Seri P9 Diperkenalkan, Indonesia Dijatah Huawei P9 Lite Dulu

Tiga ponsel terbaru diperkenalkan Huawei di area Pasifik Selatan. Yaitu, P9, P9 Plus, dan P9 Lite. “P9 dan P9 Plus merupakan hasil kolaborasi pertama antara Huawei dan produsen kamera terkemuka Leica,” kata Luke Au, Handset Product Marketing Director Huawei Southern Pacific Region, dalam Huawei Consumer Business Group 2016 Southern Pacific Conference yang digelar di Nusa Dua, Bali, 5 Mei lalu.

Sebulan sebelumnya, dua ponsel itu telah diluncurkan lewat sebuah acara akbar di London, Inggris. Berbeda dengan P9 dan P9 Plus, P9 Lite dihadirkan untuk menyasar segmen lebih rendah. Ponsel yang tidak dibekali lensa bersertifikasi Leica tersebut dibanderol lebih murah. Ponsel itulah yang akan hadir lebih dulu di Indonesia.

Huawei Bali-1

“P9 Lite tak lama lagi mulai dijual di Indonesia. Kami ingin memanfaatkan momen Ramadan. Harga tepatnya belum bisa kami sebutkan. Yang pasti cukup manis,” tukas Henry Hsu, Chief Operating Officer of Huawei Consumer Business Group Southern Pacific Region, kepada perwakilan media Indonesia, termasuk Ponselmu.

Pada kesempatan berbeda, tetapi masih di acara yang sama, Peter Tong, President of Huawei CBG Southern Pacific Region, mengungkapkan, “Pada kuartal pertama tahun ini, Huawei telah mendistribusikan 28,3 juta unit produk ke seluruh dunia. Kami bertumbuh 64 persen ketika industri mobile secara global justru menurun tiga persen.”

Menurut Peter, distribusi produk Huawei di area Pasifik Selatan juga meningkat lebih dari 50 persen. Itu merupakan awal yang baik. Sebab, tahun ini Huawei mematok target menjual 140 juta unit peranti.

Huawei P9 dibekali lensa ganda bersertifikasi Leica dan dua sensor. Satu sensor berwarna/RGB, satu lagi sensor monokrom. Hasil perpaduan foto berwarna dengan detail dan kedalaman foto hitam putih diklaim Huawei akan menghasilkan foto berkualitas terbaik.

Kamera utama tersebut sanggup menghasilkan foto beresolusi maksimal 12 megapiksel. Tersedia mode profesional yang memungkinkan pengguna mengatur parameter pemotretan secara manual. Sementara itu, kamera depan P9 beresolusi delapan megapiksel.

Spesifikasi lain P9, di antaranya, layar 5,2 inci beresolusi full HD, sensor sidik jari, dan baterai tanam 3.000 mAh. Ia memanfaatkan prosesor 64 bit delapan inti (octa core) HiSilicon Kirin 955 yang terdiri atas empat inti dengan kecepatan 2,5 GHz dan empat inti 1,8 GHz. Ponsel itu tersedia dalam dua varian kapasitas memori. Yakni, RAM 3 GB – ROM 32 GB dan RAM 4 GB – ROM 64 GB.

Huawei Bali-2

Huawei Bali-4

Huawei Bali-3

Beralih ke P9 Plus. Spesifikasi dasarnya sama dengan P9. Kecuali, ukuran layar dan kapasitas baterai lebih besar. Ponsel itu dibekali layar 5,5 inci beresolusi full HD serta baterai tanam 3.400 mAh. P9 Plus hanya ditawarkan dalam satu varian kapasitas memori: RAM 4 GB dan ROM 64 GB.

Huawei Bali-5

Huawei Bali-6

Huawei Bali-7

Seri P9 pertama yang akan dipasarkan ke Indonesia adalah P9 Lite. Ia tidak memakai lensa berstandar Leica. Kamera belakangnya beresolusi 13 megapiksel, sedang kamera depan beresolusi delapan megapiksel. Layar 5,2 inci full HD, sensor sidik jari, ROM 16 GB, dan baterai tanam 3.000 mAh merupakan sebagian spesifikasi lain P9 Lite.

Ponsel itu memanfaatkan prosesor 64-bit delapan inti HiSilicon Kirin 650 yang terdiri atas empat inti 2 GHz dan empat inti 1,7 GHz. Kelak P9 Lite tersedia dalam dua pilihan ukuran RAM: 2 GB dan 3 GB.

Huawei Bali-10

Huawei Bali-11

Huawei Bali-12

Huawei Bali-8

Huawei Bali-9

75 thoughts on “Seri P9 Diperkenalkan, Indonesia Dijatah Huawei P9 Lite Dulu

  1. ini yg saya suka Dari ponselmu.com beritanya selalu uptodate. Meski libur panjang tetap update beritanya. Tak sabar rasanya menunggu huawei P9 plus dijual di Indonesia. Terimakasih Koh atas infonya mengenai huawei Ini.

  2. Harganya pasti di atas 10 juta nih utk yg non lite. Terlalu mahal untuk brand Huawei yang notabene belum masum kategori Top Of Mind di segmen ponsel flagship di Indonesia.

    1. Pak Cahyo,

      Belum ada info. Petinggi Huawei cuma bilang harganya cukup manis. Dugaan saya sih akan lebih dari Rp 3 juta, tetapi kurang dari Rp 4 juta. Kalau sampai lebih dari Rp 4 juta, wah… ngeri deh.

  3. Pak HSW, P9 Lite ini apakah dual sim dan ada memory eksternal yg berdiri sendiri atau hybrid..
    Sayangnya lensanya blm pakai leica..
    Thx..
    Muhammad Baswedan.

  4. Bung HERRY

    Semua orang kan tau kalau kamera buatan Lecia harganya muahal.
    Apa sudah ada jaminan bahwa huawei menggunakan kamera Lecia asli?
    Atau jangan-jangan cuma Lecia KW?
    ~terima kasih~

    1. Pak Yoobee,

      P9 dan P9 Plus menggunakan lensa bersertifikasi Leica. Lensa itu dibuat oleh Sunny, sebuah perusahaan di Tiongkok.

    2. Kalau tidak asli standar Leica, enggak mungkin Huawei menempelkan tulisan Leica disitu, etika bisnis diluar negeri jangan disamakan dengan etika disini yang bisa asal comot brand lain.

      Lensa standar Leica ini seperti kamera pocket Sony yang make Carl Zeiss, dimana lensa sebenarnya buatan Sony tapi standarisasinya dari Carl Zeiss.

      1. Pak Toko Rahmat,

        Benar. Logikanya, kalau Huawei tidak benar-benar bekerja sama dengan Leica, nggak mungkin dong petinggi Leica sampai maju ke atas panggung dan menyampaikan presentasi dalam peluncuran P9 di London.

  5. Ko kalo blh tanya apakah LG tidak punya pabrik diindonesia? berita di k*skus G5 katanya terkendala TKDN? Padahal G5 sama P9 ini kameranya gahar semua

    1. Pak Ilham,

      LG sudah siap dengan pabrik perakitan di sini kok. Jadi, untuk G5, menurut saya, kendalanya bukan di TKDN melainkan di nyali LG Electronics Indonesia.

  6. Pak Herry salam kenal,dulu saya suka sekali mendengar review HP dari Bapak,tp krn kesibukan akhirnya saya tidak mendengarkan radio lg,iseng – iseng coba cari tahu tentang Lenovo k 4 Vibe Note di Google akhirnya bertemu dgn artikel Bapak,bagaimana menurut Pak Herry tentang Smartphone tsb,overall maksud saya,terimakasih

    1. Pak Richard Surya Darma,

      Oh, dulu sering memantau siaran Bincang Seluler ya, Pak? Ketemu lagi di sini deh kita. 🙂

      Review Vibe K4 Note akan saya buat besok. Secara umum sih ponsel itu layak beli.

      1. Ditunggu review-nya ya Oom.
        Kebetulan bapak saya tertarik setelah coba Vibe K4 Note, tapi belum berani beli. ?

  7. Pak Herry,
    Maaf sy mau tanya yg tidak berhubungan dgn artikel ini sama sekali. Mohon Pak Herry atau pembaca lain bisa memberi info pd sy. Handphone Android sy hilang dicuri org akhir April lalu. Sy mau tny bgm caranya me-logout account yahoo mail dan aplikasi email di hp sy yg hilang tsb? Krn sy kuatir account sy disalahgunakan. Kl dibaca sih keliatannya sdh pasti krn sy tdk melogout yahoo sy. Bgm cara melogoutnya ya? Sy sdh browsing cara2nya tp blm ketemu jawabannya. Demikian pula dgn gmail. Sy baru mengganti password gmailnya saja, apakah itu berpengaruh pada aplikasi gmail di hp sy yg hilang? Terimakasih banyak untuk infonya.

    1. Bu Gracia,

      Coba masuk ke https://www.google.com/android/devicemanager?u=0.

      Di kiri atas ada merek dan tipe ponsel. Ada segitiga kecil di kanan bawahnya. Tekan itu, lalu carilah ponsel Android Anda yang hilang. Ada? Pilih itu. Berikutnya, tekan tombol Erase untuk menghapus data yang tersimpan di sana.

      Kalau langkah itu gagal, silakan mengganti password akun Yahoo dan Google Anda. Ganti password ya, bukan logout. Dengan demikian, siapa pun yang saat ini memegang ponsel Anda takkan bisa mengakses akun anda lagi.

      Langkah Anda yang telah mengganti password Gmail merupakan salah satu langkah darurat yang benar.

  8. Selamat pagi Pak Herry……:),
    padahal Huawei P9 dan P9+ sudah banyak yang menantikan masuk ke Indonesia dengan segera, tapi Huawei hanya lebih mendahulukan seri P9lite. apakah ini menurut pak Herry berhubungan dengan TKDN? sehingga yang versi Lite dulu dimasukan ke Indonesia.

    1. Pak Deny Yen Martin Rahman,

      Saya pribadi lebih menduga diperlukan persiapan produksi yang lebih kompleks untuk merakit P9 dan P9 Plus di sini. Ponsel dengan kamera bersertifikasi Leica memiliki standar yang tinggi, bukan?

  9. om SW saya bingung dengan urutan fotonya. yg P9 lite yg mana, yg P9 yg mana dan P9 plus yg mana.
    kok kelihatannya antara text dan foto ga sama 🙁

    1. Pak Andrew,

      Kan sudah saya urutkan. Di masing-masing foto sebenarnya ada clue-nya kok. Ada tulisan P9, P9 Plus, atau P9 Lite. Perhatikan papannya deh.

  10. maaf pak herry mau beli tablet ni,minta saran yg harganya dibawah 2 juta yg terbaik merk dan tipe apa selain samsung

    1. Pak Adit,

      Hmm… terus terang saya belum ada rekomendasi deh. Sudah lama nggak coba tablet.

  11. pagi koh maaf out of topic.
    minta recom dengan budget max. 2 jt kira2 bisa beli merk n type apa yang setara dengan xiaomi redmi 3?

  12. Halo koh..
    Oot nih..huawei 4c dan p8lite mending mana koh?trus kalo oppo f1 plus apakah memang bagus kualitasnya dengan harga 5,5 juta?thx

    1. Pak Donny Irawan,

      Tak tahu. Lha saya belum pernah coba P8 Lite.

      Waduh… jangan beli ponsel Oppo deh.

  13. Maaf agak OOT koh Hery. Sy terbiasa pakai PC jadi masih belum ngerti sepenuhnya operasikan android.
    1. Kalau mau hapus banyak file gimana ya, repot kalau satu persatu ? Kalau di PC bila kita ingin hapus file ABCDEFG maka kita klik A dulu kemudian tekan shift G kemudian del. Bila yg mau dihapus cuma ADF maka tekan ctrl kemudian klik ADF dan del. Padanannya gimana kalau di android untuk ke 2 hal tsb?
    2. Di Lenovo Vibe P1m sy bingung cara mengaktipkan wifi tethering. Sy masuk ke setting – more- tethering & portable hotspot nah sampai disini pilihan ada 3 yakni USB tethering, Bluetooth tethering dan Hotspot & tethering settings. Sy klik yg terakhir.. eeh nongolnya cuma pilihan IPV4 dan IPV4 & IPV6. Begitu saya klik pilihan pertama atau kedua tak ada respon lebih jauh misalkan harus masukan password atau apapun. Apakah memang Lenovo Vibe P1m tak ada wifi hotspot, adanya cuma lewat kabel usb atau Bluetooth. Ataukah ada setelan lain yg terlewatkan. Mohon petunjuknya
    3. Sy nilai Review koh Herry adalah BEST OF THE BEST, maka sy ingin blog ini permanen, maaf kalau boleh usul apakah koh Hery tak kepikiran untuk memasukkan iklan. Realistis aja semua org butuh pemasukan apalagi bila nanti kita ketambahan anak2 yg perlu biaya. Jangan sampai karena butuh biaya nanti blog ini ditinggalkan. Sepi dong kami2 ini. Emangnya wordpress gak boleh ya diisi iklan ?

    1. Pak Hengky Fanggian,

      1. Kalau memang ada PC, langkah paling enak sih hubungkan ponsel dengan PC pakai kabel data. Berikutnya, buka Windows Explorer dan hapus dari sana. Mau pilih banyak pun enak deh.

      2. Saya belum pernah pakai Vibe P1m. Di dalam menu tethering & portable hotspot coba carilah menu setup WLAN hotspot atau yang bermakna mirip.

      3. Sejauh ini saya masih berusaha mempertahankan blog ini tanpa iklan. Sebenarnya sih ada beberapa produsen ponsel dan operator yang sempat menyatakan tertarik pasang iklan.

  14. Pak Herry,

    Saya mau tanya tentang proteksi di android 5.0 ke atas, di artikel http://www.androidpolice.com/2015/03/12/guide-what-is-android-5-1s-antitheft-device-protection-feature-and-how-do-i-use-it/
    Saya sudah membaca artikel tsb, namun masih kurang jelas, apakah kalau misal hp android hilang, maka hp tsb tidak bisa di reset, diflash, diinstall ulang, atau apapun namanya oleh si pencuri / penemu hp di service counter?
    Apakah proteksi itu setara dgn proteksi iOS dimana kalau handset dicuri, tanpa Apple ID, maka iPhone hanya bisa untuk sms dan telpon?
    Thank you.

  15. Siang koh herry maaf keluar dari topic.
    minta recomendasi dengan budget max. 5jt kira2 bisa beli merk n type apa yang layarnya 5,7 atau 6 inch dan mendukung dual sim card?

    1. Bu Wida,

      Karena Anda memiliki anggaran untuk membeli Galaxy J2, berarti sebaiknya Anda membeli Redmi 2 Prime. Yang ada embel-embel Prime-nya ya.

  16. Semoga versi androidnya juga sudah versi marshmallow ke atas, memalukan sekali rasanya jika ponsel harga premium tahun 2016 masih saja memakai sistem operasi tahun 2014.

  17. Ada rencana review LG stylus 2 dual lte koh? Kmaren abis liat di pameran icom jogja, harga 3,5juta hehe

  18. P8 lite saja dijual 2.5jt. Untuk P9 lite mungkin akan dijual sekitar 3jt ke atas. Terpaksa skip lagi untuk keluaran huawei terbaru. Hehe

    Mungkin tipe yg lebih ramah di kantong yg seri Y3II atau Y5II.

  19. Maaf koh out of topic nih hehe, saya minta rekomendasi doong untuk smarphone dengan harga 4-5jtan yg mantap kira2 apa ya?

    1. Pak Aji,

      Beli LG G4 harga promo saja deh. Kamis minggu lalu, di Blibli ponsel itu sempat dijual Rp 4,799 juta.

  20. pak maaf oot,,
    saya lagi mau beli smartphone nih pak,, pengennya sih beli asus zenfone selfie,, untuk saat ini masih layak beli atau tidak pak ?? atau mungkin ada rekomendasi merk hp apa yang masih laya beli,, yg speknya sama lah kamera 13 mp , 5,5 inch full Hd
    terima kasihh

    1. Pak Ghufron,

      Tak tahu karena saya tidak pernah menguji pakai Zenfone Selfie.

      Hmm… silakan cek Lenovo Vibe K4 Note.

    1. Bu Iyek,

      Kalau mengutamakan kamera: Hisense Pureshot Rp 1,999 juta.
      Kalau mengutamakan daya tahan baterai: Infinix Note 2 Rp 1,899 juta.

      Review dua ponsel itu dapat Anda baca di blog ini.

  21. Kurang suka dengan smartphone yang tidak memanfaatkan Bazel di bagian bawah. Sepertnya, Kurang efektif memanfaatkan layar walau layarnya memang lebar. Kalau nge-lag, tombol home jadi gak berfungsi.

  22. Pak Herry,
    Terimakasih banyak utk info cara menghapus semua data di android sy yg hilang. Sudah sy lakukan cara tersebut, pak. Walaupun sangat sedih saat sy meng-klik ‘Erase’ 🙁
    Pak, minta rekomendasi untuk HP Samsung tipe A atau tipe S yang recommended dong. Terimakasih sekali lagi, pak. Sukses terus utk bapak!

    1. Bu Gracia,

      Hmm… karena pilihannya tipe A atau S, ya mending sekalian tipe S. Saya belum pernah menguji pakai Galaxy S7 dan S7 Edge. Bila Anda ingin ke seri S, silakan memilih salah satu di antara dua itu deh. Sekalian yang terbaru saja.

  23. Seri P emang Premium, semoga seri P yang lawas ikut turun harga setelah rilis P yang baru ini.
    Pak Herry, berarti, brand yang udah punya pabrik perakitan sendiri di Indonesia ada Samsung, Huawei dan Lenovo ya Pak ?

    1. Pak Faisal,

      Definisi “punya pabrik” ini maksudnya mendirikan pabrik sendiri atau juga bermitra dengan pihak lain?

      Samsung mendirikan pabrik sendiri. Kalau Huawei dan Lenovo kan bekerja sama dengan pihak lain.

  24. Di atas ada yang ngomongin oppo jadi mau tanya pak. Kan penjualan ponsel seluruh dunia menurut lembaga riset idc 1.samsung 2.apple 3.huawei 4.oppo 5.vivo

    Nah apa mungkin ini oppo terbantu penjualannya paling besar disini bukan di tiongkok, bapak kan pernah cerita toko lebih untung jual oppo daripada Samsung karena margin yang diberikan lebih besar.

    kalau vivo bisa masuk 5 besar kenapa yah pak? Kalau di sini vivo kan tidak terlalu agresif jualannya beda sama oppo

    1. Pak Dani,

      Saya tak bisa berkomentar karena tak mengetahui data detail dari riset itu. Indonesia pasti memberikan sumbangsih terhadap Oppo. Seberapa besar? Hal itu tidak saya ketahui.

  25. Pak Herry,
    Kl Samsung A5 (2016) bgm perbandingannya dengan Samsung Galaxy S6? Seandainya belum pernah uji pakai, barangkali tahu secara garis besarnya.
    Terimakasih infonya.

    1. Bu Gracia,

      Tak tahu. Karena belum pernah uji pakai, saya tak berani berandai-andai. Dugaan saya sih masih lebih bagus Galaxy S6.

  26. maaf pak apa saja daftar antrian review bapak? kalau sudah muncul yang garansi resmi, saya antri xiaomi redmi note 2 ya

    1. Pak Fauzan,

      Ada deh. Tunggu saja kemunculannya.

      Redmi Note 2 takkan muncul yang bergaransi resmi.

  27. maaf pak, apa saja daftar antrian review bapak? jika sudah ada yg garansi resmi, saya antri xiaomi redmi note 2 yaa makasih pak herry

    1. Pak Fauzan,

      Ada saja deh. Tunggu kemunculan review-nya di blog ini.

      Redmi Note 2 takkan beredar resmi deh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *