Sehari Bersama Asus Zenfone 4

Kemarin sore saya akhirnya membawa pulang satu unit Asus Zenfone 4. Di kardusnya tak ada keterangan mengenai warna bodi. Jadi, di antara dua unit yang tersedia, saya mengambil acak dan ketika dibuka ternyata berwarna hitam.

Bodi belakangnya, menurut saya, cukup bagus. Sedangkan built quality bodi depannya saya nilai bak ponsel merek lokal berharga jual maksimal Rp 600 ribuan. Satu hal yang mengejutkan, kalau diperhatikan bagian tepi kaca layar Zenfone 4 itu tidak rata. Ada bagian tertentu yang geripis.

Geripis itu apa sih? Mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, geripis bermakna cuil-cuil sedikit pada pinggirnya; gerepes; rompoh.

Zenfone-2

Tadi malam saya cuma mengatur akun Gmail dan melakukan sinkronisasi kontak. Ponsel lalu saya padamkan dan charge karena sisa daya tinggal sebelas persen.

Pagi ini saya mencicipi Zenfone 4 itu lagi. Saya mengunduh aplikasi benchmark dan game Minion Rush alias Despicable Me dari Play Store. Email juga saya sinkronkan otomatis.

Hasilnya, dalam 2 jam 12 menit, daya baterai turun dari seratus persen menjadi lima persen saja. Ponsel pun harus bercengkerama dengan charger lagi.

Apakah Zenfone 4 panas saat digunakan? Lebih panas mana dibandingkan Lenovo K900 yang sama-sama memakai prosesor Intel? Jawabannya, bodi Zenfone 4 terasa hangat kala digunakan. Namun, suhunya pasti lebih rendah daripada K900. Kalau dulu bodi K900 saya rasakan panas, Zenfone 4 tak sampai panas. Ia maksimal terasa hangat sekali.

Zenfone 4-1

Harga ritel resmi Zenfone 4 sebenarnya Rp 1,099 juta. Harga pasar saat ini Rp 1,2 juta. Kondisi itu terjadi karena pasokan Zenfone 4 maupun dua saudaranya, Zenfone 5 dan Zenfone 6, masih sangat terbatas. Satu toko hanya dipasok 2-4 unit. Itu pun belum semua toko memperoleh jatah. Padahal, permintaan jauh lebih tinggi. Tampaknya banyak pengguna ponsel yang penasaran mencobanya.

Sekian dulu cerita singkat dari saya. Review Zenfone 4 rencananya akan saya munculkan bersamaan dengan HP Slate. Dua gawai Android itu takkan saya bandingkan karena berbeda kelas. Alasan saya menerbitkan ulasannya secara bersamaan sederhana saja: kebetulan Asus dan HP sama-sama berawal dari pemain PC/laptop, lalu merambah ke mobile.

 

223 thoughts to “Sehari Bersama Asus Zenfone 4”

    1. Pak RahmadiGresik,

      Di WTC sudah ada kok. Namun, harus rajin cek. Sebab, barang masih terbatas dan sekali datang maksimal hanya empat unit. Jadi, pasti habis dengan supercepat.

      Saran saya, kalau pun akhirnya memutuskan membeli Zenfone, lebih baik Anda menunggu sampai Mei 2014. Biarkan pasokan normal dulu sehingga harga juga normal.

  1. “…Hasilnya, dalam 2 jam 12 menit, daya baterai turun dari seratus persen menjadi lima persen saja. Ponsel pun harus bercengkerama dengan chargerlagi….”

    Waduh, serius itu om? dalam 2 jam aja tinggal 5% baterainya? Mengerikan sekali.

    1. Pak Kuat WJ,

      Serius. Saya juga kaget kok seboros itu. Namun, kondisi tersebut kan saat baterai baru di-charge satu kali. Kita lihat dulu setelah di-charge 3-4 kali seperti apa. Kalau tetap boros, asli deh superduper mengerikan.

  2. ini review yang saya tunggu tunggu, pak herry saya mau bertanya apa benar dalam paket pembelian diberikan 2 buah batery? (karena saya lihat unboxing zenfone 4 diyoutube dapat 2batery)

    1. Pak Ikipyon,

      Yup, dapat dua buah baterai. Apa Asus mungkin sudah sadar kalau Zenfone 4 sangat rakus baterai ya? Karena itu, disertakan dua baterai di dalam paket penjualan.

  3. wah…
    Pngen miliki nih pak,
    o ya pak, ana mau tny pak. Asus ini vendor baru atw udah lama sih pak? Kok jarang bnget kdengaran tentang hp asus ini.

    Bagi kwn2 yg masih setia dngan lg a275 dan masih komplain dg sinyal sim 2. Ana bersedia berbagi nih…

  4. pak rizal
    oh bgitu ya pak rizal.
    Kbetulan saya pke tsel d sim1 dan xl d sim 2. Alhamdulillah slot sim 2 skarang udah bisa aktif trus gak kaya dulu, karena saya pakai penguat sinyal disisipin ke antena hp. Lumayan kenceng lo pak.. 🙂

    1. Pak Dinno,

      Belum sampai ke kesimpulan akhir sih. Kalau kesan pertama: membeli ponsel lain tampaknya lebih bijak.

  5. pak dino

    kayanya pak hery cuma ngasih warning tuh pak.. Masa baru juga 2jam dah lowbat.. Luar biasa pak !! (laen dr yg laen gt).

  6. Pak herry,

    Maaf agak oot, boleh minta pendapatnya, antara samsung galaxy s5 vs htc one m8 vs xperia z3 secara keseluruhan, mana yang lebih menarik menurut pandangan pak herry? Saya mau mengganti hp android jadul saya dengan yg baru

    Makasih sebelumnya

    1. Pak Harlin,

      Saya belum pernah mencoba Samsung Galaxy S5 dan HTC One M8. Kalau melihat spesifikasi dan paparan presentasi saat peluncuran, terus terang saya lebih tertarik dengan One M8. Terlihat lebih menggiurkan. Masalahnya, layanan pusat perbaikan resmi HTC di sini sangat buruk. Rasanya ngeri deh harus membeli ponsel mahal, tetapi harus siap berlatih mengendalikan emosi kalau ada masalah.

      Xperia Z3? Memangnya ada, Pak? Setahu saya Sony belum pernah mengeluarkan pernyataan resmi tentang Z3.

  7. Mau minta saran oom Herry.. Sy termasuk pembaca setia artikel Anda. Kali ini gatal pengin komen.. 🙂

    Mau minta saran, skrg2 ini tablet yg bagus (paling tdk sebanding antara harga & kepuasan pakai) itu apa ya oom?
    Pengin saya yg spek nya sbb.
    1. Merk global (mutlak)
    2. Harga 2 jutaan
    3. Android Jelly Bean
    4. Prosesor minimal 1 GHz (mutlak)
    5. Batere lumayan awet — jarang ngecharge (opsional)
    6. Bisa untuk telefon dan sms an (mutlak)
    7. Dual On (agak mutlak)

    Terimakasih sebelum dan sesudahnya 🙂

    1. Pak Paijo,

      Terus terang saya tak berani memberikan rekomendasi. Sudah lumayan lama saya tidak menguji pakai tablet merek global. Di antara tablet merek global yang pernah saya uji pakai, tak ada pula yang memenuhi kriteria Anda.

  8. pak herry

    mohon saran pak, ana mo beli smartphone, tp, ana mang suka memperhitungkan sgala sesuatu sblm beli barang. Trus trang ana mrasa kcewa belakangan dengan beberapa vendor yg senior sperti nokia dll, yg mengalami penurunan kualitas. Baik batre cpat lemah, speker yg gak nyaring dll,

    untuk menghndari beberapa kelemahan ini, apa sbaiknya smartphone yg cocok buat saya pak dengan harga under 1.5jt, (dlm planing saya mo beli mrek Lg, tp, saya tunggu recomend dari bapak lah ) trims pak..!

    1. Pak Rian,

      Silakan melirik Alcatel onetouch Pop C7. Harga Rp 1,449 juta dan sudah menggunakan prosesor quad core.

  9. Waduh celaka deh, baterenya boros keliatannya. Bisa batal nih meminang Zenfone 5. Apakah harus kembali ke selera asal Lenovo P780

  10. Pak Herry,

    Berarti build quality tak seindah yang di gambar2 yang beredar sebelum peluncuran, ya pak? Hehe. Padahal sebelumnya penasaran banget dan ada rencana beli. Kalo liat dari gambar aja penampilannya high end dan harga low end, mungkin itu yang menyebabkan banyak yang penasaran.

    Ada rencana review produk Alcatel ngga pak? Kalo dilihat dari gambar2 juga bagus2. Saya jarang liat spek, sebab lebih seneng ke build quality seperti HTC M8 atau Apple iPhone. Pengalaman ber-android mahal atau murah, sama saja.

    Just my 2 cents. 🙂

    1. Pak Budi Utomo,

      Saya belum pernah menguji pakai Zenfone 5 dan Zenfone 6.

      Untuk Zenfone 4, iya barang aslinya tak seindah tampilan di brosur.

  11. Pak Herry… maaf ni OOT. Saya pake LG L7 II. Bulan ini kan peluncuran yg L70. Mohon sarannya pak, saya pengin ganti ke L70. Kira2 klo tukar tambah, brp y pak? Harga L70 skrng 2,1 jt. Kelebihan l70 apa pak? Atau bapak punya referensi HH lain. Trims ^^

    1. Pak Hayat,

      Karena belum pernah mencoba L70, saya belum bisa memberikan komentar.

      Yang saat ini Anda gunakan L7 II atau L7 II Dual? Harga pasaran bekas L7 II sekitar Rp 1,3 juta, sedangkan L7 II Dual masih mungkin menyentuh Rp 1,5 juta. Asal tahu, harga L7 II baru sekitar Rp 1,8 juta, sedangkan L7 II Dual Rp 1,9 juta.

  12. Pak Herry,saya ingin bertanya. Ada teman saya yang bilang bahwa jika baterai dipakai hingga tersisa 5% saja tanpa segera di-charge,maka cell-nya akan rusak dalam waktu singkat. Apakah benar demikian ? Terimakasih.

    1. Pak Kurniawan,

      Lebih tepatnya begini, bila baterai tak kunjung di-charge sampai tegangannya di bawah ambang batas minimal, baterai itu berpotensi gagal di-charge. Istilah mudahnya, charger ponsel nggak kuat ngangkat.

  13. Selamat siang Om herry 🙂
    Mau tanya lagi nich,asli saya lagi super bingung heheheee
    karena banyaknya pilihan…saya lagi pengen ganti hp dengan merk selain LG..ceritanya mau coba2 ganti suasana gitu…
    antara hp merk asus zenfone 5,acer liquid E3 atau lenovo tipe brp ya Om yang ok…
    terima kasih sebelumnya

    1. Pak Renichi,

      Saya belum pernah mencoba Zenfone 5 dan Liquid E3. Jadi, belum bisa berkomentar.

      Untuk Lenovo, menurut saya, yang saat ini paling menarik adalah Lenovo P780 8 GB. Harga barunya sekitar Rp 3 juta.

  14. Pak herry

    Maaf, yg saya maksud m8 vs s5 vs xperia z2 hehehe bukan z3… Kalo seperti itu pertimbangannya, apakah bapak tetap memilih m8 nya?

  15. Salam kenal Pak Herry SW,

    ( Ini adalah kali pertama saya bergabung disini ).

    Saat ini saya berencana membeli HP untuk menggantikan HP saya yang sekarang ( HP Nokia Model 1208 Type RH 105 ) dengan HP lain yang mempunyai fitur lebih banyak.

    Saya ingin menanyakan hal-hal apa saja yang harus diperhatikan pada saat membeli HP ? Bagaimana cara mudah membedakan HP original dengan HP black market dan HP rekondisi ? Dan terakhir, saya meminta saran mengenai HP dengan kisaran harga sekitar 500 ribu rupiah yang berkualitas baik dan mudah dioperasikan serta mempunyai fitur kamera dan suara yang cukup baik.

    Oh iya sekedar berbagi pengalaman, HP Nokia 1208 ini sudah saya pakai bertahun-tahun lamanya dan menurut saya HP ini cukup ‘bandel’ serta hemat batre.

    Terima kasih sebelumnya.

    1. Pak Har Bas,

      Saya jawab dengan singkat dan menukik sesuai kebutuhan Anda ya.

      Dengan anggaran sekitar Rp 500 ribu, Anda bisa membeli Samsung C3322 Lakota. Saat beli, pastikan kardus masih tersegel dan di dalamnya ada kartu garansi dari Samsung Electronics Indonesia yang masih utuh (belum disobek).

  16. Hmmm.. Baik oom. Mmg sprtinya di pasaran, tdk ada produk yg “sempurna”.. Apa mmg disengaja spt itu ya? Kok spt sudah kesepakatan produsen.. Mgkin klo kok sampai ada, ntar produk lain gak laku, atau malah org gak tertarik melirik model lain dr merk yg sama..

    Klo ini oom: antara Asus Fonepad 7 inch (single sim), dg Lenovo A3000 dual sim, oom pilih mana?

    1. Pak Paijo,

      Terkait Zenfone 4, setelah saya charging tiga kali, kemampuan baterai membaik signifikan. Kini bisa tembus hampir lima jam dari sebelumnya hanya 2 jam 12 menit.

      Maaf, saya belum pernah mencoba FonePad 7 inci maupun A3000.

  17. Herry SW, Anda salah besar jika mengatakan ASUS ini masih baru di dunia mobile phone. Tahun 2006 ASUS sudah mengeluarkan smartphone ber-OS Windows 5.0 kala itu sering disebut PDA, mungkin anda kala itu masih gaptek dan belum mengenalny, hape anda juga masih hitam putih layarnya 😀
    Review anda ke merk selain Smartfren cenderung negatif, ada udang dibalik batu nih 😀 kalau ke itu merk bahasa nya halus penuh tipu daya marketing. Jangan dikira saya ngga paham ya..
    Payah nih review apaan kaya gini

    1. Pak Herry Johandi,

      PDA phone pada masa itu, baik yang memakai Palm maupun Pocket PC, lazim dianggap bukan sebagai ponsel. Karena itu, saya menyebut Asus relatif masih baru di dunia mobile.

      Terkait penilaian Anda bahwa saya selalu memberikan review negatif ke merek selain Smartfren, hal itu sepenuhnya menjadi hak Anda. Pada prinsipnya saya me-review berdasarkan hasil uji pakai pribadi. Anda sebenarnya juga bisa melihat arsip tulisan di blog ini untuk mengetahui apakah kesimpulan Anda benar.

  18. Selamat malam Pak Herry SW,

    Saya mau menanyakan tentang perbedaan utama antara Samsung C3322 Lakota dengan Samsung C3322 (i) Lakota ? dan manakah dari kedua hp tersebut yang secara umum lebih baik kualitasnya ?

    Terima kasih sebelumnya.

    1. Pak Har Bas,

      Terus terang saya juga penasaran dengan perbedaaan antara C3322 dan C3322I. Namun, di situs Samsung sama sekali tak ada penjelasan. Promotor Samsung pun tak mengetahuinya. Informasi yang saya dapat dari seorang pemilik toko, dua produk itu sebenarnya sama saja. Cuma beda warna casing. Yang C3322I tersedia pula dalam warna putih.

      Entah penjelasan pemilik toko itu 100 persen akurat atau tidak. Saya tak berani memastikannya.

  19. @Herry Johandi Iya nih malu-maluin nama herry aja 😀
    Ngelindur kali nih orang, 2 jam abis apaan gw pke donlod apps, BBM aktif, WA aktif, main game bisa 5 jam sisa 10%, apa karena dibayar smartfren yg terusik munculnya ni zenfone kali buat jelek2in ni hape 😀
    Ga banget deh hery, busuk banget sih otak lo..
    Gue inget aja review smartfren c2 dipuja puja sedangkan himax dijelek2in karena secara harga smartfren kalah 😀
    Trik busuk lo udah kebaca hery kampret hahahahha

    1. Pak Herry WS,

      Ya, serius benar habis dalam 2 jam 12 menit kok. Itu kondisi setelah charging pertama. Saya memakainya untuk email dan memainkan game Minion Rush.

      Setelah baterai saya charging tiga kali, kemampuan meningkat signifikan, bisa tembus hampir lima jam.

      Btw, saya tak pernah me-review Andromax C2 lho. Jadi, bagaimana mungkin saya memujanya?

  20. hehe.. saya liat sales asus sudah pada bergerak bersama nge-bully pak herry.
    tenang saja pak. terus saja independent dan berimbang pak. saya sudah ngikutin blog bpk sedari dulu, dasar sales asus aja yg kebakaran bulu idung.
    emang fakta klo asus zenfone 4 batterynya naudzubillah boros luar biasa. procie intel broo

  21. Semakin tinggi pohon, semakin besar tiupan angin…
    Sabar Om… Pembaca blog sudah pintar kok, mana yang benar mana yang salah…
    Dari kata kata atau kalimat kan terlihat, mana yang mengenyam pendidikan tinggi dan mana yang tidak. mana yang seorang dosen dan mana yang seorang yang biasa biasa, mana yang pakai otak mana yang pakai otot..
    Kata kata adalah mencerminkan kualitas diri seseorang..
    Semangat… jaya terus ponselmu.com

  22. Selamat pagi Pak Herry SW,

    Semoga Bapak tetap sabar dan semangat berbagi pegetahuan kepada masyarakat.

    Terima kasih Pak.

  23. katanya dah donlot aplikasi benchmark? kok ga dikasih tau hasilnya? ss hasil antutunya dong? saya minat sama hh ini..

  24. be a smart buyer !!!,,jgn terlalu percaya jgn juga terlalu memuja..kalo mau lebih independen mending kaskus aja, disana sharing pengalaman konsumen menggunakan smartphne tertentu tidak hanya dari satu konsumen sehingga lebih valid informasi yang diberikan,,untuk asus zenfone 4 ada disini Link
    lebih independen reviewnya dari beberapa konsumen yang udah hands on tidak hanya satu konsumen saja..

  25. yeah right @ mr. don-go. Link yang anda kasih ‘benar-benar independen’, karena salah satu rule di forum tersebut menyatakan, tidak boleh membandingkan dengan device lain. Be a smart reader! Jangan percaya penulis yang menggunakan tanda seru berjejer , apalagi dobel koma.

  26. Pak Herry,

    Jika sempat, cobalah download CPU-Z, lalu tolong lihat pada bagian Core 0 dan Core 1, apakah salah satu Core (biasanya Core 1) lebih sering stopped atau tetap jalan di frekuensi maksimum 1200 MHz ?
    Terima kasih.

    1. Pak Yopie,

      Tadi sempat saya coba. Core 0 dan Core 1 selalu jalan. Core 0 lebih sering di 800, sesekali 1200. Sebaliknya, Core 1 lebih sering di 1200, sesekali 800.

  27. Pak Herry yang budiman,
    bisakah bapak berkenan mencoba Zenfone 4 dalam penggunaan hanya pesan instan (Whatsapp dan BBM) secara full — di samping juga telpon sama sms biasa — untuk mengetahui konsumsi daya baterainya?
    terima kasih sebelumnya

    1. Pak Arif,

      BBM saya tidak bisa mencoba karena kalau pun saya menginstalasikannya, saya tak punya kontak BBM sama sekali. Kalau pemakaian Zenfone 4 ala saya ditambah dengan WhatsApp, telepon, dan SMS secara aktif, saya yakin daya tahan baterainya maksimal empat jam saja.

      Btw, saya sudah mengunggah satu naskah baru tentang Zenfone 4. Silakan mengintipnya di http://ponselmu.com/2-5-plus-minus-zenfone-4/

  28. Pak Herry,

    ternyata sales2 kelilingan yg cuma modal mulut mulai bertebaran juga di blog-nya pak Herry. haha..
    yang sabar pak Herry.. Bener kata pak Deny Kalimang, semakin tinggi pohon, semakin besar tiupan angin.
    Saya sudah mengikuti review pak Herry sejak masih on-air di sebuah radio swasta di Sby.
    maju terus pak Herry..

    Salam..

  29. apa ada kemajuan batere pak setelah dipakai beberapa hari secara intens?
    misal jadi lebih dari 5/6 jam atau bahkan lebih?

  30. @Herry SW
    maaf kyknya anda tidak mempunyai bukti bahwa zenfone 4 ini sngatlah boros, kyknya anda ini salah satu sales dri brand2 terkenal deh. klo emang baterainya boros buktiin donk dgn SS wjar klo asus kapasitas baterai nya emang segitu, tpi kan di topang dgn porcie intel+powervr sgx 544mp2+kualitas kamera yng baik+ram 1gb+tampilan ui nya yng baik, mngkin gak ada hh lain yng mnghadirkan kya gitu mngkin ada tpi tmpilannya ui nya biasa” aje dan mngkin jga kualitas ram nya jelek dan kamera yng asalan. bru tdi klo gak slah ada yng blng porcie intel sngatlah boros, boros dn hematnya trgantung dri pemakaian aje klo. untuk orng yng ingin liat review HH silahkan liat reviewnya di website terkenal dan terpecaya, jgn dsini donk dsini bnyak bohongnya. bru yng sya gak liat dri artikel trbaru yng mnyangkut dgn zenfone 4 keunggulan dri sisi hardwernya dan softwernya kyknnya di gabungin aje, tpi klo masalah baterainya di bantai habis2an kyknya anda cma asalan review aje ya!

    1. Pak Aan,

      Screen capture baterai dan benchmark kelak akan saya unggah bersamaan dengan naskah review. Demikian pula dengan contoh foto yang dihasilkan Zenfone 4. Posting yang Anda baca ini bukan review, melainkan kumpulan informasi singkat yang saya rasakan selama menguji pakai Zenfone 4.

      Saya bukan karyawan atau sales ponsel merek apa pun, baik merek global, merek Tiongkok, maupun merek lokal.

      Btw, lain kali bila mengirimkan komentar di blog ini lagi, mohon kalimat dituliskan dengan lengkap. Jangan disingkat-singkat.

  31. @aan

    Sabar an, dagangan zenfonenya seret ya 😀

    Pak HSW, lanjutkan review independentnya, Pak. Saya dukung.

  32. Pak aan,
    Mungkin sudah waktunya anda periksa ke dokter mata. Kalau ternyata mata anda dinyatakan sehat -maaf sebelumnya- berarti mungkin memang kemampuan membaca anda yg kurang.

    “Review Zenfone 4 rencananya akan saya munculkan bersamaan dengan HP Slate”

    Yang saya tangkap, artikel ini cuma hands-on alias impresi singkat, bukan review.

    Lagipula situs ini adalah sebuah blog, yang diceritakan pengalaman pribadinya beliau, ya terserah yang punya blog lah mau nulis apa.

    Btw, kayaknya anda ini sales asus ya? kok sepertinya sangat memuja zenfon 4 seolah2 tiada cela

    *Usul buat pak HSW, mumpung traffic blog lagi rame sama flammers2 gak jelas gini mending blognya dipasang iklan pak… kan lumayan :))

    1. Pak Mow,

      Benar, yang saya posting bukan review final Zenfone 4. Review final kelak tetap akan saya unggah ke blog.

      Terima kasih soal usulannya tentang iklan. Untuk sementara saya belum berpikir menjaring iklan, meskipun sebenarnya sudah ada produsen ponsel tertentu yang menghubungi saya dan menyatakan ingin beriklan. Prioritas utama saya saat ini adalah menyajikan tulisan yang independen dan bermanfaat bagi pembaca.

  33. Waah, sales2 ponsel yg jualan di kaskus menyerbu blog ini, hehehe… Masak sih jualan mereka terganggu sama tulisan seorang Herry SW? 😀

    Bisa jadi yg review zenfone4 di kaskus ga cuma 1 orang. Tapi kan bisa aja, mereka yg kirim review itu ya orang sales2 zenfone..

    Kenapa sales2 asus ini takut dibandingkan ya? Kalo zenfone4 bagus, mestinya mereka pede dgn jualannya.

    Saya bukan anak kaskus, pas buka link kaskus diatas ttg review zenfone4 , saya malah bingung bacanya. Mending yg simple dan santai kayak ini, hehehe..

    Semangat jualan sales2 asus

  34. Hahahaha..
    Usul, ASUS biar koalisi aja deh dengan OPPO
    Sama2 takut di kritik, justru kritik bersifat membangun
    Orang mau beli ASUS juga mikir kok, tanpa melihat review manapun, orang pasti mikir:

    1. Service centernya bagaimana?
    2. Acessorisnya banyak tidak dijual pasaran?
    3. Kalau dijual LAKU apa GAK?

    Masyarakat cukup pintar kok sekarang

  35. terima kasih atas sharing pengalamannya pak herry, sy trmasuk golongan penunggu Asus Zenfone 5. Kayaknya mau nyebrang ke merk lain aja deh..
    Maaf, sekedar usul apakah bisa di masing2 comment ditampilkan data tanggal dan waktunya… bagi sy penting utk mengetahui kekinian info
    Thanx pak..

    1. Pak Irfys,

      Terima kasih atas masukannya. Selama ini saya sebenarnya juga ingin menampilkan waktu (tanggal dan jam) di masing-masing komentar. Saya juga ingin memberikan nomor 1, 2, 3, … dst di setiap komentar supaya lebih enak ditelusuri. Namun, saya cari-cari nggak ada pilihan menu untuk mengaktifkan hal itu. Sepertinya itu bergantung theme blog yang dipakai.

      Tadi malam kebetulan saya usai mencari-cari tema baru dan kini sudah saya aktifkan. Theme blog yang sekarang menyajikan waktu di komentar. Jadi, permintaan Anda tak sengaja telah terpenuhi. 🙂

  36. bagaimanapun seharusnya asus harus mengakui jika zenfone 4 memiliki kekurangan disisi kapasitas baterai.dgn spek yg memang lbh bagus dr merk lain tp baterai yg kecil tentu menjadi minus bg yg memang membeli smartphone utk keadaan selalu online apalg ditambah gaming.seharusnya dgn spek yg memang bgs tsb setidaknya asus menggunakan baterai minimal 2000 mAH.tanggung jika kapasitas baterai cuma 1200 mAH.

  37. Mengagetkan juga review Zenfone ini. Saya tadinya berharap banyak mengingat Asus merupakan brand No. 1 untuk laptop. Hal lain yang harus diperhatikan Asus Indonesia adalah ketersediaannya di pasar. Pengalaman saya dengan Asus, dari mulai Asus Transformer, Nexus 7 lalu Fonepad, selalu telat masuk ke toko-toko. Nexus 7 3G misalnya, sampai saat ini masih menjadi barang langka. Tidak seperti Samsung, hari launching di luar negri, bulan depan udah barangnya bisa ditemui di toko-toko hape/komputer. Jadi PR Asus bukan cuma kualitas tetapi juga distribusi atau kecepatan ketersediaan barang di toko-toko.

    1. Pak Yeddy Hendrawan S.,

      Iya, sepertinya memang sudah jadi “penyakit” Asus Indonesia ya. Barang selalu masuk terlambat.

  38. pak herry,sy mau tanya.bs gak baterai zenfone diganti dngn baterai hp merk lain..? tentunya dngn ukuran yng sm,tp kapasitasnya lebih bsr.misalnya,dngn kapasitas 2000 mAH.kalau bs,dngn baterai hp apa pak…? trim’s pak..!

    1. Pak Razaki,

      Asalkan panjang, lebar, posisi konektor, dan voltasenya sama, mestinya bisa ya. Konsekuensinya back cover tak bis ditutup karena baterai yang dipakai lebih tebal.

      Namun, saya pribadi belum pernah iseng mencarinya. Zenfone 4-nya pun sudah saya pindah tangankan.

  39. mau tanya nich pak, apa betul baterai pada zenfone baik yg 4,5 maupun yg 6 menempel/menyatu dengan casing

    1. Pak Ersant,

      Yang menggunakan baterai tanam Zenfone 5 dan Zenfone 6. Kalau Zenfone 4 baterainya bisa dilepas pasang seperti di mayoritas ponsel.

    1. Pak Bl@ckrose,

      He.. he.. saya jual murah Rp 777.444 saja. Sudah sebal dengan ponselnya sih. 🙂

    1. Pak Oimvirgos,

      Sudah lupakan Zenfone saja deh. Asus Indonesia PHP banget. Distribusi barang saja nggak becus, apalagi kelak memberikan layanan purna jual yang prima. Saat ini stok Zenfone di pasar masih kosong.

  40. hee..hee. kalo ada zenfone 4 second lagi bisa sms ane mas herry ? ke 99462170. ane mo nyicipin kacang atom intel android nih.. kalo procienya qualcomm & MTK udah duluan.. heee.. tq mas herry SW 4 responnya 🙂

    1. Pak Bl@ckrose,

      Harapan Anda pasti takkan terwujud. Alasannya:
      * Saya takkan iseng membeli Zenfone 4 lagi.
      * Permintaan SMS tak pernah saya kabulkan. 🙂

  41. wajar aja klo boros. Battrenya juga d kasih 1090 mAH daong…emng d kasih 2 ya??? boleh liat gak sekuruh isi boxnya? penasaran ane

    1. Pak Baboy,

      Iya, dapat dua baterai. Sudah tidak bisa lagi melihat isi kotaknya karena ponsel telah saya jual Rp 777.444.

  42. malam mas herry, ane mau minta pendapat nih, kalau menurut mas herry nokia X jelly bean itu bagus kagak ya ??.. atau mnta pendapatnya donk andro yang bgus kisaran 2,2-2,5 jutaan apaan.. makasih sebelumnya mas..

  43. oke mas herry, maaf ane nanya lagi, kalau vandroid s5h masuk rekomendasi mas herry gak ?? saya mau bandinging2in dulu, biar dapat barang yang berkualitas.. hehe

    1. Pak Candra,

      Soal video call saya tak ingat pasti. Sepertinya tidak bisa video call via layanan seluler.

      Wi-Fi tethering alias dijadikan hotspot? Bisa.

  44. pak herry klo d liat dr ketahanan baterai bgaimana zenfone 5/6 d banding dengan lenovo p770. scra fisik kan kpasitas lenovo p770 itu 3500mAH.tp kan msh mdiatek. klo asus kan intel…mohon pencerahannya pak…terutama mengenai LI-ion dan Li-Po nya dari perbandingan kedua merk..mengingat nyawanya HH kn di batere…

    1. Pak Pesutborneo87,

      Saya belum pernah mencoba Zenfone 5 dan Zenfone 6. Saya menduga konsumsi baterai dua ponsel itu lebih boros daripada P770.

      Li-ion dan Li-po itu jenis sel baterai yang dipakai. Sama-sama oke sih. Tak perlu dikhawatirkan.

  45. Saya ingin share sedikit. Setealah menunggu cukup lama akhirnya tanggal 14 Juni 2014 saya mendapatkan Asus zenfone 4.
    Dari penampakan awal terkesan eksklusif.
    Unit,Charge,2 buah batery 1170 mAh,buku.
    Namun saya baru memakainya pada tanggal 16 Juni 2014,dikarenakan harus mengubah sim card menjadi ukuran mini. Kebetulan juga sim card saya adalah keluaran lama,jadi perlu dibawa ke galeri untuk upgrade.
    Setelah saya aktifkan,awalnya sempat gembira bukan kepalang karena apa yg disuguhkan dr gadget ini sangat menawan. Dari mulai UI,sampe kamera.
    Namun singkat cerita pada akhirnya saya harus kecewa luar biasa. Bukan karena spek yg tidak sesuai,melainkan microphone yg bermasalah. Ketika sy melakukan telpon ke luar,ternyata suara saya tidak bisa didengar oleh si penerima. Berulang kali saya coba ke nomer lain tetap sama saja. Namun ktk sim card sy pindah ke HP lain lancar.
    Tanggal 18 saya kembali ke tempat penjual untuk komplain. Dari hasil analisa kasar teknisi,katanya ada masalah pada aplikasi untuk telepon dan saya dirujuk ke Asus centre.
    Langsung saja saya bawa. Betapa kaget saya krn setelah dilakukan pengecekan,ternyata memang benar microphone saya bermasalah. Dan harus menunggu spare part datang sekitar 1 bulan. Alasan knp lama adalah karena asus zenfone masih langka dan spare part juga harus inden,kata sang CS. Sungguh sangat membuat saya kecewa,karena untuk mendapatkan nya saja saya harus menunggu sekitar sebulan.

    1. Pak Helmy,

      Terima kasih atas sharing-nya. Setelah mencoba Zenfone 4, saya tidak merekomendasikan ponsel itu untuk dibeli. Saya biasanya juga melarang orang lain membeli Zenfone tipe apa pun. Alasan saya, kalau saat jualan saja (berarti dapat duit) Asus sudah terbukti PHP dan tidak becus, apalagi ketika kelak melayani klaim garansi dari konsumen (yang berarti Asus mengeluarkan duit).

  46. untuk men non aktifkan dictionary pada waktu mengetik gimana ya untuk zenfone 4
    mohon batuanya……..??

    1. Pak Benyo,

      Saya tak ingat struktur menu detail Zenfone 4. Intinya, masuk ke settings, language & input, lalu coba utak-atik di sana. Hilangkan tanda centang di spell checker. Matikan semua pilihan yang mengandung kata “suggestion”.

    1. Pak Haidar Zahy,

      Anda bisa mempertimbangkan Sony Xperia E1 dual, Lenovo P770 (bila berhasil menemukan stok dalam kondisi baru), atau Moto G 8 GB.

  47. Dr dulu saya sudah curiga di baterainya… Entah yang zenfone 6. Yang pasti panas adalah boros… Itu pasti tidak bisa dicuri…

  48. saya sudah beli zenfone 4, yang saya rasakan memang sangat boros baterenya gak kuat lebih dari 6 jam pemakaian saya hanya gunakan browsing, maen game candy c sebentar, tlp & sms, baru 2 hari pakai akhirnya saya jual lagi disitus jual beli, untungnya masih gampang jualnya karena masih banyak yg penasaran.

  49. Lenovo P770 sudah tidak ada lagi barunya Kak Herry SW, yang ada P780, tapi pake batre tanam takutnya susah cari ganti batre, posisi ku dipalembang

    1. Pak Haidar Zahy,

      Iya, P770 memang sudah berbulan-bulan diskontinyu. Namun, siapa tahu Anda sukses menemukan toko yang masih punya stok.

      Benar, P780 menggunakan baterai tanam. Demikian pula Moto G yang sempat saya sarankan.

    1. Pak Radja,

      Istri teman saya kebetulan menggunakan Zenfone 4. Di tangan dia, daya tahan baterai ponsel itu 3-5 jam saja.

  50. pak,
    mohon petunjuknya
    saya bingung memili yang mana, tolong direkomendaskan.
    evercoss a7s, advan s5p, atau zenfone 4
    mohon petunjuknya

    1. Pak Hariyanto Ardi,

      Merek Evercoss dan Advan sebaiknya hanya dibeli saat di dunia ini sudah tak ada merek lain.

      Zenfone 4 tidak layak beli.

      Jadi, Anda tampaknya harus memikirkan alternatif lain. Anggaran Anda maksimal berapa? Kebutuhan Anda apa saja?

  51. begitu ya pak
    saya hanya tertarik saja dengan merek lokal
    mungkin saya harus beralih ke lenovo, oppo, atau sony
    untuk anggaran kurang dari 2jt

    1. Pak Hariyanto Ardi,

      Yup benar. Untuk sementara lupakan merek lokal.

      Di antara tiga merek yang Anda sebutkan, sebaiknya Anda juga melupakan Oppo.

  52. pak Herry SW yng terhormat,
    saya adalah pendatang yang baru masuk blog ini, dan tentang asus Z 4, saya sudah menunggu dari bulan april akhir sampai sekarang pre-order belum datang2, sepertinya memang kurang rekomended tentang pelayanannya, dan bener kata pak Herry, mo order aja lama…apalagi servis nya..pasti lama juga. Kesimpulanya saya akan mengurungkan niat untuk beli asus Z 4 ini dengan alasan tersebut diatas, udah terlanjur bete duluan….Kemudian Pak Herry, saya ingin beli lenovo dengan budget 1jt -1.5jt, kira2 apa ya yang surfingnya bagus n RAM nya 1gb…terima kasih….

    1. Pak Rivan,

      Iya, distribusi Zenfone memang parah banget. Btw, waktu itu order di mana, Pak?

      Soal Lenovo dengan anggaran Rp 1 juta sampai Rp 1,5 juta, mestinya ada seri A. Namun, saya tak berani merekomendasikan karena dua alasan. Pertama, belum pernah coba tipe terbaru yang kini beredar di pasar. Kedua, merujuk pada pengalaman mencoba beberapa tipe ponsel Lenovo seri A, saya belum pernah berhasil dipuaskan.

  53. Asslikum pak Herry,

    Apakah bapak sdh pernah mencoba lenovo series a 859 atau s930,sy sdg in gin mengganti HP sy namun masih bringing menentukan pilihan,sy memiliki alternative Sony c series atau Lg pro lite,menurut bpk mana yg lebih bail,terimakasih sebelu,nya pak Herry

    1. Pak Oscar Prasetio,

      Saya belum pernah mencoba A859 maupun S930.

      Xperia C sudah tak menarik lagi sejak Xperia M2 memasuki pasar. Sedangkan G Pro Lite juga sudah tak menggiurkan sejak L90 dan G2 Mini beredar.

      Saran saya, dengan anggaran Anda yang saya perkirakan sekitar Rp 3 juta, silakan membeli LG G2 Mini. Harga barunya Rp 3,299 juta. Review bisa dibaca di:
      http://ponselmu.com/review-lg-l90-dual-dan-lg-g2-mini-ponsel-kembar-tidak-identik/
      http://ponselmu.com/review-sony-xperia-m2-dual-pembunuh-xperia-c-pesaing-g2-mini/

  54. Saya pengguna zenfone 4
    kalo menurut saya, sangat wajar dengan harga segitu kita dapat spek sedemikian rupa. baterai yang didapat hanya Li-Po 1170 mAh (x2 buah) memang kalah dari LG L40 yang punya Li-Ion 1540 mAh, tapi liat dulu asus punya ram 1 gb + kamera 5 mpix + vga (depan) L40 hanya 3,15 tanpa kamera depan.
    padahal harga mereka disekitaran 1,3 jt.
    so, kalo masih kurang pake powerbank azaaa

    1. Pak Gian,

      Menurut saya, yang terjadi dengan Zenfone masih tak wajar. Alasannya:
      * Harga pasar jauh di atas harga resmi.
      * Kapasitas baterai bukan hanya kecil lho. Ponsel juga sangat rakus daya.
      * Bodi ponsel mudah panas.
      * Quality control tampaknya kurang prima. Buktinya, Zenfone 4 saya geripis di tiga sisi.

      Kesimpulan akhir, jangan beli Zenfone dan untuk sementara hindari tablet maupun ponsel Asus.

  55. hp zenfone4 ane gak boros tuch padahal ane pkai sering browsing-ngegame dalam waktu lama tapi gak cepet lobet tuch bahkan dalam waktu 6 jam zenfone4 ane tuch hanya berkurang 15% jadi masih tersisa 75%……

    1. Pak Bayu,

      Wah, asyik banget bisa bertahan sampai enam jam. Istri teman saya memakai ponsel yang sama. Biasanya hanya bertahan 3,5 jam.

  56. Ane pengen beli dari dulu bro,,,tapi lihat di forum jual beli banyak banget zenfone4 yang dijual lagi.tapi dari asusnya juga gak ada tanda2 mau menaikan power batrenya,,,,, tapi asus kan bukan pemain baru,,,jadi bingung brooooo

    1. Pak Ardja,

      Sudah deh, untuk sementara lebih baik lupakan ponsel dan tablet merek Asus. Prinsipal/produsennya sendiri masih terlihat setengah hati dan nggak becus kok.

  57. Alhamdulillah di Thailand saya bisa mendapatkannya dengan cukup mudah. Untuk harga saya kemarin beli 2900 bath jika di kurskan di hari itu Rp 1.044.000,-.
    Untuk kasus gerimpis, di produk yang dijual disini kayaknya nggak ada gan. Sisinya mulus dan bagus. Saya sudah keliling2 dan saya yakinkan produk yang ASUS jual disini bagus, dengan dukungan bahasa Indonesia juga ada. Garansi 1 tahun, garansi resmi ASUS.
    Untuk urusan baterai memang Zenfone 4 sungguh memilukan, namun tersiar kabar di Thailand, akan ada produsen dari Cina yang akan produksi Baterai ASUS Zenfone 4 dengan kapasitas 2000an mAh, (sumber: penjual2 gerai gadget di Thailand).

    1. Pak Zain,

      Terima kasih atas sharing-nya. Sehari-hari apakah Anda memang tinggal di Thailand? Lho, Zenfone yang dijual di Thailand juga dilengkapi bahasa Indonesia ya?

  58. Coba bapak2 aktifkan smart savingnya dr aplikasi power saving. Auto brightness nya diaktifkan pengaturan suhu layar di splendid utiility dijaminn baterenya gak cepat habis krna sy pengguna zen 5

    1. Pak Christian,

      Terima kasih atas masukannya. Kinerja sebuah ponsel idealnya diukur pada normal mode. Tanpa power saving. Sebab, bila power saving diaktifkan, kinerja ponsel takkan maksimal.

  59. Saya terarik membeli zenfone 4 tertarik speck nya yg bagus tetapi setelah buka dus lihat barangnya kecewa spt hp murahan dan batry dipake panas dan boros

    1. Pak Purwoto,

      Ya, saran saya, jangan beli Zenfone 4 maupun tipe lain. Asus Indonesia terlihat bermasalah dalam menangani penjualan. Apalagi, ketika kelak harus melayani klaim garansi.

  60. saya sudah menggunakan asus zenphone 4, 1 bln ini… memang terkendala karena kapasitas baterai yg kecil sehingga selalu membawa power bank kemana mana… kekurangan lainnya tidak ada lampu flash pd kameranya…. sehingga sulit mengambil gmbar pd objek minim cahaya/gelap… serta kesiapan service center, dikarenakan importir zf juga bermacam2… lbh disarankan menggunakan importir yg jelas seperti ERA**** GROUP (tam)… bagi yg mau membeli produk lain namun sejenis bisa mencoba acer z4 atau z5

    1. Pak Angga,

      Ya, distributor Zenfone ada beberapa. Yang saya ingat, Erafone/TAM dan grup Metrodata. Keduanya termasuk perusahaan besar.

      Setahu saya, masalah dalam amburadulnya distribusi Zenfone bukan merupakan kesalahan distributor di atas. Masalah bersumber di prinsipal alias Asus-nya. Nah, melihat prinsipalnya saja masih acak adut seperti itu, saya menyarankan pembaca blog ini supaya tidak membeli tablet dan ponsel Asus dulu sampai jangka waktu yang belum ditentukan.

  61. Dear Pak Herry,

    Adakah informasi untuk batre double power Zenfone 4 di surabaya ???
    Atas infonya trima kasih

  62. Halo, selamat sore kak Herry. Terima kasih atas infonya tentang Asus Zenfone, bermanfaat sekali. Saya ingin minta saran kak, berhubung ingin membeli smartphone yang harganya berkisar 1 jutaan – 2 juta. Android Jelly Bean/Kitkat, RAM 1 GB, ada kamera depan (VGA juga tak apa), Dual Core dan kapasitas baterainya bagus. Sekarang saya berencana membeli Samsung Galaxy Ace 3, tapi kalau kak Herry ada merk lain yang lebih bagus spesifikasinya dengan kisaran harga segitu, tolong rekomendasinya. Terima kasih 😀

    1. Bu Dea Dewi,

      Anda boleh mempertimbangkan LG L70 yang harga barunya Rp 1,95 juta. Review bisa dibaca di http://ponselmu.com/review-lg-l70-lebih-aman-dengan-password-ketuk-layar/

      Pertanyaan Anda ini kebetulan sama persis dengan yang barusan ditanyakan oleh penjual martabak langganan saya. Dia ingin membelikan ponsel baru untuk anaknya yang duduk di kelas 3 SMA. Awalnya ia berencana membelikan Samsung Galaxy Ace 3. Saya melarangnya dan menyarankan dia membeli LG L70. Hasil akhirnya, anaknya puas.

  63. Halo, selamat sore kak Herry. Terima kasih atas infonya tentang Asus Zenfone, bermanfaat sekali. Saya ingin minta saran kak, berhubung ingin membeli smartphone yang harganya berkisar 1 jutaan – 2 juta. Android Jelly Bean/Kitkat, RAM 1 GB, ada kamera depan (VGA juga tak apa), Dual Core dan kapasitas baterainya bagus. Sekarang saya berencana membeli Samsung Galaxy Ace 3, tapi kalau kak Herry ada merk lain yang lebih bagus spesifikasinya dengan kisaran harga segitu, tolong rekomendasinya. Terima kasih 😀

  64. Terima kasih atas masukannya kak Herry. Kenapa dilarang membeli Samsung Galaxy Ace 3 kak? Apa kekurangannya?
    Maaf untuk komentar sebelumnya saya mengirim 2 kali, karena internet sedang bermasalah waktu itu. Saya kira belum terkirim. Hehe

    1. Bu Dea Dewi,

      Sebab, Galaxy Ace 3 lebih lemot dibandingkan LG L70. Kapasitas baterai, kelengkapan fitur, dan hasil jepretan Galaxy Ace 3 juga kalah bila diadu dengan L70. Nah, karena harga L70 baru dan bergaransi resmi masih sesuai dengan anggaran Anda, lebih baik beli L70.

  65. mau tanya ni…hp saya asus zenfone 4. Yg saya tanyakan masalah pada kamera…pada saat buka kamera terus mau ambil gambar di tekan touch yang tengah ga mau merespon ambil gambar, knpa ya ? ? Padahal kalau mau ambil video bisa, tpi kalo ambil gambar/foto ga mau respon….

    1. Pak Seno,

      Hmm… harusnya tidak seperti itu. Coba lakukan factory reset. Bila masalah sama tetap muncul, bawalah ponsel itu ke pusat perbaikan resmi Asus.

  66. Mohon maaf sebelumny.. Pak herry ini sepertiny pribadi yg kontradiktif, di paragraf ke tujuh bpk menyebutkan asus ini ga sampai panas, cm hangat.. Dibandingkan lenovo k900 tp di bagian komen, bpk sebut hape ini panas… Haddehhh…..

    asus memang boros di konsumsi batre, krn di produk awal zenfone 4 hanya dibekali batre skitar 1200mah saja (untuk tipe A400CG) namun untuk seri kedua (A400CXG) kapasitas bertambah menjadi 1600 mgkin itu yg jadi patokan komentator lain yg td blg bisa bertahan smpai 6jam lebih.. Mohon lain kali klo mengulas produk dilihat dulu y pak detilnya..

    Terakhir sekedar ralat, bukan cm asus zenfon 5 dan 6 yg pakai batre tanam, tp asus zenfon 4s jg batre tanam, namun bisa dilepas klo memang terpaksa, dg membuka casing bagian dalam..

    Saya kok tau info itu drmn? Maaf saya bukan sales asus pak, tp saya dagangan hape… Jd bbrp tahu dikit2…

    1. Pak Niko,

      Terima kasih atas komentarnya.

      Awalnya K900 memang lebih panas daripada Zenfone 4. Kemudian muncul update firmware yang tampaknya sukses membuat K900 lebih stabil. Suhu ponsel pun berkurang signifikan.

      Review saya mengacu pada Zenfone 4 yang dibekali dua baterai. Saat saya menuliskan review itu, Zenfone 4 dengan satu baterai 1.600 mAh belum beredar di sini.

      Saat saya menuliskan review tersebut, Zenfone 4s belum muncul, Pak. Lha kalau harus membongkar casing bagian dalam, itu sih namanya baterai tanam.

  67. Nambahi dikit, pendapat saya sbg pedagang, mgkin susahny stok asus emg krn strategi penjualan aja, semakin langka tu barang, harga pasar bisa dimainin pedagang.. Hal yg sama jg berlaku buat xiaomi.. Namun di xiaomi, menurut saya pribadi kasusny bukan mainin harga, tp psikologi penjualan aja.. Xiaomi mengumbar spek yg luar biasa, bobot mantap, tp barangny jarang ada yg punya… Pdhl klo qt prnah coba xiami redmi 1s, kesan saya lgsg seperti memakai hape cina murahan… Jadi saran saya, analisis dulu dr berbagai sisi pak.. Jgn asal liat di satu sisi krn menurut anda itu yg paling terlihat.. Siapa tahu di belakangny ada sisi2 yg menjebak..

    1. Pak Niko Lagi,

      Kalau stok yang susah itu memang strategi Asus supaya harga pasar bisa dimainkan oleh pedagang, berarti Asus “mabuk”.

      Kalau Xiaomi kasusnya berbeda. Saya setuju dengan Anda. Xiaomi menerapkan strategi pemasaran yang lazim disebut hunger marketing.

  68. Lho brarti kan ralat saya ga salah dong pak herry subwoofer.. Bahwa yg pake batre tanam bukan cm z5 dan 6 tp 4s juga… Tuh bapak sendiri yg membenarkannya… 😀

    Gmn bisa mabuk pak, dg produk yg bisa dibilang kurang memuaskan karna batre.. Ga salah klo asus main2 dulu di sektor harga.. Drpd uda di distribusiin semua stoknya.. Eh customer pada kecewa.. Harga jd turun dong.. Bisa2 harga baru nya nanti jatuh di level 777.444

    Andai asus berani kasih harga yang tepat setara dg kompetitornya.. Saya yakin pak, asus berani kasih batre dg kapasitas yg lebih baik..

    Seharusnya kita sebagai customer yg menilainya dg bijak.. Dg harga termurah.. 1,099,000 kita uda dapet prosesor intel atom dual-core dg hyperthread (notabene prosesor intel lebih mahal proses produksinya drpd prosesor gadget handphone lainnya yg setara dr segi harga jual gadgetny sendiri), dan Ram 1gb.. itu blm ada kompetitornya pak.. Ambil saja galaxy v.. Menurut saya ga sanggup nandingi speknya.. Satu keunggulan galaxy v dibanding asus mnurut saya hanya di kapasitas batre yg jauh lebih baik..

    Andai asus kasih spek segitu, ditambah kamera depan 5mp, kamera blkg 8mp, layar IPS, batre 2600mah, saya yakin.. Harganya ga mungkin 1,099,000.. Benar bukan pak herry? 🙂

    Apakah rekomend atau tidak, balik lagi trgantung budget si calon empunya gadget itu sendiri.. Budget minim berharap mesin gahar, harus rela ngorbanin sektor lain.. Dalam kasus asus z4 ini, ya batre dan kamera depan.. Serta layar yg cm tft.. Jadi apakah bijak klo kita memutuskan gadget satu ini tidak rekomended untuk dimiliki? 🙂

    Salam hangat pak herry

    1. Pak Niko Lagi,

      Sudah saya sebutkan, ketika review Zenfone 4 itu saya tulis, Zenfone 4s belum muncul.

      Saya tidak mau mengomentari paparan lain. Biarkan orang yang menilai. Buat saya, selama Asus di sini belum berbenah plus, tablet dan ponsel Asus sebaiknya tidak dibeli. Terlalu banyak hal yang bisa saya jadikan alasan mengapa saya mengatakan demikian. Sebagian di antaranya sudah saya sebutkan di beberapa naskah.

  69. Pak? Apakah Asus Zenfone 4s udah lebih baik dari z4 terdahulu. Dan apakah Z 4s ini bisa menggunakan aplikasi BBM?

    1. Pak Agung,

      Saya belum pernah mencoba Zenfone 4S. Seharusnya ponsel itu bisa dipakai ber-BBM.

      Karena Asus saya lihat belum banyak berbenah, bahkan cerita lama kembali terulang, sampai saat ini rekomendasi saya terhadap tablet dan ponsel merek Asus masih sama: sebaiknya tidak dibeli.

  70. Salam kenal pak Herry,

    Pak sy mau tanya apakah betul kalau zenpone 4 tdk bs menyimpan lebih dari 10 karakter pd kontak (nama).

    terimakasih.

    1. Pak Agus,

      Tidak benar. Dulu saat saya memakai Zenfone 4, saya memiliki kontak yang panjang namanya terdiri atas 18 karakter. Bisa disimpan dengan baik kok.

      Btw, kalau Anda belum terlanjur membeli Zenfone 4, saya sarankan jangan membeli tablet dan ponsel merek Asus dulu. Kalau laptop Asus masih boleh dipertimbangkan.

  71. wah wah ane kebetulan mau beli hp asus zenfone 4 , baca komenya jadimepertimbangin lagi .yang recomended jangan beli tabled dan hp asus kasih tau apa ya kekuranganya
    dan recomeded hp android di bawah 1 jtan yang bagus apa ya terimakasih !

    1. Pak Sofyan,

      Ada aneka alasan yang membuat saya menyarankan orang tidak membeli tablet dan ponsel Asus dulu. Ini sebagian di antaranya:

      Ada banyak alasan, Pak. Sebagian di antaranya:

      1. Sejak zaman Transformer, Nexus, dll sering terlambat memasukkan barang. Khusus poin ini, saya lihat Asus di sini sudah mulai membaik.

      2. Pengaturan distribusi terlihat acak adut. Saya melihat unsur kedekatan sangat berperan.

      3. Selama mencoba ratusan tipe ponsel, baru di Asus saya mendapatkan sebuah ponsel baru gres sudah geripis di tiga sisi.

      4. Pusat perbaikan resminya cukup andal dalam melatih pengendalian emosi.

      Ponsel Android di bawah Rp 1 juta? Silakan coba mencari Acer Liquid Z4. Harga baru sekitar Rp 900 ribu.

    1. Pak Dedy,

      Kalau pilihannya tiga itu, saya langsung memilih Moto E. Kameranya memang tidak sebagus Zenfone 4. Namun, Moto E tidak memiliki “penyakit bawaan” seperti yang ditemukan di Zenfone 4.

    1. Pak Mohammad Faisal,

      Aduh, jangan beli tablet dan ponsel merek Asus deh. Ngeri.

      Xperia L saat ini sudah tergolong ketinggalan. Boleh tahu anggaran Anda berapa? Saya coba berikan usulan ponsel yang lebih baru.

  72. wow pak herry anda adalah seorang jenius android, masalah auto fokus pun anda harus factory reset, sungguh pintar sekali bapak ini

    1. Pak Kojika,

      Soal autofocus biasanya masalah hardware. Namun, sebelum dibawa ke service center, data di ponsel kan sebaiknya dihapus dulu. Jadi, saya menyarankan dilakukan factory reset.

      Kalau setelah di-reset ternyata sembuh, ya berarti beruntung. Bila tidak, ya tinggal dibawa ke service center sesuai rencana semula.

      Saran saya memang terlihat aneh. Namun, saya kebetulan pernah mengalami beberapa masalah di ponsel yang ternyata bisa sembuh usai di-reset. Padahal, secara logika, masalah yang dialami di ponsel itu sebenarnya tak berhubungan dengan reset, melainkan lebih ke arah kerusakan hardware.

  73. asus nggak salah. dgn harga segitu udah dapet spesifikasi macam zen 4, tahu diri lah harusnya kita.
    asus emang hanya 1200 mAh jadinya nggak salah jg klo boros.
    anyway, pak Herry saya yakin hanya berbagi pengalaman dan tidak bermaksud menjatuhkan.
    buat pak Herry, makasih buat sharingnya.

  74. permisi, maaf saya mau tanya.

    zenfone saya itu os bawaanya udah kitkat emang benar itu resmi atau gimana ya
    saya beli baru, saya bingung soalnya punya temen saya os nya masih JB

    terus kalo panas gak cuman anget panasnya banget, padahal cuman on bb, kecerahan rendah, lokasi hidup, itu aja.

    mohon pencerahanya. terimakasih

    1. Pak Yusuf,

      Saat dulu saya mencoba Zenfone 4, sistem operasinya Android 4.3 Jelly Bean. Saya kurang tahu yang sekarang beredar sudah Android 4.4 KitKat atau bagaimana.

  75. pak heri , saya mau minta saran
    saya mau beli hp acer liquid z205 , menurut bapak gimana ya , atau ada rekomendasi lain dengan anggaran minim yaitu 800 ribu , terimakasih.

    1. Pak Fajar Syahputra,

      Setelah bepergian ke dua kota sejak 17 Maret 2015, baru pagi ini (21 Maret 2015) saya kembali menjawab pertanyaan yang masuk ke blog Ponselmu.com.

      Dengan anggaran segitu, menurut saya, pilihan terbaik memang Liquid Z205. Karena spesifikasinya memang tidak terlalu tinggi, performa ponsel itu tidak ekstragegas. Namun, secara umum masih lumayan. RAM 1 GB-nya lumayan terasa bermanfaat.

  76. Salam kenal pak herry..

    Saya pakai zenfone 4 dari oktober 2014. Zenfone yang saya pakai kodenya A400CG dengan baterai 1600mah, dual core 1,2 GHZ Intel, GPU PowerVR 544MP2 beli baru dengan di Malang dg harga 1.099.000 . Saya hanya mau memberikan pndapat jujur saya tentang produk ini.
    Plus :
    1. Prosesor, GPU dan RAM tangguh.
    Hanya ini smartphone termurah yg bsa maen game HD lancar tanpa lag (test asphalt 8, fifa 14, galaxy on fire, six guns, semua setting grafis high)
    2. Kamera
    Terang + tajam gambarnya, menurut saya ngalahin galaxy fame, hampir sma dengan ace 3 (test tanpa flash semua)
    3. Bebas lag saat buka-buka aplikasi.
    (Bbm + whastapp + dengerin lagu tetap lancar)
    4. Dapat update OS terbaru
    (April 2015 katanya asus dpt update lollipop)

    Minus
    1. Belum nemu

    Kalau masalah ini :
    1. Baterai boros
    Semua smartphone gitu keles… jgn dibandingin sma hp jadul..
    Klo zenfone 4, segera update ke kitkat + selalu aktifkan mode power saving. Bisa tahan 12 jam pemakaian online, 18 iam pemakaian biasa, 4 jam game hd

    2. Service center
    Klo service resmi lama, khan itu hal biasa..
    sams*ung, s*ny aja yg udah pemain lama srvice aja masih berminggu-minggu (pengalaman temen)

    3. Cepet panas
    Wajarlah klo smartphone cepet panas. Klo ga mau panas ya jgn dipakai

    Saingan :
    Kalau menurut saya, dengan budget 1,1 ni smartphone sudah melebihi ekspetasi. Sainganya tidak ada yang sepadan. Diharga segitu klo beli sams*ung paling tinggi ya cuma dpt galaxy v (kalah disemua spek kecuali baterai 2000mah), s*ny cuma dpt E1 (lemotnya minta ampun, test milik temen), LG L40 (blom pernah nyoba, scr spesifikasi kalah semua,kecuali layar IPS dari zenfone 4), dan brbagai merk lokal yang updatenya ga jelas(andr*max G2, adv*n Gaia, everc*ss A7Z)
    Saingannya yang speknya sepadan adalah ace 3 (menang ace dikamera ada flash) LG L70 dual (sama kayak ace 3) yang semuanya harganya 300-400 lebih mahal.

    Moto E + android one : cuma 2 smartphone ini yang hampir mutlak ngalahin zenfone 4. Mengapa hampir, kok gak mutlak sekalian? Karena cara belinya susah bro…..belanja online….
    Kalaupun ada di counter hp harganya naik 200ribuan…

    Kesimpulannya, smartphone ini termasuk bagus dikelasnya. Prosesor dan kameranya bagus. Kalau baterai boros khan tergantung pemakaian juga.
    Buat pemula yang mau belajar android (kayak saya, sebelumnya pegang lenovo a369i) hp ini cukup bagus. Kalau sg sebelumnya pegang hp 2jt lebih, jgn pernah sentuh hp ini. Nnti reviewnya pasti negatif banget…
    Saran saya kalau mau beli silahkan. Yakin dan niat mau beli, pasti ngga nyesel. Setelah beli cepet di update Kitkat (sekitar 600mb). 🙂

    1. Pak Bayu,

      Salam kenal juga. Terima kasih atas sharing-nya.

      Saya izin sedikit berkomentar ya….

      1. Berarti, Zenfone 4 yang Anda pakai tampaknya varian lebih baru daripada yang dulu saya coba. Ponsel Anda menggunakan baterai berkapasitas 1.600 mAh.

      2. Ya, kamera Zenfone 4 lebih bagus daripada Samsung Galaxy Fame. Dibandingkan kamera Samsung Galaxy Ace 3, menurut saya, masih lebih bagus Zenfone 4.

      3. Soal baterai, tentu saya tidak akan membandingkan dengan feature phone. Saya membandingkannya dengan ponsel Android lain berharga jual relatif setara. Dengan kondisi tersebut, Zenfone 4 sangat rakus baterai. Pengujian berdasarkan kondisi normal, bukan power saving. Kalau beli ponsel mahal-mahal trus dibuat power saving, kan jadinya nggak asyik.

      4. Service center Samsung, LG, dan Acer jauh lebih bagus daripada Asus deh.

      5. Soal panas, dibandingkan ponsel lain berharga setara, Zenfone 4 jauh lebih panas dan lebih mudah panas.

      6. Ketika sedang menguji pakai ponsel berharga Rp 500 ribu, saya akan memposisikan diri sebagai pengguna Rp 500 ribu. Kala mencoba ponsel Rp 1 juta, saya juga menganggap diri saya pengguna ponsel harga segitu. Jadi, jangan khawatir, saat mencoba Zenfone 4, saya tidak membandingkannya dengan ponsel berharga jual Rp 5 jutaan kok. 🙂

  77. Asus zenfon 4 resmi garansi tidak sembrang d jual,,,tav hati2 banyak barang kw ,,saya pengguna asus zenfon 4 batre nu cukup tahan lama kuat sampe jam 3/4 sore dari pagy d pake browsing

  78. aku juga pengguna z4. batery kadang awet,kadang boros,kadang cepet panas.
    kenapa ya kira2? kadang pas malem batery diatas 90%, waktu tidur data dimatiin.. e pagi2 tinggal 1 %. ngeriii juga. kadang panas sampe kudu lepas batery.
    oya,,, dari awal aku cuman dapat batery 1 aja.
    ada solusi sodara? thx

  79. Ini blog kbnyakan menjatuhkan nama asus.. pake pikiran dong.. makanya kalo mau beli hape yg sempurna beli tuh yang harga nya puluhan juta so memang wajar saja semua hp itu memiliki kekrangan apalagi yg hrga nya satujutaan!.ga usah membandingkan asus dengan yg lain.. asus ya asus begitulah adanya!

    1. Pak/Bu …..,

      Nama aslinya siapa ya? Kok pakai titik-titik?

      Anda menyebutkan “ga usah membandingkan asus dengan yg lain.. asus ya asus begitulah adanya!”. Jadi, apakah maksudnya Asus memang jelek?

  80. pak , zenfone saya rusak, saya bawa ke tempat servis katanya mesinnya rusak , kalo mau perbiki biayanya brp ya ?
    di galery asus bisa?

    1. Pak Firhad,

      Lho, jadi awalnya Zenfone Anda dibawa ke tempat servis mana? Saya tak mengetahui perkiraan biaya perbaikan. Galeri Asus itu tempat menjual barang baru, bukan tempat servis.

  81. Selamat malam Pak Herry. Kebetulan saya pengguna asus z4 (kebetulan hadiah, apalagi saya tidak tahu menahu tentang hp asus sebelumnya). Teman saya membelikan saya baterai baru dengan daya 2000mAh dan besar bentuknya. Belakangan baru saya tahu itu buatan cina tapi bukan dari asusnya sendiri. Saya charge dlm keadaan mati selama lebih dr 4 jam tapi tidak penuh2. Baru saya hidupkan, tiba2 100%. Kira2, kalau saya pakai, bisa ganggu kinerja hp tidak? Saya takut baterainya abal2 dan meledak. Saya belum mau mengganti hp karena masih menunggu uang supaya bisa beli sony experia z3. Hehe. Thanks pak atas jawabannya.

    1. Bu Rere,

      Biasakan menuliskan tipe ponsel dengan benar dan lengkap. Z4 yang dimaksud apakah Zenfone 4?

      Boleh tahu data berikut ini dulu?
      1. Zenfone 4 Anda yang baterai bawaannya berkapasitas 1.200 mAh atau 1.600 mAh?
      2. Baterai 2.000 mAh itu bermerek apa?
      3. Baterai 2.000 mAh itu apakah dapat dipasangkan ke ponsel Anda tanpa mengganti bodi belakang?

  82. Pak Herry, mohon informasinya, bagaimana ya caranya menghidupkan kembali tablet Assus zenfone7 milik saya yang sebelumnya batrai drain, krna chager hp saya tak sengaja tertinggal di kantor sehingga saya harus menunggu esok hari utk charge. Akhirnya saya coba charge ke charger oppo milik teman saya dan bisa di charge. Namun sayangnya saat saya pulang, baterai cepak sekali habis, dan mencoba charge lagi menggunakan charger lain, di layar ada tanda pengisian baterai, setelah itu tidak saya cek lagi ( terakhir posisi baterai masih hijau sekitar 20%, dalam keadaan tablet menyala ) namun setelah lama, saya cek, tablet saya malah mati dan tidak bisa nyala lagi, katanya drain, saat esok harinya dngan chargeran saya yg tertinggal, saya charge, tetap tidak mengisi baterai, hanya muncul tanda baterai dan petir, tapi mati nyala, sampai berjam2. dan tablet saya blm bisa menyala lagi sejak 2 hari lalu. bagaimana ini sebaiknya ya pak? saya takut kalau reset factory, data2 seperti foto, kontak dll, hilang. Solusi apa yang bisa saya lakukan? demikian dari saya, terima kasih.

    1. Bu Mey,

      Saya yang sekarang bingung nih. Tidak ada ponsel Zenfone 7. Jadi, yang Anda miliki tipe apa ya?

      Langkah termudah lebih baik membawa gawai tersebut ke pusat perbaikan resmi. Relakan data yang tersimpan.

  83. Sorry sebelumnya bapak. Itu zenfone 4 yg punya saya. Kapasitas baterai bawaan adalah 1200mAh. Merk-nya sih ASUS (yang tercetak di cover baterai) tapi penampilan baterainya tidak sama seperti baterai yg saya miliki dr awal. Warnanya silver tapi yang asli hitam tok. Saya harus pontang panting cari bodi belakang karena tidak muat dgn yang baru. Terima kasih pak.

    1. Bu Rere,

      Terima kasih penjelasannya. Iya, baterai 2.000 mAh seharusnya memang tak bisa ditampung oleh penutup baterai bawaan.

  84. Aku masih pake BB pak mau ganti android,
    Aku sering liat merek lokal di harga 500an kok sring blang n harus di flash ulang
    Aku seikit melirik samsung di harga 700an ampe 1,5jt kok mayoritas memory 4gb n ram 512mb,contohnya galaxy j1 and young 2 trus galaxy v,aku betenya disitu krn 4gb harus terbuang lebih dari setengahnya kuusus os,dan kt cuma dikasih 1/4 dari 4gb,dan dengan ram 512 mb lemot pak,dan sedikit lirik asus zenone 4,tp kok mayoritas layarnya retak ndiri???apa krna panas berlebih y??
    Maka dari itu aku masih blom move ke android,dan menurutku os yg paling sempurna cm jelly bean,faktanya di galaxy star tmen Q lancar and gk close app mulu dibanding young 2 udh kitkat

    1. Pak Bagas,

      Wah, jangan diganti dengan batu. Nanti ponselnya tidak mau menyala lho. 🙂

      Kalau yang dimaksud baterainya diganti dengan baterai lain yang berkapasitas lebih besar, asalkan baterainya yang berkualitas bagus, boleh-boleh saja. Namun, back cover (casing belakang) ponsel itu takkan bisa menutup lho.

  85. Sya pndtang baru nih,,
    Mw nanya, sya beli hp baru ni asus zenfone C
    Tp gk bisa untuk browsing atau internet sgala macem buka play store aja g bisa slalu ada peringatan untuk harus menggunakan wifi ,,sya menggunankan sim card 3 dgn paketan 1 tahun ,kuota sudah sya tambahkan lgi tp ttp gk bisa buka internet slalu netrwork harus menggunakan wifi,,tolong di bantu ya

    1. Pak Handy,

      Waks… sudah terlanjur beli ponsel Asus ya.

      Saya belum pernah menguji pakai Zenfone C. Coba periksa pengaturan koneksi. Mungkin ada yang salah setting. Kalau bingung, paling gampang lakukan factory reset deh. Biar ponsel kembali ke pengaturan semula sesuai standar pabrik.

  86. Pak saya punya zenfone 4c pngen di root tpi tnpa PC. Apa bpa pnya trik dan tpis nya. ?Dan sya minta alamat forum khusus buat asus terutama zenfone 4c..

  87. Zenfone adalah smartphone dengan prosesor yang handal tapi tidak di tunjang dengan batrai yg tidak mempuni, dengan batrai tanam dan normal apalagi rentan soak, dari survei lamapangan banyak yang mengeluh tentang masalah batrai yang sangat rentan habis, disimpulkan batrai zenfone tidak bertahan sampai 6 bulan, apalagi pemakai gamer di hakimi pemakaian batrai di bawah 6 bulan.

  88. Kenapa asus zenfone 4 selalu muncul asus demo, dan ketika saya mendownload di play stor sekitar 12 menitan aplikasinya sudah gak ada..

    1. Pak Jakariya,

      Sepertinya mode demo di ponsel Anda menyala. Untuk menonaktifkannya, lakukan langkah berikut ini:

      1. Saat demo mode aktif, sentuh layar untuk menghentikannya.
      2. Tekan dan tahan tombol back selama sekitar sepuluh detik.
      3. Di layar seharusnya tampil halaman untuk menonaktifkan mode demo. Masukkan password 741603, lalu tekan deactivate.
      4. Ponsel akan restart dan reset. Tunggulah dengan sabar karena prosesnya bisa mencapai belasan menit.
      5. Silakan gunakan ponsel seperti biasa lagi. Seharusnya mode demo sudah tidak aktif.

  89. Pak herry SW

    Saya ingin bertanya ni pak . Saya pengguna samsung galaxy e5 dengan baterai tanam pak . Nahh apakah back cover untuk baterai tanam bisa diganti kapan kita mau ? Dan Apakah back cover hanya bisa diganti pada saat terpaksa misalkan mengganti baterai ?

  90. Asus zenfone4 saya galeryX tdk bs dibuka kenapa ya???
    Tulisanx sayang galeri terhenti…..
    Sdh factory reset n diperbaharui tetap tdk bisa….mksh sblmx

    1. Bu Fransiska Santi,

      Karena factory reset ternyata tidak menyelesaikan masalah, berarti silakan membawa ponsel itu ke pusat perbaikan resmi Asus.

    1. Bu Ina,

      Apakah yang dimaksud menu kameranya hilang? Kalau iya, coba lakukan factory reset. Bila tetap tak bisa, silakan mampir ke pusat perbaikan resmi Asus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *