Reviu realme 10: Si Tipis yang Lebih Menawan Andai Ber-NFC

Penampakan fisik ponsel ini tak sekadar sedap dipandang mata. Dengan ketebalan hanya 7,95 milimeter, realme 10 terasa tipis kala digenggam maupun dikantongi.

Bodi tipis ternyata tak selalu bermakna baterai berkapasitas kecil. Buktinya, ponsel berbobot 178 gram itu dibekali baterai tanam 5.000 mAh. Dengan perilaku pemakaian ala HSW, sekali diisi ulang, ponsel siap mendampingi hingga sehari semalam.

realme 10 mendukung pengisian cepat SuperVOOC 33W. Merujuk kepada uji pakai, pengisian daya sampai penuh membutuhkan waktu sekitar satu jam 15 menit.

Dua nano SIM dan satu kartu microSD dapat dipasangkan ke ponsel yang masih melestarikan konektor audio 3,5 milimeter itu. Sensor sidik jari menyatu dengan tombol daya di sisi kanan ponsel.

Prosesor delapan inti MediaTek Helio G99 berkecepatan hingga 2,2 GHz, konektor pengisi daya USB-C, dan layar super AMOLED 6,4 beresolusi full HD+ 2.400 x 1.080 piksel merupakan sebagian spesifikasi lain realme 10. Layar dengan refresh rate 90 Hz tersebut dipadukan dengan Corning Gorilla Glass 5 yang lebih tahan terhadap goresan dan benturan.

Dalam berbagai situasi pencahayaan, layar realme 10 relatif nyaman dan mudah dilihat. Tingkat kegegasan ponsel saat dipakai menjalankan aneka aplikasi juga memuaskan.

Beralih ke kamera. Kamera belakang ponsel berlensa ganda, lensa utama 50 megapiksel dan lensa hitam putih dua megapiksel. Resolusi video yang mampu diproduksi maksimal full HD 1080p 60 fps. Sedangkan kamera tunggal di sisi depan ponsel beresolusi 16 megapiksel dengan kemampuan merekam video maksimal full HD 1080p 30 fps.

Foto yang dihasilkan kamera realme depan dan belakang realme 10, menurut HSW, cukup bagus. Lain halnya kala kamera itu dipakai merekam video. Video yang dihasilkan cenderung berguncang, meskipun pengguna hanya bergerak perlahan saat melakukan perekaman.

Saat ulasan ini diketikkan, realme 10 tersedia dalam tiga varian kapasitas memori. Pertama, RAM 4 GB dan ROM 128 GB yang dijual Rp2.799.000. Kedua, RAM 8 GB dan ROM 128 GB Rp3.199.000. Varian ketiga yang belum lama muncul dibekali RAM 8 GB dan ROM 256 GB. Harganya Rp3.599.000.

Memori internal seluruh varian menggunakan UFS 2.2 yang kencang, bukan eMMC yang lambat. Besaran RAM juga dapat diperbesar menggunakan dynamic RAM alias virtual RAM. Misalnya, varian kedua yang HSW uji pakai dapat ditingkatkan menjadi RAM 8 GB + dynamic RAM 8 GB sehingga total menjadi 16 GB.

Spesifikasi realme 10 yang patut disayangkan, kameranya tanpa lensa sudut ekstralebar. Ponsel itu juga tidak dilengkapi NFC. Umpama setidaknya dibekali NFC, ponsel tipis tersebut bakal lebih menawan.

***

Inilah foto-foto yang dihasilkan kamera realme 10. Resolusi semua foto telah diperkecil dan ukuran file dikompresi supaya lebih ringan diakses.

Mari membandingkan hasil foto mode normal dengan mode malam.

Berswafoto menggunakan kamera depan.

***

Tangkapan layar AnTuTu Benchmark dan Sensor Box for Android.

45 thoughts on “Reviu realme 10: Si Tipis yang Lebih Menawan Andai Ber-NFC”

  1. selamat pagi pak herry..mohon rekomendasi hp dengan harga dibawah 3jt dan di bawah 4jt.yang utama fitur kamera belakang yang bagus dan performa yang gegas..terima kasih pak herry

    Reply
      • terima kasih pak herry..ponselmu.com apa sudah tidak bisa konek lewat email kah pak?kok tidak ada sama sekali pemberitahuan lewat email lagi..ini saya harus manual masukkan nama dan emailnya

        Reply
        • Pak Iwan,

          Konek lewat email? Lho dulu bisa? Saya malahan baru tahu.

          Mungkin penjelasannya begini:
          1. Dulu saya menginstalasikan satu plug-in bernama Jetpack.
          2. Karena neraca keuangan berantakan, paket langganan hosting saya turunkan. Naskah dan foto lama saya hapus. Aneka plug-in tambahan juga saya hapus agar kapasitas ruang tersisa cukup.
          3. Nah… mungkin Jetpack itu yang dulu membuat Bapak bisa konek lewat email. Kini Jetpack-nya sudah dihapus sehingga otomatis tak bisa konek lagi.

          Reply
  2. Om.herry sekarang vendor smartphone sudah jarang/ tidak mengeluarkan ponsel dengan baterai 6000 mah ta ?

    Reply
    • Bu Azizah Nanda,

      Om Lucky sedang dirawat inap di rumah sakit. Beberapa hari lalu menjalani operasi. Mohon doanya ya.

      Reply
  3. Om Herry, saya termasuk penggemar Realme. Saat ini menggunakan Realme 3 Pro namun berminat upgrade. Mohon saran dari keluarga Realme dan satu alternatif brand lain untuk harga range 5jt dan 6jt, terima kasih.

    Reply
    • Pak Timothy,

      * realme: di rentang harga segitu malahan sedang kosong. Bagaimana kalau ambil realme 9 Pro+ di rentang harga Rp4 jutaan? Ponsel itu bagus.

      * non-realme: Xiaomi 11T Rp4,999 juta. Ini juga sedikit di bawah anggaran.

      Reply
  4. Salam sehat Pak Herry.

    Pak, untuk tahun 2022 hp terbaik apa Asus Zenfone 9 sesuai postingan twitter bapak?
    Untuk layanan service center nya apakah baik Pak?
    Rencana mau meminang hp tersebut karena compact + performancenya dan tidak suka gonta ganti hp Pak, tp blum tau terkait service nya, apakah layak hp tsb untuk 3-4 tahun (ambil varian termurah 6/128) kedepan wlau dg spport os&keamanan hanya 2 tahun?

    Sebelumnya harus terpaksa berpisah dengan Redmi Note 5 Pro karena rusak, sejujurnya terlanjur suka dengan service center Xiaomi.

    Sehat selalu Pak..
    Terima kasih.

    Reply
    • Pak Rudy,

      Bukan.

      Ponsel pintar terbaik 2022 versi HSW: realme GT 2 Pro. Ponsel itu bersaing amat ketat dengan Zenfone 9.

      Ponsel berkamera terbaik 2022 versi HSW: vivo X80 Pro.

      Saya yang di Surabaya telah berkali-kali berurusan dengan pusat perbaikan resmi ponsel Asus. Pelayanan memuaskan. Namun, harus diakui, pengguna ponsel Asus di Jakarta berkali-kali mengeluhkan layanan pusat perbaikan resminya.

      Untuk pemakaian 3-4 tahun, saran saya, ambil Zenfone 9 varian 8/256 GB. Jangan yang 6/128 karena memorinya bakal terasa terlalu kecil dalam rentang waktu tersebut.

      Reply
  5. Bos herry, mau tanya
    1. Ponsel redmi note 10 4G dan 5G lebih worth it dibeli yg mana? Sebab saya baca2 artikel, yg 5G justru mengalami penurunan kualitas dibanding edisi 4G (dari segi layar, kamera)
    2. Jika selama ini menggunakan ponsel 4G sudah puas terasa cepat untuk browsing, streaming tanpa buffering, download dll, NILAI TAMBAH apakah yg ditawarkan 5G? (dari segi pemakaian sehari2, terasa beda di mananya?)
    3. Jaringan 4G dalam 5 tahun ke depan mestinya masih bertahan ya pak?

    Reply
    • Pak Domi,

      1. Sebenarnya Redmi Note 10 4G. Namun, karena sudah lama sekali diskontinu dan di mana-mana habis, ponsel itu silakan dilupakan.

      2. Aktivitas yang membutuhkan internet akan terasa lebih cepat lagi, dengan catatan layanan 5G sudah optimal.

      3. Masih. Kata kuncinya, Telkomsel masih punya banyak pelanggan di jaringan itu atau tidak. Kalau masih, bakal tetap bertahan.

      Reply
  6. Bro Herry, tolong tanya
    1. bagaimana saya bisa mendapatkan Poco M3 Pro 5G yg varian 6 GB + 128 GB? Sebab saya cari2 adanya yang 4 GB + 128 GB. Tolong misal punya link penjual di online…
    2. Umur / pemakaian ponsel dianggap “wajar / kuat” jika sudah melewati berapa tahun? Saya saat ini memakai xiaomi 4A sejak tahun 2017, sudah merasa agak kewalahan lemot sebab aplikasi2 tiap update ukuran makin membengkak.
    3. Ponsel apakah yang saat ini ukuran layarnya max 6 inch saja? sebab saya kurang nyaman dengan ukuran yang terlalu panjang

    Reply
    • Pak Badri,

      1. Karena sudah diskontinu, memang bakal sulit menemukannya. Harus rajin-rajin berburu. Btw, apa nggak mending ambil Redmi Note 10 5G daripada POCO M3 Pro 5G?

      2. Entry level dan kelas menengah idealnya dipakai maksimal dua tahun sebelum perlu diremajakan. Untuk ponsel kelas flagship, bisa 3-4 tahun.

      3. Ada. Asus Zenfone 9.

      Reply
      • Pak HSW, stok Redmi Note 10 5G di Mi Store dan situs resmi habis, apakah memang sudah diskontinu? Jika cari di Erafone, Global Teleshop atau gerai penjualan lainnya apakah aman dan bergaransi resmi ya

        Reply
        • Pak Diko,

          Ya, sudah masuk tahap diskontinu.

          Kalau belinya di gerai yang Anda sebutkan sih pasti bergaransi resmi. Silakan lanjut.

          Reply
  7. Malam om herry,
    Mohon rekomendasinya, untuk budget max 2,5 jt ponsel yang oke untuk driver ojol apa ya? Keperluan baterai, gps, layar masih bisa terbaca ketika digunakan di bawah terik sinar matahari.
    Terimakasih

    Reply
    • Pak Dika,

      Hmmm… paling-paling Redmi Note 11 ya.

      Btw, pertanyaan yang sama lain kali harap dikirimkan satu kali saja. Kali ini saya tiga kali menerima pertanyaan yang sama dari Anda. Yang lain sudah saya hapus.

      Reply
  8. Om herry untuk set top box TV digital yang bagus pakai chipset apa om herry ?
    Mstar, ALi, atau sunPlus om herry

    Reply
  9. Bos Herry, artikel2 lama di blog ini kok banyak yang hilang? Sangat disayangkan sebab banyak review2 hp lama buat nostalgia baca2 ulang

    Reply
    • Pak/Bu Asmailah,

      Iya, memang terpaksa dihapus untuk menekan biaya hosting blog ini. Sebab, neraca saya sedang berantakan.

      Reply
      • Pak sy ada usul, kenapa review2nya tidak diposting di Facebook saja ? Bukankah lebih praktis dan penyimpanannya “tidak terbatas”, gratis pula.
        Jika di IG malah foto2nya terbatas hanya bisa 10 per postingan

        Reply
        • Selamat malam, Pak Kardi.

          Saya memakai Facebook murni untuk pertemanan. Itu pun hanya teman-teman yang memang saya kenal, entah teman sekolah, eks-rekan kerja, maupun teman komunitas.

          Beberapa hari lalu saya baru mengenal Medium. Saya lihat sepertinya menarik nih. Tampilannya sederhana dan bisa menyertakan banyak foto dengan tampilan ala blog. Saya sudah coba mengunggah satu naskah reviu. Silakan mengintipnya di hsw.medium.com.

          Reply
  10. Om herry.
    Saya berencana membelikan nokia 150 buat menggatikan hp nokia bunda saya.
    Nokia 150 ini apakah bisa ringtone nya pakai file .mp3 ?
    Soalnya nada nya mau saya sama kan dengan hp yang lama om herry. Terima kasih.

    Reply
    • Bu Sabrina,

      Saya tidak pernah mencoba Nokia 150.

      Barusan saya coba carikan informasi di situs resmi Nokia, tidak ada penjelasan mengenai kemampuan menggunakan file MP3 sebagai nada dering. Jadi, lebih baik dianggap tidak bisa deh.

      Reply
    • Pak Windb0y,

      Kalau masih bisa menemukan realme 9 Pro+ varian 256 GB, silakan ambil itu. Masalahnya, dalam pantauan saya, varian 256 GB sudah langka. Yang masih lebih mudah ditemukan realme 9 Pro+ varian memori internal 128 GB.

      Reply
    • Bu Tuti Ramadhani,

      Betul. Namun, realita di lapangan masih belum seragam. Ada yang mewajibkan penerima suntik mendapatkan tiket dari Peduli Lindungi dulu, ada pula yang tidak mensyaratkan hal itu.

      Saya akan menunggu distribusi vaksin booster kedua lebih merata dan vaksinasi diadakan di mal. Sebab, yang diadakan di mal biasanya lebih tertib dan tempat tunggunya pun nyaman.

      Reply
      • Iya om herry aman nya numggu tiket nya keluar saja.
        Saya dan mama saya bareng vaksin booster pertama tanggal 1 august 2022.

        Mama saya sudah keluar tiket vaksin booster ke 2. Tapi saya belum keluar om herry tiket vaksin nya

        Reply
  11. Selamat pagi Ko Herry, saya ingin menanyakan terkait pengalaman saya ke service centre Xiaomi. Ponsel Xiaomi Redmi Note 8 saya mendadak mengalami bootlop dan hanya muncul logo Redmi saja. Setelah dibawa ke service centre, ponsel saya dikenakan biaya untuk flashing ulang dan dikatakan bergaransi 1 bulan. Namun malamnya ketika coba saya restart ponselnya, kendala yang sama terjadi kembali. Esok harinya saya membawa kembali ke tempat yang sama dan menanyakan penyebabnya. Oleh petugasnya, ponsel saya dicolokkan ke charger, dan herannya ponsel berhasil masuk ke menu.
    Dikatakan petugasnya bahwa batre ponsel saya sudah lemah dan harus diganti batrenya. Padahal sebelum bermasalah, batre ponsel saya masih baik2 saja. Petugas mengatakan bahwa software yang baru memang memerlukan batre yang prima dan Redmi Note 8 memang banyak berkendala di batrenya. Namun sang petugas juga tidak menjamin bahwa mengganti batre menjadi solusi yang tepat. Jika setelah diganti masih bermasalah maka bisa jadi kena bagian lain/mesinnya.
    Apakah ini wajar service centre yang seperti ini Ko? Mohon sarannya apa yang harus saya lakukan? Yang saya herankan apakah memang bisa dalam sekejap karena instal software baru, batre ponsel saya langsung rusak seperti ini? Bahkan sekedar browsing pun tidak kuat (padahal batre masih 64%). Langsung bootlop lagi. Dicolok ke charger baru mau masuk ke menu utama kembali.

    Reply
    • Bu Shiela,

      Saya terus terang tidak memahami aspek teknis terkait reparasi ponsel. Jadi, saya tak berani menyimpulkan wajar tidaknya.

      Dua hal yang perlu diketahui:
      1. Saya berkali-kali dapat cerita dari kenalan yang buka reparasi ponsel, baterai yang tidak prima memang bisa memicu bootloop.

      2. Kalau membaca paparan Anda, terindikasi kalau baterai ponsel Anda sudah drop. Perlu diganti.

      Reply

Leave a Comment