Serba-Serbi BBM di Android dan iOS

Kehadiran BlackBerry Messenger (BBM) di Android dan iOS saat ini menjadi topik terpanas di kalangan penggemar acang alias gadget. Mereka penasaran mencicipi BBM tanpa menggunakan peranti BlackBerry. Beragam pertanyaan mengemuka, berbagai isu tersebar. Tulisan ini merangkum aneka pertanyaan yang paling sering muncul, sekaligus menjawabnya.

BBM-1

Apakah syarat menikmati BBM di Android dan iOS?

Peranti yang Anda gunakan minimal bersistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich atau iOS 6. Anda wajib pula mempunyai BlackBerry ID. Silakan membuatnya di http://goo.gl/phAqb0 secara gratis.

Ponsel saya memakai Jelly Bean. Apakah bisa?

Tentu bisa. Jelly Bean lebih baru daripada Ice Cream Sandwich (ICS). Yang tidak bisa ber-BBM, contohnya, peranti bersistem operasi Android Froyo dan Gingerbread.

Kapan BBM untuk Android dan iOS resmi diluncurkan?

BlackBerry awalnya mengumumkan aplikasi BBM untuk Android siap diunduh di Google Play Store mulai 21 September 2013 pukul 18.00. Enam jam kemudian, aplikasi BBM bisa diunduh di Apple App Store.

Praktiknya, hingga penulis mengetikkan naskah ini, BBM resmi belum pernah muncul di Play Store. BlackBerry menunda peluncurannya sampai batas waktu yang belum disebutkan. Sementara itu, BBM untuk iOS sudah sempat tersedia di App Store, tetapi kemudian ditarik kembali.

BBM-2

Teman saya yang memakai ponsel Android ternyata sudah bisa ber-BBM. Bagaimana mungkin?

BBM resmi memang belum pernah tersedia di Play Store. Namun, beberapa waktu lalu sempat beredar aplikasi BBM yang lazim disebut leaked version. Mudahnya, sebutlah sebagai versi tidak resmi. Selama periode tertentu, aplikasi itu terbukti dapat berfungsi. Teman Anda tampaknya termasuk yang menginstalasikannya. BBM leaked version mestinya kini sudah tak bisa digunakan.

Apakah pengguna iPad dan tablet Android juga bisa ber-BBM?

BlackBerry pernah menyatakan bahwa mereka memfokuskan diri menyediakan BBM untuk pengguna iPhone dan ponsel Android. Mengacu pada pertanyaan itu, wajar kalau iPad dan tablet Android tak bisa ber-BBM. Kenyataan di lapangan, teman penulis yang menggunakan iPad dan tablet Android terbukti sukses ber-BBM.

Benarkah BBM di Android eksklusif untuk ponsel Samsung?

Tidak benar. Isu itu memang sempat merebak. BlackBerry telah mengklarifikasi bahwa BBM tersedia untuk segala merek peranti Android.

Berapakah biaya memakai BBM di Android atau iOS?

Gratis. Tidak ada biaya bulanan atau tahunan yang harus dibayarkan oleh pengguna. Pengguna cukup memanfaatkan paket data Android atau iOS yang selama ini telah dipakai.

BBM-3

Barusan saya masuk ke Play Store dan ternyata ada banyak aplikasi BBM. Manakah yang harus saya pilih?

Ketika penulis menjawab pertanyaan ini, seluruh aplikasi berjudul BBM atau BlackBerry Messenger yang tersedia di Play Store berstatus palsu. Perhatikan nama pembuatnya yang dituliskan di bawah nama aplikasi. Aplikasi BBM yang asli seharusnya dibuat oleh BlackBerry Limited.

29 thoughts to “Serba-Serbi BBM di Android dan iOS”

    1. Pak Priyo,

      Tanggal, bulan, dan tahunnya entah kapan ya, Pak. Yang penting waktunya pukul 18.00 WIB. ๐Ÿ˜€

  1. samsung tidak pernah mengiklankan BBM hanya eksklusif untuk samsung. hanya “BBM segera hadir di samsung galaxy”, sebenarnya pihak marketing/promosi samsung cukup cerdas menangkap sinyal dari pangsa pasar dan kondisi pasar dan harusnya ini yang ditiru oleh kompetitor kompetitor samsung

    1. Pak Rudy,

      Samsung memang tak pernah memasang iklan kalau BBM eksklusif untuk Samsung. Namun, mereka pernah menuliskannya di Twitter bahwa BBM eksklusif di Samsung selama tiga bulan pertama.

  2. Saat ini aku pake bbm for iOS (masih) berjalan lancar, Om. Lebih lambat dikit dibanding BBM di blackberry. Kira2 bakal terus lancar seperti ini ato malah dihentikan seperti di android?
    Lalu apa udah ada bocoran kira2 kapan bbm4all bakal di relaunch?

    1. Pak Budi,

      Yang sudah install di iPhone seharusnya masih dapat terus digunakan. Namun, praktiknya, ada sebagian pengguna iPhone yang BBM-nya tak bisa dipakai lagi.

      Masih serba tak jelas nih kapan jadwal peluncuran resmi (lagi) BBM untuk Android dan iOS.

  3. FYI, untuk iOS bisa install langsung pakai file (.ipa). Cara gampangnya anda bisa datang ke toko yang menyediakan jasa install BBM di iOS atau copy dari komputer teman yang sudah sempat install BBM dan sudah pernah membackup iOS devicenya dengan iTunes di komputer (search file .ipa di komputernya).

    1. Pak Hary Adi,

      Iya, yang sempat pakai di iPad kini sudah tak bisa ber-BBM lagi. Kalau yang di iPhone, ada yang BBM-nya masih jalan, ada pula yang sudah tidak jalan. Padahal, kalau merujuk pada keterangan resmi, bila sudah sempat install di iPhone mestinya tetap jalan terus.

  4. Bos…sy coba cari bbm diplay store, yg muncul hanya Bes10 client, dari blackberry limited. Stlh sy buat id,memakai yahoo mail, dan dpt balasan via email, sy coba masuk ke bes10 client ttp selalu error 3007. Malah pagi ini sy mau coba lagi tp tdk bisa masuk sm sekali. Blank gelap dilayar, sy tggu bbrp saat tetap nlank. Mnrt anda gmana bos? Aplikasinys musti sy hapus dan mengganti password email sy klo mmg perlu. Krn sy khawatir bbm nya fake.

    1. Pak Paulus,

      Hingga detik ini belum pernah ada aplikasi BBM ofisial di Play Store. BES10 Client buatan BlackBerry Limited itu memang asli buatan BlackBerry. Tetapi, itu bukan aplikasi BBM. BES10 Client ditujukan untuk pelanggan layanan BES. Yang memakai layanan tersebut biasanya korporat. Silakan dihapus saja.

  5. saya dapat e-mail dr pihak BB hr ini kalau saya bisa install aplikasi BBM di android saya.saya pakai galaxy chat samsung.tp ternyata dari play store menyatakan aplikasi BBM tidak kompatibel dgn device saya tsb.padahal galaxy chat saya sudah versi 4.1.2 JB.kenapa ya Pak Herry?

  6. pd saat proses pencarian, kok gak ada di playstorenya ?? pdhal dah pke hp samsung galaxy grand truss versi android 4.1.2 jb
    kok tetep yg ada cman best 10 ??

    1. Bu Neni,

      Silakan menggunakan jurus suntik file APK BBM, bukan mengunduh langsung dari Play Store. Bukalah browser ponsel itu, lalu arahkan ke goo.gl/Fd5ThI. Semoga sukses.

    1. Bu Neni,

      Pak Hendry siapa ya? *tolah-toleh ke kiri-kanan*

      Saya Herry. Bolehkah menjawab? ๐Ÿ™‚ Jawabannya sama dengan jawaban untuk Galaxy Chat. Btw, normalnya BBM tak bisa dijalankan di tablet. Jadi, seandainya tetap gagal, harap “menerima nasib”.

  7. Pak,
    Bagaimana caranya untuk sign out/log off BBM on Android?
    Saya ingin me-non-aktifkan BBM on Android untuk sementara.
    Thank you.

    1. Pak Isaac Chu,

      BBM di Android tidak bisa sign out atau log off. Pilihannya:
      * Dihentikan paksa. Caranya, masuk ke settings, apps, pilih BBM, lalu clear data.
      * Uninstall.

  8. Pak herry, sy br diinstall kan bb di xperia sp..bs terinstall, smua kontak bs dipindah dr bb lama, tp buat bbm an ndak bisa pak.. centang aja, dan update status pun ga ada yg msk.. bgmn ya pak?

    1. Bu Nana,

      Bisa jadi server BBM-nya memang sedang gangguan. Ini asumsinya koneksi internet yang Anda gunakan lancar jaya ya.

  9. numpang tanya gan.. saya kan pakai samsung galaxi grand. kenapa ya notifikasi baik dari sound maupun notif di layar depan tidak ada sama sekali.. jd jika ada yg bbm sama saya, saya tidak tau.
    tx b4 gan..

    1. Pak Sandy,

      Mohon maklum karena saya baru bisa merespons pertanyaan pada malam ini. Kebetulan beberapa hari terakhir sedang sibuk pindahan ke rumah kontrakan baru.

      Maaf, lain kali mohon tidak menggunakan kata sapaan “gan” ya. Bila ada pesan BBM yang masuk, seharusnya ponsel akan berbunyi, walaupun hanya berupa beep. Apakah hal serupa terjadi saat ada email masuk? Kalau iya, coba cek profil audio ponsel Anda. Jangan-jangan mode vibrate atau silent tanpa sengaja telah aktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *