Sejuta Perangkat 4G LTE Huawei Diproduksi di Sidoarjo

Hari ini (3/5) satu juta perangkat 4G LTE Huawei resmi selesai diproduksi di PT Panggung Electric Citrabuana, Sidoarjo. Kerja sama antara dua perusahaan itu sebenarnya sudah berlangsung sejak 2013. Berbagai peranti 4G LTE Huawei, mulai modem, mifi, hingga ponsel pintar diproduksi di sana.

“Huawei Device Indonesia saat ini adalah klien terbesar kami. Kapasitas produksi peranti Huawei di PT Panggung mencapai 2,88 juta unit per tahun. Dalam waktu dekat kapasitas itu akan ditingkatkan hingga dua kali lipatnya,” kata Ali Soebroto Oentaryo, Presdir PT Panggung Electric Citrabuana, di hadapan para tamu undangan, termasuk Ponselmu.com, yang hari ini mengunjungi pabrik.

Panggung-1

Johnson Ma, Country Director of Huawei Device Indonesia, mengungkapkan, “Kerja sama dengan PT Panggung menjadi langkah awal dari rencana strategis Huawei di Indonesia. Kami menargetkan dalam dua tahun mendatang penguasaan pasar (market share) ponsel pintar Huawei di Indonesia menembus sepuluh persen.”

Huawei Y6 LTE menjadi ponsel terbaru yang diproduksi di PT Panggung. Ponsel 4G LTE yang dibanderol Rp 1,999 juta itu ditawarkan dalam tiga pilihan warna. Yaitu, hitam, putih, dan emas. “Kami ingin menunjukkan bahwa ponsel 4G LTE yang berkualitas tidak selalu mahal. Buktinya, Y6 LTE ini harganya terjangkau,” imbuh Johnson.

***

Sejak 2013, perangkat tertentu Huawei telah diproduksi di PT Panggung. Dari tahun ke tahun, ragam produk yang dibuat di sana semakin banyak.

Panggung-2

Saat ini telah beroperasi enam baris produksi dengan kapasitas 2,88 juta unit per tahun.

Panggung-3

Dilarang keras memotret saat berada di area produksi. Penulis alias HSW tak terkejut dengan aturan tersebut. Sebab, kebijakan yang sama penulis temukan saat mengunjungi pabrik Nokia di Finlandia, LG di Korea Selatan, dan Polytron di Kudus, Jawa Tengah.

Panggung-4

Untunglah tim Huawei telah menyiapkan beberapa foto yang leluasa dipakai. Foto-foto itulah yang diunggah ke halaman ini.

Sisi luar pabrik PT Panggung Electric Citrabuana, Sidoarjo.

Panggung-6

Inilah proses perakitan ponsel Huawei.

Panggung-7

Panggung-8

Panggung-9

Panggung-10

Panggung-11

Panggung-12

Penampakan Huawei Y6 LTE buatan Sidoarjo.

Panggung-13

Panggung-14

Seremonial produksi satu juta unit peranti 4G LTE Huawei di PT Panggung.

Panggung-5

86 thoughts to “Sejuta Perangkat 4G LTE Huawei Diproduksi di Sidoarjo”

    1. Pak Sena,

      Lebih kompletnya:
      Diproduksi oleh PT Panggung Electric Citrabuana – Sidoarjo – Indonesia
      Buatan Indonesia

      1. 1. Pak Herry klo boleh tau daftar antrean Hp yang mau di review apa saja? kira2 bsa ada info??

        1. Pak Andhika,

          Ada deh… Rahasia dulu ah. Biar lebih seru. Ada satu ponsel Lenovo, satu ponsel Infinix, satu smartwatch Motorola, dan satu smartwatch Huawei.

  1. Saya dari huawei honor 6 nongol di indonesia sangat penasaran dengan huawei
    Karena saya punya teman yang begitu menyukai memakai huawei dan dia kalau ganti hp cuma ganti serinya saja, tidak berganti ke merk lain
    Katanya dia sangat puas dengan performa huawei, adem (tidak pernah overheat) hp-nya dia bilang (nb: hp huawei yang dia pakai yang flagship series alias yang 4juta keatas harganya)

  2. om herry, knapa harga jual huawei semakin naik ya? dan harga jualnya juga masih jatuh banget?

    1. Maksudnya? Harga pas belinya semakin naik, tapi pas mau dijual lagi ternyata turun drastis gitu?

  3. Bung HERRY

    Apakah yang diProduksi diSini cuma yang kelas terjangkau saja macam seri Y6 ini?
    Akankah level highend semisal seri P8 juga akan diProduksi disini juga?
    ~terima kasih~

  4. Wah ini Huawei Y6 LTE! Saya penasaran sama smartphone ini, sayang harga resminya agak kemahalan 🙁

  5. Perkenalan saya dengan android bermula dengan HP Huawei ideos X5 sekitar tahun 2011. Harganya waktu itu mungkin termasuk midrange phone tapi speknya memang lebih baik dari produk Samsung dengan harga yang sama. Lalu berganti dengan Honor tahun 2012.

    Saat itu rasanya Huawei agak ragu dengan pasar Indonesia, lama memasukkan produk-produknya dan janji update software yang tak kunjung datang. Entah sekarang seperti apa.

    BTW, dengan produksi di Indonesia seharusnya harganya bisa lebih murah ya.. Kaget juga sekarang lihat Y6 LTE harganya hampir 2 juta tapi rasa rasanya speknya kalah dari Hisense Pureshot.

    1. Pak Gugi,

      Kalau melihat kondisi terkini, Huawei justru terlihat semakin percaya diri dalam mematok harga jual ponselnya. Benar, spesifikasi Y6 LTE memang lebih rendah daripada Hisense Pureshot.

  6. Kabar baik semoga ke depannya Huawei tidak mematok harga tinggi sesuai lah dengan spesifik smartphone ya. Sayang sekali produk bagus tapi layanan purna jualnya buruk di Indonesia jadi ke salip sama Brand2 lainnya. Ada kabar tidak Pak Herry Huawei honor 5x/5c bakal masuk Indonesia?

    1. Pak Nazriel,

      Kalau melihat kondisi setengah tahun terakhir, saya justru memandang Huawei semakin percaya diri dalam mematok harga jual ponselnya. Jadi, harapan mendapatkan harga miring sepertinya makin sulit terwujud.

      Belum ada kabar tentang dua ponsel itu.

  7. Ko Herry, maaf OOT.
    Saya baru saja diberi hp hibah Samsung Galaxy Note 2. Apakah HP tersebut untuk ukuran sekarang masih memadai untuk berbagai keperluan? Thanks..

    1. Pak/Bu Ersan Madjiah,

      Untuk keperluan yang tidak terlalu berat, Galaxy Note 2 masih sangat memadai.

  8. Berarti kalo ada ponsel 4G terbaru Huawei yg keluar di luar negri, seharusnya bisa lsg secepatnya dibuat & diedarkan disini yah, ga terhalang TKDN…

    1. Pak Rahadian Masaliha,

      Hmm… belum tentu begitu. Masih ada faktor lain yang mempengaruhi. Di antaranya:
      * Apakah pabrik di sini memiliki kemampuan untuk memproduksi ponsel tersebut?
      * Apakah Huawei berani menjualnya di sini? Kan kondisi dan potensi pasar perlu dilihat juga.

  9. Sugeng sonten pak Herry, maaf saya mau bertanya tetapi keluar dari topik diatas.
    Menurut pak Herry apakah Smartfren Andromax G2 Qwerty layak beli jika ingin beli hp qwerty yang kebanyakan fungsinya hanya untuk telpon & sms? Jika tidak, kira2 hp apa yang saya beli? Kalau ada, yg tulisannya besar, mengingat yang menggunakan adalah orang tua.
    Suwun.

    1. Bu Anna,

      Kalau sekadar untuk telepon dan SMS, Andromax G2 Qwerty masih boleh dilirik. Lha di pasar tidak tersedia banyak pilihan lain.

  10. Kenapa ya smartphone huawei kurang laku di indonesia? Padahal di internasional lumayan penjualannya…

    Apa karena namanya hehe… Ditambah mindset orang-orang bahwa produk dari china tidak awet jangka panjang, kualitas kurang dan cepat rusak

    1. Pak Aa,

      Sebab, di Indonesia masih ada citra bahwa ponsel asal Tiongkok itu pasti jelek. Huawei juga masih identik dengan ponsel murah meriah (zaman bundling dengan Esia dulu). Nah, dua citra itu terlihat sudah mulai berhasil dikikis oleh Huawei. Tinggal Huawei bisa menjaga momentum itu atau tidak. Plus, Huawei tak boleh cepat takabur dulu.

  11. Selamat pagi, Pak HSW maaf keluar pembahasan nih.
    Saya sempatkan mampir situs ini sebelum membeli Xiaomi Redmi 3 garansi tak resmi. Aih, mengerikan sekali.
    Kira-kira sebagai gantinya, ponsel apa yang mengusung spesifikasi terbaik dengan rentang harga 1.5 juta – 1.8 juta? Rekomendasikan ponsel bekas juga tidak apa-apa Pak. Terima kasih. 🙂

    1. Bu Nita,

      Di rentang harga itu ada Infinix Hot 3 Rp 1,599 juta.

      Kalau anggaran bisa ditambah menjadi Rp 2 juta, ada Hisense Pureshot yang harga barunya Rp 1,999 juta. Ponsel yang sama harga pasaran bekasnya Rp 1,5 juta.

      1. Saya menyayangkan Pureshot belum support USB OTG dan tak ada LED notifikasi meski saya sebenarnya tidak terlalu butuh. Tetapi Hot 3 resolusi layarnya masih kalah ya dengan Pureshot? Kalau dari hasil kamera dan ketahanan baterai mana yang lebih unggul Pak?

        1. Bu Nita,

          Resolusi layar sama kok.

          Kamera lebih bagus Pureshot. Ketahanan baterai lebih lama Hot 3.

  12. Selamat pagi om Herry…………Selamat long week end……
    Maaf keluar jalur pertanyaannya….
    1.Ponsel saya P70 baru sebulan, error programnya, booting berulang-ulang. Bagaimana cara matiinnya ya, soalnya kan baterai gak bs dilepas, kalo P780 kan ada tombol resetnya untuk darurat…..
    2. Setelah sy diamkan, dia booting ,sempat sampai bisa buka program, cepat-cepat sy reset ke setelan pabrik….berhasil….tp masalahnya kok sekarang jd lama charging baterainya, padahal biasanya sebentar jg penuh…..
    Terima Kasih om Herry…..

    1. Pak Yudia Pratidinawan,

      Pertanyaan nomor 1 berarti tak perlu dijawab lagi ya. Lha kan sudah berhasil reset ke setelan pabrik. 🙂

      Lain kali jika mengalami hal serupa, coba tekan dan tahan tombol power sampai ponsel padam.

      Soal charging lama, sudah coba di-charge memakai charger ponsel lain? Bagaimana hasilnya?

  13. Siang ko.. udah ada review huawei honor 4c ko ? Saya baru beli huawei honor 4c pilihan yg bagus atau gimana ya ko? Produk huawei bisa dipercaya gak ya ko? Bagusan mana dibanding opo dan vivi ya ko? Ntar kayak produk opo ko produk banyak ngomongnya..

    1. Bu Devi,

      Tidak ada. Sebab, saya baru mencoba Honor 4C berbulan-bulan setelah ponsel itu beredar resmi di sini. Intinya sih singkat saja. Kameranya tak sebagus yang saya bayangkan.

      Opo dan Vivi? Mungkin yang Anda maksud Oppo dan Vivo ya. Oppo sih mending langsung dicoret. Silakan memilih Huawei atau Vivo.

  14. om herry maaf oot. aku masih belum paham, apakah baterai jenis Li-Po sudah pasti non removable? karena yg saya searching penjelasannya Li-Po itu non removable sedangkan Li-Ion baterai removable.
    tetapi di hp xiaomi redmi 2 note teman saya dan salah satu komentar artikel om mengenai asus ze500Kl yg pernah dibahas kalo baterai’a jenis Li-Po dan bisa di lepas.
    mohon penjelasan’a. terimakasih om herry

    1. Bu/Pak Hilwah,

      Baterai Li-ion ada yang baterai tanam (non-removable), ada pula yang lepasan (removable). Hal serupa berlaku untuk Li-Po. Singkatnya, baterai Li-Po tidak pasti berwujud baterai tanam.

  15. pak herry, kmarin saya main ke konter hp sempat lihat zenfone 2 di dusbox nya ada tulisan made in indonesia. apakah hp asus jg skrg sudah dirakit disini?

  16. Dulu saya pengguna hp huawei yg cukup setia, krn waktu itu produk low end huawei harganya jauh lebih murah dari pada produk low end samsung, lg, atau sony. Tentunya jg dgn spek yg jauh lebih unggul.
    Tapi semenjak kemunculan xiaomi, infinix, meizu, harga hp huawei terutama yg low end saya rasakan jauh lebih mahal. Bahkan lebih mahal drpd produk keluaran asus.
    Sempat ingin meminang y6 lte, tapi untunglah saya cukup sabar menunggu kehadiran zenfone 2 laser, dan akhirnya saya tidak menyesal. Heheh.
    Kemungkinan terbesar knp produk huawei semakin terasa mahal adalah banyaknya sales promotor huawei yg bertebaran di pusar2 belanja hp. Perlu biaya lebih untuk membayar mereka.
    Sepertinya huawei ingin meniru keagresifan sales oppo, samsung, vivo dll.
    Semoga dgn diproduksinya huawei di sidoarjo, harganya bisa lebih ditekan lagi.
    Bukan begitu pak HSW?

    1. Pak Fiqto,

      Menurut saya, produksi (dalam hal ini perakitan) yang dilakukan di Sidoarjo takkan bisa menekan harga deh. Aktivitas itu justru berpotensi meningkatkan harga. Sebab, volume produksinya kan jauh lebih kecil dibandingkan pabrik di Tiongkok.

  17. Pak Herry,

    Maaf agak melenceng pak.
    Menurut bpk Blackberry yg kualitas kameranya lumayan bagus TAPI tidak memiliki fitur touchscreen itu bb seri berapa pak?

    Saya agak kecewa dgn kamera bb Davis,
    pdhl hp itu saya pake kerja,
    jadi kesel banget ketika fotoin barang yg mau dijual ke si bos hasilnya jelek pdhl di kenyataanya bagus

    N saya gk suka yg namanya layar sentuh,
    Kalo saya suka ngapain pake bb.

    Harap di balas pak Herry
    Terimakasih

    1. Pak Dhimas,

      Sebenarnya BlackBerry 9700 dan 9780. Namun, dua ponsel itu kini sudah tak ada lagi yang menjualnya dalam kondisi baru. Kalau sampai ada penjual yang menawarkan 9700 dan 9780 baru, Anda justru patut waspada.

  18. Dear Pak Herry,

    Maaf OOT, Smartphone Android dengan batare yg removable dan baterenya tersedia di Indonesia itu tipe apa saja ya pak?

    Thanks u/ informasinya.

    1. Pak Iwan,

      Wah… ya ada banyak banget, Pak. Mulai dari Samsung, LG, Huawei, Xiaomi, hingga aneka ponsel merek lokal.

  19. Hallo pak Herry, kemarin Jumat pas saya ke pameran HP, langsung ke both Smartfren dan sudah tidak keluar produk tsb (Andromax G2 Qwerty). Ndelalah sebelahnya both Polytron dan dipajang seri Q2352 akhirnya saya beli itu. Sempat memutar both ada Nokia, tapi produk tidak bisa dicoba.
    Yo wes lah. Pulang langsung saya setting kan untuk ortu. So far belum ada kendala. Suwun.

    1. Bu Anna,

      Oh ok. Sip deh. Maaf kalau saya terlambat memberikan jawaban. Sebab, saya baru pulang dari luar kota.

  20. Pak HSW,

    9700 dan 9780 itu seri Onyx kan? Apa yg jadi alasan bpk menyarankan seri tsb,

    Dan knp bila saya menjumpai Onyx 1/2 dgn kondisi baru harus waspada? Apakah kemungkinan barang palsu? Garansi tidak resmi? Atau apa pak?

    Maaf pak Herry klo byk tanya, saya takut salah beli LAGI (karna terlalu sering)

    THANK’S pak Herry sukses slalu, semoga komentar ini tdk terabaikan…

    1. Pak Dhimas,

      Benar, seri Onyx. Saya menyarankan itu karena sesuai dengan kriteria Anda: kamera bagus dan tanpa layar sentuh.

      Harus waspada karena sudah tak ada lagi Onyx 1 dan 2 dalam kondisi baru. Kalau penjual mengakui barang baru, amat mungkin itu adalah barang bekas yang casing-nya diganti baru. Itu pun casing barunya bukan orisinal.

  21. Mohon saran pak herry sw ponsel dengan rm 2giga layar 5 inch udah 4 g budget sekitar 2 juta trim

  22. Hi Pak Herry, mau nanya menurut bapak best Hp dengan range harga berikut untuk siapa saat ini :
    1. < 1 juta =
    2. 1jt – < 2jt =
    3. 2 jt – < 3jt =

    TerimAkasih,,

    1. Pak Robbie,

      1. Hmm… tak berani merekomendasikan apa pun deh.

      2. Infinix Note 2 kalau cari yang baterai tahan lama. Hisense Pureshot kalau cari yang kamera bagus.

      3. Asus Zenfone Max kalau cari yang baterai tahan lama. Infinix Zero 3 kalau cari yang kameranya bagus.

  23. Pak Herry mau nanya dunk.. Kalo liat Spek HP Samsung seri A, J & E terbaru kok msh lebih rendah ya dgn galaxy note 4.. Kira2 ada rekomendasi beli galaxy note 4 baru dan resmi Samsung dimana kl di Surabaya??
    Dan kira2 harganya brp ya Pak skrg?

    Pngn ganti HP neh Pak hehehe

    1. Pak Tommy,

      Seri A, J, dan E kelasnya kan memang diposisikan di bawah seri S dan Note.

      Tidak ada rekomendasi tempat khusus. Silakan beli di gerai resmi Samsung deh. Saya tidak update dengan harga terkini. Mungkin mendekati Rp 6 juta. Sudah nggak menarik untuk sebuah ponsel single SIM dan belum mendukung LTE sih.

  24. OK thx Pak Herry..

    Kl di gerai Samsung resmi di Plaza Marina SBY sih kt’nya sdh discontinue.. Yang ada di toko2 kecil cm takut kl brg refurbish… Kl di toko online sih msh ada banyak.. Kira2 recomended OL shop apa ya Pak??

    Kl Spek sama dgn note 4, kira2 HP apa ya Pak..

    Thx atas perhatiannya..

    1. Pak Tommy,

      Galaxy Note 4 memang sudah lama diskontinyu. Namun, kadang masih ada toko yang punya stok lama.

      Online shop? Umpama di Erafone.com atau Blibli.com masih ada stok, boleh beli di sana deh.

      Anda perlu fitur S-Pen atau tidak? Kalau tidak, menurut saya, mending beli ponsel non-Samsung dengan spesifikasi relatif tinggi dan harga miring.

      1. Ada di blibli yg jual MTS, aman kah Pak Herry??
        Harga sekitar 5,3 jt.. kl yg jual blibli sendiri harga 6 jt…

        Kl S-Pen ga bth sih kira2 hp yg direcomended Pak Herry apa ya??

        Thx info nya Pak

        1. Pak Tommy,

          Boleh minta tautannya yang MTS dulu?

          Kalau nggak butuh S-Pen, Infinix Zero 3 Rp 2,599 juta pun mestinya cukup, Pak.

    1. Pak Rizky,

      Kartu apartemen? #bingung

      Btw, saya belum pernah menguji pakai GR5. Saya cuma pernah memakai ponsel itu selama satu hari.

    1. Pak Sigithany,

      Saya belum pernah mencoba ponsel itu. Dilihat dari kode tipenya, dugaan saya sih ponsel itu kinerjanya tidak spesial.

  25. Om Herry mau tanya, kalo huawei honor 5a itu gimana ya, menurut om herry bagus tidak? terus itu bener sudah 4g lte?

    Terimakasih,

  26. Saya lihat2 di toko2 online ada, lagi nyari yg harga 1,5jt an ram 2gb sama udah 4g. kalo xiaomi redmi 4a recommended tidak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *