Service Center Acer Tidak Tepat Waktu

Minggu lalu, ponsel Acer Liquid E700 yang saya gunakan mendadak bisu. Ia tak mau berdering kala ada panggilan masuk. Ketika speaker phone diaktifkan, ponsel Android triple SIM GSM-GSM-GSM itu juga tidak bersuara. Namun, E700 tersebut tetap sanggup bergetar dan dipakai bertelepon via handset mode. Ponsel tinggal didekatkan ke telinga, lalu saya leluasa bercakap-cakap sampai puas.

Karena gangguan di E700 itu terasa mengganggu, saya bergegas merencanakan kunjungan ke service center alias pusat perbaikan resmi Acer. Di Surabaya ada dua pusat perbaikan resmi Acer. Satu di antaranya berada di Hitech Mall, sebuah pusat perbelanjaan peranti IT yang sangat tidak nyaman. Parkir yang semrawut dan kondisi bangunan yang terkesan kurang terawat selalu menghampiri saya setiap kali berkunjung ke sana.

Servis Acer-12

Jadi, tanpa perlu berpikir panjang, saya langsung memilih datang ke pusat perbaikan resmi yang kedua. Lokasinya di sebuah kompleks ruko, tepat di seberang SMAK Santa Maria, Jl Raya Darmo. Pusat perbaikan resmi ini adalah hasil pindahan gerai di BG Junction, Jl Bubutan.

Rabu, 10 Desember 2014 sekitar pukul 10.00 saya tiba di sana dan dilayani dengan cekatan oleh seorang petugas. Ada formulir sederhana yang harus saya isi. Berbeda dengan pusat perbaikan resmi gawai alias gadget merek lain yang pernah saya kunjungi, pusat perbaikan resmi Acer meminta saya menuliskan alamat sesuai KTP. Bukan alamat domisili.

SONY DSC

Petugas kemudian mencetak lembaran service request. Keluhan saya dituliskan di sana. Deskripsi mengenai kondisi fisik E700 yang saya serahkan juga dicantumkan. Ada satu hal yang membuat saya terperanjat. Selama ini, di kalangan teman-teman, saya dikenal memiliki standar kemulusan gawai yang sangat tinggi. Ponsel yang saya bilang lumayan mulus, seringkali dianggap sangat mulus oleh kenalan saya. Sedangkan ponsel yang saya kategorikan bekas perang, berkali-berkali disebut mereka masih mulus.

Kali ini saya harus mengaku kalah. Standar kemulusan petugas di pusat perbaikan resmi Acer ternyata melebihi saya. E700 yang saya pandang mulus, ternyata dinilai sebagai soft scratch on all casing. Saya menerjemahkannya sebagai terdapat goresan-goresan halus di berbagai bagian bodi.

SONY DSC

SONY DSC

Sambil menyerahkan lembaran service request kepada saya, petugas menjelaskan bahwa dibutuhkan waktu lima hari kerja untuk pengecekan. Petugas Acer akan menghubungi saya dan memberikan update. Bila dalam lima hari belum ada kabar, saya dipersilakan menghubungi nomor telepon tertentu dan menyebutkan case ID yang tertera di bagian atas service request. Saya pun meninggalkan tempat.

Sekitar lima belas menit kemudian, saya menerima SMS. Ini isinya.

Servis Acer-4

Dua setengah jam kemudian, masuk sebuah SMS lagi. Sama-sama dari Acer, tetapi nomor pengirimnya berbeda. Nomornya amburadul, bukan nomor cantik.

Servis Acer-5

Sabtu, 13 Desember 2014 pukul 16.00. Sebuah SMS masuk dari Acer. Isinya, ponsel saya sudah selesai diperbaiki. Saya diminta mengambilnya dalam waktu tiga hari. Kalau diperhatikan, nomor pengirim SMS itu lagi-lagi berbeda. Jangan-jangan Acer punya satu kardus kartu perdana khusus buat SMS nih. Habis pulsa, kartu dibuang dan buka nomor baru lagi. He… he… he….

Servis Acer-6

Begitu menerima SMS tersebut, saya bergegas membuka situs www.acerid.com untuk mengecek waktu operasional pusat perbaikan resmi Acer di Jl Raya Darmo. Ternyata, Sabtu tutup pukul 16.30. Terlalu mepet kalau saat itu saya langsung meluncur ke sana. “Ambil besok saja deh. Toh Minggu buka,” gumam saya dalam hati.

Servis Acer-7

Keesokan harinya, sejak pagi hujan rajin mengguyur rumah saya dan sekitarnya. Berhenti beberapa menit, hujan lagi, berhenti lagi, hujan lagi. Begitu seterusnya. Alhasil baru pukul 13.54 saya tiba di pusat perbaikan resmi Acer dan… tutup! Padahal, kalau mengacu kepada informasi di www.acerid.com, setiap Minggu gerai itu seharusnya buka sampai pukul 15.00.

Servis Acer-8

Senin, 15 Desember 2014. Aktivitas saya tergolong padat. Kunjungan ke pusat perbaikan resmi Acer bukan menjadi prioritas utama. Pukul 10.09, saya menerima sebuah SMS dari Acer. Kali ini pengirimnya bukan nomor amburadul, melainkan alfanumerik bertuliskan PTAcer. Disuruh segera mengambil tuh.

Servis Acer-9

Saya masih belum sempat meluncur ke pusat perbaikan resmi Acer. Pukul 13.20 ada satu panggilan masuk dari nomor berkode area 021. Karena sedang bertelepon dengan seseorang, panggilan itu tak terjawab sampai akhirnya menjadi missed call. Tak lama kemudian, nomor yang sama menghubungi kembali. Saya menerimanya. Ternyata dari customer service Acer yang menginformasikan kalau E700 saya telah siap diambil.

Selama berurusan dengan pusat perbaikan resmi ponsel, baru kali ini saya berinteraksi dengan “rumah sakit” yang rajin. Rajin meng-update kalau perbaikan sudah tuntas plus rajin mempersilakan saya segera mengambil ponsel yang telah sehat.

Sekitar setengah jam sebelum pusat perbaikan resmi Acer mengakhiri waktu operasional, saya tiba di sana. E700 segera diserahkan kepada saya. Saya langsung mencobanya selama 2-3 menit. Normal. Saya kemudian diminta menandatangani lembaran service report. Di situ ada keterangan kalau mainboard E700 milik saya telah diganti. Karena masih bergaransi resmi dan kerusakan bukan karena kesalahan pengguna, saya tidak perlu membayar satu rupiah pun. Gratis.

Servis Acer-10

Servis Acer-11

Kesimpulan versi saya dalam interaksi kali ini dengan pusat perbaikan resmi ponsel Acer, mereka ternyata tidak tepat waktu. Awalnya petugas menjanjikan waktu pengecekan selama lima hari kerja. Ternyata, hanya dalam tiga hari kerja ponsel saya sudah selesai diperbaiki. Dalam empat hari kerja, ponsel itu telah berada di genggaman saya kembali. Ini sih namanya tidak tepat waktu yang menyenangkan karena lebih cepat daripada janji semula. Bagus! Semoga bisa menjadi tradisi keluarga Acer. 🙂

Eits… nyaris lupa. Ada beberapa masukan yang ingin saya berikan. Siapa tahu tulisan ini ternyata dibaca oleh petinggi Acer Indonesia.

Pertama, dari hasil tanya jawab singkat dengan petugas di pusat perbaikan resmi Acer di Jl Raya Darmo, setiap Minggu gerai itu libur. “Dulu memang buka, tetapi sudah sekitar sebulan ini tutup,” kata petugas. Karena itu, saran saya, informasi di situs www.acerid.com sebaiknya segera diperbarui. Biar konsumen tidak kecele.

Kedua, di http://acsc-id.com/ konsumen bisa mengecek status ponsel Acer yang sedang dirawat inap. Bila case ID perbaikan E700 saya masukkan, ponsel itu tertulis ditangani pusat perbaikan resmi Acer di BG Junction Surabaya. Padahal, gerai tersebut sudah almarhum dan pindah ke Ruko Gozco di Jl Raya Darmo. Perlu di-update juga deh.

Ketiga sekaligus terakhir, saat mengirimkan SMS kepada konsumen, Acer sebaiknya tidak menggunakan nomor yang berganti-ganti. Pemakaian pengirim alfanumerik PTAcer sudah tepat. Kalau pun layanan itu sedang bermasalah, gunakan nomor ponsel yang tergolong cantik, mudah diingat, dan tidak berubah-ubah.

119 thoughts to “Service Center Acer Tidak Tepat Waktu”

  1. Salut sm Acer… Sepintas stlh baca judulnya saya sempat ketar-ketir, lha saya baru saja merekomendasikan + menemani tmn saya hunting Acer e700, kalau sampai after servicenya jelek kan saya sungkan haha… Tp ternyata servicenya memuaskan dan tidak terkesan mengacuhkan konsumen…
    Makasih Pak buat review Service Center Acer…. ????

  2. Hehehe…
    Hampir saja saya nyesel beli e700 karena baca judul artikel ini.
    Soalnya dulu rekomendasi om Hsw juga kalau masalah service acer lebih bagus daripada pada asus dan lenovo…

  3. lagi lagi judulnya menegangkan, sejak kali pertama service center LG yang dulu, enak kalau penyakitnya sudah jelas gitu, kalau sakitnya hang terus terusan, ntar dibawa ke ‘RS’ dicoba eh malah gak hang, e3, e700, z500 gegas mana koh ?

  4. Bung hery, service center acer memang rajin menghubungi pelanggannya untuk konfirmasi. Baik lewat sms atau telpon langsung. Saya sering mengalaminya. Tapi saya sering di service center acer yang di hitechmall.

    1. Pak Tri Firmansyah,

      Oh, memang rajin memberikan update kepada konsumen ya. Bagus deh. Terima kasih atas informasinya.

  5. ruar biasa cepat. apakah service cepat ini berlaku di seluruh Indonesia?

    sebenarnya cepat atau lamanya “rawat inap” tergantung persediaan spare part, kalo soal pengerjaan hitungan menit-jam udah kelar.. salut buat SC Acer..

    1. Pak Nicko Candra,

      Benar. Buat saya sih tak masalah. Sebelum saya bawa ke service center, ponsel sempat saya factory reset dua kali. Saya berpikir, siapa tahu ponsel kembali normal. Ternyata, tetap bisu sehingga akhirnya saya bawa ke service center.

    1. Pak Hendra,

      Wah, saya tak pernah mengisi E700 itu dengan satu kartu saja. Minimal saya isi dua kartu. Konsumsi baterai saat diisi dua kartu tidak berbeda signifikan dengan kala dipadukan dengan tiga kartu.

  6. Saya juga saat betulin laptop acer, selalu puas dengan service center nya… Cekatan, dan barang selalu siap jauh lebih cepat dr waktu estimasi yg diberikan (dibilang sebulan siap, eh tiba2 minggu depan dapat sms laptop sudah dapat diambil)… Good job Acer 😀

  7. Sangat berbeda dengan service centre Lenovo, perbaikan signal mati butuh waktu sebulan 🙁 , pas ditanya kenapa rusaknya jawabnya ” baru pertama kali mendapat kasus seperti ini , sebelumnya tidak pernah terjadi” alasan klise yang sangat masuk akal. Semoga Lenovo bisa seperti Acer yang “Tidak tepat waktu” ….

    1. Pak Chandra,

      Baterai 2.500-an mAh buat Anda apakah sudah termasuk tahan lama? Kalau iya, silakan melirik LG G2 Mini. Harga di bawah Rp 3 juta.

    1. Pak Dius,

      Dengan asumsi kartu yang dipakai untuk berinternet saya kunci di 3G only, baterai bisa tahan seharian. Pagi menyala dan ketika malam akan tidur, baterai masih tersisa belasan persen.

  8. Wah, good lah emang layanan servisnya acer. Jd inget waktu servis Liquid Z110, cepet banget. Tp skrng ane dah ganti hape ke acer yg lain 🙂 Liquid E3. Top markotop lah kameranya.

  9. Berbagi cerita juga, saya pernah membeli Z4 namun kesalahannya adalah tidak saya cek di toko, kemudian baru dibuka 2 minggu kemudian ternyata tidak dapat menyala. Toko tidak menerima reclaim karena sudah 2 minggu, akhirnya dibawa ke ACSC.

    Seperti om HSW, saya dijanjikan 5 hari selesai, dan ternyata memang tidak sesuai dengan janjinya dimana saya lagi-lagi seperti om HSW, 3 hari swap motherboard sudah selesai dilakukan. Luar biasanya, saya selalu mendapat sms dimana posisi ponsel saya berada. Mulai dari masuk SC, ditangani teknisi, hingga dinyatakan selesai, dan finalnya ditelepon oleh nomor kode area 021.

    http://3.bp.blogspot.com/-elkzG8mX2V4/VJGW3Wl0qCI/AAAAAAAAAns/0YI3JGRCYAU/s1600/P1020664.JPG

    Memang tidak se-spektakuler duo Korea yang bisa jadi hari itu juga jika teknisi dan sparepart ada, namun setidaknya jauh lebih baik daripada duo Cina dan Jepang yang untuk masalah port audio atau port charger saja bisa memakan waktu 2 bulan. Dan kita yang harus sering “push” telepon SC tentang kondisi gadget kita, itupun jika telepon kita diangkat.

    Nilai tambahnya, CS di ACSC Kota Semarang sangat ramah, bahkan mau menemani ngobrol sekitar setengah jam dikarenakan memang saat itu tidak ada customer lain yang akan merepair unitnya. Sekedar bonus, ini dia sang CS yang super ramah saat mengecek unit Z4 milik saya.

    http://4.bp.blogspot.com/-O3ALJehuJOg/VJGW3An7CqI/AAAAAAAAAnw/AmUBf8iqJWE/s1600/P1020662.JPG

  10. bung herry,mohon di rekomendasi modem huawei untuk anak smp atau sma yang mudah cara pemakaiannya atau plug and play. harga yang 300 ribuan. kalau bisa yang di pasaran banyak yang menjual. terima kasih.

    1. Bu Intandwita,

      Tidak ada rekomendasi tipe khusus. Tipe-tipe modem Huawei dengan harga jual Rp 300 ribuan memiliki kinerja yang boleh dibilang setara. Jadi, kiat pembeliannya sederhana saja. Tinggal mampir ke toko dan tanyakan modem Huawei dengan harga segitu. Tipe apa pun boleh, asalkan yang bergaransi resmi. Saya sebutkan demikian karena banyak modem Huawei tanpa garansi resmi yang beredar di sini.

  11. pak Herry,

    acer after salesnya emang bagus..
    pengalaman saya dgn laptop, batre bermasalah, disuruh tunggu pengecekan max 3 hr, eh…ternyata besoknya udah dihubungi untuk diambil. DIGANTI BARU lagi batrenya.. dan hal ini terjadi 2 kali. emang mantep acer..
    oya ini pengalaman di hitech mall. pelayanan cepat ramah dan bagus.

  12. Mungkin utk pelayanan di pulau jawa sangat bagus service dari Accer, namun tidak saya rasakan untuk service acer di kota Palembang,,, di Palembang tidak ada sama sekali notifikasi sms ke no saya ataupun telpon dari service Accer,,,waktu datant juga dibilang kalau perbaikam maksimal 5HK,,setelah HP E700 saya rawat inap,,sejak saat itu pun tidak ada informasi mengenai service hp saya,,, bahkan sudah 5 hari pun tidak ada kabar,,,sehinggq saya menebak-nebak sendiri apakah hp saya sudah selesai di service atau belum, sehingga saya paskan pengerjan service 1bln… pas 1 bln saya datang ternyata hp saya sudah selesai diperbaiki,,,

    Saran saya untuk Accer mohon untuk ditetapkan standar service pelayanan after sales nya,,,sehingga di Kota Palembang juga mendapatkan info update mengenai pengerjaan service Hp-nya,,,sehingga semua wilayah bisa merasakan service yang baik. Semoga bisa manjadi masukan. Trims

    Note : Service Accer yg saya kunjungi di Komplek Palembang Square.

    1. Pak Agus Hariyanto,

      Terima kasih atas kesediaannya berbagi pengalaman. Semoga ada petinggi Acer (bukan Accer lho) yang membantu posting ini.

  13. @ Pak Agus Hariyanto
    Mohon maaf atas kekurangnyamanan Bapak dengan layanan service center Acer di Palembang. Saya akan sampaikan hal ini ke rekan terkait.

    Mas Herry,
    Sampai deg-degan baca judulnya.. Hehe. Thanks atas inputnya. Titip info ya, Mas. Status service unit di ACSC bisa juga dicek secara online di: http://acsc-id.com/ atau menelepon Acer Contact Center di 500-155 (kode setempat, pulsa lokal dari telepon rumah)

  14. Dari pengalaman kami, yg perlu ditingkatkan adalah mengacu pada service center yg lebih bagus, konsumen segera tahu yg rusak apanya, biayanya berapa, kalau ringan bisa selesai hari itu juga. Jadi tidak perlu bolak balik. Itu masukan kami.

  15. Ko Herry, agar data kita aman sewaktu hp mau diservis apakah sebaiknya hp kita reset dulu (factory reset)? Hp sy Lenovo K900 ada bercak hitam di layar dan koneksi USB OTG sering terputus sendiri (remove sendiri). Mohon sedikit pencerahan. Kamsia.

  16. Ok, thanks, ko Herry.. Pusingnya hp Lenovo K900 ngga punya slot microSD. Sy bingung cara memindahkan data di hp karena USB OTG-nya bermasalah. Internal memory 32 GB hampir penuh! He he.. 🙂

  17. Saya dari Semarang
    Maaf pak. Acer saya sudah menginap 1,5 bulan di ASC. Dan permasalahannya hampir sama dengan yang anda alami. Tiap hari PT acer juga sms. Dan isinya pun sama. Saya juga sudah kirim e-mail ke ASC Indonesia. Katanya ada keterlambatan dalam pengiriman suku cadang. Sedih saya karna tak kunjung jadi

    1. Pak Zuhair,

      Yang masuk ke “rumah sakit” Acer ponsel atau laptop, Pak? Kalau ponsel, tipe apa? Berapakah nomor repair order-nya?

  18. Acer z205 sy dr tgl 17 maret sampai saat ini 30 maret kl dicek statusnya ga pernah berubah.s3lalu dalam penanganan 1635809y

    1. Pak Fadhillah,

      Boleh tahu kerusakannya apa? Masuk ke pusat perbaikan resmi Acer di mana?

      1635809y itu apa ya? Apakah nomor repair order?

  19. Acer liquid e3 saya masuk sc mulai 9 april sampe skrg belom ada kabar
    Katanya maksimal 14 hari kerja sih
    Oia saya masukin sc semarang & penyakitnya krn layar kekuningan yg terlihat jelas

  20. Pak Herry,

    Jadi bbrp hari yang lalu muncul blok warna kekuningan di layar hp bagian bawah
    Belum pernah jatuh atau scratch dan dent baik fisik maupun layar
    Nomor repair order tu yg mana ya?
    Saya taunya case id
    Case id nya 1669122Y

    1. Pak Wisnu,

      Ya, case id juga boleh. Petugas menjanjikan 14 hari ya? Kalau lewat dari 14 hari belum selesai, harap update lagi ke sini. Saya coba teruskan kepada pihak terkait.

  21. Pak Herry,

    Selamat siang pak herry,untuk hp saya sudah memasuki hari ke 15 dengan case id yang sama namun unit belum selesai juga. Bisa mohon bantuannya? Terima kasih banyak

  22. Om Herry,

    pengalaman ini baru saya alami minggu – minggu ini dimana acer z500 saya mengalami kerusakan pada bagian LCDnya bergaris, hari senin tanggal 20 April saya bawa ke ACSC Jakarta tepatnya di Ratu Plaza. Saya memang tidak dapat SMS notifikasi update progres perbaikan ponsel. tepat hari jumat pagi saya dapat SMS dari PTAcer untuk segera mengambil unit, karena unit selesai diperbaiki hehe. akhirnya sabtu sore kemarin baru saya ambil dan coba sana sini, LCD diganti baru dan tidak bayar karena masih ada garansi hehe

    Janjinya sih 7-14 Hari Kerja. tapi untungnya gak sampai seminggu kelar hehe. untunglah karena seninnya harus sudah saya bawa pergi hehe

    Semoga pelayananannya dijaga dan ditambah lagi kalau perlu.

  23. Pak Herry SW,

    Selamat siang Pak Herry, saya ingin menanyakan sudah dibantu senggol kiri kanan pihak terkait acer atau belum?
    Sudah memasuki hari ke 19 dan belum ada kabar dari pihak acer padahal saya sudah call sampai 4x, sampai malas call lagi.
    Rencana saya mau buat surat keluhan saja baik di media cetak maupun online.
    Sedikit curhat, salah satu pertimbangan saya ambil acer karena beberapa rekomendasi termasuk dari review dari Pak Herry tentang produk dan aftersalesnya.
    Mohon maaf bila merepotkan dan terima kasih banyak atas bantuannya

    Regards,

  24. Siang mas Herry,
    saya “copas” e-mail yang saya kirim ke AcerPerduli:
    “Saya pengguna Acer Z205 yg baru beli tgl 29-03-2015 di toko CB Phone Sidoarjo. Pada tgl 3-05-2015, ketika saya ganti sim-card dengan jalan melepas dan pasang baterei, hp tidak bisa saya nyalakan lagi, saya buka lagi baterei hp tersebut dan saya dapati salah satu pin batrei lepas/hilang. Tgl 4-05-2015 cepat2 saya bawa hp tersebut ke pusat perbaikan / service center Acer Jl. Raya Darmo 54-56 Surabaya. Saya paparkan yg saya alami dan dijawab CS yg bertugas (sdr Andrea) bahwa dengan kerusakan tersebut tidak termasuk garansi. Sempat terjadi bersitegang, yg akirnya hp disuruh tinggal (Case ID 1745931Y) untuk diperiksa teknisi ditanyakan ke Acer Pusat (Jakarta). Tgl 4-05-2015 saya dapat sms dari PT Acer “Bpk/Ibu Yth. Mhn persetujuan Anda u/ harga perbaikan unit guna kelanjutan perbaikan unit. Hub 1500155. Mhn abaikan SMS ini jk sdh konfirm. Trm Ksh”, segera saya telp dan diterima sdr Daru, dengan jawaban/kata2 yg hampir sama denangan CS di Surabaya, dan intinya kalau saya harus bayar Rp. 600 ribu lebih untuk pergantian mainboard. Saya merasa berat untuk bayar biaya tsb:
    – HP saya pakai belum 3 bln, kerusakan yg bukan karena terjatuh, terkena cairan, dll. ditambah part terletak di dalam chasing yg tidak memungkinkan pemakai untuk merusakkannya dengan sengaja.-
    setelah sdr Daru menjajikan untuk mengajukan ke managemen atas keberatan saya. Beberapa saat kemudian saya ditelp oleh CS (wanita), dan memberi keterangan yg hampir sama dg keterangan2 yg sudah saya dapat. Pada intinya intinya kalau saya harus bayar Rp. 600 ribu lebih untuk pergantian mainboard.
    Bagaimana tanggapan anda…? apakah akan sama dg keterangan yg saya dapat sebelumnya..?”

    dan e-mail saya tersebut dibalas:
    “Bapak Eko Susila yang terhormat,

    Terima kasih atas email yang Bapak kirimkan,

    Sehubungan dengan keluhan yang Bapak sampaikan sudah kami terima, kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Kami sudah koordinasikan ke pihak manajemen bahwa apabila Bapak ingin melanjutkan perbaikan maka penggantian partnya tetap dikenakan biaya. Dan pihak management berikan solusi diskon 20%, dari harga RP. 699,600,- menjadi Rp. 559,680,-. Penawaran diskon berlaku hingga besok (Sabtu, 06/06/15) jam 09.00. Apabila tidak ada konfirmasi, maka diskon tidak berlaku dan harga akan kembali normal.

    Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.”

    Akhirnya, saya berkeputusan untuk mengambil kembali hape saya (10-05-2015) dan kalau bisa saya perbaiki di-tukang service hape biasa saja,…
    Terimakasih mas Herry, untuk sudi membaca dan maaf terlalu panjang tulisan saya ini.

    salam, ekosusila

    1. Pak Ekosusila,

      Terima kasih atas sharing-nya. Setelah saya baca perlahan dua kali, saya menyimpulkan posisi Anda dan service center Acer sama-sama kuat. Tinggal beradu argumen lebih dalam nih. Hilangnya salah satu konektor baterai menjadi titik lemah Anda.

  25. mas Herry, terimakasih waktu dan sarannya…
    dengan beberapa pertimbangan, akhirnya saya berkeputusan untuk saya perbaiki di tempat reparasi hape yg biasa saja…

    salam, ekosusila

  26. Pak Herry boleh tanya kenapa kok e700 nya bisa tiba2 bisu? Apa pernah jatuh? Saya sedang pertimbangkan AC e700 atau LE 860 sbg alternatif LE a7000. Kalau ada masalah bisu tiba2 seperti ini jadi khawatir juga…

    1. Pak Amaris,

      Ini maksudnya menanyakan E700 saya ya? Ya tiba-tiba bisu saja. Sama sekali tanpa gejala. Ponsel tidak pernah jatuh atau terbentur.

  27. Iya, maksud saya yg punya Pak Herry. Wah kok bisa gitu ya? Jadi sedikit khawatir untuk beli e700. Kebetulan kemaren ada promo e700 hanya 2 juta di era plus bogor. Apa layak beli ya?

    1. Pak Amaris,

      Kalau Anda bertanya kok bisa begitu, saya juga bingung. Namanya barang elektronik, kadang memang bisa sakit mendadak.

      E700 Rp 2 juta? Itu konfirm barang baru dan bergaransi resmi? Kalau iya, murah tuh. Kalau Anda perlu ponsel triple SIM, ponsel tersebut boleh dilirik. Tentu saja setelah mempertimbangkan segala plus minusnya ya.

  28. Acer E700 saya sudah saya jual karena kepincut Alcatel Onetouch Flash Plus, hikshikshiks. ..,.

    Tapi saya akui, urusan ketahanan baterai, mantappp betulll..

  29. Salam sejahtera mas, pertanyaan sy ringan aj, pada topik d ats di singgung mslh garansi slm 3 tahun. Knp pd saat sy beli garansinya hnya 1 tahun? Mhn pencerahan ?

    1. Pak Said,

      Boleh tahu Anda membeli ponsel Acer tipe apa? Seharusnya tiga tahun kok.
      * Tahun pertama: gratis jasa perbaikan dan penggantian suku cadang.
      * Tahun kedua dan ketiga: gratis jasa perbaikan saja. Bila ada penggantian suku cadang, pengguna harus membayar.

  30. Kenpa acer e3 saya tidak bisa cek pulsa “sayangnya android.com anda terhenti”
    Dan untuk daerah kabupaten Asahan dimna tempat servis acer

    1. Pak Adlin Pipin,

      Sudah coba reset?

      Saya tak hafal lokasi pusat perbaikan resmi Acer di daerah Anda. Bacalah daftarnya di kartu garansi.

  31. Om Herry, Acer Iconia Tab 7 tiba-tiba mati total, padahal ga pernah jatuh. saat saya coba charge, lampu indikator menyala merah, tapi di layar tidak muncul apa-apa, sempat berkedip seperti TV ketika dimatikan. Rencananya mau saya bawa ke Acer Center, padahal masih Maret belinya.

    1. Pak Chandra,

      Apakah sempat kehabisan baterai? Rencana Anda sudah benar. Silakan segera membawanya ke pusat perbaikan resmi Acer.

  32. Om Herry,

    Sepertinya memang pernah kehabisan, karena di pakai orang tua saya, jadi tidak seberapa teliti lihat baterai mungkin. Saya tanyakan Acer, mereka mengganti baterainya. Dan ternyata memang sangat tidak tepat waktu. Mereka bilang 1 minggu ternyata 1 hari sudah di suruh untuk ambil lagi. hehehe

  33. Saya juga mengalami hal yang sama pada acer z4.dijanjiin 14 hari kerja eh br 2 hari udah di tlp suruh ambil hp.yg ada ketar ketir belum gajian.thanks acer

    1. Pak Bertolak Meza,

      Terima kasih atas informasinya. Btw, yang saya ceritakan di atas itu adalah pengalaman saya saat memperbaiki ponsel.

  34. Acer E39 mengalami problem tdk bs detect sd card, bawa ke acer servis center sby depan santa maria, bsk dihubungi bilang rusak mainboard bayar 1 jutaan unt hardware servisnya gratis. Tidak jadi servis di sana saya cek kan ke tempat servis lain di wtc, saya shock ternyata mrk bilang ndk apa2 mainboardnya cuman sd cardnya yg bermasalah…begitu di lepas sd card, hp langs beres.
    Hebat org SC acer pada asal aja…emang begini cara pelayanan nya ke konsumen acer?

    1. Pak Hartono,

      Waks… lha kok begitu? Boleh tahu nomor repair order Anda? Kasus ini akan saya teruskan kepada pihak terkait. Biar mereka tahu.

      1. Case ID: 1979798Y, tgl 16/11/2015. Padahal sdh mau aku kasihkan temen (krn masih bisa dipake tlp n sms nya) ternyata masih bisa dan memang HP nya ndk masalah, main boardnya juga ndk problem…kecewa banget ama acer servis nya…petugasnya asal aja. Kalo sampe sdh terlanjur aku kasihkan temen ato aku jual dan ternyata HPnya ok aja, bukannya aku sdh dirugikan…persh an sebesar Acer sebaiknya rekrut pegawai/teknisi yg kompeten, biar konsumen tdk jadi korban.

  35. Pak Herry, saya feby di palembang.
    Saya mau bertanya pak. November 2015, hp E700 saya bawa ke service center acer di komplek ruko Palembang Square dgn keluhan speaker dgn suara kecil sekali ketika menelpon. Ada bagian tertentu di lcd tidak detect ketika saya sentuh sampai icon menu daja tidak detect ketika saya sentuh. Saat itu masih dalam garansi tetapi pihak acer memberitahu biaya perbaikan dan penggantian mainboard sebesar 1,5jutaan. Saya berinisiatif tidak mengganti mainboard. Jadi ketika saya ambil, Cs nya bilang cm diganti lcd nya saja dan itu gratis.
    Ketika saya hidupkan di lcd ada garis berwarna dari atas sampai bawah. Saya bingung kenala tetapi lcd jd detect ketika disentuh. Jd saya tidak terlalu permasalahkan hal itu. Bberapa hari kemudian, tiba2 di lcd perlahan retak. Padahal tidak pernah jatuh. Semakin hari retaknya semakin memanjang. Saya bingung kenapa. Dan akhirnya saya memutuskan untuk memasang anti gores.

    Dan semalam, tepatnya 14 januari. Ketika saya terbangun pukul 2 malam, saya lihat hp saya. Ketika saya sentuh karena mau lihat pemberitahuan medsos, layar tb2 menjadi buram. Layarnya bergaris2. Tidak bisa melihat menu apapun, saya panik, lalu saya matikan dan 1jam kemudian saya hidupkan lagj berharap e700 saya kembali normal. Tetapi ketika dihidupkan tetap sama saja pak. Saya bingung, mau ke service center acer atau ke konter lain saja ha. Karena garansi saya sudah habis 1thn. Kira2 kenapa bisa gitu ya pak, saya sedih karena itu hp pemberian pasangan saya. Saya tidak berani memberitahukan bahwa hp dari dia lcd nya rusak. Mohon bantuannya pak. Terima kasih sekali pak. Saya menunggu balasan bapak..

    1. Bu Feby,

      Mohon maaf karena pada 14-17 Januari 2016 saya libur merespons komentar dan membalas pertanyaan yang masuk ke blog ini. Selain sedang padat aktivitas, kebetulan mata saya bengkak sehingga tak nyaman melihat layar terlalu lama.

      Saat itu masih dalam garansi tetapi pihak acer memberitahu biaya perbaikan dan penggantian mainboard sebesar 1,5jutaan.
      *** Boleh tolong diperjelas dulu, saat ini Anda berada pada masa garansi tahun pertama (berarti usia pemakaian kurang dari satu tahun) atau masa garansi tahun kedua? Sebab, aturan garansinya akan berbeda.

      Bberapa hari kemudian, tiba2 di lcd perlahan retak. Padahal tidak pernah jatuh. Semakin hari retaknya semakin memanjang. Saya bingung kenapa. Dan akhirnya saya memutuskan untuk memasang antigores.
      *** Apakah hubungan antara LCD retak dan memasangkan anti gores? Pemasangan antigores takkan menyembuhkan LCD retak lho.

      …mau ke service center acer atau ke konter lain saja ha. Karena garansi saya sudah habis 1thn.
      *** Oh, berarti usia Liquid E700 itu lebih dari setahun, tetapi masih kurang dari dua tahun ya? Ponsel tersebut bergaransi tiga tahun lho. Pada tahun kedua, yang digratiskan hanya jasa servis. Penggantian suku cadang akan dikenakan biaya.

      Kira2 kenapa bisa gitu ya pak, saya sedih karena itu hp pemberian pasangan saya.
      *** Ada banyak kemungkinan. Saya tak bisa memastikannya karena perlu dicek detail oleh teknisi. Perilaku pemakaian Anda juga perlu digali lebih lanjut.

  36. Kalo di tempat saya mah,service arcer yg tepatnya di bandung .jln.gatot subroto biaya nya besar masa saya service arcer z130 dengan kerusakan awal mula nya ,ada pemberitahuan android anda di blokir.dan hp z130 mati total.saya harus bayar 700 ribu.sementara hp z130 harga pasaran 500 ribu.jadi pusing.

  37. Pak Herry….saya bingung mau beli Hp yg kisaran 1 jt’an ,,kalo saran bpk seri apa ya,,,,,?
    kalo HP Acer Liquid Z520 ,menurut bapk gimana…kalo dilihat dari spek’nya..?
    dan keawetannya sering rusak atau tidak Pak…?
    mungkin Pak Heri pernah menjumpainya gtu,,,,

    minta saran dan infonya Pak,,,,

    1. Pak Asep Harisman,

      Saya belum pernah mencoba Acer Liquid Z520.

      Rp 1 jutaannya maksimal berapa? Kalau bisa Rp 1,299 juta, beli Infinix Hot 2 saja deh.

  38. Selamat Siang Ko Herry… Mau nanya nih… Kalau saya baca baca komentar komentar di blog ini, saya mendapat kesimpulan kalau Acer bagus di Smartphone nya, tapi jelek di Laptop. Kebalikannya dengan rekan sekompatriotnya yang sama sama dari Taiwan, Asus. Nah pertanyaannya, apa kondisi iti masih berlaku sampai sekarang? Soalnya saya ada rencana beli laptop Acer dan jadi agak ngeri juga… Terima kasih sebelumnya…

    1. Pak Bernardus Leonardo,

      Ini maksudnya kualitas produknya ya? Laptop Acer tampaknya kini sudah membaik. Pertengahan tahun lalu saya meminang laptop Acer (lagi). Hasilnya, sampai sekarang laptop itu masih baik-baik saja. Padahal, laptop Acer yang dulu saya beli dalam kondisi 100% baru dalam hitungan bulan engselnya sudah bermasalah.

      Btw, dua laptop Acer yang pernah saya gunakan itu sama-sama memakai prosesor Intel Core i5. Jadi, termasuk kelas tengah-tengah deh. Bukan murah banget, tetapi juga tidak mahal banget.

  39. Oh gitu ya… Bagaimana dengan kualitas laptop Asus? Ada peningkatan kah? Stagnan? Apa malah turun?

    Bagaimana juga dengan kualitas smartphone Acer?

    Hehehe, maaf ya banyak tanya… Secara referensi macam gini sih Ponselmu.com menurut saya paling bisa diandalkan… Terutama keterus terangannya… Terima kasih…

    1. Pak Bernardus Leonardo,

      Tak tahu. Saya sama sekali tidak pernah menggunakan laptop merek Asus.

      Ponsel Acer sih kualitasnya masih stabil.

  40. Emang kriteria cs nya tinggi laptop saya dikatain lemot haha, dalam hati saya windows bajakan emang gni mas klu udh beberapa bulan pasti nyalain nya agak lama 😀

  41. om kalo service lcd berapa ya penyakitnya suka mecet” sendiri hp acer s55 kalau di acer langsung. soalnya garansinya sudah habis ?

    1. Pak Putra,

      Wah, kalau biaya perbaikan, saya tak tahu. Silakan menanyakannya kepada petugas di pusat perbaikan resmi Acer.

  42. kalau saya menggaris bawahi, bahwa acer liquid e700, bermasalah dengan main boardnya (atau dipaksain langsung ke main boardnya yang rusak), harga spare partnya 1.5 jt, pas garansi satu tahun habis, sebulan kemudian koit.
    kalau ganti maka umur garansi spare partnya hany 1 bulan, para agan di sini ada saran?
    tapi cara servicenya, cuma periksa itu hp bener mati, langsung suruh tinggal (sabtu 14 mei 2016) dan senin 16 mei sdh kluar tarif perbaikannya.

    1. Pak Saswita,

      Mohon maaf karena saya lambat sekali dalam merespons komentar/pertanyaan Anda. Hingga awal Juni 2016 saya harus sering ke luar kota sehingga tak bisa membalas komentar/pertanyaan dengan cepat.

      Kita nantikan jawaban dari Agan ya.

  43. maaf om mau tanya, apa di servise Center acer nota harus ada? soalnya ho acer z500 sya rsak, dan hp itu sbg kado ulang taun, jd nota tdk ada di saya, tp garansi ada,

  44. garansi masih ada jangka waktu, tp segel sdah rsak, apa masih bisa? karna sdah coba servis ke 2 counter tidak bisa memperbaiki, katanya ini masalah pda cpu, apa hrs bayar jika ganti cpu di customer servis acer?

    1. Bu Cindy,

      Kalau segel rusak, garansi otomatis akan dianggap hangus. Asalkan belum pernah dibongkar di tempat non-resmi, pusat perbaikan resmi masih dapat melayani Anda. Namun, Anda akan dikenakan biaya perbaikan dan penggantian suku cadang.

  45. maaf kalo tidak baca coment sebelumnya, namun saya mau nanya neh sama om hery, habis diperbaiki di acer center itu ponsel e 700 nya disegel lagi gak ya?
    soalnya ane pernah juga di service center padang, waktu itu waktu kepepet ane harus jalan lagi ke daerah medan. ponsel acer e700 ane udah selesai service namun ane cek kok segelnya dikasih namun udah tembus ama baut nya, ane tanya ke petugas katanya gak masalah karena udah terdaftar ke acer center.
    sempet mau jual ponsel ane namun kata yang nawar udah gak ori alias pernah dibongkar, ane bilang ama acer center namun orangnya gak percaya gara2 segelnya rusak seperti yang ane bilang tadi.
    cukup kecewa jadinya, ane belum coba lagi ne buat masukin ponsel ane ke service center apakah ditolak atau diterima, soalnya habis service pertama itu ane juga ganti main board,namun setelah pemakaian sebulan sinyal ponsel ane malah ngaco orang pada dapat sinyal eh ponsel ane malah kagak dapat.(sorry curhat)
    kira2 kalo masuk acer center masih berlaku gak tu garansi ane?

    1. Pak Ruci,

      Maksudnya apakah disegel lagi seperti segel ponsel baru? Jawabannya, tidak.

      Harga ponsel bekas yang pernah diservis dan belum pernah diservis memang beda, Pak.

      Asalkan masih dalam masa garansi, Anda masih bisa memperbaiki ponsel Anda di pusat perbaikan resmi Acer.

  46. Om Herry, kamera tab Acer Iconia A1-811 saya rusak
    setiap icon kamera saya sentuh yg muncul hanya black screen, lalu diikuti pop up “camera.. bla bla.. close app, wait” begitu
    Sudah saya cb pakai app kamera dr play store tapi tetap tidak bisa juga
    Katakanlah ini kerusakan hardware dan harus ganti kamera, kira2 kena biaya berapa ya om kalo saya bawa ke SC Acer ? Soalnya saya kwatirnya harga kameranya lebih mahal drpd harga tablet saya.

    1. Bu Priscilla Tyas,

      Saya tak mengetahui harga suku cadang. Silakan langsung menanyakannya ke pusat perbaikan resmi Acer.

  47. LCD Acer E700 pnya saya rusak blank,acer raya darmo kasih tau harga lcd 1 jt an. Skrg hp acer saya tergeletak di laci udh 6 bln, kacian deh

  48. Pak herry , hp acer saya tiba tiba headset nya ga bunyi kemungkinan kenapa ya pak? Lodspeker nya padahal normal, headset di cek di hp laen juga masih normal,

    1. Pak Udyn,

      Kemungkinan yang bermasalah konektor audio di bodi ponsel. Sudah coba memasangkan headset ponsel lain ke ponsel Acer itu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *