Sempat Disangka Flash Disk

Ketika SpeedUp Lite SU-8900U penulis biarkan tergeletak di meja, ada yang sempat menyangka peranti berwarna hitam itu adalah USB flash disk. “Kapasitasnya berapa giga?” tanya seorang teman penulis.

Wajar ada teman penulis yang salah duga. Dengan dimensi fisik 73,9 x 22,3 x 9,3 mm dan berat 30 gram, sepintas penampakan SU-8900U memang sama dengan USB flash disk. Padahal, ia sebenarnya adalah modem USB yang mendukung layanan HSDPA alias 3,5G dengan kecepatan unduh hingga 3,6 Mbps.

Bila pengguna berada di luar area layanan HSDPA, modem otomatis akan bekerja di jaringan 3G. Tak dapat sinyal 3G? Modem bakal masuk ke jaringan EDGE. Begitu seterusnya sampai ke layanan GPRS yang kini banyak digunakan oleh pemilik ponsel merek lokal buatan Tiongkok.

Dengan pengaturan mudah, pengguna yang tak mau turun ke jaringan GPRS/EDGE  dapat mengunci SU-8900U agar selalu berada di minimal jaringan 3G. Konsekuensinya, kalau pengguna berpindah lokasi dan di sana kebetulan belum ada layanan 3G, maka pengguna sama sekali takkan memperoleh sinyal.

Di salah satu sisi SU-8900U tercetak tulisan SpeedUp dan Telkomsel Flash. SpeedUp merujuk ke merek peranti tersebut. Sedangkan kata Telkomsel Flash dicantumkan karena penjualan modem tersebut memang dibundel dengan kartu Telkomsel. Walaupun demikian, SU-8900U berstatus unlocked. Pengguna bebas memadukannya dengan nomor operator GSM mana pun di Indonesia.

Menurut penulis, kemampuan merengkuh sinyal yang lebih banyak merupakan kelebihan utama SU-8900U. Di sebuah lokasi, kala dipadukan dengan kartu SIM operator GSM tertentu, SU-8900U sanggup meraup dua bar sinyal 3G. Sesekali indikator sinyal malahan bertambah menjadi tiga bar. Padahal, bila kartu SIM yang sama diselipkan ke sebuah modem lain, modem itu maksimal hanya memperoleh satu bar sinyal 3G.

Sinyal lebih banyak yang diperoleh SU-8900U telah penulis pastikan bukan sinyal yang mengelabui. Seolah mendapatkan sinyal dalam jumlah memadai, padahal sebenarnya tidak. Selama berjam-jam penulis sengaja terkoneksi ke layanan internet unlimited operator GSM tersebut. Hasilnya, penulis bisa melakukan aktivitas browsing, chatting, dan email dengan lancar.

SU-8900U yang dibanderol Rp 499 ribu dan bergaransi resmi selama tiga tahun itu kompatibel dengan berbagai versi sistem operasi Windows dan MacOS. Sama dengan aneka modem USB keluaran terkini, dalam paket penjualannya tidak disertakan keping CD berisi file instalasi driver modem. Ketika SU-8900U penulis tancapkan ke laptop bersistem operasi Windows XP, dalam hitungan detik ia akan dikenali. Kemudian, proses instalasi Studio 9 dimulai secara otomatis.

Studio 9 adalah sistem operasi yang dibenamkan ke aneka modem SpeedUp keluaran terbaru. Ia sekaligus berfungsi sebagai dashboard atau, gampangnya, aplikasi untuk menjalankan modem. Bila hendak mengakses Gmail, Twitter, Facebook, atau Detik, pengguna tak perlu masuk ke browser, lalu mengetikkan alamat situs. Cukup klik ikon di kanan atas jendela Studio 9.

Untuk mengetahui riwayat pemakaian, pengguna dapat mengakses menu statistik. Jumlah pemakaian harian, mingguan, dan bulan akan tersaji. Kecepatan rata-rata dan kecepatan maksimal layanan internet yang sedang tersambung juga bisa diketahui.

Selama menguji pakai SU-8900U, penulis tidak menemukan kekurangan fatal di modem tersebut. Hanya ada satu hal yang bagi penulis terasa cukup mengganggu. Ketika memulai koneksi, SU-8900U biasanya akan membuka satu jendela baru yang menampilkan halaman www.speeduplaza.com. Kelak situs itu bakal dikembangkan sebagai pusat layanan nilai tambah bagi pengguna produk SpeedUp.

28 thoughts to “Sempat Disangka Flash Disk”

  1. Pak Hendra,

    Saya coba pandu dengan jurus lupa-lupa ingat ya. Mungkin struktur menu yang saya sebutkan tidak persis sama. Silakan sesuaikan dengan tampilan di laptop Bapak.
    * Klik File di kiri atas jendela SpeedUp.
    * Pilih Setting.
    * Pilih Network Mode.
    * Pilih UMTS/HSPA only.

    Selamat mencoba!

  2. Terimakasih responnya Pak Herry,

    Masalahnya di modem saya settingannya auto, dari pertama sudah saya coba untuk klik UMTS/HSPA only tapi tdk bisa, sepertinya sudah dikunci. Bagaimana cara membukanya? Maklum saya benar2 gaptek Pak.

    Terimakasih sebelumnya.

  3. Pak Hendra, mencoba memindah pengaturannya jangan saat modem menancap dan akses internet sedang terkoneksi. Kalau sedang terkoneksi, pengaturan memang tak bisa diubah.

    Lakukan disconnect dulu. Setelah itu, baru coba mengubah pengaturan.

  4. Selamat pagi pak, saya mau tanya gimana rubah settingan modem su8900 ke jaringan edge, karena modem saya sepertinya sudah terkunci ke jaringan minimal 3g, karena tempat tinggal saya masih di jaringan edge data. Terima kasih.

  5. Pak Zoel,

    Saya coba pandu dengan jurus lupa-lupa ingat ya. Mungkin struktur menu yang saya sebutkan tidak persis sama. Silakan sesuaikan dengan tampilan di laptop Bapak.
    * Klik File di kiri atas jendela SpeedUp.
    * Pilih Setting.
    * Pilih Network Mode.
    * Pilih GPRS/EDGE only atau auto.

    Saat melakukan pengaturan di atas, pastikan bahwa koneksi internet tidak sedang tersambung. Selamat mencoba.

  6. Pak Herry, saya ini pengguna T-sel Flash, saya sudah reg paket Fun Night Unlimited, tapi saya tidak tau bagaimana cara koneksi ke paket itu, beda dengan modem Tsel-flash, di modem speed up 8900u ini koneksinya yang bisa cuma Tsel Flash (Timebased) dan Tsel Flash (Volume Based-Unlimited), mohon bantuannya

  7. Pak Ryan,

    SIlakan mencoba membuat profil baru deh. Caranya:
    1. Tancapkan modem dan jalankan aplikasi Studio 9.
    2. Tekan File, Setting, lalu Connection Setting.
    3. Klik New.
    4. Ketikkan “Fun Night Unlimited” atau nama lain yang Bapak inginkan di baris Profile Name.
    5. Ketikkan *99# di baris dial.
    6. Ketikkan telkomsel atau internet di baris APN.
    7. Tekan Ok.
    8. Berikutnya, cobalah melakukan koneksi memakai profil pengaturan yang baru saja dibuat tersebut.

  8. gimana cara ganti apn modem tsb soal’a ane pake trii boros truss di cari di mbah google suruh ganti apn’a gimana cara gantinya

  9. Pak Bayu,

    Silakan membuat profil baru saja. Caranya:

    SIlakan mencoba membuat profil baru deh. Caranya:
    1. Tancapkan modem dan jalankan aplikasi Studio 9.
    2. Tekan File, Setting, lalu Connection Setting.
    3. Klik New.
    4. Ketikkan, misalnya, “Tri Baru” atau nama lain yang Bapak inginkan di baris Profile Name.
    5. Ketikkan *99# di baris dial.
    6. Ketikkan APN yang disarankan.
    7. Tekan Ok.
    8. Berikutnya, cobalah melakukan koneksi memakai profil pengaturan yang baru saja dibuat tersebut.

  10. siang pak,saya pake modem speedup su-8900u kartu axis.sekarang tdk bisa buka internet pak selalu muncul error.105 gimana carany yah pak setting ulang.tx

  11. Bu Sitiropeni,

    SIlakan mencoba membuat profil baru. Caranya:
    1. Tancapkan modem dan jalankan aplikasi Studio 9.
    2. Tekan File, Setting, lalu Connection Setting.
    3. Klik New.
    4. Ketikkan “Axis Baru” atau nama lain yang Anda inginkan di baris Profile Name.
    5. Ketikkan *99# di baris dial.
    6. Ketikkan AXIS di baris APN.
    7. Ketikkan axis di baris username.
    8. Ketikkan 123456 di baris password.
    9. Berikutnya, cobalah melakukan koneksi memakai profil pengaturan yang baru saja dibuat tersebut.

  12. Malam Pak,
    Saya juga pake modem tersebut. Lalu saya mau ganti kartu paket bundlenya dengan kartu lain. Masalahnya, saya nggak tahu cara buka dan letak SIM nya dimana. Mohon bantuannya Pak.
    Terimakasih.

  13. Pak Damar,

    Posisi kartu SIM-nya di bawah permukaan yang ada tulisan Google Chrome. Geserlah permukaan itu ke arah yang berlawanan dengan posisi konektor USB.

    Kalau baru 1-2 kali dibuka memang terasa keras dan cukup susah. Namun, lama kelamaan akan semakin mudah.

  14. selamat malam pak herry,mohon bantuan saya menggunakan modem tersebut tetapi kenapa saya coba ganti kartu xmartplan,setting manual xlgprs tetapi gak mau conect ke internet padahal saya coba “ping google” bisa.mohon bantuan terimakasih.

  15. Pak Entang,

    Kalau sudah bisa nge-ping, apakah berarti sebenarnya sudah terkoneksi, tetapi bengong?

    Coba APN-nya diganti. Bila sebelumnya “internet” (tanpa tanda petik), gantilah “xlgprs.net” (juga tanpa tanda petik). Demikian sebaliknya.

    Bila APN-nya sudah diganti tetap nggak bisa browsing dll, berarti XL di lokasi Anda memang sedang superlemot.

  16. Speedup su-8900 kok tidak bisa digunakan di windows 8 ya, selalu “not conection”. Mohon bantuannya, terimakasih sebelumnya

    1. Pak Nanang,

      Ketika modem SU-8900U mulai dipasarkan, Windows 8 belum muncul. Modem itu diklaim kompatibel hingga Windows 7.

      Apakah tak bisa dipakai di Windows 8? Saya tak berani memastikannya. Pada hari dan jam kerja, coba hubungi technical support SpeedUp di alamat email svc2.speedup@yahoo.com

    1. Bu Desy N.,

      Mestinya bisa. Merujuk pada pengalaman saya memakai aneka modem SpeedUp, meskipun ada logo operator tertentu, modem itu tidak dikunci. Tetap bisa dipadukan dengan kartu operator lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *