500.
      * Ingin yang di tengah-tengah keduanya: Blade Vec Pro.

  1. Mau berbagi cerita sedikit. Dulu saya sempat kepingin beli ZTE v970 karena speknya lumayan dan harga relatif terjangkau serta terpikir bahwa ZTE merupakan merk internasional. Kebetulan teman saya ada beli duluan. Beberapa waktu kemudian kaca pelindung layarnya pecah karena tertindih waktu tidur. Teman saya menelpon ke nomor tempat servis yang tertulis di kartu garansinya sampe berkali kali tapi tidak pernah diangkat. Mau ke tempat servisnya juga tidak bisa karena tidak ada alamatnya, hanya no telpon saja yang tertera. Akhirnya gawainya dibiarkan rusak. Pernah di bawa ke bekas tempat servis ZTE yang di jalan Kenjeran tapi dibilang sudah tidak ada kerja sama lagi dengan fihak ZTE. Pernah juga dibawa ke beberapa tempat servis biasa tapi tidak ada yang punya kaca layar tersebut.

  2. Dulu tahun 2008 sempat pakai ponsel ZTE jadul, tapi salut dengan kualitasnya dibandingkan ponsel Tiongkok yang abal-abal. Bener2 tahan banting, tapi sayang akhirnya hilang.
    Berdasarkan review Pak Herry berarti tidak worth to buy ya pak?
    Kayanya lebih seksi MiNote…

    1. Pak Edi Swarso,

      Dengan mengabaikan ZTE-nya yang angin-anginan, sebenarnya ponsel itu menarik untuk dimiliki.

  3. Pak Herry,
    sebelum saya membaca review anda mengenai ZTE Blade Vec Pro ini secara keseluruhan, saya sebelumnya sempat membaca sekilas review produk yg sama di artikel lain, saya langsung tidak melanjutkan membaca secara keseluruhan setelah saya tau internal storage-nya dipartisi dan setelah tau harga jualnya. Saya ber-tanya2, apakah pantas dihargai segitu.
    Selain mengenai alamat situs zte.co.id, saya juga melihat bahwa kualitas cover image/background di twitter nya tidak bagus/jelas, lalu menurut saya (subjektif) logo ZTE yg lama juga masih lebih bagus daripada yg baru.
    Mengetahui kekurangan2 yg disampaikan oleh pak Herry, saya juga merasa prihatin atas merk sekelas ZTE, padahal kualitas hasil kameranya termasuk sangat bagus.
    Semoga kekurangan2 yg disampaikan bisa menjadi kritik yg membangun bagi ZTE.

  4. Halo Ko Herry

    Maaf jika yang saya tanyakan out of topic. Ada saran hp < 2jt dengan layar lega, maksimal quad/octa core? Merek global jika memungkinkan.

    Saya rada naksir Himax, penilaian Ko Herry gimana? Trims ya Ko

  5. xiaomi mipad, nvidia shield, nexus 9. diantara 3 itu mana yg paling menarik pak?

    kayaknya yg bakal masuk indo paling cm nexus ya?

    1. Pak Amunes,

      Tak tahu mana yang menarik karena saya belum pernah coba semua.

      Entah Nexus 9 akan masuk resmi atau tidak.

  6. Terima Kasih balasannya Ko Herry

    Acer Liquid Z500 jika dibandingkan Huawei Honor 3C bagusan mana ya Ko? Harga tidak beda jauh, nambah sedikit πŸ˜€

    1. Bu Sinta,

      Saya belum pernah menguji pakai Honor 3C. Jadi, belum tahu bagaimana komparasinya dibandingkan Liquid Z500.

  7. Ko herry maaf oot, mau nanya kalo hp android itu perlu nga dipasang antivirus dan pembersih file? Kalo biasa ko herry pasang nga aplikasi tersebut? Trims

    1. Pak Leos,

      Saya biasanya tidak menginstalasikan aplikasi antivirus. Kalau pembersih file sesekali menginstalasikannya. Biasanya saya memakai Clean Master.

  8. ZTE, saya pernah memakai ZTE Racer 2, Skate, dan sekarang yang sedang saya pakai Kis 3.

    Berdasarkan pengalaman, produknya bagus dan sekelas dengan brand global lain. Software tak ada masalah, begitu juga dengan hardware. ZTE dan Huawei build quality menurut saya bahkan diatas Acer untuk kelas dibawah 1juta.

    “Keunikan” ZTE memang pada distributornya, Racer 2 saya dipegang Cyrus Mobile, Skate dipegang Metrodata, Kis 3 dipegang Trikomsel, dan sedikit terkejut saat ZTE terbaru beralih lagi ke SCM.

  9. Mungkin karyawan ZTE khususnya bagian promosi atau marketing perlu belajar sama Advan ya Pak Herry? πŸ˜€
    Sekarang makin banyak teman dan kerabat saya yg sudah ‘termakan’ iklan Advan di tv nih Pak. Meskipun beberapa sudah mengalami masalah pada handset nya tetap saja masih banyak yg beli Advan, terutama tabletnya. Alasannya tablet itu cuma untuk mainan anaknya, yg penting murah dan bisa game.
    Saya salut dengan marketing Advan yg berani menggaet artis2 ternama di indonesia. Coba ZTE lebih berani seperti Advan gitu.

  10. maaf agak melenceng pak herry Microsoft lumia apa sudah release di Indonesia?
    saya tunggu reviewnya.terima kasih

    1. Pak Adi,

      Sudah. Produk Microsoft Lumia pertama, Lumia 535, sudah beredar di pasar. Harga ritel resminya Rp 1,699 juta.

  11. maaf agak melenceng pak herry, Microsoft lumia 535 apa sudah release di Indonesia?
    saya tunggu reviewnya.terima kasih

    1. Pak Adi,

      Lumia 535 sudah beredar di sini. Harga ritel resmi Rp 1,699 juta. Saya belum bisa memberikan review karena belum pernah mencoba ponsel itu.

  12. mau tanya pak
    maunya beli acer iconia tab 7, tapi acer bali bilang stock nya terbatas dan disuruh ke erafone, erafone bilang sudah satu bulan tidak ada stock nya, malah disuruh inden. terus terang saya tidak mau inden kalau stock nya tidak jelas adanya kapan.
    nah dengan dana yang segitu, saya sempat mencari gawai lain, sambil menunggu tab tersebut ada stock nya.
    yang saya cari minimal android 4.1 itu jellybean kan? layar 4 inchi. ram 1 gb. dual core. merk yang terkenal, yang mudah dicari dan dibeli, mengingat saya sempat kesulitan mencari beberapa merk di bali.
    kalau bisa, tolong beri beberapa alternatif, jadi bisa saya pertimbangkan, tapi urutkan juga menurut opini bapak.
    maaf sebelumnya kalau terlalu banyak.
    makasih

    1. Bu Ana M,

      Sebentar… Anda ini sebenarnya mau beli tablet atau ponsel tho? Saya jadi bingung. Sebab, berawal dari ingin beli Iconia Tab 7, eh.. ujung-ujungnya kok belok mencari peranti Android berlayar empat inci.

      Iconia Tab 7 masih mudah dijumpai kok. Kalau gagal menemukan di Erafone, carilah di toko-toko biasa.

  13. pak herry
    awal nya tablet, tapi tidak ada barang nya, kemarin setelah tahun baru, satu hari penuh saya cari tidak ada yang punya stock nya, toko besar atau toko kecil di bali

  14. makasih pak herry.
    tapi jujur, sampai sekarang masih belum sreg kalau beli online, gak tau kenapa, mungkin sudah kebiasaan beli ketemu langsung penjual nya

  15. Pak herry maaf OOT, Menurut pak herry bagusan mana yah antara Samsung Galaxy Grand Prime sama Nokia Lumia 730? dari harga gak beda jauh spek pun juga hampir sama, Apakah pak herry ada rencana untuk mereview Samsung Galaxy Grand Prime?

    1. Pak Rudi Ismayadi,

      Saya belum pernah menguji pakai Galaxy Grand Prime. Dari hasil towel-towel, layar Galaxy Grand Prime tidak sebagus Lumia 730.

      Sampai saat ini belum ada rencana me-review Galaxy Grand Prime.

  16. Dear pak herry..
    saya pengikut setia rubrik dan bahasan bapak.
    maaf oot pak..saya agak tertarik dgn pic bapak yg ada charge magnetic xperia.itu beli di mana ya pak?

  17. maaf pak hery
    saya lagi cari hp android dengan dana maksimal 1,5 juta.
    minimal saya cari paling tidak jellybean, layar 4 inchi, dual core, ram 1 gb.
    itu buat hp saya yg kedua untuk fun saja, karena saya masih punya hp utama.
    mungkin saya pakai untuk chatting, socmed, game, browse, aplikasi.
    terima kasih

    lely

  18. Pak Harry, maaf OOT sy mau minta pendapat dan nasehat. Sy bingung mau beli Asus Zenfone 4 atau New Smartfren Andromax G2, anggaran sy terbatas sekali.Bagaimana menurut Bapak kalau diadu dari segi kamera, video, kualitas layar dll?
    Kebetulan sy jg membaca artikel Pak Harry yg menggunakan Asus Zenfone 4, sy jd tertarik. Pertanyaan sy, baterai Zenfone 4 yg benar 1200mAh atau 1600mAh ya?
    Terima kasih

    1. Pak Eldar,

      Sambil menanti Pak Harry menjawab, saya Herry akan coba membantu. Semoga Pak Harry tidak marah. πŸ™‚

      Aduh… jangan membeli ponsel dan tablet merek Asus deh. Kalau membeli laptop Asus masih boleh.

      Baterai Zenfone 4 keluaran awal berkapasitas 1.200 mAh. Keluaran berikutnya baru pakai baterai 1.600 mAh.

      Saya memperkirakan anggaran Anda maksimal Rp 1 juta. Saran saya, beli Acer Liquid Z4 saja. Review bisa dibaca di http://ponselmu.com/review-acer-liquid-z4-kalahkan-a316i-dan-galaxy-y-neo/

  19. Pak Herry saya mau bertanya kalo hp dan tab. merek global yang harganya dibawah 2 jt tapi yang ada kamera depan, memori ram min.1 GB, kualitasnya bagus apa yaa ? selain Acer Liquid Z500. terimakasih

    1. Bu Nia,

      Awalnya saya akan menyarankan ponsel Xiaomi. Namun, Xiaomi saat ini belum termasuk merek global. Ia baru termasuk kandidat merek global. Jadi, batal menyebutkan tipenya deh.

      Hmmm… dengan kriteria Anda, pilihan lain berarti LG L70. Harga barunya Rp 1,6 jutaan. Performa keseluruhannya masih kalah dibandingkan Acer Liquid Z500 sih.

  20. maaf pak, lupa, kalau bisa merknya salah satu dari lg, sony, samsung, acer.
    kalau motorola, tidak dulu deh, kalau asus dari jawaban bapak tidak menganjurkan.
    ya kalau bisa anggaran segitu, tapi kalau lebih sedikit nanti saya pikirkan cari tambahannya.

    lely

    1. Bu Lely,

      Oh, kalau begitu, silakan melirik Acer Liquid Z4. Harga barunya Rp 900 ribuan.

      Ya, jangan membeli ponsel dan tablet merek Asus.

  21. Jadi layanan aftersales/support ZTE ini bisa dikatakan buruk ya pak? Saya baru saja membeli ZTE Blade G sih, beberapa hari ini saya pakai nggak pernah ada masalah… Serem juga ntar kalau ada masalah, garansinya bakal susah πŸ˜€

    1. Pak Tuxlin,

      Saya tidak mengatakan layanan purna jual ZTE buruk lho. Yang saya katakan, distributornya sering ganti. Padahal, seiring pergantian distributor, seringkali lokasi pusat perbaikan resminya juga pindah etmpat. Konsumen jadi bingung deh.

    1. Bu Lely,

      Glodaks… *tepok jidat*

      Anda minta yang RAM 1 GB ya. Tidak ada ponsel LG, Samsung, Acer, dan Sony dengan RAM 1 GB yang harga barunya maksimal Rp 1,5 juta. Kalau merek global, ya berarti belok lagi ke Moto E yang pernah saya ceritakan.

  22. pak herry
    ya susah ya, kalau di sekitar harga segitu, bisa lebih tidak apa-apa, nanti saya pertimbangkan lagi, sekalian cari tambahan, ada type apa saja
    ini kan sudah ganti tahun, apa tidak ada kabar, apa ada HP yang kira kira harga segitu yang akan keluar? biasanya bulan apa?
    ya kalau begitu yang harganya di atas 1,5 juta yang ada HP apa yang bagus

    lely

  23. Pagi Om HSZ, OOT nih, tapi masih seputar ZTE kok,
    Om, hari ini di laza*da kan ada pre order ZTE Blade V5,
    Kl saya baca spec nya sih lumayan, kalau menurut Om HSW bagaimana? Layak beli ga Om?
    Tks

    1. Pak JW, SH,

      Kalau saya tidak berani membeli Blade V5 itu dengan pertimbangan:
      1. Saat ini masih pre-order dan jarak pengirimannya cukup panjang.
      2. Selisih dengan harga normal tidak banyak.
      3. Penjualnya Lazada yang belakangan ini layanannya semakin amburadul.

      Bila tiga poin itu dipadukan, saya khawatir barang baru saya terima satu bulan lagi dan saat itu harga pasar Blade V5 sudah sama atau bahkan lebih rendah daripada harga pre-order.

  24. Sekarang saya menggunakan Redmi 1s, jika dibandingkan dengan Zte Blade Vec Pro ini tanpa melihat harga, lebih baik mana pak, dari segi kinerja, fitur, kamera dan daya tahan baterai?

    Terima kasih.

  25. Om Hsw, menurut masukan yg kemarin om bilang mengenai pembelian Zte Blade V5 di lazada, saya menjadi cemas, dan urung niat untuk membelinya di lazada, yang saya mau tanyakan: kl saya membeli di toko, adakah refrensi toko yang menjualnya om? karena saya sudah sempat mencari di plaza marina, di beberapa toko saya tayankan hp tersebut, pelayannya malah ga tau tipe tersebut.., heheheh mohon refrensi toko yang menjualnya ya om,
    Atau ada masukan lain hp android yg maks 2jt tapi spesifikasi mirip Zte Blade V5? Tks Om Hsw

    1. Pak JW, SH,

      Blade V5 kan memang belum dijual di pasaran bebas. Masih tahap pre-order dan pemesan belum menerima barang. Jadi, kalau cari di Plasa Marina ya pasti belum ada yang punya stok.

      Kalau yang harganya mirip, demikian pula spesifikasinya di atas kertas, mungkin merek lokal ya. Saya nggak berani memberikan rekomendasi.

      Kalau mau spesifikasi agak beda, ada Xiaomi Redmi 1S dan Acer Liquid Z500.

  26. Maaf pak herry, mau tanya kalo ZTE Blade Vec Pro di bandingkan dengan LG G2 Mini, yg skarang harganya ga jauh beda gmana?
    Tentang purna jual & kualitas.
    Terima kasih

    1. Pak Rizky,

      Blade Vec Pro unggul di tampilan layar dan kecepatan respons.

      G2 Mini menang di hasil jepretan kamera (tanpa melihat besar kecilnya resolusi) dan, tentu saja, layanan purna jual.

  27. Kalo di bandingkan dengan Acer Liquid E700 gmana pak?
    Kok stelah membaca review Acer Liquid E700 cukup menarik dengan harga yg relatif sama.
    Kalo boleh minta saran pilih ponsel apa ya pak dengan harga sekitar 2,5 jta (tidak harus ZTE Vec Pro, LG G2 Mini, Acer Liquid E700), tapi layanan purna jual yg baik.
    Terimakasih

    1. Pak Rizky,

      Layar, baik tampilan maupun sensitivitas, lebih unggul Blade Vec Pro. E700 terutama menang di daya tahan baterai dan kemampuan triple SIM.

      Dengan harga Rp 2,5 juta dan layanan pusat perbaikan resmi baik, pilihannya ya berarti (saya urutkan berdasarkan harga)
      * Acer Liquid Z500. Harga resmi Rp 1,899 juta.
      * LG G2 Mini. Harga Rp 2,399 juta.
      * Acer Liquid E700. Harga Rp 2,499 juta. Pesan saya, baca naskah ini dulu. Ada sisi minus agak fatal yang perlu Anda ketahui. http://ponselmu.com/review-acer-liquid-e700-tiga-operator-hidup-rukun-seponsel/

  28. Kalo Acer Liquid E700 sisi minusnya yg tilisannya dobel bukan pak?
    Kalo smisal pake aplikasi apakah masih sama?
    Saya tertarik dengan LG G2 Mini, tetapi kalo liat spec. Acer Liquid E700 cukup menarik juga, apalagi dgan harga yg ga jauh beda. Menurut pak herry apakah Acer Liquid E700 cukup nyaman di pakai sehari-hari. Dibandingkan dengan LG G2 Mini persentase kenyamanan antara keduanya berapa pak?
    Terima kasih

    1. Pak Rizky,

      Benar, soal tulisan dobel. Biarpun pakai aplikasi keyboard tetap dobel-dobel.

      Kalau diadu dengan G2 Mini, hasilnya begini:
      * G2 Mini menang di kenyamanan pemakaian dan hasil jepretan kamera. Ia kalah gegas dibandingkan E700.
      * E700 unggul di daya tahan baterai dan triple SIM.

  29. Terima kasih pak herry sarannya,
    Udah mantep pilih LG G2 Mini, tpi tdi siang nyari barangnya di daerah purwokerto kok susah ya pak, ada satu tpi harganya diatas harga resmi, apa sudah tdak keluar lagi ya pak?
    Bgitu jga dengan LG G3 Beat, susah di dapet.

    1. Pak Rizky,

      G2 Mini sudah diskontinyu, tetapi masih bisa ditemukan. Beli online di Erafone.com saja lho. Itu toko online distributor resmi LG.

      G3 Beat seharusnya jauh lebih mudah ditemukan.

  30. Di pertokoan yg biasa di blang jdi pusatnya penjualan ponsel di purwokerto, dapet harga 2,6 jta. Sempet tertarik dngan VIVO Y28, tpi masih ragu dngan purna jual & kualitasnya, walopun fitur-fiturnya sangat menarik tpi pak herry belum kasih review jadi agak ragu. Hehehe
    Kalo Vivo Xshot memang terbukti menarik, awalnya ga ada live demo untuk yg Xshot, tpi ada pngunjung yg berkenan meminjamkan, hasilnya memuaskan.

    1. Pak Rizky,

      Layanan purna jual belum saya ketahui. Kualitas barang saya perhatikan cukup bagus. Khusus Vivo Xshot, kebetulan saya telah mengujipakainya dan hasilnya memang bagus.

      Soal live demo unit, kalau di Surabaya semua tipe dipajang. Masing-masing satu. Karena itu, saya jadi hobi mampir ke gerai Vivo untuk towel-towel.

  31. Pak heri menurut anjuran bapak dri segi kamera dan keunggulan fitur2 bagusan xiaomi redmi not atau zte vec pro karna saya mash dilema antara dua produk tsb

  32. Bung Herry yg baik, maaf OOT.Di Lazada ada dijual ZTE blade L ll dgn harga 999ribu baru dan bergaransi resmi tp penjualnya fihak lain, bukan Lazada sendiri. Yg ingin saya tanyakan, apakah mmg harga resmi gawai tsb turun menjadi segitu dari harga biasanya yg 1.5juta? Kedua, dgn barga segitu apakah gawai tsb layak beli? Ketiga, apakah aman bertransaksi di Lazada dgn penjual fihak ke 3 begitu? Takutnya dikirim barang bekas/cacat gitu. Terima kasih.

    1. Pak Riyanto,

      Harga Blade L2 memang sudah turun jadi Rp 999 ribu.

      Saya tak tahu layak beli atau tidak. Sebab, saya belum pernah mencoba ponsel tersebut.

      Barusan saya lihat, nama penjualnya Channel B. Benar? Kalau iya, nama perusahaannya PT Bejana Nusa Agung. Rekam jejaknya cukup bagus, meskipun belum bisa dibilang ekselen.

  33. Terima kasih atas balasannya yg cepat bung Herry, saya sangat terbantu dgn kebaikan bung Herry yg mau meluangkan waktu untukmembantu konsultasi ttg gawai bagi para pengguna awam spt saya ini.Gratis lagi. I appreciate it!
    Ya, betul sekali bung Herry, nama sellernya Chanel B. Saya belum pernah beli gawai secara online, jadi masih takut2 mau bertransaksi.
    Kalau mmg harga resmi ZTE blade L ll sudah turun seperti itu lebih baik saya beli offline saja. Kebetulan saya jg tinggal di Surabaya, seharusnya di WTC/Marina ada yg jual. Kalau bung Herry pernah tahu/lihat toko di 2 lokasi tsb yg menjual gawai tsb, mohon infonya! Terima kasih banyak.

    1. Pak Riyanto,

      Di WTC Galeria lantai dasar sedang ada pameran ZTE. Namun, harga Blade L2 di sana kayaknya masih sedikit di atas Rp 1 juta. Harga normal online bisa lebih murah karena memangkas jalur distribusi.

  34. Terima kasih banyak atas infonya bung Herry. Sepulang dari tugas luar kota nanti saya meluncur ke WTC. Sukses selalu buat bung Herry dan blog Ponselmu.com.

  35. mlm pa,,maaf ikut nanya,sy lg galau sdh order di online zte blade L2 hrg yg mnrt sy sd mrh rp919rb+(vcr discount) u/ android global layar 5″ quodcore ram 1gb,,1.sy msh ragu apakah kejernihan layar dan sudut pandang nya sdh bagus?? …walau ga sbgs layar ips pernah sy pake nokia 6220c dan htc wildfire s walau bkn ips sudut pandang sdh sm dg ips.
    2.kualitas kemera apakah bagus pd low light dan lampu flashnya terang?minimal dg samsung/lenovo a6000.trimksh byk pa

    1. Pak Andika,

      Maaf baru bisa menjawab pertanyaan Anda pada hari ini. Sesuai pengumuman yang saya tuliskan di blog, jawaban atas pertanyaan yang masuk pada 24-30 Mei 2015 akan mengalami penundaan. Pada rentang waktu tersebut saya sedang berada di Beijing, Tiongkok, untuk mengikuti Lenovo Tech World.

      Saya tidak bisa menjawab pertanyaan Anda karena belum pernah mencoba Blade L2.

  36. Vec pro ini dengan nubia mini unggul mana koh dari kinerja,kamera,sinyal dll..trs dibanding liquid jade,liquid E3,lg g2 mini..harga kan mirip2 nih koh..

    Saya g jadi ambil mi 4i koh,kemarin pas minta saran koh herry,temen saya pas betulin mi4i yg meledak krn kepanasan.mi 4i yg baru dibeli sebulan , blm instal aplikasi2 berat,sebatas sosmed saja.sebelum dibetulin temen saya tuh mi4i sdh masuk sc,si pengguna yg disalahkan krn terlalu bnyk aplikasi,pdhl cm tambah bbm + line.sc bilang klo dikenakan biaya perbaikan 1.050.000,buat konfirmasi sc aja bayar 40rb. dan wkt yg dibutuhkan minimal 1bln.akhirnya urung diperbaiki di sc,dibawa ke teman saya,hanya habis 350 ribu total itu sdh termasuk biaya perbaikan 50rb. Drr sistem dan hardware lebih bagus oppo,oppo mirip2 htc,paling susah di root.plg susah dijebol keamanannya. Saya ada bukti screenshot bbm,bukti nota dari SC 1.050.000+ 40rb klo diperlukan.mi4i yg aus kepanasan juga ada.dari kejadian itu saya urung ambil mi4i. Nunggu yg lebih wantek aja deh koh..

    1. Pak Alex,

      Di antara aneka ponsel yang Anda sebutkan, kalau saya condong ke Liquid Jade.

      Boleh tahu bagaimana ceritanya sampai Mi 4i itu bisa meledak?

      1. Maaf koh,saya ga tau critanya koh, saya taunya hp sudah dibongkar di teman saya itu,dan sejarah eyel2an dengan SC nya itu aja koh..Pemakaian wajar dari beli cuma ketambahan bbm + line saja.ketika dibongkar hpnya gosong,dibagian sekitar kamera dan cpu banyak bubuk putih kaya korosi gitu koh.

        Lah di komen lain koh herry ditanya pengunjung antara jade vs liquid L3 pilih E3..jd bingung koh. Tanya lagi koh ya.. hehehe pilih mana
        1.Blade vec pro
        2.nubia mini
        3. Lg g2 mini
        4. Liquid jade
        5. Liquid E3
        6.atau alternatif lain range harga 1.999.999-2.999.999
        dari kinerja hp(lemot/ngelag),kamera,kekuatan sinyal..

        1. Pak Alex,

          Coba Anda cek lagi, kapan saya menjawab mending beli Liquid E3 daripada Liquid Jade. Kinerja umum dua ponsel itu sebenarnya sama saja. Bila saya menjawab lebih baik beli Liquid E3, saya yakin jawaban tersebut saya berikan saat harga Liquid Jade masih jauh lebih mahal daripada Liquid E3.

          Kalau kondisi sekarang, Liquid Jade justru sedikit lebih murah daripada Liquid E3. Jadi, mending beli Liquid Jade.

          Di antara aneka ponsel yang Anda sebutkan, saya tetap memilih Liquid Jade. Alternatif lain adalah Xiaomi Mi 4i.

  37. Slamat siang Pak Herry,..
    Jede mau tanya ni pak,.. barusan liat di lazada, ZTE Blade VEC yg versi 3G lagi harga miring (merchant nya Lazada sendiri) di banderol Rp 1,233,000, menurut saya sih worth segitu. saya sudah place order sebiji cuma blom transfer duitnya, karna masih ada yg mengganjal dipikiran…
    klo di gsmarena sih specnya display nya TFT, biasanya klo TFT itu kan suka pudar warnanya trus ngeblur klo diliat dari posisi miring,.. tapi klo baca review pak Herry, displaynya keknya OK punya..

    saya Quoted dikit ya paragrapnya: ….
    “Tampilan layar tergolong cemerlang dan sedap dipandang mata. Huruf maupun gambar dapat disajikan dengan prima.”

    yg jadi pertanyaan, berhubung reviewnya dah lama sekali,.. seingat pak Herry, View Angle nya gimana ya pek Herry,… masih bagus gak,..seperti layas IPS ??…

    Thanks, Jede

  38. trims pk sw penjelasannya
    kirain ZTE tuh sama aja sama merk lokal yang kualitasnya super abal2
    ternyata udh merk global yah pk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *