Selamat Ultah ke-17 XL

Selamat ulang tahun, XL. Usiamu kini 17 tahun. Sudah boleh pacaran. Eh, barusan malahan usai lamaran ya.

Semoga seiring bertambahnya usia, performa layananmu terus meningkat dari XL menjadi XXL, bahkan XXXL.

Merayakan ultah XL, Ponselmu.com mengadakan sayembara iseng-iseng berhadiah. Temanya sederhana saja, “Aku dan XL”.

Tiga partisipan yang beruntung berhak mendapatkan merchandise kecil-kecil yang tidak dijual bebas di pasaran. Apa saja?

SONY DSC

* Pemenang pertama: neck strap alias gantungan kartu identitas berlogo LG dan USB flashdisk berkapasitas 4 GB.

* Pemenang kedua: USB flashdisk imut berlogo HP. Kapasitasnya 4 GB.

* Pemenang ketiga: USB flashdisk berlogo Nokia yang telah menempuh perjalanan belasan ribu kilometer. Kok bisa? Sebab, USB flashdisk berwarna biru dengan kapasitas 1 GB tersebut saya dapatkan kala mengikuti Nokia World 2011 di London, Inggris. Saat itulah Nokia seri Lumia resmi diperkenalkan untuk kali pertama.

Berminat ikut? Caranya mudah.

1. Ketikkan apa pun yang Anda anggap menarik dan sesuai dengan tema “Aku dan XL”. Boleh ucapan ulang tahun, saran dan kritik, pantun, puisi, atau malahan surat cinta. Hendak membuat cerpen atau novel pun tidak dilarang. Anda boleh pula menceritakan pengalaman memakai produk XL, entah pengalaman lucu, unik, menggemaskan, maupun mengesalkan.

Tindakan memberikan pujian setinggi langit terhadap XL tak menjamin Anda menang. Sebaliknya, melontarkan kritikan sebanyak bintang di langit takkan membuat Anda didiskualifikasikan. Jadi, silakan bercerita apa adanya. Buatlah pembaca tertarik mengikuti paparan Anda dari awal sampai akhir.

2. Jangan lupa mencantumkan nama lengkap, kota tempat tinggal, nama operator yang dipakai, dan tipe ponsel yang digunakan. Anda bebas mengetikkannya di mana saja. Boleh di atas, bawah, atau membaur dengan hasil karya Anda. Kelalaian menuliskan informasi tersebut membuat karya Anda tidak diikutsertakan dalam proses penjurian.

Buat pengguna operator lain, tuliskan dengan jujur. Tak usah berpura-pura menjadi pengguna XL. Semua peserta memiliki peluang yang sama untuk menang kok.

3. Hasil karya Anda, apa pun bentuknya, paling lambat sudah diposting di bagian bawah halaman ini pada Rabu, 9 Oktober 2013 pukul 19.00 WIB.

4. Juri sayembara iseng ini hanya satu orang, yaitu saya sebagai pemilik akun Twitter @herrysw sekaligus pemilik blog Ponselmu.com.

Tidak ada kriteria penilaian yang sangat spesifik. Intinya, saya akan mencari karya yang mampu menggetarkan jiwa dan memikat hati.

5. Pemenang akan dihubungi lewat alamat email yang diketikkan saat memposting hasil karya.

6. Peserta sayembara ini tidak dipungut biaya sama sekali. Gratis. Pemenang juga tidak perlu membayar ongkos pengiriman hadiah. Semua ditanggung oleh penyelenggara sekaligus juri tunggal. 🙂

Bila pemenang berada di luar negeri atau di Indonesia, tetapi tidak termasuk dalam area layanan FedEx/RPX atau Tiki, maka pemenang dipersilakan memberikan alternatif alamat pengiriman. Boleh alamat orang tua, pacar, atau teman. Hitung-hitung berbagi rezeki kepada orang lain.

33 thoughts to “Selamat Ultah ke-17 XL”

  1. Met ultah buat X kE17..TAMBAH UNYUK2 YAA… MANTAPPP,semoga saran dan prasarananya utk xl ke dpn tambah ok.baek jaringan dan layanan k pelanggan gak mencewakan publik…

  2. Dear XL

    Walopun kantorku dekat dengan kantor XL, tapi cuma sinyal mu yang ga bisa ditangkap pas aku masuk kantor. Dan akhirnya saya pindah ke lain hati, eh lain operator 😀

    Btw, Selamat ulang tahun XL. Semoga makin jaya diudara

    Salam hangat dari mantan
    Arie Satria H, surabaya, operator Telkomsel, telkomFlexi; ponsel BB 9320, Samsung E198

  3. XL?
    Wahhh…dua tahun ini setia nemenin di samsung galaxy mini putihku….
    Lumayan mahal sih daftar buat paket datanya…maklum XL ini cuma buat internet…dari baca detik.com sampai iseng buka buka sosial media
    tapi sayang…si XL ini kadang lemooottt banget buat internetan…padahal baru aja daftar paket data.bahkan 2 minggu belakangan suka sos…why?
    Cukup sekian. ….Pokoknya ngeselin deh kalo udah byar pet
    Tp….gak ada salahnya “selamat ultah…..17 tahun udah saatnya layanan semakin prima….
    M.anton fatoni
    cikarang barat
    XL
    galaxy mini

  4. “Aku dan XL”
    Hhhmmm…
    XL, provider seluler kedua yang pernah saya gunakan setelah Indosat.
    Saya pun pernah kerja di sebuah distributor XL kelas abal-abal di wilayah Jabotabek.
    Kenapa abal-abal? Karena bekas perusahaan tempat saya kerja itu bisa jadi distributor XL karena kekuatan uang. Kedekatan pemilik perusahaan dengan pejabat-pejabat XL di pusat dan khususnya area.
    Akibatnya, KPI ga pernah diurus dengan serius, kerja disana pun seperti ga ada target dan tujuan yang jelas.
    Akhirnya, saya pun cabut dari perusahaan distributor tersebut dan mendapatkan pekerjaan baru, yang ternyata juga tidak lebih baik. Hahahaha.
    Tidak lama setelah saya cabut, perusahaan distributor tersebut akhirnya di-delete juga sebagai distributor XL karena ketahuan modusnya. Hehehehe.
    Demikianlah pengalaman saya dan XL. Sekian dan terima kasih.

    Nama: Suwandie
    Kota: Garut, Jawa Barat
    Operator: Indosat
    Tipe HP: BB 9790

  5. Aku dan XL – Xtra Legowo

    pertama kali beli perdana ProXL (wadah kartu bentuk compact disk) dengan harga 300rb (kala itu) pake hape ericson. karena jarang dipake nelpon, kelupaan isi pulsa jadinya kartu hangus.

    sejak saat itu pake provider lain tapi rasanya kok biasa saja, sampe akhirnya ada promo XL Jempol dengan tarif SMS irit buanget, rasanya seperti bertemu kawan kecil yang hilang dan bertemu lagi. kebeli lah nomor 08185848xx.

    sayang promo Jempol nya hanya berlaku beberapa tahun aja, namun sayang juga kalo kartu XL Jempol ini diganti.

    XL udah kayak saudara, hidup bersama berdampingan meniti dunia telekomunikasi sejak kecil. kalau XL sedang baik, dunia seakan milik berdua, klo XL sedang nakal – jengkelin – bikin emosi, ya saya Legowo aja, namanya juga saudara, kadang nakal kadang manja.

    selamat ulang tahun XL, semoga semakin dewasa semakin berwibawa dan selalu bertanggung jawab.

    Arief Yuniarto, Surabaya, XL, Lenovo S880

  6. Aku dan XL??
    Terus terang.. Awal saya memakai hp (tahun 2006) telkomsel adalah provider yg saya gunakan.. Makluuum, orang tua semuanya memakai telkomsel.. Jadilah saya memakai provider yang saat itu harganya muahaaaaal gila… Namun dari awal, saya sudah bercita-cita menggunakan XL sebagai provider mengingat begitu banyaknya relasi yang menggunakan provider yang satu ini… Alhasil, saya hanya bertahan 1bulan menggunakan Telkomsel dan beralih ke XL sampai sekarang.. Ya meskipun saya berkali-kali ganti no. HP tetap saja XL adalah pilihan saya..
    Hal yang menjadi alasan saya memakai XL, mungkin ko Herry dan Pembaca lainnya pernah mengingat ttg telpon Gratis dari pukul 12malam – 6 Pagi… Huahahahahaha…. Makluuuum.. Saya adalah manusia Insomnia bahkan semenjak saya SMA.. Akhirnya saya pun “menyeret” teman-teman sekitar utk menggunakan XL… Dan hampir setiap malam, kita teleconference (ga tau gmn nulisnya) ?
    Bahkan tidak lama setelah itu menyusul SMS gratis ke semua operator dr pukul 12malam-6agi..
    Dan sekarang semua org rumah memakai XL..
    Namun, dewasa ini promo dari xl semakin tidak jelas.. Mulai pembagian jam promo hingga mahalnya sms ke lain opertaor.. Dan juga pelitnya masa aktif ketika isi pulsa 5rb (cuma dpt 10hari) :’( makluuuum.. Bocah SMA.. Dan juga mahalnya biaya utk Internetan.. Sekitar 1000rupiah utk 1MB… (????????)?
    Hal ini membuat saya melirik provider lain yang promonya mulai kenceeeeng… Dan hati saya memilih provider Tri ?
    Namun, kartu HP saya tidak begitu saja saya buang.. Mengingat sudah lebih dari 2tahun menggunakan kartu tsb,. Saya hibahkan kepada Nyokap yang sampai akhir hayatnya tetap dipakai dan skg diteruskan oleh bokap.. ?
    Harapan saya buat XL
    Semoga XL mampu membuat hati saya kembali padanya dengan promo-promo yang ga kalah kenceeeeng.. ? bagaimanapun, saya ingin kembali pada XL.. Namun masih kepincut provider Tri yang mempunyai Promo paket blackberry 6bulan dengan harga yang super miriiiiing…. Buat XL, Go..Go..Go!!!!!!!!! ?

    Nama : Mario Yuda Premana
    Kota : Surabaya
    Provider : Tri / Three / 3
    Tipe. HP : Blackberry 9700

  7. XL?

    Udah 13 tahun lebih nomor cantik XL menemani saya. Awalnya kenalan dengan XL sih karena ini satu-satunya operator yang memberikan free 100 sms ke sesama XL, maklum waktu itu lagi coba2 jualan pulsa elektrik. Ekonomis banget 🙂

    Walaupun udah bermain pulsa lagi nomor ini masih awet hingga sekarang, karena nomornya yang memang super cantik. Sekali-dua kali mendengar nomor XL saya ini orang pasti langsung hapal.

    Pernah ada kejadian lucu, saat itu ketika saya beberapa kali secara berturut-turut harus mengirim paket via LORE*A. Pada pengiriman kedua dan ketiga si mbak penjaga loket ini malah lebih hapal nomor saya daripada nama saya hehehe #tepokjidat

    Jaringan XL makin lama makin OK. Beberapa kali keluar kota kini semakin percaya diri dengan XL. Sempat beberapa kali malah justru operator lain tewas semua kecuali XL 🙂

    Si XL cantik ini sebagai nomor utama hingga sekarang, walaupun untuk urusan internetan saya saat ini masih harus selingkuh ke yang lebih murah dan ngebut hehehe

    Selamat ultah XL
    Moga makin memanjakan kita semua dengan pelayanan OK dan harga terjangkau 🙂

    Nama : Iman Sulaiman
    Kota : Jakarta
    Provider : XL
    Tipe. HP : Nokia N78, Motorola Droid X

  8. Ups ternyata sudah 17 tahun umurnya XL
    Terus terang dahuu kala, saya adalah penggemar XL
    Semua HP diisi dgn XL, masih ditambah dengan internet untuk laptop
    Tetapi semenjak sering berada di daerah Bogor, apa boleh buat XL menjadi yg kedua
    Signalnya kadang ada, banyak hilangnya
    BB bisa berjam jam bengong gak ada aktifitas, kemudian tiba2 message berduyun duyun memenuhi BBM maupoun email
    Kalau mau lancar, mesti ke lapangan di sebelah rumah, baru deh 3G nya muncul malu2

    Selamat Ultah XL
    Semoga signalmu semakin baik di kemudian hari
    Maaf bila sekarang internetannya pakai Telkomsel dan BB nya pakai esia

    Nama : Eko Prihatmodjo
    Kota : Jakarta
    Provider : Telkomsel, XL, Indosat, Esia
    Type HP : Style, advan S5, Cross (3 sim)

  9. Aku dan XL (Xtra Lelet)

    XL? Aduuuhhh…. kalau bukan karena nomer XL yang udah berumur 10 tahun, ingin rasanya cepat-cepat ngasi talak tiga.

    Duluuuuu awal-awal pakai di tahun 2001, XL benar-benar jagoan di Bali. Jago di sinyal, jago mahal juga di tarif. Putus sebentar, lalu 2003 aku baikan lagi dengan XL setelah dia ganti logo dan rebranding semua produk prabayar dan pascabayarnya. Saking cintanya sampai-sampai aku migrasi ke pascabayar waktu mereka berani pasang tarif per detik.

    Hari ini?

    Maaf ya, nomer XL cuma nyelip di ponsel Nexian yang belum tentu aku tenteng ke mana-mana. Kenapa?

    – Sinyalnya ajegileeeeee di Denpasar. Konon menurut orang dalam, sinyal XL di seputaran Sesetan – Teuku Umuar – Monang-maning memang acakadut. Nah yang bikin kesel, kenapa gak pernah ada upaya perbaikan? Jadi kalau berada di tiga daerah itu, susah sekali nelpon dan ditelpon. Kalaupun nyambung, paling cuma bentar lalu drop. Atau suara diganggu “angin” yang entah dari mana datangnya.

    – Mid 2011 aku beli ponsel Android pertamaku: Galaxy Mini. Disandingkan dengan kartu XL, waktu itu sinyal 3G di tiga daerah itu masih tokcer. Jarang banget drop ke 2G. Kalaupun drop, masih bisa browsing ringan. Tapi hari ini….. ampun maaaakkk… sinyal 3G sih ada tapi bengong kalau diajak browsing.

    – Sebagai pelanggan pascabayar, tentunya perlakuannya beda dong dengan prabayar. Waktu rame-ramenya paket free talk/SMS, XL selalu ngasi hadiah free talk & SMS selama 24 jam di hari ulang tahun pelanggan. Cuma sampai tahun 2009, setelah itu XL gak pernah ingat lagi. Tapi kalau soal kirim tagihan XL gak pernah lupa. Jadi buat XL aku ini hanya mesin uang, tidak lebih.

    What’s next?

    – Berubah dooong, XL. Teuku Umar itu pusatnya pusat bisnis di Denpasar lho. Jangan mau dikadalin Tri & Telkomsel. Monang-maning juga pemukiman padat, full ABG alay yang tidak setengah-setengah belanja pulsa. Semua anak SMP 7 & SMA 4 udah pada bawa BB. Bisa bayangin kan kalo mereka hijrah dari XL cuma gara-gara sinyal data yang amburadul?

    – Hidupkan lagi XL Center. Sekarang di Denpasar cuma ada 1 XL Center, itu pun di Sunset Road yang sudah masuk Kabupaten Badung. Di sana cuma ada 8 CS yang melayani ratusan pelanggan tiap hari. Tiru Telkomsel doooong… dulu cuma 1 Grapari, sekarang Gerai Halo menjamur di mana-mana. Atau jangan-jangan Denpasar emang bukan prioritas ya sehingga XL Center dipusatkan di Kuta?

    – Jangan berani-berani ngasi bonus kuota 3G sekian giga kalau sinyal 3G belum merata. Kondisi itu sama aja seperti ngasi bonus Pertamax tapi jalannya masih lobang sana-sini. Ikhlas gak sih ngasi bonus?

    – Beri perhatian pada pelanggan pascabayar. Biarpun jumlah kami gak sampe 10% dari total pelangganmu, tapi kami terbukti loyal gak gonta-ganti kartu tiap minggu. ARPU kami juga stabil karena kebanyakan dari kami adalah orang-orang yang mencari duit, bukan anak sekolah yang ngabisin duit.

    Anyway, selamat ultah, XL. Tenang aja, aku gak akan talak tiga kok. Gak usah mimpi jadi nomer satu, karena bagaimanapun pasti BUMN yang jadi nomer satu.

    Priyo Wantoro
    XL, Telkomsel, Smartfren
    LG E435, Nexian embuh tipe apa…..

  10. Aku dan XL

    gak kerasa 17 tahun umurmu sekarang XL, ak sudah menggunakan jasa komunikasi mulai dari tahun 1999 hingga sekarang, nomer ku ini juga di berikan sama orang tua.

    nomer 10 Angka yg lumayan caem, walaupun berganti acang namun kau tak tergantikan. betawey kartumu ini lom pernah ak ganti dari jaman bahala ( NB : kartu masih bening) yang jaman nya beli kotak perdananya berbentuk CD ,imut dan lucu. )

    walau pernah ada kendala dimasalah jaringan ak gak pernah mutusin km,yang ada aku malah nambah kartu sebagai pendampingmu sebagai komunikasi,

    ini XL ak bawa ke seluruh indonesia nggak ada masalah maupun ke luar negeri misalnya singapore,mayan klo di singapore layanan bb gratis selama 3 hari ini. mayan negh gretongan.

    ini kartu dari jaman ak masih sma, sampe kerja,ketemu calon istri dan jadi istri sekarang dan mau punya calon anak ini kartu tetep setia menemaniku,

    DIa Angka 17 ini semoga jasa telekomunikasi dan data makin lancar aja dan tetep lancar jaya.

    Sukses XL #17 Tahun

    Nama : Ari Jatmiko
    Kota : Jakarta
    Provider : XL,Telkomsel,Indosat,3,
    Tipe. HP : Iphone 5, GTab 2 ,Taxco,Lenovo.

  11. Namanya XL harusnya extra large tapi mengapa jangkauan 3g nya dikotaku Blora amat sangat mini. Area yg dapat tercover hanya 1/3 wilayah kota. Tapi aku tak sampai hati pindah operator.

    Selamat ulang tahun XL, semoga kedepan makin baik.
    Nama. : Matheus Soehartono
    Alamat : jl . Yani 24 Blora
    Type HP: G Note2, Ipad

  12. met tambah tua xl,semoga menjadi tua2 keladi,makin tua makin menjadi.

    pertama pke xl dulu wkt kartu perdana xl bening,sangat menarik dan keren lain dari pada yang lain,aku pke xl udh sktr 6thn an,banyak suka duka yg aku alami sm xl,dari wkt sekolah sampe mendapatkan jodoh y dari kartu xl ini.xl is the best lah pokoe

    nama : anton wahyu widodo
    alamat:jl.emas juwana kab pati jateng
    tipe hp:andromax u
    nomer:087884488726

  13. Anak muda cocok Pake XL karena lebih gaul, lebih lincah, pengusaha muda pantes pakai Telkomsel karena lebih tua lebih mapan, sebagai orang Indonesia bangga menggunakan layanan Telkomsel karya anak negeri. Selamat ulang tahun XL. Ke 17 semoga jaya di Indonesia jangan lupa bayar pajak untuk ndonesia.

    Nama : Farid
    Kota : Jakarta
    Provider : Telkomsel
    Type HP : BB Torch 2

  14. Aku dan XL

    Saya telah menggunakan operator XL lebih dari 10 tahun, dimana nomor XL saya 10 digit dengan nomor sangat cantik, awal saya menggunakan XL sangat puas, dimana XL banyak memberikan promo dan sinyal sangat baik, tetapi sekarang saya agak kecewa, terutama dengan jaringan yang semakin lambat, sehingga mengurangi kinerja saya dalam bekerja, terutama jaringan data internet yang saya nilai paling lemah dibandingkan dengan operator lain, saya sangat kecewa dengan jaringan XL, meskipun kecewa, saya tetap mempertahankan nomor Xl saya, layanan customer XL adalah yang terbaik dalam menangani keluhan pelanggan, saya juga pernah kecewa dengan XL, dimana saya pernah terpotong puksa ketika saya sudah keluar dari ayanan Blackberrt, selain itu saya juga pernah terpotong pulsa ketika jaringan internet lemah, padahal untuk buka email dan browsing saja tidak bisa sama sekali, meskipun berharap jaringan internet segera membaik, padahal saya tinggal tidak jauh dari Lippo Karawaci, saya heran kenapa Xl menjual pulsa elektrik Rp. 10 ribu dan Rp. 25 ribu lebih mahal dari operator lain, menurut saya ini adalah strategi marketing yang sangat bodoh dan tidak masuk akal, karena kita membeli pulsa elektrik di XL Center, kalau saya membeli pulsa elektrik di Seven Eleven malah lebih murah, saya berharap XL memperbaiki kinerja dan jaringan, apalagi setelah Axis di akuisisi oleh XL, maka XL bisa menjadi operator nomor satu di Indonesia, mengalahkan Telkomsel dan Indosat.

    ama : Erwin Ronuz
    Kota : Jakarta
    Provider : XL dan Indosat
    Tipe. HP : Blackberry 9220 dan Nokia Asha

  15. kau xlalu menemaniku hari-hariku hari demi hari sejak dahulu kala jamannya nokia sejuta umat,

    kau xlalu setia. baik dalam layanan voice, sms dan data internet dimanapun aku berada.

    kau xlalu ada untukku …

    Jimmy
    Bandung
    XL
    Nokia E63

  16. Aku dan XL

    kalo boleh kusesuaikan judul dan tulisanku maka menjadi:

    Aku dan (yang ga pernah pakai) XL

    Selama dari tahun 1998 aku pakai HP, aku baru disadarkan oleh sayembara iseng Pak Herry SW, bahwa satu-satunya operator yang tidak pernah kucoba selama ini adalah XL. Setelah kurenung-renungkan, kuingat sekali lagi aku tidak pernah tahu alasan yang benar-benar pas aku tidak pernah tertarik promo XL.

    Memang sih pernah terbersit untuk pakai XL, namun seringkali ketika hendak beli, selalu aja ada yang menghalangi, entah ban bocor lah, penjualnya ga punya uang kembalian lah, tiba-tiba ada yang bilang sinyal XL jelek lah, lemot lah dan beragam alasan lain.

    Satu-satunya alasan yang sempat membuatku galau untuk pakai XL adalah tiba-tiba orang-orang di sekitarku pakai XL dan aku masih bertahan pakai simpati yang sudah menemaniku sejak 1998, rasanya kuno dan ketinggalan jaman. Hal ini cukup menggangguku terutama ketika aku harus melakukan panggilan telpon ke mereka. Aku merasa skema biaya telepon dari Simpati ke XL ini muahal puol dibandingkan skema biaya dari Simpati ke operator telpon lain. Memang sih ada alternatif beli handphone satu lagi khusus untuk nomor XL, tapi bagiku itu tidak masuk akal. (Bahasa aslinya: “kok cek mbelanine”). Aku memilih untuk bertahan satu bulan lagi sebelum memutuskan berganti ke XL. Ternyata satu bulan kemudian, teman-temanku yang tadinya sudah berganti ke XL, balik kucing ke operator asli mereka. Sekali lagi aku batal berganti ke nomor XL.

    Selain alasan pribadi yang sudah kuceritakan, aku punya alasan lain tentang alasan brand image XL.

    Selama ini aku juga tidak pernah tahu kenapa kok nama brand yang dipilih adalah XL? ini yang pertama membuatku gak punya feeling sama XL. Rasanya nama brand ini kayak ukuran pakaian mulai dari baju, kaos sampai pakaian dalam. Brand ini ge keren blas bagiku. Entah di-endorse oelh arti siapapun, tetap tidak memikat hatiku.

    Rasanya (maaf, karena ga punya data) ini adalah nama brand operator yang paling sering dilecehkan atau dijadikan olok-olok, minimal di lingkunganku. Bahkan diparagraf kedua di penjelasan sayembara-pun sempat dijadikan bahan gojlokan sama Pak Herry, hehehe.

    Belum lagi kalau pas jaringan sinyal yang lagi ga bener, maka akan lebih banyak pelecehan nama XL. seperti misalnya eXtra Lemot, eXtra Lelet, eXtra Lambat dan lain-lain.

    Rasanya bahan olok-olok ini pun sudah jadi biasa diantara penggunanya. Teman-temanku seringkali bilang “biasalah XL gitu loh”. “Nah kamu pakai XL”. Kalau sudah dibilang gitu, rasanya seperti orang yang ketinggalan berita terbaru di dunia dan ketinggalan trend teknologi.

    Nah, baru-baru ini, XL telah bergabung sama AXIS. Axis ini kupergunakan untuk paket blackberryku sejak akhir tahun 2012. Maklumlah aku cocok dengan paket 30rb nya. Pada saat awal menggunakan Axis ini, aku puas banget. Tidak ada yang ngadat di semua lini layanannya, semua sesuai dengan yang kuharapkan. Sampai hingga akhirnya satu bulan menjelang bergabung Axis dengan XL. Sekarang ini aku merasa layanan Axis tidak sekeren tujuh bulan lalu. Tujuh bulan lalu rasanya aku bisa dengan bangga mempromosikan diri bahwa aku menggunakan Axis yang layanannya OK. Tapi sekarang kalau ditanya rekanku: “BBmu pakai apa sih (operatornya)?” biasanya kujawab dengan setengah berbisik dan kadang kuiringi batuk keras untuk mennyamarkan jawaban “Axis”.
    Entahlah, ini gara-gara gabung sama XL atau memang ada hal lain…

    Tapi suatu saat, entah kapan, aku pasti akan mencoba layanan XL. Saat itu pasti semua orang di Indonesia juga sudah pakai XL.

    Anyway, Selamat Ulang Tahun ke-17 XL.

    Nama: Yohanes Kurniawan
    Kota: Surabaya
    Provider: Telkomsel (E63) dan Axis (BB Apollo)
    HP: Nokia E63 dan Blackberry Apollo

  17. XL and me!!

    Saya menggunakan XL hanya karena kecantikan nomornya, bukan karena hatinya ups… (pelayanannya).

    Walapun
    sudah lama saya menggunakan XL, saya masih merasakan banyak sekali kekurangan, dari kualitas jaringan voice hingga jangkauan internet 3Gnya.

    Jika bukan karena kecantikannya, aku sudah selingkuh ke lain hati…. (ups…. operator)

    Selamat ulang tahun XL pendamping hidupku dalam berkomunikasi jarak jauh….
    Semoga engkau lebih mengerti hati para penggunanya dan perbaikilah layanannya agar kamu tetap dihati mereka…

    Nama: Ali Lutfi
    Alamat : Jember
    OPR: XL, Smartfren
    HP : Motorola Razr, Andromax ULE

  18. Aku dan XL

    Saya mengucapkan Selamat Utang Tahun yang ke 17, semoga XL bisa menjadi operator terbaik di Indonesia, saya menggunakan XL lebih dari 10 tahun, dimana 10 digit dengan nomor yang menurut saya sangat cantik, awalnya saya puas menggunakan XL, tetapi dengan berjalannya waktu dan persaingan dengan operator lain, lambat laun layanan XL semakin jelek dan kalah bersaingan dengan Telkomsel dan Indosat. Promo dan layanan XL jauh tertinggal dengan kompetitor, terutama jaringan insfrastruktur yang berjalan lambat, saya akui layanan Customer Services adalah yang terbaik diantara operator lain, kelemahan XL yang utama adalah jaringan, mungkin jumlah BTS yang kurang atau teknologi yang kurang mengikuti perkembangan teknologi, saya juga kecewa ketika membeli pulsa elektrik Rp. 10 ribu dan Rp. 25 ribu di XL Center yang harganya lebih tinggi dibandingkan operator lain, masak harga pulsa Rp. 10 ribu menjadi Rp. 11 ribu, harga Rp. 25 ribu menjadi Rp. 26 ribu, kalau saya membeli puksa di tempat lain tidak menjadi masalah, malahan pulsa elektrik di Seven Eleven lebih murah dari XL Center. Pulsa juga sering terpotong, padahal layanan blackberry dan internet sudah OFF, semoga XL bisa mendengar keluhan saya. Setelah Axis di akuisis Xl, bisa menjadikan Xl nomor satu di Indonesia, mengalahkan Telkomsel dan Indosat.

  19. Aku dan Xl …?!!

    Entah alasan pasti apa yang membuat Alm. Ayah saya memilih provider Xl sejak mengenalkan pertama kali yang namanya handphone ke saya waktu itu saya kelas 1 SMP tahun 1999, hingga pada akhirnya saya paham, ayah dan ibu saya -pun memakai provider yang sama, dengan kata lain tarif akan lebih murah jika sesama providernya, dan signal yang kuat didaerah saya kebetulan Xl, karena saya tinggal di asrama jadi sangat membantu sekali.

    Seiring waku berlalu, keika saya memasuki tahu ke-2 sekolah menengah pertama, banyak teman-teman saya memakai indosat mentari dengan dalih promo telp bergadang atau apalah namanya, hingga saya pun tertarik untuk mencoba dan beralih ke indosat, selang hanya 2 bulan Alm. ayah saya marah-marah, karena susah menghubungi saya dan selalu kena roaming tidak jelas, mungkin akibat beda provider, atau setting hp yang saya kurang paham,hingga akhirnya saya memutuskan beralih lagi ke XL, daripada jatah bulanan saya tersendat, hehehe

    Sejak tahun 2002 hingga sekarang Xl X-lalu dihati dan X-lalu menemaniku dan keluargaku ..berbagai macam fiur sangat membanu, dari M-banking, MMS, hingga jaman video call dengan tarif ramah membuat saya enggan beralih ke provider lainnya, sempat saya memakai telkomsel, indosat im3 tapi lagi-lagi saya hanya bertahan dengan XL saja .

    Dan karena kesetiaan pada nomer Xl ini-pun teman, keluarga jauh dapat tetap berkomunikasi dengan saya, karena nomer saya tidak pernah berubah-ubah .

    Dan Xl mengingatkan saya terhadap Alm. Ayah saya, karena seumur hidupnya hanya memakai XL sebagai satu-satunya provider yang beliau pakai .

    Selamat Ulang Tahun XL yang ke-17 Tahun ..

    Apapun, tetap XL x-lalu dihati …

    Nama : Mila

    Alamat : Jakarta

    Proviider : XL

    Hp : Samsung Note 2

  20. Selamat Ulang Tahun XL….wow gak terasa udah ke 17 yah….
    Dulu pertama kali lihat XL di jl. Raya Margorejo….
    Hm…. XL dan Aku…

    Jadi inget juga pernah melamar kerja disana, tapi ga diterima hehehe..
    Jadi inget juga dulu jaringannya hanya di pulau Jawa saja. Tapi memang punya jaringan yang cukup besar.
    Tadinya kupikir XL hanyalah operator telpon saja. Tetapi ternyata juga jual jaringan data untuk corporate baik commercial maupun non commercial.
    Masih aja tetep belum tertarik utk pakai jaringan XL. Tapi akhirnya sempet pakai juga sih… Untuk koneksi data modem. Banter….meski beberapa waktu lalu sempet troble, rupanya lagi upgrading sistem ya menyambut ultah ke 17 yg bertambah dewasa.
    Sekarang kabarnya jaringan sudah oke…

    Paket bundlingnya ternyata lebih oke…. Tapi rupanya belum juga aku pakai jaringan XL. Masih suka android timbang iphone…jadi masih mikir2…. Padahal paketnya lebih oke dari lainnya.
    Kantornya sekarang di jalan pemuda juga bisa lebih terjangkau apalagi buka sampai malam dan hari Sabtu pun buka.

    Selamat Ulang Tahun dan berkembang….

    Nama : Ayu
    Kota : Surabaya
    Provider : Telkomsel
    HP: BB Onyx 2

  21. happy bornday 4 xl
    semoga sukses sll n makin bnyk lg promonya 😀

    sekali lg kami ucapkan HAPPY B’DAY XL

    kami sekeluarga pengguna xl dr awal pnya hp sampe skrg
    krn xl selalu bnyk promo nya meski signal nya kurang stabil terutama untuk internet meskipun begitu kami tetep setia sama xl yg menemani kami selama -/+ 7 th
    Semoga dgn bertambahnya umur XL makin bnyk pula promo nya terutama buat bb n internet nya. hehehe

    Nama : Siegfried
    Kota : Surabaya
    Provider : XL – Telkomsel
    HP : BB amstrong, N97, Nokia 6300, galaxy note 2

  22. Dari sekian operator selular di Indonesia, mungkin hanya XL yang belum pernah saya pakai secara personal.
    Kalau ditanya kenapa, tidak ada jawaban yang jelas.
    Tapi keluarga lain ada yang menggunakan XL, jadi walaupun tidak menggunakannya secara pribadi, saya lumayan mengenal layanannya.

    Ditambah ketika mereka membuat semacam gebrakan dengan memperkenalkan layananan pelanggan lewat Twitter. Dimana mereka mengenalkan customer service mereka dengan istilah Ranger. Sangat inovatif dan menarik perhatian.
    Dengan hanya me-mention akun XLCare beserta masalah yang dihadapi, dalam waktu singkat akan ada Ranger yang merespon.

    Walaupun pada dasarnya para Ranger itu mempunyai ilmu ‘customer service’ yang standar, tapi lumayan menyenangkan mendapat respon cepat meskipun belum/tidak terpecahkan masalahnya. hehehe.

    Selamat ultah ya XL, semoga tetep inovatif.

    Nama: Sonny Dezerial

    Kota: Jakarta
    Provider: 3 – Telkomsel
    HP: HTC Radar – Z10

  23. Selamat ulang tahun ke 17 XL, semoga semakin banyak inovasi dan tetap menjaga kualitas.

    Saya memakai XL karena terpaksa, terpaksa karena tidak ada sinyal operator lain yg lebih bagus daripada XL di rumah, orang bilang rumah saya keramat ?:D? bayangkan, memakai operator lain harus naik genteng dahulu buat Blackberry-an hahaha…

    Telepon sesama operator juga tak ada yg semurah XL sepengetahuan saya, cukup 69 rupiah per menit. Memang kadang kualitas kurang bagus, tapi dengan 69 rupiah, ngga akan merasa berat buat melakukan sambungan ulang.

    Sayangnya promo2 XL kebanyakan buat nomer baru saja, harusnya lebih diprioritaskan untuk pemakai lama.

    Dirgahayu XL

    Nama: Budi Raharjo
    Kota: Surabaya
    Provider: XL, Telkomsel, Flexi
    Tipe Ponsel: Blackberry 9100

  24. XL dan Aku…….

    Wahhh.. gak terasa yah XL sudah 17 tahun. 1 tahun lebih tua dari umurku 😀

    Pengalamanku pertama kalinya pakai XL yaitu karena tertarik promo XL BB Smartplan (90rbu/3 bulan). Dengan sangat terpaksa akhirnya saya melepas provider Three MU dgn nomer cantik berakhiran dobel 2 angka terakhir tahun lahir saya. apalagi saat itu Three MU ada promo beli pulsa 10rb, gratis “bonus” pulsa 10rb, dst.

    Pertama kali pakai XL… BINGUNG! Ya, ketika memasukkan kartu XL ke BB saya, yang terpampang di layar adalah sinyal GPRS, bukannya EDGE! Alhasil, sinyal tersebut hanya bisa digunakan untuk ber-sms dan telpon. Saya harus switch to 3G ketika akan ngetweet, ataupun bersosial media. Itu sangat menguras batre BB karena harus men-switch belasan bahkan puluhan kali dalam sehari. Beralih ke sinyal 3G pun tidak menjamin BBM tidak pending dan internet lancar jaya. Ketika paket 3 bulan itu habis, saya dibuat kesal dengan paket full service BB normal yang memakan pulsa 99rb perbulan (kalau tdk salah). Akhirnya saya tetap bertahan dengan paket BB gaul karena banyak teman yg memakai operator XL :'(

    Keuntungan saya dari memakai XL hanya sinyal lebih mudah dicari dibanding Three dan lebih murah dari biaya komunikasi baik Telpon atau SMS ke teman2 (90% pemakai XL)

    Tetapi pada suatu hari kuartal akhir tahun 2012, saya terkena hasutan teman untuk beralih menggunakan operator AXIS karena sinyal bagus, jarang pending, dan harga paket Full Servicenya lebih murah. Apalagi pada saat itu ada promo paket BB Full service 30rb/bulan. Dengan mantap akhirnya saya melepas nomer cantik XL :'(

    Semenjak pakai AXIS, semua berubah. walaupun sinyal EDGE, internet dan BBM-an, jarang bahkan TIDAK PERNAH PENDING dan GANGGUAN. EDGE AXIS setara dengan 3G XL. Layanan yang saya dapat tidak setara dengan harganya yg murah. Itu berlanjut sampai sekarang ketika saya beralih menggunakan android. Harga internet 1,5 GB hanya 35rb 😀 Walaupun akhir2 ini kerap kali terjadi gangguan jaringan, saya tidak pernah berniat mengganti kartu kesayangan saya ini walaupun sering berselingkuh dengan Three untuk berselancar di internet via Tab ataupun Modem.

    Pokoknya Happy Sweet Seventeen untuk XL! Semoga kedepannya sinyal makin baik dan promo2 murah makin banyak.

    Saran kedepan tolong lebih memerhatikan kenyamanan pelanggan, baik dari biaya paket, maupun sinyal (karena disekolah saya sangat sulit untuk mendapatkan sinyal XL untuk berinternetan, padahal sekolah saya berada di daerah pusat kota). dan 1 lagi, Terimakasih juga karena kamu pernah mengisi hari2ku 🙂

    Nama: A. A. Gde Ananda Sadhaka
    Kota: Negara, Bali
    Provider: Axis, Three
    Gadget: Sony Xperia SP, Axioo Picopad 8

  25. Aku Dan XL

    Awal punya Hp dengan bangga kupasangkan xl
    Tapi banyak yang protes karena kalau di telp dari operator lain biayanya aduhai
    Maka dengan berat hati, xl ku kuburkan di tong sampah

    Ratna satriyo pamungkas
    Depok, jawa barat
    Telkomsel, flexi
    Motorola photon 4G, alcatel one touch D920

  26. XL and Me

    Berawal dr 10 digit no favorit gw, menggunakan XL sdh 7th lebih.
    Satu2 nya operator yg mempunyai system BTS paling canggih di Indonesia yg terkenal dg Hotrod 3G+ membuat gw semakin setia utk memakai XL. Bagaimana tidak ? Kebetulan kantor gw berada di segitiga emas Jkt, hanya XL yg mempunyai speed / kecepatan
    6, 8mbps, bahkan LTE / 4G nya pun gw sering rasakan.
    Semua operator di kantor gw pun jaringan nya terbilang cukup bagus overall , tapi speed nya itu yg membuat aktivitas diluar kerjaan kantor semakin greget (apalagi kalau bukan nyosmed, detik, tokobagus, cari mobil murah, khususnya chating lancar gila). Semua gadget device gw pairing dg XL , dr mulai modem, tablet, iphone , BB , semua pake XL.
    LTE juga gw rasain waktu beberapa hari lalu ke Bali urusan kerjaan .
    Ngacir mampus tuh speed LTE di Bali , yg gw denger sich sekalian Launch sbg operator pertama di Indonesia utk operasional LTE…

    Pokoknya XL GW Banget….
    Ga jarang gw adu speed test dg temen2 yg ngagulin operator lain…
    Gw buat tulisan ini ga dibayar sama Siapapun termasuk XL , cuma mengungkap apa yg menjadi kenyataan yg gw alami.
    Gw yakin dg XL meng akuisisi Axis , XL akan menambah investasi khususnya di jaringan network nya dimana pelanggan sdh bertambah berlipat2..

    XLamat Ulang Tahun XL yg ke 17
    Teruslah terbang tinggi berinovasi memajukan Indonesia
    Bravo *123#

    Nama : Surya
    Alamat: Jakarta

  27. XL, apa menurutmu pelanggan data 2G sudah tak penting lagikah? Koq di 2G datanya mandeg saja.

    XL, tarifmu njelimet, ga kebayang yang kerja di XL bagian Billing, apa tidurnya bisa lelap dan hidupnya bisa tenang? hehehe…

    XL, iklan di game-mu morotin pulsa istriku…

    Tapi tetep aku pake XL, soalnya paket Akrab nelponnya murah sangat, dan kecepatan unduhmu masih top markotop…

    XL, Xemungudh Luphyu…

    nama lengkap: Irfan Hilmy
    kota tempat tinggal: Depok/Jakarta
    ponsel/operator:
    – Blackberry 9320 / Telkomsel
    – HTC One X / XL Axiata

  28. Aku, XL,dan sebuah persahabatan di tengah rimba..

    Setiap bulan sekali, adalah jadwal rutin saya untuk mengunjungi lokasi kerja di luar Jawa, utamanya Kalimantan Tengah. Salah satunya di areal eksplorasi batubara yang terletak tepat di jantung pulau Borneo, yang biasanya ditempuh dengan satu jam perjalanan pesawat kecil dari Balikpapan, ditambah setengah jam menggunakan helikopter hingga sampai di basecamp yang terletak di puncak bukit. Jangan ditanya kalau dengan mobil, bisa hampir dua hari dua malam baru sampai dengan menempuh jalan berbukit dan menyeberang sungai.

    Kalau awalnya perjalanan ke hutan begitu membosankan, namun tidak sejak dua tahun lalu. Mengapa? Karena tower XL dengan megahnya berdiri menjulang di tengah hutan, dan itu hanya satu-satunya di sana. Walhasil, smartphone saya selalu setia mendampingi walau hanya dapat sinyal EDGE di saat perjalanan menuju lokasi pengeboran yang terpencil maupun waktu berada di camp. Lebih dari itu, para peneliti dan kontraktor yang bekerja di proyek kami, tentunya termasuk kami semua, menjadikan nomer GSM XL sebagai salah satu andalan untuk komunikasi sehari-hari dan kontak pada saat emergency, di samping satellite phone tentunya.

    Hanya satu doa kecil kami, semoga tower tidak sering kehabisan bahan bakar genset, yang menyebabkan sinyal hilang atau berganti SOS, hehe..

    Sejak saat itu pula, smartphone saya tak pernah lepas ganti kartu, karena ternyata di kota juga cukup handal dengan Hotrod-nya. Dan aktivitas ke tengah hutan pun jadi menyenangkan…

    Dirgahayu XL yang ke-17, tetaplah menjadi sahabat di kota dan tengah rimba!

    Salam,
    Akhmad Hidayat
    Bintaro, Tangerang Selatan
    Telkomsel (Blackberry 9790 punya kantor), XL (Galaxy Note 1)

  29. Dear XL

    Kekasihku, kebersamaan ku denganmu tak terasa sdh lebih dari 10 tahun.
    Walaupun sinyalmu kadang muncul kadang hilang sama sekali. Tetapi aku tetap setia menanti perbaikan sikapmu.

    Apalagi hubunganku denganmu, sdh banyak yang mengenal dari saudara dekat sampai jauh. Sdh mengenal no xl ku.

    Kesetianku sungguh teruji, kalaupun pas sinyalmu jelek, segala rintangan kuhadapi, kalau perlu terima handphone diluar rumah, bahkan kalau perlu di lantai 2, sekalipun.

    Cintaku tak khan luntur. Peluk jauh dari aku

    Setijo Agus, Surabaya, Samsung galaxy mini, XL

  30. Nama : Mohammad Fitriady
    Kota : Bangkalan – Madura
    Provider : XL
    Type ponsel : Blackberry 9790

    Dear XL,

    Selamat Ulang Tahun yg ke-17.
    Moga XL semakin memberikan pelayanan yg lebih baik lagi dari sebelumnya.
    Ada pengalaman saya menggunakan XL, mungkin lebih tepatnya menyampaikan keluh kesah saya dan tetangga saya yg menggunakan XL di lingkungan perumahan tempat tinggal saya.
    Kurang lebih 1 tahun yg lalu, saya menyampaikan gimana sulitnya menggunakan/menikmati layanan XL, terutama untuk internet di jaringan 3G. Saya sampaikan waktu itu kepada salah seorang manager XL yg pd saat itu berjumpa di suatu rumah makan di bangkalan.
    Keesokan harinya, saya dihubungi tim XL mengenai lokasi dimana tempat tinggal sy.
    Setelah itu, 1 hari setelah sy ditelpon tim XL, tim network langsung survey ke rumah saya. Dan gk lama setelah itu, seluruh warga dpt menikmati layanan XL di jaringan 3G XL dengan bagus.
    Tp hal tersebut berdampak kurang bagus. Di jaringan 2G yg sebelumnya lebih bagus dibanding 3G, setelah itu jauh lebih buruk dari 3G. Dan sangat disayangkan lagi, mulai bulan ramadhan tahun 2013 kemarin, jaringan XL terutama di jaringan 3G sering SOS, hal tersebut kami alami sampai saat ini.
    Hal tersebut telah saya sampaikan ke salah satu karyawan dealer XL yg ada di Bangkalan. Ternyata bukan saya dan warga perumahan tempat tinggal sy mengalami hal tsb, menurutnya, hal tersebut dialami banyak pelanggan di daerah lain.
    Melalui tulisan ini, semoga XL dapat meningkatkan layanannya menjadi lebih baik lagi.
    Terima kepada semua karyawan XL dan Dealer XL yg telah sigap menangani keluhan dr kami.

    Terima kasih

  31. Dear Xl

    Setiap langkah mu untuk maju semakin dasyat dan setiap celah bugs internet mu semakin dasyat pula, namun tekadang bugs internet gratisan xl juga tidak berumur panjang, namun tidak henti henti nya para pecinta internet gratis berkecepatan Hotrod 3plus untuk mengulik bugs yang telah kembali muncul di bulan ini, untuk penutup saya ucapkan selamat ulang tahun xl yang ke 17 semoga selalu berjaya dan selalu berkarya untuk anak negeri bangsa indonesia tercinta,

    salam

    tri, surabaya, gal note

  32. Happy Sweet Seventeen untuk XL, semoga bisa bertambah dewasa dan baik dalam melayani dan memuaskan para konsumennya. Saya mau berbagi kisah saja tentang provider yang pernah saya gunakan dari Simpati, As, IM3, XL, 3, dan Axis. Saya yang tinggal di kota Cimahi (dulu masuk kota Bandung) ketika masuk rumah provider yang stabil hanya Simpati, As, dan IM3 saja dan akhirnya saya menetap di IM3 karena 2 provider yang saya sebutkan tarifnya lebih mahal. Provider lain sinyalnya mengecewakan termasuk XL ini. Jadi kritikan dari saya dan mungkin teman-teman yang lain juga, harap diperbaikilah kestabilan sinyal XL. Sinyal itu kan modal utama dalam jaringan telekomunikasi, kalau dalam sinyal saja tidak memuaskan pasti konsumen kabur. Dalam hal pengiklanan dan promosi juga harap diperbaiki. Iklan XL di televisi kurang mengena di hati. Semoga dengan mengakusisi Axis dalam hal pengiklanan bisa lebih unik dsan lucu seperti pengiklanan yang dilakukan Ais dulu yang bisa mengambil hati para calon konsumen. Sekian yang bisa saya sampaikan, terima kasih saya bisa berpartisipasi dalam sayembara ini. Sekali lagi terima kasih.
    Nama : Antonius Dwi Santoso
    Kota : Cimahi
    Operator : IM3
    Ponsel : Nokia Lumia 520

  33. Satu per satu posting peserta sayembara ulang tahun ke-17 XL telah saya baca. Ada yang panjang, ada yang pendek. Ada yang lucu, ada pula yang serius.

    Terima kasih kepada seluruh partisipan. Seluruh karya Anda akan saya teruskan kepada rekan-rekan XL sebagai kado ulang tahun. Semoga ucapan, pujian, saran, dan kritik yang Anda berikan dapat dijadikan bahan evaluasi oleh tim XL.

    Karena merchandise kecil-kecil yang hanya tiga buah mustahil dibagikan merata kepada seluruh partisipan, saya harus memilih tiga partisipan yang berhak memenangkannya. Ini dia:

    1. Setijo Agus.
    2. Akhmad Hidayat.
    3. Yohanes Kurniawan.

    Selamat kepada trio pemenang. Saya telah mengirimkan email konfirmasi ke alamat email yang Anda ketikkan saat mengikuti sayembara. Mohon dicek.

    Sekali lagi, terima kasih kepada seluruh partisipan. Sampai jumpa dalam sayembara dan kuis iseng ala Ponselmu.com berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *