Reviu (Review) Amazfit Neo: Keluaran Baru, Gaya Tempo Doeloe

Tampilannya yang ala jam tangan digital tempo doeloe membuat penulis alias HSW tertarik mencoba Amazfit Neo. Ia tersedia dalam tiga pilihan warna. Yaitu, hitam, merah, dan hijau.

Neo dapat memberikan notifikasi kala ada panggilan telepon, SMS, atau pesan teks WhatsApp masuk. Saat ada panggilan telepon masuk, arloji pintar (smartwatch) itu bakal berbunyi tit… tit… tit… dan menampilkan nama atau nomor penelepon.

Sedangkan kala ada SMS atau pesan WhatsApp, ponsel hanya berbunyi serta menampilkan suatu ikon dan jumlah pesan. Isi pesan tidak bisa disajikan di layar Neo. Jam tangan tersebut juga tak dapat memunculkan notifikasi ketika ada panggilan telepon WhatsApp.

Arloji pintar yang dijual Rp499 ribu itu tidak dilengkapi fitur getar (vibrate). Namun, ia dibekali sensor detak jantung, pemantau tidur, penghitung langkah kaki, dan aneka fitur perekam aktivitas olahraga.

Hal yang HSW suka dari Neo, tali karetnya nyaman dikenakan di pergelangan tangan. Layar selalu menyajikan waktu terkini. Always-on display. Tersedia iluminasi untuk mempermudah pengguna melihat tampilan layar di keremangan malam.

Sisi minusnya, penghitung langkah kaki Neo sangat tidak akurat. Aktivitas mengendarai sepeda motor pun dianggap sebagai berjalan kaki. Jadi, jangan kaget kalau Anda tiba-tiba dianggap sudah berjalan sekian ribu langkah.

Volume bunyi tit… tit… tit… peranti sandang tersebut juga kurang lantang. Sehingga, notifikasi sering sekali terlewatkan kala HSW sedang mengendarai sepeda motor atau berada di lokasi agak gaduh.

Terakhir, permukaan layar Neo amat mudah tergores. HSW menyarankan pengguna memasangkan pelindung layar tambahan sejak hari pertama.

#HSWAmazfitNeo #AmazfitNeo #AmazfitNeoRetro #AmazfitIndonesia

Spesifikasi detail produk dapat dibaca di https://www.amazfit.com/en/neo.html


Reviu gawai terbaru sekarang lebih rutin diunggah ke Twitter @herrysw dan Instagram @herrysw. Bukan lagi ke blog Ponselmu. Untuk mempermudah pencarian di Twitter dan Instagram, mulai Oktober 2020 saya memakai tagar #HSW<nama lengkap ponsel>. Misalnya, #HSWPocoX3NFC dan #HSWRealme7Pro. Penulisan huruf besar-kecil tidak mempengaruhi hasil pencarian.

40 thoughts to “Reviu (Review) Amazfit Neo: Keluaran Baru, Gaya Tempo Doeloe”

  1. Dear Pak HSW,

    Untuk ponsel resmi dan baru di bawah 2 juta rupiah, apakah xiaomi redmi 9 tergolong bagus kameranya? Atau Pak HSW ada rekomendasi lain di rentang yang sama?

    Regards,

    1. Pak Wisnu Dewantoro,

      Tergolong cukup bagus di kelasnya.

      Menurut saya, hasil jepretan kamera Realme C15 lebih bagus. Namun, performa keseluruhan C15 (bukan hanya kamera) di bawah Redmi 9.

      1. Dear Pak Herry,
        Saya ada rencana untuk beli xiaomi poco x3 nfc, tetapi Saya tertarik juga dengan xiaomi mi 8 second, karena sudah menggunakan Snapdragon 845…untuk budget saya dibawah 4jt….menurut Pak Herry yg manakah yg lebih recommended diantara keduanya?
        Terimakasih ?

  2. Dear, pak HSW
    Gadget range harga 2-2,5 juta yg rekomend kinerja serta kameranya merk dan tipe brapa ya pak? Trima kasih

  3. Pagi Pak Herry,

    Pak saya mau beli hp dengan bujet dalam rentang 3~4 juta (di bawah 5 juta), dengan kebutuhan kapasitas penyimpanan memori yth besar krn untuk menunjang pekerjaan, prosesornya gegas, punya kualitas kamera yg bagus, dan kapasitas/pengisian batre yg besar/cepat…….mohon referensinya.

    Terima kasih Pak Herry ???

      1. Selamat Tahun Baru 2021 Pak Herry, semoga sukses selalu ?

        Pak Herry, saya sudah beli Realme 7 sesuai rekomendasi dan sekarang saya perlu 1 hp lagi untuk menunjang pekerjaan.

        Kalo Realmo 7 PRO dibandingkan Realme 7, perbedaan mencoloknya dimana Pak Herry

        1. Pak Hari Setyawan,

          Selamat tahun baru juga, Pak. Semoga selalu sehat.

          Realmo 7 Pro? Wah, saya belum pernah mengetahui ponsel itu. Kalau yang dimaksud ternyata Realme 7 Pro, perbedaan yang paling kentara di kecepatan pengisian daya (30 Watt vs 65 Watt). Berikutnya, performa kamera. Foto yang dihasilkan Realme 7 Pro lebih tajam dan detail.

  4. Om herry saya mau beli charger qc 3di shopee.
    Rekomendasi om herry
    Xiaomi 80rb di official xiaomi shopee
    Ugreen 100rb di official ugreen shopee
    Pilih yang mana om ?

  5. Pak herry untuk rentan harga saat ini sekitar 2.3 jutaan, lebuh baik ambil redmi note 8 ( 4+64 ) atau redmi note 9 ( 4+64 ) , pemakain hanya untuk sehari2 normal saja pak WA, medsos jarang, paling foto2 anak saja, terimakasih pak herry

    1. Bu Wulan,

      Redmi Note 8. Jangan beli Redmi Note 9. Walaupun keluaran lebih baru, merujuk kepada pengalaman pribadi, kinerja Redmi Note 9 mengecewakan.

  6. Malam pak Herry, semoga sehat selalu

    Pak sy sedang bimbang pilih hp antara realme 7 pro dgn redmi note 9 pro. Fitur utama yg dicari adalah performa kamera. Urutan selanjutnya adalah kegegasan dan performa pengisian daya.
    Mohon infonya ya pak.
    Terimakasih sebelumnya

      1. Terimakasih jawabannya pak. Akhirnya sy meminang ponsel realme 7 pro.

        Nah pak kebetulan sekarang lagi cari hp utk istri, dgn budget 4jtan, yg penting kamera bagus. Sy sih ada rencana ambil oppo reno 4. Apakah pak Herry ada opsi lain?

        1. Pak Yuda,

          Belikan Realme 7 Pro lagi saja. Agar tidak kembar, belikan yang warna putih kombinasi oranye. Cantik deh.

  7. Malam om herry

    Gimana ya Caranya dapet poco x3 nfc dengan harga wajar, ikutan flashsale shopee dan mi.com sudah, nyoba sharesave juga sudah, nitip temen cek ke mi store surabaya (Tunjungan plaza) dan malang pun juga sudah saya lakukan, tapi hasil nya nihil, mohon pencerahannya om herry

    1. Pak Irur,

      Apakah Anda ingin beli Poco X3 NFC varian 8/128? Kalau iya dan ingin harga normal, sementara ini satu-satunya jalan adalah rajin mencoba ikut flash sale.

      Kalau yang ingin dibeli ternyata varian 6/64, varian itu sudah cukup mudah didapatkan dengan harga normal kok. Bisa lewat flash sale bahkan mencarinya di toko-toko ponsel milik perorangan di pusat penjualan ponsel.

    1. Pak Samuel Sappa,

      Belum ada rencana ke arah sana sih, Pak. Namun, peruntukannya memang mulai bergeser. Blog ini untuk jalur konsultasi.

  8. Om herry untuk Nokia 5310 yang baru itu kalau ada sms atau miscll yang belum terbaca apakah akan ada nyala lampu byak byak gitu sebagai notifikasi ?
    Dulu nokia di era tahun 2007 an kalau ada sms belum kebaca kan ada notifikasi lampu byak byak di LCD nya.

  9. Om kalau budget mentok di 2,5
    Sebaiknya memilih ponsel apa? yg kamera sama performanya paling bagus di harga segitu. Kasih beberapa opsi ya om, makasih

    1. Bu Nungky Rahma,

      Maaf, saya tidak bisa memberikan beberapa opsi karena pilihannya memang terbatas. Silakan melirik Redmi Note 8.

  10. Om kabel oase yang VOOC itu apa kompatibel dengan VOOC nya Oppo dan Realme..?
    Apa ada kabel merk lain om yang kompatibel dengan VOOC nya oppo dan realme om.

    1. Pak Irkham Calesty,

      Saya belum pernah mencoba kabel Oase. Namun, kalau diklaim VOOC, ya mestinya bisa untuk Oppo. Lha Oase kan satu keluarga dengan Oppo. Asalkan ponsel Realme yang Anda maksud benar mendukung VOOC, mestinya juga bisa.

      Kabel Energea ini mendukung VOOC dan Dart Charge Realme. Kelihatan mahal banget, tetapi sepadan dengan kualitasnya kok. Masa garansinya lima tahun. Iya, lima tahun.
      https://www.tokopedia.com/energeaidn/kabel-data-charger-usb-a-to-usb-c-anti-virus-energea-duraglitz

    1. Pak Ruli,

      Kalau anggaran terbatas silakan beli merek Xiaomi.

      Kalau anggaran sangat longgar, silakan melirik merek Energea. Harga memang terlihat amat mahal, tetapi sepadan dengan yang Bapak dapatkan.

    1. Pak Joni Ronggolawe,

      Kalau diklaim mendukung VOOC ya seharusnya bisa.

      Btw, saya belum mengetahui kualitas produk merek Acome.

  11. Dear Pak Herry,

    Dengan rentang harga 4-5 jutaan, manakah yang lebih worth it antara Realme 7 Pro, Vivo V20, dan Oppo Reno4?
    Saya membutuhkan tipe handphone yang all around secara peforma dan fitur.
    Saya juga masih tertarik dengan Realme XT, apakah Realme XT masih oke di tahun 2021 ini?

    Terima kasih

    1. Pak Rozendy,

      * Realme 7 Pro.

      * Kalau pilihannya hanya Realme XT, masih layak pakai. Namun, karena kini sudah ada banyak pilihan lain, jika belum terlanjur beli, mending beli tipe lain daripada Realme XT.

  12. Om herry enak nya pakai operator apa om herry untuk nomor utama daerah di surabaya ?
    Rencana saya mau kuliah di Unair om
    Telkomsel, Indosat atau XL om ?

  13. Kampus B dharmawangsa om herry.
    Om herry kalau mau beli charger xiaomi yang 10 watt di mi store apa ada om herry ?
    Soalnya di official ada nya yang quick charger 18 watt om. Hp saya masih MiA1 om belum support fast charger.

    1. Pak/Bu Mayuri,

      Telkomsel dan Indosat mestinya cukup bagus. Namun, kalau Anda mengarah ke daerah Manyar Kertoarjo yang tak jauh dari sana, performa Indosat biasanya turun lumayan.

      Beli saja pengisi daya Quick Charge 18 Watt. Tetap aman dipakai di Mi A1 kok. Charger itu malahan kelak tetap bisa dioptimalkan ketika Anda berganti ponsel yang mendukung Quick Charge 3.0.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *