Sejutaan Dapat Speaker, Stylus, dan Kabel Charger Artech

Teman lama yang dulu memperkenalkan penulis alias HSW dengan lezatnya Gudeg Permata Jogja, beberapa bulan silam menyapa via pesan singkat. Kini dia memasarkan aksesori ponsel bermerek Artech. Dia ingin memberikan unit contoh untuk dicoba.

Tiga produk Artech dikirimkannya kepada HSW. Yaitu, Artech Harmony, Styllo, dan Trident. “Sekarang sudah dijual online di Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan Shopee,” jawabnya ketika HSW menanyakan jalur penjualan produk ARtech.

Artech Harmony Wireless Bluetooth Speaker, PowerBank & Speakerphone

Sesuai nama lengkapnya, Harmony adalah produk 3-in-1 speaker bluetooth, power bank, dan speaker eksternal untuk bertelepon. Dimensi fisiknya 95 x 63 x 8,5 milimeter. Entah bobotnya berapa gram. Di situs resminya tak tercantum. Kebetulan HSW juga tak memiliki timbangan digital.

Tampilan fisiknya elegan. Speaker grill-nya berwarna hitam dan terbuat dari logam. Sedangkan sisi belakang speaker berbahan mirip kulit. Baterai berkapasitas 2.000 mAh dibenamkan ke dalam bodi Harmony.

Harmony dapat diletakkan dalam posisi rebah maupun tegak. Saat ingin memberdirikannya di atas meja, pengguna sebaiknya memanfaatkan dudukan (desk stand) yang disertakan dalam paket penjualan. Sehingga, speaker lebih kukuh dan aman bila tersenggol.

Saran HSW, jangan langsung menancapkan Harmony ke dalam desk stand. Sebab, permukaan mirip kulit di sisi belakang speaker ternyata mudah terkelupas. Sebaiknya selipkan speaker secara perlahan dimulai dari ujung.

Dengan cepat Harmony bisa dikoneksikan ke laptop via bluetooth. Kumpulan lagu yang diputar di laptop kini bukan mengalun melalui speaker internal laptop, melainkan lewat Harmony. Suaranya lantang dan merdu. Bass-nya lebih terasa daripada bila lagu yang sama didengarkan via speaker internal.

Jangan menanyakan warm, cool, atau istilah-istilah lain. HSW yang bukan penggemar audio terus terang tak menguasainya. Kalau yang ingin diketahui apakah suaranya sember atau cempreng, barulah HSW dapat menjawabnya. Sama sekali tidak sember atau cempreng. Suara yang keluar dari Harmony terdengar enak di telinga.

Lain waktu, HSW menghubungkan Harmony dengan ponsel. Lagi-lagi menggunakan koneksi nirkabel bluetooth. Kali ini speaker yang dibanderol Rp899.000 itu bukan hanya berfungsi sebagai speaker eksternal ketika HSW memutar musik atau menonton video. Harmony juga bisa dimanfaatkan sebagai speaker phone.

Sebagai speaker phone, kala ada panggilan telepon masuk, panggilan tersebut dapat langsung diterima di Harmony. Suara lawan bicara akan terdengar lantang. Kemampuan seperti itu terutama amat berguna ketika materi pembicaraan perlu diketahui oleh, misalnya, seluruh peserta rapat di sebuah ruangan.

Baik saat difungsikan sebagai speaker bluetooth maupun speaker phone, pengaturan tingkat suara bukan dilakukan di bodi Harmony. Pasalnya, di aksesori itu tidak tersedia tombol pengatur volume. Aktivitas memperbesar maupun memperkecil volume dapat pengguna lakukan via laptop atau ponsel.

Satu fungsi lain Harmony adalah power bank. Dengan menggunakan kabel USB, hubungkan speaker tersebut ke ponsel. Daya baterai ponsel akan mulai terisi ulang. Namun, karena kapasitas baterai Harmony hanya 2.000 mAh, ia takkan mampu men-charge baterai ponsel keluaran terkini sampai penuh.

Berapa jam daya tahan baterai Harmony? Kalau hanya difungsikan sebagai speaker bluetooth dan speaker phone, dengan durasi pemakaian maksimal 1,5 jam per hari, Harmony perlu dihubungkan ke charger lima hari sekali. Namun, kalau Harmony juga didayagunakan sebagai power bank, setiap hari aksesori itu perlu “berciuman” dengan peranti pengisi daya berkonektor micro USB.

***

Artech Styllo

“Tongkat” berbahan aluminium ini adalah stylus multifungsi. Awalnya ia terlihat hanya sebagai sebatang stylus dengan ujung tumpul berbahan karet. Pengguna dapat memakainya untuk menggantikan ujung jari kala menyapu layar sentuh ponsel, tablet, atau laptop.

Ketika salah satu ujung Styllo diputar sampai terlepas, barulah terlihat satu stylus lain yang runcing dan terbuat dari logam. Di ujungnya terdapat “piring plastik” yang akan meliuk-liuk mengikuti gerakan stylus di atas permukaan layar sentuh. Dibandingkan stylus tumpul, menulis maupun menggambar memakai stylus runcing terasa lebih nyaman. Titik yang ingin disentuh/ditandai pun bisa lebih presisi.

Perlu menulis di selembar kertas? Tak usah mencari benda lain. Putar saja ujung lain Styllo. Sebuah pena dengan tinta berwarna hitam langsung siap digunakan. Bila tinta pena kelak habis, pengguna dapat membelinya di toko alat tulis terdekat. Saat ini Styllo dijual Rp99.500.

***

Artech Trident Charging Cable

Sepintas kabel sepanjang 19 sentimeter tersebut memiliki tiga konektor. Lha fisiknya memang hanya terlihat tiga. Yaitu, konektor USB, USB tipe C, dan Lightning ala Apple. Padahal, realitanya Trident berfungsi sebagai kabel micro USB pula. Konektor tersebut menyatu dengan konektor Lightning.

Memadukan bahan aluminium dan nylon braided, Trident terlihat kuat serta tahan lama. Asalkan dikombinasikan dengan charger yang kompatibel, Trident mendukung pengisian daya secara cepat. Sayang, aksesori yang harga jualnya dipatok Rp90.000 itu tak bisa difungsikan sebagai kabel data.

26 thoughts to “Sejutaan Dapat Speaker, Stylus, dan Kabel Charger Artech”

  1. Pak herry, tlg tanya kalo beli fast charger itu apa ada standar ukurannya? Saya cek di tokopedia ditulis 5V 2A itu fast charging kan hampir semua charger bawaan hp sekarang jg 5v 2A tp blm fast charging. Yg betul yg mana?

    1. Pak Djunaedi,

      Standarnya minimal bisa mengeluarkan output 5V/2A.

      Ya, 5V/2A sudah dapat dikategorikan sebagai fast charging kok. Ia setara dengan Qualcomm Quick Charge 1.0.

      Mulai Qualcomm Quick Charge 2.0 barulah charger yang ditawarkan bisa memberikan output pada dua voltase yang berbeda. Misalnya, 5V dan 9V. Total output maksimal 18W.

  2. Malem on herry
    apa redmi note 5 mndukung QC 3.0 ? charger QC 3.0 yg recommended dengan harga max 150k apa y om ?
    Suwun I’m

    1. Bu/Pak Aulia,

      Ya.

      Charger QC3.0 merek Aukey yang satu port saja kini harganya sudah sekitar Rp170 ribu. Saran saya, tambahkan anggaran untuk membeli charger tersebut.

  3. Halo Pak, apabila harus memilih antara LG V30 Plus dengan Pocophone F1 kira-kira Bapak akan memilih yang mana ya? Terima kasih.

    1. Pak Dalendra Kardina,

      Pocophone F1 varian 6/128. Karena alasan tertentu, mulai akhir bulan ini sebaiknya ponsel LG tidak dilirik lagi.

          1. Saya sekarang menggunakan lg g5 se tp dilayarnya mulai muncul shadow,kalau saya mau ganti hp yang lebih baik atau setara lg g5 se untuk hasil kameranya saran pak HSW apa ya?selain xiaomi atau asus

      1. Oh begitu Pak, setelah mengikuti kabar dari Bapak mengenai akan hengkangnya LG Mobile dari Indonesia menjadi salah satu pertimbangan untuk lebih baik mengambil Pocophone F1 saja ya. Terima kasih Pak

  4. Selamat pagi Om, di antara merek Huawei (nova 3i) dan Honor (8x) mana yang lebih direkomendasikan? šŸ˜€

    1. Pak Hilkya Palembangan,

      Honor sih mending langsung dicoret dulu. Kondisinya mungkin berubah 3-6 bulan mendatang.

      Huawei Nova 3i boleh dilirik, asalkan Anda tidak memerlukan kamera bagus.

  5. Selamt sore om, mau tanya
    1. xiaomi mi 8 lite sudah mendukung QC 3.0?
    2. Minta rekomendasi charger sama kabel QC 3.0 rentang harga 200rb-300rban?

    1. Pak M. Chandra Satriandi,

      Kalau harganya Rp1,599 juta, dengan spesifikasi dan kinerja awal yang seperti sekarang, rasanya kok terlalu mahal ya. Lain persoalan kalau harganya Rp1,399 juta.

  6. Om herry surabaya apa sudah memasuki musih hujan?
    charger merk hippo. Robot. Uneed. Menurut om herry bagus yang mana ? Makasih om

  7. Oya om herry kapan hari kan pernah ada meizu c9 harga 999rb di jd pas promo.
    Seumpama nanti ada promo lagi harga 999rb di jd. Apakah layak untuk di pinang kah si meizu c9 om herry sw?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *